Page 1

Yeni – 1401076066 07PBM E-Business Strategy

CHAPTER 2 Overview of the E-business Strategy Framework

Kerangka strategi e-business (strategi e-business framework) berfungsi sebagai dasar yang komprehensif untuk merumuskan strategi e-business. Framework ini dapat membantu mengatasi hal-hal sebagai berikut : 

Memahami lingkungan makro eksternal dan struktur industri dari perusahaan ebusiness.

Memahami kompetensi dari e-business internal.

Memilih tipe internet yang spesifik untuk menguntungkan kempetitif.

Mempertahankan keuntungan kompetitif internet terhadap imitasi dan inovasi yang kacau.

Membuat pasar yang baru melalui inisiatif e-business.

Menghubungkan perspektif internal dan ekssternal dari strategi e-business dengan menggunakan nilai dari proses framework.

Membuat keputusan berdasarkan inisiatif dari organisasi internal e-business.

Berinteraksi dengan customer, supplier dan pengguna e-business.

Memahami isu-isu spesifik dan aplikasi dari mobile e-commerce.

Mengimplementasi strategi e-business.


2.1 Tantangan Utama pada Perumusan Strategi E-business 

Strategi berkaitan dengan pengarahan jangka panjang perusahaan.

Strategi berurusan dengan keseluruhan rencana untuk menyebarluaskan sumber yang dimiliki oleh perusahaan.

Strategi membutuhkan kesediaannya untuk membuat pertukaran, untuk memilih cara yang berbeda untuk menyebarkan sumber.

Strategi merupakan suatu pencapaian posisi vis-à-vis kompetitor.

Tujuan utama dari strategi adalah untuk mencapai keunggulan kompetitif yang berkelanjutan dengan pesaing dan untuk memastikan keuntungan yang terus berlanjut.

Tantangan tersebut menyatakan bahwa strategi berkaitan dengan seluruh keputusan yang menentukan arah fundamental dari perusahaan. Dalam hal ini, strategi membantu menentukan posisi perusahaan dalam pasar dan pilihan dari sumber yang dibutuhkan.


Keseluruhan tujuan dari mengembangkan strategi e-business adalah untuk menyukseskan internet sebagai yang mampu untuk mendapatkan keuntungan kompetitif. Ada beberapa cara untuk mendapatkan keuntungan kompetitif diantaranya : 

Memiliki brand yang kuat dan unik



Customer base yang besar dan setia



Produk dan servis yang inovatif



Fasilitas produksi yang murah.

Strategi e-business terdiri dari 3 langkah utama, sebagaimana dideskripsikan dalam gambar berikut :

Langkah pertama adalah analisis strategi, langkah kedua formulasi strategi dan langkah yang ketiga adalah implementasi strategi.


2.2 Pendekatan Sistematik untuk Formulasi Strategi E-business Tujuan dari analisis dan formulasi strategi e-business terletak dalam memperoleh pemahaman sebuah pilihan strategi yang berbeda serta implikasinya, dan kemudian mengevaluasi argument yang mendukung atau menentang pilihan ini. Bagian pertama dari framework ini memerlukan analisis strategi yang terdiri dari dua perspektif yang berbeda : 1. Analisis eksternal (the external analysis) Bertujuan untuk mendapatkan pemahaman dari perkembangan eksternal yang mungkin memiliki dampak terhadap strategi e-business dari perusahaan. Pada tingkatan tertentu, analisis eksternal merujuk pada perkembangan lingkungan makro luar yang meliputi topik seperti perubahan teknologi, perkembangan ekonomi menyeluruh atau perubahan sosialitas. 2. Analisis internal (the internal analysis) Bertujuan untuk memahami sumber utama dan kapabilitas yang dimiliki oleh perusahaan untuk mengimplementasikan strategi e-business yang spesifik. Dari kedua analisis tersebut dapat diintegrasikan ke dalam matriks SWOT (StrengthsWeaknesess-Opportunities-Threats).


Setelah mendapatkan pemahaman yang jelas mengenai karakteristik perusahaan dan perkembangan lingkungan dan industri, dapat disimpulkan bahwa ada 2 pilihan arah strategi : 1. Biaya posisi kepemimpinan dimana perusahaan bersaing terutama pada harga yang rendah 2. Posisi yang berbeda dimana perusahaan bersaing berdasarkan produk dan servis mereka.

Rangkuman chapter 2  
Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you