Issuu on Google+

CMYK

6

A-PDF Merger DEMO Purchase from www.A-PDF.com to remove the watermark SABTU, 17 JANUARI 2009 / 20:MUHARRAM 1430 H Bolton v Man United

MASA KUDETA

24 Besar Copa Indonesia IV Sabtu, 17 Januari 2009 Persebaya v Persiwa (leg 2) (Siaran langsung TV One, 15.30 WIB)

Pra Piala Asia 2011

BOLTON – Manchester United berpeluang bertakhta di singgasana klasemen Premier League kali pertama musim ini. Itu dengan catatan United mampu mengalahkan tuan rumah Bolton Wanderers di Stadion Reebok malam nanti (tayangan langsung ESPN-Aora pukul 22.00 WIB). Jika mampu meraih tiga poin atas Bolton, The Red Devils — julukan Manchester United— bakal mengudeta Liverpool. Saat ini, United mengoleksi 44 poin dari 20 laga. Sedangkan Liverpool memiliki 46 poin dan sudah memainkan 21 laga. Kebetulan, Liverpool baru bertanding pada Senin atau Selasa dini hari WIB (20/1) melawan Everton dalam derby Merseyside. Menyongsong laga lawan Bolton, United berusaha tetap rileks. Pelatih United Sir Alex ’’Fergie” Ferguson itu berkonsentrasi memulihkan kondisi fisik dan stamina anak asuhnya yang baru saja bersusah payah mengalahkan Wigan Athletic 1-0 pada Rabu (14/1) lalu. Dengan bermain lebih sedikit daripada Liverpool alias menyisakan satu laga tunda menjamu Fulham pada 17 Februari nanti, United memang tak harus ngoyo memburu puncak klasemen. Apalagi dengan jadwal padat yang terbentang selama Januari ini alias sembilan laga dalam 30 hari. Setelah lawan Bolton, Gary Neville dkk harus menghadapi Derby County di second leg semifinal Piala Carling (20/1) dan ditantang Tottenham Hotspur di putaran keempat Piala FA empat hari kemudian (24/1). Padatnya jadwal The Red Devils pun sejatinya sudah makan korban, Yakni bertumbangannya para pemain pilar dalam daftar cedera. Antara lain Rio Ferdinand (punggung) Patrice Evra (engkel) dan Wayne Rooney (hamstring). Ketiganya sudah pasti absen dalam lawatan ke Bolton.

Senin, 19 Januari 2009 Oman v Indonesia (B) (Siaran langsung RCTI, 22.00 WIB)

Premier League Inggris Sabtu, 17 Januari 2009 Bolton v Man. United (Siaran langsung ESPN-Aora, 22.00 WIB) Chelsea v Stoke City (Siaran langsung TV One, 22.00 WIB) Minggu, 18 Januari 2009 (dini hari WIB) Hull City v Arsenal (Siaran langsung Star-Sports, 22.00 WIB) Minggu, 18 Januari 2009 West Ham v Fulham (Siaran langsung ESPN-Aora, 20.30 WIB) Tottenham v Portsmouth (Siaran langsung ESPN-Aora, 23.00 WIB)

Liga Italia Serie A Minggu, 18 Januari 2009 (dini hari WIB) Siena v Reggina (Siaran langsung Trans7, 00.00 WIB) AC Milan v Fiorentina (Siaran langsung Trans7, 02.30 WIB) Minggu, 18 Januari 2009 Cagliari v Udinese (Siaran langsung Trans7, 21.00 WIB) Senin, 19 Januari 2009 (dini hari WIB) Lazio v Juventus (Siaran langsung Trans7, 02.30 WIB)

Liga Primera Spanyol Minggu, 18 Januari 2009 (dini hari WIB) Barcelona v Deportivo (Siaran langsung RCTI, 02.00 WIB) Sevilla v Numancia (Siaran langsung RCTI, 04.00 WIB) Senin, 19 Januari 2009 (dini hari WIB) Athletic Bilbao v Valencia (Siaran langsung RCTI, 01.00 WIB) Almeria v Atletico Madrid (Siaran langsung RCTI, 03.00 WIB)

Hanya Sisakan Simon MINIMNYA peserta Korea Super Series 2009 tak membuat Indonesia melangkah mudah. Nyatanya, Simon Santoso menjadi satu-satunya harapan Merah Putih untuk tak pulang dengan tangan kosong dari turnamen yang dihelat di Seoul National University Gymnasium, Seoul itu. Ya, hanya Simon yang bisa melangkah ke semifinal turnamen berhadiah total USD300 ribu tersebut. Kemarin, di perempat final pemuda asal Tegal, Jawa Tengah itu menang atas pemain Indonesia Andre Kurniawan Tedjono 21-6, 21-8. Wakil pelatnas dan nonpelatnas yang diterjunkan Simon Santoso dalam agenda itu sudah lebih dahulu angkat koper. Termasuk dua ganda nomor satu dunia, Markis Kido/ Hendra Setiawan di nomor ganda pria dan ganda campuran Nova Widianto/Liliyana Natsir. Mereka sudah meninggalkan arena sejak di putara dua lalu. Hari ini, Simon ditantang Peter Gade, pemain senior asal Denmark. Di atas kertas, Gade memiliki peringkat lebih baik dengan berada di urutan kelima, sedangkan Simon masih ebrada di jajaran ke-13 dunia. Namun, pada Denmark Terbuka 2007 lalu, Simon sukses mempermalukan Gade di hadapan publik pendukungnya. Jika kali ini Simon bisa melangkah ke final, paling tidak dia bisa lebih cepat menorehkan prestasi sebagai finalis Super Series. Tahun lalu, Simon menjadi finalis pada Singapura Super Series dan Indonesia Terbuka yang masing-masing menjadi agenda kelima dan keenam Super Series 2008. Menurut Hendrawan, pelatih tunggal pria pelatnas PB PBSI, Simon harus bekerja keras untuk lolos ke partai puncak. “Dia harus berani menyerang dan tak boleh capek. Gade itu orangnya ulet dan memiliki tenaga ekstra. Simon harus berani bermain taktis dan tak boleh menyerah,” ujar Hendrawan. (vem)

Chris John Dibantu Green PERSIAPAN pertarungan pilihan (choice) Chris John melawan Ricardo “Rocky’’ Juarez (Amerika) terasa istimewa. Sebab, selain ditangani pelatih sekaligus manajernya, Craig Christian, petinju berjuluk The Dragon itu mendapat perhatian serius dari Danny Green, mantan juara dunia kelas berat ringan versi WBA yang juga merupakan petinju kebanggaan publik Australia. Dalam kunjungannya di markas latihan Chris John, di Harry’s Gym, Perth Austrtalia, Danny Green menaruh simpati kepada satu-satunya petinju juara dunia versi WBA yang dimiliki Indonesia tersebut. Rasa simpati itu antara lain dengan Chris John memberikan masukan kepada Chris John soal teknik-teknik bertinju yang baik. Tak hanya itu. Danny Green bahkan menyempatkan diri ikut membantu melatih Chris John. Bukan tanpa alasan jika Danny Green menaruh simpati kepada Chris John. Sebab, Danny Green punya hubungan baik dengan Harry’s Gym, sasana tinju yang cukup ternama di Australia, yang dikelola Craig Christian, pelatih sekaligus manejer Chris John. Mendapat masukan latihan dari Danny Green, The Dragon dengan senang hati menerimanya. Apalagi, Danny Green selama masih aktif di ring tinju dikenal sebagai petinju yang punya killing punch. Sementara Chris John selama ini dianggap sebagai petinju yang tidak dibekali killing punch. Itu yang membuat mantan atlet wushu nasional peraih medali emas di SEA Games 1997 di Jakarta itu sering memenangkan pertarungannya dengan angka. ‘’Persiapan menghadapi Rocky Juarez masalah killing punch memang termasuk menjadi titik pembenahan Craig Christian kepada Chris John. Sebenarnya Chris punya killing punch, tetapi karena timing Chris John dalam melancarkan pukulan kurang tepat, akibatnya hasilnya kurang maksimal. Nah, timing dalam melancarkan pukulan itulah yang sekarang dibenahi pelatihnya,’’ kata Tonny Priatna, asisten manajer Chris John Manajemen (CM). (ado)

Cristiano Ronaldo

Terbaru, Carlos Tevez yang digadang sebagai pengganti Rooney dan Jonny Evans sebagai deputi Ferdinand, terkendala kebugaran. Jika Tevez tidak fit, Fergie bisa mendorong Cristiano Ronaldo sebagai tandem Dimitar Berbatov. Sedangkan opsi cadangan Evans adalah dengan menggeser ke tengah John O’Shea. ’’Kondisi Carlos dan Jonny masih terus kami pantau. Saya berharap keduanya bisa turun karena kami butuh skuad terbaik lawan Bolton,” kata Fergie kepada Associated Press. Keuntungan bagi United malam nanti memanfaatkan performa Bolton yang tengah drop

belakangan ini. The Trotters — julukan Bolton— juga kehilangan para pemain utamanya mulai kapten tim Kevin Nolan dan bek kanan Greitar Steinsson (skors). Plus gelandang Gavin McCann karena cedera ibu jari kaki dan striker utama Johan Elmander yang masih bergelut dengan hamstring. ’’Partai lawan Manchester United selalu berat. Tapi, kami tetap optimis karena musim lalu kami bisa mengalahkan mereka di kandang sendiri,” ungkap Gary Megson, arsitek Bolton, kepada BBC. Bolton memang tetap punya potensi kejutan. Kendati rekor The Trotters — julukan Bolton— lawan tim-tim papan atas macam Liverpool, Chelsea ataupun Aston Villa selalu kalah, klub peringkat ke-12 (23 poin) itu selalu memberikan perlawanan ketat. Sebagai contoh pekan lalu (10/1) saat hanya kalah tipis 0-1 dari Arsenal di Emirates. (dns/aww)

Waspadai Selebrasi Gilardino MILAN – Tawaran menggiurkan Manchester City kepada Ricardo Izecson dos Santos Leite alias Kaka membuat konsentrasi AC Milan terganggu. Selama ini, gelandang asal Brazil itu dianggap sebagai kunci permainan Milan. Situasi yang tidak menyenangkan di saat tim besutan Carlo Ancelotti itu sibuk mengejar selisih sembilan angka dari rival sekota Inter Milan di puncak klasemen. Mereka juga terancam tergelincir dari zona Liga Champions. Saat ini, Rossoneri (julukan Milan) nangkring di posisi ketiga klasemen dengan koleksi 34 poin. Kalau sedikit saja melakukan kesalahan, Paolo Maldini dkk bisa disalip Napoli di posisi keempat (33 poin) atau Fiorentina di posisi kelima (32 poin). Kebetulan, lawan yang dihadapi Milan pada giornata (pekan) ke-19 adalah calon penggusurnya dari zona empat besar, Fiorentina. Bentrok Milan versus Fiorentina bakal berlangsung di San Siro, dini hari nanti WIB. (Siaran Langsung Trans7, pukul 02.30 WIB) Meski datang ke San Siro dengan bekal kekalahan di partai kandang dari Lecce 1-2, pada giornata ke18, Fiorentina tetap tim yang berbahaya. Mereka sudah membuktikannya dengan finis di Zona Liga Champions di musim lalu dan membuat Milan harus berlaga di Piala UEFA. Selain itu, La Viola (julukan Fiorentina) punya motivasi berlipat dalam diri striker andalannya Alberto Gilardino. Penyerang yang sudah menyumbangkan 12 gol bagi Fiorentina pada musim ini tersebut

punya memori buruk di San Siro. Gilardino pernah tiga musim membela Milan. Tapi, striker berusia 26 tahun itu gagal tampil dalam performa terbaiknya. Dia lebih sering duduk di bangku cadangan. Nah, begitu pindah ke Fiorentina, ketajamannya sebagai ujung tombak pulih. ”Saya tidak mau berbicara buruk soal sebuah klub yang telah memberikan saya pengalaman tampil di level internasional. Di Milan, saya menerima banyak kritik dan saya tidak berpikir pantas menerima itu semua,” bilang Gilardino, seperti dikutip Tribalfootball. ”Saya putuskan untuk pergi (ke Fiorentina) karena saya lebih banyak duduk di bangku cadangan dan tempat utama bukan punya

saya. Di Florence, saya temukan sebuah tim, pemain dan pelatih yang begitu percaya kepada saya. Saya merasa berada di rumah,” ucap Gilardino. Kendati masih menghormati klub lamanya, mantan striker Parma itu tetap akan melakukan selebrasi kalau mampu menjebol gawang Christian Abbiati, dini hari nanti. ”Saya tetap akan merayakannya kalau mampu menjebol gawang Milan,” kata Gila (sapaan Gilardino). Tapi, Gilardino tidak bisa ditemani tandem idealnya, Adrian Mutu. Sebab, striker asal Rumania itu tergolek cedera. Sedangkan di kubu Milan, Daniele Bonera, Alessandro Nesta, Gennaro Gattuso, Kakha Kaladze dan Marco Borriello masih terkapar cedera. (ham/aww)

Carlo Ancelotti

Tergantung Keputusan Kaka LANGKAH Manchester City untuk memboyong Kaka dari AC Milan mulai menampakkan hasil. Begitu tawaran senilai 100 juta euro atau sekitar Rp1,54 triliun ditolak, The Citizens (julukan City) melancarkan tawaran baru. Berdasarkan kabar dari Mediaset, jaringan televisi yang dimiliki Silvio Berlusconi, pemilik Milan, City sudah siap dengan tawaran lebih menggiurkan senilai 150 juta euro (sekitar Rp2,21 triliun). Tawaran yang sulit ditolak. Sudah begitu, City juga dikabarkan mau membayar gaji Kaka sangat tinggi. Mereka siap membayar senilai 15 juta euro (sekitar Rp221 miliar). ”Ini momen yang menentukan. Ada tawaran menarik dari Manchester City untuk Kaka dan Milan mulai mempertimbangkannya,” kata Mauro Sauna, presenter Milan TV, seperti dilansir AFP. Milan juga dikabarkan sudah

memberikan kesempatan kepada Kaka untuk menentukan. Berdasarkan berita dari The Sun, Rossoneri (julukan Milan) sudah memberikan kesempatan kepada City bernegosiasi langsung dengan Kaka. Rumor itu langsung memantik reaksi dari tifosi Milan. Dampaknya, Adriano Galliani, wakil presiden Milan, harus mendapat pengawalan khusus. Rekan-rekan Kaka di Milan, seperti Clarence Seedorf, Paolo Maldini, dan Alexandre Pato juga angkat bicara. ”Sudah jelas kalau City mengirim pesan kepada dunia bahwa mereka akan menjadi salah satu tim terbesar di dunia. Tapi, tetap mengejutkan bagi saya kalau dia pergi pada bulan ini,” ungkap Seedorf seperti dilansir Tribalfootball. Dia menjelaskan bukan motivasi uang yang bisa membuat Kaka angkat kaki dari San Siro. Tapi, kondisi yang berkembang saat ini

sepertinya sulit untuk ditebak. ”Tawaran yang sangat menggiurkan, tapi saya tidak tahu apa motivasi Kaka,” bilang dia. Sedangkan il capitano Milan Paolo Maldini berharap Kaka tetap bertahan. Sebab, selama ini, pemain terbaik dunia FIFA tahun lalu itu menjadi ruh permainan Milan. Sehingga, tidak bisa dibayangkan kalau Kaka pindah klub. Striker muda Milan Pato juga berharap Kaka tetap bertahan. ”Pilihannya akan datang dari hati dan dia harus mempertimbangkannya secara hati-hati. Kalau pun dia memilih pergi, saya tidak akan marah,” bilang Pato kepada La Gazzetta dello Sport. ”Saya ingin dia tetap bertahan di sini di Milan karena ini adalah rumahnya. Saya sangat berharap, dia tetap bermain bersama saya di Milan, bukan hanya tim timnas Brazil,” pinta Pato. (ham)

foto: albert gea/reuters/jpnn

ABSEN. Pemain Barcelona Lionel Messi bakal absen saat menjamu Deportivo la Coruna di Nou Camp dini hari nanti.

Barcelona Pantang Remehkan Lawan BARCELONA – Laju FC Barcelona menuju tangga juara Liga Primera masih belum menemui rintangan berarti. Kans Barca untuk kembali meraih poin tiga terbuka karena di jornada ke-19 dini hari nanti Carles Puyol dkk akan menjamu tim yang sedang compangcamping, Deportivo la Coruna, di Nou Camp. Dalam sepekan terakhir, Deportivo kalah tiga kali dari tim yang sama, Sevilla. Sekali di ajang Liga Primera dan dua kali di kancah Copa del Rey. Deportivo pun gagal melaju ke babak kuarter final. Meski begitu, Josep Guardiola, pelatih Barcelona menekankan akan skuadnya tidak sekali-kali meremehkan lawan manapun. “Kami masih di Januari dan belum satu trofi pun kami raih,” cetus Guardiola seperti dilansir Marca. Secara khusus, Guardiola kini menyoroti menurunnya kinerja barisan belakang timnya. Setelah sebelumnya clean sheet (tidak kebobolan) di tiga laga beruntun, di tiga laga terakhir Liga Primera gawang Barca yang dikawal Victor Valdes selalu kebobolan. “Secara keseluruhan kami bagus. Tapi saya melihat masih banyak celah di lini belakang. Kami harus me-review kesalahan-kesalahan yang dilakukan tim dan memastikannya tidak terulang lagi,” sambung Guardiola. Sejauh ini, Barcelona masih menjadi tim yang paling sedikit kebobolan, yaitu 13 kali.

Menjamu Super Depor (sebutan Deportivo la Coruna) dini hari nanti (siaran langsung RCTI pukul 02.00 WIB) Guardiola masih menunggu perkembangan terakhir tiga pemain pilarnya. Yaitu Lionel Messi, Daniel Alvez dan Andres Iniesta yang mengalami cedera saat mengalahkan Atletico Madrid di leg kedua babak 16 besar Copa del Rey Kamis dini hari kemarin. Sedangkan Sergio Busquets sudah pasti absen karena sanksi akumulasi kartu. Sementara bagi Deportivo, laga dini hari nanti adalah awal dari jadwal maut yang harus dihadapi untuk dua pekan ke depan. Setelah menantang Barcelona, Minggu (25/02) lusa Depor akan melawat ke Santiago Bernabeu menghadapi juara bertahan, Real Madrid. Pekan berikutnya (01/02), skuad Miguel Angel Lotina menjamu tim peringkat keenam, Villarreal. Gelandang Depor, Joan Verdu, mengatakan lawatan timnya ke Nou Camp dini hari nanti tak ubahnya mission impossible. Meski demikian, Verdu tetap optimis. “Setelah menuai tiga kali kekalahan berturut-turut, sangat penting artinya bagi kami untuk bangkit dan tidak membiarkan hal itu kembali terulang,” tegasnya seperti yang dikutip Marca. “Saya kira ini adalah partai paling sulit musim ini. Kami harus menghadapi Barcelona do Npu Camp di saat performa mereka tengah bagus-bagusnya,” sambung dia. (ali)

CMYK


CMYK SABTU, 17 JANUARI 2009 / 20 MUHARRAM 1430 H

HALAMAN 8

Anton

Icha

RTH Harus Diperluas

Tarif Susah Turun

RUANG terbuka hijau (RTH) harus diperluas supaya penyerapan air bisa maksimal. Jika RTH-nya sedikit, maka penyerapan air pun sedikit. Jadi, saat musim kemarau kita akan kesulitan mendapatkan air. Dampak saat musim hujan, jika air tidak meresap ke dalam tanah bisa menyebabkan banjir, seperti yang sering terjadi akhir-akhir ini. (cdr)

”SAAT ini, harga bahan bakar minyak (BBM) sudah turun. Tapi, saya sangat menyayangkan kenapa ongkos angkutan umum tidak turun-turun? Saya heran dengan sikap pengusaha angkutan umum dan Pemerintah Kota Tasikmalaya, jika harga BBM naik, ongkos angkot cepat naik. Masa giliran harga BBM turun, ongkos angkot susah untuk diturunkan. Kami tunggu upaya pemerintah membuat kebijakan yang pro rakyat”. (cdr)

Eksekusi Mantan Dewan Ditunda ngan Kejati. Sebab, berdasarkan KUHP Pasal 268, proses PK yang ditempuh tidak bisa membatalkan eksekusi. Sehingga, bila nanti JUANDA – Eksekusi penahan- berkali-kali tidak hadir, kita pun an dua mantan anggota DPRD akan bertindak tegas dan bisa Kabupaten Tasikmalaya periode menetapkan keduanya sebagai 1999-2004, Yeyen Munawar dan DPO (daftar pencarian orang, Acep Sutrisna, batal dilak- red),” terang Khairul kepada wartawan, kemarin. sanakan. Ia membenarkan bila kuasa Pasalnya, kedua terdakwa gratifikasi Bank Perkreditan hukum dan DPRD Kota Tasikmalaya telah mengiRakyat tersebut, tirimkan surat pedak memenuhi pangnangguhan eksegilan Kejaksaan Nekusi untuk terdakgeri (PN) Tasikmawa Yeyen-kini laya. Alasannya, Yemenjabat anggota yen mengaku sakit DPRD Kota Tasikyang dibuktikan su- EKSEKUSI malaya. Begitu pula rat keterangan sakit dari dr H Muhammad Ali Sya- dengan surat yang dikirim oleh ban. Sedangkan Acep mela- fraksi PPP. Namun, adanya surat tersebut, yangkan surat sakit dari dr Uus Supangat. Kedua surat itu, pihaknya belum bisa memberidisampaikan ke Kejari oleh ku- kan jawaban apapun dengan asa hukum keduanya Ahdar SH. alasan menunggu keputusan Kajari Tasikmalaya Khairul SH dan pendapat Kejati. Sementara itu, Ahdar SH medidampingi Kasi Pidsus Mustofa SH mengatakan akan melakukan ngatakan penangguhan eksekusi pemanggilan ulang, bila surat mengacu pada Pasal 244 KUHP, dokter sudah habis waktu. yakni permohonan kasasi jaksa Selain itu, pihaknya akan ber- dianggap tidak sah. Selain itu, konsultasi ke Kejaksaan Tinggi kata dia, merujuk keputusan MA nomor 1092 k/Pid/2004, salah satu (Kejati) Jabar. “Untuk saat ini, surat dokter klausul bahwa barang bukti uang Rp40 juta yang disita akan dijadimasih kita perkan alat bukti pada perkara lain, caya dulu, ternyata tidak ada perkara setesambil kita melah itu. lakukan kon“Kami telah minta keterangan sultasi dedari PN atas klausul barang bukti uang Rp40 juta, ternyata tidak ada perkara lain setelah kasus itu diputus. Sehingga, keputusan MA kami anggap tidak sah dan surat penagguhan eksekusi sudah dikirim 14 Januari kemarin,” pungkasnya. (tin)

Yeyen-Acep Layangkan Surat Sakit dari Dokter

KESEJAHTERAAN AJENGAN Salam Pak wali. Saya dengar di Kabupaten Garut ada rencana APBD akan dianggarkan untuk kesejahteraan ajengan. Bagaimana dengan Tasik sebagai Kota Santri? Aya emutan kadinya? NN, 081546814xxx

Ngocor Saeutik “GEUS bakat di urang mah jalan rusak teh Lo” “Nya Mang da kumaha deui nya?” “Bejana taun ayeuna dijadikeun taun pangwangunan, tapi dana nu dibutuhkeun ngan ngocor saeutik, rek iraha majuna kota urang teh Lo?” “Atuh mun ayeuna digolontorkeun sadayana, cigana moal aya isu nu alus ke kompanye Mang” “Naha ilaing jol ngomong kadinya Lo” “Pan mun kompanye biasa ngajanjian ngomean jalan rusak. Mun jalan lalucir naon deui atuh isuna keur kompanye engke Mang?” (*)

Syarif Akan Tendang PNS yang tak Loyal GEDUNG JUANG – Wali Kota H Syarif Hidayat MSi mengisyaratkan bakal menendang pejabat yang tidak loyal. Menurut dia, loyalitas merupakan hal yang paling penting. “PNS tidak hanya perlu pintar saja, tapi harus loyal. Buat apa pintar kalau tidak loyal. Jadi yang tidak loyal wayahna minggir saja,” ungkap Syarif di sela-sela pelantikan 277 pejabat eselon 3 dan 4 di Gedung Juang, kemarin. Sementara itu, di tempat yang sama Kabag Kepegawain H Asep Gofarullah mengatakan saat ini, sebanyak 80 jabatan masih kosong. Ke-80 jabatan itu, di antaranya untuk eselon 4A dan 4B. “Untuk di kecamatan, posisi yang belum terisi sebanyak 29 orang untuk eselon 4B, kelurahan sebanyak 40 orang untuk eselon 4B dan SKPD sekitar 11 orang untuk eselon 4B dan 4A,” ujarnya kepada wartawan. (tin)

Perbaikan Jalan tidak Maksimal

“BELUM lama diperbaiki eh sudah rusak lagi. Kumaha yeuh?” gerutu Iman, warga Kota Tasikmalaya, selepas melalui Jalan Gubernur Sewaka dengan mengendarai sepeda motor bebeknya, kemarin. Ia mengaku harus berjuang cukup keras saat melaju di jalur tersebut. Pasalnya, kata dia, di musim hujan, genangan air terjadi di sanas i n i . Jumlah lobang jalan tak terhitung. Padahal, perbaikan jalan tersebut baru beberapa bulan lalu. Tak ubahnya untuk kegiatan adventure, pengendara motor pun harus pandai-pandai memilih rute. Sekali tancap gas sepanjang beberapa meter dan tak siap nginjak rem, siap-siap saja masuk lobang jalan yang digenangi air comberan. Pun begitu dengan sejumlah pengemudi roda empat. Kini, mereka tak bisa lagi memacu kendaraannnya di jalan lurus tersebut. Sekali ngegas beberapa meter kemudian lampu merah belakang mobil menyala menandakan sopirnya menginjak rem.

COVER STORY

ke hal 7

foto-foto: usep saeffulloh

RUSAK. Belum lama diperbaiki, kondisi Jalan Gubernur Sewaka rusak lagi (foto atas). Saat ini, warga mengharapkan seluruh jalan besar di Kota Tasikmalaya di-hotmix seperti yang dilakukan di Jalan Juanda (foto bawah).

foto: tina agustina satria

SURAT DOKTER. Kajari Khairul memperlihatkan surat dokter yang dikirim terdakwa Yeyen dan Acep melalui kuasa hukum keduanya Ahdar SH, kemarin.

Pelajar Persis Ciawi Kunjungi Kantor Radar GRAHA PENA – Untuk menambah wawasan tetang jurnalistik, Jumat (16/1), siswa MTs Persatuan Islam 32 Ciawi mengunjungi Graha Pena Radar Tasikmalaya. Rombongan pelajar disambut Wakil Pemimpin Redaksi Ruslan Caxra, Redaktur Pelaksana Tiko Heryanto dan Koordinator Liputan Charles Bale. Selama berkunjung ke Graha Pena, siswa melakukan tanya

jawab dengan awak redaksi seputar pembuatan berita. Salutnya, pertanyaan yang disampaikan para siswa sangat bervariatif dan mendetail, mulai dari cara pencarian berita, pengeditan, pemasaran koran dan banyak lagi. Usai tanya jawab, para siswa diajak keliling Graha Pena. Mulai ruangan wartawan, lay out hingga ruang pencetakan koran. (cdr)

foto: candra

BERPOSE. Pelajar MTs Persis 32 Ciawi berpose bersama awak redaksi di Graha Pena Radar Tasikmalaya, kemarin.

Anggaran Sangat Minim PERBAIKAN jalan di Kota Tasikmalaya takkan berhasil tanpa dukungan dana yang besar. Saat ini, Dinas Bina Marga, Pengairan, Pertambangan dan Energi membutuhkan dana sebesar Rp455 miliar

untuk memperbaiki sebanyak 190 ruas jalan di kota santri ini. Namun, untuk sarana jalan, pemkot sulit mengeluarkan dana yang hampir mencapai setengah triliun tersebut. Realistisnya, saat ini Pemkot

bisa hanya bia merealisasikan sekitar 53 miliar untuk 45 ruas jalan. Gambaran itulah yang Radar terima setelah melakukan wawancara dengan Sofyan T Rukama, kepala Bidang ke hal 7

Dialog Pemkot-LCKI Buntu BALE KOTA – Hingga kini, polemik pembahasan riwayat kerja Ir Deddy Supriadi, kadis Dinas Bina Marga Pengairan, Pertambangan dan Energi, antara Lembaga Cegah Kejahatan Indonesia (LCKI) dengan pemkot belum menemukan titik terang. Kemarin, dialog untuk kedua kalinya antara aktivis LCKI—yang menuding adanya kecurangan riwayat kerja Deddy—dengan pemkot buntu. LCKI keukeuh mengingkan kehadiran Wali Kota Drs H Syarif Hidayat MSi. “Kami bukan tidak menghormati

bapak-bapak, tapi kami mengatakan wali kota tetap ingin agar wali sudah menugaskan sekota (Syarif Hidayat, jumlah pejabat untuk red) hadir dalam permenangani permatemuan ini, sehingga salahan tersebut. Pak Syarif tahu masalah Karena tidak ditemui ini,” ujar Taufik Rahman, kesepakatan, akhirnya ketua Desk Kejahatan LCKI memberikan surat Kekayaan Negara LCKI untuk dijawab wali kota dihadapan Asda III Achdiat Siswandi secara tertulis paling Achdiat Siswandi, lambat hari Selasa (20/1). Kepala Inspektorat Daerah Farid Surat dari LCKI diterima Achdiat Afandi dan Kabag Kepegawaian Siswandi disaksikan Kabag Ops Asep Goparulloh, kemarin. Polresta Tasikmalaya Kompol Sementara itu, Kepala Inspek- Yono Kusyono dan Kasat Samapta torat Daerah Farid Afandi keukeuh AKP Setyana. (sep)

CMYK


RADAR TASIK