Page 1


Studio foto memang tempat yang sering dikunjungi orang untuk mendapatkan foto kenangan yang bagus. Itu bukan masalah buat yang memang benar-benar membutuhkannya. Misalnya Pra-wedding atau semacamnya. Tapi jika ingin iseng saja? Alternatif anda hanyalah software image manipulation. Bisa Photoshop ataupun Pixelmator dan GIMP. Contoh disamping adalah hasil karya saya membuat efek foto studio tanpa sengaja. Saya sedang iseng-iseng mencari inspirasi, ternyata malah mendapatkan ide ini. Lumayan kan? Efek ini akan saya beri nama “Fake Studio” untuk gambar disebelah itu “version 1” karena masih ada kekurangan disana disini.


Even so, setelah saya pikir lagi dengan mencontoh foto studio yang asli, foto studio asli lebih ‘dalam’ warnanya. – atau bahasa kerennya ‘deep and dark’.

Namun, tehnik yang saya temukan ini ternyata hanya berlaku untuk radius persegi saja. Jika yang harus diterapkan berupa persegi panjang seperti ini, saya kerepotan juga mengakalinya. Setelah itu, karena saya iseng, saya warnai baju mereka. Terlhat seperti serial tokusatsu Super sentai, ya? ( di indonesia lebih akrab dengan sebutan “Power Ranger” ). Kalau yang ini saya sebut ‘Studio maksa’. ya, saya tak perlu menjelaskan. (tertawa)


Saya menggunakan photo ini sebagai referensi. Foto ini adalah promosi sebuah studio foto di daerah saya, dengan teman saya sebagai salah satu modelnya. Disini bisa dilihat bahwa studio biasanya menggunakan layar sebagai background, dan dalam foto ini warnanya tidak terlalu gelap.

Tapi saya rasa warna gelap memang menjadi unsur utama dalam foto studio, mungkin untuk mendapat “feel� yang sempurna. Well, saya sendiri juga bukan orang yang mengerti seni terlalu dalam.


Akhirnya saya membuat sebuah karya yang bisa disebut cukup memuaskan bagi saya, yaitu –hampir- mendekati sempurna. Lihat saja, saya menambahkan background, dan objek saya buat lebih gelap dan sedikit penajaman ‘garis’ menggunakan filter High Pass. Saya memberi kesimpulan bahwa foto yang bisa diakali adalah dengan menggunakan foto yang resolusi pixel lumayan tinggi, minimal terlihat jelas. 5 MP saya rasa sudah cukup. Foto disamping pun saya gunakan kamera 6 MP. Diakali dengan menggunakan cahaya alami, yaitu matahari.


Author

jurnal  

test pake isuu

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you