Issuu on Google+

# 3 JUNI 2013

free magz!

ESCAPOLOGY


Editorial east.magz@gmail.com

editor in chief

Editor in Chief M Hatta Pratama Libur telah tiba! Hore! Hore!

Editor Rewinda Stella

Liburan adalah hak mutlak tiap manusia modern yang bekerja dalam roda ekonomi yang menghidupinya. Manusia berhak mendapat pembebasan dari segala macam aktifitas yang membelenggunya demi kelangsungan hidup keluarga maupun pribadi. Sebuah pelarian dari penatnya jadwal kerja, tumpukan laporan, antrian pelanggan dan kalkulasi keuangan yang memusingkan. Sebuah escapology. Seni tentang bersenang - senang dan menenangkan diri untuk kembali menarik roda ekonomi yang terus berputar. Juni ini kami memberikan ulasan dan liputan khusus tentang “Vacation� atau liburan. Tempat eksotis untuk kamu semua meluangkan waktu, spot kuliner untuk memuaskan lidah, musik untuk menemani perjalanan menuju spot liburan dan info tentang event yang tentunya akan mewarnai liburanmu. Edisi ini is all about EAST side holiday escape and escapology.

Creative Editor Aga Diwasanta Fashion Editor Lauretha Sudjono Photographers Azhari Firmansyah Eko Bagus S

M Hatta Pratama.

Writer Alfan Akhmad Rahadi Contributors Khukuh A. Yuda Gita Rizky P Distributors Adin Pramudita Andhika Martha Designer Bagus Priyo S Promotion Mahendra Purna Marketing Ayu Damayanti Fajar Satria Yudha Dimas Eka Prasetya Office Bantaran Barat 01 no.03 6541 Malang, Jawa Timur 0341 9837577 Advertising 085233543498 east.magz@gmail.com INFO PEMASANGAN IKLAN : Malang 081231948899 | 29E658B6 Surabaya 085233543498 | 28D4B8A9

on the cover @EastMagzIndo issuu.com/eastmagz

Photography : Arief Fitriawan Styling/ MUA : Lauretha Sudjono Talent : Yoga Aditya, Daning Sasongko Wardrobe : Legoub Boutique


con tents

04 event world ibiza summer parties 12 travelling jonggring saloko 24 act aulia rachman 25 tune soundtrack liburan 28 fashion summer fun joy 40 community malang couchsurfing

02


world

opening parties Teks Alfan Foto getty images

Ibiza adalah destinasi wisata malam dunia. Populer dengan klab – klabnya, cafe del mar bagi anda yang ingin menikmati sunset dengan playlist khas cafe del mar menggema di seluruh penjuru, dan tentu saja RAVE PARTY!. Di awal liburan musim panas di bulan Mei – Juni ini Ibiza membukanya dengan Summer Opening Parties di klub – klub yang ada di seluruh wilayah Ibiza yang hampir berjumlah ratusan. Namun kali ini kami akan memberikan informasi tempat yang populer dan bersejarah untuk party di Ibiza.

Amnesia Club 8 Juni ini Ibiza menggelar summer opening party di salah satu klab tertua di Ibiza yang akan menampilkan performer seperti Maceo Plex dan Martinez Brothers. Amnesia adalah klub outdoor pertama yang dibuka di pulau ini sejak tahun 70an dan sejak menaruh atap diatasnya, ia masih mampu menampung pengunjung lebih dari 5000 partygoers berdansa di dua ruangan besarnya. Line di ruangan yang baru direnovasi bernama Main Room, kita akan melihat Joseph Capriati memutar deck djnya, techno favourite Marcel Dettmman, sang brilliant multi-dimensional Berlin duo Pan-Pot dan suburb live PA oleh Paul Ritch. Dan di Terrace yang terkenal dengan ‘ice cooling canon’ terkenalnya kamu akan menemukan Davide Squillace, club Dj dan Producer Mar-T, Nathan Barato dan Spanish crowd favourite Squire. Resident DJs Caal

04

Smile dan Les Schmitz juga akan bergabung di all star DJ lineup ini.EO Matinee Group juga memanfaatkannya untuk menggelar party di hari lain dengan line up Taito Tikaro, Lydia Sanz dan Vanesa Klein di Terrace lalu Andre Vicenzzo dan Flavio di Main room. Plus banyak penampakan selebriti dunia seperti Paris Hilton, Steve Aoki, James Blunt yang kebetulan berumah di Ibiza, Carmen Electra, Mario Balloteli, Leonardo Di Caprio, P-Diddy, Seal, Gwyneth Paltrow, bahkan Siti Nurhaliza. Space Ibiza Club Sejak pembukaan pertamanya di tahun 1989 menjadi venue untuk menggelar open minded and multicultural party. Tahun ini Space menggelar Summer Opening Party dengan lineup seperti Joy Orbison, Ben Ufo, Hot Since 82, Nick The Gardener dan banyak lagi. Di Space Ibiza yang telah berlangsung Summer Opening Party ini, DJ MARCO LOCO dan DAVID MORENO memulai 12 jam momen musik hebat, kemudian Mark Knight menunjukkan pengalamannya, dan Funkagenda memberikan penonton kelas master dari tech-house murni. Pada jam 6 sore Many Djs memulai set mereka dengan sesi memorable untuk

para penonton, dan dari sini emosi mereka ada pada puncaknya, dengan energi dari Felix Da Housecat, dengan gaya sadar dari Sasha, dan sentuhan manis dari Nic Fanciulli. Di Terrace, juga berlangsung momen musik istimewa dari beat pertama Danny Marquez, sampai sesi Camilo Franco, Sharam, Pete Tong, Groove Armada, Roger Sanchez dan AN21. Sunset Terrace ditangani oleh DJ Mag, tidak berhenti menghasilkan musik berkualitas. Blackhall dan Bookless, Yaya, Robert Dietz, Javi Bora, Edu Imbernon, Mr Doris, dan Paul Reynolds meninggalkan kenangan manis pada tiap pengujung Sunses Terrace. Atmosfir yang sama juga berlangsung di Premiere Etage, dengan talen seperti Rad Damon, Ian Blevins, Ryan O’Gorman, Charlie Hedges, Marco Loco dam Jonathan Ulysses. El Salon dimanajeri oleh Cafe Ole, dan tidak mungkin berada di tangan yang lebih baik. Danny Leblack, Rafha Madrid, House South Brothers, dan Ramon Castells memberikan penonton pengalaman terbaik yang terjadi di hari senin di Cafe Ole: musik menyenangkan yang liar tanpa sensor.


world

Main Room (Ultra Ibiza) adalah salah satu titik dari pengharapan maksimum. Sore itu dimulai dengan DJ MYKYRS, diikuti dengan musik berkualitas dari Remo, dengan ritme jernih dari Bushwacka, dan Booka Shade yang handal tidak mengecewakan penonton dengan set powerful dan penuh intensitas. Dengan stimulasi umum, The Chemical Brothers memulai setnya di Main Room DJ booth, dengan sesi yang paling dikenang di sejarah Opening Fiesta. Setelah duo Inggris itu, dan mendekati hari spesial, Sasha dan Nic Fanciulli menyenangkan para penonton dengan set back to back yang menggetarkan pilar – pilar Space Ibiza. Setelah melihat wajah – wajah riang para pengunjung, dapat dipastikan bahwa minggu itu adalah keberhasilan acara tertinggi, dan Space Ibiza telah berhasil memuaskan kehausan akan musik dan kenikmatan bagi para ribuan pengunjung yang datang di Minggu 26 Mei pada Opening Fiesta. Event yang memorable yang menandai awal musim yang dianggap sebagai antologi.

International Music Summit 2013 The International Music Summit digelar tiap tahun di Ibiza pada akhir Mei. Banyak melihatnya sebagai awal dari musim panas di Ibiza ketika klab – klab disana kemudian mengikutinya dengan pesta pembukaan di minggu yang sama. Dipandu oleh Pete Tong, pertemuan ini dianggap pertemuan terpenting di akhir tahun dan sering diumumkan jauh sebelum acara berlangsung. Dengan diskusi dari beberapa nama besar di dunia elektronik seperti DJ, manajernya dan para pemilik brand terbesar di musik dance. Ini adalah tempat dimana orang – orang menjalin jaringan dan kerjasama bisnis penting. IMS team terdiri dari Pete Tong, Ben Turner, Danny Whittle, Mark Netto dan Simoen Friend. IMS tidak hanya sebuah konferensi, tapi juga pesta besar besaran diawali dengan dua malam spesial di Dalt Vila, sampai seminggu. Line up pembicara antara lain terdiri dari Jean Michael Jarre, Dj Yoda, Paul Van Dyk, Fatboy Slim, Pet Tong, Groove Armada, Eats Everything, Guy Gerber, Arthur Baker sampai Shadow Child.

Ibiza Rocks Ibiza Rocks Hotel adalah hotel yang dioperasikan oleh EO entertainment Ibiza yaitu Ibiza Rocks di pusat kota Sant Antoni de Portmany, di pulau Spanyol Ibiza. Sebelumnya disebut Club Paraiso Mediterraneo, hotel ini berada di Carrer de Cervantes, di daerah pusat Sant Antonio. Club Paraiso Mediterraneo pertama kali dibuka pada tahun 1998 sebagai hotel apartemen dengan 368 unit kamar di spanyol dengan rating bintang 3. Pada tahun 2008 Hotel itu dibeli oleh organisasi Ibiza Rocks dengan etos yang berbeda untuk apartemen asli komplek hotel. Berganti nama menjadi Ibiza Rocks Hotel, hotel itu mulai menggelar acara musik dengan band dan DJ di panggung utama kolam renang hotel dan halaman hotel. Tahun ini Ibiza Rocks digelar dari Juni sampai September dengan line up seperti Tiny Tempah, Jake Buggs, Chic feat Nile Rodgers, Ellie Goulding, Biffy Clyro, DJ Wire, Foals, Franz Ferdinand, Dizzee Rascal, Mark Ronson dan Zane Lowe.

05


GADGET Teks

Dirilis di tahun 1989, awal mula dari ketenaran New Ini adalah abad 21, dan kita tak lagi perlu repot - repot dengan prosesi booking hotel dan flight yang bertele-tele. Kita tak perlu lagi menggelar peta dan bertanya pada orang asing yang belum tentu secara ramah memberikan informasi. Ini adalah era teknologi informasi dan dengan Smartphone kita mampu mengetahui apa yang kita butuhkan untuk liburan kita. Ini adalah 10 Aplikasi terbaik untuk Android yang notabene dimiliki mayoritas penduduk Indonesia.

waze

wifi finder

tak jauh beda dari GPS dan google maps, bedanya, Waze mampu memberi alternatif jalan terbaik untuk sampai tujuan.

Liburan tapi dihadang deadline pekerjaan mendadak? butuh koneksi cepat? wi-fi finder akan memandumu mencari wifi spot terdekat dan beserta peta untuk memandumu ke tujuan.

trip advisor tak jauh beda dari GPS dan google maps, bedanya, Waze mampu memberi alternatif jalan terbaik untuk sampai tujuan.

hopstop bingung cari kendaraan umum dan tempat pemberhentiannya? HopStop akan memberitahumu, dan menyelamatkanmu dari kesesatan.

whatsapp solusi telpon ,sms dan chatting gratis dengan hanya mengandalkan kuota bandwidth layanan internet mobile. Cocok bagi kamu yang tidak ingin memboroskan pulsa.

foodposting Lapar? Foodspotting memberikan lokasi tempat makan yang pas dan rekomendasi tempat makan termurah.

hostel world Ini adalah aplikasi andalan untuk mencarikan dirimu penginapan dari taraf hotel bintang lima sampai guest house murah nan nyaman.

world lens

pin atm finder

xe currency

Foto pengumuman, tanda lalu lintas dan tulisan asing dan bisa diterjemahkan langsung. Ini adalah solusi komunikasi globalmu kawan.

Kehabisan uang? Butuh solusi dana cepat? PinPin ATM finder akan menunjukkan jalan menuju ATM terdekat dan jalan tercepat menujunya.

XE Currency adalah aplikasi terdepan dan terakurat karena menggunakan live update nilai kurs terbaru. Telah didownload sebanyak 5 juta kali sampai saat ini,

06


MUSIC REVIEW

Iggy and The Stoogesready to die

tunes cocorosieTales Of A Grass Widow

Teks

Detroit memberi dunia banyak band garage, seperti The Bellrays, White Stripes, MC5 dan terakhir The Stooges. Iggy Pop yang ikonik bersama The Stooges nampaknya tidak ingin tinggal diam melihat scene musik dunia yang kurang gairah. Dengan Album Ready to Die, mereka kembali dengan sound retro garage-punk dan tentunya kocokan maut gitaris Ron Asheton. Single unik menyertai album ini yaitu kolaborasi dengan The Black Keys.

tribesWish to Scream

Masih dengan beat elektronik, bebunyian menggelitik yang seram dan juga vokal cocorosie yang khas. Di album ini juga CocoRosie menggandeng vokalis Antony and The Johnson yaitu Antony Hegarty di lagu Tears For Animal dan Poison. Tak lupa cek lagu Gravediggress yang juga diluncurkan sebagai single promo mereka. Kali ini dengan sedikit unsur etnik india, kembali merongrong alam sadar dan bawah sadar kita dengan 11 tracknya, yang akan merambati kita layaknya serangga.

pandai besidaur baur

daft punkRandom Acess Memories Manifestasi ideologi lantai dansa Daft Punk sejak kemunculan mereka di dunia musik Internasional. Kali ini dengan nama – nama sebesar Nile Rodgers, Julian Casablancas, Pharrell Williams bahkan Bapak Disko Elektronik Dunia yaitu Giorgio Moroder, Daft Punk kembali menginvasi klub - klub dunia dengan musik dansa elektronik yang retrofuturistik. Bahkan kali ini dengan aransemen yang sebagian besar analog, memberi nuansa organik dan funky kepada album ini. Bisa dibilang Daft Punk kali ini berubah menjadi sebuah band.

vampiire weekendModern Vampires Of The City

Less afro more 80s. Nampaknya romantisme 80an adalah trend tahun ini. Vampire Weekend yang dulu getol mengeksplorasi african polyrythmic pattern sekarang mulai melirik sound lain seperti rnb dan trip hop. Tapi tak perlu khawatir, synth, vokal khas Ezra Koenig dan keriangan mereka masih terjaga dengan baik. Vampire Weekend masih tetap setia dengan college rock sensibilitynya.

savagessilence yourself

Suara kegelapan khas ala Siouxsie masih menggema rupanya sampai sekarang. Band – Band seperti Malaria!, X-Mal Deutschland, Siouxsie and The Banshee dan Bone Orchard menuai kejayaan di tahun 80an. Setelah revivalnya di pertengahan tahun 2000an oleh Zola Jesus dan Tearist. Kali Ini Savages dari inggris mencoba menghidupkan romantismu itu lagi. 9 lagu yang kencang ditutup dengan satu lagu slow yaitu Waiting For The Sign.

Next big thing dari UK. Ketika mayoritas band indie rock inggris berkarakter post-punky, classic 80s, shoegazy dan ambient. Tribes menawarkan sound yang segar, riang, dan energik. Bisa dibilang ini adalah teman minum yang sempurna, atau sebut saja Pub-Rock. Hampir semua lagu di album kedua mereka ini Wish To Scream memungkinkan untuk dimainkan di saat berkumpul dengan teman karib.

sigur roskveikur

Setelah mengisi kekosongan dari album 2012 Valtari dengan EP live Brennestein. Kali ini dengan 9 lagu yang powerful dan megah Sigur Ros memper sembahkan album Kveikur. Sekilas mirip dengan materi Solo dari Jonsi sendiri. Lebih banyak drum section disini daripada lagu yang mellow. Tapi all in all Sigur Ros adalah Sigur Ros. Atau mungkin bisa dibilang Sigur Ros adalah Jonsi.

little bootsnocturnes

Dengan kecintaan akan sound klasik 90s house, soul dan 80s synthpop. Little Boots aka Victoria Christina Hesketh meluncurkan Nocturne berisikan 10 lagu yang cocok untuk lounge maupun afterparty. Metamorfosis yang drastis dari anggota unit electropunk Dead Disco menjadi diva electropop dengan Little Boots. Seksi dan anggun dalam naungan malam adalah inti album ini. Akan sangat cocok menemani nightdriving sessionmu lepas pulang dari club.

Sebuah reinterpretasi cerdas dari Efek Rumah Kaca dengan personil dan additional player. Kombinasi slowcore, post rock dan ambient. Hampir tak ada jejak aransemen lama di dalam album daur baur ini. Durasi hampir setiap lagu diekstensi sampai lebih dari lima menit. Seolah - olah jika saja seorang pendengar pemula mendengarkan Daur Baur ini, pasti akan mengira semua adalah lagu original Pandai Besi.

SSSLOTHHHPhenomenon

Sebuah debut rilisan apik dari talent Post Metal potensial dari Bandung. Progresi lagu yang atmosferik, berat dan dinamika loud-soft yang tertata rapi. Vokal yang tak dipaksakan menjadi nilai plus disini. Track instrumental yang diselingi spoken word seperti Wooden String-1 dan Cyclic menghiasi album ini. Debut yang solid untuk SSSLOTHHH.

afternoon talkcontradiction

Sebuah peningkatan produksi, bobot materi dan keragaman isi. Afternoon Talk memberikan musik yang dinamik, mereka sudah mampu memanipulasi emosi lagu dengan tangkas dan berlanjut sampai akhir album. Nuansa pantai dari asal mereka yaitu Lampung begitu terjaga namun tak sekedar bermain di wilayah ukulele yang menjadi instrumen sentral mereka. Kali ini dengan full band set, Afternoon Talk memberikan lebih daripada sekedar pop akustik.Check track Don’t Go Away. Terasa naif untuk sekedar dilabeli indie-folk.

07


koolastuffs

New Balance 2013 Fall M996 RevLite Dirilis di tahun 1989, awal mula dari ketenaran New Balance seri 990. Kali ini, M996 telah siap menyusul keberadaan M574 dan akan menghiasi season Fall 2013. Mempertahankan bentuk klasik dan originalitas, koleksi hibrid New Balance menyatukan sol RevLite yang memberikan kenyamanan bagi si pemakai. Untuk range warna apa saja yang akan dirilis, sepertinya kita harus menunggu hingga awal Juli ini.

Ovidius 2013 Spring/Summer T-Shirt Collection Ovidius, menggabungkan sisi artistik dan geometri menyatu dengan warna – warna bold. Brand asal London ini telah merilis koleksi t-shirt terbarunya. Inspirasi terbesar dari sekuens warna psychedelic, peacock feathers dan desain floral a la cangkir porselen klasik. Semua koleksi dikemas dengan elegan. Terbuat dari 100% bahan poliester dan disablon secara eksklusif untuk menampilkan hasil yang detil. T-shirt koleksi ini akan tersedia di pasaran dengan bandrol sekitar $46 USD per item nya.Check them at http://www.ovidiusclothing.bigcartel.com/. Go grab em,lads!

08

Black Scale x Gourmet “Blvck Gourmet” 35 Black Scale , brand asal San Francisco ini merilis sebuah produk sepatu dengan kolaborasinya dengan LA’s Gourmet. Desain koleksi kali ini bernuansa hitam terbuat dari bahan kulit dan dilengkapi aksen outsole berwarna putih. Dilengkapi dengan eyelets hitam dan tali sepatu yang disesuaikan dengan style koleksi ini. Produk kolaborasi ini “ Blvck Gourmet” 35 telah beredar per 25 Mei 2013 di gerai retail Black Scale dan retail online store lainnya.

EOTOTO 2013 Fall/Winter Lookbook Brand Jepang EOTOTO semakin melesat memposisikan dirinya menjadi brand inovatif dan memfokuskan diri pada ciri material tekstil global dan kesempurnaan ukuran produknya. Koleksi terbaru musim Fall/Winter 2013, mengambil inspirasi budaya Central Asia, sebut saja turtleneck sweaters, cropped trousers,and woven jackets. Motif bold stripes dan tailor cut yang genius bisa terlihat di koleksi ini. Kita tunggu kehadirannya di retail store EOTOTO pada bulan mendatang.


stylegazer

BRIGHT COLORS GUYS! Teks Lauretha

Guys, if you think pink and other bright colors are lady’s thingy, well think again now! Koleksi musim panas kali ini sepertinya akan sedikit bold dari tren sebelumnya. Pria sudah tidak identik dengan warna - warna aman seperti tone hitam, abu-abu dan putih saja. East akan menguak style bold colors and yet stylish untuk Summer theme kali ini. Koleksi TOPMAN Spring/Summer 2013 pun mengandalkan patterened outfits untuk shorts, blazer, and their summer shirts. Mix Summer Style ini dengan espadrilles, moccasins, sneakers, five panel caps and also sunnies. And guys, you are ready to look as stunning as the ladies!

asos five panel cap

asos tank

asos printed shirt TOPMAN SS 2013

TOPMAN SS 2013

espadrilles tie die socks

09


artsy

pride

los art Exhibition Vol. 2 ARTOTEL SURABAYA Teks Khukuh A. Yuda Foto Ash

Geliat seniman Surabaya sepertinya semakin menonjol akhir-akhir ini. Terbukti dengan munculnya beberapa event seni yang diselenggarakan dalam jadwal yang padat. Lebih menggembirakan lagi, penggagas eventevent tersebut adalah hasil kolaborasi dari para seniman muda. Event kali ini diselenggarakan oleh LOS, suatu kelompok seniman gambar yang mendapatkan namanya dari bahasa prokem Surabaya los, yang berarti bebas dan tanpa batas. Mengambil tema HUT Surabaya yang tahun ini menginjak angka 720, LOS ingin menuturkan kecintaannya pada kota asal dengan menyuguhkan karya bertema kebanggaan seniman terhadap apapun sesuai dengan pribadi masing-masing. Ini yang membuat mereka mengambil kata Pride sebagai titel exhibition mereka kali ini. Menampilkan 23 karya hasil dari member LOS, 9 karya kontribusi seniman tamu dari luar negeri, dan lebih dari 100 karya kontribusi partisipan umum yang merupakan hasil proses submisi yang telah LOS promosikan di page Facebook dan account Twitter. Ya, exhibition ini merupakan keroyokan dari siapapun yang ingin karyanya dipamerkan, tidak memandang apakah Anda seorang seniman profesional atau bukan. Karena tujuan awalnya adalah untuk mengajak siapapun khususnya warga Surabaya untuk mau mengeksplorasi sisi seni mereka dan berani untuk menampilkannya di depan khalayak umum. Istimewanya, hasil submisi ini melebihi dari ekspektasi penyelenggara, dan membuktikan betapa banyak benih seniman yang ada di Indonesia. Karena kontributor juga berasal dari kota lain dari luar Surabaya.

10

Pride ini merupakan exhibition kedua yang telah diselenggarakan oleh LOS. Bulan Februari lalu, mereka mengadakan LOS in Love, sebagai penerjemahan mereka dalam momen bulan cinta (baca: Valentine). Dalam Pride, LOS ingin lebih memfokuskan pada karya ilustrasi, sebagai root dari sebuah penerjemahan gambar. Meskipun begitu, mereka tetap membebaskan kontributor untuk membuat karya dalam bentukan grafis. Selain exhibition, banyak konten lain yang juga disuguhkan di event ini. Ada live music, live drawing, meet and greet antara semua kontributor, penyelenggara, pengunjung, hingga rekan-rekan media. LOS juga mengundang komunitas seni lainnya dari beberapa kampus di Surabaya untuk mengisi sesi pelatihan, talk show dan bedah karya. Suatu rangkaian konten yang lengkap dan padat untuk sebuah event yang berdurasi hampir sebulan penuh.

LOS berisi 7 orang ilustrator dan seniman muda yang terdiri dari Ayi BC, Bembi Kusuma (bembibum), Icha Dechapoe, Nicolaus Ferry (Nicofey), Nita Darsono (nitchii), Thomas Hanandry dan Affan Haris (Tsunami031). Dan exhibition LOS ini tidak hanya berhenti disini saja, akan ada event lain yang sedang disiapkan oleh mereka. Kita tunggu saja suguhan menarik apa lagi yang berikutnya. Terus berkarya!


artsy

PAMERAN FOTOGRAFI MUSIK HENDIS GORGE Teks Gita Rizky Foto Joel

Dinding tembok café HoutenHand pada tanggal 19 Mei 2013 tidak seperti biasanya, ada banyak pigura foto yang terpajang. Pigura berukuran A4 bergelantungan disana, ada juga beberapa pigura berukuran postcard. Daftar menu makanan minuman seolah tak menjadi fokus utama, karena kali ini perhatian pengunjung seperti tersedot oleh gambar dalam pigura-pigura tersebut. Foto konser musik besar maupun kecil, penonton gigs, dan band-band lokal maupun band dari luar negeri, terpajang disana. Dengan obyek-obyek foto yang unik, angle yang tidak seperti biasanya, memiliki cerita dan filosofi tersendiri bahkan magis. Café ini seperti café musik atau semacam studio musik rasanya. Banyak foto band-band yang terpampang, foto close up maupun landscape. Dimulai dari tahun 2008, Hendi mulai dikenalkan DSLR oleh temannya, kemudian coba-coba memotret. Dari situlah Hendi mulai menyukai dunia fotografi, khususnya fotografi musik. Mengapa dia memilih fotografi musik sebagai fokusnya? Baginya, foto scene musik begitu menantang. “Karena ini bicara soal moment atau peristiwa, jadi gak bisa diulang,” Hendi menjelaskan alasannya. Ini yang menarik baginya. Pameran ini merupakan pameran pertamanya, walaupun selama empat tahun dia sudah bergabung di Commonground magazine dan ada beberapa karya foto panggungnya yang sudah diterbitkan dalam versi cetak majalah. Perjalanan selama lima tahun memotret kemudian dituangkan melalui sebuah pameran. Hendi memilih tema ‘minimus to maksimus’ untuk pameran perdananya ini. Karena pameran ini mencerminkan sebuah terjemahan bagi dirinya, pengalamannya

selama memotret, yang telah belajar dan bermain dalam sudut-sudut sempit, pencahayaan minimal, alat fotografi yang minimal, menembus batas etika dalam panggung kecil, tetapi bisa menghasilkan karya yang istimewa. Hendi, walaupun sekarang sudah memiliki kamera sendiri, namun masih meminjam gear fotografi dengan temannya ketika dia ingin memotret. Walau hanya dengan alat fotografi yang minim, namin karyanya sering digunakan salah satu jurnalis di Rolling Stone dan Jakartabeat, Samack untuk melengkapi data dalam tulisannya. Kebanyakan dari karya-karya foto Hendi berupa foto dari band-band metal. Hendi memang penggemar band metal asal Inggris yang sejak SMA sudah diikutinya, yaitu Cradle of Filth. Pada bulan April 2013 lalu, Hendi menghadiri festival Hammersonic di Jakarta, yaitu acara band metal dari seluruh dunia. Ketertarikannya untuk datang kesana pun tak lepas karena kehadiran Cradle of Filth. Ada cerita menarik yang menjadi pengalaman bagi Hendi dalam acara Festival Hammersonic ini, yaitu walaupun Hendi datang di acara tersebut sebagai media Commonground magazine, tapi ternyata dia tidak diizinkan untuk masuk ke dalam area bibir panggung. Akhirnya, Hendi harus memotret bersama kerumunan penonton. “Bahkan ada yang tidak percaya bahwa angle tersebut diambil dari luar bibir panggung

bersama kerumunan penonton musik lainnya.” Tutur Hendi saat menceritakan respon orang yang melihat hasil jepretannya. Ada kurang lebih 110 foto berukuran A3 dan A4, serta ada 500 foto berukuran postcard yang menghiasi dinding ruangan HoutenHand yang memiliki tiga lantai. Bagi Hendi, pameran ini adalah sebagai rekam jejak dari para pelaku band dari tahun ke tahun yang diabadikan olehnya, sebagai jurnalis foto musik kurang lebih selama lima tahun. Selama waktu lima tahun itulah Hendi juga mengarsipkan dokumentasi karya fotonya dengan baik. Pentingnya pengarsipan dokumentasi foto ini, menurut Samack adalah merupakan suatu kebiasaan yang tidak semua fotografer melakukannya. Hendi juga mengarsipkan karyanya di media sosial flickr. Mengutip pernyataan vokalis Begundal Lowokwaru, baginya “Pendokumentasian itu penting bagi sebuah band dan saya sangat berterima kasih sekali kepada para fotografer dan trend fotografi yang saat ini lagi booming.

11


sight

Teks Joel Foto Joel

14

Pantai Jonggring Saloko terletak kurang lebih 70 Km dari kota Malang. Karakteristik pantai ini penuh batu karang di pinggirannya. Pantai ini masih sepi, dan itu bagus untuk kamu yang ingin mencari atmosfir secret paradise (letak lokasi pantai ini berjarak sekitar 7km dari pemukiman warga meskipun di tempat lokasi terdapat sekitar lima rumah warga yang biasanya dijadikan tempat beristirahat sementara jika warga sedang bekerja). Kebanyakan warga setempat berprofesi sebagai petani, pencari rumput laut dan nelayan lobster. Untuk sampai ke Pantai Jonggring Saloko setidaknya dibutuhkan waktu sekitar setengah hingga satu jam dari pemukiman warga, karena trekking menuju pantai sangat menantang. Jalan bebatuan yang terjal membentang sepanjang 7 km menuju pantai, belum lagi kontur jalan yang naik turun. Setidaknya tantangan itu diselingi pemandangan indah hutan jati di sekeliling jalanan menuju lokasi tersebut.

Meskipun jalan yang dilalui sangat menantang, kamu akan dibuat takjub melihat keelokan panoramanya. Di pagi hari anda dapat melihat sunrise dari balik bukit yang membentang di disekitar pantai dan keindahan sunset di sore hari. Pantai Jonggring Saloko juga menyimpan pantai kecil yang biasa disebut Ngebros. Keunikan Ngebros ada di dua lubang di bawah pantai yang menghubungkan ke laut lepas. Ketika air mulai pasang air mulai menyembur dari bawah permukaan pantainya.


NITE Teks Khukuh A. Yuda & Gita Rizky Foto Joel & Ash

Kesempatan untuk melihat langsung performance wanita multi talenta, Uli Auliani, akhirnya bisa didapatkan oleh clubbers Surabaya. Uli yang sebelumnya dikenal sebagai aktris film dan sinetron, lalu beberapa waktu yang lalu menjajal dunia tarik suara, kini tampil dengan talentanya yang lain, DJ-ing. Dengan kostumnya yang extravagant, Uli tampil smooth dengan sound mix trance dan dutch house yang catchy. Kemampuannya untuk menjaga mood crowd yang hadir di Ice Club malam itu sangat elegan dengan sesekali menampilkan gesture untuk berkomunikasi secara spontan kepada mereka. Pilihan track yang populer di kalangan clubbers bisa mengajak crowd untuk sesekali singalong di tengah groove yang sudah on fire. Good job Uli, we’ll see you around!

uli auliani AT ice club SURABAYA

aura kasih feat dj lawrence AT smooth malang

musikimia AT grandcity surabaya

Melihat Musikimia seperti mendapatkan mood yang sama ketika melihat performance Padi. Kesan ini tidak bisa disembunyikan karena Fadly, Yoyo, dan Rindra secara individu memiliki kualitas karakter yang sudah sangat menonjol dalam karya mereka terdahulu. Simpelnya, ini adalah Padi tanpa Piyu dan Ari. Pada departemen gitar, ada Stephan Santoso yang sebelumnya adalah sound engineer semua album yang dihasilkan Padi. Mendapatkan kesempatan untuk perform di Grand City beberapa waktu lalu rupanya bisa menghilangkan rasa penasaran penikmat musik tentang sound yang mereka hasilkan. Baik Sobat Padi (sebutan fans Padi) dan Senyawa (sebutan fans Musikimia) bisa saling berbaur untuk menikmati performance mereka. Belum banyak yang tahu track listing Musikimia karena memang mini album mereka masih dalam pengerjaan. Meskipun begitu, ada beberapa track yang sudah bocor di internet dan bisa didownload dengan gratis. Namun jangan lupa beli karya mereka yang legal ya, kawan!

16

Aura Kasih tampil cukup memukau di hadapan pengunjung Smooth Café, Sabtu 18 Mei 2013. Aura Kasih terlihat begitu seksi mengenakan busana berwarna pink. Aura Kasih yang bernyanyi diiringi racikan musik DJ Lawrence membuat pengunjung Smooth Café begitu terhibur bahkan bernyanyi. Beberapa lagu hits barat, dan lagunya sendiri seperti “Mari Bercinta” “Harta Cinta” pun dibawakannya dengan seksinya. Ditengah penampilan Aura Kasih juga, ada sesi lelang tiga botol minuman, semakin menambah keseruan acara dan botol yang dilelang pun terjual semua dengan harga 2 juta rupiah per-botol.


nite

Risky Summerbee and the honey thief AT jazz corner MALANG

rotra AT D’KAMPOENG SUTOS surabaya

Risky summberbee and the honey thief membawakan dua lagu baru dalam penampilan mereka di Jazz Corner. Dua lagu baru tersebut berjudul ‘picture of yesteryears’ dan ‘Subterfuge’ yang merupakan single dalam album kompilasi Frekuensi Perangkap Tikus . Lagu ‘Flight to Amsterdam’, yaitu lagu yang menceritakan pejuang HAM alm.Munir juga mereka bawakan dalam penampilan mereka pada event yang sama. Musik Risky summberbee and the honey thief (RSTH) tidak terpaku pada satu genre musik tertentu, campuran pop folk, psychedelic, rock progresif yang berpadu dalam blues. Penampilan vokalis RSTH seolah menerjemahkan setiap pesan, juga sang gitaris yang energik, membuat audience terlihat begitu menikmati musik yang mereka bawakan. Di Jazz Corner kali ini, kurang lebih ada 8 lagu yang dibawakannya, dan hampir di setiap akhir performance mereka dihujani applause dari para penonton. Hal ini sangat wajar mengingat prestasi yang pernah meraih penghargaan sebagai band of the year 2009 dari majalah DAB, serta Tipped to Be the Next Best Thing dari Asia Pacific Voice Independent Music Award 2010.

Tampil sebagai penutup dalam anniversary D’Kampoeng, Rotra sanggup menunjukkan keahlian rapping jawanya yang luar biasa. Sebagai bagian dari Jogja Hip Hop Foundation, karakter Rotra tetap bisa menonjol sebagai grup rap yang juga dikenal sebagai pioneer rap Jawa di scene hip hop Jogjakarta. Dan scene hip hop Jogja memang sangat kental dengan karakternya yang membumi. Membawakan komposisi beat dan lirik sebanyak 7 lagu, Rotra mampu membuat suasana anniversary D’Kampoeng malam itu menjadi lebih semarak. Beberapa komposisi yang dibawakan yang sudah banyak dikenal oleh scenester adalah Ngelmu Pring dan Jula Julilolipop.

sarasvaty AT senaputra malang

Deras hujan mengguyur Malang. Tak terkecuali Senaputra, obor - obor kecil yang dipersiapkan untuk penerangan malam itu mati satu demi satu dan kembali dinyalakan setelah Adzan maghrib bergema. Venue Senaputra memang terkenal seram karena tiap minggu digunakan untuk latihan Kuda Lumping dan kebetulan dekat dengan sungai brantas yang terkenal angker. Setelah beberapa penonton memasuki venue di arena, penampilan Mirror Tour dimulai dengan penampil pertama yaitu Knee and Toes yang kala itu membawakan track - track sendu yang sesekali diiringi monolog. Dilanjutkan dengan YKYR yang walaupun mengalami sedikit kesalahan teknis dan out of tune mampu memberikan penampilan maksimal. Setelah YKYR , tiba saatnya Ajer memulai sesinya, rapi dan ringkas. Tiba akhirnya yang ditunggu tunggu yaitu Sarasvati. Risa yang saat itu berbalut gaun merah nampak santai dengan sesekali berinteraksi dengan penonton baik ghaib maupun manusia. Risa juga mengajak para penonton singalong di beberapa lagu dan kover lagu dari Franky Sahilatua “Perjalanan” . Risa juga memuji venue tur kali ini sebagai yang terseram dan sangat mencerminkan “Sarasvati”.

17


nite

endah n rhesa AT MERDEKA FM SURABAYA

dj alfi da lovely AT hugo’s malang

DJ cantik di bawah naungan 1945MF label kembali menyapa clubbers Malang untuk kedua kalinya di Hugos Malang pada 19 Mei lalu. DJ Alfi Da Lovely yang memiliki nama asli Afi Harun, dalam penampilannya juga memainkan racikan musik yang baru dirilisnya dalam album Winter Session Mix. Genre musik yang dimainkan DJ Alfi adalah progresive house, tech house, funky vokal, dengan performnya yang energic dan racikan musiknya yang dapat memukau para clubbers malam itu. Ada 30 CD Album Winter Session Mix yang dibagikan gratis kepada para clubbers.

the upstairs AT sutos surabaya

dj reza bukan AT hugo’s malang

18

Berada dalam secret gig dengan atmosfer yang intim semakin membuat Endah N Rhesa tampil memukau. Gigster merasa berada dalam suasana rumah dimana secara privat ada yang mendendangkan lagu buat mereka. Suasana terbangun dengan sangat nyaman dan khusyuk. Tak lebih dari 100 orang, yang sebagian besar adalah EARfriends (nama fans Endah ‘n Rhesa, red) memenuhi venue pada malam itu. Ada total 12 lagu mereka bawakan dalam gig mini ini yang diambil dari 3 album mereka. Salah satu yang mereka bawakan adalah dari album terbaru mereka (Escape, 2013), Silence Island. Selain sibuk dalam pengerjaan studio album, beberapa waktu yang lalu Endah N Rhesa juga sempat tampil dalam film Cinta Dalam Kardus dan sekaligus menyumbangkan single mereka sebagai soundtracknya.

Event yang bertajuk Big Heart ini, sebagai bentuk untuk menggalang dukungan, memberikan ‘love’ tanda kecintaannya pada club malam Hugos, khususnya untuk Hugos Jogja yang terkena insiden berujung penutupan cafénya pada bulan Maret lalu hingga sekarang. Big Heart parade tour 2013 diselenggarakan di dua kota, pertama di ForePlay Surabaya dan kedua di Hugos Malang pada 8 Juni lalu. Kehadiran DJ Reza Bukan besutan 1945MF ini mampu menghibur clubbers Malang dan juga clubbers Jogja yang juga datang pada event tersebut. Selain DJ Reza Bukan, menampilkan DJ Abrakazba sebagai opening sebelum DJ Reza Bukan, yang dipandu oleh MC XBO.

Setelah sekian waktu semenjak performance mereka di Surabaya beberapa tahun yang lalu, akhirnya Modern Darlings (sebutan untuk fans The Upstairs) bisa meluluskan kerinduannya untuk kembali menikmati penampilan mereka kembali di Sutos, Minggu 26 Mei lalu. Jimi Multhazam, sang frontman, tampil sangat atraktif dan komunikatif di atas stage dengan ukuran yang intim. Dengan formasi yang baru, musik mereka kini terdengar lebih gelap dan dewasa. Selain membawakan track-track yang sudah lekat di telinga para fans, seperti Disko Darurat dan Matraman, malam itu mereka juga membawakan track dari album baru mereka yang bertitel Katalika.


andi /rif AT eclectic malang

SHARON ELECTRA feat Agita FHM AT hugo’s malang

nite Kekhasan vokal Restu Triandy atau yang lebih akrab disebut Andi sebagai frontman /rif memang tak ada duanya di Indonesia. Selasa lalu, crowd Eclectic bisa melepas rindu dengan menikmati lengkingan vokal Andi yang powerful. Tak heran jika suasana venue saat itu terlihat sesak dan sebagian merangsek ke bibir stage. Andi benar-benar memanaskan suasana Eclectic malam itu. Diiringi oleh Aksara, Andi membawakan track-track lawas 80 hingga 2000-an awal yang sudah akrab di telinga. Selain membawakan track cover, Andi juga membawakan track recycle dari Koes Plus yang juga dia bawakan dalam album tribute-nya bersama Erwin Gutawa. Andi, we want more!

Suasana party di Hugos Malang, Minggu (2 Mei 2013) dinihari terasa berbeda karena kehadiran DJ dan model cantik yaitu DJ Sharon Electra/acid029 dan Agita FHM dalam acara bertajuk “Trendspotter�. Dalam penampilannya DJ Sharon Electra sebelum featuring dengan Agita FHM, memanaskan suasana lewat beat-beat atraktifnya yang mengusung genre musik progressive house/progressive trance yang memacu para clubbers bergoyang di lantai dansa. Suasana serupa juga terlihat ketika Agita Nugraha (Model majalah FHM) tampil di atas stage bersama DJ Sharon Electra. Dengan kostum mereka berdua yang kompak mengenakan gaun berwarna putih seksi, mendapat sambutan yang hangat dari para clubbers, serta menjadi pesona yang begitu memikat mata. Dance floor depan booth DJ pun dipenuhi clubbers yang bergoyang. Party di awal bulan Juni dibuka dengan sangat memukau dengan pertunjukan terbaik mereka berdua selama satu jam.

hut surabaya 720th AT taman surya surabaya Sudah menjadi event rutin tahunan Pemerintah Kota Surabaya menggelar konser dalam rangka HUT kota. Tahun ini, Surabaya yang berusia 720 tahun, berkesempatan untuk mengundang musisi papan atas nasional dari berbagai macam genre. Event ini pun bekerjasama dengan media elektronik nasional untuk penyiaran live. Beberapa artis pendukung event kali ini adalah TRIAD, SMASH, SUPERGIRLIES, LAST CHILD, VIERRATALE, dan jebolan acara talent scout yang baru-baru ini diadakan di sebuah televisi swasta, NU DIMENSION. Tak hanya itu, ada juga Raffi Ahmad, Denny Cagur, dan Tiffany yang didaulat menjadi host

event ini. Ada juga stand up comedian kebanggaan Surabaya, Akbar, yang juga ikut memeriahkan acara ini. Selain konser musik, untuk menghargai satu figur yang dianggap berjasa dalam pengembangan budaya di Surabaya, ada juga penyerahan award bagi Bapak Sariono yang telah ikut konsisten melestarikan budaya tari tradisional Remo. Pemkot Surabaya berharap bahwa dengan adanya awarding semacam ini, generasi muda Surabaya bisa terinspirasi untuk ikut melestarikan budaya tradisional. Event malam itu berjalan cukup padat dan berjalan tepat jadwal. Di akhir konser, crowd disuguhi suguhan kembang api yang malam itu mencerahkan langit Surabaya untuk beberapa menit. Prosesi kembang api ini pun menjadi penutup yang klimaks bagi penonton yang datang memenuhi jalan di sekitar Taman Surya. HUT Surabaya selalu diisi dengan event yang banyak memanjakan warga kotanya. Mulai dengan pesta diskon di hampir seluruh mal di Surabaya, event parade bunga, pasar malam, dan festival seni. Concert HUT Surabaya menjadi penutup dari rangkaian event yang diadakan di bulan Mei setiap tahunnya. Dirgahayu Surabaya ke-720!

19


nite

sweet as revenge AT paradiso garden Malang Live Life Regret Nothing, merupakan album kedua Sweet As Revenge yang dirilis pada bulan September 2012. Band beraliran posthardcore asal Jakarta ini melakukan tur di tahun 2013 dengan memilih kota-kota di jawa timur, diantaranya Surabaya, Mojokerto, Kediri, Surabaya, dan Malang dipilih sebagai kota terakhir tur nya. Pemilihan judul album Live Life Regret Nothing memiliki beberapa filosofi, yang pertama adalah dalam judul lagu mereka yaitu Birth of Expectation, memiliki arti sebagai lahirnya harapan dari sebuah band. Kemudian yang kedua adalah tentang banyaknya problem yang dihadapi sebuah band, untuk menjalaninya dengan tanpa penyesalan. Dari segi konsep, pada album kedua ini secara sound lebih

dipersiapkan dan lebih maksimal dibandingkan dengan album pertama. Kualitas rekaman, dan musiknya terdapat perbedaan, yaitu ada satu lagu tanpa scream, yaitu ‘potret kehampaan’ lagu ketiga yang dibawakan secara akustik. Proses penggarapan album Live Life Regret Nothing ini memakan waktu selama satu tahun, bekerjasama dengan produser musik DTS. Malang menjadi kota yang istimewa, karena lagu ‘saving gaia’ dalam bonus track album Live Life Regret Nothing belum pernah di mainkan diatas panggung, dan baru di Kota Malang lah mereka memainkannya. Selain itu, menjadi sebuah hadiah melihat animo pengunjung konser mereka yang begitu hebat, bahwa penampilan mereka masih dinantikan oleh teamSAR Malang sebutan untuk fans Sweet As Revenge, mengingat kunjungan terakhir ke kota Malang yaitu pada tahun 2010. Dalam konser tour East Java 2013 mereka yang diselenggarakan di Paradiso Garden pada tanggal 27 Mei, tiket yg berhasil terjual sebanyak 300 tiket. Ada 6 lagu yang dibawakan oleh Sweet As Revenge. Diantaranya lagu pertama dibuka dengan ‘my sweet lullaby’, kedua ‘promises+summer’, lagu ketiga yaitu potret kehampaan, yang dibawakan berbeda dengan lagu-lagu lainnya, karena pada lagu ini dibawakan secara solo akustik oleh sang vokalis dengan gitarnya. Semua penonton pun turut bernyanyi menyanyikan lagu tersebut. Lagu berjudul ‘bebas’ kemudian ‘saving gaia’ adalah lagu-lagu berikutnya yang di mainkan, dan lagu berjudul ‘Hilang’ menjadi lagu penutup yang mereka bawakan dalam konser tour East Java 2013 di Malang.

efek rumah kaca AT arsitektur its surabaya

yovie n nuno AT my place malang Hari terakhir di bulan Mei, kota Malang kehadiran salah satu band ternama di Indonesia yaitu Yovie and Nuno yang memang sengaja hadir untuk salah satu club malam My Place yang mengundang mereka. Meraka membawakan 11 lagu yang menjadi hits di setiap albumnya dengan performance yang begitu memikat. Dari lagu pertama hingga lagu keempat

20

suasana hati pengunjung dibuat terenyuh dengan lagu-lagu mereka yang khas dengan liriknya yang menyentuh. Tak lepas dari pengamatan, hampir semua penonton ikut bernyanyi di setiap lagu yang mereka bawakan, terlebih dalam dua hits mereka yang berjudul ‘Galau’ yang merupakan original soundtrack dari film negeri 5 menara, dan ‘menjaga hati’ membuat atmosfir di My Place semakin epic. Dikta sang vokalis dengan image kalemnya, malam itu tampil elegan dengan kemeja hitam dibalut sweater abu-abunya. Memasuki lagu kedelapan, Dikta meminta salah seorang dari pengunjung My Place wanita untuk menemaninya bernyanyi di atas panggung. Lagu ‘Janji suci’ mampu membuat wanita tersebut mengeluarkan air matanya. Selama satu jam Yovie and Nuno membuat galau para pengunjung My Place dan Lagu ‘Juwita’ menutup penampilan mereka.

Menonton Efek Rumah Kaca seperti membaca sebuah buku dengan rentetan kata-kata bijak yang mengalir dengan jujur. Tampil di event kampus Art Project 2013 besutan mahasiswa Arsitektur ITS, ERK tampil dengan formasi yang tidak biasanya. Kini ada seorang additional gitar yang hasilnya performance mereka saat ini lebih terdengar kaya dan sesuai dengan hasil recording. Tampil juga dalam event tersebut Taman Nada, Porn Ikebana, dan Les Turtle Pilots.


report

surabaya town square Teks Khukuh A. Yuda Foto Ash

Kali ini Soledad & The Sisters Co. bekerjasama dengan UK Petra dalam penyelenggaraan event rutin Action Sunday Sutos. Sebuah full day event yang berisi kompetisi dan pameran photography dan make up, fashion, talk show, dan ditutup dengan musical performance dengan band yang sudah tidak asing lagi di kalangan hipster Surabaya dan sekitarnya.

Menariknya, Action Sunday Mei ini menonjolkan pada tema Eco yang mencoba menantang para fashion designer untuk membuat karya yang berkonsep lingkungan. Di malam hari, karya designer muda ini ditampilkan di catwalk yang talentnya merupakan member dari UKM Modelling UK Petra. Sangat menyenangkan mengetahui bahwa hasil wardrobe yang dikenakan para talent merupakan hasil karya designer lokal yang tidak kalah dengan hasil design fashion designer internasional.

Menyelingi beberapa konten di main stage, ada beberapa performance menarik yang ditampilkan oleh mahasiswa UK Petra yang membawakan beberapa track dengan format akustik. Berturut-turut dilanjutkan oleh performance dari The Students of Purwacaraka Music School dan DJ Ayren Mayden. Sebagai penutup acara, beberapa band lokal didaulat untuk mengisi main stage Sutos. Atlesta dari Malang dengan sound rancaknya yang bersemangat, Berlin Night Club dari Surabaya dengan konsep britpopnya yang rancak, dan pamungkasnya adalah The Upstairs, yang sudah banyak ditunggu oleh Modern Darlings Surabaya. Masih akan ada kejutan menarik lain yang disiapkan untuk Action Sunday berikutnya. Bisa jadi kampus atau sekolah Anda yang akan menjadi partisipan. Action Sunday kali ini terselenggara berkat kerjasama pula dengan CreativeWeekend.

Berakhirnya kompetisi ditandai dengan awarding untuk designer, model, dan fotografer yang karyanya telah dikurasi oleh beberapa juri yang merupakan nama-nama terpercaya di bidangnya. Untuk fotografi, penjurian dilakukan oleh Prima Yurie; make up, penjurian oleh Erryk Wahyu; dan pada kategori eco fashion, Dewi Asthari.

21


CUT!

MOVIE REVIEW Teks

Jolly LLB Mulai banyak film india yang tak hanya mengandalkan tarian dan nyanyian lipsync. Salah satunya adalah Jolly LLB ini. Bercerita tentang satir sosial pada sistem hukum negara India, dimana seorang pengacara kecil bernama Jolly (Arshad Warsi) ditantang melawan pengacara terkenal yang sukses (Boman Irani) dalam kasus seorang putra pengusaha kaya di Delhi yang dituduh menabrak enam gelandangan di trotoar namun dilepas karena kurang bukti. Disini Jolly menemukan kesempatan untuk membuka kasus itu kembali dan menegakkan keadilan.

Playing For Keeps Gerard Butler bermain di film komedi drama? ya mungkin setelah banyaknya film aksi yang ia bintangi, Aktor Skotlandia ini perlu kembali ke genre ini untuk penyegaran. Ini salah satu film drama yang ia bintangi setelah film seperti P.S I Love You dan Dear Frankie.Kisah komedi romantis tentang seorang mantan bintang pemain bola (Gerard Butler) yang mencoba menata kembali hidupnya. Mencari cara untuk membangun kembali hubungannya dengan anaknya, ia menerimat tawaran melatih tim bola sekolah putranya. Namun usahanya menjadi rumit saat ia menemui tantangan dari tim sepakbola para “soccer mom� yang mengejarnya di setiap kesempatan.

22

world war z Diangkat dari novel karya Max Brook berjudul yang sama, World War Z, bukan tipikal film zombie yang kamu bisa temui di pasaran. Ini adalah serangan zombie dengan skala besar. Gerry Lane (Brad Pitt) berkeliling dunia untuk menghentikan wabah zombie sambil berjuang menjaga keselamatan keluarganya disaat ia menjelajahi dunia post-apokaliptik yang dipenuhi zombie ganas serta kehidupan sengsara pasca wabah.

man of steel Reboot terbaru dari saga Superman. Ditulis oleh Christopher Nolan dan disutradarai oleh Zack Snyder yang juga sukses menyutradarai salah satu film komik “Watchmen� yang diambil dari subcompany DC Comics yaitu Vertigo. Zack Snyder disini mengandalkan otentisitas, penyegaran dan easter eggs agar lebih menarik. Film ini juga nampaknya ingin mengulang kesuksesan reboot bertone gelap Batman karya Nolan.


BLU RAY MOVIE Teks

Top 10 movies of holiday Libur telah tiba, hore! Hore! Kali ini tim East Magz akan memberikan 10 resensi blu ray yang pastinya cocok untuk kamu semua yang unfortunately tidak bisa pergi liburan ke luar rumah. Atau bahkan yang ingin merencanakan liburan tapi tidak tahu bayangan tentang apa yang akan kamu temui di destinasi wisatamu. Ini adalah top 10 movies of Holiday.

National lampoon’s Vacation series Based on true story, tentang Edie Sedgwick, model tahun 60an, dan salah satu Warhol Superstar. Bagaimana ia terjerumus dalam dunia narkoba yang nyata di Factory, NY markas dan studio tempat Andy Warhol berkreasi. Kokain, Heroin dan Marijuana, bebas berserakan disana, semua menyuntik tanpa mengukur dosis layaknya makan permen.

Eat Pray Love

Versi wanita dan lebih halus daripada Into The Wild. Diangkat dari novel berjudul sama. Film ini fenomenal di Indonesia karena mengambil salah satu setting di Pulau Bali. Bahkan Pulau Bali dipilih sebagai setting klimaks film ini. Bercerita tentang Elizabeth Gilbert lajang yang memimpikan suami, karir dan kehidupan sempurna. Elizabeth yang malah baru saja bercerai terjebak dalam kebingungan. Ia kemudian memulai perjalanan keliling dunia untuk mencari jawaban atas apa yang ia inginkan.

CUT!

into the wild

Muak dengan kehidupan glamor dan mewah? Petualangan Christopher Johnson McCandless (Emile Hirsch) yang juga diambil dari novel berjudul sama ini akan memberi anda point of view berbeda tentang hidup. Keluar dari rumah, pergi ke hutan dan gunung untuk menemukan kesejatian yang ternyata berakhir tragis ini cocok untuk anda yang mempunyai mimpi untuk moksa atau deathwish. Film ini semakin apik dengan diiringi Eddie Vedder yang bernyanyi solo sepanjang film.

almost famous

Liburan dan ingin yang berbeda. Jadilah roadie sebuah band dan nikmati segala kenikmatan dunia dari narkoba, cinta pertama, musik nonstop, bertemu orang - orang terkenal dan rock n’ roll. Bedanya disini Patrick Fugit sebagai William Miller sekaligus menjadi kontributor trainee untuk Rolling Stones Magazine.

taking woodstock

the beach

Film fenomenal dari Leonardo Di Caprio yang juga diisi dengan soundtrack terbaik pula. Dengan setting pantai kepulauan di Thailand yaitu Kho Phi Phi Li. Komunitas hippie tropis, petani ganja dan ombak surfing. Pemandangan Indah dan menawan. Ombak yang surf-friendly dan petualangan menegangkan. Nampak indah bukan?

Without A Paddle

Petualangan di alam bebas dan menyusuri sungai dengan kano demi sebuah harta karun peninggalan pembajak pesawat terkenal D.B Cooper.Oh iya jangan lupa, waspada serangan beruang grizzly, petani ganja ilegal dengan senapan yang tak ingin seorangpun masuk wilayahnya.

Road trip dahulu tercipta karena para pelancong ingin mencari pantai terbaik dengan ombak terbaik, gunung dengan medan ekstrim dan kota judi Las Vegas. Woodstock mengubah itu semua. Orang kemudian melakukan road trip menuju konser dan berkemah disana sepanjang acara berlangsung. Inilah awal dari wisata musik.

National lampoon’s Vacation series Banyak seri yang berlabel National Lampoon (yang juga diambil dari konten majalah humor berjudul sama) beberapa diantaranya yang sukses National Lampoon’s Van Wilder dan National Lampoon’s Animal House. tapi ini adalah salah satu seri awal yang menceritakan liburan keluarga Griswold dan kelucuan klasik ala 80an.

5cm

road trip

Ini gambaran umum bagaimana mahasiswa amerika serikat menghabiskan waktu di liburan semester mereka. Melakukan perjalanan antar negara bagian dengan jalan darat dan mencari pengalaman baru dan pendewasaan.Secara seksual (ditekankan) dan secara mental. Dimeriahkan oleh komedian Tom Green dan everybody’s favorite Seann William Scott.

Film ini bertanggung jawab atas membludaknya pengunjung semeru di akhir tahun 2012 dan awal 2013. Genta, Arial, Zafran, Riani dan Ian adalah lima remaja yang telah menjalin persahabatan selama belasan tahun. Suatu hari timbul kejenuhan dengan persahabatan mereka yang akhirnya membuat mereka memutuskan untuk berpisah dan tidak saling kontak selama tiga bulan. Akhirnya Setelah tiga bulan berselang mereka pun bertemu kembali dan merayakan pertemuan mereka dengan sebuah perjalanan penuh impian dan tantangan.

23


act

Boleh diceritakan pengalaman menarik apa yang pernah Anda temui saat melakukan perjalanan ke tempat baru? Bertemu kebiasaan baru, kuliner baru, beragam suku baru adalah hal yang paling orgasmic! Terutama buang hajat di lokasi-lokasi terpencil tanpa infrastruktur yang baku (baca: toilet yg bersih dengan air yang sesuai) adalah hal-hal yang juga sangat orgasmic. Lupakan WC umum yang anda bisa bayar 1000-2000 rupiah di kota, buang hajat dengan menggali sebidang tanah dan cebok dengan beberapa lembar daun dan beberapa bongkah batu adalah hal yang terngiang selalu

Boleh perkenalkan diri Anda dan saat ini Anda sedang bekerja dimana? Saya @8AD (nama Twitter Aulia Rahman, red), dan saat ini sedang terikat kontrak (tidak mati) di sebuah organisasi sosial non profit, jadi bisa di bilang saya adalah pekerja sosial komersial, maksudnya bergerak di isu sosial dan pembangunan, namun tetap di bayar (seikhlasnya.. yang penting dapur tetap ngebull.. :D)

world traveler Teks Khukuh A. Yuda Foto Source Images

Mengenal sosok Aulia Rahman, profil terpilih pada issue kali ini sebenarnya tidak cukup hanya dari membaca sesi interview ini saja. Pengalamannya yang segudang dalam menjejelajahi tempat-tempat baru bisa menjadi inspirasi yang luar biasa bagi setiap orang yang bisa menyempatkan diri untuk sejenak mengobrol dengannya. Jiwa petualang dan pribadinya yang sesekali jenaka seolah menjadi paduan sempurna untuk menghadapi pengalaman menantang dalam kondisi ekstrim sekalipun. Tak hanya apa yang nampak di daratan, Aulia Rahman juga petualang bawah laut. Dan hal ini semakin menambah value pribadinya yang matang. Mari kita simak sedikit wawancara dengan sosok ini:

24

Saya mengenal Anda sebagai seorang individu yang sering bepergian, bisa diceritakan tempat mana saja baik didalam maupun diluar negeri yang pernah Anda kunjungi? Saat ini sedang cari cara untuk ikut penerbangan komersial ke bulan yang digagas oleh Sir Richard Branson dengan pesawat Virgin Galactic-nya, tapi nyari duit 200.000 USD utk tiket rasanya kemahalan, hehehe. Alhamdulillah sudah ke beberapa titik di nusantara, dan beberapa titik di manca negara di beberapa benua. Kalau ditanya mana yang paling berkesan, yang pasti Nusantara inilah yang paling oke. Dari bawah permukaan air laut di wilayah barat Indonesia sampai ke timur, dari beberapa gunung di Pulau Jawa, sampai ke rimba di Borneo, Celebes, dan Papua, semuanya eksotik! Dari sekian tempat yang Anda pernah kunjungi, mana yang menurut Anda paling mengesankan? Kenapa? Sekali lagi, di semua titik di Indonesia saya rasa semuanya berkesan. No better place than home i must say!

Dari informasi yang saya dapatkan, Anda juga pernah berkunjung ke pengunungan Moab di Amerika Serikat. Bisa diceritakan pengalaman Anda saat di sana? Moab adalah lanskap yang sangat menarik. Anda belajar hidup di gurun dengan karst atau batuan tugu yang menjulang tinggi akibat bentukan geologis jutaan tahun. Belajar menghargai air adalah kemewahan yang sulit dicari, membawa anda bersyukur hidup di Indonesia dengan kelimpahan air. Tentunya dengan belajar menghargai air bersih adalah anugerah. Dan tentunya air yang lain juga anugerah, air mata, air soda, air kencing, air es sehabis jogging 5 Km, sampai air mani adalah pemberian Allah SWT yang harus kita syukuri setiap saat. Adakah tempat khusus di dalam negeri maupun di luar negeri yang Anda ingin sekali kunjungi? Kenapa? Pulau Surtaling adalah lokasi yang selalu anda dambakan ketika sudah cukup lelah berkelana. Entah itu kasur yang enak, atau sleeping bag atau alas koran. Yang penting mah ada yang dikelonin cuy... Hehe. Sebagai seseorang yang sangat sering traveling, adakah kiat-kiat yang bisa Anda sampaikan agar pembaca bisa menikmati momen travellingnya? Plan your trip well, and trip your plan accordingly, atau ketika preparation “cut your wardrobe half and double your money� adalah beberapa mashab dalam travelling yang pembaca semua bisa ikuti.. Tapi yeah, travelling adalah kegiatan yang menarik when you enjoy the most, entah ke negeri nun jauh di sana, atau cuma beli pecel ke gang sebelah rumah, adalah travelling activity yang selalu dapat berpotensi ketemu hal-hal baru! So wherever and whatever you will do, enjoy it!


preview

Teks

Liburan tentu akan sepi tanpa musik. Kali ini East Magz akan memberikan rekomendasi band – band yang dijamin cocok kalian dengarkan di berbagai kesempatan liburan. Ibarat sebuah film, band – band ini adalah soundtrack untuk hidup kamu dan lingkungan yang kamu kunjungi.

Liburan di Pantai Musik elektronik lounge, surf indie pop ,tropical folk dan bahkan electro house adalah yang tepat untuk mengiringi liburan di tempat ini. Band - band seperti Wavves, Best Coast, Beach Fossils dan Beach Boys adalah soundtrack wajib para surfer. Tropical folk lokal seperti Answer Sheet dan Afternoon Talk juga cocok untuk menghangatkan suasana pantai di malam hari. Electronic lounge seperti Bonobo atau bahkan Tiesto, ATB dan Roger Sanchez yang secara reguler mengisi di pulau liburan di spanyol yaitu Ibiza bisa menjadi moodboster tepat di malam hari khususnya jika ada beach rave party. Recommended tracks: Tiesto - Welcome to Ibiza Best Coast - Boy Friend Ramones - Rockaway Beach

Liburan di Gunung Sigur Ros, Of Monster And Men, Explosions in The Sky dan Mono adalah beberapa contoh band yang mampu menghidupkan suasana di pegunungan. Band folk Seperti mampu menginterpretasikan suasana pegunungan penuh pohon pinus, dan angin gunung yang berhembus kencang. Band post-rock juga mampu menggambarkan kemegahan gunung dan pengiring kontemplasi saat mencapai puncak. Recommended tracks: Sigur Ros - Heysatan Of Monster and Men - Mountain Sound The Ascent Of Everest - Mountains

Liburan di Sungai Great Lake Swimmer, Bowerbirds, Y La Bamba, Woods dan R.E.M adalah beberapa contoh band folk dan americana yang bisa mengiringi jalanmu menyusuri derasnya sungai dan jeram di atas kayak. Atau sekedar menemani kemah di tepi air terjun maupun sungai di malam hari. Recommended tracks: R.E.M - Find The River Great Lake Swimmer - River’s Edge Dry The River - Weights and Measures

Liburan Belanja di Kota Tak hanya alam bebas yang mendominasi destinasi liburan. Kota adalah tempat dimana kita juga bisa menghabiskan waktu dan berpesta. Deru mesin kota juga soundtrack kehidupan bagi beberapa orang. Kebusukan dan artificial life di kota juga dianggap sebagai tempat rekreasi bagi beberapa orang. Band - band post-punk,bossgaze dan electronic seperti The War on Drugs, Joy Division, Little Boots, Depeche Mode dan The Strokes bisa menjadi soundtrack di dalam mobil ketika keliling kota. Recommended tracks: Joy Division - Shadowplay Little Boots - Every Night I Say A Prayer The Strokes - New York City Cops

Liburan di Desa Desa adalah tempat yang terbaik untuk menenangkan diri dari keriuahan kota. Liburan disini akan menjadi sangat menyenangkan ketika kita bermain di peternakan dengan hewan - hewan ternak, di tambak maupun di sawah. Band - band Folk dan Slowcore seperti Villagers, Neil Young, Smog, dan Early Day Miners adalah ibarat suara jangkrik di sawah yang bisa menghipnotis di malam hari. Recommended tracks: Early Day Miners - Jefferson Neil Young - After The Gold Rush Smog - I Break Horses Villagers - In A Newfoundland You Are Free

Liburan Road Trip Jika kamu - kamu memilih liburan dengan menghabiskan waktu di jalan darat dan mampir di tempat - tempat yang mencakup semua diatas. Maka setidaknya perlu soundtrack yang membuat kalian terjaga saat di jalan raya. Musik dari band - band hair metal, desert rock, hard rock dan DNB bisa membuka mata untuk waktu yang lama. Seperti Audioslave, Queens Of The Stone Age, Kyuss, dan Red Fang. Mungkin juga act - act electronic seperti Pendulum dan Goldie. Atau hair metal seperti Twisted Sister, Kiss dan AC/DC. Recommended tracks: Audioslave - Show Me How To Live Queen Of The Stone Age - No One Knows Pendulum - Tarantula Twisted Sister - I wanna Rock Kiss - Rock n’ Roll All Night AC/DC - Shoot To Thrill The Cult - She Sells Sanctuary

25


koolastuffs

VALENTINO HAND MODEL Yang berbeda dari campaign Valentino kali ini adalah, brand ini tak lagi menggunakan aksen floral, tulle ataupun lace berwarna plus model dengan perfect skin look. Kali ini, Valentino menggunakan lengan dan jari sang fotografer dokumenter dan fashion, Terry Richardson. Yep! Surprising, indeed! Dalam campaign kali ini lengan Richardson harus diabadikan dengan mengenakan Rockstud Rouge and Rockstud Noir studded heels and handbags. Diakui oleh duo desainer Valentino yakni Pierpaolo Piccioli dan Maria Grazia Chiuri bahwa campaign kali ini benar – benar berbeda, sensual dan elegan dalam menampilkan imej aksesoris menjadi object of desire. Pemotretan dilakukan di Studio Backspace, Roma. Campaign ad yang satu ini sudah bisa kita lihat di majalah-majalah fashion dunia. And the wow thing, the campaign spread all over Italy to China! Awesome!

THE NEW FACE OF MATERIAL GIRL Campaign Brand hype keluaran ibu dan anak, Madonna dan Lourdes, Material Girl mengumumkan brand ambassadornya yang terbaru. Rita Ora, terpilih menjadi model campaign terbaru Material Girl setelah Georgia Jagger, Taylor Momsen dan Kelly Osbourne. Banyak sumber yang mengungkap bahwa Lourdes putri sang diva, Madonna ,memang menjadi fans berat Rita Ora. Lourdes pun memaksa Madonna untuk merayu bertemu Rita Ora dan voila! They made the deal! Kabarnya kontrak Rita Ora dan Material Girl telah ditandatangani sebesar £ 500.000 . WOW!

26

Calvin Klein’s Fragrance New Face presents Rooney Mara Bintang Hollywood, Rooney Mara yang sangat terkenal dengan style dan wajahnya yang effortlessly stunning akhirnya terpilih menjadi wajah baru campaign baru parfum Calvin Klein “Downtown”. Produk ini dijelaskan oleh pihak Calvin Klein akan dirilis bulan Juli mendatang, diracik dengan aroma woodsy florals yang menonjolkan citra “ wanita yang hidup dengan dunianya “. Karakter ini digambarkan sangat sesuai dengan citra Rooney Mara. Dalam campaign produk Calvin Klein “Downtown” Rooney sangat kuat menampilkan citra gadis pinggir kota dengan leather jacket yang terlihat sangat kuat dan edgy. Walau belum bisa meraba seperti apa persisnya aroma parfum Calvin Klein “Downtown” ini, menurut prediksi aroma ini akan menjadi sebuah hit di musim panas tahun ini.

Asos Debuts an Amazing AfricaInspired Collection Koleksi ASOS untuk musim Spring kali ini sungguh berbeda. Statement style yang kuat dan terinspirasi dari nuansa print Afrikan menghiasi koleksi Asos’s Africa kali ini. Retailer fashion asal London ini mengadaptasi bahan renda Afrika yang biasa digunakan untuk acara tradisional khusus di sana. Sebagai contoh, celana koleksi kali ini mengadaptasi pattern kain monokromatik dari Kenya. Semakin penasaran untuk mengkoleksinya? Just go check www.asos.com


stylegazer

asos cap

boohoo clutch

charlotte clutch

ardene floral canvas shoes

OMBREVASION Teks Lauretha Foto Lookbook.nu, Polyvore.com, Asos.com

forever 21 ombre sweater

van mildert ombre biker jaket

Hello gals! Summer is waiting for us, get ready to grab your coolest short outta the house. Mungkin kalian sudah banyak melihat varian shortpants motif ombre color ini alias gabungan dua atau lebih warna dip dye, yang kebanyakan dikerjakan secara manual atau handmade. Warna - warna ombre shorts musim ini memang sangat hype. Berbahan denim dan sangat sesuai kamu kenakan untuk spending time at the beach or even going out with your girls. Beberapa contekan outfit mengenakan ombre shortpants ini bisa kamu jadikan looks inspiration untuk musim panas ini. Summer fun is up there. Let’s grab the joy!

27


Summertime/ And the livin’ is easy//Fish are jumpin’/ And the cotton is high// - Zee Avi

PHOTOGRAPHED BY ARIF FITRIAWAN /RIF PHOTOGRAPHY STYLIST & MUA BY LAURETHA SUDJONO ASSISTANT STYLIST BY AGATHA MARIA TALENTS : DANING SASONGKO, YOGA ADITYA

Female wardrobe & accesories by Le Goub boutique Male’s wardrobe by Le Goub boutique Le Goub boutique Jalan Soekarno Hatta Ruko Griya Santa Eksekutif Blok MP 52 Malang, Indonesia +62 341 409624


Female wardrobe & accesories by Le Goub boutique Male’s wardrobe by Le Goub boutique


Female wardrobe & accesories by Le Goub boutique Male’s wardrobe by Le Goub boutique


Female wardrobe & accesories by Le Goub boutique Male’s wardrobe by Le Goub boutique


Female wardrobe & accesories by Le Goub boutique Male’s wardrobe by Le Goub boutique


Female wardrobe & accesories by Le Goub boutique Male’s wardrobe by Le Goub boutique


dish

Teks Khukuh A. Yuda Foto Ash

Salah satu event tahunan dalam rangka HUT Surabaya adalah Pasar Malem Tjap Toendjoengan (selanjutnya disingkat PMTT). Disini, pengunjung bisa menikmati aneka ragam makanan khas kaki lima yang dikemas dalam satu tempat yang luas. Berbeda dengan tahun sebelumnya, PMTT kali ini diselenggarakan di Food Festival Pakuwon City yang berada di kawasan timur Surabaya. Dan sudah dapat dipastikan, event ini memang memiliki daya tarik yang luar biasa. Terbukti dari banyaknya pengunjung yang datang yang memenuhi booth dan meja kursi insidentil yang telah disiapkan oleh manajemen venue. Banyaknya pilihan makanan membuat pengunjung bingung untuk memilih menu yang tersedia. Mulai dari makanan khas Surabaya seperti lontong kupang, ote-ote, lalu ada juga jajanan daerah lain seperti pempek, hingga jajanan gorengan yang lebih praktis

ada di sini. Aneka ragam minuman pun juga banyak tersedia di PMTT. Seperti menemukan surga makanan di sini, dan semua menu menarik untuk dicoba. Yang selalu menarik perhatian pengunjung saat PMTT ini tidak hanya pada wisata kulinernya. Penyelenggara juga menyediakan panggung hiburan yang menampilkan seniman lawak Surabaya kawakan. Ada Sapari cs. yang menghibur pengunjung dengan joke-joke khas Surabaya-nya. Sambil menikmati wisata kuliner yang murah meriah, pengunjung di PMTT dihibur dengan lawakan yang segar, satu paduan yang hanya ada di event tahunan ini.

35


dish

Banyak varian kopi nusantara ada disini. Original and Fresh! Teks Gita Rizky Foto Joel

Bagi warga Malang khususnya para pecinta kopi, tentunya tidak ingin melewatkan kesempatan untuk menikmati kopi asli dari berbagai daerah di Indonesia, seperti misalnya, Arabica Gayo, Kopi Lanang, Robusta Borobudur, Robusta Sumatera, Lintong, Mandailing, Arabica Honey, Arabica bali, Kintamani, Arabica Kalosi, atau Arabica Toraja. Jika anda ingin menikmati varian kopi di atas, anda bisa mengunjungi salah satu kedai kopi yang baru berjalan tiga bulan di kota Malang, yang merupakan cabangnya yang kelima di Indonesia, Ladang Coffee. Kedai kopi dengan bangunan bergaya kuno minimalis berlantai dua, memiliki detail warna interior yang didominasi warna cokelat, semakin mengesankan suasanan yang khas dan teduh. Begitu memasuki ruangan, aroma yang kental dengan bau kopi siap menyambut indera penciuman anda. Meja kaca berisi biji kopi, perabotan klasik yang mengisi ruangan seperti beberapa mesin giling modern dipajang di meja, mesin giling manual berukuran kecil menghiasi dinding, beberapa toples-toples besar yang berisi berbagai jenis biji kopi. Display yang jarang kita temukan bila kita berkunjung ke kedai kopi. Sehingga, selain dapat menikmati nikmatnya secangkir kopi, anda juga dapat menambah pengetahuan mengenai bermacam-macam tekstur jenis biji kopi Nusantara.

Ladang Coffee hanya menyajikan kopi nusantara, dan ada cukup banyak varian kopi nusantara yang disajikan di Ladang Coffee, seperti Arabica Flores, Arabica Kalosi, Arabica Gayo, Arabica Jampit, Robusta Lanang, Arabica Timor, Robusta Borobudur, Robusta Sumatera, Lintong, Arabica Bali Kintamani, Arabica Toraja, Sidikalang, Kopi Luwak, dan Arabica Honey. Mungkin ada beberapa varian kopi yang terdengar asing bagi anda, entah dari mana itu asalnya, dan pertanyaan lain khususnya soal rasa dan khasiatnya. Ada varian baru yang ditemukan oleh Ladang Coffee, yaitu Arabica Honey. Nah, bagi anda yang berkunjung ke Ladang Coffee, tidak ada salahnya untuk mencoba varian baru tersebut yang memiliki tamnahan rasa madu. Menurut informasi yang kami dapat, bahwa buah kopi tersebut teksturnya berwarna hitam, hal ini dikarenakan sengatan lebah sehingga ketika biji kopi sudah diolah, ada rasa khas yang tercipta. Bagi yang penasaran ingin mencicipi kopi nusantara, Ladang Coffee yang beralamat di Jl.Guntur No.31 ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 WIB hingga 22.00 WIB. Bila anda ingin menikmati kopi koleksian Ladang Coffee sambil bersantai di rumah,

tidak perlu khawatir, anda bisa membeli kopi bubuknya saja (200gr per kemasan) dan dapat anda bawa pulang. Memang yang menjadi andalan di Ladang Coffee tentunya adalah kopi nusantaranya, tapi tidak hanya itu saja yang ditawarkan, aneka makanan, cake, dan camilan pun juga tersedia. Ada menu baru yang ditawarkan bila anda berkunjung ke Ladang Coffee yaitu nasi goreng ‘samblek’. Nasi goreng pedas yang berwarna hijau. Warna hijau pada nasi goreng bukan karena sayuran, tapi karena cabe hijau. Untuk cake nya, yang menjadi favorit pengunjung diantaranya ‘opera’, ‘dc choco’ dan ‘two season’. Untuk cake anda cukup merogoh kocek 25 ribu persajian. Dengan mottonya Taste The Purity Of Coffee, hidangan kopi dan kental rasa kealamiannya. Ladang Coffee begitu menjamin keaslian dan kesegaran kopinya. Harga yang terjangkau, kopi khas nusantara, dan keaslian kopinya yang fresh, dapat menjadikan Ladang Coffee sebagai tempat pilihan anda untuk meluangkan waktu menikmati kopi bersama keluarga atau kerabat anda dengan suasana yang privasi dan nyaman.

37


great

Teks Gita Rizky Foto Source Images

Dia adalah seorang ilustrator asal Malang yang memiliki talenta dalam hal seni visual vektor. Produktif dalam berkarya dan juga rajin berkolaborasi dengan seniman dalam negeri maupun luar negeri. Siapakah dia? Berikut hasil wawancara kami dia yang siap berbagi cerita dan menginspirasi kalian semua.

Bisa deskripsikan secara singkat biografi anda? Nama saya Edo Septiyan Putra, kalo di industri desain saya pake ‘Hatefuel’ sebagai pseudonym. Saya seorang desainer grafis, ilustrator, dan penyuka kuliner pedas. Belum lama lulus dari DKV Universitas Negeri Malang, sedikit molor karena terlalu asyik nyari proyek freelance ketimbang menyelesaikan skripsi. Ceritakan dong tentang pekerjaan anda sekarang ini? Pekerjaan saya sih... haha bingung saya mah klo mendefinisikannya :P yang jelas sih, saya bekerja sebagai designer, bekerja sebagai katalis antara permasalahan dan penyelesaian, antara klien dan target. Pokoknya asik gitu deh, soalnya ga jauh-jauh dari kegemaran dan passion saya.

38

Mengapa anda memilih pekerjaan ini? Bekerja dan mengerjakan sesuatu yang kita sukai, pastinya berasa enteng & menyenangkan. Ortu sempet awalnya berpikir pragmatik, pengennya saya kerja jadi PNS, tapi pelan-pelan akhirnya mereka mendukung apa yang saya kerjakan. Walaupun bekerja kreatif itu tantangan, positif thinking ajah, rejeki sudah diatur dengan seadil-adilnya. Sudah berapa lama anda menggeluti pekerjaan ini? Kalo dari dihitung dari freelance, udah 4 tahunan. Apa sih yang anda cintai dari pekerjaan ini? Skill yang kita dapet, inspirasi, membangun network, kenal dengan desainer dan seniman yang jago-jago, dan tentunya income :) apalagi kalo dibayar secara profesional, beuhh. Apa suka duka dari pekerjaan ini? Pembayaran yang telat, walau udah di-invoice berkali-kali. Deadline yang tidak manusiawi, seolah-olah desainer itu robot serba bisa. Pernah kena kasus free-pitching juga. Dulu sempet nih ketemu klien asal Nova Scotia, dia sih marketing, dan lagi perlu desainer untuk mewujudkan ide-idenya bikin game online Jadi perlu bikin mockup gitu, mulai dari desain karakter-karakter monster yang lucu-lucu.

Karena ‘di-iming-imingi’ dengan fee yang besar (dan kita juga waktu itu masih ijo), udah deh, serius banget bikin karakter desain, ampe tiap hari nyetor 4-10 desain karakter, beberapa di accept, beberapa minta di revisi. Seminggu dua kali minimal kudu ngobrol via skype, dan kita juga semakin yakin. Sampai akhirnya dia berhasil membuat seorang investor tertarik bekerja sama (thanks to the mockups we did) dan siap mendanai proyeknya... setelah itu dia ngilang, hilang seperti Waldo, dan parahnya belum lunas tuh pembayarannya. Dongkol sih, tapi yah kita ikhlasin aja, temen-temen satu tim juga no problem. Yah pelajaran buat temen-temen, selalu meminta kejelasan ‘hak’ kita sebelum menyelesaikan kewajiban. Sejak kapan anda suka menggambar? Sejak TK, eh sebelum TK malah, masih nggambar donal bebek dan gambar-gambar abstrak gitu. Almarhum Ayah saya yang menulari ilmu nggambarnya, jos banget kalo dia udah nggambar.


great

Sejak kapan anda mulai belajar design grafis? Sebenernya pas SD udah tertarik sama software jadul namanya “Banner Mania & Instant Artist”, nah kalau temen-temen ada yang tau software ini (dan pernah make), selamat, anda udah berumur diatas 20. Dari situ saya doyan banget maenin kompi, tapi namanya juga anak-anak, cuma asal klik-klik trus ngguyangguyu dewe. Pas SMA baru mulai beli buku-buku tutorial, liat-liat referensi di internet, googling karya-karya vector, dan masuk-masuk forum desain. Begitu mantep, saya tinggalkan jurusan Ilmu Komputer via UMPTN, masuk DKV lewat jalur ekstensi. Siapakah panutan anda dalam berkarya? Günter Gerhard Lange, Paul Rand, Stefan Gandl, Welly Lenon, Risart Soengkono, Scien & Klor, Juicefoozle, Krzysztof Nowak, dan Pak Raden. Hal apa yang mempengaruhi karya anda? Sahabat, alam, permasalahan sosial, ketidak-adilan, musik, mood, dan Islam.

Bagaimana akhirnya anda bisa bekerja sama dengan perusahaan game di Malaysia? Mereka adalah klien lama yang sebelumnya pernah terlibat beberapa proyek, karena konsep kita ‘value & build a long-term relationship with client’. Tiga hari setelah wafatnya Ayah saya, mereka mengirimi saya email, perihal tawaran untuk bergabung menjadi tim kreatif untuk perusahaan developer IT di Malaysia dan Singapura. Karena saya pikir, kepergian ayah saya juga bisa dibilang mendadak sekali, saya kudu banting setir nih, saatnya saya memberi kontribusi buat keluarga saya dan mengambil kesempatan yang datang, karena tawaran ini ga datang tiap hari, jadi yah diambil ajah.. Alhamdulillah sampe sekarang, masih menunggu visa kerja jadi, setelah itu saya siap hijrah ke seberang, untuk sementara waktu saja, buat belajar juga dan pengalaman, karena bagaimanapun juga, tetep, Indonesia still my best home. Long live Soto Banjar!. Apakah ada kriteria tertentu untuk orang yang bisa anda ajak kerjasama? Hard-working, fun, committed to project, committed to art & design, dan bersahabat. It’s great to meet such people.

Bagaimana menurut anda perkembangan dunia digital ilustrator di Indonesia? Walaupun kita masih sering dilanda permasalahan undervalued & underpriced (kita tidak perlu membahas soal crowdsourcing yang mematikan ‘secara perlahan’ industri kreatif) tapi yang jelas Indonesia punya buanyaaak banget potensi yang sangar-sangat. Saya kenal banyak sekali teman-teman ilustrator yang karyanya gokil banget. Secara umum industri kreatif memang terbilang baru di Indonesia, prospeknya pun bagus & berkembang, karena kita diajarkan untuk bisa survive secara global, kita perlu jalur untuk menyatukan potensi-potensi tadi sehingga mereka bisa mewadah, belajar dari sesama kreatif, memberi kontribusi untuk Indonesia. Apa yang menjadi dasar kepentingan anda dalam berkarya? Berbagi Kebaikan! kebaikan itu banyak bentuknya, klien tersenyum ngliat hasil kerjaan kita, itu juga bentuk kebaikan. Orang lain terinspirasi ngliat karya kita, itu juga kebaikan. Baik non-komersil maupun yang komersil, saya coba berbagi ‘kebaikan’ lewat visual... dan setelah capek berkarya, kemudian dibayar dengan quote yang pantas... itu juga KEBAIKAN bagi si designer. Apa prestasi paling membanggakan dalam karir anda sebagai digital ilustrator? Yang paling membanggakan... mmm kayaknya sih masih biasa-biasa aja, masih sebatas pameran untuk penggalangan dana, jadi pemenang lomba desain grafis, terlibat proyek pembuatan game Qurban pertama di Indonesia... bikin bangga orang tua dan keluarga dengan sepak terjang kita & bisa jadi inspirasi positif buat sesama rekan kreatif, itu udah cukup membanggakan. Apa pencapaian yang belum tercapai dalam hidup anda? Bikin pameran tunggal, pameran bareng temen-temen juga boleh tapi dikonsep se-organik mungkin, punya typeface sendiri, naik haji, skydiving, bikin poster gig yang temanya sesuka hati, punya brand sendiri dan... punya studio desain dengan interior minimalis serta istri cantik yang membawakan kopi susu sambil tersenyum manis.

39


community

couchsurfing malang Teks Gita Rizky Foto Source Images

Berbagi budaya, penginapan, petualangan, bertemu orang-orang baru? Banyak menganggap komunitas ini adalah komunitas traveling, namun lebih dari itu sebenarnya. Melalui komunitas ini anda akan banyak mendapatkan pengetahuan dan pengalaman seru sekaligus tempat untuk menjalin pertemanan yang erat. Nah, kali ini East Magz akan mengulik komunitas tersebut yang dimana komunitas ini jaringannya ada diseluruh dunia. CouchSurfing nama komunitasnya. Berawal ketika Fenton mendapatkan tiket pesawat murah dari Boston ke Islandia. Fenton mengirimkan email ke 1.500 murid University of Iceland, untuk mendapatkan tempat tinggal bersama mereka secara gratis. Sekembalinya ke Boston, Fenton mengembangkan ide CouchSurfing, kemudian dicetuskan pada tahun 2000. Couchsurfing saat ini telah memiliki lebih dari 5 juta anggota yang tersebar di 97ribu kota di seluruh negara. CouchSurfing sebenarnya bukan ditujukan untuk backpacker, Couchsurfing sendiri merupakan forum bebas dan tidak ada batasan tapi lebih ingin menonjolkan sisi hospitality nya. Hospitality yang memiliki arti keramah tamahan.

40

Dalam jejaring CouchSurfing ada dua orang yang akan menjalin hubungan silaturahmi yaitu surfer dan host. Surfer adalah wisatawan yang ingin berlibur ke suatu destinasi. Sedangkan host adalah orang yang berdomisili di daerah destinasi tersebut. Host ini biasanya memberikan fasilitas yang dibutuhkan surfer menginap dirumahnya. Namun, tidak selalu ketika kita menjadi anggota CouchSurfing harus mengizinkan orang untuk tinggal di tempat anda, namun bisa juga sekedar untuk menemani mereka hangout di daerah yang sedang disinggahi atau sebagai pemandu wisata. Martha sebagai koordinator CouchSurfing Malang, sudah 50 kali lebih ngehost surfer dalam negeri maupun luar negeri. Ini juga yang menjadi ketertarikannya bergabung di komunitas ini, “wah… jarang-jarang dapat teman bule tidur dirumah dan bisa bercakap-cakap bahasa inggris (walaupun belum fasih)”, ucapnya. Komunitas CouchSurfing Malang resmi terbentuk pada tahun 2009. Anggota yang terdaftar di CouchSurfing Malang sebanyak 500 orang, namun yang aktif kurang lebih ada 50 orang. Disebut aktif itu adalah anggota yang datang gathering atau kut ngetrip bareng ataupun mengikuti berita milis di grup. Gitya seorang perempuan anggota CouchSurfing Malang berwajah India sudah bergabung CouchSurfing Malang sejak 5 Desember 2011. Awal mulanya adalah ketika ia ingin solo traveling ke Singapura dan Thailand. Melalui temannya yang juga

merupakan anggota CouchSurfing di Bandung, Gitya direkomendasikan memanfaatkan situs CouchSurfing untuk mendapatkan informasi daerah yang ingin dia kunjungi, sekaligus mencari host di negara tersebut dengan maksud mendapatkan tempat tinggal gratis sekaligus menambah pertemanan. Couchsurfing adalah cara seru untuk bepergian dan bertemu orang dari segala penjuru dunia dengan hemat. Sekaligus menjadi forum untuk memandu ketika ingin traveling. Seiring berjalannya waktu, menurut Martha, “baiknya CouchSurfing ini adalah menemukan keluarga baru. Baik itu akrab dengan si bule-bule maupun temanteman satu daerah sendiri. Dengan begitu, kita bisa memberi dan melakukan sesuatu untuk orang lain. Bahkan, ada yang menggunakan CouchSurfing untuk menyambung hidup, tipikal traveler yang benar-benar nomaden alias hippy yang anti settle down gitu. Tidak jarang pula ada “oknum kurang disiplin” yang memanfaatkan media Couchsurfing untuk alasan pribadi, terang-terangan mencari jodoh, scammer jualan atau penipuan, tambah Martha. CouchSurfing: Open Your Mind, Open Your Home, Open The World”.


people

stilrod surabaya mods mayday Foto Ash

ice club surabaya uli auliani Foto Ash

42


people

my place malang Yovie and nuno Foto Joel

SMOOTHS malang AURA KASIH Foto Joel

HUGO’S malang DJ ALFI DA LOVELY Foto Joel

43


"A pair of NOVE can sing you stories" NOVEshoes

@noveshoes

230909B4


Enjoy our meeting room promo only for 50.000IDR/pax min 10 reservation via email koffienette@yahoo.com or by phone 083831092687 A lot of promo for this month..from discount and free stuff item.


what’s up

HOT ISSU Es holiday Teks

Liburan adalah hal yang paling didamba – dambakan setiap insan yang belajar dan bekerja. Kamu semua yang merasa penat dan muak dengan tumpukan pekerjaan di cubicle 4x3 atau kurang akan merasa bersyukur sekali ketika cuti atau hari libur itu datang.Hari libur terjadi karena banyak hal, entah itu karena hari libur nasional, hari libur keagamaan maupun hari libur karena family gathering perusahan di tempat kamu semua bekerja. Di Institusi pendidikan, libur diberikan sebelum dan sesudah Ujian Akhir Semester. Di beberapa negara yang mempunyai empat musim, hanya tiga musim yang diberi hari libur karena cuaca yang ekstrim yaituSummer Vacation, Spring Break dan Winter Vacation atau Christmas Vacation (karena winter bertepatan dengan hari natal). Dan kali ini kami akan khusus mengulas tentang Summer Vacation karena hampir seluruh negara di dunia mempunyai musim panas.

Summer Vacation Di banyak negara, musim panas adalah musim liburan sekolah. Beberapa negara hanya mendapat enam minggu atau dua bulan liburan musim panas karena para murid seharusnya melupakan pelajaran

46

pelajaran yang terlampau memenuhi kepala mereka di tahun ajaran sebelumnya. Mereka percaya bahwa “over-schooling” mampu menimbulkan ketidakseimbangan mental, depresi dan kegilaan. Mereka percaya bahwa anak – anak perlu 2-3 bulan liburan untuk rileks dan juga istirahat dari tekanan masa kanak-kanak yang berhubungan dengan sekolah seperti tekanan lingkungan, bullying dan tekanan dari beban besar dari tugas sekolah dan pekerjaan rumah. Beberapa kritikus liburan musim panas menunjukkan bahwa pelajar Amerika menghabiskan waktu sekitar 180 hari (26 minggu) per tahun di sekolah, namun pelajar Asia berada di sekolah untuk 240 sampai 250 hari. Ini senada dengan kesimpulan dari para peneliti yang menganjurkan bahwa kemampuan tinggi ada dalam proporsi dari waktu yang dihabiskan untuk belajar. Beberapa negara yang juga mengadakan liburan musim panas untuk sekolahnya adalah : Argentina, Sekolah berakhir di akhir November atau awal Desember dan mulai di akhir Februari atau bahkan pertengahan Maret (12 sampai 14 minggu). Ada dua hari libur untuk Paskah (yang mengambil tempat pada Kamis dan Jumat, dialokasikan untuk 4-hari akhir pekan), Dua minggu untuk Libur Musim Dingin, dan sehari untuk 21 September, Hari pelajar. Kanada, Hari pertama libur musim panas untuk sekolah negeri adalah Sabtu terakhir di bulan Juni. Ini dapat bervariasi di Quebec (kembali lebih awal karena hari

libur 24 Juni untuk provinsi). Hari terakhir dari libur musim panas adalah Hari Buruh. Ini dapat bervariasi di sekolah - sekolah swasta. Sekolah secara umum dimulai kembali sehari setelah Hari Buruh (di bulan September). Sebagian besar mempunyai dua minggu libur untuk Natal dan Tahun Baru, dan seminggu libur di Maret dan April untuk Spring Break atau Libur Musim Semi (biasa dikenal dengan Libur Maret). Jepang, Libur Musim panas umumnya berlangsung dari akhir Juli sampai awal September, dan karena cara pendidikan di Jepang terstruktur, libur jatuh diantara tahun ajaran. Singapura, Libur Musim panas bervariasi tergantung bagian mana dari sistem pendidikan yang diambil para murid, karena bervariasinya struktur tahun akademi. Satu tahun akademik penuh untuk sekolah dasar dan menengah adalah dari Januari sampai November, untuk politeknik, adalah dari April sampai Februari, untuk Universitas ia berlangsung dari Agustus sampai Mei. Festival musik juga digelar untuk menyambut datangnya musim panas ini. Seperti Festival Summersonic dan Fuji Rock di Jepang, Festival Primavera di Barcelona, Bonnaroo di Tennessee, Amerika Serikat, Baybeats di Singapura, Obscene Extreme metal and grindcore di Republik Ceko, Cambridge Folk Festival di Inggris, Wacken Open air di Jerman, Reading/Leeds Festival di Inggris, Lollapalooza di Chicago, Amerika Serikat dan Bumbershoot festival di Seattle. Adapun negara tujuan wisata musim panas yang paling terkenal adalah Spanyol dengan pulau Ibiza nya. Ibiza mempunyai event khusus yaitu Summer Opening fest yang digelar di seluruh klab dan venue di pulau tersebut.


Artwork Lintang Kertoamiprodjoe Judul Holidai Belum Selesai


MALANG

SURABAYA

LEVELS BREWHOUSE Jl. Terusan Borobudur 26

SMOOTH CAFÉ Jl. Terusan Dieng 36

OOST KOFFIE N THEE Jl. Kaliwaron 60

TATOR THE CAFE Jl. Adityawarman 55, Sutos

VENS COFFEE Ruko Trowulan Square Kav 19

RACEL RISOL Jl. Pandan 21

GLAMROCK Jl. Wijaya Kusuma 17

KIRKOS Jl. Mayjend Sungkono

COFFEE CORNER Jl. Soekarno Hatta A3 Kav 4

LEGIPAIT CAFE Jl. Patimura 24

OUVAL RSCH Jl. Slamet 11

ICE CLUB Lenmarc Mall UG Floor Bukit Darmo Boulevard

LE GOUB BOUTIQUE Jl Soekarno Hatta Ruko Griya Santa Eksekutif Blok MP 52

TOPPING Jl. Sukarno Hatta Kav 2 - 4

GARLICK STORE Jl. Bawean 28

VOSCO CAFÉ Jl. Borobudur 27A

NOIN BRAND Jl.Bawean 37

JAVA DANCER Jl. Kahuripan 12

MATCHBOX TOO Jl. Jawa 33

NASHVILLE Jl. Kawi Kompleks Mall Olympic Garden

COSMIC JOY HOUSE Jl. Gubeng Raya no. 2

HUGO’S CAFÉ Jl. Raya Langsep 2 Dieng Plaza

LAVA LOUNGE Jl. Sumatra 40

AMETIST PUB N RESTO Jl. Veteran 8

COLORS PUB & RESTO Jl. Sumatera 81

MY PLACE BAR & KARAOKE Jl. Jaksa Agung Soeprapto 17

ORE PREMIUM STORE Jl. Untung Suropati 83

GAJAH MADA HOTEL Jl. Dr Cipto 17

RODO COFFE SHOP Jl. Arif Rahman Hakim 36A

LEGO HOUSE CAFÉ Jl. Esberg W 1 - 8

COFFEE CORNER Jl. Arif Rahman Hakim

JULIETTE RESTO Jl Galunggung 65 Kav 3 - 4

KEIKO ESPRESSO BAR Jl. Klampis Jaya 25C

VAN OOSTEN CAFÉ Jl. Brigadir Slamet Riadi No. 137

CLUB 360 Jl. Jend. Ahmad Yani 16 – 18

HD’R COMIC CAFÉ Jl. Bunga Coklat No.11

FOREPLAY Jl. HR Muhammad, Sutos

FOURTH BLADE NATION Jl. Danau Kerinci Raya f-9 Kav 22 INSPIRED 27 Jl. Soekarno-hatta D511 SAVANA HOTEL Jl. Letjen Sutoyo 32 – 34 DEWARNA HOTELS SUTOYO Jl. Letjen Sutoyo 22 KL EXPRESS Jl. Villa Puncak Tidar H 15 RIA DJENAKA Jl. Bandung 5 MONOPOLY Jl. Merbabu 21 UND CORNER Jl. Ijen 84 COFFEE BREAK Jl. Sukarno Hatta D500 Kav A KEIKO ESPRESSO BAR Jl. Bunga Coklat 10 MASA LALU 2ND STORE Jl. Simpang Tembaga 1 DE’LIV CAFÉ & RESTO Jl. Semeru 80

ECLETIC Jl. HR Muhammad, Sutos BLACK CANYON COFFEE Jl. Adityawarman 55, Sutos

FOLKS COFFEE & TEA Jl. Slamet 8A BLACKBIRD PANCAKE & TEA Jl. Klampis Jaya 15 KAZA BOWLING & BILLIARD Jl. Kapas Krampung 45 Kaza City Lt.3 STILLROD CAFE Jl. Juwono 2 D’KAMPOENG RESTO Jl. Adityawarman 55, Sutos LION AIR JUANDA Juanda International Airport KOFFIENETTE Jl. Embong Wungu 56a D’STAR KARAOKE & LOUNGE Jl. Nginden 44 PIZA CAFE Jl. Bukit Darmo Boulevard 6E-F JAVA MOCHA CAFE Tunjungan Plaza II, Lt. 1 Jl. Basuki Rahmat No.8-12, Gubeng BUKIT DARMO GOLF Jl. Bukit Darmo G-2 KELIR CAFE Jl.Joyoboyo 31 KOWLOON INTERNATIONAL PALACE Jl. Pemuda No. 33-37 Embong Kaliasin Genteng

INFO PEMASANGAN IKLAN : Malang 081231948899 | 29E658B6 Surabaya 085233543498 | 28D4B8A9


CONTACT: SURABAYA,MAHENDRA 085233543498


East Juni 2013