Page 1

Profile

Simeon Th Pally Bupati Alor Nusa Tenggara Timur h.36

Leisure

Resto

Venue

h.40

h.48

h.50

Antara Pantai Lasiana dan Sasando

Sajikan Masakan Khas Italia yang Beda

Sari Ater Hotel & Resort Hotel, Convention, Recreation

Volume 7 Edisi 08 I Agustus 2012 I Rp 35.000

JATIM punya Event Agustus 2012 I

I 1


nama artikel

2

I

I Agustus 2012

nama artikel

Agustus 2012 I

I 1


Contents Edisi 08 | Agustus 2012

Contents

40

Leisure

Edisi 08 | Agustus 2012

36

18 Cover Story

Profile

Simeon Th Pally Bupati Alor Nusa Tenggara Timur

Titik Nol Industri Event Kawasan Timur

Budaya kontemporer dan tradisional, venue modern dan bangunan kuno tumbuh berdampingan di Jawa Timur. “Jawa Timur itu memiliki tiga keunggulan yakni Surabaya sebagai ajang pengembangan industri pameran, Malang sebagai tempat meeting dan kabupatenkabupaten memiliki spesial event yang kuat, seperti Jember Fashion Carnaval, misalnya”, ujar Christina L. Rudatin Dosen D4 MICE Politeknik Negeri Jakarta.

6

Agenda Event

10

Agenda Event Daerah

2

I

HUT RCTI

Date: 8 August EO: PT Rajawali Citra Televisi Indonesia Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo) Jakarta

PAREKRAF EXPO 2012 (PAMERAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF INDONESIA) Tanggal: 27 - 30 September 2012 Penyelenggara: PT Aira Mitra Media - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat Lokasi: Narmada Conv. Hall, Mataram, Lombok - NTB

I Agustus 2012

Antara Pantai Lasiana dan Sasando

44 Hotel

Saat Anda melakukan aktivitas bisnis di kawasan Serpong, kini tak perlu lagi gundah mencari kebutuhan akomodasi yang lebih dari sekedar nyaman, dan berstandar internasional. Aston Paramount Serpong Hotel & Conference Center (APSHCC), mampu menjawab segala kebutuhan para pebisnis mulai dari akomodasi hingga perjamuan bisnis di ruang meeting yang tematik.

Festival Anyer Tanggal : 1 – 31 Agustus 2102 Lokasi : Banten Festival Anyer akan diadakan di Pantai Sambolo, Anyer, di provinsi Banten selama bulan Agustus. Beberapa acara dari festival ini meliputi pawai budaya dengan busana warna-warni, lomba permainan anak tradisional, seperti gobang, dampu dan gatrik. Acara ini juga akan menampilkan kompetisi tari dari tingkat SMA, pertunjukan seni dan budaya, panggung kreatif, pameran lukisan dan pameran Kerajinan tangan.

14

Interview

Rizky Handayani Direktur Promosi Konvensi Insentif Pameran dan Minat Khusus Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Promosikan MICE Lewat Convention Bureau. Ekonomi Indonesia memang sedang bergairah, dibanding Eropa maupun Amerika yang sedang mempertahankan roda ekonominya tetap bergerak. Secara makro, Indonesia terus tumbuh. Salah satu contoh, banyak perusahaan asing bermunculan, baik investasi asing maupun domestik.

48 30

Kemilau Alor dan Laut Selat Pantar

Infocus

“Sebuah panorama laut terhampar di depan mata. “Mempesona”, begitu kataku. Di hari sepagi itu, pulau yang kecil ini terletak di depan Selat Kalabahi, pulau Kepa, demikian pulau ini biasa disebut.

Sajikan Masakan Khas Italia yang Beda

Lelah setelah bekerja memResto buat sebagian warga Jakarta ingin menikmati waktu kumpul bersama sahabat ataupun relasi. Solusinya, bertandanglah ke. Illuminare Ristorante e Bar ini yang menyediakan fasilitas menu pilihan saat menghabiskan waktu setelah lelah bekerja.

50 Venue

54

Aston Paramount Serpong Hotel & Convention Center

Gadget

Kamera Khusus Hitam Putih Untuk menghasilkan sebuah foto hitam putih dapat dilakukan dengan mudah. Misalnya dengan bantuan program pengolah gambar. Beberapa kamera digital saat ini juga telah hadir dengan efek hitam putih. Namun, Leica memiliki caranya sendiri dengan merilis Leica M-Monochrom.

52

Otomotif

56-66 News 68 Rehat

UMBRA BAR & LOUNGE

Kemang memang selalu menarik minat anak muda Jakarta dan seakan tidak pernah ada habisnya dalam menghadirkan tempat – tempat baru dan seru untuk hangout.

Sari Ater Hotel & Resort Hotel, Convention, Recreation Merencanakan meeting di luar kota pasti menjadi sesuatu bahasan yang menarik ketika agenda meeting. Terlebih lagi, lokasi meeting tersebut sangat mendukung kenyamanan. Misalnya memadukan nuansa alam dan meninggalkan suasana hiruk pikuk perkotaan yang selalu bising.

70-72

Pick Up Point

Agustus 2012 I

I 3


nama artikel

Jatim pa yang tidak dimiliki Jawa Timur untuk unggul sebagai destinasi pariwisata? Hampir semua ada. Bandara, pelabuhan, jalan tol, venue, hotel, mal, obyek wisata, seni, budaya, kuliner dan souvenir hasil kerajinan tangan. Semua ada. Apa kurangnya pemerintah daerah Jatim dalam mempromosikan destinasi pariwisata mereka? Tak kurang-kurangnya event berskala internasional,nasional maupun spesial event yang digelar hampir di tiap kabupaten di Jatim. Baru-baru ini Dinas Pariwisata Jatim menghelat Majapahit Travel Fair yang ke 13. Diikuti lima puluh delapan buyer dari dua puluh negara seperti Jerman, Korea Selatan, Singapura, Cina, Azerbaijan, Kazakhstan, Malaysia dan sebagainya. Peserta dari dalam negeri seperti Bali, Jakarta, Bandung, Semarang, Medan, Lombok dan Kalimantan. Tapi mengapa Jawa Timur hanya menjadi tempat persingahan saja-perlintasan wisatawan dari Jogjakarta ke Bali? Mengapa mereka bukan langsung mengunjungi Jatim lalu mampir ke Denpasar atau Jogja? Jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan tersebut di atas mungkin patut dialamatkan kepada para praktisi MICE dan masyarakat Jatim. Membuka mata dan menyadari seluruh modal pariwisata yang mereka miliki. Wilayah luas Jatim, jumlah penduduk yang besar, ragam destinasi dan budaya, atau khasanah kuliner dan hasil kerajinan tangan. Betapa industri pariwisata dan MICE memberikan sumbangan signifikan terhadap PDRB Jatim. Tercatat pemasukan devisa per Maret 2012 sekitar 247 miliar. Tahun 2011 lalu total sumbangan bagi PDRB Jatim 56 triliun. Tahun 2010 sebesar 48 triliun. Sebuah sumbangan besar dari sektor pariwisata yang langsung bisa dirasakan oleh masyarakat.

Dewan Redaksi Karuna Murdaya (Ketua) Metta Murdaya, Upekkha Murdaya, KiranaWijaya, Totok Lestyo Slamet Supriyadi, Chairul Ishak Mahadi Ralf Scheunemann, Oki Setiawan Silvia Hartono, Andiyani Pertiwi Plt. Pemimpin Umum/ Pemimpin Redaksi (Penanggung Jawab) M. Al Khadziq Asnawi A.Zain Redaktur Eksekutif Cahyo Adji Redaktur Artistik Rudy Setiawan Staf Redaksi Fatkhurrohim, Teguh S. Gembur Andhy Prayitno Desainer Grafis David H Christian

Cara paling bijak adalah menyiapkan SDM yang mumpuni dan mendorong partisipasi masyarakat untuk terlibat mengelola destinasi Jawa Timur yang berkelanjutan. Mefasilitasi pelatihan tenaga MICE, membuka peluang industri pariwisata sebesarbesarnya bagi praktisi setempat.

Marketing dan Promosi Elizabeth R.S, Yurita W.K

Kami juga menyajikan tulisan hotel dan venue sebagai informasi bagi Anda yang hendak membuat event. Kabar mutakhir dari dunia MICE dapat Anda lihat dalam rubrik News. Program-program promosi selama bulan Ramadhan yang diberikan oleh hotel maupun resto, peluncuran produk dan jasa dari industri pariwisata nasional. Dan bagi Anda yang hendak mengup date agenda event selama sebulan ke depan, silakan kunjungi rubrik Event to Event. Kami memberikan yang terbaik bagi Anda. Selamat Membaca

: Majalah Mice I

Wakil Pemimpin Umum/ Wakil Pemimpin Redaksi Prajna Murdaya

Namun kisah manis pencapaian sektor pariwisata Jatim itu tidak memiliki makna apapun jika tidak ada kemandirian masyarakat Jatim terutama dalam mengelola dan mengembangkan sektor pariwisata setempat. Percuma saja potensi besar itu jika para pengarapnya ‘orang luar’ juga.

Dalam edisi ini EventGuide mengupas potensi dan tantangan pengembangan destinasi pariwisata di Jatim. Membantu memetakan potensi dan mengoptimalkan pengelolaan industri pariwisata di provinsi terbesar di Jawa itu. Jangan lewatkan juga rubrik lain dalam edisi ini. Perjalanan ke Alor mengunjungi pantai-pantai eksotis di kawasan Indonesia Timur. Betapa Alor tumbuh secara perlahan namun pasti. Membangun industri pariwisata yang mandiri.

4

Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi Dra S. Hartati Murdaya

I Agustus 2012

: @eventguidemagz

Manager Usaha Hasiholan Siagian

Administrasi Umum Yuni Nuraini Manager HRD Yahya Wiyanto Keuangan Yudha Wartawan majalah Event Guide dalam menjalankan tugas dilengkapi kartu identitas. Narasumber, klien iklan dan relasi bisnis diharapkan tidak melayani siapapun yang mengaku wartawan Event Guide tanpa identitas resmi.

Alamat redaksi, Iklan dan Distribusi Hall E Lt. 3, Arena Pekan Raya Jakarta, Kemayoran, Indonesia 10620. Telepon: (021) 266 45 234, 266 45 232, FAX: 266 45 274 E-MAIL: eventguideindonesia@yahoo.co.id, Mailing List: eventguidemagazine@yahoogroups.com

http://issuu.com/eventguidemagz Agustus 2012 I

I 5


Agenda event

Agenda event Manufacturing & Construction Date: 30 Oct-01 Nov E O: FREED Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo) Jakarta Job Fair 2012 Date: 18-19 Oct (tentative date) EO: Kemenakertrans Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo) Jakarta Jakarta Audio Expo (Japex) 2012 Date: 10-13 Nov (tentative date) EO: JIExpo- Audio Pro Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo) Jakarta Music Clinic Japex 2012 Date: 10-13 Nov (tentative date) EO: JIExpo- Audio Pro Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo) Jakarta INDO DEFENCE, INDO AEROSPACE & INDO MARINE 2012 Expo & Forum Date: 07 - 10 Nov EO: PT Napindo Media Ashatama Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo) Jakarta All Industrial / ALLPRINT Date: 07 - 10 Nov EO: PT Kristamedia Pratama Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo) Jakarta

HUT RCTI Date: 8 August EO: PT Rajawali Citra Televisi Indonesia Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo) Jakarta

Paskibraka Date: 11 August EO: Kemendikbud Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo) Jakarta

Mudik Pundi Kencana Date: 15 August E O: PT Pundi Kencana Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo) Jakarta

Mudik Bareng Sinde Budi Date: 16 August E O: PT Sinde Budi Sentosa Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo) Jakarta

Mudik Telkom Group Date: 16 August E O: PT Banyu Biru Ciptakreasi Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo) Jakarta

Mudik Indofood Date: 16 August E O: PT Indofood Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo) Jakarta

Anime Festival Date: 01-02 Sep EO: Trilogy Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo) Jakarta

ISMARTCOM (tentative) Date: 06 Sep EO: ISMARTCOM Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo) Jakarta

Huawei Conference (tentative) Date: 07 Sep EO: PERKIDEA Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo) Jakarta

Ujian PNS Date: 08 Sep EO: Kemenlu Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo) Jakarta

Property Fair Date: 08-09 Sep EO: PT Shree Balaji International Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo) Jakarta

The 20th INDONESIA INTERNATIONAL MOTOR SHOW Date: 20 - 30 Sep EO: PT DYANDRA PROMOSINDO Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo) Jakarta

Food Ingredients (Fi) Asia 2012 Date: 03 - 05 Oct E O: UBM Asia Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo) Jakarta

Indonesia Supplay Chain Conference and Expo Date: 04-06 Oct E O: PT Debindo Mitra Diyantama Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo) Jakarta

Plastic & Rubber Indonesia 2012 Date:10-13 Oct EO: PT Pamerindo Indonesia Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo) Jakarta

THE 27th TRADE EXPO INDONESIA 2012 Date: 17 - 21 Oct EO: BPEN INDONESIA (NAFED) Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo) Jakarta

Jakarta Kemayoran Mega Wedding Festival 2012 Date: 26 - 28 Oct EO: PT Cantik Mega Sukses Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo) Jakarta

Carnival Wisata Travel Fair Date: 26-28 Oct E O: PT Abby Global Network Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo) Jakarta

6

I

I Agustus 2012

Mudik Bareng Sido Muncul Date: 12 August EO: PT Sido Muncul Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo) Jakarta

Mudik Bareng Yuasa 2012 Date: 15 August E O: PT Sebelasduabelas Cipta Kreasi Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo) Jakarta

Indo Ship Build Date: 15-17 Nov EO: ECMI Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo) Jakarta Indo World Ceramic Fair Date: 15-17 Nov (tentative date) EO: Micver International Trade & Exhibiton Co Ltd Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo) Jakarta

Glasstech Asia 2012 Date: 15-17 Nov (tentative date) EO: PT Royalindo Expoduta-Converence & Exhibition Management Service Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo) Jakarta

Heating, Ventilation and Air Conditioning Indonesia 2012 Date: 29 Nov - 01 Dec EO: IIR Exhibitions Pte, Ltd Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo) Jakarta

Allpack, Indonesia 2012, Interfood Indonesia 2012 and Allprint Indonesia 2012 Date: 21 - 24 Nov EO: PT Kristamedia Pratama Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo) Jakarta

MANUFACTURING INDONESIA SERIES 2012 : PLASTICS & RUBBER INDONESIA 2012, PROPAK INDONESIA SERIES 2012, PRINTING INDONESIA 2012 Date: 05 - 08 Dec EO: PT PAMERINDO INDONESIA Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo) Jakarta

Basketball Veteran Sedunia Date: 27-30 Nov (tentative date) EO: Panitia Basketball Veteran Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo) Jakarta

FFI- Piala Citra Date: 13 Dec EO: PT Rajawali Citra Televisi Indonesia Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo) Jakarta

Desember Expo & Festival Date: 14 - 23 Dec EO: JIExpo - Dyan Karunia Expo Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo) Jakarta Mega Konser RCTI Date: 13 Dec EO: PT Rajawali Citra Televisi Indonesia Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo) Jakarta Perayaan Natal Gereja Rehobot Date: 23 Dec EO: PT Cantik Mega Sukses Location: Area PRJ, Jakarta International Expo (JIExpo) Jakarta

Agustus 2012 I

I 7


Agenda Daerah PAREKRAF EXPO 2012 (PAMERAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF INDONESIA) Tanggal: 27 - 30 September 2012 Penyelenggara: PT Aira Mitra Media Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat Lokasi: Narmada Conv. Hall, Mataram, Lombok - NTB

BATAM TOURISM, TRADE AND INVESTMENT (BATAM TTI EXPO 2012) Pameran Ke-4 Tanggal: 4 - 7 Oktober 2012 Penyelenggara: PT Aira Mitra Media - KADIN Provinsi Kepulauan Riau Lokasi: Mega Mall Batam Center, Batam

PAMERAN PRODUKSI DALAM NEGERI DAN PRODUK KREATIF NUSANTARA (PDN Expo 2012) - Pameran Ke-2 Tanggal: 4 - 7 Oktober 2012 Penyelenggara: PT Aira Mitra Media - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Prov Sulawesi Selatan Lokasi: Trans Studio Mall, Makassar 7th BEKASI EXPO 2012 dan JAWA BARAT UMKM FESTIVAL 2012 Tanggal: 8 - 11 November 2012 Penyelenggara: PT Aira Mitra Media Pemerintah Kota Bekasi dan didukung oleh Pemprov Jawa Barat Lokasi: Bekasi Square, Bekasi Jawa Barat

JOGJA TOURISM, TRADE AND INVESTMENT (JOGJA TTI EXPO 2012) Tanggal: 22 - 25 November 2012 Penyelenggara: PT Aira Mitra Media - Dinas Pariwisata Provinsi Yogyakarta Lokasi: Plaza Ambarrukmo, Yogyakarta 8

I

I Agustus 2012

Agenda event

GELAR PRODUK DAERAH (GPD EXPO 2012) - Pameran Ke-2 Tanggal: 29 Nov - 2 Des 2012 Penyelenggara: PT Aira Mitra Media - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Riau Lokasi: Mega Mall Batam Center, Batam

Festival Anyer Tanggal : 1 – 31 Agustus 2102 Lokasi : Banten Festival Anyer akan diadakan di Pantai Sambolo, Anyer, di provinsi Banten selama bulan Agustus. Beberapa acara dari festival ini meliputi pawai budaya dengan busana warna-warni, lomba permainan anak tradisional, seperti gobang, dampu dan gatrik. Acara ini juga akan menampilkan kompetisi tari dari tingkat SMA, pertunjukan seni dan budaya, panggung kreatif, pameran lukisan dan pameran Kerajinan tangan. Festival Layang-Layang Pangandaran Tanggal : 1 – 31 Agustus 2012 Lokasi: Pangandaran, Ciamis, Jawa Barat Festival Layang-Layang Pangandaran 2012, akan berlansgung selama sebulan penuh, dengan menampilkan ratusan layang-layang hias modern dan tradisional mengudara di cakrawala. akan bertempat di Lapangan Ketapang Doyong Pantai Timur Pangandaran. Festival ini akan diisi beragam acara meliputi pameran, eksibisi, dan pertunjukan kesenian tradisional Jawa Barat. Peserta yang hadir dari luar negeri adalah orang yang benar-benar hobi layang-layang, bukan sekadar turis yang kebetulan datang berwisata ke Pangandaran. Kategori lomba adalah kompetisi Kategori 2D, 3D, Rokaku, Train, Sport, Tradisional, Tanpa Rangka (Balon), dan kategori lainnya termasuk adu layang-layang. Tujuan festival layang-layang ini adalah untuk mempromosikan wisata pantai Pangandaran sebagai destinasi wisata unggulan Jawa Barat. Di sini Anda dapat melihat layang-layang koleksi Kite Art Indonesia yang pernah menjadi juara dunia festival layang-layang di sejumlah negara. Layang-layang tersebut adalah layang-layang Barong yang menyabet gelar juara Mei 2011 lalu untuk katagori full colour dan ‘Ulat Bulu’ untuk katagori unique. Pangandaran International Kite Festival 2012 juga akan menghadirkan layang-layang milik Mr dan Mrs Ohashi dari Jepang dan Mr Peter Lynn dari Selandia Baru. Mr dan Mrs Ohashi dengan layangannya pernah menjadi juara dunia sekaligus masuk guiness book record sebagai rekor layangan terpanjang di dunia. Sementara layangan milik Mr. Peter Lynn juga serupa pernah menjadi juara dunia dan tercatat di Guiness Book Record dengan layangan yang lebarnya sama dengan lapangan bola.

Agustus 2012 I

I 9


Agenda event

Agenda Daerah Hotel Majapahit Surabaya

Festival Budaya Lembah Baliem 2012 Tanggal : 8 – 11 Agustus 2012 Lokasi : Jayawijaya, Papua

Festival Budaya Lembah Baliem 2012 yang melibatkan suku-suku yang ada di Kabupaten Jayawijaya, seperti suku Dani, suku Lani, dan suku Yali rencananya akan dihelat mulai tanggal 8 sampai 11 Agustus 2012. Pada hari Senin, Selasa dan Rabu kegiatan akan berlangsung di Kampung Wasilimo Distrik Usilimo dan hari Kamis bertempat di Wamena. Kegiatan tahunan yang selalu diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Jayawijaya ini dimaksudkan untuk menjaga dan melestarikan nilai-nilai budaya suku-suku di Lembah Baliem Kabupaten Jayawijaya. Festival Budaya Lembah Baliem 2012 akan dimeriahkan dengan kegiatan seni dan budaya diantaranya pertunjukan perang antar suku (sejarah perang suku), penampilan tari-tarian adat, pertunjukan balapan karapan anak babi (pig racing), puradan (permainan melempar tombak ke arah bulatan rotan yang sedang berputar saat dilemparkan), sikoko (permainan menggunakan kayu jenis pion yang di lemparkan menuju sasaran yang sudah ditunjuk), lomba memainkan alat musik tradisional tiup (pikon) dan berbagai macam perlombaan kebudayaan bagi wisatawan asing seperti melempar tombak (sege) ke sasaran yang sudah di tentukan dengan tepat dan panahan (memanah sasaran pada batang pisang). Untuk menampilkan stimulasi perang-perangan, Kampung Wosiala, Desa Wosilimo di Distrik Kurulu, pemerintah daerah telah mempersiapkan sebidang tanah lapang dengan luas sekitar 400 m X 250 m, yang dapat menampilkan pertunjukan perang-perangan sekitar 500-1000 penari, selama dua hari dari 26 kelompok, yang masing-masing kelompok terdiri atas 30 – 50 orang. Lalu di tempat terpisah juga menampilkan permainan musik tradisional pikon yang diciptakan dari kulit kayu yang disebut dalam bahasa daerahnya “hite” (kulit kayu untuk busur panah). Sementara lagu yang dimainkan merupakan ungkapan isi hati sang pemain musik yang di bunyikan lalu diperdengarkan untuk menghibur hatinya maupun para pendengar. Uniknya, tidak semua orang Lembah Baliem dapat memainkan alat musik ini, karena membutuhkan keahlian khusus.

10 I

I Agustus 2012

Indonesian Coffee Festival Tanggal : 24 -25 Agustus 2012 Lokasi : Denpasar, Bali Indonesian Coffee Festival (ICF) yang akan berlangsung pada 24–25 Agustus 2012 di Bali. Festival ini adalah sebuah festival untuk merayakan budaya ngopi atau meminum kopi. Peserta festival terdiri dari 4 komunitas, yakni komunitas kedai kopi, kafe kopi, dan restoran yang memposisikan kopi sebagai salah satu menu utama. Berikutnya ialah komunitas pecinta kopi yang terdiri dari individu pecinta kopi. Ketiga, penulis blog (blogger) terkait kopi, dan yang terakhir petani kopi dan berbagai bisnis yg mendukung budaya ngopi. Festival ini akan dikemas dalam suasana “ngopi bareng, ngobrol kopi bareng”. Festival ini akan menjadi tempat pertemuan semua pecinta kopi. Tujuan utama festival ini adalah mempertemukan komunitas dari titik hulu hingga hilir, serta kampanye minum kopi Indonesia agar kopi Indonesia menjadi tuan rumah di negeri sendiri. ICF juga dapat menjadi sebuah sosialisasi fasilitas pendukung pariwisata baru, yaitu kedai atau kafe kopi dan kuliner yang menyertainya. Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2012 Tanggal : 8 – 12 Agustus 2012 Lokasi : Kota Tomohon, Sulawesi Utara Penyelenggaraan TIFF 2012 yang mengangkat tema “Wonderful Tomohon” dimaksudkan sebagai wadah promosi pariwisata bersama dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara ke Sulut khususnya ke Tomohon. Event yang selalu berlangsung dua tahun sekali ini, selain untuk mempromosikan pariwisata Kota Tomohon yang memiliki daya tarik bunga sebagai ikon, juga memberikan dampak pada peningkatan ekonomi masyarakat, serta diharapkan dapat menjadi festival bunga internasional, seperti halnya Tournament of Roses di Pasadena, Amerika Serikat. Tomohon International Flower Festival sebagai pertama kali diselenggarakan pada tahun 2008 sebagai ‘Tomohon Flower Festival” masih berskala nasional dan diikuti 46 kota se-Indonesia dengan jumlah pengunjung sebanyak 20 ribu orang. Pada penyelenggaraan kedua tahun 2010 ditingkatkan menjadi event berskala internasional sebagai ‘Tomohon International Flower Festival’ diikuti 82 peserta termasuk negara sahabat Malaysia, Vietnam, Korea Utara, India, dan Rusia dengan pengunjung sebanyak 25 ribu orang.

Event : Bazar Ramadhan & Tarawih Bersama Periode : 23 Juli – 17 Agustus 2012 Reservasi : (62-31) 5454 333 Lokasi : Hotel Majapahit Alamat : 65 Jalan Tunjungan Surabaya 60275 Jawa Timur, Indonesia Website: www.hotel-majapahit.com

Menyambut bulan suci Ramadhan 1433 H, Hotel Majapahit mengadakan BAZAR RAMADHAN & TARAWIH BERSAMA. Hanya dengan Rp 98.000 nett per orang, Anda dapat menikmati fasilitas makan sepuasnya di saat buka puasa dengan 98 macam pilihan sajian jenis makanan dan Ta’jil khas Asia, Timur Tengah, dan Indonesia. (tampak pada gambar adalah menu: Beef Kebabs, Shish Tawook Grilled Chicken, Dawood Basha, Chicken Shawarma & Shana Roti). Di samping sajian pilihan 98 macam jenis makanan di Bazar Ramadhan, Hotel Majapahit juga menyediakan menu buka puasa berupa Ta’jil dengan Paket Trio–nya (martabak, jajan pasar kurma dengan coklat) hanya Rp 49.000 net per orang, disajikan di Lobby Lounge. Tak kalah menariknya, di Sarkies Seafood Restaurant kami juga memanjakan para tamu/pengunjung yang khusus datang ke Hotel Majapahit untuk berbuka puasa dengan 3 (tiga) macam pilihan set menu ‘Chinese Muslim’ (sudah termasuk Ta’jil) seharga Rp 188.000 net per orang. Semuanya berlaku mulai tanggal 23 Juli 2012 sampai dengan 17 Agustus 2012. Untuk memudahkan para tamu yang kebetulan bermalam/tinggal di Hotel Majapahit selama bulan suci Ramadhan, kami memberikan pelayanan Sahur di dalam kamar dengan 3 (tiga) macam pilihan set menu dan 1 (satu) menu khusus ‘vegetarian’.

Hotel Aryaduta

Event : Paket Ramadhan & Lebaran Periode : 20 Juli – 19 Agustus 2012 Lokasi : Hotel Aryaduta Reservasi : 021 – 2352 – 1234 Alamat : Jl. Prapataan No. 44 – 48, Jakarta 10110 Paket Ramadhan Spesial berlaku dari tanggal 16 Juli sampai 2 September 2012, ditawarkan mulai harga Rp 649.000 net untuk kamar Superior dan Rp 749.000 untuk kamar Deluxe, sudah termasuk sahur atau sarapan pagi dan Ta’jil untuk dua orang dewasa. Secara terpisah, Ta’jil ditawarkan untuk tamutamu hotel dengan harga Rp 75.000 net perorang dari tanggal 20 Juli sampai 19 Agustus 2012. Di penghujung Ramadhan yang identik dengan tradisi mudik, Hotel Aryaduta Jakarta menawarkan Paket Lebaran istimewa yang berlaku tanggal 15 – 25 Agustus untuk menginap dua malam hanya membayar satu malam. Harga kamar mulai dari Rp 880.000++ untuk Superior dan Rp 1.080.000++ untuk kamar deluxe.

Agenda Hotel Mercure Jakarta Kota Event Periode Lokasi Reservasi Alamat

: Ramadhan Promo Mercure Jakarta Kota : Agustus 2012 : Mercure Jakarta Kota : Tlp. 021 – 6248680 Fax. 021 – 6260165 email : reservations@mercure-jakarta-kota.com : Jl. Hayam Wuruk No. 123 – Jakarta Barat 11160 Menyambut bulansuci Ramadhan kali ini Hotel Mercure Jakarta Kota menyiapkan berbagai paket menarik dan juga ekonomis yang dapat dinikmati oleh para pelaku bisnis selama beraktifitas di Jakarta. Harga kamar mulai dari Rp 598.000 nett/kamar/ malam menginap di kamar Superior dengan fasilitas free internet akses dan sarapan pagi atau sahur untuk 2 orang. Nikmati sajian khas buka puasa ‘Tajil’ seperti kolak, aneka kue tradisional, sajianes, kurma dan lainlain serba Rp 10.000 nett/item atau makan sepuasnya hanya dengan membayar Rp 35.000 nett/orang. Untuk acara buka puasa bersama untuk 20 orang dapatkan Paket Buka Puasa Prasmanan hanya Rp 95.000 nett/orang. Melengkapi kegiatan meeting ataupun agenda pertemuan lainnya, selama bulan Ramadhan dapatkan paket Residential Meeting mulaidari Rp 400.000,-nett/orang untuk minimum 20 orang dan paket sudah termasuk menginap 1 malam di kamar superior twin, sarapan pagi atau sahur, buka puasa prasmanan dan satu kali coffee break.

Aston Paramount Serpong Hotel & Convention Center Event Periode Lokasi Reservasi e-mail Alamat

: Tajil Corner dan Breakfasting Buffet : 19 Juli – 18 Agustus 2012 : Aston Paramount Serpong Hotel & Conference Center : Telp. 021 – 2921 – 5999 : info@astonparamountserpong.com : Lot #2 Jl. Boulevard Gading Serpong, Tangerang

Memasuki bulan Ramadhan Aston Paramount Serpong Hotel & Conference Center menawarkan promo seperti menyediakan aneka menu berbuka puasa dan menginap dengan harga yang sangat menarik. Dalam berbuka, Mezzanine Restaurant, menyediakan Tajil Corner dan Breakfasting Buffe” selama bulan Ramadhan. Aneka hidangan Tajil seperti kolak, biji salak, aneka es, bubur sum-sum, kurma, manisan, hingga jajanan pasar. Promo ini, dapat dinikmati mulai 19 Juli sampai 18 Agustus 2012, dari pukul 18.00 22.00 wib dengan harga Tajil Corner Rp. 50.000,-++ per orang dan untuk Breakfasting Buffet Rp. 85.000,-++ per orang. Sudah menjadi tradisi bahwa di bulan puasa saatnya untuk berkumpul bersama saat berbuka, baik dengan keluarga atau teman – teman. Mencari tempat yang nyaman dan sesuai untuk berkumpul sekaligus menggelar acara buka puasa bersama. APSHCC menawarkan Special Private Group Breakfasting dengan Rp. 135.000,-++ per orang.

Agustus 2012 I

I 11


Aston Rasuna–Jakarta

Agenda event Aston Marina Jakarta

Event : Ramadhan Deal Periode : 20 Juli – 23 Agustus 2012 Reservasi : Telp. 021- 6983 7120 Fax. 021- 6983 7240 Lokasi : Aston Marina Mediterania, Tower A Alamat : Jl. Lodan Raya no. 2 A, Jakarta 14430 – Indonesia Web. www.astonmarinaancol.com

nama artikel

Event : Hi-tea Ta’jil buffet dan Lamb Gulai Maryam Bread Periode : Juli – 18 Agustus 2012 Reservasi : 021- 8370 5555 atau 021- 9390 1000 Lokasi : Mezza Ccafé, Bar & Lounge Aston Rasuna - Jakarta Alamat : Kompleks Apartment Taman Rasuna, Kuningan Jakarta

Aston Marina Jakarta kembali memberikan penawaran istimewa selama Bulan Ramadhan. Setiap hari seluruh tamu akan disajikan Ta’jil secara cumacuma di area lobby. Untuk kamar, Aston Marina mempunyai Ramadhan Deals untuk periode menginap tanggal 20 Juli – 23 Agustus 2012. Ramadhan Deals, mulai dari Rp. 620.000,- ++/ kamar/ malam. Adapun benefit di dalam paket tersebut termasuk, menginap satu malam, sarapan pagi, gratis Ta’jil untuk berbuka puasa, gratis tiket masuk Ancol, 15% potongan diskon untuk konsumsi di Cumi Cumi Café, Cium2 Lounge&Bar, CicipCicip, Deli & Bakery dan Laundry Service, potongan 15% untuk pembelian tiket masuk di Dunia Fantasi, Atlantis Water Adventure, Ocean Dream Samudra dan Fantastique, souvenir, gratis koneksi internet dengan wi-fi di kamar dan di public area, pelayanan transportasi dari dan ke Ancol dan Mangga Dua area. Seluruh kamar di Aston Marina dilengkapi dengan, kamar tidur yang terpisah dari ruang tamu, ruang makan, dapur dan juga balkon pribadi. Aston Marina memiliki kamar dengan tipe satu, dua dan tiga kamar tidur. Tamu bisa memilih antara kamar dengan pemandangan kota Jakarta atau pemandangan keindahan pantai Ancol.

Amos Cozy Hotel

Event : Paket Ramadhan Kareem Periode : 17 Juli – 18 Agustus 2012 Reservasi : 021-7280-1369 Lokasi : Amos Cozy Hotel Alamat : Melawai Raya No. 83 – 85 Jakarta 12160 Email: reservation@amoscozy.com Website: www.amoscozy.com Amos Cozy Hotel & Convention Hall Jakarta juga turut menyambut bulan yang penuh makna ini dengan memberikan paket khusus yang akan dimulai pada tanggal 17 Juli – 18 Agustus 2012. Paket-paket istimewa tersebut dirangkum dalam Paket Ramadhan Kareem. Dimana para pengunjung hotel yang berlokasi di Selatan Jakarta ini dapat menikmati tajil di Kings Melody dengan hanya Rp 50.000 nett yang sudah termasuk teh spesial Ramadhan. Selain itu juga menyediakan, Buka Puasa Package yang disediakan secara prasmanan di Kokoo Coffee Shop & Restaurant dengan menu spesialnya adalah Ketupat Sayur,Semur, Opor Ayam, Kentang Balado, dan menu tajil lainnya. Ppilihan menu buffet tersebut senilai Rp 150. 000 nett, dan berlaku dari 19 Juli – 18 Agustus 2012. Masih dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan, mengeluarkan Rooms Promo pada 19 Juli – 15 Agustus 2012 dimulai dari Rp 599.000 nett/ kamar/malam yang sudah termasuk sarapan atau sahur untuk dua orang. 12 I

I Agustus 2012

Dalam berbuka puasa, kita sering dianjurkan untuk mengonsumsi makan-makanan yang manis. Mezza café, Bar & Lounge yang berlokasi di Mezzanine lobby Aston Rasuna menyuguhkan hidangan kudapan ta’jil ringan yang di tata secara hi-tea buffet, atau buffet sederhana yang menyajikan aneka pilihan jajanan pasar, buah-buahan segar dan juga minuman khas berbuka puasa yang dapat menjadi pilihan menarik untuk berbuka puasa Anda. Untuk menikmati Hi-tea Ta’jil corner ini para tamu cukup membayar Rp. 55.000 nett, untuk bisa menyantap hidangan yang tersedia. Namun jika tamu ingin menyantap hidangan menu utama untuk berbuka puasa, Lamb Gulai Maryam Bread bisa menjadi pilihan ala-carte menu yang bisa anda nikmati. Hanya dengan Rp. 65.000 nett, menu promo berbuka puasa ini menyuguhkan hidangan khas Timur Tengah. Mezza Café, Bar, and Lounge, yang terletak di mezzanine floor Aston Rasuna – Jakarta, buka mulai pk. 06.30 – 23.00 WIB, menawarkan promosi 17 menu makanan yang dilengkapi dengan 9 macam menu minuman baru.

Shangri-La Jakarta

Event: Ramadhan Delights-SATOO Periode: 19 Juli-20 Agustus Lokasi: Shangri-La Jakarta

Seiring dengan datangnya Ramahan, Shangri-La Jakarta menawarkan beragam hidangan Ramadhan Delights persembahan SATOO dari tanggal 19 Juli hingga 20 Agustus 2012. SATOO merupakan tempat yang cocok untuk berbuka puasa. Dengan beragam pilihan yang tersebar di dua belas station dan ditambah satu station khusus untuk masakan khas Timur Tengah, tamu dapat memilih hidangan buka puasa sesuai selera. Pada dessert station tersedia berbagai hidangan tradisional seperti Es Doger, Es Campur, Kolak Pisang, Biji Salak, Kacang Hijau, Ketan Hitam, Kelapa Muda dan Kurma. Sedang pada santap malam tersedia hidangan khas Timur Tengah seperti Hoummus, Tabouleh, Mutable, buah zaitun dan acar Arab sebagai pembuka. Untuk hidangan utama tersedia Whole Lamb Ouzi with Kapsa Rice, Lentil Soup, Beef Shish Kebab, Lamb Kofta, Shish Taouk, Lamb Biryani, Grilled Fish Hara, Arabic Saffron Rice, Chicken Salona, Beef Stew with Okra dan Chicken Kabouli. Agustus 2012 I

I 13


Interview

Rizky Handayani

Direktur Promosi Konvensi Insentif Pameran dan Minat Khusus Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Promosikan MICE Lewat Convention Bureau Foto: Fatkhurrohim

erkait dengan dunia pariwisata, jika melihat dinamika itu, salah satu peluang bisnis yang menarik adalah MICE (Meeting Incentive Conference and Exhibition). Setiap perusahaan minimal setahun sekali menggelar pertemuan. Menurut Biro Pusat Statistik, di Indonesia ada 466 ribu perusahaan aktif. Satu persen saja aktif mengadakan MICE, berarti ada peluang di 4.660 perusahaan.

Ekonomi Indonesia memang sedang bergairah, dibanding Eropa maupun Amerika yang sedang mempertahankan roda ekonominya tetap bergerak. Secara makro, Indonesia terus tumbuh. Salah satu contoh, banyak perusahaan asing bermunculan, baik investasi asing maupun domestik.

14 I

I Agustus 2012

Indonesia bukan hanya Jakarta. Juga industri MICE tak hanya berkembang di ibu kota. Ambil contoh Bali, provinsi penyumbang devisa pariwisata terbesar di Indonesia, sejak 2000-an tak hanya menuju sebuah kota wisata, ia menjadi ikon kota konvensi dan potensial menuju sebuah kota MICE pesaing Singapura.

Bali mampu menggarap pasar MICE nasional maupun internasional. Direktur Promosi Konvensi Insentif Pameran dan Minat Khusus Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Rizki Handayani, mengatakan, pengembangan MICE di Bali bisa menjadi kawasan pengembangan MICE di kawasan lain di Indonesia. Ia mengungkapkan, pengembangan MICE di Bali mungkin masih terkendala promosi dan pemasaran. Menurutnya, untuk memperkuat pemasaran MICE Bali perlu mempertimbangkan terbentuknya Bali Convention Bureau. Di negara lain seperti Thailand telah membentuk biro konvensi untuk mengoptimalkan pemasaran MICE.

Agustus 2012 I

I 15


Interview

nama artikel

Dalam menggarap pasar MICE, Rizki Handayani yang biasa disapa Ibu Kiki ketika ditemui Teguh S Gembur, Cahyo Adji serta Fatkhurrohim dari majalah Event Guide mengatakan, akan berupaya merangkum permasalahan pelaku pariwisata dalam menggarap pasar MICE di Indonesia. Demikian petikan wawancara di kantor Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Anda baru 3 bulan menjabat Direktur Promosi MICE dan Minat Khusus Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, apa program Anda di direktorat ini ? Kalau secara keseluruhan, apa yang dilakukan direktorat ini adalah turunan dari apa yang telah digariskan oleh menteri dan dirjen pemasaran. Memang ada sedikit perubahan karena wilayah MICE ini masuk dalam direktorat promosi dan minat khusus, di sini ada katakata promosi, berbeda dengan sebelumnya. Sedangkan MICE berbeda dengan jenis pariwisata lainnya. Wisatawan MICE lebih berkantong tebal, maka perlu disampaikan pentingnya MICE di direktorat kami.

Dalam bentuk apa direktorat Anda dalam melakukan promosi ? Kami membantu dalam bentuk penyelenggaraan dan partisipasi event. Atau dukungan pada pengembangan event MICE di daerah maupun minat khusus, seperti yang telah ditetapkan oleh Menteri, setidaknya ada tujuh kategori wisata minat khusus.

Bagaimana dengan promosi pengembangan MICE itu sendiri ?

Kami melakukan pendekatan dengan pelaku-pelaku di Industri MICE . Dari hasil pendekatan ini direktorat kami melakukan pemetaan. Langkah kami ini sangat berkaitan dengan promosi event-event MICE di Indonesia, terlebih mempromosikan destinasi MICE ke Internasional.

Kongkritnya seperti apa ?

Jangka pendek, bersama pelaku pariwisata di Bali, kami akan membentuk Bali Konvensi Biro. Untuk memperkuat pemasaran MICE di Bali perlu mempertimbangkan pembentukan Bali Convention Biro. Seperti kota-kota di negara lain, Thailand misalnya, yang telah membentuk convention biro untuk mengoptimalkan pemasaran MICE.

16 I

I Agustus 2012

Kalau Anda bilang Bali, sebenarnya industri MICE di sana sudah berkembang pesat, lantas apa kendalanya ?

Pengembangan MICE di Bali mungkin masih terkendala promosi dan pemasaran. Ini merupakan tantangan bagi pemerintah dan pelaku pariwisata di Bali, bagaimana memperkenalkan MICE di Bali dan Indonesia ke dunia internasional. Di Jakarta sudah ada Jakarta Convention Biro, nyatanya tidak berjalan efektif. Apakah Anda tidak Khawatir nantinya Bali Convention Biro memiliki masalah yang sama dengan Jakarta Konvensi Biro ? Saya tidak tahu, mengapa Jakarta Convention Biro tidak begitu aktif. Saya ingin bertemu dengan Indra Sukirno, apa kendala dan masalah di Jakarta Konvensi Biro ini. Kami ingin bantu. Tapi untuk jangka pendek, kami sangat berharap bisa menfasilitasi terbentuknya Bali Convention Biro.

Mengapa Anda sangat optimis dengan terbentuknya Bali Konvensi Biro ?

Bali setelah Jakarta, bisa dikatakan memiliki sarana bangunan yang cukup berpotensi untuk menyelenggarakan kegiatan MICE, misalnya APEC yang nanti diadakan tahun 2013. Namun jangan berpikir hanya jangka pendek saja melainkan mempunyai strategi jangka panjang setelah Apec nanti, siapa yang akan mengisi bangunan-bangunan tersebut.

Apa targetnya jika Bali Konvensi Biro terbentuk ?

Pelaku MICE Bali mesti memiliki target pasar dalam memasarkan MICE. Seperti di Singapura , Thailand dan kawasan lain memiliki target pasar jelas dalam memasarkan MICE. Pemerintah sifatnya hanya membantu mendekatkan dengan pasar MICE. Untuk lebih jelas, target kami adalah kunjungan wisata meningkat terlebih wisata konvensi.

Agustus 2012 I

I 17


Cover story

Titik Nol Industri Event Kawasan Timur Budaya kontemporer dan tradisional, venue modern dan bangunan kuno tumbuh berdampingan di Jawa Timur. “Jawa Timur itu memiliki tiga keunggulan yakni Surabaya sebagai ajang pengembangan industri pameran, Malang sebagai tempat meeting dan kabupaten-kabupaten memiliki spesial event yang kuat, seperti Jember Fashion Carnaval, misalnya”, ujar Christina L. Rudatin Dosen D4 MICE Politeknik Negeri Jakarta. 18 I

I Agustus 2012

www.dyandra.com

Membicarakan industri pariwisata-khususnya MICE di Jawa Timur seakan melihat raksasa tidur. Begitu besar potensinya. Ia memiliki wilayah 47.922 kilometer persegi dan penduduk 37.070.731 jiwa (2005) serta lokasi yang strategis di antara Bali dan Jogjakarta membuat Jawa Timur menjadi perlintasan turis asing maupun nusantara. Budaya kontemporer dan tradisional, venue modern dan bangunan kuno tumbuh berdampingan di Jawa Timur.“Jawa Timur itu memiliki tiga keunggulan yakni Surabaya sebagai ajang pengembangan industri pameran, Malang sebagai tempat meeting dan kabupatenkabupaten memiliki spesial event yang kuat, seperti Jember Fashion Carnaval, misalnya”, ujar Christina L. Rudatin Dosen D4 MICE Politeknik Negeri Jakarta. Pemerintah Daerah Jawa Timur sadar akan kekuatan ini. Tak mengherankan jika Pemda Jatim rajin mengirimkan pegawainya mengikuti

www.andrymasri.blogspot.com 2

berbagai pelatihan SDM Pariwisata maupun MICE dan meningkatkan infrastruktur demi menunjang pertumbuhan pariwisata Jawa Timur.Badan Pusat Statistik (BPS) Jatim mencatat secara kumulatif, mulai Januari hingga Maret 2012, jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Jatim mencapai 44.747 orang atau naik 6,58 persen dibanding periode yang sama 2011 yang hanya 41.983 orang dengan perincian yang datang melalui pintu masuk Bandara Juanda mencapai 16.257 orang. Arus wisatawan dari Juanda ini mengindikasikan bahwa industri MICE mengalami peningkatan. Hal ini membawa berkah tersendiri bagi pengusaha hotel dan penginapan. Menurut data BPS Tingkat Hunian Kamar hotel berbintang di Jatim selama Februari 2012 sebesar 48,33 persen atau naik 0,80 persen dibanding dengan Februari 2011 yang hanya 47,53 persen.

Arus wisatawan dari Juanda ini mengindikasikan bahwa industri MICE mengalami peningkatan. Hal ini membawa berkah tersendiri bagi pengusaha hotel dan penginapan.

Catatan BPS lainnya menunjukkan bahwa tingkat belanja wisman juga mengalami peningkatan. Pada 2010 belanja wisma sekitar 136,50 dollar AS per hari lalu naik menjadi 140 dollar AS pada 2011 sementara pada triwulan pertama 2012 ini rata-rata belanja wisman 145 dollar per hari. Industri MICE mampu mendongkrak pemasukan daerah. Sumbangan devisa sektor pariwisata terhadap PDRB per Maret 2012 ini diperkirakan sekitar 247 miliar. Pada 2011, total sumbangan pariwisata bagi PDRB 56 triliun rupiah atau 6,36 persen dari PDRB 2011; pada 2010 lalu berkontribusi 48 triliun rupiah atau setara 6,16 persen dari PDRB 2010.“Ternyata industri pariwisata memang luar biasa. Bayangkan, besaran jumlah itu bisa dirasakan langsung masyarakat. Bidang ini memang punya kekhasan tersendiri jika dibanding investasi bidang industri,” kata Gubernur Jawa Timur, Soekarwo.

Agustus 2012 I

I 19


Cover story

Cover story

Mengintip Event Unggulan di Jawa Timur Foto: Andy

www.andrymasri.blogspot.com

Namun begitu Jawa Timur tidak hanya Surabaya dengan industri pamerannya tapi juga 29 kabupaten dan delapan kota lain yang potensial sebagai penggerak roda ekonomi Jatim. Salah satu kota terbesar kedua di Jawa Timur adalah Malang. Terletak sekitar 90 kilometer dari Surabaya, dengan udara sejuk dan beragam venue modern maupun kuno, sangat cocok untuk pengembangan industri meeting. Dari segi akses pun Malang terhitung mudah dijangkau terutama sejak diaktifkannya Bandara Abdul Rachman Saleh. Ada tujuh penerbangan Malang-Jakarta setiap hari yang dilayani oleh Sriwijaya Air, Batavia Air dan Garuda Indonesia serta penerbangan Malang-Denpasar oleh Wings Air. Dengan promosi yang tepat dan strategi pemasaran destinasi meeting yang jitu bukan tidak mung-

20 I

I Agustus 2012

Salah satu kota terbesar kedua di Jawa Timur adalah Malang. Terletak sekitar 90 kilometer dari Surabaya, dengan udara sejuk dan beragam venue modern maupun kuno, sangat cocok untuk pengembangan industri meeting.

kin event meeting dari Jakarta dan Bali diboyong ke Malang. Selain potensi industri MICE, Jawa Timur juga memiliki kekuatan di bidang spesial event. Ada 29 kabupaten di Jatim. Masing-masing memiliki kekhasan dan keunikannya tersendiri. Masing-masing memiliki event kreatif tersendiri. Sedikit contoh: Banyuwangi Art Festival, Gresik Djaman Doeloe, Malang Flower Carnaval, atau Festival Bulan Purnama Majapahit. Namun dari seluruh event yang digelar, Jember Fashion Carnaval berhasil mendunia. Street fashion besutan Dynand Fariz ini bahkan mampu menginspirasi daerah-daerah lain di Indonesia. Industri MICE dan spesial event di Jawa Timur bagai raksasa tidur. Kini tantangan bagi para pemangku kepentingan di Jatim adalah membangunkan sang raksasa itu. [Cahyo Adji]

www.dyandra.com 2

Ada banyak event menarik sepanjang tahun yang digelar di Jawa Timur. Dari event budaya sampai dengan trade expo. Potensi ekonomi Jawa Timur terlihat melalui ragam gelaran pameran. Jatim Fair 2012 menjadi salah satu pameran unggulan di Jawa Timur. Digelar selama sepuluh hari penuh, menampilkan potensi bisnis sektor pemerintah, BUMN dan BUMD, perusahaan swasta menengah besar. “Dengan perincian 70% swasta mulai dari pabrikan hingga hand made seperti elektronik, garmen, makanan dan minuman sementara 30% adalah Pemprov, {Pemkot, BUMN, BUMD dan SKPD”, jelas Dadan Kushendarman Direktur PT Debindo Mitra Tama. Event besutan PT Debindo Mitra Tama bersama PT Hardayawidya Grraha (JIExpo Group) ini bakal digelar pada 5-14 Oktober 2012 di Grand City Surabaya. Jatim Fair 2012 ini juga dimeriahkan dengan penampilan sepuluh artis papan atas selain itu selama pelaksanaan Jatim Fair juga bakal digelar promosi gemar makan ikan dan susu. Pihak penyelenggara menargetkan pengunjung sebesar 200.000 orang. Target pengunjung ini lebih besar dari tahun lalu yakni 178.000 pengunjung. “Transaksi juga kami target naik men-

jadi Rp50 miliar hingga Rp52 miliar dari realisasi tahun lalu sebesar Rp48 miliar”, lanjut Dadan. Untuk urusan promosi pariwisata, Jawa Timur punya event Majapahit Travel Fair yang digelar di Grand City Surabaya. Melalui event berskala internasional ini Jawa Timur hendak menegaskan dirinya sebagai destinasi yang layak diperhitungkan. Selama ini masyarakat internasional hanya mengenal Bali atau Jogjakarta. Jawa Timur sekedar tempat persingahan saja. “Makanya kita akan genjot dengan event MTF. Dan ini sudah memasuki tahun ke-13,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim Jarianto. Majapahit Travel Fair menampilkan produk, fasilitas dan jasa pariwisata serta famtrip bagi para buyer, seller dan exhibitor ke berbagai destinasi di Jawa Timur. Dalam pameran ini juga digelar seminar selama setengah hari dengan pembicara dari profesional industri pariwisata nasional.

Agustus 2012 I

I 21


Cover story

Cover story

www.id.wikipedia.org

Dua Venue Lengkapi Fasilitas MICE di Surabaya

Dalam MTF juga digelar acara Tabel Top Business Meeting dimana para penjual dan pembeli industri travel dan pariwisata bertemu yakni tur operator nasional dan internasional bertemu para praktisi pariwisata di Jawa Timur maupun dari provinsi lain. Majapahit Travel Fair 2012 ini diikuti sekitar 58 buyer dari 20 negara atau naik dari tahun lalu yang hanya diikuti 22 buyer dari 6 negara sementara buyer dari dalam negeri tercatat 11 buyer atau turun dari tahun lalu yang mencapai 36 buyer. Beberapa negara yang mengikuti MTF 2012 diantaranya adalah Malaysia, Singapura, China, Korea Selatan, Jerman, Pakistan, Banglades, Nepal, Srilangka, Azerbaijan dan Kazakhstan. Sementara buyer dalam negeri diantaranya dari Jakarta, Medan, Lombok, Kalimantan, Denpasar, Semarang, dan Bandung. Adapun jumlah seller di tahun ini mencapai 58 orang, terbanyak dari Surabaya 26 industri. Sisanya diantaranya dari Badung sebanyak 7 industri, Malang 7 industri, Jakarta 5 industri, Banyuwangi, Batu, Bali Lombok masing-masing 2 industri, serta Kalimantan timur, Pasuruan, Yogyakarta, Lamongan dan Jember. Dan ada sekitar 40 industri perhotelan, restoran serta industri makanan dan minuman yang juga ikut berpartisipasi.

22 I

I Agustus 2012

Tantangan

“Ada tiga pilar utama memajukan bisnis MICE, pemerintah, masyarakat dan industri pelancongan. Pemerintah di Jatim sudah sangat peduli dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan hingga promosi pariwisata, kini tinggal pelaku pariwisata dan masyarakat mampu tidak menangkap peluang ini,” jelas Ida Bagus Surakusuma.

Meski memiliki beberapa event unggulan, toh ada sesuatu yang harus dibenahi. Sebagai event skala internasional MTF yang telah berusia tiga belas tahun ini rasanya kurang gaung. Para praktisi pariwisata dan masyarakat Jatim kurang optimal mengolah potensi pariwisata setempat. “Ada tiga pilar utama memajukan bisnis MICE, pemerintah, masyarakat dan industri pelancongan. Pemerintah di Jatim sudah sangat peduli dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan hingga promosi pariwisata, kini tinggal pelaku pariwisata dan masyarakat mampu tidak menangkap peluang ini,” jelas Ida Bagus Surakusuma. Selanjutnya ia menyatakan kekhawatirannya jika bisnis MICE di Jatim pada akhirnya dikelola para pembisnis dari Jakarta dan Bali yang memiliki SDM mumpuni. Sebagai tempat persimpangan antara Jakarta dan Bali-Jatim tidak hanya memiliki potensi untuk merebut perhatian para wisatawan yang melintas namun juga memiliki tantangan untuk mengelola dan mengembangkan potensi destinasi dan industri MICE Jatim. Jika tidak, orang Jakarta atau Bali yang akan menggarapnya.

Dalam ranah pariwisata, MICE (meeting, incentive, convention, exhibition) merupakan produk unggulan, karena kegiatan itu menghasilkan devisa dan PAD lebih besar dibandingkan pengeluaran wisatawan biasa. Wisatawan MICE pada umurnnya memiliki pengeluaran (spend of money) yang tinggi dan lebih panjang (length of stat).

Selain itu, wisatawan MICE memiliki tingkat kekebalan yang relatif kuat terhadap berbagai isu politik maupun isu terorisme, mereka tak gampang membatalkan kunjungannya. Even MICE juga memberikan manfaat langsung pada ekonomi masyarakat seperti akomodasi, usaha kuliner, cinderamata hingga transportasi lokal. Event MICE berskala regional, nasional dan intemasional jelasjelas memberikan pendapatan lebih kepada daerah penyelenggara, terutama dalam hal pajak hotel, restoran dan tempat hiburan. MICE berkolaborasi dengan wisata belanja memberikan dampak berganda yang lebih besar. Melalui pre-event, post- event, dan ladies program,penyelenggaraan MICE memadukan dengan kegiatan wisata belanja. Salah satu Destinasi MICE di Indonesia, kota Surabaya sebagai kota industri mulai dilirik lantaran fasilitas maupun infrastruktur MICE cukup lengkap. Bahkan kota ini masuk dalam kategori 10 destinasi MICE. Surabaya makin mantap dengan menyuguhkan diri sebagai tuan rumah MICE (meeting, incentive, convention, exhibition) berskala internasional. Dengan city branding “SparklingSurabaya”, industri MICE sebagai ikon pariwisata Surabaya makin menggeliat.

[Cahyo Adji]

Agustus 2012 I

I 23


Cover story

Grand City Surabaya adalah sebuah pusat perbelanjaan terbesar di Surabaya, sekaligus mal terbaru di kota Surabaya. Kegiatan di Surabaya MICE mulai terlihat sejak 2007, misalnya mulai beroperasinya hotel-hotel baru dan akomodasi MICE baru di Surabaya yang muncul secara bersamaan. Contoh, Gramedia Expo di Jalan Basuki Rahmad, Empire Hall di Jalan Blauran dan SIBEC (Surabaya International Business Exhibition Centre) di ITC Mega Grosir, Hotel Aryaduta yang menempati salah satu blok City of Tomorrow, Surabaya Town Square di Jalan Brawijaya dan Hotel Java Paragon (bekas apartemen Paragon) di Jalan Mayjend Sungkono. Dan terakhir Grand City Surabaya yang berada di Jl. Kusuma Bangsa. Sebelumnya, Surabaya telah memiliki kekuatan akomodasi MICE yang tersebar di hotel-hotel bintang empat dan lima (ballroom dan meeting room.) . Tempat-tempat lain seperti Jatim Expo, AJBS, Multifunctional Hall di Plaza Tunjungan, Imperial Ballroom di Supermal Pakuwon, juga dikatakan sebagai Fasilitas MICE. Namun, venue yang cukup representatif dan ideal untuk melakukan kegitan MICE hanya Grand City dan Gramedia Expo. 24 I

I Agustus 2012

Grand City Surabaya adalah sebuah pusat perbelanjaan terbesar di Surabaya, sekaligus mal terbaru di kota Surabaya. Didirikan pada Maret 2009, Grand City Convention and Exhibition Hall memiliki luas 21 ribu m2. Convention hall ini letaknya bersebelahan dengan Grand City Mall. Ada jalan penghubung (connection) sepanjang 30 meter untuk pengunjung mal yang ingin ke area pameran melalui tiap lantai mal. Grand City Surabaya terletak di kawasan Gubeng, tepatnya antara Jalan Walikota Mustajab dan Jalan Kusuma Bangsa berdekatan dengan Stasiun Surabaya Gubeng. Venue ini berada di bawah naungan PT Hardayawidya Graha, keberadaan venue ini terinspirasi oleh venue Suntec Singapura. Grand City Surabaya direncanakan menjadi venue paling representatif untuk kegiatan-kegiatan MICE berskala internasional. Setelah selama tiga tahun pengelola melakukan riset pasar, tercetuslah gagasan menghadirkan gaya hidup lebih dari one stop shopping, tetapi juga one stop MICE. Selainconvention hall, di atas lahan seluas 4,5 hektar ini akan berdiri mal, area perkantoran, hotel bintang lima dan apartemen yang saling terintergrasi. Pengunjung yang dibidik pun adalah kalangan atas yang ingin serba

Pertumbuhan MICE di negeri ini makin pesat seiring dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang juga meningkat. praktis, cepat, mudah dan nyaman. Untuk lalu lintas pengunjung, pengelola telah menyiapkan lahan parkir di tiap lantai mal yang terhubung dengan convention. Total kapasitas parkir dalam ini mampu menampung sekitar 2500 kendaraan. Berbeda dengan Gramedia Expo, venue yang memiliki lahan 2,5 ha mulai digunakan sejak Februari 2008. Selain hal-hal yang lazim ada pada sebuah gedung untuk pameran dan konvensi serta pertunjukan bertaraf internasional, Gramedia Expo memiliki keunikan dari sisi arsitektur bangunan dan pertamanannya. Di dalam gedung ini orang seolah merasa tak terpisahkan dengan lingkungan sekitar, berkat sejumlah dinding transparan. Semangat “hijau� pun sejak awal sudah menyatu dengan Gramedia Expo. Pertamanan gedung ini tak melupakan tiga unsur pokok alam: air, tanah, dan udara. Ketiga unsur itulah yang menghijaukan alam. Alhasil, ditambah dengan unsur cahaya (transparan tadi), secara keseluruhan Gramedia Expo merupakan gedung pertama di Surabaya yang memenuhi kaidah green building: hemat energi, menyatu dengan lingkungan.

Satu lagi, pejalan kaki di sekitar dan di dalam lingkungan gedung, karena desain eksterior dan interior dibuat sedemikian rupa, pengunjung akan merasa aman dan nyaman. Gramedia Expo adalah sebuah venue yang bukan hanya mengejar fungsi, melainkan juga hemat energi. Jika melihat infrastruktur kedua venue tersebut, Surabaya sebagai kota Destinasi MICE turut mendorong pertumbuhan industri MICE di Indonesia. Pertumbuhan MICE di negeri ini makin pesat seiring dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang juga meningkat. Dalam catatan Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia (Asperapi), industri MICE di Indonesia memiliki prospek cerah untuk dikembangkan. Tahun 2010, jumlah pameran mencapai 265 pameran dan meningkat menjadi 324 pameran ditahun 2011. keberadaan venue Grand City Surabaya dan Gramedia Expo akan meningkatkan jumlah pameran di Indonesia, terlebih di kota Surabaya. [Teguh S Gembur] Agustus 2012 I

I 25


Effi Setia Budi I Ketua Umum Asperapi & Direktur Debindo Multiadhisuasti

Cover story

“Surabaya bisa dibilang menjadi porosnya perkembangan MICE—utamanya pameran di Indonesia Timur.” Kalau dilihat dari sekala jenis pamerannya, geliat pameran di Surabaya terus berkembang. Baik itu pameran dengan sekala BtoB maupun BtoC. Beberapa EO yang bermain di sekala BtoB adalah, Pamerindo, Napindo Ashatama, Krsita Media, Exnet dll. Dan, mereka biasa menyelenggarakan pameran di GCS.

MICE—utamanya Exhebition atau pameran di Jawa Timur,

khususnya Surabaya, saat ini sudah bagus. Indikasinya, telah ada bahan baku utama terselenggaranya pameran yaitu venue. Diantara 33 kota di Indonesia, Surabaya paling banyak mempunyai Gedung Pameran. Jakarta pun kalah dengan Surabaya. Jakarta saat ini (tahun 2012) hanya mempunyai tiga venue, yaitu Jakarta International Expo (JIExpo) dan Jakarta Convention Center (JCC), dan Balai Kartini. Sedangkan di Surabaya ada Grand City Surabaya (GCS), Jatim Expo, Gramedia Expo, Super Mall, dll. Cumin, Pemerintah Provinsi Jawa Timur maupun Kota Surabaya, mempunyai pekerjaan rumah yang sangat besar, yaitu bagi bagaimana cara mengisi gedung pameran tersebut dengan berbagai pameran. Sebab, kalau di lihat dari sisi EO, anggota Asperapi yang tergabung di DPD Jawa Timur sangat sedikit. Bahkan bias dihitung dengan jari. Sehingga, pelaku pameran di Jawa Timur masih didominasi oleh EO dari Jakarta. Meskipun hal seperti ini sah-sah saja.

Apa Kata Mereka??

D

alam sebuah kesempatan presentasi tentang perkembangan pameran di tingkat internasional, di Bangkok, Thailand, Effi Setia Budi Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia (Asperapi) menyampaikan bahwasannya Indonesia memiliki potensi pasar yang positif. Dengan jumlah penduduk sekitar 250 juta orang, dan tingkat pertumbuhan ekonomi antara 6 – 7 persen, menjadikan Indonesia sebagai pasar yang empuk bagi Exhibition Organizer (EO) Asing.

26 I

I Agustus 2012

Dari segi dukungan, pemerintah provinsi Jawa Timur layak diacungi jempol. Pasalnya, gubernurnya sendiri sangat memiliki keinginan yang kuat untuk memajukan daerahnya dari sektor pameran. Bentuk dukungan pemerintah Jawa Timur yang diberikan adalah kemudahan atau kelancaran dalam mengurus perizinan penyelenggaraan pameran. Kemudian dalam konteks pameran dengan sekala BtoC pemerintah provinsi Jawa Timur selalu ikut berpartisipasi. Dan, Surabaya bisa dibilang menjadi porosnya perkembangan MICE—utamanya pameran di Indonesia Timur. sayangnya, banyak EO yang sukses di Surabaya, belum memiliki kantor cabang. Selain itu, Indonesia belum memiliki data atau riset tentang pergerakan nilai ekonomi yang ditimbulkannya. Padahal, untuk satu pameran saja seperti Indowater yang diselenggarakan oleh Napindo, mampu menggerakan nilai ekonomi hingga ratusan milyar rupiah. Hal ini dapat diukur, mulai dari terserapnya jumlah tenaga kerja, pemakaian jasa perhotelan dan food & beverage-nya, transportasi, dan lain sebagainya.

Egi Kristian I President Director Pentawira—Pengusaha Stand Kontraktor “Surabaya memiliki pasar untuk stand kontraktor sangat kompetitif ”

Namun, pada kesempatan itu juga, Effi menegaskan, hingga tahun 2014, Kota Jakarta penuh dengan agenda pameran. Baik yang berskala Business to Business (BtoB) maupun Business to Consumer (BtoC). Terkait dengan hal tersebut, Effi menegaskan Kota Jawa Timur, bisa menjadi pilihan menarik. Ingin tahu apa komentar para pelaku Meeting Incentive Convention Exhebition (MICE) tentang Surabaya, berikut kutipan wawancara Fatkhurrohim dari Majalah Event Guide dan merangkum beberapa komentar para pelaku dari sumber lainnya, tentang Surabaya sebagai Kota MICE.

Kalau untuk stand kontraktor di Jawa Timur sudah cukup

lumayan, dan memiliki kapasitas untuk mendesain. Dan, indikasi positif untuk market stand kontraktor tampaknya lumayan bagus. Sebab, banyak stand kontraktor asal Jakarta sudah ada yang membuka kantor cabang di Surabaya, seperti Samudera, Cityneonindo. Sedangkan untuk Pentawira belum berusaha masuk ke pasar Surabaya. Jujur, Pentawira bukan belum ingin memiliki keinginan untuk membuka kantor cabang di Surabaya dan berbisnis disana. Pentawira melihat, dari sisi stand kontraktor di Surabaya belum menemukan sistem yang pas. Sistem dalam arti sistem kerja, koordinasi antara pusat dengan daerah, sehingga dikhawatirkan akan berimbas pada kualitas layanan. Dan, Pentawira setiap akan mengembangkan sayap bisnisnya syarat utama yang harus dimiliki adalah SDM yang berkualitas. Dalam kacamata bisnis Egi, gairah pameran dengan sekala BtoB muncul setelah terbangunya venue baru yaitu Grand City Surabaya (GCS).

Egi pun melihat, sebenarnya Surabaya memiliki pasar untuk stand kontraktor sangat kompetitif. Tahun depan, Pentawira akan membuka kantor cabang di tiga kota besar, yakni Bali, Makassar, dan Medan. Dan untuk pangsa pasar Surabaya, akan dibackup dari Bali. Seiring akan berkembangnya potensi pasar di Surabaya, maka Egi pun berpesan kepada para pelaku bisnis stand kontraktor, pembangunan kualitas stand atau both pameran hendaknya diiringi dengan kreativitas. Termasuk kulaitas harga pembuatan suatu stand. Jangan sampai, kualitas stand dengan kategori sepesial desain di harga sangat murah mulai Rp. 300.000-an. Padahal, di Jakarta, harga untuk sepesial sudah diangka jutaan rupiah. Lalu bagaimana dengan komentar para pelaku MICE lainnya seperti bidang usaha konvensi dan bisnis perhotelan. Berikut petikan kutipan dari sumber media lain dan wawancara via email. Agustus 2012 I

I 27


Cover story

Ida
Bagus
Lolec
Surakusuma Ketua INCCA Bali & Regional
Country
Manager
PT.
Pacific World Nusantara “Lolec menyebut, ada tiga pilar utama memajukan bisnis MICE, pemerintah, masyarakat dan industri pelancongan.“

Provinsi

Jawa Timur memiliki segalanya sebagai destinasi MICE, baik dalam sekala nasional maupun internasional. Namun potensi yang ada belum digarap dan dimanfaatkan secara optimal oleh pelaku pariwisata serta masyarakat setempat. Lolec mengkhawatirkana bila bisnis “MICE” di Jatim “diambil” oleh pebisnis wisata dari Jakarta dan Bali yang secara SDM mumpuni serta siap. secara aksesibilitas dan infrastruktur telah bandara, pelabuhan, penerbangan, jalan tol hingga transportasi darat bertaraf internasional, fasilitas seperti hotel maupun ruang pertemuan, mal, objek wisata, seni dan budaya pertunjukan hingga kerajinan khas. Lolec menyebut, ada tiga pilar utama memajukan bisnis MICE, pemerintah, masyarakat dan industri pelancongan. Pemerintah di Jatim sudah sangat peduli dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan hingga promosi pariwisata, kini tinggal pelaku pariwisata dan masyarakat mampu tidak menangkap peluang ini.

Saat seminar bisnis “MICE” pada event “Majapahit Travel Fair tahun lalu di Surabaya, Lolec menuturkan tidak menyangkal bahwa kelemahan utama di Jatim terletak di SDMyang mengarap bisnis MICE masih terbatas, kalau ada BPW (biro perjalanan wisata) yang bertindak sebagai “PCO” (Professional Congeress Organizer) masih sangat minim. Padahal bisnis MICE harus dikerjakan oleh PCO, bukan sekadar “EO” (Event Organizer). Lolec kembali menuturkan, kegiatan terkait MICE di Tanah Air setiap tahun mencapai 300 hingga 400 aktivitas, sedangkan di dunia belasan ribu. Untuk Indonesia pebisnis pariwisata yang bisa mendapatkan berkah dari bisnis MICE terbesar dari Jakarta dan Bali. “Kenapa hanya Jakarta dan Bali? padahal potensi Jatim dalam bisnis MICE cukup besar. Pemerintahnya sudah perhatian, kini tinggal industri pariwisata dan masyarakat Jatim. Masa MTF sudah yang ke 13 kali diselenggarakan, kok hasilnya gini-gini aja. Lolec menilai jangan salahkan bila bisnis MICE di Jatim digarap oleh pelaku wisata dari Jakarta dan Bali, karena pelaku industri wisata dan masyarakat Jatim sendiri yang belum siap. [Sumber: http://www.antarajatim.com]

Juliawati Sadeli I Communications Manager Shangri-La Hotel Surabaya “Shangri-La Hotel Surabaya merasa optimis bahwasannya bisnis MICE di Surabaya akan berkembang, seiring dengan berkembangnya infrastruktur.”

Banyak

event pameran yang bersekala nasional maupun internasional digelar di Surabaya, namun sebagian hotel di Kota Surabaya belum merasakan dampak yang berarti. Shangri-La Hotel Surabaya memang mengaku pernah menjadi official hotel untuk suatu event MICE, namun hotel tersebut belum begitu merasakan legitnya tamu dari para exhibitor dari suatu pameran maupun peserta konvensi. Kalaupun ada, biasanya event tersebut diselenggarakan di hotelnya. 28 I

I Agustus 2012

Shangri-La Hotel Surabaya, memang mengklaim mendapat tingkat okupensi hotel hingga tingkat maksimal, jika penyelenggaraan event tersebut diselenggarakan dihotelnya. Mulai tahun 2012, memang ada beberapa pameran yang diselenggarakan di Shangri-La Hotel dan berpengaruh pada tingkat pemakaian kamar. Sebut saja beberapa event tersebut adalah Pemkot Surabaya-City Net event, 9 - 12 Juli 2012, Phillips Morris Gathering for ASEAN region di tahun 2012. Surabaya International Jewelry Festival 2011, dll. Akan tetapi untuk penyelenggaraan pameran diluar hotel ShangriLa, belum begitu berpengaruh atas tingkat pemakaian kamar. Meski demikian, para pelaku bisnis perhotelan di Surabaya, khususnya Shangri-La Hotel Surabaya merasa optimis bahwasannya bisnis MICE di Surabaya akan berkembang, seiring dengan berkembangnya infrastruktur. Agustus 2012 I

I 29


Infocus

Kemilau Alor dan Laut Selat Pantar Foto: Teguh S Gembur

Keindahan sunset view di selat Pantar, salah satu pemandangan yang menarik di Pulau Alor

Sapta Nirwandar (Wamen Parekraf) dan M. Faried (Direktur Promosi Dalam Negeri) ketika tiba di bandara Mali disambut oleh Bupati Alor, Simeon Th Pally beserta rombongan pemain seruling khas Alor

S

ebuah panorama laut terhampar di depan mata. “Mempesona”, begitu kataku. Di hari sepagi itu, pulau yang kecil ini terletak di depan Selat Kalabahi, pulau Kepa, demikian pulau ini biasa disebut. Tanah ini memiliki fenomena alam yang sangat unik, berupa munculnya arus dingin yang membuat ikanikan langka menyelamatkan diri ke darat. Fenomena alam ini kerap muncul dikala bulan Februari dan Oktober. Menuju Pulau Kepa, kami menyebrang melalui pelabuhan Kalabahi. Masyarakat kota ini sangat ramah, jadi tak perlu risau berkunjung ke pulau ini. Beberapa saat setelah melewati Pulau Alor, kapal merapat ke pulau kecil yang berpenghuni beberapa warga Perancis. Disini terdapat pula La Petite Kepa Homestay, tempat favorit bagi wisatawan asing menginap. Selang beberapa kilometer tampak laut biru membentang, keindahan karang makin jelas terlihat, inilah yang disebut Selat Pantar. Permukaan laut nan bening, tenang, laksana sebuah cermin raksasa. Lautnya teduh, dengan riak gelombang yang tak terlalu keras. Berada di pinggiran pantai Selat pantar, bagaikan berada 30 I

I Agustus 2012

di pinggiran sebuah danau yang luas. Sinar mentari senja memantul diatas permukaan seolah memberi nuansa bening nan romantis. Kalabahi bisa membuat orang betah berlama lama. Terutama bagi mereka yang mencintai keindahan bawah laut berikut kulinari lautnya, teristimewa ikan napoleon. Kota ini terletak di kedalaman sebuah teluk. Di negeri ini, memang banyak kota teluk, seperti Kendari, Jayapura dan Palu, namun Selat Pantar sungguh berbeda, ia lebih mempesona dibandingkan lainnya. Keajaiban bawah laut Selat Pantar, tak hayal mengundang kekaguman tersendiri bagi Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar berkunjung kepulau ini. Selain mengeksplorasi keindahan Alor, Wamen juga secara resmi membuka Festival Kemilau Budaya dan Wisata Alor pada tanggal 7 – 10 Juli 2012 di Stadion Mini Kalabahi. Festival Kemilau Budaya dan Wisata Alor untuk pertama kalinya digelar guna mempromosikan wisata bahari ke mancanegara, sekaligus diresmikannya peluncuran “Visit Alor 2013”. Pada event ini, Bupati Alor, Drs. Simeon Th Pally menobatkan Wamenparekraf, Sapta Nirwandar sebagai salah satu tokoh adat di Kabupaten Alor. [Teguh S Gembur]

Perjalanan pertama kami menuju Pulau Kepa.

Rombongan Kementrian Parekraf beserta wartawan menyeberang selat Kalabahi dengan perahu motor tradisional.

Agustus 2012 I

I 31


Infocus

Kesibukan nelayan-nelayan di kabupaten alor, selain menangkap ikan juga mengantarkan tamu yang hendak menyebrang ke pulau-pulau kecil kecil

Inilah keajaiban pulau Kepa. Pulau ini memilki pantai berpasir putih, spot diving yang bisa disetarakan dengan wakatobi. Beberapa puluh dari pantai terdapat spot snorkling yang banyak dikunjungi wisatawan

32 I

I Agustus 2012

Agustus 2012 I

I 33


Infocus

Hasil tangkapan para nelayan alor, salah satunya ikan Napoleon yang sekarang tergolong langka dan dilindungi.

Di Pulau kepa terdapat La Petite Kepa Homestay, tempat favorit bagi wisatawan asing

menginap, terutama wisatawan asal Perancis. sedangkan menu makanan khas alor sup asam Ikan yang layak anda coba

Keindahan laut biru selat Pantar. Selat ini setidaknya memiliki 26 titik spot diving yang nantinya menjadi daya tarik wisata Kabupaten Alor

34 I

I Agustus 2012

Agustus 2012 I

I 35


Profil

““

Terhampar di antara gugusan pulau di ujung timur Flores, Alor adalah surga kecil bawah laut bagi para penyelam dunia.

Simeon Th Pally

Bupati Alor Nusa Tenggara Timur

Merawat Surga Bawah Laut bagi Para Penyelam Dunia 36 I

I Agustus 2012

auh sebelum dikenal para penyelam dalam Dulu sebagai putra Alor pertama yang menjabat wakil bupati, negeri, Alor telah menjadi tujuan diving farumah dinasnya selalu terbuka bagi orang miskin. Dapur rumah javorit bagi para penyelam Amerika, Inggris, batannya terbuka 24 jam. “Kalau orang lapar di jalan maka dia akan Belgia, Jerman, Belanda, Kanada, Selandia datang dan mencari makan. Sebab bagi saya rumah jabatan adalah Baru, Australia dan beberapa dari Asia. Merrumah rakyat dan sebagai pamong harus melayani rakyat”. eka mengenal dengan baik Kabupaten Alor memiliki luas seki18 titik selam bawah laut yang popular disebut Di bawah kepemimpinan tar 2.864 kilometer persegi dengan ‘Baruna’s Dive Site at Alor’. penduduk berdasar sensus Bupati Simeon Th Pally, sektor jumlah Di bawah kepemimpinan Bupati Simeon Th 2006 sekitar 177.009 jiwa. Pendapat Pally, sektor pariwisata dikembangkan secara pariwisata dikembangkan Asli Daerah Alor per 2006 sebesar Rp serius-menjadi ujung tombak pembangunan secara serius-menjadi ujung 13 miliar dengan laju pertumbuhan ekonomi daerah. “Kemiskinan cukup tinggi. ekonomi 5,9% dan pendapatan per Kita sadar harus mengentaskan kemiskinan itu. tombak pembangunan ekonomi kapita Rp1.200.000. Kabupaten Alor Salah satunya lewat program pariwisata,” ujar daerah. sendiri terdiri dari 20 pulau. Sembilan Simeon. pulau telah dihuni warga yakni Pulau Meon, demikian sapaan akrab Bupati Alor ini, Alor, Pulau Pantar, Pulau Pura, Pulau dikenal akrab dengan masyarakat pinggiran. Kecintaannya pada Tereweng, Ternate, Kepa, Pulau Buaya, Pulau Kangge dan Pulau Kura. rakyat kecil ditunjukkan ketika ia menjawab sebagai wakil bupati Sementara sebelas pulau lainnya tidak berpenghuni. dan terus berlanjut hingga detik ini.

Agustus 2012 I

I 37


Profil

Demi mendongkrak jumlah wisatawan ke Alor, berbagai terobosan sudah dilakukan oleh Meon. Mulai dari membuat paket memancing, paket berburu rusa dan paket diving dan yang paling gres adalah perhelatan Festival Kemilau Budaya Alor dan Launching Visit Alor 2013.

Sebagai anak petani dari kampung, Meon memiliki prinsip dan kemauan keras untuk maju. Meski dibesarkan dalam keterbatasan dan kesederhanaan tak memutuskan niatnya mengapai impian dan cita-citanya. “Saya bersyukur memiliki kesempatan sekolah sampai meraih sarjana”, kenangnya. Kini sebagai bupati ia tertantang untuk mengembangkan sektor pariwisata. Berpikir keras bagaimana mendatangkan wisatawan ke Alor di tengah-tengah keterbatasan dana dan sarana. Sampai saat ini Alor hanya memiliki enam hotel kelas melati. Meski demikian Meon tidak putus asa menggenjot jumlah kunjungan wisatawan.

38 I

I Agustus 2012

Sebagai anak petani dari kampung, Meon memiliki prinsip dan kemauan keras untuk maju.

Tahun 2012 ini ia menargetkan 6000 wisatawan asing. “Dari tahun ke tahun kunjungan wisatawan asing selalu meningkat. Tahun 2010 ada sekitar 1400 wisatawan mancanegara, 2011 lalu meningkat 2100 orang”, ujarnya,”Sedangkan wisatawan domestik pada 2010 sebanyak 11 ribu orang dan 2011 ada 15 ribu orang”. Demi mendongkrak jumlah wisatawan ke Alor, berbagai terobosan sudah dilakukan oleh Meon. Mulai dari membuat paket memancing, paket berburu rusa dan paket diving dan yang paling gres adalah perhelatan Festival Kemilau Budaya Alor dan Launching Visit Alor 2013. [Teguh S Gembur]

Agustus 2012 I

I 39


LEISURE

~Pantai

Lasiana

Pantai Lasiana ini terletak di Kupang, tepatnya 12 km dari pusat kota Kupang dan bisa ditempuh dengan kendaraan umum kurang lebih 1 jam. Luas Pantai Lasiana ini mencapai 3.5 hektar, dengan ditumbuhi banyak sekali pohon-pohon kelapa dan pohon lontar tua yang membuat pantai ini tampak teduh. Lasiana memiliki pasir putih serta laut biru dan jernih.

A Foto: Teguh S Gembur

Antara Pantai Lasiana dan Sasando

Indonesia sebagai negeri kepulauan memiliki banyak sekali pantai-pantai yang eksotik. Tak heran, jika negeri seribu pulau ini dianggap sebagai surganya pantai. Salah satu pantaiyang tak kalah cantik adalah Pantai Lasiana. 40 I

I Agustus 2012

da banyak hal yang bisa kita lakukan di Pantai Lasiana ini, antara lain berjemur, bermain pasir, melihat sunset ataupun berenang. Sesekali bisa juga untuk Surfing, pantai ini pas sekali untuk melakukan olahraga selancar.

Menurut Stevi (32), salah satu pengunjung, dulu pantai ini mempunyai batu karang yang sangat terkenal karena besar, atau biasa di sebut dengan Batu Nona. Ini karena bentuknya yang tinggi tegak hingga 15 meter dan mirip dengan perempuan yang sedang berdiri dan melambaikan tangan. Namun sekarang, Batu ini kian menghilang, karena hantaman ombak serta abrasi dari air laut Pantai Lasiana ini. Hal menarik lain yang bisa anda jumpai di sini adalah banyaknya Lapo-Lapo yakni bangunan tradisional khas Timor yang beratap alang-alang. Hal ini menambah keunikan panorama dari Pantai Lasiana. Sesekali tak ada salahnya berkunjung di daerah timur Indonesia. Meski agak jauh, namun panorama dan keindahan alamnya masih alami dan asri.

Dan jangan khawatir dengan penginapan, karena di Kupang ini sudah banyak sekali hotel-hotel yang bagus dan cantik. Tak jauh dari lokasi pantai, kurang lebih 1 km, di kabupaten Oebelo terdapat pusat kerajinan alat musik Sasando. Adalah tempat keluarga Pah yang dilukiskan sebagai penyelamat sasando. Turunan berdarah seni musik ini juga dikenal sangat piawai memainkan sasando. Keluarga Pah lainnya, Jeremias Pah di Oebelo, Kabupaten Kupang, tidak hanya mampu bermain sasando. Ia juga tekun mengajari dan mendorong anak-anaknya agar mengakrabi alat musik tradisional itu. Putra kelahiran Pulau Rote, 22 Oktober 1939 itu mendukung obsesinya dengan membuka usaha kerajinan sasando di Oebelo. Tampilan sasando dewasa ini memang sudah berubah, namun sebagian besar bahan bakunya masih asli. Sebut saja daun lontar yang dilengkung hingga berbentuk setengah bundaran, masih dipertahankan hingga sekarang. Begitu juga potongan bambu yang dipasang seolah menjadi garis tengah permukaan bundaran daun lontar, masih seperti aslinya.

Agustus 2012 I

I 41


LEISURE

nama artikel

Dalam bentuk aslinya dulu, tali pendentingnya langsung dari cungkilan kulit bambu di antara kedua bukunya. Potongan bambu itu kemudian diikatkan pada permukaan bundaran daun lontar, memotong garis tengahnya.

Sasando gong (bertali 9-10) dan sasando biola (bertali 24-32).Sementara sasando kecil (untuk cinderamata) bisa dihasilkan mencapai 60 buah per bulan.

Selanjutnya, tali-tali cungkilan tadi diganjal dengan potongan kayu yang disebut senda hingga mendapatkan nada yang diinginkan. Setelah semuanya terbentuk, sasando sudah bisa langsung dimainkan. Bundaran daun lontar dengan fungsi khusus memadukan resonansi hingga dentingan sasando yang terdengar lebih bergema, harmonis dan merdu. Dalam perkembangan selanjutnya, tali cungkilan kulit bambu diganti dengan senar dari kawat halus. Sementara di kedua ujung bambu dipasangi potongan kayu keras yang akan ditancapi sejumlah potongan skrup pengikat senar. Alat musik ini bisa langsung digunakan setelah tali-talinya diganjali senda. Belakangan atau sejak tahun 1980-an, tampilan sasando semakin bervariasi dengan ditemukannya sasando listrik. Sasando ini berpenampilan ‘’telanjang’’-hanya berupa potongan bambu dengan rentangan senar sekelilingnya. Atau, tidak lagi menggunakan bundaran daun lontar sebagai pengatur resonansi dentingannya. Meski begitu, pengunjung sebagaimana diakui Jeremias Pah, lebih menyukai sasando lontar. Pilihan mereka terutama pada sasando lipat. Alasannya, bisa dibawa ke mana-mana hingga negeri jauh sekalipun. Di bengkel kerajinan Jeremias Pah belakangan memang hanya menghasilkan sasando lipat. Melibatkan enam anggota keluarganya, dalam sebulan bisa menghasilkan sekitar 20 sasando berukuran besar. Sasando jenis ini lazim mereka sebut sebagai sasando gong (bertali 9-10) dan sasando biola (bertali 24-32). Sementara sasando kecil (untuk cinderamata) bisa dihasilkan mencapai 60 buah per bulan. [Teguh S Gembur]

www.google.com

42 I

I Agustus 2012

Agustus 2012 I

I 43


Hotel

Aston Paramount Serpong Hotel & Convention Center

Leading Conference Hotel di Serpong Saat Anda melakukan aktivitas bisnis di kawasan Serpong, kini tak perlu lagi gundah mencari kebutuhan akomodasi yang lebih dari sekedar nyaman, dan berstandar internasional. Aston Paramount Serpong Hotel & Conference Center (APSHCC), mampu menjawab segala kebutuhan para pebisnis mulai dari akomodasi hingga perjamuan bisnis di ruang meeting yang tematik. Aston Paramount Serpong Hotel & Conference Center adalah hotel bintang empat berstandar internasional yang dibangun di pusat Central Business District (CBD) Serpong untuk melayani kebutuhan pasar lokal di bidang konferensi, perjalanan bisnis, dan liburan yang sedang berkembang di area Jakarta Barat, Serpong, Tangerang, dan daerah sekitarnya. Vika Anjarrini, Public Relation Manager APSHCC, mengatakan, Hotel yang terletak di CBD Gading Serpong Lot 2, Jalan, Boulevard Gading Serpong, Paramount Serpong, Tangerang ini, memiliki 173 kamar elegan dan modern, 11 fasilitas ruang pertemuan yang variatif, dan ballroom berkapasitas hingga 800 orang ini mulai beroperasi sejak 1 November 2010 lalu dan hingga kini selalu mencapai tingkat hunian rata-rata di atas 80 persen. Dengan perpaduan desain klasik elegan dan kontemporer, fasilitas yang lengkap, lokasi strategis yang hanya 25 menit dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, serta berada tepat disamping komplek hiburan dan pusat perbelanjaan (mal) Serpong, membuat Aston Paramount Hotel & Conference Center dapat memenuhi kebutuhan akomodasi yang berkualitas serta fasilitas pertemuan yang professional di daerah Tangerang yang sedang berkembang pesat ini. Selain menjadi hotel bisnis yang memang ramai pada saat weekday, APSHCC juga menjadi target hotel yang dikunjungi baik oleh keluarga maupun turis lokal pada saat weekend. Berangkat dari pasar regional, kira-kira terdapat 300 pabrik berskala besar beroperasi di seputar wilayah Tangerang dan Cilegon, sehingga pasar kamar hotel, baik untuk penginapan maupun ruang pertemuan, merupakan pasar yang sangat potensial untuk digarap.

44 I

I Agustus 2012

Menjadi hotel bisnis pertama di area Gading Serpong serta memantapkan diri sebagai Leading Conference Hotel, APSHCC terus membangun dan meningkatkan fasilitas serta pelayanan baik dari segi kebutuhan berbisnis maupun mengutamakan kebutuhan akan meeting room. Sejak awal berdirinya APSHCC hanya memiliki 4 ruang meeting room di lantai 1, kini banyaknya permintaan akan meeting dan lain – lain, APSHCC memiliki 11 ruang meeting dengan kapasitas mulai dari 30 hingga 250 orang dengan luas ruangan 549m2. Paramount Ballroom dengan kapasitas hingga 1200 orang menjadi ballroom favorit untuk menyelenggarakan pestapernikahan. Fasilitas dan Aksesbilitas Hotel yang terdiri dari 12 lantai ini berusaha memfasilitasi permintaan akan kamar dan ruang pertemuan yang tinggi di wilayah Tangerang, khususnya Serpong dengan selain menambah jumlah ruang meeting, APSHCC juga memberikan fasilitas akses Wi-FI internet hingga 10 Mbps yang rupanya merupakan akses internet dengan kapasitas terbesar dan tercepat di area Gading Serpong. Fasilitas internet inipun tersedia untuk seluruh tamu karena akses internet ini terjangkau di seluruh area hotel. Kamar difasilitas Box Office Movie dihadirkan untuk member sentuhan berbeda di tiap sudut tipe kamar Suite. Lebih dari 30 serial film tersaji dan dapat Anda nikmati sewaktu – waktu pada saat Anda menginap. Selain itu beragam fasilitas telah disediakan bagi para tamunya antara lain, outlet F&B, sebut saja Mezzanine Restaurant yang terletak di lantai mezzanine. Restaurant yang menyediakan sajian prasmanan untuk makan siang dan makan malam ini juga menjadi tempat dimana aneka hidangan khas ala APSHCC dijajakan. Menu – menu lokal maupun internasional tersaji sesuai selera.

Satu lagi outlet yang dibuka pada bulan Mei 2011 lalu, The Lounge, outlet yang terletak di lobby area ini menyuguhkan Menu masakan khas Itali dengan sajian populer Pizza dan Pasta yang bahan bakunya terbuat segar dari dapur APSHCC sendiri. Kudapan ringan hingga minuman segar melengkapi Anda bersantai dipadu suasana yang nyaman dengan interior apik bergaya modern. Selain itu serangkaian fasilitas lainnya antara lain business center, kolam renang, serta pengantaran dan penjemputan dari dan ke bandara, valet service, spa massage, jasa 24 jam semir sepatu, pilihan bantal sehat, hingga penyediaan alat setrika baju di setiap kamar. Dengan seluruh inovasi yang dikembangkan dari tahun ketahun serta peningkatan pelayanan baik untuk karyawan internal hingga kepedulian terhadap lingkungan sekitar memantapkan APSHCC sebagai Leading Conference Hotel di area Gading Serpong dan Tangerang. Selain itu area strategis juga menjadi tolak ukur keberhasilan suatu hotel. APSHCC memiliki akses yang sangat mudah dijangkau melalui 2 pintu tol yakni pintu tol Jakarta – Merak atau pintu tol luar lingkar Jakarta dengan melalui akses TB. Simatupang. Selain itu dukungan infrastruktur lokal seperti Jalan tembus menuju Gading Serpong dari arah BSD telah dibuka per Januari lalu. Sehingga dapat dibayangkan bahwa akses menuju APSHCC sangatlah mudah dan terjangkau dari semua jalur. [Fatkhurrohim]

Agustus 2012 I

I 45


Hotel

Leelawadee Boutique Hotel

Pelayanan Maksimal Fasilitas Lengkap

“

Leelawadee Boutique Hotel menawarkan fasilitas lengkap dengan biaya terjangkau.

anya berjarak lima menit dari Pantai Patong-Phuket, hotel bintang tiga ini menjadi pilihan tepat bagi para pelancong muda. Dengan memadukan gaya Bali dan eksotisme Thailand, hotel dengan 37 kamar ini menawarkan kenyamanan dan keakraban bagai di rumah sendiri. Ada dua tipe kamar yakni deluxe dan kamar keluarga. Setiap kamar memiliki balkon pribadi dengan pemandangan kolam renang atau taman tropis. Setiap kamar dilengkapi dengan bathtub, air panas dan dingin, televisi, AC, kulkas dan mini bar. Leelawadee Boutique Hotel menawarkan fasilitas lengkap dengan biaya terjangkau. Mengunjungi Thailand rasanya kurang lengkap jika tidak membawa ‘tentengan’ belanjaan. Jangan khawatir. Dekat Leelawadee terdapat Mall Jungceylon-pusat pertokoan dan perbelanjaan yang jaraknya hanya sepelemparan batu saja. [Andy Prayitno]

46 I

I Agustus 2012

Agustus 2012 I

I 47


Resto

Illuminare Ristorante e Bar

Sajikan Masakan Khas Italia yang Beda Lelah setelah bekerja membuat sebagian warga Jakarta ingin menikmati waktu kumpul bersama sahabat ataupun relasi. Solusinya, bertandanglah ke. Illuminare Ristorante e Bar ini yang menyediakan fasilitas menu pilihan saat menghabiskan waktu setelah lelah bekerja. “Kami ingin para pelanggan yang datang membuat Illuminare sebagai rumah kedua dengan tersedianya pelayanan lebih dan lengkapnya menu makanan yang berkualitas”, kata Chef Karel Billion B, pemilik dan pengelola Illuminare Ristorante e Bar. Bertempat di Jalan Wolter Monginsidi Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, memang jadi pilihan yang tepat untuk usaha restoran, dan kelebihannya Illuminare Ristorante e Bar bisa memberikan warna menu lain di kawasan Wolter Monginsidi. Tak lain, chef Billion yang punya obsesi membuka resto dengan konsep hidangan khas negeri pizza, Italia. “Illuminare diambil dari bahasa Latin yang berarti ‘menyinari’, saya berharap agar resto ini bisa menjadi cahaya yang mencuri hati para konsumen dengan makanan khas kami,” jelas Karel Billion. Menurutnya, meskipun memakai gaya memasak Prancis, dirinya tetap mengkombinasikan rasa sesuai lidah masyarakat Indonesia. Menurut chef, rasa khas Indonesia saya lakukan karena orang Indonesia lebih suka manis, tapi Italia lebih ke asam. Banyak menu yang difusion dengan Prancis dan Italia, “Semua menu saya ciptakan sendiri” tegasnya. 48 I

I Agustus 2012

Kelebihan sesungguhnya dari masakan Italia terletak pada kesegaran bumbu dan bahan-bahan yang mereka gunakan. Seperti warga Roma zaman dahulu, mereka masih menggunakan bahan-bahan natural yang ada di alam. Keju dari susu domba peliharaan, sayur-sayuran dari ladang sendiri, atau buah dari kebun sendiri menjadi ciri khas. Selain bumbu dan bahan yang natural dan segar, mereka mengutamakan memasak masakan saat akan dimakan. Sehingga masakan yang dihidangkan lebih segar dan hangat saat disantap. Ide membuat resto muncul seusai Karel menimba ilmu masak di Prancis, tepatnya di Le Cordon Bleu. Metode masak yang digunakan mengikuti gaya Prancis tanpa mengubah citarasa Italia, dengan makanan yang diolah adalah hasil kreasinya sendiri. Cara pengolahannya dengan menggunakan panas api yang kecil serta diolah perlahan-lahan. Dengan cara itu muncullah cita rasa yang otentik dari bahan-bahan masakan. Salah satu contohnya, carbonara smoked salmon, yang tidak menggunakan krim tapi kuning telur agar lebih creamy dipadukan dengan smoked salmon yang rasanya agak asin. Hasilnya adalah sebuah rasa baru dengan teste lebih gurih. Ada juga dessert berupa volcano tropico, yang menghadirkan sensasi cokelat sampai sentuhan terakhir juga rasa mint. Demikian juga menu favorit Spaghetti al Pesto di basillico e pancetta, Spaghetti alla Carbonara, Fettuccine ai Gamberi Reali e Pesto di basillico. Untuk Pizza ada 14 jenis pizza, diantaranya Pizza ai funghi, Pizza Arrabbiata. Lalu ada camilan Nachos Messicani, Alette di pollo al limone e miele dan masih banyak lagi.

Kelebihan sesungguhnya dari masakan Italia terletak pada kesegaran bumbu dan bahan-bahan yang mereka gunakan.

Untuk minuman, banyak ragam yang tersedia. Ada Illuminare signature, mocktail yang rasanya lebih condong ke asam lantaran diolah dari buah-buahan segar. Harga makanan dan minuman dibanderol mulai Rp50 ribu hingga Rp205 ribu sedangkan signature menu mulai Rp60 ribu hingga Rp600 ribu. Soal konsep resto, chef billion menginginkan konsumen merasakan sensasi berada di rumah sendiri. “Resto ini saya buat dengan konsep rumahan karena saya pengen para konsumen makan serasa di rumah sendiri. Di sini juga ada meeting room, kalau mau makan ada dining room, kalau mau minum ada bar, ada juga mini lounge,” imbuhnya. [Teguh S Gembur] Agustus 2012 I

I 49


Venue

Sari Ater Hotel & Resort

Hotel, Convention, Recreation

Di ruang meeting Domas, peserta dapat melihat pemandangan bungalow dan kolam rendam air panas yang eksotik. Sedangkan di ruang Kimanis,sembari rehat,peserta mendapat suguhan pemandangan GunungTangkuban Parahu dan hamparan kebun teh.

Foto: Fatkhurrohim

erencanakan meeting di luar kota pasti menjadi sesuatu bahasan yang menarik ketika agenda meeting. Terlebih lagi, lokasi meeting tersebut sangat mendukung kenyamanan. Misalnya memadukan nuansa alam dan meninggalkan suasana hiruk pikuk perkotaan yang selalu bising. Karena itu, cobalah agendakan meeting ke Sari Ater Hotel & Resort. Pasalnya, hotel dan resort yang satu ini, tak hanya menawarkan kegiatan meeting semata. Setelah meeting, Anda bisa berekreasi atau melakukan aktivitas lain seperti out bond di sekitar hotel. Sari Ater Hotel & Resort yang terletak di Jalan Raya Ciater, Subang, Jawa Barat, terkenal sebagai hotel, convention, dan recreation. Paduan antara akomodasi, ruang meeting, dan aktivitas entertainment selalu menjadi paket yang menarik. Apalagi, semua kebutuhan tersebut didapat dalam satu lokasi. Jadi, selain menghemat anggaran, juga menghemat waktu, serta bisa fokus dalam satu tujuan bersama secara tim.

50 I

I Agustus 2012

Iwan Herdiawan, Packaging Coordinator Sari Ater Hotel & Resort, menyatakan, yang lebih menarik lagi, setiap ruang meeting di Sari Ater Hotel & Resort menyuguhkan pemandangan yang sangat menakjubkan. Di ruang meeting Domas, misalnya, peserta dapat melihat pemandangan bungalow dan kolam rendam air panas yang eksotik. Sedangkan di ruang Kimanis, sembari rehat, peserta mendapat suguhan pemandangan Gunung Tangkuban Parahu dan hamparan kebun teh. Pilih Kapasitas Ruang Secara keseluruhan, Sari Ater Hotel & Resort memiliki sembilan ruangan meeting. Beberapa ruangan menggunakan sistem partisi sehingga bisa menyesuaikan jumlah peserta meeting. Jika membutuhkan ruangan dengan kapasitas 224 orang untuk skala class room, atau 150 orang pada settingan u-shape, bisa menggunakan Dayang Sumbi meeting room. Jika jumlah peserta hanya 104 orang, bisa menggunakan ruangan Sangkuriang 1. Kemudian, jika jumlah peserta hanya 20 orang, dapat diarahkan ke Sangkuriang 1 dan 3.

Selain Dayang Sumbi dan Sangkuriang, masih ada juga Wangsadipa Paket yang disediakan pun beragam. One Day Meeting Package denmeeting room, yang bisa di break out menjadi dua, yaitu Wangsagan harga Rp. 200.000/pax/day khusus untuk weekday dan minidipa 1 dan 2. Masing-masing ruangan memiliki kapasitas 44 orang mum order 20 pax. Kemudian ada juga Silver Package, dengan harga dalam setelan u-shape, serta 16 orang bila dikemas dalam settinRp. 390.000,- /pax/day, khusus untuk week days, minimum order gan class room. min 30 dan maksimal order 60 pax, termasuk Domas meeting room yang berada di lantai dua menginap satu malam (sharing basis). menjadi alternatif lain dengan kapasitas mak- Menariknya,ruangan simal 40 orang untuk skala u-shape dan class Yang tak kalah menarik lagi, Sari Ater Hotel & meeting yang satu room. Masih di lantai dua, ada satu lagi ruang Resort menawarkan paket, Gold Package di harmeeting yang diberi nama Kimanis. Lokasinya ini mengadopsi gaya ga Rp. 465.000,- /pax/day, khusus untuk weekdi Kimanis Restaurant. Ruangan meeting ini medays dengan minimum order 20 pax, termasuk miliki kapasitas untuk 100 orang pada gaya class desain tradisional,yaitu menginap satu malam (sharing basis). room, dan 50 orang bila dikemas dalam gaya urumah adat Sunda. shape. Menariknya, ruangan meeting yang satu Paket terakhir yang ditawarkan adalah Platinum ini mengadopsi gaya desain tradisional, yaitu ruPackage dengan harga Rp. 790.000,- /pax/day mah adat Sunda. minimum oreder 15 pax khusus untuk weekday, Jika menghendaki agenda meeting digelar secara privat, Sari Ater dan Rp.1.100.000,- /pax/day min 15 pax untuk weekend. pun bisa mengakomodasinya. Yakni di ruang Kabayan dengan ka[Fatkhurrohim] pasitas 18 orang untuk u-shape 18 dan 16 orang untuk class room.

Agustus 2012 I

I 51


Otomotif

Mazda Luncurkan Mobil Pick-up Mewah

PT Mazda Motor Indonesia (MMI) meluncurkan varian kelas pick up mewah, All New Mazda BT-50 Pro, demikian Direktur PT MMI. Keizo Okue memberi label mobil itu.

“A

“ All New Mazda BT-50 Pro telah tertanam teknologi powertrain, yakni sistem kemudi dan rangka yang memberikan kenyamanan bagi pengendara BT-50 Pro,” kata Keizo Okue pada acara peluncuran All New Mazda BT-50 Pro di Central Park Jakarta. Keizo menuturkan, interior BT-50 Pro memiliki warna dasar hitam yang ditambahkan elemen dekoratif berwarna silver pada door trim, floor console, shift knob, parking brake button, gagang pintu, climate control louvers, meter rings, serta dials. Untuk dapur pacu mesin, All New Mazda BT-50 Pro hadir dengan mesin baru all new engine 2.2 low dan high power common rail turbo diesel engine.

52 I

I Agustus 2012

Di balik kap mesin BT-50 Pro terdapat mesin MZ-CD 2.2L In-line 4 Cylinder dengan Direct Injection Diesel. Semburan tenaga dan torsi maksimum yang dihasilkan mesin tersebut bervariasi antara transmisi manual 5 percepatan dengan transmisi manual ataupun otomatis 6 percepatan.

All new Mazda BT-50 Pro telah mengadopsi sistem control kendaraan yang baru dan lebih komprehensif untuk sistem keamanan.

Tenaga yang dihasilkan BT-50 Pro trasmisi manual 5 percepatan sebesar 120 hp dengan torsi 285 Nm, sedangkan transmisi 6 percepatan mendapat dorongan tenaga hingga 150 hp dan torsi 375 Nm. Keizo menambahkan, All new Mazda BT-50 Pro telah mengadopsi sistem control kendaraan yang baru dan lebih komprehensif untuk sistem keamanan. Dengan 4W-ABS, TCS dan DSC, Emergency Brake Assist, Brake Override system, emergency stop signal, load adaptive control, trailer sway assist, roll stability control, hill launch assist dan hill descent control untuk varian 4WD merupakan standar fitur keselamatan dalam menjaga kenyamanan berkendara. [Teguh S Gembur]

Agustus 2012 I

I 53


Gadget

nama artikel

Kamera Khusus Hitam Putih Untuk menghasilkan sebuah foto hitam putih dapat dilakukan dengan mudah. Misalnya dengan bantuan program pengolah gambar. Beberapa kamera digital saat ini juga telah hadir dengan efek hitam putih. Namun, Leica memiliki caranya sendiri dengan merilis Leica M-Monochrom. Leica M-Monochrom merupakan kamera digital full frame pertama di dunia yang khusus dibuat untuk menghasilkan foto hitam putih. Dengan mengadopsi model Leica M9, kamera ini memiliki layar LCD berukuran 2.5-inci pada bagian belakangnya serta sebuah viewfinder optical untuk membidik foto. Di balik tampilan jadul, kamera ini hadir dengan sensor CCD full frame 18 megapixel yang sama dengan Leica M9. Namun yang menjadi perbedaan antar kedua kamera ini adalah pada bagian sensornya. Sensor Leica M-Monochrom tidak dilengkapi dengan filter warna atau Colour Filter Array (CFA). ini letak rahasia teknologi hitam putih Leica M-Monochrom. Dengan dihilangkannya CFA , secara otomatis sensor Leica M-Monochrom lebih sensitif terhadap cahaya. Hasilnya? Foto hitam putih yang tajam, detil dan minim noise, sedangkan pilihan ISO yang tersedia mencapai ISO 10.000.

54 I

I Agustus 2012

Hasil foto hitam putih M-Monochrom juga diklaim lebih baik dari foto hitam putih yang dibuat dengan program olah gambar atau efek filter yang tersedia pada kamera digital umumnya. Meski kamera ini khusus untuk menghasilkan foto hitam putih, tersedia juga beberapa opsi efek warna seperti efek Sepia, Cold atau Selenium Toning agar tidak terlalu membosankan. Leica M-Monochrom ditawarkan dengan harga US$ 7950 untuk bodynya saja. Untuk melengkapinya, Leica juga meluncurkan lensa Leica APO-Summicron-M 50 mm f/2 ASPH. Ini merupakan generasi penerus dari lensa Leica Summicron-M 1:2/50 mm yang telah dirilis lebih dari 30 tahun lalu. Dengan jarak fokal lensa standard dan bukaan lensa yang cukup lebar, Leica APO-Summicron-M 50 mm f/2 ASPH menawarkan hasil foto yang tajam dengan akurasi warna yang akurat pada resolusi tinggi. Leica APOSummicron-M 50 mm f/2 ASPH dibanderol dengan harga US$ 7195. [Teguh S Gembur]

Agustus 2012 I

I 55


nama artikel

Peletakan Batu Pertama Artotel Thamrin i kawasan Thamrin, pada Juli 2013 nanti akan bertambah lagi satu hotel berbintang tiga plus. Adalah PT Altar Filadelfia mempersembahkan ARTOTEL THAMRIN, berlokasi di Jl Sunda No. 3. Pada 28 Juni lalu, peletakan batu pertama pembangunan Artotel Thamrin dilaksanakan. Artotel Thamrin memiliki fasilitas 112 kamar, 1 bar and restoran, 2 ruang pertemuan dengan kapasitas 10 – 200 orang. Selain itu juga Art Gallery dan Business Center. Artotel berasal dari kata “Art” dan “Hotel”. Kata “Art” ini terinspirasi dari

seni rupa kontemporer yang tercermin dari desain lobby, publik area, dan kamar hotel yang terkesan artistik dari hasil kreativitas seniman local. Sehingga secara tak langsung Artotel mempromosikan seni rupa kontemporer Indonesia. Walaupun dengan konsep yang sangat artistik, Artotel berkomitmen untuk tetap menyediakan akomodasi yang mengutamakan kenyamanan berkualitas dalam segi pelayanan serta produk. Misalnya, koleksi ekslusif ”Amenities” serta tempat tidur ”Art Bedding Collection” yang khusus dirancang untuk memanjakan tamu. Konsep art inilah yang menginspirasi Artotel dalam mempersiapkan seluruh hotel aplikasi beserta penggunaannya, bahkan dalam mempersiapkan aktifitas bisnis secara keseluruhan. Sebagai art inspired hotel, segmentasi Artotel akan lebih kepada smart travelers, di mana selain membutuhkan sarana akomodasi beserta fasilitas yang berkualitas, mereka juga dapat merasakan pengalaman dan atmosfir yang berbeda dengan harga yang terjangkau. Erastus Radjimin, President Director Artotel Indonesia, mengatakan, Artotel tidak hanya sekedar menggantung lukisan (atau art), tetapi juga mengintegrasi art itu sendiri sebagai bagian dari hotel konsep dan desain. (Fatkhurrohim)

Aston Marina Juara 4 Taman Hotel enyambut Ulang Tahun Kota Jakarta ke-485, barubaru ini Aston Marina menerima penghargaan sebagai juara 4 untuk lomba Taman dan Lingkungan tingkat DKI Jakarta 2012 untuk kategori Hotel bintang empat. Ini merupakan acara tahunan yang diadakan oleh Dinas Pertamanan dan Pemakanan DKI Jakarta. Pemberian penghargaan ini diadakan di pembukaan acara pameran Flona dan Fauna 2012 bertempat di Jakarta, Juni lalu. Aston Marina menjadi satu-satunya hotel yang mewakili daerah Jakarta Utara dalam perlombaan taman dan lingkungan ini. Penilaian tentang keindahan dan kualitas taman dan lingkungan area sekitar hotel merupakan faktor utama dalam penilaian. Aston Marina merupakan hotel bintang empat yang stylish menawarkan baik akomodasi untuk tinggal dalam waktu pendek maupun panjang dengan pilihan konfigurasi 1, 2, atau 3 kamar tidur.

Dua Tahun Sudah Dafam Hotels Berkarya epat pada tanggal 7 Juli 2012, Dafam Hotels genap merayakan hari jadinya yang kedua. Dengan mengambil tema “The Inspiring Two”Dafam merayakan hari ulang tahunnya yang kedua, di Semarang. Dalam rangkaian peringatan hari jadi itu, Dafam Hotels Semarang melakukan terobosan promo yang menarik yaitu dengan membagikan kupon hadiah di beberapa ruas jalan protokol yang ada di Kawasan Tugu Muda Semarang. Dengan usia yang relatif masih sangat muda, jaringan perho-

telan dengan skala nasional ini kurang dari dua tahun telah berhasil mengelola dan mengoperasikan tujuh properti, yaitu Hotel Dafam Semarang, Hotel Marlin Pekalongan, Hotel Dafam Cilacap, Hotel Dafam Pekalongan, Hotel Vio Cimanuk, Hotel Vio Pasteur di Bandung, serta Grand Dafam Merapi Merbabu Yogyakarta. Andhy Irawan, Managing Director Dafam Hotels, mengatakan, sukses adalah perjalanan. Dafam Hotels telah membuktikannya dengan beberapa prestasi yang telah diukir dalam dunia pariwisata dan bisnis. Antara lain, penghargaan sebagai The Leading Local Hotel Chain 2011/2012 dalam ajang Indonesia Travel & Tourism Awards, The Best Innovation in Marketing 2011/2012 dari Majalah Marketing dan The Leader in New Chain Hotel di ajang Indonesia Travel Business Leader Award (ITBLA) 2012. Saat ini Dafam Hotels terus mengembangkan sayap bisnisnya untuk terus membangun hotel di berbagai daerah, antara lain Lampung, Surabaya, Bali, Jakarta, Bogor, dan Makassar. (Fatkhurrohim)

Patra Jasa Kembangkan Town House Berkonsep Urban Living alam rangkaian perayaan hari jadi yang ke-37, PT Patra Jasa kembali melanjutkan kinerja positifnya. Hal ini ditandai dengan dibukanya sebuah produk baru yaitu Patra Jasa Town House pada tanggal 17 Juli 2012 di kawasan perumahan Patra Jasa , Kuningan Village, Jakarta. Produk properti terbaru dari Patra Jasa ini masuk dalam unit usaha properti, sekaligus untuk menjawab kebutuhan suatu hunian yang nyaman, dan asri, bagi keluarga besar, pelaku bisnis maupun ekspatriat di Jakarta. Town house milik Patra Jasa ini dikembangkan atas dasar perubahan selera tenant, konsep urban living, serta kepuasan pelanggan, sekaligus sebagai langkah strategis dalam rangka memaksimalkan pendapatan perusahaan. Town house ini masuk kategori perumahan mewah yang mengusung konsep urban living, sebagai bagian dari green concept yang selama ini terus dikembangkannya. Donny J Subakti, Direktur Utama PT Patra Jasa, mengatakan, saat ini, baru tiga unit town house yang diresmikan, dari 40 unit rencana

pembangunan. Town house PT Patra Jasa masuk dalam unit usaha divisi properti beserta unit residensial. Town house ini merupakan karya pengembangan bisnis yang lahir dari semangat Transformasi, Visi Misi, Tata Nilai Perusahaan. Selain mengacku pada konsep urban living, town house ini mengedepan green concept. Keasrian suasana lingkungan perumahan dapat dilihat dan dirasakan betul pada saat konsumen melintas dan memasuki kawasan perumahan tersebut. Suasana itu tercipta dengan kerindangan pepohonan besar yang tumbuh optimal, bentuk topografi lahan yang mengikuti topografi alam sekitar, tersedianya taman-taman lingkungan dengan desain menarik. Ada hal lebih penting daripada itu. Keamanan dan kenyamanan adalah beberapa hal diantaranya. Dari sisi lokasi, town house ini pun sangat strategis. Pasalnya, dekat dengan perkantoran bisnis di kawasan Kuningan, kantor kedutaan asing dari berbagai negara, jalan tol, rumah sakit, hotel bintang lima, pusat perbelanjaan seperti Mall Ambasador, Kuningan Village, dan lain-lain. “Oleh karena letaknya yang setrategis, kemudahan aksesbilitasnya, keamanan selama 24 jam, asri,dan berkonsep urban living, maka tak mengherankan ketiga unit town house ini telah langsung terjual ke konsumen,” ungkap Dony. (Fatkhurrohim)

(Fatkhurrohim) 56 I

I Agustus 2012

Agustus 2012 I

I 57


Batam Incar Wisatawan Jawa Timur alam rangka meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan nusantara (wisnus), Pemerintah Kota Batam menggelar event Direct Promotion untuk beberapa destinasi unggulnnya kepada masyarakat Pulau Jawa, khususnya Jawa Timur. Event ini diselenggarakan pada tanggal 6 - 8 Juli 2012, di Mall Ciputra World Surabaya. Event yang berlangsung selama tiga hari ini merupakan babak awal bagi kegiatan direct promotion yang belum mengenai sasaran. Pasalnya, selama ini, event direct promotion dilakukan di daerahnya sendiri. Artinya, event direct promotion belum maksimal dalam hal mendatangkan wisnus dari luar daerah. Kasubdit Promosi Wisata Wilayah I atau Sumatera, Direktorat Jenderal Promosi Pariwisata Dalam Negeri (Ditjend PPDN), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf ), Raseno Arya., mengatakan, event Direct Promotion Pemerintah Kota Batam yang 58 I

I Agustus 2012

diselenggarakan di Surabaya ini adalah untuk kali pertamanya, dilakukan di luar daerah Sumatra. Sebab menurutnya, Pemerintah Kota Batam tidak mungkin mempromosikan dan menjual beberapa destinasi hanya di daerahnya sendiri. Memang, lanjut Raseno Arya, direct promotion akan lebih baik bila diselenggarakan di luar daerah asal. Dengan harapan, para pelancong berkunjung ke daerah yang menyelenggarakan event direct promotion tersebut. Sementara itu, Plt Kadis Pariwisata Batam Ahmad Arfa, mengatakan, sebagai kota pariwisata, Batam memiliki daya tarik tersendiri, yang unik dan khas. Secara geografis, Batam memiliki letak strategis karena berdampingan dengan Singapura dan Malaysia. Pada tahun 2011 pemerintah Kota Batam mencatat 1,3 juta wisman. Kunjungan ini adalah terbesar ketiga setelah Bali dan Jakarta. “Sedangakn jumlah kunjungan wisnus Batam mencapai 4 - 5 juta,” tambah Ahmad Arva. Sementara itu, Kepala Bidang Promosi dan Pemasaran Disparbud Provinsi Jawa Timur, Handoyo, mengatakan, melalui event ini potensi seni budaya dan pariwisata Batam dapat dikenal oleh masyarakat Surabaya dan Jawa Timur pada umumnnya. “Penerbangan pesawat dari Surabaya ke Batam saat ini ada lima penerbangan langsung setiap hari. Ini menunjukkan besarnya tujuan masyarakat Jawa Timur ke Batam,” ungkap Handoyo. (Fatkhurrohim)

Agustus 2012 I

I 59


Lampung Kembali Jadi Tuan Rumah TIME

nama artikel NEWS

Festival Erau Pelas Benua Etam ementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memberikan dukungan penuh atas penyelenggaraan Festival Adat Erau 2012 . Festival berlangsung pada 1 - 8 Juli 2012 di Kota Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Penyelenggaraan Festival Erau 2012 mengambil tema “Festival Erau Pelas Benua Etam” yang mengandung makna ‘pembersihan segala hal yang dapat mengganggu sumber penghidupan masyarakat di permukaan bumi wilayah Kesultanan Kutai Kerta Negara”. Festival ini dimaksudkan untuk mengangkat, melestarikan dan mengembangkan kekayaan budaya daerah serta meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara (wisnus) dan wisatawan mancanegara (wisman) ke Kaltim, khususnya ke Kabupaten Kutai Kartanegara. Wamen Kemenparekraf Sapta Nirwandar didampingi Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari dalam jumpa pers di Jakarta mengatakan, Festival Erau merupakan festival budaya yang bersumber dari tradisi

Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura yang telah berlangsung sejak ratusan tahun lampau. Festival budaya ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk datang ke Indonesia. Festival Erau adalah tradisi budaya masyarakat Tenggarong, Kutai Kartanegara. Erau berasal dari bahasa Kutai yaitu “Eroh”, yang berarti ramai dan riuh atau suasana penuh sukacita. Kegiatan ini bermakna sakral, ritual maupun hiburan. Kemeriahan Erau 2012 dimulai saat upacara seremoni pembukaan di Stadion Rondong Demang Tenggarong, yang dihadiri pejabat Kemenparekraf, Kerabat Kesultanan, Gubernur Kaltim, Bupati, serta para tokoh masyarakat. Selanjutnya festival dipusatkan di Kedaton dan Museum Mulawarman dengan rangkaian adat ‘Mendirikan Ayu’ hingga diakhiri dengan “Merebahkan Ayu” yang dilaksanakan pihak kerabat kesultanan setiap malam mulai hari pertama hingga berakhirnya festival. (Fatkhurrohim)

dasari fakta karena kekayaan dan potensi Lampung dari sisi flora, fauna, sumber daya alam, budaya, dan industri kreatif termasuk kulinernya. Dari sisi pariwisata, Lampung sangat potensial untuk dikembangkan karena antara lain aksesnya yang dekat dengan Jakarta.

Pemerintah Provinsi Lampung untuk kali keduanya kembali didapuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan pameran Pasar Wisata Indonesia atau Tourism Indonesia Mart and Expo (TIME) 2012. Kali ini TIME akan berlangsung pada pada 9-12 Oktober 2012 di Graha Wangsa, Bandar Lampung. Penyelenggaraan TIME 2012 yang ke-18 kalinya oleh Masyarakat Pariwisata Indonesia (MPI) didukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf ), Pemerintah Provinsi Lampung. Penyelenggaraan TIME yang berkonsep business to business (BtoB) di Propinsi Lampung selama dua tahun berturut-turut ini dimaksudkan untuk mempromosikan Lampung ke pasar internasional serta mendorong perbaikan dan peningkatan infrastruktur, fasilitas pariwisata, dan obyek wisata di wilayah tersebut sehingga dapat menjadi salah satu tujuan wisata dunia untuk menarik kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) serta mendorong pembangungan sektor pariwisata dan sektor pendukung lainnya. M Faried, Direktur Promosi Pariwisata, mengatakan, dipilihnya Lampung sebagai tuan rumah TIME di-

Sementara itu, Gatot Budi Utomo, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Lampung yang juga sebagai Ketua Panitia Daerah TIME 2012, mengatakan, penyelenggaraan TIME tahun ini akan dirangkai dengan event budaya yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Lampung yang akan berlangsung menjelang penyelenggaraan TIME 2012 di antaranya Tapis Carnival, Festival Krakatau ke-22, Pagelaran Seni Budaya dari 20 provinsi di Indonesia, serta Tour Krakatau. Sementara itu, Ketua Panitia TIME 2012 Meity Robot menyatakan, penyelenggaraan TIME 2011 lalu dihadiri 77 buyer dari 27 negara dengan lima buyer terbesar dari Belanda, India, AS, Indonesia, Korea, dan Singapura. Para buyers bertemu dengan 84 seller dari Jakarta, Bali, Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Lampung, Sumatra Utara. Sulawesi Tengah, dan Nusa Tenggara Barat. [Fatkhurrohim]

Tomohon International Flower Festival Targetkan 30 Ribu Wisatawan akil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamen Parekraf) Sapta Nirwandar bersama Wali Kota Kota Tomohon Jimmy F Eman meluncurkan Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2012 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Juli lalu. Hadir dalam acara peluncuran TIFF 2012 antara lain Direktur Promosi Pariwisata Dalam Negeri Kemenparekraf M Faried, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tomohon Gerardus Mogi, anggota DPRD Kota Tomohon dan para tokoh masyarakat Sulut yang ada di Jabodetabek dan juga yang berdomisili di Sulawesi Utara. Festival bunga internasional TIFF 2012 ini akan berlangsung di Kota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut), pada 8-12 Agustus 2012. TIFF 2012 mengangkat tema “Wonderful Tomohon”, memiliki 60 I

I Agustus 2012

arti sebagai wadah promosi pariwisata bersama, dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara ke Sulut, khususnya ke Tomohon. “Tomohon International Flower Festival harus gencar dipromosikan agar menjadi festival bunga internasional, seperti festival yang terkenal ke seluruh dunia Tournament of Roses di Pasadena, Amerika Serikat,” kata Sapta Nirwandar. Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman menyatakan, penyelenggaraan TIFF 2012 akan meliputi empat kegiatan utama, yakni Tournament of Flower (TOF) yang berlangsung 8 Agustus, Kontes Ratu Bunga pada 10 Agustus, dan Pameran Pariwisata, Perdagangan, Investasi dan Florikultura, serta Festival Seni Budaya Nusantara yang berlangsung 8-12 Agustus 2012. Penyelenggaraan TIFF 2012 akan diikuti peserta dari negara-negara sahabat, Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), 15 Ka-

bupaten/Kota se-Sulut, BUMN, BUMD, serta perusahaan swasta. Festival ini menargetkan jumlah pengunjung sebanyak 30 ribu orang. Tomohon International Flower Festival sebagai event dua tahunan, pertama kali diselenggarakan pada 2008. Saat itu ‘Tomohon Flower Festival” masih berskala nasional, diikuti 46 kota se-Indonesia dengan jumlah pengunjung sebanyak 20 ribu orang. Pada penyelenggaraan kedua tahun 2010, skala festival ditingkatkan menjadi festival internasional dengan nama ‘Tomohon International Flower Festival’, diikuti 82 peserta termasuk dari Malaysia, Vietnam, Korea Utara, India, dan Rusia dengan pengunjung sebanyak 25 ribu orang. Penyelenggaraan festival bunga ini sejak awal mendapat dukungan dari Ditjen Pemasaran Pariwisata Kemenparekraf antara lain berupa bantuan publikasi. [Teguh S Gembur]

Citilink Resmi Lepas dari Garuda

irektur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan RI Harry Bakti menyerahkan sertifikat Air Operation Indonesia (AOC) kepada manajemen Citilink pada hari Kamis, 5 Juli 2012 di Gedung Citicon, Jakarta. Sertifikat ini menandai era baru perubahan dalam manajemen Citilink yang sebelumnya berada di bawah manajemen PT Garuda Indonesia Tbk, untuk menjadi manajemen yang dinamis dan mandiri.

Citilink selama ini dikenal sebagai Unit Usaha Strategis dari Garuda Indonesia, untuk jasa penerbangan berbiasa murah (LCC). AOC adalah sertifikasi yang dikeluarkan oleh Departemen Perhubungan bagi perusahaan maskapai yang resmi beroperasi di Indonesia. Selama ini, Citilink beroperasi dengan menggunakan AOC milik Garuda Indonesia. Kini dengan memiliki AOC sendiri, Citilink resmi menjadi salah satu maskapai Indonesia yang independen. Arif Wibowo, Senior Vice President Citilink, mengatakan, penerimaan AOC ini, merupakan bagian dari serangkaian proses rebranding yang telah dijalankan Citilink sepanjang 2012 ini. Selain peluncuran livery baru dan warna baru, Citilink telah menjalankan strategi peluncuran branding secara menyeluruh, mulai dari interior baru pesawat, kantor tiketing, seragam baru awak kabin, situs dan lay out baru, serta didukung program marketing dan komunikasi untuk menjangkau masyarakat secara luas. [Sihol Siagian]

Agustus 2012 I

I 61


NEWS

Hotel ke-50 di Jajaran Santika antika Indonesia Hotels & Resorts meresmikan beroperasinya Hotel Santika Siligita Nusa Dua Bali mulai 17 Juli 2012 lalu. Hotel ini merupakan hotel Santika ke-18 dan hotel ke-50 dalam jajaran grup Santika Indonesia. Peresmian ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh CEO Kompas Gramedia & Direktur Utama PT Grahawita Santika Agung Adiprasetyo dan menyerahkannya kepada General Manager Hotel Santika Siligita Nusa DuaBali Nyoman Gunarta. Hotel ini berada tepat di Jl Pintas Siligita no 3A, Banjar Peminge Nusa Dua Bali, yang sangat dekat dengan kawasan wisata Nusa Dua. Hotel ini memilki 153 kamar dan suites berdesain modern minimalis, classy, yang ditata dengan sentuhan Balinese artwork yang elegan dengan tipe kamar superior, deluxe dan suites. Hotel ini dilengkapi dengan lobby lounge, Mengiat Kafe yang terletak di lobby, Santika Meeting Room untuk kapasitas sampai 200 orang, serta fasilitas lainnya seperti, Fitness Center, Spa, Kolam Renang untuk dewasa dan anak-anak. [Sihol Siagian]

Ajang Apresiasi bagi Seniman Terbaik

atu lagi ajang penghargaan digelar untuk para seniman terbaik Indonesia yang telah menjadi inspirasi, yaitu Anugerah Bintang Luminar (ABL). “ABL ini akan diberikan kepada para seniman yang telah membuktikan eksistensi, prestasi dan kontribusinya di dunia seni, hiburan dan mode di Indonesia,” kata Ketua Yayasan Bintang Karya Cipta Mayana Budi Utami di Jakarta, 17 Juli lalu. Apresiasi terhadap kontribusi para seniman besar ini akan diwujudkan dalam bentuk cetak tangan (hands-print), semacam Hollywood Walk of Fame atau Avenue of the Stars Hongkong pada 14 September 2012 mendatang di Avenue of The Stars, eXion Mall, Kemang Village, Jakarta Selatan.

62 I

I Agustus 2012

Nama-nama seniman yang direkomendasikan menerima anugerah ini telah digodok oleh Komite Nominasi ABL 2012 dan hasilnya berupa rekomendasi pada masyarakat. Komite Nominasi terdiri diri Mayong Suryolaksono, Bens Leo, Rosiana Silalahi, Jay Subyakto, dan Irma Hardisurya (Ketua Tim). Sembilan Anugerah Bintang Luminar yang akan diberikan tahun ini adalah untuk kategori Aktris Film/Televisi, Aktor Film/Televisi, Penyanyi Solo Wanita, Penyanyi Solo Pria, Penyanyi Duo/Band, Pembawa Acara Televisi Wanita, Pembawa Acara Televisi Pria, Perancang Mode dan Pengabdian Seumur Hidup, kategori khusus yaitu, “Pilihan Masyarakat”. [Sihol Siagian]

Agustus 2012 I

I 63


Peletakan Batu Pertama Aston Priority Simatupang

NEWS

Thailand Siap Gelar Pameran Filateli Terbesar di Dunia hailand akan menjadi tuan rumah pameran filateli terbesar di dunia yang bertajuk “Thailand 2013 World Stamp Exhibition” mulai 2 – 14 Agustus 2013. Pameran tersebut diselenggarakan bertepatan dengan perayaan ke-130 tahun layanan pos Thailand dan penerbitan perangko pertama negara tersebut. Thailand menggelar pameran filateli setiap 10 tahun. Pada tahun 2013 ini merupakan pameran yang ke-empat kalinya. Sebelumnya pameran diselenggarakan pada tahun 1983, 1993 dan 2003. Negeri itu juga pernah menggelar World Youth Stamp Exhibition di tahun 1999. Pada event Thailand World Stamp Exhibition 2013, penyelenggara menargetkan jumlah pengunjung sebanyak 100 ribu orang.

Anusra Chittmittraoao, Senior Executive Vice President dari Thailand Post Company Limited, sekaligus Ketua Penyelenggara Bangkok 2013 mengatakan, Thailand World Stamp Exhebition berkolaborasi dengan Asosiasi Filatelis Thailand, dan TCEB. Pameran tersebut digelar untuk memperingati ulang tahun ke-130 prangko Thailand dan pembentukan layanan pos Thailand. Sementara itu, Thanatip Upatising, Duta Besar Kerajaan Thailand untuk Indonesia, mengatakan, event ini merupakan peluang yang baik bagi Thailand untuk menyambut kolektor, pihak-pihak yang peduli terhadap pos, dan pedagang dari berbagai penjuru dunia. “Thailand 2013 World Stamp Exhebition akan digelar pada tanggal 2 – 14 Agustus 2013 di the Royal Paragon Hal 1- 3 lantai 5, Siam Paragon, Bangkok,” terang Thanatip. (Fatkhurrohim)

ston International dan PT Nusa Pratama Property mengadakan prosesi peletakan batu pertama untuk pembangunan hotel terbesar dan terbaik di Jakarta, Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center. Peletakan batu pertama ini dilaksanakan pada tanggal 16 Juli 2012. Hotel ini akan diproyeksikan untuk mendukung pembangunan wilayah Jakarta Selatan. Aston Priority Simatupang akan memberikan layanan akomodasi dan fasililtas konferensi berstandar internasional. Hotel ini akan menawarkan 321 kamar dan suite yang luas, serta fasilitas – fasilitas yang sesuai dengan standar hotel internasional termasuk restoran, coffee shop, lounge, kolam renang, pusat kebugaran, spa, beberapa ruang pertemuan dan sebuah grand ballroom berkapasitas hingga 600 orang.

Norbert Vas, Wakil Presiden Penjualan dan Pemasaran Aston International, mengatakan, Aston Priority Simatupang akan menjadi tambahan yang menggembirakan untuk wilayah Jakarta Selatan. Di mana dalam beberapa tahun terakhir, kawasan ini cukup terlihat perkembangan dan kebutuhan akan hotel yang sangat pesat. Dengan menggabungkan ciri khas dan standar pelayanan dengan fasilitas konferensi yang mutakhir, serta ditunjang dengan lokasinya yang strategis, managemen Aston International sangat yakin akan memberikan pengalaman yang terbaik bagi para tamu. Lobi terbuka Aston Simatupang dan kombinasi kamar tamu yang nyaman, pelayanan yang menyenangkan dan ramah dari karyawan akan menjadikan hotel ini pilihan tepat bagi para pelaku bisnis dan pelancong. Menurut Norbert Vas, lokasi, hotel ini sangat strategis. Terletak hanya beberapa menit dari beberapa perkantoran. “Aston Simatupang pun menyediakan seluruh kelengkapan yang dibutuhkan oleh pebisnis, seperti rasa nyaman, tetap bugar, hidangan lezat, hingga kembali lagi usai bekerja atau tugas luar kota,” tutup Norbert Vas. [Fatkhurrohim]

Horison Group-PT KAI Kerja Sama Kelola Hotel

Topping Off Hotel Zuri Express Lippo Cikarang Memenuhi banyaknya permintaan akomodasi dari konsumen Korea dan Jepang untuk kebutuhan tinggal di kawasan industri Cikarang, Jawa barat, dan mendukung tingkat pertumbuhan di sektor bisnis dan pariwisata, Zuri Hospitality Management (ZHM) membangun sebuah hotel Zuri Express yang berlokasi tepat di area strategis di kawasan terbaik di Lippo Cikarang. Yaitu di City Walk, sekitar 10 menit dari pintu tol Cikarang Barat KM 28. Untuk menandai selesainya struktur bangunan hotel, ZHM menggelar acara topping off Hotel Zuri Express pada 18 Juli 2012, di Lippo Cikarang, oleh Nicodemus Kasan Kurniawan, selaku President Direktur Zuri Hospitality Management, yang didampingi para komisaris dan direksi ZHM, serta direksi BCA. 64 I

I Agustus 2012

Hotel Zuri Express ini masuk dalam standar hotel bintang dua – tiga, yang mengusung konsep smart, modern, dan good value dengan 140 kamar yang di-lay out secara unik. Ukuran kamarnya mencapai 21 meter persegi, degan paduan warna – warna ceria dan segar, cocok untuk para pebisnis dan eksekutif yang mendambakan sebuah kebutuhan akomodasi yang nyaman. Hotel yang pembangunannya akan selesai pada pertengahan November 2012 ini menawarkan beragam pilihan kamar untuk tinggal dalam waktu jangka pendek maupun jangka panjang atau long stay guest. Kemudian ada pula fasilitas ruang rehat seperti kopi tiam express, restoran, empat meeting room, jaringan free wifi di semua area umum, LCD TV, dan lain-lain. Purwantono, CEO Zuri Hospitality Management, mengatakan, Hotel Zuri Express yang mengusung motto “Stay Simple, Simply Stay” ini adalah smart hotel yang merupakan pilihan untuk smart people. Hotel Zuri Express akan memberikan pelayanan istimewa dengan menawarkan harga kamar yang sangat kompetitif, yakni antara Rp 400 ribu– Rp 500 ribu per malam. (Fatkhurrohim)

T Metropolitan Golden Management (MGM), pengembang Horison Hotels Group senantiasa berupaya memenuhi kebutuhan customer-nya. Hal tersebut diwujudkan dengan menjalin kerja sama antara PT MGM dan PT Kereta Api Indonesia. Nota Kesepahaman kerja sama ini ditandatangani pada Kamis, 21 Juni 2012, oleh Direktur Utama PT MGM, Nanda Widya, dan Direktur Komersial PT KAI, Sulistyo Wimbo Hardjito. Ruang lingkup Nota Kesepahaman tersebut meliputi rencana pemanfaatan beberapa aset milik PT KAI untuk mendapatkan nilai tambah bagi kedua belah pihak dalam bentuk jasa teknis

persiapan pembangunan hotel, kerja sama manajemen (KSM), build operate and transfer (BOT) maupun dalam bentuk persewaan. Bentuk kerja sama ini, prinsipnya adalah pengoperasian hotel, yang direncanakan berlokasi di beberapa kota, salah satunya Surabaya. Sejalan dengan program pengembangannya, pada tahun 2015 MGM akan mengoperasikan 60 hotel di seluruh Indonesia. Saat ini, MGM mengoperasikan 11 hotel, antara lain: Horison Ultima Bekasi, Horison Ultima Bandung, Horison Ultima Makassar, Horison Ultima Purwokerto, Horison Bogor, Horison Semarang, Horison Kendari, Plaza Inn Kendari by Horison, @Hom Hotel Tambun by Horison, Red Dot Hotel Bangka by Horison, dan Aziza Hotel Pekanbaru by Horison. [Fatkhurrohim] Agustus 2012 I

I 65


NEWS

Sumatra Barat Tampil di Festival Montoire Prancis

ewakili Indonesia, Provinsi Sumatera Barat mengirimkan Sanggar Tari Syofyani ke Festival Montoire di Perancis pada 26 Juli – 20 Agustus mendatang. Festival Montoire yang tahun ini genap berusia 40 tahun akan diikuti oleh 12 negara. Dan, Sumatera Barat menjadi satusatunya perwakilan dari negaranegara Asia. Bagi Sanggar Tari Syofyani

dari Bukittinggi ini, kesempatan tampil di Festival Montoire adalah kali keempatnya dalam sejarah festival tersebut. Festival yang dinaungi oleh UNESCO ini adalah pagelaran festival tari rakyat yang menarik perhatian wisatawan. Berbagai macam tarian daerah tiap negara akan tampil di sana. Raseno Arya, Kasubdit Promosi Wisata Wilayah I atau Sumatera, Direktorat Jenderal Promosi Pariwisata Dalam Negeri (Ditjend PPDN), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

(Kemenparekraf), Raseno Arya, mengatakan, Festival Montoire merupakan ajang utama dari rangkaian festival. Setelah Montoire, festival berlanjut dengan Festival Foklore di Mantenon dan Festival Foklore ke-35 di Felletin. Partisipasi pada event ini diharapkan dapat mendatangkan wisatawan dari Prancis dan Eropa ke Indonesia, khususnya Sumatera Barat. Syofyani, pendiri Sangar Tari Syofyani, mengatakan, sanggarnya terpilih karena panitia penyelenggara tertarik dengan gerak

Tari Piring dan Tari Pasambahan yang unik, disertai gerak dasar silat di atas kaca. Penyelenggara pun mengaku tertarik, karena musik yang digunakan untuk mengiringi tarian menggunakan alat musik tradisional. Nevi Irwan Prayitno, Ketua Delegasi yang juga istri Gubernur Sumatera Barat mengatakan, event lima tahunan ini menampilkan pesona tarian dan musik dari setiap negara. Sanggar Tari Syofyani akan membawa 28 orang pada festival tersebut. Rombongan akan menampilkan beberapa tarian dan musik khas Minang seperti Tari Pesambahan, Tari Payung, Tari Piring, musik tradisi Minang, dan juga silat. [Fatkhurrohim]

IIMS Perbesar Peluang Pasar Otomotif ndonesia International Motor Show 2012 sebagai pameran otomotif terbesar di Tanah Air ikut berperan membuka dan menjaga potensi Indonesia untuk menjadi pasar otomotif terbesar di ASEAN. Bahkan penyelenggaraan IIMS tahun ini yang akan digelar pada berhasil melampaui Bangkok International Motor Show. Sebagai pembading, pada penyelenggaraan tahun ini, IIMS akan menggunakan lahan seluas 71.331 m2 atau naik lebih dari 10 persen dari luasan tahun lalu yang mencapai 63.654 m2. Ini lebih besar dari luas lahan Bangkok International Motor Show yang tahun ini mencapai 60.000 m2 atau pagelaran Tokyo Motor Show yang hanya menempati lahan seluas 34.919 m2. Peluang ini juga disadari oleh para pelaku industri otomotif Indonesia. Oleh 66 I

I Agustus 2012

karena itu, tidaklah mengherankan apabila mereka akan berlomba memberikan yang terbaik dalam gelaran IIMS mendatang. Mobil-mobil terbaru serta mobil konsep dengan teknologi terbaru dipastikan akan menjadi daya tarik IIMS tahun ini. IIMS 2012 akan digelar pada 20-30 September nanti, menggunakan seluruh area JIExpo untuk lahan pameran APM dan industri pendukung otomotif. Panitia akan menggunakan Hall A, B, C, dan D untuk kendaraan penumpang sementara area open space untuk kenda-

raan niaga. Sampai dengan saat ini, tercatat 35 merek kendaraan yang terdiri dari 25 merek kendaraan penumpang dan 10 merek kendaraan niaga berpartisipasi pada IIMS 2012. Johnny Darmawan selaku ketua penyelenggara IIMS 2012, menyatakan optimismenya terhadap industri otomotif Indonesia yang dapat dilihat dari semakin berkembangnya pameran IIMS dari tahun ke tahun, “Dukungan penuh para APM dalam IIMS tahun ini menunjukkan kepercayaan mereka akan potensi pasar otomotif Indonesia dan peluang besar kita untuk menjadi yang terdepan di industri otomotif ASEAN�. Ia menambahkan bahwa selain para pelaku otomotif, masyarakat luas juga diharapkan ikut membantu merealisasikan hal ini dengan mengunjungi IIMS 2012 dan membantu pertumbuhan penjualan kendaraan di Indonesia. [Fatkhurrohim]

Agustus 2012 I

I 67


Rehat

UMBRA BAR & LOUNGE

Here Is Home For Local Talents

K

emang memang selalu menarik minat anak muda Jakarta dan seakan tidak pernah ada habisnya dalam menghadirkan tempat – tempat baru dan seru untuk hangout. Terletak tepat di belakang Tamani Café, kini hadir UMBRA Bar & Lounge, yang tepatnya mulai beroperasi sejak Februari 2012 kemarin. Buka dari selasa – sabtu mulai dari jam 20.00. Foto: Andy Prayitno

“ UMBRA Bar & Lounge hadir dengan konsep interior yang menarik, bergaya Eropa klasik ala tahun 1900-an dan dimix dengan unsur kayu, ditambah dengan koleksi – koleksi lukisan bergaya Art Nouvo yang dibuat khusus untuk UMBRA. UMBRA Bar & Lounge selalu menghadirkan musisi – musisi lokal setiap harinya yang bisa dijadikan pilihan anda sehabis seharian bekerja. Band – band lokal yang siap menghibur malam anda di UMBRA diantaranya adalah Arikacoustic yang tampil setiap hari Selasa, Bubugiri setiap Rabu, Mike’s setiap Kamis, Arin and Friends setiap Jum’at, dan Crab Band setiap malam Minggu. Khusus hari Rabu, Jum’at, dan Sabtu, UMBRA Bar & Lounge juga ada DJ performance dari residence DJ (DJ Melon) yang mengusung RnB Mashup. UMBRA Bar & Lounge selalu rutin mengadakan event – event musik dan DJ performance dengan menghadirkan musisi lokal dan DJ lokal yang sudah tentu dikenal dikalangan kawula muda seperti DJ Maliki, DJ Bone, DJ Anto, DJ Riki Rixx, dll. Setelah lelah seharian bekerja, arahkan mobil anda segera ke UMBRA Bar & Lounge, untuk sekedar melepas penat 68 I

I Agustus 2012

Tidak lupa UMBRA Bar & Lounge juga membuat promo – promo menarik. Setiap Rabu ada Ladies Night Out, free flow lychee martini dan cosmopolitan hanya dengan 85 ribu ++ mulai dari jam 21.00 – 00.00. Kemudian promo Happy Hour mulai dari jam 20.00 – 22.00 setiap harinya.

dengan menikmati menu western yang lezat seperti Umbra Melt, Tuna Steak. Untuk minumannya ada signature cocktail UMBRA Bar & Lounge atau1920. 1920 ini punya cerita tersendiri, dinamakan 1920 karena pada tahun ini di Amerika minuman yang mengandung alkohol dilarang beredar. Makanya masyarakat membungkusnya dengan kertas agar tetap dapat menikmati minuman yang mengandung alkohol. Tidak lupa UMBRA Bar & Lounge juga membuat promo – promo menarik. Setiap Rabu ada Ladies Night Out, free flow lychee martini dan cosmopolitan hanya dengan 85 ribu ++ mulai dari jam 21.00 – 00.00. Kemudian promo Happy Hour mulai dari jam 20.00 – 22.00 setiap harinya. Setiap Kamis ada special price untuk setiap pembelian 2 botol Jack Daniels, Chivas Regal, dan Absolute. [ANDY Prayitno]

Agustus 2012 I

I 69


Daftar Alamat Pickup Point AIRPORT

AEROWISATA Hotel & Resort

Jl. Jend Sudirman Kav. 75 Jakarta 12910 Tel (62-21) 527 6854 Fax. (62-21) 527 6855

CIREBON Hotel Santika Cirebon

Jl. Dr. Wahidin No. 32, Cirebon 45122

Balinusa Sinar Dewata Group

Amos Cozy Hotel

Jl. Melawai Raya 83-85, Jakarta 12160

Patra Cirebon Hotel

Jl. Tuparev No. 11, Cirebon 45153

Aston Marina Ancol

Jl. Lodan Raya No. 2A, Jakarta 14430

Bandara Soekarno Hatta Jakarta

Batavia Lounge - Mutiara Lounge - Sanur Lounge - Dewa Lounge

Aryaduta Hotel

Jl. Prapatan 44-48, Jakarta

JOGJAKARTA

Srikandi Lounge

Alila Jakarta

Jl. Pecenongan Kav. 7-17

Bandara Ahmad Yani Semarang

Hotel Santika Premiere Jogja

Best Western International Indonesia

Senayan Trade Center, 3rd Floor No. 173 A, Jl. Asia Afrika, Jakarta Pusat

Bandara Juanda - Surabaya

Blue Sky Executive Lounge Lt. 2

Jl. Gatot Subroto Kav. 2-3, Jakarta 12930

SEMARANG

Bunaken Lounge

Crowne Plaza Jakarta

Bandara Sam Ratu Langi Manado

Golden Boutique Hotel

Jl. Gunung Sahari No. 46, Jakarta

Hotel Santika Premiere Semarang

Jl. Pandanaran No. 116 - 120, Semarang 50241

Bandara Sepenggan Balikpapan

Mahalam Lounge

Grand Hyatt

Jl. MH. Thamrin Kav. 28-30, Jakarta Pusat

Jl. Sisingamangaraja, Candi Baru Semarang 50252

Bintan Lounge

Jl. Banteng Selatan No. 1, Jakarta 10710

Patra Semarang Convention Hotel

Bandara Hang Nadim - Batam

Hotel Borobudur Hotel Ciputra Jakarta

Jl. Let. Jend. S. Parman, Jakarta 11470

Dafam Hotels & Resorts

Prima Lounge - Toba Lounge - Toraja Lounge

Hotel Kristal

Jl. Tarogong Raya, Cilandak Barat, Jakarta 12430

Jalan Imam Bonjol 188 Semarang Jawa Tengah

Bandara Polonia - Medan

Jl. KH. Fakhrudin, Jakarta

Quest Hotel Semarang

Bandara Adisucipto DI Yogyakarta

Borobudur Lounge

Hotel Millenium Hotel Mulia

Jl.Plampitan No.37 - 39 Semarang, Jawa Tengah

Jl. Asia Afrika, Senayan - Jakarta 10270

Bandara Adisumarno

Sriwedari Lounge

Hotel Nikko Jakarta

Jl. MH. Thamrin No. 59

Bandara Moses Kilangi - Timika

Moses Kilangi Lounge

Hotel Santika Premiere Jakarta

Jl. AIPDA KS. Tubun No. 7, Slipi - Jakarta

Bandara Jalaludin - Gorontalo

Matuduolo Lounge

Hotel Sunlake

Jl. Danau Permai Raya C1 Sunter, Jakarta

Ibis Kemayoran Hotel

Jl. Bungur Besar Raya 79 - 81, Jakarta

Ibis Slipi

Jl. Let. Jend. S. Parman Kav. 59, Jakarta 11066

Le Grandeur Hotel

Jl. Mangga Dua Raya, Jakarta 10730

MALANG

Le Meredien

Jl. Jend. Sudirman Kav. 18 - 20, Jakarta 10220

Hotel Santika Premiere Malang

Lumire Hotel

Jl. Senen Raya No. 135, Jakarta Pusat

Mercure Convention Center

Jl. Pantai Indah, Ancol - Jakarta Utara

Menara Peninsula Hotel

Jl. Let. Jend. S. Parman, Jakarta 11470

Novotel Mangga Dua

Jl. Gunung Sahari Raya No. 1, Jakarta

Patra Jakarta Hotel

Jl. Jend. A.Yani No. 2, By Pass - Jakarta 10510

Sari Pan Pacific Hotel

Jl. M. H.Thamrin, Jakarta 10340

Sahid Jaya Hotel

Jl. Jend. Sudirman No. 86, Jakarta

Sheraton Media Hotel & Towers

Jl. Gunung Sahari 3, Jakarta 10270

Spark Hotel

Jl. Jend. Sudirman No. 19, Yogyakarta 55233

SURABAYA Hotel Santika Surabaya

Jl. Pandegiling No. 45, Raya Darmo -­ Surabaya 60264

GOLF

Hotel Majapahit

Jl. Tunjungan No. 65, Surabaya

Kemayoran Golf

Jl. Letjen Sutoyo No. 79, Malang 65141 PERBANKAN

Patra Parapat Lake Resort

Bank Central Asia, TBK

Jl. POM IX Palembang Square, Palembang

Jl. Mangga Besar Raya No. 42, Jakarta Barat

Sheraton Lampung Hotel

Jl. Wolter Monginsidi, Bandar Lampung Lampung 35401

The Acacia Hotel

Jl. Kramat Raya 81, Jakarta 10450

PONTIANAK

The Batavia Hotel

Jl. Kali Besar Barat No. 44 - 46, Jakarta 11230

The Akmani Hotel

KH. Wahid Hasyim 91, Jakarta 13050

The Park Lane Jakarta HARRIS hotel & conventions Kelapa Gading

Hotel Santika Pontianak

Jl. Diponegoro No. 46, Pontianak 78123

Jl. Casablanca Kav. 18, Jakarta 12870

Hotel Mercure Pontianak

Jl. Jend. Ahmad Yani No. 91 Pontianak 78124

Jl. Bulevar Kelapa Gading Blok M Jakarta 14240, Indonesia

MANADO Tongkaina - Bunaken, Manado 95000

ANYER Patra Anyer Beach Resort

Desa Bandulu - Anyer 42166

MAKASSAR Hotel Santika Makassar

Jl. Sultan Hasanuddin No. 40, Makassar

Aston Bandung Hotel & Residence

Jl. Braga No. 99 - 101, Bandung

BALI

Aston Tropicana Hotel & Plaza

Jl. Cihampelas No. 125 - 129

Hotel Santika Bandung

Jl. Sumatera No.52 - 54, Bandung 40115

Hotel Santika Premiere Beach Resort - Bali

Jl. Kartika Plaza, Tuban - Bali

Patra Bandung Hotel

Jl. Ir. H. Juanda No. 132, Bandung 40132

Hotel Saranam

Bali

Grand Hotel Preanger

Jl. Asia Afrika No. 8, Bandung

Jl. Dewi Sri No. 8 - Legian, Kuta, Bali

Hotel Vio Cimanuk

Jl Cimanuk No 15 Bandung

Aston Grand Kuta Hotel & Resident

I Agustus 2012

Lounge BCA Prioritas

Citywalk Sudirman - 1st Floor, Jl. KH. Mas Mansyur Kav. 121, Jakarta Pusat10220

Restaurant Ganesha Ek Sanskriti

American Grill - Ciputra American Grill - Mall Artha Gading

Great Eagle Building MAG Lt. LG, Jl. Boulevard Artha Gading

American Grill - Kelapa Gading

Gading Food City, Jl. Kelapa Gading Boulevar, Jakarta Utara

American Grill - Plaza Semanggi

Kawasan Bisnis Granada - GF Unit 15, Jl. Jend. Sudirman Kav. 50, Jak - Sel

American Grill - Pondok Indah Mall

1st Main Entry, Jl. Metro Pondok Indah, Jakarta Selatan

American Grill - Sabang

Jl. K.H. Agus Salim No. 39, Jakarta Pusat

American Grill - Mall Taman Anggrek

3rd Floor, Jl. Let. Jend. S.Parman Jakarta Barat

Bengawan Solo Café

Citywalk Sudirman, Jl. KH. Mas Mansyur Kav. 121, Jakarta Pusar 10220

Dapur Solo Orange Concept Lounge

Primavera Eurocafe

Center Park BRI II Lt 9 Jl Jendral Sudirman Kav 44-46 Jakara 10210 Kemang Square Lt. 2 Jl. Kemang Raya No. 5

SALON & SPA Jhonny Andrean Salon

Citywalk Sudirman - 1st Floor, Jl. KH. Mas Mansyur Kav. 121, Jakarta Pusat 10220

CNB spa

Citywalk Sudirman - 2nd Floor Unit 20, Jl. KH. Mas Mansyur Kav. 121, Jakarta Pusat 10220

The Secret Spa And Training Centre

Jln. Kelapa Gading Boulevard LB 1/9 Jakarta 14240

PT Raptim Indonesia

Jl. Cut Meutia No. 8 Jakarta Pusat 10340 Telp. : 021 - 314 6210 Fax : 3193 7701

Anta Tour (JAKARTA)

Grand Indonesia, East Mall #EM-3-38,3rd Floor Jln. MH. Thamrin No. 1 Jakarta 10310

Anta Tour (JAKARTA)

Jl. Melawai Raya No. 116 B, Jakarta 12160 Wisma Pondok Indah Lt.4 suite #405, Jl. Sultan Iskandar Muda Kav. 5 TA, Jakarta 12310

Jl. Sentul Raya, Ciiteureup - Bogor

Ground Floor - North Entry, Jl. Let. Jend. S. Parman, Jakarta Barat

BANDUNG

70 I

Warung Kita

CAFÉ / RESTO

Aston Palembang Hotel & Convention Center

Hotel Santika Premiere Seaside Resort - Manado

Citywalk Sudirman - 1st Floor 1F#10, Jl. KH.Mas Mansyur Kav. 121, Jakarta Pusat 10220

SIRKUIT Sentul International Circuit

LAMPUNG

The Luv’s

TOUR & TRAVEL

Pondok Indah Golf

Jl. Pertamina Siuhan, Danau Toba Parapat 21174

Citywalk Sudirman - 1st Floor, Jl. KH. Mas Mansyur Kav. 121, Jakarta Pusat 10220

Jln. Boulevard Makassar Mall Panakkukang Lt.3 Mezaine (diatas Gramedia) Makassar

Senayan Golf

SUMATERA UTARA

Sumpit ( Rice & Noodle )

Jl. Boulevard Raya Blok LA 6 No. 19, Kelapa Gading 14240 Anta Tour ( SERPONG )

Ruko WTC Matahari No. 5855, Jl. Raya Serpong - Tangerang

Anta Tour ( CIKARANG )

Ruko Plaza Menteng Blok B/25, Jl. MH. Thamrin, Lippo Cikarang - Bekasi 17550

Anta Tour ( BANDUNG )

Jl. Pasir Kaliki No. 150 C, Bandung 40171

Anta Tour ( SURABAYA )

Jl. Bengawan No. 51, Surabaya 60241

Anta Tour ( DENPASAR )

Komplek Perkantoran Duta Permai Blok I/H, Jl. Dewi Sartika, Denpasar - Bali 80114

Anta Tour ( MAKASSAR )

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo No. 34 A, Makassar 90174

Kantor Cabang Pembantu Maros

Jln. Poros Makassar Maros Km 21 Ruko Griya Batas Kota Blok C No. 5 Maros - Sultan Hasanuddin Airport

Jl. Danau Sunter Utara R 35 - 37, Jakarta Utara

Smailing Tour & Travel (JAKARTA )

Gedung Smailing Tour, Jl. Majapahit 28, Jakarta 10160

Citywalk Sudirman - 1st Floor unit 1 -2, Jl. KH. Mas Mansyur Kav.121, Jakarta Pusat 10220

Venue

Citywalk Sudirman - 1st Floor Unit 25, Jl. KH. Mas Mansyur Kav. 121, Jakarta Pusat 10220

Taman Ismail Mazuki

Pusat Kesenian Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Jalan Cikini Raya, No. 73, Jakarta 10330

Agustus 2012 I

I 71


ASTON KUTA HOTEL & RESIDENCE

J A K A R TA

72 I

I Agustus 2012

Agustus 2012 I

I 73


74 I

I Agustus 2012

Event Guide Magz  

Majalah MICE Pertama di Indonesia

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you