Issuu on Google+

Edisi XV/ Muharram 1432 H - Desember 2010 M

* Terompah Bilal * Berkah Dhuha di Kantor * Lantabur, Insya Allah Tidak Akan Rugi

Hijriyatul Munthalaq


Layanan Jasa Mulia Layanan Jasa Penuh Berkah ... a. Layanan pembayaran rekening listrik, telepon dan air Biaya administrasi Rp 15.000/rekening b. Biaya Administrasi Layanan Jasa Mulia 1. Sepeda Motor Perpanjangan STNK Rp 50.000/sepeda motor Ganti Plat Rp 65.000/sepeda motor 2. Mobil Perpanjangan STNK Ganti Plat

Rp 75.000/sepeda motor Rp 100.000/sepeda motor

Memanfaatkan Layanan Jasa Mulia berarti anda berpartisipasi dalam program pemberdayaan dhuafa LAZ DSIM

Contact Person Hubungi

0711-7039244 0711-814234


dari REDAKSI

newsletter

Penerbit Dompet Sosial Insan Mulia (DSIM) Penanggung Jawab Adi Apriliansyah (Chairman DSIM) Redaktur Pelaksana M. Harpani Redaktur Ahli H. Toto Haryanto, Lc dr Legiran Ir. Salihul Fajri Dewan Redaksi Anton DC Nurbaiti Artistik Muhammad Zakaria Distribusi/Sirkulasi Lili Kurniawan Iklan Lili Kurniawan (0711 7090180) Administrasi/Keuangan Euis Sri Maryati Email : dsim_plg@yahoo.co.id Facebook : www.facebook.com/ dsim.palembang Website : www.dsim.or.id Kritik, saran serta konsultasi, dikirimkan ke SMScenter : 0811 71 3746 Alamat : Jl. Angkatan 66 No. 435 C Palembang 30127 Telp / Fax : 0711 814 234 Khusus untuk Muzakki / Donatur tetap minimal Rp 20.000,- / bulan, diberikan secara cumacuma. Isi diluar tanggung jawab percetakan

Assalamualaikum wr wbr,

A

lhamdulillahirabbil alamin, segala puji hanya kepada Allah swt. Tuhan seru sekalian alam. Yang menguasai kerajaan langit dan bumi. Yang memberi rizki makan bagi seluruh mahluk ciptaannya, tak peduli apakah mereka beriman atau angkuh dengan kesombongan diri sendiri. Shalawat serta salam tak henti-hentinya kita lantunkan dari bibir kering kita, kepada junjungan manusia agung, Rasulullah saw. Atas pelita dan hijrah yang pernah ia lakukan. Sehingga jalan kebaikan kita menjadi terang, menuntun ke arah surga firdaus menurut ridha-Nya. Selamat tahun baru 1432 hijriah dan selamat datang tahun 2011 miladiyah. Anggap saja kita tidak sedang mengagungkan momentum keduanya. Karena, di dalam Islam setiap masa adalah istimewa untuk melakukan perubahan di dalamnya. Sebagai muslim yang baik, tentu kita tidak ingin terjebak dalam penghargaan momentum yang hanya bersifat selebrasi. Mengistimewakan hanya sekedar basa-basi, menjadi konsumsi ekonomi semata, abai dengan perubahan yang perlu dilakukan di dalamnya. Waktu semuanya istimewa dan layak dijadikan momentum. Waktu Subuh, adalah momentum untuk memulai hari. Saat pagi, menjadi istimewa karena kita dapat menentukan harapan yang akan digapai. Dengannya kita bisa melakukan persiapan yang diperlukan.Waktu Dhuha, adalah momentum untuk mengatur keberkahan dalam rizki yang akan kita peroleh. Bahwa kita telah bersungguh-sungguh dalam berniat. Sehingga Allah akan memudahkan rizki kita bila masih sulit. Mendekatkan bila masih jauh. Menyampaikan bila sudah dekat. Serta menghalalkan bila masih haram. Begitu juga dengan waktu Zuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya. Termasuk qiyamul lail kita. Waktu yang tepat untuk muhassabah diri. Waktu untuk membilas hati, seberapa banyak amal yang telah kita lakukan. Seberapa kualitas syukur kita hari itu. Semuanya adalah jeda momentum untuk terus memperbaiki diri. Pembaca yang budiman, bagi kami di Dompet Sosial Insan Mulia, bulan Januari menjadi waktu juga yang teramat istimewa. Karena, setiap tanggal 15 Januari, DSIM mencapai titik satu tahun perjalanannya. Ya, DSIM merayakan milad-nya pada tanggal tersebut. Dan tahun ini, usia DSIM menjadi sembilan tahun. Mengedukasi, melayani, memberdayakan itulah jargon yang senantiasa menyemangati kami. Bagaimana mengedukasi masyarakat tentang kesadaran berzakat. Melayani setiap mustahik dan muzakki agar dimudahkan dalam berhubungan dengan kami. Serta, bagaimana setiap rupiah yang diterima DSIM, benar-benar terserap dalam kerangka pemberdayaan. Doakan kami para pembaca, agar tetap konsisten di jalan ini. Tak banyak yang kami harapkan. Selain semakin banyak muslim yang tersadar dengan kewajiban zakatnya. Serta semakin banyak mustahik yang terbantu dan terberdayakan. Dukungan Anda sangat berarti dalam meneguhkan setiap tapak yang torehkan dalam sejarah zakat di Palembang ini. Sekecil apapun bentuk pertolongan Anda terhadap agama Islam, maka Allah punya cara sendiri untuk membalas pertolongan tersebut. Yang ada hanyalah masalah waktu dan seberapa tinggi kualitas keyakinan kita akan hal tersebut. Wallahualam bishawab. Wassalam Redaksi

Sabtu (11/12) keluarga besar DSIM berkumpul di rumah kecil & asri, Muhammad Harpani di komplek Jadongan, Tanah Mas, Banyuasin. Sepeda Ontel milik member LKC di Tegal Binangun Edisi XV, Shafar 1432 H - Januari 2011 M

newsletter

3


DSIM

Sekilas

Dompet Sosial Insan Mulia (DSIM) merupakan organisasi nirlaba, non pemerintah, non partisan, berkhidmat untuk mengangkat harkat sosial demi kemanusiaan. Program didanai oleh zakat, infaq, shodaqoh (ZIS) dan donasi korporasi. Pendirian Yayasan No.3 tanggal 5 September 2002 dengan Notaris H. Zulkifli Sitompul, SH. 23 Desember 2002, Dompet Sosial Insan Mulia dikukuhkan sebagai Lembaga Amil Zakat Daerah Sumatera Selatan berdasarkan S u ra t Ke p u t u s a n G u b e r n u r Sumatera Selatan No. 586 / KPTS / V / 2002. Juli 2004, DSIM resmi tergabung dalam Jejaring Pengelola Zakat Lembaga Amil Zakat Nasional Dompet Dhuafa Republika Jakarta. PROGRAM-PROGRAM DSIM : .Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC) .Madrasah Umat .Layanan Masyarakat Dan Pengembangan Insani (LMPI) .Aksi Cepat Tanggap (ACT) .Tebar Hewan Kurban (THK)

Masih Ada

KESEMPATAN untuk

BERKURBAN di Tahun Depan Powered by DSIM

www.insanmulia.net

Wujudkan Niat berkurban Anda di Tahun Depan, Melalui Program

Kantor Pusat Dompet Sosial Insan Mulia (DSIM) : Jalan Angkatan 66 No. 435 C Palembang 30127 Telp/Fax : 0711 814234 Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC): 1. LKC 7 Ulu 2. LKC Tangga Buntung 3. LKC A. Rivai 4. LKC Bukit / Ash-Shaff Pos Kesehatan 1. Kertapati 2. Kalidoni 3. Sei Rebo 4. Talang Andong 5. Karya Jaya 6. Tegal Binangun

Lima manfaat untuk Anda :

Jl. Angkatan 66 No.345 C (Dompet Sosial Insan Mulia) Palembang 30127

4

newsletter

Edisi XV, Shafar 1432 H - Januari 2011 M

HOTLINE SERVICE

071I-8337423


Selamat Tahun Baru Islam Tak perlu mengistimewakan momentum, karena setiap waktu yang ada, adalah momentum untuk melakukan perubahan. Jadikan ia sebagai alat keterjagaan kita, bahwa waktu terus berputar. Dan kita ikut di dalamnya. Tak harus gegas diburu waktu, namun tak pula menjadi malas karena senantiasa tergilas olehnya.

1 Muharram 1432 Hijriyah Semoga tahun ini kita mampu berhijrah secara sadar dan sempurna. Dan semakin mendekatkan kita pada kecenderungan hati pada kebaikan.

&

Selamat Datang Tahun 2011 Miladiyah Semoga dapat menjadi pengiring waktu bagi perubahan sejati.

Keluarga Besar Lembaga Amil Zakat dan Pemberdayaan Masyarakat

DOMPET SOSIAL INSAN MULIA

nsanmulia

network

CONNEC T AND SHARE


Kajian Utama

Watervang, Lubuk Linggau Anton DC / DSIM

Resolusi Hijriyah :

Hidup Jangan Mengalir Seperti Air Titik Tolak.

S

etiap kita membutuhkan titik tolak untuk berubah. Entah karena memang dirancang atau semuanya terjadi karena skenario Allah. Mungkin namanya saja yang berbeda. Entah itu momentum, entah itu titik balik atau apalah. “Demi waktu. Seseungguhnya setiap manusia senantiasa dalam kerugian. Kecuali bagi mereka yang beriman dan beramal shalih serta saling menasihati dalam kebenaran dan yang salling menasihati dalam kesabaran.� (QS Al Ashr : 1- 3). Begitu tuntunan Allah swt dalam kitab-Nya. Tak ada pengistimewaan waktu khusus untuk mengingatkan kita agar tidak lalai, agar tidak merugi. Yang ada hanyalah agar kita tetap dalam keadaan beriman, senantiasa dengan amal-amal kebaikan. Walau sedikit, tapi dikerjakan dengan sadar dan berlapis ilmu atasnya. Dan juga yang tak kalah penting, agar tidak merugi, senantiasa saling mengingatkan dan menasihati. Dan semua itu tidak akan mungkin berjalan, kecuali lingkungan yang di dalamnya ada orang-orang shalih. Ada orangorang beriman yang bersahaja dalam

6

newsletter

Edisi XV, Shafar 1432 H - Januari 2011 M

kehidupan dunianya. Namun begitu dalam ilmu akhiratnya. Sayangnya, manusia tidak selalu berada dalam keadaan ideal. Tuntunan kehidupan dunia, termasuk memenuhi kebutuhan standarnya, cenderung selalu mengusik kekhusyukan tersebut. Akhirnya tujuan semula yang terpampang jelas di depannya. Mulai terasa jauh dan menyisakan permisif kecil dalam dada. Bahwa kehidupan akhirat masih jauh. Sedangkan anak dan istri di rumah harus mendapat makanan dan pakaian yang layak hari ini. Usikan yang kecil namun cukup menggeser orientasi kehidupan imani anak manusia. Apalagi sifat pelupa manusia, bila ia tidak berada dalam lingkungan yang kondusif. Hingga, perlulah dirasa ada tempat-tempat yang akan mengingatkannya akan tujuan sebenarnya. Ada waktu-waktu yang perlu dijadikan sebagai momentum. Mungkin dalam pandangan individu saja dahulu, baru meningkat ke kesadaran kolektif berjamaah. Bisa jadi momentum yang paling dekat adalah momentum tahun baru 1432 hijriyah. Atau karena sudah terbiasa dan lingkungan menggunakannya, kita menjadikan tahun 2011 miladiyah. Hanya sebagai titik tolak, tidak


lebih. Tak perlu keterlaluan, apalagi sampai menggelar ritual meniup terompet di tepat pergantian waktu. Mubazir dan menganiaya diri sendiri! Sebagai muslim yang baik, sebagaimana dinasihatkan dalam surat Al Ashr di atas. Setiap waktu adalah istimewa. Tak peduli apakah itu tahun baru atau tahun lama. Setiap waktu adalah momentum untuk muhassabah, mengoreksi diri. Mungkin kebetulan saja, saat kita tersadar, titik tolak yang paling dekat, dan keduanya pun jatuh pada kolom waktu yang berdekatan pula. Yakni tahun baru hijriyah dan miladiyah. Tak apalah kita ambil keduanya. Asal kita sadar bahwa semuanya hanyalah kebetulan berdekatan. Hijriyatul Munthalaq Baiklah, saat ini kita berada di bulan awal 1432 hijriyah. Pertanyaannya kemudian adalah, apa yang akan kita ambil dari titik tolak tahun Hijriyah ini? Sebagian mungkin menginginkan karir yang lebih baik lagi. Ada yang ingin menggenapkan setengah dien-nya tahun ini. Ada yang ingin memperoleh pendidikan yang lebih tinggi lagi. Ada yang menginginkan waktu bersama keluarga yang lebih banyak lagi. Atau mungkin malah cenderung diam dan tak tahu harus membuat keinginan apa. Silahkan dipilih dan direnungkan masing-masing pilihan tersebut. Intinya, bertitik tolak dari pergantian tahun, khususnya tahun hijriyah, kita menghendaki perubahan yang lebih baik di tahun ini dibanding tahun sebelumnya. Bagus sekali. Karena, nasihat junjungan kita, Rasulullah saw menyebutkan bahwa hari ini harus lebih baik dari hari kemarin. Dan hari esok harus lebih baik dari hari ini. Banyak dari kita lebih memilih hidup mengalir seperti air, tak membuat target apapun untuk tahun ini. Kelihatan puitis, namun mungkin bukan ungkapan yang tepat. Bila kita saat ini masih di hulu aliran, setidaknya kita harus tahu dulu, kemana air akan mengalir. Kemana aliran akan terpecah bila telah sampai di muara.

Membiarkan diri hanyut begitu saja, terombang-ambing kehidupan dunia yang tak jelas rimbanya. Ibarat membiarkan diri hanyut menuju kehancuran. Bagaimana tidak, aliran waktu dunia tidak sedang mengalir menurut fitrah-Nya. Manusia dengan segala kecerdasan dan sekaligus kebodohannya, telah mengubah kehidupan dunia menjadi surga yang prematur. Kenikmatan yang direnggut duluan, dan mengabaikan tujuan mengapa ia diciptakan. Dunia telah dibuat nyaman dan mudah, menurut ukuran nafsunya semata. Mengikuti k e i n g i n a n ya n g c e n d e r u n g h e d o n i s , mengutamakan kemasan daripada isi dan sebagainya. Dengan uang sebagai tuhannya dan konsumtif sebagai imannya. Maka, tak punya uang jangan harap ia dapat merasakan nikmatnya surga dunia ini. Ibarat masakan, merasa telah mencecap bumbunya duluan. Enak memang. Padahal pasca kiamat kelak, masakah tersebut haruslah dinikmati secara menyeluruh. Betapa hambarnya bila yang tersisa nanti hanya kuahnya saja. Betapa menyakitkan, bila setelah mencecap duluan segala kenikmatan di dunia, yang tersisa nanti hanyalah siksaaan yang pedih. Naudzubillahi mindzalik.. Bila kita membiarkan hidup mengalir dalam aliran dunia seperti ini, maka binasalah kita sebelum muara aliran kelihatan. Mana kemuliaan hidup kita? Mana kemuliaan sebagaimana yang diajarkan oleh agama kita? Emas diangkat menjadi logam mulia, karena ia mempunyai perbedaan dengan logam-logam lainnya. Secara kimiawi, ia unsur yang paling stabil dan tidak mudah bereaksi dengan unsur lain. Secara estetis, kilau logamnya terasa berbeda. Dan secara perlakuan pun, ia mendapat hak yang istimewa. Begitulah seharusnya kemuliaan seorang muslim. Tak apalah kita berbeda dengan kebanyakan orang-orang di akhir zaman ini. Agar mendapat hak istimewa nanti di hari kiamat dan sesudahnya, kita harus bisa menunjukkan perbedaan tersebut. Berbeda tak selamanya jelek dan negatif. Wallahualam bishawab.

?

Sudahkah Anda ZAKAT di bulan ini

BNI Syariah : Zakat (00928.38669), Shadaqah/Fidyah (00928.38681), Kemanusiaan (00928.38670), Bank Negara Indonesia : Zakat (007540398.9), Shadaqah/Fidyah *(0197574843), Bank Syariah Mandiri : Zakat (018.001.4990), Shadaqah/Fidyah (018.001.5381) , Bank Muamalat Indonesia : Zakat (361.00034.15), Wakaf Tunai *(9076781999), Bank Mandiri : Zakat (113.00.0449340.3), Bank Sumsel : Zakat (1403070489), Wakaf Tunai (1403070490), BCA : Zakat *(0212547423), Shadaqah/Fidyah *(0212547415). a.n. Dompet Sosial Insan Mulia * a.n. Adi Apriliansyah (Chairman DSIM)


Hikmah

A pair of shoes sit covered in volcanic ash from the eruption of Mount Merapi in the abandoned village of Kaliadem, Yogyakarta, Indonesia on Nov. 2, 2010. AP Photo/Trisnadi

Terompah Bilal

D

ari Abu Hurairah ra, bahwasanya Nabi saw pernah bersabda kepada Bilal selepas sholat Subuh, “Ceritakan kepada saya satu amalan yang paling engkau andalkan dalam Islam, karena sesungguhnya pada suatu malam saya mendengar suara terompah kamu berada di pintu surga�. Bilal berkata : “Saya tidak melakukan sesuatu apapun yang lebih baik melainkan saya tidak pernah bersuci dengan sempurna pada setiap saat, baik malam maupun siang hari kecuali saya selalu melakukan sholat sebanyak yang mampu saya kerjakan�. (HR. Al-Bukhari) Hadist di atas begitu masyhurnya, sampai-sampai matan dari hadist ini menjadi sandaran bagi amalan shalat sunnah wudhu. Anjuran untuk melaksanakan shalat yang sangat istimewa itu. Namun sekarang kita coba melihat dari sisi lain, faidah dari hadist di atas. Rasulullah saw merupakan manusia agung yang menjadi contoh paling sempurna dalam hal menyambung silaturahim dan persahabatan. Dari hadist di atas, secara tersirat menunjukkan betapa sifat Rasulullah saw yang begitu paham dengan sifat dan sikap para sahabatnya. Pertanyaannya sederhana saja, bagaimana Rasulullah saw bisa tahu bahwa suara yang ia dengar itu adalah terompahnya punya Bilal? Padahal beliau punya banyak sahabat dan tentunya dari setiap sahabat itu punya terompah juga. Dan sebagaimana yang kita ketahui, sahabat paling dekat dalam kehidupan

8

newsletter

Edisi XV, Shafar 1432 H - Januari 2011 M

Rasulullah adalah Anas bin Malik ra, yang telah menjadi pembantu Rasulullah saw selama bertahun-tahun. Atau tidak pula seperti kedekatan Rasullullah saw dengan sahabat besar lainnya. Di sinilah letak keagungan Rasulullah dalam menjalin persahabatan. Ia bisa begitu hafal sifat-sifat dari para shahabatnya dengan detil hingga pada masalah-masalah yang remeh sekalipun. Buktinya, beliau mampu mengenali suara terompah Bilal, dan memastikan bahwa itu adalah benar suara terompah Bilal. Maka, faidah yang bisa kita ambil dari hadits ini, mencontohkan pada kita bagaimana seharusnya bersahabat. Bersahabat bukan berarti hanya sekedar bersalaman, saling menanyakan nama dan kemudian tidak pernah mengobrol lagi. Atau hanya sekedar bersua tatkala ada hajat keperluan saja, namun abai ketika ia sedang dalam kesusahan. Namun hendaknya kita berusaha menggali siapa sebenarnya shahabat kita. Asalnya dari kota mana, dia anak keberapa, apa kegemarannya, apa makanan favoritnya, apa saja hal-hal yang tidak ia senangi, dan berbagai detil lainnya. Jangan sampai kemudian kita telah bershahabat lama dengan seseorang, tapi tidak tahu bahwa ia ternyata orang Sumatera, tidak tahu bahwa ia ternyata tidak suka makanan pedas, tidak suka bila kebaikannya diungkit dan sebagainya. Maka, mari bershahabat sebagaimana Nabi saw bershahabat!


keajaiban SEDEKAH

Berkah Dhuha di Kantor Kisah berikut diambil dari RSS feed wisatahati.com. Klaim dari penulis, cerita ini diangkat dari kisah nyata. Yang terjadi di antara tahun 1998 – 1999, di sebuah perusahaan real estate. Bentuk penulisan sudah dimodifikasi agar mudah dipahami. Semoga bisa diambil hikmahnya.

S

uatu ketika di sebuah kantor di kawasan Grogol, nampak seorang Bos keturunan Cina, baru datang lalu mnghampiri OB (office boy) yang lagi menyeduh kopi. “Cup, mana si Amat, kenapa di mejanya nggak ada?! Cari ya, bilangin gua mau rapat jam 10 teng-go !” "Oiya Pak, dia lagi di mushola. Ntar sa..saya bilangin" ujar Ucup gugup, hampir gelas-gelas kopi itu tumpah. Saking kagetnya. "Ya cepat! Jangan sampai dia telat absen. Jam 10 itu tinggal dua puluh menit lagi.."Ujar si Bos lalu masuk ke ruangannya. “Pak Ahmad, dicari noh oleh bos, ntar jam 10 mau rapat katanya,” "Maksih Cup, nyantailah belum juga jam 10. Eh, ente nggak Dhuha dulu? Lumayan Cup masih ada waktu nih", ujar Ahmad sambil megang tasbih. Ucup garuk-garuk kepala, antara males dan karena belum biasa. Tapi dengan Pak Ahmad ia segan. Karena orangnya baik. Suka ngasih tip, kalo nitip makan siang, ia bisa dikasih lima ribu kadang sepuluh ribu. Berbeda sama pegawai lain yang pelit, gumamnya dihati. Apalagi Pak Ahmad suka cerita soal Dhuha ini. "Ayolah Cup, kapan lagi kalo nggak ente paksain. Mau gini-gini aje hidup?" Akhirnya dengan gontai, Ucup ambil wudhu dan sholat dhuha. Berat memang kalau belum biasa, dan Ucup harus ambil terobosan.,pikirnya saat itu. *** Ucup memasuki ruangan rapat menyiapkan kue, dan minuman the botol. Saat itu smua staf hadir, dan ia melihat semua staf menyalami Pak Ahmad. Ucup bingung, ada apa gerangan. Tapi dia nggak berani nanya dan terus mengerjakan tugasnya tadi. "Cup..! panggil Bos agak keras. “Iya, aa..ada apa pak?", selalu saja bosnya ini berhasil mengagetkannya. "Lu salamin dong si Amat nih, gua baru angkat jadi kepala bagian. .Ha-ha...” Ucup kaget ia melihat Pak Ahmad senyum-senyum menyodorkan tangannya untuk bersalaman ke Ucup. "Wah selamat Pak Ahmad, nggak sangka ya", ucap Ucup. "Terima kasih Bos", Ujar Ahmad memanggil Ucup. Yang dipanggil nyengir-nyengir malu.

Lalu ia meneruskan tugasnya di tengah riuh selamatan para staff ke Pak Ahmad, dan ketika tiba giliran menyorongkan minuman ke Bosnya yang duduk di ujung meja. "Permisi Pak, ini minuman sama kuenya", sodor Ucup. "Cup, lu mau tau nggak, kenapa gua angkat si Ahmad jadi kepala bagian?” “Kerjanya bagus kali ya pak?” "Bukan Cup, gua angkat karena dia rajin sholat Cup"., jawab sang Bos. Si Ucup bengong, baru kali ini dia dengar seorang bos apalagi seorang taipan yang satu negeri sama Jet Li itu punya penilaian karena sholat. Sama sekali nggak kepikiran baginya, apalagi si Bos itu seorang Budha. “Sho...sholat bos?!” “Hahaha... gua mau orang jujur sama gua. Si Amat itu dia punya sholat rajin Cup, gua pikir si Amat itu, sama Tuhannya aja yang nggak keliatan dia nurut perintahnya. Apalagi sama yang kelihatan kayak gua, dia pasti kerja lebih bagus lagi cup, ngerti kagak lu !” Si Ucup memandang si Bos yang sumringah, bertahun-tahun ia ikut si Bos. Ia sadar sifat bosnya yang loyal itu, dimanfaatkan beberapa kali oleh bawahan-bawahannya. Ucup belajar satu hal pagi itu, betapa pentingnya sholat itu. (*)


Liputan Kurban 1431 H

Kabupaten Musi Banyuasin. Danau Cala, Kecamatan Lais,

Anton DC / DSIM

Terima Kasih, Mereka Masih Bergembira dengan Kurban Anda

Anton DC / DSIM

H

ari itu, Rabu (17/11) seusai Shalat Ied Adha, suasana halaman Pak Royen begitu ramai. Anak-anak kecil, remaja tanggung hingga tetua masyarakat dan perangkat desa, terlihat berbaur. Semua bergembira dan antusias hendak menyaksikan acara pemotongan hewan kurban. Setidaknya ada enam ekor kambing dan satu ekor sapi yang hendak disembelih. Halaman Pak Royen sengaja dipilih, karena sapi kurban kiriman donatur DSIM diinapkan di bawah rumah panggungnya. Beberapa warga berdecak kagum melihat ukuran sapi sumbangan donatur DSIM yang lumayan besar itu. Pemandangan tersebut diambil dari Desa Danau Cala, Kecamatan Lais, Kabupaten Musi Banyuasin. Desa yang terletak kurang lebih 35 km dari kota Sekayu itu mendapat sebaran satu ekor sapi dari program TemanQu tahun ini. “Ya, ini tahun kedua Desa kami mendapat kiriman sapi dari PT Star Energy�, ujar Arham (45), Kepala Urusan Pemerintahan mewakilli Kepala Desa Danau Cala, Alkad Amri yang saat itu sedang berada di Palembang. PT Star Energy sendiri, baru dua tahun masuk ke Desa Danau Cala untuk mengelola potensi minyak di daerah tersebut. Dan tahun ini, DSIM yang ditunjuk secara tidak langsung untuk melaksanakan pemotongan kurban dari mereka. “Desa kami ini terbagi menjadi empat dusun. Tahun kemarin, bantuan kurban sapi dipotong di Dusun Satu dan Dua. Tahun ini, sapinya akan dipotong untuk Dusun Tiga dan Empat�, terang Pak Royen mendampingi Arham.

10

newsletter

Edisi XV, Shafar 1432 H - Januari 2011 M

Jangan membayangkan Desa Danau Cala layaknya desa lain yang dekat dengan pusat pemerintahan. Desa ini cukup terpencil, karena dari Simpang Guci (jalan besar) masih harus masuk lagi sejauh 8 km. Jalannya pun masih jalan tanah yang diperkeras dengan koral. Alhasil saat hujan turun, menjadi sangat licin dan sopir harus ekstra hati-hati. Karena, di kiri jalan hutan lebat dan di kanannya membentang sungai Musi yang sangat lebar. Lebih miris lagi, desa ini sama sekali belum mendapat aliran listrik PLN. Agak janggal memang, soalnya saat tim DSIM masuk ke wilayah ini akhir September lalu, tiang listrik sambung-menyambung mulai dari muara hingga ke ujung desa. Rupanya memang, infrastruktur listrik sudah didirikan sejak tahun 2005 lalu. Bahkan sebagian besar rumah penduduk sudah terpasang pula instalasi listriknya. Namun entah mengapa, hingga saat ini mereka sama sekali belum mendapat aliran listrik. Sehingga, bila malam menjelang, sebagian besar dari mereka menghidupkan genset untuk sekedar menerangi rumah dan menghidupkan televisi, satu-satunya hiburan yang ada di rumah mereka. *** Tak hanya di luar kota, daerah-daerah pinggiran Palembang pun menjadi sasaran sebaran kurban TemanQu 1431 H. Seperti yang diterima oleh masyarakat yang tinggal di Kelurahan Srimulya, Kecamatan Sematang Borang, tepatnya di lokasi bernama Barak. Burhan (65), salah seorang tetua masyarakat yang juga ketua masjid


mengungkapkan, “Hingga dua hari sebelum lebaran, tidak ada yang melapor kalau tahun ini akan ada yang berkurban di sini. Saya tidak bisa berbuat apa-apa. Saya hanya berharap, itu ada. Hingga akhirnya Pak Daud bilang ada. Informasi awal, cuma satu kambing. Saya bersyukur, walaupun hanya satu, jadilah.” Pak Daud (68), yang mendampingi Pak Burhan, membenarkannya. “Saya yang pertama mendapat informasi ada yang berkurban kambing ke daerah kami. Cuma ragu mau melapor dengan Pak Burhan. Takut tidak jadi. Tapi setelah dihubungi, kambing sudah dikirim, saya sangat bahagia sekali. Ternyata bukan satu, tapi empat kambing! Dikirim pada malam lebaran.” Siapa sangka, harapan warga daerah Barak, ternyata terpenuhi sempurna bahkan lebih. Hingga selesai sholat Ied Adha, daerah mereka mendapat kiriman hewan kurban cukup banyak. Ada satu sapi dan sepuluh ekor kambing, empat berasal dari DSIM. “Daging-daging kurban ini dibagi merata menjadi 200 bungkus, karena total kepala keluarga yang terdata ada 187 KK, sedangkan sisanya diperuntukkan bagi orang dari luar kampung yang datang meminta daging”, terang Burhan berbinar. Beberapa warga yang ditemui mengatakan, mereka tidak pernah membeli daging kecuali didapat waktu hari raya kurban. Seperti ujar bu Cek Yah (42), “Tiap tahun, kami nunggu korban daging dari masjid. Kalo ado yo syukur, dak ado jugo dak papo. Kalo nak beli daging dak ado duitnyo. Mahal.” ujar ibu dari sepuluh orang anak ini tersenyum. *** Tahun ini, TemanQu DSIM berhasil menghimpun hewan kurban sebanyak 113 kambing dan 19 sapi. Dari jumlah tersebut, masing-masing disebarkan di pinggiran kota Palembang sebanyak 21 titik dengan jumlah hewan terdiri dari 64 kambing dan 12 sapi Selebihnya disebarkan di luar Palembang. Yakni Musi Banyuasin, Ogan Ilir, Empat Lawang, Banyuasin, Lahat, Muara Enim dan OKU Timur. Sekali lagi, kurban yang Anda salurkan melalui DSIM, telah menghantarkan dan semakin mempererat tali persaudaraan di antara kita. Yakinlah, tak ada yang sia-sia dari setiap daging dan tulang hewan kurban. Bahkan bulu dan darah yang dialirkan ke tanah. Allah yang paling tahu, bagaimana membalas keikhlasan Anda berkurban. Insya Allah, ia akan menggantinya dengan lebih baik. Sebagaimana Allah mengganti Ismail dengan seekor domba besar (hibasy), tatkala Ibrahim telah mantap hendak mengurbankan putra tercintanya itu. Wallahualam bishawab. (KJ-04)

Tak perlu menunggu tahun depan! Tidak pernah ada kata rugi, bila kita menunaikan ibadah kurban. Apalagi bila kita mengikhlaskan seluruh daging kurban kita tersebut untuk para dhuafa yang benar-benar memerlukannya. DSIM setiap tahun menyaksikan wajah-wajah berbinar penuh kebahagiaan saat menerima daging kurban. Insya Allah, daging kurban anda menjadi sarana silaturahim anda dengan mereka di dunia ini. Lebih-lebih lagi, di akhirat kelak ganjaran yang besar siap menebus dari setiap helai bulu dan darah yang teralirkan dari hewan sembelihan Anda. Dan bagi anda yang belum berkesempatan kurban tahunn ini, tak perlu menunggu uang cukup untuk berkurban. Manfaatkan fasilitas tabungan kurban dari DSIM! Hanya dengan Rp 110.000 per bulan*), insya Allah tahun depan anda sudah bisa berkurban. *) Selama 10 bulan. Asumsi anda memulai menabung di bulan Muharam hingga Rabiul Awwal 1432 H. Setelah lewat bulan tersebut, maka besarnya cicilan yang Anda bayarkan disesuaikan dengan sisa waktu yang ada.

Edisi XV, Shafar 1432 H - Januari 2011 M

newsletter

11


Laporan Kurban 1431 H Assalamualaikum wr, wb, Teriring salam silaturahim dan simpatik dari para penerima kurban. Terima kasih banyak atas partisipasi anda dalam program Tebar Manfaat Qurban (TemanQu) 1431 H DSIM. Semoga amal kurban anda mabrur dan dikabulkan apa yang dicita-citakan. Amin, Allahumma Amin. Sampai jumpa di program TemanQu berikutnya.

Nama Pekurban 1431 H Pekurban Kambing 1. 2. 3. 4. 5.

(Almh) Siti Suniti Nila Wati binti Muhamad Bakri Agus Syaifuddin Elis Mardiana Binti Tml.Alex Muhammad Yusuf Bin Muhammad Jafar 6. Indra Lesmana Bin Harjio 7. Prayuda Nugroho 8. Novie Ririen Astuty Binti Ashari Alsa 9. Ayatullah Bin Nanung Syam 10. M.Tohir (alm) bin H.Abdul Karim (alm) 11. Fretty Welta Binti Marsidi 12. Illustri Bin Marsidi 13. M. Daud bin Damsir 14. Hoirul bin Somad 15. Feny Rosita binti Syarkowi 16. Zahirman bin Zakaria 17. Nelly Nur Yanti 18. Siti 19. M. Zen Syailendra bin Fikri Ismail 20. Elly Intokiah binti Husin 21. Annisa Amalia binti Husni Samari 22. Hoiriah Binti M.Saleh 23. Ahmad Zuhri bin Abdul Hamid 24. Debby Permanasari binti Syamsuddin Pandita Nata 25. Imelda 26. Uding Sekar Mudjiah binti S.Karto Sudarmo 27. (Almh) Anny Anggraini binti H. Surya Bakarudin 28. Aringgi WD bin Suhardi 29. Erty Sundarita binti Maksudin 30. Rosalina binti Zaini Iskandar 31. (Alm) Yudistira bin Zaini Iskandar 32. Toto Haryanto, LC 33. Rosalina binti Zaini Iskandar 34. Marga Tara Binti (alm) Dame Selamet 35. Mulau Wati Binti Muhammad 36. Komaruddin Bin H.Husin Syarif 37. Catur Rini binti Subadi 38. Ahmad Farras Ibrahim 39. Mariyah Binti H.Katwiji 40. Meita Prihartini Binti Jansuri 41. Dessi Arisanti Binti Jansuri 42. Anton Da Karola Bin Surahmad Rohadi 43. Reni Triasari Binti Bos Alam 44. Mahdalena Binti Syahri Iskandar 45. Lukman Bin Muhammad 46. Reni Hardiana Binti Edi Syahrizal 47. Rakhmat Hardiansyah Bin Edi Syahrizal 48. Muhammad Almawedi Rachman bin Abdul Talib

49. Shin Arafah Alexandra binti Heru Dwi Andika Jaya 50. Erita Rosanti Binti M.Rasyidi 51. Syafuan Effendi Bin Djabar 52. M.Dafa Al FarelBin Agus Subekti 53. Yayan Permana bin Sunaryo dan Novirisda binti Abidin Taher 54. Budi Susilo bin Komarun 55. Ponirin Bin Sarni 56. Halida Shary binti Hamzah 57. FEBRIANI 58. Shaquila Naila Imani binti Pariman 59. LISTY AYUDIN 60. Evo Edy Heriyanto bin Azkolani Abbas 61. Perda Sari Dewi binti H.Syahrial 62. Rizky Utami Binti M.Fajar 63. (Almh) Hj. Mahani binti H. Nangtjik 64. (Alm) Siti Asni binti H.Abdul Rasyid; 65. Faharuddin bin Ladiy.B 66. Sugino bin Surowigeno 67. Haryono bin (Alm) Kardi 68. Siti Asinah binti Ahmad Denin 69. Enggal Nurisman bin Suparman 70. Rusniah Binti Yusuf 71. Ratna Dewi Savitri binti Choiruddin Choliq 72. Meita Ranika binti Rustam Effendi 73. Yulita Eryani binti Muhammad Harun 74. IK Perni Novita binti IK Chandra 75. Ida Isra Wati binti Ferdinand Sihombing 76. Noya Karolina binti Hafisman 77. Rosita,Spd binti Sucipto 78. Vivi Yulianita binti Suparman 79. Muhammad Faisal bin Iskandar Muis 80. (Alm) Zainuddin bin Thalib 81. Yusuf Imanuddin bin Herman 82. Vivi Silvia binti R. Moddy Soehadmo; 83. Marlessa binti H.Sarnubi Saleh 84. Rafika 85. Arman bin Sulun 86. Ira Dislianingsih 87. (Alm) Husin bin (Alm) Abdul Ghofar 88. Cikha binti (Alm) Idris 89. Martimi Thuriani binti Imron Malik 90. Mariska binti Teguh 91. Hj. Tatty Hartaty 92. Fadli Barito bin Yusrizal 93. Fauzan Al Ayyubi Dedi Hermanto 94. Siti Zaleha Binti Sakti Mantri Pasai 95. Endang Kusnadi Bin Hadi Sacanata 96. Erma Herawati binti Johan Ba'in

97. ANIL DAWAH 98. Asril Amir 99. Samsul Bahar 100. Ridwan Yakub 101 - 102. PT Darma Lautan Utama 103. Hafis Diama.P bin H.Hasan Basri.P 104. Pampa Reny binti H.Zainal Abidin 105. Revy Lorose Pratiwi binti Hafis Diama.P 106. Eva Susanti 107 - 112. Kanwil Bea Cukai SUMBAGSEL 113. Filza

Pekurban Sapi 1. 1. H.Bagus Djarot Sukasnoto Bin H.Purwanto 2. Hj.Atika Binti Kms.H.Abdul Rochim 3. Malia Binti Kms.H.Abdul Rochim 4. Nurul Septiani Binti H.Bagus Djarot Sukamto 5. Fitri Rachmawati Binti H.Bagus Djarot Sukamto 6. Mutiara Lusiana annisa Binti Toto Hardianto 7. Sri Rahmawati 2. 1. Mayasari Setianingsih intiLamidjo Satriawan 2. Muthia Noersyah Putri Binti Sofhal Jamill 3. Asmirzah Bin Alimudin 4. Alimin Bin H.M.Ajis 5. Adhi Harmoko 6. Nuronah Binti A.Roni 7. (alm) Siti Aisyah Binti Bahar Lubis 3. 1. achmad Faisal Bin Mansyur Nungcik 2. Theresia Novafiani Binti Abdul Muis Bakry 3. Nawwal Syahidah Binti Achmad Faisal 4. Ahmad Multazam Bin Achmad Faisal 5. Ahmad Zaki Bin Achmad Faisal 6. Nailah Tsurayya Binti Achmad Faisal 7. Siti Zubaidah Binti Usman 4. 1. RA.Astri Lidya Binti R.Ahmad 2. Sumiati Binti Sutan Basir 3. SA.Putri Selasih Binti Syafrial Saruji


4. JA.Fitri Kasih Binti Syafrial Saruji 5. Deswi Ficharina Binti Syafrial Saruji 6. Eka Oktawianto,ST Bin Sarwi 7. Rahmawati,SKM Binti Husein M.Noor 5. 1. Lilik Kurniawan Bin Sukilan 2. Andiani Lativa Binti Karto Udiojo 3. Ibnu Bacher Zuhdi 4. Salman Wildan bin Beni Irawan 5. M.Abdurrahman Fikry bin M.Mustopa Romadhon 6. M.Amrullah Bin Mahidin Naly 7. Illdha Irawati Binti Umar hasan 6. 1. Hendrawan Wicaksono 2. Fitri hartati 3. Hefrizal H 4. Ichwan 5. Asep Harpenas 6. Wiyantomo 7. Gatut Mulyono 7. 1. Sri Suwarti 2. Chaerul Hudi 3. Liza Anggrainy binti H.Ruswandi 4. Setyo Nugroho 5. Ibnu Hikam 6. R.Bambang H.P 7. Rahmat Hudayati 8. 1. Anna Mariana,Hj 2. Dicky Anggoro, H 3. Ammara Nashwa Sandika 4. Ika anitasari 5. M.hisyam Al Kautsar 6. Aster Yuni Perwitasari 7. Dani Priambada

9. 1. Sumantra Bin H.Sofyan Asnawi 2. Dedi Arsyad Bin Arsyad 3. Lina Mariana Binti Maddenin 4. Fitri Yani Yuliarti Binti Maddenin 5. Ahmad Azzahrowi Haithom Bin Dedi Arsyad 6. Dwi Putro Priadi 7. Fadliana Binti Fathinudin

13.1. Elfanda Meirosa binti Hasan Zen 2. Hendrixon bin Hatta Syul 3. Kentjanawati bin AbDUL Somad 4. Warmah Binti Samid 5. Hatta Syul bin Zulkifli 6. Siti Yahuna binti Siabu 7. Andini Mariza Putri Raudha binti Rizaldi Ramli

10.1. Dwi Yanni Suswati binti Nazaruddin Wahid 2. Sofiah Binti Ahmad 3. M.Syaiful Anwar Bin M.Syafei Hasani 4. (alm) Hotma Binti Syahri 5. (alm) Salbiah binti H.Samuddin 6. Muh.Tholib Bin Kasno Hasan 7. Usman Bin Mandi

14. PT.STAR ENERGI

11.1. Erizal bin Sodikin 2. Faridatul Mukminah binti Moch. Dachlan 3. Azmi Rizdaputra bin Erizal 4. Hanif Eridaputra bin Erizal 5. Rahmania Eridaputri binti Erizal 6. Ahmad Rizdaputra bin Erizal 7. (Almh) Hj. Cik Unah binti Janut 12.1. Kemas Abdul Roni 2. Yufiyani 3. Nadiya Farhanah 4. Nurul Fadilah 5. Mariyam Unsu 6. Hassan H.A.R 7. Nurinah

15.1. Febri Andriono binti Iskandar 2. Doan Oktayusman bin Muhammad Zazily 3. Nurmalis Binti M.Yoesuf B 4. Indi Hakim binti Bambang Waluyo 5. Mikaeel Pranadipta Susanti Bin Riza Susanto 6. Andy Irwanto bin Henry Handoyo 7. Apriyanto Jaya Bin Ali Bandong 16.1. Evan Razzan Adyputra bin Gunawan K Adhy 2. Calilista Adyputri Binti Gunawan K.Adhy 3. Bayu Syahrial Rosyad bin Solihin Harsono 4. Bahrul Wahidin bin Aly Ya'kub 5. Lania Niswah binti Max Donal 6. Wahyu Parulin Sipahutar bin Zainal Sipahutar 7. Deddy Candra bin Moedjiadi 17. KANWIL BEACUKAI 18. KANWIL BEACUKAI 19. Ferronia Bintari

Kami ucapkan terima kasih kepada semua Donatur, Telkomsel, Bea Cukai, PKPU dan Media Partner yang telah berpartisipasi.

Rp 900.000,-

Rp 1.100.000,-

Rp 1.600.000,-

Rp 2.200.000,-

0711 7090180 Powered by DSIM


Lintas Program

School Social Responsibility

L

ama tak membuat program terobosan baru, masuk tahun 2011 mendatang LMPI coba tawarkan program anyar bertajuk School Social Responsibility. Responsibility. Yakni program yang dikreasikan dengan sasaran siswa dan perangkat sekolah yang wali muridnya mampu secara materi untuk belajar berempati bersama kepada teman-temannya yang kurang mampu, demikian menurut penjelasan manager LMPI, Dessi Arisanti ketika ditanya tentang program yang akan kita buat. “Harapan kita, siswa dapat saling membantu, demi meraih masa depan yang lebih baik,” sambungnya. LMPI sendiri, selama ini konsisten dengan pemberian beasiswa pendidikan, program orangtua asuh serta aneka bantuan pendidikan lainnya. Adapun bantuan yang diberikan tidak terbatas dalam bentuk bantuan berupa dana beasiswa, tapi partisipasi bantuan juga bisa dalam bentuk buku, perbaikan fasilitas sekolah atau motivasi dan bantuan belajar. “Singkatnya, melalui program ini apapun bisa kita beri dan lakukan. Mulai dari yang terkecil sekalipun, sampai apapun yang kita mampu berikan. Karena, hakikat bantuan yang kita berikan bukan hanya wujudnya, tapi juga niat di balik bantuan yang kita berikan,” jelas Dessi. School Social Responsibility, Responsibility, selain bertujuan untuk mengasah terus kepedulian siswa sekolah pada lingkungan mereka di bidang pendidikan. “Selain itu program ini juga menekankan sikap peduli itu untuk setiap kondisi, seperti saat ini, di mana beberapa daerah terkena bencana, lembaga sekolah juga dapat berpartisipasi dalam program ini, mengajak lingkungan masyarakat sekitar.

14

newsletter

Edisi XV, Shafar 1432 H - Januari 2011 M

Karena sejatinya kepedulian inilah tujuan utama yang kita usung secara kolektif, sehingga akan menimbulkan kekuatan dahsyat untuk sebuah perubahan ke arah lebih baik,” tuturnya tersenyum. Masih menurutnya, untuk tahap awal, LMPI akan menawarkan dan mengajak kerjasama dengan beberapa Sekolah Islam Terpadu di kota Palembang, namun harapan ke depan, semoga dapat lebih banyak lagi komunitas sekolah yang dapat bergabung, mengingat pendidikan adalah tonggak untuk kemajuan sebuah negara, bahkan peradaban. “Alhamdulillah dalam perkembangan program pendidikan yang dikembangkan oleh LMPI DSIM, selama ini selalu mendapat respon positif dari donatur, bahkan ada beberapa donatur yang sangat bersemangat dengan perkembangan program pendidikan yang lebih inovatif,” jelasnya. Beberapa penerima beastudi telah menempuh jenjang pendidikan lanjutan yang lebih tinggi serta mendapat prestasi akademik maupun non akademik yang membanggakan, semoga kedepan mereka dapat meraih prestasi yang lebih baik lagi. Sebagai lembaga amil zakat, DSIM akan mencoba selalu menciptakan program yang inovatif, bukan hanya di bidang pendidikan, namun diberbagai bidang, semoga dana yang dipercayakan oleh donatur kepada DSIM, dapat kami kelola dengan baik. Terima kasih atas kepercayaan donatur selama ini kepada DSIM. (KJ-04/Dessi Arisanti)


Lintas Program

Liputan Pelatihan BMT

G

enap empat bulan sudah, BMT Insan Mulia secara resmi beroperasional. Dalam rangka meningkatkan kapabilitas para staf, sebanyak tiga orang staf BMT Insan Mulia, disertakan dalam pelatihan BMT yang diselenggarakan oleh Pinbuk (Pusat Inkubasi Bisnis Usaha Kecil) Sumsel. Kegiatan tersebut berlangsung 9 – 13 November 2010 di markas Badan Amil Zakat Daerah (Bazda) Sumsel, jalan Kapten A Rivai, Palembang. Pada dasarnya, pelatihan tersebut terbuka untuk umum, sehingga yang mengikuti pun dari berbagai elemen – dari kalangan guru, masyarakat, bahkan instansi atau lembaga zakat. Terlihat dengan jumlah peserta yag tidak terlalu banyak, lebih kurang 17 orang, sehingga kegiatan dapat diselenggarakan dengan lebih baik dan berkesan eksklusif. Seluruh peserta dimentor langsung oleh lima pengurus yang aktif mengurusi gerak dan berkembangnya Pinbuk di Sumsel. Pinbuk termasuk aktif dalam membina elemen masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam proyek BMT. Sehingga, dari Pinbuk sendiri berhasil melahirkan dan membina lebih kurang 90-an BMT. “Alhamdulillah, hingga saat ini ada 90 BMT yang tersebar di Sumatera Selatan, dengan jumlah 46 BMT yang aktif – kalau dihitung lebih kurang total anggotanya mencapai 1600 orang,” ujar M Umar Husein, direktur Pinbuk bersemangat saat ditemui di sela-sela kegiatan. Para peserta tidak hanya diberikan ilmu atau serangkaian teori tentang BMT dan bagaimana mendirikannya, tapi mereka diajak untuk terlibat aktif dalam setiap simulasi yang diberikan dalam hal pengelolaan BMT itu sendiri. Tiga orang perwakilan DSIM dari program Madrasah Umat (MU) yaitu Mira P Awwabin, Saidina Usman, dan Reni Farlina mengikuti kegiatan tersebut dengan seksama. “Tujuan kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan tentang ke-BMT-an

baik dalam segi pengelolaan, pertahanan, dan pemanfaatan masyarakat dengan membudidayakan ekonomi syariah di kalangan masyarakat,” sambung Pak Umar. Sejak akhir bulan Agustus 2010, tepatnya 25 Agustus 2010 – DSIM resmi menjalankan BMT yang terbuka untuk kalangan staf, relawan, maupun masyarakat sekitar dan luar DSIM. Saat ini, jumlah anggota BMT ada 71 orang. BMT yang diberi nama BMT Insan Mulia ini, mengukuhkan DSIM sebagai satu-satunya Lembaga Amil Zakat yang memiliki bank mini syariah di kota Palembang. Umar Husein juga menambahkan, “BMT ini pun tak semata-mata menabung atau meminjamkan uang dengan para anggota, tetapi mereka diberi bekal ruhiyah. Dengan tujuan meminimalisir ketergantungan para anggota terhadap rentenir. Oleh karena itu, pembinaan yang dilakukan adalah untuk memotivasi para anggota yang memiliki usaha, menjalankan ekonomi syariah sehingga bisa membantu orang lain, sekaligus belajar tentang akidah yang baik bagaimana”. Menurutnya, “Anggota BMT diharapkan bisa mandiri, dan tidak bergantung pada orang lain. Oleh sebab itu, setiap BMT yang baru berdiri masih dilakukan pengawasan atau pendampingan agar proses pemupukan modal bisa dikelola dengan baik dan menjadi produktif”. Hal senada juga disampaikan oleh Mira P Awwabin, Manager BMT Insan Mulia yang juga ikut dalam pelatihan tersebut mengungkapkan, “Kebanyakan masyarakat kita, motivasi masuk menjadi anggota BMT lebih karena ingin mendapatkan pinjaman. Sedangkan di BMT Insan Mulia ini, kita menerapkan harus menabung dahulu paling tidak tiga – sampai enam bulan. Baru pencarian dana pinjaman bisa kita lakukan. Tujuannya, selama rentang waktu tersebut, kita mau melihat keseriusan mereka bergabung dengan BMT Insan Mulia ini”. (Nurbaiti/KJ-04) Edisi XV, Shafar 1432 H - Januari 2011 M

newsletter

15


Lintas Program

Usai penyerahan dana secara simbolis peserta menunjukkan surat akad.

Pengguliran dana BUM DSIM

D

i penghujung tahun 2010, tepatnya tanggal 21-22 Desember 2010, DSIM melalui program Bina Usaha Mandiri (BUM) menjalin kerjasama dengan PT Telkomsel Area Sumbagsel. Dari kerjasama tersebut, dititikberatkan pada pemberian pinjaman dana bergulir kepada wirausaha kecil dhuafa di sekitar area PT Telkomsel Demang Lebar Daun Palembang. Menurut M Syaipul Anwar, staf DSIM yang ditunjuk menangani BUM, agenda ini dimaksudkan sebagai bentuk rasa kepedulian kepada para dhuafa melalui wirausaha kecil. Bagaimanapun sektor informal, siapapun yang menggerakkannya haruslah mendapatkan dukungan. Termasuk wirausaha kecil. Untuk menentukan siapa saja yang berhak mendapatkannya, dari sekian wilayah sebaran usaha kecil yang ada, maka dipilih dua komunitas. “Komunitas yang menjadi sasaran kita yakni komunitas pedagang kecil di area PT Telkomsel Demang Lebar Daun dan komunitas penjual kemplang panggang dan sayur di wilayah Jalan Pipa Kemuning,” tukas Syaipul. Dari masing–masing komunitas tersebut, diambil sebanyak 25 orang yang direkrut menjadi anggota. Sehingga dari dua komunitas tersebut, terhimpun 50 orang usaha kecil yang akan dibina dan mendapat bantuan dari program BUM DSIM. “Adapun dana yang digulirkan per orang Rp.500.000,-

16

newsletter

Edisi XV, Shafar 1432 H - Januari 2011 M

Total dana yang digulirkan sebesar Rp.25 juta,” tambahnya. Sebelumnya, tim BUM DSIM melakukan survey wilayah dan kelayakan calon peserta. Hari pertama (21/12) dimulai Latihan Wajib Kelompok (LWK) di wilayah Pipa Reja dan disambung pada siangnya, digulirkan LWK di wilayah area Telkomsel Demang lebar Daun. Barulah besoknya (22/12) dimulai pencairan dana di wilayah area Telkomsel, yang dihadiri oleh Bayu Syahrial Rosyad, Ketua Majelis Taklim Telkomsel (MTT) mewakili PT Telkomsel. Sebagian besar peserta di wilayah Pipa Reja dan Demang Lebar Daun, masih menurut Syaipul, mengalami buta baca-tulis. Hal ini dapat dilihat dari surat ucapan terima kasih yang diminta namun belum dibuat dengan alasan di atas. Bagaimana cara mereka berdagang selama ini? “Hanya berdasarkan pengalaman yang telah dilakoni saja”. Dana yang digulirkan diharapkan bisa dimanfaatkan untuk usaha dan seperti biasa, setiap peserta diingatkan untuk berinfaq minimal Rp.5000/bulan. “Tentu menjadi harapan kita bersama, terjadi perubahan ekonomi ke arah kemandirian. Dana yang diberikan ini hanya bersifat stimulan saja. Keberhasilan tetap ada di tangan mereka, untuk bekerja lebih baik lagi di masa mendatang” pungkasnya. (KJ-04/Syaipul)


Laporan Keuangan Laporan Donasi Via Bank Periode : Agustus 2010 ZAKAT A. Rohimin Abdul Basit Abdul Basit Abdul Hadi Agu Agus Hepis Alfa Widyawan Anggun Dwi Sasongko Dana Untuk Anak Yatim Deden Agus Partomo Denny Oktawirada Djoko Wuryanto Dwi Putro Priadi Fidyah an. Linda Verasanti Fitriyani Habsah Harsiwi Pudyaningtyas Harsiwi Pudyaningtyas Heriyansyah Hutamol Fitri Hutamol Fitri Jasprianti Lania Mufi Mufiyanti Muhyiddin NN NN NN NN NN NN NN NN NN NN NN NN NN NN NN NN NN NN NN NN NN NN NN NN NN

Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp.

100.000,00 300.000,00 250.000,00 100.000,00 215.000,00 183.000,00 350.000,00 50.000,00 200.000,00 25.000.000,00 200.000,00 1.000.000,00 500.000,00 450.000,00 150.000,00 1.600.000,00 5.000.000,00 2.500.000,00 100.000,00 50.000,00 50.000,00 204.167,00 2.000.000,00 100.000,00 100.000,00 138.500,00 300.000,00 6.500,00 200.000,00 115.000,00 400.000,00 165.000,00 200.000,00 1.600,00 100.000,00 300.000,00 100.000,00 50.000,00 100.000,00 370.000,00 50.000,00 100.000,00 200.000,00 100.000,00 350.000,00 140.000,00 285.000,00 100.000,00 250.000,00 50.000,00 100.000,00

Semoga Allah Subhanahu wa ta’ala“ memberi pahala kepadamu pada apa yang telah kamu berikan dan menjadikan dosa bagimu dan berkahi untukmu apa yang ”masih ditanganmu

NN NN NN NN NN NN NN NN NN NN NN NN NN NN (Kayu Agung) NN (Kayu Agung) Novy Tofiani Novy Tofiani Rahm Ramadhia Ramdhani Ramdhani Ricky Haryoseno Rosalina Sarono Sarwo Santoso Siska Mira Sari Suahbani Syafri Oktariza Teguh Selamet Aprianto Yeni Sudiar Zain Abror Zain Abror

Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp.

220.000,00 500.000,00 1.000.000,00 334.055,00 116.000,00 1.000.000,00 300.000,00 500.000,00 500.000,00 300.000,00 500.000,00 105.000,00 59.500,00 100.000,00 125.000,00 50.000,00 100.000,00 50.000,00 705.000,00 1.300.000,00 266.000,00 250.000,00 200.000,00 2.757.000,00 500.000,00 50.000,00 500.000,00 500.000,00 75.000,00 50.000,00 258.000,00 43.600,00

INFAQ Indah MA Indah MA Indah MA NN NN NN NN NN NN NN NN NN NN NN NN SIT SIT Wall's

Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp.

50.000,00 100.000,00 100.000,00 60.000,00 100.000,00 150.000,00 200.000,00 100.000,00 50.000,00 75.000,00 100.000,00 500.000,00 100.000,00 500.000,00 100.000,00 20.000,00 30.000,00 4.500.000,00

Lembaga Amil Zakat dan Pemberdayaan Masyarakat Dompet (DSIM) mengucapkan terima kasih yang Sosial Insan Mulia . Atas doa dan kepercayaan setulusnya kepada segenap donatur ,kepada kami untuk mengelola dan menyalurkan Zakat /shadaqah, dan dana lainnya. Mohon maaf jika ada kesalahan Infaq .nama dan gelar


Laporan Keuangan

Laporan Donasi Periode : 20 September - Desember 2010 ZAKAT A Rifqi H Nasution Abi Ghozi Abu Azzaliyah Adis & Rahmad Afnan Playstation Afrinandar Afrinandar Afrinandar Agus wijaya Agus wijaya Agus wijaya Ahmad Fauzi Ahmad Iqbal Ahmad Iqbal Ahmad Iqbal Ahmad Sajari Al-Fajr Alimin Alimin Alimin Andiani Lativa Andiani Lativa Andrie rulman Anggraini Puspitasari Antok Widiyatno Ardi Sutikno Ardi Sutikno Ardi Sutikno Ari Sudarsono Arif Nurahman Aris Sudarsono Armand Sulun Armand Sulun As'adi Ashuri Atmaja Akbar Atmaja Akbar Atmaja Akbar Baroto Bimbie Bimbie Birman Cambrichindo English Dede Desi Dadalina Desi Marlina Desi Marlina Devi Dewi Dewi Yuliany Dewi Yuliany Dian Saputra Dian Saputra Dian Saputra dr Iin Imelda dr Iin Imelda dr Iin Imelda dr. Harun Hudari dr. Harun Hudari dr. Kemas Yakub dr. Kemas Yakub

18

newsletter

Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp.

Edisi XV, Shafar 1432 H - Januari 2011 M

415.000,00 50.000,00 80.000,00 200.000,00 50.000,00 110.000,00 110.000,00 110.000,00 325.000,00 325.000,00 325.000,00 1.000.000,00 47.500,00 48.000,00 45.000,00 100.000,00 100.000,00 50.000,00 50.000,00 50.000,00 300.000,00 300.000,00 220.000,00 200.000,00 150.000,00 500.000,00 50.000,00 50.000,00 200.000,00 135.000,00 210.000,00 90.000,00 100.000,00 50.000,00 155.000,00 140.000,00 140.000,00 140.000,00 300.000,00 100.000,00 75.000,00 150.000,00 100.000,00 60.000,00 50.000,00 200.000,00 50.000,00 50.000,00 40.000,00 65.000,00 33.000,00 200.000,00 200.000,00 200.000,00 250.000,00 250.000,00 300.000,00 100.000,00 100.000,00 600.000,00 600.000,00

dr. Kemas Yakub dr. Rini Oktavianti Dwi Handayani Edi Syahrizal Edi Syahrizal Eka A Yanti Eka Oktawianto Eka Oktawianto Eka Oktawianto Eko Sarjito Eko Sarjito Eko Sarjito Enno Ermawati Ermawati Fahrul Rahman Fahrul Rahman Fahrul Rahman Fahrul rahman Farida Farida Febriani Febriani Febriani Febriani Febrita Yohanna Febrita Yohanna Febrita Yohanna Ferly Ferly Ferly Fitriah Fitriah FM FM Gatot wibisono Gatot wibisono Gatot wibisono Gunawan H. Supriono H. Yunirzan H. Yunirzan H. Yunirzan H. Yunirzan Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah

Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp.

700.000,00 740.000,00 225.000,00 150.000,00 75.000,00 167.000,00 100.000,00 100.000,00 100.000,00 319.000,00 319.000,00 319.000,00 40.000,00 300.000,00 400.000,00 100.000,00 100.000,00 200.000,00 100.000,00 50.000,00 100.000,00 100.000,00 100.000,00 100.000,00 100.000,00 153.000,00 153.000,00 153.000,00 250.000,00 200.000,00 200.000,00 20.000,00 20.000,00 150.000,00 150.000,00 100.000,00 100.000,00 100.000,00 50.000,00 500.000,00 100.000,00 100.000,00 100.000,00 100.000,00 50.000,00 50.000,00 50.000,00 50.000,00 20.000,00 100.000,00 125.000,00 135.000,00 50.000,00 50.000,00 100.000,00 100.000,00 100.000,00 50.000,00 10.000,00 25.000,00 50.000,00 50.000,00


Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah Hasan Tribuana Hendra Heni Yuliana Heni Yuliana Herman Hj. Anizar Hj. Anizar Hj. Anizar Hj. Anizar Hj. Utarmi Hj. Utarmi Hj. Utarmi Hj. Utarmi Ida Israwati Ida Israwati Indah Nurmala Dewi Indah Nurmala Dewi Indah Purnamasari Indah Purnamasari Indah Purnamasari Indah Sari Indah Sari Indah Sari Indra Nur Saputra Indra Nur Saputra Indra Nur Saputra Indra Nur Saputra Indra Nur Saputra Indri Apsari Insani.net Insani.net Insani.net Irfan Irfan Ismadil Awal Ismadil Awal Ismadil Awal Ita Jeanny Mustaqim Jeanny Mustaqim Jeanny Mustaqim Kahfi

Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp.

150.000,00 20.000,00 300.000,00 54.000,00 150.000,00 100.000,00 150.000,00 50.000,00 50.000,00 150.000,00 100.000,00 50.000,00 50.000,00 60.000,00 50.000,00 100.000,00 20.000,00 50.000,00 50.000,00 100.000,00 50.000,00 20.000,00 100.000,00 20.000,00 50.000,00 150.000,00 15.000,00 50.000,00 750.000,00 20.000,00 100.000,00 100.000,00 100.000,00 200.000,00 1.650.000,00 300.000,00 300.000,00 300.000,00 300.000,00 60.000,00 60.000,00 50.000,00 50.000,00 220.000,00 100.000,00 200.000,00 250.000,00 100.000,00 100.000,00 100.000,00 50.000,00 50.000,00 50.000,00 75.000,00 25.000,00 75.000,00 75.000,00 75.000,00 200.000,00 89.000,00 73.000,00 77.000,00 100.000,00 100.000,00 100.000,00 100.000,00 100.000,00 100.000,00 150.000,00 150.000,00 150.000,00 600.000,00

Kahfi Kahfi Karyawan ASDP Karyawan ASDP Karyawan ASDP Ki Agus Abdul Rahman Ki Agus Abdul Rahman Ki Agus Abdul Rahman Kiki Sulaningsih Kiki Sulaningsih Laily Amalia Lezzi Handayani Lia Elita Linda Linda Linda Linda Linda Sari Fitri Linda Sari Fitri M. Ardiansyah M. Kahfi M. Yani M. Yani M. Yani Mahesa Agung Mahesa Agung Mahesa Agung Mahesa Agung Mama Tiara Marga Tara Marga Tara Marningsih Marningsih Marningsih Marningsih Maya Maryati Meini Permata Sari Meini Permata Sari Muhammad Tias Muhid Mulya Anda Nandang Kurniawan Nandang Kurniawan Nandang Kurniawan Nira Yani Nira Yani Nira Yani Nita Pratiwi Nita Pratiwi Nita Pratiwi Nn1 Nn1 Nn2 Nopri Astuti Nopri Astuti Nopri Astuti Nora Agustini Nurliana Nurmalita Puspita Nurmalita Puspita Nurmalita Puspita Nurmalita Puspita Nurmisah Nursulistio Nursulistio Nursulistio Nurul Afrian Nurul Afrian Nurul Afrian Nurul Afrian Nyimas Rahma Nyimas Rahma

Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp.

Edisi XV, Shafar 1432 H - Januari 2011 M

600.000,00 600.000,00 300.000,00 300.000,00 300.000,00 100.000,00 100.000,00 100.000,00 205.000,00 135.000,00 140.000,00 25.000,00 50.000,00 150.000,00 100.000,00 100.000,00 100.000,00 250.000,00 250.000,00 230.000,00 50.000,00 50.000,00 50.000,00 50.000,00 100.000,00 60.000,00 50.000,00 50.000,00 900.000,00 145.000,00 220.000,00 25.000,00 25.000,00 250.000,00 25.000,00 200.000,00 180.000,00 180.000,00 300.000,00 160.000,00 60.000,00 299.000,00 299.000,00 299.000,00 50.000,00 50.000,00 50.000,00 40.000,00 40.000,00 40.000,00 200.000,00 200.000,00 100.000,00 102.500,00 105.000,00 105.000,00 700.000,00 100.000,00 96.515,00 96.515,00 50.000,00 96.515,00 100.000,00 100.000,00 100.000,00 100.000,00 150.000,00 150.000,00 200.000,00 150.000,00 250.000,00 200.000,00 newsletter

19


Laporan Keuangan Nyimas Rahma Prayuda Prayuda Prayuda Prima Dini L & Yayan EP PT Aplikanusa Lintas arta RA Kartini RA Kartini Rahmad Galih Kesuma Rahmad Galih Kesuma Rahmad Galih Kesuma Rahmadi Rahmadi Rahmadi Rahmat Crisye Sitinjak Rahmat Crisye Sitinjak Rahmat Crisye Sitinjak Rani Ratna Ratna Yati Rere Retno Lestari Retno Lestari Retno Lestari Retno Wahyuning Retno Wahyuning Rini Paramastuti Rio Nugraha Pratama Rio Reza Zulkarnain Rio Reza Zulkarnain Rio Riski Oktariansyah Rio Riski Oktariansyah Rio Riski Oktariansyah Rio Zulkarnain Ririn Arianto Ririn Arianto Rizky Rumiati Laila Rumiati Laila Sangkut Irwani Santi Margaretha Santi Margaretha Sarifudin Sarifudin Sarifudin Sigit Siti Haryati Siti Rohani Sonny Arias A Sonny Arias A Sonny Arias A Sri Haryati Sri Rahayu Sri Widiyanto Sri Widiyanto Sri Widiyanto Sugeng Hariyanto Sugiarti Sumantra Supartono Supartono Supartono Su'udah Su'udah Syafrianto Syarifah Syarifah Syarifah Syukron Syukron Syukron Tiara

20

newsletter

Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp.

Edisi XV, Shafar 1432 H - Januari 2011 M

150.000,00 200.000,00 200.000,00 200.000,00 400.000,00 200.000,00 200.000,00 100.000,00 160.000,00 160.000,00 160.000,00 125.000,00 125.000,00 125.000,00 96.515,00 96.515,00 96.515,00 50.000,00 50.000,00 25.000,00 50.000,00 50.000,00 50.000,00 50.000,00 40.000,00 40.000,00 50.000,00 150.000,00 55.000,00 60.000,00 140.000,00 140.000,00 140.000,00 50.000,00 120.000,00 100.000,00 60.000,00 500.000,00 500.000,00 250.000,00 216.000,00 500.000,00 203.000,00 203.000,00 203.000,00 35.000,00 65.000,00 100.000,00 100.000,00 100.000,00 100.000,00 50.000,00 30.000,00 317.000,00 317.000,00 317.000,00 100.000,00 50.000,00 100.000,00 165.000,00 170.000,00 170.000,00 120.000,00 100.000,00 1.000.000,00 100.000,00 100.000,00 100.000,00 96.515,00 96.515,00 96.515,00 50.000,00

Togi P Panjaitan Tosa Rifai Tosa Rifai Tosa Rifai Tri Marjatmo Tri Marjatmo Tuti Yusuf Mukti Tuti Yusuf Mukti Tuti Yusuf Mukti Tyas Cahyani Uci Damayuni Vivi Yuanita Vivi Yuanita Vivi Yuanita Wasilan Wasilan Wiwik Guntari Yasuddin Yasuddin Yasuddin Yasuddin Yonak Widatama Yonak Widatama Yonak Widatama Yoyon Yoyon Yoyon Yuli Kurniawan Yuli Kurniawan Yuli Kurniawan Yustinawati Zahratul wahidah al-afifah Zoirokis Zoirokis Zoirokis

Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp.

3.750.000,00 96.000,00 96.000,00 96.000,00 130.000,00 130.000,00 200.000,00 200.000,00 200.000,00 50.000,00 100.000,00 200.000,00 200.000,00 200.000,00 150.000,00 150.000,00 150.000,00 50.000,00 50.000,00 50.000,00 50.000,00 155.000,00 155.000,00 155.000,00 50.000,00 100.000,00 50.000,00 230.000,00 230.000,00 230.000,00 500.000,00 100.000,00 375.000,00 250.000,00 200.000,00

INFAQ A. Syaiful Nasir Abdullah Abi Ghozi Ade Marta Ahira Ahira Al Fahriani Al-Husna Aliya Rahmania Alya Rahmadania Andi Al Gumari Andrianto Ani anggraini Aprianti Aprianti Aprianti Arif Nurahman Armand Sulun As'adi As'adi Bayu Wahyudi Bayu Wahyudi Bayu Wahyudi Benny Irawan Bety As Bimbie Bimbie Cambrichindo English Cambrichindo English Coryetty Dede Denni Nosa P.P Dewi Purnama Dian Novik Dian Novik

Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp.

1.000.000,00 200.000,00 50.000,00 20.000,00 30.000,00 30.000,00 100.000,00 100.000,00 20.000,00 10.000,00 10.000,00 30.000,00 25.000,00 15.000,00 10.000,00 10.000,00 15.000,00 10.000,00 50.000,00 50.000,00 30.000,00 28.000,00 20.000,00 80.000,00 106.000,00 25.000,00 50.000,00 200.000,00 400.000,00 100.000,00 40.000,00 200.000,00 100.000,00 150.000,00 200.000,00


Dian Saputra Dini Dini Dini Edola Izzuddin Edola Izzudin & Al-furqon Enda Fitria Erik Antony Evans Khaliq Mukti FM Guest House AF Hamasah Hamasah Hamasah Hamba Alah Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah Hamidal Handari Eka Handari Eka Hendi Wijaya Hernandes IMAS Indah Sari Indra Nur Saputra Indra Nur Saputra Indra Nur Saputra Indra Nur Saputra Indri Apsari Ira Iskandar Zulkarnain Istika Iswar Kumabara Iwan Setiawan Iwan Setiawan Julisa Oktarini Julisa Oktarini Julisa Oktarini Jurmi Kesumawati Kesumawati Kesumawati Kms. Juwanda Kotak Infaq Al-Qolam Kotak Infaq Telkom KPP Madya Palembang Laily Amalia Laily Amalia Lipya Aneta M Harpani M Istighfar

Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp.

205.000,00 20.000,00 20.000,00 20.000,00 150.000,00 100.000,00 100.000,00 50.000,00 100.000,00 50.000,00 300.000,00 35.000,00 28.100,00 139.000,00 100.000,00 10.000,00 1.000,00 20.000,00 50.000,00 500.000,00 15.000,00 50.000,00 10.000,00 100.000,00 10.000,00 10.000,00 10.000,00 20.000,00 50.000,00 150.000,00 50.000,00 10.000,00 10.000,00 10.000,00 20.000,00 20.000,00 50.000,00 50.000,00 10.000,00 30.000,00 50.000,00 50.000,00 50.000,00 5.000,00 100.000,00 25.000,00 25.000,00 25.000,00 25.000,00 210.000,00 30.000,00 50.000,00 20.000,00 50.000,00 30.000,00 30.000,00 30.000,00 30.000,00 30.000,00 20.000,00 50.000,00 50.000,00 50.000,00 50.000,00 146.000,00 700.000,00 71.000,00 135.000,00 195.000,00 20.000,00 30.000,00 35.000,00

M Syamil Al mahdi M Tias M. Syamil Al Mahdi M. Syamil Al Mahdi Margatara Margatara Mario Triansyah Mario Triansyah Marjoko Marjoko Martini Mulyati Mauliddini SKM MGA MGA Muhid Awabin Mulyadi Mulyono Muslimah Nabilla Mentari Nafisah Nafisah Nafisah Nasriyah Nasyriah Niken Ari Astuti Nur Aisyah Nur Hayati Nur Hayati Nur Hayati Nur Ilmi Wati Nurbaiti Nurbaiti Nurmisah Nurmisah Nurul Fikri Pensi Melia S.Pd PM PM PM Ratna Ratna Yati Rini Paramastuti Rumiati Laila Rumiati Laila Siti Haryati Sri Rahayu Subakri Subakri Subakri Sugeng Hariyanto Sumantra Syafriyanto Syafriyanto Syafriyanto Syafriyanto Syafriyanto Syafriyanto Syafriyanto Syafriyanto Syifa Kirana Teratai Tiara Tika Titin Titin Rubiah Wulan Yansah Yanti & Anto Yanti & Anto Yanti & Anto Yuli Meriyati Yuli Meriyati

Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp.

Edisi XV, Shafar 1432 H - Januari 2011 M

200.000,00 100.000,00 470.000,00 690.000,00 55.000,00 80.000,00 20.000,00 20.000,00 25.000,00 25.000,00 200.000,00 700.000,00 20.000,00 20.000,00 100.000,00 50.000,00 100.000,00 100.000,00 200.000,00 100.000,00 100.000,00 100.000,00 20.000,00 10.000,00 50.000,00 100.000,00 50.000,00 50.000,00 50.000,00 100.000,00 70.000,00 65.000,00 150.000,00 200.000,00 42.000,00 50.000,00 20.000,00 20.000,00 25.000,00 50.000,00 50.000,00 15.000,00 500.000,00 500.000,00 25.000,00 20.000,00 20.000,00 20.000,00 20.000,00 50.000,00 100.000,00 85.000,00 105.000,00 75.000,00 150.000,00 20.000,00 150.000,00 200.000,00 80.000,00 50.000,00 100.000,00 20.000,00 20.000,00 50.000,00 50.000,00 200.000,00 100.000,00 60.000,00 70.000,00 75.000,00 25.000,00 20.000,00 newsletter

21


Laporan Keuangan Yuli Meryati Yulia Fitri Yulita Eryani Yuwono Zainul Iroqi Zoirokis Zoirokis Zuraidah

Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp.

50.000,00 1.100.000,00 100.000,00 20.000,00 50.000,00 125.000,00 50.000,00 1.000.000,00

DANA KEMANUSIAAN Eka Octawianto FASILKOM UNSRI FASILKOM UNSRI FOSSEI Sumbagsel Hamba Allah Hamba Allah Hamba Allah KAMMI AL QUDS & AL AQSO M. Ardiansyah NN NN Rumah Canti Muslimah SD IT Ulil Albab Sehati Property SIT Izzuddin SMP N 1 Makarti Jaya Sonny Arias A Tri Marjatmo Zuraidah

Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp.

100.000,00 6.404.600,00 6.835.000,00 1.514.600,00 150.000,00 150.000,00 200.000,00 2.217.000,00 200.000,00 50.000,00 50.000,00 1.000.000,00 405.000,00 1.000.000,00 1.184.000,00 1.325.000,00 50.000,00 20.000,00 500.000,00

Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp. Rp.

50.000,00 50.000,00 50.000,00 100.000,00 200.000,00 100.000,00 200.000,00

WAKAF Beta Beta Dahusin (Tini Yusifa) Dahusin (Tini Yusifa) Hamba Allah Yoan YY DANA DILARANG SYARIAH Afri Nandar Al-Husna Al-Husna Al-Husna Armand Sulun Armand Sulun Armand Sulun Cahyo AP Hamba Allah Hamba Allah Laily Amalia Liliek Pujiastuti Rahmat S

51.000,00 100.000,00 150.000,00 200.000,00 50.000,00 50.000,00 50.000,00 10.000.000,00 250.000,00 300.000,00 600.000,00 200.000,00 890.000,00

DANA DIKHUSUSKAN PROGRAM Rp. Aziza Rp. Rp. Baperohis Telkom Rp. Bazis Telkom Beta Rp. Beta Rp. Halidah Sarry Rp. Halidah Sarry Rp. Halidah Sarry Rp. Halidah Sarry Rp. Hamba Allah Rp. Hamba Allah Rp. Hamba Allah Rp. Hamba Allah Rp. Hendi Wijaya Rp. IMAS Rp. IMAS Rp. Inis Anaya Rp. Ir. Ahmad Rizal Rp. Ir. Ahmad Rizal Rp. Ir. Ahmad Rizal Rp. Ir. Ahmad Rizal Rp. Julihardi Rp. Julihardi Rp. Julihardi Rp. Lenny Marlina Rp. Lenny Marlina Rp. Lenny Marlina Rp. Lenny Marlina Rp. Lilian Novarika Rp. Lilian Novarika Rp. Lilian Novarika Rp. Lilian Novarika Rp. Nys. Ulfa Rp. Nys. Ulfa Rp. Nys. Ulfa Rp. Nys. Ulfa Rp. Ratna Dewi Safitri Rp. Ratna Dewi Safitri Rp. Reni Triasari Rp. Reni Triasari Rp. Reni Triasari Rp. Romi Alfian Rp. Romi Alfian Rp. Romi Alfian Rp. Romi Alfian Rp. Siti Sari Barokah Rp. Siti Sari Barokah Rp. Tomi Rp. Tomi Rp. Tomi Rp. Tomi Rp. Trisnawati Rp. Vivi Yulianita Rp. Yoan Rp. YY Rp.

75.000,00 1.500.000,00 270.000,00 150.000,00 150.000,00 100.000,00 100.000,00 100.000,00 100.000,00 75.000,00 75.000,00 75.000,00 225.000,00 150.000,00 8.475.000,00 8.475.000,00 5.100.000,00 2.350.000,00 2.350.000,00 2.350.000,00 2.350.000,00 75.000,00 75.000,00 75.000,00 125.000,00 125.000,00 125.000,00 125.000,00 250.000,00 125.000,00 125.000,00 125.000,00 125.000,00 125.000,00 125.000,00 125.000,00 150.000,00 150.000,00 125.000,00 125.000,00 125.000,00 250.000,00 125.000,00 125.000,00 125.000,00 150.000,00 50.000,00 100.000,00 100.000,00 100.000,00 100.000,00 75.000,00 10.000,00 200.000,00 100.000,00


MUZAKKI PRO

TRANSFER REKENING ZAKAT BNI Syariah : 00928.38669 Bank Negara Indonesia : 007540398.9 Bank Syariah Mandiri 018.001.4990 Bank Muamalat : 361.00034.15 Bank Mandiri : 113.00.0449340.3 Bank Sumsel : 1403070489 BCA* : 0212547423 a.n. Dompet Sosial Insan Mulia * a.n. Adi Apriliansyah (Chairman DSIM)

“Sumber yang bersih memancarkan kehangatan”

Jl. Angkatan 66 No. 435 C (Dompet Sosial Insan Mulia) Palembang

Menjual HERBAL

GRATIS*Layanan Antar Alamat.

Contact Person Renny Farlina 07119206635 / 081958458184 Saidina Usman 082175474275

Murah Berkualitas Antar Alamat

Setiap pembelian diatas Rp 50.000,atau 3 Jenis produk Sebagian keuntungan untuk program LKC - DSIM

Powered by:

Hubungi:

0821 76138747

* Untuk Wilayah Kota Palembang



Newsletter Insan Mulia Edisi 15