Page 19

Foto/M Syafruddin Desain/Adi iklan

Karakter Kuat dan Kekar Berkiblat pada tren motor sport masa depanlah lahirnya Byson ini. Kuat dan Kekar. Ini terlihat dari keseluruhan desain

Para bikers hampir putus asa menunggu-nunggu motor sport terbaru dari Yamaha ini. Namun akhirnya kemunculan Yamaha Byson ber cc-153 ini pun menjadi nyata. Dan Anda yang doyan menunggangi motor sport, Yamaha Byson bisa jadi alternatif terbaik. Memang berita bakal munculnya Byson ini sudah jauh-jauh hari berembus. Namun pihak PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) tak mau gegabah, mereka lebih dulu mengadakan riset selama tiga tahun untuk melakukan pengujian dan pengetesan terhadap ketahanan. Melihat antusiasme masyarakat terhadap motor terbaru Yamaha ini, PT YMKI kembali melaksanakan Sistem Indent Online Byson yang berakhir 16 Agustus lalu khusus untuk wilayah Jakarta dan Medan sebanyak 300 unit untuk 300 konsumen yang berhasil terferiďŹ kasi dalam sistem. Program ini bertujuan memberikan kemudahan bagi calon konsumen untuk proses kepemilikan motor.

bodi yang benar-benar macho namun tetap terlihat cool saat Anda mengendarainya. Mau tak mau, Anda akan jadi pusat perhatian saat melintas di keramaian. Well, itu bukan salah Anda. Sesuai taglinenya The Lord of Street Fighter, Byson akan merajai jalanan dan siap bertarung untuk menang! Perhatikan tampilan tangkinya yang kekar dengan plastik resin cover berkapasitas 12 liter bahan bakar dan cadangan 1,4 liter ini. Benar-benar kekar dan berkarakter kuat tetapi ringan. Tutup tangkinya pun rata dengan permukaan tangki, membuatnya benar-benar stylish. Byson memiliki ban tubeless terlebar di kelasnya depan dan belakang, memiliki daya cengkram yang kuat dan stabil saat bermanuver. Tipe ban tubeless juga lebih praktis dan aman saat terjadi ban bocor atau kempes. Desain stang lebar dengan dimensi lebih lebar yaitu 727 mm membuat posisi berkendara lebih nyaman, pengendalian motor lebih ringan saat bermanuver. Gaya berkendara Anda pun jadi lebih gagah dan bergaya. Dilengkapi suspensi depan teleskopik dengan diameter inner tube 41 mm terbesar di kelasnya, ini membuatnya kokoh dalam meredam guncangan. Adjustable monocross suspension yang bisa disetel dalam tujuh posisi yang disesuaikan dengan keinginan pengendara, membuat Byson benar-benar nyaman dan stabil pada kondisi

Dukungan Mesin 153 cc Yamaha Byson didukung mesin tegak 45 derajat dengan tenaga besar 153 cc, 4 langkah, 2 klep-SOHC berpendingin udara, simple dan mudah perawatannya tetapi tetap dilengkapi ďŹ tur berteknologi tinggi seperti cylinder body menggunakan cast in sleeve dipadu YRCS (Yamaha Ram air Cooling System) yang dapat melepaskan panas dengan cepat. SU karburator dengan TPS (Throttle Positioning Sensor)

jalan yang bervariasi. Ditambah caliper double piston dengan diameter disk yang besar menjadikan daya cengkram pengereman yang bisa diandalkan. Lampu depan yang besar dengan multi reektor membuat Byson tampil gagah dengan daya pencahayaan lebih stabil dan sangat terang. Dilengkapi speedometer dengan tipe digital dengan ďŹ tur trip meter dan lampu peringatan untuk diagnosa kerusakan sistem dan sensor-sensor menjadikan lebih akurat dan memudahkan dalam pembacaan speedometer dengan tampilan atraktif dan dinamis. Knalpot Byson tampil besar, futuristik dan modern, dilengkapi honeycomb katalisator berguna untuk mengurangi kadar emisi gas buang yang lebih baik daripada tipe katalisator biasa. Sehingga gas buang hasil pembakaran menjadi aman terhadap lingkungan.

Telah Diuji Yamaha Byson telah diuji coba di Sirkuit sentul, Jawa Barat. Pengujian melalui berbagai hambatan seperti gundukan, zig-zag, trek lurus maupun tikungan tajam. Trek awal dimulai dengan melintasi tiga polisi tidur berukuran besar. Pada saat melintas, tidak ada guncangan sama sekali dan motor tetap stabil karena monocross dan fork depan yang dibenamkan cukup lembut. Setelah itu melewati cone (rambu jalan berbentuk kerucut) agar pengendara bisa merasakan sendiri saat melintasi sambil zig-zag bahwa biar bodynya gede, Byson punya kelenturan dan akselerasi yang bagus. Begitupula saat melaju di jalan lurus dan saat manuver, benar-benar tanpa getaran. Byson tetap melaju stabil sesaat setelah melakukan manuver. So, Byson asyik digeber di jalan lurus dan stabil saat manuver di tikungan. Tersedia dalam pilihan warna merah maroon, abu-abu tua, biru dan putih dengan harga Rp 20.425 juta on the road Kalsel dan Rp 20.475 juta on the road Kalteng. (*)

membuat pembakaran lebih sempurna, karena waktu pengapian disesuaikan dengan supply bahan bakar. Hal ini menghasilkan akselerasi yang responsif dan lembut, konsumsi bahan bakar juga lebih ekonomis.

19

Banjarmasin Post SELASA 12 OKTOBER 2010

Banjarmasin Post Edisi Selasa 12 Oktober 2010  

Banjarmasin Post Edisi Selasa 12 Oktober 2010

Banjarmasin Post Edisi Selasa 12 Oktober 2010  

Banjarmasin Post Edisi Selasa 12 Oktober 2010

Advertisement