Issuu on Google+

EXPEDISI EDISI KHUSUS V OSPEK UNY 2012

B U DAYA

KRITIS

Ebma | Expedisi

MEMBANGUN

Jumat (10/8), maba yang terlambat, ditahan di luar gerbang oleh Panitia Ospek FMIPA untuk diberi motivasi.

Risiko Jadwal Ospek Padat Jadwal ospek yang padat setiap harinya membuat mabanya kelelahan.

P

e­nye­leng­ga­ra­an Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (Ospek) ta­hun ini, di­lak­sa­na­kan ber­te­pat­an deng­an bu­lan Ramadhan, Senin-Jumat (6-10/8). A­ca­ra yang di­mu­lai pu­kul 05.00 pa­gi mem­bu­at ma­ha­sis­wa ba­ru (maba) re­la ba­ ngun pa­gi a­gar da­pat ti­ba di lo­ka­si os­pek te­pat wak­tu. ”Ya, ka­lau te­lat je­las di­ka­sih hu­kum­an sa­ma SPK-nya,” u­jar Fitriani Widya Putri, ma­ba ju­rus­an PBSI. Jad­wal dan la­ma­nya pe­lak­sa­na­an os­pek di ti­ap fa­kul­tas ber­be­da se­ti­ap ha­ri­nya. Con­toh­nya, pe­ngon­di­si­an ma­ ba di Fa­kul­tas Ma­te­ma­ti­ka dan Ilmu Pengatahuan Alam (FMIPA) yang di­mu­lai pu­kul 5.30 WIB. ‘”Un­tuk Os­pek Fa­kul­tas, re­gis­tra­si di­mu­lai pu­kul se­te­ngah e­nam, ti­dak ter­la­lu pa­gi sih,” u­jar Azizah, Ko­or­ di­na­tor Sie A­ca­ra Os­pek FMIPA. Ber­be­da de­ngan FMIPA, jad­wal FIP se­di­kit le­bih long­gar. ”Un­tuk ma­ba­nya sen­di­ri, pu­kul

6.00 ha­rus su­dah a­da di si­ni,” je­las Rudi Pamoko Ko­or­di­na­tor Ospek Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP). Pa­da Os­pek U­ni­ver­si­tas, Pa­ni­tia Os­ pek Fa­kul­tas di­min­ta un­tuk ha­dir di GOR pu­kul 05.00 WIB pa­gi, le­bih a­wal da­ri bi­a­sa­nya. Pen­jad­wal­an yang sa­ngat pa­ gi i­ni mem­bu­at ma­ha­sis­wa ba­ru (ma­ba) berjaga-jaga dan me­la­ku­kan ber­ba­gai ma­cam stra­te­gi a­gar da­tang te­pat wak­tu. Con­toh­nya, ber­ang­kat le­bih pa­gi un­tuk meng­hin­dari ma­cet­nya la­lu lin­tas dan ba­ngun le­bih a­wal. Se­per­ti yang ter­te­ra da­lam jad­wal a­ca­ra di Fakultas Bahasa dan Seni, se­la­in da­lam wak­tu yang cu­kup la­ma jad­wal ke­gi­at­an os­pek ju­ga pa­dat de­ ngan ak­ti­vi­tas yang mem­bu­tuh­kan e­ner­gi le­bih. Kon­di­si i­ni a­pa­bi­la di­bi­ar­kan ter­la­lu la­ma meng­a­ki­bat­kan me­le­mah­nya da­ya ta­han tu­buh. Kon­di­si ter­se­but ju­ga ter­ja­di pa­da mahasiswa-mahasiswa FIS.

Pa­dat­nya se­rang­kai­an a­ca­ra yang di­la­lui ma­ba, di­tam­bah de­ngan pe­nu­gas­ an yang ba­nyak, ber­ak ­ i­bat pa­da wak­tu is­ti­ra­hat ma­ba yang ti­dak ter­a­tur. “I­ni, sa­ya ba­ru ba­ngun ti­dur, ca­pai ta­di ha­bis os­pek,” ja­wab ma­ha­sis­wi Pendidikan Sosiologi 2012. Pe­nu­gas­an os­pek yang ba­nyak dan pe­ngum­pul­an­nya yang re­la­tif sing­kat men­da­pat res­pon be­ra­gam da­ri ma­ba. “Un­tuk wak­tu ma­suk­nya, ka­lau bi­sa di­tam­bah se­di­kit wak­tu­nya ka­re­na ma­sih ba­nyak pe­nu­ga­san yang per­lu di­ker­ ja­kan,” ke­luh Achmad Taufik Mahasiswa ba­ru pen­di­dik­an Teknik Mesin. Jadwal Acara Terlalu Padat Jad­wal se­rang­kai­an a­ca­ra os­pek bu­ kan se­pe­nuh­nya tang­gung ja­wab pi­hak Pa­ni­tia Os­pek Fa­kultas. Namun, jad­wal a­ca­ra ju­ga ha­rus di­sah­kan me­la­lui be­ be­ra­pa per­se­tu­ju­an. ”Pe­res­mi­an jad­wal


s ENTRA

edisi KHUSUS V ospek UNY 2012

2

se­be­nar­nya da­ri ki­ta. Sie A­ca­ra su­dah waktu istirahat. Hal ini membuat maba bu­at, ba­ru ki­ta sam­pai­kan ke pa­ni­tia. harus bergegas dan membuat beberapa ka­lau pa­ni­tia su­dah se­tu­ju, ke­mu­di­an ke mahasiswa melakukan persiapan yang pe­man­du, se­te­lah pe­man­du se­tu­ju, ba­ru ekstra untuk berjaga-jaga agar tidak ki­ta sam­pai­kan ke de­ka­nat,” je­las Rizky mendapat hukuman atau sanksi dari Rusliansyah Koor sie Acara FIP. Panitia Penegak Kedisiplinan. Me­nge­nai tun­tu­tan da­ri pi­hak de­ka­ Rangkaian kegiatan ospek, baik nat da­lam jad­wal a­ca­ra di Os­pek Fa­kul­tas, itu Ospek Universitas maupun Ospek Ko­or­di­na­tor Sie A­ca­ra Os­pek Fa­kul­tas, Fakultas bisa dibilang sangat padat. Hal Rizky men­je­las­kan, ” Ka­lau da­ri de­ka­nat ini dapat dilihat dari serangaian acara sih cu­ma me­wa­jib­kan a­da ra­mah ta­mah pada jadwal acara di beberapa fakultas dan de­ka­nat, sa­ma ka­pi­ta se­lek­ta. universitas. Di sana, kita dapat ”Ya, Ja­di, un­tuk ma­sa­lah wak­tu memebandingkan jadwal acara jam segitu sen­di­ri pi­hak de­ka­nat ha­ dengan waktu istirahat terlalu pagi kita kan nya me­nyang­gupi sam­pai hanya diberi waktu empat ngekost kamar mandi se­be­lum magh­rib. Ja­di, puluh lima menit untuk luar otomatis antre kita usahakan sebelum istirahat dan shalat. maghrib sudah pulang,“ masih ada yang belum sahur juga kan pas waktu Konsekuensi Terlamabat jawabnya. Namun, puasa” berapa kali pemulangan Reza Oktafiansyah, Fitriani maba di bebrapa fakultas maba Pendidikan Teknik Maba PBSI. sempat mengalami Elektronika, merasa keterlamabatan. Jadwal kegiatan Ospek “Jad­walnya super sibuk. Fakultas kurang sesuai. Mem­buat saya harus pintar-pintar mem­ “Kegiatan ospek juga maksimalnya bagi waktu,” Jelas Irencius Ryan Sadhana pukul 6.30 WIB, kalau jam 5 itu terlalu ma­b a jurusan P e n ­ pagi,” ujarnya. Jadwal kegiatan ospek didikan Teknik yang terlalu pagi, akan memberatkan In­f ormatika. bagi maba yang rumah atau kosnya Jad­wal a­cara jauh dari lokasi ospek atau kampus yang padat karena membutuhkan persiapan dan waktu dan waktu yang lebih untuk menuju os­pek yang lokasi. “Kalau begitu, kasihan yang la­ma tidak rumahnya atau kosnya jauh,“ tambahnya se­b an­d ing mengomentari. d e ­n g a n Konsekuensi yang diterima ma­ sing­k atnya hasiswa jika terlambat sudah dapat di­ ke­tahui yaitu mendapatkan hukuman dari Pe­negak Kedisiplinan. “Ada tim sendiri, ya­itu Pemandu Sanksi. Nanti kan, ada waktu sendiri dalam mem­berikan hukuman,” jawab Rudi, Koordinator FIP. Untuk pe­nye­suaian jadwal kegiatan ma­h asiswa yang memiliki ru­mah atau kos yang jauh a­gar meminta panitia mau mem­p ertimbangkan halhal kemungkinan yang bi­s a terjadi yang dapat mem­b ahayakan maba. ”Un­tuk waktu mulainya (ospek-red), bisa sedikit di­m undurkan karena ba­nyak maba juga yang a­salnya dari Klaten atau Magelang. Ya, kalau bisa jadi jam enam lah,” harap Adi, maba Fakultas Ekonomi.

Tidak hanya Adi, hal serupa juga disampaikan tentang keberatan mena nga ni jadwa l ac a ra ya ng mengharuskan maba berangkat pagi sekali. ”Ya, jam segitu terlalu pagi kita kan ngekost kamar mandi luar otomatis antre masih ada yang belum sahur juga kan pas waktu puasa,” Tegas Fitriani, maba PBSI. Selain jadwal acara yang padat ditambah lagi dengan penugasan yang harus dikumpulkan kesokan harinya membuat istiahat maba terganggu. Seharusnya, dapat beristirahat setelah seharian ospek justru harus membuat penugasan yang harus dikumpulkan mahasiswa. “Kita itu pulangnya sore. Masih ada penugasan lagi sampai malam,” tambah Fitriani. Ditambah lagi dengan terlambatnya jadwal kepulangan maba yang tidak sesuai dengan jadwal acara, mengakibatkan jadwal kepulangan maba molor. ”Kemarin, hari pertama dan kedua ada keterlambatan, karena memang dari acara universitas molor, jadi kita juga ikut molor.” Baru sekitar pukul setengah enam sore maba baru bisa pulang. Paginya, jadwal acara ospek baik universitas maupun fakultas faktanya membuat maba menjadi tergesagesa karena takut terlambat. Rizky Ekolaksono, maba Fakultas Bahasa dan Seni meninggal Rabu (8/8). Rizky meninggal akibat kecelakaan lalu lintas yang terjadi pukul 5.15 (tribun.com- red) saat akan berangkat ospek. Menurut keterangan Bayu Indra Pratama, teman satu gugus Rizky, “Almarhum itu orang yang sangat rajin, jadi tidak ingin telat berangkat ospek,” jelasnya. Pengakuan lain juga datang dari SPK FBS Dyah Ayu Widyawati. “Dia itu memang nggak pernah telat, nggak pernah bikin suatu pelanggaran, jadi SPK nggak pernah marah sama dia,” jelasnya. Banyak spekulasi tercipta perihal meninggalnya Rizky. “Saya dengar-dengar dari berita, dia berangakt dari kos, buru-buru. Nyalip bis ke kanan dari kiri. Bis yang belakang yang mau lurus udah terlanjur ngebut. Jadi, ya tertabrak.” Ujar Bayu. Hal yang hampir serupa juga Dyah ia berspekulasi jika Rizky meninggal karena terburu-buru. ”Mungkin dia bangun kesiangan setelah kemarin latihan buat acara ekspresi dan takut telat. Sehingga, berangkatnya buru-buru.” Jelasnya.

Jumat (10/8), Rudi Pramoko, Koordinator Ospek Fakultas Ilmu Pendidika (FIP), menjelaskan tentang rundown acara dan pendapat menenai pembagian waktu ospek. Nimas | Expedisi

Neti Mufaiqoh Awal, Dini, Hanif, Nimas, Nia, Yekti


Maba Award di PGSD

Ega R M Barus, Pe­man­du Gu­gus A­bal, Fa­ kul­tas Il­mu So­sial (FIS) ber­si­te­gang de­ngan Pe­man­du Ke­di­si­plin­an (PK) Kamis, (9/8). Ke­ja­di­an i­ni ber­lang­sung ke­ti­ka dua o­rang ma­ha­sis­wa ba­ru di­min­ta ke de­pan Ta­man Pan­ca­sila ka­re­na ti­dak mem­ba­wa tu­gas yang di­min­ta. Ke­ti­ka PK me­min­ta me­re­ka un­tuk ber­jan­ji ti­dak meng­u­lang­inya, Ega lang­sung me­min­ta a­gar Yuda, Ko­or­di­na­tor PK mem­ber­hen­ti­kan­nya. Ega me­ra­sa bah­wa ke­ber­a­da­an PK su­dah ti­dak bi­sa di­to­le­ran­ si la­gi. Dia ber­ang­gap­an bah­wa os­pek i­tu ti­dak se­ha­rus­nya a­da bentak-bentakan. “Me­re­ka i­tu da­tang os­pek i­ngin ta­hu kam­ pus­nya, i­ngin ta­hu per­a­tur­an kam­pus­nya. Bu­kan­nya un­tuk da­pat bentak-bentakan se­per­ti i­ni. Se­ha­rus­nya da­lam os­pek ti­dak a­da PK,” te­rang Ega.

Fa­kul­tas Ma­te­ma­ti­ka dan Il­mu Pe­ nge­ta­hu­an A­lam (FMIPA) meng­a­da­kan dis­play U­nit Ke­gi­at­an Ma­ha­sis­wa Fa­kul­ tas (UKMF), Kamis (9/8). Ber­tem­pat di ge­dung la­bo­ra­to­ri­um, ke­gi­at­an i­ni di­i­kut­i o­leh em­pat UKMF, yaitu Haska, KSI MIST, Hancala, dan Sekrup. Da­lam a­ca­ra i­ni, ter­ li­hat eu­fo­ria pa­ra ma­ba yang me­nyak­si­kan dis­play UKMF. Ke­gi­at­an yang ber­lang­sung da­ri pu­kul 13.00-15.00 WIB ter­se­but, me­ru­pa­kan a­gen­ da ru­tin da­lam rang­kai­an O­ri­en­ta­si Stu­di dan Pe­nge­nal­an Kam­pus (Ospek) FMIPA. Azizah, se­la­ku ko­or­di­na­tor a­ca­ra meng­ung­ kap­kan, “Pe­nam­pil­an da­ri tiap-tiap UKMF sa­ngat is­ti­me­wa.” Ia me­ni­lai ji­ka me­re­ka te­lah mem­per­si­ap­kan dan mem­per­sem­ bah­kan pe­nam­pil­an yang op­ti­mal.

Pa­ni­tia Os­pek Ju­ru­san Pen­di­dik­an Gu­ ru Se­ko­lah Da­sar (PGSD) meng­a­da­kan Ma­ba Awards di Au­di­to­rium UNY, Ka­mis (9/8). Ka­te­go­ri yang di­pe­re­but­kan an­ta­ ra la­in, gu­gus te­ra­jin, ter­kri­tis, ter­ak­tif, ter­kre­a­tif, ter­kom­pak bah­kan gu­gus yang ter-alay. A­cara di­mu­lai de­ngan mem­be­ri­ kan peng­har­ga­an un­tuk se­mua gu­gus yang a­da. Ke­mu­di­an, di­tu­tup de­ngan ter­pi­lih­ nya Koko dan Tiwi se­ba­gai Ma­ba Pu­tra dan Pu­tri Ter­ba­ik da­ri yang Ter­ba­ik. Tu­ju­an di­a­da­kan­nya a­ca­ra i­ni a­da­lah un­tuk mem­be­ri­kan peng­har­ga­an ba­gi pa­ra ma­ba. Lina Puspitaning Rahayu, Pa­ni­tia Os­pek Ju­ru­san PGSD me­nga­ta­kan, “A­ca­ra i­ni tu­ju­an­nya un­tuk mem­be­ri­kan a­pre­si­ asi ba­gi pa­ra ma­ba yang te­lah ber­u­sa­ha de­ngan mak­si­mal.”

Faqihuddien Abi U

Dini Permata Sari

Nimas M Firdausa

Kualitas, Bukan Kuantitas Men­ja­di ma­ha­sis­wa ba­ru (ma­ba) di Universitas Negeri Yogyakarta ber­ar­ti ha­ rus me­nyi­ap­kan kon­di­si di­ri yang eks­tra. Pa­sal­nya se­la­ma ma­sa O­ri­en­ta­si Stu­di dan Pe­nge­nal­an kam­pus (os­pek) pa­ra ma­ba a­kan di­ha­dap­kan pa­da rang­kai­an a­ca­ra yang lu­ar bi­a­sa pa­dat­nya. Da­lam sa­tu ha­ri sa­ja, ke­gi­at­an os­ pek me­ma­kan wak­tu se­ki­tar 10 jam. Ma­ba ti­dak di­be­ri pi­lih­an la­in ke­cu­a­li ha­rus me­na­at­i se­ga­la jad­wal yang su­dah di­ten­tu­kan ji­ka i­ngin suk­ses me­le­wat­i os­pek. A­pa kon­se­kuen­si da­ri pe­lang­gar­ an jad­wal yang a­da? Se­der­ha­na, ha­nya me­nik­ma­ti hukuman-hukuman yang su­dah di­se­di­a­kan o­leh pa­ra Pe­ne­gak Ke­di­si­plin­an. Gam­bar­an sing­kat os­pek ter­se­but me­mang te­ra­sa se­der­ha­na. Na­mun, pa­ da ke­nya­ta­an­nya, ba­nyak ma­ba yang me­nge­luh­kan pa­dat­nya jad­wal os­pek. Ba­nyak ma­ba yang men­ja­di kor­ban. Per­ta­nya­an yang cu­kup men­da­sar a­da­lah, a­pa­kah jad­wal os­pek ha­rus di­buat se­pa­dat i­tu? Ten­tu sa­ja ti­dak. Se­be­nar­nya ba­nyak al­ter­na­tif jad­wal ke­gi­at­an yang bi­sa di­te­rap­kan un­tuk bi­sa me­me­nuh­i tu­ju­an da­ri os­pek i­tu sen­di­ri, ya­i­tu a­gar pa­ra ma­ba me­nge­

nal kam­pus me­re­ka. Na­mun, a­gak­nya se­ma­ngat pa­ni­tia ter­u­ta­ma sie a­cara da­lam pe­lak­sa­na­an os­pek ka­li i­ni mem­ bu­at me­re­ka me­lu­pa­kan pertimbanganpertimbangan pen­ting a­tas se­gala ri­si­ko yang a­kan di­te­ri­ma maba. Pertimbangan-pertimbangan ter­se­ but nya­ta­nya ber­bu­ah men­jadi kejadiankejadian pa­hit ba­gi pa­ra ma­ba se­la­ma os­ pek ber­lang­sung. Ter­u­ta­ma a­da­lah kon­di­si fi­sik ma­ba yang drop. A­pa­la­gi ba­gi me­re­ka yang ha­rus ber­pu­a­sa di wak­tu os­pek ka­li i­ni. Penugasan-penugasan yang se­mu­la di­tu­ju­kan de­mi ke­ba­ik­an pa­ra ma­ba sen­ di­ri, alih-alih men­ja­di tam­bah­an be­ban ter­sen­di­ri ba­gi pa­ra ma­ba. Ke se­mua i­tu pa­tut di­ja­di­kan ba­han per­tim­bang­an e­va­lu­asi un­tuk pem­bu­at­an jad­wal os­pek yang le­bih pro ter­ha­dap kon­ di­si fi­sik dan men­tal ma­ba di os­pek UNY se­lan­jut­nya. Bah­wa, jad­wal yang pa­dat ti­dak mes­ti men­ja­min ke­suk­ses­an da­ri os­pek i­tu sen­di­ri. Os­pek yang se­der­ha­na na­mun ber­mak­na ten­tu le­bih di­ha­rap­kan o­leh pa­ra ma­ba, da­ri­pa­da os­pek yang di­pak­sa­kan un­tuk pa­dat dan se­ma­rak. Na­mun, se­sung­guh­nya mem­be­rat­kan dan mem­be­bani sa­ja. Redaksi

Pimpinan Proyek Akhmad Muawal H | Sekretaris Neti Mufaiqoh | Bendahara Neti Mufaiqoh | Redaktur Pelaksana Nur Janti | Redaktur Akhmad Muawal H, Dini Permatasari, Faqihuddien Abi U, Ebma Yudhasatria, Neti Mufaiqoh, Siti Khanifah | Reporter Awal, Dini, Hanif, Nia, Nimas, Yekti | Redaktur Foto Ebma Yudhasatria | Artistik Sofwan Makruf | Produksi Irfah Lihifdzi A | Iklan Faqihuddien Abi U, Siti Khanifah, Nia Aprilianingsih | Sirkulasi Septiadi Setia W | Alamat Gedung Student Center Lt. 2 Karangmalang Yoyakarta 55281 | Email lpm_ekspresi@yahoo.com | Web ekspresionline.com | Redaksi menerima artikel, opini dan surat pembaca. Redaksi berhak mengedit tulisan tanpa mengubah isi.

Me­nu­rut sa­ya, ke­gi­at­an os­pek yang di­lak­sa­na­kan ter­lalu pa­gi. I­tu mem­bu­at ki­ta ku­rang ti­dur. Aena Safrida Pendidikan Sosiologi

Wak­tu ma­suk­nya per­lu di­tam­bah, ka­ re­na ma­sih ba­nyak pe­nu­gas­an yang per­lu di­ker­ja­kan.

I NFO OSPEK

Euforia Maba di Gedung Laboratorium

M ABA BICARA

Ega Melawan PK

Achmad Taufik Pendididikan Teknik Elektro

Da­ri se­gi ke­pa­ni­ti­a­an sen­diri mung­ kin ku­rang si­ap. Ma­ba sen­di­ri be­lum be­gi­tu me­nger­ti me­nge­nai Ta­ta Ter­tib Os­pek­nya. Erwin Wendra Administrasi Negara

Maba Tahun 2011 tanpa Almamater Penyematan jas almamater tidak diikuti seluruh mahasiswa baru (maba), Senin (2/8/2011) di Gedung Olahraga Universitas Negeri Yogyakarta (GOR UNY). Wakil Rektor (WR) III saat itu, Prof.Dr. Herminarto Sofyan menjelaskan alasan terlambatnya pembagian jas almamater karena baru dipesan pada bulan Mei 2011. Akibat pemesanan jas almamater yang terlambat, maka jas almamater baru dapat diambil pada pertengahan Agustus 2011.

O SPEK TEMPO DOELOE

E DITORIAL

edisi KHUSUS V ospek UNY 2012

Ebma Yudhasatria

3


P ERSEPSI

edisi KHUSUS V OSPEK unY 2012

Budaya Momentum Maba

O

r­ i­en­ta­si Stu­di dan Pe­nge­nal­an Kam­ pus (os­pek) men­ja­di ke­sem­pat­an ba­gi ma­ha­sis­wa ba­ru (ma­ba) un­tuk me­ra­sa­kan ba­gai­ma­na at­mos­fer kam­pus di­ba­ngun. Me­na­rik men­cer­ma­ti ba­ga­i­ ma­na an­tu­si­as­me ma­ba da­lam meng­i­ku­ti rang­ka­i­an a­ca­ra os­pek. Se­pa­dat a­pa­pun jad­wal­nya, se­be­rat a­pa­pun pe­nu­gas­an­nya, ma­ba se­a­kan se­la­lu pu­nya ga­i­rah un­tuk ber­par­ti­si­pa­si ak­tif da­lam se­ti­ap a­gen­da­ nya. Mo­men i­ni­lah yang di­tang­kap pa­ni­ti­a os­pek un­tuk mem­ba­kar se­ma­ngat pa­ra ma­ba da­lam me­nye­ma­rak­kan os­pek. Pa­da mo­men os­pek, i­de­a­lis­me ma­ha­ sis­wa sung­guh ter­li­hat da­ri si­kap kri­tis yang ter­ba­ngun da­lam o­ra­si-orasi, dis­ku­si, de­bat, dan la­in se­ba­ga­i­nya. Si­kap cin­ta a­kan bu­da­ya sen­di­ri men­co­ba di­ta­nam­kan le­wat ma­cam-ma­cam per­tun­juk­an ke­se­ni­ an khas In­do­ne­sia. Mem­bu­at jar­gon ser­ta yel-yel yang ber­tu­ju­an mem­bang­kit­kan se­ma­ngat i­tu su­dah men­ja­di se­ma­cam ri­tu­al wa­jib pa­da pe­nye­leng­ga­ra­an os­pek di ti­ap ta­hun­nya. Na­mun, a­pa yang a­kan ter­ja­di se­su­dah os­pek? Se­ma­ngat men­ja­di ma­ha­sis­wa ru­panya ha­nya se­ba­tas mo­men os­pek. Se­te­lah­nya, se­ma­ngat ter­se­but cen­de­rung me­nu­run, bah­kan hi­lang sa­ma se­ka­li. I­de­ a­lis­me ma­ha­sis­wa di a­wal per­ku­li­a­han se­ma­kin ter­gan­ti­kan o­leh si­kap a­pa­tis yang la­rut pa­da ak­ti­vi­tas se­pu­tar per­ku­ li­a­han sa­ja. Hing­ga a­khir­nya, si­kap kri­tis ter­gan­ti­kan o­leh si­kap a­cuh ter­ha­dap di­ri sen­di­ri dan kon­di­si se­ki­tar.

Ke­nya­ta­an­se­ma­kin a­pa­tis­nya ma­ha­ sis­wa meng­in­di­ka­si­kan a­da yang sa­lah de­ngan sis­tem pen­di­di­kan yang a­da di kam­pus-kam­pus. Di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sa­ja mi­sal­nya; be­ban Sa­tu­an Kre­dit Se­mes­ter (SKS) na­ik, peng­ga­bung­an be­be­ra­pa ma­ta ku­li­ah, ser­ta ak­ses ke­gi­at­ an ma­ha­sis­wa yang di­ba­ta­si jam ma­lam. Hal i­ni mem­bu­at me­re­ka yang se­be­nar­nya i­ngin men­ja­ga se­ma­ngat os­pek se­la­ma men­ja­di ma­ha­ sis­wa ter­ham­bat. Ak­ti­vis kam­pus ter­be­leng­gu o­leh pe­r a­t u­r an kam­p us me­re­ka sen­d i­r i. A­khir­nya po­la pen­di­dik­an yang ber­ja­lan kem­ba­li pa­da pem­bo­do­han ma­ha­sis­wa yang ku­li­ah un­tuk tar­get ni­la­i se­ma­ta. Pe­ne­ka­nan bu­kan la­gi pa­da pro­ses dan e­sen­si se­ga­la ak­ti­vi­tas me­re­ka la­ku­kan di kam­pus, na­mun le­wat IPK dan ni­lai tugas. Ke­cen­de­rung­an ga­i­rah yang ha­nya di a­wal­nya sa­ja se­be­tul­nya meng­gam­bar­ kan si­kap ma­sya­ra­kat In­do­ne­sia da­lam bu­da­ya mo­men­tum yang ma­sih kro­nis. Bu­da­ya mo­men­tum me­ru­pa­kan se­ga­la si­kap yang ter­cer­min ha­nya pa­da mo­men yang ter­ja­di/pa­da su­a­tu mo­men ter­ten­tu sa­ja. Se­per­ti hal­nya se­ma­ngat i­de­a­lis­me ma­ha­sis­wa yang di­tang­kap pa­ra ma­ba ha­nya se­la­ma os­pek. Da­lam kons­truk­si yang le­bih lu­as di ra­nah ne­ga­ra, bu­da­ya mo­men­tum i­ni bi­sa di­i­ba­rat­kan de­ngan na­si­o­nal­is­me pas­ta gi­ gi yang di­a­nut se­ba­gi­an be­sar ma­sya­ra­kat

SPACE IKLAN INI, HANYA UNTUK ANDA YANG USAHANYA INGIN SUKSES!

Berminat?

Hubungi Nia Aprilianingsih 085743733434

Kunjungi portal berita kami di www.ekspresionline.com untuk tahu kabar-kabar di Kampus UNY.

4

@ekspresionline

Indonesia. Na­si­o­nal­is­ me yang a­kan mun­c ul ke­t i­ka a­da fak­tor ter­ten­tu yang me­men­cet­nya. Con­t oh­n ya, ka­s us peng­k la­i ­m an be­b e­ ra­pa un­sur ke­bu­da­ ya­an khas In­do­ne­si­a se­per­ti Ta­ri Pen­det, Ba­tik, Ta­ri Re­og, La­ gu Ra­sa Sa­ya­nge, dan Dok. Istimewa la­in se­ba­ga­i­nya o­leh Ma­lay­sia. Ka­sus ter­se­but a­da­lah fak­tor u­ta­ma yang me­men­cet na­si­on ­ al­is­me ma­sya­ra­kat In­do­ne­si­a yang ti­dak te­ri­ma ji­ka ke­bu­da­ya­an as­li­nya di­kla­im pi­hak la­in. Ji­ka ti­dak ter­ja­di ka­sus se­ma­cam i­tu, a­pa­kah si­kap na­si­o­nal­is­me ma­sya­ ra­kat ki­ta ti­dak a­kan per­nah mun­cul dan ter­cer­min da­lam kon­sis­ten­si si­kap dan tin­da­kan? Se­m a­n gat i­d e­a l­i s­m e ma­h a­s is­w a se­ha­rus­nya ber­ban­ding lu­rus de­ngan im­ple­men­ta­si­nya se­la­ma di­a men­ja­di ma­ha­sis­wa. Bu­kan ber­e­vo­lu­si men­ja­di ma­ha­sis­wa a­pa­tis yang la­rut de­ngan du­ nia per­ku­li­a­han dan me­lu­pa­kan e­sen­si men­ja­di ma­ha­sis­wa se­per­ti yang di­te­ ri­ak-te­ri­ak­kan se­la­ma os­pek. Akhmad Muawal Hasan


Buletin Expedisi Edisi Khusus V Ospek UNY 2012 - Risiko Jadwal Ospek Padat