Issuu on Google+

CMYK

EDISI MALAM

NO. 591 /TAHUN 1 JUMAT 19 OKTOBER 2012

KPK Banding Vonis Wa Ode ■ Tuntunan 14 Tahun, Vonis Hakim hanya 4 Tahun Penjara JAKARTA, TRIBUN - Jaksa Penuntut Umum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mengajukan banding atas putusan majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta yang menjatuhkan vonis enam tahun penjara kepada anggota Dewan Perwakilan Rakyat Wa Ode Nurhayati. Menurut Juru Bicara KPK Johan Budi, lama hukuman yang ditetapkan majelis hakim tersebut tidak sesuai dengan tuntutan tim jaksa penuntut umum KPK. “KPK banding karena KPK menuntut 14 tahun, namun vonisnya enam tahun,” kata Johan di Jakarta, Jumat (19/10). Selanjutnya, KPK akan mempelajari putusan majelis hakim tersebut dalam menyusun memori banding. Johan mengatakan, sebenarnya dua perbuatan pidana yang dituduhkan tim jaksa KPK kepada Wa Ode sudah dianggap terbukti oleh majelis hakim. Wa Ode dianggap terbukti melakukan tindak pidana korupsi dengan menerima suap Rp 6,25 miliar terkait

pengalokasian Dana Penyesuaian Infrastruktur Daerah (DPID) dan melakukan tindak pidana pencucian uang atas kepemilikan uang Rp 50,5 miliar dalam rekeningnya. “Dakwaan KPK untuk tindak pidana korupsi dan TPPU (tindak pidana pencucian uang) terbukti. KPK sudah benar, sangkaan itu menurut hakim,” ujar Johan. Dia juga mengatakan, putusan majelis hakim Pengadilan Tipikor ini akan dijadikan bahan dalam pengembangan kasus DPID. Atas putusan majelis hakim yang dibacakan dalam persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kamis (18/10) itu, Wa Ode beserta tim pengacaranya langsung mengatakan akan banding. Politikus Partai Amanat Nasional itu menilai, dirinya dijadikan kelinci percobaan oleh KPK yang menyatukan dua perkara pidana Wa Ode dalam satu berkas. Bagi KPK, kasus Wa Ode ini

memang pertama kali diterapkan pasal TPPU dalam satu berkas dengan pasal tindak pidana korupsi. Johan mengatakan bahwa putusan majelis hakim ini selanjutnya akan dijadikan yurisprudensi bagi KPK. Sebagai catatan, KPK akan menelisik peran pimpinan Banggar DPR dalam kasus korupsi Dana Penyesuaian Infrastruktur Daerah (DPID) yang menyeret Wa Ode. Keterangan saksi dan tersangka itu, akan divalidasi dengan bukti yang dimiliki oleh komisi antirasuah itu. Berdasarkan keterangan Wa Ode dalam persidangan, bukan cuma dia yang seharusnya dijerat KPK dalam perkara tersebut. Wa Ode mengatakan banyak saksi dalam sidang yang menyebutkan keterlibatan empat anggota pimpinan Banggar saat itu, yakni Tamsil Linrung, Melchias Marcus Mekeng, Olly Dondokambey, dan Mirwan Amir, dalam penentuan daerah penerima alokasi DPID. (kps)

TRIBUNNEWS

Anggota DPR RI Wa Ode tertunduk saat mendengarkan pembacaan vonis oleh Majelis Hakim Pengadilan Tipikor. Wa Ode divonis 4 tahun penjara dalam kasus dugaan suap DPID.

Banggar Tak Gentar Terseret WAKIL Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Tamsil Linrung mengaku, dirinya tidak gentar vonis terhadap Wa Ode Nurhayati bisa menjerat anggota-anggota Banggar lainnya. Nama Tamsil sebelumnya sempat disebut-sebut dalam persidangan Wa Ode dan Fahd Al Fouz, tersangka kasus dugaan suap alokasi Dana Penyesuaian Infrastruktur Daerah (DPID). “Siapa yang sebut? Wa Ode kan? Tapi apa pengadilan menyebut? Apa KPK menyebut? Dilihat aja, kalau pengadilan bilang sendiri, ya, sendiri. Lihat saja aliran uang kemana saja, nggak usah macammacam,” ujar Tamsil, Jumat (19/10). Tamsil mengaku tak kenal dengan Fahd Al Fouz. Sehingga ia pun tidak mengerti mengapa namanya selalu disebut-sebut dalam persidangan. Wa

Ode, lanjutnya, juga hanya menyebutkan pimpinan banggar dan tidak merujuk langsung pada dirinya. “Saya nggak tahu, saya pimpinan memang. Wa Ode kan sebut pimpinan. Apa yang salah dengan pimpinan? Wa Ode sebut saya bantu daerah. Apa yang salah dengan bantu daerah? Tapi saya minta uang dari daerah atau tidak,” ujarnya. Atas tudingan miring itu, Tamsil mengaku pihak Partai Amanat Nasional (PAN) dan Fahd melalui kuasa hukum Fahd yakni Rudi Alfonso sudah meminta maaf. Tamsil pun melihat tudingan miring itu lantaran Wa Ode, yang juga anggota Banggar dari Fraksi PAN, tidak mau dihukum sendirian. “Bisa jadi (sengaja menyeret). Tapi apakah pengadilan tunduk sama tuntutantuntutan itu?” tukas Tamsil. (kps)

ANTARA

DEKLARASI SAVE KPK - Ratusan siswa SMA 13 Jakarta meneriakkan yel-yel anti Korupsi ketika Deklarasi Save KPK di SMA 13, Jakarta Utara, Jumat (19/10). Kegiatan tersebut bertujuan mewujudkan sikap anti korupsi dalam suatu kegiatan nyata para siswa yang mendukung proses dan penegakan hukum korupsi di Republik ini.

Polri Bantah Tunda Pelimpahan Kasus Simulator

Kasus Foto Novi, 13 Polisi Diperiksa JAKARTA, TRIBUN - Tujuh anggota Kepolisian Sektor Tamansari telah diperiksa perihal penyebaran foto Novi Amelia (25), pengendara Honda Jazz berbikini, saat berada di Polsek Tamansari, Kamis (11/10). Namun, menurut Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto, anggota kepolisian yang diperiksa kini bertambah menjadi 13 orang. “Sebagai tahap awal memang baru polisi saja yang diperiksa. Sayangnya belum ditargetkan agar minggu depan pemeriksaannya selesai,” tukas Rikwanto di Mapolda Metro Jaya, Jumat (19/10). Pemeriksaan tersebut, menurut Rikwanto, dilakukan karena bisa saja dalam menjaga Novi terjadi kelalaian. “Kami telusuri kenapa bisa ada yang mengambil foto. Mungkin ada yang ditugaskan menjaga, tetapi tidak melaksanakannnya dengan baik,” ujarnya. Ditambahkan Rikwanto, pemeriksaan ini sebagai bentuk perwujudan dari desakan banyak pihak yang menginginkan penyebaran foto ini diusut. “Pihak-pihak tersebut di antaranya pengacara Novi, juga dari Komnas Perempuan,” tutur Rikwanto. Namun, ia tak menutup kemungkinan penyelidikan tersebut berkembang kepada pihakpihak lain. Menyebarnya foto-foto Novi saat berada di Polsek Tamansari memang mendapat banyak kecaman dari berbagai lapisan masyarakat.

Polisi dinilai tidak cukup tanggap melindungi Novi dari tangan-tangan iseng yang memanfaatkan situasi tersebut untuk mengambil foto Novi yang saat itu hanya mengenakan sepasang pakaian dalam. Terlebih lagi, saat itu Novi masih berada dalam pengaruh narkotika dan minuman keras yang ditenggaknya sesaat sebelum mengendarai Honda Jazz miliknya. Novi membuat geger karena menyerempet tujuh orang setelah mengendarai mobilnya dengan ugal-ugalan, Kamis (11/10) petang. Berdasarkan hasil tes urine, perempuan yang pernah menjadi model majalah pria dewasa tersebut terbukti mengonsumsi ekstasi. Saat digeledah apartemennya ditemukan sebotol Chivas yang isinya tinggal separuh. Novi kini dijerat pasal berlapis atas kasus kecelakaan lalu lintas dan penyalahgunaan narkotika. Untuk kasus kecelakaan lalu lintas, bungsu dari enam bersaudara ini telah ditetapkan sebagai tersangka dengan jerat Pasal 283 UndangUndang Lalu Lintas karena berkendara tanpa mengenakan SIM dan Pasal 310-311 karena membahayakan orang lain. Selain itu, Novi juga terancam dijerat UU Nomor 32 Tahun 2009 tentang Narkotika dan Obat-obatan Terlarang Pasal 111, 112 juncto Pasal 127 karena terbukti mengonsumsi ekstasi dengan hukuman kewajiban menjalani rehabilitasi. (kps)

JAKARTA, TRIBUN - Kasus dugaaan korupsi proyek simulator SIM di Korps Lalu Lintas Polri hingga kini belum dilimpahkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi. Wakil Kepala Polri Komisaris Jenderal Nanan Sukarna membantah anggapan bahwa Polri menunda pelimpahan kasus tersebut. “Tidak ada (penundaan). Lebih cepat lebih bagus. Cepat bagus, selesai, cari pekerjaan yang lain. Masih Banyak kasus lain yang musti kita kerjakan bersama. Jadi tidak ada itu,” ujar Nanan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (19/10). Baik Polri dan KPK telah berulang kali bertemu untuk membahas kasus yang menyeret dua jenderal kepolisian tersebut. Menurut Nanan, penyidik Bareskrim Polri dan KPK saat ini masih mencari cara yang tepat agar pelimpahan kasus tidak melanggar hukum. “Ya, bagaimana mencari solusi. Makanya perlu keputusan hukum yang benar,” terang Nanan. Polri mengaku siap menyerahkan kasus tersebut pada KPK. Namun ada masalah teknis pelimpahan yang haarus diperhatikan. Pengamat kepolisian Bambang Widodo Umar mengatakan, Polri bisa saja mengeluarkan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3) kasus simulator. Namun menurut Nanan, tak semudah itu melakukan SP3. Polri tak memiliki alasan untuk melakukan SP3. “Ya, ini sedang dibicarakan. Kan, ada mekanisme agar diambil langkah dan kesepakatan

CMYK

yang benar. Karena kalau menghentikan, ya bagaimana cara menghentikannya? Kan, ada ketentuan melakukan itu,” tandasnya. Seperti diberitakan, penyidik Bareskrim Polri telah melakukan gelar perkara di KPK terkait bukti maupun berkas kelima tersangka simulator SIM. Langkah itu dilakukan setelah Presiden memerintahkan Polri menyerahkan sepenuhnya penanganan kasus simulator kepada KPK. Awalnya terjadi sengketa kewenangan penyidikan setelah KPK dan Polri sama-sama menetapkan tiga orang sebagai tersangka. Ketiga tersangka tersebut Wakakorlantas Brigjen Didik Purnomo sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) proyek, pihak pemenang tender Direktur Utama PT Citra Mandiri Metalindo Abadi (PT CMMA) Budi Susanto dan Direktur Utama PT Inovasi Teknologi Indonesia (PT ITI) Sukoco S Bambang sebagai pihak subkontraktor. Polri kemudian, telah lebih dulu dari KPK dalam menahan tersangkanya. Pada September lalu, Polri juga telah melimpahkan berkas perkara para tersangkanya kepada Kejaksaan Agung. Dalam kasus ini, tersangka AKBP Teddy Rusmawan, dan Bendahara Korlantas Polri Kompol Legimo yang tidak ditetapkan oleh KPK juga dapat diserahkan Polri pada KPK. Di luar itu, KPK menetapkan mantan Kepala korlantas Polri Inspektur Jenderal Djoko Susilo sebagai tersangka pada 27 Juli 2012. (kps)


CMYK

2

Tribun Etam

JUMAT 19 OKTOBER 2012

Seorang model cantik menyaksikan karyawati yang sedang membatik di Hesandra Batik, Samarinda, Jumat (19-10).

TRIBUN KALTIM/NEVRIANTO HARDI PRASETYO

Hesandra Galery Pasarkan Batik Motif Kaltim BUDAYA pakaian batik tak hanya terkenal di Jawa, melainkan juga di Kaltim. Itu yang menginspirasi Hesandra Galery untuk mengembangkannya di Kaltim khususnya Samarinda. Jumat (19/10), Hesandra Galery membuka secara resmi gerainya di Mal Lembuswana Samarinda. Ditandai dengan Grand Opening yang yang dihadiri sejumlah undangan penting, diantaranya Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Robby Hartono dan Sultan Kutai Aji Salehuddin. Owner Hesandra Galery Fanti Wahyu Nurvita mengatakan, membuka gerai batik terinspirasi ingin

mengangkat kebudayaan lokal Kaltim yang sebenarnya kaya potensinya. Motif Dayak yang selama ini sudah dikenal di dunia, adalah langkah awal dalam mengangkatnya. Karenanya Hesandra Galery hadir untuk memberikan sumbangsih terhadap kebudayaan lokal Kaltim. “Sebenarnya Hesandra Galery ini sudah berdiri sejak Juli 2012 lalu, tapi baru kali ini bisa saya menggelar grand opening. Selain perlu persiapan, juga untuk menyeleraskan hari batik se-Indonesia yang jatuh di bulan Oktober ini. Alhamdulillah pasaran batik dengan motif Kaltim, sudah sangat

mendapatkan kepercayaan dari luar,” kata Fanti, dalam sambutannya. Tak hanya batik, lanjutnya, di gerainya juga diperdagangkan tenunan khas Samainda, produkproduk furniture dengan desain khas Kaltim, dan termasuk interior desainer. Semua dipasarkan sesuai dengan pangsa pasar di Kaltim. “Alhamdulillah semua ada peminatnya. Bahkan tak hanya di Kaltim atau di Indonesia, seperti produk furniture, kita sampai pasarkan ke luar negeri. Ini baru-baru kita sedang menjajaki kerjasama dengan negara Brazil. Mudah-mudahan dalam waktu dekat

sudah bisa terlaksana kerjasama itu,” ujarnya. Proses grand opening digelar dengan pengguntingan pita oleh Sultan Kutai didampingi Kepala Disperindag dan owner Fanti. Acara berlangsung meriah, selain prosesi juga ada hiburan. Acara digarap oleh even organizer Mutltindo. Diakhir acara, Fanti kembali berharap kepada seluruh masyarakat terutama konsumen untuk datang ke galery-nya. “Siapapun dan dari manapun, saya mengimbau dan berharap, mari kita promosikan kebudayaan lokal kita dengan mencintainya. Karena Kaltim kaya akan kebudayaan tersebut,” harapnya mengakhiri. (aid)

Tender Paling Cepat Januari ■ Perbaikan Jalan Gajah Mada Tungggu Dana APBN SAMARINDA, TRIBUN Masyarakat pengguna Jalan Gajah Mada di Samarinda diminta untuk bersabar lebih lama untuk kembali menggunakan jalan itu, pasalnya menurut keterangan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kaltim, jalan yang longsor atau ambruk dalam tiga pekan terakhir ini, ditarget baru bisa rampung 2013 mendatang atau selama satu tahun anggaran. Itupun Dinas PU masih akan mengusulkan anggarannya ke Pusat dikarenakan kewenangan pembiayaan penanganannya adalah APBN. Hal terungkap dalam jumpa pers Kepala Dinas PU Kaltim M Taufik Fauzi, Jumat (19/10), didampingi Kepala Bidang Bina Marga PU Kaltim Suheriyatna, dan sejumlah staf teknis penanganan jalan dan jembatan dilingkup PU Kaltim. Dikatakan Fauzi, pihaknya akan berjuang agar penanganannya bisa dilakukan secepatnya. “Ini kami sudah menghitung anggarannya, yang jumlah totalnya untuk

penanganan permanennya senilai Rp 55 miliar. Itu semua harus dari APBN, APBD tidak bisa, karena bukan wilayah pembiayaannya. Insya Allah karena kita semua paham, sangat vitalnya Jalan Gajah Mada itu, akan menjadi prioritas untuk kita tangani. Tapi karena ada prosedur dan mekanismenya, makanya APBN 2013, baru dilaksanakan. Kalau tidak ada halangan, Januari 2013 lah, kita sudah lakukan tender kontraktornya,” kata Taufik. Penanganan permanen yang dimaksudkannya itu adalah, pemasangan pile slab (kaki seribu) dan tiang baja diameter 50 cm, balok dan lantai dengan beton bertulang sepanjang jalur penurunan jalan (100 meter) dan pemasangan sheet pile kedalaman 40 meter, sepanjang penurunan jalan yang berjarak 100 meter. “Jadi memang gerusan yang terjadi setelah kita hitung jaraknya 50 meter, tapi kan penanganannya tak bisa di 50 meternya, tapi harus lebih dari itu, yakni 100 meternya. Dan semua

membutuhkan proses dan hati-hati, tidak bisa kita langsung begitu saja kita menanganinya. Apalagi perlu diketahui, sejak ketika dibangun 22 tahun lalu, tikungan depan Makorem itu mendapatkan perlakuan khusus ketika dibangun. Maksudnya lebih hati-hati dan konstruksinya lebih dibanding badan jalan lainnya di Jl Gajah Mada,” ujarnya. Namun demikian, lanjutnya, bukan berarti menunggu APBN mengucurkan anggarannya baru dilaksanakan penanganan. Penanganan bersifat sementara sedang dilakukan saat ini, dengan menggunakan APBD Provinsi Kaltim yang diambil dari pos anggaran tak terduga. Nilainya adalah Rp 10 miliar. “Dan karena itu adalah dana APBD 2012, maka harus habisnya Desember 2012 ini. Itu sudah kita tangani dengan memasang beberapa sheet pile, supaya tidak terjadi gerusan baru. Penanganan lainnya sementara juga, ya kita alihkan alur lalu lintas ke Jalan depan Gereja Katedral itu. Nanti beberapa ruas jalan

di depan Gereja atau Lembaga Pemasyarakatan (LP) ataupun di Jl Awang Long yang kini menjadi dua jalur, sisi kiri dan kanannya akan kita perlebar. Karena pasti akan digunakan lebih lama, sampai rampungnya pekerjaan longsororan tersebut,” terangnya. Disinggungg target selesai. Taufik, Kabid Bina Marga Suheriyatna maupun staf teknisnya yang lain, tak bisa memasang targetnya. Sebab selain anggaran penanganannya masih akan diusulkan ke APBN, dalam mengerjakannya juga dibutuhkan kehati-hatian dan perencanaan yang matang, jangan sampai kejadian longsor terjadi kembali di kemudian hari. “Yang jelas kami usahakan secepatnya. Paling tidak satu tahun anggaran bisa rampung penanganannya itu. Kalau APBN mengucurkannya 2013, ya tahun 2013 nanti sudah bisa rampung itu, dan sudah bisa kita operasionalkan seperti biasanya,” tambah Kabid Bina Marga Suheriyatna. (aid) TRIBUN KALTIM/NEVRIANTO HARDI PRASETYO

Kerusakan Jalan Gajah Mada, dekat Kantor Gubernur Kaltim makin parah. Pemkot Samarinda dan Pemprov Kaltim terkendala dana untuk perbaikan.

Harus Segera Ditangani ANGGOTA Komisi III DPRD Kaltim Darlis Pattalongi sangat menyambut baik sudah ada upaya teknis dari Dinas PU Kaltim yang segera akan menangani jalan longsor di Jl Gajah Mada itu. Namun dikatakannya, kini yang dibutuhkan bukan hanya soal upaya teknis, melainkan penanganan segera,

baik itu bersifat sementara atau apapun namanya. “Pokoknya harus segera ditangani! Karena kemarin ketika saya meninjau langsung ke lokasi, yang sangat dikhawatirkan adalah ketika longsorannya semakin meluas, dan potensi itu sangat ada, melihat fakta di

lapangan. Saya pikir yang patut ditangani segera, itu dulu. Soal permanen atau apapun namanya, bisa sambil kita bersama-sama memperjuangkannya ke Pusat,” kata Darlis, kemarin. Ditambahkannya, Dewan juga termasuk mendesak agar dana tanggap

CMYK

darurat sebesar Rp 10 miliar dapat digunakan, selain memang kekhawatiran longsoran semakin meluas, juga ketika meluas, tak hanya soal jalan yang semakin longsor, tapi bangunanbangunan yang ada disekitarnya akan ikut longsor nantinya. “Yang terdekat lah, seperti kantor

Kodim, Korem dan bahkan bisa menjalar sampai Lamin Etam dan Kantor Gubernur. Soal-soal seperti ini harusnya menjadi instansi teknis Dinas PU Kaltim untuk ditangani segera. Soal lainnya, pokoknya samasama Dewan kita perjuangjan ke Pusat,” tandasnya. (aid)


CMYK

JUMAT 19 OKTOBER 2012

3

PSSI Siapkan 35 Pemain JAKARTA, TRIBUN Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) masih membuka pintu bagi para pemain Indonesia Super League (ISL) untuk bergabung dengan tim nasional Indonesia. Pemain-pemain tersebut masuk ke dalam skuad bayangan untuk Piala AFF 2012 mendatang. Manajer timnas Indonesia, Habil Marati, menyiapkan 35 pemain dari kompetisi Indonesian Premier League (IPL), ISL, dan beberapa pemain yang berkiprah di luar negeri untuk skuad bayangan tersebut. Dari 35 pemain ini nantinya akan dipilih 23 pemain yang akan berlaga di turnamen sepak bola terbesar negara-negara Asia Tenggara itu. “Nama-nama pemain tak akan berubah. Pendaftaran akan dilakukan 20 Oktober nanti. Seminggu sebelum turnamen akan dipilih 23 pemain,” jelas Habil kepada wartawan.

Berikut 35 nama pemain yang disiapkan bagi timnas bayangan Indonesia untuk Piala AFF 2012: Samsidar, Endra Prasetya, Wahyu Tri Nugroho, Handi Ramdhan, Wahyu Wijiastanto, Fachrudin, Novan Setya Sasongko, Nopendi, Hengki Ardiles, Taufiq, Vendry Mofu, M Nur Iskandar, Rahmat Syamsuddin, Jajang Paliama, Elie Aiboy, Samsul Arif, Irfan Bachdim, Hendra Bayauw, Rasyid A Bakri, Ahmad Bustomi, Hamka Hamzah, Firman Utina, Andik Vermansah, Bambang Pamungkas, Cornelius Gedy, Oktovianus Maniani, Valentino Telaubun, Stefano Lilipaly, Jhonny van Beukering, Syamsir Alam, Alfin Tuassalomony, Yandi Sofyan, Yericho Christiantoko, Patrich Wanggai, Diego Michiels. Penanggung jawab tim nasional Indonesia, Benhard Limbong, mengakui skuad “Garuda

Muda” saat ini masih banyak kekurangan. Hal itu diungkapkannya menanggapi hasil imbang tanpa gol saat berhadapan dengan Vietnam di laga uji coba, beberapa waktu lalu. Dalam laga yang digelar di Stadion My Dinh National itu, Indonesia sebenarnya tampil cukup baik di babak pertama. Akan tetapi, memasuki pertengahan paruh kedua, performa Irfan Bachdim dan kawan-kawan terlihat menurun di antaranya disebabkan masalah persoalan stamina, transisi pemain, dan penyelesaian akhir. Walhasil, sepanjang laga, Indonesia terlihat hanya mengandalkan serangan balik dengan menggunakan kecepatan gelandang Andik Vermansyah di lini tengah. Beruntung, sejumlah serangan yang didapatkan tuan rumah tidak dapat dikonversikan menjadi gol hingga akhir pertandingan.(kps) NET

Syamsir Alam memberikan couching clinic kepada anak-anak sekolah.

Syamsir Alam Batal Gabung

Lionel Messi

EMPAT pemain Indonesia yang berkiprah di klub CS Vise, Belgia, yakni Syamsir Alam, Alfin Tuassalomony, Yandi Sofyan, dan Yericho Christiantoko, menolak panggilan tim nasional Indonesia yang dipersiapkan menuju Piala AFF 2012. Syamsir dan kawan-kawan mengatakan klub mereka yang berlaga di Divisi Dua Liga Belgia itu tak memberi izin pulang ke Indonesia. Hal tersebut dibenarkan koordinator timnas, Bob Hippy.

“Mohon maaf, kami belum bisa bergabung dengan timnas karena klub mengubah kebijakan dari yang awalnya mengizinkan, sekarang belum bisa mengizinkan. Mohon mengerti keadaan kami sebagai pemain. Terima kasih,” tulis pesan singkat Syamsir kepada Bob Hippy. Hippy mengaku kecewa dengan sikap yang ditunjukkan CS Vise yang tidak mengizinkan keempat pemain Indonesia itu bergabung ke timnas. “Mereka menarik diri dari timnas

karena tak dapat izin klub. Padahal, sebelumnya klub telah mengizinkan. Kasihan mereka,” lanjut Hippy. Meskipun demikian, timnas Indonesia masih tetap mencantumkan nama keempat pemain tersebut ke dalam 35 pemain skuad bayangan untuk Piala AFF 2012. Timnas Indonesia baru akan menentukan 23 pemain untuk Piala AFF 2012 pada manager meeting, beberapa hari sebelum ajang tersebut digelar. (kps)

Pat oK embalik an Ketajaman Milan ato Kembalik embalikan MILAN, TRIBUN - Bek AC Milan, Daniele Bonera, mengaku senang dengan kembalinya Alexandre Pato. Dia yakin, striker asal Brasil itu akan membuat lini depan “I Rossoneri” semakin tajam. Pato tak pernah tampil sejak awal musim ini karena mengalami rangkaian cedera otot. Kini, “Si Bebek”, julukan Pato, telah pulih dan kemungkinan besar tampil dalam pertandingan Serie A melawan Lazio, Sabtu (20/10/2012). “Yang paling penting adalah kembalinya Pato. Dia pemain besar dan akan menjadi tambahan senjata bagi lini serang kami,” kata Bonera kepada Sky Sport Italia. Pato juga diharapkan bisa meningkatkan performa Milan. Di pentas Serie A, “Setan Merah Italia” itu terperosok ke peringkat kesebelas atau terpaut 12 poin dari capolista Juventus. Awal musim terburuk Milan dalam 80 tahun terakhir. Bonera yakin timnya bisa keluar dari krisis. “Tim telah mengalami

banyak kemajuan. Kami memiliki beberapa pertandingan bagus. Kami harus membayar beberapa kesalahan yang kami lakukan,” tutur Bonera. Terkait melawan Lazio, Bonera berpendapat, Miroslav Klose akan menjadi ancaman utama bagi timnya. “Hal mudah berbicara mengenai satu pemain. Klose pemain luar biasa. Dia bisa menghadirkan perbedaan. Namun, Lazio juga tim luar biasa,” pungkasnya. Sementara itu, Wakil Presiden AC Milan Adriano Galliani, menegaskan, klubnya tidak pernah mempertimbangkan pemecatan Massimiliano Allegri. Sebelumnya, eks allenatore Cagliari tersebut diberitakan terancam kehilangan jabatan pelatih menyusul hasil buruk yang diraih Milan. “Setan Merah Italia” itu terperosok ke peringkat kesebelas atau terpaut 12 poin dari capolista Juventus. Awal musim terburuk Milan dalam 80 tahun terakhir. “Kami tidak pernah berpikir mengganti pelatih. Kami percaya

penuh kepada Allegri,” tandas Galliani kepada Sky Sport Italia. “Di tangannya, Milan pernah mengumpulkan poin lebih banyak ketimbang tim lain. Sebanyak 162 poin tepatnya. Dia membuka era baru dan kami yakin ia dapat mengembalikan posisi kami ke papan atas,” sambungnya. Selain Serie-A, performa Robinho dan kawan-kawan juga diragukan sejumlah kalangan dapat bersaing di pentas Liga Champions. Setelah ditahan imbang tanpa gol oleh Anderlecht, Milan berhasil meraih kemenangan dengan mengalahkan tuan rumah Zenit St Petersbrug 3-2. Selanjutnya, Milan akan bertandang ke markas Malaga pada 24 Oktober mendatang. Pekan ini, Alexandre Pato dan kawan-kawan kembali mendapatkan ujian berat dengan bertandang ke markas tim “Elang Ibu Kota”. Penampilan Lazio cukup meyakinkan sejauh ini dengan bertengger di peringkat ketiga klasemen sementara. (kps/sky)

NET

Pique Absen, Messi Rehat? BARCELONA, TRIBUN - Dua pilar Barcelona kemungkinan besar akan absen akhir pekan ini. Gerrard Pique masih harus berjuang dengan masalah telapak kakinya, sementara Lionel Messi akan diberi kesempatan rehat setelah mengarungi dua laga Pra-Piala Dunia Brasil 2014 di seberang benua. Sabtu (20/10) malam waktu Spanyol, kubu Camp Nou bakal bertandang ke Stadion Riazor, markas Deportivo La Coruna. Menurut El Mundo Deportivo, Kamis (18/10), Pique tak akan disertakan dalam perjalanan itu akibat kesulitan lolos dari tes kebugaran. Eks bek Manchester United itu tak turun gelanggang sejak paruh September lalu setelah cedera telapak kaki ketika

menghadapi Spartak Moskwa dalam laga penyisihan grup Liga Champions. Pique juga absen dalam dua laga Pra-Piala Dunia (PPD) Brasil 2014 yang dilakukan Spanyol melawan Belarus plus Perancis. Ia menjalani latihan di pusat latihan Barca selama jeda partai internasional. Spekulasi lainnya, Messi akan dibangkucadangkan lebih dulu oleh Tito Vilanova. Pasalnya, Pemain Terbaik Dunia tiga tahun terakhir itu bermain penuh dalam dua laga PPD 2014 melawan Uruguay dan Cile. Vilanova pernah mengistirahatkan Messi ketika laga melawan Getafe, Sabtu (15/9) lalu. Dalam pertandingan yang berakhir 4-1 untuk kemenangan “Blaugrana” itu, Messi masuk pada paruh kedua. (kps)

Aleandre Pato

CMYK

DOK


CMYK

4

Life Style

JUMAT 19 OKTOBER 2012

Regina Idol

Suka Cowok Botak-Gendut PUNYA mobil baru melengkapi kebahagiaan Regina, juara Indonesia Idol 2012. Sayang, masih ada yang kurang dalam hidup penyanyi bertubuh subur ini. Apakah itu? Ya, Regina belum punya pacar. Pemilik nama lengkap Regina Inavova ini masih mencari cowok yang sesuai dengan kriterianya. “Pasangan, saya masih mencari,” candanya di Kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Jumat (19/10). Pria seperti apa sih yang diidamkan Regina? Ternyata dia berharap dapat kekasih yang seiman dan berkepala plontos. “Aku suka cowok yang botak dan gendut, jujur baik,” ujarnya. Target umur 25 tahun untuk menikah, menurut Regina sudah terlewati. Meskipun sudah berusia 28 tahun, Regina mengaku

menikmati kesendiriannya. “ Target pertama sudah lewat 25, sekarang 28 sudah harus menikah. Kalau enggak ada yang lamar ya aku yang melamar, haha,” tandasnya. Regina memang belum terpikir untuk punya pasangan, dia masih mencari jati diri. “ Masih mencari jati diri. Belum punya pacar. Tunggu aja yah,” ujarnya. Regina mengatakan dirinya fokus mengembangkan karirnya. Jawara Indonesian Idol 2012 ini tengah merampungkan lagu rohani. Lagu itu menurutnya akan di launching saat jadwal manggung off airnya kosong. Itu nggak tahu deh entah dibarengi jadwal aku kosong juga. Belum ketemu jadwal yang pas juga,” jelas Regina. (tribunnews)

Regina Idol

TRIBUNNEW

Donna Agnesia

Ingin Anaknya Sekolah Sepakbola

NET

KERAP membawakan acaraacara olahraga membuat Donna Agnesia dan suaminya tak ragu mengenalkan sepakbola kepada anak-anaknya. Donna bahkan ingin anaknya kelak mengirim anaknya ke sekolah sepakbola di luar negeri. “Lionel udah sempet nonton bareng Piala Dunia bareng aku ke Afrika kemarin kan. Kalo Diego, suka aku beliin Jersey kalo lagi pergi, beli sepatu bola, semua lengkap kaos kaki dan segala macem,” ungkap istri dari presenter Darius Sinathrya ditemui Tribunnews.com, di Kawasan Senayan City, Jakarta. Ibu tiga anak ini memang dikenal sebagai penikmat

sepakbola, itulah mengapa dirinya bisa memaklumi ketika anak pertamanya, Lionel Nathan Sinathrya Kartoprawiro, ogah cepat pulang ke rumah hanya karena ingin bermain sepakbola di sekolah. “Lionel tuh ya, kadang kalo pulang sekolah suka “nggak mau pulang, Ma! mau main bola dulu!” ya begitu deh udah nurun dari bapaknya,” ujar mantan model itu. Tak tanggung-tanggung, saking dirinya ngefans dengan salah satu klub sepakbola asal Spanyol, Donna berniat menyekolahkan anak pertamanya di sekolah sepakbola yang terbilang mahal itu.

“Kan Barcelona mau buka sekolah bola di sini, mungkin nanti disitu dulu. Kalo memang berbakat nanti akan dikirim kesana (Spanyol). Paling kalo usianya udah 13 tahun. Walaupun biayanya juga mahal pasti kan, jadi aku mesti kerja keras juga sama Darius,” ujarnya. Presenter 33 tahun itu juga mengaku sering menghabiskan waktu bersama suami dan anakanak mereka menyaksikan pertandingan penting sepakbola, baik di rumah, maupun di luar rumah. Bahkan datang langsung ke stadion pun tak jarang didatangi Donna dan keluarga kecilnya. (tribunnews)

Donna Agnesia dan Darius

Justin-Jessica segera Menikah AKTOR Hollywood Justin Timberlake dikabarkan bakal naik pelaminan bersama aktris cantik Jessica Biel. Acara pernikahan akan dilangsungkan di Italia pada pekan ini. Pasangan yang sudah berpacaran selama lima tahun ini berencana menikah dalam satu upacara kecil yang hanya dihadiri keluarga dan teman dekat di lokasi yang masih dirahasiakan di salah satu negara Eropa Selatan. Belum diketahui pasti kapan dan di mana kedua bintang itu akan melangsungkan pernikahannya. “Mereka berencana terbang ke Italia,” ujar salah satu kerabat kepada US Weekly. “Tanggal juga belum pasti kapan. Mereka hanya memberikan sedikit informasi kalau pernikahan akan

berlangsung sekitar musim semi. Semua tamu undangan nantinya juga tidak diperkenankan membawa handphone dan kamera.” Diketahui, Justin resmi melamar Jessica (30) saat liburan Natal tahun lalu, di Jackson Hole, Wyoming. Pada Februari, pasangan ini kemudian menemui konsultan pernikahan. “Jessica mengatakan kepada Justin kalau ia ingin menikah outdoor dengan pemandangan matahari tenggelam.” Artis yang bermain dalam film Total Recall ini juga sudah membeli gaun pernikahan di Paris awal bulan ini. Begitu pun Justin, yang sudah merayakan pesta bujang bersama teman-temannya di Las Vegas dan Cabo San Lucas di Meksiko. (kps)

NET

Megan Fox

Megan Fox

Rahasiakan Kelahiran Bayinya

NET

Justin Timberlake-Jessica Biel

BINTANG film Transformer Megan Fox memilih merahasiakan kehamilan anak pertamanya yang lahir pada akhir September lalu. Baru Kamis (18/10) ini, ia memutuskan untuk mengumumkan sendiri kabar gembira bahwa ia telah melahirkan anak laki-laki dari suaminya, Brian Austin Green. “Saya melahirkan Noah Shannon Green pada 27 September. Dia sehat, bahagia, dan sempurna. Kami senang mendapat kesempatan memanggil diri kami ‘orangtua’ dari jiwa yang indah ini dan saya berterima kasih kepada Tuhan yang sudah membiarkan saya mengenal cinta yang tanpa batas dan suci ini,” kata sang aktris melalui akun Facebook pribadinya, seperti dikutip Reuters.

CMYK

Sebelumnya, Megan Fox juga merahasiakan kehamilannya. Meski belum ada pernyataan resmi dari aktris cantik ini maupun suaminya, Brian Austin Green (38), perut Megan terlihat membesar layaknya ibu hamil. Situs berita hiburan E! News memuat foto Megan dari sisi samping. Disebutkan, Megan terekam dalam foto saat berada di wilayah Los Feliz, Los Angeles, Amerika Serikat. Dalam foto tersebut, tangan Megan melintang di bagian perutnya yang mengembung. Koresponden situs tersebut, Steve Jones, berusaha mengorek isu kehamilan itu. Namun, dalam wawancara singkat tersebut, Megan mengelak dan justru bertanya balik kepada Jones, “Jadi, apa yang ingin

Anda ketahui?” Percakapan itu tak berlanjut. Isu kehamilan bintang Jennifer’s Body ini semakin menguat dengan pernyataan Megan yang dimuat di majalah Cosmopolitan, April lalu. “Saya ingin punya dua atau tiga anak,” ujar aktris bernama lengkap Megan Denise Fox ini. Fox (26) dan aktor televisi Green (39), menikah Juni 2012 di Hawaii setelah bertunangan selama empat tahun dan putus hubungan pada 2009. Green, yang namanya menanjak lewat Beverly Hills 90210 dan memukau pada serial komedi The Wedding Band, memiliki anak Kassius dari hubungan sebelumnya dengan sesama bintang Beverly Hills 90210, Vanessa Marcil. (kps)


Digital_Tribunkaltim_Malam_19102012