Page 11

T

Teen Style 11

Banjarmasin Post RABU 15 DESEMBER 2010

Lebih Dekat dengan Android Market Tentang sistem operasi Andriod, mungkin sebagian dari kita sudah mengenalnya. Namun, ketika kemudian dilanjutkan ke istilah Android Market, bisa jadi, sebagian besar pengguna gadget seperti kita-kita belum semuanya paham dan mengenalnya. Apa sih Android Market?

AP PHOTO/ LEE JIN-MA

MENGASYIKKAN - Model memamerkan ponsel cerdas Samsung Galaxy Tab, ponsel dengan latar sentuh 7-inch saat pertama kali diluncurkan di Seoul, Korea Selatan, 4 November lalu. Samsung Galaxy Tab merupakan contoh ponsel bersistem operasi Android versi 2.2 yang membuat kita-kita bisa mengakses aneka aplikasi di Android Market. Di pasar Indonesia, ponsel ini juga cukup diminati pecinta gadget.

INI adalah semacam pasar digital yang berisi ribuan program/software baik yang bisa kita dapatkan secara gratisan maupun berbayar. Bentuknya bermacam-macam, mulai yang ringan untuk lucu-lucuan sampe program serius bisa ditemukan di sini. Untuk bisa mengakses Android Market, kita harus memiliki ponsel dengan sistem operasi Android. Sistem operasi Android sendiri merupakan sistem operasi besutan Google dan bersifat open source, yang platform-nya bisa dikembangkan oleh siapa saja. Android Market sendiri terdiri dari tiga bagian utama. Yaitu, Apps yang berisi programprogram mulai dari yang ringan sampe serius, aneka games menarik untuk mengusir kebosanan di saat kita ingin santai serta downloads yang berisi daftar program yang udah didownload ke sistem Android. Nah, untuk Apps dan Games terdiri dari beberapa kategori utama. Ini bertujuan untuk memudahkan dalam mencari program sesuai kebutuhan. Setelah diklik kategori yang diinginkan, maka akan muncul daftar program. Yang menarik, selain program di situ juga

disertakan ratingnya. Jadi, semakin banyak bintangnya (rate) maka semakin bagus pula kualitas program tersebut. Tapi jika ada program bagus tapi rate-nya tak seberapa banyak, biasanya program tersebut masih baru dan belum populer jadi belum banyak yang mencoba. Untuk memudahkan pengguna dalam mencari aplikasi yang disukai, Android Market menambahkan wallpaper dan widget, yang merupakan aplikasi paling favorit dan popular di kalangan pengguna Android. Batasan ukuran aplikasi pun kini telah dinaikkan menjadi 50 MB. Alhasil aplikasi game pun kini tidak lagi terpecah dalam beberapa paket. Dari segi jumlah aplikasinya, bisa dibilang Android Market cukup ekspansif dengan penambahan jumlahnya. Hingga pertengahan tahun 2010 yang lalu, tersedia kini mencapai lebih dari 70.000 buah dan yang menarik sebagian besar aplikasi gratis, meskipun memang ada juga yang berbayar. Lantas bagaimana menggunakannya? Jika kamu sudah menggunakan gadget yang menggunakan OS Android Anda tinggal men-download berisi daftar program-program ke ponsel Android kita. Menariknya, setiap kali program tersebut di-update oleh developernya maka akan muncul informasi ‘Update available’ untuk versi terbaru. Jadi, semakin sering update, semakin bagus pula kualitasnya karena selalu ada perbaikan dan penambahan fitur. Jadi jika kamu ingin mencari program berdasarkan kata kunci, tinggal klik aja tombol pencari dengan simbol kaca pembesar dan ketikkan kata. kuncinya. (tribunnews/esy)

Siap Geser App Store SEJAK pertama diluncurkan, platform mobile Android perlahan namun pasti mulai mendapat tempat di hati para pengguna ponsel. Platform ini menjadi pilihan untuk berbelanja aneka kebutuhan melalui aplikasi Android Market. Praktis, sistem distribusi konten yang dikendalikan oleh pengguna ini makin meramaikan pasar belanja online yang di Indonesia memang belum begitu populer jika dibandingkan dengan di Amerika Serikat (AS). Kelak, Andriod Market akan menjadi petarung tangguh buat pesaingnya yang lebih dulu eksis, App Store besutan Apple yang kini berkembangan sangat pesat.

Buat para penggunanya yang sudah menikmati manfaat layanan ini, Android Market seperti menjadi candu. Mereka yang kerap travelling akan selalu dirangsang untuk mencari informasi terbaru dari pasar, berselancar sampai mengunduh aplikasi yang disediakan oleh pihak ketiga cukup melalui ponsel Bersistem operasi Android. Sampai Oktober kalu, jumlah aplikasi yang terpasang di Android Market dikabarkan telah mencapai 100 ribu aplikasi. Dibandingkan dengan App Store, jumlahnya memang masih lebih sedikit. Namun, melihat trennya, Android Market siap menggeser posisi dominan App Store. (fin/*)

1512/B11

Banjarmasin Post Edisi Rabu 15 Desember 2010  

Banjarmasin Post Edisi Rabu 15 Desember 2010