Page 1

Info Umum

Foto : Ibrahim - Medico

Info Umum

english KIDECO

PEMBUKAAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI PT.KIDECO JAYA AGUNG

Anang Bagus HH,Spd Trainer - Human Resource Administration Dept.

Apa yang dipelajari dalam bahasa Inggris ?

Photo Manajemen KIDECO, Kontraktor dengan siswa Prakerin

esuai dengan jadwal yang ditetapkan, maka pada hari Kamis tanggal 8 Oktober 2009 jam 10.00 – 12.00 wita bertempat di Gedung Serba Guna Perumahan Kideco Batu Kajang dilakansakan Pembukaan Praktik Kerja Industri atau yang lebih dikenal Prakerin di lingkungan PT. Kideco Jaya Agung (KIDECO).

Prakerin ini. Acara yang dibuka oleh Kepala Teknik Tambang Kideco Bapak Marpaung ini juga mengajak para Perusahaan Sub Kontraktor yang ada di lingkungan KIDECO. Hal ini dimaksudkan agar perusahaan-perusahaan tersebut juga mempunyai kesamaan pandangan dalam memajukan Kabupaten Paser secara umum.

Acara pembukaan Prakerin ini hadiri oleh pihak KIDECO yang diwakili Kepala Teknik Tambang Bapak Binsar Marpaung, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Paser Bapak Koesnadi Asdam, Kepala SMK Negeri 3 Tanah Grogot Bapak Sukarmin, Kepala Bidang Pelatihan Disnaker Paser Bapak Sancoyo.

Perusahaan sub kontraktor dalam perannya adalah membantu menempatkan siswasiswa baik dari BLK Paser maupun dari SMK 3 Tanah Grogot. Namun memang tidak semua perusahaan sub kontraktor yang dilibatkan dalam prakerin ini,

S

Perwakilan Manajemen Perusahaan Sub Kontraktor yang dipilih dan para siswa Prakerin dari Siswa Balai Latihan Kerja (BLK) Paser sebanyak 16 (enam belas) dan Siswa SMK Negeri 3 Tanah Grogot sebanyal 20 (dua puluh). Pelaksanaan Prakerin ini merupakan tindak lanjut dari program BLK Paser dan SMK Negeri 3 Tanah Grogot untuk menempatkan siswanya melaksanakan Praktik Lapangan di perusahaan – perusahaan yang ada di lingkungan Kabupaten Paser. KIDECO sebagai Perusahaan yang terbesar di Kabupaten Paser sudah tentu mendukung program ini. Hal ini sudah menjadi perhatian Manajemen Kideco untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang ada di lingkungan Perusahaan baik bantuan infra struktur, sarana dan prasarana namun juga bantuan yang bersifat non fisik seperti

perusahaan yang dipilih berdasarkan kepada fasilitas penunjang dan sarana yang dimiliki oleh perusahaan sub kontraktor. Adapun penempatan siswa kepada perusahaan sub kontraktor adalah :

Untuk peserta dari BLK Disnaker Kabupaten Paser : PT. Pamapersada Nusantara 5 operator dan 2 Mekanik, PT. Bukit Makmur Mandiri 5 operator dan 5 Mekanik, PT. United Traktor 3 Mekanik Untuk peserta dari SMK 3 Grogot Jurusan Otomotif : PT. Mandiri Herindo Adhiperkasa 1 orang, PT. Bima Nusa International 2 orang, PT. Trasindo Murni Perkasa 5 orang, PT. Samindo Utama Kaltim 2 orang, PT. SIMS Jaya Kaltim 4 orang PT. Trakindo Utama 2 orang, PT. Hexindo Adhi Perkasa 2 orang, PT. Kideco 2 orang

medicoNEWS

Pelaksanaan Prakerin sendiri dibagi dalam dua masa pelaksanaan berdasarkan kepada jurusan keahlian, yaitu jurusan operator dan mekanik alat berat selama dua bulan dan jurusan otomotif selama empat bulan yang dimulai dari hari Senin tanggal 12 Oktober 2009. Dalam sambutannya Kepala Teknik Tambang Kideco Bapak Binsar Marpaung menekankan kepada para siswa beberapa hal : yang pertama agar menggunakan kesempatan ini sebaik-baiknya dan memperhatikan benar setiap materi prakerin yang di sampaikan oleh pembimbing karena ini adalah modah sebelum siswa masuk ke dunia kerja yang sesungguhnya. Kemudian agar selalu diperhatikan masalah Keselamatan Kerja selama menjalankan Prakerin dan yang ketiga agar ada koordinasi dan komunikasi antara siswa, pihak BLK dan Sekolah dengan Perusahaan penempatan siswa sehingga Prakerin ini berjalan dengan lancar dan aman. Sambutan juga disampaikan dari Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Paser Bapak Koesnadi Asdam dan Kepala SMK Negeri 3 Tanah Grogot Bapak Sukarmin yang pada garis besarnya adalah mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang besar kepada jajaran Manajemen KIDECO dan Kontraktor pelaksanaan Prakerin ini berjalan dengan baik, lancar dan aman. (Febry)

Prakerin ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada siswa dan dapat pengetahuan di dunia kerja yang nyata

2009 Oktober 19

INGATKAH ketika pertama kali anda belajar Bahasa Inggris? Apa yang pertama kali anda pelajari? Membaca (Reading), menulis (Writing), berbicara (Speaking) atau menyimak (Listening)? Penulis menduga kebanyakan dari anda, termasuk penulis sendiri, mungkin lupa dengan materi yang pertama kali kita pelajari. Kurikulum pendidikan bahasa Inggris dirancang dan dibuat berdasarkan kebutuhan bangsa akan bahasa asing tersebut. Menurut kurikulum tahun 80 s/d 90an, pembelajaran Bahasa Inggris bertujuan untuk membuat pembelajar mampu membaca literatur yang ditulis dalam bahasa Inggris. Maka disusunlah suatu metode pendekatan pembelajaran yang disebut Grammar Translation Method. Grammar Translation Method atau biasa disingkat GTM ini adalah suatu pendekatan dimana guru mengajarkan bahasa Inggris dengan cara menerjemahkan dalam susunan tata bahasa yang akurat. Hasilnya, pembelajar dapat membaca sekaligus menerjemahkan literatur dalam Bahasa Inggris. Baik itu menerjemahkan dari Bahasa Inggris ke dalam Bahasa Indonesia ataupun sebaliknya. Maka pada era tersebut banyak sekali Translator (penerjemah) handal di tanah air.

Berbicara tentang perubahan kurikulum, penulis jadi ingat akan keluhan-keluhan dari banyak orang tua. Banyak dari mereka yang mengeluh,�Kenapa sih kurikulum itu kok diganti-ganti ? Kenapa sih setiap ganti menteri pendidikan pasti ganti kurikulum ? Suatu keluhan atau nada geram dan putus asa dari para orang tua. Nada geram karena ganti kurikulum artinya ganti buku. Buku sang kakak tidak bisa diturunkan kepada adiknya. Ibu harus merogoh kantong lebih dalam lagi karena harus membeli buku-buku baru, yang pasti, dari tahun ke tahun harganya semakin melambung tinggi. Nada putus asa karena itulah nasib yang harus mereka terima. Tidak ada yang bisa mereka lakukan selain pasrah dan menyerah pada nasib. Perubahan kurikulum dilakukan karena belum sempurna dan belum bakunya kurikulum di tanah air kita tercinta ini. Kenapa metode GTM (menerjemah) harus diganti? Karena metode tersebut sudah ketinggalan jaman. Begitu pula dengan metode-metode pembelajaran lainnya yang datang silih berganti. Di era global ini, keterampilan berbahasa asing yang digunakan tidak sekedar keterampilan membaca, tapi juga semua keterampilan berkomunikasi; menulis (Writing), berbicara (Speaking), menyimak (Listening) dan Membaca (Reading).

Perubahan Kurikulum BERHASILKAH pembelajaran Bahasa Inggris dengan metode GTM tersebut? Metode tersebut memang sangat sukses membuat pembelajar mampu membaca dan memahami bacaan literartur bahasa Inggris. Namun metode tersebut mempunyai kelemahan. Salah satunya adalah bahwa metode ini hanya berhasil membuat pembelajar mampu membaca atau memahami suatu bacaan literature bahasa Inggris. Bagaimana dengan skill (keterampilan) menulis (Writing), berbicara (Speaking) atau menyimak (Listening) ? Apakah skill-skill tersebut muncul dengan sendirinya dengan hanya mempelajari skill membaca (Reading)? Tentu saja jawabnya adalah tidak. Karena masalah inilah maka dibuatlah metode pendekatan pembelajaran lainnya seperti Audio Lingual Method (Metode Bahasa Suara/Bunyi), Communicative Approach (Pendekatan Kominikatif), dan yang terakhir adalah Competency Based Curriculum (Kurikulum Berbasis Kompetensi/KBK).

20 Oktober 2009

Metode pembelajaran Bahasa Inggris modern mengajarkan semua keterampilan berbahasa secara menyeluruh dan terpadu (Integrated Learning). Seluruh skill diajarkan secara bersamaan dan terpadu (bersamaan). Jadi, setiap sesi pembelajaran akan ada writing, speaking, listening dan reading. Menarik bukan?

Pendidikan Gratis SEMAKIN lama pemerintah semakin arif dalam menyikapi perubahan kurikulum pendidikan ini. Tahun 2009, pemerintah mencanangkan pendidikan gratis dari SD hingga SMA. Di luar baik, buruk dan kontroversi yang ada tentang pendidikan gratis ini, penulis cukup salut dengan gebrakan pemerintah kita, khususnya Departemen Pendidikan Nasional. SPP sekolah gratis. Untuk buku, walaupun tidak gratis, disediakan BSE (Buku Sekolah Elektronik) dimana semua orang bisa mendownload buku-buku tersebut via internet.

medicoNEWS

Media Informasi Kideco (MEDICO)  

Berita-berita tentang aktifitas tambang di perusahaan batubara Kideco Jaya Agung Desa Batu Kajang Kecamatan Batu Sopang Kabupaten Paser Kali...