DMUSE XX Edition - THE YOUNGSTERS

Page 1

VOL . XX - THE YOUNGSTERS

L o m p a t a n v i s i t i g a p ria m u d a morgan

oey

-

omarA

esteghlal

-

eddy

MEIJER


#The Happy Holidays! Yes, it’s cliche, but wow time flies so fast. Ini artinya kita harus benar-benar menikmati waktu yang ada, kalau tidak, waktu itu akan terasa hilang begitu saja sementara usia kita kian menua. Mungkin membaca berbagai artikel menarik dan relevan bisa menjadi pengisi waktu Anda yang tak hanya menyenangkan tapi juga menyehat-kan (setidaknya untuk pikiran). Apalagi di tengah maraknya berita-berita yang acapkali kebenarannya tidak bisa dipertanggungjawabkan, maka memilah-milah sumber berita dan juga info yang dicerna memerlukan sedikit ketelitian. Well, at least you can trust us, he he. By the way, masih ingatkah Anda dengan serial Srimulat? Mungkin pembaca kami banyak dari kalangan Gen Z yang tidak familiar dengan grup lawak tersebut. Tapi kalau kalian akrab dengan nama Nunung, yap betul, beliau pernah menjadi anggota grup lawak Srimulat ini. Sebagai intermeso, kelompok lawak Indonesia yang didirikan oleh Teguh Slamet Rahardjo di Surakarta pada tahun 1950 ini mengambil nama Srimulat dari nama istri Teguh pada saat itu. Dalam perkembangannya, kelompok Srimulat kemudian mendirikan cabang-cabang seperti di Surabaya, Semarang, Surakarta, dan Jakarta. Srimulat termasuk grup lawak yang cukup lama bertahan meski di tengah perjalanan karier terjadi banyak menghadapi persoalan dan bongkar pasang pemain. Hal inilah yang membuat mereka semakin ma-tang. Jika sebelumnya hanya berpentas di gedung-gedung pertunjukan, setelah munculnya televisi swasta pada akhir 1980-an, masing-masing anggotanya mendadak menjadi selebriti dan mereka memiliki acaranya sendiri di televisi Indonesia sampai akhir 90an. Grup ini dapat dikatakan merupakan satu-satunya grup lawak Indonesia yang memiliki anggota pal-ing banyak. Nah, menariknya adalah, sesaat lagi versi film-nya akan tayang loh. Nggak tanggung-tanggung kami mengundang kedua aktornya untuk men-jadi cover Dmuse edisi kali ini: Morgan Oey dan Omar Esteglal. Meski usia mereka terbilang muda ternyata mereka ini sama-sama penggandrung grup lawak tersebut loh. Banyak info menarik dan inspiratif yang mereka bagikan tak hanya tentang film Srimulat yang sebentar lagi akan tayang di bioskop se-Indonesia namun juga dari perjalanan karir mereka. Dan ngo-mong-ngomong tentang karir, kami juga mengajak salah satu ikon muda yang baru saja terjun ke dunia modelling karena rasa penasarannya ter-hadap karir Ibunya yang duluan terjun ke dunia modelling dan acting, Maudy Koesnadi. Tak hanya mengandalkan tampang blasterannya yang bisa dibilang ‘very good looking” dengan tinggi di atas rata-rata untuk anak usia 14 tahun, Eddy Mengungkapkan bagaimana awalnya dia terjun ke dunia modelling dan bagaimana pandangannya tentang industri enter-tainment di Indonesia. Ketiga-tiganya memiliki visi dan misi berbeda dengan jarak usia yang berbeda pula. Mari kita simak perspektif berbeda dari ketiga ikon unik ini lewat artikel Cover Story kami bertaD-Muse Magazine juk Lompatan Visi Tiga Pria Muda.

E Editor’s Note


www.dmusemagz.com





FASHION News

DIOR CHEZ MOI An invitation to refinement and the sweetness of life, the Dior Chez Moi line, composed of homewear and accessories designed by Maria Grazia Chiuri, has been enriched with new pieces. The silk pajamas and bathrobes are adorned with fundamentals dear to the House, such as the unmistakable toile de Jouy – available in blue, orange and fuchsia or revisited in a Zodiac version – as well as the Mizza leopard pattern. These creations also evoke Christian Dior’s fascination with the divinatory arts and signs of destiny, decorated with the Dior Zodiac or D-Constellation motifs designed by Pietro Ruffo. Inspired by the beauty of the stars, the Italian artist has transformed the Little Dipper, Lynx, Dragon, Perseus and Cassiopeia into striking sketches in vibrant pop hues, sublimated with a myriad of colorful flowers. Dazzling prints also blossom on delicate scarves and the House’s iconic bags, from Lady D-Joy to the Dior Book Tote. An ode to well-being and elegance.




COVER Story

Lompatan Visi Tiga Pria Muda Antara fashion, akting, dan filsafat - inilah tiga pria muda yang mewarnai industri di Indonesia dengan karakteristik uniknya masing-masing. Dari yang telah bertahun-tahun berkarya, hingga yang baru melangkahkan kaki masuk dalam industri; di setiap fase kehidupan mereka, ada jouska - perbincangan batin - yang menarik untuk ditelisik. Photographer Roni Bachroni Fashion Director Caroline Meliala Editor Oliph Makeup Artist Hendro Sudarto Wardrobe NO’OM Shoes Jackson Watch Balmer from Time Kingdom Location Bumi IpoelStylist’s assistant Salsabila Aletha


MORGAN D: Hai Morgan! Baru-bari ini, kamu sedang terlibat dalam produksi film mengenai grup komedi legendaris Srimulat. Boleh ceritakan kapan pertama kali mengenal Srimulat? Adakah kenangan khusus dengan Srimulat versi klasiknya? M: Siapa yang tidak kenal Srimulat? Saya mengenalnya pertama kali lewat siaran TV waktu masih kecil. Kenangan khusus yang saya rasakan yaitu lawakan mereka, selalu mengocok perut. Tak hanya dari dialog, ekspresi wajah dan gesturnya juga lucu banget. Bahkan lawakan-lawakan mereka masih relevan sampai sekarang. Bisa dibilang, mereka itu Raja Komedi Indonesia. D:BagaimanadengankarakterPaulsendiridimatamu? M: Satu kehormatan bisa dipercaya untuk memerankan beliau. Karakter Paul memang tidak sepopuler anggota Srimulat yang lain, tapi beliau unik. Banyak tantangannya, tak hanya dari segi fisik saja, saya juga harus belajar bahasa Jawa, walaupun tak se-intens teman-teman cast yang lain, karena kebetulan beliau adalah orang Manado. Karakter ikonik beliau di Srimulat yaitu Drakula.

D: Adakah kesulitan dalam masuk ke dalam karakter Paul di project film ini? M: Setiap proses menemukan karakter pasti selalu ada tantangannya. Di karakter Paul, saya harus menaikkan berat badan dalam kurun waktu yang cukup mepet. Ada treatment hairstyling juga karena awalnya dari pihak produksi menawarkan untuk pake “prosthetic make up” dan wig, ternyata prosesnya cukup memakan waktu yang lama. Akhirnya kami sepakat untuk dicukur aja rambutnya secara real, merunut dari foto-fotonya Paul. Selain dari segi fisik, aksen Jawa dan intonasi suara, aksi dan reaksi beliau juga bikin saya banyak mengerjakan PR. Karena seperti yangg saya bilang di awal, karakter beliau memang tidak sepopuler yang lain, jadi referensi foto dan video juga sangat terbatas. Waktu workshop, saya lebih banyak ngobrol sama sutradara dan orang-orang yang pernah bekerja sama dengan beliau, mengenai apa yang mereka ingat dari sosok Paul Srimulat di dalam dan luar panggung.

D: Selain terlibat dalam film ini, adakah upcoming project lain yang bisa dishare? M: Sekarang lagi proses syuting lanjutan Cek Toko Sebelah series season 3, barengan juga dengan serial yang belum bisa saya share di sini karena maD: Ini bukan film genre komedi perta- sih confidential dan lagi persiapan untuk film yang ma buat Morgan, tapi adakah tantan- tayang di platform streaming. gan yang berbeda atau unik yang dirasakan? M: Ya. Genre komedi itu menurut saya sangat enter- D: Do you have your own style signature? taining. Dan cukup sulit karena bergantung sama M: Ga ada. I just wear stuff that makes me comforttiming. Kalo timing meleset, komedinya pasti ng- able. And sometimes internet does help you a lot. gak kena. Saya salut sama teman-teman komedian Banyak inspirasi yang bisa kamu temukan di sana. yang bekerja di luar sana. Tidak gampang, karena harus on-point. Setelah sering bekerja sama den- D: Gaya fashion favorit seorang Morgan… gan mereka, saya jadi tahu kalo it’s not just about M:Minimalistic,I’dsay.Andit’sdoesn’thavetobemonothe jokes. It’s about the connection that they have tone, you can still keep it colourful and versatile too. with their audiences. And they all have inspired me. D: Setelah menaikkan berat badan demi memainD: Setelah menaikkan berat badan demi memain- kan peran Paul, kini kamu harus menguruskan kan peran Paul, kini kamu harus menguruskan badan kamu lagi untuk peran lain. Apa sih rahabadan kamu lagi untuk peran lain. Apa sih raha- sianya bisa mengontrol berat badan dan tetap sehat? sianya bisa mengontrol berat badan dan tetap sehat? M: Ubah pola makan dengan makanan yang lebih seM: Ubah pola makan dengan makanan yang lebih se- hat, kebetulan disupport sama salah satu healthy food hat, kebetulan disupport sama salah satu healthy food catering, exercise 5 times a week (tiap pagi sebelum catering, exercise 5 times a week (tiap pagi sebelum syuting), berhenti ngemil sama sekali. Dan pastinya syuting), berhenti ngemil sama sekali. Dan pastinya stay committed during the process. Siapin mental banget untuk menahan godaan-godaan yang datang.


OMAR D: Hai Omar! Kamu mendapat beasiswa dengan mengambil dua jurusan sekaligus, yakni filsafat dan psikologi di St Olaf College, apa yang membuatmu tertarik ke dua bidang tersebut? O: Iya, aku berterima kasih akan hal itu. Aku tertarik mengambil psikologi karena kemanusiaan adalah konsep yang paling kompleks dan paling cantik dari sudut pandangku. Aku ingin sekali mengerti mengapa kita merasakan satu hal, mengapa kita sedih atau senang, dan mengapa manusia harus memiliki rasa cinta. Filsafat memiliki cerita yang berbeda. Aku datang ke St. Olaf dengan niat mengambil jurusan Psikologi saja. Tapi suatu hari di semester kedua, aku duduk di kelas “Existentialism” dan “Philosophy of Mind,” yang keduanya aku ambil hanya untuk memenuhi kredit. Namun dari detik pertama kelas itu dimulai, dan dibuka dengan pertanyaan “Memangnya ada tujuan manusia hidup?” aku langsung jatuh cinta, dan dari saat itu aku bertekad untuk belajar filsafat. Sampai sekarangpun rasa itu masih bisa membuatku terpukau!

Blazer, Wilsen Willim Watch, Lofoten from Time Kingdom

D: Apakah studi di kedua bidang itu turut berkontribusi dalam membangun karir aktingmu? O: Mungkin belajar Psikologi dan Filsafat tidak membantu karir akting dan film secara langsung; tapi kedua bidang itu mengubah hidupku secara drastis. Cara berpikir dan berperilaku, semuanya terpengaruhi oleh kedua bidang yang kupelajari. Sebagai contoh, ketika aku menghadapi masalah moril (boleh tidak ya melakukan satu hal), daripada aku dengan secara buta menerima atau menolak, aku mencoba menelaah basis dan unsur-unsur dari masalah tersebut. Begitu juga dengan seni peran, mungkin kedua bidang itu membantu memberi ‘insight’ akan hidup peran yang diberi kepadaku.


Orange jacket, short and brown blazer, all by VAR ERTE Shoes, JACKSON SHOES


EDDY MEIJER D: Hai, Eddy, welcome to the industry! Apa yang membuatmumemutuskanmemulaidebutdiduniamodeling? E: Aku ingin mengeksplorasi kemampuan di beberapa hal baru. It wasn't really my plan but I took the opportunity when it came to me. D: Adakah influence dari orang tua? E: Mungkin iya. Secara tidak langsung aku pasti terinspirasi juga dari Mama - kan dia dulu juga model. D: Setelah video klip Terlalu Sayang, Eddy kini mendapat sorotan publik yang makin besar, bagaimana perasaanmu? E: It’s alright. I didn’t have any expectations going into this. So it was nice to see that the response was positive. It was a nice experience and I am elated to have been given this kind of opportunity. D: Sebelum mengisi video klip tersebut, kamu pernah tampil cameo di Susah Sinyal juga. Adakah ketertarikan di dunia perfilman, atau lebih pilih modeling? E: Well, modeling is a bit easier than acting, di mana kita harus hafal script. But I'd be excited to explore further opportunities in acting as well. D: Bagaimana kamu menyeimbangkan aktivitas sehari-hari antara modeling dan bersekolah? E: Well, I don't mind bolos sekolah sekali-kali hehehe. But seriously, aku kan masih sangat baru di dunia modeling, jadi intensitas kegiatannya belum terlalu demanding, sih. D:Whatisyourpurposeinlife?Andwhoisyourrolemodel? E: I guess, like most people, I just want to try and be happy in my life. I don't really have a single role model but I appreciate different traits from many different people. For example I love the relentless hard working spirit of Kobe, and I respect how another basketball player Luka Doncic does things at his own pace and differently from other players, which shows me that I don't have to rush everything and can do things at my own pace and that I can succeed in doing things differently from other people. D: Libur Hari Raya sebentar lagi akan tiba, boleh diceritakan nggak tradisi apa yang biasanya kalian lakukan sekeluarga? E: Kami mulai dengan sholat Ied, lalu makan ketupat di rumah, dilanjutkan dengan berkunjung ke beberapa keluarga. D: Oh ya, apa sih gaya fashion kesukaan dari Eddy? E: I love wearing simple, comfortable and sporty outfits. I usually just wear training pants with a plain white shirt and some sneakers. Occasionally I'll add


Blazer, Ichwan Thoha Pants, Swank The Label at Central Store at Grand Indonesia


Blazer and shorts, SWANK THE LABEL FROM CENTRAL DEPT STORE AT GRAND INDONESIA Watch, LOFOTEN FROM TIME KINGDOM


Blazer, Ichwan Thoha Pants, Swank The Label at Central Store at Grand Indonesia


Tops, ICHWAN THOHA Watch, BALMER FROM TIME KINGDOM


Top, blazer and pants, ICHWAN THOHA Shoes, JACKSON SHOES


Jacket, WILSEN WILLIM Watch, BALMER FROM TIME KINGOM


Black shirt, WILSEN WILLIM


Tops and pants, ICHWAN THOHA Shoes,JACKSON SHOES Watch, BALMER FROM TIME KINGDOM


Tops, ICHWAN THOHA Watch, BALMER FROM TIME KINGDOM



FASHION REVIEW

Pumped Up Kicks

L

Sneakerheads, assemble! Here is the range of sneakers with the in-ternational standard quality in (luckily) affordable prize.

uxury sneakers used to be an oxymoron. No longer. Over the last decade,several international high end brands capitalized on the sneaker craze with gusto, churning out hit after hit like Lil Baby halfway through a long night in the studio. Today, every fashion house worth its weight in gratis champagne offers an extensive sneaker selection—some of 'em very good. Though be warned: they tend to come with a correspondingly sky-high price tag. But relax, Jackson Shoes, an Indonesian local brand with global taste, presents a range of sneakers that combine the comfortness and high quality material with cool design. If you're Team Stripes through and through, there's plenty of options to choose from, one of them is Hymn 1sk collection. Or if you are an art enthusiast you can choose the artsy Snap 1JA series. All of which means there's no better time to show off your best style with the great sneakers with afforfable price.


CR7 Cristiano Ronaldo EAU DE TOILETTE CR7 adalah wewangian kasual untuk pria muda yang spontan dan aktif bepergian. Wanginya yang sporty, energik dan modern adalah campuran harmonisasi dari beragam aromatik seperti bergamot, kapulaga, lavender, tembakau, kayu manis, kayu cendana, musk dan vanilla. Dan wewangian ini diibaratkan seperti koktail kontemporer yang berani dan gagah, mencerminkan karakter Ronaldo yang kuat dan bersemangat.

CR7 Play It Cool CR7 Play It Cool ini adalah wewangian khusus untuk pria muda dengan gaya hidup modern. Aromatik yang terdapat didalamnya yaitu seperti Fougère olfactive dan dicampur dengan aksen mandarin, bergamot, pear, lavender, kapulaga, marine accord, tonka, musk, dan amberwood, menghasilkan aroma khas menyegarkan.

CR7 Game On Seri lainnya dari CR7 yaitu Game On. CR7 Game On adalah wewangian yang adiktif, berani, dan optimis - cocok untuk pria muda yang ingin tampil outstanding di keramaian. Aromatik dalam seri ini terdiri dari buah-buahan dan kayu, Diposisikan sebagai wewangian malam yang kasual yang diperkaya dengan kapulaga dan tonka bean, yang berpadu dengan kayu kasmir yang senada, menghasilkan sensualitas yang hangat. Aroma kayu yang tajam diperkuat dengan sentuhan manis, dengan intensitas tinggi agar tetap maksimal jika berada di luar ruangan sepanjang malam.


Beauty News

C

Cristiano Ronaldo Meluncurkan Parfum CR7

&F Store sebagai salah satu perusahaan retail sekaligus distributor resmi parfum dan perawatan kulit di Indonesia, kini resmi meluncurkan varian parfum kasual terbaru dari Cristiano Ronaldo dengan merek CR7. Cristiano Ronaldo adalah bintang sepak bola asal Portugal, yang dikenal sebagai pemain utama di klub Manchester United. Ronaldo memperkenalkan beragam seri wewangian dari CR7, dengan aroma kasual pertama yang dapat digunakan sehari-hari. Peluncurannya kali ini, dengan kampanye baru yang mengeksplorasi wajah berbeda dari gaya hidup Cristiano Ronaldo yang sangat disukai para penggemarnya. Khususnya dari kepribadiannya yang spontan apa adanya dan sangat menyenangkan. Seri dari CR7 ini terdiri dari CR7 Cristiano Ronaldo, Play it Cool dan Game On


STEAL THE LOOK: NICOLA PELTZ’S

N

icola Peltz’s looks boast a wide range. You might know her as Brooklyn Beckham’s beau, but Peltz’s online and offline outfits prove she is a bonafide style star on her own. The Instagram darling who boasts 2.6 million followers is also a model, actor, and director. And recently, she just tied the knot with Brooklyn Beckham in what was a glittering affair that made headlines. Her dreamy wedding gown and ’90s-inspired beauty might even fall under some of the best Nicola Peltz looks to date.

Lauded for her candidly cool persona and naturally sultry looks, Peltz’s newest style highlight was being wedded in a stunning custom Valentino Haute Couture gown, described and designed to be “a work of art.” The dress had a magnificent sweeping train, intricate French lace-detailing, and gloves, but what set it apart from other couture dresses was its element of “something blue”: a sweet message from her mother, Claudia Heffner Peltz, that was sewn onto her gown.


fashion News


It is safe to say the Valentino masterpiece might be her most high-profile fashion outfit filed. But off-duty, Peltz’s best looks consists of a mix of Y2K ‘fits and Hollywood glamour. At times, she has also experimented with both graphic patterns and timeless oversized blazers. While she is typically poised, Peltz also has swerved tastefully towards fun, bright pieces such as a statement pair of feather-cuffed pyjamas coyly matched with Raybans. Her Instagram feed? A sartorial feast. Style pointers ahead—here are some of her best looks to recreate.


UNIQLO Batik Motif Collection Spring/Summer 2022 Designed by Bai Populo ini terdiri dari 9 produk koleksi Batik diantaranya kemeja pria dengan 6 motif dan 6 warna, serta 1 motif blus wanita dengan 3 pilihan warna yang keseluruhan motifnya memiliki makna dan cerita berbeda satu sama lain seperti motif Sido Mukti, Tirto Tedjo, Sisik Ikan, Cakar Ayam, Air Terkurung, Bintang dan Gunung yang masing-masing memiliki maknanya masing-masing dalam menjaga keamanan, kenyamanan serta keselarasan hidup manusia dengan alam.


EVENTS

Motif Batik Sederhana Penuh Makna dari Kolaborasi Kedua UNIQLO Indonesia dan Bai Soemarlono Sebagai wujud apresiasi terhadap kekayaan seni dan budaya Indonesia, UNIQLO Batik Motif Collection Spring/Summer 2022menggabungkan desain motif batik eksklusif dengan bahan yang nyaman dan berkualitas tinggi. Setelah debut pertama tahun 2021 lalu, perusahaan ritel global asal jepang, UNIQLO Indonesia mengumumkan untuk kembali berkolaborasi dengan Bai Soemarlono atau yang dikenal dengan Bai Populo melalui UNIQLO Batik Motif Collection Spring/Summer 2022 Designed by Bai Populo yang sudah diluncurkan secara resmi pada 4 Aprillalu. Kolaborasi ini merupakan wujud apresiasi terhadap kekayaan seni dan budaya Indonesia melalui perpaduan koleksi LifeWear yang nyaman dan berkualitas dengan desain motif batik eksklusif yang bisa digunakan sehari-hari.

U

NIQLO Batik Motif Collection Spring/ Summer 2022 Designed by Bai Populo ini diharapkan bisa memberikan pengalaman bagi masyarakat untuk menikmati karya batik sebagai sebuah seni melalui motif-motif sederhana namun penuh makna yang merepresentasikan kekayaan warisan budaya Indonesia. Melalui desain pada kolaborasi tersebut, Bai Soemarlono juga mengangkat nilai-nilai yang membawa masyarakat untuk lebih menjaga lingkungan untuk kehidupan yang lebih nyaman. “Dunia kita sedang menghadapi dua tantangan besar yang sangat erat hubungannya: krisis iklim dan efek pandemi. Keduanya hanya dapat diselesaikan jika umat manusia berhenti menggunakan

alam sebagai sumber daya dan sebaliknya memahami bahwa kita hanyalah bagian dari alam. Oleh karena itu, setiap kali kita merusak alam, kita merugikan diri kita sendiri. Untuk itu, kami memilih motif Batik untuk UNIQLO Batik Motif Collection Spring/Summer 2022 ini didasarkan pada filosofi Jawa untuk menghormati alam sebagai ekosistem yang lebih besar. Mereka tidak hanya mencakup harapan untuk perubahan tetapi juga mendorong kita semua untuk bertindak. Kami membuat desainnya dalam skala yang lebih kecil dengan menggunakan warna monokromatik sederhana untuk menekankan gagasan agar hidup selaras dengan ekosistem,” ujar Bai Soemarlono.