Issuu on Google+

(((G))) RADIO KOMUNITAS GENTA FM 106,9 MHZ TIM PENGENDALI PNPM MANDIRI

Dana SPP Tidak Cair,

EDISI JUNI-JULI 2010

Sekapur sirih Alhamdullillah, berkat doa dan dukungan masyarakatdan pihak terkait, buletin pnpm mandiri ini kembali terbit. Kami sadar dalam buletin masih banyak kekurangan, untuk itu kami butuh kritik dan saran dari semua pembaca sangat kami harapkan agar bisa lebih baik kedepannya.terimasih

Redaksi

FK dan Ketua UPK Susoh Angkat FK PNPM Kecamatan Susoh Mangkir Penuhi Undangan Rakom

2

2

UPK Susoh, Gelar Pelatihan Kelompok SPP Jelang Kegiatan PNPM, Harga Semen di Abdya Stabil

Jaroe Band Mencari Produser

Susoh, Aceh Barat Daya, Suami dari salah satu ketua kelompok SPP di desa Padang Baru nekat membakar Berkas Rencana Pengajuan Dana (RPD) untuk kelompok SPP. Peristiwa ini terjadi pada Jumat 2 juli 2010. Berdasarkan pengakuan sang suami peristiwa ini terjadi karena ia kecewa setelah kelompok SPP yang diketuai istrinya itu mendatangi kantor UPK untuk meminta dicairkan dana SPP pada hari itu juga, namun permintaan tersebut tidak dapat dipenuhi oleh pihaK UPK kecamatan SUSOH karena tidak ada tanda tangan TPK. Menurutnya Sang suami menuding pihak TPK dan KPMD Desa Padang Baru mempersulit pencairan dana untuk kelompok SPP ini. Demikian keterangan yang diungkapkan sang suami setelah sebelumnya ia memperlihatkan abu sisa pembakaran berkas RPD tersebut di depan rumahnya. Sementara sang istri, Rosmaniar, saat dikonfirmasi tidak bersedia memberikan keterangan apapun terkait peristiwa tersebut. Dia hanya mengucapkan terimakasih atas kedatangan tim SK ke rumahnya seraya memperlihatkan usaha keripik yang sedang digelutinya.

Halaman Pasca Pembakaran Dokumen RPD,

Suami Bakar Berkas RPD

Menanggapi peristiwa ini, Rosman ketua TPK desa Padang Baru yang dihubungi via telepon pada 4 Juli 2010 menyebutkan peristiwa ini terjadi karena suami dari salah satu ketua kelompok tersebut belum sepenuhnya memahami prosedur penarikan Dana SPP ke UPK. Dikatakan pihaknya belum bisa menandatangani berkas RPD tersebut sebab dana SPP itu belum diterima oleh TPK, karena Pengurus Kelompok berada di bawah naungan TPK. Ia juga menyayangkan tindakan pihak Unit Pengelola Kegitan Kecamatan (UPK) Susoh yang telah memberikan berkas tersebut langsung kepada kelompok yang bersangkutan dan bukan kepada TPK sehingga membuat peran TPK seolah-olah tidak berfungsi. Sementara itu Rusmadi selaku KPMD desa setempat yang dihubungi secara terpisah mengatakan pihaknya bukan mempersulit pencairan dana tersebut melainkan untuk mempermudah kelompok ini dalam mencairkan dana ke UPK sesuai denan prosedur.

3

Dijelaskan dana SPP tersebut bukannya kelompok yang mengambil ke UPK namun pihak UPK yang nantinya akan menyerahkan ke TPK Desa Padang Baru dan selanjutnya diserahkan ke kelompok. Menurut Rusmadi Ketua Kelompok tersebut sudah merangkul tugas-tugas TPK.

3

Ia menambahkan pencairan dana SPP untuk Desa Padang Baru diagendakan cair pada hari Senin tanggal 5 Juli 2010. Lebih lanjut Ia mengatakan berkas RPD untuk dua kelompok SPP yang telah dibakar tersebut sudah dibuat ulang dan siap diajukan kembali ke UPK kecamatan Susoh. (deny)

4


(((G)))

Page 2

RADIO KOMUNITAS GENTA FM 106,9 MHZ TIM PENGENDALI PNPM

Pasca Pembakaran Dokumen RPD, FK dan Ketua UPK Susoh Angkat Bicara

Susoh, Aceh Barat Daya, Aksi pembakaran berkas dokumen Rencana Penggunaan Dana (RPD) untuk kelompok SPP-PNPM Mandiri yang dilakukan oleh suami dari salah satu ketua kelompok SPP asal Desa Padang Baru yang terjadi pada Jumat 2 Juli lalu kini memunculkan beragam komentar dari berbagai pihak terkait. Setelah KPMD dan ketua TPK Desa Padang Baru memberikan keterangan atas kejadian ini, ketua UPK dan FK kecamatan Susoh pun angkat bicara terkait peristiwa yang langka terjadi ini. Salma, ketua UPK kecamatan Susoh yang ditemui di kantor UPK pada Sabtu 3 Juli lalu menilai bahwa hal ini terjadi karena tidak adanya koordinasi antara TPK dengan pengurus kelompok SPP, "Kedua belah pihak menganggap jalan yang sudah mereka tempuh itu masing-masing sudah benar, tetapi pada kenyataannya masih terkendala" ungkapnya. Sementara itu Masrul, ST selaku FK kecamatan Susoh mengungkapkan bahwa pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Asisten FK dan KPMD desa Padang Baru untuk menyelesaikan permasalahan ini. Dikatakan, pihaknya sudah memberikan pemahaman agar permasalahan tersebut dapat diselesaikan dulu di tingkat Desa. Ia mengaku sempat terkejut ketika suami dari salah satu ketua kelompok itu mendatangi kantor UPK dengan sedikit emosi, meski ia memahami hal ini merupakan suatu kewajaran yang terjadi di masyarakat. (deny)

FK PNPM Kecamatan Susoh Mangkir Penuhi Undangan Rakom Susoh, Aceh Barat Daya, Pihak terkait PNPM mandiri di tingkat kecamatan Susoh mengatakan saat ini tidak dapat memenuhi undangan ke studio radio komunitas Genta FM untuk melakukan sosialisasi ke masyarakat mengingat banyaknya kegiatan dan tugas yang harus diselesaikan dalam waktu dekat ini. Hal ini dikatakan Fasilitator Pemberdayaan Kecamatan Susoh, Masrul, ST. di sela-sela pelaksanaan pelatihan kepada sejumlah kelompok SPP pada 16 Juni lalu di gedung SDSLB Susoh. Ia sangat mendukung sosialisasi PNPM Mandiri yang dilakukan oleh pihak Radio komunitas saat ini meski Pihaknya belum sempat datang menghadiri undangan untuk sosialisasi melalui Radio. Ia berkomitmen dalam waktu dekat ini pihaknya akan membuat jadwal talkshow PNPM di Radio Komunitas Genta FM untuk mensosialisasikan PNPM ini kepada masyarakat. (Dn) Sampaikan informasi, keluhan,kritik,pertanyaan dan saran anda seputar pelaksanaan kegiatan PNPM MANDIRI di tempat anda,cara nya ketik PNPM<spasi>nama<spasi>alamat<spasi>isi pesan anda SMS ke 085360043784


Page 3

(((G))) RADIO KOMUNITAS GENTA FM 106,9 MHZ TIM PENGENDALI PNPM

UPK Susoh, Gelar Pelatihan Kelompok SPP

Susoh, Aceh Barat Daya, Sebanyak 90 perempuan dari 30 kelompok SPP dilatih untuk meningkatkan produktifitas kelompok SPP yang berbasis microfinansial dalam mengelola dana simpan pinjam perempuan. Pelatihan yang digelar oleh UPK Susoh ini berlangsung pada 16 sampai 17 Juni 2010 di komplek SDLB Susoh. Peserta pelatihan ini terdiri dari 13 kelompok SPP lama dan 17 kelompok SPP baru yang berasal dari 13 desa dalam Kecamatan Susoh. Para peserta diberikan bimbingan dalam mengelola keuangan SPP oleh para Asisiten Fasilitator di bawah koordinasi Fasilitator Kecamatan. Dengan adanya pelatihan ini Masrul, ST. selaku Fasilitator pemberdayaan Kecamatan Susoh mengharapkan agar nantinya tidak ada lagi kelompok SPP yang macet sehingga semuanya dapat berjalan dengan baik dan lancar. (Deny)

Jelang Kegiatan PNPM, Harga Semen di Abdya Stabil Blangpidie, Aceh Barat Daya, Harga semen di tingkat pengecer di kota Blangpidie dan sekitarnya saat ini stabil, rata-rata berkisar antara 44 ribu sampai 46 ribu persak. Untuk harga jual semen Andalas berkisar 45 ribu sampai 46 ribu per sak dan semen Padang berkisar 44 sampai 45 ribu persaknya. Harga tersebut berdasarkan pantauan Genta Fm pada sabtu 12 Juni pada beberapa toko bangunan. Sementara itu salah seorang pedagang semen di kecamatan Kuala Batee memprediksikan harga semen akan mengalami kenaikan pada bulan juli nanti terkait dicairkannya Dana bantuan keuangan peumakmu gampoeng dan PNPM mandiri. Harga eceran semen sekarang ini mengalami penurunan bila dibandingkan dari harga beberapa waktu lalu yang mencapai 60 ribu rupiah per sak. (Deny)

Warga Sesalkan Tindakan Pihak Terkait di PNPM Susoh, Aceh Barat Daya, Warga di kecamatan Susoh dan Jeumpa menyayangkan tindakan pihak terkait PNPM di tingkat kecamatan tidak dapat hadir dalam Sosialisasi PNPM melalui Radio komunitas Gnta fm pada acara Talkshow beberapa waktu lalu. Hal ini dikatakan oleh warga kepada Genta fm beberapa hari lalu menanggapi keterlibatan pihak terkait pada sosialisasi PNPM mandiri melalui Radio komunitas Genta fm. Warga berharap agar pihak terkait di tingkat kecamatan dapat hadir untuk memberikan informasi kepada warga melalui radio komunitas sehingga mereka dapat berinteraktif melalui telepon saat acara Talkshow berlangsung. (Deny)

BULETIN INI DITERBITKAN DAN DISEBARLUASKAN OLEH RADIO KOMUNITAS GENTA FM 106,9 MHZ JL.NASIONAL NO.30 DESA UJUNGPADANG KECAMATAN SUSOH KABUPATEN ACEH BARAT DAYA


(((G))) RADIO KOMUNITAS GENTA FM 106,9 MHZ TIM PENGENDALI PNPM MANDIRI

Jaroe Band Mencari Produser

Susoh,Aceh Barat Daya- Jaroe Band saat ini sedang mencari produser untuk mengorbitkan lagu-lagu aceh hasil ciptaannya. setidaknya lebih dari sepuluh lagu telah mereka persiapkan untuk memasuki dapur rekaman,namun menghadapi kendala pada pencaharian produser untuk mengangkat dan memperkenalkan lagu-lagunya ke masyarakat. Salah satu Tembang etnik aceh yang sudah akrab didengar sebahagian masyarakat Aceh Barat Daya melalui Radio Komunitas Genta FM berjudul "Saleum keu wareh ".Lagu ini menggambarkan budaya yang islami di Aceh Barat Daya secara umum. Jaroe band berdiri sejak 19 Oktober 2009 melalui inisiator seorang pemuda bernama Indra Saputra warga Desa Pulau Kayu Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya, Indra yang juga sebagai vokalis ini merekrut teman-temannya dari groub band lain untuk membentuk dan bergabung bersama "Jaroe" beberapa waktu lalu.

a c a r a

r e s e p s i

Selain pernah mendapatkan juara tiga pada Festival Lagu-lagu Aceh sepantai Barat-Selatan Aceh yang digelar oleh Yamaha Motor di Meulaboh pada waktu lalu,Jaroe Band juga memenuhi undangan mentas pada acarat e r t e n t u d i A c e h B a r a t D a y a .

Meski kekurangan fasilitas,Jaroe Band terus berupaya untuk mengikuti event bergensi lainnya seperti akan ikut audisi untuk manggung bersama Wali Band yang akan diselenggarakan di Aceh Singkil.(Denny)

BULETIN PNPM MANDIRI RADIO KOMUNITAS GENTA FM PENANGGUNG JAWAB DENY SUNANDA REPORTER CREW RADIO KOMUNITAS GENTA FM DESAIN GRAFIS DENI DAN AWON GUNAWAN


Buletin Genta edisi Juni-Juli 2010