Issuu on Google+

Tahun ke - I Edisi KHUSUS e-RELAYING THE ENJOYMENT OF HAM RADIO TO WHOMEVER INTERESTED

<< << dalam dalam sorotan sorotan >> >>

April, 2012

..... h i r i s r sekapu DR pembaca e-QSP ...

“Morse Code Is Perfect” dengan Gmail Tap, rilisan Google yang baru. Gmail Tap yang diluncurkan Google persis pada malam hari menjelang Minggu 1 April 2012 memang langsung disambut anthusias oleh khalayak (terutama di lingkungan amatir radio) di seantero pelosok bumi. Betapa tidak, pagi ini (Rabu 18 April 2012) kalau anda Search laman ‘mbah Google dengan mengetik “Gmail Tap”, maka dalam waktu 0.24 DETIK akan muncul kurleb 25,800,000 hasil penelusuran (!!!) Di YB-land para pemerhati mulai tertarik sewaktu pada hari Selasa 03-Apr-12 11:00 PM grup milis [YBDXC _News] menurunkan tulisan yang semula diunggah oleh David M Wang W1ANG di QRZ.com Forum dengan heading … Morse  Code  is  back  !!!  Check  it  out,  brilliant  … yang seolah menggiring khalayak untuk membuka dan menyimak http://youtu.be/1KhZKNZO8mQ Konon, suatu hari Reed Morse yang Software Engineer di Google menyampaikan ke David Brook (Vice President, Communication Services) gagasannya untuk menghadirkan (kembali) kode Morse di lingkung an pengguna smartphone (HP).

Reed Morse, Software Engineer Google

[ingat kan, bertahun yang lalu HP Nokia “mengethuk” dididit dadah dididit (sms) kalau ada SMS masuk]

Kendati di-èmbèl èmbèl-i sebutan Edisi KHUSUS, sebenarnya NOTHING SPECIAL yang dimunculkan pada Edisi ini. Penyunting hanya sekedar tidak mau kehilangan momentum, karena nyaris semua konten Edisi ini memang langsung ataupun tidak berkaitan dengan bulan APRIL ini, yaitu tentang April-mop a la Amatir radio, Hari Radio Amatir sedunia, dan 12 April sebagai hari peringatan penerbangan pertama manusia ke orbit Bumi. Karena terkait dengan Amatir Radio, walaupun tidak terkait dengan bulan April diselakan juga tentang penerbangan Richard Gariott, penerus tradisi “like father (W5LFL) like son (W5KWQ)” pertama di lingkungan amatir radio yang sempat mengarungi angkasa luar. Selamat membaca, and as always: pse ENJOY …. [Ed.] Gagasan Reed - yang mengaku bahwa Samuel Morse (27 April 1791 – 2 April 1872, penemu kode Morse) adalah kakak dari kakek buyutnya (“great-grand father’s grandfather’s brother”) membuat Brook benar-benar terkesan, dan kemudian menugaskan Reed Morse sebagai Lead Engineer untuk proyek ini. Gmail Tap mempunyai fungsi split-screen yang memungkinkan pengguna ber-multi tasking dengan mengirim 2 pesan yang berbeda ke 2 alamat yang berbeda pula, atau seperti kata Brook: “Anda bisa sekali gus “mengucapkan” dua hal dengan jemari anda ketimbang hanya satu hal yang bisa diucapkan oleh mulut (dengan bertilpun). Karenanya orang akan dua kali lipat lebih produktip, dan akan mungkin menulis surel (imil) kapanpun dia inginkan” “Morse code is perfect,” timpal Gmail Tap Engineer Mitch Fedenko. “Hanya ada tombol titik/dot dan strip/ [ke hal. 6] ►

Kalawarti elektronik e-QSP ini diterbitkan secara swadaya/self published sebagai kenangan dan ungkapan rasa hormat kepada rekans yang setidaknya selama 7 (tujuh) tahun bersama-sama mengelola penerbitan BeON (Buletin elektronik ORARI News): Ferry Farianto YB7UE (SK), Handoko Prasodjo YC2RK (SK) dan Arman Yusuf YBØKLI - serta si “bontot” Y. Dhismas Wibowo YCØNHO yang kemudian (pasca event MURNAJATI I, 2006) menyusul masuk dalam jajaran Editors. Terlepas dari keanggotaan YBØKO di jajaran DPP ORARI Pusat Masa Bakti 2011-2016, konten kalawarti ini SAMA SEKALI tidak menyiratkan kebijakan (policy) dan regulasi ORARI Pusat serta penjabarannya, dan SEMATA merupakan “rekaman sewaktu (snapshots)” dari catatan pribadi YBØKO dalam menyikapi berbagai issues yang tersirat dalam dan/atau dikembangkan dari threads dan postings di milis ORARI-news dan berbagai komunitas amatir radio Indonesia di FB. Bagi mereka yang berminat untuk mendapatkan e-QSP secara reguler, atau ada pertanyaan, komentar, masukan dll. silah tulis imil ke unclebam@gmail.com, atau silah bergabung ke grup milis_e-QSP@googlegroups.com. [bam ybØko]

[e-QSP – kalawarti elektronik milis ORARI-news]

halaman 1


April 18, the World Amateur Radio Day Tahun 2012 ini menandai ulang tahun ke 87 berdirinya Uni Radio Amatir Antarbangsa atau the International Amateur Radio Union (IARU). Pada tahun 1924, Presiden ARRL (Amateur Radio Relay League) Hiram Percy Maxim W1AW dalam perjalanan bisnisnya ke Eropa diminta oleh Dewan Direksi untuk mewakili ARRL dalam menjajagi kemungkinan terbentuknya sebuah uni (union) yang menggabungkan sesama amatir antarbangsa, yang tentunya dengan sangat senang dilakukannya. Sesudah beberapa kali pertemuan tak resmi sepanjang tahun 1924, perwakilan Perancis, Ingris Raya, Belgia, Swiss, Itali, Spanyol, Luxembourg, Canada dan Amerika Serikat merumuskan rencana untuk mengadakan Kongres Radio Amatir Internasional di Paris pada bulan April 1925, yang memang dirancang dan diarahkan bagi terbentuknya IARU. Perwakilan Eropa, Amerika Utara, Amerika Selatan dan Asia hadir dalam Kongres tersebut, dan pada 17 Aprill saling bersetuju untuk mendeklarasikan berdirinya IARU. Pada sidang penutupan di hari berikutnya para calon Pengurus dipilih dan hasil serta keputusan Kong -res tersebut di ratifikasi (disetujui) oleh perwakilan dari 25 Negara. Dengan demikian tanggal 18 April resmi diterima sebagai hariulang tahun IARU, yang kemudian diputuskan juga sebagai Hari Radio Amatir (se) Dunia (World Amateur Radio Day). Sekarang, seperti yang diramalkan Hiram Maxim dan rekan-rekannya, IARU berkembang menjadi konfederasi dari organisasi-organisasi Radio Amatir nasional, sebagai sebuah forum bagi hal-hal terkait kepentingan bersama dan secara kolektip mewakili kepentingan bersama tersebut dalam Uni Telekomunikasi Antarbangsa atau International Telecommunication Union (ITU) yang bernaung di bawah Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB/UNO), dengan kantor pusatnya di Geneva, Switzerland (Swiss) Sudah menjadi kebiasaan selama bertahun-tahun IARU selalu mendeklarasikan thema yang berbeda dalam merayakan hari ulang tahunnya. Untuk tahun 2012 ini themanya adalah tentang Satelit Radio Amatir: memperingati 50 tahun di ruang angkasa, sebagai peringatan atas peluncuran OSCAR (Orbiting Satellite Carrying Amatir Radio) I, yang diluncurkan pada 12 Desember 1961 dan OSCAR II pada 2 Juni 1962 ■ [baca juga posting OM Gatot di orari-news Wed 18-Apr-2012 dengan Subject: [orari-news] OSCAR 1 - first amateur radio in space]

Judul diatas tidak adanya hubungannya dengan bulan April, tapi sangat erat hubungannya dengan Amatir Radio, karena merupakan judul dari sebuah DVD/movie yang dirilis pada awal Januari 2012 di Amerika, yang merupakan kompilasi dari rekaman audio video tentang penerbangan Richard A. Garriott W5KWQ ke stasiun angkasa antarbangsa ISS di tahun 2008 .

Pada artikel bertajuk “OKTOBER, bulan penjelajahan ruang angkasa” di majalah m-ORARI edisi Oktober 2008 saya menulis: … tanggal 12 Oktober 2008 jam 07.01 UTC wahana angkasa Soyus TMA-13 meluncur dari kosmodrom Baikonur menuju ISS (International Space Station) yang mengorbit pada ketinggian sekitar 300 Km di atas Bumi, dengan membawa awak ISS Expedition 18 yang terdiri dari astronaut Michael Fincke (komandan), flight engineer Yury Lonchakov dan pelancong angkasa Richard Garriott W5KWQ, amatir radio dan konglomerat AS - yang untuk bisa ikut dalam penerbangan Soyus TMA-13 ini harus membayar 30 juta dollar melalui biro perjalanan (antariksa) Space Adventurer Ltd., yang bekerja sama dengan RCS Energia (NASAnya Russia). …. Richard Garriott adalah putra Dr. Owen Garriott W5LFL, amatir pertama yang ber-QSO dari Space Shuttle STS-9 ke Bumi di tahun 1983).

“Like father (W5LFL) like son (W5KWQ)” Astronaut Dr. Owen Garriott (kanan) sempat menengok anaknya di tempat latihan bagi awak ekspedisi ISS di Gagarin Zvezdny Gorodok (Star City) di dekat Moskow.

Dalam kehidupan pribadinya Richard Allen Garriott (lahir 4 Juli 1961 di Cambridge,UK) adalah wirausahawan dan konglomerat di industri computer games. Ia mengawali karier dibidang ini di usia 18 tahun, saat sebagai programmer di toko ComputerLand di waktu senggang membuat program video game Akalabeth. Pemilik toko yang tertarik berhasil meyakinkan Garriott Jr bahwa video game rancangannya ini laik jual. Dengan modal 200 dollar dan gambar sampul yang dibuatkan ibunya - Helen Garriott - yang memang pekerja seni professional, Richard merilis disket game pertamanya. Tidak banyak yang terjual, tapi salah satu pembelinya adalah boss dari California Pasific, yang kemudian menggandakannya secara profesional. Dari sebanyak 30.000 keping yang terjual, ……… [ke hal. 8] ►

[e-QSP – kalawarti elektronik milis ORARI-news]

halaman 2


The Yuri Gagarin International DX Contest 2012 The contest is dedicated to the memory of Yuri Gagarin, who realized the first human flight to space onboard VOSTOK-I spacecraft on April 12, 1961. Contest Rules 1. Date: from 21.00 UTC on April 14th till 21.00 UTC on April 15th, 2012 Stations of categories A, B and D may operate 20 of the 24 hours. Off times must be a minimum of 60 minutes during which no QSO is logged. 2. Bands: 1.8, 3.5, 7.0, 14, 21, 28 MHz and radio amateur satellites. 3. Modes: CW only.; Contest Call: <CQ GC> (CQ Gagarin Cup). 4. Categories: A Single operator - Single band. B Single operator - Multi bands. C Multi operators - Multi bands, single transmitter. D SWL - Multi bands.

Tetapi, …… siapakah Yuri Alekseyevich Gagarin?

Юрий Алексеевич Гагарин

otentik bahwa Yuri Gagarin adalah penggiat radio amatir - walaupun menyandang callsign UAØLO*), tapi salah satu ucapannya (yang kemudian dijadikan tagline pada halaman Beranda laman The Yuri Gagarin International DX Contest) jelas menunjukkan bahwa Yuri cukup mengenal dan memberikan perhatian kepada kegiatan radio amatir (lihat text dalam huruf Cyrillic pada text box di sebelah), yang bisa di”sadur” sebagai berikut:.

There is no shadow of doubt that cer­ tainly  our  spacemen  will  manage  to  conduct    radio  communication  with  radio  amateurs  in  the  next  space  flights .. [Y.Gagarin,1962] (Tidak ada keraguan sedikitpun bahwa angkasawan kita akan bisa ber-QSO dengan sesa -ma amatir pada pernerbangan-penerbangan yang akan datang)

Empat puluh tahun kemudian, ramalan Yuri tersebut benar-benar menjadi kenyataan sehari-hari sewaktu para kosmonot dan astronot yang berada di stasiun angkasa antarbangsa ISS (International Space Station) di waktu senggang mereka melakukan QSO dengan sesama amatir radio dari seluruh pelosok di bumi (!) *) lihat tentang call sign UAØLO di paragrap tentang penghormatan dan penghargaan yang didapat YuriGagarin pada hal. 5, kolom kiri [TNX to YE1GD] Penerbangan VOSTOK I Gagarin berumur 27 thn waktu mengangkasa, setelah beberapa waktu menjalani pelatihan sejak terpilih sebagai calon kosmonot pada medio 1960. Sebagai seorang seorang militer (Letnan pada AU Uni Soviet), apalagi sebagai penerbang, ukuran tubuh Gagarin yang hanya 5’2”” (= 157 cm) jelas termasuk pendek, tapi justru dengan ukuran tinggi segitulah dia menyisihkan German Titov (yang akhirnya jadi kosmonot ke 2 Uni Soviet yang mengorbit Bumi selama 25 jam 18 menit pada tgl 6-7 Agustus 1961 dengan pesawat angkasa VOSTOK II), mengingat modul awak pada pesawat generasi pertama tersebut yang begitu sempit dan sesak (gambar di halaman berikut).

Yuri Gagarin sebagai pilot dan angkasawan

Dikenal juga sebagai (a.k.a) Columbus of the Cosmos, Yuri Alekseyevich Gagarin (9 Maret 1934 – 27 Maret 1968) adalah manusia (kosmonot) pertama yang berhasil melakukan penerbangan ke ruang angkasa luar (outer space), ketika pesawat Vostok (= East = Timur) I membawanya mengangkasa untuk penerbangan sekali putaran selama 108 menit di orbit bumi pada tanggal 12 April 1961. Sampai hari-hari terakhir penelusuran biografinya -yang Penyunting lakukan di tahun 2010 -- belum (atau mungkin malah tidak akan pernah) ditemukan bukti [e-QSP – kalawarti elektronik milis ORARI-news]

Penerbangan dengan VOSTOK I adalah satu-satunya misi ke ruang angkasa luar yang dilakukan Gagarin, walaupun dia kembali terpilih sebagai awak cadangan bagi misi SOYUS I (yang akhirnya gagal mengangkasa, suatu yang disesalinya karena sahabatnya Vladimir Komarov tewas dalam misi yang gagal itu). Gagarin sangat menentang penerbangan tersebut karena menurutnya fasilitas keselamatan pada SOYUS I belum sepenuhnya memenuhi kriteria keselamatan yang diharapkan. Karir di bidang penerbangan ruang angkasa diakhiri Gagarin sebagai Wakil Direktur Pelatihan pada Pusat Pelatihan Kosmonot di Star City di luar kota Moskow (yang sepeninggalnya dinamai dengan namanya, seperti yang dikenal sampai sekarang) halaman 3


Gagarin gugur pada 27 Maret 1968 pada usia 34 tahun, yang relatip masih sangat muda (lihat rincian tentang penyebab kematian di halaman 7) Latar belakang pendidikan dan karir di AU Uni Soviet Gagarin sudah tertarik dengan hal-hal yang berkaitan dengan kosmos dan ruang angkasa sejak masa sekolah di pendidikan kejuruan di bidang tehnik (setingkat SMK) di Lyubertsy. Sewaktu terpilih untuk meneruskan ke tingkat SMK Atas di Saratoy, dia bergabung dalam sebuah Klub Terbang untuk belajar menerbangkan pesawat ringan, sebuah hobi yang kelak menjadi porsi terbesar di sepanjang karir profesionalnya. Tahun 1955 (di usia 21 tahun) selepas SMKA Gagarin masuk pendidikan untuk menerbangkan pesawat militer di Sekolah Penerbang di Orenburg. Di situ dia bertemu dengan Valentina Goryacheva, yang kemudian dinikahinya di tahun 1957, segera sesudah mendapatkan wing sebagai penerbang pesawat MiG-15. Selepas masa pendidikan dia ditugaskan di pangkalan militer Luostari di Murmansk Oblast, dekat dengan perbatasan Norwegia yang terkenal dengan kondisi alam dan terutama cuaca yang tidak terlalu bersahabat bagi dunia penerbangan. 5 November 1957 Yuri Gagarin dilantik sebagai Letnan pada AU Uni Soviet, dan tepat 2 tahun kemudian (1959) dipromosikan menjadi Letnan Senior. Tahun 1960, setelah melewati serangkaian proses pencarian dan seleksi Gagarin dan 19 pilot lainnya terpilih untuk mengikuti program penjelajahan ruang angkasa Uni Soviet. Di sini kemudian Gagarin terpilih untuk masuk ke dalam kelompok elite yang disebut Sochi Six,

[e-QSP â&#x20AC;&#x201C; kalawarti elektronik milis ORARI-news]

dari mana nantinya kosmonot pertama untuk proyek VOSTOK akan dipilih. Selama masa pelatihan Yuri Gagarin dan German Titov selalu menduduki tempat teratas dalam uji fisik dan psikis. Seperti disebutkan di depan, hanya karena fisik yang lebih pendek yang menjadikan Gagarin terpilih sebagai kosmonot pertama yang mengawaki Vostok I. Betapapun, Gagarin memang selalu difavoritkan untuk menjadi â&#x20AC;&#x153;orang pertamaâ&#x20AC;?. Sewaktu kedua puluh calon kosmonot tersebut disodori angket untuk secara diamdiam memilih siapa di antara mereka yang mereka anggap layak untuk menjadi kosmonot pertama, ternyata 17 suara memilih Gagarin. Yevgeni Khrunov, rekan seangkatan dalam pelatihan menyebutkan Gagarin sebagai seorang yang FOKUS, dan dalam beberapa hal selalu menuntut (demanding) yang terbaik, baik bagi dirinya sendiri maupun rekanrekannya. Selepas penugasan dalam program Vostok I, pada tahun 1962 kepopuleran membawanya untuk menjabat sebagai Deputy (pada semacam Majelis Tinggi) di Uni Soviet, yang kemudian ditinggalkannya untuk kembali ke Pusat Pelatihan Kosmonot di Star City, dimana untuk selama hampir tujuh tahun dia terlibat dalam perancangan pesawat ruang angkasa yang bisa didaur ulang (reusable spacecraft) dari seri SOYUS. Pada 12 Juni1962 Gagarin mendapat kenaikan pangkat sebagai Letnan Kolonel, dan setahun kemudian (1963) kembali dipromosikan menjadi Kolonel penuh.

halaman 4


Kehidupan pribadi:

Walaupun fisiknya terbilang pendek, sejak remaja Gagarin dikenal sebagai atlit yang tangguh. Disamping dikenal sebagai pemain hoki es yang handal, semasa di Sekolah Tehnik Industri Saratov Gagarin juga menjadi pelatih dan wasit pada Tim Bola basket di sekolahnya. Seperti terlihat di hampir semua fotonya, Gagarin dikenal sebagai pribadi yang santun, mudah bergaul dan selalu penuh senyum, yang bertolak belakang dengan gambaran umum tentang orang Russia yang dikenal ”kaku dan dingin”. Senyum Gagarin inilah antara lain yang membuatnya populer di dunia Barat, seperti diungkapkan Sergei Korolev, salah satu tokoh di belakang program ruang angkasa Uni Soviet: “Gagarin punya senyum yang bisa melelelehkan kebekuan Perang Dingin” (Gagarin possessed a smile "that lit up the Cold War") Pada kunjungannya ke Manchester (di UK) sebulan sesudah misi Vostok I, Gagarin menolak untuk dipayungi ketika mobil Bentley convertible (seperti mobil James Bond, dengan atap yang bisa dibuka) membawanya meluncur di jalan-jalan utama kota Manchester di bawah guyuran hujan lebat. Dia berkilah: “Kalau orang-orang itu bisa berhujan-hujan menyambut kedatangan saya, kenapa saya tidak (bisa berhujan-hujan juga)?”

bubarnya Uni Soviet) memberikan nama Gagarin pada pesawat Sukhoi Superjet 100 pertama dalam armada mereka untuk mengenang dan menghormatinya. 4 April 2011: peluncuran Soyuz TMA-21 ke ISS juga di”pas”kan dengan ultah ke 50 dari “the first manned space mission” 14 Juli 2011: replika patung Yuri Gagarin yang didirikan di depan gedung sekolahnya di dusun Lyubertsy dipajang di Admiralty Arch dari The Mall di London, berseberangan dengan patung pelaut legendaris Inggris Capt. James Cook. Dalam kaitan yang sama, disela-sela kesibukan dalam melakukan tugas-tugas “ilmiah” sebagai awak Expedition 27 (16 Maret - 23 Mei, 2011) sebuah film berjudul First Orbit mereka buat selama mereka berada di stasiun angkasa antarbangsa ISS, dengan menggabungkan rekaman audio asli dengan rekaman video yang belum disunting yang direkam oleh Gagarin selama penerbangannya. Para awak Expedisi 27 yang terdiri dari kosmonot dan astronaut Russia, Amerika dan Itali itu juga sempat

Kenangan dan penghormatan pada Yuri Gagarin seakan terus mengalir tanpa lekang dimakan waktu, bahkan sampai berdasawarsa sesudah kepergiannya, seperti a.l. : 1961: Presiden Soekarno yang mengunjungi Uni Soviet pada tahun 1961 mewakili pemerintah dan bangsa Indonesia menganugrahkan bintang Mahaputra RI. Ernst Krenkel, RAEM (Presiden USSR Central Radio Club) memberikan callsign “kehormatan” UA1LO dan piagam sebagai manusia pertama yang berhasil melakukan komunikasi radio dua arah dari luar angkasa ke bumi. 21 Juli, 1969: astronaut Neil Armstrong dan Buzz Aldrin (awak misi Apollo 11,) ymenghormatinya dengan meninggalkan di permukaan Bulan sebuah tas berisi medali untuk mengenang Gagarin dan Vladimir Komarov. 1 Agustus 1971: astronaut Apollo 15 David Scott dan James Irwin meninggalkan di permukaan bulan plaket berisi nama kosmonot dan astronaut yang gugur dalam berbagai misi penjelajahan ruang angkasa, dan nama Yuri Gagarin termasuk salah satu dari 14 nama yang tercantum di situ. 2008: Liga Hoki Kontinental (Eropa) menyelenggarakan kejuaraan untuk memperrebutkan trofi Gagarin Cup. 2010: survai yang diadakan Space Foundation mendudukkan nama Gagarin pada ranking ke 6 sebagai pahlawan ruang angkasa luar yang paling populer, sejajar dengan kepopuleran tokoh fiksi Capt. James T. Kirk dari serial film Star Trek. January 2011: perusahaan penerbangan Armavia Airline dari Armenia (yang sudah memisahkan diri sejak [e-QSP – kalawarti elektronik milis ORARI-news]

mengirim rekaman video ke pengamat di Bumi, dimana terlihat mereka mèjèng dengan memakai kaos seragam bergambar foto Gagarin. Bernhard Lederer, pabrik arloji Jerman yang berkedudukan di Swiss mengeluarkan edisi terbatas (hanya 50 buah) serie jam mewah Tourbillons bergambar Gagarin, juga untuk memperingati ulang tahun ke 50 penerbang -an VOSTOK I. Di dalam negeri, bahkan setelah rezim Uni Soviet jatuh dan digantikan pemerintahan Republik Russia sekarang ini, sampai era 2000an inipun kenangan dan penghomatan terhadap Yuri Gagarin masih berlanjut, yang diwujudkan antara lain dengan penerbitan perangko (termasuk Sampul Hari Pertama atau Firstday Cover-nya), serta mata uang (koin) Rubbel yang bergambar Yuri Gagarin. Untuk merayakan ulang tahun ke 20 dan 30 penerbangan Gagarin pemerintah Uni Soviet dulu mengeluarkan koin 1 rubel (1981, tembaga disepuh nikel) dan 3 rubel (1991, perak), sedangkan di era “baru” pada tahun 2001 pemerintah Russia mengeluarkan empat jenis koin: 2 rubel (tembaga disepuh nikel), 3 rubel [ke hal. 7] ► halaman 5


◄ [dari hal. 1]

dash. Apa lagi yang lebih sederhana dari itu? (Gmail Tap menggantikan keypad QWERTY (ditemukan pada tahun 1874, dengan 26 tombol) pada HP biasa dengan 2 tombol: dot dan dash saja) Dengan hanya 2 tombol (yang tentunya sangat akrab bagi amatir radio dan Pramuka) orang akan bisa mengetik pesannya TANPA melihat ke layar, suatu hal yang menguntungkan bagi mereka yang harus mengirim pesan dengan diam-diam (misalnya selagi lunch sama WIL/slingkuhan tahu-tahu YF ‘nelpon, atau sedang ramé-ramé rapat bersama boss (tentunya kalau boss bukan ”penghayat” CW juga). Fitur lain yang di-iming imingkan adalah mode “ship-to-shore”, yang akan mengaktipkan senter yang ada di HP untuk berkomunikasi (tentunya dengan kode Morse) dengan rekan yang berada di “seberang laut-an” (lautan manusia, tentunya - bukan laut beneran). Pada postingnya di orari-news bertanggal 9 April 2012 7:07 AM OM Purnama YC1PEI menulis: …. Konsepnya  bisa  dibilang  sama  dengan  kode  Morse,  dimana  untuk  mengetik  sebuah  huruf  atau  angka,  cu­ kup dengan menekan kedua tombol dengan kombinasi  tertentu …   Secara teori sih tentu lebih cepat dengan hanya fokus di 2 tombol dengan ukuran yang besar pula, tetapi kalau anda bukan orang yang pintar mengingat maka ini akan menjadi masalah tersendiri  …. Product Leader Tod Smith mendemokan posisi tangan yang benar saat mengethuk CW dengan GmailTap: “you can tap it in the morning, you can tap it at night, you can tap it in the bathroom. It [takes] a dot and a dash to have a conversation with the entire world. …

Kalau anda membuka www.gmail.com/tap sampai habis, di samping bisa melihat ekspresi wajah Todd Smith (cucu bilang: “ini mah wajah rapper LL Cool”) waktu meng-simulasi-kan gerak jari dimana satu tangan lagi “tapping” kedua tombol di keypad dan tangan satunya menyangga HP di telapak tangannya (gambar atas dan kanan atas), pada menit ke 1:40 anda akan menemukan “petunjuk” bagaimana caranya mengirim surel (imil) dengan me-ngethuk di HP, TANPA mengeluarkan HP tersebut dari kantong celana (’ngethuknya pakai tangan kiri, lageeee….), BTW, kalau anda membuka www.gmail.com/tap sam[e-QSP – kalawarti elektronik milis ORARI-news]

Cara yang baik dan benar untuk mengirim surel dengan Gmail Tap [atas] dan mode “diam-diam” yang hanya berlaku dalam situasi darurat/emergency [bawah]

pai habis dan mencoba untuk mengunduh program GmailTap “sesuai petunjuk”, maka anda akan menemukan kalimat-kalimat berikut:

Oops! Gmail Tap is a bit too popular right now. We  suggest you try downloading it again next year…  dan (kalau anda tetap ngotot juga) ….  Still  trying  to  download  Gmail  Tap?  Check  back  next  April  1st  to  see  if  it  is  available  …  you  never  know !   

 

 

yang”meyakinkan” bahwa semua itu cuma sekedarhoax dan April-mop belaka. OM Purnama YC1PEI di postingnya juga menyebutkan bahwa idée Gmail Tap ini cukup bagus, tapi saya ingin menambahkan bahwa selain kocak juga brilliant dan layak untuk dikembangkan lebih lanjut dengan merubah karakter dan dijit menjadi kode biner (binary code) 0 dan 1, yang bisa di”artikulasi”kan dalam DOT dan DASH, sehingga misalnya kata “sms” bisa di-binerkan (dan dikirimkan) dalam format 000 11 000 ….. !!!

BTW, inilah David Brook, VP Comm. Service Google, yang melihat posisi/jabatannya Penyunting “syak” adalah biang kerok di belakang semua heboh tentang April fool yang satu ini …. [Ed.]

halaman 6


◄ [dari hal. 5]

(perak), 10 rubel (leburan kuningan dan tembaga disepuh nikel), dan 100 rubel (perak).

Sampul Hari Pertama perangko bergambar Yuri Gagarin [kiri], Mata uang/koin Rubel Russia edisi 2001 [atas]

2011: kembali Russia menerbitkan koin emas 1,000 ruble dan 3 ruble (perak).

Gagarin perlaya (gugur)

Yuri Gagarin meninggal dalam usia yang relatip sangat muda (34 tahun) pada 27 Maret 1968, ketika pesawat latih MiG-15.UTI yang diterbangkannya bersama instruktur terbang Vladimir Seryogin jatuh di dekat Kirzhach (+/- 120 KM sebelah timur Moskow) dalam sebuah penerbangan latihan yang rutin dia lakukan sebagai seorang pilot. Di era Perang Dingin dan saat Russia masih di bawah rezim Uni Soviet itu banyak spekulasi berkembang tentang kecelakaan yang menimpa angkasawan pertama ini, dan hampir semua informasi yang kemudian muncul di media internasional adalah yang berasal dari era glasnost (keterbukaan)-nya Michael Gorbachev di tahun 1991, a.l. : Maret 2003: Dokumen ex KGB menyebutan mereka melakukan investigasi sendiri di samping yang sudah dilakukan fihak institusi penerbangan dan militer. Laporan KGB tersebut menyisihkan teori konspirasi (yang menyebutkan bahwa kematian Gagarin adalah bagian dari suatu rekayasa untuk menyingkirkannya) dan lebih merujuk ke apa yang dilakukan para awak darat (ground crew) di pangkalan keberangkatan Chkalovsky, a.l. petugas ATC (Air Traffic Controller) yang memberikan informasi cuaca yang out dated (kadaluwarsa), yang justru pada saat kejadian cuaca berubah dengan cepat. Juga awak darat lainnya kedapatan tidak melepas tanki bahan bakar cadangan yang menyebabkan pesawat berkurang ke”lincah”annya dalam bermanuver di saat cuaca buruk. Investigasi menyimpulkan bahwa pesawat mengalami spin (= steep spiral dive, meluncur curam dengan berputar cepat pada porosnya), yang kurang jelas apakah karena bertabrakan dengan kelompok burung atau karena manuver mendadak untuk menghindari pesawat lain. Karena laporan cuaca yang tidak akurat, kedua pilot mengira ketinggian terbang mereka masih cukup aman [e-QSP – kalawarti elektronik milis ORARI-news]

sehingga tidak dapat berereaksi dengan cepat (dan tepat) untuk membawa MiG-15 mereka “keluar” dari spin sebelum akhirnya jatuh. 2004: dalam bukunya Two Sides of the Moon, Alexey Leonov yang penerbang helkopter menyebutkan ia sedang terbang di kawasan yang berdekatan dengan TKP waktu mendengar dua ledakan keras di kejauhan. Dia menyimpulkan sebuah jet Sukhoi Su-15 'Flagon' tanpa sadar (karena cuaca yang jelek) sedang terbang pada ketinggian DI BAWAH ketinggian minimum yang diperbolehkan dan melintas hanya sekitar 10 - 20 meter dari posisi terbang Yuri and Seregin, saat Sukhoi tersebut mendadak menambah kecepatan (untuk menghindari tabrakan) dengan mengeluarkan ledakan (“sonic boom” atau ledakan supersonik yang terjadi pada saat sebuah pesawat terbang menembus batas kecepatan suara). Turbulensi (ulakan udara) akibat ledakan supersonik itulah yang diperkirakannya menyebabkan MiG-15 Yuri terjebak dalam spin yang di luar kontrol awaknya, sehingga pesawat jatuh menghunjam daratan. Leonov percaya bahwa ledakan pertama yang didengarnya adalah ledakan supersonik, sedangkan ledakan kedua adalah dari MiG yang meledak saat terhempas ke Bumi. 2005: investigasi terhadap para awak darat juga mengungkapkan hipotesa yang menyebutkan bahwa pengatur ventilasi udara di kabin pesawat ditinggalkan dalam posisi terbuka oleh pilot yang sebelumnya menerbangkan MiG 15 tersebut. Hal ini menyebabkan kebocoran oksigen di kabin, yang pada gilirannya menyebabkan menurunnya daya reaksi kedua pilot dalam menghadapi kondisi darurat. [majalah Air & Space terbitan Smithsonian Institution's National Air and Space Museum, Washington DC - di salah satu edisidi tahun 2005 menyebutkan bahwa kedua awak pesawat sempat mendeteksi kebocoran oksigen itu, dan sesuai SOP yang berlaku kemudian memutuskan untuk melakukan gerak menyelam (dive) dengan cepat menuju ketinggian yang lebih rendah - tapi justru kecepatan pesawat dalam proses diving inilah yang menyebabkan mereka kehilangan kesadaran (karena oksigen yang tipis) dan jatuh] 12 April 2007: fihak otoritas di Kremlin mem-veto semua upaya investigasi baru tentang kematian Gagarin. Mereka berkukuh bahwa tidak ada alasan apapun bagi investigasi baru oleh fihak manapun. April 2011: dokumen dari Komisi Penyelidik (Pemerintah) yang di tahun 1968 mendapat penugasan dari Komite Sentral Partai Komunis dirilis (untuk konsumsi publik). Dalam dokumen tersebut Komisi menyimpulkan bahwa Gagarin (atau Seryogin) terpaksa bermanuver tajam - apakah untuk menghindari sebuah balon cuaca, yang dalam kondisi cuaca yang jelek menyebabkan pesawat mengalami kondisi yang “super kritis” yang disebut stall [AVIATION: a situation in which an aircraft suddenly dives because the halaman 7


◄ [dari hal. 7]

airflow is obstructed and lift is lost….), kehilangan daya angkat dan jatuh, atau untuk menghindari terjebak dalam “batas atas (upper limit) dari lapisan awan” yang sanggup diterbanginya. [lihat juga posting OM Gatot YE1GD di orarinews Thu 12-Apr-12 7:26 AM, bertajuk [orarinews] Yuri Gagarin - UA1LO, 12 April 1961] Betapapun, terbukti bahwa Gagarin gugur BUKAN karena human error, atau karena ke-kurang cakapannya sebagai pilot, atau karena cacat fisik atau psikis akibat terdadah sinar kosmis dan/atau keadaan tanpa bobot (zero-gravity) selama penerbangan ke orbit, tetapi benar-benar karena kecelakaan (pure accident) yang terjadi karena gabungan beberapa sebab yang di luar kendalinya. Jasad Gagarin dan Seryogin kemudian di kremasi, dan abunya diterbangkan untuk di”tanam” di lingkungan tembok Kremlin di Lapangan Merah, Moskow. Di samping isterinya Valentina, Yuri Gagarin meninggalkan dua orang putri, Elena dan Galina Gagarina yang sampai sekarang hidup dalam lingkungan yang terhormat dan disegani di negerinya (pada tahun 2001 Elena Gagarina yang pakar sejarah seni menjabat sebagai DirJen pada Museum Kremlin, sedangkan adiknya Galina menjadi Ketua Departemen di Universitas Ekonomi Plekhanov, Moskow).

Kontroversi lain tentang Gagarin.

Menanggapi masukan dari seorang sahabat ke japri Penyunting: … ada  satu  hal  [tentang  Gagarin]  yang  ti­ dak  bisa  dipastikan  kebenarannya,  yaitu  saat  meng­ arungi  ruang  angkasa  dalam  komunikasi  radionya  Ga­ garin sempat mengatakan "saya tidak menemukan Tu‐ han disini .." … entah benar atau tidak ....  Penyunting bisa langsung menyatakan bahwa ITU TIDAK BENAR adanya, dengan merujuk ke wawancara dengan sahabat Gagarin, Kolonel Valen Petrov di tahun 2006, yang saya sunting sbb. : “Beberapa sumber menyebutkan bahwa dalam penerbangannya Gagarin sempat berkomentar: “Saya tidak melihat Tuhan macam manapun di atas sini” ("I don't see any God up here.”) Kalimat seperti itu (bahkan yang sekedar mirip pun tidak) tidak dapat ditemukan dalam rekaman pembicaraan Gagarin dengan setasiun pengendali di Bumi*) Dalam wawancaranya, Kolonel Valen Petrov menegaskan bahwa Gagarin TIDAK PERNAH mengucapkan kalimat kontroversial tersebut, dan “penggalan kalimat” ter -sebut dapat dilacak balik dari pidato PM Nikita Kruschev di depan sidang pleno Komite Sentral Partai Komunis Uni Soviet (CPSU), yang mengkampanyekan kebijakan anti-agama (yang memang dianut pemerintahan Uni Soviet saat itu) dengan mengatakan: “Gagarin terbang ke angkasa, tetapi tidak melihat Tuhan macam manapun di sana” ("Gagarin flew into space, but didn't see any god there.") Petrov juga menegaskan bahwa Gagarin sudah dibaptis di Gereja Kristen Orthodox di kotanya sewaktu masih [e-QSP – kalawarti elektronik milis ORARI-news]

anak-anak, dan pada tahun 2011 sebuah artikel di FOMA (majalah kaum Kristen Orthodox di Russia) mengutip kesaksian rektor Gereja Othodox di Star City yang bersaksi bahwa “Elena, anak tertua Gagarin sudah dibaptis SEBELUM penerbangan Vostok I. Keluarga Gagarin terbiasa merayakan Hari Natal dan Paskah, dan menyimpan icon (boneka atau lukisan kecil, berthema agamis dalam tradisi ummat Kristiani Orthodox) di rumah mereka” ■ *) Penyunting menyimpan salinan (dalam bahasa Inggris) percakapan radio antara Gagarin di VOSTOK I dengan stasiun Zarya-1 (stasiun pengendali di Kosmodrom Baikonur), yang merekam komunikasi 2 arah dari jam 06.07 UTC, saat roket pendorong lepas landas, sampai dengan 07.55 UTC, saat kapsul/modul re-entry Sharik dilepas dari Vostok I. Insya Allah – kalau banyak yang berminat - saya bisa sunting dan unggah di edisi wa-bil-Khusus e-QSP yang akan datang, atau dikirim KHUSUS kepada mereka yang memang berminat.■

◄ [dari hal. 2]

Richard mendapatkan 5 dollar per ke-pingnya. Kerjasama dengan California Pasific berlanjut sewaktu Garriott kemudian merilis computer game serial Ultima, sampai di tahun 1983 Garriot bersama kakaknya Robert mendirikan Origin Systems yang menangani penerbitan, pemasaran dan distribusi computer games yang dirancang dan dikembangkannya. September 92 Origin Systems dijual ke EA (Electronic Arts), tapi Garriott tetap ikut sebagai programmer, sampai April 2000 dia keluar untuk bersama kakaknya dan Starr Long (produser Ultima versi on line) mendirikan Destination Games (fokus di bisnis on line games, yang disusul Portalarium (2009, untuk on line games lewat jejaring sosial). Demikianlah Garriott Jr membangun “kerajaan” bisnis computer games dan on line games (a.l. Ultima on line, Privateer on line dan Harry Potter on line), yang membuat di usianya yang relatip muda termasuk salah satu milyarder (dalam skala dollar) di negaranya. Di samping sanggup membayar 30 juta dollar untuk penerbangan ke (dan tinggal 11 hari di) ISS, Garrett juga meng”koleksi” Luna 21 (modul pendarat) dan Lunokhod 2 (rover/penjelajah di permukaan Bulan) ex Russia yang sekarang disimpan di museum pribadinya yang berada di kompleks istana “Britannia Manor”-nya di Austin, Texas. Lagi-lagi untuk membuktikan “kegilaan”nya dengan hal-hal yang futuristik, upacara pernikahannya yang diumumkan di New York Daily News pada 3 Juni 2009 pun dilakukan dalam keadaan tanpa bobot (zero-gravity) di atas G-Force One, pesawat Boeing 727-200 yang didesain khusus (mau menyaingi pesawat kepresidenan Air Force One, kalééééé…..) milik Zero-G Corp., perusahaan penerbangan yang menawarkan sensasi terbang dalam kondisi tanpa bobot, dimana Garriott duduk sebagai salah seorang pendirinya ■

“…. berangkaaaaat !!!”, 12/10-2008, Richard Garriott W5KWQ (deret depan paling kanan) halaman 8


Vol. I - MAR/APR 2012