Page 1

TUGAS LINGKUNGAN BERKELANJUTAN – RESUME FILM DIANA LAURENTIA / 1206240392

1. The Day After Tomorrow Dalam film ini digambarkan akibat-akibat dari pemanasan global, yaitu terjadi hujan es di Tokyo. Selain itu, terjadi angin topan di New York adalah sebanyak 4 buah dengan rentang jarak yang berdektan. Angin topan ini merusak gedung-gedung dan menyapu habis apa saja yang dilewatinya. Setelah itu, terjadinya penurunan suhu di berbagai negara. Di New York, terjadi air bah atau tsunami yang menyapu gedung serta jalanan. Kemudian, karena terjadi penurunan suhu, air yang merendam itupun membeku. Setelah itu, terjadi pusaran di langit yang berdiameter sangat besar. Benda apapun, benda hidup ataupun benda mati, yang terletak di dalam diameter pusaran tersebut, akan menurun suhunya sebesar 10 oC per detik. Tentunya hal ini sangat mematikan. Maka itu banyak orang yang masih berada di luar gedung yang meninggal akibat terlalu dingin

2. Erin Brockovich Film ini mengisahkan mengenai masalah lingkungan yang disebabkan oleh sebuah perusahaan yang bernama PG&E (Pacific Gas and Energy) di daerah Hinkley, California. Erin Brockovich adalah seorang wanita yang mengamati tentang keracunan penduduk yang tinggal di sekitar perusahaan tersebut. Hal ini diakibatkan oleh hexachromium yang digunakan oleh perusahaan untuk mencegah karat. PG&E menyatakan pada warga sekitar bahwa yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut adalah chromium jenis aman. Namun ternyata, yang dihasilkan adalah hexachromium yang dibuang oleh PG&E di sembarang tempat, sehingga hexachromium tersebut mencemari air tanah di sekitar perusahaan. Hexachromium itu merupakan zat yang berbahaya yang bisa menyebabkan sakit kepala, asma, kerusakan gen, sesak pernapasan, sakit punggung, merusak rahim wanita (biasanya pada usia 20 tahun), tumor, dan bahkan berbagai macam kanker yang mematikan. Ada juga seorang wanita yang keguguran hingga 5 kali akibat dia tingal di sekitar PG&E. Erin mencari


catatan kualitas air dan terbukti sebenarnya PG&E menghasilkan limbah beracun yang dapat membunuh penduduk sekitar. Akhirnya Erin beserta pengacara seniornya, Ed, menuntut keadilan untuk penduduk sekitar dengan menggugat PG&E ke Pengadilan. Akhirnya Erin dan Ed memenangkan kasus tersebut dan penduduk sekitar mendapat ganti rugi sebesar 5 juta US dollar.

3. A Civil Action Film ini berdasarkan atas kisah nyata mengenai masalah pencemaran air. Pencemaran air ini terjadi di kota kecil di sebelah utara Boston. Pencemaran ini diakibatkan oleh pencemaran air yang diakibatkan oleh perusahaan Beatrice Foods dan W.R. Grace&Co. Perusahaan ini menghasilkan trichoretylene yang sangat berbahaya yang mencemari air minum untuk penduduk sekitar perusahaan tersebut. Bahan kimia yang terdapat di air minum tersebut dicurai mengakibatkan penduduk yang mengonsumsi air minum tersebut terkena leukemia karena banyak sekali penduduk di sekitar pabrik Beatrice Foods dan W.R. Grace&Co. yang terkena leukemia. Oleh karena itu, diadakan penelitian terhadap Beatrice Foods dan W.R. Grace&Co. Dari hasil penelitian tersebut, didapatkan bahwa perusahaan tersebut tidak berhati-hati dalam melakukan pengolahan limbah beracun tersebut. Pada suatu hari, Pemerintah mengadakan pengecekan kebersihan secara mendadak terhadap kedua perusahaan tersebut. Oleh karena itu, Beatrice Foods dan W.R. Grace&Co. menyewa perusahaan pengangkut untuk membuang limbah beracun tersebut. Namun, perusahaan pengangkut tersebut membuangnya ke rawa-rawa di sekitar perusahaan Beatrice Foods dan W.R. Grace&Co. Kemudian limbah beracun yang terdapat di rawa tersebut meresap ke dalam tanah dan mencemari air tanah, dimana penduduk di sekitar kedua pabrik tersebut menggunakannya untuk air minum.

4. Quantum of Solace Film ini mengisahkan mengenai masalah lingkungan yaitu kekeringan di daerah di dunia yang bertambah dengan sangat pesat serta tidak ratanya pendistribusian air. Dalam film ini


terdapat kekeringan air di gurun pasir di daerah Bolivia. Kekeringan terjadi karena tidak adanya distribusi air yang baik yang menyebabkan penduduk tidak bisa mendapatkan air bersih. Namun, tidak hanya air bersih, melainkan air secara keseluruhan. James Bond melihat bahwa ada suatu tempat seperti penampungan air. Ini menandakan pendistribusian air tidak merata untuk daerah Bolivia. Ternyata, ada suatu organisasi yang memproklamirkan bahwa mereka adalah pecinta lingkungan. Organisasi itu bernama Greene Planet. Greene Planet menyatakan bahwa mereka menginginkan tambang minyak yang ada di sebuah gurun pasir. Namun, tujuan mereka sebenarnya adalah untuk memonopoli air yang terdapat di gurun tersebut agar air menjadi suatu hal yang langka. Dengan begitu, mereka dapat menjual kepada penduduk yang ingin membeli air dengan harga yang tinggi. Hal ini sangat merugikan penduduk karena hal ini juga mengurangi kesejahteraan penduduk. Warga hidup di tengah padang gurun yang kering dan tidak dapat memiliki ketersediaan air untuk hidup merupakan suatu hal yang tidak layak.

5. On Deadly Ground Film ini bercerita tentang masalah lingkungan yang disebabkan oleh industri perminyakan. Perusahaan perminyakan yang ditinjau adalah Aegis Oil. Forrest Taft, seorang pekerja di Aegis Oil, bekerja untuk menyelesaikan masalah yang terjadi di perusahaan seperti misalnya jika terjadi kebocoran di rig, kebakaran, ataupun yag lainnya. Pada satu kesempatan, Forrset Taft merasa bahwa kebakaran ini disebabkan karena pengolahan sisa-sisa minyak yang bersifat beracun, tidak dilakukan dengan baik, sehingga akhirnya merusak laut dan meracuni kehidupan laut. Hal ini terjadi karena preventers di perusahaan Aegis Oil buruk. Hal ini tentu sangat merugikan apalagi jika sampai merusak kehidupan laut.

6. An Inconvenient Truth Film documenter ini menceritakan banyak mengenai pemanasan global, sebagai akibat dari pencemaran lngkungan yang terjadi. Presentasi dari mantan wakil presiden bernama Al Gore mengenai pemasanasan global yang terjadi di bumi ini menjelaskan tentang penyebab-


penyebab pemanasan global yang terjadi pada umumnya. Namun, selain itu, Al Gore juga menjelaskan penyebab-penyebab pemanasan global dengan menunjukkan film kartun mengenai pemanasan global yang sedang terjadi. Selain itu, film ini juga menceritakan mengenai gambaran masa depan jika pemanasan gobal terus menerus terjadi dan tidak dihentikan. Grafik mengenai jumlah CO2 di bumi ini menunjukkan bahwa kandungan CO2 semakin lama semakin meningkat jumlahnya. Buktinya adalah CO2 yang dulunya tidak pernah mencapai angka 300 part per million, sekarang mencapai angka tersebut bahkan lebih. Penyebab lain dari pemanasan global adalah meningkatnya evaporasi yang menyebabkan kekeringan di beberapa negara. Ada juga efek rumah kaca, dimana ozon bumi telah rusak dan berdampak kepada pemanasan global. Meningkatnya suhu di bumi, dapat berakibat kepada kehidupan di bumi, tidak terkecuali di wilayah kutub utara. Wilayah luar daratan Arktik dan Greenland juga bisa menyempit. Banyak kerugian yang didapat jika pemanasan global terus terjadi.

7. Love in The Time of Cholera Film in imencertikan ada sepasang kekasih yang saling jatuh cinta. amun, yang disorot pada film ini adalah penyakita kolera dan latar belakang penyakit tersebut. Cerita pada film ini terjadi pada akhir abad 20, dimana banyak yang menderita penyakit kolera. Kolera adalah salah satu penyakit menular yang menyerang saluran pencernaan manusia yang sedang mewabah pada saat itu. Kolera ditandai dengan gejala-gejala seperti mengalami diare, muntah-muntah, dehidrasi, dan kram perut. Penyakit kolera disebabkan oleh bakteri Vibrio cholera, yang terdapat pada air minum akibat saluran sanitasi yang buruk di wilayah tersebut. Ini menunjukkan bahwa pada saat itu sistem sanitasi belum dikelola dengan baik oleh penduduk di wilayah tersebut, ataupun oleh pemerintah setempat. Hal itu terjadi karena adanya perang sipil yang sedang terjadi saat itu, yang menjadi alasan terbesar terjadinya penyakit kolera. Saat terjadi perang penduduk tidak akan sempat memikirkan mengenai kebersihan, apalagi distribusi air, yang mereka pikirkan hanyalah bagaimana agar menyelamatkan diri dari serangan bahan-bahan eksplosif dari musuh. Bahan-bahan eksplosif ini juga mendapatkan pencemaran udara dan merupakan racun untuk penduduk sekitar yang data mematikan.


Tugas resume film  
Tugas resume film  
Advertisement