Page 16

16

Banjarmasin Post

Smart

Bayar Listrik Lewat ATM

SELAMA ini pelanggan PLN dipusingkan dengan panjangnya antrean di loket saat akan membayar rekening listrik sehingga menghabiskan waktu. Kini, hal itu tak akan terjadi lagi. Pasalnya, PT PLN meluncurkan sistem baru, payment online bank yang real time online (PPOB). Melalui sistem ini pelanggan bisa melakukan pembayaran rekening listrik melalui bank mitra PLN, ATM atau loket payment point milik bank. Untuk tahap awal, PPOB berlaku di Bank BNI, Bank Bukopin, PT Pos dan payment point yang dikelola bank tersebut. “Saat ini masih dalam proses untuk kerja sama dengan Bank Mandiri, Bank NISP dan Bank Kalsel. Secara bertahap, sistem ini akan terus dikembangkan dengan memperluas jaringan kerja sama dengan bank lainnya,” kata GM PLN Kalselteng

Musyafiq Suprianto saat melakukan launching PPOB di Halaman Kantor PLN Banjarmasin, Senin (11/10) petang. Dengan hadirnya PPOB, pelanggan PLN Kalselteng dapat membayar tagihan rekening listrik di seluruh jaringan bank mitra PLN dan PT Pos yang ada di Kalselteng. Namun beberapa bulan ke depan, sistem ini akan terus dikembangkan dengan mengalihkan pusat data ke PLN

pusat. Hal itu memungkinkan pelanggan membayar tagihan listrik di seluruh Indonesia, kapan saja dan di mana saja. Sejumlah warga yang kebetulan membayar rekening listrik mengaku kaget dengan sistem baru ini. Namun proses transaksi yang tak lebih dari dua menit itu, membuat pelanggan mengaku puas. “Biasanya capek dan malas antre. Dengan sistem layanan baru ini prosesnya sangat cepat sehingga tak membuang banyak waktu,” kata Meylin, warga Jalan Veteran Banjarmasin. Launching PPOB ini dihadiri oleh pemimpin bank mitra PLN seperti Bank Mandiri, Bank Bukopin, Bank Kalsel, Bank BNI, Bank NISP, PT Pos, dan jajaran PLN Kalselteng. (mmi)

www.banjarmasin post.co.id

Biz

SELASA

12 OKTOBER 2010/ 4 ZULKAIDAH 1431 H

BANJARMASINPOSTGROUP/ASPIAN

PPOB - GM PLN Kalselteng Musyafiq Suprianto bersama pimpinan Bank Mandiri, Bukopin, NISP, Bank Kalsel dan Pos Indonesia melepas balon tanda dimulainya launching payment online bank (PPOB), Senin (11/10) siang. Dengan sistem online ini, pelanggan PLN bisa membayar rekening listrik dengan mudah, kapan saja dan di mana saja.

PT Arutmin Indonesia-NPLCT

Tingkatkan Ekonomi Masyarakat melalui kegiatan Community Development

Promosi Prabayar SELAIN membenahi sistem pembayaran tagihan listrik, PT PLN juga berjanji tak ada lagi byarpet di wilayah kerjanya. “Kami sudah berupaya agar tak ada lagi pemadaman di Kalsel,” kata GM PLN Kalselteng, Musyafiq Suprianto usai launching PPOB di Halaman Kantor PLN Banjarmasin, Senin (11/10). PLN Kalselteng juga mulai gencar melakukan promosi pembayaran listrik prabayar. Untuk mendukung hal itu, PLN melayani pemindahan cara pembayaran dari pascabayar seperti saat ini ke tagihan prabayar dengan sistem pembelian voucher. “Ke depannya kita memang berharap masyarakat beralih ke sistem prabayar. Launching PPOB ini adalah salah satu awal, rencananya bulan depan kita akan mendapat 3.000 meteran baru dengan sistem prabayar,” kata Hananto Lukito, manager pemasaran PLN Kalselteng. Untuk sementara, PLN baru memiliki sedikit pelanggan yang menggunakan listrik prabayar. (mmi)

Ajang Pamer Hunian Terbaru DPD Real Estate Indonesia (REI) Kalsel kembali menggelar pameran perumahan akbar, 15-18 Oktober. Agenda rutin REI yang merupakan tahun ketiga ini bakal digelar di Duta Mall Banjarmasin. Rencananya, pameran ini akan diikuti sebanyak 40-an pengembang termasuk dari Jawa yang juga akan memerkan produk terbarunya. Pameran ini digelar untuk memperkenalkan produk sekaligus memasarkan properti andalan pengembang baik lokal maupun dari Jawa. Gelaran serupa tahun lalu, nilai transaksi yang terjadi mencapai puluhan miliar rupiah. Diperkirakan, dalam gelaran yang ketiga ini nilai transaksi bakal melebihi nilai transaksi tahun lalu yang mencapai Rp 10 miliar lebih. “Saya sangat yakin nilai transaksi tahun ini akan jauh lebih tinggi mengingat saat ini bisnis properti sedang bergairah di Kalsel. Angka transaksi penjualan selama pameran bisa melebihi pencapaian tahun lalu,” kata Ketua DPD REI Kalsel, Anwar Hadimi melalui Wakil Ketua III, di sela acara selamatan lokasi baru perumahan dan ruko PT Pesona Purnama di tepi Jalan Handil Bakti Batola, Senin (11/10). Dikatakannya, beragam produk perumahan akan disajikan mulai dari perumahan kelas bawah, menengah dan atas hingga apartemen mewah. “Ini merupakan barometer untuk melihat pesatnya perkembangan properti di Kalsel,” katanya. (mmi)

Diawali dengan niat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar Perusahaan dan diawali dari hasil sosialisasi dengan masyarakat lantas pada tanggal 8 Oktober 2010 bertempat di desa Sarang Tiung dilakukan pembukaan kegiatan pelatihan Industri Rumah Tangga dan pelatihan perbengkelan untuk masyarakat di 4 desa terdekat dengan lokasi perusahaan. Kegiatan yang rencananya akan dilaksanakan selama kurang lebih 1 bulan ini diikuti sebanyak 50 peserta dimana masing-masing diikuti sebanyak 25 orang bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja Kotabaru (BLK). Dihadiri oleh Camat Pulau Laut Utara, Disnakertransos dan para kepala Desa serta tokoh masyarakat dan juga beberapa Manajemen PT Arutmin Indonesia – NPLCT (North Pulau Laut Coal Terminal). Dalam sambutannya Bapak Camat PLU mengucapkan terima kasih atas dukungan dan bantuan dari PT Arutmin Indonesia-NPLCT yang telah berupaya untuk melaksanakan kegiatan ini. Kegiatan ini dianggap sangat penting karena langsung menyentuh ke perokonomian masyarakat di lapisan paling bawah dan juga ibu-ibu rumah tangga. Diharapkan dengan kegiatan ini masyarakat dapat terangkat perkonomiannya, selain itu kegiatan tersebut jangan hanya sampai pada pelatihan tapi dipikirkan keberlanjutannya ”

demikian ungkap pak Camat PLU. ”Selain kegiatan Industri Rumah tangga dan perbengkelan, PT Arutmin Indonesia-NPLCT dalam waktu dekat akan merealisasikan kegiatan DEMPLOT di bidang perikanan berupa Demplot Keramba Jaring Tancap (KJT) dan Budidaya Kepiting Cangkang Lunak. Kegiatan tsb dilakukan karena Desa Sarang Tiung dan Gedambaan merupakan desa pesisir pantai yang cocok untuk usaha di bidang perikanan. Selain itu pelaksanaan kegiatan Demplot juga akan memberikan kontribusi bukan saja bagi pemerintah daerah, tetapi juga untuk masyarakat sekitar perusahaan ”Kata Port Manager PT Arutmin Indonesia-NPLCT Bapak Hafis S. Iwan. Dalam sambutan-nya Bapak Hafis S. Iwan berpesan kepada peserta pelatihan untuk sungguh-sungguh melaksanakan pelatihan ini karena hasilnya akan membantu masyarakat itu sendiri. Tema yg diusung dalam kegiatan ini adalah ”melalui kebersamaan kita tingkatkan kesejahteraan masyarakat” bersinergi dengan apa yg disampaikan oleh Bapak Wakil Bupati dalam acara Musrembang Kabupaten Kotabaru yg baru saja dilakukan yaitu melalui kebersamaan kita tingkatkan pembangunan di Kabupaten Kotabaru dengan Motto ” Kalau Mau Kita bisa”. (*)

1210/B16

Banjarmasin Post Edisi Selasa 12 Oktober 2010  

Banjarmasin Post Edisi Selasa 12 Oktober 2010

Banjarmasin Post Edisi Selasa 12 Oktober 2010  

Banjarmasin Post Edisi Selasa 12 Oktober 2010

Advertisement