Page 1

RANCANGAN KEBIJAKAN MENGENAI PELANGGARAN SAMBUNGAN DAN PEMAKAIAN AIR MINUM PDAM KOTA MANADO

OCTOBER, 2006 This publication was produced by Development Alternatives, Inc. for Environmental Services Program.


Kredit Foto: ESP Jakarta Kran umum.


RANCANGAN KEBIJAKAN MENGENAI PELANGGARAN SAMBUNGAN DAN PEMAKAIAN AIR MINUM PDAM KOTA MANADO

Title:

Program, activity, or project number: Strategic objective number: Sponsoring USAID office and contract number:

Rancangan Kebijakan Mengenai Pelanggaran Sambungan dan Pemakaian Air Minum PDAM Kota Manado Environmental Services Program, DAI Project Number: 5300201. SO No. 2, Higher Quality Basic Human Services Utilized (BHS). USAID/Indonesia, Contract number: 497-M-00-05-00005-00.

Contractor name:

DAI.

Date of publication:

October 2006


DAFTAR ISI PREFACE....................................................................................................................................... II KATA PENGANTAR ................................................................................................................III 1. RANCANGAN KEBIJAKAN MENGENAI PELANGGARAN SAMBUNGAN DAN PEMAKAIAN AIR MINUM PDAM KOTA MANADO ........................................................... 1 2.

LAMPIRAN ......................................................................................................................... 9 TABEL 1 : PEDOMAN DENDA ILLEGAL CONNECTION / ILLEGAL CONSUMPTION ............................................. 10 TABEL 2 : PEDOMAN VOLUME DENDA PEMAKAIAN AIR ................................................................................... 11 MEKANISME INVESTIGASI PELANGGARAN SAMBUNGAN DAN PEMAKAIAN AIR MINUM PDAM KOTA MANADO .......................................................................................................................................... 12 TINDAK LANJUT TERHADAP SAMBUNGAN LIAR................................................................................................... 13 TINDAK LANJUT TERHADAP PELANGGARAN PEMAKAIAN AIR MINUM PDAM KOTA MANADO ........................ 14 BERITA ACARA PEMERIKSAAAN ............................................................................................................................. 15 SURAT PANGGILAN KEDUA ................................................................................................................................... 17 SURAT PANGGILAN KETIGA .................................................................................................................................. 18 SURAT PERNYATAAN ............................................................................................................................................. 19 LEMBAR PERHITUNGAN DENDA ............................................................................................................................ 20


PREFACE PDAM Manado is facing serious problems in delivering services to the customers, within the whole system : production, distribution, management and customer service. The production cost is much higher than the income, Non-Revenue Water percentage is high and service to its customers is poor (quality, quantity and continuity). Currently, PDAM have 35,000 customers, but only 24,000 (65%) are active customers; the actual situation is even worse, because only 8,000 (25%) customers pay their bills regularly. These customers are billed based on in-accurate estimation, which are , mostly, too low compared to the actual water consumed Based on the first stage of water supply census for 40,000 households which was implemented with support of, the USAID funded, Environmental Services Program (ESP) during 2006, it showed that only 30% of the customers receive water everyday, 24% of customers receive bad quality water, and over the last 6 months approximately 27% customers never received water anymore. Census result also showed that many customers have no water meter or broken meter, which indicates many suspected illegal connections (direct tapping in distribution network) and/or illegal consumption (on selling by un-metered customer to neighbours). Presently PDAM Kota Manado has no appropriate regulation related with illegal connection and illegal consumption, such as sanction for violator, guidelines for penalty calculation, procedure and flow chart of investigation, standard form of investigation etcetera Regarding to reduce illegal connection and illegal consumption and to be able to proceed properly the violator, PDAM Kota Manado with supporting by USAID - ESP, prepared “Rancangan Kebijakan Mengenai Pelanggaran Sambungan dan Pemakaian Air Minum, PDAM Kota Manado�


KATA PENGANTAR Pada saat ini PDAM Kota Manado menghadapi masalah yang serius dalam memberikan pelayanan air minum pada pelanggan, baik dari produksi, distribusi, manajemen dan pelayanan kepada pelanggan. Biaya produksi air jauh lebih tinggi dari pendapatan PDAM, angka kehilangan air sangat tinggi dan pelayanan kepada pelanggan sangat buruk (kualitas, kuantitas dan kontinuitas). Jumlah pelanggan PDAM saat ini ada 35,000 sambungan tapi yang merupakan pelanggan aktif hanya 24,000 sambungan. Dan keadaan yang sebenarnya lebih buruk lagi, karena hanya sekitar 8.000 pelanggan yang membayar rekening air secara teratur. Rekening air dibuat hanya berdasarkan perkiraan yang tidak akurat, yang umumnya terlalu kecil dibandingkan dengan pemakaian air yang sebenarnya Berdasarkan hasil sensus air minum tahap pertama terhadap 40.000 responden di kota Manado yang dilakukan pada tahun 2006 dengan dukungan dari USAID – ESP, didapatkan data tekanan air pada sebagian besar daerah pelayanan PDAM tidak memadai, dan hanya 30% dari pelanggan yang mendapatkan air minum setiap hari dimana 24% diantaranya menerima air dengan kualitas air yang buruk. Sedangkan 27% dari pelanggan sudah tidak mendapatkan air, setidaknya sejak 6 bulan yang lalu. Hasil sensus air minum juga menunjukkan banyak pelanggan yang tidak terpasang meter air dan atau meter air nya dalam kondisi rusak, dan ini mengindikasikan banyaknya sambungan illegal dan pemakaian air illegal. Pada saat ini PDAM Manado belum mempunyai peraturan yang memadai yang berkaitan dengan sambungan dan pemakaian air illegal, seperti sanksi kepada pelaku sambungan dan atau pemakaian illegal, pedoman perhitungan denda, prosedur dan bagan alir cara melakukan pemeriksaan, standar formulir pemeriksaan dan lain-lain. Dalam rangka mengurangi sambungan dan pemakaian air illegal dan untuk dapat memproses pelakunya, PDAM Kota Manado dengan bantuan USAID – ESP, menyusun “Rancangan Kebijakan Mengenai Pelanggaran Sambungan dan Pemakaian Air Minum, PDAM Kota Manado�


1. RANCANGAN KEBIJAKAN MENGENAI PELANGGARAN SAMBUNGAN DAN PEMAKAIAN AIR MINUM PDAM KOTA MANADO


RANCANGAN KEBIJAKAN MENGENAI PELANGGARAN SAMBUNGAN DAN PEMAKAIAN AIR MINUM PDAM KOTA MANADO

DRAFT

KEBIJAKAN MENGENAI PELANGGARAN SAMBUNGAN DAN PEMAKAIAN AIR MINUM PDAM KOTA MANADO TUJUAN : 1.1.

Bahwa dalam rangka pelaksanaan Keputusan Walikota Manado Nomor 120a Tahun 2002 tentang Penyesuaian Tarif Air Minum pada Perusahaan Air Minum Kota Manado, Keputusan Direksi PDAM Manado Nomor: 03/KPTS/II/PDAM/2006, dipandang perlu untuk dibuat kebijakan lebih lanjut dalam penanganan tindak pelanggaran sambungan (sambungan tidak resmi) dan pelanggaran pemakaian air minum PDAM (illegal consumption), termasuk pemberian sanksi kepada pelaku pelanggaran di area pelayanan PDAM Manado.

1.2.

Bahwa kebijakan tersebut dimaksudkan sebagai upaya untuk memberikan kesempatan bagi pengguna/pemakai air minum agar tetap mendapatkan pelayanan air minum yang sangat diperlukan bagi kelangsungan pemenuhan kebutuhan sehari-hari, baik untuk keperluan perorangan maupun usaha, tanpa harus melakukan pemutusan sambungan dan atau penuntutan pidana sepanjang dalam batas-batas yang memungkinkan.

1.3.

Bahwa karenanya dipandang perlu adanya kebijakan dari PDAM Manado untuk pengaturan besarnya denda dan biaya pengganti sebagai akibat terjadinya tindakan pengguna/pemakai air minum yang tidak memenuhi kewajiban dan melanggar ketentuan yang telah ditetapkan oleh Direksi PDAM Manado.

1.4.

Bahwa kebijakan tentang pelanggaran sambungan dan pemakaian ini disusun untuk menekan dan mengurangi tingkat kebocoran baik teknis maupun administasi dan dalam rangka tertib administrasi kepelangganan, penegakan hukum dan menindak para pelaku pelanggaran / kejahatan dalam pelayanan air minum baik untuk keperluan perorangan maupun keperluan badan sesuai dengan prosedur yang berlaku serta untuk meningkatkan pelayanan air minum kepada masyarakat.

1.5.

Bahwa penanganan pelanggaran sambungan dan pemakaian dilakukan oleh orang yang mempunyai kompetensi dan mendapat perlindungan keselamatan dari PDAM Manado dalam melaksanakan pekerjaannya sepanjang sesuai dengan aturan yang berlaku.

DEFINISI : 2.1.

Pelaku Pelanggaran Sambungan. Orang atau badan yang mengkonsumsi air PDAM Manado dengan menggunakan pipa yang dihubungkan dengan pipa milik PDAM Manado, tetapi tidak terdaftar sebagai pelanggan resmi PDAM Manado.

2.2.

Pelaku Pelanggaran Pemakaian Air Pelanggan resmi PDAM Manado yang menggunakan air PDAM Manado secara tidak sah menurut Keputusan Direksi PDAM Manado Nomor: ‌‌./KPTS/V/PDAM/2006, seperti diuraikan dibawah ini (pasal 2.2.1-2.2.11): 2.2.1.

Menimbun, merusak, melepas, menghilangkan, membalik arah meter air serta merusak segel pabrik dan segel dinas meliputi cara-cara sebagai berikut :

ENVIRONMENTAL SERVICES PROGRAM WWW.ESP.OR.ID

2


RANCANGAN KEBIJAKAN MENGENAI PELANGGARAN SAMBUNGAN DAN PEMAKAIAN AIR MINUM PDAM KOTA MANADO

a. Mengurug atau membiarkan meter air tertutup oleh timbunan puing/kotoran/ tanah dan atau lainnya sehingga stand pada meter air tidak dapat dibaca. b. Memecahkan atau membiarkan kaca meter air pecah. c. Membongkar dan atau mengubah konstruksi meter air. d. Memasukkan kawat atau benda lainnya kedalam meter air yang menyebabkan meter air tidak berfungsi sebagaimana mestinya. e. Mengikir atau menjadikan baling-baling tidak berfungsi sebagaimana mestinya. f.

Melepaskan atau membiarkan meter air terlepas dari pipa dinas.

g. Menghilangkan atau membiarkan meter air hilang. h. Meletakkan magnet pada meter air. i.

Merusak dan membalik arah putaran meter air.

j.

Merusak, membuka dan atau membiarkan segel dinas putus.

k. Merusak, membuka dan atau membiarkan segel pabrik putus. 2.2.2.

Menyadap air minum sebelum meter air, menyedot langsung air minum dari pipa dinas atau pipa persil, serta mengubah letak dan ukuran pipa dinas yang dipasang, meliputi cara-cara sebagai berikut : a. Menyambung, mengalirkan dan mengambil air sebelum meter air. b. Menyedot air langsung dari pipa dinas tanpa melalui meter air. c. Menyedot air langsung dari pipa persil tanpa melalui meter air. d. Menyedot air langsung dari pipa dinas atau pipa persil setelah meter air. e. Mengubah atau memindahkan letak pipa dinas terpasang tanpa persetujuan tertulis dari PDAM Manado. f.

2.2.3.

Mengubah atau mengganti ukuran pipa dinas terpasang tanpa persetujuan tertulis dari PDAM Manado.

Mendistribusikan air minum keluar persil pelanggan, menjual air kepada pihak lain dengan cara dan dalih apapun kecuali pelanggan hidran, meliputi cara-cara sebagai berikut : a. Mendistribusikan atau menyalurkan air minum keluar persil pelanggan dengan menggunakan atau tidak menggunakan alat penyalur. b. Mendistribusikan dan atau menjual air minum kepada pihak lain secara tidak sah, sedangkan pelanggan tersebut bukan pelanggan hidran.

2.2.4.

Memindahkan ijin hidran kepada pihak lain tanpa persetujuan tertulis dari PDAM Manado, mengubah ukuran dan atau menambah bak penampung air minum pada hidran, mendistribusikan air minum dengan segala jenis pipa kepada pihak lain, menjual air minum dari hidran umum dengan menggunakan mobil tangki dan memindahkan lokasi hidran, meliputi cara-cara sebagai berikut : a. Mengubah ukuran bak penampung air sehingga tidak sesuai dengan standard PDAM Manado. b. Menambah atau memperbanyak bak air untuk satu hidran.

ENVIRONMENTAL SERVICES PROGRAM WWW.ESP.OR.ID

3


RANCANGAN KEBIJAKAN MENGENAI PELANGGARAN SAMBUNGAN DAN PEMAKAIAN AIR MINUM PDAM KOTA MANADO

c. Mendistribusikan air minum dari hidran dengan segala jenis pipa kepada pihak lain. d. Menjual air minum ke mobil tangki. e. Memindahkan lokasi hidran dari tempat yang telah disetujui PDAM Manado. f.

Mengalihkan izin hidran kepada pihak lain tanpa izin tertulis dari PDAM Manado.

2.3.

Pelanggan adalah perorangan atau badan yang tercatat sebagai pelanggan air minum sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

2.4.

Pengelola hidran adalah perorangan atau badan atau organisasi masyarakat yang bertanggung jawab atas kelancaran pelayanan air minum melalui hidran yang diberi ijin oleh PDAM Manado untuk mengelola hidran.

2.5.

Hidran adalah sarana untuk memberikan pelayanan air minum kebutuhan rumah tangga di lokasi yang dianggap perlu.

2.6.

Persil adalah sebidang tanah yang dimiliki/dikuasai oleh seseorang atau badan yang mempunyai ukuran tertentu sesuai ketentuan yang berlaku.

2.7.

Pipa persil adalah pipa beserta peralatan dan perlengkapan penyediaan air minum yang terletak didalam persil sesudah meter air.

2.8.

Pipa dinas adalah pipa yang menghubungkan jaringan pipa sampai dengan meter air.

2.9.

Meter air adalah alat untuk mengukur banyaknya pemakaian air yang sudah ditera oleh pejabat yang berwenang.

2.10.

Segel pabrik adalah segel yang dipasang pada meter air oleh pabrik untuk mencegah kerusakan meter air pada alat-alat mekanis meter.

2.11.

Segel Dinas adalah segel yang dipasang oleh PDAM Manado untuk mencegah kerusakan meter air atau sambungan teknis meter air ke pipa air minum.

KEBIJAKAN : SANKSI UNTUK SAMBUNGAN TIDAK RESMI (SAMBUNGAN TIDAK RESMI) 3.1.

Orang atau Badan yang memiliki sambungan air minum tidak resmi (sambungan tidak resmi), yang ingin dan setuju untuk menjadi pelanggan resmi PDAM Manado : 3.1.1.

Orang atau Badan tersebut dikenakan denda dengan besaran Denda Pemakaian per Bulan sebagaimana terlihat pada Tabel 1b Lampiran Surat Keputusan Direksi PDAM Kota Manado Nomor: …./KPTS/V/PDAM/2006. a. Untuk pelaku yang setara dengan Pelanggan Sosial/ Domestik: a.1.

Pipa sambungan dengan meter air ukuran ½” (setengah inch) besar denda adalah 2 kali Denda Pemakaian per Bulan.

a.2.

Pipa sambungan dengan meter air ukuran yang sama atau lebih besar dari ¾” (tiga per empat inch), besar denda adalah 6 (enam) kali Denda Pemakaian per Bulan.

b. Untuk pelaku yang setara dengan kategori pelanggan lainnya (Non Sosial/Domestic) besar denda adalah 12 (dua belas) kali Denda Pemakaian Air per Bulan. ENVIRONMENTAL SERVICES PROGRAM WWW.ESP.OR.ID

4


RANCANGAN KEBIJAKAN MENGENAI PELANGGARAN SAMBUNGAN DAN PEMAKAIAN AIR MINUM PDAM KOTA MANADO

3.2.

3.1.2.

Kubikasi denda pemakaian air per hari dihitung berdasarkan diameter pipa sambungan sesuai dengan Keputusan Direksi PDAM Manado Nomor: ……./KPTS/V/PDAM/2006 (Lampiran I Tabel 1b) dan/atau peraturan perundangan yang berlaku.

3.1.3.

Pemilik sambungan tidak resmi akan diproses sebagai calon pelanggan baru dan harus membayar biaya-biaya sebagai pelanggan sambungan baru sesuai dengan peraturan yang berlaku di PDAM Manado.

3.1.4.

Pemilik sambungan tidak resmi yang sudah membayar denda pemakaian air sesuai dengan butir 3.1.1. dan butir 3.1.2. dan sudah menjadi pelanggan resmi PDAM Manado, tidak akan di laporkan dan di proses lebih lanjut ke polisi atau instansi yang berwenang lainnya.

Pemilik Sambungan tidak resmi bersedia membayar denda, tetapi tidak ingin menjadi pelanggan PDAM Manado. 3.2.1.

Pemilik sambungan tidak resmi dikenakan denda pemakaian air sebagai berikut: a. Untuk pelaku yang setara dengan Pelanggan Sosial/ Domestik: a.1.

Pipa sambungan dengan meter air ukuran ½” (setengah inch) besar denda adalah 2 kali Denda Pemakaian per Bulan.

a.2.

Pipa sambungan dengan meter air ukuran yang sama atau lebih besar dari ¾” (tiga per empat inch), besar denda adalah 6 (enam) kali Denda Pemakaian per Bulan.

b. Untuk pelaku yang setara dengan kategori pelanggan lainnya (Non Sosial/Domestic) besar denda adalah 12 (dua belas) kali Denda Pemakaian Air per Bulan.

3.3.

3.4.

3.2.2.

Kubikasi denda pemakaian air per hari dihitung berdasarkan diameter pipa sambungan sesuai dengan Keputusan Direksi PDAM Manado Nomor: ……./KPTS/V/PDAM/2006 (Lampiran I Tabel 1b) dan/atau peraturan perundangan yang berlaku.

3.2.3.

Sambungan tidak resmi diputus secara permanen.

3.2.4.

Pemilik sambungan tidak resmi yang sudah membayar denda pemakaian air sesuai dengan butir 3.2.1. dan butir 3.2.2. dan sambungan airnya sudah diputus permanen tidak akan di laporkan dan di proses lebih lanjut ke polisi atau instansi yang berwenang lainnya.

Pemilik Sambungan Tidak Resmi tidak ingin membayar denda dan tidak ingin menjadi pelanggan PDAM Manado. 3.3.1.

Sambungan tidak resmi diputus secara permanen.

3.3.2.

PDAM Manado akan menempuh upaya hukum dengan melaporkan dan memproses lebih lanjut Pemilik Sambungan Tidak Resmi ke polisi atau instansi yang berwenang lainnya.

Orang Yang terlibat 3.4.1.

Karyawan PDAM Manado yang terbukti terlibat sambungan tidak resmi akan diproses sesuai dengan aturan yang berlaku di PDAM Manado dan/atau diproses menurut hukum.

ENVIRONMENTAL SERVICES PROGRAM WWW.ESP.OR.ID

5


RANCANGAN KEBIJAKAN MENGENAI PELANGGARAN SAMBUNGAN DAN PEMAKAIAN AIR MINUM PDAM KOTA MANADO

3.4.2.

Orang bukan karyawan PDAM Manado yang terbukti terlibat sambungan tidak resmi akan dilaporkan dan diproses lebih lanjut ke polisi atau instansi yang berwenang lainnya.

SANKSI UNTUK PELANGGARAN PEMAKAIAN AIR 4.1.

Pelaku Pelanggaran Pemakaian Air Membayar Denda 2.1.

Pelaku Pelanggaran Pemakaian Air dikenakan denda dengan besaran Denda Pemakaian per Bulan sebagaimana terlihat pada Tabel 1b. a.

Pelaku Pelanggaran Pemakaian Air yang tercatat sebagai Pelanggan Sosial/ Domestik: a.1.

Yang menggunakan meter air ukuran ½” (setengah inch) dikenakan denda pemakaian air yang sesuai dengan jenis pelanggaran yang dilakukan seperti terlihat pada Tabel 2.

a.2.

Yang menggunakan meter air dengan ukuran yang sama atau lebih besar dari ¾” (tiga per empat inch) dikenakan denda pemakaian air 6 (enam) kali Denda Pemakaian per Bulan.

b. Untuk pelanggan kategori lainnya (Non Sosial/Domestik) dikenakan denda 12 (dua belas) kali Denda Pemakaian per Bulan

4.2.

4.3.

2.2.

Kubikasi denda pemakaian air per hari dihitung berdasarkan diameter pipa sambungan sesuai dengan Keputusan Direksi PDAM Manado Nomor: ……./KPTS/V/PDAM/2006 (Lampiran I Tabel 1b) dan/atau peraturan perundangan yang berlaku.

2.3.

Pelaku Pelanggaran Pemakaian Air juga harus membayar biaya denda lainnya (seperti: biaya penggantian meter, pemotongan pipa by pass dan biaya lainnya) sesuai pelanggaran yang dilakukan seperti terlihat pada tabel 1.

2.4.

Pelaku Pelanggaran Pemakaian Air yang sudah membayar denda pemakaian air sesuai dengan butir 4.1.1., 4.1.2 dan butir 4.1.3. tidak akan di laporkan dan di proses lebih lanjut ke polisi atau instansi yang berwenang lainnya

2.5.

Selama dalam proses penyelesaian pelanggaran pemakaian air, pelanggan tetap akan ditagih berdasarkan taksiran pemakaian air minum sesuai dengan peraturan yang berlaku di PDAM Manado (Tabel 1a Lampiran I Surat Keputusan Direksi PDAM Manado Nomor: ……./KPTS/V/PDAM/2006). Lamanya proses penyelesaian pelanggaran pemakaian air paling lama adalah 1 (satu) bulan.

Pelaku Pelanggaran Pemakaian Air Tidak Bersedia Membayar Denda 2.1.

Sambungan diputus secara permanen.

2.2.

PDAM Manado akan melaporkan dan memproses lebih lanjut Pelaku Pelanggaran Pemakaian Air ke polisi atau instansi yang berwenang lainnya

Orang Yang Terlibat 2.1.

Karyawan PDAM Manado yang terbukti terlibat pelanggaran pemakaian air akan diproses sesuai dengan aturan yang berlaku di PDAM Manado

2.2.

Orang bukan karyawan PDAM Manado yang terbukti terlibat pelanggaran pemakaian air akan dilaporkan dan diproses lebih lanjut ke polisi atau instansi yang berwenang lainnya.

ENVIRONMENTAL SERVICES PROGRAM WWW.ESP.OR.ID

6


RANCANGAN KEBIJAKAN MENGENAI PELANGGARAN SAMBUNGAN DAN PEMAKAIAN AIR MINUM PDAM KOTA MANADO

Surat Panggilan 5.1.

Surat Panggilan Pertama terdapat didalam Berita Acara Pemeriksaan.

5.2.

Surat Panggilan Kedua dan Surat Panggilan Ketiga kepada yang diduga menjadi pemilik sambungan tidak resmi / pelaku pelanggaran pemakaian air akan dikirimkan secara otomatis 3x24 jam setelah Surat Panggilan sebelumnya.

Pedoman Denda 6.1.

Denda bagi pemilik sambungan tidak resmi / pelaku pelanggaran pemakaian air dilakukan berdasarkan Pedoman Denda seperti yang terlihat pada Lampiran I Surat Keputusan Direksi PDAM Manado Nomor: ……./KPTS/V/PDAM/2006.

6.2.

Pedoman denda disusun dengan mempertimbangkan: o Klasifikasi pelanggan sosial/domestik dan pelanggan lainnya. o Diameter meter air. o Membuat pemilik sambungan tidak resmi / pelaku pelanggaran pemakaian air jera untuk mengulangi perbuatannya, tetapi denda masih mampu untuk dibayar oleh pelaku. o Mempertimbangkan biaya-biaya lain yang harus dibayar oleh pemilik sambungan tidak resmi / pelaku pelanggaran pemakaian air. o Cukup menarik untuk pemilik sambungan tidak resmi / pelaku pelanggaran pemakaian air untuk menyelesaikan masalah yang dihadapinya.

6.3.

Pedoman denda ini belaku efektif setelah mendapat persetujuan dari PDAM Manado.

6.4.

Selama pedoman denda ini (Lampiran 1 Surat Keputusan Direksi PDAM Manado Nomor: ……./KPTS/V/PDAM/2006) belum mendapat persetujuan dari PDAM Manado, maka denda pemakaian air bagi pemilik sambungan tidak resmi / pelaku pelanggaran pemakaian air serta denda lainnya adalah sesuai dengan Surat Keputusan Walikota Manado no 120a tahun 2002 atau peraturan perundangan yang berlaku lainnya.

Pembayaran Denda 7.1.

Seluruh denda dan biaya-biaya lain yang berhubungan dengan sambungan tidak resmi / pelanggaran pemakaian air harus dibayar melalui melalui loket-loket pembayaran PDAM dan dimasukkan/dicatat dalam ‘Agresso’ atau Billing System yang berlaku di PDAM Manado.

Lisensi Penyidik 8.1.

Sesuai dengan kebutuhan, tenaga yang melaksanakan survey lapangan dan atau investigasi dan atau memproses Sambungan Tidak resmi / Pelanggaran Pemakaian Air akan dilengkapi dengan Lisensi penyidik dari intitusi yang berwenang.

8.2.

Untuk itu secara bertahap PDAM Manado akan memberikan pelatihan ke staff PDAM Manado yang sesuai dengan kebutuhan kerjanya, untuk mendapatkan Lisensi penyidik dari Institusi yang berwenang.

ENVIRONMENTAL SERVICES PROGRAM WWW.ESP.OR.ID

7


RANCANGAN KEBIJAKAN MENGENAI PELANGGARAN SAMBUNGAN DAN PEMAKAIAN AIR MINUM PDAM KOTA MANADO

Perlindungan Keamanan 9.1.

PDAM Manado bertanggung jawab dan akan memberikan perlindungan keamanan, baik secara personal maupun kepada keluarga dari tenaga yang berkaitan dengan pekerjaannya sebagai surveyor lapangan dan atau yang melakukan investigasi dan atau memproses Sambungan Tidak resmi / Pelanggaran Pemakaian Air, baik pada jam kerja maupun diluar jam kerja.

9.2.

PDAM Manado akan membuat kesepakatan dengan polisi dan atau pihak militer dan atau pihak yang berwenang, untuk mendampingi team illegal di lapangan, bila dibutuhkan.

LINGKUP: 10.1.

Kebijakan ini mencakup sanksi untuk Sambungan Tidak resmi dan Pelanggaran Pemakaian Air, pedoman denda, lisensi penyidik, dan perlindungan kemanan untuk pelaksana survey lapangan dan investigator Sambungan Tidak resmi / Pelanggaran Pemakaian Air.

REFERENSI : Keputusan Walikota Manado dan Keputusan Direksi PDAM Manado yang digunakan sebagai referensi dalam penyusunan kebijakan ini adalah : 11.1.

Keputusan Walikota Manado Nomor 120a Tahun 2002 tentang Penyesuaian Tarif Air Minum pada Perusahaan Air Minum Kota Manado, beserta Lampirannya.

11.2.

Keputusan Direksi PDAM Manado Nomor: 03/KPTS/II/PDAM/2006

11.3.

Keputusan Direksi PDAM KotaManado Nomor: ……./KPTS/V/PDAM/2006 tentang Tata Tertib Pelanggan Air Minum beserta Lampirannya.

LAMPIRAN : 12.1.

Tabel 1a – Pedoman Taksiran Pemakaian Air Minum

12.2.

Tabel 1b – Pedoman Volume Denda Pemakaian Air

12.3.

Tabel 2 – Pedoman Denda bagi Pelaku Tindakan Pelanggaran

12.4.

Bagan Alir dari investigasi Illegal Connection / Illegal Consumption

12.5.

Bagan Alir dari investigasi Illegal Connection (lanjutan)

12.6.

Bagan Alir dari investigasi Illegal Consumption (lanjutan)

12.7.

Formulir Standard Berita Acara Survey Lapangan (dengan Panggilan ke 1)

12.8.

Formulir Standard Surat Panggilan ke 2

12.9.

Formulir Standard Surat Panggilan ke 3

12.10. Formulir Standard Surat Pernyataan Dari Pelaku Pelanggaran 12.11. Formulir Standard Perhitungan Denda

ENVIRONMENTAL SERVICES PROGRAM WWW.ESP.OR.ID

8


RANCANGAN KEBIJAKAN MENGENAI PELANGGARAN SAMBUNGAN DAN PEMAKAIAN AIR MINUM PDAM KOTA MANADO

2. LAMPIRAN •

Tabel 1 : Pedoman denda illegal connection / illegal consumption

Tabel 2 : Pedoman Volume Denda Pemakaian Air

Mekanisme investigasi pelanggaran sambungan dan pemakaian air minum PDAM kota Manado

Tindak lanjut terhadap sambungan liar

Tindak lanjut terhadap pelanggaran pemakaian air minum PDAM kota Manado

Berita Acara pemeriksaaan

Surat panggilan kedua

Surat panggilan ketiga

Surat pernyataan

Lembar perhitungan denda

ENVIRONMENTAL SERVICES PROGRAM WWW.ESP.OR.ID

9


TABEL 1 : PEDOMAN DENDA ILLEGAL CONNECTION / ILLEGAL CONSUMPTION


PROSES SELEKSI PENERIMAAN KARYAWAN PDAM TIRTA MEULABOH

TABEL 2 : PEDOMAN VOLUME DENDA PEMAKAIAN AIR

ENVIRONMENTAL SERVICES PROGRAM WWW.ESP.OR.ID

11


PROSES SELEKSI PENERIMAAN KARYAWAN PDAM TIRTA MEULABOH

MEKANISME INVESTIGASI PELANGGARAN SAMBUNGAN DAN PEMAKAIAN AIR MINUM PDAM KOTA MANADO DRAFT

MEKANISME INVESTIGASI PELANGGARAN SAMBUNGAN DAN PEMAKAIAN AIR MINUM PDAM KOTA MANADO

MULAI

Sruvai Lapangan

Indikasi Sambungan Liar/ Pelanggaran

Laporan Hasil Penyelidikan Lapangan dan input ke Data Base PDAM

Tidak

Ya Berita Acara Pemeriksaan (BAP) Dan Pemutusan Sementara (termasuk Panggilan 1)

Pelaku Pelanggaran Menghadap dalam 3x24 jam

Tidak

Surat Panggilan 2 (otomatis)

Pelaku Pelanggaran Menghadap dalam 3x24 jam

Ya

Tidak

Surat Panggilan 3 (otomatis)

Pelaku Pelanggaran Menghadap dalam 3x24 jam

Ya

Conduct In vestigation Against the Violator At PDAM O ffice

Pelanggaran Pemakaian Air

Penetapan Pemutusan Permanen (Pencabutan)

Ya

Laporan kepada Unit terkait untuk proses penyelesaian terhadap Pelaku Pelanggaran Sambungan Liar

Tidak

Tidak ada Kasus Karyawan PDAM oleh Divisi SDM

Pihak luar oleh Dept. Hukum

Pelaksanaan Pemutusan Permanen Berita Acara Pemutusan Sambungan

Pemberitahuan Kepada Unit2 Terkait Input ke Agresso / Data Base

Filename: 014 Mekanis me Investigas i P e langgar an- r ev01

ENVIRONMENTAL SERVICES PROGRAM WWW.ESP.OR.ID

SELESAI

12


PROSES SELEKSI PENERIMAAN KARYAWAN PDAM TIRTA MEULABOH

TINDAK LANJUT TERHADAP SAMBUNGAN LIAR DRAFT

TINDAK LANJUT TERHADAP SAMBUNGAN LIAR Sambungan Liar

MULAI

Bersedia menjadi Pelanggan Resmi?

Tidak

Bersedia membayar denda?

Ya

Ya

Bersedia membayar denda?

Surat Pernyataan Pelaku Pelanggaran

Ya

Surat Pernyataan Pelaku Pelanggaran

Membayar dan diproses Menjadi pelanggan baru

Tidak

Surat Pernyataan Pelaku Pelanggaran

Penetapan Pemutusan Permanen

Tidak

Perintah Pemutusan Permanen Kepada Devisi Teknik

Pelaksanaan Pemutusan Permanen

Pemberitahuan kepada Unit terkait untuk melakukan Pemutusan Sambungan Liar Dan pemasangan instalasi Sambungan baru Laporan kepada Unit terkait untuk proses penyelesaian terhadap Pelaku Pelanggaran

Karyawan PDAM oleh Divisi SDM

Berita Acara Pelaksanaan Pemutusan Permanen

Pihak luar oleh Dept. Hukum

Pemberitahuan Kepada unit terkait

Input ke Agresso / Data Base

SELESAI

ENVIRONMENTAL SERVICES PROGRAM WWW.ESP.OR.ID

13


PROSES SELEKSI PENERIMAAN KARYAWAN PDAM TIRTA MEULABOH

TINDAK LANJUT TERHADAP PELANGGARAN PEMAKAIAN AIR MINUM PDAM KOTA MANADO TINDAK LANJUT TERHADAP PELANGGARAN

DRAFT

PEMAKAIAN AIR MINUM PDAM KOTA MANADO MULAI

Pelanggaran Pemakaian Air

Membayar dan diproses selanjutnya

Ya

Surat Pernyataan Pelaku Pelanggaran

Bersedia membayar denda?

Tidak

Surat Pernyataan Pelanggan Untuk pemutusan permanen

Perintah Pemutusan Permanen Kepada Devisi Teknik

Pelaksanaan Pemutusan Permanen

Pemberitahuan kepada Unit terkait untuk penggantian Meter Air atau perbaikan sambungan

Berita Acara Pelaksanaan Pemutusan Permanen

Pemberitahuan Kepada unit terkait Laporan kepada Unit terkait untuk proses penyelesaian terhadap Pelaku Pelanggaran

Karyawan PDAM oleh Divisi SDM

Pihak luar oleh Dept. Hukum

Input ke Agresso / Data Base

SELESAI

ENVIRONMENTAL SERVICES PROGRAM WWW.ESP.OR.ID

14


PROSES SELEKSI PENERIMAAN KARYAWAN PDAM TIRTA MEULABOH

BERITA ACARA PEMERIKSAAAN

ENVIRONMENTAL SERVICES PROGRAM WWW.ESP.OR.ID

15


PROSES SELEKSI PENERIMAAN KARYAWAN PDAM TIRTA MEULABOH

ENVIRONMENTAL SERVICES PROGRAM WWW.ESP.OR.ID

16


PROSES SELEKSI PENERIMAAN KARYAWAN PDAM TIRTA MEULABOH

SURAT PANGGILAN KEDUA

SURAT PANGGILAN KEDUA No.: ………………………….….. Ditujukan kepada : Nama : Nomor Pelanggan : Alamat :

……………………………………………………………………. ……………………………………………………………………. ……………………………………………………………………. …………………………………………………………………….

Berdasarkan Berita Acara Pemeriksaan Nomor : …………………….. tanggal ……………… dengan ini diharapkan kedatangan Saudara, pada : Hari / Tanggal Jam Tempat

: : :

……………………………………………………………………. 08.30 s/d 15.00 WITA Kantor PDAM Kota Manado Jl. Yos Sudarso No. 65 Manado Ruang Investigasi Pelanggaran

Untuk segera menyelesaikan masalah sesuai hasil pemeriksaan lapangan. Apabila Saudara tidak memenuhi panggilan ini, maka dalam waktu 3 x 24 jam setelah tanggal tersebut diatas akan dilakukan proses hukum selanjutnya. Demikian atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih. Manado, ………………………..

……………………………………. Manager Devisi Pelanggaran

Catatan : Abaikan Surat Panggilan ini apabila Saudara telah memenuhi panggilan kami.

ENVIRONMENTAL SERVICES PROGRAM WWW.ESP.OR.ID

17


PROSES SELEKSI PENERIMAAN KARYAWAN PDAM TIRTA MEULABOH

SURAT PANGGILAN KETIGA

SURAT PANGGILAN KETIGA No.: ………………………….….. Ditujukan kepada : Nama : Nomor Pelanggan : A la m a t :

……………………………………………………………………. ……………………………………………………………………. ……………………………………………………………………. …………………………………………………………………….

Berdasarkan Berita Acara Pemeriksaan Nomor : …………………….. tanggal ……………… dan Surat Panggilan Kedua Nomor : ………………. tanggal …………………….dengan ini diharapkan kedatangan Saudara, pada : Hari / Tanggal Jam Tempat

: : :

……………………………………………………………………. 08.30 s/d 15.00 WITA Kantor PDAM Kota Manado Jl. Yos Sudarso No. 65 Manado Ruang Investigasi Pelanggaran

Untuk segera menyelesaikan masalah sesuai hasil pemeriksaan lapangan. Apabila Saudara tidak memenuhi panggilan ini dalam waktu 3 x 24 jam setelah tanggal tersebut diatas, maka dengan sangat menyesal kami akan memutus total aliran air minum secara sepihak sesuai peraturan yang berlaku dan akan meneruskan proses hukum selanjutnya. Demikian atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih. Manado, ………………………..

……………………………………. Manager Devisi Pelanggaran

ENVIRONMENTAL SERVICES PROGRAM WWW.ESP.OR.ID

18


PROSES SELEKSI PENERIMAAN KARYAWAN PDAM TIRTA MEULABOH

SURAT PERNYATAAN SURAT PERNYATAAN

Pada hari ini ......................................... tanggal ....................................... bulan ........................................... Tahun ................................................. saya yang bertandatangan dibawah ini : Nama Alamat

: :

Nomer Pelanggan

:

………………………………………………….. ………………………………………………….. ………………………………………………….. …………………………………………………..

Dengan ini menyatakan : 1. Bahwa saya bersedia menjadi pelanggan resmi PDAM Kota Manado. 2. Bahwa data yang tercantum dalam Berita Acara Pemeriksaan Nomer : ………………… Tanggal …………………………… adalah benar adanya. 3. Bahwa saya sanggup membayar denda sebesar Rp. ……………………………. (……………………………………………………….…………………….) sesuai lembar perhitungan denda terlampir kepada PDAM Kota Manado melalui rekening tagihan air minum. 4. Bahwa sebagai pelanggan resmi saya akan mentaati segala peraturan yang berlaku di perusahaan PDAM Kota Manado. Demikian Surat Pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya dan dalam keadaan sehat jasmani dan rohani tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

Manado, ……………………….. Disetujui, PDAM Kota Manado

Yang membuat pernyataan, (meterai Rp. 6.000,-)

(……………………………………..) Manager Devisi Pelanggaran

(……………………………………..)

ENVIRONMENTAL SERVICES PROGRAM WWW.ESP.OR.ID

19


PROSES SELEKSI PENERIMAAN KARYAWAN PDAM TIRTA MEULABOH

LEMBAR PERHITUNGAN DENDA

LEMBAR PERHITUNGAN DENDA Dasar :

1. 2. 3.

SK Walikota Nomor ….. Tahun …….. Keputusan Direktur PDAM Kota Manado Nomor ………. Tanggal ………….. Berita Acara Pemeriksaan Nomor …………… Tanggal ………………….

Data Pelanggan / Calon Pelanggan : Nama Alamat

: :

Nomer Pelanggan

:

Jenis Pelanggaran

:

………………………………………………….. ………………………………………………….. ………………………………………………….. ………………………………………………….. ……………………………………………………………………… ……………………………………………………………………… ………………………………………………………………………

Maka perhitungan denda diputuskan sebagai berikut: 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8.

Biaya Registrasi Pelanggan Baru …………………… Biaya Pemasangan …………………………………. Uang Jaminan Pelanggan …………………………… Denda Pemakaian Air ……………………………… Biaya Ganti Meter …………………………………. Biaya Pasang Segel …………………………………. Sanksi Denda……..………………………..……….. ………………………………………..…………….. Jumlah

Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp.

………………………. ………………………. ………………………. ………………………. ………………………. ………………………. ………………………. ………………………. ……………………….

Terbilang : ………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………… Manado, …………………………… Mengetahui,

(……………………………………………) Manager Devisi Pelanggaran

(……………………………………………) Investigator

ENVIRONMENTAL SERVICES PROGRAM WWW.ESP.OR.ID

20


ENVIRONMENTAL SERVICES PROGRAM Ratu Plaza Building, 17th. Fl. Jl. Jend. Sudirman No. 9 Jakarta 10270 Indonesia Tel. +62-21-720-9594 Fax. +62-21-720-4546 www.esp.or.id

Rancangan Kebijakan Terhadap Pelanggaran Sambungan  

OCTOBER, 2006 This publication was produced by Development Alternatives, Inc. for Environmental Services Program. Kran umum. Kredit Foto: ES...

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you