Page 1

CMYK

EDISI SIANG

NO. 007/TAHUN 1 KAMIS 23 FEBRUARI 2012

THE 1ST DIGITAL NEWSPAPER IN KALTIM

AFP

TABRAKAN KERETA - Polisi dan petugas penyelamat di depan kereta naas yang mengalami tabrakan, Rabu (22/2) waktu setempat, di stasiun Buenos Aires Sedikitnya 240 orang terluka dalam kejadian ini.

Bentrok Berdarah ■ Terjadi di RSPAD Gatot Subroto ■ Dua Tewas Empat Luka-luka JAKARTA, TRIBUNBentrokan yang terjadi di halaman parkir rumah duka RSPAD Gatot Subroto, Kamis dini hari, menelan korabn. Dua orang tewas dan empat lainnya lukaluka. Menurut Ajun Inspektur Ferdinan Pasaribu, anggota Polsek Metro Senen, korban tewas adalah Ricky Tutu Boy dan Stanley AY Wenno. Sedangkan yang luka-luka adalah Jefri Kailola, Errol Karl Latumanui, Octavianus Maxmillan, dan Yopie Jonathan Berhitu, Kepada polisi, Oktavianus Maxmillan mengatakan, mereka tengah duduk-duduk di lokasi ketika sekelompok orang laki-laki yang tidak mereka kenal menyerangnya dengan senjata tajam. Polisi membawa dua korban tewas tersebut ke RSCM. Pasca bentrokan antara dua kelompok yang terjadi di dalam Rumah Duka Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto di Jalan Abdul Rahman Saleh No. 24, Jakarta Pusat, sekitar pukul 00.30 WIB, kini suasana Rumah Duka Sudah mulai kondusif. Tidak ada konsentrasi masa baik di dalam maupun di sekitar rumah sakit tersebut, begitupun juga

pengamananan oleh pihak kepolisian. Yang ada hanya keluarga yang tengah menyemayamkan kerabatnya di rumah duka tersebut. Menurut saksi mata, Purwanto, pada saat kejadian korban jiwa menjadi tiga orang dan satu orang luka. “Tiga orang yang tewas dan satu orang luka, yang dua memang tewas di sini dan satu lagi tewas waktu dalam perjalanan mau ke rumah sakit,” ucap Purwanto, salah satu penjaga Rumah Duka RSPAD Gatoto Soebroto, kepada wartawan di lokasi kejadian, Kamis (23/2/ 2012). Dia mengatakan, bentrokan bermula dari salah satu kelompok yang sedang berada di rumah

duka RSPAD Gatot Soebroto di Kamar A untuk menyemayamkan salah seorang kerabatnya yang meninggal dunia. Namun, setelah itu puluhan orang bersenjata tajam menyerang secara membabi buta terhadap kelompok tersebut. “Mereka bawa dua mobil sama taksi satu, pada bawa samurai dan golok. Yang di dalam tidak megang apaapa,” katanya. Pihak kepolisian telah datang setelah bentrok usai dan para pelaku pengeroyokan langsung melarikan diri. Polda Metro Jaya telah mengidentifikasi bahwa kedua kelompok yang terlibat dalam bentrokan dari sesama kelompok pemuda Ambon (Maluku). (kps)

Ambon Vs Ambon KEPOLISIAN Daerah Metro Jaya mengidentifikasi kelompok pemuda yang bentrok di rumah duka Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat yang menewaskan dua orang Kamis (23/2/2012) dini hari. “Ambon dengan Ambon,” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto dalam pesan singkat saat dihubungi, Kamis pagi. “Pelaku dalam pengejaran,”

kata Rikwanto menambahkan. Polri juga masih mengumpulkan data terkait bentrokan yang juga membuat empat orang terluka itu. Informasi yang diperoleh Kompas menyebutkan, ada sekelompok pemuda di sekitar rumah duka RSPAD. Belum diperoleh keterangan awal terjadinya bentrokan itu. Dua orang dikabarkan tewas dalam bentrokan itu. (kps)

Penyerangnya Wanita SALAH salah seorang pelaku penyerangan di rumah duka RSPAD Gatot Subroto adalah seorang perempuan. Perempuan berperawakan kurus, tinggi dan berambut pirang datang dengan membawa parang dan samurai bak film action ‘Kill Bill’. “Pelaku membawa parang dan samurai. Langsung menyerang semua korban. (Salah satu) Pelaku dikenali adalah perempuan, badan kurus, tinggi, rambut pirang,” ujar Kapolsek Senen Kompol Iman Zebua. Kill Bill 1 dan 2 adalah film karya sutradara Quentin Tarantino yang cukup fenomenal. Menceritakan

seorang perempuan pembunuh bayaran (Uma Thurman) yang membalas dendam kepada para penyerangnya saat dia tengah melangsungkan upacara pernikahan. Perempuan ini jago memainkan senjata tajam, termasuk samurai. Lebih lanjut Iman menjelaskan kronologi kejadian itu. Pukul 01.30 WIB datang 8 taksi berisi 50-an pelaku ke RSPAD. Para pelaku ini membawa parang dan samurai dan langsung menyerang korban yang sedang melayat. “Terjadi pengeroyokan. TKP halaman rumah duka RSPAD Gatoto Subroto,

pukul 01.30 WIB,” katanya. Akibat penyerangan ini, 4 orang terluka dan 2 meninggal. Keempat korban luka yakni: 1. Oktaeianus Mag Milion, mengalami luka tusuk di pinggang kanan. 2. Yopi Jonatan B, mengalami luka di kepala, pergelangan tangan, pinggang. 3. Stendly Wenno, meninggal dunia dengan luka di dahi, perut dan kepala. 4. Ricky Tutuboy, meninggal dengan luka bacok kepala dan wajah. 5. Errol Karl, mengalami luka di bahu kiri dan kepala. 6. Jefry H, mengalami luka di pinggang kiri. (kps)

Badannya Basah ●Komisi Penyiaran Indonesia Semprit Farah Quinn KENDATI kena semprit Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) pada tayangan ‘Ala Chef’ Minggu (5/2/ 2012) di Trans TV, namun Farah Quinn mengaku tak akan merubah penampilannya. Memakai busana ketat, menurut dia adalah ciri khasnya. Karena itu ia tak ingin mengubah penampilannya. Dari akun Twitter-nya, Farah menegaskan bagaimana dia menyikapi cara busananya yang disemprit Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Dikatakan Farah, dia tidak akan mengubah penampilan. “Sure thing! G ada yg berubah koq,” jawabnya pada seorang follower yang mendukungnya. @edwindianto: Tetap semangat Mbak @quinnfarah. Saya dan berjuta-juta fans yang lain tetap mendukungmu.”

Cara berbusana Farah Quinn di tayangan yang dipandunya di Trans TV, ‘Ala Chef’ Minggu (5/2/ 2012) dinilai seksi oleh KPI. Trans TV pun menerima surat imbauan tertulis bernomor 81/K/KPI/02/12 tertanggal 14 Februari 2012. Humas Trans TV, Hadiansyah Lubis menanggapi teguran Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) mengatakan, pakaian Farah Quinn itu disesuaikan dengan cuaca di lokasi syuting. Faktor cuaca di lokasi syuting yang panas membuat penampilan Farah akhirnya dipersepsikan terlihat vulgar. Karena lokasi syutingnya di pantai maka otomatis kostumnya pun disesuaikan suasana pantai. “Karena cuaca panas, Farah jadi keringatan dan badannya basah seperti habis kehujanan. Apalagi kostum yang dipakai

memang terbuka karena disesuaikan lokasinya. Efek keringat di badannya jadinya terlihat bermacam persepsi orang melihatnya,” kata Hadiansyah. Menurutnya, surat yang menyoroti cara berbusana Farah Quinn itu hanya imbauan.”Kalau surat teguran kan ada teguran pertama, kedua, dan seterusnya dan bisa dibilang ada pelanggaran. Tapi, ini sebatas imbauan. KPI sebatas memberi masukan,” kata Hadiansyah. KPI mengeluarkan imbauan tertulis bernomor 81/K/KPI/02/12 tertanggal 14 Februari 2012. Trans TV juga akan memberikan tanggapan ke KPI. “Dalam waktu dua tiga hari ini kami akan mengirim surat balasan atas masukan KPI. Kami juga berterima kasih atas masukan KPI,” katanya. (tribunnews.com)

Apa Patokan Vulgar? PRESENTER kocak Ayu Dewi tidak pernah menilai seseorang dari penampilannya. Ia lebih suka menilai seseorang dari kualitasnya sebagai manusia. Makanya, Ayu mengaku tidak mengerti mengapa Farah Quinn sampai ditegur Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), beberapa waktu lalu. Dan, ia tidak pernah menilai Farah dari penampilannya tersebut. Sebab, Farah punya skill sebagai juru masak. “Saya pernah diundang beberapa kali ke acaranya dia. Saya nggak pernah menilai dari segi penampilannya, tapi saya senangnya menilai orang dari kualitas dia sebagai manusia, tapi tingkat pengetahuannya,” ucapnya. Ayu juga kesulitan mengukur penampilan yang disebut vulgar. Menurut dia, Farah Quinn selama ini tampil di teve sudah sesuai standar. Penampilannya juga masuk akal untuk ditonton banyak orang. “Saya nggak punya patokan vulgar dan yang nggak vulgar. Jadi, kalau menurut saya selama ini dia (Farah) tampil di televisi standarnya sudah bisa masuk kali ya,” tandasnya. (tbn)

CMYK

KPL

Ayu Dewi


CMYK

2

Tribun Etam

KAMIS 23 FEBRUARI 2012

Didik Dinilai tak Penuhi Kewajiban ■ PAW Anggota DPRD Kutim dari PDIP SANGATTA, TRIBUN Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Kutai Timur telah menyampaikan pemberitahuan Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota DPRD Kutim, Didik Setia Budi, pada pimpinan DPRD Kutim dan KPU Kutim. PAW dilakukan karena Didik dinilai belum memenuhi kewajibannya sebagai anggota legislatif PDIP, baik kepada partai maupun konstituen. Demikian disampaikan Sekretaris DPC PDIP Kutim, Suyono, Rabu (22/2). “Sejak akhir 2010 sebenarnya yang bersangkutan sudah diperiksa Komite Disiplin dari DPD Kaltim dan DPP. Dan sejak awal 2011 sudah diusulkan PAW. Namun keputusannya baru terbit awal tahun ini,” katanya. Terdapat beberapa hal yang dinilai belum dipenuhi Didik sebagai kewajibannya. “Seperti pada masa reses reguler, seharusnya anggota DPRD kembali ke dapil, khususnya masyarakat pemilih PDIP. Namun hal ini tidak dilakukan,” katanya. Selain itu, yang bersangkutan dinilai belum melakukan kewajiban menyetorkan dana untuk partai secara konsisten. “Setoran bulan Januari

sampai September 2010 sebesar Rp 3 juta per bulan tidak dibayar. Hal itu menjadi sorotan partai. Untuk beberapa bulan belakangan memang dia menyetorkan,” katanya. Didik juga disebut kurang aktif dalam kegiatan partai. Termasuk kegiatan gotong royong rutin, peringatan HUT partai, juga hari lahir Pancasila. “Yang bersangkutan tidak hadir dan tidak pula membantu,” katanya. Untuk selanjutnya mekanisme PAW diserahkan pada KPU Kutim. “Berdasarkan aturan akan dilakukan verifikasi oleh KPU. Namun berdasarkan catatan partai, suara terbanyak di bawahnya adalah Agiel Suwarno,” katanya. Agiel kini menjabat sebagai Ketua DPD PDIP Kutim. Proses PAW disebutnya diatur berdasarkan UU Nomor 27 tahun 2008 pasal 383 ayat 1 dan 2. Dalam aturan tersebut diatur mekanisme penggantian, yaitu bilamana yang bersangkutan meninggal dunia, mengundurkan diri, maupun diberhentikan melalui usulan partai. Terkait langkah gugatan perdata yang akan dilakukan Didik, Suyono menyatakan partai mempersilakannya.

“Silakan saja. Yang penting untuk diketahui, proses hukum tidak menghalangi PAW,” katanya. PAW disebutnya merupakan wilayah kewenangan partai. “Dalam AD/ART diatur bahwa tanpa kesalahan pun anggota legislatif bisa diganti untuk kepentingan program dan kebijakan partai. Harap diingat pula, dia naik bukan karena perolehan suara seorang diri, melainkan juga suara kader lain dan suara partai,” katanya. Sebagaimana diwartakan, salinan surat PAW Didik terdiri dari tiga rangkap. Yaitu SK DPP Nomor 1569/IN/DPP/I/2012, tentang Persetujuan PAW Anggota DPRD Kabupaten Kutai Timur, tanggal 162012 yang ditandatangani Megawati dan Tjahyo Kumolo. Berikutnya Instruksi DPD Nomor 175/IN/DPD14/II/2012 tentang instruksi PAW anggota DPRD Kutim, tanggal 07 Februari 2012 yang ditandatangani Emir Moeis dan Sudarno. Berikutnya Surat DPC Nomor 078/EX/ DPC.14.06/II/2012, tentang Usulan PAW Anggota DPRD Kutim tanggal 15 Februari 2012 yang ditandatangani Agiel Suwarno dan Suyono. (khc)

Sangatta Expo 2012 mulai 25 Februari SANGATTA, TRIBUN- Surat Kabar Harian Tribun Kaltim segera menggelar event bertajuk Sangatta Expo 2012. Event yang digelar di Lapangan Swarga Bara Sangatta ini akan diselenggarakan mulai tanggal 25 Februari sampai 10 Maret 2012 Koordinator Event Organizer Tribun Kaltim, Johan Aguswahyudi, mengatakan pelaksanaan event expo ini merupakan wujud kontribusi Tribun Kaltim untuk memajukan perekonomian daerah. Plus memberikan sarana hiburan bagi warga Sangatta. Ajang Sangatta Expo 2012 juga akan memfasilitasi pengusaha dan pebisnis lokal dan luar Kutim. Seperti dari Jakarta, Bandung, Malang, Surabaya, Sulawesi, Sumetera, Jogjakarta, dan beberapa daerah lainnya. “Hal ini sangat strategis menjadi ajang saling tukar informasi mengenai usaha yang kelak potensial diteruskan di Kutim. Khususnya bagi UKM-UKM yang ada,” kata Johan. Ia mengatakan banyak sektor yang diproyeksikan sebagi peserta Sangatta Expo 2012. Diantaranya berbagai instansi atau SKPD Pemkab Kutim, BUMN, sekolah, perguruan tinggi, produk unggulan

kerajinan, ukm, perbankan, leasing, juga finance. Plus para penggerak usaha developer, otomotif, aksesoris, elektronik, furniture, garment, pakaian, tas, sepatu, provider, telekomunikasi, mining, oil companies, industri jasa pariwisata, food center, dan beberapa produk lainnya. “Demikian sasaran peserta yang kami harapkan bisa berpartisipasi di Sangatta Expo 2012. Besar harapan kami Pemkab Kutim bisa mendukung sepenuhnya event ini,” kata Johan. Sampai awal pekan ini, peserta sudah mencapai 95 persen. Baik dari zona A dan zona B dari layout yg sudah dipersiapkan. Untuk memeriahkan Sangatta Expo 2012, Tribun Kaltim akan mengemas secara apik konsep acara ini. Diantaranya dengan menampilkan festival band, dance competition, penampilan artis, dan wahana permainan spektakuler. “Untuk informasi stand dan festival, bisa menghubungi saudara Ari di nomor handphone 081350135281. Acara ini didukung oleh PT Kaltim Prima Coal, Pemkab Kutim, PT Djarum (76), dan Axis.” kata Johan. (khc)

Petak Kios GOR Segiri Diundi SAMARINDA, TRIBUN Pengundian 248 petak kios yang diperuntukkan bagi relokasi Pedagang Kaki Lima (PKL) Niaga Selatan dilakukan di halaman GOR Segiri, Kamis (23/2).

Pengundian ini dipimpin Wakil Walikota Samarinda, Nusyirwan Ismail dan dihadiri PKL Niaga Selatan, pihak pengelola Citra Niaga, KSU Mitra Pariwara, UPTD Sarana

dan Prasarana Olahraga Dispora, dan Bagian Ekonomi Setda. Dalam arahannya, Wawali sangat mengapresiasi berhasilnya

TRIBUN KALTIM/NEVRIANTO HARDI PRASETYO

TERBAKAR - Petugas berusaha memedamkan api saat kebakaran di Jl Antasarui Teluk Lerong ulu samarinda, Rabu (22/2). Sebanyak empat ruko terbakar dengan kerugian material diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

pembangunan kios ini karena tanpa menggunakana APBD. “Terima kasih kepada Koperasi Mitra Pariwara sebagai pelaksana pembangunan petak dan dukungan dunia usaha serta elemen masyarakat sehingga 248 petak

sudah terbangun ,” kata Wawali. Menurut Nusyirwan, di samping pengundian akan ada penjelasan hal teknis dari UPTD Sarana dan Prasarana Olahraga, dan dari KSU Mitra Pariwara. Nusyirwan mengatakan bangunan yang telah

diselesaikan, ukurannya lebih luas dibanding petak sebelumnya di Niaga Selatan. “Ukuran petak di GOR Segiri 2 x 2,5 meter, lebih besar dibanding di Niaga Selatan yang hanya 2 x 1,5 meter,” katanya. Menurut Nusyirwan pengundian ini dilakukan

karena petak sudah selesai semuanya. Namun, katanya kepindahan akan dilakukan bersama-sama, yang ditentukan nanti bersamaan siapnya kios kuliner yang akan dibangun Bankaltim. (doan)

PEMIMPIN UMUM(Plt): Agus Nugroho PEMIMPIN REDAKSI: Achmad Subechi REDAKTUR PELAKSANA: Priyo Suwarno MANAJER PRODUKSI: Arif Er Rachman WAKIL MANAJER PRODUKSI: Baskoro Muncar KOORDINATOR LIPUTAN: Fransina Luhukay STAF REDAKSI: H Sjamsul Kahar, H Herman Darmo, Uki M Kurdi, Achmad Subechi, Ignatius Sawabi, Priyo Suwarno, Arif Er Rachman, Baskoro Muncar, Iwan Apriansyah, Fransina Luhukay, Adhinata Kusuma, Dwi Haryanto SN, Sumarsono, Mathias M Ola, Trinilo Umardini, M Abduh Kuddu, Rita, Reza Rasyid Umar, Margaret Sarita, M Wikan Hendarman, Maipah, Ahmad Bayasut, Fachmi Rachman, Feri Mei Efendi, Basir Daud, Rafan A Dwinanto, Syaiful Syafar. BIRO SAMARINDA, Jl Ulin No.106 Samarinda, Telepon: 0541 202416, 202417, fax: (0541) 769855: H Maturidi (kepala), Achmad Bintoro, Budhi Hartono, Khaidir, Maipah, Nevrianto HP, Reonaldus, Muhammad Yamin, Hasbi. KUTAI KARTANEGARA: Rahmat Taufik KUTAI TIMUR: Kholish Chered. BONTANG: Udin Dohang PASIR: Sarassani. PENAJAM PASER UTARA: Samir TARAKAN: Junisah. KUTAI BARAT: Alex Pardede. BERAU: Amalia Husnul A. NUNUKAN: Niko Ruru. BIRO JAKARTA, Jl Palmerah Selatan 3, Jakarta 10270, Telepon (021) 5356766 (7618), Fax (021) 5495360: Febby Mahendra Putra (Kepala), Domuara Ambarita (Wakil) Agung Budi Santoso, Johnson Simanjuntak, Chairul Arifin, Ismanto, Rachmad Hidayat, Toni Bramantoro, Yuli Sulistyawan, Yoni Iskandar, Bian Harnansa, Hendra Gunawan, Sugiarto, Budi Prasetyo, Hasanuddin Aco, Murdjani. DIREKTUR UTAMA: Asih Winanti. DIREKTUR: H Herman Darmo, Uki M Kurdi. PEMIMPIN PERUSAHAAN / MANAJER IKLAN: H Zainal Abidin. MANAJER SIRKULASI: Iskandar. BAGIAN IKLAN JAKARTA: Doddy Setiawan (HP 08164859626), Jl Palmerah Selatan 3 Jakarta, Telp: (021) 5483863, 5494999, 5483008, 5480888 (ext: 7635-7638) Fax: (021) 53696583 Tarif Iklan: ■ Umum Display (B/W) Rp 22.500/mm kolom ■ Spot Colour (2 warna): Rp 30.000/mm kolom ■ Spot Colour (1 warna): Rp 25.000/mm kolom ■ Full Colour: Rp 35.000/mm kolom ■ Halaman 1 (B/W) Rp 60.000/mm kolom ■ Halaman 1 (F/C) Rp 90.000/mm kolom ■ Iklan Baris (2 s/d 10 baris): Rp 10.000/baris. Harga di atas belum termasuk PPN 10%.KANTOR PUSAT BALIKPAPAN Jl Indrakila Straat III Dalam, RT 52 No 1 Kampung Timur, Balikpapan 76125. Telepon: (0542) 735015, 7020152, 7020151, Fax: (0542) 735013 No Rek 191.0724971 BCA Balikpapan a/n PT Mahakam Media Grafika. PENERBIT: PT Mahakam Media Grafika. ISI DILUAR TANGGUNG JAWAB PERCETAKAN

WARTAWAN “TRIBUN KALTIM” SELALU DIBEKALI TANDA PENGENAL DAN TIDAK DIPERKENANKAN MENERIMA/MEMINTA APAPUN DARI NARASUMBER

CMYK


CMYK

Tribun Sport

KAMIS 23 FEBRUARI 2012

3

AFP-BORIS HORVAT

Petaka ”Injury Time” ■ Marseille Tekuk Inter di Menit 93 MARSEILLE, TRIBUN - Menyakitkan. Sudah berjuang sampai 90 menit, Inter Milan akhirnya harus mengakui kemenangan Olympique Marseille 1-0 pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Stade Vélodrome, Rabu atau Kamis (23/2) dini hari WIB. Gol kemenangan tuan rumah dicetak oleh pemain pengganti Jordan Ayew pada masa injury time, atau menit ke-93. Bermain di hadapan publiknya sendiri, Marseille lebih menguasai pertandingan sejak menit awal. Lima menit pertandingan babak pertama berjalan, Benoit Cheyrou mendapat peluang. Namun, bola tendangannya masih mampu diantisipasi dengan baik oleh kiper Julio Cesar. Inter lebih banyak menyerang melalui serangan balik yang cepat. Diego Forlan sempat mendapat peluang emas pada menit ke-10. Menerima umpan silang dari Esteban Cambiasso, pemain asal Uruguay itu mampu melepaskan tendangan dari

depan gawang Marseille. Sayang, bola tendangannya mampu diantisipasi dengan sangat baik oleh kiper Steve Mandanda. Sepanjang pertengahan babak pertama, Marseille lebih mendominasi permainan. Pada menit ke29, pasukan Didier Deschamps itu kembali mendapatkan peluang melalui Brandao. Sayang, bola tendangannya hanya melebar tipis di sisi kiri gawang Inter. Hingga menjelang akhir babak pertama, kedua tim bergantian melakukan serangan. Akan tetapi, tak ada gol yang tercipta dari beberapa peluang yang ada. Skor 0-0 pun bertahan hingga turun minum. Kedua tim masih menampilkan permainan menyerang pada babak kedua. Namun, rapinya barisan pertahanan kedua tim membuat permainan lebih banyak berkutat di lini tengah. Sejumlah serangan yang dibangun Cambiasso, Sneidjer, dan Forlan berkali-kali membuat peluang

Deschamps Tetap Waspada KEMENANGAN atas Inter Milan dalam seperti yang sudah saya duga, Inter berada leg pertama babak 16 besar Liga Champidi kondisi yang jauh lebih baik daripada ons di Stade Vélodrome, Rabu atau sejumlah performanya yang kita lihat di Kamis (23/2) dini hari WIB, tidak membuat Serie-A akhir-akhir ini,” ujar Deschamps Pelatih Olympique Marseille, Didier seperti dilansir Football Italia. Deschamps, berpuas diri. Menurut pelatih “Kami senang dengan gol yang dibuat asal Perancis itu, Inter masih memiliki Ayew. Tapi, kami juga tahu bahwa leg kans untuk membalas dalam leg kedua kedua nanti akan sulit. Kami nanti. membutuhkan performa yang sangat baik Dalam pertandingan tersebut, Inter di San Siro nanti, apalagi Inter akan AFP kalah secara menyakitkan. Berjuang melakukan segala cara untuk dapat lolos Didier Deschamps hingga 90 menit, tim asuhan Claudio ke babak selanjutnya,” lanjutnya. Ranieri itu harus mengakui kemenangan Marseille Dengan kemenangan ini, Marseille hanya setelah pemain pengganti Jordan Ayew membobol membutuhkan hasil imbang pada leg kedua untuk gawang Julio Cesar pada injury time atau menit ke-93. dapat lolos ke babak perempat final. Adapun leg “Sulit untuk menganalisis pertandingan ini. Tetapi, kedua akan digelar di San Siro pada Rabu (7/3). (kps)

bagi Inter, tetapi tak jua menghasilkan gol. Begitu juga dengan serangan Marseille yang diarsiteki Morgan Amalfitano dan Mathieu Valbuena. Pada menit ke-81, Inter mendapat peluang melalui Yuto Nagatomo. Menerima umpan dari Cambiasso, pemain asal Jepang tersebut mampu membuat barisan pertahanan

Marseille kewalahan dengan sprintnya. Akan tetapi, ia gagal mengontrol bola dengan baik sehingga bola lebih dulu keluar garis permainan. Hingga menit-menit akhir pertandingan, kedua tim masih kesulitan menembus barisan pertahanan lawan. Tiba-tiba, petaka menimpa Inter pada masa injury time.

Berawal dari tendangan pojok, pemain pengganti Jordan Ayew berhasil melakukan sundulan ke arah gawang Inter yang tidak dapat diantisipasi kiper Julio Cesar. Gol ini memastikan kemenangan Marseille 1-0, sekaligus membuat Inter terpukul dan harus berjuang keras pada leg kedua di Stadion Giuseppe Meazza nanti. (kps)

Bayern Ditaklukkan Basel 0-1 BASEL, TRIBUN - Bayern Muenchen harus menerima kenyataan pahit saat bertandang ke markas Basel di Stadion St Jakob-Park pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Rabu atau Kamis (23/2) dini hari WIB. Meski tampil menyerang, Bayern harus rela kalah 0-1 berkat gol pemain pengganti Valentin Stocker. Meski bermain sebagai tamu, Bayern sebenarnya lebih mendominasi permainan sejak menit awal. Pertandingan baru berjalan tiga menit, Franck Ribery mendapatkan peluang emas. Sayang, bola tendangannya mampu diantisipasi dengan baik oleh kiper Yann Sommer. Delapan menit berselang, Ribery kembali mendapat peluang setelah lolos perangkap offside. Lagi-lagi, kiper Sommer tampil cukup baik dengan mematahkan bola

tendangan Ribery. Basel yang lebih mengandalkan serangan balik hampir membuat pendukung tuan rumah bersorak pada menit ke-15 melalui Alexander Frei. Namun, bola sundulannya hanya mengenai tiang gawang Bayern yang dikawal Manuel Neuer. Empat menit berselang, Frei kembali mendapatkan peluang emas. Pemain asal Swiss ini harus kecewa lagi karena bola tendangannya kembali mengenai mistar gawang. Hingga turun minum, skor 0-0 tidak berubah. Pada babak kedua, Bayern terus menekan Basel. Defender Philip Lahm mendapatkan peluang pada menit ke-66. Namun, bola tendangan kerasnya dari luar kotak penalti mampu diantisipasi kiper Sommer yang tampil cukup baik dalam pertandingan ini.

Kiper asal Swiss itu kembali menunjukkan kehebatannya saat memblok bola tendangan Mario Gomez pada menit ke-70. Mendapat umpan terobosan dari Thomas Mueller, Gomez melepaskan tendangan keras dari sudut sempit yang mampu dihalau oleh Sommer. Terus menyerang membuat barisan pertahanan Bayern lengah. Hal itu akhirnya membawa petaka bagi Bayern. Empat menit sebelum pertandingan berakhir, pemain pengganti Stocker mampu membuat pendukung tuan rumah bersorak. Gelandang asal Swiss itu mampu memaksimalkan umpan terobosan Jacques Zoua Daogari. Lolos dari jebakan offside, Stocker kemudian melepaskan tendangan keras yang tak mampu diantisipasi oleh Neuer. (kps)

Mancini Tatap Final Liga Europa

AFP

MANCHESTER, TRIBUN - Pelatih Manchester City, Roberto Mancini, mengaku senang dengan performa anak asuhnya saat mengalahkan Porto 4-0 dalam laga leg kedua babak 32 besar Liga Europa di Etihad Stadium, Rabu atau Kamis (23/2/2012) dini hari WIB. Dengan kemenangan itu, “The Citizen” memastikan diri melaju ke babak 16 besar dengan agregat 6-1.

“Ini merupakan malam yang baik meskipun kemenangan itu tidak mudah. Porto adalah salah satu tim papan atas di Eropa, dan mereka bermain sangat baik dalam pertandingan itu. Tapi, saya senang bisa melaju ke babak selanjutnya,” ujar Mancini seperti dilansir dalam situs resmi City. Menurut Mancini, kemenangan atas Porto yang juga sebagai juara bertahan

CMYK

AFP/CHRISTOF STACHE

Duel Benjamin Huggel (kanan) dan pemain Bayern Munich Toni Kroos.

Piala Europa musim lalu itu akan dijadikan modal untuk melakoni sejumlah babak selanjutnya. Bahkan, pelatih asal Italia tersebut mengungkapkan keinginannya untuk meraih final. “Kami ingin melaju ke final jika memungkinkan, meski memang akan sulit. Dengan tim seperti Valencia, Manchester United, dan Schalke, kompetisi ini seperti Liga Champions,” kata Mancini. Adapun dalam laga tersebut, empat gol City dicetak oleh Sergio Aguero, James

Milner, Edin Dzeko, dan David Pizarro. Dengan kemenangan itu, City akan menantang pemenang laga Legia Warsawa dan Sporting Lisbon. Pada leg pertama, kedua klub itu bermain imbang 22. “Gol di menit awal sangat penting karena Porto bermain sangat baik, dan mereka merupakan tim yang kuat. Kami mempunyai beberapa peluang untuk mencetak gol, tetapi Anda tidak akan dapat melakukan itu jika memiliki sejumlah masalah,” tegas Mancini. (kps)


CMYK

4

Tribun Ekbis

KAMIS 23 FEBRUARI 2012

Indeks Harga Saham Gabungan Bursa Efek Indonesia (BEI)

IHSG 3.986,515 3.906,264 3.995,024

LQ 45 703,861 691,688 740,636 693,982

Rabu (22/02) Jumat Kamis (20/01) (05/01) -15,595 -1,157 -7,927 Poin -14,558 Poin (-0,37%) (-0,03%) (-0,20%) (-0,37%)

% % Poin Poin

-2,053 -2,445 0,154 0,154

% %

(-0,25%) (-0,30%) (-0,35%) (0,02%)

Frekuensi Transaksi Volume Transaksi Nilai Transaksi

156.613 117.661 kali 131.150 138.064 4,708 4,882 4,877 9,7 juta milliar miliar lotlbr lbr Rp 6,568 4,079 Triliun 3,716 4,026 triliun

Top Gainer DeltaSwastatika Dian Jakarta (DLTA) (DSSA) Rp 2.300 2.000 ke Rp 15.250 3.500 128.000 115.000 United Unilever HM Sampoerna Tractor (UNVR) (UNTR) (HMSP) Rp 1.100 250 keke 750 RpRp 28.500 20.050 48.800 Unilever Taisho Delta Jakarta (SQBI) (UNVR) (DLTA) Rp Rp1.000 250 500ke keke Rp Rp Rp 20.450 125.500 140.000 Century Textille Indocement Resources Asia (INTP) (PSAB) (CNTX) Rp 750 200 ke Rp 4.100 350 7.400 18.400

Top Looser SuryaTambangraya Indo Toto (TOTO) (ITMG) Astra Internasional (ASII) 3.100 550 keke RpRp 39.850 55.000 Rp 1.450 72.350 Indocement Gudang Garam (INTP) (GGRM) 800 keke 350 RpRp 18.000 62.800 Rp 1.250 52.750 SemenInternasional Astra Gresik (MBAI) (SMGR) (ASII) Multibreeder Rp 350 600 ke Rp 11.850 21.600 1.000 ke Rp 12.000 Gudang Indosat (ISAT) Garam(UNTR) (GGRM) United Tractor Rp 750 600 ke 200 ke Rp Rp 29.200 57.500 5.650 Rp

Bursa Regional Shanghai

2.679,26 2.403,59 2.319,12 2.148,45 Hang Seng

21.549,28 20.110,37 18.813,41 22.421,46 Nikkei 225 Nikkei-225

9.554,00 8.766,36 8.488,71 9.844,59 Strait Times Straits Times

3.000,45 3.176,82 2.843,82 2.716,99

21 Agustus 06 03 23 Januari 2012 Februari 2011 2012

Poin %

-24,52 23,04 22,16 -20,94 (-0,91%) (-0,97%) (1,00%) (0,93%)

Poin %

167,42 86,10 70,56 -241,91 (0,46%) (0,84%) (0,33%) (-1,07%)

12.041 11.664 11.905 11.782 11.546 11.921

Poin %

126,68 -71,40 90,98 -120,42 (-0,83%) (1,47%) (0,96%) (-1,21%)

11.679 114.04 120.03 118.80 11.555 112.84

Poin %

-24,62 32,62 -5,97 -38,45 (-1,20%) (-0,81%) (-0,22%) (1,16%)

9.000 9.104 9.209

8.910 9.117 9.014

13.941 14.362 14.373 14.227 13.799 14.217 7.075 7.233 7.152

7.078 6.999 7.156 8.995 9.059 9.163 8.460

Pemerintah Hemat Rp 57 T ■ Jika Harga BBM Naik Rp 1.500 JAKARTA, TRIBUN - Presiden SBY kemarin menyatakan harga BBM subsidi mau tidak mau harus naik, karena harga minyak rata-rata di Januari sudah menyentuh US$ 115. Berapa penghematan anggaran yang bisa diraih? Direktur Eksekutif ReforMiner Institute Pri Agung Rakhmanto menyatakan, jika harga BBM subsidi dinaikkan Rp 500/liter, maka pemerintah akan menghemat anggaran subsidi hingga Rp 19 triliun dengan dampak inflasi 0,51%. “Jika naik Rp 1.000, penghematan yang didapat hingga Rp 38,3 triliun dengan dampak inflasi di kisaran 1,02%,” tutur Pri Agung, Kamis (23/2). Sementara jika harga BBM subsidi naik Rp 1.500 maka pemerintah akan mendapat penghematan Rp 57 triliun dengan dampak inflasi di kisaran 1,6%. “Jika memang pada akhirnya naik, sebaiknya kemudian diikuti dengan penerapan subsidi BBM secara konstan. Katakanlah Rp 3.000 per liter. Jadi, kalau harga BBM dapat bergerak naik turun mengikuti pergerakan harga minyak dunia, tetapi deng tetap mendapatkan subsidi sbsar Rp 3.000/liter,” kata Pri Agung. Dengan begitu, jika harga minyak naik tambah tinggi, APBN tidak lagi defisit, tetapi justru mendapat tambahan surplus (windfall profit) dari migas. Dikatakan Pri Agung, pemerintah sebenarnya sudah paham sejak lama bahwa dalam jangka poendek untuk mengurangi beban subsidi di APBN, harga BBM subsidi harus dinaikkan. Sebelumnya, Menteri ESDM Jero Wacik mengatakan harga BBM subsidi akan segera dinaikkan sesuai dengan perintah Presiden SBY dan harus melalui persetujuan DPR. Pemerintah usul harga BBM subsidi naik Rp 500-1.500 per liter. Presiden SBY mengatakan harga minyak dunia rata-rata saat ini sudah mencapai US$ 115 per barel. Pemerintah menyatakan terpaksa akan menaikkan harga BBM subsidi untuk menekan anggaran subsidi yang bakal bengkak. Saat ini harga BBM subsidi baik bensin premium ataupun solar masih bercokol Rp 4.500 per liter. Pro Kontra Anggota DPR Komisi XI dari Fraksi PDIP Arif Budimanta menilai kenaikan harga minyak dunia pastinya memiliki dampak

terhadap pengeluaran negara, tetapi bukan serta-merta dapat membenarkan pemerintah untuk menaikan harga BBM bersubsidi. “Meningkatnya besaran subsidi energi khususnya BBM akibat naiknya harga minyak dunia seharusnya masih bisa ditanggulangi mengingat, pemerintah masih memiliki Sisa Hasil Penggunaan Anggaran (SILPA) tahun lalu sebesar Rp 32,2 triliun,” ungkap Arif saat berbincang dengan detikFinance di Jakarta, Kamis (23/2). Selain itu, Arif mengatakan pemerintah harus fair menjelaskan bahwa kenaikan harga minyak dunia tidak hanya mengakibatkan naiknya belanja pemerintah (khususnya beban subsidi) tetapi juga meningkatkan pendapatan migas. Seperti yang dipaparkan Tim Konsorsium Peneliti Perguruan TInggi (UIUGM-ITB) bahwa jika terjadi kenaikan harga minyak dunia rata-rata 10% maka akan meningkatkan pendapatan migas sebesar Rp3,5 Triliun. “Kenaikan tersebut juga akan meningkatkan beban subsidi sebesar Rp 2,6 triliun, subsidi listrik Rp 0,3 triliun, DBH (dana bagi hasil) Migas Rp 0,5 triliun dan anggaran pendidikan sebesar Rp 0,8 triliun. Artinya, jika anggaran pendidikan boleh tidak mengikuti kenaikan belanja negara akibat kenaikan harga minyak dunia, sesungguhnya kenaikan harga minyak dunia justru mengurangi defisit,” tutur Arif. “Jangan sampai karena ketidakmampuan pemerintah dalam mengelola sumber daya nasional dan keuangan negara kemudian rakyat yang menjadi korban,” imbuh Politisi PDIP ini. Pada kesempatan terpisah, Wakil Ketua Komisi XI Fraksi Golkar Harry Azhar Azis mengatakan kebijakan kenaikan BBM bersubsidi yang diambil SBY merupakan langkah maju. “Ya, saya kira itu langkah maju yang diambil oleh SBY, dulu pengumuman kenaikan harga selalu dilakukan oleh Pak JK, sekarang tidak ada di kabinet yang mau mengambil dan mengumumkan itu sehingga SBY terpaksa mengumumkan sendiri, saya kira ini satu kemajuan,” tuturnya. Hal ini menurut Harry berarti menunjukkan tidak ada yang berani atau mau mengambil resiko mengumumkan kenaikan BBM. “Artinya, pak SBY telah menunjukkan keberaniannya,” tutup Politisi Golkar ini. (dtc)

Pelaku Industri tak Keberatan MENTERI Perindustrian (Menperin) MS Hidayat menegaskan rencana kenaikan BBM yang disampaikan oleh Presiden SBY, sudah diperhitungkan oleh pelaku industri. Bahkan mereka memahami alasan kenaikan harga BBM tersebut. “Masih dalam tahap perencanaan untuk kenaikan BBM. Industri saya kira akan mengkalkulasi kembali cost production secara keseluruhan,” kata Menteri Perindustrian MS Hidayat. Menurutnya sesuai aspirasi kalangan industri, saat ini yang paling ideal adalah jika momentum kenaikan harga BBM digunakan untuk

Baru 20 Persen Sadar Asuransi JAKARTA, TRIBUN - Guru Besar Asuransi Kesehatan dan Jaminan Sosial FKM Universitas Indonesia, Hasbullah Tabrani, mengatakan, baru separuh dari populasi masyarakat Indonesia yang memiliki jaminan kesehatan secara lengkap. Sebagian besar yang memilikinya adalah justru masyarakat miskin. “Kalau yang punya jaminan lengkap, komprehensif, artinya semua penyakit tercover ya separuhnya saja (50 persen dari jumlah penduduk Indonesia),” sebut Hasbullah. Sementara itu, kata dia, sebanyak 10 persen penduduk Indonesia yang sekarang ini ada di sekitar 240 juta orang memiliki

jaminan kesehatan secara tidak penuh. Jika berdasarkan angka, paling banyak ada 20 juta penduduk Indonesia yang punya produk dengan kondisi tersebut. “Sepotongsepotong gak penuh. Misal ada limit batasan dari produk, sekian juta nggak ditanggung atau nggak dijamin,” tambah dia. Paling banyak dari masyarakat yang sudah punya jaminan kesehatan adalah masyarakat miskin. Mengingat mereka punya Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) yang disediakan pemerintah. Sisanya sekitar 40 persen justru masyarakat kelas menengah ke atas tidak punya jaminan kesehatan. Hasbullah

mengatakan, masyarakat ini sebenarnya tidak miskin atau cukup mampu membeli produk asuransi, tetapi seleranya tinggi. “Yang bikin berat memang kelas menengah ke atas karena selera lebih tinggi, misal nggak mau dirawat di rumah sakit kelas 3,” sebutnya. Memang, menurut dia, kecenderungan di dunia bahwa masyarakat masih apatis dan tidak sadar akan pentingnya asuransi. Oleh karena itu, masyarakat wajib untuk didekati dan diberitahu hal itu. “Hanya 20 persen penduduk yang sadar akan asuransi,” pungkasnya. Sekalipun demikian, kata dia, persentase itu merupakan peluang yang besar juga bagi industri asuransi. (kps)

mengurangi ekonomi biaya tinggi yang masih merajalela dan masih harus dipikul dunia usaha termasuk industri. “Sebelum ini wacana mengenai itu sudah bergulir dan alasan bahwa ini diperlukan untuk menyehatkan APBN dan merevisi arah subsidi bagi golongan masyarakat yang benarbenar membutuhkan bisa dimengerti oleh mereka,” katanya. Sementara itu Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Suryo B. Sulisto mengatakan Kadin dapat memahami kenaikan harga BBM. Meskipun ia mengakui kebijakan itu akan

berdampak pada kenaikan biaya produksi industri, namun lanjut Suryo, kepentingan yang lebih besar harus diutamakan. “Tidak mungkin kita membiarkan negara memikul beban subsidi yang semangkin berat. Yang terpenting bagi Kadin adalah. penghematan biaya subsidi yang diakibatkan dari kenaikan harga BBM, harus, harus dipakai untuk pembangunan Infrastruktur. Mengapa? Agar rakyat dan dunia usaha terobati karena dengan tersedianya sarana dan prasarana yang baik maka kita akan lebih efisien dan lebih produktif,” jelas Suryo. (dtc)

Seluruh Sektor Rontok, IHSG Merah MENGEKOR pergerakan bursa regional Asia, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pun dibuka di zona merah, Kamis (23/2/2012) pagi. Pada pukul 9.32 WIB, IHSG terpangkas 0,57 persen ke level 3.972,522. Rontoknya seluruh sektor saham membenamkan otot indeks. Penurunan tertajam menimpa sektor aneka industri yang melemah 1,45 persen. Disusul, sektor manufaktur dan perkebunan yang masingmasing jatuh 0,70 persen. Tercatat sudah 64 saham yang terkoreksi, pagi ini. Dan, hanya 20 saham yang berhasil naik, sedangkan 85 saham lainnya belum menunjukkan arah

CMYK

pergerakan. gainers, antara lain, saham Saham Smartfren PT PP (Persero) Tbk Telecom Tbk (FREN) yang (PTPP) yang maju 3,13 terpangkas persen ke Penurunan 3,91 persen Rp 660. tertajam ke Rp 123, Lalu, saham menimpa menjadi salah Indo satu saham Tambangraya sektor yang Megah Tbk aneka industri yang terdepak ke melemah 1,45 persen. (ITMG) posisi top yang naik Disusul, sektor losers, pagi 1,95 persen manufaktur dan ini. ke Rp perkebunan yang Kemudian, 44.350. saham Berau masing-masing jatuh Kepala Coal Energy Riset 0,70 persen. Tbk (BRAU) Universal yang jatuh 3,06 persen ke Broker Indonesia Satrio Rp 475, juga saham Utomo melihat, pagi ini, Perusahaan Gas Negara bursa di kawasan Asia Tbk (PGAS) yang melemah hanya bergerak flat hingga 1,99 persen ke Rp 3.700. turun, belum ada tandaSedangkan, saham big tanda terjadinya caps yang yang berhasil pembalikan arah. menempati posisi top Namun, dia bilang,

tekanan jual yang kemarin muncul pada saham-saham big caps, sebaiknya menjadikan investor waspada. Menurutnya, tekanan jual pada saham big caps itu kemungkinan terjadi sebagai antisipasi terhadap kenaikan BBM subsidi. “Jika tekanan jual masih berlanjut dan IHSG ditutup di bawah support 3.980, berarti tren naik jangka pendek sudah berakhir, dan berubah menjadi tren turun,” urai Satrio. Adapun, untuk pergerakan hari ini, Satrio memprediksi IHSG akan bergerak flat hingga turun pada kisaran 3.980 - 4.025. Jika, support 3.980 gagal bertahan, maka kisaran 3.950 - 3.960 akan menjadi support kedua. (ktn)

Digital Newspaper Tribunkaltim Edisi Siang  

Digital Newspaper Tribunkaltim Edisi Siang 23 Februari 2012