Issuu on Google+

CMYK

EDISI SIANG

NO. 094/TAHUN 1 KAMIS 29 MARET 2012

THE 1ST DIGITAL NEWSPAPER IN KALTIM

Kenaikan Tarif Angkutan Ditekan ■ Pemerintah Siapkan 3 Opsi JAKARTA, TRIBUN - Menteri Perhubungan EE Mangindaan mengatakan, pemerintah berupaya menekan kenaikan tarif angkutan umum ketika harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi dinaikkan pada 1 April mendatang. Saat ini, pemerintah telah menyiapkan sejumlah alternatif guna menekan kenaikan tarif angkutan umum. “Opsi pertama, kami akan memberikan bantuan pengadaan sparepart. Kedua, pengembalian pajak kendaraan bermotor dalam satu tahun. Ketiga, bantuan melalui kemudahan perbankan untuk industri transportasi,” kata Mangindaan kepada para wartawan di Istana Wapres, Jakarta, Rabu (28/3). Politisi Partai Demokrat ini mengatakan, pemerintah tidak

dapat menahan kenaikan tarif angkutan umum. Yang dapat dilakukan pemerintah adalah mengendalikan kenaikan agar tak terlalu memberatkan masyarakat. Menurutnya, Kementerian Perhubungan akan menetapkan batas atas angkutan umum. Saat ini, Kemhub tengah menyusun panduan terkait kenaikan tarif angkutan. “Kenaikan ini kewenangan daerah dan diputuskan bersama organisasi angkutan kendaraan. Panduan ini sebatas untuk mengatur seperti kita memberikan tarif batas atas,” jelasnya. Menurutnya, mengacu pada kenaikan tarif angkutan rata-rata pada tahun 2005 dan 2008, kenaikan tarif angkutan mencapai 13 persen sampai 15 persen. (kps)

KPL

Meriam Bellina dan Hotman Paris Hutapea ANTARA/ANDIKA WAHYU

M Nazaruddin

Nazar Tantang Jaksa Bawa Rp 4,6 M JAKARTA, TRIBUN Terdakwa Muhammad Nazaruddin meningkatkan tensi bantahan. Mantan Bendahara Umum DPP Partai Demokrat itu keukeuh menampik dakwaan terlibat korupsi pada proyek pembangunan Wisma Atlet SEA Games 2011 di Palembang, Sumatera Selatan. Ia pun menantang Jaksa agar menunjukkan uang senilai Rp 4,6 miliar sebagai barang bukti. “Saya minta diperlihatkan agar diberikan barang bukti gratifikasi atau uang suap itu senilai Rp 4,6 miliar,” kata Nazaruddin saat memberikan keterangan selaku terdakwa di depan majelis hakim dalam sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (28/3). Permintaan Nazar, mantan anggota Komisi III DPR RI itu tidak dikabulkan. Jaksa Penuntut Umum I Kadek Wiradana hanya memberikan barang bukti berupa cek senilai Rp 4,6 miliar. Dengan dalih, bukti suap diberikan kepada Nazaruddin berupa bentuk cek. Sikap jaksa yang tidak bisa menghadirkan barang bukti itu membuat kubu Nazar protes. Lalu jaksa pun menimpali.

“Kami sudah menyampaikan, terkait dengan barang bukti, itu tidak ada majelis,” kata Kadek Nazaruddin tetap menyangkal telah terlibat pada perkara suap Wisma Atlet SEA Games. “Saya sama sekali tidak tahu soal Wisma Atlet. Bahwa ternyata PT Duta Graha Indah menang pun saya baru tahu dari media. Sebelumnya saya tidak tahu apa itu hantu Wisma Atlet,” ujar Nazaruddin. Pada dakwaan sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum KPK menyebutkan Nazaruddin menerima suap Rp 4,6 miliar dari Marketing Manager PT Duta Graha Indah (DGI), M El Idris. Suap tersebut, merupakan success fee guna memenangkan PT DGI atas proyek wisma atlet SEA Games 2011 yang menyerap APBN sebesar Rp 191 miliar lebih. Nazaruddin pun terus menyangkal kesaksian anak buahnya, Direktur Marketing PT Anak Negeri, Mindo Rosalina Manulang. Nazar menilai Rosa titipan Ketua Partai Demokrat Anas Urbaningrum untuk dikenalkan ke anggota DPR RI untuk mengurus sejumlah proyek APBN. (tribunnews)

Meriam Bellina Adukan Hotman Paris JAKARTA, TRIBUN - Meriam Bellina Bamboe, Rabu (28/3) sore, membenarkan melaporkan Hotman Paris Hutapea ke SPKP Polda Metro Jaya. Hotman yang dibilangnya teman dekat itu dituduh telah melakukan penganiayaan dan perbuatan tidak menyenangkan kepadanya. Seusai melapor, Meriam tidak bersedia menjawab pertanyaan wartawan. Ia dengan wajah sendu langsung masuk ke mobilnya. Meriam ditemani tim pengacaranya. Latifa, salah seorang pengacaranya, menyarankan wartawan untuk bertanya langsung kepada polisi

CMYK

yang menerima laporan mereka. Saat dihubungi, Latifa membenarkan bahwa dirinya sedang berada di salah satu ruangan di Polda Metro Jaya. Namun, ia enggan membeberkan apakah klien yang sedang didampinginya adalah Meriam Bellina. Ia juga tak mau menjelaskan lebih rinci kasus yang tengah dihadapi kliennya itu. “Saya enggak bisa ngomong sekarang. Nanti saja. Mohon maaf,” ujar Ria. Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto, yang kemudian ditemui wartawan, mengatakan, Polda Metro memang menerima laporan

dari Meriam Bellina, yang melaporkan Hotman Paris Hutapea (HPH). Dalam laporannya, Melinda mengaku mengalami penganiayaan yang dilakukan terlapor. Kejadian penganiayaan itu terjadi beberapa kali dalam rentang waktu 10 April 2009 hingga Maret 2012 ini. Akibat penganiayaan tersebut, Meriam mengaku menderita sakit sampai saat ini. Penganiayaan yang diterimanya, antara lain, berupa membanting badannya, memukul/menampar mukanya berkali-kali, hingga membuat tulang hidungnya retak dan telinga bagian kanan berdarah. (kps)


CMYK

2

Tribun Etam

KAMIS 29 MARET 2012

TRIBUN KALTIM/NEVRIANTO HARDI PRASETYO

ATUR LALU LINTAS

Seorang warga menjadi pengatur lalu lintas dadakan saat banjir melanda dan menyebabkab lampu lalu lintas tak beroperasi di kawasan Jl A Yani, Samarinda Utara, Rabu (28/3). Banjir menggenang setelah Samarinda diguyur hujan selama 5 jam.

Golkar-PKS Tolak Pansus Tambang Dibubarkan SAMARINDA, TRIBUN - Kabar akan dibubarkannya panitia khusus (pansus) tambang karena tidak sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 53 Tahun 2012 tentang program legislasi daerah (prolegda), tenyata tidak mendapat dukungan dari beberapa fraksi di DPRD Samarinda. Tiga fraksi yang ditemui Tribun sangat menyayangkan jika pansus akan dibubarkan, bahkan fraksi Golkar secara tegas menolak pansus dibubarkan. Menurut Munir Ahmad, Ketua Fraksi Golkar, ada indikasi raperda ini sengaja diperlambat pengesahannya atau bahkan ada pasal-pasal yang merugikan pihak tertentu. Dan jika pansus dibubarkan, apa yang sudah dikerjakan selama tujuh bulan akan sia-sia. Lagipula, kalau memang ada aturan menteri, mengapa baru Maret ini pansus dibubarkan. “Bagaimana pertanggungjawaban dengan tidak

dilanjutkannya perda ini? Kalau memang berbenturan mengapa tidak sejak Desember dibubarkan? Mengapa baru Maret saat mau finalisasi perda?,” kata Munir. Munir juga memberikan solusi jika yang menjadi masalah adalah penambahan. Menurutnya, ada dua masalah krusial yaitu jarak tambang dengan fasilitas umum dan larangan hauling di jalan negara. Kedua masalah itu sebenarnya sudah ada dalam perda lama. Untuk menghindari penambahan bab, maka redaksional pasal saja yang perlu diubah. Dari jarak tambang sebelumnya 200 meter menjadi misalnya 500 meter. Dan untuk hauling, dari yang sebelumnya dilarang hauling di jalan negara pada kondis tertentu diganti menjadi tidak diperbolehkan hauling sama sekali. Hal itu tidak akan menabrak Peraturan Menteri.

Fraksi Partai Keadilan Sejaktera (PKS) juga sangat menyayangkan bila pansus dibubarkan. Dengan wacana pembubaran pansus, menunjukkan adanya kepentingan oknum yang sangat kontras. Ada pertanyaan besar bagi fraksi PKS terkait sikap Ketua DPRD yang juga koordinator pansus tiba-tiba mengatakan pansus akan dibubarkan Maret 2012. Mursyid Abdul Rasyid, anggota fraksi PKS yang juga anggota pansus memaparkan bahwa pansus sejak dikeluarkannya Peraturan Menteri sudah menyadari akan terjadi benturan dan juga menyadari bahwa pasti akan banyak masukan di dalam perda dari LSM, dan para pengamat lainnya. Karena itu, pada Januari 2012 lalu, pansus tambang sudah menyampaikan surat kepada Ketua DPRD untuk mengganti pansus bukan lagi revisi tetapi menjadi inisatif. Tapi tidak pernah direspons. (m36)

Flu Singapura Serang Warga Balikpapan BALIKPAPAN, TRIBUN - Kasus Flu Singapura ditemukan di Balikpapan beberapa hari belakangan ini. Hal ini dibenarkan Kepala Pemberantasan Penyakit dan Pengendalian Lingkungan (P2PL), Dinas Kesehatan Kota (DKK), Esther Vonny Kristianti, Rabu (28/3). Menurut Vonny, DKK, telah menerima beberapa laporan dari puskesmas terkait kasus yang menyerupai Flu Singapura. “Ada beberapa laporan yang masuk dari puskesmas. Diduga itu Flu Singapura, karena gejalanya mirip,” ujar Vonny. Flu Singapura juga dikenal sebagai penyakit Kaki, Tangan, dan Mulut (KTM). Penyakit yang memiliki gejala layaknya flu yakni demam dan disertai penurunan nafsu makan ini disebabkan Virus Picornaviridae. Berbeda dengan flu pada umumnya, Flu Singapura menunjukkan gejala fisik yang tampak seperti muncul luka mirip sariawan di bibir, kulit tangan dan kaki melepuh. Vonny menjelaskan, Flu Singapura berbahaya jika disertai komplikasi dengan penyakit lain. “Karena pada saat terserang Flu Singapura tentu daya tahan tubuh menurun, dan pasti mudah terjangkit penyakit lainnya,” jelas Vonny. Guna meminimalisir penyebaran penyakit yang disebabkan kontak langsung dengan penderita tersebut, Vonny meminta masyarakat untuk membiasakan pola hidup higienis. “Penyakit ini menular akibat kontak

TIPS PENCEGAHAN 1. Menjaga pola hidup higienis dengan mencuci tangan sehabis kontak dengan penderita 2. Pisahkan anak, dari saudaranya yang tertular 3. Jangan biasakan penggunaan alat-alat pribadi, seperti perelatan makan dan mandi secara bersamaan. 4. Segera berobat ke puskesmas terdekat bila menderita gejala Flu Singapura. (rad)

GEJALA 1. Demam 2-3 hari 2. Sakit di leher 3. Nafsu makan menurun 4. Di mulut seperti muncul sariawan 5.Timbul melepuh yang tidak gatal pada telapak tangan dan kaki. (rad)

langsung dengan luka pada penderita. Untuk itu bagi yang merawat, setelah merawat harus cuci tangan,” imbuhnya. Vonny berharap warga yang menderita gejala serangan Flu Singapura segera berobat ke puskesmas terdekat untuk mendapatkan perawatan. “Yang terkena segera dibawa ke puskesmas, dan yang tak kalah penting itu tadi, yang merawat juga harus prepare jangan sampai terkena juga. Makanya higienitas harus dijaga,” tegasnya. Flu Singapura kebanyakan menyerang anak-anak. Kendati demikian, penyakit tersebut juga berpotensi menyerang orang dewasa. (rad)

Kesurupan Massal Terjadi di MAN TANJUNG REDEB, TRIBUN Suasana belajar mengajar di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) yang terletak di Jalan Durian III Tanjung Redeb, Rabu (28/3) tiba-tiba heboh. Puluhan siswa yang kebanyakan perempuan kesurupan. Kejadian secara tiba-tiba ini kontan membuat aktivitas harian di sekolah tersebut menjadi terhenti, dan akhirnya membuat pihak sekolah mengambil keputusan untuk memulangkan siswa lebih awal untuk mengurangi ‘kekacauan’ yang mungkin terjadi. Kesurupan ini semula hanya

dialami satu siswi yang berada di kelas XII IPS . Saat itu proses belajar mengajar baru saja dimulai, namun tiba-tiba siswi yang bersangkutan berteriak-teriak sambil berguling-guling di lantai. Menghadapi kondisi itu guru yang saat itu berada di dalam kelas langsung berusaha menenangkan siswi bersangkutan dibantu guru-guru lain yang berdatangan dari kelas sebelah untuk memberi bantuan. Namun bukannya mereda, siswi tersebut malah lebih histeris lagi. Kemudian kesurupan juga dialami siswi

lain di kelas lain. Beberapa siswi juga ikut-ikutan berteriak secara histers dan membanting tubuhnya di lantai. “Sebelumnya memang sudah terjadi, tapi biasanya hanya dua atau empat orang yang kesurupan, tidak tahu kenapa hari ini jumlahnya lebh banyak,” katanya. Kepala Sekolah MAN Berau menuturkan pihaknya merencanakan untuk menggelar doa bersama agar suasana belajar mengajar tidak lagi terganggu, selain langkah preventif lainnya seperti rutin membaca Al Quran sebelum melakukan proses belajar mengajar. (m35)

TRIBUN KALTIM/JANUAR ALAMIJAYA

Seorang sSiswa di Berau yang mengalami kesurupan coba ditenangkan tokoh agama yang didatangkan pihak sekolah.

PEMIMPIN UMUM(Plt): Agus Nugroho PEMIMPIN REDAKSI: Achmad Subechi REDAKTUR PELAKSANA: Priyo Suwarno MANAJER PRODUKSI: Arif Er Rachman WAKIL MANAJER PRODUKSI: Baskoro Muncar KOORDINATOR LIPUTAN: Fransina Luhukay STAF REDAKSI: H Sjamsul Kahar, H Herman Darmo, Uki M Kurdi, Achmad Subechi, Ignatius Sawabi, Priyo Suwarno, Arif Er Rachman, Baskoro Muncar, Iwan Apriansyah, Fransina Luhukay, Adhinata Kusuma, Dwi Haryanto SN, Sumarsono, Mathias M Ola, Trinilo Umardini, M Abduh Kuddu, Rita, Reza Rasyid Umar, Margaret Sarita, M Wikan Hendarman, Maipah, Ahmad Bayasut, Fachmi Rachman, Feri Mei Efendi, Basir Daud, Rafan A Dwinanto, Syaiful Syafar. BIRO SAMARINDA, Jl Ulin No.106 Samarinda, Telepon: 0541 202416, 202417, fax: (0541) 769855: H Maturidi (kepala), Achmad Bintoro, Budhi Hartono, Khaidir, Maipah, Nevrianto HP, Reonaldus, Muhammad Yamin, Hasbi. KUTAI KARTANEGARA: Rahmat Taufik KUTAI TIMUR: Kholish Chered. BONTANG: Udin Dohang PASIR: Sarassani. PENAJAM PASER UTARA: Samir TARAKAN: Junisah. KUTAI BARAT: Alex Pardede. BERAU: Amalia Husnul A. NUNUKAN: Niko Ruru. BIRO JAKARTA, Jl Palmerah Selatan 3, Jakarta 10270, Telepon (021) 5356766 (7618), Fax (021) 5495360: Febby Mahendra Putra (Kepala), Domuara Ambarita (Wakil) Agung Budi Santoso, Johnson Simanjuntak, Chairul Arifin, Ismanto, Rachmad Hidayat, Toni Bramantoro, Yuli Sulistyawan, Yoni Iskandar, Bian Harnansa, Hendra Gunawan, Sugiarto, Budi Prasetyo, Hasanuddin Aco, Murdjani. DIREKTUR UTAMA: Asih Winanti. DIREKTUR: H Herman Darmo, Uki M Kurdi. PEMIMPIN PERUSAHAAN / MANAJER IKLAN: H Zainal Abidin. MANAJER SIRKULASI: Iskandar. BAGIAN IKLAN JAKARTA: Doddy Setiawan (HP 08164859626), Jl Palmerah Selatan 3 Jakarta, Telp: (021) 5483863, 5494999, 5483008, 5480888 (ext: 7635-7638) Fax: (021) 53696583 Tarif Iklan: ■ Umum Display (B/W) Rp 22.500/mm kolom ■ Spot Colour (2 warna): Rp 30.000/mm kolom ■ Spot Colour (1 warna): Rp 25.000/mm kolom ■ Full Colour: Rp 35.000/mm kolom ■ Halaman 1 (B/W) Rp 60.000/mm kolom ■ Halaman 1 (F/C) Rp 90.000/mm kolom ■ Iklan Baris (2 s/d 10 baris): Rp 10.000/baris. Harga di atas belum termasuk PPN 10%.KANTOR PUSAT BALIKPAPAN Jl Indrakila Straat III Dalam, RT 52 No 1 Kampung Timur, Balikpapan 76125. Telepon: (0542) 735015, 7020152, 7020151, Fax: (0542) 735013 No Rek 191.0724971 BCA Balikpapan a/n PT Mahakam Media Grafika. PENERBIT: PT Mahakam Media Grafika. ISI DILUAR TANGGUNG JAWAB PERCETAKAN

WARTAWAN “TRIBUN KALTIM” SELALU DIBEKALI TANDA PENGENAL DAN TIDAK DIPERKENANKAN MENERIMA/MEMINTA APAPUN DARI NARASUMBER

CMYK


CMYK

Tribun Sport

KAMIS 29 MARET 2012

3

Pacquiao Ingin Saingi ”Thrilla in Manila” MANILA, TRIBUN - Petinju Filipina, Manny Pacquiao berharap mega tarungnya menghadapi Floyd Mayweather akan dikenang seperti “Thrilla in Manila” yang mempertemukan Muhammad Ali dan Joe Frazier pada 1975. Pacquuiao sendiri memiliki keyakinan jika ia bertemu dengan Floyd

Mayweather Jr, pertemuan ini akan sangat menarik dan bermutu tinggi tak ubahnya seperti Ali-Frazier tersebut. “Dengan pertemuan kami, siapa tahu kami akan membuat semua oarng mengenangnya seperti pertemuan Ali dan Frazier. Pertemuan Ali dan Frazier 37 tahun lalu merupakan pertarungan yang masih dibicarakan sampai saat

ini,” kata Pacquiao. Namun pertemuan Pacquiao dan Mayweather hingga kini masih belum terwujud. Pihak Mayweather menginginkan bayaran yang lebih besar daripada yang akan diterima Pacquiao. Mereka bahkan menginginkan semua bayaran melalui tayangan pay-per-view

menjadi hak petinju AS tersebut. Pertemuan Pacquiao dan Mayweather menjadi semakin sulit terwujud karena status Mayweather sebagai terhukum yang harus menjalani hukumannya selama tiga bulan. Mayweather akan menghadapi Miguel Cotto, 5 Mei mendatang, sementara Pacquiao akan menghadapi Timothy

Bradley pada 9 Juni. Namun Pacquiao yakin orang akan lebih mengenangnya ketimbang Mayweather. “Saya tidak menginginkan apa-apa lagi. Saya telah melakukan semuanya di tinju,” kata Pacquiao yang telah menghadapi petinju-petinju besar seperti Erik Morales, Oscar De La Hoya, Miguel Cotto. (kps)

”Kami sudah Punya PSSI yang Sah” ■ Persiba Tolak Rekonsiliasi BALIKPAPAN, TRIBUN - Persiba Balikpapan secara tegas menolak undangan rekonsiliasi yang ditawarkan PSSI, Kamis (29/3), yang digelar di Hotel Crown Jakarta. Hal itu dikarenakan pihaknya sudah memiliki induk organisasi PSSI yang sah versi La Nyala Mattalitti yang terpilih dalam Kongres Luar Biasa (KLB) yang digelar Komite Penyelamat Sepakbola Indonesia (KPSI) beberapa waktu lalu. Sebagai informasi, PSSI akan menggelar rekonsiliasi klub-klub Indonesia Super League (ISL) hari ini di Hotel Crown Jakarta. Ajang ini merupakan upaya rekonsiliasi kedua yang digelar PSSI. Sebelumnya, 14 Maret lalu, PSSI juga mengundang 12 klub ISL untuk berbicara, namun hanya satu klub yang memenuhi undangan, yaitu Persib. Rekonsiliasi ini merupakan penekanan dari Federasi Sepakbola Internasional (FIFA) kepada PSSI agar kisruh di tubuh PSSI terselesaikan. Jika tidak mampu merangkul tim-tim ISL, maka tidak menutup kemungkinan FIFA akan memberikan sanksi kepada PSSI. Dari informasi yang dihimpun Tribun, FIFA akan membawa masalah PSSI ke rapat anggota Komite Eksekutif FIFA di Zurich 29-30 Maret ini. Sekretaris Umum Persiba Balikpapan,

Irfan Taufik, Rabu (28/3) kemarin menegaskan, Kamis (29/3) hari ini, Persiba tidak akan menghadiri undangan rekonsiliasi. “Kami secara tegas tidak akan menghadiri undangan tersebut. Intinya bagi Persiba, PSSI yang sah adalah PSSI hasil KLB. Makanya setelah KLB hanya ada satu PSSI,” ujar Irfan Taufik. Menurut Irfan, banyak kebijakan yang dikeluarkan PSSI versi Djohar Arifin yang menyalahi aturan, baik statuta PSSI sendiri maupun hasil Kongres PSSI di Bali yang notabene keputusan tertinggi PSSI. Pelanggaran statuta tersebut, diantaranya kompetisi yang sah kasta tertinggi adalah Indonesia Super League (ISL) bukan Indonesia Premier League (IPL), dan proses menjadi peserta ISL harus melewati aturan yang berlaku yang sudah diputuskan dalam Kongres Bali maupun di dalam statuta PSSI. “Loh kan kompetisi yang sah itu ISL, kenapa kok bikin Indonesia Premier League (IPL). Makanya banyak kesalahan dan dosa-dosa kebijakan yang dikeluarkan Djohar Arifin,” tandasnya. Sebelumnya, PSSI versi Djohar Arifin menganggap kompetisi ISL ilegal karena tidak mengikuti kebijakan PSSI. Namun belakangan ISL dianggap sah dan Djohar Arifin ingin merangkul kembali peserta ISL. (fer/kps)

NET

Kim Dong Chan

Persisam Seleksi Dua ’Kim’

● Untuk Posisi Striker dan Gelandang SAMARINDA, TRIBUN Manajemen Persisam Putra Samarinda menyeleksi dua pemain asing asal Korea untuk posisi striker dan gelandang, mereka adalah Kim Dong Chan (striker) dan Kim Sun Woo (gelandang). Penambahan pemain di lini depan merupakan hasil dari evaluasi manajemen. Manajer Tim Persisam Putra, Agus Coeng Setiawan mengatakan, memasuki putaran kedua kompetisi Indonesia Super League (ISL), tim berjuluk Pesut Mahakam ini bakal melakukan perubahan formasi pemain. Tentu dengan adanya penambahan

CMYK

pemain baru, skuad Persisam diharapkan lebih kompetitif. Berdasarkan hasil evaluasi manajemen, beberapa lini depan, gelandang dan belakang serta penjaga gawang perlu ada penambahan. “Beberapa pemain yang datang mengikuti seleksi. Kalau memang bagus dan posisi pemain dibutuhkan, saya segera laporkan ke manajemen klub,” kata Agus Coeng, Rabu (28/3). Terpisah, pelatih sementara Persisam Putra Hendri Susilo berharap, diantara dua pemain itu bisa memenuhi keinginan tim. “Kalau saya maunya, salah satu pemain yang diseleksi punya skill

yang bagus. Jadi kita punya stok pemain dan bisa dijadikan pertimbangan untuk masuk skuad di putaran kedua,” kata Hendri. Tim Persisam saat ini baru memiliki empat pemain asing, Jerry Boima Karpeh (Australia), Srdjan Lopicic (Montenegro), Luc Owona Zoa (Kamerun) dan Ronald Fagundez (Uruguay). Jatah setiap klub boleh menggunakan 5 pemain asing. Jelang putaran kedua, skuad Persisam terus melakukan pembenahan dan evaluasi menyeluruh sebelum melakoni laga tandang ke markas Persidafon Dafonsoro, Senin (9/4) mendatang. (bud)


CMYK

4

Tribun Ekbis

KAMIS 29 MARET 2012

Indeks Harga Saham Gabungan Bursa Efek Indonesia (BEI)

IHSG 3.986,515 3.906,264 4.090,573

LQ 45 703,861 691,688 740,636 706,083

Jumat Kamis Selasa(20/01) (05/01) (27/03) -15,595 11,189 -1,157 Poin -14,558 Poin (-0,37%) (-0,03%) (-0,37%) (0,27%)

% % Poin Poin

-2,053 0,154 2,177 0,154

% %

(-0,25%) (-0,30%) (0,02%) (0,30%)

Frekuensi Transaksi Volume Transaksi Nilai Transaksi

117.661 131.150 156.613 66.338 kali kali 4,877 4,882 10.094 9,7 juta miliar juta lotlot lbr Rp 6,568 4,079 Triliun 3,716 2,926 triliun

Top Gainer Delta Jakarta Merck (MERK)(DLTA) Rp 2.000 3.500 ke Rp 147.000 128.000 115.000 UnitedAgro Unilever Astra Tractor (UNVR) (AALI) (UNTR) Rp 1.150 250 keke 750 RpRp 28.500 20.050 22.450 Unilever Taisho Century (SQBI) Textille (UNVR)(CNTX) Rp Rp1.000 250 500ke keke Rp Rp Rp 20.450 125.500 9.800 Century Textille Indocement Multibreeder (INTP) (MBAI) (CNTX) Rp 750 200 ke Rp 14.750 350 7.400 18.400

Top Looser SuryaTambangraya Indo Toto (TOTO) (ITMG) Astra Internasional (ASII) 3.100 550 keke RpRp 39.850 55.000 Rp 1.300 71.550 Indocement Gudang Garam (INTP) (GGRM) Myoh (MYOH) 800 ke Rp 4.500 350 18.000 62.800 Rp 500 Semen Astra Internasional Gresik (SMGR) (ASII) Gudang Garam (GGRM) Rp 350 600 ke Rp 11.850 21.600 250 53.550 Gudang Indosat (ISAT) Garam (EMTK) (GGRM) Elang Mahkota Rp 225 600 ke 200 ke Rp Rp 4.400 57.500 5.650 Rp

Bursa Regional Shanghai

2.679,26 2.284,88 2.319,12 2.148,45 Hang Seng

20.885,42. 20.110,37 18.813,41 22.421,46 Nikkei 225 Nikkei-225

10.182,57 8.766,36 8.488,71 9.844,59 Strait Times Straits Times

3.008,48 3.176,82 2.843,82 2.716,99

21 Agustus 06 03 29 Januari2012 Maret 2012 2011

Poin %

-24,52 -62,30 23,04 -20,94 (-0,91%) (-2,65%) (-0,97%) (1,00%)

Poin %

-161,49 167,42 86,10 -241,91 (0,46%) (0,84%) (-0,77%) (-1,07%)

12.298 11.664 11.905 12.174 11.782 11.546

Poin %

-72,58 126,68 -71,40 -120,42 (-0,71%) (-0,83%) (1,47%) (-1,21%)

11.679 120.03 111.18 118.80 11.555 110.05

Poin %

-10,43 32,62 -5,97 -38,45 (-1,20%) (-0,35%) (-0,22%) (1,16%)

9.000 9.226 9.209

8.910 9.117 9.134

13.941 14.721 14.373 14.227 13.799 14.571 7.075 7.343 7.152

7.078 6.999 7.264 8.995 9.180 9.163 8.460

TRIBUN KALTIM/FACHMI RACHMAN

PRODUK JOGJA Dua pengunjung melakukan transaksi dengan peserta pameran produk Jogjakarta di Plaza Balikpapan, Rabu (28/3). Ratusan produk unggulan dari 20 UKM dan pengrajin Kota Jogjakarta binaan dari Disperindagkoptan DIY dipamerkan di lantai dasar Plaza Balikpapan dari tanggal 28 Maret hingga 3 April mendatang.

16 Ribu Rumah Pakai FLPP ■ Djan Faridz: Banyak yang Anggap Tidak Jalan

KOMPAS/PRIYOMBODO

Subsidi BBM Rp 3.900 per Liter JAKARTA, TRIBUN - Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengumumkan, besaran subsidi bahan bakar minyak (BBM) jenis premium dengan asumsi harga minyak mentah Indonesia (ICP) sebesar 105 Dolar AS per barel adalah Rp 3.900 per liter. Besaran subsidi tersebut berasal dari harga keenonomian premium Rp 8.400 per liter dikurangi harga jual ke konsumen Rp 4.500 per liter. Demikian siaran pers dari Kementerian ESDM di Jakarta, Rabu (28/3). Disebutkan juga dalam siaran pers tersebut, harga keekonomian Rp 8.400 per liter berasal dari harga dasar BBM dari

minyak mentah dengan patokan ICP 105 Dolar AS per barel adalah Rp 5.943 per liter. Lalu, ditambah biaya lifting, refinery, dan transportation (LRT) minyak bumi adalah 24,1 Dolar AS per barel atau setara dengan Rp 1.394 per liter dan ditambah pajak dan lain-lain 15%, sehingga harga keekonomian BBM Rp 8.400 per liter. Kementerian ESDM membantah biaya LRT hanya 10 Dolar AS per barel sesuai perhitungan ekonom Kwik Kian Gie. Biaya LRT sebenarnya mencapai 24,1 dolar per barel yang berasal dari biaya pengolahan 12,8 Dolar AS per barel, serta biaya transportasi dan distribusi 11,3 Dolar AS per barel. (kps)

JAKARTA, TRIBUN - Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) Djan Faridz menyebutkan sebanyak 16.000 rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) telah menggunakan akad kredit Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan dari Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera). “Saat ini sudah ada sekitar 16.000 rumah masyarakat yang menggunakan kredit FLPP Kemenpera. Angka itu berasal dari angka rumah yang ada dalam daftar tunggu dan akad kredit baru,” ujar Djan Faridz usai menandatangani perjanjian kerjasama (MoU) MoU FLPP antara Kemenpera dan Bank Muamalat pada acara Developer Gathering and Grand Opening Muamalat Consumer Center di Hotel Le Meridien Jakarta, Rabu (28/3). Lebih lanjut, Djan Faridz menambahkan, selama ini banyak pihak yang menyatakan bahwa program FLPP tidak berjalan dengan baik. Padahal sebenarnya banyak sekali masyarakat yang membutuhkan rumah yang layak huni dengan harga yang

CMYK

terjangkau. “Data tentang rumah yang telah menggunakan FLPP selalu bertambah jumlahnya dan saya pantau secara online di kantor saya. Jadi tidak benar kalau rumah dengan kredit FLPP baru ratusan unit,” terangnya. Saat disinggung mengenai data dari Badan Layanan Umum Pusat Pembiayaan Perumahan (BLU

PPP) yang menyatakan baru sekitar 600 rumah yang menggunakan FLPP, Menpera Djan Faridz menerangkan, sebenarnya jumlahnya lebih banyak lagi. “Waktu itu data dari BLU PPP memang jumlahnya seperti itu. Padahal ada lebih banyak lagi, cuma belum diinfokan,” tandasnya. (tribunnews.com)

Gandeng Muamalat KEMENTERIAN Perumahan Rakyat (Kemenpera) mengandeng Bank Muamalat, sebagai bank penyalur program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP). Sebelumnya, sebanyak lima bank telah menjalin kerjasama FLPP Kemenpera. “Keikutsertaan Bank Muamalat dalam program FLPP Kemenpera merupakan wujud kepedulian perbankan terhadap program perumahan untuk masyarakat,” ujar Menpera Djan Faridz saat memberikan sambutan penandatangan MoU FLPP

Kemenpera dan Bank Muamalat pada acara Developer Gathering And Grand Opening Muamalat Consumer Center di Hotel Le Meridien Jakarta, Rabu (28/3). Bank Muamalat, kata Menpera Djan Faridz, ternyata menyambut baik program FLPP ini. “Saat ini saya memang tidak memiliki saham di bank Muamalat. Tapi tanpa saya minta ternyata Bank Muamalat datang dan siapp membantu saya untuk menumbuhkan industri rumah di Indonesia,” terangnya. (tribunnews.com)


Digital Newspaper Tribunkaltim