Issuu on Google+

INDONESIA EDITION

CERMATAN DINAMIKA DUNIA Mobile : m.epochtimes.co.id | Website : www.epochtimes.co.id | edisi 223 | 3 - 9 November 2011

Analis Ungkap Fakta di Balik Cadangan Devisa RRT (2-Tamat)

LOOK INSIDE

(GETTY IMAGES)

Kanker Langka Pembunuh Steve Jobs

Luo Ya & Cheng Jing The Epoch Times

KESEHATAN | P4 Saat ini RRT memiliki cadangan devisa teramat besar hingga mencapai 3,2 triliiun dollar AS, atau setara dengan 1/3 dari total devisa dunia.

Arkeolog dari berbagai negara menemukan Bahtera Nabi Nuh di Gunung Ararat, tertutup salju abadi pada sebuah puncak di ketinggian lebih dari 5000 meter DPL. (Hakob Berberyan/AFP/ Getty Images) (PHOTOS.COM)

Persahabatan Kurangi Stres Pada Anak IPTEK | P5

Bahtera Nuh Ditemukan? HUANG KAIXI The Epoch Times

(Terri Hirsch)

Kekayaan Sejarah Kota Praha WISATA | P8

Ramalan peradaban Suku Maya, pada 21 Desember 2012 bumi akan memasuki suatu era yang sama sekali baru, sudah di ambang mata.

D

an suatu kebetulan, beberapa tahun terakhir ini, tidak sedikit tim arkeologi terkenal yang mendaki puncak Ararat di

Turki untuk mencari bahtera Nabi Nuh, dan saat ini beramai-ramai berlomba memamerkan pada dunia, bahwa para pakar peneliti yakin terhadap bukti-bukti ditemukannya Bahtera Nuh. Menurut catatan Alkitab – Kitab Suci umat Nasrani: Tuhan melihat umat manusia telah dipenuhi oleh perilaku sesat yang buruk dan melanggar hukum, sehingga Tuhan berencana untuk membinasakan manusia yang jahat dengan air bah. Tuhan mendapati bahwa di tengah manusia ada seseorang yang sempurna bernama Nuh, ia dan keluarganya seharusnya tetap hidup dan memasuki era baru berikutnya.

Maka Tuhan pun memberitahu Nuh, untuk membuat sebuah bahtera sepanjang 500 kaki, lebar 45 kaki, dan tinggi 75 kaki, agar pada saat air bah datang, Nabi Nuh dan keluarganya berikut satu pasang dari setiap jenis hewan, dapat masuk ke dalam bahtera dan terlindung dari air bah. Hujan yang dicurahkan untuk menghukum orang-orang yang jahat terus mengguyur 40 hari lamanya. Bahtera Nabi Nuh mengapung di tengah samudra luas yang tak terlihat daratan sama sekali. Hingga hujan akhirnya berhenti, bahtera tersebut akhirnya tertambat di Pegunungan Ararat di wilayah Turki sekarang ini.

Temuan Tim Arkeolog Price Seorang arkeolog Alkitab asal AS, Randall Price, dalam tiga tahun terakhir ia telah beberapa kali mengunjungi lokasi reruntuhan bahtera tersebut. Ia juga merupakan salah seorang dari beberapa arkeolog kebangsaan AS yang diizinkan masuk ke wilayah tersebut oleh Pemerintah Turki. Selama tiga tahun terakhir, tim arkeolog Price membawa alat pelacak radar bawah tanah, pendeteksi gempa, alat pengebor, serta foto satelit bahtera dan lain-lain, untuk melakukan eksplorasi arkeologi terhadap Bahtera Nuh di Gunung Ararat.

Bersambung ke hal 7

Pakar: Hapus Kebijakan 1 Anak di RRT The Epoch Times

P

opulasi penduduk dunia telah mencapai 7 milyar jiwa, dan PBB telah menetapkan “Hari 7 Milyar Penduduk Dunia” jatuh pada 31 Oktober 2011 yang lalu. Sehubungan dengan “Hari 7 Milyar Penduduk Dunia” ini, PKT yang telah menerap-

kan pembatasan kelahiran 1 anak sejak era 1970-an pun menjadi topik pembicaraan penting. Para pendukung kebijakan 1 anak berpendapat, kebijakan ini telah membuat penduduk RRT saat ini menyusut sebesar 400 juta jiwa, dan memperlambat “Hari 7 Milyar Penduduk Dunia” ini tiba 5 tahun lebih lambat. Namun kritikus berpendapat, memaksakan penerapan program 1 anak ini telah melanggar aturan tatanan pertumbuhan masyarakat yang normal, dan mengakibatkan hilangnya keseimbangan struktur kependudukan, belum lagi masalah sosial masyarakat dan politik yang serius selama penerapan kebijakan ini. Kebijakan Yang “Cukup Parah dan Langka Dalam Sejarah Manusia”

Kebijakan 1 anak yang diterapkan oleh PKT sangat bertentangan dengan aturan tatanan masyarakat yang normal, dan mengakibatkan ketidak seimbangan struktur populasi penduduk. (AFP/Getty Images)

Pakar populasi dari Universitas Teknologi Hongkong, Profesor Tu Zhaoqing saat diwawancara oleh BBC Mandarin mengungkapkan bahwa kebijakan program 1 anak bagi setiap pasang suami istri yang diterapkan oleh penguasa PKT merupakan kebijakan yang cukup parah dan sangat langka di dalam sejarah perkembangan manusia.

Bersambung ke hal 7

KIRI: Gubernur Jatim, Pakdhe Karwo menyapa warga Sidoarjo; KANAN: Segala lapisan masyarakat pecinta olahraga berkumpul di Alun-alun Sidoarjo dalam rangka peresmian FORMIS. (BOEDIJONO/THE EPOCH TIMES)

Gubernur Jatim Resmikan FORMIS BOEDIJONO The Epoch Times Pada Minggu 30 Oktober 2011 itu, Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, yang akrab dipanggil Pakdhe Karwo, hadir di Sidoarjo jam 06.00 pagi meresmikan FORMIS (Festival Olah Raga Masyarakat Indonesia Sidoarjo) di alun-alun Sidoarjo. FORMIS sendiri adalah sebuah upaya dan implementasi meningkatkan kesehatan dan harap-an hidup warga Sidoarjo dengan menggalakkan berbagai cabang olah raga. Bukan hanya olah raga yang sifatnya rekreasi saja, seperti senam kesegaran jasmani, senam jantung sehat, senam asma, dan Falun Gong (aliran senam pernapasan Tiongkok), namun juga olah raga prestasi seperti sepatu roda dan sepeda.

Festival dimulai pada hari itu dan akan berlangsung setiap hari Minggu sampai dengan 18 Desember 2011. Festival dibuka dengan lomba atraksi reog, kemudian lomba senam Klub Jantung Sehat dan Klub Senam Asma. Ke depannya, semua kegiatan olah raga akan dipusatkan di sepanjang jalan Gajah Mada sebelah timur alun-alun yang dikaitkan dengan program lingkungan bebas polusi, car free day, pada setiap Minggu. Dimulai dari jam 06.00-09.00. Setiap kelompok senam/olah raga akan mendapatkan ‘kapling’ di jalan tersebut sebagai tempat melakukan kegiatan olah raga bahkan kegiatan lain yang berkaitan dengan masing-masing kelompok. Hingga peresmian ini sudah terdaftar 16 kelompok kegiatan olah raga termasuk break dance, sepatu roda, skateboard, cheer leader. Sisanya merupakan jenis olah raga lansia dan qigong (senam pernapasan). (et)

Ekonom Qi Yanchen juga berpendapat, jika dibagikan dengan bebas pada rakyat, tidak akan menyebabkan inflasi, karena setelah rakyat mendapat cadangan devisa itu, kebanyakan dari mereka akan membeli produk dari luar negeri, atau sama saja dengan impor. Walaupun yang dibeli adalah properti, pada akhirnya perusahaan real estate akan mengalihkan cadangan devisa kepada lembaga impor, dan tetap akan mengimpor. Tapi pemerintah tidak ingin melihat kedaulatan moneter ataupun kedaulatan ekonomi terganggu. Karena ditetapkan dalam hukum RRT, satu-satunya mata uang yang beredar adalah RMB, begitu rakyat menggunakan mata uang asing untuk membeli rumah, mobil, makan, maka yang akan terjadi adalah peredaran multi-jenis mata uang. Menanggapi penjelasan dalam artikel bahwa jika cadangan devisa diberikan pada rakyat akan menyebabkan Bank Sentral bangkrut, Qi berpendapat bahwa Bank Sentral hanyalah suatu instansi yang berfungsi untuk menyimpan RMB sementara, bagaimana mungkin dapat bangkrut? Dampak yang langsung dapat dirasakan dengan memberikan cadangan devisa pada rakyat adalah, bendahara harus memiliki dana cadangan untuk diberikan pada Bank Sentral. Jadi kalaupun bangkrut, yang bangkrut adalah bendahara atau badan keuangan negara, bukannya Bank Sentral. Tetapi besarnya dana cadangan yang harus disuntikkan, akan memaksa pemerintah harus menjual asetnya sendiri, seperti BUMN raksasa. Tapi menjual BUMN raksasa akan mengguncang hak ekonomi khusus ”kelompok kepentingan istimewa” tertentu. Profosor Hu Xingdou dari Institut Teknologi Beijing sebelumnya juga pernah menulis di microblog, bahwa jika cadangan devisa diberikan pada rakyat akan terjadi inflasi, hanyalah omong kosong belaka. Ia berkata, “Seharusnya penukaran mata uang asing secara paksa diganti menjadi penukaran secara sukarela, maka dolar AS dan mata uang lainnya pun akan mengendap di tangan rakyat, dan dari negara kaya akan berubah menjadi rakyat kaya. Jika badan usaha atau perorangan dapat menyimpan seluruh mata uang asing yang mereka hasilkan, dan tidak perlu menukarkannya dengan RMB, maka tidak akan terjadi masalah dua kali penukaran yang praktis sama dengan mencetak uang.”

Bersambung ke hal 7

Larangan Sirip Hiu di Toronto, Pelanggar Didenda 100 Ribu Dollar GAO YUNLIN The Epoch Times Anggota dewan kongres pencetus RUU mengatakan pada media, “Saya sangat tergugah, saya pikir saat ini setiap ekor hiu di seluruh dunia sedang bertepuk tangan. Yang kami lakukan ini adalah ingin melindungi hiu agar tidak punah, memberikan suatu penyelesaian secara global dan menyelesaikan suatu permasalahan dunia.” Pada 25 Oktober 2011 lalu, sebagian besar anggota Dewan Kongres kota terbesar Kanada, yakni Toronto, meloloskan RUU larangan sirip ikan hiu yang telah lama disorot, sekaligus meng-

akhiri perdebatan sengit selama 4 bulan mengenai sirip ikan hiu. Ini merupakan kedua kalinya menyusul negara bagian Kalifornia AS, tempat konsentrasi etnis Tionghoa yang lain di luar Tiongkok yang melarang penjualan maupun konsumsi sirip ikan hiu. Kota Toronto merupakan pasar konsumsi sirip ikan hiu terbesar di Kanada, karena Toronto didiami oleh sekitar 500 ribu jiwa etnis Tionghoa. Sejak Juni tahun ini, anak-anak mengenakan kostum ikan hiu, orang dewasa membawa mainan berbulu berbentuk hiu, juga balon berbentuk hiu, terus berunjuk rasa di depan kantor pemerintah kota, menghimbau agar pemerintah kota menurunkan perintah larangan sirip ikan hiu. Pada Selasa (25/10) lalu, setelah melalui perdebatan sepanjang sore, Dewan Kongres

Setelah RUU tersebut diloloskan, jika ada penjualan, konsumsi, ataupun transaksi sirip hiu atau produk sirip hiu di wilayah Kota Toronto, akan dikategorikan sebagai tindakan melanggar hukum, dengan tenggang waktu 6 bulan. Setelah masa tenggang tersebut bila terjadi pelanggaran pertama akan dikenakan denda 5.000 dollar AS (sekitar 42,5 juta rupiah), kedua kali denda 25.000 dollar AS (sekitar 212,5 juta rupiah), dan ketiga kali didenda 100.000 dollar AS (sekitar 850 juta rupiah). Pada 25 Oktober 2011, Dewan Kongres Kota Toronto akhirnya meloloskan RUU larangan sirip ikan hiu dengan 38 suara melawan 4 suara. Peserta berdiri memberikan aplaus. (Gao Yunlin/THE EPOCH TIMES)

pun akhirnya meloloskan RUU larangan sirip hiu tersebut dengan mutlak, yakni 38 suara setuju melawan 4 suara menolak. Terhitung

sejak 1 September 2012 mendatang, jika ada penjualan ataupun konsumsi sirip hiu di Kota Toronto akan dikenakan denda besar.

Anggota Dewan Pencetus RUU: Dorong Larangan Sirip Hiu ke Seluruh Dunia Setelah hasil pemungutan suara diumumkan, anggota dewan kongres pencetus RUU ini, Glenn De

Baeremaeker menyatakan, “Mungkin hasil ini tidak akan membuat semua orang puas, namun hal ini membuat kita semua berkumpul bersama, dan membuat suatu keputusan yang tepat.” Ia juga berkata bahwa langkah selanjutnya adalah mendorong agar larangan sirip hiu ini tersebar ke seluruh dunia, membuat semua kota di dunia ini ikut serta di dalamnya. “Kami akan menghubungi masyarakat di semua kota di dunia ini lewat internet, semoga semua kota memberlakukan larangan mengkonsumsi sirip ikan hiu ini, semoga satu tahun mendatang, larangan ini akan menjadi larangan global yang diprakarsai oleh Kanada. Masyarakat tidak sepantasnya melakukan hal-hal yang brutal hanya demi semangkuk sup saja.”

Bersambung ke hal 7


2

TheEpochTimes

FOKUS DAN OPINI

CERMATAN DINAMIKA DUNIA 03 - 09 November 2011

Perang Perbatasan RRT-India (1): RRT Menang Namun Rugi TANG WEN The Epoch Times Republik Tiongkok (ROC) tidak pernah mengakui Garis McMahon yang memasukkan ke India wilayah seluas 90 ribu km2, yang secara tradisi dimiliki Tibet. Namun sejak Partai Komunis Tiongkok (PKT) berkuasa, selalu menghindar membicarakan Garis McMahon dan membiarkan India melakukan ekspansi agresif di daerah Tibet, akhirnya terciptalah krisis perbatasan.

P

ada 20 Oktober 1962, meletus perang perbatasan RRT-India, hanya dalam 1 bulan, militer RRT meraih kemenangan besar dan merebut kembali hampir seluruh wilayah yang diduduki India. Akan tetapi pada 22 November 1962, pihak PKT berhenti menyerang tanpa syarat secara sepihak, dan tanpa syarat membebaskan tawanan perang serta persenjataan yang disita, tidak hanya melepas wilayah yang telah berhasil direbut kembali, bahkan menarik diri dari Garis Mcmahon sejauh 20 km. Tindakan yang tidak pernah terjadi dalam sejarah peperangan di dunia ini, membuat seluruh dunia tertegun. ROC tak akui Garis McMahon

Garis McMahon adalah garis perbatasan antara Tibet - India yang saat itu dijajah Inggris, garis perbatasan dibuat untuk India oleh seorang petualang Inggris, dengan memasukkan wilayah seluas 90 ribu km2 ke India, yang secara tradisi dikuasai pemerintah Tibet, termasuk hak penguasaan, hak menerima pajak serta hak menggembala. Pada Oktober 1913, perwakilan Tibet, Inggris dan pemerintah ROC

mengadakan pertemuan segi tiga di Simla. Tibet mengharap kemerdekaannya secara utuh dapat dijamin dan diakui, pemerintah pusat ROC menganggap Tibet adalah bagian dari wilayah negara ROC yang tidak dapat dipisahkan, menuntut hak hubungan luar negeri dan pertahanan serta sebagian hak administrasi Tibet di bawah pengelolaannya. Inggris ambil posisi menengahi dengan mengusulkan rancangan pembagian Tibet Dalam dan Tibet Luar, dengan demikian telah tercapai sebuah kesepakatan 3 pihak, namun akhirnya ditolak oleh pemerintah ROC dengan tidak bersedia menandatangani perjanjian tersebut, juga tidak mengakui semua perjanjian dan kesepakatan dua belah pihak Tibet dan Inggris, yaitu Garis McMahon yang secara sepihak memasukkan sebagian wilayah Tibet ke dalam wilayah India. 20 tahun kemudian, setelah pemerintah Inggris secara resmi memasukkan Garis McMahon ke dalam peta dan dokumen pemerintah, pemerintah ROC di Nanjing juga secara resmi menyatakan penolakannya. Ketika pada 1947 pemerintah India yang baru merdeka mendirikan gedung kedutaan besar di Nanjing, pemerintah ROC juga menyampaikan dengan tegas kepada Kuasa Usaha India penolakannya terhadap Garis McMahon. PKT hindari bicarakan Garis McMahon Setelah pemerintah PKT berdiri pada 1949 dan melakukan hubungan luar negeri atas dasar ideologi anti Amerika Serikat, segala sesuatunya mengutamakan anti-AS. Ketika itu politik PKT terhadap India adalah: secara internal berpedoman tidak mengakui Garis McMahon, namun tidak terbuka untuk umum, terutama

Impian Bangkit 10 Tahun (1) Oleh:

HE QINGLIAN Tahun ini bertepatan dengan peringatan 10 tahun peristiwa 11/9 di AS, opini dunia terhadap AS sebagai korban peristiwa ini telah berubah dari gembira atas penderitaan orang (gloat) menjadi salut, atau setidaknya kembali datar, namun tanpa disadari RRT justru menjadi pokok bahasan kedua di tengah gelora peringatan peristiwa tersebut, dan inti bahasan yang krusial justru adalah: AS belum sepenuhnya merosot setelah 11/9, dan RRT juga belum sepenuhnya bangkit. Kaum Pro Panda AS di Atas Angin

Saling berhadapan dengan bayonet terhunus di perbatasan Sino-India.

(INTERNET)

TIBET (RRT) Garis McMahon

daerah Tawang

wilayah persengketaan RRT-India garis perbatasan tradisional Tibet - India

BHUTAN

wilayah gunung barbar INDIA

BURMA

Taiwan menolak mengakui “Garis McMahon”.

(INTERNET)

terhadap India, juga tidak disampaikan kepada pemerintah India. Pemerintah India yang baru merdeka memanfaatkan sikap enggan rezim PKT terhadap dirinya dan telah menyelesaikan keinginan ekspansi wilayah yang belum dapat dicapai Inggris. Awal 1950, pasukan India dengan nyali besar melewati lintasan Gunung Barat masuk ke

Tawang, hingga 1954 wilayah Men Yu – Luo Yu – Xia Cha Yu yang asalnya di-klaim Tibet dan berada di selatan Garis McMahon seluruhnya telah dikuasai pasukan India. Pemerintah India bahkan telah membentuk Daerah Istimewa Perbatasan Timur Laut untuk mengendalikannya. Bersambung ke hal 7

Satu Partai Telah Hancurkan Sebuah Bangsa Oleh:

CHEN POKONG

Seorang gadis kecil dua tahun, sebuah jiwa yang lemah, ditabrak beruntun oleh dua mobil; roda depan dan belakang kedua mobil tersebut berarti menggilas empat kali; 18 orang lewat melihat tapi tak berbuat apa-apa; sampai orang ke19, seorang perempuan pemulung tampil menggendong gadis kecil yang penuh darah. Setelah dibawa ke rumah sakit, gadis kecil ini tak tertolong lagi. Ini adalah “tragedi Yue Yue”, terjadi di Kota Foshan, Provinsi Guangdong, RRT. Karena CCTV merekam semua kejadian, setelah diunggah di internet, memicu kemarahan publik, menjadi sensasi besar di dalam dan luar negeri. Orang umumnya percaya, kemerosotan moral di RRT, kemiskinan nurani, dinginnya hati, telah mencapai taraf paling berbahaya. Tapi menelaah akar permasalahanya, masing-masing memiliki argumen sendiri. Ada yang mengutuk sopir mobil, telah bertindak pidana; ada yang mengutuk pejalan kaki buta nurani. Ada yang mengkritik ibu si gadis kecil, kurang pengawasan yang sepatutnya terhadap anak. Itu semuanya benar. Masalahnya adalah, dua sopir tersebut menggilas di atas tubuh gadis kecil itu, apakah itu hanya “kasus pidana” semata? Ter-

utama si pengemudi pertama di saat roda depan menggilas, sekejap sempat ragu, kemudian kembali melaju, membiarkan roda belakang kembali menggilas tubuh anak, apa yang terjadi di dasar lubuk hatinya? Betulkah hati nurani orang-orang yang mengutuk pasca kejadian, dengan 18 pengguna jalan yang lewat, mempunyai perbedaan drastis? Jika posisi mereka ditukar, orang-orang yang mengecam, apakah nuraninya akan sama dengan para pengguna jalan? Jika situasi dibalik, para pengguna jalan, setelah kejadian berlalu, akan samakah dengan para pengutuk? Sementara orang tua si gadis kecil memang lalai, tetapi di RRT, kapankah pernah eksis peraturan yang mewajibkan orang tua harus mendampingi dan melindungi anak yang belum dewasa, seperti halnya peraturan di negara-negara yang beradab? Ada yang menyalahkan kemajuan ekonomi, bahwa itu adalah orangorang “Pengidola GDP yang tanpa perasaan.” Komentar media asing pun lebih banyak beropini, “Maraknya booming ekonomi RRT dan materialisme telah menyebabkan masalah sosial”, bahwa masyarakat RRT tidak menolong orang yang sekarat, merupakan masalah baru yang mengiringi pertumbuhan ekonomi. Apa komentar pejabat RRT? Pemred Global Times berkata lantang: (tragedi Yue Yue) “Telah mengukur nilai paling rendah dari temperatur moralitas sosial RRT. Egoisme boleh jadi berada pada posisi puncak sejak budaya Tiongkok berdiri sampai sekarang. Mengutuk perluasan egoisme dan mengutuk penyebar-luasan ego-

isme oleh segelintir orang.” Namun, Siapakah yang mempropagandakan egoisme? Siapakah yang mendorong terjadinya egoisme? Bukankah justru itu adalah perbuatan mereka yang mendengungkan “mengabdi demi rakyat”, kelompok berkuasa dan kelompok korup yang memaksa rakyat untuk melayani mereka? Pemerintahan “seumur hidup” yang tidak mau dikontrol, tidak perlu ada pemilu dan yang tidak dapat diturunkan? Sebenarnya, sejak PKT (Partai Komunis Tiongkok) berdiri, tidak hanya dengan senapan menghancurkan fisik orang Tiongkok, bahkan dengan senapan dan pena menghancurkan psikis orang-orang Tiongkok. Misalnya landreform (reformasi tanah), untuk merampas tanah dan asetnya, PKT mengerahkan massa untuk “mengganyang tuan tanah”, mendorong preman dan berandal untuk menyebar kebohongan, menyebar rumor, menfitnah dan lainnya, mengarang cerita, mencipta kebencian, mengkreasi dakwaan; dan “kelompok kerja” PKT langsung menindak para tuan tanah dengan: pengadilan di depan umum, mempermalukan mereka di depan umum dan mengeksekusinya di tempat. Pada saat itu, darah berceceran di depan mata, semua orang ketakutan, apakah ada yang berani menolong? Malah ada yang ikut-ikutan menjadi algojo! Landreform yang merampas harta dan nyawa, hanyalah episode awal dari teror besar, hanyalah langkah pertama PKT menghancurkan spirit dan moralitas orang Tiongkok. Kemudian, PKT mengambil alih Tiongkok, selama enam puluh tahun

Bab IV : Komunis Merupakan Kekuatan yang Menentang Alam II. Bertempur dengan Bumi, Melanggar Alam, Petaka Tiada Batas Pertempuran kelas yang berkepanjangan sampai ke alam Jin Xunhua, seorang siswa lulusan SMU no-2 tahun 1968 di Wusong, Shanghai, dan menjadi anggota Komite Tetap SMU Tentara Merah di Shanghai. Maret 1969, ia dikirim ke daerah pedesaan Provinsi Heilongjiang. 15 Agustus 1969, banjir bandang datang dari daerah pegunungan, dan dalam sekejap membanjiri daerah-daerah sekitar Sungai Shuang. Jin Xunhua

melompat ke dalam arus deras demi menyelamatkan 2 buah tiang listrik hasil kerja timnya hingga akhirnya mati tenggelam. Berikut catatan harian Jin Xunhua semasa hidupnya: 15) Tanggal 4 Juli Saya sekarang mulai merasakan pertarungan kelas yang sengit dan meruncing di pedesaan. Sebagai seorang Tentara Merah Ketua Mao, saya mempersiapkan diri sepenuhnya, maju ke depan menyerang kekuatan reaksioner dengan bersenjatakan Pemikiran Mao Zedong yang tak terkalahkan. Saya bersedia melakukannya walaupun harus mengorbankan nyawa. Saya

akan bertempur, bertempur dan bertempur dengan segala kemampuanku demi mengukuhkan kediktatoran proletariat. Tanggal 19 Juli Musuh kelas dalam penghasil pasukan masih saja arogan. Pemuda terpelajar datang ke pedesaan untuk berpartisipasi dalam tiga gerakan revolusi utama di pedesaan. Pertama dan yang paling sengit adalah, pertarungan kelas. Kita memang seharusnya bergantung pada petani miskin dan petani sedang lapisan bawah, menggerakkan massa dan menekan kecongkakan musuh. Kita pemuda terpelajar harus senantiasa menjunjung ting-

Diplomatik RRT, dari Bangkit Hingga Kembali Redup

lebih, mengulangi dan mementaskan drama horor sebagai berikut: Anti Tiga Anti Lima, Anti Sayap Kanan, Revolusi Kebudayaan, Pembantaian “4 Juni - Tiananmen”, penindasan terhadap Falun Gong, memenjarakan aktivis HAM, menggencet Tibet, pertumpahan darah di Xinjiang…. dan secara riil tak terhitung drama teror tersebut, adalah penghancuran dari hati nurani dan keberanian, menghukum orang baik serta melindungi orang jahat. Satu partai telah menghancurkan sebuah bangsa. Di dalam bangsa yang sudah bermetamorfosis ini, nenek pemulung seperti Chen Xianmei, hanyalah sebuah perkecualian. Mungkin dikarenakan Chen Xianmei tidak membaca buku dan literatur Komunis, tidak membaca surat kabar Komunis dan tidak mendengarkan berita Komunis, sehingga tidak keracunan, dan dengan demikian tidak melenyapkan hati nuraninya. Yue Yue kecil yang hanya berusia 2 tahun, Yue Yue yang patut dikasihani, dia tidak hanya tergilas mati, tetapi telah dibunuh, dibunuh oleh 2 orang sopir, dibunuh oleh 18 pengguna jalan, dibunuh oleh seluruh negara; sedangkan seluruh negara itu telah lama disandera oleh PKT, seluruh bangsa, telah lama diracuni PKT, sehingga tanpa disadari akhlaknya telah merosot, tenggelam tanpa refleksi diri dan mati suri tanpa menyadarinya. Yue Yue kecil yang telah terbunuh, bukanlah merupakan sebuah mantera yang dapat menghentikan semua ini. (hui)

Rangkaian Editorial 9 Komentar Mengenai Partai Komunis (40):

gi bendera merah agung Pemikiran Mao Zedong, tidak pernah melupakan pertarungan kelas, dan tidak pernah melupakan kepemimpinan diktaktor proletariat Jin pergi ke pedesaan dengan pemikiran bertempur dengan langit dan bumi serta mengubah manusia. Dari catatan hariannya dapat dilihat bahwa alam pikirannya penuh dengan pemikiran bertempur. Dia melaksanakan pemikiran bertempur dengan manusia untuk melawan langit dan bumi, yang pada akhirnya kehilangan nyawanya. Jin Xunhua adalah salah satu contoh kasus akibat filosofi pertarungan,

Secara obyektif, impian “kebangkitan RRT” tidak hanya terjadi di RRT sendiri, melainkan juga diimpikan oleh sejumlah pengamat RRT, China Scholar serta sejumlah media massa, sementara Beijing hanyalah pihak yang mabuk kepayang di tengah nyanyian koor ini. Berkaca pada AS, setelah peristiwa 11/9, pemerintahan Bush terpaksa mengubah kebijakannya terhadap RRT sebagai akibat salah satu langkah dalam kepentingan anti-terorisnya, dan memandang RRT sebagai “rekan strategi” dalam perang AS melawan terorisme. Meskipun AS menyadari penuh bahwa RRT belum tentu akan sepenuh hati menjadi “rekan strategi anti-terorisme” dengan AS, namun suara kecaman terhadap situasi HAM di RRT tetap harus direndahkan, mengubah kebijakan mengenai Selat Taiwan, menurunkan pamor di wilayah Asia Pasifik, agar pihak Beijing tidak melakukan manuver secara terbuka. Sejak Obama menjabat, kebijakan terhadap RRT, Obama ternyata sepenuhnya mengadopsi “Daftar Keinginan Kebijakan Terhadap RRT” yang diajukan oleh Pusat Riset Internasional yang bernaung di bawah Kemenlu RRT. Baru setelah mengalami sejumlah pelecehan dari pemerintah RRT seperti pada Konferensi Tingkat Tinggi Iklim Kopenhagen, Obama mulai mengubah sikap segannya terhadap Beijing. Thomas P.M. Barnett (dosen Institut Militer AL AS, pakar masalah kebijakan dan diplomatik, serta penulis buku best seller “The Pentagon’s New Map”) yang dijuluki sebagai pemimpin “Kaum Pro Panda”, bahkan secara lugas mengungkap 10 faktor utama mengapa RRT begitu penting bagi AS sebagai masukan bagi kaum politikus AS. Intinya menyebutkan tidak perlu khawatir terhadap peningkatan kekuatan militer RRT, karena di masa mendatang RRT tidak akan menjadi musuh terbesar AS, melainkan akan menjadi sekutu AS yang paling penting. Karena baik ekonomi maupun produk kebutuhan sehari-hari warga AS, tidak ada satupun yang dapat lepas dari RRT ; kebijakan “anti-teroris” AS serta kepentingan AS untuk menjaga supremasi di wilayah Asia Pasifik pun membutuhkan dukungan dari RRT. Perkataan ini pun dianggap sebagai mustika oleh pihak RRT, dan sejak saat itu pula, setiap kali menyinggung bahwa AS tidak pernah terlepas dari RRT, ketiga faktor tersebut pun kerap dilontarkan, yakni: kerjasama ekonomi, anti-terorisme, serta kepentingan AS di Asia Pasifik. Strategi diplomatik RRT hingga akhir era 90-an adalah bersekutu dengan Eropa untuk menekan AS, dan hasil sukses mengusir AS dari Dewan Komite HAM PBB pada Mei 2001 lewat pemungutan suara berkat dukungan Prancis bagi RRT, serta merangkul sejumlah negara berkembang lainnya. Setelah peristiwa 11/9, strategi diplomatik RRT berubah menjadi 3 lapisan, yakni: diplomatik negara besar, diplomatik negara tetangga, serta diplomatik sumber daya alam. Dan sikap diplomatik RRT berubah dari low profile menjadi “memiliki tujuan”. Sesepuh tiga generasi teori PKT, Zheng Bijian, menulis artikel berjudul “RRT Bangkit Secara Damai” yang diterbitkan Tabloid Foreign Relations edisi September-Oktober 2005. Karena memiliki posisi strategis di kalangan diplomatik dunia, masyarakat Barat mengingat kata-kata Zheng di dalamnya, “Bangkitnya RRT sekarang ini adalah kebangkitan yang damai, dan kebangkitan bangsa Tionghoa adalah kebangkitan peradaban.” Kesiapan mental yang mendasari kebijakan RRT tersebut adalah sebagai berikut: seluruh dunia sedang dilanda “demam Tiongkok”, para investor beramai-ramai meraup uang di RRT, sebagian besar dari 500 perusahaan ternama dunia berebut lahan investasi di RRT, sehingga menjadikan RRT sebagai negara penarik investor terbesar dunia diantara jajaran negara berkembang lainnya. Menghadapi gelombang investasi yang begitu dahsyat, pemerintah RRT mengubah “kebijakan fasilitas penuh” menjadi bisa membusungkan dada dan berkata “tidak”. Banyak investor asing yang terus berusaha merebut hati RRT secara sukarela membantu pemerintah RRT dengan cara membujuk pemerintahan negaranya sendiri untuk pro terhadap RRT. Sementara RRT dapat memilahmilah investasi asing yang akan masuk ke negerinya, menambah sejumlah batasan-batasan, atau bahkan menutup pintu dan tidak menerima investasi tertentu, seperti raksasa media massa Murdoch, setelah bertahun-tahun bagai kerbau dicocok hidungnya oleh PKT, pada akhirnya tetap saja menemui jalan buntu. Murdoch terpaksa harus merugi dan hengkang dari sana, dengan satusatunya keberhasilannya di RRT yakni berhasil mempersunting istri berdarah Tiongkok. Menghadapi Eropa, pemerintah RRT menggunakan “diplomatik job order”, setiap kali hubungan dengan AS tidak begitu harmonis, RRT akan memberikan orderan dalam jumlah besar ke Eropa, seperti tidak membeli pesawat Boeing dan mengalihkan order membeli Airbus, negara Eropa seperti Prancis dan lain-lain yang melihat pesanan RRT sedemikian besar tentunya berbinarbinar, dan “demam kebangkitan RRT” pun segera menjalar kembali di berbagai media massa. (lie) Bersambung minggu depan

dan bersamaan itu tanpa diragukan lagi dia menjadi korbannya. Frederick Engels mengatakan bahwa kemerdekaan adalah pengenalan pada sesuatu yang tak dapat dihindarkan. Mao Zedong menambahkan “dan reformasi dunia”. Sentuhan terakhir ini sepenuhnya menjelaskan kepada kita pandangan PKT terhadap alam, yakni segala sesuatunya harus berubah. Pemahaman komunis terhadap yang tidak dapat dihindarkan adalah sesuatu yang diluar penglihatan mereka dan bentuk-bentuk yang berasal diluar penjelasan mereka. Mereka percaya bahwa alam dan umat manusia dapat ditaklukan dengan menggerakkan dasar kesadaran pokok manusia untuk memahami hukum-hukum obyektif. Komunis telah memporak-porandakan Rusia dan Tiongkok, dua bi-

dang “sawah percobaannya” dalam usahanya untuk mengubah alam. Lagu rakyat selama Gerakan Lompatan Jauh ke Depan (Dayuejin), menggambarkan kedunguan dan kebodohan PKT: “Biarkan gunung menundukkan kepala, biarlah sungai menyingkir. Di langit tidak ada Raja Giok, di bumi tidak ada Raja Naga. Akulah Raja Giok, akulah Raja Naga. Kuperintahkan tiga pegunungan dan lima bukit untuk menyingkir dan membuka jalan, Aku telah datang!” 16) Partai Komunis datang! Seiring dengannya datang pula pengrusakan keseimbangan alam dan keharmonisan dunia. Bersambung Catatan:

[15] Dari http://www.law007.com/zq/ zqls6.htm. Diterjemahkan oleh editor. [16] Lihat bagian-3, catatan akhir-6.

Hingga 31 Oktober 2011, orang yang mengundurkan diri dari Partai Komunis Tiongkok serta organisasi-organisasi yang terkait, sebanyak:

104.999.146


TheEpochTimes

SENSASI KEHIDUPAN

CERMATAN DINAMIKA DUNIA 03 - 09 November 2011

Melepaskan Keakuan Sering kali terpikir, mengapa suasana hati manusia itu selalu sibuk dan kacau? Perasaan seseorang acapkali seperti sebuah ombak besar, seperti ombak bergelora, lama sekali tidak bisa mencapai ketenangan. Walaupun sudah mempergunakan segala cara, masih juga tidak bisa melepaskan diri dan dikendalikan oleh perasaan, selalu setelah melewati pergolakan, lalu tersisa rasa penyesalan yang tidak kunjung habis....

WEN ZHE The Epoch Times

K

etika setiap kali ada orang lain yang menyentuh sanubari saya, apakah saya bisa lebih dulu mengintrospeksi ke dalam diri sendiri secara rasional, berusaha untuk berpikir: Apakah saya ada sesuatu yang membuat diri orang lain menjadi tidak senang? Membuatnya ketika berusaha melindungi diri sendiri bersamaan dengan itu, ia melakukan reak-

QING SONG The Epoch Times

si yang demikian, tindakan orang tersebut bisa dipahami. Apakah saya sudah benar-benar berdiri di atas pendirian orang itu untuk memahami dia, mengapa dia bisa mengambil tindakan seperti itu? Mungkin juga adalah dia yang tidak benar, tetapi ketika Anda sudah mengerti bahwa pemikiran manusia dalam dunia ini tidak ada satu pun yang persis sama dengan pemikiran Anda, maka semua kejadian itu akan menjadi tidak terlalu penting bagi Anda. Sebenarnya, bagi alam semesta besar ini, manusia hanyalah seperti sebutir debu kecil yang sama sekali

tidak berarti, di dalam proses kehidupan manusia tidak luput dari kebenaran dan kesalahan. Walaupun Anda menghabiskan seumur hidup Anda untuk mengejar ilmu pengetahuan yang tiada batas, ilmu pengetahuan itu bagi alam semesta ini, juga hanya sedikit pengetahuan yang sangat-sangat dangkal sekali. Setiap orang diantara kita yang datang ke dunia fana ini hanya sebagai seorang tamu yang kebetulan lewat, keesokan pagi harinya kita harus meninggalkan dunia fana ini, dan di kemudian hari juga sangat sulit bisa mendapatkan kesempatan untuk berjumpa lagi. Sedangkan dalam kehidupan manusia beberapa puluh tahun yang relatif pendek ini, buat apa mempertahankan siapa benar dan siapa salah, asalkan memenuhi atau sesuai dengan sifat manusia, bertindak sesuatu berangkat dari kebaikan, menjadi manusia melakukan sesuatu lebih dulu mengutamakan perasaan orang lain, maka masyarakat ini akan bisa lebih baik dan indah. Ketika kita mencoba lebih dulu mengubah diri kita sendiri, hal tersebut di atas mungkin bukanlah sebuah impian yang mustahil untuk dicapai. Helen Keller pernah berkata, “Ketika sebuah pintu kebahagiaan akan tertutup, sebuah pintu yang lain pasti bisa terbuka demi kita, namun karena kita terlalu memusatkan perhatian pada daun pintu yang tertutup itu, sehingga telah mengabaikan daun pintu lain yang terbuka.” Terlalu terikat sehingga dirundung kemalangan, walaupun ada berapa banyak jendela penglihatan, juga bisa terabaikan oleh sanubari yang tertutup. Dalam pergaulan antar manusia, pergesekan atau perselisihan mungkin tidak dapat dihindarkan, tetapi jika dipikirkan secara serius, bukankah waktu bergaul kita ini juga hanya sekejap saja, mengapa tidak mau melepaskan keakuan, untuk menyayangi jodoh pertemuan kita yang sekarang ada! (lin)

Tempat Tinggal

M

enjelang makan malam, saya keluar bersama teman-teman mencari tempat makan yang nyaman. Di dalam mobil kami bersenda gurau dengan ceria sepanjang perjalanan, terkadang menengok keluar jendela, tampak sebuah mobil rumah (caravan) yang sedang berhenti di bawah kaki gunung. Sebuah rumah mobil, dalam bayangan benak saya selalu meragukan. Ruangan begitu kecil, orang yang tinggal dalam rumah mobil itu pasti kurang nyaman. Lagi pula pasokan air dan listrik belum tentu bisa mencukupi kebutuhan. Hal yang paling membuat orang menjadi tidak tenang adalah menjalani kehidupan berpindah-pindah seperti rumput liar yang tidak berakar, hati ini akan terasa hampa. Tentunya kehidupan setiap orang pasti akan mengalami fluktuasi, kadang kala tidak terhindarkan bisa terombang-ambing, tetapi setidaknya jika sudah capai masih bisa pulang ke rumah. Rumah mobil, apakah bisa termasuk sebuah rumah? Teman-teman menertawai saya berpikiran terlalu kolot, mereka bilang orang yang tinggal dalam rumah mobil barulah orang-orang yang paling santai. Mereka tidak mempunyai hal yang dikhawatirkan, dapat menyesuaikan diri dan merasa tenang dalam keadaan yang bagaimanapun. Mereka bisa melihat dan menikmati pemandangan di seluruh dunia yang paling indah. Kehidupan mereka selamanya indah bercorak bahkan misterius, karena mereka tidak tahu akan bisa melihat pemandangan yang bagaimana atau bertemu dengan siapa. Kehidupan yang demikian ini, juga mengurangi kerisauan hubungan antar manusia, setiap hari akan bertemu dengan teman yang baru, tidak ada kaitan dan ganjalan dalam hal keuntungan. Setelah mendengar penjelasan teman-teman, akhirnya saya juga setuju dengan pendapat mereka bahwa saya ini seorang yang sangat kolot. Kesimpulan yang mengatakan, “Rumah adalah mobil, mobil sebagai rumah.” Walaupun kata-kata ini terlontar begitu saja dalam gurauan, tetapi telah memberikan kepada orang sebuah perasaan sadar dengan sepenuhnya. Kehidupan itu adalah sebagian dari perjalanan hidup, tidak peduli kita memegang erat kekuatiran pada rumah, pada akhirnya masih harus selangkah demi selangkah menyelesaikan perjalanan hidup yang sudah ditakdirkan ini. Maka dengan berhenti di suatu tempat bukan berarti dia tidak bergerak.

Terhadap rumah atau tempat tinggal, pada umumnya orang akan merasakan perasaan berat berpisah yang tidak bisa dikatakan mengapa. Tak peduli berapa jauh kita berjalan atau ditinggal berapa lama, pulang ke rumah adalah sebuah topik pembicaraan yang tidak berubah untuk selamanya. Mungkin ini benar adalah jawaban yang diceritakan dalam legenda, setiap manusia pernah menjadi kehidupan di langit, melakukan kesalahan dan diturunkan ke dunia fana. Kerinduan pikiran terhadap tempat yang pernah menjadi tempat firdaus, di dunia fana ini kerinduan itu akan berubah menjadi semacam kerinduan kepada tempat tinggal yang tidak bisa dijelaskan secara jelas. Pikirkan kesemuanya ini, konsep dari rumah sepertinya sudah tidak sama lagi. Berapakah perbedaan kebijaksanaan dari sebuah vila yang mewah jika dibandingkan dengan sebuah mobil sedan? Tempat tinggal di dunia fana ini bukanlah benar-benar milik kita. Yang kita miliki hanyalah persinggahan untuk beberapa puluh tahun lamanya saja, pada akhirnya jiwa ini harus kembali ke asalnya. Benda materi yang berat hati untuk dipisahkan, justru merupakan sebuah tali yang menarik kita, hanya dengan melepaskannya baru bisa kembali ke rumah kita yang sebenarnya. (lin)

3

Setengah Porsi Steak The Epoch Times

S

uatu hari pada tahun 1975, komisaris Panasonic, Matsushita, bersama seorang rekan kerjanya, Ogawa, menjamu enam orang tamu mereka di sebuah restoran di Osaka, Jepang. Mereka berjanji bertemu siang itu, setelah saling memperkenalkan diri, masing-masing memesan steak sapi. Matsushita minum dua gelas bir, sambil menjelaskan kepada tamunya tentang bidang usaha serta sejarah perusahaannya. Menunggu keenam tamunya selesai menikmati menu utama mereka, Mitsushita mendekati Ogawa dan berbisik, untuk dipanggilkan kepala koki yang memasak steak mereka. Mitsushita berpesan khusus, “Jangan mencari manajernya, carilah koki utamanya.” Selesai mendengar permintaan Matsushita, Ogawa segera memperhatikan bahwa steak Matsushita hanya dimakan separuh. Dalam hati Ogawa sudah mempersiapkan diri, suasana yang akan datang selanjutnya bakal sangat canggung dan sulit. Setelah Ogawa menemui kepala koki dan mengajaknya pergi ke meja dimana mereka makan. Mula-mula sang koki terlihat tegang sekali, karena dia tahu latar belakang tamu yang memanggilnya itu sangat penting. Dengan nada tegang kepala koki itu bertanya, “Apakah ada masalah dengan hidangan saya?” “Membuat steak bagi Anda tentunya sudah tidak ada masalah,” kata Matsushita. “Tetapi saya hanya bisa menghabiskan setengah porsi saja. Sebabnya bukan terletak pada teknik memasak Anda, steak sapi yang Anda olah itu memang sangat enak, tetapi usia saya sudah 80 tahun, selera makan saya sudah tidak seperti dulu lagi.” Kepala koki bersama enam tamu yang lain menjadi bingung dan saling berpandangan, sejenak kemudian semua orang baru mengerti apa yang sedang terjadi. “Saya hanya ingin berbincang dengan Anda.” Tuan Mitsushita melanjutkan berkata, “ Karena saya takut akan terjadi kesalah-pahaman, Anda mungkin menjadi khawatir setelah melihat steak yang saya makan hanya separuh dan mungkin akan membuat sedih hati Anda.” Jika Anda sebagai kepala koki itu, bagaimana perasaan Anda setelah mendengarkan penjelasan dari Mitsushita? Merasa lebih dihargai? Merasa kagum dan diberi semangat? Atau merasa disayang dan diberi perhatian khusus? Orang-orang sering mengatakan, melalui bagian kecil dari cara seseorang membawa diri dan bergaul dalam masyarakat, kita sudah dapat memahami sikap dan akhlak dari orang tersebut. Cerita atau kisah dari orang ternama seperti ini banyak sekali. Mungkin tepat dikatakan bahwa karena budi pekerti yang telah menghasilkan kemuliaan dari seorang ternama, sehingga kisah cerita dari orang ternama tersebut baru bisa dicatat. Tetapi masih ada berapa banyak kisah yang seperti ini yang terjadi di sekitar kita? Orang yang lewat di sana, teman-teman baik, famili, sanak saudara..., apakah telah menjadi perhatian bagi Anda? Bagi orang yang bisa membuat hal kecil seperti ini menjadi suatu perhatian, maka orang yang menikmati dan mengagumi hal kecil ini pasti akan menemukan keindahan. Karena sesungguhnya hal kecil itu adalah refleksi dari sanubari. (lin)

Menguak Kehidupan Nyata Orang Aneh di Luar Duniawi (8) The Epoch Times

7. Manusia Naga Huan Identitas Tuan Ping masih jadi misteri, saya dan ayah telah berulang kali bertanya, akhirnya Tuan Ping menjawab, dalam dunia ini dia memiliki sebuah identitas khusus, dipanggil “Manusia Naga Huan”, oleh sebab itu dia tetap mempertahankan tubuh manusia sehingga bebas keluar masuk ke dunia manusia. Saya pernah membaca dalam sejarah Dinasti Shun, seorang pria bernama Dong Fu, disebut marga Long (Naga) Huan, juga ada seorang pria bernama Liu Lei, adalah bermarga Naga. Saya bertanya padanya, yang dimaksud apakah manusia Naga Huan dalam sejarah ini? Tuan Ping mengatakan bahwa dia tidak pernah melihat bagaimana sejarah menulis, tetapi dia memang keturunan Dong Fu. Tuan Ping berkata, teknik “Naga Huan” terus tersebar di dunia, sebenarnya banyak hal-hal ajaib, seperti Qi Men Dun Jia, dan lain-lain, tidak hilang, terus terwariskan secara pribadi di dunia, hanya orang-orang tidak boleh tahu. Mereka pada umumnya dalam beberapa ratus atau seribu tahun, baru memilih satu orang di dunia untuk diwariskan, dan membawanya ke dunia luar, berkultivasi dengan tenang, orang di seluruh dunia tidak mengetahuinya. Tuan Ping mengatakan, dalam aliran besar, pada umumnya setiap aliran, memiliki kultivasi sendiri yang spesifik, aliran lain tidak bisa masuk. Seperti Tao primitif, tem-

pat kultivasinya di Pegunungan Kunlun Tiongkok. Masing-masing kultivator, memiliki gua sendiri, beberapa di tengah-tengah gunung besar, dan beberapa di bawah gunung, beberapa di lereng gunung, namun mereka menggunakan kemampuan supernormal menutup gua, manusia biasa tidak bisa melihat di dalamnya ada gua, juga tidak mungkin masuk. Mereka berkultivasi di dalam, tidak makan atau minum, berkonsentrasi pada kultivasi, jika kultivasi tidak tercapai maka akan meninggal di dalam, biasanya kultivasinya bisa mencapai ratusan tahun, dan beberapa sampai ribuan tahun, sampai berhasil kultivasi baru keluar. Persyaratan kultivasi masing-masing aliran juga berbeda, ada beberapa aliran dalam kultivasinya, meminta untuk mengembara di dunia. Namun, ada beberapa aliran kultivasinya belum tentu di dalam gua. Tuan Ping mengatakan bahwa orang yang berkultivasi di dunia luar ini, di mana-mana ada, jumlahnya juga tidak sedikit. Dia telah bepergian ke seluruh Tiongkok, telah berkunjung ke banyak gunung yang tinggi, juga bertemu kultivator seperti ini. Dalam lingkup kultivasi aliran mereka, tidak mengizinkan aliran kultivasi lain ikut berkultivasi. Jika mereka hanya sedang sekedar lewat tidak masalah. Meskipun mereka bersembunyi di gunung-gunung, tetapi mereka saling mengenal. Tuan Ping mengatakan, setelah masuk ke dalam arena kultivasi mereka, biasanya hanya menyapa mereka, meminjam jalan, tidak

akan ada komunikasi lebih lanjut, karena ini berkaitan dengan hal-hal dari sekte yang berbeda, dikhawatirkan akan mengacaukan tubuh sejati. Setelah mendengarnya, diamdiam terkejut, saya sungguh mengagumi para kultivator ini, dalam ratusan hingga ribuan tahun, sendirian tetap tenang di dalam gua batu yang gelap dan dingin, penderitaan seperti apa yang mereka alami! Tuan Ping tertawa dan berkata, jangan meremehkan gua dingin ini, sebenarnya nikmatnya tiada tara. Dia mengatakan setelah kultivasi sampai tingkat tertentu, gua batu adalah dunia yang ajaib, di dalamnya luas tak bertepi, gunung yang tinggi dan air yang mengalir, burung yang berterbangan dan binatang yang ada di dunia manusia semuanya ada di dalam gua, sangat fantastis, tetapi orang-orang tidak bisa membayangkan. Sekali lagi saya terkejut, tiba-tiba teringat cerita dongeng Xuanhu Jishi, dikatakan seorang pendeta Tao, memberi perawatan medis dalam kota yang sibuk, dia selalu membawa sekendi arak di sampingnya, di malam hari dia melompat ke dalam sebuah kendi arak kecil itu, hari berikutnya baru keluar. Ada seorang anak muda menyembah pendeta Tao ini sebagai guru, pendeta Tao mengajak dia melompat ke dalam kendi, anak muda ini ikut melompat ke dalam, dan menemukan di dalam kendi kecil itu, ternyata adalah sebuah dunia indah yang luasnya tiada tara, burung dan hewan, gunung dan sungai, semuanya ada. Saya bertanya apakah benar

demikian? Tuan Ping mengangguk dan berkata kultivasi sampai taraf tertentu, dapat menggabungkan gua tempat kultivasi dengan ruang dimensi tingkat tinggi, membentuknya menjadi sebuah dunia tingkat tinggi. Pada saat itu, lubang ini disebut “Gua langit”, telah menjadi tempat Dewa. Tuan Ping mengatakan bahwa manusia biasa melihat berkultivasi itu menderita, pada kenyataannya para kultivator melihat manusia biasa itu baru mengalami penderitaan yang sesungguhnya, masing-masing ada kesenangannya sendiri. Seperti dunia babi melihat manusia, merasa manusia sangat menderita, sangat lelah sepanjang hari, tidak dapat bergulingan dalam kubangan lumpur, tidak dapat menikmati seperti mereka, tapi manusia melihat babi merasakan, babi sangat menderita, mereka sangat kotor, semua punya kenikmatan sendiri. Saya menganggukkan kepala, bisa memahaminya. Tuan Ping menambahkan, ada banyak jenis Naga, ada Naga enam jalur samsara Triloka, ada Naga Pelindung Fa dalam aliran Buddha, juga ada Naga yang tidak termasuk dalam Triloka, berbagai macam jenis. Walaupun Naga dalam enam jalur samsara, secara garis besar juga dibagi ke dalam Naga liar dan Naga berbalik ke asal. Misinya adalah untuk mengurusi Naga dalam enam jalur samsara, terutama Naga liar kembalikan ke asal, bersamaan juga membasmi roh jahat dalam dunia manusia, sehingga mereka tidak dapat mengganggu dunia manusia, mempertahankan ruang manusia secara normal.

Tuan Ping mengatakan bahwa beberapa Naga tidak termasuk ruang lingkup wewenangnya, seperti Naga aliran Buddha, ada beberapa Naga sumber asal tingkatnya tinggi, jauh lebih tinggi darinya, yang ini dia sama sekali tidak memiliki kualifikasi untuk mengurusinya. Saya bertanya lagi, ketika masih kecil dulu apakah yang saya tangkap bersamanya adalah Naga liar. Tuan Ping mengangguk, dia katakan pada umumnya taraf Naga liar tidak tinggi, kemampuan relatif kecil, namun semuanya memiliki ciri khusus, juga ada yang membawa misi khusus. Saya tiba-tiba teringat kisah Naga menyemburkan api dalam cerita orang Barat, bertanya lagi jenis apa naga tersebut. Tuan Ping menggelengkan kepala, yang ini bukan termasuk Naga, ini adalah monster neraka, sama sekali tidak ada hubungan dengan Naga, bukan kelas yang sama. Saya terpikir tentang hujan, dan bertanya, apakah setiap kali turun hujan selalu ada Naga di balik awan mengendalikan hujan? Tuan Ping tertawa dan mengatakan bukan hanya seekor naga, tapi sekelompok naga. Tuan Ping mengatakan kepada saya bahwa kadang-kadang, di langit dari kejauhan pun sama sekali tak berawan, tiba-tiba muncul awan memenuhi langit, tiba-tiba berkumpul, memenuhi langit, hujan badai mulai turun. Awan ini seperti sesuatu dari ketiadaan, tidak ada yang tahu itu datang dari mana. Tuan Ping mengatakan demikian, saya ingat ini benar, saya telah menga-

laminya berkali-kali, tetapi selama ini tidak pernah terpikirkan. Tuan Ping mengatakan, awan ini sebenarnya seperti muncul menghampiri. Di sana sebenarnya ada sekelompok Naga berkumpul bersama-sama, akan mengatur hujan, berpadanan ke dalam ruang dimensi kita ini, maka muncullah sekelompok awan, jika tidak ada awan benarbenar tidak bisa turun hujan. Jika Naga ini tidak menurunkan hujan, mereka akan bubar, maka tumpukan awan hitam ini, dengan sendiri akan buyar, menghilang. Saya bertanya lagi, ada yang mengatakan melihat Naga itu seperti apa? Tuan Ping mengatakan bahwa zaman dahulu, ruang dimensi manusia kita ini, ketika belum terkontaminasi, Naga dapat muncul di sini. Tapi orang-orang sekarang tidak dapat melihat Naga, kecuali mata ketiganya telah terbuka. Dan jika Naga benar-benar terlihat oleh manusia, dengan tubuh sejati turun ke ruang dimensi kita ini, mungkin Naga ini telah memakan makanan dari dimensi kita ini, dia sudah tercemar, dan tidak dapat kembali lagi, hanya dapat dieksekusi. Beberapa tahun lalu, kebetulan saya melihat ada kejadian Naga jatuh di Yingkou, Provinsi Liaoning, kemudian teringat, saya bertanya kepada Tuan Ping tentang masalah ini, mungkinkah ada masalah ini? Tuan Ping mengatakan bahwa Naga itu adalah dia yang dieksekusi, itu juga adalah kehendak langit, namun hal-hal konkret, masalah yang lebih detil dia tidak boleh memberitahu. (lim) Bersambung minggu depan


4

TheEpochTimes

KESEHATAN

Kanker Pankreas Langka Peyebab Kematian Steve Jobs

Foto wajah dan rangkaian bunga menghiasi trotoar di depan rumah Steve Jobs pada 6 Oktober, 2011, di Palo Alto, Kalifornia. (KEVORK DJANSEZIAN / GETTY IMAGES)

VOA NEWS

Pendiri Apple, Steve Jobs meninggal pada usia 56 setelah berjuang selama tujuh tahun melawan kanker pankreas langka—penyebab Utama Kematian ke-4 akibat Kanker di AS

P

enyakit ini sulit diobati karena sulit didiagnosa. Pankreas tertanam jauh di dalam perut, dan seringkali gejala kanker baru terlihat jelas pada tahap yang sangat lanjut. Pada 2004, Jobs mengumumkan telah menjalani operasi kanker pankreas—suatu bentuk penyakit yang ringan dan jarang terjadi yang disebut tumor neuroendokrin sel islet. Jenis tersebut merupakan lima persen dari keseluruhan kanker pankreas. Penyakit ini menyerang sel yang memproduksi hormon yang mengendalikan kadar gula

darah. Jenis yang paling mematikan dan lebih umum muncul pada sel-sel eksokrin pankreas yang menghasilkan enzim pencernaan. Pankreas adalah kelenjar sepanjang 15 cm yang terselip di belakang lambung dan di bawah hati. Kanker pankreas sulit didiagnosa, karena pada tahap awal tidak memiliki gejala yang bisa dilihat. Dr. Khaled el-Shami, ahli kanker di George Washington University Medical Center, Washington, menjelaskan, “Tumor neuroendokrin, apabila terdeteksi sejak awal, bisa ditangani melalui pembedahan saja. Tapi dalam tahap lanjut, apabila tumor tersebut telah menyebar dari pankreas ke hati, atau organ lainnya, maka tumor ini telah menjadi penyakit yang tak dapat disembuhkan.” Pada 2009, lima tahun setelah operasi kankernya, Jobs menjalani operasi pencangkokan hati. “Sekitar lima bulan lalu, saya menjalani transplantasi hati. Jadi saat ini saya memiliki hati dari orang berusia pertengahan 20-an,”

CERMATAN DINAMIKA DUNIA 03 - 09 November 2011

kata Jobs. Dr. el-Shami mengatakan cangkok hati adalah cara yang agresif menghadapi kanker tetapi tidak bisa menjamin “kesembuhan”. “Ini antara menghilangkan sepotong besar kanker di hati dan risiko melemahkan kekebalan tubuh, yang tidak saja bisa mendatangkan kembali penyakit kanker itu tetapi juga mengakibatkan munculnya berbagai kanker lain,” papar Dr. el-Shami. Meskipun ia tidak pernah merawat Steve Jobs dan tidak mengetahui penyakitnya secara rinci, Dr. Matthew Walsh mengatakan jenis penyakit kanker yang diderita Steve Jobs, tampaknya memang tidak bisa disembuhkan. “Setelah melalui serangkaian pengobatan, kebanyakan pasien mungkin berpikir mereka telah sembuh dari kanker. Ketika penyakit ini kambuh lagi masih banyak ketidakpastian mengenai usia yang tersisa. “Penyakit ini cenderung menjadi penyakit yang pasti akan kambuh kembali—pasti menyebar— membawa pergi kekuatan Anda...” Dia mengatakan, penyakit ini juga menghasilkan “semua gejala kanker terkait dan seseorang yang menderitanya akan tetap meninggal akibat kanker jenis ini.”

Pankreas adalah kelenjar sepanjang 15 cm yang terselip di belakang lambung dan di bawah hati. Kanker pankreas sulit didiagnosa, karena pada tahap awal tidak memiliki gejala yang bisa dilihat. Beberapa rincian kesehatan Steve pernah dipublikasikan, namun para ahli berspekulasi bahwa kanker yang dideritanya merupakan kasus keterlambatan diagnosis. (feb)

Daftar Nutrisi untuk Keluarga sui, dan penuaan. DHA membantu mendukung perkembangan otak, mata, dan saraf. Substansi ini diperlukan dalam konsentrasi tinggi untuk kinerja mental yang optimal. Minyak ikan omega-3 membantu kesehatan jantung dan mempromosikan keseimbangan emosional. Dia tersedia dalam bentuk kunyah, cairan berasa, dan kapsul tinggi-potensi. Isi kesenjangan gizi

Segelas protein smoothies (minuman berbahan dasar buah-buahan yang dicampur dengan susu atau yoghurt serta tambahan lainnya yang diblender hingga lembut) bagus dihidangkan di pagi hari maupun pulang sekolah, paska-senam, atau paskaolahraga ringan. (KEVORK DJANSEZIAN / GETTY IMAGES)

MICHELE SEVIER

Nutrisi bagus untuk kebutuhan energi anak-anak selama bersekolah dan bermain. Begitu pula bagi para orang tua yang berkutat dengan jadwal yang sibuk. Oleh karena itu perlu solusi sehat sederhana yang memastikan setiap anggota keluarga dapat menjalankan aktivitas sehari-hari.

I

ngat, bahwa ini memerlukan kedisiplinan dalam tindakan, jadi pastikan Anda mengikuti semua jadwal yang telah Anda tetapkan. Berikut daftar sederhana yang dapat membantu seluruh anggota keluarga memenuhi kebutuhan dasar nutrisi: Sarapan

Sarapan adalah makan yang paling penting setiap hari. Tapi siapa yang memiliki banyak waktu atau keinginan dengan jadwal yang begitu padat? Solusi sederhana: Segelas smoothies whey protein (protein lengkap, yang terdiri dari asam amino esensial dan non-esensial) untuk sarapan. Ini minuman yang sangat bagus untuk seluruh keluarga. Mudah menyiapkannya dan ra-

sanya sangat lezat. Bahkan mereka yang tidak terbiasa sarapan akan menikmati minuman lezat ini, terutama saat anak-anak melihat orangtuanya meminum satu gelas. Whey protein merupakan protein makanan yang sangat kaya kalsium yang mampu meningkatkan kekebalan konstituen. Kombinasikan satu sendok whey protein dengan susu, tambahkan buah segar atau beku, dan lantas blender, jadilah smoothies segar bergizi untuk sarapan seluruh keluarga.

Menjaga agar pola makan tetap baik setiap hari adalah hal yang cukup sulit. Mengonsumsi cukup buah-buahan dan sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan protein tanpa lemak secara teratur adalah sebuah tantangan. Cara termudah untuk memastikan asupan yang optimal dari vitamin dan mineral setiap hari adalah dengan suplemen multivitamin setiap hari. Multivitamin membantu Anda mengisi kesenjangan gizi yang sering ditemukan pada sebagian besar makanan, tanpa memandang usia seseorang. Seperti minyak ikan, formulasi multivitamin tersedia dalam berbagai bentuk termasuk kunyah, semacam permen karet, kapsul, tablet, dan cairan. Makanan bergizi merupakan dasar perkembangan, pembelajaran, dan fungsi yang sehat. Tapi dengan gaya hidup yang sibuk, kadang-kadang sulit untuk menemukan yang solusi pilihan yang

Segelas smoothies protein whey (protein lengkap, yang terdiri dari asam amino esensial dan nonesensial) untuk sarapan. Ini minuman yang sangat bagus untuk seluruh keluarga. Mudah menyiapkannya dan rasanya sangat lezat. Sebuah protein Smoothies juga bagus dikonsumsi saat pulang sekolah, paska-senam, atau paskaolahraga ringan. Nutrisi otak dengan minyak ikan omega-3 Meningkatkan penelitian yang menyoroti kebutuhan akan ikan dan minyak ikan yang kaya omega-3 EPA dan DHA (dua substansi yang terkandung pada minyak ikan), nutrisi fisiologis penting yang diperlukan untuk bayi, masa kanak-kanak, dewasa, masa kehamilan, menyu-

sederhana. Terlepas dari tahapan alami kehidupan, menginvestasikan kesejahteraan keluarga Anda dengan tiga langkah mudah di atas, paling tidak akan mendukung kesehatan yang optimal. (feb)

Michele Sevier, DNM, DAc, adalah pengajar dan advokat kesehatan dan penyembuhan alami. Dia menjadi penasihat independen untuk Nutrition House, nutritionhouse.com.

Praktisi Falun Dafa sedang melakukan latihan perangkat ke-5 . (THE EPOCH TIMES)

Efek Penyembuhan Falun Gong dari Kacamata Kedokteran Tionghoa, bag. 2 XIAO JINGRU

P

ada bagian pertama telah dibahas mengenai anggapan Kedokteran tradisional Tiongkok bahwa orang bisa sakit dikarenakan 3 hal, yakni faktor dari luar, faktor dari dalam, dan faktor bukan dari luar maupun dalam. Faktor dari luar ialah: angin, hawa dingin, hawa panas, lembab, kering, api atau panas; faktor dari dalam ialah 7 Qing (perasaan atau emosi) yakni: gembira, marah, cemas, kepikiran, sedih, takut, dan terkejut; yang termasuk faktor bukan dari luar atau dalam ialah: makanan dan kebiasaan gaya hidup

Orang yang rabun (Myopia), kebanyakan berkarakter keras, mau menang sendiri dan tidak rela kekurangan diri sendiri dikatakan orang lain, “lebih baik tubuh mengalami penderitaan daripada dikritik orang”. Kedua, sesuai dengan pedoman perilaku seorang manusia oleh Konfusius yakni: “Kebajikan, kebenaran, kesopanan, kebijaksanaan dan kepercayaan”. Karakter seseorang mutlak harus diperbaiki. Dimulai dari berbakti kepada orang tua. Tubuh manusia bagaikan sebuah alam semesta kecil, jika langit mempunyai 5 Qi (energi vital) dan bumi mempunyai 5 unsur (tanah, air, api, kayu, logam), maka manusia memiliki 5 Zhi yakni gembira, marah, cemas, kekuatiran, takut serta 5 organ dalam yang saling berpadanan. Itulah sebabnya ilmu kedokteran Tiongkok beranggapan: lima hal “Kebajikan, kebenaran, kesopanan, kebijaksanaan dan kepercayaan” ini saling berpadanan dengan lima organ dalam tubuh manusia. Dengan lain kata jika dalam melakukan sesuatu tidak disesuaikan dengan lima hal tersebut maka sistem organ dalam tubuh manusia dapat muncul penyakit yang sepadan. Diantaranya, “Ren atau kebajikan” berpadanan dengan sistem organ hati, yang merupakan unsur kayu dari lima unsur, berpadanan dengan musim semi. Berpadanan dengan kondisi psikologis seseorang yakni mengasihi sesama manusia. Sama dengan welas asih dan ramah serta bisa berempati terhadap orang lain. Langit memiliki rahmat mencintai ‘kehidupan’, yang dimaksud dengan ‘kehidupan’ di sini ialah mengasihi manusia atau disebut kebajikan. Maka, pada hakekatnya pemeliharaan kesehatan ialah pengasuhan hati yang

penuh kebajikan. Berbuat kebajikan dapat menyehatkan hati, orang yang bertindak secara bajik, sirkulasi darah hati mengalir lancar, Qi-meridian pun dalam kondisi prima, maka tentu saja panjang umur. Contoh lain, orang yang rabun (Myopia), kebanyakan berkarakter keras, mau menang sendiri dan tidak rela kekurangan diri sendiri dikatakan orang lain, “lebih baik tubuh mengalami penderitaan daripada muka memerah dikritik orang.” Mengerjakan sesuatu berusaha sekuat tenaga melebihi orang lain. Orang semacam ini terlalu mengutamakan perasaan sendiri, maka ia tidak mudah menyelami apa yang dirasakan orang lain. Ia akan kekurangan rasa kasih terhadap orang lain, mudah menimbulkan ego dan tidak dapat berbakti kepada orang tua secara maksimal. Karena itulah pada umumnya meridian hatinya mudah terluka. Berhubung mata adalah cermin dari organ hati, maka orang semacam ini mudah terkena penyakit rabun. Sinshe Tiongkok menerapkan prinsip semacam ini dalam uji klinis dan memperoleh hasil terapi yang memuaskan. “Yi atau kebenaran” berpadanan dengan Qi paru-paru. Kebalikan dari Yi ialah ”ekstrem”. Yi juga berpadanan dengan saripati, yang di dalam kebudayaan tradisional Tiongkok kuno, saripati bermakna mengumpulkan, adalah musim gugur. Sedangkan pada musim gugur daun-daun betebaran dimana-mana, langit dan bumi dipenuhi oleh Qi pembasmi, maka dikatakan orang yang Qi logamnya luar biasa subur, Qi pembasminya juga luar biasa berat. Diterjemahkan dengan bahasa modern, orang tersebut sangat suka mengorek kelemahan orang lain. Ia akan sangat mudah terkena penyakit yang berhubungan dengan logam, terkena penyakit dalam bidang saluran paru-paru.

but, jika sebaliknya akan dapat melukai jantung. Kondisi alami dari jantung ialah pro aktif, terbuka dan terus terang, maka apakah kondisi tidak alami dari jantung? Salah satu dari kondisi paling tidak alami ialah dendam, dendam itu paling melukai jantung, bila Anda sering mendendam terhadap orang lain, maka bisa menyebabkan hati kalut dan jantung berdebar, selain itu masih ada penyakit jantung koroner dan lain “Zhi atau kebijaksanaan” berpadanan dengan organ ginjal. Jika seseorang hendak memiliki kebijaksanaan, nomor satu ia harus rendah hati, yakni dapat menerima pendapat orang lain. Dengan kata lain, mau mendengarkan pendapat orang lain akan kian jelas, maka itu telinga adalah cermin dari organ ginjal, ini logis. Qi ginjal seseorang penuh, maka telinganya dapat dengan mudah mendengarkan nasehat orang lain, orang dengan Qi ginjal penuh juga memiliki kebijaksanaan. Seseorang yang dapat mendengar nasehat orang lain, organ telinga telah berfungsi lancar, maka Qi ginjal penuh, dengan demikian tentu saja akan memiliki kebijaksanaan. Lambung dan usus berpadanan dengan “Xin atau kepercayaan”. Termasuk unsur tanah. Dalam 4 musim ia berpadanan dengan musim kemarau panjang, yakni periode antara musim kemarau dan musim gugur, kondisi waktu itu ialah saatnya semua makhluk mengalami perkembang-biakan. Artinya ialah seluruh perkembangan permasalahan, melambung maupun tenggelam tergantung dari ketulusan-hati seseorang. Kondisi tubuh juga demikian, seseorang yang tulus dan jujur, tenaga aksinya luar biasa kuat dan di dalam benaknya selalu tidak memperhitungkan untungrugi, maka pencernakan lambung dan ususnya juga luar biasa baik.

Itulah mengapa kedokteran Tiongkok beranggapan ketika seseorang telah menjalankan prinsip “ kebajikan, kebenaran, kesopanan, kebijaksanaan, kepercayaan”, maka kondisi fisiologisnya juga akan pulih normal, tentu akan memperoleh kesehatan. Api berpadanan dengan “Li atau tata susila”, padanannya dengan arah adalah selatan, berpadanan dengan musim kemarau dan dengan organ jantung. Pada zaman kuno api dimaknai berkobar ke atas, bermakna pro aktif, beradab dan santun. Padanan sopan santun ialah ketertiban yang paling tepat dari interaksi antar manusia. Seseorang dalam melakukan sesuatu dengan hati lurus, respek terhadap orang tua dan mencintai anak-anak, santun serta berkepribadian, sangat memperhatikan sopan-santun, kebenaran, kejujuran dan tahu rasa malu, maka Qi lurus itu bisa melindungi jantung orang terse-

Sebaliknya, orang yang sering memperhitungkan untung-rugi, biasanya pencernaannya tidak baik. Itulah mengapa kedokteran Tiongkok beranggapan ketika seseorang telah menjalankan prinsip “ kebajikan, kebenaran, kesopanan, kebijaksanaan, kepercayaan”, setelah memulihkan 5 macam kondisi normal kejiwaan ini, maka kondisi fisiologisnya juga akan pulih normal, tentu akan memperoleh kesehatan. Itulah yang disebut dari spirit hingga materi telah mencapai kondisi kemanunggalan antara langit dan manusia.” (whs)


IPTEK SERBA-SERBI

TheEpochTimes CERMATAN DINAMIKA DUNIA 3 - 9 November 2011

5

Persahabatan Membantu  Mengurangi Stres pada Anak Marieke Vos-Zweers The Epoch Times

Siswa kelas empat memiliki tingkat stres yang lebih rendah ketika dikucilkan oleh temannya, jika mereka memiliki beberapa teman baik, menurut penelitian baru dari “The Netherlands”.

A

nak-anak  merasa tertekan  ketika dikucilkan,  dan  dijahili. Namun, efeknya  berkurang  jika anak tersebut memiliki  setidaknya beberapa teman baik. Bahkan memiliki  satu teman  yang baik dapat mengurangi perasaan kesepian, ketika menderita  kesulitan  yang disebabkan oleh  rekan-rekan mereka. Penolakan sosial  diketahui menyebabkan  stres  pada anak-

anak pra sekolah, remaja,  dan dewasa.  Studi baru  dari Radboud University, Nijmegen, menyelidiki adanya stres  dan intimidasi  pada lebih  dari 100  anak kelas empat,  berusia  9  tahun.  Persahabatan  dan status kelompok  anak  sangat penting pada usia formatif. Tingkat stres  anak-anak  ditentukan  dengan mengukur kadar kortisol mereka lima  kali  dalam dua  hari berturut-turut.  Merekamengunyah  gumpalan  kapas  dua kali  saat pagi hari di rumah,  saat tiba  di sekolah,  saat akan pulang sekolah, dan di rumah pada malam hari. Kortisol adalah hormon stres yang memobilisasi  tingkat energi dan membantu kita mengatasi stres. Level stres biasanya tinggi pada pagi hari, kemudian  berkurang di  siang hari. Namun,  siklus  harian  kortisol  merata akibat  stress jangka panjang sebagai akibat  dari  respon melawan atau menghindar, dan dapat  memiliki efek  negatif pada kesehatan, terutama imunitas.

Temuan  ini merupakan bagian dari Nijmegen Longitudinal Study (NLS)  dan diterbitkan  dalam  jurnal Child Development. Marianne Riksen-Walraven, pendiri  NLS  pada 1998,  berbicara dengan The Epoch Times melalui telepon. Dia menjelaskan bahwa anak-anak yang dikucilkan memiliki tingkat kortisol lebih tinggi dan kurva datar harian, menunjukkan stres jangka panjang. Namun, pada anak-anak yang  menjadi korban kekerasan tidak menunjukkan peningkatan kortisol, hal ini menunjukkan bahwa pengucilan lebih menyebabkan stres dibandingkan tindak kekerasan. Sementara itu, anak-anak yang  dikucilkan namun memiliki beberapa teman baik, menunjukkan tingkat  kortisol  lebih rendah dibandingkan dengan  anakanak  dikucilkan dan memiliki teman lebih sedikit teman baik atau bahkan tidak punya sama sekali. Hal ini menunjukkan bahwa persahabatan  membantu anak-anak

Kuburan Kapal Viking Ditemukan di Skotlandia

Lokasi penggalian di Semenanjung Ardnamurchan di Skotlandia. (Dan Addisson)

The Epoch Times

Sebuah perahu berusia 1.000 tahun yang menunjukkan status Viking yang tinggi di bagian dalamnya, telah ditemukan pada sebuah lokasi kuburan di Dataran Tinggi Skotlandia. Kuburan sepanjang lima meter itu terletak di Semenanjung Ardnamurchan yang terpencil. Kuburan itu berisikan peninggalan Viking lengkap dengan kapak, tombak, pelindung kepala, gantungan gelang perunggu, dan sebilah pedang dengan gagang penuh dengan hiasan. Sekitar 200 paku keling juga ditemukan di lokasi itu, bersama dengan temuan lainnya, seperti pisau, batu asah Norwegia, tembikar Viking, dan banyak potongan-potongan besi yang belum terindentifikasi.“ Ini adalah temuan yang sangat menarik. Meskipun kita telah menggali banyak artefak penting selama bertahun-tahun. Saya pikir wajar untuk mengatakan bahwa tahun ini arkeologi benar-benar telah melampaui harapan kami,” kata Hannah Cobb sesama direktur proyek di Universitas Manchester dalam siaran pers.

“Kuburan perahu Viking adalah sebuah temuan yang luar biasa, tetapi di samping itu, artefak dan keawetannya membuat kuburan ini sebagai salah satu yang paling penting dari yang pernah tergali di daratan Britania. Collen Batey, spesialis Viking di Universitas Glasgow, percaya bahwa perahu ini mungkin berasal dari abad ke-10. Situs ini merupakan kuburan peninggalan bangsa Viking yang merupakan penyembah Dewa Norse, yang pertama kalinya tergali utuh di daratan Pantai Barat, dan bisa jadi juga merupakan yang pertama tergali di daratan Skotlandia selama tiga dekade terakhir. Cobb telah menghabiskan enam tahun terakhir dalam menggali artefak di semenanjung, yang mana artefak tersebut menunjuk sejarah 6.000 tahun. Temuan lainnya di situs itu meliputi benteng Zaman Besi yang berasal dari sekitar 2.500-1.500 tahun lalu. “Proyek ini meneliti perubahan sosial pada Semenanjung Ardnamurchan mulai dari petani pertama pada 6.000 tahun silam sampai pembebasan dataran tinggi pada abad XVIII dan XIX,” kata Oliver Harris, sesama direktur proyek di Universitas Leicester dalam rilisnya. Menurut Harris, sebelumnya tim telah menemukan bukti atas berubahnya kepercayaan dan gaya hidup di daerah itu melalui studi praktek kuburan di zaman Neolitik dan Perunggu masing-masing pada periode 6.0004.500 tahun lalu, dan 4.500-2.800 tahun lalu. “Hal ini juga menghasilkan salah satu bukti penanggalan terbaik dari ruang penimbunan batu Neolitik di Skotlandia setelah semua pekerjaan penggalian di tempat kami selesai,” tambahnya. “Tetapi temuan yang kita ungkapkan hari ini akan membuat sesuatunya menjadi lebih baik.” (pls)

Anak-anak merasa tertekan ketika dikucilkan, dan dijahili. Namun, efeknya akan berkurang jika anak tersebut memiliki setidaknya beberapa teman baik. (PHOTOS.COM)

ketika dikucilkan oleh kelompok. Riksen-Walraven berpikir akan menarik untuk  mempelajari bagaimana pengucilan dapat memengaruhi  pikiran anak-anak ini saat mereka tumbuh dewasa, ka-rena penelitian baru yang melibatkan scan otak pada  orang

dewasa yang pernah dikucilkan menunjukkan bahwa hal itu sama menyakitkan seperti rasa sakit pada fisik. “Meskipun hasil tes menunjukkan bahwa persahabatan tidak dapat sepenuhnya menghilangkan stres akibat pengucilan di sekolah,

tetapi persahabatan setidaknya dapat membantu mengurangi stres,” kata Riksen-Walraven dalam siaran pers. “Namun jumlah dan kualitas persahabatan anak-anak juga berpengaruh terhadap efek pengurangan stres tersebut.” (rob)

NASA Rilis Peringatan Badai Tropis Rina Science Daily Peringatan akan badai tropis masih terus berlaku untuk wilayah Semenanjung Yucatan sementara satelit cuaca milik NASA memperlihatkan bahwa saat ini badai tropis Rina semakin meningkat kekuatannya. Saat ini Rina telah masuk menjadi badai tropis kategori 2 pada skala Saffir-Simpson (kecepatan angin sekitar 154-177 km/jam dan gelombang pasang setinggi 1,8-2,4 meter.) Pemerintah Meksiko juga merilis peringatan serupa yang berlaku untuk wilayah pantai timur Semenanjung Yucatan dari sebelah utara Punta Gruesa hingga Cancun, dan Cheturnal. Ketika Satelit Terra milik NASA melintas di atas Rina pada 24 Oktober 2011, instrumen Moderate Resolution Imaging Spectroradiometer (MODIS) yang diusungnya mengambil citra badai itu ketika ia bergerak mendekati Yucatan. Bagian ujung barat daya Rina kini berada di atas wilayah Honduras. Pada 25 Oktober, giliran satelit lain milik NASA, Aqua, melintasi Rina guna mengumpulkan data-data penting mengenai suhu bagian atas dari awan badai tropis Rina. Dinginnya suhu bagian atas awan badai tropis tersebut menunjukkan besarnya kekuatan yang tersimpan da-

lam Rina. Arus udara akan semakin mendorong bagian atas makin naik menuju lapisan troposfer. Semakin tinggi dan semakin dingin awan badai mengindikasikan semakin besar kekuatan dan semakin deras curah hujan yang akan ditumpahkan ke atas wilayah terdampak. Pada pukul 11 siang waktu EDT (masih pada hari yang sama, 25 Oktober), Rina terus memperkuat dirinya, ini didukung oleh bukti pencitraan inframerah AIRS yang menunjukkan adanya awan konveksi kuat di sekitar titik tengah awan badai tropis Rina. Diperkirakan kecepatan angin Rina kini berkisar di atas 165 km/jam. Badai tropis Rina makin mendekatkan dirinya ke arah Semenanjung Yucatan, Meksiko. Posisi saat ini dekat 17,4 utara dan 83,9 barat, sekitar 480 km arah tenggara Cheturnal, Meksiko dan 490 km barat daya Tulum, Meksiko. Jarak ini tidak terlalu jauh mengingat pada umumnya bentangan awan badai tropis biasa berukuran sekitar 185 km dari titik pusat. Badan Badai Nasional (National Hurricane Center) mengatakan bahwa Rina sedang merangkak ke arah barat menuju barat daya dengan kecepatan sekitar 6 km/jam. Diperkirakan jalurnya akan membelok ke arah barat daya dan bertambah sedikit kecepatan geraknya dalam waktu dua hari. Bagian pusat Rina

diperkirakan akan menyentuh garis pantai Meksiko pada sekitar Rabu malam atau awal Kamis. Angin berkekuatan badai topis diperkirakan akan mulai berhembus pada 26 Oktober siang, dan disusul angin berkekuatan topan. (Angin berkekuatan badai tropis lebih kecil daripada angin topan) Curah hujan yang sangat deras juga tampak dalam pengamatan AIRS. Rina akan menumpahkan 203 mm–406 mm curah hujannya ke atas wilayah timur semenanjung Yucatan. Sementara itu Rina juga akan menciptakan gelombang pasang setinggi 1,5–2,1 meter lebih tinggi dari batas normal. (den)

Citra Badai tropis Rina yang dihasilkan oleh satelit cuaca Terra milik NASA pada 24 Oktober 2011. (NASA GODDARD MODIS RAPID RESPONSE TEAM)

Pengalaman Menjelang Kematian: 30 Tahun Penelitian (4) Apa yang diberitahukan NDE kepada kita? STEPHANIE LAM The Epoch Times

Selama berabad-abad, orang telah memikirkan masalah pikiran dan otak tanpa kesimpulan yang jelas. Beberapa orang berpikir bahwa otak adalah pikiran, sementara yang lain berpikir bahwa mereka adalah dua hal yang terpisah. Dalam kurun 50 tahun terakhir atau lebih, fenomena pengalamanmenjelang-kematian (Near Death Experience - NDE) mulai mendapatkan perhatian orang. Orang-orang yang dinyatakan meninggal, atau mendekati kematian, berbicara tentang pengalaman seperti meninggalkan tubuh, pergi ke alam lain, atau bertemu orang-orang yang telah meninggal, sehingga menimbulkan gagasan bahwa pikiran adalah independen terhadap otak. Dalam ulasan sebelumnya, kami mengeksplorasi aspek yang berbeda dari pengalaman-menjelang-kematian. Setelah lebih dari 30 tahun penelitian, penemuan lengkap menunjuk pada konsep bahwa NDE adalah pengalaman nyata dan sesuatu di luar pemahaman ilmu pengetahuan saat ini. Jadi apa yang diberitahukan NDE kepada kita? Apa yang bisa kita

pelajari dari fenomena tersebut? Peneliti NDE, Robert dan Suzanne Mays mengembangkan teori untuk menjelaskan fenomena tersebut. Teorinya dikirimkan untuk dipublikasikan dalam jurnal ilmiah, disajikan oleh Robert Mays di konferensi Asosiasi Internasional untuk Studi-Menjelang-Kematian (International Association for Near-Death Studies - IANDS) tahun ini. Menganalisis gambaran utama NDE, Robert dan Suzanne Mays mengusulkan bahwa pikiran adalah sebuah entitas (sesuatu yang memiliki keberadaan yang unik dan berbeda, walaupun tidak harus dalam bentuk fisik) independen dari otak yang mungkin ada sebagai medan energi yang dapat berinteraksi dengan neuron di korteks serebral (bagian dari otak) melalui pertukaran listrik. Selama peristiwa NDE, Robert dan Suzanne Mays percaya bahwa ketika itu pikiran meninggalkan otak, dan ketika NDEr (subyek yang mengalami NDE) kembali “hidup”, pikirannya bersatu dengan otak lagi, tetapi kaitannya tidak sekuat seperti sebelumnya. Konsisten dengan fenomena menjelang kematian dan penelitian modern tentang otak, mereka menyatakan bahwa pikiran adalah lokus (sekumpulan titik yang memenuhi seperangkat kondisi tertentu) kesadaran, tetapi ketika terhubung dengan tubuh, perlu aktivitas listrik di otak untuk menyadarkan. Kemudian, untuk menjelaskan

Robert Mays mempresentasikan teorinya tentang pengalaman-menjelang-kematian di konferensi Asosiasi Internasional untuk Studi Menjelang-kematian tahun ini. (STEPHANIE LAM/THE EPOCH TIMES)

mengapa orang dapat melihat diri mereka sebagai tubuh yang terpisah dari tubuh material yang berbaring di tempat tidur, Robert dan Suzanne menyimpulkan bahwa pikiran juga mengasumsikan bentuk tubuh, yang juga akan menjelaskan fenomena “anggota tubuh imajiner”, di mana orang yang kehilangan kaki masih bisa merasakan kaki yang hilang tersebut. Untuk mendukung teori Robert dan Suzanne, para peneliti telah melaporkan kasus inisial MG, subyek dengan jari-jari tangan kirinya yang hilang sejak lahir tetapi merasakan “jari imajiner” nya. Ketika ia “menyentuh” orang lain dengan “jari imajiner” nya, orang lain tersebut bisa merasakan sentuhannya. Ketika ia menyentuh bagian belakang

kepala orang lain, orang lain tersebut bahkan dapat membayangkan seperti apa jari-jarinya. Ada juga sebuah contoh di mana seseorang yang terluka parah dalam kecelakaan mobil pada malam berkabut mengatakan bahwa ia merasa telah keluar dari tubuhnya, terbang ke rumah, melompat-lompat, dan berteriak minta bantuan dari luar jendela dari lantai dua. Seorang pria yang berada di lantai dua mendengar suara orang itu dan menelepon polisi. Setelah polisi datang, pria itu melaporkan bahwa ia telah melihat kabut berbentuk seorang pria melompat di luar jendela. Dalam kesempatan lain, seorang anak yang mengalami NDE yang meninggalkan tubuhnya dan melayang-layang di dekat anjing di

taman bermain, dan anjing menggoyang-goyangkan ekornya, melompat, dan menyalak padanya. Robert mengatakan bahwa roh sang anak mungkin dapat terlihat oleh anjing, karena anjing mempunyai spektrum visual yang berbeda dari kita. Anak itu juga dilaporkan telah menggelitik hidung pasien lain tiga kali, dan setiap kali digelitik pasien itu bersin. Robert lebih lanjut menceritakan kasus-kasus dimana NDErs dilaporkan masuk ke tubuh fisik orang lain. Dalam satu contoh, seorang pria mencoba untuk membunuh dirinya dengan gantung diri, tetapi selama NDE ia menyesalinya. Kemudian dia masuk ke tubuh istrinya, untuk berkomunikasi dengannya dan mencari bantuan. Setelah ia melakukan kontak dengan isterinya, sang istri sontak terkejut, “Oh, Tuhan,” mengambil pisau, kemudian langsung pergi ke tempat sang suami, memotong tali gantungan dan menurunkannya. Kasus lain yang didokumentasikan melibatkan dr. George Rodonaia, yang mengalami NDE, sementara jasadnya telah dinyatakan meninggal selama tiga hari. Selama NDE, ia masuk ke dalam kepala istrinya dan mendengar pikiran istrinya saat sang istri berpikir bahwa dia sudah mati, berpikir tentang laki-laki lain yang dia bisa kencani dan kelak menjadi calon suaminya. Istrinya menegaskan bahwa dia memang memiliki pikiran-pikiran tersebut sebelum George hidup kembali. Teori ini lebih lanjut menunjuk-

kan bahwa ternyata ini dapat menjelaskan efek samping dari NDE. Jika pikiran ini memang medan energi, yang setelah mengalami NDE tidak bersatu erat dengan otak seperti sebelumnya, mungkin hal itu dapat memengaruhi perangkat elektronik di luar tubuh seseorang, pikiran orang lain (telepati), dan memiliki sejumlah kemampuan paranormal lainnya. Karena kegiatan saraf yang berhubungan dengan kesadaran sebagian besar berada dalam wilayah abu-abu dari korteks serebral (bagian dari otak besar), Robert dan Suzanne mengatakan bahwa interaksi antara pikiran dan tubuh fisik terjadi di sana, khususnya pada sel dendrit apikal piramidal. Hal ini sejalan dengan teori yang diajukan oleh David LaBerge dan Ray Kasewich dari Simon’s Rock and Stanley Laboratory of Electrical Physics, yang diterbitkan dalam jurnal Neural Networks pada 2007, mengenai naiknya aktivitas dendrit saraf apikal. Sampai sekarang, kita tidak memiliki cara untuk mengetahui hingga tingkat apa teori ini benar. Seperti yang dikatakan oleh dr. Bruce Greyson pada konferensi IANDS, “Kami baru saja mengungkap secara permukaan dari NDE.” Namun sejauh ini, teori NDE konsisten dengan hasil temuan yang diperoleh saat ini, dan itu sebagai titik awal untuk interpretasi ilmiah dari fenomena NDE. (bdn)

Bersambung Minggu depan


6

TheEpochTimes

LINTAS BUDAYA

CERMATAN DINAMIKA DUNIA 27 Oktober - 02 November 2011

Li Youfu: Melacak Asal-Usul Ilmu Bela Diri Shaolin (1) CAI RONG The Epoch Times

“Shaolin adalah sejenis ilmu bela diri aliran Buddha, tetapi asal-usul ilmu silat tersebut bukan muncul dari Shaolin sendiri, melainkan diwarisi dari Hong Quan (baca: hung jhüen, salah satu ilmu bela diri aliran Selatan yang terutama tersebar di Provinsi Guangdong dan beberapa provinsi lainnya di Tiongkok).

S

eorang biksu setelah bermeditasi perlu menggerakkan tubuh, bila sering bermeditasi, otomatis akan muncul tenaga dalam dan perputaran Zhou Tian (Lingkaran Langit, suatu proses dalam pelatihan ilmu tenaga dalam) dan pergerakan meridian, jika dilatih lagi ilmu bela diri maka akan sangat mudah sekali tumbuh Gong (baca: kung, energi kultivasi). Karena ia sederhana dan tidak terganggu oleh kehidupan duniawi, maka sejak dulu Kuil Shaolin bisa mencetak ahli kungfu yang tangguh dan ternama.” Kompetisi Akbar Wushu Tionghoa Dunia ketiga yang diselenggarakan oleh NTDTV (New Tang Dynasty Television), mulai 8 Oktober lalu dilombakan di ge-

dung olahraga Universitas Swasta Baruch College Arc Arene, Manhattan, Kota New York, 72 peserta berasal dari empat benua menunjukkan kebolehannya dalam pelatihan tradisional aliran mereka masing-masing dan secara bertahap memasuki peluang ke jenjang semi final. Usai kompetisi, Li Youfu, ketua Komite Wasit Kompetisi Akbar memperkenalkan salah satu aliran ilmu bela diri kepada wartawan yakni asal-usul kungfu Shaolin dan membuka tabir misteri kepada para pembaca serta mengajarkan bagaimana menikmati keindahan Wushu. Ilmu bela diri Shaolin termasuk aliran Buddha? Li Youfu berkata, Wushu berasal dari kebudayaan tradisional Tionghoa yang sangat kuno dan kaya makna. Ia pada awalnya berasal dari Taoisme dan berhubungan erat dengan kultivasi (pengolahan jiwa dan raga hingga mencapai kesempurnaan), sehingga terbentuklah karakter pengasuhan moral, seni dan ketrampilan, pemeliharaan kebugaran, bela diri, serta pencegahan kekerasan. Itulah mengapa di dalam aksara Wu (武 = silat, bela diri) mengandung 2 aksara yakni: menghentikan pertikaian (止戈). Sejak zaman dulu hanya ada dua aliran besar yakni Buddha dan Tao, kalau begitu apakah ilmu bela diri dari Kuil Shaolin itu termasuk ilmu dari aliran Buddha? Li Youfu menjelaskan, ilmu bela diri dari kuil Shaolin itu boleh disebut Ilmu Eksternal, tetapi bukan ilmu dari aliran

Perang yang Ubah Sejarah Tiongkok (28):

Buddha, karena ilmu aliran Buddha bermeditasi dan berlatih Qi Gong (baca: jhi kung, ilmu pengolahan napas dan energi vital). “Biksu kuil Shaolin bermeditasi dan berlatih tenaga dalam, mengapa mereka tidak berlatih Taichi? Sebetulnnya aliran Buddha tidak diperkenankan untuk dicampur pelatihannya dengan ilmu dari aliran Tao, maka biksu yang benar-benar berhasil menguasai ilmu tersebut di dalam tubuhnya, tidak akan berlatih jurus Taichi. Kungfu Shaolin sendiri sebetulnya tidak berlatih tenaga dalam, karena menyangkut masalah aliran tidak mendua (berspesialisasi tunggal), orang yang berlatih sendiri memahami akan hal itu, tetapi masalah tersebut tidak diketahui oleh masyarakat.” “Dari aliran Tao terbagi lagi beberapa aliran seperti: Xingyi, Taichi, Bagua (baca: pa kwa, Delapan Trigram) dan Elixier Dalam. Sedangkan Shaolin berlatih tenaga luar, maka di dalam Shaolin terdapat Qigong keras, yang dengan menggunakan tangan bisa menghancurkan batu dengan ilmu Telapak Pasir Besi, ini termasuk Qigong keras, dan Qi-nya tidak masuk ke dalam Dan Tian, tidak berlatih Dan (Elixier dalam), dengan begini tidak berpengaruh terhadap tenaga dalam yang mereka latih dari hasil bermeditasi, tidak menyangkut permasalahan teguh pada satu aliran.” Dalam nomor kompetisi 8 Oktober lalu, bisa disaksikan nunchaku (sepasang ruyung 2 ruas) dan toya api. Li Youfu memberi penjelasan, “Mereka berlatih toya

karena berstatus biksu, tidak boleh membawa dan menyandang senjata tajam, di dalam Kuil Shaolin pun tidak tersedia pedang, zaman dulu mereka juga tidak berlatih golok. Mereka berlatih dua jenis senjata, toya dan Yue Ya Chan (senjata tajam berbentuk tongkat panjang dengan skop di satu ujung dan bulan sabit di ujung lainnya) yang juga disebut sebagai tongkat biksu, seperti yang digunakan Sha Sheng (Pendeta Pasir dalam cerita Perjalanan Menuju ke Barat). Kepala biara pada zaman dulu selalu membawa benda semacam ini. Toya tidak memiliki logam bersisi tajam, kedua ujungnya juga tidak lancip, ia hanya sebuah alat.” Ilmu Bela Diri Shaolin Termasuk Hong Quan Li Youfu mengatakan, ilmu bela diri Shaolin berasal dari Hong Quan. “Bodhidharma datang dari barat tanpa kitab apapun dan tidak membawa ilmu bela diri. Ia hanya bertapa 9 tahun menghadap dinding. Di kemudian hari bersamaan masuknya

Li Youfu ketua Komite Hakim Kompetisi Akbar. (DAI BING/ THE EPOCH TIMES)

masyarakat ke kuil menjadi biksu, mereka ada yang membawa ilmu bela diri, saat itu ilmu bela diri Hong Quan cukup populer di dalam masyarakat. Ada jenis Hong Quan besar dan Hong Quan kecil, maka tersebarlah ia ke dalam kuil Shaolin. Juga ada ilmu bela diri Wu Zi (dalam satu pukulan mengandung lima perubahan, sangat fantastis), ilmu bela diri ini di bawa oleh orang hebat dan sebagian orang yang berlatih ilmu bela diri lain yang menyebarkannya ke dalam kuil, pewarisannya cukup lurus dan murni, karena para biksu pada dasarnya sudah melepas duniawi, pikiran mereka lebih sederhana dan murni, tidak ada gangguan, melulu hanya baca sutera, bermeditasi dan berlatih ilmu bela diri. Itulah mengapa mereka bisa mencapai taraf ilmu yang tinggi. (lin)

Gejolak An-Shi

SHU PING The Epoch Times

Kaisar Tang Xianzong, Li Longji, diangkat sebagai pangeran suksesi karena berhasil menumpas kekacauan di Wei Shi. Setelah naik tahta, karena ditunjang kinerja cerdik cendekia dan di sekililingnya terkumpul sejumlah besar tokoh berkualitas, disaat itu pemerintahannya berjalan aman dan terkendali, ekonomi bergairah dan Dinasti Tang memasuki masa kejayaannya, maka generasi di kemudian hari menyebut masa itu sebagai Era Abad Emas.

A

kan tetapi setelah memasuki masa-masa akhir pemerintahannya, Dinasti Tang semakin hari semakin bobrok, karena ulah selir tercintanya yang bermarga Yang, berkolusi dengan Li Linfu, Yang Guozhong (kakak selir Yang) dan Gao Lishi, dalam urusan politik negara. Yang Guozhong kemudian diangkat sebagai perdana menteri dan demi memutus jalur para suku minoritas di perbatasan utara merembes ke wilayah Tionggoan (sentra politik dan budaya suku mayoritas Han di Tiongkok tengah) maka para suku nomaden itu diberi kekuasaan besar di dalam bidang kemiliteran. Dalam masa pemerintahannya, ia kalah perang dengan pihak asing dan lambat laun tidak akur dengan An Lushan (salah seorang pemimpin negara-bagian di wilayah perbatasan yang menguasai 6 bahasa asing dan berasal dari negeri kecil Sogdiana serta termasuk suku nomaden etnis Turki). An Lushan berambisi besar, ia berulang kali berkunjung ke kota-raja Chang An untuk menjelajahi situasi aktual, dari situ ia mengetahui kekuatan riil militer pusat, maka ia merencanakan makar siap merebut kekuasaan negara. Meletusnya Kerusuhan An Shi Pada 16 Desember 755, An Lushan dan Shi Siming (jenderal kepercayaan An Lushan) menggerakkan “Gejolak An-Shi”, dengan dalih hendak menghukum Yang Guozhong mereka melakukan kudeta militer. An Lushan bersekutu dengan Suku Dujue (suku nomaden etnis Turki yang berdomisili di wilayah utara Tiongkok kala itu) membentuk pasukan berkekuatan 150.000 prajurit yang diisukan berkekuatan 200.000 orang. Sebanyak 24 negara-bagian tercerai-berai. Waktu itu kaisar Tang Xianzong yang berada di Istana Huaqing Gunung Li, pada awalnya setengah percaya setengah tidak bahwa An Lushan telah memberontak. Sampai suatu hari, Yan Zhenqing kepala negara-bagian Pingyuan mengirim utusan melaporkan gentingnya keadaan kepada sang kaisar, baru Kaisar Xianzong sadar dan panik. Tak butuh waktu lama, pasukan besar An Lushan berhasil menduduki kota besar Luo Yang dan tahun 756 ia mengangkat diri sendiri sebagai Kaisar Da Yan (Yan Besar) dan tak lama kemudian berganti gelar Kaisar Xiongwu (gagah perkasa). Tang Xianzong lantaran terburu nafsu hendak mengamankan pengepungan kota-raja Chang An, juga karena hasutan menteri Durna, telah salah menghukum mati 2 jenderal besarnya yang populer yakni Feng Changqing dan

(THE EPOCH TIMES)

Fenomena Moksha (Pancaran Pelangi) QING QUAN The Epoch Times

Lukisan tatkala Kaisar Tang Xuanzong mengunjungi daerah Shu (Provinsi Sichuan kini).

Gao Xianzhi. Tindakan tersebut telah mengguncang seluruh jajaran pasukan Dinasti Tang. Pasukan pemberontak secara kilat sudah mengancam Tong Guan (lintasan strategis yang merupakan gerbang menuju kota-raja), tiada seorangpun di dalam kementerian yang mau menyongsong musuh, maka Xianzong terpaksa memanggil lagi Ge Shuhan seorang jenderal tuanya yang telah pensiun untuk memimpin 200.000 pasukan besar yang direkrut dengan tergesa untuk mempertahankan Tong Guan. Ge Shuhan yang tulus, setia dan pemberani bersama beberapa pimpinan daerah memberikan masukan kepada kaisar, “An Lushan tidak didukung rakyat, asalkan kita bersikap defensif dan mempertahankan diri di dalam kotakota, maka internal mereka sendiri akan terjadi perselisihan, di saat kekuatan mereka melemah, kita beralih ofensif dan pasti akan menang. Jika saat ini kita menyerang pasti akan memasuki perangkap.” Celakanya, PM Yang Guozhong iri hati terhadap wewenang besar yang diemban Ge Shuhan dan mengkhawatirkan hal itu akan tidak menguntungkan dirinya kelak. Ia terus menerus menghasut kaisar agar Ge mengerahkan tentaranya, sayangnya Tang Xuanzong mau mempercayai hasutan Yang Guozhong, ia berulang-ulang memerintahkan Ge Shuhan menyerbu. Ge terpaksa memimpin pasukannya untuk menyongsong pasukan musuh dan ternyata memasuki perangkap, maka pasukan Tang mengalami kekalahan besar. Ge Shuhan pun tertawan, karena ia sudah bersumpah tidak menyerah, ia dihukum mati oleh An Lushan. Dengan demikian Tong Guan yang strategis telah jatuh ke tangan musuh. Dalam situasi genting Tang Xianzong lari terbirit-birit ke Sichuan (daerah barat daya Tiongkok). Tak dinyana di dalam perjalanan terjadi kudeta oleh pasukan pengawal kaisar yang hanya menghendaki sang kaisar bertindak bijaksana, dan demi memohon maaf kepada rakyat, dengan segera harus menghukum Yang Guozhong dan selir kesayangan kaisar, Yang Yuhuan. Tang Xuanzong tak kuasa menolak dan dengan terpaksa menghukum mati keduanya. Di dalam pelariannya di Kota ChengduSichuan, sang putra mahkota melanjutkan tahta kaisar di Kota Ling Wu dan beralih gelar kaisar menjadi Tang Xiaozong. Dengan disingkirkannya Yang bersaudara yang dianggap sebagai biang bencana, ditambah lagi dari kalangan istana muncul suksesor baru yang mempersatukan opini rakyat, itulah sebabnya pasukan pemberontak dapat ditum-

(INTERNET)

pas oleh para pasukan loyalis di seluruh pelosok negeri yang berduyun-duyun melakukan perlawanan. Dua tahun kemudian yakni pada 757, An Lushan dibunuh oleh An Qingzhu anak angkatnya sendiri, kekuatan kubu pemberontak pun menyusut. Mengambil peluang itu, Guo Ziyi, salah seorang kepala negara-bagian, melakukan serangan balik dengan dibantu pasukan Suku Hui (Uighur) dan dengan cepat kota-kota Chang An beserta Luo Yang dapat direbut kembali. An Qingzhu sekutunya sendiri, ia mengangkat dirinya menjadi kaisar pula. Pada 761, Shi Siming mengalahkan jenderal Tang, Li Guangbi, dan di dalam perjalanan penyerbuan menuju kota-raja, ia dibunuh oleh putranya sendiri yang bernama Shi Chaoyi. Kekalutan terjadi di dalam kubu pemberontak, kekuatan pasukan mereka semakin menurun dan berkali-kali bisa dipukul mundur oleh pasukan pemerintah. Tahun 762, Kaisar Tang Daizong meneruskan tahta dan meminjam pasukan Hui merebut kembali Luo Yang (dalam masa keruh itu sempat berpindah tangan berulang kali), Jenderal Li Shi dan Pugu Huaien merebut wilayah yang ditinggalkan dan terus mengejar pasakan pemberontak hingga terpojok di suatu tempat bernama Fan Yang (wilayah antara Kota Beijing dan Baoding kini), disanalah Shi Chaoyi tewas menggantung diri akibat dipaksa menyerah oleh bawahannya yakni Li Huaixian. Berakhirlah drama pemberontakan dan kekacauan yang berlangsung selama 8 tahun yang di sejarah disebut ”Gejolak An-Shi”. Dampak pada Kekuasaan Dinasti Tang 8 tahun “Kekacauan An Shi” telah menguras energi dan sumber daya Dinasti Tang. Peperangan itu berakibat buruk bagi perekonomian wilayah utara dan sejak saat itu pusat perekonomian secara berangsur bergeser ke wilayah selatan. Selain itu, dengan ditariknya pasukan perbatasan ke pedalaman sehingga suku-suku minoritas seperti Tu Jue (etnis Turki) dan lainnya membanjiri wilayah Han. Banyak wilayah perbatasan tercaplok oleh negara tetangga, tentu berpengaruh pula terhadap kewibawaan otoritas Dinasti Tang di sepanjang perbatasan utara. Pendek kata, negeri Tang yang pernah paling berjaya di dalam sejarah dinasti-dinasti Tiongkok, akibat kekacauan ini ia lambat laun melemah, “Gejolak An-Shi” lah pemicunya. (whs)

Dari laporan media, pada 30 November 2010, saat penggalian tanah proyek renovasi aula Kuil Lin Qian Yan dari Kabupaten Jiu-hu, dekat Kota Longhai, Distrik Zhangzhou, Provinsi Fujian, Tiongkok, di dalam sebuah guci ditemukan sesosok mayat utuh. Setelah diinvestigasi, jasad tersebut milik biksuni dari Kuil Lin Qian Yan yang bernama Chen Zhu, dengan nama buddhis Zhu Gu. Ia lahir pada 1906 dan meninggal 32 tahun lalu pada 1978 serta telah dilakukan penguburan di dalam guci. Setelah para pinisepuh kuil mengetahui bahwa selama hidupnya dia selalu berbuat amal, maka mereka memutuskan jasadnya akan disepuh dengan emas, dan akan dibangun sebuah altar dan ruang khusus untuk menghormatinya. Sejumlah keajaiban yang ditinggalkan para kultivator ketika meninggal, bisa menarik perhatian dan patut menjadi renungan bagi masyarakat. Tubuh Huineng pemimpin generasi ke enam aliran Zen-Tiongkok telah berusia seribu tahun lebih, hingga kini masih utuh duduk tegak di Kuil Nan Hua Provinsi Guangdong. Tidak hanya itu, di Gunung Jiuhua saja ada 14 sosok jasad yang tidak membusuk. Terdapat banyak laporan seputar fenomena tersebut dan ini bukan berupa rahasia lagi. Tentu saja, diantaranya juga terdapat penganut agama Buddha awam yang belum diangkat menjadi biksu. Di dalam praktek pertapaan kaum Buddha Tantrayana Tibet, sang Buddha-hidup yang mendapat pencerahan ketika mencapai Nirvana akan muncul sebuah fenomena seperti “pancaran pelangi”, pemandangan ini sangat aneh, berwarna warni, tubuh Buddhahidup ini dalam sekejab berubah menjadi seberkas cahaya pelangi dan menghilang. Pada 1952, kepala eksekutif militer dan politik tertinggi di Tibet, Zhang Guohua, komandan Daerah Militer Tentara Pembebasan Rakyat ke-18 menyaksikan keajaiban ini. Sehari sebelumnya, seorang Buddha-hidup berkata kepada Jenderal Zhang Guohua, esok hari ia akan meninggalkan Tibet. Pada hari berikutnya, Zhang Guohua pergi mengantar. Sang Buddha-hidup duduk di tengah aula besar, tidak turun menyambut Zhang. Zhang Guohua dan bawahannya duduk menonton dari samping. Ketika seluruh

biksu kuil telah hadir dan duduk di sekitar Buddha-hidup. Terlihat Buddha-hidup terangkat dari tempat duduknya, setelah terangkat kemudian jatuh kembali ke tempat semula, ketika terangkat untuk kali ketiga, terdengar suara keras, seperti bunyi guntur yang keras, sang Buddha-hidup tiba-tiba menghilang dan terlihat sebuah awan merah terbang pergi dan tidak meninggalkan bekas. Bangsa Tibet adalah bangsa yang unik, hampir seluruh rakyatnya menganut Buddhisme. Kepercayaan mereka terhadap Buddha dan hukum Buddha berasal dari budaya bangsa mereka dan pemahaman serta kesaksian di dalam proses iman mereka. Fenomena Pancaran Pelangi adalah fenomena istimewa yang menarik orangorang di dunia mengeksplorasi hakiki kehidupan, sehingga jiwa manusia yang tersesat di dunia fana ini dari dasar hatinya muncul kerinduan akan hukum Buddha. Contoh-contoh serupa ini terdapat pula di berbagai tempat di dunia. Fenomena ini tidak dapat dijelaskan dengan ilmu pengetahuan modern. Ini juga merupakan sebuah kriteria pencapaian buah status yang harus dicapai oleh seorang kultivator. Tentu saja ini hanya sebuah penampakan, seorang kultivator bukan hanya meninggalkan tubuh yang tidak membusuk. Bagaimana mereka dapat melakukan hal ini? Mengapa tubuh mereka dapat mencapai tahapan seperti ini? Apakah jiwa mereka betul-betul seperti yang tercatat di dalam kitab Buddha, telah terlepas dari jalur reinkarnasi dunia fana ini? Jika bukan benar seperti yang dicatat dalam sutera Buddha, bagaimana mereka dapat mencapai taraf seperti ini? Nampaknya, hukum Buddha mengajarkan orang berbuat kebajikan dan amal, berbelas kasih, keluar dari siklus hidup dan mati serta benar-benar memiliki makna mendalam ketika kembali ke surga. Fakta-fakta ini bukanlah hal takhayul. Dari prinsip umum dapat disimpulkan: Para kultivator yang percaya kepada Buddha dan mengikuti serta mengamalkan ajaran sang Buddha, jiwa mereka terus-menerus mengalami peningkatan, sehingga mereka ketika mencapai Nirvana terlihat sangat tenang dan damai serta dapat meninggalkan fenomena yang ajaib. Sebaliknya bagi mereka yang menganiaya para kultivator, dosa mereka teramat besar, dan akan menerima akibat buruk yang mengerikan. (hui)


SERBA-SERBI

TheEpochTimes CERMATAN DINAMIKA DUNIA 3 - 9 November 2011

sambungan hal 1

membuktikan bahwa kami setidaknya dapat menyatakan bahwa fakta kenyataan ditemukannya Bahtera Nabi Nuh telah terjadi.”

Bahtera Nuh... Pada Jumat lalu (21/10), dalam pidatonya pada Fall Bible Conference tahunan di Duluth Bible Church di Kota Duluth, Negara bagian Minnesota, ia memaparkan dan melaporkan hasil dan bukti temuan Bahtera Nuh yang diperoleh tim arkeologi yang dipimpinnya di Gunung Ararat, Turki, pada ketinggian 5.182 meter DPL (di atas permukaan laut). Price menyatakan, mereka telah menemukan sebuah benda yang sangat aneh selebar kurang lebih 50 kaki di Gunung Ararat yang puncaknya tertutup salju abadi. Price berkata, “Dilihat dari bentuk sudut-sudutnya, benda ini adalah ciptaan manusia, dan bukan benda dari hasil proses alami. Dilihat dari ukuran, bentuk, dan temuan-temuan lainnya, kami telah menemukan Bahtera Nabi Nuh seperti yang tertulis pada Alkitab. Karena di tempat itu tidak mungkin ada benda seperti ini yang diciptakan di sana. Dari rasionalitas datadata yang ditemukan ini, serta justifikasi arkeologi berdasarkan bukti-bukti ilmiah, sambungan hal 1

Analis Ungkap... Beli Obligasi Asing Lindung Nilai, Bank Sentral Menjadi Sandera Moneter AS Menanggapi cadangan devisa sebesar lebih dari 3 triliun dolar AS yang dikendalikan oleh Bank Sentral, Cheng Xiaonong berpendapat, uang tersebut tidak layak disimpan di bank atau diinvestasikan pada bursa saham. Jaminan satu-satunya adalah membeli obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah asing. Umumnya pemerintahan negara yang besar tidak mungkin bangkrut, seperti AS, Jepang, tidak akan bangkrut, dalam situasi seperti ini, jika Pemerintah PKT membeli obligasi pemerintah sambungan hal 1

Mantan PM... Saat Profesor Tu menganalisa keadaan populasi penduduk RRT, ia merujuk kembali pada proses pertumbuhan ekonomi dan populasi di Eropa dan AS yang tidak pernah menerapkan program pembatasan kelahiran. Ia berkata, pertumbuhan ekonomi di negara-negara Eropa dan Amerika dalam 100 tahun terakhir sangat lambat namun stabil, sementara pertambahan penduduk dan perkembangan struktur usia penduduknya sangat selaras dengan proses pertumbuhan ekonomi di negara masing-masing. Namun kebijakan 1 anak yang diterapkan oleh PKT telah membuat struktur usia pen-

Temuan Tim Arkeolog Hong Kong dan Turki Satu lagi tim arkeolog pencari Bahtera Nabi Nuh terkemuka adalah tim eksplorasi Gunung Ararat yang beranggotakan gabung-an warga Hong Kong dan Turki. Anggota tim arkeologi ini sebagian besar berasal dari Hong Kong International Noah’s Ark Ministries, ditambah lagi dengan bantuan sejumlah pakar dari Turki, yang bersama-sama memasuki lokasi peninggalan Bahtera Nuh tersebut. Tim arkeolog ini juga merupakan tim pertama yang mengumumkan telah memasuki bagian dalam bahtera, bahkan pada April tahun lalu, merekalah yang pertama kali melansir rekaman video eksplorasi arkeologi mereka di Gunung Ararat, serta struktur bagian dalam bahtera, juga contoh fosil kayu yang berhasil dikumpulkan. Tim itu lebih lanjut menyatakan, fosil kayu tersebut setelah diuji dengan metode Kar-

asing masih bisa dibilang aman, masih ada sedikit imbalan yang bisa didapat. Oleh karena itu, saat mata uang asing terutama dolar AS melemah, maka menurunnya nilai cadangan devisa akan menjadi masalah bagi penguasa. Professor Hu Xingdou menyinggung satu hal di microblog, ia berkata, “Di tengah hubungan bilateral AS-RRT, telah terjadi suatu situasi tertentu: AS berperang, RRT yang mengeluarkan uang; AS berbelanja, RRT yang memproduksi. RRT mengantongi banyak sekali dollar AS, namun dollar AS tersebut nilainya menyusut lebih dari 5% setiap tahunnya.” Oleh karena itu Hu berpendapat, RRT telah menjadi sandera bagi moneter AS, dan semua itu adalah akibat ulah Pemerintah Beijing sendiri. duduk Tiongkok terlepas sama sekali dari pertumbuhan ekonominya, telah timbul keadaan yang tidak menguntungkan dari “keuntungan populasi” tersebut. Ia pun menghimbau agar PKT segera menghapus kebijakan 1 anak tersebut. Kepala Institut Kebijakan Umum dan Pertumbuhan Masyarakat dari Universitas Futan, Shanghai, Profesor Peng Xizhe, saat diwawancara BBC Mandarin juga mengatakan, kebijakan pembatasan kelahiran yang diterapkan di RRT memang telah menghasilkan efek perlambatan pertambahan jumlah penduduk, namun di saat yang sama juga telah mempercepat tingkat penuaan penduduk yang berdampak negatif. Profesor Peng menyatakan, kalau-

Gagalnya Model Ekonomi RRT yang Berorientasi Ekspor, Rakyat Harus Tanggung Beban Berat Selain itu, cadangan devisa raksasa bersumber dari model perekonomian RRT yang berorientasi ekspor. Cheng Xiaonong menganalisa, dalam kondisi perdagangan bebas, sejumlah negara yang menerapkan model perekonomian ekspor belum tentu akan menimbulkan dampak yang tidak adil bagi negara maju lainnya. Masalahnya adalah, negara berpenduduk besar tidak boleh mengandalkan ekonomi ekspor, alasannya adalah: Pertama, negara berpenduduk besar juga adalah negara yang memiliki angkatan tenaga kerja besar, jika sebagian besar penduduk negara tersebut berkecimpung di bidang produksi untuk ekspor, maka akan mencaplok pun pada saat itu tidak diterapkan kebijakan anak tunggal seperti ini, standar kelahiran anak di RRT pun tetap akan menurun, hanya saja mungkin tidak akan menurun secepat sekarang ini; juga tetap akan mengarah pada penuaan penduduk, namun kecepatan penuaan penduduk juga tidak akan secepat yang terjadi sekarang ini. Hormati Pilihan Bebas Individu Profesor Peng Xizhe juga cenderung bersikap agar RRT menghapus kebijakan “1 anak” yang masih diterapkan sekarang ini. Ia berkata, “Target fundamental dari diterapkannya kebijakan pembatasan kelahiran di RRT selama 30 tahun ini telah tercapai. Jika kebijakan ini terus dijalan-

kan adanya pemukiman penduduk. Tim arkeolog Hong Kong dan Turki baru-baru ini memublikasikan rekaman perjalanan arkeologi mereka dengan nama Noah’s Ark Stunning Revelation-2. Film dokumenter tersebut saat dirilis awal bulan ini di sejumlah bioskop besar di Hong Kong mendapat sambutan yang luar biasa. Mungkin, seiring dengan semakin banyaknya bukti yang ditampilkan bagi umum, tetap akan bermunculan selisih pandangan antara percaya dan tidak percaya pada masyarakat. Seperti perkataan pakar di dalam film dokumenter tersebut, “Tetap ada orang yang tidak percaya, bukan karena tidak cukup bukti, tapi karena hati mereka tidak ingin memercayainya.” Munculnya Bukti, Kejutkan Masyarakat Dunia Mungkin sejak wakil dekan Fakultas Pendidikan Universitas Richmond, AS, Profesor Porcher Taylor, pada 2006 silam memutuskan untuk mengumumkan hasil penelitiannya selama belasan tahun pada foto satelit Gunung Ararat bahwa obyek di gunung tersebut diyakini adalah sisa puing

Bahtera Nabi Nuh, saat itu pulalah peringatan Tuhan terhadap wahyu tersebut dimulai kembali. Berikutnya banyak pakar, arkeolog, kaum intelek, maupun teolog satu persatu telah pergi ke Gunung Ararat, untuk mencari bukti yang membenarkan bahwa Bahtera Nabi Nuh itu adalah sejarah dan bukan sekedar legenda. Gelombang eksplorasi yang berusaha mendobrak teori evolusi Darwin pun mendorong demam arkeologi Bahtera Nuh hingga ke titik puncak tertingginya. Kini berbagai tim arkeologi satu persatu secara kebetulan membawa pulang bukti kuat akan keberadaan Bahtera Nuh tersebut. Jika semua bukti itu adalah fakta, mungkin inilah peringatan dan kesempatan terakhir yang diberikan oleh Tuhan kepada manusia sebelum dunia ini diperbaharui kembali. Sang Pencipta sedang memberikan peringatan terakhir, agar manusia memilih jalan yang benar, agar terhindar dari musibah, setelah sebelumnya kenyang akan gempa, tsunami, banjir, krisis pangan, ledakan populasi, wabah penyakit, peperangan, serta bencana lainnya yang telah terjadi. (lie)

pasar negara lain secara berlebihan. Inilah perbedaan terbesar RRT dengan 4 naga kecil Asia lainnya. Empat naga kecil dapat mengandalkan model ekonomi berorientasi ekspor untuk menciptakan kemakmuran, pasar internasional yang dikuasai oleh sebuah negara kecil sangatlah terbatas, tidak akan mengancam negara lain. Lain halnya dengan RRT, dengan angkatan tenaga kerja yang begitu besar bahkan melebihi jumlah tenaga kerja di negara-negara makmur, sampai tenaga kerja sektor produksi di negara makmur pun telah kehilangan pekerjaannya, tetap saja tidak akan mampu memenuhi nafsu ekspor RRT. Kedua, negara berpenduduk besar seharusnya menjadi negara konsumtif, jika upah pekerja naik secara normal, produk dalam negeri pun dapat dijual sebagian besar di dalam

negeri, dan sama sekali tidak memerlukan ekspor. Namun Cheng Xiaonong selanjutnya mengatakan, di RRT justru telah muncul situasi pertumbuhan yang tidak normal, dengan investasi asing yang masuk. RRT diubah menjadi pabrik dunia, sedangkan di saat yang sama upah pekerja justru ditekan. Negara berpenduduk besar ini pun berubah menjadi negara yang sangat buruk kemampuan konsumsinya, sehingga produk yang dihasilkan oleh ratusan juta tenaga kerja yang lembur, justru tidak mampu dibeli oleh rakyatnya sendiri, dan tidak ada jalur penjualan lain selain ekspor. Cheng menyatakan, dengan demikian, meskipun pertumbuhan ekonomi RRT sangat pesat, namun sebagian besar pekerjanya sangat miskin. Sebuah negara berpenduduk besar

telah menjadi negara konsumtif yang kecil dan negara pengekspor yang besar; sebaliknya dengan peningkatan cadangan devisa yang drastis, inflasi juga menjadi kian parah, perusahaan domestik beramai-ramai mengalihkan uangnya untuk berinvestasi di sektor properti; naiknya harga properti dan harga barang di dalam negeri lagilagi menyusutkan daya beli rakyat, sehingga perekonomian RRT pun menjadi semakin tergantung pada ekspor… dan, jadilah sebuah lingkaran setan. Jadi, ancaman terhadap model pertumbuhan RRT adalah jalan maut bagi diri sendiri. Pemerintah mengandalkan model seperti ini untuk mempertahankan kekuasaannya, namun rakyat RRT justru harus menanggung beban berat yang timbul akibat model ini, yang entah sampai kapan akan berakhir. (lie)

kan, dampak negatif yang akan terjadi akibat transformasi kependudukan yang begitu cepat ini, termasuk risiko yang terakumulasi lebih jauh lagi, akan membawa dampak negatif yang semakin besar lagi pada perkembangan Tiongkok di masa mendatang.” Profesor Peng mengatakan, penyesuaian kebijakan kependudukan RRT seharusnya terlebih dahulu menghargai perilaku regenerasi rakyatnya untuk memilih secara bebas. Pemerintah seharusnya memberikan lebih banyak informasi, memberikan layanan kelahiran berencana dan jaminan kesehatan reproduksi. Ia berkata, pada tahap ini, tidak realistis jika mengharapkan pemerintah tidak campur tangan sama sekali terhadap segala bentuk pembatasan kela-

hiran anak. Maka dari itu, penyesuaian pembatasan kelahiran seharusnya dilakukan secara bertahap, pertama dilakukan penyesuaian di wilayah yang tingkat kelahirannya sudah sangat rendah, dan langkah kongkritnya adalah memberikan kesempatan bagi keluarga yang hanya memiliki anak tunggal untuk memiliki dua anak, lalu perlahan dikembangkan hingga semua keluarga boleh memiliki dua anak. Profesor Tu Zhaoqing juga berinisiatif untuk menerapkan kebijakan setiap pasangan suami istri boleh memiliki dua anak. Ia berkata, keuntungan dari dua anak adalah untuk menstabilkan kembali secara perlahan hingga ke suatu tahap yang dinamakan “tingkatan regenerasi”. Hal ini tidak berarti serta merta menyelesai-

kan masalah penuaan penduduk, namun setidaknya dapat membuat agar dua orang anak dari setiap pasangan suami istri dapat menggantikan (regenerasi) kedua orang tuanya di kemudian hari setelah orang tuanya menyelesaikan proses kehidupannya. (lie)

Walikota dan Pengusaha Tionghoa Tentang RUU

sambungan hal 1

Larangan Sirip hiu...

The

Epoch Times

CERMATAN DINAMIKA DUNIA PEMIMPIN UMUM: YS Then

Seorang pencetus RUU lainnya yakni anggota dewan kongres kota etnis Tionghoa bernama Kristyn Wong-Tam menyatakan, sebelumnya Toronto juga memiliki undang-undang yang melarang kepemilikan hewan-hewan yang nyaris punah, yang juga sangat baik penerapannya. Ia berkata, “Staf terkait kami akan melakukan inspeksi rutin, kami akan melakukan pekerjaan pengawasan ini dengan baik, semoga para konsumen juga membantu kami, dengan melaporkan pengusaha yang memperjualbelikan sirip hiu.” Konsultan dari Wild Aid Canada yang juga mantan Dewan Kongres, Phil Gillies menyatakan bahwa sejumlah kota lainnya juga akan mengikuti jejak Toronto memberlakukan larangan terhadap sirip hiu. Larangan sirip hiu menandakan suatu langkah besar oleh Pemerintah kota Kanada, dan kini FBI dan pemerintah provinsi juga akan didesak agar memperhatikan masalah ini. Jay Beckett, warga kota yang datang dan turut mendengarkan diskusi RUU larangan tersebut dengan mengenakan kostum terusan ikan hiu, menyatakan bahwa setelah hasil pemungutan suara tersebut diumumkan, ia sendiri sempat menangis. Hari itu dirasakannya lebih baik daripada hari-hari sebelumnya, dan ia merasa bangga karenanya. Para pendukung RUU larangan sirip hiu mengatakan, industri sirip hiu setiap tahunnya mengakibatkan penangkapan dan pembantaian terhadap sekitar 100 juta hiu, dan setiap pon sirip hiu dapat mendatangkan keuntungan hingga 300 dollar AS.

KLASIKA !

bon-14, sudah berusia 4.800 tahun, persis seperti usia Bahtera Nabi Nuh yang tercatat pada “Kitab Perjanjian Lama”. Gunung Ararat adalah sebuah gunung berapi aktif, dan sempat beberapa kali meletus. Tim arkeolog Hong Kong dan Turki ini menyatakan bahwa mereka berhasil menemukan 7 buah ruang kabin berbahan kayu di bawah lapisan tanah yang tertutup salju abadi serta lahar gunung api. Seorang anggota tim bernama Li Boyu menyatakan, “Saya melihat sebuah struktur yang dibuat dengan bahan kayu, setiap lembar kayu memiliki lebar sekitar 20 cm. Juga melihat pasak. Ini adalah bukti dari bangunan zaman dulu kala yang belum menggunakan paku berbahan logam.” Tim arkeologi tersebut menyebutkan bahwa di dalam struktur dari kayu itu terdapat banyak ruang kabin, serta palang balok, yang mungkin merupakan tempat memelihara hewan. Dari hasil rekaman video yang dilansir, dapat dilihat pada bangunan terbuat dari kayu tersebut terdapat pintu dan tangga. Tim tersebut juga mengesampingkan bahtera kemungkinan merupakan bangunan tempat tinggal manusia, karena di lokasi dataran tinggi setempat, sama sekali belum pernah ditemu-

Walikota Toronto, Rob Ford, pada Senin lalu menyatakan, dirinya tidak akan mendukung RUU larangan sirip hiu tersebut. Ford beserta kakaknya Doug Ford yang juga anggota dewan kongres kota sama-sama bersikukuh bahwa larangan sirip hiu ini seharusnya merupakan tanggung jawab negara federal. 6.000 tanda tangan menentang larangan sirip hiu yang dikumpulkan oleh Perkumpulan Pengusaha Tionghoa Toronto telah diserahkan pada federal. Ketua Perkumpulan Pengusaha Tionghoa Toronto bernama Lin Qihua menyatakan, ia percaya bahwa para pengusaha yang tergabung dalam Perkumpulan Pengusaha Tionghoa Toronto sangat kecewa terhadap keputusan itu. Namun hal itu sudah diperkirakan sebelumnya. Ia berkata, “Undang-undang itu akan memengaruhi kehidupan para nelayan Kanada, yang dilarang hanya sebagian dari tubuh hiu, padahal di Kanada penangkapan ikan hiu adalah sah secara hukum. Denda yang diberlakukan juga terlalu tinggi.” Lin Qihua menyatakan, pengacara pemerintah kota sendiri juga berpendapat bahwa penerapan undang-undang ini akan sangat sulit, Toronto hanya ingin menjadi kota pelopor dalam hal ini. “Kami merasa tidak berdaya.” Lin Qihua selanjutnya menyatakan kepada The Epoch Times, sebelum diberlakukannya undang-undang ini, pihaknya akan berdialog dengan bagian hukum pemerintah kota, untuk membicarakan sejumlah detail, dan melihat bagaimana mereka akan menerapkannya. “Jika tidak dapat diterapkan, maka undang-undang ini tidak akan ada gunanya. Hanya sebagai simbol belaka.” (lie)

PEMIMPIN REDAKSI: Widiyanto

WAKIL PEMIMPIN REDAKSI: Ajeng Utami

REDAKTUR PELAKSANA: Oscar Nugroho

REDAKTUR:

Eva Lestari, Dennis Purwoko, Febriant Hendriani, Lindsey Widya, Arief Harijoso Pemerintah Kota Surabaya bersama Universitas Kristen Petra gelar Surabaya Restaurant Award (SRA) 2011 di Atrium Ciputra Word, Minggu (30/10). Penganugerahan diberikan kepada pelaku bisnis restauran dan kafe yang memiliki layanan dan kualitas produk terbaik. The Best Restaurant 2011diberikan kepada Boncafe dan The Most Favorite Depot (Bu Kris). Sementara untuk lima restoran terfavorit, yakni The most Favorite Chinese Restaurant X.O Chinese Cuisine, The Most Favorite Asian Restaurant Sushi Tei, The Most Favorite Western Restaurant Boncafe, The Most Favorite Indonesian Restaurant Bon Ami, dan The Most Favorite Café Excelso. (JEFFERSON/THE EPOCH TIMES)

PENERJEMAH:

Linjaya, Sudianto, Hongky, Yanny, Leon, Mila, Nia, Hui Hui, Dewi Mala

WEBSITE: Hartoyo

FOTOGRAFER:

Jefferson, Hartono

sambungan hal 2

Perang Perbatasan... Semua yang dilakukan India, penguasa PKT senantiasa bungkam sesuai politik yang telah ditetapkan. Pada 1950-an, beberapa kali perundingan yang diadakan kedua negara, India tidak menyinggung masalah besar teritorial ini, seakanakan kedua-belah pihak telah mencapai kesepakatan diam-diam, sepertinya tidak eksis Garis McMahon, bahkan ketika 1954 kedua negara menandatangani kesepakatan tentang masalah Tibet, juga tidak membicarakan masalah tersebut. Perdana Menteri RRT dua kali mengunjungi India serta PM India berkunjung sekali ke RRT, tak seorang pun dari pihak RRT yang pernah menyampaikan keberatan, protes maupun mempermasalahkannya sehubungan dengan agresi India. Inipun dalam sejarah hubungan internasional adalah sebuah hal yang sangat aneh. Kemudian hari ketika PKT mengusulkan me-

rundingkan masalah wilayah perbatasan, ditolak mentah-mentah oleh PM India Nehru. Jauh sebelum menerima kunjungan PM RRT, Nehru telah mendapatkan informasi dari Burma, bahwa PKT telah menerima Garis McMahon sebagai garis perbatasan RRT – Burma di perbatasan bagian barat. Berhubung pemerintah PKT selalu bersikap acuh terhadap wilayah perbatasan dengan India, maka Nehru dengan tegas menyatakan kepada Zhou Enlai, wilayah Men Yu – Luo Yu dan Xia Cha Yu adalah wilayah India, padahal masalah wilayah negara tidak dapat dirundingkan, jika ingin berunding, maka rundingkanlah masalah dikembalikannya daerah Aksai Chin kepada India. Maret 1959, PKT melakukan penindasan bersenjata terhadap gerakan kekerasan Tibet dan Dalai Lama melarikan diri ke India. Hubungan RRT – India pun kian memburuk. Pemerintah India menuntut RRT mengembalikan seluruh daerah Aksai Chin yang meliputi 125 ribu km2 kepada India. (hui) Bersambung minggu depan

REPORTER:

Amelia Wulan, Leonardo, Rachmat, Boedijono, Manuh

ALAMAT:

The Epoch Times Indonesia Raya Panjang Jiwo Permai 34, Surabaya Tel: (031) 8431116 Fax: (031) 8496442 contact@epochtimes.co.id

DISTRIBUSI - PEMASARAN:

Jakarta : Budiman (085) 2183 27418 Surabaya : Liing (031) 70780630 Bali : Alimin (081) 65 444 779 Medan : (061) 77499135, 4572615 Semarang : Budi (024) 70712407 Yogjakarta : Tjipto (0274) 7848434 Lombok : Heryanto (081) 757 1281 Pontianak : Athiam (085) 822535966

SALES / IKLAN:

Andhy (031) 71168787 Robert (031) 70999799 Maya (031) 75152605

IKLAN WEB:

Reymond (031) 91042120

DONASI:

PT. Sinar Epoch Acc. BCA 1070255797

Manfaatkan untuk kebutuhan usaha/pribadi Anda.

Untuk pemasangan iklan mini silahkan hub (085) 6310 0300, (031) 7116 8787, (031) 7515 2605

PROPERTI

ANEKA KEBUTUHAN

ANEKA KEBUTUHAN

ANEKA KEBUTUHAN

ANEKA KEBUTUHAN

LAIN-LAIN

Jual Gudang, Lt.1008 m2, lb.500 m2 +/- lokasi strategis +/- 5 menit dr Pusat Perdagangan dan Gorontalo Business Park, kondisi semi permanen / masih layak pakai, Hub: 08525557333 Jeffry

Depot Shan Shan Ubaya - Terima pesanan nasi bungkus, nasi kotakan, dan tumpeng. Hub Christina 031-72107688 / 081-65458384 / PIN BB 25E26EE5

Labbaik Allahumma Labbaik Haji Cepat Tanpa Antri 2012. Pendaftaran dibuka s/d kuota haji terpenuhi. Infaq Rp55juta. Terbatas hny 40 calon haji. Pendaftaran hub H.M. Mudjiono SE. Kantor: (Senin-Jumat 09.00-15.00) Jl. Pemuda 8290 Surabaya. Telp 0859 3136 4443. Rumah: (16.00-21.00) Graha Angkasa Raya Perum RRI Surabaya. Jl. Brigjen Katamso IV Blok I-10, Waru, Sidoarjo (Timur Pabrik Paku). Telp 0838 3006 5659 Didukung: PT. Umroh Mandiri

Asian Original Branded Clothing, Best Quality, Money Back Guaranteed (Wholesale & Retail). Questions? Please contact us at 085648589999 www.moirearmadio.com

CYAN OFSET Melayani percetakan dan kemasan. Brosur, buku, kalender, box, leaflet, dll. Promo brosur Rp 550 per lembar. 2 sisi fullcolor. Free kartu nama. Hubungi: 031-8475259

Dijual Suzuki Shogun 125 ‘04 Di wilayah Sidoarjo, Jawa Timur. Hrg 4,5jt. Hub 0857 3094 7070

OPER KONTRAK Ruko 4 lt, Jl Jagalan 105. Sisa kontrak sampai 17/2/2015, harga 135 jt utk sisa kontrak, bs nego. Bila berminat dapat hub. 081 3324 34590

7

VAVA Design adlh prshan desain Logo & Corporate Identity (stationery, promotion tools, company profile, website, dll) utk usaha/bisnis anda. Hub: 08175083697 / PIN BB 26297ABF (Matthew). www.vava-design.com

TIO COLLECTION Menerima pesanan tas, dompet, souvenir, tempat aqua gelas, semua bahan terbuat dari manik2 (moonte). Hub : 031-77519698 /081331139682

Melayani penjualan grosir cat, bahan bangunan, dan alat-alat teknik. www.sengjoyo.com Hub: Anang 031-60495678

Melayani penjualan sayuran organik Hub: Yani 081 2300 4063 Dicari guru privat Bahasa Inggris, untuk daerah Nirwana Eksekutif. Hub Milianda 031 781 13 513


8

TheEpochTimes

WISATA

CERMATAN DINAMIKA DUNIA 03 - 09 November 2011

Praha, Republik Ceko: Kekayaan Sejarah TERRI & MARTIN HIRSCH

Praha, ibu kota dan kota terbesar di Republik Ceko, bernuansa dunia tempo dulu. Tempat ini dikelilingi banyak jalan, jembatan, gereja dan patung menawan yang membawa kita kembali ke masa abad ke-10.

P

enerbangan nonstop kami dengan maskapai Delta Airlines membawa kami ke kota yang indah ini dimana kami tinggal untuk menghabiskan malam di penginapan Sibelius. Hotel Sibelius ini mengusung masa komposer Jean Sibelius selama tinggal di Praha dan menciptakan simfoni paling terkenal, “Finlandia.�

Cobalah lobi Monastery di Hotel Mandarin Oriental - Praha untuk hidangan teh sore hari. (TERRI HIRSCH)

Tangga batu sempit membawa kami k tempat penyimpanan anggur yang dike gunakan untuk tempat mencoba anggur dan tempat makan pribadi. Selanjutnya, k kami memasuki tempat spa dengan lantai k yang mempertunjukkan peninggalan kaca gereja Gothic yang ditemukan semasa p pemugaran hotel. Terletak di bekas gerej Renaissance, ruang spa ini terhubung ja dengan hotel melalui jalan bawah tanah y yang memperkenankan para tamunya u untuk kembali ke kamar mereka lengkap dengan privasi yang diperlukan.

Pilih Gaya Menginap Anda Praha, seperti kota besar lainnya, menawarkan berbagai macam akomodasi dari hotel, losmen, penginapan dan apartemen pribadi. Hotel Sibelius terletak di daerah pemukiman yang dekat dengan daerah bersejarah. Hotel ini memiliki 12 apartemen dan 10 studio, terdiri dari apartemen dengan satu atau dua tempat tidur dan ruang keluarga beserta dapur. Kamar dengan fasilitas sarapan gratis adalah di Hotel Orion, berada di penghujung jalan. Di kawasan ini, ada sejumlah rumah makan, tempat minum bir Ceko dan beberapa toko. Diawali dengan Jalan Kaki Jalan pagi kami mulai dari Old Town Square (Lapangan Kota Tua) dan jam astronomis yang terkenal, dengan pertunjukan yang terdiri dari tiga bagian: prosesi patung Apostles (Para Rasul), jam itu sendiri, dan kalender. Pertunjukan utamanya adalah prosesi 12 rasul yang dilangsungkan tiap jam. Pusat sejarah Praha termasuk dalam UNESCO dan World Heritage Site (Situs Peninggalan Dunia) sejak 1992. Kami meneruskan perjalanan kaki dari Old Town Square ke Jembatan

Gereja Santo Vitus di Puri Praha, tempat peristirahatan terakhir para santo pelindung dan bangsawan negara. (TERRI HIRSCH)

Charles (1357), ) jembatan j b t bbatu t bbergaya Gothic yang menghubungkan Old Town dan Mala Strana. Jembatan ini diapit oleh patung di kedua sisinya dan berhiaskan pahatan dan lambang negara milik Czech Crown (Mahkota Ceko) di bawah kekuasaan Raja Charles IV. Raja Ceko melewati jalan ini untuk menuju ke katedral Santo Vitus dalam parade penobatannya. Puri dan Katedral Sesampainya di Puri Praha, kompleks monumen historis dan kultural terbesar di Praha, kami tiba tepat waktu untuk melihat pergantian penjaga di halaman luar. Segera setelah wisata puri kami dimulai, kami mengunjungi Katedral Gotik Santo Vitus yang terkenal di seluruh dunia. Konstruksi katedral ini

Menjelajah Sejarah Ceko di l i pada d 1344 b t hk dimulai 1344, ddan membutuhkan hampir enam abad untuk membangun gedung megah ini. Katedral ini adalah peristirahatan terakhir bagi Santo Wenceslas, Santo Vitus, dan Santo Adabert, para santo pelindung negara ini, demikian juga peristirahatan terakhir untuk raja-raja, para putri dan bangsawan Ceko. Sore harinya, kami berjalan menuruni tangga puri tua dan mengikuti rel kereta ke Hotel Mandarin Oriental yang dibangun di atas bekas biara abad ke-14. Terletak di jantung kota sejarah Praha, Mala Strana, hotel ini sejalan dengan Museum Musik Ceko dan hanya lima menit berjalan kaki ke Jembatan Charles. Hotel tersebut menawarkan 99 kamar tamu, termasuk 22 suit eksklusif dengan pemandangan Old Town dan Puri Praha yang luar biasa.

Hari berikutnya, perjalanan wisata dari Sibelius membawa kami ke puncak Wenceslas Square (Lapangan Wenceslas) dan museum Ceko tertua, Museum Nasional, dibangun pada sejarah purba Bohemia, Moravia, dan Slovakia, termasuk koleksi mineralogi dan zoologi. Pameran Foto Suaka Alam oleh Rostislav Stach yang berjenis mamalia, burung, amfibi, dan reptil sangatlah memukau. Pemberhentian kami selanjutnya adalah Museum Kota Praha (1863), yang memamerkan penjelasan sejarah dan pembangunan kota Praha dari awal yaitu di abad ke-9. Museum ini adalah tempat untuk artefak, dokumen, persenjataan, dan peta-peta sejarah yang menceritakan sejarah kota Praha dengan bersumber dari harta karun arkeologis paling awal hingga abad ke-18.

Salah satu dari pameran utamanya adalah model maket raksasa dengan detail kota (1826-1854) oleh Antonin Langweil, yang adalah seorang pelayan di Museum Nasional. Di malam hari, Wenceslas Square dan jalan-jalan sekitarnya berubah menjadi bazar dengan rumah makan, tempat minum dan bar menarik dengan musik jazz dan lainnya. Praha tidak hanya kaya dengan sejarah tetapi juga kaya akan musik. Jika Anda berjalan ke utara dari Museum Nasional, di samping Gedung Parlemen, Anda akan menemukan Prague State Opera (Gedung Opera Praha), yang mempertahankan keaslian gedungnya sejak dari awal dibukanya sebagai Prague German Stage (Panggung Praha Jerman). Pertunjukan Jerman yang pertama kali adalah opera Wagner. Berjalan memasuki gedung teater opera seperti berjalan memasuki masa abad ke-19 yang sudah lama hilang. Kami menonton opera karya Giuseppe Verdi berjudul Il Trovatore (“Sang Pengamen�) dengan teks berbahasa Ceko dan Inggris. Banyak kenikmatan sejarah dan musik menunggu Anda mengunjungi Praha yang mempesona. (mil) Artikel ini disponsori dan diterbitkan dengan kerja sama Biro Pariwisata Taiwan. Untuk keterangan lebih lanjut, kunjungi situs resmi Biro tersebut.


LITERATUR & SENI

TheEpochTimes CERMATAN DINAMIKA DUNIA 3 - 9 November 2011

9

Museum Berlin Hadirkan Peninggalan Budaya Dunia

ATAS: Patung Ratu Nefertiti dari Mesir yang berusia lebih dari 3.300 tahun dipamerkan di Museum Neues, Berlin (Museum Baru). Terbuat dari batu kapur polychromed, 1345 SM, oleh pematung Thutmose. (YohanesMacdougall/GettyImages); KANAN: Patung khas Renaissance yang saat ini tengah dipamerkan di Museum Bode, Berlin. Patung ini merupakan karya seniman Italia, Donatello. Setelah Berlin, pameran ini akan digelar di Museum Seni Metropolitan, New York, mulai 21 Desember - 18 Maret 2012. (Sean Gallup/ Getty Images)

Gambar 3 orang pria dengan busur dan tombak di Gerbang Ishtar, salah satu gerbang kota yang terkenal di Babilonia dan direkonstruksi di Museum Pergamon, Berlin, Jerman. (Courtesy of Susan James)

Susan James

Jika Anda berkunjung ke pusat Kota Berlin, Anda pasti akan menjumpai Museum Island (Museumsinsel, dalam bahasa Jerman), sebuah situs warisan dunia UNESCO.

M

useum yang rusak parah selama Perang Dunia II ini, telah dipulihkan dalam beberapa dekade terakhir. Museum Island banyak menyimpan warisan

dunia seni dan arsitektur, dan merupakan tandingan bagi Museum Louvre di Prancis dan Museum British, Inggris. Terletak di Distrik Mitte dan dikelilingi oleh Sungai Spree, eksterior Museum Island tampak sangat mengagumkan. Museum Island terdiri dari lima jenis museum yang (sangat) berbeda, yakni Museum Altes, Neues, Bode, Pergamon, dan Galeri Old National. Dan kelima museum tersebut menyimpan barang-barang peninggalan yang paling berharga di dunia. Di Museum Bode, pameran yang menampilkan karya-karya za-

man Renaissance saat ini tengah dipamerkan untuk umum. Menyajikan lebih dari 150 karya utama karya sekitar 40 orang seniman Italia, yang merupakan master di era awal Renaissance. Pameran ini selanjutnya akan dipamerkan di Museum Seni Metropolitan, New York, dengan tema The Renaissance Portrait from Donatello to Bellini (Potret Renaissance dari Donatello hingga Bellini). Sedangkan lantai kedua dari Museum Neues adalah “rumah” bagi patung kepala Ratu Nefertiti, yang diukir oleh Thutmose, yang merupakan dinasti ke-18 dari seniman Me-

sir. Di gedung yang sama tersimpan harta karun Troy, yaitu emas, yang ditemukan di salah satu ruangan di dalam kota yang hilang oleh Heinrich Schliemann, dan diselundupkan keluar dari Turki pada 1870-an. Kenangan dari Babilonia dan Yunani Kuno Di sebelah Museum Neues adalah Museum Pergamon, ukiran marmer raksasa yang menggambarkan pertempuran Dewa Olimpus membentang di dinding luar museum. Pengunjung bisa berjalan kaki menyusuri jalan prosesi berwarna

biru yang terbuat dari batu bata mengkilap menuju ke monumen Gerbang Ishtar, sebuah keajaiban dunia kuno dan di masa lalu merupakan gerbang masuk ke kota menakjubkan, Babilonia. Pertama kali saya mengunjungi Museum Island ketika saya masih mahasiswa, dan Berlin masih terbagi dua antara barat dan timur. Museum terletak di sisi timur Tembok Berlin dan butuh waktu, keuletan, serta perjalanan melalui checkpoint perbatasan untuk sampai ke museum. Bersama dengan sekelompok mahasiswa lain, saya menaiki tangga Altar Pergamon, ketika itu kami menjadi satu-satunya pengunjung di museum yang luas itu, sehingga hanya dapat berdiri gelisah dalam keheningan kosong. Kini saat saya menaiki tanggatangga yang sama bertahun-tahun kemudian, ruangan itu telah penuh dengan mahasiswa dan wisatawan, dan penuh dengan suara dengung ratusan orang. Pergamon serasa telah hidup kembali. Ikon Mesir Sambil menikmati karya arsitek Inggris David Chipperfield yang dengan cemerlang mampu merancang ulang Museum Neues, saya menemukan keheningan sambil terengah-engah setelah menaiki tangga ke lantai dua. Di sini merupakan tempat bersemayamnya patung Ratu Nefertiti yang tampak megah di dalam kubah kaca yang dikeli-

lingi oleh sistem pengaman sebuah perusahaan penjaga museum. Tidak pernah ada ratu yang diabadikan dalam bentuk patung dengan pengawasan penjagaan sebegini ketat selain patung ratu yang memerintah pada 3.500 tahun lalu tesebut. Sisi modernitas tampak mencolok dari wajahnya dengan urat tendon leher yang kencang, perwujudan yang begitu ekspresif oleh sang seniman, yang mampu bercerita lebih fasih mengenai kehidupan Nefertiti yang penuh tekanan, dibandingkan dengan lusinan buku teori sejarah. Ia tampak layaknya penguasa dalam ruangan ini. Saya melihat para pengunjung mondar-mandir terkagum-kagum padanya. Di sekitar ruangan tersebut juga terdapat benda-benda peninggalan indah yang ditemukan di kotanya, dan juga terdapat patung sang suami, Firaun Akhenaton, yang diletakkan berhadapan dengan sang ratu. Jika Altar Pergamon bagaikan sebuah pasar, maka ruangan Nefertiti adalah bagaikan sebuah kuil. Susan James adalah seorang penulis lepas yang berbasis di Los Angeles. Dia telah tinggal di India, Inggris, dan Hawaii dan menulis tentang seni dan budaya. (osc)

Istana Versailles Pamerkan Furnitur Berusia 400 Tahun Renate Stodieck The Epoch Times

Istana Versailles, salah satu istana termegah di Eropa, saat ini menyelenggarakan pameran menampilkan mebel dan perlengkapan dari masa pemerintahan Louis XIV, 400 tahun yang lalu.

B

aron Roland de L’Espée, yang menjabat sebagai presiden asosiasi Friends of Versailles sejak 2009, merasa bahwa dirinya ikut bertanggung jawab untuk menjaga kelestarian istana. Asosiasi ini didirikan pada 1907 untuk memperta-

hankan istana, mengingat bahaya akibat rencana pemusnahan istana. “Saya merasa bertanggung jawab sebagai seorang tuan tanah, bukan sebagai pemilik,” kata de L’Espée. Ketika ditanya tentang apa yang mendorongnya untuk melakukan hal ini, ia berkata: “Saya dibesarkan dengan berbagai cerita mengenai Versailles dari ayah saya, yang juga menjadi anggota Friends of Versailles. Dan saya diterima sebagai anggota pada KANAN: Baron Roland de L’Espee, seorang sejarawan seni, yang mempelajari sejarah Versailles, dan kini menjabat sebagai presiden dari asosiasi Friends of Versailles. (Courtesy of Roland de L’Espee); BAWAH: Hall of Mirrors, sepanjang 75 meter terdiri dari 357 cermin, adalah balai yang paling indah dan paling terkenal dari Istana Versailles. (Copyright EPV/C. Milet)

1980.” “Asosiasi ini menyadari saya akan dapat banyak membantu di sini, karena sebagai seorang sejarawan seni yang bekerja di sebuah perusahaan yang dihormati, tentu saya mengetahui semua hal yang berkaitan dengan sejarah istana, kurator, dan konservator yang pengetahuannya amat

berharga guna melestarikan harta karun seni dan arsitektur,” ujar de L’Espée. “Jadi, itu terjadi secara otomatis bagi saya untuk menerima posisi ini (presiden asosiasi). Karena Versailles telah menjadi bagian dari hidup saya,” tambahnya. Generasi Lebih Muda Istana seluas 1400 meter persegi itu, adalah model bagi banyak istana-istana Eropa abad XVII dan XVIII lainnya. Ini telah menjadi bagian dari warisan budaya UNESCO sejak 1979. Istana dan tamannya yang menakjubkan, terbuka untuk pengunjung umum. Meskipun Versailles termasuk dalam deretan peringkat tinggi pada daftar wisata mancanegara, namun istana ini tampaknya kurang menarik minat bagi para pemuda dan remaja. “Orang muda harus terlebih dahulu membuka diri terhadap pintu sejarah. Dan kemudian saya yang akan membukakan jendela seni masa lalu,” ujar de L’Espée. “Karena Versailles adalah tempat yang sangat spesial. Ia adalah pusat dari seni abad XVII dan XVIII di Eropa.” “Ia membentuk selera kontemporer dalam pengembangan seni, mulai dari lukisan, patung, perabot, taman, musik, dan teater, serta berpengaruh pula terhadap kreasi kuliner dan etika peradilan. Bahkan bahasa Prancis menjangkau hingga seluruh benua.” Versailles menawarkan tempat untuk ruang konferensi dan akhir-akhir ini juga digunakan sebagai tempat

Sebuah pameran di Istana Versailles menyajikan furnitur berusia empat abad, untuk membantu menentukan bagian mana dari Istana Versailles yang harus dilengkapi. (Copyright EPV, JM. Manai, C. Milet)

kursus musim panas bagi para calon konservator. “Kursus ini terbuka untuk orang-orang muda yang mungkin tinggal di luar Paris yang dananya terbatas. Dengan mengikuti kursus ini, mereka bisa mendapatkan pengalaman praktis dan belajar tentang seni melalui kontak langsung dengan warna, kayu, marmer, dan bagaimana mereka perlu dirawat untuk pelestarian jangka panjang. Di sini mereka akan mengenal dunia seni dengan cara yang praktis, bukan akademik,” kata de L’Espée. Raja Matahari Louis XIV, yang disebut Raja Matahari, memerintah pada 1643-1715. Dia memperbesar dan menjadikan Istana Versailles menjadi situs

kemenangan. Hall of Mirrors merupakan contoh yang mewakili kemegahan istana dan kastil bangsawan Eropa. “Raja Matahari tumbuh dalam kemiskinan, karena semua bangsawan ketika itu menentang ayahnya,” de L’Espée menceritakan. “Lalu ia membuat istana di pusat kota, dan ia tinggal di tengah-tengahnya. Sehingga semuanya terlihat seolah berputar di sekelilingnya, seperti mengelilingi matahari. Namun ia tidak pernah hidup berlimpah harta,“ kata de L’Espée. Pameran Furnitur Empat Abad ini dibuka sejak bulan lalu. “Pameran ini lantas menimbulkan pertanyaan bagaimana istana harus ditata ulang untuk menjaga keaslian

furnitur-furnitur tersebut,” kata de L’Espée. Semua perabotan (yang dipamerkan) itu adalah perabotan yang dijual setelah Revolusi Perancis. “Banyak benda peninggalan tersebut yang dibawa kepada raja-raja lainnya, terutama untuk Kerajaan Inggris, dan sebagian besar lainnya berakhir di museum. Namun banyak pula yang dapat dipertahankan,” tutur de L’Espée. Pameran ini menyajikan furnitur berusia 400 tahun dengan desain khas pada masa itu. “Setelah ini kami akan lebih mudah menjawab pertanyaan, bagaimana kami ingin melengkapi Versailles,” kata de L’Espée. “Pameran Furnitur Empat Abad” ini berlangsung hingga 11 Desember 2011. www. ChateauVersailles.fr. (osc)


10

TheEpochTimes

BISNIS & EKONOMI

CERMATAN DINAMIKA DUNIA 03 - 09 November 2011

Pusaran Ganas Ekonomi Seret RRT ke Rekor Cadangan Devisa Tertinggi LUO YA & CHEN JING The Epoch Times

Cadangan devisa RRT mencapai rekor tertinggi sebesar 3,2 triliun dolar AS di penghujung September, menurut statistik terbaru Bank Central China. Banyak warga RRT yang mempertanyakan kenapa tumpukan uang yang begitu besar ini tidak digunakan untuk membantu rakyat RRT sendiri. 17 Oktober lalu, harian pemerintah, People’s Daily menerbitkan sebuah artikel bertajuk “Uang siapakah cadangan devisa kita itu? Dapatkah digunakan?” Artikel tersebut mengutip perdebatan pengamat yaitu, “Cadangan devisa menjadi milik bank sentral RRT, dan juga mewakili kekayaan negara, tetapi uang itu tidak dapat diintepretasikan sebagai “uang darah” rakyat Tiongkok, dan tidak dapat digunakan secara bebas.” Artikel ini menulis, mata uang asing yang dikumpulkan dari perusahaan maupun perorangan di RRT, dijual ke bank sentral untuk ditukarkan dengan RMB. Maka itu, cadangan devisa menjadi aset bank sentral, yang didapatkan melalui metode liabilitas. Dengan leluasa mendistribusikan uang kepada rakyat biasa, akan membawakan konsekuensi yang serius. Artikel itu juga menyebutkan, termasuk inflasi dan bahkan kebangkrutan dari bank sentral itu sendiri. Sudah sejak lama negara itu menerapkan kebijakan pemberian insentif kepada eksportir dan membatasi impor, dengan kata lain melonggarkan aliran dana mata uang asing yang masuk dan memperketat aliran mata uang asing yang keluar. Juga, karena RMB memiliki potensi untuk diapresiasi, perusahaan dan rumah tangga di RRT menjadi tidak suka menyimpan mata uang asing. Semua faktor inilah yang mendorong lajunya peningkatan jumlah cadangan devisa yang ada. Kegagalan Model Orientasi Ekspor Dr. Cheng Xiaonong, pengamat ekonomi RRT yang tinggal di AS, dan kepala editor Modern China

Seorang pria tua berjalan melewati sebuah poster yang mengiklankan renminbi (RMB) di Hong Kong pada 18 Agustus lalu. (AFP/GETTY IMAGES)

Studies mengatakan kepada The Epoch Times, besarnya cadangan devisa dapat dilacak dari model orientasi ekspor RRT. Cheng menyatakan bahwa, sebuah negara yang luas dan banyak penduduknya seperti RRT tidak dapat bergantung pada ekonomi yang berorientasi pada ekspor, ada dua alasannya: Pertama, sebuah negara dengan populasi besar juga memiliki sebuah pasar tenaga kerja yang besar. Jika mayoritas dari tenaga kerja itu terjun dalam produksi barang ekspor, ini akan sering terjadi perebutan pasar dari negara-negara lain. Kedua, negara dengan populasi besar seharusnya menjadi pasar konsumen utama. Jika upah meningkat normal, sebagian besar produk negara ini dapat dikonsumsi secara domestik, dan tidak perlu bergantung lagi pada sektor ekspor. Pertumbuhan ekonomi RRT telah menjadi industri dunia internasional dan menarik investasi asing dengan upah yang rendah. Dalam proses ini, RRT berubah menjadi sebuah negara dengan pasar konsumen yang lemah, sehingga sejumlah besar produk yang dihasilkannya harus mencari pasar hingga ke luar negeri. Cheng menjelaskan bagaimana ekonomi RRT terperangkap dalam sebuah lingkaran ganas yang membuat cadangan devisa kian meningkat. Meskipun RRT mengalami langkah pesat dalam pertumbuhan ekonomi, mayoritas buruh masih di bawah garis kemiskinan, tutur Cheng. Cadangan Devisa meningkat drastis, seiring dengan meningkatnya inflasi. Bersamaan itu, perusahaan domestik terjun ke dalam pasar pro-

perti, sehingga menaikkan harga rumah, kata Cheng. Naiknya harga komoditas dan perumahan semakin menjatuhkan daya beli masyarakat. RRT harus belajar lebih banyak mengenai ekspor, yang membuat cadangan devisanya membengkak, dan sebuah gelombang inflasi baru, kata Cheng. Ekonom Qi Yanchen berkata, ukuran impor RRT tidak signifikan, namun gagal mengarahkan penurunan harga komoditas. Alasannya, impor dimonopoli oleh kepentingan kelompok-kelompok dalam negeri untuk mengeruk keuntungan besar. Sebagai contoh, harga minyak olahan domestik jauh lebih tinggi dari harga rata-rata minyak dunia. Dalam teori ekonomi dasar, harga komoditi harus menurun seiring semakin banyaknya produk yang tersedia di pasar yang berasal dari naiknya impor, dan masyarakat harus bisa mendapatkan keuntungan dalam hal ini. Namun situasi RRT kini, berjalan bertolak belakang dengan kondisi ekonomi pada umumnya, semakin banyak barang yang diimpor, masyarakat Tiongkok menjadi semakin menderita. Cheng mengemukakan, perusahaan Tiongkok menggunakan produk dan tenaga kerja mereka untuk mengumpulkan mata uang dolar AS. Ini seharusnya memungkinkan rakyat Tiongkok membeli produk dan layanan dari pasar internasional. Namun, pemerintah Beijing dengan paksa mengontrol peredaran mata uang asing, dan merebut hak dasar rakyatnya sendiri. Pada

intinya, pemerintah telah membuat mata uang asing yang diperoleh perusahaan dan individu itu menjadi sebuah entitas yang dapat dilihat tapi tidak dapat disentuh. Inflasi domestik kini menjadi masalah yang cukup serius di RRT, selain itu bunga simpanan bank berada di titik terendah juga. Banyak orang ingin mencari sebuah metode investasi nilai tambah yang aman. Satu-satunya kemungkinan, adalah mengizinkan bank-bank asing dan agen investasi untuk melayani orang Tiongkok yang mampu membeli saham dan obligasi asing. Tetapi Beijing telah melarang kemungkinan ini. Chen yakin, rute yang jelas akan menghapus kontrol pada mata uang asing, dan membiarkan orang bebas berinvestasi ke luar negeri. Tetapi, orang cenderung tidak memercayai Partai Komunis Tiongkok (PKT) lagi. Jika pengaturan mata uang asing ditiadakan, orang akan segera memindahkan uang mereka ke luar negeri. Jadi PKT tidak berani melonggarkan pengaturannya terhadap mata uang asing. Cadangan Devisa bagi Rakyat Qi, salah satu ekonom di RRT bersikeras bahwa cadangan devisa dapat didistribusikan ke masyarakat. Dia yakin distribusi bebas cadangan devisa, tidak dapat mengakibatkan inflasi. Jika rakyat mempunyai uang, dia berkata, mereka kebanyakan akan menghabiskannya ke luar negeri - ini semacam mengimpor barang. Hu Xingdou, profesor dan ekonom Insititut Teknologi Beijing, menyatakan dalam sebuah mikroblog, bahwa dia merasa tidak masuk akal jika usulan untuk melonggarkan kontrol pemerintah terhadap cadangan devisa akan mengakibatkan inflasi. “Orang harus berubah dari penyelesaian paksa mata uang asing ke penyelesaian sukarela mata uang asing. Cara ini dengan sendirinya akan membuat mata uang asing seperti dolar AS tetap berada di masyarakat dan mengubah kekayaan nasional menjadi kekayaan pribadi. Jika sebuah perusahaan atau perorangan menyimpan semua mata uang asing dari perdagangan internasional, dan tidak menukarkannya menjadi RMB, maka tidak akan ada masalah penukaran uang kedua kalinya seperti halnya mencetak uang,” tuturnya. (ltv)

Politisi Uni Eropa Gagal Hasilkan Solusi Atasi Utang (1) VALENTIN SCHMID The Epoch Times Mencermati Pasar Eropa Saat berlangsungnya KTT Uni Eropa (UE) yang paling ditunggutunggu hingga minggu kemarin, indeks ekuiditas utama Euro Stoxx 50 jatuh sebesar 0,76% dalam pergerakan perdagangan yang votalitas dan ditutup pada level 2.337 pada minggu itu. Sistem perbankan UE membutuhkan 4 miliar untuk memenuhi persyaratan peraturan yang ada. Mata uang Euro tidak mengalami perubahan dengan ditutup pada $AS 1,39, tetapi harga ini berhasil menutupi lonjakan tak terkendali yang terjadi pada pasang surut dan aliran berita tentang KTT Uni Eropa yang dimulai Sabtu (22/10). Tak Ada Penyelesaian Krisis Utang Mata pengamat pasar saham dan mata uang global tertuju pada Eropa pekan lalu. Pasar keuangan dikerahkan selama empat minggu terakhir, setelah para pemimpin UE

berjanji untuk mencari solusi yang komprehensif dalam mengatasi utang bermasalah dan kurangnya modal sistem perbankan mereka. Credit Suisse memperkirakan sistem perbankan akan memerlukan dana sebesar 400 triliun euro ($AS 554 triliun) hanya untuk memenuhi akhir lebih tinggi dari persyaratan peraturan. Negara-negara kuat termasuk Italia dan Spanyol - diturunkan peringkatnya oleh Moody’s dari Aa-2 menjadi A-1 – dan memerlukan dukungan mekanisme dalam menerbitkan obligasiobligasi baru untuk menggantikan yang sudah ada, karena pendanaan melalui pasar akan terlalu mahal. Morgan Stanley memperkirakan volume obligasi akan bergulir sekitar 1,7 triliun euro ($AS 2,36 triliun) hingga akhir 2013. Karena pertemuan UE ini tidak menghasilkan sebuah rencana apapun, tetapi menunda keputusannya hingga pertemuan pada Rabu (26/10). UE juga melemparkan tanggung jawab kepada negara G-20, yang diharapkan akan “menyetujui sebuah rencana tindakan ambisius yang berisi komitmen khusus dan langkah-langkah pen-

ting negara G-20 untuk menanggapi tantangan serius yang berasal dari perlambatan ekonomi saat ini.” Politik Jerman dan Prancis perlambat proses Bagaimanapun, kedua orang paling berpengaruh ini seharusnya menangani krisis ini. Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Prancis Nicolas Sarkozy menjelaskan bahwa mereka benar-benar memahami apa yang dipertaruhkan pada minggu lalu. Sarkozy mengatakan kepada media Inggris, Telegraph, Rabu (19/10) lalu, “Jika tidak ditemukan solusi hingga Minggu (23/10), semuanya akan runtuh.” Akan tetapi, menurut Bloomberg, Merkel sebelumnya mengatakan bahwa, “Belum ada keputusan resmi Uni Eropa.” Dapat dipastikan pada hari dimana Sarkozy menegaskan bahwa tidak ada harapan lagi bagi kawasan Eropa. Majalah Jerman Der Spiegel melaporkan, Angela pertama kali harus mendapatkan persetujuan dari Badan Anggaran di Parlemen Jerman terlebih dahulu untuk bisa melaksanakan rencana bailout-nya.

Wal-Mart Pangkas Tunjangan Kesehatan FRANKLIN YU The Epoch Times Raksasa ritel Wal-Mart Stores Inc., yang merupakan perusahaan terbesar nasional dalam jumlah karyawan, mengatakan pada pekan lalu, akan memangkas tunjangan kesehatan bagi para karyawan paruh-waktu di kemudian hari. Selain itu, Bentonville, sebuah perusahaan yang berbasis di Arkansas mengatakan bahwa beberapa karyawan saat ini mungkin diminta untuk membayar premi yang

lebih tinggi dari jaminan kesehatan mereka saat ini. Dalam laporannya, AP mengatakan bahwa karyawan baru WalMart yang bekerja kurang dari 24 jam per minggu, tidak lagi berhak mendapat tunjangan kesehatan, sementara itu para pekerja lainnya melihat premi bulanan mereka meningkat sebanyak 36 %. Greg Rossiter, juru bicara WalMart menegaskan laporan tersebut. “Biaya perawatan kesehatan terus naik lebih cepat dari yang diperkirakan semua orang,” kata Rossiter dalam sebuah pernyataan. “Ini

keputusan sulit untuk menaikkan tarif. Tetapi kami mencari keseimbangan antara pengelolaan biaya dan penyediaan kualitas serta jumlah jaminan perawatan.” Wal-Mart mempekerjakan lebih dari 1 juta karyawan, dan peningkatan biaya tunjangan kesehatan baru-baru ini telah menjadi perhatian perusahaan. Perusahaan ini tengah melobi politisi untuk membuka beberapa gerainya di daerah metropolitan New York, dengan mengatakan selain akan menguntungkan daerah tersebut karena menciptakan

Kepala Badan Anggaran, Ulrich Scharlack, mengatakan (20/10) lalu bahwa jaminan Jerman dibawah konfigurasi saat ini, Fasilitas Stabilitas Keuangan Eropa (EFSF) tidak dapat melebihi dari yang sudah dijanjikan 211 miliar euro (292 triliun dolar AS). EFSF ini mirip dengan TARP versi Eropa, dan banyak pengamat pasar yakin bahwa tanpa ada peningkatan jumlah jaminan, tidak akan cukup dana untuk mencapai tujuan rekapitalisasi bank dan perlindungan utang. Contoh ini mengilustrasikan betapa sulitnya mengatur sebuah federasi yang terdiri dari 17 negara berkuasa yang hanya menggunakan satu mata uang tunggal saja. Merkel juga menambahkan mengenai rumitnya hal ini, “Rekapitalisasi bank membuat cemas semua 27 anggota Uni Eropa.” Ini berarti negara-negara seperti Inggris yang tidak menggunakan mata uang euro namun bagian dari UE, juga ikut cemas. Dengan insentif yang sangat berbeda, mungkin tidak mengherankan bahwa belum ada solusi politik untuk masalah ekonomi yang rumit sementara ini. Bersambung minggu depan

lapangan pekerjaan baru, juga menyediakan barang-barang dengan harga terjangkau. Namun, sebuah studi terbaru yang dirilis Alliance for a Greater New York (ALIGN) dan Murphy Institute di Universitas Kota New York menemukan bahwa, dalam upaya Wal-Mart mencapai pangsa pasar produk serupa dinikmati secara nasional, maka perlu membuka gerai jauh lebih banyak dari yang diharapkan. Studi ini juga menemukan bahwa, dikarenakan usaha kecil Wal-Mart akan digantikan, maka akan ada kehilangan bersih hampir 4.000 pekerjaaan yang tersedia di wilayah tersebut. (hty)

Pojok Pemasaran:

Dapatkah “Ide Ramah Lingkungan” itu Menguntungkan? ADELE LASSERE Pernahkah Anda sadari tak peduli menggunakan jalur media, perusahaan terus mencetuskan ide-ide yang lebih ramah lingkungan? Banyak pelaku bisnis membuat gebrakan besar dalam pasar, dengan menjangkau semua platform media untuk mengiklankan produk mereka. Namun pertanyaannya, apakah ide semacam ini dapat terbayar dengan laba atas investasi (ROI)-nya... dalam bentuk uang, tentu saja! Sejumlah besar konsumen setuju bahwa dukungan perusahaan terhadap ide-ide ramah lingkungan adalah hal yang sangat penting. Sebagai tambahan, konsumen juga memikirkan apakah bahan baku yang digunakan dalam pembuatan produk-produk yang mereka beli itu dapat berkelanjutan (sustainable). Semua poin di atas ikut memengaruhi keputusan konsumen dalam membeli barang dari perusahaan tersebut. Tetapi, perbandingan sebenarnya dari para konsumen yang mau membayar lebih mahal untuk produk-produk ramah lingkungan itu tidak selalu komparatif. Khususnya dalam keadaan ekonomi sekarang

ini, banyak konsumen yang lebih mengedepankan pilihan mereka pada barang-barang dan layanan yang lebih murah. Usaha kecil dapat menerapkan sistem ramah lingkungan ini dengan mengambil langkah-langkah kecil untuk mendemonstrasikan ide-ide ramah lingkungan. Manfaatkan pesan iklan yang ada dan kendaraan iklan dalam menyampaikan solusi yang berkesinambungan terhadap lingkungan. Dengan cara ini, perusahaan Anda dapat menjadi bagian dari sederet pertimbangan tanpa harus mengeluarkan sejumlah dana kecil untuk menyampaikan langkah berkelanjutan apa saja yang telah Anda miliki. Ingat, dalam beberapa poin, ekonomi juga akan kembali pulih, tingkat kepercayaan diri konsumen akan meningkat, dan perilaku hemat mereka juga akan memberikan lagi jalan untuk pembelian produk dan layanan dengan harga yang lebih tinggi. Kuncinya, pastikan bahwa Anda menabur benihnya sekarang untuk meningkatkan daya saing dan memberikan pertumbuhan bagi bisnis Anda kedepannya. (ltv) Get Busy Media adalah blog dan pusat sumber daya yang membantu usaha kecil dan pengusaha cerdas membangun perusahaan. Informasi lebih lanjut bagaimana memulai pemasaran bisnis kecil Anda, silakan kunjungi www.getbusymedia.com

Rentannya Iklim Perbankan RRT (2) HEIDE B. MALHOTRA The Epoch Times

Diprediksi alami goncangan Rezim RRT menguasai hampir setiap bank di Tiongkok dan semuanya mengalami pailit. Bukan hanya pailit, bahkan jumlah kredit macet mereka sangatlah besar,” menurut sebuah artikel yang dirilis pada 2005 di situs Pusat Strategi dan Analisa Internasional (IASC), berjudul A think tank based in Alexandria, Va. Pernyataan IASC ini bisa tepat karena sesuai dengan para pengamat yang mempunyai informasi akurat. Meskipun artikel ini telah ditulis beberapa tahun lalu, semua masalah yang dipublikasikan peneliti telah hilang ketika diumumkan saat ini, begitu juga pada 2005. Tetapi ada pengecualian, karena dunia sedang bangkit, dan menjadi lebih memahami apa sebenarnya yang bermasalah dengan sektor keuangan RRT. Menurut data Indeks Bloomberg MSCI China Financials, saham bank RRT turun ke titik terendah sepanjang masa. Indeks MSCI turun sebesar 4,942 persen menjadi 317,18 dolar Hong Kong (sekitar 40,71 dolar AS) pada 1 Oktober sore. Indeks MSCI China Financials ini berjalan mengikuti kondisi pasar RRT di sektor finansial. Indeks MSCI China Financial memperlihatkan bahwa isu-isu utama yang terjadi di lembaga pinjaman RRT adalah gagal bayar (NPL), baik dari badan usaha milik negara maupun daerah karena terinspirasi secara politis, praktek pinjaman tak terkendali, meskipun mengetahui bahwa pembayaran tidak mungkin terjadi. Rasio NPL adalah rasio yang dihasilkan dari perbandingan NPL dengan jumlah pinjaman. NPL berarti sudah default (terhapus) dan tidak akan pernah terbayar lagi. Meskipun masih berupa estimasi, para pakar yakin bahwa angka NPL RRT ini jauh lebih tinggi dari yang diinformasikan. Asumsi ini berasal dari rasio kredit bermasalah dengan aset yang mencapai paling sedikitnya 40 persen bagi semua bank terbesar di Tiongkok. Kembali pada 2005, begitu juga hari ini, “Para ekonom swasta telah memperkirakan bahwa rasio NPL sebenarnya antara 35 - 40 persen. Ini diartikan nilai pinjaman tak berguna antara $AS 374 miliar dan $AS 749 miliar dolar AS bagi empat bank terbesar milik negara. Menurut saya, nilai itu jauh lebih tinggi. Dalam dua tahun terakhir saja, bank-bank ini telah memberi pinjaman baru sebesar $AS 360 miliar. Jika mereka bisa mendapat pengembalian utang itu, ini akan jadi keajaiban,” kata penulis artikel penelitian IASC. Pada Agustus, situs Business Center melaporkan bahwa kredit

bermasalah naik hingga 10 persen sampai melewati Juni 2010 di semua bank-bank komersil terbesar RRT. Apa yang terjadi dengan institusi pemberi pinjaman RRT pada 2005, adalah jauh lebih buruk dari angkaangka yang diberitakan. “Masalah sistem perbankan RRT adalah cukup sederhana.... Partai Komunis Tiongkok tetap ingin memegang kekuasaan. Ia ingin menjalankan sistem perbankan negara itu menurut keinginannya,” tulis artikel IASC. Regulasi perbankan dipandang jadi penyelamat “Tolok ukur baru yang dikeluarkan badan pengawasan perbankan RRT adalah untuk mencegah lembaga keuangan menjadi over-leveraging, dan mereka mengeluarkan kerangka yang jelas tentang akuntabilitas dan aturan pedoman rinci tentang pengungkapan,” menurut artikel di situs China Law & Practice, September lalu. Peraturan ini untuk membatasi berapa banyak kredit bermasalah yang boleh dimiliki sebuah bank. Akan tetapi, “toleransi yang lebih besar ditujukan bagi rasio NPL perusahaan-perusahaan kecil,” tulis China Law & Practice. Ada informasi terbatas mengenai regulasi perbankan ini. Tetapi para pakar menyatakan bahwa sejak bank-bank RRT harus beroperasi dalam pengawasan rezim PKT, peraturan-peraturan yang ada gagal memerankan fungsinya ketika rezim ini memaksakan sebuah tindakan. Komisi Pengawasan Perbankan Tiongkok (CBRC) diberi wewenang pengawasan berlebihan atas perbankan RRT maupun asing yang membuka cabangnya di RRT setelah terjadinya krisis keuangan. CBRC diberikan lebih banyak lagi wewenang pengawasan terhadap semua bank di RRT tahun ini, karena sektor perbankan RRT kekurangan kerangka hukum terpadu untuk mengawasi keserakahan bank-bank sebelum krisis keuangan, menurut Netscribes (sebuah perusahaan analisa pasar India), yang dipublikasikan dalam serangkaian presentasi mengenai industri perbankan di RRT. Netscribes menyarankan agar bank-bank di RRT tetap dikontrol negara, meskipun persyaratannya telah diperlonggar akhir-akhir ini. Tetapi karena kepemilikan mayoritas negara, “Ada sejumlah hambatan bagi kepemilikan asing atas bank domestik yang diizinkan, kecuali bagi bank-bank yang tidak mendesak, membatasi pendatang baru baik untuk mencari sebuah lisensi perbankan maupun saham minoritas di sebuah bank... Perusahaan induk terbesar kini telah mengizinkan adanya entitas asing sebesar 24,99 persen dengan sebuah entitas tunggal tidak diperbolehkan menahan lebih dari 19,99 persen,” menurut Nescribes. (ltv)


The Epoch Times Indonesia Edisi 224