__MAIN_TEXT__
feature-image

Page 1

MUSHROOMATES

ewafebri Illustration and Stories 11/8/20


MUSHROOMATES

Illustration And Story by ewafebri


KATA PENGANTAR

Mushroomates adalah Buku pertama yang disusun berdasarkan ide setelah menyelesaikan 1 Day 1 Sketch Challenge yang sempat saya ikuti di bulan Oktober 2020 lalu. Buku ini berisi tentang ide, gagasan, pemikiran dan juga hasil ilustrasi selama saya mengikuti challenge tersebut. Tak hanya itu, buku ini juga akan saya jadikan dokumentasi pribadi tentang proses saya belajar berkarya teutama proses membuat gambar dari hari ke hari. Dengan konsep sederhana seperti Zine yang akan melengkapi buku ini dengan eksperimen illustrasi yang pernah saya buat selama masa challenge tersebut. Selain itu ada juga beberapa karya lama saya yang juga ditampilkan dalam buku ini. Semoga buku ini bisa menjadi penanda dan bukti otentik tentang karya yang pernah saya buat selama proses belajar membuat karakter gambar. Dan bagi kalian semua yang tanpa sengaja membaca buku ini, saya sampaikan terima kasih dan selamat menikmati setiap cerita dan illustrasi yang ada di dalamnya.

Salam hangat, Ewafebri.


Contents

Illustration And Story by ewafebri ......................................................1 KATA PENGANTAR .......................................................................2 MUSHROOMATES .......................................................................4 MENGAPA JAMUR ......................................................................1 FILOSOFI JAMUR .......................................................................1 PENUTUP ....................................................................................4 PROFIL PENULIS .........................................................................6


MUSHROOMATES

Mushroomates mungkin ungkapan yang terdengar aneh dan gak lazim. Karena memang kata ini saya buat dari dua kata yang berdiri sendiri. Dua kata ini saya ambil dari Bahasa Inggris yaitu Mushroom yang berarti jamur, dan Mate(s) yang berarti teman atau rekan. Mengapa pilihannya jatuh pada istilah Mushroomates? Jamur adalah object gambar yang paling sering saya gunakan.

Bahkan saya juga menciptakan karakter berdasarkan obyek Jamur. Tanpa saya sadari ada banyak macam jenis karakter dan gaya yang saya hasilkan dari gambar jamur ini. Di awali dengan membuat gambar realis jamur, akhirnya saya mengkombinasikan dengan beberapa elemen dan membuat jamur dalam bentuk karakter baru, atau bisa dikatakan mendeformasinya.


Embrace, Drawing pen on paper, A5, 2020


MENGAPA JAMUR

Jamur bagi saya tak hanya bentuknya saja yang lucu dan menarik, tetapi juga ada nilainilai yang saya ambil, pelajari dan saya terapkan pada hidup saya. Salah satunya adalah tentang bagaimana jamur beradaptasi pada tempat hidupnya. Dia mampu bertahan di lingkungan yang bahkan sangat rusak sekalipun.


Jamur adalah tidak memiliki bersifat tumbuhan yang senyawa organik diekstrak menjadi Umumnya mampu makananya

MUSH ROOM

tumbuhan yang klorofil dan heterotroph yaitu membutuhkan di mana karbon pertumbuhannya. tumbuhan ini tidak menghasilkan sendiri.


Yang unik dari tumbuhan jamur adalah terdapat Hifa, yaitu benang-benang yang terdapat pada tubuhnya. Hifa akan terlihat jika kalian mengupas bagian batangnya pelan-pelan. Akan terdapat ruasruas berbentuk seperti benang panjang. Kumpulan hifa nantinya akan membentuk Miselium. Hifa dan miselium ini yang memiliki fungsi untuk menyerap

zat organik di lingkungan sekitarnya untuk memperoleh makanannya. Jamur merupakan “konsumen�, maka dari itu, jamur mampu menghasilkan karbohidrat, protein dan senyawa kimia lainnya akibat proses dari substrat. Substrat adalah spesies kimia yang bereaksi dengan pereaksi kimia lainnya dan mampu menghasilkan suatu produk baru.


FILOSOFI JAMUR

Kemampuan jamur yang hidup di area mana pun dan bisa beradaptasi dengan baik itu yang menjadi salah satu pelajaran hidup yang saya ambil dari tumbuhan jamur.

Selain itu sifat dan jenis-jenisnya bisa saya gunakan untuk mewakili atau menjadi anologi dari sifat-sifat manusia pada umumnya. Seperti toxic, bermanfaat ataupun bikin lupa diri.


Mushroom Growth by ewafebri

Mushroom Growth by ewafebri, 2020


Mushroom Growth merupakan kiasan yang bermakna berkembang. Dalam hal ini, saya

menghubungkannya dengan sisi perkembangan jiwa kita atau selfdevelopment.

Bagi saya jamur-jamur itu adalah symbol dari elemen informasi yang kita dapatkan dari mana saja. Elemen tersebut tentu memiliki dua sisi yang bertolak

belakang. Bisa menjadi positif ataupun negative. Tergantung bagaimana kita mengolah informasi tersebut dalam pikiran kita sendiri.


Salah satu hal yang saya ambil dari jamur adalah memanfaatkannya menjadi elemen tetap pada setiap ilustrasi yang say ciptakan. Entah itu menjadi elemen pemanis, pendamping atau justru menjadi elemen utama yang membangun sebuah cerita di dalamnya. Contohnya adalah gambar di samping ini. Di mana Jamur saya gunakan untuk melengkapi cerita yang ada. Dan memiliki makna yang harifiah sebagai jamur itu sendiri. Atau bukan untuk mewakili elemen tertentu. Berbeda dengan gambar di samping, di mana jamur saya gunakan sebagai symbol dari segala masalah yang ada dalam kehidupan manusia. Jamur tersebut mewakili beban yang sering kita tanggung. Semacam, punggung.

beban

di

(Help Me! 2020, by ewafebri).


Hal lain yang saya lakukan dalam membuat karya baru adalah dengan mengkombinasikan karakter-karakter ciptaan baru saya dengan obyek jamur. Hal ini saya lakukan untuk mengembangkan skill dan ide dalam menciptakan karya lainnya.

Hal tersulit adalah mencari gaya, karakter dan ciri yang sebelumnya tidak pernah digunakan Oleh orang lain. Hal ini butuh sekali perhatian dan kehati-hatian karena takut terjebak dalam kasus plagiarism. Oleh karena itu bagi saya penting sekali untuk mencoba banyak gaya maupun medium. Dengan begitu kemampuan kita dalam menciptakan produk baru juga semakin terlatih.


Demi untuk bisa menguasai saat membuat karya dengan berbagai jenis karakter dan gaya, saya juga mencobanya di berbagai medium yang berbeda-beda. Dengan begitu saya juga bisa mempelajari setiap karakter mediun yang saya gunakan. Agar ke depannya saya bisa membuat karya di medium yang berbeda-beda dengan lebih baik lagi.


Mastermind, by ewafebri


PENUTUP

Pada akhirnya, proses belajar ini akan tetap membutuhkan waktu yang tak sebentar. Tapi paling tidak susunan karya ini bisa menjadi bukti tentang bagaimana proses perkembangan saya dalam berkarya. Semoga ke depannya banyak karya yang lebih bagus secara kualitas dan konsep dibandingkan dengan karya yang ada di dalam buku ini. Terima kasih sudah membaca dan melihat-lihat karya ini. Eits tapi jangan berhenti di situ, saatnya kalian juga berkarya bersama. Gambar Kuy!


“Yuk bikin karya cuy! Gak ada salahnya dicoba sekarang, mau kapan lagi? yekan?�

~ Ewafebri ~


PROFIL PENULIS

Hello nama saya ewafebri. Akrab dipanggil Evva. Saya seorang Blogger sekaligus Bullet journalist. JIka kalian penasaran tentang Bullet Journalist, bisa mampir ke Blog saya ewafebri,com. Selain suka menulis di Blog ewafebri, saya juga suka membuat ilustrasi yang saya posting di Blog khusus tentang seni di ewafebriart.com. Penasaran tentang karya-karya saya ? Bisa langsung mampir loh.

Contact Me: Email

: ewafebri@gmail.com

Blog

: https://ewafebri.com

Portfolio

: https://portfolio.ewafebriart.com

Instagram

: ewafebriart

Twitter

: ewafebri


Profile for ewafebri

Mushroomates  

Advertisement