Page 1


SEBUAH ASAL - USUL

Vergili berasal dari penggalan bahasa Latin “Ver” berarti manusia laki-laki dan “Lilium” yang berarti bunga bakung. Penggabungan dari kedua kata tersebut memiliki makna seseorang yang hatinya semurni… bunga bakung di padang di beri keindahan, terlebih diriku, dikasihi Tuhan. Nama Vergili sendiri juga merupakan seorang tokoh penyair Romawi kuno, Publius Vergilius Maro, yang begitu handal membuat puisi pastoral dan epik dalam bahasa Latin. Mengadopsi nama tersebut, Buletin Vergili diharapkan dapat menjadi salah satu media yang melanjutkan semangat untuk menghasilkan karya tulis layaknya pujangga gereja bagi anak muda Katolik seantero nusantara dan dunia! (Yang percaya katakan… Amin!).


SHALOM! Des dan EMBER! Penggalan dua kata ini mengingatkan betapa berharganya sebelas bulan yang telah berlalu dan tibalah di penghujung tahun. Pohon cemara, kaus kaki, dan topi santa mulai terpasang di pusat-pusat swalayan. Tak mau kalah, Evangili.id pun ingin memberikan hadiah Natal pada bulan ini kepada kamu, ya kamu! Evan dan Gili MEMPERSEMBAHKAN… JENG JENG JENG!! Buletin Evangili edisi pertama yaitu… VERGILI dengan tema ANGGUR, senANG GUnakan Rosario, yang merupakan kumpulan konten Instagram bulan Oktober lalu. Lengkapnya intip dan follow @evangili.id, tidak dipungut biaya! Bagi kami, ini adalah langkah awal untuk menghasilkan buletin yang semakin memikat di tahun 2020, yang kini tengah digarap. Konsep yang unik, anak muda, segar, dan sesuai arahan dasar sila kelima! Penasaran kan? Sabar dan nikmati terlebih dahulu buletin edisi perdana ini dengan tulisan – tulisannya yang menarik, so deep, dan berisi pengalaman iman doa Rosario! Pssstt, mohon jangan membuka halaman– halaman belakang, terutama tujuh halaman terakhir, bisa ketagihan untuk ikutan (sok spoiler).

Redaksi *** Immanuel Variant Rumende Thomas Paschalis Angela Giovanni Kevin Reiner Immas Yuliana Hermina Wulohering


Tajuk Utama

ANGGUR (senANG GUnakan Rosario) (Ignasius Rian)

Anggur bukanlah sekadar singkatan yang digunakan untuk mengingatkan pembaca akan topik bulan Oktober tentang rosario. Layaknya manfaat buah anggur, mengandung senyawa antioksidan tinggi, penangkal radikal bebas tubuh dan perlindungan dari penyakit, rosario pun memiliki senyawa antioksidan tinggi, penangkal radikal bebas roh manusia dari kekuatiran, kekecewaan, keputusasaan, luka – luka batin, dan berbagai serangan duniawi yang tak kasat mata. Doa Rosario merupakan tapak tilas misteri keselamatan Kristus, pendoa tidak hanya sekedar memperoleh peningkatan pengetahuan akan makna pertumbuhan rohani, tetapi juga kesatuan hidup Bunda Maria 1

bersama Kristus. Inilah yang menyebabkan roh pendoa semakin kuat saat menghidupi doa Rosario. Pengetahuan dan pertumbuhan rohani menghasilkan iman percaya bahwa Allah selalu bersama dan melindungi si pendoa dalam kondisi apa pun. Damai sejahtera, pertumbuhan iman, dan harapan merupakan buah yang hadir dalam diri seorang pendoa. Tidak hanya untuk diri sendiri, tetapi juga bagi keluarga dan sesama. Tidak hanya dalam kondisi senang, tetapi juga saat berduka. Tidak hanya saat berlindung dalam atap, tetapi juga saat berlalu – lalang dalam lintasan perkotaan, doa yang dihidupi ini menjadi payung dari marabahaya.

VERGILI | EDISI I


Tajuk Utama

Lebih lagi, doa Rosario pun menjadi sarana merangkul pengharapan di tengah masa kritis hidup yang berujung pada kematian.

Milikilah iman dan pengharapan yang terus menyala dengan konsisten mendaraskannya. Jadikanlah doa Rosario sebagai gaya hidup.

VERGILI | EDISI I

2


E-Checklist

E-CHECKLIST "PUTUSKAN" (Immas)

Hai sobat Evangili! Apakah doa rosariomu lancar? Nah, buat yang belum, yuk, kita buat target PUTUSKAN! Dengan PUTUSKAN, kamu akan selalu diingatkan akan komitmen yang kamu buat! Berikut adalah salah satu contoh target PUTUSKAN dari sobat kita, kamu bisa meniru sesuai dengan kondisi waktumu.

"PUTUSKAN" PUnya : Target rosario setiap hari minimal 2 putaran TenTUkan : Waktu doa di pagi hari dan malam hari Setiap hari : Lakukan setiap hari pukul 05.00 WIB dan 19.00 WIB/22.30 WIB

3

TularKAN : Ingatkan temanteman di komunitas (kelompok) untuk doa rosario, ajak rosario bersama di tanggal 13, dan sharing pengalaman doa rosario.

VERGILI | EDISI I


E-Checklist

VERGILI | EDISI I

4


Tahukah Kamu?

Mengapa Orang Katolik Berdoa Rosario?

(Stella - referensi dari katolisitas.org dan imankatolik.or.id)

5

VERGILI | EDISI I


Tahukah Kamu?

VERGILI | EDISI I

6


Rosary Quotes

ROSARY QUOTES “Salah satu ciri doa yang baik adalah kalau doa itu membuat kita menjadi semakin sederhana di hadapan Tuhan.”

“Bisa didoakan sambil berjalan di pegunungan, bisa sambil duduk di sebuah angkutan, cukup dengan menggunakan 10 jari tangan kita.”

7

VERGILI | EDISI I


Rosary Quotes

“Rosario juga mengajak mata batin kita untuk berdoa bersama dengan tahun liturgi Gereja, karena Maria sendiri adalah Bunda Gereja.”

“Hantarkanlah jiwa-jiwa ke dalam surga, terlebih jiwa yang sangat memerlukan pertolongan - Mu.”

“Doa Rosario Suci, orang orang berdosa bertobat dan diampuni, jiwa-jiwa yang dahaga disegarkan, mereka yang terbelenggu akan dilepaskan Ikatannya.”

VERGILI | EDISI I

8


Fun Fact

PERISTIWA TERANG (Mikha - referensi dari katolisitas.org)

Sobat Evangili, apa yang kamu ketahui tentang Peristiwa Terang?

9

Rosarium Virginis Mariae adalah nama sebuah surat apostolik Paus Yohanes Paulus II yang diterbitkan pada tanggal 16 Oktober 2002. Melalui surat tersebut, Yohanes Paulus II menambahkan lima peristiwa baru, yang disebut Peristiwa Terang, untuk direnungkan bersama dengan kelima belas peristiwa lainnya yang mewakili misteri kehidupan Yesus dari lahir sampai kebangkitan-Nya.

mengungkapkan kasih Allah melalui pelayanan-Nya. Paus Yohanes Paulus II mencatat bahwa Bunda Maria tetap berada di latar belakang di setiap peristiwa Terang itu. Ini tampak jelas saat menyaksikan pernikahan di Kana, Maria adalah murid pertama dan terbaik dari Putra-Nya. “Apa yang dikatakan kepadamu, buatlah itu� (Yoh. 2: 5), merefleksikan pemuridan Maria. Ia yang adalah ibu Tuhan, menemani kita dalam kontemplasi dengan Kristus, melalui misteri terang.

Peristiwa Terang masuk ke dalam doa rosario karena melalui Peristiwa Terang, kita dapat melihat wajah Kristus saat Dia

Setiap Peristiwa Terang mewahyukan Kerajaan Allah yang sudah hadir di dalam pribadi Kristus,yaitu :

VERGILI | EDISI I


Fun Fact

THE END

VERGILI | EDISI I

10


Fun Fact!

JENIS-JENIS DOA ROSARIO (Stecia - referensi dari wikipedia.org dan katolisitas.org)

Asal usul doa rosario terbentuk setahap demi setahap. Butirbutir atau kaplet digunakan sebagai alat bantu doa yang juga merupakan tradisi sejak jaman Gereja awal. Struktur doa rosario berkembang antara abad XII & XV, dan awalnya dihubungkan dengan ayat-ayat mazmur, untuk memperingati kehidupan Tuhan Yesus dan Bunda Maria. Saat ini dikenal sebagai rosarium atau rose garden. Pada abad ke16 terbentuklah doa rosario yang terbagi menjadi 5 dekade dalam tiga misteri yaitu peristiwa gembira, peristiwa sedih, dan peristiwa mulia. St. Dominic (1221) adalah Santo yang menyebarkan doa rosario seperti yang kita kenal sekarang, melalui berkhotbah bagi para Albigensia yang tidak percaya misteri Allah 11

yang menjelma manusia.

menjadi

Rosario mulai popular sekitar 1600-1700an, terutama setelah kemenangan pasukan Kristen di Lepanto (yang diperingati oleh Gereja setiap tanggal 7 Oktober 1571, sebagai St. Perawan Maria Ratu Rosario). Rosario digunakan sebagai doa damai dan akan selalu menjadi doa keluarga dan untuk keluarga, yang melalui doa ini keluarga bisa semakin dekat satu sama lain. Berikut jenis - jenis doa rosario dan cara berdoanya:

VERGILI | EDISI I


Fun Fact!

(@letsinspire.co)

VERGILI | EDISI I

12


Fun Fact!

(katolisitas.org)

13

VERGILI | EDISI I


Fun Fact!

(7sorrowrosaries.com)

VERGILI | EDISI I

14


Fun Fact!

(anonim)

15

VERGILI | EDISI I


Fun Fact!

(anonim)

VERGILI | EDISI I

16


Sharing Iman

M

KEKUATAN DOA ROSARIO (Chelin)

Sebagai orang Katolik, kita pasti mengenal doa Rosario. Tapi nyatanya, tidak semua dari kita rajin dan setia mendoakannya. Tak jarang, kita mendoakan Rosario hanya ketika butuh sesuatu atau karena mengalami peristiwa tertentu, termaksud aku sendiri. Rasanya sangat sulit untuk taat berdoa Rosario secara rutin setiap hari. Diawali dengan peristiwa beberapa tahun yang lalu, aku pernah mengalami kehilangan kesadaran dalam waktu yang cukup lama. Sakramen pengurapan orang sakit pun sudah diberikan hingga dua kali ketika aku mengalami kritis dalam kondisi koma. Seluruh anggota keluarga berkumpul mendoakan doa Rosario dan doa mukjizat. Setelah mendoakan 17

Rosario, mama menyematkan Rosario dan cincin milik mendiang nenekku di tanganku yang masih kaku itu. Di sisi lain, aku merasakan badan yang begitu kaku, lidah kelu, dan rohku seperti sudah keluar dari raga. Ingin kembali, namun seperi ada penolakan dan dilarang kembali ke ragaku sendiri. Kemudian aku melihat ada kedua nenekku yang sudah meninggal datang menemuiku, “apa aku mau dijemput?” tanyaku. “Tidak, kami ingin mengajakmu jalan-jalan dan bertemu seseorang”, kata salah satu dari mereka. Lalu aku sampai di suatu taman yang sangat indah, yang belum pernah kulihat sebelumnya. Indah. Aku diajak berdoa dan

VERGILI | EDISI I


Sharing Iman

kamu kuberikan kekuatan untuk melanjutkan kehidupanmu selanjutnya, berdoalah bersamaku selalu ada Bunda Maria di sana. “Apa aku sudah dijemput untuk pulang?”, tanyaku. “Belum, kamu kuberikan kekuatan untuk melanjutkan kehidupanmu selanjutnya, berdoalah bersamaku selalu”, ucap Bunda Maria. Lalu aku dipeluk Bunda Maria. Kemudian kulihat dari kejauhan, Yesus. “Apa aku sudah waktunya pulang?”, tanyaku lagi. “Belum, tugasmu di dunia belum selesai, Aku akan memberikan kehidupan yang lebih baik dari yang sebelumnya dan Aku akan menyertaimu, kapanpun, dimanapun”, jawab Yesus. Lalu entah apa yang terjadi kemudian, yang kutahu, aku hanya bangun dari tidurku. Aku bangun dari tidur panjangku,

kembali pada ragaku, dan di tanganku masih tersemat cincin dan Rosario milik mendiang nenekku. Ternyata selama aku kehilangan kesadaran, keluargaku mendoakanku dan selalu mendaraskan Rosario. Kekuatan Rosario nyata dalam hidupku, aku bertemu langsung dengan Bunda Maria saat aku koma, karena keluargaku berdoa Rosario dan bunda Maria sendiri yang mengingatkanku agar aku selalu berdoa bersama-Nya, berdoa Rosario. Sampai sekarang, aku masih selalu belajar agar bisa konsisten untuk berdoa Rosario sebagai salah satu sumber kekuatan dalam hidupku.

VERGILI | EDISI I

18


Sharing Iman

BERPASRAH KE MARIA (Sani)

Tanpa ku minta itu sudah ku terima. Aku tersadar dengan pipi beralaskan aspal. Dingin dan kasar. "Apa yang terjadi?", pikirku. Terdengar seseorang merintih kesakitan berulang-ulang, "Astagfirullah...." Aku langsung berusaha bangun, ternyata aku baru mengalami kecelakaan. Dalam pikiranku, aku langsung memeriksa tubuhku apakah ada bagian yang sakit. Dengan kondisi helm terlepas dan terguling di jalan, kepala dan wajahku tidak terluka sedikitpun. Ternyata, aku hanya luka ringan pada kaki dan tangan. Peristiwa itu terjadi ketika aku sedang dalam perjalanan pulang menuju rumah. Sudah menjadi kebiasaan baru bagiku mendaraskan Rosario saat 19

perjalanan

pulang.

Aku merenungkan peristiwa itu kembali. Awalnya, aku kira Tuhan marah dan karena hal itu aku mendapat kecelakaan. Seiring berjalannya waktu, luka batin ku dibersihkan. Guru doa dan sahabatku memberikan peneguhan bahwa aku diberkati dan dilindungi Bapa dan Bunda Maria saat kecelakaan itu terjadi. Bagaimana mungkin wajah dan kepalaku tidak lecet sedikitpun saat aku berguling di aspal tanpa helm?!? Melalui kejadian itu, aku semakin beriman doa Rosario. Doa yang sederhana, namun panjang. Doa yang sangat indah membentuk rantai ke Maria.

VERGILI | EDISI I


Sharing Iman

VERGILI | EDISI I

20


Sharing Iman

PENGALAMAN DOA ROSARIO BERSAMA KELUARGA (Herlina)

Doa rosario bersama keluarga menjadi sebuah hadiah dari Tuhan. Keluargaku hampir tidak pernah berdoa Rosario bersama. Seingatku, hanya pernah aku dan ibu, yang berdoa Rosario bersama. Suatu saat, aku secara pribadi mempersembahkan ziarah pribadiku ke sembilan goa Maria di Jakarta, di awal bulan Oktober, bagi ujud perkembangan iman keluargaku. Puji Tuhan, doaku dÄławab. Di akhir bulan, ketika dimulai novena St. Elizabeth, kakakku dan suaminya tergerak mengikuti novena tersebut. Ini membuat mereka harus belajar berdoa rosario. Saat itu, kakakku memintaku untuk mengajarinya berdoa rosario. 21

Bagiku, ini suatu kesempatan yang membahagiakan dan penuh rasa syukur, melihat mereka mau berdoa rosario. Saat itu, kami berdoa dengan sederhana, sambil sesekali berhenti karena masih bingung dengan urutannya. Aku pun bahkan seakan merasakan Bunda Maria turut hadir di lingkaran kecil kami yang sedang belajar berosario. Bagiku ini menjadi berkesan. Aku percaya peristiwa itu terjadi hanya karena dorongan Roh Kudus dan doa dari Bunda Maria sendiri. Yang membuatku bahagia, ketika tahu mereka berdua benar –benar menyelesaikan novena dan rosario tersebut selama sembilan hari. Terima kasih Tuhan :)

VERGILI | EDISI I


Sharing Iman

KEBANGGAAN MEMPERKENALKAN DOA ROSARIO (Immas)

VERGILI | EDISI I

22


Sharing Iman

... doa rosario menjadi kekuatan bagiku merangkul iman sesama dalam doa-doaku ...

23

VERGILI | EDISI I


Komik

ROSA DAN RIO

KEAJAIBAN ROSARIO

VERGILI | EDISI I

24


Komik

(Adhi)

25

VERGILI | EDISI I


RISE UP TAKE COURAGE AND DO IT !


Komik

VERGILI | EDISI I

27


Komik

28

VERGILI | EDISI I


Komik

VERGILI | EDISI I

29


Komik

30

VERGILI | EDISI I


Komik

VERGILI | EDISI I

31


Komik

Dalam paket tersebut, Anda mendapatkan: 1. Undian Ziarah ke Tanah Suci 2. Majalah HIDUP untuk52 Edisi 3. Buku Ziarah Batin 2020 4. Kartu Flazz edisi Khusus + Poster Bapa Paus

untukPulau Jawa

untukluar Pulau Jawa Silahkan Transfer ke: BCA No. Rek. 5500-8590-85 a/n Yayasan Hidup Katolik Bukti transfer dan alamat pengiriman mohon diinfokan melalui Whatsapp Info lebih lanjut, hubungi: * Syarat dan ketentuan berlaku ** Sudah termasuk ongkos kirim

32

0813 8693 6788 -ELISABETH

VERGILI | EDISI I


Profile for Evangili

Buletin VERGILI Edisi I  

Buletin perdana Evangili @evangili.id (Instagram) bernama VERGILI dengan tema ANGGUR (senANG Gunakan Rosario). Buletin ini akan hadir setiap...

Buletin VERGILI Edisi I  

Buletin perdana Evangili @evangili.id (Instagram) bernama VERGILI dengan tema ANGGUR (senANG Gunakan Rosario). Buletin ini akan hadir setiap...

Profile for evangili
Advertisement