Page 1

EXPEDISI EDISI I MARET 2013

MEMBANGUN

B U D AYA

KRITIS

Menimbang UKT

Mengusut Kerugian Kredit Uang Kuliah


SURAT PEMBACA UKT Berdampak Defisit

si­nya pi­hak lem­ba­ga me­ng­a­la­mi de­fi­sit da­lam pe­ma­suk­an keuangan.

UKT (Uang Kuliah Tunggal) me­ru­pa­kan sis­tem ba­ru yang a­kan di­te­rap­kan o­leh UNY un­tuk ma­ha­sis­wa ba­ru (maba) ang­kat­an 2013. Ke­ti­ka su­a­tu ke­bi­jak­an di­te­rap­kan di su­a­tu lem­ba­ga ma­ka a­kan a­da kon­se­ku­en­si yang a­kan di­ha­da­pi. Yang per­ta­ma, ti­dak a­kan a­da ma­ha­sis­wa re­gu­lar dan nonre­gu­lar un­tuk ang­kat­an 2013. Di­li­hat da­ri ke­se­ta­ra­an­nya di­ pan­dang ba­gus dan di­ra­sa a­dil ka­re­na ti­dak a­da per­be­da­an an­ta­ra re­gu­lar dan no­nre­gu­lar. Na­mun, ke­ti­ka su­a­tu ke­bi­ jak­an di­te­rap­kan ma­ka a­kan ber­dam­pak ke­pa­da yang la­in­nya. Ke­ti­ka sis­tem UKT di­te­rap­kan di UNY ma­ka a­kan ber­aki­bat pa­da de­fi­sit­nya pe­ma­suk­an ke­uang­an fa­kul­tas. Ke­ti­ka sis­tem UKT di­te­rap­kan de­ngan tu­ju­an un­tuk meng­ang­sur uang pang­kal, prak­ti­kum, dan KKL, ma­ka kon­se­ku­en­

Bambang Supraiyanto M. Sc Dosen Fakultas Ekonomi

UKT Memberatkan Mahasiswa ME­NGE­NAI UKT me­nu­rut sa­ya ba­ik ka­re­na tidak a­da ke­sen­jang­an an­ta­ra ke­las re­gu­lar de­ngan ke­las man­di­ri. Te­ ta­pi, pi­hak UNY ju­ga ha­rus mem­per­ba­ik­i fa­si­li­tas yang a­da, misalnya untuk Ke­las In­ter­na­si­o­nal (KI). Bi­a­ya yang di­ba­yar cu­kup be­sar, ya­i­tu li­ma ka­li li­pat le­bih be­sar da­ri ke­las re­gi­o­nal, te­ta­pi fa­si­li­tas yang di­da­pat sa­ma sa­ja. Se­be­lum me­nu­run­kan ke­pu­tus­an se­ba­ik­nya ha­rus di­per­tim­bang­kan du­lu da­ri ber­ba­gai as­pek, ba­ik as­pek so­si­ al mau­pun eko­no­minya. Ti­dak ha­nya i­tu sa­ja, sis­tem da­ri bi­ro­krat me­nge­nai ju­rus­an ju­ga ha­rus je­las. Mi­sal­nya KI

EDITORIAL Hati-hati Uang Kuliah Tunggal Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) telah me­nye­pa­ka­ti a­kan me­ne­rap­kan sis­tem UKT (Uang Ku­li­ah Tung­gal) mu­lai ta­hun a­ka­de­mik 2013/2014. Kebijakan ini didasarkan pada su­rat e­dar­an Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti). Tu­ju­an­nya un­tuk meng­ha­pus­kan uang pang­kal di­a­wal ma­suk bang­ku per­ku­li­ah­an yang cu­ kup ma­hal. Men­de­ngar ke­bi­jak­an ten­tang sis­ tem UKT ini be­be­ra­pa pi­hak se­per­ti ma­ha­sis­wa dan do­sen, se­pa­kat. Sis­ tem ini di­ra­sa a­dil karena ti­dak a­da la­gi per­be­da­an bi­a­ya ba­gi ma­ha­sis­wa re­gu­ler dan non­re­gu­ler. Rek­tor UNY, Rocmat Wahab me­ nya­ta­kan ya­kin de­ngan ke­bi­jak­an sis­tem UKT. A­la­san­nya apa­bi­la hal i­ni ter­wu­jud Kemendikbud me­la­lu­i Dikti bi­sa kon­sen de­ngan pem­be­ri­ an Ban­tua­n O­pe­ra­si­o­nal Per­gu­ru­an Ting­gi Ne­ge­ri (BOPTN) ti­ap ta­hun­ nya. A­pa­bi­la hal ter­se­but bi­sa ter­wu­ jud, ma­ka bi­a­ya ku­li­ah bi­sa men­ja­di mu­rah se­ti­ap ta­hun­nya. Se­men­ta­ra Wa­kil Rek­tor II (WR II) Moch. Alip se­ca­ra ti­dak lang­sung mem­ban­tah hal ter­se­but de­­ngan me­nya­ta­kan bah­wa BOPTN ma­sih da­lam pro­ses dan be­ lum ta­hu a­kan tu­run ka­pan dan a­kan bi­sa di­gu­na­kan ka­pan se­hing­ga UNY

2

ma­sih a­kan men­­ga­la­mi de­fi­sit de­ngan sis­tem UKT i­ni. Hal i­ni sa­ngat tim­pang ji­ka di­ ban­ding­kan de­ngan sis­tem ke­u­ang­an se­be­lum­nya de­ngan uang pang­kal. Kar­e­na de­ngan sis­tem pem­ba­yar­an se­be­lum­nya ma­ha­sis­wa ha­nya mem­ ba­yar bi­a­ya be­sar. Se­men­ta­ra UKT se­per­ti sis­tem per­kre­dit­an ma­ha­sis­wa mem­ba­yar mu­rah di a­wal dan di­ce­kik de­ngan bi­a­ya yang le­bih be­sar un­tuk ti­ap se­mes­ter­nya. I­ro­nis­nya UKT yang me­nang­ga­pi ten­tang vi­si Men­te­ri Pen­di­dik­an dan Ke­bu­da­ya­an Muhammad Nuh, un­tuk mem­be­ri­kan ke­sem­pat­an ma­ha­sis­wa mis­kin a­gar te­tap bi­sa ku­li­ah, ma­lah se­per­ti bu­me­rang ba­gi ma­ha­sis­wa yang ti­dak ayal­nya se­per­ti kred­it. Ji­ka kita me­mu­ngut UU No­mor 10 ta­hun 1998 ten­tang kre­dit, yang ji­ka se­se­o­ rang meng­gu­na­kan ja­sa kre­dit, ma­ka ia ha­rus di­ke­na­kan bu­nga ta­gih­an. Da­lam kon­di­si i­ni pi­hak lem­ba­ga ha­rus meng­ka­ji u­lang ten­tang ke­pu­ tus­an me­ne­rap­kan sis­tem UKT, yang la­gi-la­gi i­tu mem­be­leng­gu ma­ha­sis­wa. Ja­ngan sam­pai ter­ja­di ko­mer­sial­i­sa­si pen­di­dik­an oleh lem­ba­ga pe­me­rin­ tah­an. Redaksi

i­tu a­pa yang ber­stan­dar in­ter­na­si­o­nal? A­pa­kah ba­ha­sanya, ku­ri­ku­lum­nya, a­tau bah­kan bi­a­ya­nya. Sa­ya ra­sa UKT a­kan mem­be­rat­kan o­rang-o­rang yang i­ngin lan­jut seko­lah te­ta­pi da­lam se­gi eko­no­mi ti­dak men­ cu­kup­i. Febry Kurniawan Mahasiswa Pendidikan Kimia

Kembalikan UNY ke Semula! UKT me­ru­pa­kan re­pre­sen­ta­si da­ri ca­ra pe­me­rin­tah da­lam mem­pe­ri­ngan bi­a­ya ad­mi­nis­tra­si per­ku­li­ah­an tan­pa mem­ be­da­kan ja­lur pe­ne­ri­ma­an ma­ha­sis­wa. Ke­pu­tus­an pe­lak­sa­na­an UKT i­ni mem­be­ri dam­pak yang be­sar. Hal ini di­ka­re­na­kan spe­ku­la­si tek­nis, pe­lak­sa­na­an UKT ma­sih ba­ru dan be­lum di­so­si­al­i­sa­si­kan se­ca­ra me­nye­lu­ruh. Pe­lak­sa­na­an UKT da­pat di­se­but pem­ba­yar­an uang ku­li­ah se­ca­ra flat, di­ma­na se­mu­a jum­lah pem­ba­yar­an bi­a­ya per­ku­li­ah­an di­to­tal, ke­mu­di­an di­ ba­gi jum­lah se­mes­ter yang ki­ta tem­puh, de­ngan stan­dard 8 se­mes­ter. Ba­nyak ca­ra da­lam pe­mak­na­an UKT. Un­tuk be­be­ra­pa ma­ha­sis­wa yang di­ra­sa te­lah, me­mi­li­ki per­si­ap­an yang cu­kup da­lam me­nem­puh ku­li­ah. UKT di­ra­sa bu­kan ham­bat­an yang ber­ar­ti un­tuk tu­ ju­an me­nun­tut il­mu. A­pa­la­gi il­mu yang ki­ta da­pat se­ra­sa ti­dak se­pa­dan a­pa­bi­la di­sa­ma­kan de­ngan bi­a­ya yang ki­ta te­ lah ba­yar­kan. Na­mun, sa­ngat ber­­be­da de­ngan tu­nas mu­da bang­sa yang ha­rus ber­pi­kir u­lang ke­ti­ka me­na­tap biaya ku­ li­ah yang te­rus na­ik.UNY harus kembali pa­da Tri Darma PTN! Thoriq Abdunnasir Mahasiswa Ilmu Sejarah 2011

SEMPIL + “Se­hing­ga, UNY

ma­sih de­fi­sit se­ba­nyak 42 mil­yar ru­pi­ah.“

- Sudah tahu defisit, kok tetap digunakan, Pak? Pimpinan Proyek Rizpat Anugrah | Sekretaris Prasetyo Wibowo | Bendahara Gresthi Pramadya Dewi | Redaktur Pelaksana Muhammad Nur Farid | Redaktur Agil Widiatmoko, Ginanjar Rohmat, Hesti Pratiwi, Irega Gelly Gera, Merynda Puspitaningrum, Muhammad Nur Farid, Prasetyo Wibowo Rizpat Anugrah | Reporter Amrih, Desinta, Hengki, Hesti, Randy | Redaktur Foto Muhammad Nur Farid | Artistik Agil Widyatmoko, Hesti Pratiwi | Produksi Desinta Kusumaningrum | Iklan Arde Candra Pamungkas, Fatmawati, Merynda Puspitaningrum | Tim Polling Herry, Randy Arba Pahlevi | Sirkulasi Bima Saputra | Alamat Gedung Student Center Lt. 2 Karangmalang Yoyakarta 55281 | Email lpm_ekspresi@yahoo.com | Web ekspresionline.com | Redaksi menerima artikel, opini, dan surat pembaca. Redaksi berhak mengedit tulisan tanpa mengubah isi.

EDISI I | MARET 2013


SENTRA

Informasi UKT Belum Merata Mahasiswa baru (maba) tahun akademik 2013/2014 akan melakukan pembayaran dengan sistem UKT, dengan sistem ini mahasiswa akan membayar biaya kuliah dengan kredit.

M

u­lai ta­hun a­jar­an 2013/2014 Uni­ver­si­tas Ne­ge­ri Yogyakarta (UNY) a­kan me­ne­rap­kan sis­ tem pem­ba­yar­an UKT (Uang Ku­li­ah Tung­gal) un­tuk ma­ha­sis­wa ba­ru (maba). De­ngan sis­tem UKT ma­ka ma­ha­sis­wa ti­dak a­kan di­ke­nai uang pang­kal. Pem­ ba­yar­an a­kan di­ra­ta­kan pa­da se­ti­ap se­ mes­ter­nya selama masa studi ma­ha­sis­wa. Ke­bi­jak­an ini di­am­bil ber­da­sar­kan su­rat pe­rin­tah da­ri Di­rek­tor­at Jen­de­ral Pen­di­ dik­an Ting­gi (Dikti). “Ka­re­na Pe­rin­tah da­ri Dikti, un­tuk se­lu­ruh Indonesia, bu­kan cu­ma UNY.” ung­kap Mochammad Alip te­gas se­la­ku Wa­kil Rek­tor II (WR II) UNY yang ber­tang­gung­ja­wab me­ ngu­rus ba­gi­an sa­ra­na pra­sa­ra­na dan ke­uang­an UNY. Su­rat Edar­an Dikti No­mor 97/E/ KU/2013 yang men­ja­di a­cu­an ke­pu­tus­an UKT ter­se­but ber­i­si per­min­ta­an Dikti un­tuk: meng­ha­pus­kan uang pang­kal un­tuk ma­ha­sis­wa pro­gram S1 ta­hun a­ka­de­mik 2013/2014, ser­ta me­ne­tap­kan dan me­lak­sa­na­kan UKT ba­gi ma­ha­sis­wa pro­gram S1 ta­hun a­ka­de­mik 2013/2014. Su­rat e­dar­an i­ni me­nang­ga­pi ten­tang vi­ si Men­te­ri Pen­di­dik­an dan Ke­bu­da­ya­an Muhammad Nuh un­tuk mem­be­ri­kan ke­ sem­pat­an ma­ha­sis­wa mis­kin a­gar te­tap bi­sa ku­li­ah. “Pak Men­teri per­nah bi­lang ‘ja­ngan sam­pai a­da ma­ha­sis­wa pin­tar yang tidak bi­sa ku­li­ah ka­re­na mis­kin’.” ung­kap Moch. Alip meng­u­lang­i ka­ta-ka­ta Muhammad Nuh. Sosialisasi UKT Na­mun ke­pu­tus­an uni­ver­si­tas un­tuk me­ne­rap­kan UKT i­ni be­lum ba­nyak di­ ke­ta­hu­i oleh mas­ya­ra­kat kam­pus UNY. Joko Susilo, ma­ha­sis­wa Pen­di­dik­an Se­ ja­rah ang­katan 2011 me­nga­ta­kan bah­ wa dia ta­hu pe­ri­hal UKT ha­nya da­ri be­be­ra­pa ma­ha­sis­wa, “Se­pe­nge­ta­hu­an sa­ya ha­nya da­ri be­be­ra­pa ma­ha­sis­wa, ti­dak ada pem­be­ri­ta­hu­an leng­kap dan ter­pe­rin­ci da­ri fa­kul­tas.” Hal se­ru­pa ju­ga di­sam­pai­kan Duha, ma­ha­sis­wa Pen­di­ dik­an Bim­bing­an Kon­se­ling ang­kat­an 2011, “Sa­ya ki­ra UKT ma­sih a­bu-a­bu, ter­nya­ta su­dah fix.” Ti­dak ha­nya ma­ha­sis­wa sa­ja, do­sen

MARET 2013 | EDISI I

ju­ga ma­sih be­lum me­nger­ti be­nar pe­ri­hal UKT i­ni ka­re­na me­mang be­lum a­da in­ for­ma­si se­ca­ra de­ta­il. “Se­ca­ra in­for­ma­si u­mum me­mang su­dah a­da, ta­pi se­ca­ra de­ta­il ka­mi be­lum ta­hu.” ung­kap Samsuri se­la­ku Ke­tu­a Ju­rus­an Pro­gram Pen­di­ dik­an Ke­war­ga­ne­ga­ra­an dan Hu­kum (Kajur PKnH). In­for­ma­si yang di­da­pat pun ma­sih se­ba­tas bah­wa UKT di­te­ rap­kan di UNY, ser­ta pe­ma­suk­an uang a­kan mi­nus, de­ta­il ten­tang pe­nge­lo­la­an UKT ma­sih be­lum je­las di­ke­ta­hu­i. Hal se­na­da ju­ga di­sam­pai­kan Ke­tu­a Ju­rus­an Pen­di­dik­an Tek­nik Me­sin, Wagiran. Dia me­nye­but­kan bah­wa so­si­al­i­sa­si ma­sih terbatas, ha­nya kon­sep­nya sa­ja, ma­sih belum se­ca­ra de­tail. “Kon­sep­nya su­dah di­be­ri­kan, da­ri WR II ta­pi se­ca­ra de­ta­il­ nya be­lum” ung­kap Wagiran. Me­nang­ga­pi pe­ri­hal so­si­al­i­sa­si UKT yang kur­ang i­ni, WR II me­nga­ta­kan bah­ wa ia su­dah me­na­war­kan ke­pa­da Ba­dan Ek­se­ku­tif Ma­­ha­sis­wa (BEM) bah­kan se­jak ta­hun la­lu (BEM 2012) un­tuk di­a­ da­kan­nya se­bu­ah fo­rum un­tuk mem­ba­has UKT na­mun be­lum ter­lak­sa­na, “Du­ lu per­nah sa­ya ta­war­kan ke­pa­da BEM

bah­kan se­jak ta­hun la­lu, na­mun pa­da ta­hun i­tu UKT ba­ru be­ri­ta.” Se­la­in pa­da BEM, WR II ju­ga te­lah me­min­ta pa­da Sumaryanto se­la­ku WR III UNY un­tuk di­a­da­kan hal se­ru­pa, na­mun sam­pai sa­at ini be­lum ju­ga ter­lak­sa­na. Un­tuk BEM KM sen­di­ri Iman se­ ba­gai ke­tu­a me­nang­ga­pi per­min­ta­an WR II te­lah me­nyi­ap­kan au­di­en­si un­ tuk me­ngum­pul­kan se­lu­ruh Or­ga­ni­sa­si Ma­ha­sis­wa (Ormawa) da­lam se­bu­ah fo­rum. Da­lam fo­rum ter­se­but ju­ga a­kan meng­un­dang WR II un­tuk mam­ba­has UKT. “Kami sudah menyiapkan forum un­tuk au­di­en­si, nan­ti Or­ma­wa-or­ma­wa a­kan ka­mi un­dang.” ung­kap Iman. A­ca­ra ter­se­but di­a­gen­da­kan a­kan di­lak­sa­na­kan pa­da ha­ri ra­bu (27/3). Ma­sa­lah so­si­al­i­sa­si yang ku­rang i­ni ke­mu­di­an me­nim­bul­kan ba­nyak ke­re­sah­ an pa­da ma­ha­sis­wa. Sa­lah sa­tu­nya me­ nge­nai pem­bi­a­ya­an ke­gi­at­an ke­ma­ha­sis­ wa­an, se­per­ti yang di­ung­kap­kan Agung Dirga Kusuma, Ke­tu­a BEM Fa­kul­tas Il­mu So­si­al (FIS), “Ka­lau ke­kha­wa­tir­an­nya, da­na ke­ma­ha­sis­waan a­kan di­po­tong, da­na sa­ra­na pra­sa­ra­na ju­ga a­kan di­po­

Rabu, 20 Maret 2013. Ketua Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Dr. Wagiran, saat dimintai keterangan tentang sistem UKT UNY.

3


SENTRA tong.” Ke­kha­wa­tir­an pun ber­lan­jut pa­da m e n e k a n ten­tang ke­gi­at­an ke­ma­ha­sis­wa­an yang mahasiswa ber­ku­rang ka­re­na a­da­nya UKT. “Yang untuk lulus 4 a­kan men­ja­di ke­kha­wa­tir­an, a­pa­kah ke­ d a l a m de­pan­nya ke­giatan ke­ma­ha­sis­wa­an a­kan tahun?” WR ber­ku­rang a­ki­bat a­da­nya pe­ngu­rang­an II menjawab, da­na.” ung­kap Dirga. “Bukan hanya Me­nang­ga­pi hal ter­se­but, WR II m a h a s i s w a , mengatakan bahwa untuk ope­ra­si­o­ s e m u a n y a , nal tidak akan ada perubah­an, “Un­tuk u n t u k operasional tetap kami stabilkan.” ujarnya. mahasiswa punya Moch. Alip juga mengatakan bahwa kesempatan lulus pembiayaan untuk kemahasiswaan dan d a l a m e m p a t UKM tidak akan ada pengurangan ”Untuk tahun.” kemahasiswaan dan ekstrakulikuler akan Lebih Mahal untuk Repro. Hesti | Expedisi dipertahankan tidak ada pengurangan.” Kelas Reguler Memang dengan sistem UKT ini maka UNY sendiri dalam menerapkan UKT Rp10.445.000,00 un­ universitas mengalami defisit sehingga ada 3 variasi tarif uang kuliah tunggal tuk bi­a­ya ma­suk, Rp4.000.000,00 un­ akan ada banyak anggaran yang ditekan, yaitu: Rp3.500.000,00, Rp3.000.000,00, tuk sum­bang­an ser­ta bi­a­ya per se­mes­ter namun universitas tidak akan menekan dan Rp2.600.000,00. “Untuk teknik Rp2. 205.000,00. Ar­ti­nya da­lam 8 tahun, bidang kulikuler dan ekstrakulikuler. Rp3.500.000,00,” Moch. Alip menjelaskan, Faby ha­rus mem­ba­yar Rp 29.880.000,00 “Untuk seminar dan bantuan untuk studi “Rp2.600.000,00 untuk sosial, ekonomi, un­tuk bi­a­ya ku­li­ah. Nan­ti­nya de­ngan lanjut dan perbaikan fasilitas itu yang dan sastra, untuk IPA, olah raga, dan sis­tem UKT ma­ha­sis­wa se­per­ti Fa­by kita tekan.” ungkap WR II. kesenian Rp3.000.000,00.” a­kan mem­ba­yar Rp20.000.000,00 atau Keresahan bukan hanya mengenai Perbedaan besaran harga UKT ini Rp9.880.000,00 le­bih mu­rah. pembiayaan kegiatan kemahasiswaan. didasarkan pada unit cost. Unit cost ini Per­ma­sa­lah­an la­in da­ri di­terapkannya Mahasiswa juga resah mengenai nasib dihitung berdasarkan biaya operasional UKT ini a­da­lah pe­ma­suk­an ke­uang­an UNY mahasiswa yang kuliah lebih dari 4 yang dibutuhkan untuk proses ber­ku­rang. Hal i­ni ter­jadi karena dalam tahun (8 semester). Mahasiswa yang pembelajaran mahasiswa selama satu sis­tem UKT, uang pangkal ditiadakan kuliah lebih dari 8 semester akan tahun. Untuk biaya operasional sehingga uang yang masuk ke universitas membayar lebih mahal jika setiap program studi dari maba akan berkurang. WR II sendiri membayar dengan sistem UKT "Secara berbeda-beda. Perihal membenarkan kondisi ini, dia menuturkan dibandingkan dengan sistem matematis UNY pendanaan pendidikan bahwa pada penerapan UKT untuk tahun yang saat ini digunakan Defisit 10 milyar, ini diatur dalam ajar 2013/2014 UNY akan mengalami di UNY. Hal ini karena namun secara Peraturan Pemerintah defisit. “Secara matematis UNY defisit 10 dalam sistem UKT besaran operasional lebih." Nomor 48 Tahun milyar, namun secara operasional lebih.” ungkap biaya kuliah ditentukan 2008. Dalam peraturan ungkap Moch. Alip. Dari keterangan yang berdasarkan dengan biaya Moch. Alip. pemerintah tersebut disampaikan WR II dengan menerapkan yang dibutuhkan mahasiswa di tetapkan bahwa biaya UKT pada tahun akademik 2013/2014 selama 8 semester. Bila dalam 4 pendidikan meliputi: biaya maka uang yang masuk ke universitas dari tahun mahasiswa membutuhkan biaya satuan pendidikan, biaya pengelolaan, dan mahasiswa baru sebesar 18 milyar rupiah, sebanyak Rp20.000.000,00 maka dalam biaya pribadi peserta didik. “Biaya pribadi padahal ketika menggunakan sistem yang satu semester mahasiswa harus membayar tidak kami tanggung, universitas hanya sebelumnya rata-rata pemasukkan UNY Rp2.500.000,00. Dengan demikian maka menanggung biaya satuan pendidikan dan dari mahasiswa baru sebesar 60 milyar. biaya pangkal yang tidak dibayarkan biaya pengelolaan.” terang WR II. “Se­hing­ga UNY ma­sih de­fi­sit se­ba­nyak dalam semester satu akan lunas pada Dengan harga-harga tersebut, biaya 42 mil­yar ru­pi­ah.“ te­rang WR II. semester 8. Namun mahasiswa masih kuliah tidak sepenuhnya murah. Sebagai Moch. Alip ju­ga me­ne­rang­kan bah­wa membayar dengan besaran yang sama contoh bagi mahasiswa prodi Bahasa dan un­tuk ta­hun i­ni UNY men­da­pat BOPTN untuk melunasi uang pangkal, padahal Sastra Indonesia (BSI). Bagi mahasiswa (Ban­tu­an O­pe­ra­si­o­nal Per­gu­ru­an Ting­gi uang pangkal sudah lunas pada semester angkatan 2012 kelas reguler, membayar Ne­ge­ri) da­ri pe­me­rin­tah se­be­sar 32 mil­yar 8. Ini berarti ada uang yang dibayarkan biaya kuliah sebesar Rp8.250.000,00 untuk ru­pi­ah. Na­mun BOPTN be­lum di­ke­ta­hu­i mahasiswa, namun ada bagian dari uang uang pangkal, serta biaya per semester a­kan da­pat di­gu­na­kan ka­pan, “BOPTN tersebut yang tidak dianggarkan oleh sebesar Rp1.005.000, 00 yang berarti ma­sih pro­ses, ja­di be­lum ta­hu tu­run­nya universitas. selama 8 semester mahasiswa BSI kelas ka­pan” ka­ta WR II. Menanggapi perihal tersebut Moch. reguler akan membayar Rp16.290.000,00. Alip selaku WR II menyatakan bahwa Namun dengan sistem UKT maka dirinya belum memikirkan tentang itu, dalam 8 semester, mahasiswa BSI akan “Jujur kami belum memikirkan hal membayar Rp20.800.000,00, atau lebih tersebut.” Menurut Moch. Alip sekarang mahal Rp4.510.000,00. Sedangkan Muhammad Nur Farid UNY masih berfokus terhadap penerapan untuk mahasiswa non reguler BSI ang­ Desinta, Hesti, Randy UKT. Ketika ditanya, “Berarti universitas kat­an 2012, Fa­by me­nga­ku mem­ba­yar

4

EDISI I | MARET 2013


POLLING

Kebijakan Sistem UKT UNY Masih Samar

K

e­bi­jak­an pem­ba­yar­an uang ku­ li­ah de­ngan sis­tem UKT (Uang Ku­li­ah Tung­gal ) yang di­da­sar­kan pa­da Su­rat Edar­an Di­rek­to­rat Jen­de­ ral Pen­di­dik­an Ting­gi (Dik­ti) No­mor 97/E/KU/2013, ten­tang peng­ha­pus­an uang pang­kal dan pe­ne­rap­an sis­tem UKT un­tuk Per­gu­ru­an Ting­gi Ne­ge­ri (PTN) , ma­sih mem­be­ri­kan ba­nyak per­ta­nya­ an me­nge­nai ke­si­ap­an uni­ver­si­tas un­ tuk me­nge­lo­la ke­uang­an de­ngan sis­tem pem­ba­yar­an yang ba­ru. Sa­lah sa­tu­nya me­ka­nis­me pros­e­dur a­lur dan trans­pa­ ra­si da­na da­ri sis­tem UKT yang ma­sih be­lum je­las. Se­ca­ra se­der­ha­na, de­ngan si­stem UKT ini da­na Sum­bang­an Pe­ngem­bang­an Ins­ti­tu­si (SPI) yang bi­a­sa­nya di­ba­yar­ kan se­ka­li­gus pa­da a­wal se­mes­ter ki­ni pem­ba­yar­an di­ang­sur di se­ti­ap se­mes­ter. De­ngan de­mi­ki­an da­na pe­nge­lu­ar­an ber­ ban­ding lu­rus de­ngan tar­get ta­hun ke­ lu­lus­an ba­gi ma­ha­sis­wa. Di Uni­ver­si­tas Ne­ge­ri Yogyakarta (UNY), sis­tem UKT ma­sih te­ra­sa a­sing di be­be­ra­pa ka­lang­an ma­ha­sis­wa ka­re­na sis­tem ini ber­la­ku dan di­tu­ju­kan un­tuk ma­ha­sis­wa-ma­ha­sis­wa ba­ru ta­hun aka­de­mik 2013/2014. Da­ri per­ma­sa­lah­an ter­se­but, ma­ka EXPEDISI me­la­ku­kan polling un­tuk me­nge­ta­hu­i ba­gai­ma­na res­­pon da­ri ma­ha­ sis­wa ten­tang ke­bi­jak­an UKT yang a­kan di­te­rap­kan di UNY. Me­to­de sampling yang di­gu­na­kan ada­lah accidental, ya­i­tu

pem­ba­gi­an ang­ket se­ca­ra lang­sung ke­ pa­da res­pon­den yang ki­ta te­mu­i se­ca­ra a­cak dan me­ra­ta. Tek­nik pe­ngum­pul­an da­ta ya­i­tu meng­gu­na­kan ang­ket de­ngan enam per­ta­nya­an dan enam per­nya­ta­an. Pe­ngam­bil­an sam­pel meng­gu­na­kan ru­ mus Slovin de­ngan sampling error 5%, se­hing­ga di­per­oleh sam­pel se­ba­nyak 386 sam­pel un­tuk me­wa­ki­li da­ri 26.717 ma­ ha­sis­wa UNY. Ang­ket se­lan­jut­nya di­se­bar me­ra­ta ke se­lu­ruh fa­kul­tas di UNY ya­itu Fa­kul­tas Tek­nik (FT), Fa­kul­tas Il­mu So­si­al (FIS), Fa­kul­tas Eko­no­mi (FE), Fa­kul­tas Il­mu Pendidikan (FIP), Fa­kul­tas Ba­ha­sa dan Se­ni (FBS), Fa­kul­tas Il­mu Ke­o­lah­ra­ga­an (FIK), dan Fa­kul­tas Ma­ te­ma­ti­ka dan Il­mu Pe­nge­ta­hu­an A­lam (FMIPA). Ber­da­sar­kan ri­set dan ob­ser­va­si ha­sil da­ri peng­o­lah­an da­ta ang­ket yang di­se­ bar, di­per­o­leh bah­wa 55,2% ma­ha­sis­wa me­nge­ta­hu­i sis­tem UKT yang a­kan di­ te­rap­kan di UNY dan ma­ha­sis­wa ti­dak me­nge­ta­hu­i ten­tang sis­tem UKT se­be­sar 44,8%. Me­nge­na­i ang­gap­an bah­wa sis­tem UKT be­lum da­pat di­te­rap­kan di UNY se­ be­sar 33,7% ma­ha­sis­wa sepakat dengan hal ter­se­but dan 65,8% ma­ha­sis­wa meng­ ang­gap UNY da­pat me­ne­rap­kan sis­tem UKT, si­sa­nya se­be­sar 0,5% ma­ha­sis­wa ti­dak men­ja­wab. Me­nge­na­i ke­kha­wa­tir­an ter­ha­dap peng­o­lah­an da­na meng­gu­na­kan sis­tem UKT, se­ba­nyak 73,8% ma­ha­sis­wa me­nya­

ta­kan kha­wa­tir dan 25,4% ma­ha­sis­wa me­nya­ta­kan ti­dak kha­wa­tir. Si­sa­nya 0,8% ma­ha­sis­wa ti­dak men­ja­wab me­nge­na­i per­so­al­an ini. Me­nge­nai pe­­ne­rap­an UKT ha­nya un­tuk ma­ha­sis­wa ang­ka­tan 2013 se­ ba­nyak 17,4% ma­ha­sis­wa me­nya­ta­kan sa­ngat se­tu­ju, se­ba­nyak 38,3% ma­ha­sis­ wa me­nya­ta­kan se­tu­ju, se­ba­nyak 19,7% ma­ha­sis­wa me­nya­ta­kan ti­dak se­tu­ju, dan se­ba­nyak 12,2% ma­ha­sis­wa me­nya­ta­kan sa­ngat ti­dak se­tu­ju, ser­ta 11,9% ma­ha­ sis­wa yang la­in me­nya­ta­kan ti­dak ta­hu me­nge­nai hal ini, si­sa­nya se­ba­nyak 0,5% ma­ha­sis­wa ti­dak men­ja­wab. Da­lam hal UKT mam­pu mem­per­lan­ car pro­se­dur bi­a­ya ku­li­ah se­ba­nyak 5,2% ma­ha­sis­wa me­nya­ta­kan sa­ngat se­tu­ju, se­ba­nyak 25,1% ma­ha­sis­wa me­nya­ta­kan se­tu­ju, dan se­ba­nyak 31,3% ma­ha­sis­wa me­nya­ta­kan ti­dak se­tu­ju, ser­ta se­ba­nyak 11,9% ma­ha­sis­wa me­nya­ta­kan sa­ngat ti­ dak se­tu­ju, dan si­sa­nya se­ba­nyak 26,4% ma­ha­sis­wa me­nya­ta­kan ti­dak ta­hu me­ nge­nai hal ini. Un­tuk ke­je­las­an me­ka­nis­me pem­ ba­yar­an meng­gu­na­kan sis­tem UKT se­ ba­nyak 2,8% ma­ha­sis­wa me­nya­ta­kan sa­ngat se­tu­ju, se­ba­nyak 8,8% ma­ha­sis­wa me­nya­ta­kan se­tu­ju, se­ba­nyak 32,9% ma­ ha­sis­wa me­nya­ta­kan ti­dak se­tu­ju, ser­ta se­ba­nyak 13,2% me­nya­ta­kan sa­ngat ti­ dak se­tu­ju, dan si­sa­nya se­ba­nyak 42,2% ma­ha­sis­wa me­nya­ta­kan ti­dak ta­hu. Tim Expedisi Sangat Tidak Setuju 13, 2%

Setuju 25,1 %

Sangat Tidak Setuju 11, 9%

Sistem UKT mampu memperlancar biaya kuliah.

MARET 2013 | EDISI I

Tidak Tahu 26, 4%

Tidak Setuju 32, 9% Setuju 8, 8%

Sangat Setuju 25,1 %

Sangat Setuju 2, 8% Hesti | Expedisi

Hesti | Expedisi

Tidak Setuju 31, 3%

Tidak Tahu 42, 2% Kejelasan mekanisme pembayaran menggunakan sistem UKT.

5


PERSEPSI

Senjakala Parpol Islam

P

e­mi­lih­an u­mum (Pemilu) 2014 ki­an de­kat. Par­tai po­ li­tik (Par­pol) su­dah mu­lai sa­ling “si­kut dan se­rang”. Me­re­ka sa­ling men­ca­ri ti­tik le­mah. Ma­ka tim­bul­lah ke­ga­duh­an po­li­tik. Di te­ngah ke­ga­duh­an itu, par­ pol yang meng­a­ku (klaim) di­ri ber­ba­sis Islam men­da­pat so­rot­an cu­kup ta­jam. Mu­lai da­ri ko­rup­ si peng­a­da­an sa­pi yang me­nye­ret pe­ting­gi Par­tai Ke­adil­an Se­jah­te­ra (PKS), Luthfi Hasan Ishaq, i­su da­na ko­rup­si ha­ji di Ke­men­te­ri­an A­ga­ma yang men­ja­di “ja­tah” Part­ai Per­sa­tu­an Pem­ba­ngun­an (PPP), skan­dal ko­rup­si di Ba­dan Ang­gar­ an (Bang­gar) yang me­nye­ret na­ma Wa Ode Nurhayati, po­li­ti­si Par­tai Ama­nat Na­si­o­nal (PAN), kon­flik in­ter­nal Par­tai Ke­adil­an Bang­sa (PKB) yang tak kun­jung usai, dan se­te­rus­nya. Bah­kan, ja­uh se­be­lum i­su mun­ cul ke ra­nah pub­lik, se­jum­lah sur­vei me­nem­pat­kan Par­pol Islam se­la­in Par­tai Bu­lan Bin­tang (PBB) yang ba­ru sa­ja (18/3) men­da­pat­kan no­ mor u­rut 14 un­tuk pe­mi­lu 2014 (PKS, PPP, PAN, dan PKB) pa­da urut­an “bun­cit” dan ha­nya mem­per­o­ leh du­kung­an ti­dak le­bih da­ri 5 per­sen su­ara na­si­o­nal. I­tu artinya, elektabilitas parpol Islam sa­ngat ke­cil ji­ka di­ban­ding­ kan de­ngan Par­tai Golkar dan Par­tai De­mo­kra­si Indonesia Per­ju­ang­an yang men­ca­pai 15 per­sen. Per­ta­nya­an yang mun­cul ke­mu­di­an ada­lah meng­a­pa e­lek­ta­bi­li­tas Par­pol Islam ren­dah, pa­da­hal bang­sa i­ni di­hu­ni ma­yori­tas pen­du­duk Mus­lim? Po­si­si Mi­no­ri­tas Pa­da pe­mi­lu 1955, jum­lah per­o­leh­an to­tal su­ara par­tai ber­ba­sis Islam se­be­sar 43,5%. Pe­mi­lu 1999, jum­lah to­tal per­o­ leh­an su­ara ha­nya me­ra­up 36,7%. Pada Pe­mi­lu 2004 sem­pat meng­a­la­mi ke­na­ ik­an men­ja­di 38,3% dan pa­da Pe­mi­lu 2009 meng­a­la­mi pe­nu­run­an kemba­li men­ja­di 29,2%. Ca­tat­an jum­lah per­o­leh­an su­a­ra par­ tai Islam da­ri Pe­mi­lu ke Pe­mi­lu tersebut se­per­ti­nya ma­sih me­ne­guhkan apa yang per­nah di­ru­mus­kan o­leh Deliar Noer, se­ba­gai­ma­na di­ku­tip Syamsuddin Haris

6

Repro. Agil | Expedisi

(2011), me­nge­nai rea­li­tas re­la­si Islam dan po­li­tik di ne­ge­ri ini, bah­wa Islam ada­lah ma­yo­ri­tas se­ca­ra so­si­o­lo­gis, te­ ta­pi mi­no­ri­tas se­ca­ra po­li­tik. De­ngan ka­ta la­in, mes­ki­pun ham­pir 90% jum­lah pen­du­duk Indonesia me­ru­pa­kan pe­me­ luk Islam, da­lam re­a­li­tas po­li­tik ham­pir se­la­lu da­lam po­si­si mi­no­ri­tas (Ridho Imawan Hanafi, 2013). Po­si­si mi­no­ri­tas se­ma­kin di­per­pa­rah oleh jar­gon-jar­gon Par­pol Islam yang ha­nya a­sal tem­pel. Ar­ti­nya, par­pol Islam ti­dak kre­a­tif da­lam mem­bing­kai se­ru­an. Ia ma­sih ter­je­bak pa­da re­li­gi­us­itas yang pa­da gil­ir­an­nya u­mat ma­lah ti­dak sim­ pa­tik. Umat meng­ang­gap Par­pol Islam ha­nya me­nyi­tir ayat yang pa­da gi­lir­an­ nya di­per­gu­na­kan un­tuk ke­pen­ting­an prag­ma­tis. Iro­nis­nya, prag­ma­tis­me i­tu se­ma­kin me­nger­dil­kan fung­si ke­pe­du­li­an dan pe­ma­nu­sia­an se­ba­gai­ma­na ayat i­tu di­tu­run­kan. Skep­ti­sis­me Le­bih lan­jut, ke­cil­nya pe­ro­leh­an su­a­ ra Par­­pol ber­ba­sis Islam pun da­lam pan­

dang­an Vedi Hadiz (2011) se­ba­gai im­bas da­ri mar­gi­na­ li­sa­si dan ke­tim­pang­an ke­las yang di­la­ku­kan oleh rezim. Mar­gi­na­li­sa­si dan ke­tim­ pang­an ke­las sa­at ini te­lah me­nye­ret a­rus u­ta­ma u­mat Islam u­ntuk ti­dak me­mi­lih Par­pol Islam se­ba­gai pe­nya­ lur­an as­pi­ra­si. Ba­gi me­re­ka, Par­pol Islam dan ti­dak Islam sa­ma sa­ja. Sa­ma-sa­ma ko­rup, ti­dak pe­du­li ter­ha­dap rak­yat ke­cil, dan me­men­ting­kan ke­ pen­ting­an pri­ba­di le­gis­la­tor ter­pi­lih. Wa­tak “as­li” le­gis­la­ tor itu­lah yang me­nim­bul­kan skep­ti­sis­me u­mat un­tuk me­ mi­lih Par­pol Islam. Ma­ka da­ri itu, ji­ka Par­pol Is­lam ma­sih i­ngin men­da­pat tem­­pat di ha­ti mas­ya­ra­kat Indonesia su­dah se­la­yak­nya membuktikan di­ri. Mem­buk­ ti­kan bah­wa ia ama­nat da­lam me­ngem­bang as­pi­ra­si rak­ yat. Ama­nat i­tu ber­wu­jud da­lam pe­ri­la­ku ke­se­ha­ti­an yang ja­uh da­ri si­fat he­do­nis dan gla­mor, se­hing­ga mam­pu ter­be­bas da­ri be­leng­gu ko­rup­si. Ji­ka Par­pol Islam ma­sih sa­ja ter­be­ leng­gu o­leh a­rus u­ta­ma ko­rup­si, ma­ka ia a­kan se­ma­kin di­ting­gal­kan o­leh u­mat. U­mat a­kan se­ma­kin mu­ak dan bo­san me­li­hat ting­kah la­ku me­re­ka. Ke­ti­ka u­mat su­dah de­mi­ki­an, ma­ka ting­kat par­ti­si­pa­si da­lam Pe­mi­lu a­kan se­ma­kin tu­run da­ri ta­hun ke ta­hun. Ke­eng­gan­an mas­ya­ra­kat men­da­tang­i bi­lik su­a­ra da­lam pe­mi­lu me­ru­pa­kan sen­ja­ka­la ke­ka­lah­an u­mat Islam da­lam ber­po­li­tik. U­mat Islam ha­nya a­kan men­ ja­di “bu­lan-bu­lan­an” ke­bi­jak­an. Ia a­kan se­ma­kin men­de­ri­ta ka­re­na ke­bi­jak­an yang tid­ak ber­pi­hak ke­pa­da rak­yat. Pa­ da­hal ma­yo­ri­tas rak­yat Indonesia ada­lah mas­ya­ra­kat mus­lim.

Benni Setiawan, Dosen Pendidikan Agama Islam Universitas Negeri Yogyakarta

EDISI I | MARET 2013


PERSEPSI

Generasi Digital

D

a­lam te­o­ri ge­ne­ra­si (Generation Theory) ada 5 generasi, yaitu : generasi Baby Boomer (19461964), generasi X (1965-1980), generasi Y (1981-1994), generasi Z (1995-2010), dan generasi Alpha (2011-2025). Antara generasi Z dan generasi Alpha inilah terjadi perubahan pola pikir, cara hidup, cara bersosialisasi, hingga cara menatap waktu, termasuk menatap masa lalu hingga masa depan. Kemudian, muncul paham kosmopolitanisme, yang berpandangan bahwa mereka bukanlah warga negara, namun warga dunia. Generasi yang mungkin kita termasuk didalamnya ini kerap disebut sebagai iGeneration atau generasi internet yaitu gelombang manusia yang tumbuh menjadi Generasi Digital (manusia digital). Generasi ini menurut Tuhana Taufiq dalam Jusuf AN (2011) akan booming pada tahun 2020. Dari fenomena teknologi tersebut maka semua menjadi kacau dalam hal bagaimana mengaktualisasikan diri, karena perbincangan hanya melalui pesan dari SMS, telepon, email, dan alat elektronik lainya yang memungkinkan kita berkomunikasi tanpa harus bertatap muka. Kemudian, manusia dibentuk oleh perjumpaan dengan data dan kata yang mampu diakses oleh semua orang. Pertemuan tidak langsung ini melenyapkan kasih sayang antar manusia

yang disebut civil society, yang akan muncul adalah masyarakat modern yang konsumtif, hedonis, dan global yang menciptakan klaim tentang kepercayaan diri sendiri, tetapi saat itu juga mereka lenyap ke dalam kehidupan yang serba palsu. Teringat ketika seorang dosen bertanya pada mahasiswanya, “Dari mana kamu mendapatkan makalah ini?” dengan percaya dirinya mahasiswa tersebut menjawab, “Copy paste dari internet Pak!” Mahasiswa atau generasi seperti inilah yang kemudian menjadikan mereka atau bahkan kita sebagai generasi pemalas. Generasi yang tidak terusik ketika ditangannya sudah memegang gadget-gadget terbaru. Manusia-manusia pragmatis, dengan tas tipis tetapi padat penuh makna yang menjadikan mereka menjadi manusia yang malas membaca buku. Generasi yang sangat berbeda dengan generasi penulis dan pembaca (buku) yang mengeja semua huruf dan kata satu persatu, untuk dirangkum kedalam sebuah informasi dan menghafalkan tiap katanya dengan bangga. Sementara generasi ini (generasi digital) mengakses serta meresapi sebuah data, kata, dan makna dengan screen, kemudian mereka meng-copy sebuah data yang dianggapnya cocok untuk ditempelkan di dalam tesis

mereka. Dengan alatnya yang super canggih ini, mereka memindai semua yang diperlukan untuk dijadikan sebagai bahan di dalam pekerjaanya, tugas kuliahnya, bahkan tak tahu banyak, jika dibandingkan dengan generasi pembaca. Generasi inilah yang akan menentukan bagaimana suatu bangsa, negara, agama, dan kebudayaan akan dikembangkan di masa yang akan datang. Mungkin sebagian dari kita tak rela untuk dipimpin oleh mereka (generasi digital). Namun, betapa sudah terjangkitnya mereka, bak kanker stadium empat yang tidak hanya mengcopy karya orang lain untuk tesisnya, tetapi mereka mencoba meng-copy budaya bangsa lain untuk bisa masuk ke dalam kebudayaan kita. Lalu, dimana orang seperti Voltaire, Homerus, Pramoedya, atau Chairil Anwar dan Ronggowarsito? Mereka adalah manusia yang telah lama “memakan” buku-buku dalam kesehariannya. Komitmen dan konsistensi untuk membaca adalah kunci untuk secara bertahap memulihkan budaya membaca pada masyarakat sebagai bentuk aktualisasi dirinya dengan dunia luar. Hal ini sekaligus membuktikan bahwa membaca menjadi solusi, ketika kita dihadapkan dengan krisis-krisis yang ada. Prasetyo Wibowo

INFO KAMPUS

Open House Ormawa FT

Mahasiswa Wayangan

RABU, (20/03) Ba­dan Ek­se­ku­tif Ma­ha­sis­wa Fa­kul­tas Tek­nik Uni­ver­si­tas Ne­ge­ri Yog­ya­kar­ta (BEM FT UNY) me­nye­leng­ ga­ra­kan Open house Or­ga­ni­sa­si Ma­ha­sis­wa (Ormawa) FT. A­ca­ra i­ni ber­lang­sung sam­pai kamis (21/03) di de­pan Pu­sat Kre­a­ti­v­itas Ma­ha­sis­wa (PKM). Open house i­ni me­ru­p­akan program rutin yang diadakan setiap awal kepengurusan Ormawa. A­ca­ra i­ni di­bu­ka lang­sung o­leh Wa­kil De­kan III FT. Se­ la­in sa­ra­seh­an, da­lam rang­kai­an a­ca­ra i­ni ju­ga a­da be­be­ra­pa per­lom­ba­an, ya­i­tu lom­ba tum­peng, lom­ba pu­i­si, lom­ba stan, lom­ba ma­ding, dan lom­ba per­for­ma. “A­ca­ra ini ber­tu­ju­an un­tuk me­nge­nal­kan Or­ma­wa ke­pa­ da ma­ha­sis­wa yang ku­rang ak­tif”, tu­tur Putra se­la­ku ke­tua Open house.

KAMIS, (21/3) da­lam rang­ka mem­pe­ri­nga­ti u­lang ta­hun yang ke XXXII U­nit Ke­gi­at­an Ma­ha­sis­wa (UKM) Kamasetra meng­ge­lar pen­tas Wa­ya­ng Ku­lit Se­ma­lam Se­nang di Ba­lai Du­sun Manggung. Pe­men­tas­an yang men­gang­kat la­kon Dursala Gugur ter­se­but di­da­lang­i Hendro Hatmoko, ma­ha­ sis­wa Ju­ru­san Se­ni Ru­pa 2009. “Dursala Gu­gur me­ngan­dung mak­na ce­ri­ta ba­gai­ma­na se­o­rang a­nak ha­rus ber­bak­ti ke­pa­da o­rang tua yang di­buk­ ti­kan de­ngan tin­dak­an nya­ta” je­las Hendro. Me­nu­rut pe­nu­tur­an Ke­tua UKM Kamasetra, Cahya Ardi, tu­ju­an di­se­leng­ga­ra­kan pen­tas ini ju­ga un­tuk me­nge­nal­kan UKM Kamasetra ke mas­ya­ra­kat lu­as.

Ginanjar Rohmat

Merynda Puspitaningrum

MARET 2013 | EDISI I

7


TEPI

Problematika Prodi Baru Suatu hal yang diterima bagi mahasiswa yang masuk dalam prodi atau jurusan yang baru adalah ketimpangan informasi tentang lahan kerja

J

umat pa­gi (15/3) Lia Zulfa ma­ha­sis­ wa Pro­gram Pendidikan Kebijakan Pendidikan (Prodi KP) ang­kat­an 2009 tam­pak du­duk sam­bil ber­dis­ku­si de­ngan du­a te­man se­ke­las­nya di per­pus­ta­ka­an Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), se­sa­at ia ter­li­hat se­ri­us dan ter­ka­dang ber­sen­da gu­rau, ke­ti­ga­nya se­dang ber­dis­ku­si pe­ri­ hal tu­gas akhir skrip­si me­re­ka ma­singma­sing. Ke­ti­ka di­ta­nya pe­ri­hal ke­ de­pan, se­je­nak ia ter­li­hat ber­pi­kir dan tam­pak ra­gu un­tuk men­ja­wab, be­gi­tu pu­la ke­dua te­man­nya sa­ma-sa­ma di­am. Di­te­mu­i di se­la-se­la wak­tu dis­ku­ si­nya Lia Zulfa yang me­ru­pa­kan ma­ ha­sis­wa se­mes­ter 8 sam­bil ter­se­nyum meng­ung­kap­kan ke­luh ke­sah yang ia ra­sa­kan ke­lak ke­ti­ka ia lu­lus nan­ti, “Ya ka­lau su­dah lu­lus, a­ku co­ba daf­tar sa­ ja, me­mang be­nar ka­lau di Jogja be­lum a­da for­ma­si PNS un­tuk ma­ha­sis­wa KP se­per­ti sa­ya, mung­kin a­ku co­ba ke­lu­ar Jogja atau lu­ar Jawa se­ka­li­an”. Se­la­in i­tu ia ju­ga meng­ung­kap­kan ke­luh­an­nya yang la­in, “A­ku sen­di­ri ta­hu­nya o­ri­en­ta­si ker­ja KP le­bih ke pe­nen­tu ke­bi­jak­an bi­sa ke Di­nas atau ke atas­nya ta­pi sam­pai sa­at ini yang a­ku li­hat di Di­nas i­tu be­lum a­da tem­pat­nya." Bu­kan ha­nya Lia Zulfa yang me­ra­ sa­kan ke­bi­ngung­an ter­se­but ma­ha­sis­wa ke­bi­jak­an pen­di­dik­an ya­ng la­in pun me­ ra­sa­kan hal yang se­ru­pa, Aji Subo yang sa­ma-sa­ma me­ru­pa­kan ma­ha­sis­wa KP se­mes­ter 8 meng­ung­kap­kan, “Yang a­ku li­hat di Di­nas i­tu ti­dak a­da ba­gi­an yang kai­tan­nya ten­tang ke­bi­jak­an, ja­di ma­ sih mem­bi­ngung­kan ke de­pan­nya KP sen­di­ri." Pro­di KP sen­di­ri me­ru­pa­kan sa­lah sa­tu pro­di ba­ru di UNY, pro­di ini ma­suk da­lam Fakultas Ilmu Pendidikan di ba­wah Ju­rus­an Filsafat Sosiologi Pendidikan. Pro­di KP per­ta­ma ka­li mem­bu­ka ke­las pa­da ta­hun 2006 de­ngan ang­kat­an per­ta­

8

ma yang ma­suk ber­jum­lah 23 ma­ha­sis­wa, dan pa­da ta­hun 2008 jum­lah ke­las di­tam­ bah men­ja­di dua ke­las sam­pai se­ka­rang. “Ma­ha­sis­wa KP sa­at ang­ka­tan sa­ya yang di­te­ri­ma ber­jum­lah 23 hal ini karena pro­di ba­ru dan be­lum bi­sa mem­be­ri­kan ku­o­ta yang ba­nyak.” ung­kap Supriyanto, alum­ni KP ang­kat­an 2006. Kebingungan Orientasi Kerja Ba­nyak ma­ha­sis­wa Pro­di KP yang bi­ngung ten­tang ke­se­su­ai­an bi­dang di­ sip­lin il­mu dengan la­han ker­ja. Sa­lah sa­tu tu­ju­an di­ben­tuk­nya Pro­di KP ada­lah men­ce­tak sar­ja­na yang mam­pu meng­ana­li­sis ke­bi­ jak­an pen­di­dik­an, me­mi­li­ ki in­teg­ri­tas ke­pri­ba­di­an dan ke­il­mu­an, arif, cer­ das, kre­a­tif, res­pon­sif, dan an­ti­si­pa­sif da­lam meng­ha­da­pi per­kem­ bang­an dan tan­tang­an nya­ta da­lam di­na­mi­ka pen­di­dik­an. Ke­bi­ngung­an an­ta­ra tu­ju­an di­ben­tuk­nya Pro­di KP dengan la­han ker­ ja ke­de­pan di­ung­kap­kan o­leh Very Hendrawan, ma­ha­sis­wa KP ang­kat­an 2010, “In­for­ma­si yang di­be­ri­kan ku­rang, ha­nya me­ma­par­ kan se­ca­ra umum vi­si dan mi­si te­rus ke­de­panya ka­tanya ker­janya cu­man di Dinas ta­pi apa ker­janya gak tau.” Ori­en­ta­si ker­ja KP ber­ada di Dinas Pendidikan na­mun be­lum ada­nya in­for­ma­si yang je­las, “Ka­re­na ke­ba­nyak­an PPL di Dinas (pendidikan, red.), sa­ya ta­hu­nya KP ker­ja­nya nan­ti di Dinas ta­pi me­mang se­ka­rang aku ra­sa Dinas be­lum me­ nye­dia­kan.” ung­kap Anin Kanti, ma­ha­sis­wa KP se­ mes­ter 8. Men­ang­gap­i ke­luh

ke­sah ma­ha­sis­wa, Sugito Wakil Dekan (WD I) FIP me­ne­rang­kan bah­wa un­tuk mem­per­je­las la­han ker­ja ter­u­ta­ma da­lam sek­tor pe­me­rin­tah­an se­ti­ap pro­di ha­rus­ lah ter­daf­tar di BKD (Badan Konsultasi Daerah), “Un­tuk be­ker­ja pa­da sek­tor pe­me­rin­tah­an itu me­mang ha­rus ter­daf­tar di BKD bi­asa­nya per­min­ta­an ke ma­sya­ ra­kat un­tuk ju­ru­san apa dan ma­camnya un­tuk lo­wong­an ker­ja itu ber­da­sar­kan pa­da daf­tar yang ada di sa­na.” Hal yang sa­ma ju­ga di­ung­kap­kan Ketua Program Pendidikan (Kaprodi) Mami Hajaroh, bah­wa la­han ker­ja KP se­ be­nar­nya ba­nyak dan ti­ dak ha­rus di Dinas ini ha­nya ke­be­lum­ta­hu­ an ma­ha­sis­wa, ”La­han ker­ja KP itu ba­nyak, ti­d ak ha­n ya di Dinas.” Sugito, Wakil Dekan II, Fakultas Ilmu Kependi­dik­an, UNY..

Heng

ki | Ex

pedis

i

EDISI I | MARET 2013


Agil | Expedisi

TEPI

Senin, 26 Maret 2013. Kantor Jurusan Filsafat Sosiollogi Pendidikan, Fakultas Ilmu Penididkan, UNY.

Tim­pang in­for­ma­si kerja dalam PPL ten­tang pe­nem­pat­an dan pembagian kerja, Hal la­in yang di­ra­sa­kan agak ber­ma­ ”Yang menerima kami di dinas bingung, sa­lah pa­da la­han ker­ja KP ada­lah sa­at kami juga orangnya membingungkan jadi PPL. Un­tuk Pro­di KP, ju­rus­an be­ker­ja kita sama-sama bingung semua.” ungkap sa­ma de­ngan dua tem­pat PPL yak­ni Dinas Very Hendrawan. Pendidikan Provinsi Yogyakarta ser­ta Menanggapi keluhan mahasiswa Prodi Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta dan KP terkait ketimpangan informasi dengan mu­lai ta­hun 2012 di­tam­bah la­gi dua tem­ tempat PPL WD I FIP menerangkan pat yak­ni di Dinas Pendidikan Kabupaten bahwa semua ketimpangan ini bisa dan Dinas Pendidikan Kotamadya dikarenakan karena kurangnya informasi Magelang. Hal yang men­ja­di ma­sa­lah saja, “Mungkin itu baru di tingkat atasan ada­lah ke­ti­dak­te­pat­an tem­pat PPL de­ kebawahnya yang mengurusi PPL, kan ngan di­sip­lin il­mu yang di­pe­la­ja­ri se­per­ti belum dapat informasi di dinas sudah yang di­ung­kap­kan oleh Anin Kanti, yang diinformaskan tetapi dinas ke bawah sa­at itu di­tem­pat­kan pa­da SLB 2 Bantul, belum sehingga disitu terjadi satu “Itu ju­ga sa­ya ti­dak ta­hu, ta­hu­nya ma­ komunikasi yang belum tersampaikan”. lah ke SLB, sem­pat ta­nya ju­ga ke­na­pa, Mami Hajaroh selaku Kaprodi ka­ta Dinas su­dah ke­du­lu­an universitas menjelaskan bahwa masalah mahasiswa la­in.” KP bukan ketidaksesuaianya, hanya La­in ce­ri­ta yang di­ala­mi oleh Gita saja mahasiswanya yang belum bisa Billy ma­ha­sis­wa KP ang­kat­an 2010, ia menemukan masalah terkait kebijakan meng­ung­kap­kan bah­wa se­la­in di lembaga saja, “Mahasiswanya ke­tim­pang­an bi­dang stu­di de­ yang belum bisa melihat kalau ngan di­sip­lin il­mu, hal-hal ini bidangnya kebijakan atau yang ter­ka­it de­ngan ke­bi­ ”La­han ker­ja KP masalah yang bisa ditangani jak­an pen­di­dik­an di Dinas itu ba­nyak, ti­dak oleh mahasiswa KP.” ha­nya di Dinas.” Pendidikan itu ti­dak ada, ungkapnya. ”Aku sen­di­ri da­pat­nya di Kurang jelasnya informasi BKKP la pas ma­suk ke sa­na tentang bidang kerja pro­gram­nya ba­gi­an PLS ka­ya Dari kebanyakan informasi ke­jar pa­ket c me­nge­nai hal yang yang didapat oleh mahasiswa ter­ka­it ke­bi­jak­an kok ti­dak ada.” KP dari dosen tentang bidang kerja Be­gi­tu ju­ga de­ngan Dinas Pendidikan hanya bersifat umum yakni dosen Kabupaten dan Kotamadya Magelang hanya memberitahu bahwa lulusan KP yang me­ru­pa­kan tem­pat PPL yang ba­ru hanya menjadi seorang ahli kebijakan ba­gi ma­ha­sis­wa Pro­di KP. Ku­rang­nya pendidikan hal ini diungkapkan oleh in­for­ma­si ten­tang bi­dang ker­ja mem­bu­at Billy, ”Seharusnya ada sosialisasi lah ma­ha­sis­wa dan pem­bim­bing PPL KP di sebelum kita masuk sini dikasih tau besok Magelang sa­ma-sa­ma me­ra­sa bi­ngung kita kerjanya seperti apa lulusnya seperti

MARET 2013 | EDISI I

apa.” Kurangnya informasi berupa ku­r ang­n ya sosialisasi tentang kompetensi Prodi KP membuat banyak mahasiswa bertanya maksud dari jabaran kompetensi Prodi KP, yang mana jabaran kompetensi itu ada empat yakni peneliti, fasilitator, perencana, membangun jaringan. Hal ini dirasakan oleh Very, ”Untuk informasi kompetensi yang empat itu aku taunya cuma penelitian dan perencaan doang yang lainya tak pikir jarang dan saya nangkepnya blang.” ungkapnya. Dari empat kompetensi prodi KP hanya satu yang sering dipelajar yakni penelitian sedangkan yang lain sangat jarang seperti yang di ungkapakan Aji, ”Dilihat dari kompetensi lulusan KP menjadi peneliti, fasilitator tapi untuk menunjang itu di kuliahnya lebih ditonjolakan penelitianya, untuk yang fasilitator tidak begitu ditonjolkan.” Mami Hajaroh menerangkan bahwa informasi tentang bidang kerja sudah sering di sampaikan oleh dosen ketika perkuliahan, ”Sudah sering dosen menjelaskan di kelas bahwa lahan kp itu memang tidak teknis Seperti lulusan diploma.” Ba­nyak tang­gap­an yang ter­cip­ta dari mahasiswa KP sendiri di­an­ta­ra­nya kesiapan jurusan dalam mempersiapkan lahan kerja seperti yang diutarakan oleh Billy, ”Bukanya belum siap tapi lapangan kerjanya saja yang kita bingung mau kemana belum spesifik.” Tatkala prodi dibuka itu berarti terdapat kebutuhan lulusan dalam suatu bidang kerja “Sebenarnya prodi dibuka seharusnya sebelum itu harus ada kebutuhn paling tidak formasinya jelas kalo misalnya kayak gini terutama jurusan berarti belum siap.” ungkap Aji Menanggapi hal itu Mami Hajaroh menegaskan jika jurusan sendiri sudah mengusahakan dengan memperkenalkan KP pada setiap event, ”Kita sudah memperkenalkan ke dinas, kita setiap event sering mengundang, juga sudah memperkenalkan ke BKD.” Selain itu Sugito menegaskan jika fakultas membantu jurusan dalam mengusahakan lahan kerja, ”Fakultas membantu bagaimana sebaiknya untuk membantu teman-teman prodi, juga sudah memberikan sosialisasi ke berbagai lembaga,” ungkapnya. Irega Gelly Gera Amrih, Hengki

9


RESENSI

Ketunaan Sekolah

10

ke­hi­la­ng­an ujung kaki kiri­nya, Rama men­jadi orang ca­cat. Me­ma­suk­i fase se­lan­jut­nya, se­hari se­telah Rama si­ um­an, dia berkontemplasi de­ngan se­ mua yang te­lah iya da­pat dan per­buat. Setelah beberapa hari tinggal di ru­mah sa­kit dan di­izin­kan pu­lang, Rama su­ dah di­nya­ta­ka sem­buh dan sehat mes­ki ha­rus ke­hilangan sa­tu ka­ki­nya. Di­si­ni ju­ga di­ceri­ta­kan ten­tang pe­ngor­ba­nan sang Ayah ke­pada anak­nya. Ayah Rama ham­pir se­ti­ap hari men­jenguk Rama di rumah sakit. Mem­baca Tak Sempurna se­per­ti kem­b a­l i ke masa SMA yang pe­ nuh cinta dan per­s ahabat­ an na­m un di­c erita­k an de­ng­an su­dut pan­d ang lain. Le­bih meng­ekspose dari segi ke­nakal­an re­ ma­ja yang marak di­berita­ kan se­per­ti tawur­an, minumminuman ke­ r as, sex bebas, aborsi. Mem­beri­kan gam­bar­an ke­ ada­an pen­didik­an di Indonesia yang sis­tem­nya ka­cau ta­pi de­ngan ke­mas­an ba­hasa yang ringan, mu­dah di­paham­i dan di­saji­kan de­ng­an ga­ya ba­ha­sa po­pu­ler. Pe­nu­lis­an­nya ju­ga fo­kus pa­da sis­tem pen­di­dik­an yang ku­rang se­su­ai. Mu­lai Judul: dari pen­di­dik­an di ling­kungan keluarga, Tak Sempurna di­mana orang tua yang se­harus­nya ada Pengarang: untuk men­didik anak-anakanya dengan Fahid Djibran kasih sa­yang. Ke­nya­ta­an­nya ba­nyak Penerbit: orang tua yang si­buk dengan aktifitas­ Kurniaesa Publishing nya masing-masing. Be­gitu juga de­ngan Tahun Terbit: guru yang harus­nya men­jadi orang tua Febuari 2013 kedua di sekolah, me­ma­ham­i muridJumlah Halaman: muridnya ma­lah seperti diktator yang 245 halaman meneror siswanya untuk menghadapi masa depan yang seragam. Disiram hapalan dan dipupuki serangkaian ujian pergulatan emosi semasa SMA pada yang membuat murid ketakutan. keadaan di sekolah dan sistem pendidikan Banyak pelajaran yang bisa ditarik yang ada di Indonesia saat ini. dari Tak Sempurna ini. Adapun yang perlu dikritisi di sini, perhatian penulis tentang interlude atau selingan dengan musik, penjelasan keterangan kejadian, Rizpat Anugrah dan pendapat para tokoh tentang topik yang bersangkutan dengan isi buku malah sedikit menggangu. Namun membaca buku ini tetap terasa nyaman dengan Dok.Istimewa

S

e­te­lah suk­ses de­ngan ber­ko­la­bo­ ra­si da­lam bu­ku ber­ju­dul Hidup Berawal Dari Mimpi di ta­hun 2011, Fahd Djibran de­ng­an Bondan Prakoso dan Fade2Black kem­ba­li me­ri­lis no­vel yang ber­ju­dul Tak Sempurna. Ham­pir sa­ma se­per­ti bu­ku se­be­lum­nya bu­ku ini di­se­ling­i ju­ga nya­nyi­an atau lagu-lagu da­ri Bondan Prakoso dan Fade2Black yang men­ja­di soundtrack a­lur ce­ri­ta­nya. Bu­ku Tak Sempurna ini meng­ki­sah­ kan ten­tang se­o­rang re­ma­ja SMA, Rama Aditya Putra. Da­lam bu­ku ini Rama ber­cerita ke­ti­ka ma­sa se­ko­lah­nya. Se­ ba­gai to­koh u­ta­ma, Rama men­ce­ri­ta­kan su­ka dan du­ka­nya ke­tika men­ja­lani ma­ sa SMA. Di­sini Rama le­bih me­nyo­rot­i ten­tang ka­rut ma­rut sis­item se­ko­lah di Indonesia. Khu­sus­nya ke­bu­suk­an dan kebohongan-kebohongan di se­ko­lah­nya dan sis­tem pen­di­dik­an yang me­nu­rut­nya tak sem­pur­na. Se­jak ma­suk SMA Lazuardi, Rama mu­lai me­nge­nal kata-kata ko­tor, um­ pat­an, dan ma­ki­an. Di­sa­na dia per­ta­ ma ka­li ber­ke­la­hi, men­co­ba ja­di ja­go­an. Teman-teman mem­per­ke­nal­kan­nya pa­da video-video por­no dan mem­bu­at­nya ke­ can­du­an. Se­ko­lah me­nga­jar­inya me­ro­kok, kadang-kadang me­lin­ting gan­ja, minumminuman, se­se­ka­li men­co­ba obat-obatan mes­ki tak sam­pai ke­can­du­an. Ce­ri­ta ber­gu­lir sam­pai su­a­tu saat Andri, sa­lah seorang temannya di SMA te­was da­lam se­bu­ah ta­wur­an me­la­wan SMK Citra Bangsa di pe­rem­pat­an Ja­lan Bypass. Se­men­ta­ra ti­ga ha­ri se­te­lah ke­ ma­ti­an Andri su­a­sa­na ke­las ma­sih ber­ du­ka. Se­mua o­ra­ng ma­sih mem­bi­ca­ra­kan ke­ma­ti­an Andri, guru-guru le­bih se­na­ng me­nga­jak “ngobrol” ter­u­ta­ma me­nge­na­i hari-hari ber­sa­ma Andri. Ha­ri itu pe­la­ jar­an a­ga­ma o­leh Pak Saiful. Pe­la­jar­an a­ga­ma yang tak per­nah benar-benar mem­beri pen­ce­rah­an ba­gi men­dung batin kami? Me­nga­pa ha­rus mem­pe­la­ ja­ri kha­li­fah Is­lam atau e­sen­si ji­had di wak­tu yang ti­dak te­pat se­men­ta­ra kami le­bih mem­bu­tuh­kan hal la­in un­tuk hi­ dup ka­mi ya­ng nya­ta. Se­ta­hun ke­mu­di­an su­a­sa­na mu­lai ber­ubah, ke­ingin­an anak-anak SMA Lazuardi un­tuk ba­las den­dam akan tewas­ nya Andri se­ta­hun yang la­lu ter­en­ca­na de­ng­an matang. Hingga kon­se­ku­en­si dari pem­ba­lasan den­dam itu Rama ha­rus

EDISI I | MARET 2013


WACANA

Densus 88 Tak Perlu Dibubarkan

K

Repro. Agil Expedisi |

a­sus vi­de­o ke­ke­ras­an ter­h a­d ap te­ro­r is yang me­li­bat­kan ang­go­ta De­ta­se­men Khu­sus 88 (Densus 88) men­ja­di a­wal mu­l a mun­c ul­n ya wa­c a­n a pem­b u­ bar­an Den­sus 88. Ma­j e­l is U­l a­m a Indonesia (MUI) be­gi­tu me­nyu­a­ra­kan pem­bu­bar­an Den­sus 88 ka­re­na tin­dak­an itu ter­m a­s uk pe­l ang­g ar­a n HAM be­rat se­su­ai de­ngan Un­dang-un­dang No­mor 39 ta­hun 1999 Pa­sal 4 ten­tang Hak un­tuk hi­dup, hak un­tuk ti­dak di­sik­sa, hak un­tuk di­ a­k­ui seba­gai pri­ba­di dan per­sa­ma­an di ha­dap­an hu­kum. De­ta­se­men khu­sus 88 Ma­bes Pol­ri atau Densus 88 MP di­ben­tuk de­ngan ke­te­tap­an Su­rat Ke­pu­tus­an Kepala Polisi Re­pu­blik In­do­ne­sia No­mor 30/VI/2003 tang­gal 20 Ju­ni 2003. Ke­sa­tu­an i­ni di­ res­mi­kan pa­da tang­gal 26 A­gus­tus 2004 o­leh Ke­pa­la Ke­po­li­si­an Da­e­rah Met­ro Jaya, Ins­pek­tur Jenderal Firman Gani. Densus 88 me­mi­li­ki tu­gas mem­bu­ru te­ ro­ris di se­lu­ruh pen­ju­ru Indonesia. Un­ tuk me­ning­kat­kan ku­a­li­tas Den­sus 88, di­la­ku­kan ker­ja­sa­ma de­ngan be­be­ra­pa ne­ga­ra di­an­ta­ra­nya Inggris dan Jerman. Hal ini di­la­ku­kan se­ja­lan de­ngan UU Pem­be­ran­tas­an Tin­dak Pi­da­na Te­ror­is­ me pa­sal 43. O­p e­r a­s i yang per­n ah di­l a­k u­kan Den­sus 88 an­ta­ra la­in O­pe­ra­si di Batu, Malang, yang me­nye­bab­kan gem­bong

te­ror­is Dr. Azahari te­was. O­pe­ra­si la­in ada­lah peng­ ge­re­bek­an te­rori­s no­mor sa­tu di Indonesia, ya­ i­tu Noordin M. Top di Solo, o­pe­ra­si di Wonosobo yang menewaskan ta­ ngan ka­nan Noor Din ya­i­tu Abdul Hadi dan Jabir. O­pe­ra­si yang di­la­ ku­kan Densus 88 se­ hing­ga me­nye­bab­kan ter­sang­ka teroris te­was ti­dak se­ja­lan de­ngan UU No­ mor 15 Ta­hun 2003 pa­sal 6 ten­tang Tin­dak Pi­da­na Te­ror­is­me, yang meng­a­tur pe­la­ku te­ror ha­rus di­pi­da­na. Ar­ti­nya ha­ rus di­hu­kum se­su­ai me­ka­nis­me per­a­dil­an yang ber­la­ku. Da­lam se­ti­ap ope­ra­si­nya pa­ra per­so­ nil Den­sus 88 ter­li­hat be­gi­tu ber­naf­su un­tuk mem­bu­nuh te­ror­is. Da­pat di­li­hat da­ri peng­ge­re­bek­an yang di­la­ku­kan di Temanggung Jawa te­ngah, me­re­ka mem­ ba­bi bu­ta ha­nya un­tuk me­lum­puh­kan sa­tu o­rang di da­lam ru­mah yang di­du­ga Noordin M Top. Pro­ses pe­nyer­gap­an­nya pun me­ma­kan wak­tu sam­pai 18 jam ser­ta me­nem­pat­kan 200 per­so­nel dan 20 sniper de­ngan sen­ja­ta dan per­a­lat­an leng­kap. Me­nu­rut Ke­tua Pre­si­di­um Indonesian Police Watch (IPW), Neta S Pane da­lam bu­ku Memburu Noordin M Top, pro­ses pe­nang­kap­an yang be­gi­tu la­ma me­nun­ juk­kan bah­wa in­for­ma­si ya­ng di­kum­pul­ kan o­leh ke­po­li­si­an di­ni­lai cu­kup le­mah. Se­hing­ga hal ini me­nye­bab­kan ki­ner­ja ke­po­li­si­an da­lam pe­nge­pung­an ru­mah

yang di­si­nya­lir ter­da­pat bu­ron­an yang di­ca­ri i­tu, ku­rang efek­tif. Na­ma ba­ik Den­sus 88 mu­lai go­yah di­ka­re­na­kan du­ga­an ka­sus sa­lah tem­bak dan pe­lang­gar­an HAM yang di­la­ku­kan o­leh per­so­nel Den­sus 88. Hal itu mem­ bu­at MUI me­nun­tut pem­bu­bar­an densus 88. Ka­sus ter­ki­ni ya­i­tu ter­ka­it ber­e­dar­nya vi­deo pe­nyik­sa­an ter­ha­dap se­o­rang ter­ sang­ka te­ror­is ber­na­ma Wiwin. Da­lam vi­de­o i­tu ter­sang­ka ti­dak di­per­la­ku­kan la­yak­nya ma­nu­sia, de­ngan di­te­lan­ja­ngi, di­tem­bak ka­ki­nya, di­i­kat, serta di­in­jakin­jak oleh ok­num yang di­du­ga ang­go­ta Densus 88. Kasus penyiksaan dalam video itu memang melanggar Undang-undang Nomor 39 tahun 1999 Pasal 4 tentang HAM, ta­pi yang per­lu di­i­ngat ada­lah kont­ri­bu­si Den­sus 88 ter­ha­dap ban­gsa Indonesia. Pe­ni­lai­an ter­ha­dap ki­ner­ja­nya ha­rus ob­yek­tif an­tara kelebihan dan ke­ ku­rang­an. Se­la­ma ham­pir 9 ta­hun se­te­lah ter­ben­tuk­nya Densus 88, su­dah ba­nyak ka­sus te­ror­is­me ter­ung­kap mu­lai da­ri pe­nang­kap­an da­lang di ba­lik bom Bali 1 ya­i­tu Ali Gufron, Imam Samudra, Amrozi dan Ali Imron sam­pai o­pe­ra­si di So­lo yang me­nye­bab­kan te­was­nya bu­ron­an Noordin M Top. Bang­sa Indonesia ma­ sih mem­bu­tuh­kan pe­na­ngan­an te­ror­isme da­ri Densus 88, ang­go­ta da­ri sa­tu­an itu ha­nya per­lu ber­be­nah ter­ka­it pe­ne­gak­an UU No­mor 39 ta­hun 1999 ten­tang HAM dan UU No­mor 15 Ta­hun 2003 pa­sal 6 ten­tang Tin­dak Pi­da­na Te­ror­is­me.

Agil Widyatmoko

Baca berita seputar UNY dan sekitarnya, di www.ekspresionline.com MARET 2013 | EDISI I

11


EKSPRESPEDIA

Doodle, Budaya Inovasi Google

P

er­nah­kah an­da me­ne­mu­kan lo­go me­sin pen­ca­ri­an rak­sa­sa Google, ber­u­bah ben­tuk pa­da ha­ri-ha­ri ter­ ten­tu? Pe­ru­ba­han lo­go ter­se­but a­kan kita te­mu­kan pa­da homepage Google ber­te­pat­an de­ngan ha­ri-ha­ri li­bur be­sar, per­ingat­an ha­ri-ha­ri pen­ting du­nia, per­ ingat­an ha­ri ulang ta­hun ar­tis, il­mu­wan, dan pe­lo­por ter­ke­nal du­nia. Lo­go unik yang di­cip­ta­kan oleh Google i­ni ak­rab di­se­but de­ngan Google Doodle. Google Doodle di­cip­ta­kan per­ta­ma pa­da ta­hun 1998, ke­ti­ka pen­di­ri Google, Larry dan Sergey ber­ma­in de­ngan lo­go per­usa­ha­an­nya un­tuk me­nun­juk­kan ke­ ha­dir­an me­re­ka di fes­ti­val Burning Man di gu­run Nevada. Me­re­ka me­nem­pat­kan 2 gam­bar tong­kat di be­la­kang "o" da­lam ka­ta Google yang di­mak­sud­kan se­ba­gai pe­san lu­cu ba­gi peng­gu­na Google bah­ wa pen­di­ri­nya se­dang out of office atau se­dang ti­dak be­ra­da di tem­pat. De­ngan di­cip­ta­kan­nya Doodle per­ta­ma yang re­la­tif se­der­ha­na ini, mun­cul­lah i­de un­tuk men­ de­ko­ra­si lo­go Google un­tuk me­ra­ya­kan pe­ris­ti­wa-pe­ris­ti­wa pen­ting du­nia.

Larry dan Sergey akhir­nya me­mu­ di­ran­cang oleh tim Doodle, Google ju­ga tus­kan un­tuk mem­bu­at Doodle se­ca­ me­nye­leng­ga­ra­kan kom­pe­ti­si ra ter­a­tur, se­te­lah pa­da ta­hun 2000 un­tuk men­do­rong a­nak-a­nak Doodle per­ingat­an Ha­ri dan sis­wa un­tuk men­cip­ta­ Bastille men­da­pat kan Doodle. tang­gap­an po­si­ tif pa­ra peng­ gu­n a Google. Se­i­ring ber­ja­ lan­n ya wak­t u per­min­ta­an un­ Dok. Istimewa tuk Doodle me­ning­ Tam­pil­an ar­tis­ kat, se­hing­ga pem­buat­an Doodle se­ka­rang ini men­ja­di tang­gung ja­wab tim ilus­tra­tor tik Doodle i­ni men­ ber­ba­kat, yang di­se­but Doodlers. Un­tuk da­tang­kan le­bih ba­nyak me­mu­tus­kan pe­ris­ti­wa a­pa yang a­kan peng­gu­na in­ter­net ke ha­la­ di­ra­ya­kan de­ngan Doodle, se­ke­lom­pok man si­tus Google. Na­mun, Ryan Germick, Googler ber­kum­pul se­ca­ra ter­a­tur un­tuk yang me­mim­pin ran­cang­an Doodle sa­at i­ni me­nga­ta­kan ni­lai Doodle ti­dak eks­ ber­tu­kar pi­kir­an. Doodlers men­cip­ta­kan le­bih da­ri 300 pli­sit a­da da­lam ren­ca­na bis­nis Google. Doodle se­ti­ap ta­hun da­lam ber­ba­gai b­aha­ Doodle di­ang­gap men­ja­di se­bu­ah cer­min­ sa, te­ta­pi ti­dak me­nyen­tuh to­pik-to­pik an bu­da­ya i­no­va­si Google, se­bu­ah pro­ses yang ber­bau po­li­tik atau kon­tro­ver­sial. kre­atif yang a­kan te­rus di­kem­bang­kan. Bi­asa­nya tim a­kan men­ca­ri hal a­pa sa­ja yang i­no­va­tif, ar­tis­tik, dan ek­sen­trik, Hesti Pratiwi se­su­a­tu yang co­cok ba­gi Google. Se­la­in Dikutip dari berbagai sumber.

Follow Twitter Kami @ekspresionline

Ingin tambah Rezeki, beriklanlah di EXPEDISI

Hubungi Arde Candra Pamungkas (0856433356050)

Space iklan ini, hanya untuk usaha yang ingin SUKSES! berminat? hubungi Arde Candra Pamungkas (0856433356050)

12

EDISI I | MARET 2013

Buletin Expedisi Edisi I Maret 2013 - Menimbang UKT  

Mengusut Kerugian Kredit Uang Kuliah

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you