Issuu on Google+

EXPEDISI EDISI KHUSUS I PEMILWA UNY 2012

MEMBANGUN

B U DAYA

KRITIS

Awal | Expedisi

Senin(10/12). Suasana penghitungan akhir kertas suara pemilwa FIS.

Karut-Marut Pemilwa UNY 2012 Pelaksanaan Pemilwa tahun ini diwarnai berbagai permasalahan akibat kelalaian DPM KM. Hal itu bisa dilihat dari belum adanya Bawaslu dan jadwal Pemilwa Universitas yang padat.

P

emilihan Umum Ma­ha­sis­wa U­ni­ ver­si­tas Negeri Yogyakarta (Pe­mil­ wa UNY) yang di­a­gen­da­kan pa­da 19 Desember 2012 adalah agenda rutin ta­hun­an. Pi­hak yang menjadi pe­nye­leng­ ga­ra­ia­lah Dewan Per­wa­kil­an Ma­ha­sis­wa (DPM), baik di ting­kat u­ni­ver­si­tas mau­ pun fa­kultas. Jadwal Pemilwa U­ni­ver­si­tas yang padat, be­lum ter­ben­tuk­nya Badan Pengawas Pemilu (Ba­was­lu), ser­ta per­ be­da­an wak­tu pe­nye­leng­ga­ra­an Pemilwa

Fakultas menghiasi Pemilwa tahun ini. Ada yang berbeda untuk ta­hun 2012 i­ni yakni Pemilwa yang berada di ba­wah sis­tem Ke­luarga Mahasiswa (KM), yang se­be­lum­nya berbentuk Re­pu­blik Ma­ha­ sis­wa (Rema). Zamzam Adnan F.E, Ke­ tua BEM KM menerangkan per­pin­dah­an sis­tem, “Se­ka­rang ben­tuk­nya KM ja­di si­fat­nya ko­or­di­na­tif. Berbeda dengan Re­ ma yang bersifat instruksionis.” Per­pin­dah­an sistem ini baik­nya di­ikuti de­ngan ki­ner­ja yang ba­ik dan per­si­ap­an yang matang. “Se­yog­ya­nya pe­mil­wa harus dipersiapkan jauh-jauh ha­ri dan di­ba­rengi kinerja yang ba­gus da­ri pe­rang­kat­nya,” kata Zamzam. Otonomi Fakultas itu Tidak Ada DPM KM memberikan ke­sem­pat­an ke­pa­da fa­kul­tas un­tuk me­lak­sa­na­kan pemilwa masing-masing. Avansa Naufal Hakim, Ketua DPM KM, mengatakan, “DPM KM mem­be­ri­kan kewenangan

terhadap fa­kul­tas un­tuk me­nye­leng­ga­ra­ kan Pemilwa.” Terkait a­da a­tau ti­daknya undang-undang me­n ge­n ai o­t o­n o­m i fakultas, Avansa me­ne­gas­kan, “Tidak ada Undang-Undang da­lam Pe­mil­wa 2012, adanya Peraturan Pemilwa.” Ji­ka ki­ta me­ru­juk pa­da Per­aturan Pemilwa ma­ka di da­lam­nya t­idak a­da satu pun pa­sal a­tau bab yang menjelaskan me­nge­nai o­to­no­mi fakultas dalam pe­nye­leng­ga­ran Pemilwa. Terkait perarturan tertulis, Tuti, Ketua DPM FE mengatakan, “Ka­lau ter­tu­lis ti­ dak a­da.” Memperjelas per­nya­taan di a­tas, Ariski, Ketua KPU FE me­nga­ta­kan bah­wa, “Tuti telah menghubungi Avansa, ja­wa­ ban­nya yaitu Pemilwa adalah o­to­no­mi fa­kul­tas. Soal hitam di atas pu­tih­nya sa­ya ku­rang tahu karena hanya lisan saja.” Sosialisasi KPU Universitas Kurang “Tanggal 6-9 Des 2012 itu su­dah pen­ daf­ta­ran calon Ketua BEM KM dan DPM


EXPEDISI edisi KHUSUS i Pemilwa unY 2012

SENTRA

“Mestinya UU ditaati oleh se­mua ang­go­ta dan badan-badan yang a­da. Se­ha­rus­nya pula Ketua BEM Fa­kul­tas harus ikut menegaskan DPM Fakultas. Ti­dak men­da­tangi undangan DPM kok pro­tes,” Satino S.Si, M.Si, Staf Ahli WR III

Per­b e­d a­a n wak­t u pelaksanaan pemilwa di­se­bab­kan karena kurangnya ko­or­di­na­si. Ali Miftah As-Shiddiqy, Ketua BEM FIK, me­nga­ta­kan, “Saya tidak ta­hu a­pa­kah u­ni­ver­si­tas yang menyesuaikan de­ngan fa­kul­tas a­tau memang sebelumnya a­da ko­or­di­na­ si.” Hal i­tu ju­ga di­a­min­i o­leh Ariski, ”Belum ada koordinasi an­tara KPU

2

Fakultas dengan KPU U­ni­ver­si­tas. KPU Universitas baru di­lan­tik tang­gal 5 Des 2012,” tegasnya. Menanggapi hal itu, Su­mar­yan­to, M.Kes., Wakil Rektor III ber­ar­gu­men, ”Pa­da da­sar­nya ke­ma­ha­sis­waan itu hanyalah sebagai pendamping. Ormawa ha­rus ka­mi ka­wal dan fasilitasi supaya ek­sis­ten­si dan ku­ali­tas­nya naik. Untuk jad­wal dan la­in sebagainya kami tidak cam­pur ta­ngan karena itu urusan ma­ ha­sis­wa.” Menindaklanjuti per­nya­ta­an ter­se­but ia berencana mengadakan dis­ ku­si de­ngan Ketua KPU, DPM KM, BEM KM. "Kalau me­mung­kin­kan di­lan­jut­kan ta­pi kalau tidak di­dis­ ku­si­kan du­lu, tambahnya. Jika Pemilwa tidak ter­lak­sa­na pa­da Desemebr 2012, Satino S.Si, M.Si, Staf Ahli WR III me­nga­ta­kan bahwa akan ter­ja­di ke­ko­song­an ke­pe­mim­pin­an. “Kalau ditunda artinya ha­rus a­da Su­rat Keputusan baru ten­tang peng­ang­kat­an Ketua BEM KM dan DPM KM karena masa akhir jabatan me­re­ka ialah 1 Jan 2012,” katanya. Belum Terbentuknya Bawaslu Universitas Selain kurangnya ko­or­di­na­si, be­lum ter­ben­tuk­nya Bawaslu sam­pai sa­at ini meng­a­ki­bat­kan tidak a­da­nya lembaga yang meng­a­wasi ja­lan­nya Pemilwa. Pemilwa FIS yang telah berlangsung pa­da 10 Des 2012 ber­ja­lan tanpa pe­nga­was­ an Bawaslu Universitas padahal dalam Per­a­tur­an Pe­mil­wa disebutkan bah­wa Ba­was­lu adalah badan yang ber­tu­gas meng­a­wasi pe­nyelenggaraan Pemilwa di se­lu­ruh wilayah UNY. “Bawaslu pu­sat be­lum a­da ke­pas­ti­an namun kami su­dah mem­ben­tuk Pan­was­lu un­tuk meng­aw ­ asi Pemilwa FIS,” ujar Yoga. Ali ju­ga mem­per­ta­nya­kan be­lum terbentuknya Ba­was­lu. “KPU su­dah ber­ja­lan sedangkan Bawaslu be­lum ter­ ben­tuk. Ka­mi dari FIK juga me­nung­gu ko­or­di­na­si dari teman-temen fa­kul­tas la­in,” tambahnya. Ketua BEM lima fakultas, kecuali FIS dan FT, pada 9 Des 2012 mendatangi Sekretariat DPM KM untuk menyampaikan tuntutan. "Tuntutan kami antara lain segera bentuk Bawaslu

Awal | Expedisi

KM di universitas maupun fa­kul­tas. So­si­ali­sa­si­nya hanya me­ngi­rim­kan su­rat ke setiap Ormawa di tiap fa­kul­tas,” ka­ta Ariski. Sosialisasi yang dilakukan KPU Universitas belum optimal. “BEM di­ki­ rimi su­rat dan pamflet yang di­se­bar di Or­ma­wa fakultas. Sa­ya sarankan untuk mem­bu­at ban­ner dan memasangnya di luar or­ma­wa a­gar ma­ha­sis­wa ta­hu,” tambahnya. Amar Anfau, Ketua KPU Universitas meng­a­kui bahwa waktunya terbatas. “Karena baru di­lan­tik ka­mi be­lum me­ la­ku­kan ko­or­di­na­si. So­si­alisasi akan segera ka­mi la­ku­kan de­ngan me­nem­ pel pam­flet dan me­ngi­rim un­dang­an ke tiap-tiap jurusan, ju­jur ka­mi a­kui bahwa penyelenggaraan pe­mil­wa i­ni ter­la­lu men­da­dak,” katanya. Pemilwa Fa­kul­tas tahun ini di­lak­ sa­na­kan pa­da tang­gal yang ber­be­da. Fakultas Ilmu Sosial (FIS) 10 Des 2012, Fakultas Ekonomi (FE) pada 12 Des 2012, sementara Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Teknik (FT), Fakultas bahsa dan Seni (FBS), dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) pada 19 Des 2012. Yoga Angga Nugraha, Ketua DPM FIS me­ne­gas­kan, “Tidak ada aturan yang je­las a­pa­kah Pemilwa harus be­ba­reng­an de­ngan universitas atau tidak.”

Rio, Ketua Komisi Pemilihan Umum Fakultas Ilmu Sosial.

dan perbaiki jadwal Pemilwa yang dipaksakan," kata Arda Sedyoko, Ketua BEM FBS. Avansa mengatakan bahwa Bawaslu belum terbentuk karena DPM Fakultas belum mengirimkan perwakilan untuk menjadi anggota Bawaslu. "Malam ini (11 des 2012) kami coba mengumpulkan ketua DPM Fakultas untuk membentuk Bawaslu," katanya. Ia juga menjawab pertanyaan mengapa DPM KM lambat dalam bekerja. "Kami juga terkendala dengan kurangnya anggota, kira-kira 13 orag yang masih aktif," tambahnya. “Mestinya UU ditaati oleh se­mua ang­go­ ta dan lembaga yang a­da. Se­ha­rus­nya pula Ketua BEM Fa­kul­tas harus ikut menegaskan DPM Fakultas. Ti­dak men­da­tangi undangan DPM KM, kok pro­tes,” u­jar Satino. Sampai tulisan ini diterbitkan masih belum ada kepastian jadwal Pemilwa Universitas. Hal itu dikarenakan KPU Universitas masih menunggu hasil koordinasi antara DPM KM dengan DPM Fakultas. Najih Su'udi Awal, Dini, Janti, Neti, Nia, Rahadian


EXPEDISI edisi KHUSUS i Pemilwa unY 2012

INFO PEMILWA

Pesta Demokrasi FIS Diguyur Hujan

Hasil Pemilwa FIS

Belum Pemilwa, Ketua DPM FT sudah Baru

KOMISI Pemilihan Umum Fakultas Ilmu Sosial (KPU FIS) UNY me­nye­leng­ga­ ra­kan pes­ta de­mo­kra­si kam­pus be­ru­pa so­si­a­li­sa­si vi­si, mi­si, dan kan­di­dat ke­ tu­a dan wa­kil ke­tua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). A­ca­ra ter­se­but di­ lak­sa­na­kan pa­da Jumat (7/11/2012) di Taman Pancasila (Tampan). Pes­ta de­mo­kra­si de­ngan su­guh­an ang­kri­ngan gra­tis i­ni di­se­leng­ga­ra­kan pu­ kul 14.00-16.30 WIB. A­ca­ra yang sem­pat di­war­na­i de­ngan ten­da bo­cor i­ni di­ha­di­ri se­ki­tar 150 o­rang ter­ma­suk ca­lon. Dra. Rr. Terry Irenewaty, M.Hum se­la­ku Wakil Dekan 3 yang se­ti­a da­ri a­wal me­ne­ma­ni, dan Dekan FIS Prof. Dr. Ajat Sudrajat, M.Ag. “Ti­dak di­ba­yang­kan se­be­lum­nya ka­la­u ten­da a­kan bo­cor me­ngi­ngat ten­ da i­tu a­da­lah ban­tu­an da­ri rek­to­rat,” Tu­tur Rio Fibriawan se­la­ku ke­tu­a KPU FIS UNY.

"PE­LAK­SA­NA­AN pe­mil­wa ber­ja­lan lan­ car se­per­ti yang di­ha­rap­kan,” u­jar Rio, Ketua Komisi Pemilihan Umum Fakultas Ilmu Sosial (KPU FIS) ke­ti­ka di­te­mu­i se­te­lah peng­hi­tu­ngan su­a­ra se­men­ta­ra se­le­sa­i. An­tu­si­as­me pe­ser­ta pe­mil­wa ti­dak ha­nya ber­lang­sung ke­ti­ka pe­mu­ ngut­an su­a­ra, a­kan te­ta­pi ba­nyak yang me­man­fa­at­kan mo­men­tum peng­hi­tung­an su­a­ra di ti­ap­-ti­ap ju­ru­san sam­pai se­be­ lum mag­hrib. Peng­hi­tung­an su­a­ra di­lak­sa­na­kan Senin (10/12/2012) pukul 15.45-17.30 WIB. Ha­sil peng­hi­tung­an se­men­ta­ra pe­ mil­wa su­dah da­pat di­li­hat di ­de­pan se­kre­ ta­ri­at DPM mu­la­i Se­la­sa (11/12/2012) te­ta­pi ha­sil peng­hi­tu­ngan su­a­ra se­ca­ra res­mi ba­ru da­pat di­te­tap­kan pa­da Rabu (12/12/2012) ka­re­na me­nung­gu ma­sa ban­ding se­la­ma 1x24 jam.

"SA­YA su­dah bu­kan Ke­tu­a DPM la­gi,” ka­ta Rus­lianto, ma­ha­sis­wa Pendididkan Teknik Otomotif ang­ka­tan 2009. Se­ca­ ra ti­ba-ti­ba Ke­tua Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Teknik (DPM FT) di­a­lih­ja­ba­tan­kan ke Heri Wiratno, ma­ ha­sis­wa Pendidikan Teknik Mekatronika ang­ka­tan 2009. Se­jak Rabu (28/11/2012) ia di­ang­kat men­ja­di Ketua DPM. Se­rah te­ri­ma ja­ba­tan an­ta­ra Heri de­ngan Ketua DPM se­be­lum­nya di­la­ku­kan ber­da­sar­ kan SK Nomor 002/Ketua_DPM FT/ XII/2012 yang di­ke­lu­ar­kan oleh Dr. Budi Tri Siswanto, Wakil Dekan III FT. Ke­pe­ngu­rus­an Heri a­kan be­ra­khir se­te­lah rang­ka­i­an Pemilwa FT di­lak­ sa­na­kan. Rusli ti­dak da­pat me­lan­jut­ kan ke­wa­ji­ban­nya men­ja­di ke­tu­a DPM FT ka­re­na me­mi­lih men­ja­la­ni HASSManagement Trainee se­la­ma e­nam bu­lan di PT. HINO Motors Sales Indonesia.

Anggun Astria

Agus Girianto

Nur Janti

EDITORIAL

KATA PEMILIH

DPM Tidak Siap Adakan Pemilwa Pemilihan Umum Ma­­ha­­sis­­wa (Pemilwa) ta­hun i­ni meng­ha­dapi ken­da­la. Mulai dari ma­sa­lah tek­nis pe­lak­sa­na­an sampai koordinasi De­ wan Per­wa­kil­an Mahasiwa Keluarga Mahasiswa (DPM KM) de­ngan DPM fa­kul­tas. Hal ini di­se­bab­kan UNY memakai sistem KM bukan la­gi Re­ pu­blik Ma­ha­sis­wa (Rema). Dalam sis­ tem KM di­te­rap­kan sis­tem o­to­no­mi ke ti­ap fakultas. Otonomi yang belum je­las pe­lak­ sa­na­an ser­ta batasannya i­ni meng­a­ ki­bat­kan ter­ja­di­nya perbedaan. Sa­ lah sa­tu­nya ialah tanggal pe­lak­sa­na­an Pemilwa di tiap fa­kul­tas. Se­la­in itu, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) meng­ a­lami kebingungan terkait pem­bu­at­ an per­a­turan Pemilwa. Sampai ha­ri i­ni, pelaksanaan Pemilwa Uni­ver­si­tas be­lum je­las tang­gal­nya. Ketua DPM KM me­ne­gas­kan bahwa tiap fakultas di­be­ri ke­be­bas­an meski dalam Per­a­tur­ an Pe­mil­wa ti­dak di­tu­lis­kan ten­tang o­to­nomi. Lambatnya gerak DPM KM da­ lam pem­ben­tuk­an Komisi Pe­mi­lih­

an U­mum (KPU) dikeluhkan oleh DPM fakultas. Fakultas Ilmu Sosial (FIS) te­lah me­lak­sa­na­kan Pe­mil­wa pada 10 Des 2012 dan a­kan di­i­kut­i oleh fakultas la­in mes­ki Pe­mil­wa Universitas masih me­nung­gu ha­sil per­te­mu­an antara Ketua KPU U­ni­ver­ si­tas, DPM KM, dan BEM KM de­ngan Wakil Rektor III. Pertegas dan perjelas posisi pemilwa karena esen­si Pe­mil­wa a­da­lah pen­di­dik­ an po­li­tik ke­pa­da ma­ha­sis­wa. Pemilwa di­ha­rap­kan meng­ha­sil­kan BEM dan DPM yang da­pat me­nam­pung as­pi­ ra­si se­lu­ruh ma­ha­sis­wa UNY. Jangan sampai ada ang­gap­an ji­ka pe­mil­wa ti­ dak mem­be­ri­kan kon­tri­bu­si nya­ta pada ma­ha­sis­wa. Ji­ka memang keadaannya se­per­ti i­ni, tinjau ulang pe­ma­kai­an sis­tem KM. Jika sistem KM tidak cocok lebih baik kembali ke sis­tem yang la­ma, Rema. Pa­ du­kan ke­dua sis­tem itu lalu sesuaikan de­ngan kon­di­si mahasiswa UNY agar tercapai pendidikan politik dan lembaga yang ideal bagi mahasiswa.

Pelaksanaan Pe­mil­wa ta­hun i­ni cu­kup ba­ik dan ti­dak ru­suh na­mun se­pi pe­mi­lih, te­ru­ta­ma pe­mi­lih da­ri ang­ka­ tan a­tas. Rochmat Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial 2010

Se­per­ti ta­hun ke­ma­rin Pe­mil­wa UNY ma­sih sa­mar ter­de­ngar, so­si­a­li­sa­si ma­ sih ku­rang, dan jad­wal Pe­mil­wa pun sa­ngat pa­dat. Fajar Setiawan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2010

Nanti kalau teman-teman nyoblos, saya juga ikut nyoblos. Motivasi­nya mengikuti demokrasi di kampus. Kalau setahuku calon ketua himaku yang satu cowok dan yang satu cewek. Calon ketua BEM yang aku tahu cuma Budi dan Dirga, yang lain tidak tahu. Sosialisasi­nya kurang. Tuntun Suryaningsih Pendidikan Sosiologi 2010

Redaksi

Pimpinan Proyek Faqihuddien Abi U | Sekretaris Akhmad Muawal H | Bendahara Nimas Firdausa | Redaktur Pelaksana Nia Aprilianingsih | Redaktur Akhmad Muawal H, Agus Giriyanto, Anggun Astria, Najih Su'udi | Reporter Awal, Dini, Janti, Neti, Octandi, Rahadian,| Pj Info Pemilwa Anggun Astria | Pj Kata Pemilih Joseph Sebastian | Redaktur Foto Ebma Yudhasatria| Artistik Ebma Yudhasatria, Rahadian Rahmad | Produksi Siti Khanifah, Latif A, Octandi B.P | Iklan Dini Permatasari, Nur Janti, Maelani Furqan | Sirkulasi Taufik Nurhidayat | Alamat Gedung Student Center Lt. 2 Karangmalang Yoyakarta 55281 | Email lpm_ekspresi@yahoo.com | Web ekspresionline.com | Redaksi menerima artikel, opini dan surat pembaca. Redaksi berhak mengedit tulisan tanpa mengubah isi.

3


EXPEDISI edisi KHUSUS I Pemilwa unY 2012

PERSEPSI

PEMILWA UNTUK (SI)APA?

C

a­cat di pe­nye­leng­ga­ra­an pemilihan umum mahasiswa (Pemilwa) UNY a­da­lah sebuah ra­ha­si­a u­mum. Per­ ma­sa­lah­an pe­nye­leng­ga­ra­an Pe­mil­wa se­ba­ga­i ke­gi­a­tan be­sar yang di­ke­mas da­lam wak­tu sing­kat i­a­lah sa­lah sa­tu­ nya. Kon­di­si di Pe­mil­wa ta­hun 2011 mem­bu­at ba­nyak ma­ha­sis­wa, ter­u­ta­ma me­re­ka yang i­ngin men­ca­lon­kan di­ri, ti­dak si­ap. A­gen­da pa­dat dan ber­ba­ga­i ma­cam ke­ti­dak­si­a­pan nya­ta­nya ter­li­hat la­gi pa­da Pe­mil­wa ta­hun 2012. Ke­te­ter­an da­lam pro­ses kam­pa­nye, pen­da­na­an, dan pe­ri­hal la­in se­per­ti yang ter­ja­di pa­da Pe­mil­wa ta­hun 2009 a­gak­nya a­kan ter­ja­di la­gi pa­da Pe­mil­wa ta­hun i­ni. Be­lum la­gi so­al “o­to­no­mi” fa­kul­tas yang meng­a­ki­bat­kan Pe­mil­wa ta­hun 2012 ti­dak se­ren­tak, se­di­kit ba­nyak, mem­beri an­dil pa­da bu­ruk­nya ko­ or­di­na­si an­ta­ra Dewan Perwakilan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (DPM KM) de­ngan DPM di ting­ kat fa­kul­tas pa­da ta­hap per­si­a­pan Pe­mil­wa ta­hun 2012. Se­ga­la per­ma­ sa­la­han yang ter­ke­san mem­bu­da­ya i­ni me­nga­rah pa­da per­ta­nya­an: se­be­ nar­nya un­tuk a­pa dan si­a­pa Pe­mil­wa UNY di­lak­sa­na­kan? Me­nga­pa se­la­lu a­da di ti­ap ta­hun­nya? A­kan sa­ngat na­if ji­ka ja­wa­ban­nya a­d a­l ah pe­l ak­s a­n a­a n pro­g ram ker­j a (proker). Pro­ker a­da­lah su­a­tu ke­wa­ jib­an dan ha­sil ra­pat ker­ja yang ha­rus di­lak­sa­na­kan se­ba­ik-ba­ik­nya. Pa­da po­ kok i­ni ti­dak ter­li­hat ko­or­di­na­si an­ta­ra pa­ni­ti­a Pe­mil­wa la­ma de­ngan yang ba­ru da­lam rang­ka trans­fer il­mu. Pe­mil­wa ti­ dak men­ja­di a­jang be­la­jar ber­de­mo­kra­si

ji­ka e­va­lu­a­si ke­ca­cat­an Pe­mil­wa ha­nya di­ang­gap a­ngin la­lu dan ti­dak di­ja­di­kan ba­han per­baik­an ke de­pan. Hal yang se­la­lu men­ja­di per­ha­ti­an i­a­lah ma­sa­lah par­ti­si­pa­si ma­ha­sis­wa. Ji­ka Pe­mil­wa pa­da da­sar­nya un­tuk ma­ha­si­wa, me­nga­pa ba­nyak ma­ha­sis­wa yang a­pa­tis dan eng­gan me­ra­mai­kan Pe­mil­wa? Lo­ gis ji­ka ja­wa­ban­nya a­da­lah ma­ha­sis­wa ma­sih bi­ngung ten­tang a­pa yang bi­sa me­re­ka da­pat­kan da­ri Pe­mil­wa i­tu. Toh per­gan­ti­an pe­mim­pin ti­dak ber­pe­nga­ruh ter­ha­dap Indeks Prestasi (IP) me­re­ka. Repro.Rahadian | Expedisi

Pe­ru­bah­an yang di­jan­ji­kan dalam vi­simi­si pun be­lum ten­tu di­ra­sa­kan me­re­ka yang su­dah “re­pot-re­pot” ber­par­ti­si­pa­si di Pe­mil­wa. So­si­a­li­sa­si yang me­ru­pa­kan ta­ha­pan pen­ting men­ja­di ba­rang re­meh di Pe­mil­wa. Ba­nyak ma­ha­sis­wa yang a­khir­nya ti­dak me­mi­lih ka­re­na ti­dak ta­hu ca­lon­nya. Da­na pe­nye­leng­ga­ra­an Pe­mil­wa yang be­sar ser­ta pro­ses yang me­le­lah­kan a­kan per­cu­ma ji­ka ti­dak bi­sa me­ne­mu­kan

e­sen­si Pe­mil­wa. Mem­per­ta­nya­kan ten­ tang e­sen­si a­mat­lah pen­ting ji­ka i­ngin Pe­mil­wa ber­ja­lan ba­ik dan meng­ha­sil­kan pe­mim­pin yang ba­ik pu­la. Me­ne­mu­kan e­sen­si Pe­mil­wa a­kan mem­bu­at ma­ha­ sis­wa yang, se­ha­rus­nya ter­li­bat, sa­dar bah­wa be­la­jar de­mo­kra­si bu­kan se­ba­tas di ru­ang per­ku­li­ah­an. Ba­gi bi­ro­krat kam­pus, Pe­mil­wa bi­sa ja­di pen­ting na­mun bi­sa ja­di ti­dak. Pen­ ting ka­re­na bi­ro­krat ten­tu ber­ha­rap si­ap ­a yang ter­pi­lih a­da­lah o­rang-o­rang yang pa­tuh de­ngan se­ga­la ke­bi­ja­kan me­re­ka. Ti­dak pen­ting ka­re­na me­re­ka pu­nya sis­tem ter­sen­di­ri un­tuk me­nen­tu­kan pe­mim­pin me­re­ka, ba­ik da­lam Pe­ mi­lih­an Rektor (Pilrek), Pe­mi­li­han Wakil Rektor (Pilwarek), Pe­mi­li­han Dekan, dan la­in-la­in. Mun­cul la­gi per­ta­nya­an, de­ngan sis­tem pe­mi­li­han yang “is­ti­me­wa” i­tu, se­be­nar­nya Pilrek, Pilwarek, dan la­in se­ba­ga­in ­ ya i­tu un­tuk a­pa dan si­a­pa? Ke­pen­ti­ngan o­rang ter­ten­tu yang i­ngin men­ja­di “ra­ja ke­cil” di UNY? Ya se­ti­dak­nya da­lam Pe­mil­wa ma­ha­sis­wa se­dang be­la­jar me­mi­lih pe­mim­pin da­lam at­mos­fer yang le­bih de­mo­kra­tis ke­tim­bang Pil­rek ma­up ­ un Pilwarek. Te­ta­pi a­pa­kah de­ngan ka­ta-ka­ta “se­dang be­la­jar” i­tu bi­sa di­ja­di­kan a­la­ san ma­up ­ un pe­mak­lum­an a­kan ca­cat­nya pe­nye­leng­ga­ra­an Pe­mil­wa di ti­ap ta­hun­ nya? Ten­tu ti­dak. Ma­lah se­bu­ah tan­da bah­wa ti­dak a­da pro­ses pem­be­la­jar­an di da­lam­nya ka­re­na se­wa­jar­nya da­ri be­la­ jar i­tu ha­rus a­da progress yang ter­li­hat, bu­kan ma­lah de­gra­da­si. Ja­di, Pe­mil­wa i­tu pen­ting a­tau ti­dak? Akhmad Muawal H

Mau Beriklan di Expedisi? Hubungi Dini Permatasari (085743760101)

4


Buletin Expedisi Edisi Khusus I Pemilwa UNY 2012 - Karut-Marut Pemilwa UNY 2012