Page 1

EXPEDISI EDISI II APRIL 2013

MEMBANGUN

B U D AYA

KRITIS

Kesimpangsiuran Pembangunan

Mengungkap Kejanggalan Pembangunan Lab KWU


surat pembaca UNY Berkarakter? PEN­DI­DI­KAN ka­rak­ter ti­dak am­puh de­ngan me­nyu­guh­kan pen­je­las­an, pe­ ma­ham­an dan pem­bi­a­sa­an. Pen­di­di­kan ka­rak­ter me­mer­lu­kan ke­ku­at­an mo­ral in­di­vi­du, se­ka­li­gus du­ku­ngan me­la­lui kul­tur a­ka­de­mik, dan ke­te­guh­an si­kap. U­pa­ya men­da­sar dan per­ta­ma yang ha­rus di­tem­puh un­tuk mem­ben­tuk ka­rak­ter a­da­lah mem­bi­na ke­te­guh­an ha­ti. UNY ha­rus meng­ino­va­si sis­tem a­ka­ de­mik, ku­ri­ku­lum, dan pem­be­la­jar­an un­tuk meng­han­tar­kan ra­sa ke­im ­ an­an, se­hing­ga se­mua si­vi­tas a­ka­de­mik me­ ra­sa di­a­wa­si dan di­bim­bing Tuhan. Me­ nu­tup dan mem­be­ran­tas se­mua ce­lah yang da­pat me­ng­ot­ o­ri ha­ti, UNY ha­rus men­cip­ta­kan kul­tur yang da­pat men­ ce­gah se­mua ak­ti­vi­tas yang me­nga­rah ke­mak­si­at­an dan do­sa. Drs. Suparlan Dosen PPSD FIP UNY

Kelas Internasional Riwayatmu Kini A­PA yang ha­rus di­la­ku­kan o­leh a­nakanak pen­di­dik­an int­er­na­si­o­nal, khu­sus­ nya Pen­di­dik­an A­kun­tan­si In­ter­na­si­o­nal? SPP per­se­mes­ter yang ti­dak mur­ah, ti­dak se­ban­ding de­ngan fa­si­li­tas dan te­na­ga pe­nga­jar yang di­be­ri­kan ke­pa­da ka­mi. Ti­dak a­da pem­be­da de­ngan ke­las-ke­las yang la­in. Per­ma­sa­lah­an ma­na­je­men ser­ta pe­ la­yan­an da­ri bi­ro­krat yang be­ra­ni me­la­ be­li ka­mi de­ngan se­but­an in­ter­na­si­o­nal, se­ha­rus­nya mem­ba­ik da­ri ha­ri ke ha­ri. Na­mun, ke­nya­ta­an­nya itu ha­nya a­ngan-a­ ngan be­la­ka. Ji­ka bi­ro­krat be­ra­ni me­­la­be­li ka­mi de­ngan se­bu­tan Ke­las In­ter­na­si­o­nal, su­dah se­pa­tut­nya di­im­ba­ngi de­ngan te­na­ ga pen­di­dik yang ber­ta­raf in­ter­na­si­o­nal. Ka­lau se­per­ti i­ni, a­pa yang di­mak­sud­kan dengan Ke­las In­ter­na­si­o­nal ? Me­nga­pa pe­la­yan­an ter­ha­dap ma­ha­siswa ke­las

editorial Nama Mahasiswa Dijadikan Tameng UNIVERSITAS Negeri Yogyakarta (UNY) kembali mem­ba­ngun de­ngan meng­a­tas­na­ma­kan ma­ha­sis­wa. Wakil Rektor II UNY, Mochammad Alip me­ nga­ta­kan nan­ti­nya Lab Kewirausahaan akan di­ja­di­kan se­ba­gai tem­pat pe­ ngem­bang­an ma­ha­sis­wa da­lam ber­wi­ ra­usa­ha. Per­nya­ta­an ter­se­but sa­ngat tim­pang se­ka­li de­ngan apa yang di­ ren­ca­na­kan. Da­ri em­pat lan­tai ge­dung ter­se­but ma­ha­sis­wa ha­nya men­da­pat tem­pat di lan­tai ti­ga. Si­sa­nya bu­kan di­per­un­tuk­an ma­ha­sis­wa. Per­ka­ta­an Alip me­nun­juk­an bah­ wa, pe­ren­ca­na­an de­ngan tu­ju­an su­dah je­las ber­be­da. Tu­ju­an pem­ba­ngun­ an meng­a­tas­na­ma­kan ke­pen­ti­ngan ma­ha­sis­wa ta­pi da­lam pe­ren­ca­na­an ma­ha­sis­wa ha­nya di­be­ri ja­tah sa­tu lan­tai. Alip ber­al­a­san apa­bi­la se­mua lan­tai di­be­ri­kan ke­pa­da ma­ha­sis­wa, mi­nat orang un­tuk ber­kun­jung ke Lab Kewirausahaan men­ja­di ber­ku­ra­ng. Pe­ren­ca­na­an yang ku­rang ma­tang da­ri UNY bu­kan ha­nya so­al pem­ ba­gi­an lan­tai, un­tuk ma­na­je­men ju­ ga. Me­nu­rut Ketua Pusat Studi dan Pengembangan Kewirausahaan UNY, Dr. Endang Mulyani, un­tuk ma­na­ je­men yang akan di­te­rap­kan di Lab Kewirausahaan ba­ru sam­pai pa­da ta­hap pe­ren­ca­na­an dan be­lum di­te­

2

tap­kan. Se­mua ke­ku­rang­ma­tang­an da­lam pe­ren­ca­na­an pem­ba­ngun­an Lab Kewirausahaan ini me­nun­juk­an bah­wa UNY se­be­nar­nya be­lum si­ap un­tuk mem­ba­ngun gedung ini. Ka­l au pem­b a­n gu­n an Lab Kewirausahaan ter­se­but un­tuk ma­ ha­s is­w a, se­h a­r us­n ya ma­h a­s is­w a men­da­pat­kan ku­o­ta le­bih be­sar pa­da gedung ter­se­but. Gedung ter­se­but ha­ rus be­nar-be­nar mam­pu mem­be­ri­kan ke­sem­pat­an pada ma­ha­sis­wa da­lam meng­eks­plo­ra­si bi­dang ke­wi­ra­usa­ ha­an. Ke­pu­tus­an sa­tu lan­tai un­tuk ma­ha­sis­wa pa­da Lab Kewirausahaan ini ti­dak ha­nya men­cer­min­kan ke­ti­dak adi­lan ba­gi ma­ha­sis­wa. Ke­pu­tus­an ter­se­but ju­ga me­nun­juk­kan bah­wa da­lam me­nen­tu­kan ke­bi­jak­an pem­ba­ ngun­an, UNY ti­dak me­nge­de­pan­kan ke­pen­ti­ngan ma­ha­sis­wa. Se­mes­ti­nya UNY me­mi­li­ki me­ka­ nis­me yang me­li­bat­kan mahasiswa un­tuk me­ngam­bil ke­bi­jak­an yang ber­ka­it­an de­ngan mahasiswa. De­ ngan de­mi­ki­an ma­ha­sis­wa da­pat ikut me­nen­tuk­an apa yang men­ja­di ke­pen­ti­ngan­nya. Pe­lak­sa­na­an ke­bi­ jak­an pun ti­dak akan me­len­ceng da­ri tu­ju­an awal. Redaksi

In­ter­na­si­o­nal be­gi­tu mem­pri­ha­tin­kan? Ki­ra­nya, pa­ra pe­ngambil ke­bi­jak­an di UNY i­ni le­bih flek­si­bel. Pe­ngam­bil­an ke­bi­jak­an pen­di­dik­an ti­dak bo­leh se­te­ ngah-se­te­ngah. Toh akhir­nya ma­ha­sis­wa ju­ga yang a­kan di­ru­gi­kan. Febrianti Dian Sari Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Internasional 2012

Ruwetnya Parkiran di Kampus MUNGKIN ba­nyak mas­ya­ra­kat UNY yang mem­per­ma­sa­lah­kan per­so­al­an sis­ tem ser­ta ke­bi­jak­an yang di­ra­sa ku­rang pas un­tuk ma­ha­sis­wa. Sa­ya me­ra­sa a­da hal yang lu­put da­ri so­rot­an te­man-te­man ma­ha­sis­wa se­la­ma ini. Ya­itu, ru­wet­nya la­lu lin­tas kam­pus ser­ta sem­ra­wut­nya pe­na­ta­an tem­pat par­kir. Me­nu­rut sa­ya per­lu di­bu­at per­a­tur­an ba­gi ma­ha­sis­wa peng­gu­na ken­da­ra­an ber­mo­tor dan pe­na­taa­n tem­pat par­kir. Sa­ya pi­kir kon­di­si la­lu­lin­tas di da­e­rah kam­pus yang be­gi­tu ru­wet di­se­bab­kan ba­nyak­nya ma­ha­sis­wa yang meng­gu­na­ kan ken­da­ra­an ber­mo­tor. Sa­ran sa­ya a­da­lah ma­ha­sis­wa yang ja­rak da­ri ru­mah a­tau tem­pat kos bi­ sa di­jang­kau de­ngan ja­lan ka­ki atau ber­se­pe­da, di­be­ri­kan la­ra­ngan un­tuk meng­gu­na­kan ken­da­ra­an ber­mo­tor ke kam­pus. Kon­di­si par­kir yang be­gi­tu ru­wet, per­lu pe­nga­tu­ran u­lang. Sa­ya per­ha­ti­kan se­ti­ap ha­la­man fa­kul­tas di UNY, di se­ti­ ap su­dut se­la­lu di­gu­na­kan un­tuk par­kir ken­da­ra­an ber­mo­tor, yang me­nu­rut sa­ya men­ja­di­kan pe­man­dang­an men­j­adi ku­ rang a­la­mi dan as­ri. Dian Nuryanto Mahasiswa Teknik Sipil 2012

sempil + “Ren­ca­na­nya ki­ta mau stu­di ban­ding ke Lab Ke­wi­ra­usa­ha­an di Uni­ ver­si­tas Bra­wi­ja­ya.“

- Studi banding kan, bukan studi wisata ? Pimpinan Proyek Rizpat Anugrah | Sekretaris Prasetyo Wibowo | Bendahara Gresthi Pramadya Dewi | Redaktur Pelaksana Muhammad Nur Farid | Redaktur Agil Widiatmoko, Bima Saputra, Desinta Kusumaningrum, Heri Yulianta, Hesti Pratiwi, Muhammad Nur Farid, Prasetyo Wibowo, Rizpat Anugrah | Reporter Bima, Desinta, Heri, Merynda, Prasetyo | Redaktur Foto Hengki Afrinata | Artistik Agil Widiatmoko, Hesti Pratiwi | Produksi Desinta Kusumaningrum | Iklan Arde Candra Pamungkas, Fatmawati, Merynda Puspitaningrum | Tim Polling Heri Yulianta, Irega Gelly Gera, Randy Arba Pahlevi | Sirkulasi Bima Saputra | Alamat Gedung Student Center Lt. 2 Karangmalang, Yoyakarta 55281 | Email lpm_ekspresi@yahoo.com | Website ekspresionline.com Redaksi menerima artikel, opini, dan surat pembaca. Redaksi berhak mengedit tulisan tanpa mengubah isi.

edisi II | APRIL 2013


sentra

Kejelasan Pembangunan Laboratorium Kewirausahaan Hengki | Expedisi

UNY membangun Laboratorium Kewirausahaan untuk tempat belajar mahasiswa, namun mahasiswa hanya mendapat jatah satu lantai.

Jumat (12/04), tampak gedung Laboratorium Kewirausahaan masih dalam proses pembangunan di bekas rumah dinas UNY.

U

ni­ver­si­tas Ne­ge­ri Yogyakarta (UNY) ber­usa­ha mem­be­ri­kan fa­si­ li­tas be­la­jar be­ru­pa Laboratorium (Lab) Kewirausahaan. Tu­ju­an di­ben­tuk­ nya Lab Kewirausahaan ada­lah men­ja­di tem­pat prak­tek un­tuk pe­ne­rap­an ma­ta ku­li­ah ke­wi­ra­usa­ha­an, men­ja­di tem­pat ma­gang un­tuk ma­ha­sis­wa yang mau ber­la­tih ber­wi­ra­usa­ha dan men­cip­ta­ kan ge­ne­ra­si mu­da yang mem­pu­nyai peng­al­am­an da­lam ber­wi­ra­usa­ha. Wa­kil Rek­tor II (WR II) Dr. Mochammad Alip, M.A. meng­ung­kap­kan, “Nan­ti­nya Lab Kewirausahaan akan di­ja­di­kan se­ba­ gai tem­pat peng­em­bang­an ma­ha­sis­wa da­lam bi­dang wi­ra­usa­ha.” Hal ini sa­ ngat tim­pang de­ngan pe­ren­ca­na­an yang di­ung­kap­kan Alip se­lan­jut­nya, bah­wa lan­tai sa­tu akan di­se­wa­kan ke pi­hak umum, se­dang­kan lan­tai 2 akan di­tem­ pa­ti bank.

April 2013 | edisi II

Me­nang­ga­pi hal itu Muhammad Iqbal Abdul Aziz ke­tua Ko­mi­si III Dewan Perwakilan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (DPM KM) meng­ung­kap­kan bah­wa, ji­ka Lab Kewirausahaan di­ja­di­kan tem­pat peng­em­bang­an ma­ha­sis­wa ja­ngan di­ko­mer­sia­li­sa­si­kan un­tuk umum. “Lab kewirausahaan ha­rus un­tuk ma­ha­sis­wa,” te­gas­nya. In­for­ma­si me­nge­nai ba­ngu­nan Lab Kewirausahaan ini ju­ga ma­sih di­ra­ sa­kan Iqbal sim­pang­si­ur. Iqbal meng­ung­ kap­kan bah­wa, “Ke­je­las­an pem­ba­ngun­an ma­sih sim­pang­si­ur ka­re­na da­ri rek­to­rat be­lum me­ma­par­kan se­ca­ra je­las ten­tang Lab Kewirausahaan.” Gunawan Ariantapa S.T. se­la­ku kepala Bagian Umum Hukum Tata Laksana dan Perlengkapan UNY meng­ ung­kap­kan, bah­wa basement di Lab Kewirausahaan akan di­ja­di­kan tem­pat par­kir pe­ngun­jung Lab Kewirausahaan.

Alip me­nam­bah­kan, “Bi­la par­kir­an basement ti­dak me­ma­dai ma­ka la­han par­ kir akan di­per­lu­as ke area be­kas ge­dung Bank Pembangunan Daerah (BPD).” Un­tuk lan­tai sa­tu Gunawan me­ ne­rang­kan bah­wa lan­tai ter­se­but akan di­se­wa­kan un­tuk umum yang me­na­war de­ngan har­ga pa­ling ting­gi. Hal ter­se­ but di­be­nar­kan oleh Alip, “Lan­tai sa­tu me­mang un­tuk di­se­wa­kan ke pe­na­war, un­tuk pe­na­war ter­se­rah yang pen­ting me­re­ka be­ra­ni mem­ba­yar se­su­ai stan­dar bi­a­ya pa­sar bis­nis.” Me­nang­ga­pi hal ter­ se­but, Suyatno, ma­ha­sis­wa Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum ang­kat­an 2009 meng­ung­kap­kan, “Da­ri­pa­da lan­tai sa­tu di­se­wa­kan, le­bih ba­ik di­gu­na­kan sen­di­ri ke­un­tung­anya se­ma­kin ba­nyak, ti­dak ha­nya da­ri ha­sil pe­nye­wa­an.” Alip meng­ung­kap­kan bah­wa uang da­ri pe­nye­wa­an akan di­per­gu­na­kan un­ tuk pe­ra­wat­an ge­dung dan un­tuk bi­a­ya ope­ra­si­on ­ al ge­dung. Ma­ha­sis­wa ti­dak akan di­pu­ngut bi­a­ya ter­ka­it hal ter­se­but. “Se­la­in un­tuk pem­bi­a­ya­an, ada fung­ si la­in ya­i­tu un­tuk me­na­rik pe­lang­gan su­pa­ya da­tang ke Lab Kewirausahaan,” ung­kap Alip. Alip ju­ga me­nam­bah­kan bah­wa, ka­lau Lab Kewirausahaan ha­nya di­tem­pa­ti ma­ha­sis­wa nan­ti mi­nat orang ber­kun­jung ke Lab Kewirausahaan ja­di ber­ku­rang. Da­lam pe­ren­ca­na­annya, lan­tai dua Lab Kewirausahaan akan di­se­wa­kan ke­ pa­da bank. Me­nu­rut Alip hal ini ter­ja­di ka­re­na bank ada­lah se­ba­gai mit­ra UNY. Gunawan me­nam­bah­kan, ”Di lan­tai dua akan di­tem­pa­ti 4 sam­pai 5 bank ya­i­tu Bank Nasional Indonesia, Bank Tabungan Negara, BPD dan sa­tu la­gi be­lum ta­hu.” Ma­ha­sis­wa men­da­pat ja­tah un­tuk me­nem­pa­ti lan­tai ti­ga. Alip me­nu­tur­kan bah­wa nan­tinya ma­ha­sis­wa bo­leh me­na­ war­kan pro­duk apa­pun tan­pa di­pu­ngut bi­a­ya se­wa. Gunawan meng­ung­kap­kan bah­wa, un­tuk lan­tai ti­ga khu­sus di­per­u­n­ tuk­an ba­gi ma­ha­sis­wa, se­men­ta­ra un­tuk

3


sentra

Rep

ro.

Ag

il |

Exp

edi

si

bi­a­ya se­wa­nya gra­tis. “Sa­ya te­gas­kan bi­ay ­ a se­wa un­tuk ma­ha­sis­wa gra­tis,” ung­kap Gunawan. Ter­ka­it ha­nya lan­tai 3 yang di­per­un­ tuk­an ba­gi “ma­ha­sis­wa, ke­tua Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) Wahyudi Iman Satria, me­nga­ ta­kan, “Ki­ta (BEM KM, -red) akan mem­ per­ju­ang­kan 2 lan­tai un­tuk ma­ha­sis­wa ji­ka ani­mo da­ri ma­ha­sis­wa be­sar un­tuk ber­wi­ra­usa­ha di Lab Kewirausahaan.” Ke­pu­tu­san pem­be­ri­an ru­ang usa­ha ba­gi ma­ha­sis­wa di lan­tai 3 di­ra­sa ku­rang bi­sa mem­be­ri­kan ke­un­tung­an yang mak­si­mal ba­gi usa­ha ma­ha­sis­wa. Hal ini di­ung­ kap­kan Iqbal, ”Ji­ka ma­ha­sis­wa di lan­ tai ti­ga da­ya ta­rik pe­ngun­jung itu pas­ti ber­ku­rang, ka­re­na se­ma­kin ting­gi lan­tai se­ma­kin ku­rang da­ya ta­rik­nya.” Un­tuk lan­tai 4 Alip me­nu­tur­kan bah­ wa, ren­ca­na­nya lan­tai ter­se­but akan di­ ja­di­kan se­ba­gai tem­pat ku­li­ner, na­mun ben­tuk­nya be­lum di­pu­tus­kan. Me­nang­ ga­pi hal ter­se­but Suyatno me­min­ta agar pe­nge­lo­la foodcourt ada­lah ma­ha­sis­wa, “Ka­lau nan­ti­nya lan­tai 4 di­gu­na­kan un­tuk ku­li­ner, yang me­nem­pa­ti ha­rus ma­ha­sis­ wa, su­pa­ya da­pat me­nam­pung ma­ha­sis­wa yang mau ber­wi­ra­usa­ha da­lam bi­dang ma­sak.” Ketua Pusat Studi dan Pengembangan Kewirausahaan UNY, Dr. Endang Mulyani M.Si. meng­ung­kap­kan bah­wa, un­tuk ma­na­je­men yang akan di­te­rap­kan di Lab Kewirausahaan ba­ru sam­pai ta­hap pe­ren­ ca­na­an, be­lum di­te­tap­kan. “Ren­ca­na­nya ki­ta mau stu­di ban­ding ke Lab Ke­wi­ra­ usa­ha­an di Uni­ver­si­tas Bra­wi­ja­ya yang su­dah ber­kem­bang pe­sat,” te­rang Endang. Se­men­ta­ra un­tuk pro­se­dur pe­nye­wa­an dan pem­ba­gi­an outlet ba­gi ma­ha­sis­wa ju­ga ma­sih da­lam ta­hap pe­ren­ca­na­an.

Gambar sruktur bangunan Lab Kewirausahaan

4

Transparansi Dana Lab Kewirausahaan U n ­t u k p e m b ­ an ­ guna ­ n Lab Kewirausahaan yang me­mi­li­ki 4 lan­tai ini mem­bu­tuhkan da­na mi­li­ar­an ru­pi­ah. Alip me­ne­rang­kan, sam­pai sa­at ini un­tuk pem­ ba­ngun­an struk­tur Lab Kewirausahaan su­d ah meng­h a­b is­kan da­n a se­b e­s ar Rp21.369.200.000,00. Da­na itu ber­a­sal da­ri Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara se­be­sar Rp20.301.240.000,00 sedangkan yang Rp1.067.960,00 ber­a­ sal da­ri da­na Pen­da­pat­an Negara Bu­kan Pa­jak UNY. Pem­ba­ngun­an Lab Kewirausahaan di­ba­gi men­ja­di dua ta­hap, ya­i­tu ta­ hap pem­ba­ngun­an struk­tur dan ta­ hap pe­n yem­p ur­n a­a n. Un­t uk ta­h ap pe­nyem­pur­na­an mem­bu­tuh­kan da­na se­k i­t ar Rp20.000.000.000,00. “Lab kewirausahaan sam­pai sa­at ini ba­ru sam­pai ta­hap pem­ba­ngun­an struk­tur­nya. Nan­ti­ nya ka­lau su­dah pa­da ta­hap finishing atau pe­nyem­pur­na­an ba­ngu­nan, da­na yang di­ke­lu­ar­kan ke­se­lu­ru­han bi­sa me­lon­jak hing­ga se­ki­tar Rp40.000.000.000,00.” ung­kap Gunawan. "Molornya" Pembangunan Lab Kewirausahaan Pem­b a­n gun­a n struk­t ur Lab Kewirausahaan UNY me­nga­la­mi ke­mo­ lo­ran wak­tu pe­nye­le­sa­ian. Hal itu ter­buk­ti pa­da pa­pan pen­je­la­san di de­pan lo­ka­si pem­ba­ngun­an Lab Kewirausahaan. Wak­tu yang di­be­ri­kan un­tuk mem­ba­ngun struk­ tur Lab Kewirausahaan ada­lah sam­pai tang­gal 31 Desember 2012 di­tam­bah 50 ha­ri ker­ja. Ar­ti­nya, tang­gal 20 Februari 2013 pem­ba­ngu­nan struk­tur itu su­dah ha­rus ja­di. Ke­nya­ta­an­nya da­lam pem­ ba­ngu­nan struk­tur Lab Kewirausahaan sam­pai tang­gal 3 April 2013 Alip meng­ ung­kap­kan bah­wa, pe­nger­ja­an­nya ba­ru men­ca­pai 90%. Alip meng­ung­kap­kan, “Fak­tor ke­m o­l o­r an itu men­c a­ kup ma­sa­lah cu­a­ca, tek­ni­ si, dan per­u­ bah­an struk­ tur fon­da­si.” Alip ju­g a me­n e­r ang­ kan bah­wa, hal ter­se­but ada­l ah re­ si­k o ker­j a ka­lau ha­rus di­gan­ti pem­ bi­a ­y a­a n­n ya di­t ang­g ung

Lantai satu memang untuk disewakan ke penawar, untuk penawar terserah yang penting mereka berani membayar sesuai standar biaya pasar bisnis. pem­bo­rong. Nan­ti kon­trak­tor akan di­ ke­nai den­da se­be­sar 1/1000 ka­li ke­ter­ lam­bat­an. ”Den­da­nya akan ma­suk ke kas negara bu­kan ke UNY,” terang Alip. Keterlibatan Mahasiswa Dalam Penentuan Kebijakan Iqbal meng­ung­kap­kan bah­wa, ma­ha­ sis­wa ti­dak di­li­bat­kan da­lam pe­nen­tu­an ke­bi­jak­an, Iqbal me­ra­sa UNY ti­dak meng­ har­gai ma­ha­sis­wa, “Kita (mahasiswa, -red) ha­nya di­la­ya­ni aka­de­mis­nya sa­ja, un­tuk ma­sa­lah pe­nen­tu­an ke­bi­jak­an, ma­ha­sis­wa ti­dak di­li­bat­kan.” Hal se­na­da ju­ga di­ung­kap­kan Suyatno, “Pe­nen­tu­an ke­bi­jak­an di UNY ti­dak per­nah me­li­bat­ kan ma­ha­sis­wa, pi­hak bi­ro­krat ha­nya mem­be­ri­ta­hu se­te­lah ke­bi­jak­an itu su­dah di­te­tap­kan.” Iqbal meng­ung­kap­kan bah­wa, da­ lam me­ne­tap­kan su­a­tu ke­bi­jak­an per­lu di­la­ku­kan uji pu­blik dan uji ma­te­ri. Pe­ ne­ta­pan ke­bi­jak­an pem­ba­ngun­an Lab Kewirausahaan ti­dak ada uji pu­blik mau­ pun uji ma­te­ri. Uji pu­blik yang se­ha­ rus­nya di la­ku­kan ber­sa­ma war­ga UNY, ke­nya­ta­annya ti­dak di­la­ku­kan oleh pi­hak bi­ro­krat. “Ma­ha­sis­wa ti­dak ta­hu sa­ma se­ka­li ter­ka­it pe­nen­tu­an ke­bi­jak­an pem­ ba­ngun­an Lab Kewirausahaan, ini yang me­lang­gar asas ke­a­dil­an,” ucap Iqbal. Suyatno ju­ga meng­ung­kap­kan bah­wa, se­la­ma ini un­tuk uji pu­blik ter­ka­it pem­ ba­ngun­an Lab Kewirausahaan be­lum ada. ”Se­ha­rus­nya se­be­lum me­la­ku­kan pem­ba­ ngun­an, pi­hak rektorat ha­rus me­la­ku­kan uji pu­blik, ka­re­na nan­ti dam­pak­nya ju­ga akan ke ma­ha­sis­wa.” Iqbal mem­be­ri­kan con­toh bah­wa, di Universitas Gadjah Mada (UGM), da­lam pe­nen­tu­an su­a­tu ke­bi­jak­an ma­ha­sis­wa di­ li­bat­kan. Pe­ru­mus­an ke­bi­jak­an da­ri rektor ke­mu­di­an tu­run ke Majelis Wali Amanah (MWA), yang ter­di­ri da­ri per­wa­ki­lan ma­ha­sis­wa S1, S2, S3 dan guru besar. Ke­bi­jak­an di­ru­mus­kan da­lam si­dang ber­ sa­ma MWA , se­te­lah itu ba­ru di­pu­tus­kan ke­bi­jak­an itu ber­la­ku atau ti­dak. Iqbal ju­ga me­nga­ta­kan, “UNY ha­rus pu­nya MWA su­pa­ya ma­ha­sis­wa pu­nya da­ya ta­war da­lam pe­nen­tu­an ke­bijakan.” Agil Widiatmoko Bima, Merynda

edisi II | APRIL 2013


polling

Menyingkap Kejelasan Pembangunan Laboratorium Kewirausahaan

P

a­da a­wal ta­hun 2013 ini UNY a­kan me­la­ku­kan pem­ba­ngun­an be­be­ra­pa in­fra­struk­tur kam­pus, sa­lah sa­tu­nya a­da­lah mem­ba­ngun pro­ yek pem­ba­ngu­nan La­bo­ra­to­ri­um (Lab) Ke­wi­ra­u­sa­ha­an . Pem­ba­ngu­nan Lab Ke­ wi­ra­u­sa­ha­an a­kan di­re­a­li­sa­si­kan di la­han par­kir Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP). Tu­ju­an da­ri pem­ba­ngu­nan Lab Ke­wi­ra­u­ sa­ha­an a­da­lah se­ba­gai wa­dah ma­ha­sis­wa un­tuk me­la­ku­kan prak­tik ke­wi­ra­u­sa­ha­an, tem­pat kun­jung­an in­dus­tri, dan tem­pat ma­gang be­la­jar ke­wi­ra­u­sa­ha­an. Da­lam pem­ba­ngu­nan Lab Ke­wi­ra­u­ sa­ha­an di­ke­ta­hui te­lah meng­gu­sur la­han par­kir ma­ha­sis­wa FIP yang ter­nya­ta me­ nim­bul­kan po­le­mik ter­sen­diri di ka­la­ngan ma­ha­sis­wa. Ma­sa­lah yang di­ha­dap­kan ke­pa­da pa­ra ma­ha­sis­wa a­da­lah ke­ti­ dak­je­las­an ter­ka­it de­ngan trans­pa­ran­si ang­ga­ran da­na un­tuk pem­ba­ngu­nan Lab Ke­wi­ra­u­sa­ha­an dan dam­pak yang di­tim­ bul­kan da­ri pem­ba­ngun­an­nya. Da­ri per­ma­sa­lah­an ter­se­but, ma­ka tim EXPEDISI me­la­ku­kan polling un­ tuk me­nge­ta­hu­i ba­gai­ma­na res­pon da­ri ma­ha­sis­wa ten­tang pem­ba­ngu­nan Lab KWU. Me­to­de sampling yang di­gu­na­ kan ada­lah ak­si­den­tal, yaitu mem­ba­ gi­kan ang­ket se­ca­ra lang­sung ke­pa­da res­pon­den yang ki­ta jum­pai. Tek­nik pe­ ngum­pu­lan da­ta yaitu meng­gu­na­kan ang­ket dengan em­pat per­ta­nya­an dan tu­juh per­nya­ta­an. Pe­ngam­bi­lan sam­ pel meng­gu­na­kan ru­mus slovin dengan sampling error se­be­sar 5%, se­hing­ga di­per­ol­eh sam­pel se­ba­nyak 395 sam­pel un­tuk me­wa­ki­li da­ri 26.717 jum­lah ma­

ha­sis­wa UNY. Ang­ket se­lan­jut­nya di­se­bar se­ca­ra lang­sung ke­pa­da res­pon­den ke se­lu­ruh fakultas di UNY yaitu Fakultas Teknik (FT), Fakultas Ilmu Sosial (FIS), Fakultas Ekonomi(FE), Fakultas Ilmu Tidak Setuju Pendidikan (FIP), Fakultas Bahasa dan 56,2% Seni (FBS), Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK), dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Ber­da­sar­kan ha­sil dari pe­ngo­la­han da­ta ang­ket yang di­se­bar, di­per­o­leh bah­ wa 67,3% ma­ha­sis­wa be­lum me­nge­ta­hui ten­tang pem­ba­ngu­nan Lab Ke­wi­ra­u­sa­ha­ an di la­han par­kir FIP dan se­be­sar 32,7% Sangat Tidak Setuju Ma­ha­sis­wa me­nge­ta­hui pem­ba­ngu­nan 26,3% Lab Ke­wi­ra­u­sa­ha­an di la­han par­kir FIP. La­lu, me­nge­nai per­lu­nya di­ba­ngun Lab Setuju Ke­wi­ra­us­ a­ha­an se­be­sar 77,2% ma­ha­ 10,1% sis­wa se­pa­kat de­ng­an hal ter­se­but dan se­be­sar 22,8% ma­ha­sis­wa me­ngang­gap ti­dak per­lu ada­nya pem­ba­ngu­nan Lab Sangat Setuju Ke­wi­ra­u­sa­haan. 7,3% Ke­mu­di­an ma­ha­sis­wa se­tu­ju de­ngan tu­ju­an pem­ba­ngu­nan Lab Ke­wi­ra­u­sa­ ha­an se­be­sar 74,2% dan se­be­sar 25,6% Hesti | Expedisi ma­ha­sis­wa me­ngang­gap ku­rang se­tu­ju de­ngan tu­ju­an pem­ba­ngu­nan Lab Ke­ Prosedur penyewaan Lab Kewirausahaan wi­ra­u­sa­ha­an si­sa­nya se­be­sar 0,3% ma­ kepada mahasiswa sudah jelas. ha­sis­wa ti­dak men­ja­wab, se­lan­jut­nya me­nge­nai ma­ha­sis­wa in­gin ber­par­ti­si­pa­si da­lam prak­tik ke­wi­ra­u­sa­ha­an ji­ka pem­ba­ ma­ha­sis­wa di­res­pon se­ba­nyak 15,2% ngu­nan te­lah se­le­sai se­be­sar 52,9% ber­ ma­ha­sis­wa me­nya­ta­kan sa­ngat se­tu­ju, mi­nat ber­par­ti­si­pa­si dan se­be­sar 46,6% se­ba­nyak 40,8% me­nya­ta­kan se­tu­ju, se­ ma­ha­sis­wa ti­dak ber­mi­nat ber­par­ti­si­pa­si ba­nyak 32,4% me­nya­ta­kan ti­dak se­tu­ju, si­sa­nya se­be­sar 0,5% ma­ha­sis­wa yang se­ba­nyak 11,4% me­nya­ta­kan sa­ngat ti­dak lain ti­dak men­ja­wab. se­tu­ju, dan si­sa­nya se­ba­nyak 0,3% ma­ Ter­ka­it de­ng­an ke­je­la­san sta­tus Lab ha­sis­wa yang la­in ti­dak men­ja­wab. Ke­wi­ra­u­sa­ha­an se­ba­gai la­bo­ra­to­ri­um Tim Expedisi

RALAT

Setuju 20%

Ralat buletin EXPEDISI edisi I Maret 2013

Sangat Setuju 9,6%

Tidak Setuju 46,6% Hesti | Expedisi

Sangat Tidak Setuju 23,8%

Adanya transparansi dana kepada mahasiswa, untuk pembangunan Lab Kewirausahaan.

APRIL 2013 | edisi ii

Pa­da su­rat pem­ba­ca per­ta­ma na­ma do­sen Bambang Supraiyanto, M.Sc se­ha­rus­nya Bam­bang Suprayitno, M.Sc. Pa­da dia­gram polling sis­tem UKT mam­pu mem­ per­lan­car bi­a­ya ku­li­ah, se­ba­nyak 25,1% ma­ha­sis­wa me­nya­ta­kan sa­ngat se­tu­ju se­ha­rus­nya ha­nya 5,2%. Di ru­brik Tepi ter­da­pat pe­nu­lis­an Fakultas Ilmu Kependidikan se­ha­rus­nya Fakultas Ilmu Pendidikan.

5


persepsi

Rasionalisasi Pasal Santet

P

asal santet dalam rancangan revisi Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) seperti “menyantet” publik dalam perdebatan pro dan kontra. Banyak pakar hukum yang menegaskan kesulitan penerapan pasal santet jika santet masuk dalam KUHP. Tidak sedikit juga para ahli dan guru besar hukum yang menyatakan bahwa pasal santet layak menjadi hukum materiil baru dalam KUHP. Berkaitan dengan itu, tulisan pendek ini hanya akan mengingatkan tentang pentingnya akal sehat dalam aturan hukum. Salahsatu elemen paling prinsipiil dari konstruksi hukum adalah akal sehat. Sebagai sebuah gagasan dan norma, hukum seharusnya tidak berseberangan dengan apa yang dinyatakan benar dan salah oleh akal sehat. Beberapa pemikir klasik menegaskan hal itu. Plato (427 - 347 SM) dalam dua bukunya, Politeia dan Nomoi, menegaskan bahwa hukum adalah pikiran yang masuk akal (reasonable thought). Oleh karena itu, legitimasi hukum menurutnya tidak semata-mata berdiri di atas kemauan kekuasaan yang memerintah (sovereign ruler). Puncaknya, keadilan sebagai cita tertinggi hukum tidak dapat dilihat dari keharusan patuh pada seluruh aturan hukum, tetapi pada aturan hukum yang berkesesusaian dengan akal sehat. Tidak jauh berbeda dengan Plato, Cicero (106 – 43 SM), seorang filsuf Romawi berpandangan bahwa hukum positif yang semata-mata berlaku dalam suatu masyarakat, baik yang tertulis maupun tidak tertulis, tidak cukup untuk dipedomani sebagai standar keadilan. Dalam kalimat yang lebih lugas, Filsuf Abad Pertengahan Santo Thomas Aquinas (1225 - 1274 M), menegaskan bahwa aturan-aturan hukum merupakan peraturan akal budi yang diundangkan bagi kebaikan-kabaikan umum oleh penguasa yang sah. Dengan basis argumentasi itu, maka hukum hendaknya bersifat rasional, sebangun dengan akal sehat. Aturanaturan hukum hendaknya sebangun dengan premis-premis logika. Berkaitan dengan pasal santet dalam Rancangan Undang-Undang

6

(RUU) KUHP yang sedang “digodok” pemerintah, mari kita cek konstruksi hukum dan logikanya. Dalam salah satu versi RUU KUHP yang saya baca, santet tertuang dalam Pasal 293. Ayat (1) Pasal tersebut berbunyi, “Setiap orang yang menyatakan dirinya mempunyai kekuatan gaib, memberitahukan harapan, menawarkan, atau memberikan bantuan jasa kepada orang lain bahwa karena perbuatannya dapat menimbulkan penyakit, kematian, penderitaan mental atau fisik seseorang, dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun atau pidana denda paling banyak kategori IV.” Sedangkan ayat (2) Pasal tersebut memberikan pemberatan hukuman atas “pebisnis santet”. Bunyi lengkap pasalnya, “Jika pembuat tindak pidana sebagaimana dimaksudkan pada ayat (1) melakukan perbuatan tersebut untuk mencari keuntungan atau menjadikan sebagai mata pencaharian atau kebiasaan, maka pidananya dapat ditambah dengan 1/3 (satu per tiga).” Pasal santet tersebut menegaskan bahwa pembuat hukum sesungguhnya menyadari kesulitan pembuktian praktek santet. Sementara di sisi lain santet dipercaya oleh banyak anggota masyarakat sebagai fakta. Oleh karena itu, tindak pidana yang dijerat dalam pasal ini bukan perilaku menyantet secara langsung, akan tetapi tindakan menyatakan diri, memberitahukan

Hengki | Expedisi

harapan, menawarkan, atau memberikan bantuan jasa. Dengan konstruksi hukum materiil demikian, maka penegakan hukum atas santet menjadi lebih “mudah” dan rasional. Santet, sihir, tenung dan sejenisnya pada hakikatnya merupakan perkara gaib, sehingga pembuktiannya secara formil menjadi rumit dan kompleks. Pembentuk hukum membayangkan penegakan hukum dalam kasus santet menjadi lebih sederhana tidak menekankan pembuktian pada tindakan menyantet secara langsung. Rasionalisasi hukum atas tindak pidana santet secara praktik dapat memudahkan penegakan hukum formalnya. Resikonya, secara substansial hukum tidak akan mampu menjelaskan secara logis tindakan menyantet yang menimbulkan penyakit, kematian, penderitaan mental atau fisik seseorang. Sebagai catatan akhir, “tarik ulur” pasal santet mestinya tidak mengurangi urgensi revisi KUHP. Dengan atau tanpa pasal santet, revisi KUHP tidak boleh ditunda demi terwujudnya hukum yang lebih adil, kontekstual, dan progresif. Sudah 67 tahun merdeka, apakah kita tetap menggunakan KUHP warisan penjajah? Halili, S.Pd. Dosen PknH Fakultas Ilmu Sosial UNY

edisi II | APRIL 2013


persepsi

Pancasila Bukan “Pilar” Kebangsaan Hest

D

e­wa­sa i­ni te­ma em­pat pi­lar ke­bang­sa­an yang ter­di­ri da­ ri Pancasila, Un­dang-Un­dang Da­sar 1945 (UUD 1945), Bhi­ne­ka Tung­gal I­ka dan Ne­ga­ra Ke­sa­tu­an Re­ pu­blik Indonesia men­ja­di to­pik ha­ngat per­bin­cang­an ma­sya­ra­kat. Di te­ngah ge­jo­lak po­li­tik in­ter­na­si­o­nal dan ber­ ba­gai per­ma­sa­lah­an da­lam ne­ge­ri yang meng­an­cam ek­sis­ten­si ne­ga­ra, kon­seps­i em­pat pi­lar ke­bang­sa­an i­ni se­per­ti men­ ja­di vak­sin ter­ha­dap ber­ba­gai pe­lik­nya pe­nya­kit bang­sa. Pa­da­hal ji­ka di­cer­ma­ti la­gi, ru­mus­an em­pat pi­lar i­ni, a­kan ter­ li­hat a­da­nya ke­jang­gal­an yang sa­ngat fun­da­men­tal. Da­l am Ka­m us Be­s ar Ba­h a­s a Indonesia ka­ta pi­lar ber­ar­ti ti­ang pe­ nyang­ga. Se­dang­kan ji­ka ki­ta kem­ba­ li­kan la­gi ke da­lam ru­mus­an em­pat pi­lar ke­bang­sa­an, di da­lam­nya a­da Pancasila yang se­be­lum­nya di­ke­nal­ kan o­leh Founding Father ki­ta se­ba­gai fon­da­si ne­ga­ra. Se­ga­la hal yang ber­ hu­bung­an de­ngan bang­sa dan ne­ga­ra a­kan men­ja­di se­ja­jar ting­ka­tan­nya ji­ka Pancasila di­des­krip­si­kan se­ba­gai pi­lar. Ma­ka da­ri itu, ki­ta pe­rlu me­la­ku­kan ka­ji­an kri­tis ter­ha­dap kon­sep­si em­pat pi­lar ke­bang­sa­an yang se­dang di­so­si­ a­li­sa­si­kan se­ca­ra ma­sif o­leh Ma­je­lis Permusyawaratan Rakyat. Tu­ju­an­nya a­gar ki­ta ti­dak se­ca­ra na­if me­nga­mi­ni ru­mus­an i­ni tan­pa me­nge­ta­hui lan­das­

i | Ex

pedis

i

an fi­lo­so­fis­nya. Pa­sal­nya sa­ya me­ra­sa sank­si ke­ti­ka Pancasila se­ba­gai da­sar ne­ga­ra po­si­si­nya di­se­ja­jar­kan de­ngan kon­sep­si-kon­sep­si la­in. Rea­li­ta yang ter­ja­di se­ka­rang, Pancasila se­ol­ah-o­lah di­se­ja­jar­kan de­ngan a­da­nya ru­mus­an empat pilar ini. Dengan men­ja­di­kan Pancasila se­ba­gai “pi­lar”, mung­kin a­kan me­nim­bul­kan per­ta­nya­an lo­gis. Ji­ka da­ sar ne­ga­ra su­dah men­ja­di “pi­lar”, la­lu a­pa “fon­da­si” ne­ga­ra Indonesia? Pancasila se­ba­gai da­sar ne­ga­ra ber­ pe­ran un­tuk mem­be­ri­kan su­a­tu a­tur­an pe­nye­leng­ga­ra­an ne­ga­ra. Hal ter­se­but bi­sa di­urai­kan bah­wa Pancasila di­ja­ di­kan da­sar da­lam pe­nye­leng­ga­ra­an ne­ga­ra, pe­nga­tur­an, dan sis­tem pe­me­ rin­tah­an ne­ga­ra. Se­la­in i­tu, Pancasila ju­ga me­ru­pa­kan sum­ber hu­kum da­lam ke­hi­dup­an ber­bang­sa dan ber­ne­ga­ra. Li­ma si­la yang ter­can­tum da­lam Pancasila bu­kan­lah hal yang ba­ru pa­da pem­ben­tuk­an ne­ga­ra Indonesia, a­kan te­ta­pi un­sur-un­sur ter­se­but me­ru­pa­kan ha­sil da­ri peng­ga­li­an yang te­lah men­ja­di ka­rak­te­ris­tik bang­sa Indonesia. Ar­ti­

nya, se­be­lum dan se­su­dah ter­ben­tuk­nya Re­pu­blik Indonesia, bang­sa Indonesia su­dah ber-Pancasila se­ba­gai a­sas so­ sio­kul­tu­ral, yang ke­mu­di­an se­te­lah ber­ne­ga­ra Republik Indonesia di­ja­di­ kan asas ke­ne­ga­ra­an. De­ngan de­mi­ki­ an Pancasila si­fat­nya meng­i­kat se­ga­la kon­sep­si yang ter­la­hir di bu­mi Indonesia de­ngan di­tu­ang­kan ke da­lam ben­tuk kons­ti­tu­si ne­ga­ra ya­i­tu UUD 1945. Pe­ran Pancasila se­ba­gai sum­ber hu­ kum kons­ti­tu­si ne­ga­ra Indonesia pa­da ha­ki­kat­nya me­ru­pa­kan kon­se­ku­en­si lo­gis. Pa­sal­nya, Pancasila se­laku da­ sar ne­ga­ra yang da­ri­nya se­lu­ruh per­ un­dang-un­dang­an di­le­tak­kan, di­ga­li, di­ang­kat, dan di­ru­mus­kan. Hal i­ni di­ jel­as­kan da­lam pem­bu­ka­an UUD 1945 a­le­ni­a em­pat. Se­b a­g ai rak­y at Indonesia, ki­t a per­lu kem­ba­li­kan la­gi se­ma­ngat ji­wa pro­kla­ma­si. Se­ma­ngat mer­de­ka, se­ ma­ngat per­sa­tu­an, dan se­ma­ngat per ju­ang­an ba­ngsa ber­lan­das­kan Pancasila. Pancasila ti­dak­lah bi­sa di­ar­ti­kan se­ba­gai “pi­lar” te­ta­pi ha­ruslah di­pa­ha­mi se­ba­gai su­a­tu fon­da­si yang di a­tas­nya a­kan di­ ba­ngun bang­sa-ne­ga­ra Indonesia yang ber­da­u­lat. De­ngan Pancasila se­ba­gai lan­das­an da­sar ne­ga­ra se­ki­ra­nya a­kan mam­pu un­tuk men­ja­wab ber­ba­gai per­ ma­sa­lah­an bang­sa dan ne­ga­ra Indonesia da­hu­lu, se­ka­rang, dan ke­lak. Bima Saputra

INFO KAMPUS Festival Ala Mahasiswa FMIPA

Dies Natalis Akuntansi

RABU (10/04), Or­ga­ni­sa­si Ma­ha­sis­wa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (Ormawa FMIPA) UNY me­nga­ da­kan ke­gi­at­an open house ber­tem­pat di Lobby Laboratorium FMIPA UNY. A­ca­ra ber­lang­sung se­la­ma ti­ga ha­ri, 10-12 April. A­ca­ra i­ni di­bu­ka o­leh Wa­kil De­kan III FMIPA UNY Suhandoyo, M.S. A­gen­da ta­hu­nan ini me­ngam­bil te­ma “Save Our Earth” dan me­ngu­sung kon­sep fes­ti­val. Menurut Febri Kurniawan, sa­lah sa­tu pa­ni­tia pe­lak­sa­na, ke­gi­at­an ter­se­but ber­tu­ju­an un­ tuk me­nge­nal­kan or­ma­wa yang a­da di FMIPA. Ke­gi­at­an i­ni ju­ga di­ha­rap­kan men­ja­di sa­ra­na si­la­tu­rah­mi an­ta­ra or­ma­wa dengan ma­ha­sis­wa. “Se­la­in stan nan­ti ju­ga a­da dis­ku­si bu­ku kar­ya ma­ha­sis­wa Pendidikan IPA dan pun­cak a­ca­ra pa­da ha­ri Ra­bu a­kan a­da pe­nam­pi­lan dra­ma dan akus­tik da­ri UKMF Sekrup.” ung­kap Febri.

SABTU (13/04), Himpunan Mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta (Hima Akuntansi UNY) me­nye­leng­ga­ra­kan Dies Natalis Akuntansi. A­ca­ra i­ni di­se­leng­ga­ra­kan di Taman Pancasila UNY, di­mu­lai pu­kul 15.00 WIB sam­pai se­le­sai. Dies Natalis i­ni me­ru­pa­kan a­ca­ra ru­tin Hima Akuntansi tiap tahunnya. Acara yang bertema “Accounting for All” ini, diawali dengan syukuran bersama anak panti asuhan. Setelah magrib, dilanjutkan dengan acara Pentas Seni yang diisi oleh setiap angkatan mahasiswa Prodi Akuntansi. Acara ini juga dimeriahkan oleh band dari luar kampus dan pertunjukan angklung. “Acara ini bertujuan untuk mendekatkan mahasiswa antar angkatan di Prodi Akuntansi, selain itu agar kekeluargaan di Prodi Akuntansi semakin kuat,” ujar Ridhlo Yahya Ismail, selaku ketua panitia.

Hari Yulianta

Desinta Kusumaningrum

APRIL 2013| edisi iI

7


tepi

Profesionalisme Dosen Diragukan Do­s en me­m i­li­ki ke­wa­jib­an un­t uk me­n ga­jar, me­la­ku­kan pe­n e­li­t i­an, dan me­n gab­d i pa­da mas­ya­ra­kat. Pe­m ak­n a­an ke­wa­jib­an i­n i cen­d e­rung bi­as se­h ing­g a me­r u­gi­kan ma­ha­s is­wa.

S

ter­da­pat be­be­ra­pa ma­ha­sis­wa Pen­di­dik­ an Se­ja­rah ang­kat­an 2011 se­dang du­duk dan me­ngo­brol. Ezatama Rizky Anggara sa­lah se­o­rang di an­ta­ra me­re­ka me­nu­ tur­kan bah­wa me­re­ka se­dang ti­dak a­da do­sen. Eza me­nge­luh­kan hal ini, pasalnya itu ka­li ke­ti­ga do­sen­nya ti­dak mem­be­ri ku­li­ah se­la­ma se­te­ngah se­mes­ter. Bu­kan ha­nya di Pen­di­dik­an Se­ja­rah FIS, ke­ti­dak­ha­dir­an do­sen ju­ga ter­ja­di di fa­kul­tas la­in. “A­da sa­tu do­sen lu­ar yang ti­dak ma­suk dan mem­be­ri ku­ li­ah, mes­ki ba­ru se­ka­li i­ni,” ung­ kap Henry Dicko F. sa­lah sa­tu ma­ha­sis­wa Pen­di­dik­an Jas­ma­ni Ke­se­hat­an dan Re­kre­as­ i Fa­kultas Ilmu Keolahragaan (FIK) ang­ka­ tan 2011, sa­at di­te­mui di­se­la-se­la aktivitas memainkan gadget-nya di gazebo FIK ber­sama ti­ga te­ma­nnya yang la­in. Hal yang sa­ma sem­pat di­ ra­sa­kan ju­ga o­leh Maulana, ma­ha­sis­wa Ju­ru­san Tek­ nik Me­sin Fa­kul­tas Tek­ nik (FT) ang­ka­tan 2011. Da­lam wa­wan­ca­ra pa­da Ka­mis (11/4) ma­ha­sis­ wa a­sal Lampung ini me­ngung­kap­kan ke­ ke­ce­wa­an­nya. Ia me­ ra­sa ti­dak pu­as dan di­ru­gi­kan ji­ka do­ sen­nya ti­dak ma­ suk un­tuk mem­ be­ri­kan ku­li­ah

Prasetyo | Expedisi

e­nin pa­gi(8/4), se­ki­tar pu­kul 07.45 ru­ang ke­las G.01 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (FIS UNY) tam­pak le­ngang. Lo­rong-lo­ rong ke­las ta­mpak ko­song. Ti­dak ter­li­ hat ma­ha­sis­wa FIS di Ta­man Ganesa, yang bi­a­sa di­ja­di­kan tem­pat ma­ha­sis­wa ber­kum­pul. Tam­pak ha­nya dua o­rang pe­ga­wai ke­ber­sih­an se­dang me­nya­pu da­un-da­un ke­ring. Se­or­ ang ma­ha­sis­wa ter­li­hat ke­lu­ar da­ri ke­las me­nu­ju to­i­let. Se­men­ta­ra ma­ha­sis­wa-ma­ha­sis­wa la­in­nya me­lak­sa­na­kan per­ku­li­ah­an di ru­ang ke­las ma­sing-ma­sing. Na­mun, hal yang ber­ be­da nam­pak di de­pan ru­ang G.01.108

Kamis (11/04), Wakil Dekan II FMIPA, Dr. Suryanto, M.Si., di ruang kerjanya saat diwawancarai perihal profesionalisme dosen UNY.

8

atau te­lat ma­suk. “A­da be­be­ra­pa do­sen yang ti­dak mem­be­ri­kan ku­li­ah, ra­ta-ra­ta a­la­san­nya me­re­ka se­dang me­nga­jar di Jakarta,” tam­bah Maulana. Sa­at di­ta­nya ba­gai­ma­na pe­ra­sa­an­nya sa­at a­da do­sen yang ti­dak me­nga­jar Maulana son­tak men­ja­wab, “Ra­sa­nya ke­sal, ke­ce­wa, dan mang­kel ju­ga ka­lau do­sen ti­dak ma­suk. Ka­dang-ka­dang sam­pai mi­kir ‘ma­kan ga­ji bu­ta i­ni do­sen’,” ja­wab­nya di­akhir­i se­nyu­man. Se­la­in i­tu, a­da be­be­ra­pa do­sen yang ti­dak mem­be­ri ku­li­ah de­ngan ber­ba­gai a­la­san. Se­per­ti yang di­ung­kap­kan Jati Nuswantari, ma­ha­sis­wa Pen­didikan Ki­ mi­a Fa­kul­tas Ma­te­ma­ti­ka Il­mu Pe­nge­ ta­hu­an A­lam (FMIPA) ang­ka­tan 2012. Ka­mis (11/4), Jati me­ngung­kap­kan bah­wa a­da be­be­ra­pa do­sen­nya ya­ng ti­dak ma­suk de­ngan a­la­san sa­kit a­tau se­dang me­nga­jar di China. Ter­le­bih la­gi, a­da do­sen ya­ng ti­dak meng­ko­mu­ni­ka­si­kan da­hu­lu bah­wa ia ti­dak mem­be­ri ku­li­ah se­hing­ga mem­ bu­at ma­ha­sis­wa­nya ke­sal. Se­per­ti yang di­ke­luh­kan sa­lah sa­tu ma­ha­sis­wa ke­pa­da Ke­tu­a Ko­mi­si III De­wan Per­wa­kil­an Ma­ ha­sis­wa (DPM) FIS Sugiarto. “Ha­ri Rab­u ke­ma­rin (10/4, -red) a­da ang­go­ta DPM, ju­ru­san Pen­di­di­kan Se­ja­rah bu­ru-bu­ru be­rang­kat ku­li­ah ti­dak man­di dan ha­nya go­sok gi­­gi, ter­nya­ta ku­li­ah­nya ko­song, ia meng­eks­pre­si­kan ke­ke­sal­an­nya ti­dak ka­ ru­an,” tu­tur Sugiarto sa­at men­ce­ri­ta­kan ke­lu­han ang­go­ta­nya sam­bil ter­ta­wa. La­in la­gi ce­rita yang di­a­la­mi o­leh Sandy Yanuarta, ma­ha­sis­wa Pen­di­dik­an Lu­ar Bi­a­sa (PLB) ang­ka­tan 2010. Sa­at di­ te­mu­i di Ta­man Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Sandy me­nya­ta­kan bah­wa pe­ra­sa­ an­nya bi­asa sa­ja ke­ti­ka do­sen ti­dak ma­suk ku­li­ah. “Ta­pi ka­lau ti­dak ma­suk ku­li­ah pagi, jangan mem­be­ri­ta­hu­nya men­da­dak.” ung­kap­nya sam­bil du­duk dan me­ma­in­kan te­le­pon geng­gam­nya. Sa­ma-sa­ma Si­vi­tas A­ka­de­mik Ka­mis (10/4), Wa­kil De­kan I Fa­ kul­tas E­ko­no­mi (WD I FE) Prof. Dr.

edisi II | APRIL 2013


tepi Dosennya kemana?

Nglayat, mungkin. .

Ja­ngan sam­pai dosen seenaknya!

He

ng

ki

|E

xp

ed

isi

ti­dak be­gi­tu ke­tat un­tuk do­sen o­leh se­ bab itu nan­ti­nya a­kan di­bu­at pe­ra­tu­ran yang ba­ru. Suryanto me­ngung­kap­kan, “Pe­ra­tu­ran ba­ru di­rumuskan oleh WR I de­ngan tim, sa­lah sa­tu­nya, do­sen da­lam pe­ra­tu­ran ba­ru, ka­lau ti­dak me­me­nu­ hi tu­gas me­nga­jar a­kan di­be­ri sank­si. Ke­mu­di­an ji­ka ni­lai ke­lu­ar ti­dak pa­da wak­tu­nya ju­ga a­da sank­si­nya.”

Moerdiyanto, M. Pd. MM. sa­at di­te­mu­i di ru­ang­an­nya dia se­dang ter­li­hat si­buk me­nge­tik dan men­ce­tak­nya. Ke­mu­di­an, ke­ti­ka di­ta­nya ten­tang pro­fe­si­o­na­lis­me do­sen yang ti­dak se­su­ai dan me­ru­gi­kan ma­ha­sis­wa, Moerdiyanto mem­be­nar­kan po­si­si du­duk­nya la­lu me­ngung­kap­kan bah­wa, “Pe­ra­tu­ran a­ka­de­mik di­bu­at o­leh se­lu­ruh Wa­kil De­kan II da­ri se­mua fa­kul­ tas di UNY, Wa­kil Rek­tor I, dan Rek­tor U­NY. Per­a­tur­an a­ka­de­mik di­i­ku­ti o­leh do­sen dan ma­ha­sis­wa. Con­toh­nya, ba­ik do­sen ma­u­pun ma­ha­sis­wa ha­rus me­me­ nu­hi 75 % per­ku­li­ah­an.” Ba­gi yang me­lang­gar pe­ra­tu­ran a­ka­ de­mik a­kan di­­­be­ri sank­si. Sank­si pa­ling be­rat a­kan di­be­ri­kan o­leh pi­hak rek­to­rat, ungkap Moerdiyanto. Ia ju­ga me­nam­bah­ kan bah­wa ma­ha­sis­wa ti­dak bo­leh di­ru­ gi­kan. Te­gur­an ke­pa­da do­sen di­be­ri­kan ke­ti­ka ti­dak mem­be­ri ku­li­ah. “Sa­ya se­ba­ gai Wakil Dekan I ber­usa­ha mem­be­ri pe­la­ yan­an ter­ba­ik un­tuk mem­be­ri­kan fa­si­li­tas ke­pa­da ma­ha­sis­wa” ung­kap Moerdiyanto dengan ya­kin. “Ti­dak ha­nya ma­ha­sis­wa yang di­ma­ra­hi ta­pi do­sen ju­ga a­pa­la­gi ka­lau ti­dak ha­dir (me­nga­jar, red.) ma­ka a­kan di­tin­dak­lan­ju­ti,” te­gas­nya. WD I FIS me­ngung­kap­kan hal yang

APRIL 2013 | edisi iI

sa­ma de­ngan WD I FE. Sa­at di­te­mui di ru­ang­an­nya, lan­tai dua De­ka­nat FIS, Ka­mis (3/4), Cholisin M. Si. se­la­ku WD I FIS me­nu­tur­kan “A­da be­be­ra­pa kom­ po­si­si ni­lai, a­da ni­lai pro­ses ke­ha­dir­an, ja­di a­da tu­gas, ak­ti­vi­tas, Uji­an Te­ngah Se­mes­ter (UTS), dan U­ji­an A­khir Se­mes­ ter (UAS).” Do­sen FIS ba­ru bi­sa me­ngu­ji ka­lau di­a me­la­ku­kan pe­nga­jar­an se­su­ai ke­ten­tu­an pe­ra­tur­an a­ka­de­mik. Sa­ma hal­nya se­per­ti ma­ha­sis­wa yang ha­rus me­me­nu­hi 75% ke­ha­dir­an. Ba­nyak ke­luh­an da­ri ma­ha­sis­wa yang di­tam­pung Ba­dan Ek­se­ku­tif Ma­ha­sis­wa (BEM) FIS me­la­lui Di­vi­si Ad­vo­ka­si dan Pe­la­yan­an Pu­blik, “Ma­ha­sis­wa me­ra­sa ti­dak a­da ke­a­dil­an da­ri do­sen, mi­sal­nya do­sen su­dah me­la­ku­kan kon­trak ku­li­ah pa­da a­wal per­ku­li­ah­an,” ungkap Gurnito Dwidagdo se­la­ku ke­pa­la Di­vi­si Ad­vo­ka­si dan Pe­la­yan­an Pu­blik BEM FIS. Da­lam pe­laks­a­na­an­nya do­sen ti­dak mem­be­ ri­kan con­toh yang ba­ik. “Ma­ha­sis­wa bu­tuh con­toh ta­pi ka­dang do­sen pa­da pe­lak­sa­na­an­nya ti­dak be­rang­kat ku­li­ah,” tam­bah Gurnito. WD I FMIPA Dr. Suryanto, M. Si. mem­ben­ar­kan ke­luh­an ma­ha­sis­wa, pe­ ra­tu­ran a­ka­de­mik yang la­ma di­a­kui­nya

Ha­ra­pan Ma­ha­sis­wa Yanwa Sari ma­ha­sis­wa Pen­di­di­kan Ba­ha­sa Ing­gris (PBI) ang­ka­tan 2012 ya­ng a­krab di­pang­gil Sari me­nu­tur­kan, “Ha­ ra­pan­nya a­da ja­ri­ngan ko­mu­ni­ka­si du­lu se­be­lum a­kan me­mu­tus­kan ti­dak ma­suk ku­li­ah.“ Se­men­ta­ra Jarot Dwi Handoko ke­tua DPM FMIPA ta­hun 2013 me­ne­gas­ kan bah­wa do­sen sa­ma se­per­ti ma­ha­sis­ wa, me­mi­li­ki hak dan ke­wa­jib­an. Be­da­nya do­sen me­nga­jar dan ma­ha­sis­wa men­da­pat pe­nga­ja­ran il­mu. “Ja­ngan sam­pai do­sen se­e­nak­nya!” Jarot me­ngung­kap­kan de­ ngan te­gas. Jarot ju­ga meng­ha­rap­kan ke de­pan­nya ji­ka do­sen me­nya­ran­kan, do­sen ju­ga ha­rus me­la­ku­kan hal yang sa­ma se­per­ti yang di­sa­ran­kan. Do­sen yang pe­ngam­pu ma­ta ku­li­ah di­ha­rap­kan ha­dir un­tuk me­nga­jar dan mem­bu­at nya­man pa­ra ma­ha­sis­wa­nya. Hal i­ni di­ung­kap­kan Ikmal Nur Muflih Ke­tua DPM FE 2013, “Ka­re­na a­da ju­ga be­be­ra­pa do­sen yang tu­ju­an­nya ba­ik, ta­ pi ca­ra do­sen mem­be­ri­kan ku­li­ah ti­dak mem­bu­at nya­man ma­ha­sis­wa­nya, mi­sal­ nya do­sen yang ga­lak,” tu­tur Ikmal. Ji­ka me­ru­nut pa­da pe­ra­tu­ran a­ka­de­ mik UNY BAB IV ten­tang Pe­lak­sa­na­an dan Wak­tu Per­kul­iah­an Pa­sal 5 ayat (1) dan (2), an­ta­ra ma­ha­sis­wa dan do­sen me­mi­li­ki ke­wa­ji­ban me­me­nu­hi 75% ta­tap mu­ka da­lam sa­tu se­mes­ter. Ma­ha­sis­wa dan do­sen ke­du­a­nya ang­go­ta si­vi­tas a­ka­ de­mik se­su­ai Un­dang-Un­dang Re­pu­blik Indonesia No­mor 12 Ta­hun 2012 pa­sal 12 dan pasal 13 a­yat 1. Do­sen me­mi­li­ki ti­ga ber­ke­wa­jib­an, ya­i­tu me­nga­jar, me­la­ku­kan pe­ne­li­ti­an, dan me­ngab­di di mas­ya­ra­kat. Mes­ki de­mi­ki­an, do­sen te­tap ha­rus me­ me­nu­hi ke­wa­jib­an me­nga­jar ya­itu 75% ta­tap mu­ka.­

Rizpat Anugrah Prasetyo

9


resensi

Travelling Ha­ti dan Pe­ra­sa­an Dok. Istimewa

S

e­te­lah men­da­pat res­pons yang lu­ar bi­a­sa pa­da no­vel best seller 99 Cahaya di Langit Eropa, Hanum Salsabiela Rais kem­ba­li ha­dir de­ngan bu­ku ba­ru­ nya. Da­lam bu­ku per­ta­ ma­nya ter­se­but, Hanum ber­ce­ri­ta ten­tang per­ja­lan­an hi­dup­nya ber­sa­ma su­am ­ i di Eropa da­lam ben­tuk no­vel ins­pi­ra­si­o­nal. Ia me­nya­ji­ kan ki­sah­nya se­ba­gai Mus­lim Eropa, d­ima­na ia me­ne­mu­kan je­jak-je­­­jak ke­be­sar­an Islam serta ki­sah yang me­nyen­tuh dan pe­nuh mak­na da­lam bu­ku ter­se­but. Da­lam bu­ku ke­dua­nya ini, Berjalan di Atas Cahaya, Hanum meng­gan­deng ke­dua te­man­nya, Tutie Amaliah dan Wardatul Ula da­lam pe­nu­li­san­nya. Ia me­nge­mas ki­sahki­sah­nya yang me­na­rik di Eropa da­ lam ben­tuk kum­pul­an ce­ri­ta pen­dek (cerpen). Bu­ku ke­du­a­nya i­ni, Hanum ju­ga tak ka­lah meng­in­spi­ra­si pem­ba­ca­ nya. Mes­ki­pun di­tu­lis de­ngan ben­tuk cerpen, ki­sah-ki­sah yang a­da da­lam bu­ku ini a­da­lah pe­nga­lam­an nya­ta. Da­lam 19 ju­dul ce­ri­ta pen­dek, ki­sahki­sah per­ja­lan­an inspiratif i­ni di­sa­ji­kan Judul Buku: de­ngan “re­nyah” dan “ri­ngan”. Ber­awal Berjalan di Atas Cahaya da­ri ki­sah Ha­num yang di­tu­gas­kan un­ Penulis: tuk mem­bu­at li­put­an khu­sus Ramadhan de­ngan bi­a­ya yang sa­ngat mi­nim, ia me­ Hanum Salsabiela Rais, dkk ne­mu­kan be­ta­pa di­ma­na­pun ia be­ra­da, Penerbit: Islam se­la­lu ter­sam­bung da­lam ikat­an PT Gramedia Pustaka Utama, per­sau­da­ra­an yang tu­lus. Me­na­pak­kan Jakarta ka­ki­nya di 4 ne­ga­ra Eropa da­lam pem­bu­ Diterbitkan: at­an li­put­an ter­se­but, Hanum men­jum­pai o­rang-o­rang de­ngan ki­sah yang di­ang­gap­ Maret 2013 nya jem­ba­tan-jem­ba­tan da­lam me­nga­ru­ Tebal: ngi per­ja­lan­an­nya ter­se­but. Ti­dak pe­du­li xii+210 halaman da­ri m­ana, a­pa war­na ku­lit, a­tau a­ga­ma me­re­ka, Hanum me­ra­sa me­re­ka a­da­lah “... Perjalanan adalah pematang so­sok-so­sok inspirasional yang ki­sah­nya panjang tak bertepi tak berujung. pa­tut di­ba­gi un­tuk o­rang la­in. Lebih dari sekadar jalan-jalan Se­la­in ki­sah pe­li­put­an, di da­lam bu­ku untuk diunggah ke alam facebook ini ia ju­ga kem­ba­li meng­ha­dir­kan so­sok atau twitter. Lebih daripada sa­ha­bat-sa­ha­bat la­ma yang per­nah ia sekadar mendapatkan tebengan tu­lis da­lam bu­ku per­ta­ma­nya. Ki­sah-ki­ murah. Lebih daripada sekadar sah yang pa­da bu­ku se­be­lum­nya be­lum mendapatkan tumpangan mobil sem­pat ia ba­gi­kan ke­pa­da pa­ra pem­ba­ca, gratis...” di­tam­bah­kan pa­da bu­ku ke­dua­nya i­ni. Se­la­in Hanum, Tutie Amaliah dan 10

Wardatul Ula ju­ga mem­per­sem­bah­kan ki­sah-ki­sah yang inspiratif da­lam bu­ku i­ni. Da­lam 6 ju­dul cerpen, Tutie men­ce­ri­ ta­kan ke­hi­dup­an­nya di te­ngah mas­ya­ra­kat se­ku­lar­is Eropa. Ia i­ngin se­ka­li men­ja­di a­gen Mus­lim yang ba­ik de­ngan ber­tu­ kar pi­kir­an dan pe­nga­la­man­nya men­ja­di pe­nga­nut Islam. Se­dang­kan Warda, de­ ngan 2 ju­dul cerpen­nya men­ce­ri­ta­kan pe­nga­la­man­nya se­la­ma be­ra­da di Turki da­lam mi­si pen­di­dik­an. Sa­at me­nem­puh pen­di­dik­an i­ni, ia me­ne­mu­kan bah­wa sisi per­sau­da­ra­an Islam yang sa­ngat ken­tal mes­ki­pun be­ra­da di lu­ar ne­ge­ri. Bu­ku i­ni ti­dak se­la­ik­nya ki­sah per­ja­ lan­an la­in. Ce­ri­ta-ce­ri­ta da­lam bu­ku ini di­sa­ji­kan de­ngan u­rut­an kro­no­lo­gis yang ti­dak ber­ke­si­nam­bun­gan. Hal i­ni da­pat di­li­hat da­ri 5 cerpen per­ta­ma Hanum, ya­ng di­be­ri ke­te­rang­an wak­tu dan u­rut­an kro­no­lo­gis ya­ng je­las. Te­ta­pi, pa­da ce­ri­ ta-ce­ri­ta be­ri­kut­nya ia ma­lah cen­de­rung flashback, kem­ba­li pa­da ce­ri­ta-ce­ri­ta­nya yang ter­da­hu­lu dan ti­dak me­nam­bah­kan ke­te­rang­an wak­tu di da­lam­nya. Hal yang sa­ma ju­ga di­te­mu­i pa­da ce­ri­ta ke­dua te­ man­nya, Tutie dan Warda. Ini me­nun­juk­ kan ke­ti­dak­kon­sis­ten­an da­lam pe­nge­mas­ an tu­lis­an buku ini. Ke­ti­dak­kon­sis­ten­an la­in di­te­mu­kan pa­da pe­nam­bah­an fo­to be­ser­ta ke­te­rang­an yang ti­dak da­pat ki­ta jum­pa­i da­lam se­ti­ap ju­dul ce­ri­ta. Mes­ki­pun ter­da­pat ke­ti­dak­kon­sis­ten­ an da­lam pe­nge­mas­an bu­ku i­ni, da­pat di­a­ku­i ki­sah-ki­sah yang di­tu­lis me­mang me­na­rik dan da­pat mem­be­ri ins­pi­ra­si re­ li­gi­us ke­pa­da pa­ra pem­ba­ca­nya. Ber­be­da de­ngan buku inspirasional lain yang ter­ ke­san di­tu­lis de­ngan ba­ha­sa yang ka­ku, bu­ku i­ni di­tu­lis de­ngan ba­ha­sa san­tai, se­hing­ga me­mu­dah­kan pa­ra pem­ba­ca un­tuk me­ma­ha­mi mak­sud pe­nu­lis­nya. Cerita-ce­ri­ta yang ter­to­reh da­lam bu­ku i­ni a­da­lah ce­ri­ta-ce­ri­ta yang di­pan­dang se­pe­le na­mun di ba­lik­nya ber­se­ma­yam kisah yang men­da­lam dan pe­nuh mak­na. Bu­ku i­ni ber­be­da de­ngan bu­ku travelling la­in­nya, yang ha­nya me­nya­ji­kan ce­ri­ta traveller yang m­engem­ba­ra da­ri tem­ pat sa­tu ke tem­pat la­in­nya. Ce­ri­ta-ce­ri­ta da­lam bu­ku i­ni me­ru­pa­kan rang­kai­an travelling ha­ti dan pe­ra­sa­an. Pem­ba­ca­nya dapat me­ra­sa­kan ba­gai­ma­na se­sung­guh­ nya se­se­o­rang te­ngah ber­ja­lan di a­tas ca­ha­ya-Nya. Hesti Pratiwi

edisi II | APRIL 2013


wacana

Menakar Peradilan Kasus Cebongan

S

a­ngat me­nge­jut­kan. Sab­tu di­ni ha­ri (24/3), Lem­ba­ga Pe­mas­ya­ra­kat­an (LP) Cebongan, Sleman, Yogyakarta, di­sa­tro­ni be­las­an o­rang ber­sen­ja­ta la­ras pan­jang, leng­kap de­ngan rom­pi, pis­tol, dan gra­nat. Me­re­ka me­ne­ro­bos ger­bang pen­ja­ra ke­mu­di­an meng­har­dik pen­ja­ga la­pas de­ngan gra­nat, dan me­nem­bak ma­ti 4 ta­han­an. Ke­em­pat ta­han­an ter­se­but a­da­ lah ter­sang­ka ka­sus pem­bu­nuhan ang­go­ta Ko­man­do Pa­suk­an Khu­sus (Kopassus) di Hugo’s Cafe, pada 19 Ma­ret la­lu, yang me­ne­was­kan Ser­san Sa­tu Santuso. Tak la­ma se­te­lah pe­nye­rang­an, Mar­ kas Be­sar Ten­tara Na­si­o­nal Indonesia Ang­kat­an Da­rat (TNI AD) mem­ben­tuk tim in­ves­ti­ga­si un­tuk meng­u­sut tun­tas ka­sus pem­ban­tai­an 4 na­ra­pi­da­na di da­ lam Lapas ter­se­but. Da­lam wak­tu 5 ha­ri, tim da­ri TNI AD ber­ha­sil meng­ung­kap pe­la­ku se­rang­an “Sab­tu Ber­da­rah” di LP Ke­las II B Cebongan, Sleman. Lem­ba­ga mi­li­ter ter­se­but meng­ak ­ u­i ke­ter­li­bat­an 11 ang­go­ta Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan, Kartasura, Sukoharjo, se­ba­ gai pe­la­ku u­ta­ma da­lam pe­nye­rang­an. De­sak­an da­ri ke­lu­ar­ga kor­ban un­tuk me­min­dah­kan pro­ses per­a­dil­an pen­ye­rang LP Cebongan da­ri per­a­dil­an mi­li­ter ke per­a­dil­an u­mum, me­nu­rut ah­li hu­kum se­ ka­li­gus man­tan Jak­sa A­gung Mu­da Tin­dak Pi­da­na Khu­sus (Jampidsus) Muhammad Salim, sa­ngat ti­dak mung­kin. Hal ini ku­ rang me­mung­kin­kan, meng­i­ngat wak­tu­ nya yang sa­ngat si­ngkat ser­ta UU No­mor 31 Ta­hun 1997 ten­tang Per­a­dil­an Mi­li­ter be­lum ju­ga di­re­vi­si. De­sak­an un­tuk me­min­dah­kan per­ a­dil­an ba­gi pe­la­ku pe­nye­rang­an di LP Cebongan se­be­lum­nya ju­ga te­lah di­lon­

Hengki | Ex

pedisi

tar­kan ol­eh Ko­mi­si un­tuk O­rang Hi­lang dan Kor­ban Ti­ndak Ke­ke­ras­an (Kontras). Un­dang-Un­dang No­mor 31 Ta­hun 1997 ten­tang Per­a­dil­an Mi­li­ter, ba­gi Kontras, ke­ke­ras­an yang me­li­bat­kan ang­go­ta mi­li­ ter dan pro­ses hu­kum­nya di per­a­dil­an mi­ li­ter a­kan ter­li­hat ti­dak je­las dan ter­ke­san ke­bal hu­kum. Hal i­ni ten­tu­nya men­ja­di peng­ha­lang ba­gi pi­hak la­in, se­per­ti Ko­mi­ si Na­si­o­nal Hak A­sa­si Ma­nu­si­a (HAM), un­tuk me­nye­li­di­ki ka­sus ini le­bih lan­jut. Mi­sal­nya, un­tuk me­mas­ti­kan ap­a­kah ka­sus i­ni bi­sa dikategorikan sebagai pe­ lang­gar­an HAM be­rat a­tau ti­dak. Bi­la se­ca­ra nor­ma­tif per­ma­sa­lah­an i­ni a­da pa­da wi­la­yah per­a­dil­an mi­li­ter ma­ka pro­ses i­tu pun ha­rus di­la­ku­kan se­ca­ra fair dan ter­bu­ka. Pe­nga­lam­an ka­sus se­ru­pa me­la­lu­i per­a­dil­an mi­li­ter yang me­li­bat­kan a­pa­rat ne­ga­ra se­ba­gai pe­la­ku, ham­pir se­mua­nya me­nge­ce­wa­kan. Pu­tus­an yang di­ha­sil­kan cen­de­rung ri­ngan dan ti­dak

men­cer­min­kan ke­a­dil­an ba­gi mas­ya­ra­kat dan kor­ban. Ji­ka se­mua pe­mang­ku ke­pen­ting­an ga­gal un­tuk mem­pe­la­ja­ri serta me­na­ rik be­nang me­rah da­ri ka­sus i­ni, bu­kan hal yang mus­ta­hil ji­ka ka­sus-ka­sus se­ru ­pa bah­kan yang le­bih me­nge­ri­kan a­kan ter­ja­di la­gi. Hal i­ni di­se­bab­kan ka­re­na per­a­dil­an un­tuk pe­la­ku­nya yang ma­sih ter­ke­san ke­bal hu­kum. Pro­ses per­a­dil­an se­per­ti i­ni a­kan me­nim­bul­kan ke­ti­dak­a­ dil­an ba­gi mas­ya­ra­kat khu­sus­nya pa­ra kor­ban. Ji­ka se­mua ke­ke­ras­an dan ke­ja­hat­an yang di­la­ku­kan o­leh a­pa­rat pe­ne­gak hu­ kum di ne­ge­ri i­ni ma­sih di­lin­du­ngi oleh un­dang-un­dang per­a­dil­an mi­li­ter, ma­ka ke­ke­ras­an i­ni a­kan di­ja­di­kan se­ge­lin­tir ok­num se­ba­gai ja­lan un­tuk me­ne­gak­kan “ke­ad ­ il­an”. Ma­ka ke­ke­ras­an a­kan di­ba­las de­ngan ke­ke­ras­an, ke­ja­hat­an a­kan di­ba­ las de­ngan ke­ja­hat­an, pem­bu­nuh­an a­kan di­ba­las de­ngan pem­bu­nuh­an, dan a­kan te­rus se­per­ti i­tu ka­re­na se­mua i­ni me­mi­ li­ki ta­li-te­ma­li yang sa­ngat ru­mit. Bi­la pe­ris­ti­wa i­ni hen­dak di­ja­di­kan mo­men­tum un­tuk mem­per­ba­ik­i pe­ra­dil­ an di ne­ge­ri i­ni, khu­sus­nya da­lam tu­buh TNI, ma­ka per­lu di­la­ku­kan te­ro­bos­an pen­ting. Sa­lah sa­tu­nya ke­mung­kin­an me­re­vi­si Un­dang-Un­dang No­mor 31 ta­ hun 1997 ten­tang Pe­ra­dil­an Mi­li­ter a­tau de­ngan me­nye­le­sai­kan ka­sus i­ni di ra­nah pe­ra­dil­an u­mum. Re­vi­si un­dang-un­dang i­ni juga penting guna menyetarakan antar ling­kung­an pe­ra­di­lan. Me­nu­tup ru­ang ba­gi ke­ke­ras­an, tin­dak se­me­na-me­na, ser­ta me­­nga­ta­si ke­ke­ras­an ala “pr­ose­dur stan­dar” mi­li­ter. Prasetyo Wibowo

Ingin Pasang Iklan Di sini? Hubungi Arde Candra (085643356050)

april 2013 | edisi ii

11


eksprespedia

Wanita dalam Balutan Karya Sastra ja­di sub­yek. Le­bih da­ri i­tu, sas­tra wa­ngi meng­i­ngin­kan ke­se­ta­ra­an an­ta­ra ka­um la­ki-la­ki dan ka­um pe­rem­pu­an. Sas­tra wa­ngi sem­pat me­nu­ai kon­tro­ ver­si da­ri pa­ra pe­nga­mat sas­tra ma­u­pun da­ri pa­ra pe­nik­mat kar­ya sas­tra kon­tem­ po­rer. Sas­tra wa­ngi di­ang­gap fron­tal dan cen­de­rung ra­di­kal. Tu­li­san sas­tra w­angi tam­pak ter­la­lu be­ra­ni da­lam meng­eks­pos sek­su­al­i­tas tan­pa “aling-aling”. A­da pu­la yang me­nye­but sas­tra je­nis i­ni de­ngan is­ti­lah sast­ra len­dir ka­re­na ce­ri­ta yang di­sa­ji­kan ba­nyak ber­la­tar be­la­ka­ng seks. Bah­kan sas­tra­wan Taufik Ismail me­nen­ tang a­da­nya sas­tra wa­ngi. Ia me­nu­lis bah­wa “Sas­tra ke­la­min su­dah ter­la­lu ja­uh”. Di la­in pi­hak ber­pen­da­pat bah­wa itu­lah ni­lai se­ni da­ri sas­tra wa­ngi. Sas­tra wa­ngi di­ang­gap se­ba­gai ke­ma­ju­an da­ lam per­kem­bang­an sas­tra di Indonesia. Sapardi Djoko Damono se­o­rang no­vel­is ber­pen­da­pat bah­wa ma­sa de­pan sas­tra Indonesia a­da di ta­ngan pe­rem­pu­an.

LA

N

Muhammad Nur Farid dikutip dari berbagai sumber,

IK

LA IK

SP AC

E SP AC

SP AC

E

IK

LA

N

rang wa­ni­ta la­in­nya yang be­ra­ni meng­ kri­ti­si si­si ke­hi­dup­an yang se­la­ma i­ni ha­nya di­ang­gap mi­lik ka­um la­ki-la­ki. Pa­d a e­r a 1990-an, Ayu Utami ­meng­a­wa­li fe­no­me­na i­ni de­ngan no­vel Saman ka­rang­an­nya. Ke­mu­di­an pe­nu­lis se­per­ti Ayu ber­mun­cul­an se­per­ti Djenar Maesa Ayu de­ngan Mereka Bilang, Saya Monyet, Fira Basuki de­ngan JendelaJendela, Dewi Lestari de­ngan tri­lo­gi Supernova ser­ta ma­sih ba­nyak pe­nga­rang la­in yang me­nu­lis de­ngan ga­ya sas­tra wa­ ngi. Ke­mu­di­an no­vel-no­vel ter­se­but ber­ lan­jut de­ngan te­ma-te­ma yang sa­ma. Te­ma yang se­ring di­ang­kat da­lam sas­tra wa­ngi a­da­lah sek­su­al­i­tas. To­koh u­ta­ma­nya bi­­asa­nya so­sok wa­ni­ta yang me­tro­po­lis, ter­pe­la­jar, can­tik, dan sek­si. Ce­ri­ta­nya cen­de­rung meng­gu­na­kan ba­ ha­sa yang vul­gar tan­pa mem­per­du­li­kan ta­bu na­mun bu­kan­lah por­no­gra­fi yang i­ngin di­sam­pai­kan. Sas­tra wa­ngi i­ngin me­nyam­pai­kan pe­san bah­wa pe­rem­pu­ an bu­ka­n­lah ob­yek sek­su­al­i­tas, d­alam hal ini pe­rem­pu­an ju­ga da­pat men­

E

P

a­da a­wal ta­ hun 2000-an, mun­cul fe­no­ me­na sas­tra yang di­ se­but de­ngan is­ti­lah sas­tra wa­ngi. Is­ti­lah i­ni per­ta­ma di­ung­kap­ kan o­leh Bre Redana, se­o­rang pe­nga­mat ser­ta pe­cin­ta sas­ tra. Is­ti­lah sas­tra wa­ngi di­tu­ju­kan ke­ pa­da pa­ra pe­nga­rang wa­ni­ta se­per­ti Ayu Utami, Djenar Maesa Ayu, Fira Basuki dan pe­ nga­

N

Hesti | Expedisi

12

N LA IK E

E

IK

LA

N

SP AC

SP AC

E

IK

Hubungi Arde Candra (085643356050)

SP AC

LA

N

Ingin Pasang Iklan di Sini?

edisi Ii | April 2013

Buletin Expedisi Edisi II April 2013 - Kesimpangsiuran Pembangunan  

Mengungkap Kejanggalan Pembangunan Lab Kwu - Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) kembali membangun dengan mengatasnamakan mahasiswa. Wakil R...

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you