Page 1


02


03

B

anyak dari kita mungkin tidak menyadari bahwa makanan yang dikonsumsi setiap hari cepat atau lambat dapat mengganggu kesehatan atau bahkan memperpendek usia. Memang sulit mengidentifikasi makanan mana yang sehat dan tidak, apalagi bagi mereka yang berpikir sudah merasa menerapkan pola makan sehat dan benar dalam kesehariannya. Sebagai contoh, untuk Anda yang memiliki gangguan kesehatan berupa alergi, gangguan pada pencernaan atau kulit mungkin sudah berupaya menerapkan berbagai macam pola makan untuk mengatasi masalah tersebut namun kondisinya masih tetap sama. Ada hal penting yang belum banyak disadari orang bahwa tidak semua pola makan cocok untuk tubuh terutama jika Anda memiliki masalah kesehatan tertentu.

alergi pada kulit

gangguan pencernaan


pola makan sederhana Oleh karena itu, kini waktunya bagi Anda mencoba pola makan sederhana yang bisa meningkatkan kualitas kesehatan tubuh dan bahkan dapat memperpanjang usia (Red. Dari segi kesehatan tentunya). Pola makan yang dimaksud ini adalah: Anda perlu meniadakan beberapa makanan tertentu dalam konsumsi sehari-hari.

memilih dan mengeleminasi beberapa makanan

04

Pola makan dengan mengeliminasi beberapa makanan tertentu akan berfungsi sebagai detoksifikasi tubuh dan juga bisa menjadi cara penggobatan yang ampuh. Upayanya dapat diterapkan selama satu bulan kemudian lihat perubahan nyata pada tubuh dan kesehatan Anda. Bagaimana cara menerapkan pola makan yang bisa memanjangkan umur ini? Berikut lima langkah menerapkan pola makan sehat dengan meniadakan beberapa makanan tertentu dalam konsumsi sehari-hari. Perlu dicatat bahwa upaya penerapannya akan bergantung pada kondisi tubuh Anda yang pastinya akan berbeda di antara individu.

dari segi kesehatan

memperpanjang usia

pengobatan ampuh


1

2

Kenali Tubuh Anda

Meniadakan Bahan Makanan Tertentu Selama 23 Hari

Apabila Anda memiliki masalah pada kulit atau pencernaan seperti maag, konstipasi, kembung, atau alergi maka kemungkinan besar Anda menderita gejala sensitif terhadap makanan.

Dasar dari pola meniadakan beberapa makanan tertentu dalam konsumsi sehari-hari sangat sederhana, yaitu tidak mengkonsumsi beberapa bahan makanan berikut, yaitu: gluten, olahan dari susu, olahan dari keju dan olahan dari mentega, juga olahan dari telur, kedelai, makanan cepat saji, dan alkohol selama 23 hari. Kenapa 23 hari? Itu karena antibodi yang merupakan sistem kekebalan (imun) tubuh yang akan berreaksi terhadap makanan dalam periode 21 sampai 23 hari. Jadi, jika Anda tidak berhenti mengkonsumsi makanan tersebut selama periode yang disebutkan maka Anda tidak akan mendapatkan manfaat penuh dari pola makan ini.

Jadi, sebelum Anda memulai pola makan dengan meniadakan beberapa makanan tertentu dalam konsumsi sehari-hari, awali dengan memerhatikan kondisi tubuh Anda sebelumnya, mulai dari kepala sampai ujung kaki. Berikutnya buatlah daftar tertulis yang mengindikasikan gejala-gejala yang tidak biasa pada area tubuh Anda tersebut. Daftar inilah yang kemudian akan membimbing Anda menerapkan pola makan paling ideal khusus untuk tubuh Anda.

buat daftar keadaan tubuh

Tidak mengkonsumsi alkohol merupakan bagian dari detox (detoksifikasi). Jika Anda adalah pengkonsumsi alkohol dan kemudian berhenti mengkonsumsinya selama beberapa hari maka Anda akan merasa jauh lebih baik. Bukan saja Anda terhindar dari ganggguan mental organik (GMO) seperti gangguan fungsi berpikir, merasakan, dan berprilaku namun juga bisa menjaga sistem kekebalan tubuh Anda.

egg

kenali keadaan tubuh

milk

soy bean cheese

alcohol

fast food gluten

butter jangan memakan jenis makanan tersebut selama 21-23 hari

05


3 Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi Bagi Anda yang terbiasa dengan makanan cepat saji, mengubah pola makan sehat memang tidak mudah. Butuh waktu untuk memilah dan memilih makanan yang betul-betul sehat dan baik. Tidak hanya itu, butuh waktu juga untuk membiasakan diri. Penelitian mengungkapkan bahwa setidaknya butuh waktu 21 hari untuk terbiasa dengan kebiasaan baru. Jadi, makanan apa yang sebaiknya Anda konsumsi? Upayakan 30% asupan makanan itu mengandung protein yang terdapat pada daging sapi tanpa lemak, daging ayam tanpa lemak, ikan, dan juga kerang. Selain itu, 70% asupan harus meliputi: sayur-sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan rumput laut. Konsumsi juga lemak sehat yang terdapat pada minyak zaitun, minyak kelapa, biji bunga matahari, minyak biji walnut, dan alpukat.

06

konsumsi lemak yang terkandung pada makanan berikut. daging sapi tanpa lemak MINYAK KELAPA

daging ayam tanpa lemak

rumput laut

ikan MINYAK ZAITUN BIJI BUNGA MATAHARI

MINYAK WALNUT

kerang

kacang dan biji- bijian

ALPUKAT

sayur dan buah


5 Pola Makan ini Efektif jika Anda Fokus pada Perubahan dalam Tubuh Anda

4 Ulangi Kembali Pola Makan ini dengan Benar Pada hari ke-24, pilih dan konsumsi kembali salah satu makanan yang sudah tidak Anda konsumsi selama 23 hari sebelumnya. Misalnya Anda bisa memilih gluten, olahan susu, olahan mentega, atau olahahan dari telur. Akan tetapi, ingat Anda hanya boleh memilih satu jenis saja. Perhatikan perubahan apa yang terjadi pada tubuh Anda selama 48 jam kemudian. Jika Anda tidak merasakan apa-apa setelah dua hari, konsumsi kembali makanan tersebut. Apabila Anda masih tidak merasakan apa-apa maka bisa memutuskan apakah akan mengkonsumsi makanan tersebut seterusnya atau meniadakannya.

Selama Anda menerapkan pola makan dengan meniadakan beberapa makanan tertentu dalam konsumsi sehari-hari, perhatikan apa yang Anda rasakan dan perubahan apa yang terjadi diluar dan didalam tubuh. Bila dilakukan dengan benar maka Anda akan melihat perubahan signifikan. Kualitas tidur dan energi tubuh Anda menjadi lebih baik atau mungkin ruam-ruam di kulit Anda hilang dan bahkan lemak di perut Anda juga akan ikut tiada. Perlu diketahui bahwa tidak ada tes darah apapun yang bisa memberitahukan bagaimana kondisi tubuh Anda jika menerapkan pola makan dengan meniadakan beberapa makanan tertentu dalam konsumsi sehari-hari. Semuanya hanya bisa diketahui jika Anda menerapkannya sendiri. Pola makan ini akan membantu Anda memperbaikigangguan pencernaan, sensitifitas kulit, bahkan mencegah penyakit mematikan lainnya. mencegah penyakit mematikan

memperbaiki gangguan pencernaan

ruam kulit hilang lemak hilang

kualitas tidur baik memperbaiki sensitifitas kulit

07


Menjaga kesehatan memang tidak sesederhana yang dipikirkan. Perlu kemauan, komitmen dan disiplin tinggi. Memerhatikan asupan protein, karbohidrat, lemak sehat, mineral berkualitas tinggi dalam pola makan akan menjadi kunci kesehatan tubuh Anda. Upaya ini juga tentunya harus diimbangi dengan pola hidup sehat dengan berolah raga rutin. Pola makan dengan meniadakan beberapa makanan tertentu dalam konsumsi sehari-hari ditambah olah raga rutin akan menjadi pondasi kokoh untuk kesehatan tubuh yang maksimal. Perlu diingat juga bahwa pola ini selaras dengan upaya mencegah dari pada menggobati.

08

protein

karbohidrat memperhatikan asupan makanan

lemak serat

mineral

"

kunci dari kesehatan tubuh

lebih baik mencegah daripada mengobati

olahraga rutin


chief editor

Asisten chief editor ROSALINA WATI

HIM @saifanah

@prettyow

PENGEMBANGAN BISNIS

tata letak & design

@BlackPackerz

@arisbronson

graphic design

@kitajimaland

ADMINISTRASI & KEUANGAN

WEBSITE MASTER

IDA SITI NURAIDA

NUR KHAFIDL

sylvia Vanidianty @sylviavndty

EKO JUSMAR

REDAKSI & KEMITRAAN JL. KYAI GEDE UTAMA NO. 12 BANDUNG 40132 PHONE. +62.22.2501925 - FAX. +62.22.2516752

SOCIAL MEDIA MOWELBLACKPACKER

@Dlajah

@mikeystroo

FOTOGRAFER ARIS BRONSON

@dlajahmagz

MIKHAEL SEBAYANG

@caksun

@PariwisKata

Dlajah

SUNARYO KUSUMO

ANGGUN NUGRAHA

w w w. d l a j a h .c o m

kemitraan

@Nuraida_ida


DLAJAH SHL (PERPANJANG UMUR ANDA DENGAN POLA MAKAN INI)  
Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you