Page 1

CMYK SABTU, 17 JANUARI 2009 / 20 MUHARRAM 1430 H

HALAMAN 8

Anton

Icha

RTH Harus Diperluas

Tarif Susah Turun

RUANG terbuka hijau (RTH) harus diperluas supaya penyerapan air bisa maksimal. Jika RTH-nya sedikit, maka penyerapan air pun sedikit. Jadi, saat musim kemarau kita akan kesulitan mendapatkan air. Dampak saat musim hujan, jika air tidak meresap ke dalam tanah bisa menyebabkan banjir, seperti yang sering terjadi akhir-akhir ini. (cdr)

”SAAT ini, harga bahan bakar minyak (BBM) sudah turun. Tapi, saya sangat menyayangkan kenapa ongkos angkutan umum tidak turun-turun? Saya heran dengan sikap pengusaha angkutan umum dan Pemerintah Kota Tasikmalaya, jika harga BBM naik, ongkos angkot cepat naik. Masa giliran harga BBM turun, ongkos angkot susah untuk diturunkan. Kami tunggu upaya pemerintah membuat kebijakan yang pro rakyat”. (cdr)

Eksekusi Mantan Dewan Ditunda ngan Kejati. Sebab, berdasarkan KUHP Pasal 268, proses PK yang ditempuh tidak bisa membatalkan eksekusi. Sehingga, bila nanti JUANDA – Eksekusi penahan- berkali-kali tidak hadir, kita pun an dua mantan anggota DPRD akan bertindak tegas dan bisa Kabupaten Tasikmalaya periode menetapkan keduanya sebagai 1999-2004, Yeyen Munawar dan DPO (daftar pencarian orang, Acep Sutrisna, batal dilak- red),” terang Khairul kepada wartawan, kemarin. sanakan. Ia membenarkan bila kuasa Pasalnya, kedua terdakwa gratifikasi Bank Perkreditan hukum dan DPRD Kota Tasikmalaya telah mengiRakyat tersebut, tirimkan surat pedak memenuhi pangnangguhan eksegilan Kejaksaan Nekusi untuk terdakgeri (PN) Tasikmawa Yeyen-kini laya. Alasannya, Yemenjabat anggota yen mengaku sakit DPRD Kota Tasikyang dibuktikan su- EKSEKUSI malaya. Begitu pula rat keterangan sakit dari dr H Muhammad Ali Sya- dengan surat yang dikirim oleh ban. Sedangkan Acep mela- fraksi PPP. Namun, adanya surat tersebut, yangkan surat sakit dari dr Uus Supangat. Kedua surat itu, pihaknya belum bisa memberidisampaikan ke Kejari oleh ku- kan jawaban apapun dengan asa hukum keduanya Ahdar SH. alasan menunggu keputusan Kajari Tasikmalaya Khairul SH dan pendapat Kejati. Sementara itu, Ahdar SH medidampingi Kasi Pidsus Mustofa SH mengatakan akan melakukan ngatakan penangguhan eksekusi pemanggilan ulang, bila surat mengacu pada Pasal 244 KUHP, dokter sudah habis waktu. yakni permohonan kasasi jaksa Selain itu, pihaknya akan ber- dianggap tidak sah. Selain itu, konsultasi ke Kejaksaan Tinggi kata dia, merujuk keputusan MA nomor 1092 k/Pid/2004, salah satu (Kejati) Jabar. “Untuk saat ini, surat dokter klausul bahwa barang bukti uang Rp40 juta yang disita akan dijadimasih kita perkan alat bukti pada perkara lain, caya dulu, ternyata tidak ada perkara setesambil kita melah itu. lakukan kon“Kami telah minta keterangan sultasi dedari PN atas klausul barang bukti uang Rp40 juta, ternyata tidak ada perkara lain setelah kasus itu diputus. Sehingga, keputusan MA kami anggap tidak sah dan surat penagguhan eksekusi sudah dikirim 14 Januari kemarin,” pungkasnya. (tin)

Yeyen-Acep Layangkan Surat Sakit dari Dokter

KESEJAHTERAAN AJENGAN Salam Pak wali. Saya dengar di Kabupaten Garut ada rencana APBD akan dianggarkan untuk kesejahteraan ajengan. Bagaimana dengan Tasik sebagai Kota Santri? Aya emutan kadinya? NN, 081546814xxx

Ngocor Saeutik “GEUS bakat di urang mah jalan rusak teh Lo” “Nya Mang da kumaha deui nya?” “Bejana taun ayeuna dijadikeun taun pangwangunan, tapi dana nu dibutuhkeun ngan ngocor saeutik, rek iraha majuna kota urang teh Lo?” “Atuh mun ayeuna digolontorkeun sadayana, cigana moal aya isu nu alus ke kompanye Mang” “Naha ilaing jol ngomong kadinya Lo” “Pan mun kompanye biasa ngajanjian ngomean jalan rusak. Mun jalan lalucir naon deui atuh isuna keur kompanye engke Mang?” (*)

Syarif Akan Tendang PNS yang tak Loyal GEDUNG JUANG – Wali Kota H Syarif Hidayat MSi mengisyaratkan bakal menendang pejabat yang tidak loyal. Menurut dia, loyalitas merupakan hal yang paling penting. “PNS tidak hanya perlu pintar saja, tapi harus loyal. Buat apa pintar kalau tidak loyal. Jadi yang tidak loyal wayahna minggir saja,” ungkap Syarif di sela-sela pelantikan 277 pejabat eselon 3 dan 4 di Gedung Juang, kemarin. Sementara itu, di tempat yang sama Kabag Kepegawain H Asep Gofarullah mengatakan saat ini, sebanyak 80 jabatan masih kosong. Ke-80 jabatan itu, di antaranya untuk eselon 4A dan 4B. “Untuk di kecamatan, posisi yang belum terisi sebanyak 29 orang untuk eselon 4B, kelurahan sebanyak 40 orang untuk eselon 4B dan SKPD sekitar 11 orang untuk eselon 4B dan 4A,” ujarnya kepada wartawan. (tin)

Perbaikan Jalan tidak Maksimal

“BELUM lama diperbaiki eh sudah rusak lagi. Kumaha yeuh?” gerutu Iman, warga Kota Tasikmalaya, selepas melalui Jalan Gubernur Sewaka dengan mengendarai sepeda motor bebeknya, kemarin. Ia mengaku harus berjuang cukup keras saat melaju di jalur tersebut. Pasalnya, kata dia, di musim hujan, genangan air terjadi di sanas i n i . Jumlah lobang jalan tak terhitung. Padahal, perbaikan jalan tersebut baru beberapa bulan lalu. Tak ubahnya untuk kegiatan adventure, pengendara motor pun harus pandai-pandai memilih rute. Sekali tancap gas sepanjang beberapa meter dan tak siap nginjak rem, siap-siap saja masuk lobang jalan yang digenangi air comberan. Pun begitu dengan sejumlah pengemudi roda empat. Kini, mereka tak bisa lagi memacu kendaraannnya di jalan lurus tersebut. Sekali ngegas beberapa meter kemudian lampu merah belakang mobil menyala menandakan sopirnya menginjak rem.

COVER STORY

ke hal 7

foto-foto: usep saeffulloh

RUSAK. Belum lama diperbaiki, kondisi Jalan Gubernur Sewaka rusak lagi (foto atas). Saat ini, warga mengharapkan seluruh jalan besar di Kota Tasikmalaya di-hotmix seperti yang dilakukan di Jalan Juanda (foto bawah).

foto: tina agustina satria

SURAT DOKTER. Kajari Khairul memperlihatkan surat dokter yang dikirim terdakwa Yeyen dan Acep melalui kuasa hukum keduanya Ahdar SH, kemarin.

Pelajar Persis Ciawi Kunjungi Kantor Radar GRAHA PENA – Untuk menambah wawasan tetang jurnalistik, Jumat (16/1), siswa MTs Persatuan Islam 32 Ciawi mengunjungi Graha Pena Radar Tasikmalaya. Rombongan pelajar disambut Wakil Pemimpin Redaksi Ruslan Caxra, Redaktur Pelaksana Tiko Heryanto dan Koordinator Liputan Charles Bale. Selama berkunjung ke Graha Pena, siswa melakukan tanya

jawab dengan awak redaksi seputar pembuatan berita. Salutnya, pertanyaan yang disampaikan para siswa sangat bervariatif dan mendetail, mulai dari cara pencarian berita, pengeditan, pemasaran koran dan banyak lagi. Usai tanya jawab, para siswa diajak keliling Graha Pena. Mulai ruangan wartawan, lay out hingga ruang pencetakan koran. (cdr)

foto: candra

BERPOSE. Pelajar MTs Persis 32 Ciawi berpose bersama awak redaksi di Graha Pena Radar Tasikmalaya, kemarin.

Anggaran Sangat Minim PERBAIKAN jalan di Kota Tasikmalaya takkan berhasil tanpa dukungan dana yang besar. Saat ini, Dinas Bina Marga, Pengairan, Pertambangan dan Energi membutuhkan dana sebesar Rp455 miliar

untuk memperbaiki sebanyak 190 ruas jalan di kota santri ini. Namun, untuk sarana jalan, pemkot sulit mengeluarkan dana yang hampir mencapai setengah triliun tersebut. Realistisnya, saat ini Pemkot

bisa hanya bia merealisasikan sekitar 53 miliar untuk 45 ruas jalan. Gambaran itulah yang Radar terima setelah melakukan wawancara dengan Sofyan T Rukama, kepala Bidang ke hal 7

Dialog Pemkot-LCKI Buntu BALE KOTA – Hingga kini, polemik pembahasan riwayat kerja Ir Deddy Supriadi, kadis Dinas Bina Marga Pengairan, Pertambangan dan Energi, antara Lembaga Cegah Kejahatan Indonesia (LCKI) dengan pemkot belum menemukan titik terang. Kemarin, dialog untuk kedua kalinya antara aktivis LCKI—yang menuding adanya kecurangan riwayat kerja Deddy—dengan pemkot buntu. LCKI keukeuh mengingkan kehadiran Wali Kota Drs H Syarif Hidayat MSi. “Kami bukan tidak menghormati

bapak-bapak, tapi kami mengatakan wali kota tetap ingin agar wali sudah menugaskan sekota (Syarif Hidayat, jumlah pejabat untuk red) hadir dalam permenangani permatemuan ini, sehingga salahan tersebut. Pak Syarif tahu masalah Karena tidak ditemui ini,” ujar Taufik Rahman, kesepakatan, akhirnya ketua Desk Kejahatan LCKI memberikan surat Kekayaan Negara LCKI untuk dijawab wali kota dihadapan Asda III Achdiat Siswandi secara tertulis paling Achdiat Siswandi, lambat hari Selasa (20/1). Kepala Inspektorat Daerah Farid Surat dari LCKI diterima Achdiat Afandi dan Kabag Kepegawaian Siswandi disaksikan Kabag Ops Asep Goparulloh, kemarin. Polresta Tasikmalaya Kompol Sementara itu, Kepala Inspek- Yono Kusyono dan Kasat Samapta torat Daerah Farid Afandi keukeuh AKP Setyana. (sep)

CMYK

metro oke  

halaman metropolis

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you