DMUSE XIX Edition - True Influencer

Page 1

VOL . XIX - TRUE INFLUENCER

Gabriella Eka Putri THE ‘IT ’ GIRL On Trend: Holiday Style

ARIFIN PUTRA

More Than Just A Pretty Face


www.dmusemagz.com



INside MUSE

THE NEXT ‘IT’ GIRL Sosok Gabriella Eka Putri ternyata sudah mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional lewat bakat menyanyi dan dancing -nya. Cantik dan multitalenta, simak cerita wanita yang masih berusia 20 tahun ini tentang perjalanan karirnya hingga bisa go international. Fashion editor Caroline Meliala and Oliph Photographer Agus Santoso Yang Makeup Linda Kusuma Dewi Hair by Niar Asst. Michael Demus Brands Studio Moral, Jrep Clothings and Balmer Watch from Time Kingdom


Hi Gabriella, can you explain a bit about yourself?

Dari hasil training itu apakah kalian mengeluarkan project lagu bareng?

Hi, aku adalah seorang entertainer karena aku suka nyanyi, dance dan acting.

Jadi udah rilis di Youtube, kita para bootcampers dengan official members dari Now United berko-laborasi performing lagu Come Together.

Dengar-dengar kamu sempat ke Abu Dhabi dan perform di dengan group Apakah kamu melewati prosNow United, bisa ceritakan tentang es seleksi hingga bisa diundang project ini kah dan apa itu Now United? ke Abu Dhabi oleh Now United?

Itu adalah global group yang dibentuk oleh Simon Fuller dinaungi SYX Entertainment. Group ini mencakup 18 member dari 18 negara. Jadi aku kemarin sempat diundang ke Abu Dhabi sebagai perwakilan dari Indonesia di antara 12 perfomer lainnya dari berbagai negara untuk ikut training dari choreographer Kyle Hanagami yg biasa menciptakan koreo untuk Blackpink dan artis lainnya, . Kita dinamakan sebagai Bootcampers dan aku jadi satu-satunya perwakilan dari Indonesia. Meski belum jadi official member tapi dilatih dance dan nyanyi dengan arahan coach Joseph Clarke selama dua minggu merupakan pengalaman tak terlupakan dan membanggakan buat aku.

Sebenarnya ini karena dalam rangka merayakan anniversary mereka yang ke 4 maka aku diundang ke sana. Jadi aku push video nari dan nyanyi lalu mereka cek dan pilih mana yang cocok untuk di-ajak ke sana. Dan ternyata aku cocok, he he.

Dari hasil training itu apakah kalian mengeluarkan project lagu bareng? Jadi udah rilis di Youtube, kita para bootcampers dengan official members dari Now United berko-laborasi performing lagu Come Together.

Selama dua minggu mengikuti itraining jauh dari Indonesia apakah ada perasaan terbeban? Jujur, gara-gara aku habis shooting film Antares aku tuh sempat keasyikan akting dan lupa kalau sebelumnya aku tuh lebih aktif nyanyi dan dance, nah jadinya waktu dua minggu di Abu Dhabi tuh seperti membawa aku kembali ke jati diriaku sesungguhnya di bidang dancing and singing. Apalagi mereka punya movement dimana music dan dance itu sejiwa dan bisa menyatukan dunia, jadi pen-galaman itu justru membuat aku enjoy banget, no pressure at all.

Silver dress, Studio Moral


Dress, Jrep Clothings Watch, Balmer Watch from Time Kingdom


Seperti apa perkenalan pertama Gabriel dengan music and dance, dan apa yg membuat Ga-briel konsisten di bidang ini?

Role

model

kamu

siapa

sih?

Blackpink, soalnya mereka keren banget aksi panggungnya , dan enjoy banget perform-nya. Ah, that’s why, saat melihat Gabriella Eka Putri pertama kali, aura-nya seperti salah Dulu aku dari kecil diikutin les sama Mama satu member Blackpink. Setuju nggak? untuk belajar nari dan nyanyi. Tapi karena sambil sekolah jadi ga terlalu fokus. Terus Apa peristiwa paling berkesan di aku pernah training di Korea tapi ga dilanNow United Camp kemarin menurut jutin. Tapi aku akhirnya memilih untuk coba-coba terjun dunia acting semenjak co- kamu? rona. Dan yang membuat aku konsisten di Semuanya berkesan sih, aku happy banmusic and dance, karena aku merasa ini get bisa ketemu banyak org baru dari berbbisa membuat aku lupa sama masalah-ma- agai belahan dunia. Tapi yg paling berkesalah aku. Jadi aku mendapat distraction san adalah saat aku perform Come Together, in a good way. Begitu juga dengan akting. aku outfit dengan logo bendera Indonesia dan karena kita perform di arena jadi Pesan kamu untuk followers agar berasa manggung di panggung Internamereka bisa jadi seperti kamu? tion-al, and it was a proud moment for me. Mereka harus cuek sama omongan orang, misalnya kamu suka nyanyi atau nari ya post aja di insta-gram, terserah orang mau bilang apa. Toh, you’re doing something good from yourself. Jadi ya pede aja dengan apa yang kamu suka, berlatih terus dan tunjukkan ke dunia

Dari hasil training itu apakah kalian mengeluarkan project lagu bareng? Jadi udah rilis di Youtube, kita para bootcampers dengan official members dari Now United berko-laborasi performing lagu Come Together.

Di luar Now United ada project apa nih? Antares dua lagi proses shooting, dan ada yang belum bisa dibocorin, jadi tunggu aja ya, he he. Antares dua lagi proses shooting, dan ada yang belum bisa dibocorin, jadi tunggu aja ya, he he.


Dress, Jrep Clothings Watch, Balmer Watch from Time Kingdom


Dress, Jrep Clothings Watch, Balmer Watch from Time Kingdom


Fashion SPREAD

RETRO MODERN Sports influences run like a streak through spring fashion. This slrrk, elite-athletic concept delivers chic sporty style with the extravagant vibe of retro. Photographer Ricko Sandi Fashion Director Caroline Meliala Makeup Manglingi Indah Model RAD Models Brands Coach and H&M

Outerwear and pants, H&M


T-shirt, Coach Shoes, Onitsuka Tiger


Top and pants, H&M


T-shirt, Coach Shoes, Onitsuka Tiger


All by H&M



Cover Story

ARIFIN PUTRA He is MORE THAN J U S T A P R E T T Y FA C E Meski nama besar Arifin Putra lahir dari dunia perfilman, ternyata ia membuktikan bahwa seorang aktor juga bisa menjadi ‘an impactful influencer. Editor Oliph Viola and Rut Caroline Photographer Agus Santoso Yang Fashion Director Rut Caroline Makeup Linda Kusumadewi Hair Charles Sebastian Location Studio NPM Wardrobe, Coach


Why? Well, tak susah bagi D-Muse untuk memberikan predikat ‘A Huge Influencer’kepada Arifin. Berdasarkan kamus Cambridge, influencer is someone who affects or changes the way that other people behave, dan sosok Arifin Putra sudah mengumpulkan sederet ide yang mampu membuat dunia jadi lebih baik apabila idenya ditiru banyak orang. Salah satunya adalah kepeduliannya terhadap lingkungan hidup. Bukan sekedar ikut-ikutan pada tren peduli lingkungan, ternyata Arifin Putra dan keluarganya sudah menerapkan sikap peduli pada alam dan ekosistem sedari ia masih kecil. Tak hanya itu, Arifin Putra juga menerapkan attitude “living with a consciousness” bukan hanya pada lingkungan tapi aspek kehidupan lain seperti pendidikan dan finansial. Simak obrolan inspiratif kami bersama cover face bulan ini: Arifin Putra

D: Sedikit throwback, boleh diceritakan lagi awal-mula munculnya concern seorang Arifin Putra pada isu lingkungan hidup? A: Sudah dari dulu waktu masih cukup muda, karena orang tua suka beli tanaman, dan Papa dulu punya usaha ekspor bunga kering jadi kami sekeluarga sudah lebih dekat dengan tanaman dan yang hijau-hijau dari kecil. Apalagi Papa dulu dalam pekerjaannya ikut mempekerjakan warga-warga dari desa sehingga ikut mengedukasi mereka tentang tanaman, bunga dan bagaimana merawatnya agar tetap segar ketika diekspor ke luar negeri, jadi dari kecil aku sudah mengalami “rasa bersalah” jika mengabaikan lingkungan atau hal seperti buang sampah tidak pada tempatnya. Jadi misal habis makan permen dan nggak lihat ada tempat sampah di dekat aku, ya bungkus permen dikantongin dulu sampai nemu tempat sampah.

D: Dan bicara soal isu ekologis, apa yang hari-hari ini sedang menjadi perhatian Arifin? A: Hari-hari ini yang menarik perhatian saya dari ekologi adalah sampah terutama sampah plastik. Bagi saya plastik bukan hal buruk tapi cara kita menggunakannya yang tidak pas. Kita sebagai konsumen menggunakan plastik sudah terlalu banyak dan di Indonesia sistem buang sampah nggak jalan, nggak sustainable. Jadi perlu penanganan khusus agar penggunaan plastik bisa dikurangi dan pembuangan sampah lebih sustainable.

D: Setujukah jika publik saat ini menjuluki sosok Arifin Putra sebagai seorang influencer untuk lingkungan hidup? A: Kalau soal itu, biar teman-teman saja yang menilai apakah saya seorang influencer atau tidak tapi saya berusaha untuk menginfluence orang-orang untuk peduli pada lingkungan hidup.

D: Bergerak di industri kuliner yang “hijau”, bagaimana Arifin melihat fenomena dampak ekologi industri kuliner setelah pandemi? Kita melihat penggunaan pengunci plastik dan kantong yang malah meningkat demi higienisnya makanan take away… A: Ya benar selama pandemi kita jadi banyak pesan makanan yang berakibat pada meningkatnya limbah sampah atau plastik. Untuk itu ada beberapa opsi, ada sebuah restoran di Kemang bernama Komunal 88, dimana mereka menerapkan program untuk pembelian satu makanan yang packagingnya bisa digunakan lagi karena menggunakan besi yang dibuat oleh artisan-artisan Jawa, jadi selain mendukung program pengurangan pemakaian plastik kita juga membantu para pengrajin. Opsi lainnya, bisa dengan pengurangan plastic clip Selain itu bisa menggunakan packaging yang garden compostable.dan menggantinya dengan paperbag yang bisa dipakai lagi. Opsi lain dengan menggunakan garden compostable packaging.


D: Seperti apa gaya hidup hi- D: Delapan bulan terakhir, adalah jau yang sedang dijalani saat ini, masa-masa yang sangat berat untuk untuk jadi inspirasi pembaca ? industri kreatif termasuk perfilman. Banyak orang di industri perfilman A: Berusahalah untuk sesedikit mun- Indonesia harus suffer, bahkan mungkin menggunakan kantong plastik , jadi gkin sampai jual aset. Seperti apa best bawalah kantong sendiri atau paling practice Arifin untuk punya financial efektif ya bawa ransel. Beberapa supermarket juga menyediakan kardus bekas agility di masa pandemi? Adakah juuntuk membawa barang belanjaan. rus investasi khusus yang dilakukan? Saya juga composter, dengan menggerakkan kebiasaan recycling -- sampai sekarang sudah ada 80 keluarga yang sudah join dan mengurangi xx ton sampah dan sbgn besar bs direcycle. Lalu memperbaiki gaya hidup misalnya kalau destinasi yang dituju bisa ditempuh dengan jalan kaki ya jalan kaki aja dan kalau nggak butuh elektronik ya dimatiin. Contoh gaya hidup ‘mindfullness’ lain juga bisa dengan seminim mungkin membeli baju, jangan rusak sedikit langsung beli lagi. Pakailah baju lebih lama, dan membeli dengan sadar, apakah barang yang dibeli itu bisa digunakan secara berkelanjutan atau tidak. daging khususnya daging sapi bisa sangat membantu menghijaukan lingkungan. Dalam hal makanan juga -- makan daging sapi itu sesungguhnya sangat destructive untuk lingkungan (emisi gas tanah merusak air lingkungan dll), jadi dengan hanya mengurangi makan daging khususnya daging sapi bisa sangat membantu menghijaukan lingkungan.

D: Kembali ke dunia akting yang membesarkan nama Arifin, adakah ongoing/next project yang sedang berlangsung? A: Ada beberapa proyek ke depannya tapi belum bisa dibocorin karena lagi negosiasi, tapi ke depannya sedang belajar menjadi produser. Ada beberapa webseries ke depannya dimana aku jadi produser, seru banget karena ini jadi pengalaman baru buatku.

Jacket, Coach

A: Saya dari dulu suka banget dengan hal berbau finance, dan saya sadar sebagai aktor ketika dapat proyek film maka bisa dapatt fee besar. Tapi orang suka lupa kalau kita itu freelance bukan digaji, sekarang dapat proyek gede belum pasti ke depannya. Kalau lancar ya bagus, kalau nggak lancar gimana? Apakah kita bisa bertahan dengan fee dari sisa fee proyek tersebut. Jadi based on finance expert yang saya ikuti, kita harus punya dana darurat minimal untuk tiga bulan.Tapi menurut saya, untuk aktor atau freelancer pada umumnya kita harus punya dana darurat untuk satu tahun ke depan (sesuai dengan keperluan belanja kita). Kedua, diverifikasi juga antara rupiah dan mata uang asing. Lalu bisa investasi -rela estate atau saham -- saham, reksadana dan lainnya, atau bikin usaha atau investasi di sebuah perusahaan. Kalau saya punya savings karena pekerjaan menurun apalagi bioskop tutup, dan aku jg memulai usaha baru media -- cinemaheads dengan beberapa partner, dan punya perusahaan investasi ESG (enviromental, sxx, dan government)

"Berpikirlah secara Global"



D: Apakah investing dana untuk berkuliah masih oke untuk jadi prioritas seseorang di masa ini? A: Cara org mendapatkan edukasi beda2 ada yang kuliah ada yg webinar ada yg seminar, mungkin ga musti spesifik lewat kuliah. Tapi kalau plannya ingin berkecimpung di dunia corporate menurut saya harus ambil S-1 tapi kalau freelancer ga ada salahnya ambil resource lain. Tapi saran saya pikirkan global jangan stuck di lingkup Indonesia aja. Karena sekarang kita sudah bersaing dengan global, apalagi semenjak pandemi adanya ketentuan wfh (work from home) membuat orang luar juga bisa bekerja untuk Indonesian company secara remote dan sebaliknya. Misal ingin jadi graphic designer cari tahu harus ada sertifikat apa. Maka itu penting untuk punya dana investasi untuk upskilling. Dan meski punya keinginan untuk going independent, tapi nggak ada salahnya kerja dulu untuk mendapatkan ilmu dan suatu saat bisa diterapkan di bisnis atau di karir yang ingin kita geluti.

Puffer and fur jacket, UNIQLO Watch, Lofoten from Time Kingdom


D: Di masa transisi ini, bagaimana Arifin memandang pentingnya edukasi, seperti perkuliahan? A: Edukasi itu penting banget tapi kan setiap orang beda-beda cara menyerap ilmu-nya. Jika ingin punya pekerjaan baik, sebaiknya memiliki bekal S-1 yang membuktikan bahwa at least kita berhasil menyelesaikan program akademik dalam kurun waktu yang ditentukan. Kebetulan dulu saya lulus SMA ga langsung kuliah karena keasyikan kerja. Tapi tahun 2019 saya memutuskan untuk ambil kuliah karena saya pikir saya perlu memiliki rencana cadangan. Saya kuliah di Binus dan ambil jurusan business management dan sekarang sedang pikir-pikir mau ambil S-2 atau tidak. Popularitas itu bisa cepat naik dan cepat turun, namun pengetahuan susah naiknya dan susah turunnya. Jadi edukasi itu penting sekali terutama untuk actor dan freelance, harus selalu upskilling. Untuk main skill dan juga skill lainnya, ga ada salahnya untuk explore apalagi selama pandemi ini banyak hal yang berubah. Berpikir open minded dan memikirkan edukasi yang baik sangat penting di masa-masa genting ini.

Leather jacket, STUDIO MORAL Sweater, UNIQLO Shoes, Jackson Shoes


Coat and sweater,UNIQLO



Leather jacket, STUDIO MORAL Sweater, UNIQLO


Coat, and sweater, UNIQLO Watch, LOFOTEN FROM TIME KINGDOM

Top, Devy Ros Jewelry, Frank&Co Bag, Kate Spade


JAcket, Coach Watch, LOFOTEN FROM TIME KINGDOM Shoes, JACKSON SHOES


Leather jacket, STUDIO MORAL Sweater, UNIQLO

Top, Devy Ros Jewelry, Frank&Co Bag, Kate Spade


Coat, and sweater, UNIQLO Watch, LOFOTEN FROM TIME KINGDOM



Fashion news

START LOAFIN Here are best loafers from our review to boost your Year-End style. Loafers have been having what we in the business call “a moment” for quite some time, but the best loafers for men feel more hyper-relevant now than ever before. What other shoe, pray tell, is better suited to this particular moment: laceless and comfortable like the slippers you’ve been lounging in for months; sharp and stylish enough for the post-vax life you’ve been dreaming about for those same months. Thanks to the Jackson Shoes though have been known as casual men’ shoes, now is presenting sleek, masculine and comfortable loafers with affordable price.

No matter the loafer style you’re after, from classic suede loafers to dressy leather loafers, we’ve tracked down the best loafers for you from Jackson Shoes. The surf collection is suit for you who has a luxurious lifestyle but want to keep it low-key.

Pair it with short chino and button-down shirt or polo to have a summer chic style. Or for those of you who like classic style, Soft collection is the proper option. Classic yet comfortable, the suede loafers from Jackson Shoes could be paired with your smart casual outfits and ready to minWhy loafers? It’s especially because there’s not gle in special occasion or meeting with clients. a damn thing in your wardrobe that a loafer Find the pair of loafers that’s right for you, slip won’t work with. Jeans (weird or otherwise), chi- ‘em on without a second thought, and ascend to nos, pants with pleats or without, shorts—es- verified style god status. It really is that simple. pecially the shorts of summer—and beyond. All by Jackson Shoes, Instagram: @jacksonsh.id



Fashion news

Again, Here Comes The High End Collaboration of Uniqlo and +J Perusahaan ritel pakaian global UNIQLO mengumumkan peluncuran +J Fall/Winter 2021 Collection yang akan tersedia di toko dan online UNIQLO Indonesia mulai 11 November. Have you got one?

Jahitan elegan dan material berkualitas tinggi berpadu untuk menciptakan beragam potongan dengan interpretasi modern – dan diresapi dengan fungsionalitas baru.

Hubungan erat UNIQLO dengan desainer legendaris Jil Sander dimulai pada tahun 2009, yang merupakan langkah pertama dari merek asal Jepang ini dalam menjelajahi dunia high fashion. +J Fall/Winter 2021 adalah sebuah koleksi spesial yang menandai akhir dari Chapter 2.

Koleksi +J terbaru ini mengedepankan busana bervolume luas dalam balutan bahan berkelas serta menawarkan proporsi menarik dan bentuk ikonik yang dipahat menjadi siluet baru. Gagasan +J mengenai keseragaman modern global mengilhami martabat pribadi dan mengobarkan semangat dan rasa percaya diri yang menemani kita kembali ke kehidupan bermasyarakat.

Pertama kali dirilis 12 tahun yang lalu, Chapter 1 mencakup semua koleksi +J dari tahun 2009-2011, sementara Chapter 2 meliputi koleksi Fall/Winter Mengomentari koleksi terbaru ini, Ms. Sander men2020, Spring/Summer 2021 serta Fall/Winter 2021 gatakan, “Koleksi musim dingin ini berkonsentrasi yang segera diluncurkan dalam waktu dekat ini. pada siluet khas, tekstur sensual, dan jahitan elegan yang melengkapi rasa kenyamanan baru yang kita Saat ini dunia tengah bersiap untuk sebuah awal yang rasakan: Keeleganan untuk semua orang. Meskipun baru.Suasananyatenang,namunpenuhdenganharapan. kita telah kembali ke kehidupan sosial, kita tetap ingin merasa terlindungi. Koleksi ini mengeksplorasi Untuk Fall/Winter 2021 Collection, +J terus siluet oversize baru dengan ukuran yang disesuaikan mengembangkan desain minimalis yang memba- dan variasi klasik musim dingin yang substansial.” wa keunikan tersendiri.