Page 1

Penyelesaian Soal PENYELESAIAN BAHASA INDONESIA 1.

Jawaban : C Huruf kapital digunakan untuk Aw Gam SuBaBa NaGeJa GeSaJu HaBuTa Penggunaan huruf kapital yang tepat adalah opsi C. Opsi A seharusnya Kota Semarang, opsi B seharusnya danau dan pulau sumatera seharusnya Pulau Sumatera, dan opsi D kata jalan malaka seharusnya Jalan Malaka.

2.

Jawaban : A Denah adalah gambaran / lukisan untuk menunjukkan tempat atau lokasi yang dituju.

3.

Jawaban : C Denah adalah gambaran / lukisan pada bidang datar untuk menunjukkan lokasi yang diinginkan. Jalan terdekat Samsul menuju sekolah adalah Jln. Mujair, Jln. Gurame, dan Jln. Lele.

4.

Jawaban : A Urutan pemakaian telepon yang tepat adalah mengangkat gagang telepon, memutar nomor telepon yang dituju, menunggu terhubung dan mulai berbicara setelah terhubung.

5.

Jawaban : B Urutan dalam mencuci pakaian yang tepat adalah 2 – 4 – 1 – 3 – 5.

6.

7.

8.

9.

Jawaban : C Penulisan nama tempat wisata menggunakan huruf kapital seperti Ngarai Sianok, (letak geografis) sedangkan pada opsi A, B, dan D nama geografisnya menggunakan huruf kecil. Jawaban : A Huruf kapital digunakan pada : Aw, Gam, SuBaBa, NaGeJa, GeSaJu, HaBuTa Awal kalimat, Agama, Suku, Bangsa, Bahasa, Nama, Gelar, Jabatan, Geografi, Sapaan, Judul, Hari, Bulan, dan Tahun. Penulisan nama bangsa harus menggunakan huruf kapital, seperti Indonesia, Thailand, Malaysia, dan India. Jawaban : D Penulisan singkatan nama orang, gelar, atau jabatan harus menggunakan tanda titik, contoh : Muhammad Effendy bila disingkat menjadi M. Effendy atau Muh. Effendy. Jawaban : A Tanda baca yang tepat untuk memisahkan tempat dan tanggal surat adalah tanda koma.

10. Jawaban : A Tanda pisah digunakan untuk menyatakan sampai dengan dan pemenggalan kata. 11. Jawaban : D Tanda titik dua digunakan untuk kalimat lengkap yang memerlukan pemerian, kalimat yang tepat menggunakan tanda titik dua adalah D. 12. Jawaban : A Tanda titik dua dipakai untuk kalimat lengkap yang memerlukan pemerian. 13. Jawaban : C Tanda petik dua digunakan pada kalimat di atas adalah kalimat langsung. Kalimat langsung yang diucapkan oleh Eki adalah “Asyik, regu kami menang.” 14. Jawaban : D A. Kami membuat peta di atas kertas karton. S P O Ket(tempat) B. Denah itu dibuat oleh Anita tadi pagi. S P O Ket(waktu) C. Beni membuat denah tempat tinggal neneknya. S P O Ket(tempat) D. Peta itu diperbesar dengan teknik skala. S P Ket(cara) 15. Jawaban : B Huruf kapital digunakan untuk : Aw Gam SuBaBa NaGeJa GeSaJu HaBuTa

Super Bimbel GSC Si Pencetak Generasi Berprestasi

IV SD Nama geografi yang diikuti nama tempatnya maka, penulisannya semua kapital. Contoh : Danau Toba. Jika nama geografi tidak diikuti nama tempatnya maka, penulisannya tidak kapital. Contoh : Ana ke danau. Jadi penulisan huruf kapital yang tepat adalah opsi B. 16. Jawaban : B Kalimat tersebut merupakan kalimat yang menyatakan sebabakibat. Konjungsi atau kata penghubung untuk sebab-akibat yaitu karena. 17. Jawaban : A Pantun di atas bertemakan percintaan dapat dilihat pada isi pantun (bait ke 3 dan 4). 18. Jawaban : A Puisi lama terdiri atas pantun, syair, gurindam, karmina (pantun kilat), dan bidal. 19. Jawaban : C Tokoh adalah pelaku di dalam cerita. Pelaku di dalam cerita Tangkuban Perahu adalah Sangkuriang. 20. Jawaban : C Amanat adalah pesan yang disampaikan oleh pengarang lewat cerita. Pesan yang terkandung pada cerita di atas adalah jangan durhaka kepada ibu (terlihat pada kalimat langsung yang diucapkan oleh ibu).

PENYELESAIAN BAHASA INGGRIS 21. Jawaban : B Responding untuk “good afternoon” adalah  good afternoon. 22. Jawaban : C Untuk menanyakan nama pertanyaan yang tepat adalah “What is your name?” 23. Jawaban : A Hari dimana seluruh umat islam melaksanakan ibadah siang hari adalah hari Jumat  Friday. 24. Jawaban : C Ekspresi yang cocok untuk melengkapi soal adalah “gratitude” ucapan terima kasih  thank you. 25. Jawaban : D Hari Kartini diperingati setiap bulan April. 26. Jawaban : A Ekspresi yang cocok/tepat untuk melengkapi “apologizing”  permintaan maaf  “sorry”

soal

adalah

27. Jawaban : B 2 hari setelah hari selasa adalah hari kamis  Thursday 28. Jawaban : D Ekspresi gratitude yang cocok/tepat adalah  “thanks” 29. Jawaban : A Ekspresi apologizing yang tepat adalah  “I‟m sorry” 30. Jawaban : D Bulan ke-4 dalam setahun adalah bulan April  “April” 31. Jawaban : A Ekspresi apologizing yang tepat adalah  “I‟m sorry” 32. Jawaban : C Kata yang tepat untuk melengkapi pertanyaan adalah  “nick name” 33. Jawaban : B Kata yang tepat untuk melengkapi pertanyaan adalah  “address” 34. Jawaban : C Ekspresi gratitude yang tepat adalah  “thanks” 35. Jawaban : D Responding yang tepat untuk menjawab pertanyaan  “see you too” 36. Jawaban : B Kata yang tepat untuk melengkapi pertanyaan adalah “Nationality”

37. Jawaban : B Ekspresi apologizing yang tepat untuk merespon pertanyaan / ekspresi adalah  “sorry” 38. Jawaban : A Kata yang tepat untuk melengkapi pertanyaan adalah  “religion”

Halaman 1


Penyelesaian Soal

IV SD

39. Jawaban : B Bulan sebelum bulan September adalah bulan Agustus  “August” 40. Jawaban : B 2 hari sebelum hari Jumat adalah hari Rabu  “Wednesday”

PENYELESAIAN BIOLOGI 41. Jawaban : B Telinga sebagai reseptor bunyi terdiri atas 3 bagian, yaitu : 1) Luar : daun telinga, salurang telinga, dan lubang telinga 2) Tengah : selaput pendengaran (gendang telinga), tulang pendengaran (tulang martil, landasan, sangurdi), dan saluran eustachius 3) Dalam : tiga saluran setengah lingkaran, rumah siput, dan syaraf pendengaran 42. Jawaban : A Iris : memberi warna pada mata Pupil : mengatur banyak sedikitnya cahaya yang masuk Retina : menerima cahaya dan meneruskan ke saraf mata Kornea : meneruskan cahaya yang masuk ke mata 43. Jawaban : C Lapisan luar (epidermis) / kulit ari tersusun atas sel-sel mati yang mengelupas dan digantikan oleh sel-sel di bawahnya. 44. Jawaban : D  Tulang rusuk sejati = 7pasang  Tulang rusuk palsu = 3 pasang  Tulang rusuk melayang = 2 pasang

54. Jawaban : C Minyak tanah merupakan benda cair sama seperti sirup, kecap, bensin, madu, minyak goreng. 55. Jawaban : B Bentuk sesuai dengan wadahnya adalah sifat benda cair yang dapat mengalir/cair, yaitu sirup. 56. Jawaban : A Sifat-sifat benda gas :  Volume dan ukuran mengikuti ruangnya  Menekan ke segala arah  Terdapat di mana saja  Dapat dimampatkan 57. Jawaban : C Peristiwa padat ke cair, karena es batu yang padat berubah menjadi cair. 58. Jawaban : C  Es berubah menjadi air (mencair)  Besi cair berubah menjadi besi batangan (membeku)  Kapur barus dilemari lama kelamaan akan habis menjadi uap (menyublim)  Uap air berubah menjadi titik-titik air (mengembun) 59. Jawaban : A  Tisu kertas cepat menyerap keringat  Koran untuk membuat surat kabar  Kertas minyak untuk membungkus kue  HVS kertas untuk fotokopi / print

45. Jawaban : B Tulang pipa TG2. Pa – Ke – Ha – Pe – Betis  Paha - Pengumpil  Kering - Betis  Hasta

60. Jawaban : A Aluminium merupakan bahan konduktor yang bisa menghantarkan panas dan cepat menyerap panas, sehingga makanan cepat matang.

46. Jawaban : B  Tulang belakang = 33 ruas  Tulang rusuk = 12 pasang

62. Jawaban : B  Bangunan dibuat dari batu bata/semen/pasir  Sendok dibuat dari stainless steel  Payung terbuat dari plastik  Meja dibuat dari kayu

47. Jawaban : A  Akar gantung : akar tersebut menggantung di udara, contoh pohon beringin.  Akar pelekat : akar ini tumbuh di sepanjang batang dan berguna untuk menempel pada kayu atau tembok, contoh lada dan sirih.  Akar tunjang : akar ini tumbuh di bagian bawah akar ke segala arah, akar tersebut seolah-olah menunjang akar, contoh pandan, dan mangga.  Akar nafas : akar yang tumbuh tegak lurus ke atas sehingga muncul dari permukaan tanah atau air, contoh tanaman bakau. 48. Jawaban : A  Benang sari : alat kelamin jantan  Putik : alat kelamin betina  Mahkota : perhiasan pada bunga  Kelopak : pelindung bunga saat kuncup 49. Jawaban : B Ayam menghasilkan anak dengan cara bertelur. Telur ayam dierami kira-kira 21 hari agar dapat menetas. 50. Jawaban : A Metamorfosis tidak sempurna dialami hewan yang saat lahir tidak terlalu beda bentuknya pada saat hewan tersebut dewasa. Urutan metamorfosis kecoa : Telur  nimfa  imago

PENYELESAIAN FISIKA 51. Jawaban : D Sifat-sifat benda padat :  Tidak dapat mengalir  Ukuran dan volumenya tetap 52. Jawaban : C Karena pensil benda padat dan sesuai dengan sifat benda padat yaitu ukuran dan volumenya tetap. 53. Jawaban : B Sesuai dengan sifat-sifat benda gas :  Mempunyai ruang dan menempati ruang  Ada di mana saja  Menyebar ke segala arah  Volume dan bentuk mengikuti ruangannya

Super Bimbel GSC Si Pencetak Generasi Berprestasi

61. Jawaban : B Karena kertas bersifat lembut dan halus, lentur.

63. Jawaban : D  Lentur sifat karet  Tidak tahan air sifat kertas  Tidak tahan panas sifat bahan isolator (kayu, karet, plastik)  Tembus pandang sifat kaca 64. Jawaban : B Sifat karet adalah lentur (bisa kembali ke bentuk semula) 65. Jawaban : B Sifat plastik dan kain parasut yaitu kedap air/tidak tembus air. Jadi, tas yang paling aman bukunya aalah Anton dan Ardana.

PENYELESAIAN IPS 66. Jawaban : D Mengetahui tinggi rendahnya wilayah di peta dapat dilihat dari warna pada peta, misalnya : Warna hijau = dataran rendah Warna kuning = dataran tinggi Warna coklat = daerah gunung 67. Jawaban : B Sungai Mahakam terdapat di Kalimantan, merupakan sungai terpanjang di Kalimantan bersama dengan sungai Kapuas. 68. Jawaban : A Sungai di Kalimantan kebanyakan digunakan sebagai sarana transportasi kegiatan masyarakat juga banyak menggunakan transportasi air, seperti pasar yang berada di air disebut juga pasar terapung. 69. Jawaban : A Jika hutan yang gundul dapat menyebabkan tanah longsor sebab tidak ada yang menahan air. 70. Jawaban : B Peta adalah gambaran / lukisan permukaan bumi dalam bentuk bidang datar dengan ukuran skala tertentu. 71. Jawaban : C Makanan pokok orang Indonesia ialah beras. Sedangkan jagung, sagu, gandum ialah makanan tambahan.

Halaman 2


Penyelesaian Soal

IV SD

72. Jawaban : A Sumber daya alam sangat tergantung pada daerahnya, contoh SDA di daerah gurun berbeda dengan SDA di daerah tropis. 73. Jawaban : B Senjata tradisional bangsawan dan kerajaan ialah “keris” 74. Jawaban : B Karena Indonesia merupakan keanekaragaman budaya.

negara

yang

kaya

91. Jawaban : B Kelipatan 3 = 3, 6, 9, 12 , 15, 18, 21, 24 , 27, 30, … Kelipatan 4 = 4, 8, 12 , 16, 20, 24 , 28, 32, 36, 40, … Jadi kelipatan persekutuan 3 dan 4 adalah 12, 24, … 92. Jawaban : A Faktor 48 = 1, 2, 3, 4, 6, 8, 12, 16, 24, 48

akan

75. Jawaban : C Di Sumatera masih banyak ditemui rumah-rumah yang berbentuk panggung. 76. Jawaban : A Tempat tinggal masyarakat dipengaruhi oleh kondisi alam di suatu daerah tersebut.

93. Jawaban : A Yang merupakan bilangan prima adalah 5, 7, 11, 13, 17 94. Jawaban : D 12 2

36 2

6 2

79. Jawaban : D Pahlawan pendidikan ialah Ki Hajar Dewantara. Sekolah Taman Siswa merupakan sekolah yang beliau dirikan. 80. Jawaban : D Pattimura adalah pahlawan dari Maluku.

PENYELESAIAN MATEMATIKA

Puluh ribuan

83. Jawaban : D 485 18915 156 331 312 195 195 0 84. Jawaban : A (125 + 75) : 4 = 200 : 4 = 50 39

6 3

Jadi, FPB (12, 36, 48) = 22 x 3 =4x3 = 12 95. Jawaban : C 64

80 2

32

40 2

16

20 2

8 2

Puluhan

82. Jawaban : B 345 21 x 345 690 + 7.245

3

12 = 2 x 3 36 = 22 x 32 48 = 24 x 3

Satuan Ratusan

12 2 2

2

Ribuan

9

2

2

6 5 9 3 1

24 2

3

2

81. Jawaban : C

2

18 2

3

77. Jawaban : C Tari piring dari Sumatera Barat. 78. Jawaban : C Gudeg ialah makanan yang berasal dari Yogyakarta.

48

4 2

10 2

5

2

64 = 26 80 = 24 x 5 Jadi KPK (64, 80) = = = 96. Jawaban : B Harga 1 pensil = Harga 1 buku =

26 x 5 64 x 5 320 Rp 2.500,00 Rp 3.500,00

Jadi, harga 2 pensil = 2 x Rp 2.500 = Rp 5.000 Harga 5 buku

= 5 x Rp 3.500 = Rp 17.500

Sehingga uang yang harus dibayar Ani Rp 5000 + Rp 17.500 = Rp 22.500,00 97. Jawaban : A -9 x [25 + (-23)] = -9 x 2 = -18

85. Jawaban : B 83  80  80 x 50 = 4000 47  50 86. Jawaban : D 625 : (37 – 12) = 625 : 25 = 25 87. Jawaban : C Harga 1 buku = Rp3.750,00 ditaksir menjadi Rp4.000,00 Harga 15 buku kira-kira = Rp4.000,00 x 15 = Rp60.000,00

98. Jawaban : D Pembulatan dari 133,5 adalah 134. 99. Jawaban : C 192

2 96 2 48 2 24

88. Jawaban : B Penulisan yang benar adalah Rp4.500,00 89. Jawaban : A Rp3.500,00 ditaksir menjadi Rp4.000,00 rp4.800,00 ditaksir menjadi Rp5.000,00 Rp2.650,00 ditaksir menjadi Rp3.000,00 Jadi, Rp4.000,00 + Rp5.000,00 + Rp3.000,00 = Rp12.000,00 90. Jawaban : D Faktor 12 = 1 , 2 , 3 , 4, 6 , 12 Faktor 18 = 1 , 2 , 3 , 6 , 9, 18 Jadi, faktor persekutuan 12 dan 18 adalah 1, 2, 3, dan 6.

Super Bimbel GSC Si Pencetak Generasi Berprestasi

2 12 6

2 2

3

Faktorisasi prima 192

=2x2x2x2x2x2x3 = 26 x 3

100. Jawaban : A 30 2 15 3

5

Faktor prima dari 30 adalah 2, 3, 5

Halaman 3


Penyelesaian Soal PENYELESAIAN BAHASA INDONESIA 1.

Jawaban : D Manfaat permen yang berbahan dasar susu terdapat pada paragraf kedua pada kalimat pertama yaitu untuk menambah gizi anak yang sulit makan.

2.

Jawaban : D Dampak dari permen dengan campuran sorbitol yaitu mencretmencret, perut melilit, menjadi sering buang angin (dapat dilihat pada paragraf ke-2, pada kalimat ke-4).

3.

Jawaban : D Permen dengan campuran sorbitol sangat berbahaya untuk tubuh kita. Jadi opsi D tidak sesuai dengan teks bacaan.

4.

Jawaban : C Percakapan yang terjadi di antara Ria dan Odet membicarakan jadwal latihan wayang orang.

5.

Jawaban : D Hari latihan untuk pertunjukkan wayang orang adalah hari Jumat dan Sabtu, (dialog diucapkan oleh Ria).

6.

7.

8.

9.

Jawaban : C Tokoh, amanat, dan latar termasuk ke dalam unsur intrinsik (unsur yang membangun dari dalam cerita) sedangkan puisi bukan termasuk unsur melainkan jenis sastra. Puisi adalah karangan yang indah dan penuh akan makna. Jawaban : A Latar meliputi tempat, waktu, dan suasana. Latar waktu meliputi sore, siang, pagi. Sedangkan opsi B, C, dan D menunjukkan latar tempat. Jawaban : B Tanda baca yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah tanda koma. Kata “wah” merupakan kata seru. Jadi setelah kata seru harus menggunakan tanda koma. Jawaban : C Watak adalah sifat seorang tokoh, Sang Kura-kura memiliki watak tak punya pendirian (dilihat dari pernyataan niat hatinya berubah dan dia menuruti ajakan temannya untuk mencuri).

10. Jawaban : D Unsur intrinsik adalah unsur yang membangun dari dalam suatu cerita, pada opsi A, B, C termasuk unsur intrinsik, sedang opsi D (biografi) termasuk unsur ekstrinsik. 11. Jawaban : B Opsi A  orang  siapa Opsi B  cara  bagaimana Opsi C  jumlah  berapa Opsi D  tempat  dimana 12. Jawaban : B Kata tanya yang tepat untuk melengkapi kalimat tanya tersebut adalah sejak karena menjelaskan waktu. 13. Jawaban : A Tanda baca yang tepat untuk kalimat tersebut adalah tanda titik, karena kalimat tersebut termasuk kalimat berita yang diakhiri oleh tanda titik. 14. Jawaban : B Bila menemukan tanda koma pada bacaan maka kamu harus berhenti sejenak. 15. Jawaban : A Tanda titik dua (:) digunakan untuk kalimat lengkap yang memerlukan pemerian. 16. Jawaban : B Makna konotasi adalah makna kiasan atau makna yang tidak sebenarnya. Makna menutup mata di atas adalah meninggal. 17. Jawaban : A Makna konotasi adalah makna kiasan atau makna yang tidak sebenarnya. Makna mengambil hati di atas adalah merayu.

Super Bimbel GSC Si Pencetak Generasi Berprestasi

V SD 18. Jawaban : D Makna konotasi adalah makna kiasan atau makna yang tidak sebenarnya. Makna besar kepala di atas adalah sombong. 19. Jawaban : B Makna denotasi adalah makna sebenarnya jadi makna dari amplop adalah kertas untuk membungkus surat. 20. Jawaban : B Makna denotasi adalah makna yang sebenarnya. Jadi makna dari resep adalah surat dari dokter untuk membeli obat.

PENYELESAIAN BAHASA INGGRIS 21. Jawaban : B Untuk menanyakan waktu kata yang tepat adalah “What time is it”. 22. Jawaban : D Response untuk how do you do adalah “how do you do” 23. Jawaban : B 2 hari setelah hari senin adalah hari rabu  “Wednesday” 24. Jawaban : A Kata yang tepat untuk melengkapi pernyataan adalah “always” 25. Jawaban : B Untuk menanyakan hari, pertanyaan yang tepat adalah “What day is today”. 26. Jawaban : C Untuk menanyakan tanggal, pertanyaan yang tepat adalah “What date is it”. 27. Jawaban : D Response untk nice to meet you adalah  “Nice to meet you too”. 28. Jawaban : C Jam menunjukkan 8.30 (a half to nine) 29. Jawaban : D Waktu menunjukkan pukul 6.15 (a quarter past six) 30. Jawaban : A 2 bulan sebelum bulan Desember adalah oktober  “October” 31. Jawaban : B Hari sebelum hari Sabtu adalah hari Jumat  Friday 32. Jawaban : A Kata yang tepat untuk melengkapi pernyataan adalah “always” 33. Jawaban : C Makan malam selalu dilaksanakan pada malam hari “evening”. 34. Jawaban : A Bulan pertama dalam setahun adalah bulan Januari  January 35. Jawaban : B Untuk menanyakan, pertanyaan yang tepat adalah “What are you”. 36. Jawaban : B Maya selalu makan siang pada siang hari  “afternoon” 37. Jawaban : B Jam 10:10 sama dengan  “ten past ten” 38. Jawaban : B Hari sebelum hari Minggu adalah Hari Sabtu  “Saturday” 39. Jawaban : D Jam 09.00 sama dengan  “nine o‟clock” 40. Jawaban : B Hari Kartini selalu diperingati pada tanggal “21 April”

Halaman 4


Penyelesaian Soal

V SD PENYELESAIAN BIOLOGI

41. Jawaban : A Hidung  tenggorokan  bronkus  bronkiolus  alveolus. 42. Jawaban : C Ikan bernapas dengan insang yang berjumlah 4 pasang. Selain itu ikan memiliki labirin yang berguna untuk menyimpan oksigen. 43. Jawaban : D Asma : penyempitan saluran pernapasan Bronkitis : peradangan pada bronkus yang disebabkan oleh bakteri TBC : infeksi pada paru-paru yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis 44. Jawaban : B Vitamin A : untuk mencegah penyakit rabun senja Vitamin B : untuk mencegah penyakit beri-beri Vitamin C : untuk mencegah gusi berdarah Vitamin E : untuk mencegah kemandulan 45. Jawaban : A Protein beperan sebagai bahan pembangn sel-sel baru untuk menggantikan sel-sel yang rusak. Contoh : ikan, telur, kedelai. 46. Jawaban : A Fungsi makanan :  Sumber tenaga  Untuk pertumbuhan  Menggantikan sel-sel yang rusak  Menjaga keseimbangan 47. Jawaban : D Jantung terletak di dalam rongga dada sebelah kiri. Jantung terdiri dari 4 ruang, yaitu serambi kiri, serambi kanan, bilik kiri, bilik kanan. 48. Jawaban : B Peredaran darah kecil : jantung  paru-paru  jantung Peredaran darah besar : jantung  seluruh tubuh  jantung 49. Jawaban : B Hati : penawar racun Jantung : memompa darah Paru-paru : alat pernapasan Ginjal : filtrasi 50. Jawaban : A Xilem : mengangkut air dari tanah Floem : mengangkut hasil fotosintesis Daun : alat fotosintesis

PENYELESAIAN FISIKA 51. Jawaban : B  Nilon terbuat dari bahan sintetik bahan kimia  Wol terbuat dari bulu domba  Benang terbuat dari kapas  Senar terbuat dari plastik 52. Jawaban : C Serat ada 2 : 1) Serat alami terbuat dari hewan dan tumbuhan 2) Serat tidak alami terbuat dari bahan sintetik / kimia 53. Jawaban : B Bahan katun merupakan bahan yang mudah menyerap keringat. 54. Jawaban : A  Gitar alat musik yang dipetik menggunakan senar  Piano alat musik yang ditekan  Terompet alat musik yang ditiup  Drum alat musik yang dipukul 55. Jawaban : C Semen yang telah dicampur air lama kelamaan akan mengeras. 56. Jawaban : A Agar buah segar sebaiknya disimpan di kulkas karena di kulkas buah-buahan tidak akan membusuk. 57. Jawaban : C Perubahan tetap  perubahan yang tidak akan kembali ke wujud semula. Contoh :  Lidi dibakar = arang/abu = tetap  Batang kayu = arang = tetap  Kertas = abu = tetap

Super Bimbel GSC Si Pencetak Generasi Berprestasi

 

Lilin dibakar = meleleh = sementara Besi dibakar = utuh

58. Jawaban : A Kawat las dipanaskan akan melebur setelah dingin kawat las akan mengeras. 59. Jawaban : D  Air yang didinginkan akan membeku (sementara)  Lilin yang dipanaskan akan meleleh (sementara) setelah dingin akan kembali  Air yang dipanaskan akan mendidih  Kertas yang dibakr akan menjadi abu (tetap) karena tidak dapat kembali ke bentuk semula seperti kertas 60. Jawaban : D  Lilin dipanaskan akan meleleh (sementara) setelah dingin akan kembali seperti lilin  Es batu setelah mencair, bisa membeku lagi jika dimasukkan di kulkas  Coklat dipanaskan akan meleleh setelah dingin akan mengeras lagi seperti semula  Beras yang dimasak menjadi nasi tidak akan kembali menjadi beras lagi karna wujud perubahannya tetap

PENYELESAIAN IPS 61. Jawaban : B Kutai Martadipura adalah kerajaan bercorak Hindu di Nusantara yang memiliki bukti tertua. Berdiri sekitar abad ke-4, terletak di Muara Kaman, Kalimantan Timur. 62. Jawaban : A  Raja pertama yang memerintah kerajaan Kutai ialah Raja Kudungga.  Raja Aswawarman ialah putra dari Kudungga, seorang raja yang cakap dan kuat.  Raja Mulawarman, raja terbesar yang membawa puncak kejayaan. 63. Jawaban : D Tarumanegara adalah kerajaan Hindu tertua di Pulau Jawa, kerajaan ini berdiri kira-kira pada abad ke-5M lokasi kerajaan itu sekitar Bogor, Jawa Barat. Rajanya yang bernama Purnawarman memeluk agama Hindu yang menyembah Dewa Wisnu. 64. Jawaban : A Kerajaan Mataram Kuno di kenal dari sebuah prasasti yang ditemukan di desa Canggal Magelang. Prasasti Canggal berisikan tentang peringatan terhadap didirikannya sebuah lingga di atas sebuah bukit di daerah Kunjarakunja oleh raja Sanjaya. 65. Jawaban : C Kerajaan Samudera Pasai merupakan kerajaan bercorak Islam pertama yang terletak di daerah pantai timur pulau Sumatera bagian utara yang berdekatan dengan selat Malaka. 66. Jawaban : B Raja pertama ialah Sultan Malik Al Saleh (1285 – 1297) 67. Jawaban : A Masjid Demak ialah masjid tertua di Jawa. Dibangun oleh wali songo pada tahun 1478 pada masa pemerintahan Raden Patah. 68. Jawaban : A Syekh Maulana Ibrahim dikenal juga dengan sebutan Maghribi. 69. Jawaban : B Raden Wijaya ialah pendiri kerajaan Majapahit sekaligus raja pertama yang memerintah 1293 – 1309. 70. Jawaban : C Trimurti adalah 3 aspek Tuhan :  Brahma  sang pencipta  Wisnu  sang pemelihara  Siwa  sang pelebur

PENYELESAIAN PKn 71. Jawaban : B Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terbentang dari sabang sampai merauke merupakan Negara Kesatuan sejak proklamasi.

Halaman 5


Penyelesaian Soal

V SD

72. Jawaban : A Negara Kesatuan Republik Indonesia ialah negara kepulauan karena terdapat ribuan pulau. 73. Jawaban : A Butuh pengorbanan yang besar untuk merebut kemerdekaan bangsa dan perjuangan yang tidak mudah melawan penjajah. 74. Jawaban : B Karena para pahlawanlah yang bekerja keras membebaskan negara dari penjajah. 75. Jawaban : C Peraturan dibuat untuk menjaga ketertiban masyarakat agar masyarakat aman tentram dalam kehidupannya. 76. Jawaban : A MPR lah yang berhak mengesahkan Undang-Undang. 77. Jawaban : B Semua warga harus taat kepada peraturan yang berlaku agar terciptanya masyarakat yang aman dan tentram. 78. Jawaban : A Peraturan yang ada di Indonesia tidak boleh bertentangan dengan UUD 1945 karena UUD 1945 ialah dasar peraturan Indonesia. 79. Jawaban : D Yang menetapkan peraturan di suatu daerah harus dasar persetujuan DPRD. 80. Jawaban : A Berbatasan dengan Negara Papua Nugini dan Benua Australia.

PENYELESAIAN MATEMATIKA

88. Jawaban : C 25 5

65 5

5

13

2

25 = 5 65 = 5 x 13 KPK = 52 x 13 = 25 x 13 = 325 89. Jawaban : C -21 – (-48) = -21 + 48 = 27 90. Jawaban : B -13 x 19 = -247 91. Jawaban : C 72 : (-24) + (-12) x 8 = -3 + (-96) = -99 92. Jawaban : C Pagi hari -60C Siang harai 190C Malam hari turun 110C Jadi, suhu pada malam hari adalah : -60C + 19 0C – 110C = 20C 93. Jawaban : D 343  300 79  100 Jadi, 300 x 100 = 30.000 94. Jawaban : A 10 6

81. Jawaban : B 17 + 6 = 23 6 + 17 = 23  17 + 6 = 6 + 17

-5

-4

-3

-2

60 = 22 x 3 x 5

3

5

2

30 2

132  144  625 = 132 + 12 – 25 = 144 – 25 = 119 87. Jawaban : A

48

60 2

2

5

6

3 15

3

45 = 32 x 5 15 3

5

5

FPB (15, 60, 45) = 3 x 5 = 15 Jadi, jumlah anak paling banyak memperoleh bahan makanan adalah 15 orang. 99. Jawaban : C

 64 x 25 

30 2

6

4

98. Jawaban : B

86. Jawaban : D

2

3

97. Jawaban : D KPK 3 dan 5 = 15 hari 27 Mei + 15 hari = 11 Juni Jadi, mereka akan berenang bersama lagi pada tanggal 11 Juni.

15 = 3 x 5

85. Jawaban : C 382 + 722 = 1444 + 5184 = 6.628

12

2

96. Jawaban : A 39,5 dibulatkan menjadi 40

84. Jawaban : C 28 x (634 + 2.875) : (9.756 – 9.742) = 28 x 3509 : 14 = 98.252 : 14 = 7.018

24

1

95. Jawaban : B -5, -4, -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3, 4, 5

83. Jawaban : A -288 : -24 = 12

2

0

Jadi, 6 – 10 = -4

82. Jawaban : D Sifat asosiatif perkalian (3 x 14) x 5 = 42 x 5 = 210 3 x (14 x 5) = 3 x 70 = 210 Jadi, (3 x 14) x 5 = 3 x (14 x 5)

2

-1

15 3

5

49 = (8 x 5) + 7 = 40 + 7 = 47

100. Jawaban : B 182 = 18 x 18 = 324

3

4

48 = 2 x 3 60 = 22 x 3 x 5 FPB = 22 x 3 =4x3 = 12

Super Bimbel GSC Si Pencetak Generasi Berprestasi

Halaman 6


Penyelesaian Soal PENYELESAIAN BAHASA INDONESIA 1.

Jawaban : B Tokoh adalah pelaku yang ada dalam cerita. Tokoh George dalam cerita di atas berwatak cerdik.

2.

Jawaban : A Suasana yang ada dalam cerita di atas adalah menegangkan. Suatu tersebut diwakili pada kalimat “Itulah saat yang menentukan”. Bisakah kedua penjahat di dijebak.”

3.

Jawaban : C Unsur intrinsik adalah unsur yang membangun cerita dari dalam unsur intrinsik antara lain : Tema, tokoh, penokohan, latar, alur, sudut pandang, gaya bahasa, amanat, dan tendens. Latar adalah waktu, tempat, dan suasana dalam cerita.

4.

Jawaban : C Latar tempat cerita di atas adalah rumah di ladang tebu. Ditandai pada kalimat. “Tapi, kita akan tetap di sini, di tengah ladang tebu.”

5.

Jawaban : B Alur/plot adalah rangkaian terjadinya peristiwa dalam cerita.

6.

Jawaban : C Puisi di atas mengungkapkan perasaan sikap tak mau dipengaruhi buktinya ditandai pada kalimat “Ku mau tak seorang pun merayu”.

7. 8.

9.

Jawaban : C Dilihat dari isinya judul puisi yang tepat adalah pengamen kecil. Jawaban : C Sesuai dengan rimanya, pantun di atas berpola a – b – a – b. Jawaban yang tepat untuk melengkapi pantun di atas adalah cobalah terka wahai Saudara makin diisi makin ringan Jawaban : A Dilihat dari sajaknya isi yang tepat melengkapi pantun di atas adalah jadilah anak yang terpelajar mengamalkan ilmu tanpa pamrih.

10. Jawaban : D Elegi  kesedihan Satire  sindiran Balada  cerita Epigram  nasihat 11. Jawaban : D Kalimat berita negatif adalah kalimat berita yang terdapat kata tidak, bukan, dan belum. 12. Jawaban : A Kalimat di atas merupakan kalimat tanya retorik. Kalimat tanya retorik adalah kalimat tanya yang tidak memerlukan jawaban . 13. Jawaban : B Yang bukan kalimat perintah adalah opsi B, karena opsi B adalah kalimat tanya. 14. Jawaban D Kalimat perintah harapan ada pada opsi D. Ciri dari kalimat perintah harapan adalah ada kata semoga. 15. Jawaban : B Pola atau jawaban kalimat di atas adalah Kemarin ayah datang dari kota K S P K 16. Jawaban : B Kalimat yang mengandung unsur keterangan cara adalah pada opsi B Adik belajar dengan teliti S P Ket. cara 17. Jawaban : C Kalimat verbal adalah kalimat yang predikatnya berupa kata kerja. Yang bukan kalimat verbal adalah opsi C. 18. Jawaban : A Kalimat nominal adalah kalimat yang predikatnya bukan kata kerja, seperti : kata benda, kata sifat, kata bilangan kata keterangan.

Super Bimbel GSC Si Pencetak Generasi Berprestasi

VI SD 19. Jawaban : A Laporan adalah dokumen sebuah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang maupun kelompok. Isi dari laporan di atas terdapat pada opsi A. 20. Jawaban : D Kerangka naskah pidato 1. Pendahuluan 2. Pembukaan 3. Pokok permasalahan 4. Kesimpulan 5. Penutup

PENYELESAIAN BAHASA INGGRIS 41. Jawaban : B Response positive (accepting) untuk permision yang tepat adalah  “yes you may” 42. Jawaban : D Buah yang memiliki kulit lembut/tipis adalah  “Apple” 43. Jawaban : B Buah yang mengandung vitamin C adalah  “orange” 44. Jawaban : A Plural dari handphone  handphones 45. Jawaban : C Makanan yang mengandung protein adalah  beans 46. Jawaban : D Minuman yang bisa membuat tubuh terasa lebih hangat  “hot tea”. 47. Jawaban : C Ayah butuh banyak air (some water) untuk menyiram kebunnya. 48. Jawaban : A Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat adalah “Dislikes” 49. Jawaban : A Reflexive pronoun yang tepat untuk melengkapi kalimat adalah “myself” 50. Jawaban : C Ving Ving  Preference  " prefer" " to" noun noun 

   

51. Jawaban : D Rumah (house) adalah/merupakan bukan tempat umum. 52. Jawaban : B Di bawah  under 53. Jawaban : D Don‟t + infinitive  Don‟t smoke 54. Jawaban : C Sesuatu yang digunakan untuk menunjukkan tempat adalah peta  map. 55. Jawaban : C (would rather …. than ….) 56. Jawaban : D Makanan yang tidak mengandung vitamin adalah “chicken” 57. Jawaban : C Sayuran yang berwarna merah adalah  “tomato” 58. Jawaban : B Buah yang memiliki biji kecil adalah  “watermelon” 59. Jawaban : C Response negatif (refusing) untuk permission yang tepat adalah  No, you can‟t 60. Jawaban : A Honey  uncountable Sedikit madu  a little honey

Halaman 7


Penyelesaian Soal

VI SD 60. Jawaban : D Plastik merupakan bahan isolator yang tidak dapat menghantarkan panas yang kuat dan keras.

ENYELESAIAN BIOLOGI 41. Jawaban : A Kaktus memiliki akar yang panjang, mempermudah ketika mencari air.

tujuannya

untuk

42. Jawaban : C Bebek dapat berenang karena memiliki selaput pada kaki 43. Jawaban : B Untuk menarik serangga, kantung semar memiliki cairan madu (nectar). 44. Jawaban : C Untuk memenuhi kebutuhan akan nitrogen, tumbuhan venus memperolehnya dari serangga. 45. Jawaban : D Bunga Raflesia mendapatkan makanan dari pengambilan sari makanan tumbuhan lain karena raflesia tidak memiliki daun jadi tidak dapat berfotosintesis dan tidak dapat membuat makanan nya sendiri. 46. Jawaban : B Alat kelamin betina pada tumbuhan disebut putik. 47. Jawaban : C Contoh perubahan fisik sekunder pada laki-laki adalah suaranya menjadi membesar di karenakan tumbuh nya jakun. 48. Jawaban : C Kemampuan kelelawar mengetahui keadaan di sekitar dengan memantulkan suara yang dikeluarkan disebut Ekolokasi. 49. Jawaban : A Penebangan hutan akan menimbulkan banjir dan erosi. 50. Jawaban : C Pembakaran hutan akan membuat hewan dan tumbuhan mati karena tempat tinggal mereka di bakar. 51. Jawaban : D Erosi mengakibatkan tanah menjadi tidak subur. 52. Jawaban : A Alang-alang berkembang biak dengan Rhizoma/akar tinggal. 53. Jawaban : B Kekurangan pada tumbuhan yang dicangkok adalah memiliki akar yang kurang kokoh. 54. Jawaban : B Tumbuhan paku berkembang biak dengan Spora. 55. Jawaban : B Hewan yang dilindungi di Ujung Kulon adalah Badak bercula satu.

PENYELESAIAN FISIKA

61. Jawaban : B Radiasi : pancaran (sinar matahari ke bumi) Konduksi : hantaran jika sendok dicelupkan di air panas, maka ujung yang tidak kena air panas akan ikut panas. Karena panasnya mengalir. Konveksi : aliran, peristiwa air mendidih Adaptasi : penyesuaian dari makhluk hidup terhadap lingkungannya. 62. Jawaban : D Bahan konduktor yang bias menghantarkan pans (logam, besi, aluminium) Bahan isolator yang tidak menghantarkan panas (kayu, plastik, karet) 63. Jawaban : C Pelapukan biologis disebabkan oleh makhluk hidup (tumbuhan, hewan). 64. Jawaban : D Wujud benda berubah menjadi beku (pembekuan, pendinginan) Wujud benda berubah menjadi berkarat (perkaratan) Wujud benda berubah menjadi cair (pemanasan/ pembakaran) 65. Jawaban : C Batu mengalami pelapukan Gelas plastik tidak bisa berkarat karena tidak dari plastik, begitu juga dengan wajan dan tidak bekarat karena dibuat dari bahan aluminium Pagar besi, mudah berkarat, jika terus menerus terkena suhu panas dan dingin 66. Jawaban : D Untuk A, B, dan C merupakan perubahan wujud tetap karena tidak bisa kembali sepertu semula. Untuk D, es mencair biasa menjadi beku lagi jika dimasukkan di dalam kulkas. 67. Jawaban : C Pelapukan fisika disebabkan suhu, tekanan Pelapukan biologis disebabkan oleh makhluk hidup Pelapukan kimia disebabkan oleh zat-zat kimia, zat asam Pelapukan benda mati disebabkan oleh umur yang sudah berjuta-juta tahun 68. Jawaban : D Lentur sifat dari karet Sulit terbakar sifat dari logam, besi, aluminium Kedap air sifat dari plastik, tanah liat dll 69. Jawaban : B Jas hujan = plastik (kedap air) Tas = plastik, kulit hewan, kain Ban, bola basket, sepatu = karet Perhiasan = emas Alat masak = aluminium

56. Jawaban : A Radiasi : pancaran. Contohnya panas matahari ke bumi Konduksi : hantaran Contohnya ujung paku yang dibakar Konveksi : aliran. Contohnya air mendidih Adaptasi : penyesuaian diri terhadap lingkungannya (makhluk hidup)

70. Jawaban : A Konduktor adalah bahan yang dapat menghantar panas. Contoh: besi, aluminium, logam Panci : terbuat dari aluminium Buku : terbuat dari kertas Ban motor : terbuat dari karet Jas hujan : terbuat dari plastik

57. Jawaban : B Isolator adalah bahan yang tidak dapat menghantarkan panas. Contoh : kayu, karet, plastic Konduktor adalah bahan yang dapat menghantarkan pans, Contoh : aluminium, besi, dan logam.

PENYELESAIAN IPS

58. Jawaban : C Pakaian, sapu lidi dan buku merupakan isolator : bahan yang tidak bisa menghantarkan panas Solder merupakan bahan konduktor yang bisa menghantarkan panas. 59. Jawaban : B Bahan yang baik untuk menghantarkan panas adalah konduktor : logam, aluminium besi Plastik, kayu, dan lilin merupakan bahan isolator

Super Bimbel GSC Si Pencetak Generasi Berprestasi

71. Jawaban : A Pada saat kemerdekaan, jumlah provinsi ada 8 provinsi, yaitu : a. Provinsi Sumatera b. Provinsi Jawa Barat c. Provinsi Jawa Tengah d. Provinsi Jawa Timur e. Provinsi Borneo (Kalimantan) f. Provinsi Sulawesi g. Provinsi Sunda Kecil h. Provinsi Maluku

Halaman 8


Penyelesaian Soal

VI SD

72. Jawaban : B Kepulauan Riau beribu kota Tanjung Pinang 73. Jawaban : C Deklarasi Djuanda menyatakan kepada dunia bahwa laut Indonesia adalah termasuk sekitar diantara dan di dalam kepulauan Indonesia menjadi satu kesatuan wilayah NKRI. 74. Jawaban : B Timor Leste merupakan bagian dari 17 Juli 1976 sampai 19 Oktober 1999. Timor Timur secara resmi merdeka menjadi negara Timur Leste pada 20 Mei 2012. 75. Jawaban : D Sulawesi Barat ialah provinsi pemekaran dari provinsi Sulawesi Selatan, terbentuk pada 5 Oktober 2004. 76. Jawaban : B Gunung Kinabalu terletak di Sabah, Malaysia dengan ketinggian 4,095 meter. Gunung ini merupakan gunung kelima tertinggi di Asia Tenggara. 77. Jawaban : D Sebelah utara : keadaan bergunung gunung titik tertingginya berada di Doi Inthanon (2.576 m) Sebelah timur : Hamparan khurat Sebelah tengah : lembah sungai Chao Phraya Sebelah selatan : semenanjung melayu 78. Jawaban : D Penduduk berjumlah hampir 5 juta jiwa. Sebagian besar penduduknya berasal dari suku Cina 77%, suku melayu 14% dan suku India 8%, suku lainnya 1%. 79. Jawaban : B Pakaian tradisonal Vietnam yang terlaris ialah Ao Dai yang dipakai untuk peristiwa khas seperti perkawinan dan pesta. 80. Jawaban : B Ciri khas penduduk asli Asia Tenggara yang mempunyai ras mongoloid : rambut hitam lurus kelopak mata yang unik berukuran lebih kecil dan pendek 81. Jawaban : B Myanmar : Ibu kota : Yangoon Bentuk negara : Republik Sosialis Kepala Negara : Presiden Kepala Pemerintah : Perdana Menteri Bahasa Nasional : Bima Mata uang : Kyat 82. Jawaban : A Hubungan antar negara ASEAN dalam bidang pendidikan ialah tukar pelajar, pendidikan pusat penelitian. 83. Jawaban : B Asia Selatan Afganistan Banglades Bhutan India Maladewa Nepal Pakistan Sri Lanka 84. Jawaban : D Ibu kota Jepang yaitu “Tokyo” 85. Jawaban : A Terusan sues berada di Mesir yang menyatukan antara Benua Afrika dan Benua Asia.

PENYELESAIAN MATEMATIKA 86. Jawaban : C Ahmad, Anton, dan Andri berenang bersama untuk kedua kalinya dapat dicari dengan KPK dari 12, 15 dan 20. Pembagi 12 15 20 4 3 15 5 3 1 5 5 5 1 1 1 KPK = 3 x 4 x 5 = 60 Jadi mereka bertiga brenang kedua kalinya setelah 60 hari kemudian dari tanggal 9 Mei 2013. 87. Jawaban : D Jumlah panti asuhan terbanyak yang dapat menerima sepatu, seragam dan tas sekolah dapat dicari dengan menghitung FPB dari 63, 84, dan 98. Pembagi 63 84 98 7 9 12 14 FPB = 7 88. Jawaban : C 3 Hasil dari 6.859 Cara : Abaikan tiga digit angka dari belakng, sehingga tersisa angka 6 Ambil bilangan kubik yang nilainya kurang dari 6 dan paling mendekati 6 yaitu 13 = 1 Ambil bilangan satu dari soal yaitu 9 93 = 729 (diambil satuannya saja, yaitu 9) 3 Diperioleh 6.859 = 19 89. Jawaban : D Ingat!!! 1 ha = 1 hm2 = 10.000 m2 1 dam2 = 100 m2 1 ca = 1 m 2 3,75 ha + 2,7 dam2 + 35 ca = 37500 m2 + 270 m 2 + 35 m2 = 37.805 m2 90. Jawaban : C Dik : s = 60 km V = 40 km/jam Dit : t…….? Jawab

t

s v

60 km 40 km/jam

 1,5 jam

91. Jawaban : A

Debit 

volume cairan waktu

Dik : v = 10 cm3 t = 5 detik Dit : debit ….? Jawab 3 10 cm D 5 detik = 2 cm3/detik 92. Jawaban : B

t

v 2400 dm 3   20 menit D 120 dm 3 /menit

93. Jawaban : A 42 dm 25 dm 56 dm

Super Bimbel GSC Si Pencetak Generasi Berprestasi

Halaman 9


Penyelesaian Soal Luas trapezium =

VI SD

jumlah sisi sejajar x tinggi

2 (42  56) x 25 = 2 =

98 x 25

2 = 49 x 25 = 1.225 dm 2 94. Jawaban : C 3 cm

4 cm 3 cm

2 cm

10 x 3 2

 12  15  27 cm2 95. Jawaban : A 10 cm 7 cm

=¾x

22

28 cm

x 28 x 28 7 = 1.848 cm 2 97. Jawaban : C Luas permukaan kubus

= = = =

6 x s2 6 x 152 6 x 225 1350 cm 2

98. Jawaban : C Bangun tersebut merupakan gabungan dari kubus dan balok Vgabungan = Vkubus + Vbalok = 53 + 15 x 5 x 5 = 125 + 375 = 500 cm3

Bangun di atas terdiri dari dua segitiga siku-siku yang sama besar dan sebuah trapesium. Sehingga luas bangun gabungan adalah … 2 (luas ) + L trapesium  4 x 3  (2  8) x 3  2  2  2 

 12 

96. Jawaban : C Daerah yang diarsir ¾ lingkaran L = ¾ x luas lingkaran = ¾ x  x r2

½ lingkaran

99. Jawaban : D Volume balok = p x l x t = 45 x 9 x 12 = 4.860 cm 3 100. Jawaban : C Volume balok : p x l x t Dik : P = 125 cm L = 75 cm t = 48 cm Dit : v Jawab V =pxlxt = 125 cm x 75 cm x 48 cm = 450.000 m 3

10 cm

Keliling lingkaran =  x d atau 2r K

= 10 + 7 + 10 +

= 27 +

= 27 +

1 2 1

1 2

. d

.d

.

22

2 7 = 27 + 11 = 38

.7

Super Bimbel GSC Si Pencetak Generasi Berprestasi

Halaman 10


Penyelesaian Soal

VII SMP

P ENYEL ES A IA N B A H A S A IND ONES IA 1.

2.

Jawaban : B Manfaat internet berdasarkan bacaan di atas adalah Mendapatkan informasi secara mudah dan cepat. Jawaban : C Sarana komunikasi zaman sekarang berdasarkan bacaan di atas adalah jauh mengalami kemajuan.

3.

Jawaban : D Berdasarkan bacaan di atas adalah masyarakat menggunakan telepon dengan mudah di wartel.

4.

Jawaban : A Berdasarkan bacaan di atas adalah masyarakat pedesaan lebih menyukai datang ke wartel karena mudah, murah, dan cepat.

5.

pedesaan

dapat

Jawaban : C Kesimpulan merupakan sebuah gagasan yang tercapai pada akhir pembicaraan. Dengan kata lain, kesimpulan adalah hasil dari suatu pembicaraan. Kesimpulan isi bacaan di atas adalah Teknologi telekomunikasi sebagai sarana komunikasi yang maju.

6.

Jawaban : C Latar dalam cerita dibedakan menjadi tiga : latar tempat, waktu, dan suasana. Latar cerita di atas adalah di pedesaan nelayan.

7.

Jawaban : D Watak adalah sifat yang dimiliki tokoh dalam sebuah cerita. Watak kucing dan anjing pada kutipan cerita di atas adalah setia.

8.

9.

Jawaban : A Amanat adalah pesan yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca. Amanat yang terkandung pada penggalan cerita di atas adalah hendaknya kita selalu setia pada majikan. Jawaban : C Amanat penggalan puisi di atas adalah perpisahan bukan merupakan akhir dari persahabatan.

10. Jawaban : A Makna kata bercengkrama pada puisi di atas adalah bersenda gurau.

11. Jawaban : B Kalimat yang tepat untuk melengkapi isi pantun di atas adalah Ketika kecil rajin belajar // Sesudah besar senanglah hati.

23. Jawaban : D Kalimat merupakan/adalah kalimat Simple Present. (S + V 1 (s/es)) . (I, you, they, we + V1), (He, she, it + V1 (s/es)) Mario  He + V1 (s/es) . drink  drinks 24. Jawaban : C Ekspresi Apologizing yang tepat untuk melengkapi kalimat adalah “I‟m sorry” 25. Jawaban : A Ekspresi gratitude yang tepat untuk merespon kalimat adalah “thanks” 26. Jawaban : A Pronoun dari Annisa adalah “she” 27. Jawaban : C Untuk menyeberangi laut kita butuh kapal  “ship” 28. Jawaban : B WH-Q yang digunakan untuk menanyakan alamat adalah “where” 29. Jawaban : D Kalimat adalah kalimat Present Continuous (S + tobe + V ing) to be  They  are + Ving  “are watching” 30. Jawaban : A Ekspresi capability yang tepat untuk merespon kalimat  “OK” 31. Jawaban : B Ekspresi incapability yang tepat untuk merespon kalimat adalah “sorry I can‟t” 32. Jawaban : C Ekspresi capable yang tepat untuk merespon kalimat adlaha “Yes I can” 33. Jawaban : C Kalimat adalah kalimat Simple Past Tense (non verbal) (S + to be + non verb) to be Dewi  was + Adj  “was angry” 34. Jawaban : B Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat adalah  “dislikes it”

12. Jawaban : A

35. Jawaban : A Preposition yang tepat untuk melengkapi kalimat adalah  “in”

13. Jawaban : D

36. Jawaban : D Orang yang selalu memberikan suntikan pada pasiennya  “doctor”

14. Jawaban : A

37. Jawaban : A Ekspresi capability yang tepat untuk merespon kalimat adalah  “OK”

15. Jawaban : B

38. Jawaban : B Article yang benar untuk melengkapi kalimat adalah “an”

Kalimat yang tepat untuk melengkapi sampiran pantun di atas adalah Asam kandis asam gelugur // Kedua asam siang riang.

Kalimat pembuka surat yang tepat adalah Kami mengharap kehadiran Bapak/Ibu wali murid pada :

Amanat yang terkandung dalam puisi tersebut adalah jasa seorang ibu tak ternilai.

Makna kata “Surga ada di telapak kakimu” pada puisi tersebut adalah berbakti pada ibu kita akan masuk surga.

16. Jawaban : A

Makna baris pertama pada bait puisi tersebut adalah sangat lama bermalasmalasan.

17. Jawaban : C

Kalimat yang tepat untuk melengkapi sampiran pantun di atas adalah Meski ilmu tinggi tegak // Tidak sembahyang apa gunanya.

18. Jawaban : B

Kalimat pertama dari pengumuman tersebut adalah Dimohon kewaspadaan masyarakat terhadap gelombang pasang.

19. Jawaban : B

Latar tempat pada kutipan bacaan tersebut adalah tepi pantai.

20. Jawaban : B

Isi surat undangan rapat tersebut ialah pembentukan pengurus baru LKMD.

P ENYEL ES A IA N B A H A S A INGGR IS 21. Jawaban : B Untuk memperkenalkan diri sendiri kalimat yang tepat adalah “My name is …” 22. Jawaban : C Response positif (good condition) untuk how are you adalah “fine”

Super Bimbel GSC Si Pencetak Generasi Berprestasi

39. Jawaban : C WH-Q yang digunakan untuk menanyakan pilihan yaitu  “which” 40. Jawaban : B to be yang tepat untuk melengkapi kalimat adalah  “are”

P ENYEL ES A IA N B IOL OGI 41. Jawaban : B Urutan langkah-langkah metode ilmiah : SGM MOPHEKU (Merumuskan masalah, Observasi, Pengumpulan data, Hipotesis, Eksperimen, Kesimpulan, Uji kesimpulan) 42. Jawaban : B Hipotesis (dugaan sementara) untuk masalah tersebut yang paling tepat adalah Tanaman bergerak mendekati cahaya. 43. Jawaban : C a. lensa okuler (lensa pada mata pengguna mikroskop) b. penghubung lensa okuler dan lensa objektif c. lensa objektif (lensa pada benda) d. kondensor (mengatur benda lebih dekat/jauh dari lensa objektif) e. diafragma (mengatur banyak sedikitnya cahaya)

Halaman 11


Penyelesaian Soal

VII SMP

44. Jawaban : D Untuk mengatur pencahayaan digunakan bagian adalah bagian (e) yaitu diafragma (mengatur banyak sedikitnya cahaya). 45. Jawaban : D Sistem klasifikasi 5 kingdom mahluk hidup meliputi monera, protista, fungi, plantae dan animalia. 46. Jawaban : C Fotosintesis merupakan ciri pada tumbuhan yang berklorofil saja. 47. Jawaban : C Mampu malakukan rangsangan.

Iritabilitas

artinya

mampu

menanggapi

48. Jawaban : B Makanan organisme berklorofil berbeda dengan makanan organisme yang tidak berklorofil karena organisme berklorofil memakan zat anorganik yang kemudian diubah menjadi zat organik. 49. Jawaban : A Fotosintesis menghasilkan zat berupa gula yang akan diubah menjadi amilum misalnya disimpan dalam bentuk buah. 50. Jawaban : A Hewan tergolong organisme heterotrof karena hewan tidak mampu menyusun zat organik dari zat anorganik

P ENYEL ES A IA N F IS IKA 51. Jawaban : A Besaran pokok adalah besaran yang ditetapkan dalam SI. Trik G2 “JIWA SMP” Jumlah zat (mol) Intensitas cahaya (candela) Waktu (sekon) Arus listrik (ampere) Suhu (kelvin) Massa (kilogram) Panjang (meter) 52. Jawaban : A Skala utama (atas) menunjukkan skala 1,3 cm Skala nonius (bawah) menunjukkan skala 3 x 0,01 cm = 0,03 cm SU = 1,3 cm SN = 0,03 cm + Jumlah = 1,33 cm 53. Jawaban : D Kompor listrik dan pemanggang kue menggunakan elemen panas. Alarm kebakaran dan sakelar pada setrika menggunakan bimetal. 54. Jawaban : C

40

m  s

40 1000 1 3600

km  144 km/jam jam

55. Jawaban : C 4 t oR  x toC 5 4  x 30 5

 24 o R 56. Jawaban : D Diketahui: L-0 = 20 m t = 45 – 0 = 45oC  = 1,1 x 10-5 Ditanya: L …? L = L0 x  x T = 20 x 1,1 . 10-5 x 45 = 0,0099 m x 1000 = 9,9 mm 57. Jawaban : B Dik : Lo = 3 m t = 30oC – 25oC = 5 oC  = 0,000001/oC Dit : Lt ……? Lt = Lo (1 +  . T) = 3(1 + 0,000001/oC . 5oC) = 3(1 + 0,000005) = 3(1,000005) = 3,000015 m.

Super Bimbel GSC Si Pencetak Generasi Berprestasi

58. Jawaban : B 9  t o F   xt o c   32 5 

9     (182,5)   32 5   328,5  32  296,5 59. Jawaban : B Besaran turunan adalah besaran yang diturunkan oleh besaran pokok. 60. Jawaban : C Syarat satuan : Bersifat tetap Berlaku secara internasional

P ENYEL ES A IA N KIM IA 61. Jawaban : A Karena basa adalah zat yang menghasilkan ion hidroksida (OH ) Garam adalah senyawa dari reaksi asam dan basa. 62. Jawaban : D Karena: ARURA  Asam Biru  Merah Dimana lakmus biru menjadi merah maka bersifat asam. 63. Jawaban : C Ketika pH = 7, maka netral pH < 7, maka asam pH > 7, maka basa 64. Jawaban : A Garam berasal dari air laut yang dipanaskan (penguapan) lalu dilakukan proses kristalisasi. 65. Jawaban : B Rumus molekul (RM)  Rumus kimia menyatakan jenis dan jumlah atom yang menyusun zat. Sedangkan Rumus empiris  Rumus kimia yang menyatakan perbandingan terkecil. Misal: RM : C2H4 RE : CH2 66. Jawaban : A Au = Aurum (emas) Ag = Perak Pb = Plumbum (timbal) Hg = Hidrargirum (raksa) Pt = Platina 67. Jawaban : C Karena ikatan antara logam dan non logam tidak ditambah awalan di, tri, tetra, dan lain-lain. 68. Jawaban : B Senyawa adalah zat tunggal yang tersusun dari beberapa unsur. Emas Au Oksigen O 1 Unsur Hidrogen H Asam asetat = CH3COOH Soda kue = NaHCO3 Sukrosa = C 12H22O11 Aspirin = C 9H8O4

Senyawa

69. Jawaban : C Sifat campuran: 1) Terbentuk tanpa melalui reaksi kimia 2) Perbandingan massa unsur dan senyawa tidak tetap 3) Tersusun dari beberapa unsur/senyawa 4) Sesuai dengan komponen penyusun campuran, sifat komponennya 5) Melalui proses fisika komponen penyusun campuran dapat dipisahkan 70. Jawaban : C Reaksi penggantian adalah bila satu unsur menggantikan unsur lain dalam satu senyawa.

Halaman 12


Penyelesaian Soal

VII SMP

P ENYEL ES A IA N P Kn 71. Jawaban : B Norma kesopanan adalah norma yang timbul dan diadakan oleh masyarakat itu sendiri untuk mengatur pergaulan sehingga masing-masing anggota masyarakat saling hormat menghormati. 72. Jawaban : B Makna proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia adalah sebagai dorongan dan rangsangan untuk mengisi dan mempertahankan kemerdekaan. 73. Jawaban : D Hak mengembangkan diri meliputi hak : pemenuhan kebutuhan dasar, meningkatkan kualitas hidup, memperoleh manfaat dari IPTEK, memperoleh informasi, dan melakukan pekerjaan sosial. 74. Jawaban : C Fungsi Komnas HAM dalam fungsi mediasi adalah: 1) Perdamaian kedua belah pihak 2) Menyelesaikan perkara melalui cara konsultasi, negosiasi, konsiliasi, dan penilaian ahli 3) Pemberi saran 4) Penyampaian rekomendasi atas suatu kasus pelanggaran HAM

86. Jawaban : B 42 42 : 21 2   147 147 : 21 7 87. Jawaban : B 1 1 1  11 1

9

1 1 1 1  10 9

1 1 

1 1

9 10

10 19

29 19

88. Jawaban : B 1 1 1 2 6 x 7 2 4 5

1 25 36  x 2 4 5 1 5 9 = 2  x 2 1 1 1 = 2 + 45 2 1 2 = 2 + 44 2 2 3 1 = 46 = 47 2 2 = 2

75. Jawaban : A Kemerdekaan mengemukakan pendapat adalah hak setiap warga negara untuk menyampaikan pikiran dengan lisan, tulisan, dan sebagainya secara bebas dan bertanggung jawab sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. 76. Jawaban : A Demonstrasi adalah kegiatan yang dilakukan oleh seorang atau lebih untuk mengeluarkan pikiran dengan lisan, tulisan, dan sebagainya secara demonstratif di muka umum. 77. Jawaban : D Norma hukum merupakan norma yang dianggap paling tegas karena bersifat memaksa dan sanksinya berupa ancaman hukuman yang isinya mengikat setiap orang. 78. Jawaban : C Nilai religius adalah nilai yang berhubungan dengan kepercayaan kepada Tuhan. 79. Jawaban : D Tujuan pokok dari hukum adalah terciptanya ketertiban.

89. Jawaban : D 2a2 + 5a – 5 + 3a2 + 6a – 7 = 5a2 + 11a – 12 90. Jawaban : A x(3x + 3y) – x(2x) + x(25y) = 3x2 + 3xy – 2x2 + 25xy = x2 + 28xy 91. Jawaban : B KPK 10x3y2 dan 20xyz 10x3y2 2

20xyz

5x3y2 x3

y2

2

10xyz 2

80. Jawaban : B Norma kesusilaan adalah peraturan hidup yang berasal dari suara hati sanubari manusia.

P ENYE L ES A IA N M A TEM A TIKA 81. Jawaban : B 45o – 40o = 5oC Suhu di Jepang 5oC

83. Jawaban : A

3a  3b  2 c

 9a

 5  ( 3)

b

3  ( 2)

c

4 1

 9a  2 b 5 c 3 

5

xyz x

yz y

z

10x3y2 = 2 . x3 . y2 20xyz = 22 . x . y . z KPK = 22 . 5 . x3y2 . z = 20x3y2z 92. Jawaban : A (a – b)2 – (a – b) (a + b) = a2 – 2ab + b2 – (a2 – b2) = a2 – 2ab + b2 – a2 + b2 = 2b2 – 2ab

82. Jawaban : D 11 + (16 : 4) x 2 = 11 + (4 x 2) = 11 + 8 = 19

27a 5 b 3 c 4

5xyz

9b 5 c 3

93. Jawaban : D Modal = 100 kg x Rp6.000,00 = Rp600.000,00 Keuntungan = Rp620.000,00 – Rp600.000,00 = Rp20.000,00

a2

84. Jawaban : C

900  25  3 27  30  5  3  28 85. Jawaban : A 85 85 x 8 680    0,68 125 125 x 8 1000

Super Bimbel GSC Si Pencetak Generasi Berprestasi

Persentase =

20.000 x 100% = 3,33% 600.000

94. Jawaban : A Harga beli 12 buah durian adalah: = Rp300.000,00 – Rp30.000,00 = Rp270.000,00 Rp270.000, 00 Modal 1 buah durian = = Rp22.500,00 12

Halaman 13


Penyelesaian Soal

VII SMP

95. Jawaban : B Besar tabungan awal = Rp75.000 Bunga 1 tahun 12% 6 12 Bunga selama 6 bulan = x Rp75.000 x 12 100 = Rp4.500 Jadi, uang Rio selama 6 bulan adalah: Rp75.000 + Rp4.500 = Rp79.500,00 96. Jawaban : C Penghasilan kena pajak = 1.000.000 – 400.000 = Rp600.000 Besar pajak penghasilan = 10% x Rp600.000 = Rp60.000 Besar gaji yang diterima oleh Ibu adalah: = Rp1.000.000 – Rp60.000 = Rp940.000 97. Jawaban : B 5x + 25 = 35 5x + 25 – 25 = 35 – 25 5x = 10 10 x= 5 x=2 98. Jawaban : A a + 12 = 40 a + 12 – 12 = 40 – 12 a = 28 99. Jawaban : A y+2>6 y+2–2>6–2 y>4

4

100. Jawaban : B x  1 2 x 2.  2.( 1) 2 x  2

Super Bimbel GSC Si Pencetak Generasi Berprestasi

Halaman 14


Penyelesaian Soal P ENYEL ES A IA N B A H A S A IND ONES IA 101. Jawaban : D Dalam berwawancara kita harus menggunakan bahasa yang sopan. Maka jawaban yang tepat adalah opsi yang D. 102. Jawaban : B Pertanyaan yang paling tepat untuk mewawancarai seorang guru yang telah berhasil mengantarkan timnya menjadi juara adalah opsi B. 103. Jawaban : C Kita memiliki kata tanya yaitu Berapa ADIK SIMBA  Berapa untuk menanyakan jumlah, Apa untuk menanyakan objek, Di mana untuk menanyakan tempat, Kapan untuk menanyakan waktu, Siapa untuk menanyakan orang, Mengapa untuk menanyakan alasan, Bagaimana untuk menanyakan cara dan keadaan. Kata when memiliki makna kapan. Maka kata tanya yang tepat adalah yang ketiga. 104. Jawaban : B Untuk memperjelas suatu laporan biasanya disajikan sebuah tabel maupun grafik. Maka jawaban yang tepat adalah opsi B. 105. Jawaban : D Tujuan dan masalah dalam sebuah laporan terdapat dalam bagian laporan berupa pendahuluan. 106. Jawaban : B Pada ilustrasi membahas perubahan listrik. Maka masalah yang dibahas adalah tentang perubahan energi. 107. Jawaban : A KM = Jumlah kata/waktu dalam menit KM = 630/ 1 ½ = 420 108. Jawaban : B KEM = p/q x r/Si x 60 KEM = 630/90 x 9/10 x 60 = 378 109. Jawaban : D Membaca memindai adalah membaca yang kita butuhkan saja. Contohnya membaca kamus, membaca buku telepon, dan membaca ensiklopedia. 110. Jawaban : C Pada ilustrasi di atas membahas tentang maksud surat atau isi dari surat. 111. Jawaban : A Bahasa yang digunakan dalam surat resmi harus sesuai dengan EyD. Kalimat penutup surat yang paling tepat adalah opsi yang A. 112. Jawaban : C Dalam penulisan surat resmi harus sesuai dengan EyD. Atas perhatiannya tidak boleh lagi digunakan, tetapi harus diganti dengan kata atas perhatian Bapak/Ibu. 113. Jawaban : C Penulisan alamat surat yang benar sesuai dengan EyD adalah opsi C. 114. Jawaban : B Petunjuk adalah tata cara dalam melakukan sesuatu. Dalam melakukan sesuatu haruslah berurutan. Urutan yang tepat adalah opsi B. 115. Jawaban : D Petunjuk adalah tata cara dalam melakukan sesuatu. Dalam melakukan sesuatu haruslah berurutan. Urutan yang tepat adalah opsi D. 116. Jawaban : A Masyarakat sentris adalah ciri dari sastra baru yaitu menceritakan tentang kehidupan masyarakat sedangkan sastra lama yang diceritakan adalah mengenai tentang kerajaan-kerajaan atau sering disebut istana sentris. 117. Jawaban : B Salah satu ciri sastra lama adalah anonim artinya tidak ada pengarang, karena tidak adanya pengarang inilah maka sastra tersebut dimiliki oleh semua masyarakat. 118. Jawaban : A Majas personifikasi adalah gaya bahasa di mana benda atau yang dibendakan selain manusia dapat bekerja layaknya manusia. Ciliwung menyindir menunjukkan bahwa puisi tersebut menggunakan majas personifikasi.

Super Bimbel GSC Si Pencetak Generasi Berprestasi

VIII SMP 119. Jawaban : B Urutan alur adalah eksposisi, komplikasi, klimaks, dan antiklimaks. Bagian puncak dari alur adalah klimaks. 120. Jawaban : C Kutipan di atas menunjukkan ayahnya memberikan kebebasan kepada anaknya dalam menentukan sesuatu. Hal ini menunjukkan bahwa tokoh ayah memiliki sifat demokratis.

P ENYEL ES A IA N B A H A S A INGGR IS 121. Jawaban : B “Could you” digunakan untuk meminta seseorang melakukan sesuatu. 122. Jawaban : D “Do you agree” untuk menanyakan pendapat. 123. Jawaban : A Kalimat perintah (Inf + O/C!) Maka jawabannya read. 124. Jawaban : B Setelah Did wajib diikuti V 1 125. Jawaban : C “Two days ago” menyatakan kejadian lampau, maka memakai V 2 “went” 126. Jawaban : A Ada kata “yesterday” berarti bentuk yang dipinta adalah “Past Tense”. 127. Jawaban : D Ada kata “as” menandakan yang dipinta adalah “as ____ as” 128. Jawaban : C Less Penggunaan Adj. dalam Comparison yaitu little – less – least. 129. Jawaban : D Menanyakan rencana atau kemungkinan di masa yang akan datang. 130. Jawaban : C “Will feel” 131. Jawaban : C “I will get” 132. Jawaban : A Dilhat dari respon “B” menunjukkan harapan pembicara “A”, agar pembicara “B” senang tinggal disitu „you are happy here”. 133. Jawaban : B Ada kata “but” menandakan menolak secara halus. 134. Jawaban : B Ada kata “every day” berarti memakai pola Simple Present. 135. Jawaban : A Setelah “Do/Does/Did” wajib diikuti V1. Bentuk infinitive dari “has” adalah “have”. 136. Jawaban : B Subjek terdiri dari 1 dan ada kata “every year” menandakan pola yang diminta adalah Simple Present. Karena subjek bukan orang ke-3 tunggal maka kata kerja tidak tambah huruf s. 137. Jawaban : B Setelah “speak” menandakan adverb/keterangan cara. 138. Jawaban : B Kata yang menerangkan kata kerja adalah Adverb. 139. Jawaban : C Pernyataan, “mungkin kita tidak perlu keluar malam ini” tersirat bahwa pada saat dibicarakan sedang berlansung turun salju : is snowing. 140. Jawaban : A Ada kata “Once a week” menandakan pola yang dipinta “Simple Present”.

Halaman 15


Penyelesaian Soal

VIII SMP

P ENYEL ES A IA N B IOL OGI 141. Jawaban : D Kecambah yang tumbuh di tempat yang gelap batangnya akan lebih panjang dari yang tumbuh di tempat yang terang karena adanya pengaruh cahaya matahari terhadap tumbuhan. Di dalam tubuh tumbuhan terdapat hormon auksin yang mempengaruhi pertumbuhan tinggi batang, apabila tumbuhan ditanam di tempat yang terang(ada cahaya) maka kerja auksin akan terhambat,sehingga batang kecambah akan tumbuh lambat/ pendek, kebalikannya apabila di tanam di tempat gelap. 142. Jawaban : B Uterus atau rahim merupakan tempat berkembangnya janin didalam tubuh perempuan sampai saat kehamilan. 143. Jawaban : D Fungsi rangka antara lain : a. tempat melekatnya otot-otot b. tempat pembentukan sel-sel darah c. penyokong dan penopang tubuh d. tempat penimbunan mineral e. alat gerak pasif f. memberi bentuk tubuh g. menopang tubuh 144. Jawaban : C Skoliosis adalah kelainan bentuk membengkok ke arah samping.

tulang

belakang

yang

146. Jawaban: B Vitamin dibedakan menjadi 2, yaitu a. Vitamin larut dalam air ( tidak di sintesis oleh tubuh), contohnya vitamin B dan C b. Vitamin larut dalam lemak ( dapat disintesis oleh tubuh), contohnya vitamin A,D,E,K. 147. Jawaban : A Protein dan karbohidrat memiiki energi yang sama besar yaitu 4,1 kal/gram nya. 148. Jawaban : D Pencernaan di dalam mulut terjadi secara mekanis dan kimiawi. Secara mekanis dengan menggunakan bantuan alat pencernaan seperti gigi dan lidah sedangkan secara kimiawi dibantu oleh enzim ptialin. 149. Jawaban : A Darah yang berasal dari serambi kanan pada saat berkontraksi akan masuk ke bilik kanan yang selanjutnya melalui arteri pulmonalis menuju ke paru-paru, lalu terjadi pertukaran udara,lalu darah akan kebali ke jantung bagian serambi kiri melalui vena pulmonalis. 150. Jawaban : C Atherosklerosis adalah Kelainan berupa pengerasan dan penyempitan pembuluh darah akibat endapan senyawa lemak.

P ENYEL ES A IA N F IS IKA 151. Jawaban : B Dik : F1 = 15 N (ke kiri) F2 = 10 N (ke kanan) Dit : R…..? Jawab

R

154. Jawaban : B Dik : W = 56,7 N g = 9,8 N/kg Dit : m….? Jawab W =m.g w m = g =

56,7 = 5,78 kg 9,8

155. Jawaban : A Dik : F = 300 N S = 5 cm Dit : W ….? Jawab W =F.S = 300 . 5 = 1500 J

145. Jawaban : D Sendi engsel adalah sendi yang di dapat digerakkan 2 arah, contohnya pada ruas – ruas jari.

F1

153. Jawaban : C Jika dua buah benda yang massanya berbeda dijatuhkan pada ketinggian tertentu maka akan mengalami massa tetap dan berat berkurang.

F2

156. Jawaban : A Dik : F = 100 N ℓb = 50 cm ℓk = 150 cm Dit :  ….? Jawab  . ℓb = ℓk . F  .F  = k b =

= 300 N 157. Jawaban : D Energi kimia adalah energi yang dimiliki oleh zat melalui reaksi kimia. Misal : energi kimia pada makanan dan minuman. 158. Jawaban : B Dik : m = 800 gram = 0,8 kg v = 5 m/s Dit : Ek ….? Jawab 1 Ek = mv2 2 1 = .(0,8)(5)2 2 = 10 Joule 159. Jawaban : C Dik : t = 6 enit = 360 sekon w = 720 J Dit : p….? Jawab w p t 7200   20 watt 360 160. Jawaban : B Hukum kekekalan energi menyatakan bahwa energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan, tetapi energi dapat berubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya sehingga bersifat tetap.

P ENYEL ES A IA N KIM IA

= F2 – F1 = 10 – 15 = -5 N

152. Jawaban : C Hukum I Newton : Bi;a resultan gaya-gaya yang bekerja pada benda nol atau tidak ada gaya yang bekerja pada benda, benda itu akan diam (tidak bergerak), atau akan bergerak lurus beraturan. Kecenderungan sebuah benda untuk mempertahankan sebuah benda untuk mempertahankan keadaan diam atau gerak lurusnya disebut inersia. Karena itulah hukum pertama newton sering disebut hukum inersia.

Super Bimbel GSC Si Pencetak Generasi Berprestasi

150 cm.100 N 50 cm

161. Jawaban : D Isi teori: a. John Dalton Atom merupakan bagian terkecil yang tidak dapat dibagi-bagi lagi. b.

J.J. Thomson Atom terdiri dari muatan positif dan negatif yang tersebar seperti roti kismis.

Halaman 16


Penyelesaian Soal

VIII SMP

c.

Neils Bohr Elektron bergerak mengelilingi inti pada lintasan tertentu yang disebut kulit atom.

d.

Rutherford Inti atom terdiri dari proton yang bermuatan positif dan neutron yang bermuatan netral.

yaitu terbuat dari bahan-bahan alami. Contoh: daun suji, kunyit, wortel, dll. b.

162. Jawaban : C Molekul adalah gabungan dari beberapa atom. Molekul dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu: a. Molekul unsur Yaitu gabungan atom-atom yang sejenis. Contoh: O3, N 2, Cℓ2 b. Molekul senyawa Yaitu gabungan atom-atom yang berlainan jenis. Contoh: CO2 dan NH3. Jadi, contoh molekul unsur pada soal = N 2, Br, O2 yang bukan molekul unsur = NH3 163. Jawaban : D Ion adalah atom yang bermuatan listrik. Ion dibedakan menjadi dua jenis, yaitu: a. Kation = atom yang bermuatan positif. Contoh: Na+, NH4+, Aℓ3+ b. Anion = atom yang bermuatan negatif. Contoh: Cℓ, F, SO42 Jadi, contoh kation pada soal Na+ 164. Jawaban : B Bahan kimia yang terdapat pada: a. Parfum = Geraniol (C10H18O) Citral (C10H16O) Amil salisilat (C7H6O3) b. Obat nyamuk = Aldirin (C12H8Cℓ16) Dieldrin (C 12H8Cℓ6O) Endrin (C12H8Cℓ6O) c. Bahan pemutih = Asam klorida (HCℓ) d. Pestisida = DDT (Dikloro Difenil Trikloroetana) C 14H9Cℓ5 165. Jawaban : C Reaksi pembuatan sabun disebut reaksi saponifikasi, dalam reaksinya: Lemak/minyak + NaOH  Sabun + gliserol Bahan baku

Produk

Jadi bahan baku pada soal = NaOH 166. Jawaban : C Dampak negatif penggunaan insektisida. Insektisida Hama Sisa racun masuk ke air Plankton Ikan kecil Ikan besar Manusia

Jadi, dampak negatif penggunaan insektisida adalah mencemari ekosistem perairan. 167. Jawaban : D Zat kimia buatan dapat digunakan sebagai pengawet, pemanis, penyedap, penguat rasa. Contoh: a. MSG (Monosodium Glutamat) adalah salah satu contoh zat kimia untuk penyedap. b. Natrium benzoat adalah salah satu contoh zat kimia buatan untuk pengawet. c. Asam cuka adalah salah satu contoh zat kimia untuk pengawet makanan. d. Aspartam adalah salah satu contoh zat kimia untuk pemanis. 168. Jawaban : B Bahan pewarna makanan dapat digolongkan menjadi: a. Bahan pewarna alami

Super Bimbel GSC Si Pencetak Generasi Berprestasi

Bahan pewarna buatan. yaitu terbuat dari bahan-bahan kimia. Contoh: tatrazine, sunset yellow, patent blue.

Jadi, yang termasuk contoh bahan pewarna alami : kunyit dan dan daun suji. 169. Jawaban : D MSG adalah bahan kimia yang ditambahkan pada makanan untuk menguatkan rasa (penyedap) makanan tersebut. Apabila MSG digunakan secara berlebihan maka akan menyebabkan terjadinya gangguan/kerusakan fungsi kerja sistem saraf. 170. Jawaban : B Hal-hal yang harus diperhatikan ketika mengkonsumsi bahan makanan dalam kemasan: a. memeriksa tanggal kadaluarsa b. memeriksa komposisi/kandungan bahan makanan c. memeriksa kemasan makanan d. memeriksa makanan tersebut sudah terdaftar di Departemen Kesehatan atau belum Jadi, pada soal di atas, memeriksa warna makanan tidak menjadi hal yang harus diperhatikan dalam mengkonsumsi makanan kemasan, karena belum tentu warna makanan yang masih bagus itu layak dikonsumsi, tetapi harus kita lihat tanggal kadaluarsanya.

P ENYEL ES A IA N P Kn 171. Jawaban : A Ideologi berasal dari bahasa Inggris idea yang berarti gagasan. 172. Jawaban : D Syarat-syarat ideologi: Mengandung nilai-nilai dasar Mengandung cita-cita yang ingin dicapai dan bersumber dari nilai riil (nyata) Bersifat terbuka 173. Jawaban : B Nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi bersifat objektif dan subjektif. 174. Jawaban : B Setiap warga negara, baik rakyat maupun pemerintah harus menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia merupakan nilai yang terkandung dalam Pancasila, sila ke-2 “Kemanusiaan yang adil dan beradab.” 175. Jawaban : C Karakteristik UUD 1945: Bersifat mengikat seluruh warga negara Berisi norma-norma, kaidah-kaidah, dan aturan-aturan, yang harus dilaksanakan dan ditaati Berfungsi sebagai sumber hukum bagi setiap produk hukum Dasar setiap tindakan pemerintah 176. Jawaban : B Periodesasi berlakunya UUD, dapat diuraikan menjadi lima periode yaitu: 1) 18 Agustus 1945 – 27 Desember 1949  UUD 1945 2) 27 Desember 1949 – 17 Agustus 1950  Konstitusi RIS 3) 17 Agustus 1950 – 5 Juli 1959  UUDS 1950 4) 5 Juli 1959 – 19 Oktober 1999  Kembali UUD 1945 5) 19 Oktober 1999 – Sekarang  Berlaku UUD 1945 (Hasil Amandemen) 177. Jawaban : C Penyimpangan terhadap UUD 1945 pada masa Orde Baru: MPR berketetapan tidak berkehendak dan tidak melakukan perubahan terhadap UUD 1945 MPR mengeluarkan TAP MPR No.IV/MPR/1983 tentang Referandum yang mengatur tata cara perubahan UUD. 178. Jawaban : A Bagian dari UUD 1945 yang tidak pernah diamandemen adalah pembukaan. 179. Jawaban : B Landasan sosiologis adalah pembentukan peraturan perundangundangan harus sesuai dengan kenyataan dan kebutuhan masyarakat.

Halaman 17


Penyelesaian Soal

VIII SMP

180. Jawaban : D Skematik proses pembuatan UU

189. Jawaban : B

(9x4 – 25y2) = (3x2 + 5y)(3x2 – 5y)

Proses Pembuatan UU

3 RUU dari Presiden

RUU dari DPR RI

RUU dari DPD

Dua Tingkat Pembicaraan

Disetujui DPR RI

Ditandatangani Presiden

Undang-Undang

3

5

190. Jawaban : C

5x (1  2x) 5x  10x 2   1  2x 5x 5x 191. Jawaban : A (2x + 5)(x – 3) = (2x2 – 6x + 5x – 15) = 2x2 – x – 15 192. Jawaban : C 2x2 – 5xy – 12y2 = (2x + 3y)(x – 4y) = 2x2 – 8xy + 3xy – 12y = 2x2 – 5xy – 12y 193. Jawaban : C

2x 2  3x  9 2

4x  9

P ENYEL ES A IA N M A TEM A TIKA

4x 2  7x  15

195. Jawaban : A

182. Jawaban : B 5x(2x – 3y) – 8x(2x – 5y)

196. Jawaban : A

183. Jawaban : B an : am = an-m

Rumus : Jadi :

5 3 4

8p q r

 4p 2 qr 2

2p 3 q 2 r 2

184. Jawaban : A (5x + 10x2)2

= (5x + 10x2)(5x + 10x2) = 25x2 + 50x3 + 50x3 + 100x4 = 100x4 + 100x3 + 25x2

185. Jawaban : A ( ½ a + 2b)2 = ( ½ a + 2b)( ½ a + 2b) = ¼ a2 + ab + ab + 4b 2 = ¼ a2 + 2ab + 4b2 186. Jawaban : A 3(2x – 3y) 2 = = = = 2(x + 2y)2

= = = =

3((2x – 3y) (2x – 3y)) 3(4x2 – 6xy – 6xy + 9y2) 3(4x2 – 12xy + 9y2) 12x2 – 36xy + 27y2 2((x + 2y) (x + 2y)) 2(x2 + 2xy + 2xy + 4y2) 2(x2 + 4xy + 4y2) 2x2 + 8xy + 8y2

Jadi 2(x + 2y)2 – 3(2x – 3y)2 = 2x2 + 8xy + 8y2 – (12x2 – 36xy + 27y2) = 2x2 + 8xy + 8y2 – 12x2 + 36xy – 27y2 = -10x2 + 44xy – 19y2 187. Jawaban : A 4x2 – 36y2 2x 2x +6y -6y

Jadi faktor dari 4x2 – 36y2 = (2x + 6y)(2x – 6y) 188. Jawaban : C 4x2y – 6xy3 Rumus :

(x  3)(2x  3) x 3  (2x  3)(2x  3) 2x  3

194. Jawaban : D

181. Jawaban : B 9x2 – 9x + 8y + 3 x2, x dan y = variabel 9, 9, 8 = koefisien 3 = konstanta 9x2, 9x, 8y, 3 = suku

= 10x2 – 15xy – 16x2 + 40xy = 6x2 + 25xy

-5

16x 2  25

(x  3)(4x  5) x 3  (4x  5)(4x  5) 4x  5

x 2  2x  3 (x  3)(x  1)   x 3 x 1 (x  1)

2 3 5

2 5 7 12

Daerah hasil (range) adalah (2, 5, 12) 197. Jawaban : C A

B

1 2 3 4

1 2 4 5

Domain (d.asal)

Kodomain (d.kawan)

Kodomain : {1, 2, 4, 5} 198. Jawaban : B Pemetaan (fungsi) adalah pemasangan tepat suatu anggota, domain ke anggota kodomain. Pada diagram panah I dan IV bukan fungsi karena terdapat anggota domain yang terdapat pasangan lebih dari satu di kodomain. Pada diagram III bukan fungsi karena terdapat anggota domain yang tidak memiliki pasangan. Jawaban yang tepat merupakan fungsi adalah diagram panah nomor II. 199. Jawaban : D F(x) = 3 – 5x F(4) = 3 – 5(4) = 3 + 20 = 23 200. Jawaban : B F(x) = 2x + 5, bayangan 7. F(x) : 2x + 5 = 7 2x = 7 – 5 2x = 2 2 x= 2 x=1 Jadi x = 1

an x am = an+m

Jadi 4x2y – 6xy3 = 2xy(2x - 3y2)

Super Bimbel GSC Si Pencetak Generasi Berprestasi

Halaman 18


Penyelesaian Soal PENYELESAIAN BAHASA INDONESIA 1.

Jawaban : B Ciri-ciri catatan harian sebagai berikut :  Berisi catatan tentang peristiwa sehari-hari  Merupakan rekaman pengalaman pribadi yang nyata  Menggunakan bahasa sehari-hari  Biasanya tercatat waktu, peristiwa yang dialami, dan lokasi kejadian Dari ilustrasi pada soal, kalimat yang sesuatu sebagai catatan harian adalah opsi B.

2.

Jawaban : C Citraan adalah penggambaran pengalaman yang berhubungan dengan benda, peristiwa, dan keadaan yang dialami penyair. Suasana yang tergambar dalam puisi pada soal adalah damai.

3.

Jawaban : B Maksud puisi tersebut adalah kesadaran seseorang yang harus belajar. Hal ini terlihat pada puisi di baris 8 dan 9.

4.

Jawaban : C Pidato merupakan salah satu bentuk komunikasi lisan. Bagian pokok pidato terdiri atas pendahuluan, isi, dan penutup. Isi pidato Frans yang tepat adalah opsi C.

5.

Jawaban : A Memo adalah pesan singkat merupakan jenis surat dinas yang dipakai intern dalam suatu lembaga terutama dari atasan kepada bawahan. Isi memo wali kelas yang sesuai ilustrasi adalah opsi A.

6.

7.

8.

9.

Jawaban : B Slogan berupa perkataan atau kalimat singkat yang menarik dan mudah diingat. Slogan yang sesuai dengan ilustrasi yaitu Satu pohon berjuta manfaat. Slogan tersebut dapat memotivasi masyarakat untuk menanam pohon. Jawaban : B Poster yang sesuai berdasarkan ilustrasi tersebut adalah poster pengumuman, yang bertujuan memberitahukan kepada khalayak ramai tentang sesuatu kegiatan yang akan diselenggarakan sehingga masyarakat mengikutinya. Maka, kalimat poster yang tepat adalah jangan biarkan nyamuk ada di sekitar kita. Jawaban : A Tajuk rencana merupakan karangan pokok dalam media cetak, seperti surat kabar atau majalah. Gagasan utama tajuk rencana tersebut adalah opsi A. Jawaban : A Fakta merupakan informasi yang memuat hal faktual atau nyata. Fakta dalam tajuk rencana tersebut adalah beberapa waktu setelah itu harga beras belum juga turun.

10. Jawaban : A Pendapat dalam tajuk rencana merupakan pendapat penulis pribadi. Dalam tajuk rencana tersebut, penulis berpihak kepada publik. 11. Jawaban : C Slogan berupa perkataan atau kalimat singkat yang menarik dan mudah diingat. Slogan yang sesuai ilustrasi tersebut adalah opsi C. 12. Jawaban : B Untuk menentukan isi yang benar dari sampiran pantun tersebut, kita harus memperhatikan dua hal, yakni bersajak ab – ab dan pemilihan kata harus berkaitan dan lazim.

IX SMP 16. Jawaban : C Nilai moral adalah nilai yang berhubungan dengan baik buruk yang diterima umum mengenai perbuatan, sikap, kewajiban, budi pekerti, dan sebagainya. Kalimat yang mengandung nilai moral tersirat dalam teks pada kalimat “Nyonya harus mempersilakan tamu Nyonya masuk, bukan memakinya.” 17. Jawaban : A Latar/setting adalah segala sesuatu yang mengacu pada keterangan mengenai waktu, tempat, dan suasana. Bukti latar waktu kutipan cerpen tersebut pada kalimat pertama. 18. Jawaban : A Sudut pandang adalah visi pengarang dalam memandang suatu peristiwa dalam cerita. Sudut pandang pada kutipan cerpen tersebut adalah orang pertama pelaku utama. 19. Jawaban : A Opini adalah pendapat, pikiran, atau pendirian seseorang terhadap suatu hal. Opini pada paragraf tersebut ditandai nomor 1. 20. Jawaban : C Kalimat iklan yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah opsi C. Kalimat tersebut benar karena di dalamnya mencantumkan merk motor yang hendak dijual. Sedangkan kalimat lainnya tidak mencantumkan merk motor yang akan dijual tersebut. Opsi B bukan dibutuhkan tetapi dijual.

PENYELESAIAN BAHASA INGGRIS 21. Jawaban : A Menandakan menanyakan kepastian. 22. Jawaban : A Menandakan kesetujuan. 23. Jawaban : B “agree to” menandakan membenarkan/setuju pendapat lawan bicara. 24. Jawaban : D “that l‟ve met” menandakan yang “paling” dari “yang pernah kutemui”. 25. Jawaban : A Positive degree untuk dua benda. 26. Jawaban : B Better merupakan irregular adj untuk comparison degree yang akan diikuti dengan than. 27. Jawaban : D Kata “likes” menandakan “simple present” kalimat berbentuk positif dan subjek orang ke-3 tunggal maka jawaban E. 28. Jawaban : B I am maka tagsnya aren‟t I. 29. Jawaban : C “There are” maka tagsnya “aren‟t there”. 30. Jawaban : D __________, diikuti oleh 2 tipe “neither aux subject” atau “subject aux + not either”. 31. Jawaban : D Pola yang diminta adalah “so aux subject”.

13. Jawaban : A Rima bebas adalah bunyi rima di akhir sajak yang tidak terikat oleh pola tertentu.  Puisi (A) berima akhir u – a – i – u  Puisi (B) berima akhir a – a – u – u  Puisi (C) berima akhir a – u – a – u  Puisi (D) berima akhir u – u – a – a Jadi, puisi yang berima bebas adalah puisi A.

32. Jawaban : B Bentuk contradiktif memakai pola “but subject aux not”

14. Jawaban : A Rumusan masalah berisi pertanyaan. Rumusan masalah cirinya singkat, jelas, dan tidak boleh keluar dari topik yang teliti atau dibahas. Jadi, rumusan masalah karya ilmiah yang sesuai tema pada soal adalah opsi A.

35. Jawaban : C Setelah “learn” diikuti “to inf”.

15. Jawaban : A Citraan adalah daya khayal yang diciptakan pengarang. Citraan pada bait pertama yaitu penglihatan tentang perkembangan bunga.

Super Bimbel GSC Si Pencetak Generasi Berprestasi

33. Jawaban : B Setelah “asked” diikuti “to inf”. 34. Jawaban : C Setelah “plans” diikuti “to inf”.

36. Jawaban : B Setelah kata H3xML (have/has/had, make, let) diikuti “inf”, setelah cowgatell (command, order, want, get, ask, tell) diikuti oleh “to inf” (jika berupa kalimat aktif). 37. Jawaban : A Menunjukkan dampak / akibat.

Halaman 19


Penyelesaian Soal

IX SMP

38. Jawaban : D Menunjukkan pertentangan/ menggunakan “but (tetapi)”

kontradiktif,

maka

harus

39. Jawaban : C Setelah adjective biasa diikuti “to inf”. 40. Jawaban : A Setelah modal (must, should, will, etc) harus diikuti inf.

52. Jawaban : C Dik : m = 158 gr = 158.10-3 kg V = 40 ml – 20 ml = 20 ml = 20.10-6 m 3 Dit : Jenis benda yang diukur …? m  V

PENYELESAIAN BIOLOGI

20.10

3

6

kg

m3

 7.900 kg/m 3 Jadi, berdasarkan pengukuran, maka benda tersebut adalah besi.

41. Jawaban : A Bagian yang berlabel x adalah glomerolus yang merupakan tempat terjadinya proses penyaringan darah (filtrasi). 42. Jawaban : B Urine primer dihasilkan oleh glomerolus melalui filtrasi sedangkan urin sekunder terbentuk di tubulus kontortus proksimal melalui proses reabsorpsi. 43. Jawaban : B TG2 : MR.KP.Bebas = disentuh, panas, dingin, ditekan, sakit. Meissner menerima rangsangan sentuhan, Ruffini menerima rangsangan panas, Krause menerima rangsangan dingin, Paccini menerima rangsangan tekanan, dan sel saraf bebas untuk rasa sakit. 44. Jawaban : D Didaerah perkotaan dengan kepadatan penduduk yang tinggi memiliki berbagai macam masalah terhadap pencermaran. Misalnya pencemaran air dan udara. Pencemaran air dapat diatasi dengan cara melakukan tritment terlebih dahulu terhadap limbah yang akan dibuang sedangkan pencemaran udara dapat diatasi dengan cara membuat taman kota atau pun melakukan reboisasi tumbuhan pada jalan-jalanan kota. 45. Jawaban : D Nomor 1 = ovarium, nomor 2 =oviduk, nomor 3 = ovum, nomor 4 = uterus, nomor 5 = servik. 46. Jawaban : D Bioteknologi konvensional merupakan bioteknologi yang menggunakan teknologi tradisional contohnya tempe, roti, alkohol, yoghurt, keju dan lainnya. Insulin merupakan produk hasil bioteknologi modern. 47. Jawaban : C Yoghurt merupakan minuman hasil fermentasi susu menggunakan bakteri Lactobacillus bulgarius. Bakteri yang di manfaatkan mampu mendegradasi protein dalam susu menjadi asam laktat. Proses degradasi ini disebut fermentasi asam laktat dan hasil akhirnya dinamakan yoghurt. 48. Jawaban : D Genotipe tumbuhan mangga tersebut = BbMm, untuk menghitung jumlah gamet dapat digunakan rumus 2n, dimana n = alel heterozigot. Sehingga jumlah gametnya adalah 2 2 = 4 gamet yang terdiri dari BM, Bm, bM dan bm. 49. Jawaban : A G.J Mendel pernah melakukan penelitian untuk mengetahui penurunan sifat dari induk kepada keturunannya dengan menggunakan tanaman kacang ercis. Lalu, dia membuat hukum Mendel I berbunyi, “peristiwa pembentukan sel gamet dua gen yang berpasangan akan diturunkan secara bebas pada keturunannya melalui gamet.” Inilah yang membuat ahli biologi yang lain mengikuti jejaknya dalam teori pewarisan sifat.

53. Jawaban : A Dik : Tair = 800C, Ces = 0,5 kal/gr 0C m = 100 gram, Cair = 1 kal/gr 0C 0 Tes = -5 C, L = 80 kal/gram Dit : Q … ? proses B ke D Proses dari B ke D adalah proses dari lebur untuk menaikkan suhu air dari 00C – 800C sehingga T = 800C – 0 = 800C. Maka : Q = Qlebur + Qair = m . L + m . C . T = 100 . 80 + 100 . 0,5 . 80 = 8000 + 4000 = 12.000 kalori 54. Jawaban : B Sebelum kaca digosok dengan kain sutra. Keduanya tidak bermuatan listrik. Setelah digosok dengan kain sutra maka kaca bermuatan positif. Hal ini disebabkan elektron berpindah dari kaca ke kain sutra. Kain sutra menjadi kelebihan elektron, sehingga kain sutra bermuatan negatif. 55. Jawaban : B Persaman cepat rambat gelombang ;

v

t = cepat rambat gelombang (m/s_ = panjang gelombang (m) = periode gelombang (s) : Dari gambar di soal 1 - Jumlah gelombang (n) = 1 gelombang 2 - t = 3 sekon Dit : V….? Jawab  periode gelombang (T) adalah : t 3 T   2 sekon 1 n 1 2  Panjang gelombang () adalah : 1 1   12 m 2 3  12 m 2 2   x12 3 8 m 

Cepat rambat  8 V    4 m/s T 2 Trik G2 : x 12 V   4 m/s t 3 56. Jawaban : C

A

150 W

10 W 15 W

PENYELESAIAN FISIKA

V  T Dik

50. Jawaban : C Adaptasi fisiologi adalah penyesuaian diri terhadap lingkungan yang berhubungan dengan fungsi alat-alat tubuh.

51. Jawaban : B Besaran pokok ditetapkan dalam SI. Tabel besaran pokok Besaran Satuan Panjang meter Massa kilogram Waktu sekon (detik) Suhu Kelvin Kuat arus Ampere

158.10

20 W

B

75 W

Rangkaian pararel : 1 1 1   R p 150 75

1 12 30   Rp 150 150 Simbol m kg s K A

Alat ukur Mistar Neraca Stopwatch Termometer Ammeter

Super Bimbel GSC Si Pencetak Generasi Berprestasi

Rp 

150  50Ω 3

Rangkaian seri : R5 = 10 + 15 + 50 + 20 = 95 W Jadi hambatan penggantinya adalah 95 W

Halaman 20


Penyelesaian Soal

IX SMP

57. Jawaban : B Energi listrik : W=VxIxt = 220 x 0,5 x 600 = 66.000 j 58. Jawaban :C Dik : S = 60 cm f = +180 cm Dit : S'…….? Jawab 1 1 1   f s s' 1 1 1   180 60 s' 1 1 1 13    s' 180 60 180 1 2  s' 180 S' = -90 cm (bayangan maya dibelakang cermin) 59. Jawaban : D Sumber energi adalah aki (bahan kimia), kemudian diubah menjadi listrik untuk menggerakkan mobil. 60. Jawaban : B Hk. Kirchaff : “Jumlah kuat arus listrik yang masuk ke suatu titik percabangan sama dengan jumlah kuat arus yang keluar dari titik percabangan tersebut” Imasuk = Ikeluar Dari gambar di soal, maka : Imasuk = Ikeluar I1 + I4 = I2 + I3 + I5  (I1 = I3) I3 + I4 = I2 + I3 + I5 I4 = I2 + I5 = 3A + 4A = 7A

PENYELESAIAN EKONOMI 61. Jawaban : D Uang kartal adalah uang yang terdiri atas uang kertas dan uang logam yang merupakan uang yang sah sebagai alat tukar menukar karena telah diakui dan dilindungi oleh UU dan pemerintah. 62. Jawaban : B Pemindahbukuan sejumlah uang dari rekening satu ke rekening lain dalam bank yang sama dapat dilakukan melalui bilyet giro. Karena sistem bilyet giro adalah pemindahbukuan antar rekening bagi nasabah yang mempunyai simpanan sejumlah uang berupa giro. 63. Jawaban : C Kemampuan rupiah ditukarkan dengan mata uang asing disebut dengan nilai eksternal. Sedangkan nilai internal adalah kemampuan nilai rupiah untuk ditukarkan dengan barang dan jasa. 64. Jawaban : A  Nilai intrinsik adalah nilai bahan pembuat uang  Nilai nominal adalah nilai yang tertera di dalam mata uang tersebut  Nilai eksternal adalah kemampuan nilai uang untuk ditukar dengan mata uang asing  Nilai internal adalah kemampuan nilai uang untuk ditukar dengan barang/jasa 65. Jawaban : B Kebijakan-kebijakan pemerintah untuk mengatur peredaran uang adalah :  Operasi pasar terbuka  menjual atau membeli surat-surat berharga untuk mengatur jumlah uang beredar.  Politik diskonto  menaikkan / menurunkan tingkat suku bunga 66. Jawaban : A Perdagangan luar negeri atau disebut dengan perdagangan internasional dapat terjadi salah satu penyebabnya adalah perbedaan harga. 67. Jawaban : A  Ekspor adalah kegiatan menjual barang ke luar negeri  Impor adalah kegiatan mendatangkan / membeli barangbarang dari luar negeri.  Eksportir adalah pelaku kegiatan ekspor  Importir adalah pelaku (orang) kegiatan impor barang

Super Bimbel GSC Si Pencetak Generasi Berprestasi

68. Jawaban : B Jenis-jenis perdagangan internasional :  Bilateral  perdagangan yang terdiri atas 2 negara, misalnya: Indonesia – Jepang.  Multilateral  perdagangan yang lebih dari 2 negara, misalnya : OPEC. 69. Jawaban : D Kegiatan membeli / mendatangkan barang-barang dari luar negeri / negara lain disebut impor. 70. Jawaban : B Neraca perdagangan adalah suatu daftar yang berisi perbandingan antara besarnya nilai ekspor dan nilai impor dari suatu negara dalam kurun waktu satu tahun.

PENYELESAIAN IPS 71. Jawaban : B Blok sekutu yang terlibat dalam perang dunia II adalah : Jerman, Italia, dan Jepang. 72. Jawaban : A Paham kebangsaan negara sekutu : Jepang : Hakko Ichi-u Jerman : Libensraum Italia : italia Irredenta 73. Jawaban : B Perjanjian San Fransisco tanggal 8 September 1945. Perjanjian ini berisi hal-hal antara lain :  Untuk sementara waktu Jepang di bawah pengawasan AS  Pulau Kurile dan Sakhalin diserahkan kepada Rusia  Manchuria dan Taiwan diserahkan kepada Tiongkok  Pengadilan terhadap pejahat perang  Jepang harus membayar kerugian perang 74. Jawaban : D Pengelompokkan negara berkembang dan negara maju didasarkan pada tingkat kesejahteraan atau keberhasilan pembangunan. 75. Jawaban : B Kegiatan ekonomi negara maju mengembangkan sektor industri dan jasa yang mendorong pendapatan per kapita tinggi. 76. Jawaban : C Negara maju di kawasan Asia antara lain Jepang, Singapura, Korea Selatan. Singapura salah satu negara yang disebut Macan Asia. 77. Jawaban : B Pemerintah penduduk militer Jepang membentuk Putera pada tanggal 1 Maret 1943. pemimpin Putera dikenal dengan Empat Serangkai yang terdiri atas Ir. Soekarno, Moh. Hatta, Ki Hajar Dewantara, dan K.H. Mas Mansyur. 78. Jawaban : D Dengan berbagai upaya, baik melalui agresi militer maupun jalur perundingan Belanda ingin menjadikan Indonesia sebagai jajahan kembali. Upaya Belanda tersebut didukung Inggris dan Australia. 79. Jawaban : C Sebuah perundingan di atas USS Renville di Teluk Jakarta dimulai tanggal 8 Desember 1947. delegasi Indonesia dipimpin perdana menteri Amir Syarifuddin dan wakil ketua Ali Sastroamidjojo sementara delegasi Belanda dipimpin oleh Abdul Kadir Widjoyoadmodjo dan wakil ketua Van Vredenburgh. 80. Jawaban : D Pada tanggal 10 November 1946 pemerintah Indonesia dan Belanda mengadakan perundingan Linggarjati, hasilnya adalah : 1) Belanda mengakui kedaulatan RI secara de facto atas Jawa, Madura, dan Sumatera. 2) RI dan Belanda akan bekerja sama membentuk Republik Indonesia Serikat yang salah satu bagiannya adalah Republik Indonesia. 3) Republik Indonesia Serikat dan Belanda akan membentuk Uni Indonesia – Belanda, dengan Ratu Belanda sebagai ketuanya.

PENYELESAIAN MATEMATIKA 81. Jawaban : D 1 1 32  31  2  3 3 1 1   9 3

Halaman 21


Penyelesaian Soal 1 3  9 9 4  9 

82. Jawaban : D a = 10 b = 12 – 10 = 2 n = 15 Un = a + (n – 1)b U15 = 10 + (15 – 1)2 = 10 + 14 . 2 = 10 + 28 = 38 83. Jawaban : B Perbandingan = 5 : 3 3 Kelereng Egi = x 40 = 15 8 5 Kelereng Ega = x 40 = 25 8 Selisih kelereng mereka : 25 – 15 = 10 84. Jawaban : D

3 2 x 6  3 12  3 4x3  3.2 3 6 3 85. Jawaban : A

1 (3x – 2)(3x + 9) 3 1 = (3x – 2) 3.(x + 3) 3 = (3x – 2)(x + 3)

3x2 + 7x – 6 =

86. Jawaban : C Bunga selama 6 bulan Bulan = Rp 1.672.000 – 1.600.000 = Rp 72.000 Bunga selama 1 tahun 72.000 x 12 = 144.000 6 Persentase bunga/tahun : 144.000 x 100% = 9% 1.600.000 87. Jawaban : A 4 1 (x – 4) = 4 + x  kedua ruas x 10 5 2 5x – 20 = 40 + 8x 5x – 8x = 40 + 20 -3x = 60 x = -20 88. Jawaban : B A = {x | x < 10, x  bilangan prima} Maka A = {2, 3, 5, 7} B = {x | 1 < x < 10, x  bilangan ganjil} Maka B = {3, 5, 7, 9} A  B = {3, 5, 7} 89. Jawaban : B 2x + 6y = 7 6y = -2x + 7 2 7 y x 6 6 1 7  x 3 6 1 m 3 90. Jawaban : D A (-5, 0) B (3, 8) x1, y1 x2, y2 y  y1 x  x1  y 2  y1 x 2  x1

y  0 x  5  8  0 3   5 y x 5  8 8 8y = 8x + 40

Super Bimbel GSC Si Pencetak Generasi Berprestasi

IX SMP y=x+5 -x + y = 5 91. Jawaban : B

A

C

R

70

70

65

45 B

Q

65

45 P

AC dan QR sama panjang 92. Jawaban : C 2x + 3x = 180 5x = 180 x = 36 PQS = 2x = 2 x 36 = 72 93. Jawaban : C

sisi miring  9 2  12 2  81  144  225  15 94. Jawaban : A 1 Lsegitiga = x 5 x 12 = 30 cm2 2 1 1 Ltrepesium = t (a + b) = 4 (20 + 26) = 92 cm2 2 2 Larsiran = (30 + 30 + 92) cm2 = 152 cm2 95. Jawaban : A

a x  r2 360 45 22 = x x 14 x 14 360 7 = 77 cm2

Luas juring =

96. Jawaban : A Sisi alas = 40 : 4 = 10 1 V= x Luas alas x t 3 1 = x (10 x 10) x 12 3 = 400 cm 3 97. Jawaban : B

Data ke20  Data ke21 2 67  2 13  2  6,5

Mediannya 

98. Jawaban : A Mata dadu berjumlah 8 = (2,6), (3,5), (4,4), (5,3), (6,2) ada 5 kemungkinan. n8 5 P8   n5 36 99. Jawaban : C f(x) = 3x – 2 f(a) = 3a – 2 = 13 3a = 13 + 2 3a = 15 a=5 100. Jawaban : C x – 3y = 1 x – 2y = 2 -y = -1 y=1 x – 2y = 2 x – 2(1) = 2 x=2+2 x=4 2x – 5y = 2(4) – 5(1) =8–5 =3

Halaman 22


Penyelesaian Soal

X SMA IPA 3.

P ENYEL ES A IA N B A H A S A INGGR IS 1.

Jawaban : A Setelah “do/does/did” wajib diiukuti V I.

2.

Jawaban : E “In the living room” adalah kalimat nonverbal (bukan kata kerja) sehingga memakai “to be”, dan “every morning” menandakan pola kalimat yang dipinta adalah “simple present”.

3.

Jawaban : D Membuat kita berpikir akan keadaan sekarang (“bau apa ini?”), sehingga kita memakai pola kalimat present continuos „is cooking”

4.

Jawaban : A Kata “since” menandakan “semenjak” berarti pola yang dipinta adalah “present perfect continuous”.

5.

Jawaban : B Kalimat “A” memakai pola “present perfect”.

6.

Jawaban : E Ada kata “last night”, berarti kejadian lampau. Bentuk lampau dari “take” adalah “took”.

7.

Jawaban : C “three days ago” menandakan kejadian lampau.

8.

Jawaban : B Menandakan meminta maaf “i‟m sorry”.

9.

Jawaban : D Bentuk jamak dari “loaf” (seiris) adalah “loaves”.

10. Jawaban : B Dalam kalimat positif, maka yang lebih tepat adalah opsi B. 11. Jawaban : D Untuk uncountable noun. Pilihan yang paling tepat “a lot of”. 12. Jawaban : D Menyatakan nasihat/saran. “I suggest you....” 13. Jawaban : D Kalimat dalam tanda petik (kalimat langsung) berbentuk “simple present” sehingga jika tidak diubah ke bentuk tidak langsung, berubah menjadi “simple past”. 14. Jawaban : D Kalimat langsung berupa eklamasi larangan, maka jawaban D (pola to Infinitive). 15. Jawaban : C “regulation” menandakan “aturan” sesuatu yang harus dipenuhi, sehingga pola kalimat “obligation” paling tepat untuk dipakai. 16. Jawaban : C Ketika objek 1 dimensi maka memakai “on”. 17. Jawaban : D Untuk bulan memakai “on” untuk tahun memakai “in” (jika dalam penulisan lengkap). 18. Jawaban : A Menandakan comparative (perbandingan 2 benda). Handsome  more/the most 19. Jawaban : D Menandakan certainty/keyakinan. 20. Jawaban : A Setelah “prefer‟ diikuti “to infinitive”.

P ENYEL ES A IA N B IOL OGI 21. Jawaban : E Karakteristik Metode Ilmiah adalah : 1. Bersifat Kritis dan analitis, artinya metode menunjukan adanya proses yang tepat untuk mengidentifikasi masalah dan menentukan metode untuk pemecahan masalah. 2. Bersifat logis, artinya dapat memberikan argumentasi ilmiah. Kesimpulan yang dibuat secata rasional berdasarkan buktibukti yang tersedia.

Super Bimbel GSC Si Pencetak Generasi Berprestasi

4. 5.

Bersifat objektif, artinya dapat dicontoh oleh ilmuwan lain dalam studi yang sama dengan kondisi yang sama pula. Bersifat konseptual, artinya proses penelitian dijalankan dengan pengembangan konsep dan teori agar hasilnya dapat dipertanggungjawabkan. Bersifat empiris, artinya metode yang dipakai didasarkan pada fakta di lapangan.

22. Jawaban : A Bakteri yang digunakan untuk memisahkan tembaga dari berbagai campuran logam adalah Thibacillus feroxidans. Bakteri ini termasuk bakteri kemolitotrof, yaitu salah satu bakteri yang mampu memisahkan logam dari bijihnya. Bakteri ini hidup dari sat anorganik, seperti besi dan belerang, dan memperoleh energi dari pemecahan bahan kimia tersebut. 23. Jawaban : E Jamur yang terdapat pada gambar adalah jenis jamur Penicillium notatum yang dapat menghasilkan antibiotik penisilin. Jamur ini ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang ilmuwan bernama Alexander Flemming.

Gambar : Penicillium notatum 24. Jawaban : C Bakteri nitrifikasi adalah kelompok bakteri yang mampu menyusun senyawa nitrat dari senyawa amonia yang berlangsung secara aerob di tanah. Bakteri nitrifikasi melakukan 2 tahap besar, yaitu nitritasi dan nitratasi. 1. Nitritasi : Oksidasi amonia menjadi nitrit oleh bakteri Nitrosomonas dan Nitrosococcus. 2. Nitratasi : Oksidasi senyawa nitrit menjadi nitrat oleh bakteri Nitrobacter. 25. Jawaban : A Bakteri Streptococcus adalah bakteri gram positif yang khasnya berbentuk bulat berpasang-pasangan membentuk rantai selama pertumbuhannya. 26. Jawaban : C Pembuatan yogurt menerapkan prinsip ilmu bakteriologi dan bioteknologi. Penerapan bakteriologi dalam pembuatan yogurt karena untuk membuat yogurt harus memanfaatkan bakteri Lactobacillus casei dan Streptococcus lactis untuk melakukan proses fermentasi susu. Penerapan ilmu bioteknologi karena bioteknologi adalah suatu ilmu pemanfaatan mikroorganisme untuk menghasilkan produk atau jasa bagi kehidupan manusia. 27. Jawaban : A Gambar tersebut adalah gambar jamur jenis Rhizophus. Jamur Rhizophus termasuk dalam jamur kelas Zygomycetes. Jamur ini adalah jenis jamur yang digunakan untuk membuat tempe (Rhizophus oligosporus) dan terdapat juga pada roti yang sudah basi (Rhizophus stolonifer) Rhizophus mempunyai 3 tipe hifa yaitu: 1. Stolon, hifa yang membentuk jaringan pada permukaan substrat. 2. Rhizoid, hifa yang menembus substrat dan berfungsi sebagai jangkar untuk menyerap makanan. 3. Sporongiofor, hifa yang tumbuh tegak pada permukaan substrat dan memiliki sporangium globuler di ujungnya. 28. Jawaban : A 1. Nostoc ; Jenis ganggang hijau-biru (alga) yang tumbuh subur saat sawah yang terendam pada musim hujan dan menfiksasi N2 dari udara sehingga membantu penyediaan nitrogen untuk menyuburkan tumbuhan padi. 2. Anabaena azonalle ; Jenis ganggang hijau-biru (alga) yang hidup bersimbiosis dengan Azolla pinata (paku air). Aku ini dapat menfiksasi Nitrogen (N2) di udara dan mengubahnya menjadi amoniak (NH 3) yang tersedia bagi tanaman. 29. Jawaban : B 1. Penyakit Gonorhoe (Kencing nanah) adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae yang menginfeksi lapisan dalam uretra, leher rahim, rektum, tenggorokan, dan bagian putih mata (konjungtiva). 2. Penyakit TBC (Tuberculosis) adalah penyakit menular umum yang disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium

Halaman 23


Penyelesaian Soal

X SMA IPA

tuberculosis. Bakteri ini menyerang paru-paru dan bagian 3.

organ lainnya. Penyakit Sifilis adalah infeksi menular seksual disebabkan bakteri spiroset Treponema pallidum.

yang

30. Jawaban : B Ketiga jenis jeruk di atas termasuk dalam 1 kelompok yang sama pada tingkat genus, karena ketiganya adalah genus Citrus.

C = m/s

2

43. Jawaban : C HP = SU + SN = 6,1 cm + 0,8 mm = 6,1 cm + 0,08 cm = 6,18 cm 44. Jawaban : B

31. Jawaban : D Pembahasan : faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar tubuh makhluk hidup atau faktor lingkungan yang mempengaruhi makhluk hidup itu sendiri. Contoh faktor eksternal, yaitu air, kelembapan udara, suhu, intensitas cahaya matahari, unsur hara, oksigen. 32. Jawaban :B Dalam tingkatan taksonomi, semakin dekat hubungan kekerabatan makhluk hidup maka semakin banyak pula persamaan ciri-ciri antara makhluk hidup itu sendiri. 33. Jawaban : A Virus merupakan makhluk peralihan dimana virus dapat digolongkan sebagai benda mati karena dapat disaring dan di kristalkan, dan digolongkan makhluk hidup karena mampu berkembang biak. 34. Jawaban : E Virus memiliki ciri-ciri utama yaitu hanya dapat hidup di jaringan yang hidup pada tubuh makhluk hidup, cara mengembang biakkan virus antara lain menggunakan medium embrio ayam hidup. 35. Jawaban : C Tg2. Urutan makhluk hidup dari tinggi ke rendah yaitu KiFiKOFaGeS, maka urutan makhluk hidup dari rendah ke tinggi yaitu Spesies, Genus, Famili, Ordo, Kelas, Filum, dan Kingdom. 36. Jawaban : D Rhizopoda merupakan protozoa yang bergerak menggunakan kaki semu atau yang disebut pseudopodia, contohnya adalah Amoeba sp. 37. Jawaban :A Makhluk hidup yang dimasukkan dalam kerajaan Protista memiliki sel eukariotik. Protista memiliki tubuh yang tersusun atas satu sel atau banyak sel tetapi tidak berdiferensiasi. Protista umumnya memiliki sifat antara hewan dan tumbuhan. Kelompok ini terdiri dari Protista menyerupai tumbuhan (ganggang), Protista menyerupai jamur, dan Protista menyerupai hewan (Protozoa, Protos: pertama, zoa: hewan). 38. Jawaban : E Monera adalah Kingdom makhluk hidup yang tidak memiliki membran inti, biasanya disebut organisme prokariot.Meskipun tidak memiliki membran inti, kelompok monera memiliki bahan inti, seperti asam inti, sitoplasma, dan membran sel. Nah organisme yang tergolong ke dalam kingdom monera itu sendiri adalah Bakteri dan Alga Biru. 39. Jawaban :C Tubuh jamur bersel banyak terdiri atas benang-benang halus yang disebut hifa. Kumpulan hifa jamur membentuk anyaman yang disebut miselium. 40. Jawaban : A Perkembangbiakan jamur secara aseksual seperti pembentukan konidia, pertunasan, pembentukan spora, dan peleburan sel.

P ENYEL ES A IA N F IS IKA

R  P 2  Q 2  5 2  12 2  25  144  169  13 N 45. Jawaban : B Fy = F sin 30o Fy 2 F   4N sin 30 o 1/2

Fx  f cos 30 o

46. Jawaban : B

R  25 2  37 2  625  1369  1994  44,6N 47. Jawaban : E s 10 meter v   1,25 t 8 sekon 48. Jawaban : D Δs 600  0 v   40 m/s Δt 15  0 49. Jawaban : E Vt2 = 2gh = 2.9,8 . 10 = 196 Vt = 14 m/s 50. Jawaban : A Mobil mengalami perlambatan 50 a  6,67 m/s2 7,5 51. Jawaban : C 2 2 ω    rad/s T 2 V =  . R =  . 5 = 5 m/s 52. Jawaban : A V=.R ω1 R 2  ω2 R1

ω 1/4R  ω2 R 2 = 4  53. Jawaban : A 2 v .R T 2.3,14  .1,49x10 3,16.10 7

11

 3.10 4 m/s  30 km/s a 

41. Jawaban : C Besaran pokok : Besaran yang ditetapkan dalam SI TG2 : JIWA SMP Jumlah zat (mol) Intensitas cahaya (candela) Waktu (sekon) Arus (ampere) Suhu (kelvin) Massa (kilogram) Panjang (meter)

 4 1/2 3  2 3N

v 2 (30.10 3 ) 2  R 1,49.10 11 9.10 8 1,49.10

11

 6.10 3 m/s

54. Jawaban : C V

= 25 km/jam =

25 x 1000 3600

= 7 m/s

mv 2 1500.49 Fs    2380,5 N R 30

55. Jawaban : E 42. Jawaban : B A=m B = m/s

Super Bimbel GSC Si Pencetak Generasi Berprestasi

12 x 2 = 0,4  rad/s 60 V =  . R = 0,4  . 0,1 = 0,04  m/s  = 12 rpm =

Halaman 24


Penyelesaian Soal

X SMA IPA

V = 4  cm/s = 12,5 cm/s 56. Jawaban : B rA = 5 cm. rB = 15 cm A = 2 rad /s2 B = 100 put/menit =

200 rad/s 60

= A . RA = 2 . 5 . 10-2 = 0,1 m/s2 200 = B . RB = x 15.10-2 60 = 1,57 m/s = aAt 1,57 =  15,7 sekon 0,1

aA vB VB t

57. Jawaban : D F = m . as m1 a2 m1 a    2 1 m2 a1 a m1 2 a2  2a 58. Jawaban : C F = m . a W1 – T = m 1 . a T = m1 . g – m 1 . a

67. Jawaban : D a. 7 = 2.5  periode 2 11 = 2.8.1  periode 3 b. 2 = 2  periode 1 5 = 2.3  periode 2 c. 6 = 2.4 periode 2 14 = 2.8.4  periode 3 d. 12 = 2.8.2  periode 3 17 = 2.8.7  periode 3 e. 12 = 2.8.2  periode 3 6 = 2.4  periode 2 68. Jawaban : E Sistem periodik modern disusun bedasarkan kenaikan nomor atom dan kemiripan sifat. 69. Jawaban : C Thomson : menemukan elektron Rutherford : menemukan inti atom Goldstein : menemukan proton 70. Jawaban : E Konfigurasi elektron : 2, 8, 7 Golongan VII A (kulit yang terluar/e¯valensi) Periode : 3 (jumlah kulit atom) 71.

59. Jawaban : A mb a = .g mb  mk

0,1 0,1.9,8 .9,8  0,1  1,9 2 = 0,490 m/s2 =

60. Jawaban : E Lift bergerakke tas F = m(a + g) = 40 (4 + 10) = 560 N

P ENYEL ES A IA N KIM IA 61. Jawaban : C 16 8O

 2.6

62. Jawaban : B 12Mg = 2.8.2 Elektron velensi adalah jumlah elektron yang etrdapat pada kulit terluar atom suatu unsur. Jadi elektron valensi Mg = 2. 63. Jawaban : A 23 11 Na

Proton : 11 Neutron = 23 – 11 = 12 Elektron = 11

72. Jawaban : C Ikatan ion : terjadi karena serah etrima elektron Ikatan kovalen : terjadi saling terima elektron Kovalen koordinat : pemakaian bersama elektron berasal dari satu atom 73. Jawaban : B 3X = 2.1 | 1e¯  melepas 1e¯ 7Y = 2.5 | 3e¯  menerima 3e¯ X3Y  ikatan ion saling serah terima elektron 74. Jawaban : A Ikatan kovalen saling terima elektron Contoh H2 1H = 1 | 1e¯  menerima 1e¯ 1H = 1 | 1e¯  menerima 1e¯ 75. Jawaban : E x

N x N xx x

64. Jawaban : D 14 6C

Isotop : - Nomor atom yang sama -  proton yang sama 13 6C

beristop dengan 146 C

65. Jawaban : A 16 14 7 N dan 7 N memiliki

:

16 7N :

 proton = 7 Nomor atom = 7 Elektron = 7  neutron = 16 – 7 = 9 14 7N :

 proton = 7 Nomor atom = 7 Elektron = 7  neutron = 14 – 7 = 9 Jadi

16 14 7 N dan 7 N

Jawaban : E Ikatan ion : ikatan yang terjadi antara logam dan non logam. NaCℓ Na = logam Cℓ = non logam NaBr Na = logam Br = non logam KI K = logam I = non logam

memiliki perbedaan Z neutron.

66. Jawaban : E 34X = 2, 8, 18, 6 Periode : 4 (menyatakan jumlah kulit) Golongan : VI A (menyatakan elektron valensi)

Super Bimbel GSC Si Pencetak Generasi Berprestasi

76.

3 pasang elektron

Jawaban : A PCℓ5 merupakan senyawa dns oktet berlambang unsur. Unsur dari periode 3 atau lebih dapat membentuk senyawa melampaui aturan oktet lebih dari 8 elektron pada kulit luar.

xx x x xCℓ x xx x Cℓ x xx x xx x x x Cℓ x x x xx x x x x x xCℓx x Cℓ x x xx

P

77. Jawaban : A Tata nama senyawa terner yaitu asam adalah asam + nama anoin HNO3  asam nitrat HBr  asam bromida H3PO4  asam fosfat 78. Jawaban : C Tembaga (I) klorida merupakan ion, tatanama senyawa ion adalah Kation (biloks) + Anion Jadi : Kation : Cu (+1) Anion : Cℓ (-1)

Halaman 25


Penyelesaian Soal

X SMA IPA 87. Jawaban : B

79. Jawaban : E SO3 + H2O  H2SO4 Yang mana jumlah atom kiri sama banyak dengan jumlah atom kanan. JAKA = JAKI Jadi reaksi setara 80. Jawaban : B N2O5  Non logam + non loga, Tata nama : Awalan + non logam 1 + awalan + non logam 2 + ida N2O5 = dinitrogen penta oksida

P ENYEL ES A IA N M A TEM A TIKA

1

1

(64) 3 .(125) 6 .

1

 ....

52 2

1

1

1 52 (26 ) 3 (53 ) 6 .  2 4.  2 4  16 5

1

1

2

52

82. Jawaban : E 4 kalikan akar sekawan 3 5

4 3 5  

x

88. Jawbaan : C

1 32  200 4 1  2 4.2  9.2  16.2  100.2 4 1  2.2 2  3 2  .4 2  10 2 4

2 8  18 

 4 2  3 2  2  10 2

81. Jawaban : D 2

1 32x + 2    x + 1 9 32x+ 2  (3-2)x+1 32x+2  3-2x-2 2x + 2 + 2x + 2  0 4x + 4  0 x  -1

3 5 3 5

4(3  5) 95 4(3  5 ) 4

3 5 83. Jawaban : A 93x – 2.3 3x + 1 – 27 = 0 (32)3x – 2.3 3x 31 – 27 = 0 (3x3x)2 – 6.33x – 27 = 0 p2 – 6p – 27 = 0 misal p = 3 3x (p – 9)(p + 3)= 0 p = 9 atau p = -3 p = 9  33x = 9 33x = 3 2 3x = 2 x = 2/3 p = -3  33x = -3 (tidak memenuhi) 84. Jawaban : E 2 log 3 = 1,6, 2 log 5 = 2,3 125 2 log = 2 log 12 – 2 log 9 9 = 2log 53 – 2log 3 2 = 3(2log 5) – 2.2-log 3 = 3(2,3) – 2(1,6) = 6,9 – 3,2 = 3,7 85. Jawaban : E 4x2 + (p – 14)x + 7 + p = 0 1 x1 = x2 x1 . x2 = 1 7p 1 4 7+p=4 p = -3 86. Jawaban : D Fungsi melalui titik (-3,0) dan (1,0) serta titik (0,6) f(x) = a(x – x1)(x – x2) 6 = a(0 + 3)(0 – 1) 6 = a(3)(-1) 6 = -3a a = -2 f(x) = -2(x + 3)( x -1) = -2(x2 + 2x – 3) f(x) = -2x2 – 4x + 6

Super Bimbel GSC Si Pencetak Generasi Berprestasi

 18 2 89. Jawaban : A 2 log x + 2log (x + 2) = 3 2 log x (x + 2) = 3 2 log x2 + 2x = 3 2 log x2 + 2x = 2 log 8 x2 + 2x = 8 x2 + 2x – 8 = 0 (x + 4)(x – 2) = 0 x = -4 atau x = 2 {(-4,2)} 90. Jawaban : A 1 2 log8  2 log 25  3 log3 3  2 log1 100 1 2 1  2 log42 3  2 log   (3).3 log3  2 log1 2 1 1  3.2 log2  2. 2 log  (3).3 log3  0 2 = 3(1) – 2(1) + (-3) . 1 + 0 =1–3+0 = -2 91. Jawaban : A

x 2  3x  5  0

32 + 32

= = = = = =

β 3(2 + 2) 3((2 + )2 – 2  ) 3((-3)2 – 2 (-5)) 3((9 + 10)) 3(19) 57

92. Jawaban : C

x 2  2x  3  0

 β

 +  = ( - 2) + ( - 2) =+-4 = -2 – 4 = -6  .  = ( - 2)( - 2) =  - 2 - 2 + 4 =  - 2(+) + 4 = 3 – 2(-2) + 4 = 11 Pkb = x2 – (-6)x + 11 = 0 x2 + 6x + 11 = 0 93. Jawaban : A f(x) = (x - 1)(x - 3) f(x) = x2 - 4x + 3 puncak (xp, yp) (4) 4 xp =  2 2(1) 2 yp =+(2) = (2 – 1)(2 – 3) = 1(-1) = -1 Puncak (2,-1) 94. Jawaban : D 2(x – 3)  4 (2x + 3) 2x - 6  8x + 12 -6 x  18

Halaman 26


Penyelesaian Soal

X SMA IPA

x  -3

99. Jawaban : A

2x 2  3x  5  0

95. Jawaban : B x2 + 4x – 12  0 (x + 6)(x – 2)  0 x = -6 atau x = 2 -

+

x1 + x2 =

1 1  x1 x 2

=

x1  x 2 x1 x 2

+

-6

2

Hp = -6  x  2

3 3 2 =  5/2 5

96. Jawaban : B X2 + x – 2  0 (x + 2)(x – 1)  0 x = -2 atau x = 1

x1 .x2

-

+ -2

x1 x2

+

=

1 x 1 .x 2

=

Hp = {x  -2 atau x 1} 97. Jawaban : E 2x + 2y = 1 2x + 3y = 6 -y = -5 y=5 y = 5  2x + 2x + 2x = 2x =

2y = 1 2.5 = 1 1 – 10 -9 1 x = 4 2

100. Jawaban :B 2

log4 3  2 log3 3 2

2

2

2

Super Bimbel GSC Si Pencetak Generasi Berprestasi

 

log6

log36

2

+

log6

log12.3 2

98. Jawbaan : C 3x  2y  4 x3  9x  6y  12

log6

log4 3 .3 3 2

1     4 ,5  2  

19x = 38 x=2 3x + 2y = 4  3.2 + 2y = 4 2y = 4 – 6 2y = -2 y = -1 x1 + y1 = 2 + (-1) =1

1 1 . x1 x 2

1 2  5/2 5 3 2 x2  x   0 5 5 PKB = x5 5x 2  3x  2  0 Trik G2 Akar berkalikan tukar nilai a dan c 2x2 – 3x + 5 = 0  5x2 – 3x + 2 = 0

1

5x  3y  13 x2 10x  6y  26

=

log6 2

log6 2

2

log6 2

2. log6 2

log6

2

Halaman 27


Penyelesaian Soal

XI SMA IPS Sosiologi bersifat empiris artinya sosiologi diperoleh berdasarkan observasi terhadap fakta dan akal sehat.

P ENYEL ES A IA N B A H A S A INGGR IS

24. Jawaban : A Ciri-ciri sosiologi yaitu teoris, empiris, komulatif dan nonetis.

21. Jawaban : A Setelah “do/does/did” wajib diiukuti V I. 22. Jawaban : E “In the living room” adalah kalimat nonverbal (bukan kata kerja) sehingga memakai “to be”, dan “every morning” menandakan pola kalimat yang dipinta adalah “simple present”. 23. Jawaban : D Membuat kita berpikir akan keadaan sekarang (“bau apa ini?”), sehingga kita memakai pola kalimat present continuos „is cooking” 24. Jawaban : A Kata “since” menandakan “semenjak” berarti pola yang dipinta adalah “present perfect continuous”. 25. Jawaban : B Kalimat “A” memakai pola “present perfect”. 26. Jawaban : E Ada kata “last night”, berarti kejadian lampau. Bentuk lampau dari “take” adalah “took”. 27. Jawaban : C “three days ago” menandakan kejadian lampau.

26. Jawaban : B Karakteristik fakta sosial : (1) Bersifat eksternal terhadap individu (2) Bersifat umum/tersebar luas 27. Jawaban : E Ciri masyarakat : (1) Masyarakat yang hidup bersama sekurang-kuranya 2 orang (2) Sadar bahwa neraka merupakan satu kesatuan (3) Bergaul dalam waktu yang lama (4) Merupakan suatu sistem yang hidup bersama 28. Jawaban : A Menurut Selo Soemarjan, masyarakat adalah orang yang hidup bersama dan menghasilkan kebudayaan. 29. Jawaban : D Unsur – unsur masyrakat : (1) kepercayaan (2) perasaan (3) tujuan (4) sanksi (5) norma (6) peran (7) kekuasaan

28. Jawaban : B Menandakan meminta maaf “i‟m sorry”. 29. Jawaban : D Bentuk jamak dari “loaf” (seiris) adalah “loaves”. 30. Jawaban : B Dalam kalimat positif, maka yang lebih tepat adalah opsi B.

30. Jawaban : E Tindakan sosial adalah tindakan yang dilakukan dengan mempertimbangkan perilaku orang. Orang yang bernyanyi di atas panggung dengan mengharapkan pujian dari penonton adalah tingkatan sosial.

31. Jawaban : D Untuk uncountable noun. Pilihan yang paling tepat “a lot of”. 32. Jawaban : D Menyatakan nasihat/saran. “I suggest you....” 33. Jawaban : D Kalimat dalam tanda petik (kalimat langsung) berbentuk “simple present” sehingga jika tidak diubah ke bentuk tidak langsung, berubah menjadi “simple past”. 34. Jawaban : D Kalimat langsung berupa eklamasi larangan, maka jawaban D (pola to Infinitive). 35. Jawaban : C “regulation” menandakan “aturan” sesuatu yang harus dipenuhi, sehingga pola kalimat “obligation” paling tepat untuk dipakai. 36. Jawaban : C Ketika objek 1 dimensi maka memakai “on”. 37. Jawaban : D Untuk bulan memakai “on” untuk tahun memakai “in” (jika dalam penulisan lengkap). 38. Jawaban : A Menandakan comparative (perbandingan 2 benda). Handsome  more/the most

31. Jawaban : B Metode sosiologi : (1) Kuantitatif : mengutamakan angka-angka (2) Kualitatif : mengutamakan pendeskripsian hasil penelitian 32. Jawaban : E Pemuda melayangkan sepucuk surat dan mengirimkan sekuntum bunga mawar merah kepada gadis, adalah contoh interaksi sosial, karena tindakan pemuda tersebut dapat mempengaruhi gadis tersebut untuk melakukan tindakan (hubungan timbal balik), entah gasis itu akan senang atau sedih, entah akan menerima tujuan tindakan dari pemuda itu (menerima cintanya) atau yang lain. Yang jelas ada hubungan yang terjadi setelah itu. 33. Jawaban : E Tindakan sosial berorientasi nilai, karena kita tidak lagi memperhitungkan tujuan yang menjadi persoalan dan perhitungan pelakunyalah tentang cara. 34. Jawaban : C Seorang siswa membuat izin kepada gurunya, merupakan bentuk komunikasi yang kemudian diproses. Hasil prosesnya adalah apakah siswa tersebt diberi izin atau tidak oleh gurunya. 35. Jawaban : E Pilihan jawaban A, B, C dan D merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi atau mendorong terjadinya interaksi sosial, sedangkan pilihan E tidak termasuk faktor yang mempengaruhi terjadinya interaksi sosial bahkan cenderung akan menimbulkan pertentangan.

39. Jawaban : D Menandakan certainty/keyakinan. 40. Jawaban : A Setelah “prefer‟ diikuti “to infinitive”.

P ENYEL ES A IA N S OS IOL OGI 21. Jawaban : D Istilah sosiologi berasal dari bahasa latin yaitu kata “socius” dan “logos” dari bahasa yunani “Socius artinya teman (kawan) dan logos artinya cerita. 22. Jawaban : A Menurut Roucek dan Waren sosiologi adalah ilmu mempelajari hubungan antar manusia dalam kelompok.

25. Jawaban : D Teori positive dikemukakan oleh Auguste Comte. Positivisme percaya bahwa masyarakat merupakan bagan dari alam dan bahwa metode-metode penelitian empiris dapat digunakan menentukan hukum-hukumannya.

P ENYEL ES A IA N EKONOM I 36. Jawaban : A Ilmu ekonomi yaitu ilmu yang mempelajari usaha-usaha manusia dalam memenuhi kebutuhan yang tidak terbatas dengan sumber daya yang terbatas

yang 37. Jawaban : B

23. Jawaban : B

Super Bimbel GSC Si Pencetak Generasi Berprestasi

Halaman 28


Penyelesaian Soal Ilmu ekonomi publik adalah cabang ilmu ekonomi yang membahas tentang kebijakan pemerintahan dalam perekonomian. 38. Jawaban : B Jenis kebutuhan menurut intensitasnya : primer Sekunder Tersier 39. Jawaban : A Berdasarkan cara memperoleh, barang di bagi menjadi : Barang ekonomi Tepung, gula, minyak dan lain-lain Barang non ekonomi Udara, matahari, dan lain-lain 40. Jawaban : E Kegiatan rumah tangga produsen menyewakan faktor produksi menggunakan faktor produksi melakukan kegiatan produksi membayar pajak kepada pemerintah 41. Jawaban : E Kurva isokeun (isoquant) memperlihatkan semua kombinasi input yang akan menghasilkan output dalam jumlah yang sama. 42. Jawaban : E Peran rumah tangga konsumen : Pemilik faktor produduksi Pendapatan dari kompensasi faktor produksi Penggunaan barang dan jasa Menabung / investasi sebagaian pendapatannya 43. Jawaban : A Barang subsitusi adalah barang pengganti Beras pengganti jagung Mentega pengganti minyak goreng Pulpen pengganti pensil 44. Jawaban : C Marlina berhasil mengolah sampah plastik kerajinan yang diminati. Hal ini berarti Marlina berjasa menciptakan kegunaan bentuk. 45. Jawaban : E Pasar persaingan sempurna adalah suatu keadaan pasar dimana banyak terdapat penjual dan pembeli barang yang diperdagangkan homogen informasi pasar lengkap dan harga ditentukan oleh mekanisme pasar/permintaan dan penawaran. 46. Jawaban : A Opportunity Cost (Biaya peluang) adalah biaya yang dikorbankan karena memilih alternatif lain. 47. Jawaban : C Penyebab kelangkaan : Keterbatasan alat pemenuhan kebutuhan Kerusakan SDA Keterbatasan kemampuan mengolah SDA Peningkatan kebutuhan yang lebih cepat 48. Jawaban : B Masalahnya yang dihadap Pak Ahmad adalah bagaimana cara memproduksi (how). 49. Jawaban : D Cukup Jelas. 50. Jawaban : A Pasar monopoli adalah suatu keadaan dimana hanya ada satu penjual menguasai pasar.

P ENYEL ES A IA N S EJ A R A H 51. Jawaban : A Menurut Sejarawan William H. Fredirick secara etimologis kata “sejarah: diserap dalam bahasa Arab “Syajaratun” yang berarti pohon. 52. Jawaban : A Dengan mempelajari sejarah, kita akan mendapat gambaran tentang kehidupan masyarakat di masa lampau atau mengetahui peristiwa-peristiwa atau kejadian-kejadian yang terjadi masa lampau. Peristiwa sejarah merupakan fakta yang kekal dan abadi, serta tidak pernah berubah. 53. Jawaban : E

Super Bimbel GSC Si Pencetak Generasi Berprestasi

XI SMA IPS Menurut Burry, sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan. Tidak kurang dan tidak lebih. 54. Jawaban : C Periodesasi berarti tingkat perkembangan masa atau pembabakan suatu masa. Periodesasi dalam sejarah adalah tingkat perkembangan masa dalam sejarah atau pembabakan masa dalam sejarah. 55. Jawaban : D Konsep kronologi suatu konsep menyusun peristiwa-peristiwa sejarah dari suatu masa atau zaman lainnya. 56. Jawaban : B Kata „kronik” dapat ditemukan dalam sejarah dinasti-dinasti dari kerajaan Cina. Kronik merupakan kumpulan tulisan-tulisan dari dinasti-dinasti yang berkuasa di Cina, seperti kronik dinasti Chou, Chin, Tang, dan Ming. 57. Jawaban : B Langkah-langkah penelitian sejarah : Tahap penelitian : Mencari informasi sejarah Pengumpulan sumber sejarah Mencari sebb-sebab terjadinya sejarah Menentukan motif sejarah dan pengaruh peristiwa sejarah 58. Jawaban : A Verifikasi di dalam sejarah memiliki arti pemeriksaan terhadap kebenaran laporan tentang suatu peristiwa sejarah. 59. Jawaban : C Interpretasi dalam sejarah memiliki arti penafsiran tehadap suatu peristiwa atau memberikan pandangan teoritis terhadap suatu peristiwa sejarah. 60. Jawaban : D Bukti dan fakta dari sumber primer Bukti dan fakta tentang peristiwa sejarah yang diuraikan oleh para pelaku atau saksi yang mengalami suatu peristiwa sejarah. 61. Jawaban : A Teori Waisya : Agama Hindu masuk ke Indonesia di bawa oleh pedagang-pedagang dari India. Para pedagang tersebut ada yang menetap di Indonesia bahkan menikahi wanita setempat. Pendukung teori ini adalah N.J. Krom. 62. Jawaban : E Akulturasi antara budaya asli Indonesia dengan budaya Indonesia dapat dilihat melalui seni bangun, seni rupa/lukis, seni sastra, kalender, kepercayaan/filsafat, dan pemerintah. 63. Jawaban : C Kerajaan Kutai adalah kerajaan tertua di Indonesia muncul abad 5 M, didirikan oleh Kudungga. 64. Jawaban : B Prasasti kedukan bukit adalah peninggalan Kerajaan Sriwijaya. 65. Jawaban : D Raja Dapunta Hyang, adalah raja pertama yang mendirikan Kerajaan Sriwijaya abad ke 7 M.

P ENYEL ES A IA N GEOGR A F I 66. Jawaban : A Prinsip persebaran/ distribusi, artinya gejala, kenampakan, dan masalah yang terdapat diruang muka bumi persebarannya sangat bervariasi. Ada yang tersebar secara merata, bergerombol di wilayah-wilayah tertentu, ataupun sama sekali tidak merata. 67. Jawaban : B Lokasi berpengaruh terhadap harga atau nilai sesuatu di permukaan bumi. Contoh: Harga jual rumah akan jatuh apabila lokasinya didaerah rawan sepreti pemakaman (kuburan). Lokasi ada dua : (1) Lokasi relatif : posisinya dilihat dari wilayah lain, (2) Lokasi absolut : sesuai garis astronomis. 68. Jawaban : A Pendekatan ini untuk mengetahui persebaran penggunaan ruang yang ada dan bagaimana penyediaan ruang untuk berbagai kegunaan. Aspek-aspeknya meliputi faktor lokasi, kondisi alam, dan kondisi sosial budaya.

Halaman 29


Penyelesaian Soal 69. Jawaban : B Prinsip interelasi/keterkaitan, artinya antara komponen atau aspek-aspek lingkungan geografi senantiasa ada hubungan timbal balik. Misalnya: Padi dapat tumbuh subur di daerah dataran rendah, sangat berkaitan dengan morfologi wilayahnya. 70. Jawaban : D Keterjangkauan menunjukkan kemudahan suatu tempat dapat dicapai menggunakan sarana transportasi. Contoh: Sebuah desa yang dikelilingi hutan lebih sulit untuk dicapai daripada desa yang terletak di pantai. 71. Jawaban : A Bukti pendukung dari teori Apungan Benua antara lain: Kesamaan garis pantai antara pantai Timur Amerika bagian selatan dengan pantai Barat Afrika bagian selatan. Terdapat kesinambungan deret pegunungan yang ada di Amerika Utara dengan di Amerika SElatan. Batas Samudera Hindia semakin mendesak ke utara. 72. Jawaban : B Bumi mengelilingi matahari selama 365 hari 9 menit 10 detik dari barat ke timur. Akibat dari revolusi bumi tersebut: Peredaran semu tahunan matahari Pergeseran matahari antara 23 ½ o LU (Garis Balik Utara) – 23 ½ oLS (Garis Balik Selatan) Terjadinya perubahan musim Pasang surut air laut Aberasi cahaya (sesatan cahaya) Terjadinya gerhana Terjadinya hari-hari panjang dan hari pendek Presesi sumbu bumi 73. Jawaban : B Akibat rotasi bumi adalah sebagai berikut: Terjadinya perubahan siang dan malam Adanya perbedaan waktu untuk tempat-tempat yang meridiannya berbeda (1o beda waktunya 4 menit) Terjadinya peredaran semu harian benda langit Terjadinya pembelokan arah mata angin (gaya Coriolis) 74. Jawaban : B Teori mengembang dan memampat (The Oscillating Theory), nama lain teori ini adalah teori ekspansi dan konstraksi. Menurut teori ini, jagat raya terbentuk karena adanya suatu siklus materi yang diawali dengan masa ekspansi atau mengembang. Penyebabnya adalah adanya reaksi inti hidrogen. Kemudian tahap memampat dilanjutkan ke tahap mengembang dan kemudian memampat lagi. 75. Jawaban : E Teori Nebula dikemukakan seorang filsuf Jerman bernama Imanuel Kant. Menurutnya, tata surya berasal dari Nebula yaitu kabut tipis yang sangat luas dan bersuhu tinggi yang berputar. Hal itu menyebabkan pemanasan dan membentuk matahari. Perputaran matahari menyebabkan cincin gasnya terlempar membentuk planet. 76. Jawaban : A Halo yaitu lingkaran putih yang terkadang terlihat disekitar matahari atau bulan. Biasanya terjadi di daerah gurun. 77. Jawaban : C Cirrostratus yaitu awan putih merata yang menyerupai kerudung tipis atau tabir. 78. Jawaban : B Kondensasi adalah proses pengembunan, dimana berubahnya bentuk uap air menjadi butiran-butiran air hujan. 79. Jawaban : C Iklim matahari : iklim ini didasarkan pada banyak sedikitnya sinar matahari yang diterima oleh permukaan bumi. Oleh karena itu, pembagian iklimnya didasarkan atas perbedaan lintang astronomisnya, yaitu sebagai berikut: Daerah iklim tropis : 0o – 23,5oLU/LS Daerah iklim subtropis : 23,5 o – 40oLU/LS Daerah iklim sedang : 40 o – 66,5 oLU/LS Daerah iklim dingin : 66,5o – 90oLU/LS 80. Jawaban : C Bulan basah yang digunakan oldeman adalah bulan basah jika curah hujan lebih dari 200 mm/bulan.

Super Bimbel GSC Si Pencetak Generasi Berprestasi

XI SMA IPS P ENYEL ES A IA N M A TEM A TIKA 101. Jawaban : D 2

1

1

(64) 3 .(125) 6 .

1

5 2

 ....

2

1

1

1 52 (26 ) 3 (53 ) 6 .  2 4.  2 4  16 5

1

1

2

52

102. Jawaban : E 4 kalikan akar sekawan 3 5

4 3 5 

x

3 5 3 5

4(3  5) 95

4(3  5 )  4 3 5 103. Jawaban : A 93x – 2.3 3x + 1 – 27 = 0 (32)3x – 2.3 3x 31 – 27 = 0 (3x3x)2 – 6.33x – 27 = 0 p2 – 6p – 27 = 0 misal p = 3 3x (p – 9)(p + 3)= 0 p = 9 atau p = -3 p = 9  33x = 9 33x = 3 2 3x = 2 x = 2/3 p = -3  33x = -3 (tidak memenuhi) 104. Jawaban : E 2 log 3 = 1,6, 2 log 5 = 2,3 125 2 log = 2 log 12 – 2 log 9 9 = 2log 53 – 2log 3 2 = 3(2log 5) – 2.2-log 3 = 3(2,3) – 2(1,6) = 6,9 – 3,2 = 3,7 105. Jawaban : E 4x2 + (p – 14)x + 7 + p = 0 1 x1 = x2 x1 . x2 = 1 7p 1 4 7+p=4 p = -3 106. Jawaban : D Fungsi melalui titik (-3,0) dan (1,0) serta titik (0,6) f(x) = a(x – x1)(x – x2) 6 = a(0 + 3)(0 – 1) 6 = a(3)(-1) 6 = -3a a = -2 f(x) = -2(x + 3)( x -1) = -2(x2 + 2x – 3) f(x) = -2x2 – 4x + 6 107. Jawaban : B 1 32x + 2    x + 1 9 32x+ 2  (3-2)x+1 32x+2  3-2x-2 2x + 2 + 2x + 2  0 4x + 4  0 x  -1 108. Jawbaan : C

Halaman 30


Penyelesaian Soal

XI SMA IPS

1 32  200 4 1  2 4.2  9.2  16.2  100.2 4 1  2.2 2  3 2  .4 2  10 2 4

2 8  18 

116. Jawaban : B X2 + x – 2  0 (x + 2)(x – 1)  0 x = -2 atau x = 1 -

+

 4 2  3 2  2  10 2

-2

117. Jawaban : E 2x + 2y = 1 2x + 3y = 6 -y = -5 y=5 y = 5  2x + 2x + 2x = 2x =

110. Jawaban : A 1 2 log8  2 log 25  3 log3 3  2 log1 100 1 2 1  2 log42 3  2 log   (3).3 log3  2 log1 2 1 1  3.2 log2  2. 2 log  (3).3 log3  0 2 = 3(1) – 2(1) + (-3) . 1 + 0 =1–3+0 = -2 111. Jawaban : A

32 + 32

= = = = = =

β 3(2 + 2) 3((2 + )2 – 2  ) 3((-3)2 – 2 (-5)) 3((9 + 10)) 3(19) 57

2y = 1 2.5 = 1 1 – 10 -9 1 x = 4 2

1     4 ,5  2   118. Jawbaan : C 3x  2y  4 x3  9x  6y  12

5x  3y  13 x2 10x  6y  26 19x = 38 x=2 3x + 2y = 4  3.2 + 2y = 4 2y = 4 – 6 2y = -2 y = -1 x1 + y1 = 2 + (-1) =1

2x 2  3x  5  0

1 1  x1 x 2

=

x1  x 2 x1 x 2

3 3 2 =  5/2 5

β

113. Jawaban : A f(x) = (x - 1)(x - 3) f(x) = x2 - 4x + 3 puncak (xp, yp) (4) 4 xp =  2 2(1) 2 yp =+(2) = (2 – 1)(2 – 3) = 1(-1) = -1 Puncak (2,-1)

x1 .x2

PKB =

=

1 1 . x1 x 2

=

1 x 1 .x 2

=

1 2  5/2 5

3 2 x 0 5 5 x5 5x 2  3x  2  0

x2 

Trik G2 Akar berkalikan tukar nilai a dan c 2x2 – 3x + 5 = 0  5x2 – 3x + 2 = 0 120. Jawaban :B 2

log4 3  2 log3 3 2

2

log6

log12.3 2

2

log6

log4 3 .3 3 2

2

114. Jawaban : D 2(x – 3)  4 (2x + 3) 2x - 6  8x + 12 -6 x  18 x  -3

x1 x2

x1 + x2 =

 +  = ( - 2) + ( - 2) =+-4 = -2 – 4 = -6  .  = ( - 2)( - 2) =  - 2 - 2 + 4 =  - 2(+) + 4 = 3 – 2(-2) + 4 = 11 Pkb = x2 – (-6)x + 11 = 0 x2 + 6x + 11 = 0

+

119. Jawaban : A

112. Jawaban : C

x 2  2x  3  0

1

Hp = {x  -2 atau x 1}

 18 2 109. Jawaban : A 2 log x + 2log (x + 2) = 3 2 log x (x + 2) = 3 2 log x2 + 2x = 3 2 log x2 + 2x = 2 log 8 x2 + 2x = 8 x2 + 2x – 8 = 0 (x + 4)(x – 2) = 0 x = -4 atau x = 2 {(-4,2)}

x 2  3x  5  0

+

log6

 

2

log6 2

2

log6 2

2. log6 2

log6

2

log36

2

log6

115. Jawaban : B x2 + 4x – 12  0 (x + 6)(x – 2)  0 x = -6 atau x = 2 -

+ -6

+ 2

Hp = -6  x  2

Super Bimbel GSC Si Pencetak Generasi Berprestasi

Halaman 31


Penyelesaian Soal P ENYEL ES A IA N B A H A S A INGGR IS 1.

Jawaban : C Menyatakan pendapat

2.

Jawaban : D Setelah “mind” diikuti “gerund”

3.

Jawaban : C Setelah kata “agree” diikuti “to inf”

4.

Jawaban : C Kata “the” menandakan bentuk yang diminta adalah “superlative” (paling)  adj + est  lightest

5.

Jawaban : A Adverb  hard berfungsi menerangkan “it was rainning”.

6.

Jawaban : B Titik kosong perlu diisi dengan adverb karena “clever” adalah “adjective/kata sifat” kata sifat didahului oleh adverb.

7.

Jawaban : C Setelah “suggested” jika diikuti oleh objek maka memakai “to inf” tapi jika tidak diikuti objek maka memakai gerund.

8.

Jawaban : C Setelah “miss” diikuti “gerund”, namun jika ada objek maka diikuti “to inf”.

9.

Jawaban : C Setelah “miss” diikuti “gerund”, namun jika ada objek maka diikuti “to inf”.

10. Jawaban : D Titik kosong perlu diisi dengan adverb karena “clever” adalah “adjective/kata sifat” kata sifat didahului oleh adverb. 11. Jawaban : B Kalimat “You write … setelah verb “write” yang dibutuhkan adalah adverb maka bentuk adverbnya adalah carelessly. 12. Jawaban : A Penggunaan pola passive causative : (S + have + O + V 3) 13. Jawaban : C Conditional sentence menggunakan tipe 2 maka if clause (Simple Past) dan main clausenya dalam bentuk past future (would Inf). 14. Jawaban : D Conditional sentence menggunakan tipe 3 maka if clause (Past Perfect) dan main clausenya dalam bentuk past future perfect (would have V 3). 15. Jawaban : D Kata “for more” menunjukkan “durasi” (selama lebih dari 11 jam) maka pola yang tepat adalah present perfect continuous (have + been + Ving). 16. Jawaban : E Kalimat soal merupakan conditional sentence type 3, if – clause (Past Perfect tense  had + V3 dan main caluse (Past Future Perfect Tense  Would + have + been + V3 (passive)). 17. Jawaban : B Bentuk subjunctive memakai bentuk lampau. 18. Jawaban : D Aux-nya adalah “must” dan kalimat positif, maka tag-nya adalah “mustn‟t she”. 19. Jawaban : B Bentuk yang diminta adalah passive statement. 20. Jawaban : B Kalimat soal merupakan kalimat passive causative yang pola kalimatnya : S + Have + objek(thing) + V3 + ….  I have my hair cut

P ENYEL ES A IA N F IS IKA 21. Jawaban : E

Super Bimbel GSC Si Pencetak Generasi Berprestasi

XI SMA IPS 2

Dik : x = -5t + 20t – 10 Dit : Vo …..?  t = 0 Jawab x = -5t2 + 20t – 10 dx d( 5t 2  20t  10) v =  dt dt = -10t + 20 Saat awal gerak, t = 0 sehingga besarnya kecepatan benda adalah v = -10t + 20 = -10(0) + 20 = 20 m/s 22. Jawaban : C r = ˆi  kˆ 1

r2 = 5ˆi  4ˆj  3kˆ r

= r 2 – r1 = 5ˆi  4ˆj  3k  ˆi  kˆ = 4ˆi  4ˆj  2kˆ

r

= (4) 2  (4) 2  (2) 2

 

= 16  16  4 = 36 = 6 satuan 23. Jawaban : E Dik : a = (4t3 + 2) m/s2 Vo = 10 m/s  t = 2 sekon Dit : V……? Jawab V = Vo +  a . dt = 10 +   4t 3  2 dt  

4 4 t + 2t 4 = 10 + t 4 + 2t = 10 + (2)4 + 2(2) = 10 + 16 + 4 = 30 m/s = 10 +

24. Jawaban : A Dik :  = 45o

72.1000 m/s 3600 = 20 m/s

Vo = 72 km/jam = g = 10 m/s2 Dit : xmax …..? Jawab v 2.sin 2 xmax  o g

(20) 2 .sin 2(45 o ) 10 400   40 m 10 

25. Jawaban : B Dik :  = 4t2 – 5t t = 3,5 sekon Dit : ……….? Jawab dθ d(4t 2  5t) ω  dt dt  = 8t – 5  t = 3,5 sekon  = 8(3,5) - 5 = 28 – 5 = 23 rad/s 26. Jawaban : C Dik :  = 8rad/s o = 2 rad t = 5 sekon Dit : t …….? Jawab t t = o +  ω . dt o t = 2 +  8 . dt o = 2 + 8t = 2 + 8(5) = 2 + 40 = 42 rad 27. Jawaban : C

Halaman 32


Penyelesaian Soal Dik :  = 5 rad/s o = 10 rad  = 2 rad/s2 t = 4 sekon Dit : …..? Jawab: Δθ θ2  θ1  =  Δt t 2  t1 t t  = o +   . dt = 5 +  2 . dt o o = (5 + 2t) rad/s t  = o +  ω .dt o t = 10 +  (5  2t).dt o = 10 + 5t + t2 rad t1 = 0 = 10 + 5(0) + 02 = 10 rad t2 = 4 = 10 + 5(4) + 42 = 46 rad θ  θ 46  10 36  = 2 1  9 rad/s t 2  t1 4 0 4

XI SMA IPS 32. Jawaban : C Untuk mencapai permukaan, bola letak menempuh jarak terjauh maka : Voy tA =2 g

2(Vo .sin ) g 4 2(9,8) 5  9,8  1,6 sekon 

33. Jawaban : C Perhatikan gambar. Jika P bergerak sejauh S, maka Q baru s bergerak sejauh . Untuk Vo = 0 dan t sama berlaku, 2 S P

28. Jawaban : A Dik : v = 4t 2 + 6t + 10 t=0 t1 = 6 sekon Dit : a …..? Jawab v v a 2 1 t 2  t1 t1 = 0 v1 = 4(0)2 + 6(0) + 10 = 10 m/s t = 6s  v2 = 4(6)2 = 6(6) + 10 = 144 + 36 + 10 = 190 m/s v 2  v1 190  10 180 a    30 m/s 2 t 2  t1 60 6 29. Jawaban : B  = 30o Vo = 54 m/s t = 2 sekon Vox = vo x cos  = 54.cos 30 o 1  = 54.  3  = 27 3 m/s 2  Voy

= Vo . sin  - g . t = 54 sin 30 o – 10 . (2) = 7 m/s

V

27 3 2  72

 2187  49  2236  47,3 m/s 30. Jawaban : A Dik :  = 60o Vo = 14 m/s x = 20 m Dit : t …….? Jawab x =v.t x x 20 20     2,8 sekon t = v x v o .cos  14. 1 7 2

s 2

Q

1 1 SP  aQ = ap atau ap = 2 aQ, yaitu 2 2 percepatam p = 2 kali percepatan Q Jadi, akrena SQ =

34. Jawaban : C  Percepatan sistem F a m m1 .g  m1  m 2 20 20   23 5  4 m/s 2 

Tinjau m1 : F1 = m1 . a m1 . g – T = m 1 . a 20 – T = 2 . 4 T = 12 N

a

T m2

T

m1 m1.g

35. Jawaban E N = angka yang ditunjukkan jarum timbangan = 1000 N W =m.g = 80 . 10 = 800 N Ada dua kemungkinan gerak lift, yaitu ke atas atau kebawah 1. Ke atas dengan N  W 1000  800 a   2,5 m/s 2 m 80 percepatan tetap 2.

Ke bawah dengan W  N 800 - 1000 a   2,5 m/s2 m 80  perlambatan tetap Berarti kemungkinan gerak adalah ke atas dengan percepatan tetap atau ke bawah dengan perlambatan tetap.

31. Jawaban : A Dik :  = 30o H Dit : max ...? Xmax Jawab

V sin2 .g Hmax sin2 30  o  X max 2g.v o .sin2 2sin 2(30 o ) 

1 1 4  22 3 4 3

 

Super Bimbel GSC Si Pencetak Generasi Berprestasi

Halaman 33


Penyelesaian Soal 36. Jawaban : C Dik : h = 2,39 . 103 km = 2,39 . 10 6 m = 2,39.106 m Dit : gh……? Jawab 2  R bumi    gh  .g bumi  R  h     6,4.10 6 .9,8 m/s 2  7,13 m/s 2    6 6 2,39.10  6,4.10   37. Jawaban : A Dik : mbumi = 6 . 10 24 kg mbulan = 7,7 . 1022 kg Rbulan = 3,8 . 108 m Dit : Epg bulan ………? Jawab m .m Ep  G bumi bulan r   6,67.10 11(6.10 24 kg.7,7.10 22 kg)  3,8.10 8 = 81,09 . 1027 joule = 81,1 . 1027 joule 38. Jawaban : A m G. 1 g R 12 1  m g2 G. 2 R 22 4 ρ1 . R13 3 g1 R12  4 g2 ρ 2 . R 2 3 3 R 22 4 3 (R planet ) 2 g1 ρbumi 3  (R bumi )  . 4 g2 (R bumi ) 2 ρplanet  (R planet ) 3 3 ρbumi .R bumi g1  1 g2 2ρbumi R bumi 2 g1 1 g2 gplanet = gbumi 39. Jawaban : C 1 Dik : r2 = r1 2 Dit : F2 ….? Jawab 1 F1 r12  1 F2 r2 2

2 F1 1 r2  . F2 r 2 1 1 2 1  1 2  r  r1 F1  2 1    4 F2 r12 r12 F1 1  F2 4 F2  4F1

40. Jawaban : E

Super Bimbel GSC Si Pencetak Generasi Berprestasi

XI SMA IPS RA RB

1 3

TA  27 hari Dit : TB ......? Jawab 2 T  R  A   A T  R  B  B

   

3

2 3  27  1      TB  3 2  27      1  T   27   B TB2

= 272 . 27

TB = 1968.3  729.27

 27 27

P ENYEL ES A IA N B IOL OGI 41. Jawaban : A Pembahasan : Lisosom (Lyso = Pencernaan, Soma = Tubuh) adalah organel sel yang hanya terdapat pada sel hewan, merupakan membran kantong kecil yang berisi enzim hidrolitik (enzim pencernaan) yang disebut lisozim. Jenis enzim hidrolitik yang dihasilkan yaitu protease, lipase, nuklease, fosfatae, dll. Lisosom berperan aktif melakukan fungsi imunitas karena enzim hidrolitiknya berperan sebagai pencernaan intrasel yang mampu membunuh mikroba penyebab penyakit (misal ; pada sel darah putih). 42. Jawaban : A Pembahasan : Hubungan antar tulang disebut artikulasi, yang meliputi : 1. Sinartrosis Adalah hubungan antar tulang yang tidak menghasilkan gerakan/ gerakan terbatas. Macam sinartrosis : a. Sinfibrosis : adalah hubungan tulang yang penghubungnya berupa jaringan ikat/ serabut tulang yang kemudian mengalami penulangan dan tidak menghasilkan gerakan, misalnya sambungan tengkorak disebut sutura. b. Sinkondrosis : adalah hubungan tulang rawan yang memungkinkan gerakan terbatas berupa gerakan lentur, terpilin, atau tertekan, misalnya ruas tulang belakang, antara tulang rusuk dengan tulang dada, antara tulang rusuk dengan tulang punggung. 2. Diartrosis Adalah hubungan antar tulang yang dapat menghasilkan gerakan disebut persendian. Macam-macam sendi : a. Sendi peluru (Endartrosis) : gerakan ke beberapa arah. Contoh : Tulang lengan dengan belikat dan tulang pangkal paha dengan pinggul. b. Sendi engsel : gerakan satu arah. Contoh : siku dan lutut. c. Sendi putar : gerakan satu arah yang mengitari ujung tulang lain. Contoh : Tulan hasta dengan tulang pengumpil, pergelangan tangan, dan pergelangan kaki. d. Sendi pelana : gerakan agak bebas berporos dua. Contoh : Tulang ibu jari dan telapak tangan. 43. Jawaban : A Pembahasan : a. Fraktura : adalah patah tulang akibat benturan, tekanan yang terlalu keras, dan akibat kecelakaan. b. Kifosis : adalah penyakit pembengkokan tulang punggung ke arah depan. c. Rakitis : adalah penyakit pelunakan tulang pada anak-anak akibat kekurangan atau gangguan metabolisme vitamin D, magnesium, fosfor, dan kalsium sehingga tulangnya mengalami kelainan bentuk. d. Artritis : adalah peradangan pada satu atau lebih persendian, yang disertai dengan rasa sakit, pembengkakan, kekakuan, dan keterbatasan bergerak. Macam-macamnya ; atritis reumatoid, atritis gout, atritis sika, atritis eksudatif, dan osteoatritis. e. Nekrosa : adalah kerusakan pada selaput tulang (periosteum) sehingga bagian tulang mati dan mengering. 44. Jawaban : A Pembahasan : Jaringan parenkim adalah jaringan yang tersusun atas sel hidup, disebut juga jaringan dasar karena hampir pada

Halaman 34


Penyelesaian Soal setiap tumbuhan terdapat parenkim. Jaringan parenkim juga merupakan jaringan yang memiliki organel-organel sel yang lengkap. Sel parenkim berfungsi sebagai asimilasi (fotosintesis) karena mengandung kloroplas, sebagai penimbun cadangan makanan, dan pengisi tubuh tumbuhan. 45. Jawaban : D Pembahasan : Jaringan Gabus dibentuk oleh kambium gabus (Felogen). Jaringan gabus mempunyai sifat lebih kuat daripada epidermis, terdapat di bagian tepi tumbuhan. Sel gabus mengandung suberin dan kutin yang sukar ditembus air dan gas. Felogen yang kearah luar membentuk felem dan kearah dalam membentuk feloderm. 46. Jawaban : C Pembahasan : Kambium gabus (felogen) tersusun atas 2 macam, ke arah luar membentuk felem dan ke arah dalam membentuk feloderm. 1. Felem (Gabus) Felem merupakan lapisan gabus sebagai produk dari felogen yang terbentuk ke arah luar. 2. Feloderm (Parenkim Gabus) Jaringan ini dapat dikatakan hampir homogen dengan parenkim korteks yang terbentuk ke arah dalam sehingga hanya terdapat di lapisan paling dalam. Dengan adanya jaringan gabus maka bagian dalam tumbuhan hidup terpisah dari udara luar. 47. Jawaban : B Pembahasan : Tulang rawan merupakan jaringan pengikat pada khusus yang terdiri atas sel kondrosit, dan matriks. Matriks tulang rawan terdiri atas serabut-serabut protein yang terbenam di dalam bahan dasar amorf. Berdasarkan komposisi matriksnya ada 3 macam tulang rawan, yaitu : 1. Tulang rawan hialin : Berwarna putih sedikit kebiru-biruan, serat-serat kolagen dan kondrosit. Contoh : Laring, trakea, ujung tulang panjang, tulang rusuk depan, cuping hidung, dan rangka janin. 2. Tulang rawan elastis : Tulang yang mengandung serabutserabut elastis. Contoh : Telinga, saluran eustachius, dan laring. 3. Tulang rawan fibrosa : Tulang yang mengandung banyak sekali serat kolagen yang kasar, kuat, dan lebih kaku dan mengandung kondrosit. Contoh : pada Simfisis pubis. 48. Jawaban : C Pembahasan : yang termasuk jaringan ikat adalah : jaringan ikat sesungguhnya,jaringan tulang rawan, jaringan tulang kompak, jaringan limfa dan jaringan darah ,karakter cirinya pasti karena letak selnya tidak rapat (ada sela) atay matriks , dan kemudian matriksnya itu diisi oleh substansi misal darah diantara selnya ada plasma , tulang keras ada CaCO3 , CaPO4 , pada tulang rawan ada Chondrin diantara Khondrositnya dll. 49. Jawaban : B Pembahasan : Epitelium peralihan (transisi) merupakan bentuk peralihan epitelium pipih berlapis banyak dan epitelium silindris berlapis bayak. Contoh : epitelium pada usus halus. 50. Jawaban : C Pembahasan : Tulang rawan fibroblas ditemukan serat kolagen. Amtriks pada tulang rawan fibroblast berwarna gelap dan keruh. Jaringan ini jaringan tulang rawan paling kuat, sehingga menjadi penyokong jaringan lainnya. 51. Jawaban : C Pembahasan : Bagian darah yang berperan dalam pembekuan darah adalah keping darah atau trombosit. Sel darah merah berguna sebagai pengangkut nutrisi dan oksigen, sel darah putih berguna untuk melawan infeksi, dan trombosit berperan dalam pembekuan darah. 52. Jawaban : D Pembahasan : Jaringan otot terdiri dari sel-sel otot, bukan sel-sel ikat. Otot tidak mengikat atau menempel apapun, yang menempelkan otot ke tulang adalah jaringan ikat. Otot berfungsi sebagai alat gerak aktif. 53. Jawaban : E Pembahasan : Neuron sensorik/aferen adalah Sel-sel neuron ada yang berfungsi mengantarkan rangsangan dari alat indera ke otak. Memang itu pengertiannya.

XI SMA IPS 55. Jawaban : D Pembahasan : Berdasarkan bentuk butir-butir sitoplasma, sel darah putih dibagi menjadi dua macam yaitu: 1. Granulosit Inti sel darah ini bergranula. Granulosit terdiri dari :  eosinofil berfungsi sebagai fagosit  basofil  netrofil berfungsi sebagai fagosit 2.

Agranulosit Inti sel tidak bergranula. Agranulosit terdiri dari :  limfosit berfungsidalam mekanisme kekebalan tubuh  monosit berfungsi sebagai fagosit

56. Jawaban : A Pembahasan : Jaringan ikat berfungsi sebagai pengikat, penyokong, serta penghubung satu jaringan dengan jaringan lainnya. 57. Jawaban : B Pembahasan : Leukoplas adalah mengandung pigmen warna.

organel

sel

yang

tidak

58. Jawaban : A Pembahasan : Tekanan osmosis adalah tekanan yang dibutuhkan untuk mempertahankan kesetimbangan osmotik antara suatu larutan dan pelarut murninya yang dipisahkan oleh suatu membran yang dapat ditembus hanya oleh pelarut tersebut. Dengan kata lain, tekanan osmosis adalah tekanan yang diperlukan untuk menghentikan osmosis, yaitu gerakan molekul pelarut melewati membran semipermeabel ke larutan yang lebih pekat. Tekanan osmotik merupakan salah satu sifat koligatif larutan. 59. Jawaban : C Pembahasan : Retikulum Endoplasma (RE) kasar adalah suatu saluran halus sebagai tempat menempelnya ribosom yang melakukan proses sintesis protein. Fungsi dari saluran RE adalah mentransportasi protein yang sudah dibuat oleh ribosom. 60. Jawaban : B Pembahasan : Osmosis adalah perpindahan molekul air melalui membran semipermeabel dari konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah. Peristiwa masuknya air dan garam mineral terlarut ke dalam sel akar adalah fenomena osmosis karena konsentrasi air di dalam tanah lebih tinggi dibandingkan konsentrasi air di dalam sel akar.

P ENYEL ES A IA N KIM IA 61. Jawaban : D E

=hx

c λ

3 x 10

= 6,63 x 10-34 Js x

8

656 x 10

m/s 9

m

= 3,01 x 10-19 J 62. Jawaban : D Teori tersebut dkemukakan De Broglie Isinya : Elektron mempunyai sifat sebagian gelombang. 63. Jawaban : E Orbital dz2 terdiri dari satu balon terpilih yang terletak sumbu Z dan satu daerah berbentuk donat yang terletak pada bidang XY. 64. Jawaban : B No. Atom = proton (Z) = (p) Z = A – n = 45 - 24 = 21 e = p + 3 = 21 + 3 = 24 2 2 6 2 6 2 24KE = 1s 2s 2p 3s 3p 4s 3 2 2 6 6 1 5 24X = 1s 2s sp sp 4s 3d

3d1

65. Jawaban : E Golongan  sub kulit terluar s dan p jadi + p = 6 VI A Periode  kulit atom terbesar = 4 66. Jawaban : B

54. Jawaban : B Pembahasan : kelenjar eksoskrin adalah kelenjar yang aktif dan hasil sekresinya langsung dialirkan melalui salurannya tersendiri. Misalnya : keringat, air ludah dan enzim amilase pada mulut.

Super Bimbel GSC Si Pencetak Generasi Berprestasi

Halaman 35


Penyelesaian Soal

XI SMA IPS

3 d ℓ =2 n m=d

s = bisa + ½ ataupun -1/2

-2 -1 0 +1 -2

67. Jawaban : D Jika kulit terluar terdapat s dan d berarti merupakan golongan transisi. Jika kulit terluar terdapat s dan p berarti merupakan golongan utama. 68. Jawaban : B Ikatan hidrogen memiliki rumus H – F, O, N Contoh : H2O, HF & NH3 69. Jawaban : A 2 3 15P : [Ne] 3s 3p Supaya dapat membentuk 5 ikatan kovalen, maka 1 elektron dari orbital 3 s harus dipromosi ke orbital 3d. 3do

3p3 ↿ ↿ ↿

↿⇂

3p3 ↿ ↿ ↿ ↿

sp3d ↿ ↿ ↿

3d1 ↿ bipiramida trigonal

70. Jawaban : E Ionik = suhu titik leleh tinggi  larutan menghantarkan listrik. Kovalen non polar Suhu titik leleh rendah Larutan  tidak menghantarkan listrik. 71. Jawaban : B Endoterm : kalor mengalir dari lingkungan ke sistem. Jadi : Fotosintesis Pelelehan Dekomposisi termal 72. Jawaban : C MrCH4 = (12 + 4) = 16 gr/mol Jadi entalpi pembentukan CH4 = 55,6 kJ x 16 = 889,6 kJ Karena dibebaskan H (-) dan pada pembakaran memerlukan O2. 73. Jawaban : C E = Ep - ER Ep = 10 kJ ER = -100 Joule = -0,1 kJ E = 10 kJ – (-0,1 kJ) = 10,1 kJ 74. Jawaban : B q lar = m x c x T = (50 + 50) gr x 4,18 j/gk x (306,5 k – 300 k) = 100 gr . 4,18 j/gk x 6,5 k = 2717 J q reaksi = -q larutan = -2717 J mol HCℓ, n = v x m = 0,05 : x 1 mol/ℓ = 0,05 mol mol NaOH, n = v x m = 0,05 1 mol/ℓ = 0,05 mol karena nilai mol sama maka campuran ekuvalen H reaksi=

78. Jawaban (CH2)3 (g) C H2 Menjadi

:A + + +

9/2 O2 O2 ½ O2

  

3CO2 + 3C + 3H2 +

3H2O 3O2 3/2 O2

  

3C

3H2 

(CH2)3

+

3CO2 + 3H2O CO2 H2 O (CH2)3 + 9/2 O2 3CO2 3H2O

-a -b -c a -3b -3c

+

a - 3b - 3c

79. Jawaban : C H = [(C = C) + 4(C – H) + (H - Cℓ)] + [5(C – H) + (C - Cℓ) + (C – C)] = [(C = C) + (H - Cℓ)] – [(C – H) + (C - Cℓ) + (C – C)] = (146 + 103) – (99 + 79 + 83) = 249 – (261) = -12

hibridisasi 3s1 ↿

Mr C2H6O = 46 gr/mol O = -82,5 kJ (dilepas) Dit : H = ....? Jawab Q H = mol 82,5 kJ =  1650 kJ/mol 2,3 gr 46 gr/mol

1

x -2717 0,05 = -54340 J = -54,34 kJ

75. Jawaban : B Reaksi pembakaran metanol CH4 O(ℓ) + 1½ O2 (g)  CO2 (g) + 2H2 O(ℓ) H = Hof (produk) - Hof (pereaksi) = (Hof CO2 (g) + 2 x Hof H2O(ℓ)) – (Hof CH4O(ℓ) + 1½ x Hof O2 (g)) = [-393,5 kJ + 2 x (-286 kJ] – [-238,6 kJ + 1½ x 0 kJ)] = -726,9 kJ/mol 76. Jawaban : D 2NO(g) + O2 (g) 2NO2 (g)

 

N2O4(g) 2NO(g) + O2(g)

H = a kJ H = -2b kJ

2NO2(g)

N2O4 (g)

H = (a – 2b) kJ

77. Jawaban : E Dik : m C2H6O = 2,3 gr

Super Bimbel GSC Si Pencetak Generasi Berprestasi

80. Jawaban : C H2O  H - O – H =2 (O – H) 2 (O - H) = 220 kkal/mol (O - H) =

220 2

kkal/mol = +110 kkal/mol

P ENYEL ES A IA N M A TEM A TIKA 81. Jawaban : E

9 x 42,6 100 = 3,834 = 3,8

Harga jus buah =

82. Jawaban : C 4  5  2.6  7  8 4  5  12  7  8 x  6 1 1  2 1 1 6 1 Simpangan rata-rata = |4 – 6| + |5 – 6| + 2|6 – 6| + |7 – 6| 6 + |8 – 6| 1 = (2 + 1 + 2.0 + 1 + 2) 6 6 = 6 =1 83. Jawaban : B 5  2.6  2,8  9 5  12  16  9 x  7 1  2  2 1 6 1 S2 = ((5 – 7)2 + 2(6 – 7)2 + 2(8 – 7)2 + (9 – 7)2) 6 1 = (4 + 2.1 + 2.1 + 4) 6 12 = =2 6 84. Jawaban : C

6 Jumlah siswa =  fi i1 5x = 4 + 11+ 9 + x + 5 + 3 4x = 32 x= 8 jumlah siswa = 5x = 5.8 = 40

85. Jawaban : A

Halaman 36


Penyelesaian Soal n 5  8  9  12  6  7  3 50    25 2 2 2  25  22  Me  65,5   8  12   65,5 

3 .8 12

XI SMA IPS 92. Jawaban : D A = kerjadian muncul jumlah kedua mata dadu habis dibagi 5. Kemungkinan jumlah kedua dadu 5 atau 10 (1,4) (2,3) (3,2) (4,1) n(A) = 7 (4,6) (5,5) (6,4) P(A) =

= 67,5 86. Jawaban : C Tb = 20,5 c = 5 d1 = 25 – 22 = 3 d2 = 25 – 21 = 4 Mo

3 = 20,5 + .5 3 4 3 = 20,5 + .5 7

87. Jawaban : D 4  2.5  2.6  2.7  8 48 x  6 8 8

s  s

1 (4  2  0  2  4) 8 1 (12)  8

3 2

3

1 6 2

2

x

2 2

88. Jawaban : B 30 Me = = 15 2 Me

 15  6  = 37,5 +  .5  9  = 37,5 +

9 .5 = 42,5 9

89. Jawaban : B 3 Q3 = x 60 = 45 4 Q3

 45  38  = 39,5 + 10    15   7  = 39,5 + 10    15  = 39,5 + 4,7 = 44,2

90. Jawaban : B 1 Q1 = x 32 = 8 4 Q1 Q1 Q1 Q1

 86  = 37,5 + 5    9 

2 = 37,5 + 5   9 = 37,5 + 1,1 = 38,6

91. Jawaban : C A = Kejadian muncul paling sedikit 2 gambar. n(A) = GGA, GAG, AGG, GGG = 4 n(A) 2 4 1 P(A) =    n(S) 23 8 2 Fh = P(A) x banyak percobaan 1 = x 600 2 = 300

n(A) 7 7   n(S) 62 36

93. Jawaban : D 5P5 = 5 . 4 . 3 . 2 . 1 = 120 94. Jawaban : A 20C15 = 20 C(20 – 15) 20.19.18.1 7.16 = 5.4.3.2.1 = 15.504 95. Jawaban : E

5.4  10 2.1 4.3 2B = 4C2 = 6 2.1 n(A) = 10 + 6 = 16 2 M = 5C2 =

12

n(5) = C 2

12! 12.1110!  10!2! 10!1.2 = 66 n(A) 16 P(A) =  n(S) 66 =

96. Jawaban : D

n! 7!  n1! x n2 ! x n3! x.... 2!3! 7.6.5.4.3! 7.6.5.4    420 2! 3! 2

P

97. Jawaban : B 5! 5.4! C54   5 (5  4)4! 4! 98. Jawaban : B Karena ada 4 orang disediakan 4 kotak 3 2 1 1 Jadi 3 x 2 x 1 x 1 = 6 99. Jawaban : E n(s) =7C3 =

7! (7  3)!.3!

7.6.5.5.4! 4!.3.2.1 = 35 Kejadian paling sedikit 2 kelereng putih 4C2 . 3C1 + 4C3 4! 3! 4!  .  (4  2)!2! (3  1)! 1! (4  3)3! 4.3.2! 3.2! 4.3!  .  2.1.2! 2!.1! 1.3!  6.3  4  22 n(A) 22  peluang =  n(S) 35 =

100. Jawaban : B 6! 6.5.4!  6C4 = (6  4)4! 2! 4!

30 2  15 

Super Bimbel GSC Si Pencetak Generasi Berprestasi

Halaman 37


Penyelesaian Soal

XI SMA IPS

P ENYEL ES A IA N B A H A S A INGGR IS 21. Jawaban : C Menyatakan pendapat 22. Jawaban : D Setelah “mind” diikuti “gerund” 23. Jawaban : C Setelah kata “agree” diikuti “to inf” 24. Jawaban : C Kata “the” menandakan bentuk yang diminta adalah “superlative” (paling)  adj + est  lightest 25. Jawaban : A Adverb  hard berfungsi menerangkan “it was rainning”. 26. Jawaban : B Titik kosong perlu diisi dengan adverb karena “clever” adalah “adjective/kata sifat” kata sifat didahului oleh adverb. 27. Jawaban : C Setelah “suggested” jika diikuti oleh objek maka memakai “to inf” tapi jika tidak diikuti objek maka memakai gerund. 28. Jawaban : C Setelah “miss” diikuti “gerund”, namun jika ada objek maka diikuti “to inf”. 29. Jawaban : C Setelah “miss” diikuti “gerund”, namun jika ada objek maka diikuti “to inf”. 30. Jawaban : D Titik kosong perlu diisi dengan adverb karena “clever” adalah “adjective/kata sifat” kata sifat didahului oleh adverb. 31. Jawaban : B Kalimat “You write … setelah verb “write” yang dibutuhkan adalah adverb maka bentuk adverbnya adalah carelessly. 32. Jawaban : A Penggunaan pola passive causative : (S + have + O + V 3) 33. Jawaban : C Conditional sentence menggunakan tipe 2 maka if clause (Simple Past) dan main clausenya dalam bentuk past future (would Inf). 34. Jawaban : D Conditional sentence menggunakan tipe 3 maka if clause (Past Perfect) dan main clausenya dalam bentuk past future perfect (would have V 3). 35. Jawaban : D Kata “for more” menunjukkan “durasi” (selama lebih dari 11 jam) maka pola yang tepat adalah present perfect continuous (have + been + Ving). 36. Jawaban : E Kalimat soal merupakan conditional sentence type 3, if – clause (Past Perfect tense  had + V3 dan main caluse (Past Future Perfect Tense  Would + have + been + V3 (passive)). 37. Jawaban : B Bentuk subjunctive memakai bentuk lampau. 38. Jawaban : D Aux-nya adalah “must” dan kalimat positif, maka tag-nya adalah “mustn‟t she”. 39. Jawaban : B Bentuk yang diminta adalah passive statement. 40. Jawaban : B Kalimat soal merupakan kalimat passive causative yang pola kalimatnya : S + Have + objek(thing) + V3 + ….  I have my hair cut

P ENYEL ES A IA N EKONOM I/ A KU NTA NS I 21. Jawaban : C Angkatan kerja merupakan penduduk di suatu wilayah yang masuk dalam usia kerja (di atas 15 tahun) baik yang bekerja maupun yang tidak bekerja (menganggur). 22. Jawaban : D a. Pengangguran struktural : pengangguran yang diakibatkan karena perubahan struktur ekonomi. Misalnya : dari agraris ke industri banyak tenaga yang tidak terpakai. b. Siklis / konjungtural : karena adanya perubahan naik turunnya gelombang ekonomi. 23. Jawaban : B Jenis pekerja menurut tingkatannya : a. Pekerja pendidikan : pekerja yang memiliki ilmu dan keterampilan yang didapat dari pendidikan. b. Pekerjaan keterampilan : tenaga kerja yang memiliki keterampilan yang didapatnya karena pelatihan atau kebiasaan. Misalnya : tukang batu, tukang kayu, sopir, dll. c. Pekerja kasar : tidak berpendidikan dan berketerampilan, misalnya : kuli angkut, kuli bangunan, dan tukang becak. 24. Jawaban : B a. Pembangunan ekonomi : proses penaikan PDB melebihi pertumbuhan penduduk sedangkan b. Pertumbuhan ekonomi : keadaan dimana nilai PDB / pendapatan nasional meningkat tanpa melihat pertumbuhan penduduk 25. Jawaban : B Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi yaitu :  Sumber daya alam yang dimiliki  Kualitas sumber daya manusia yang ada  Modal yang tersedia 26. Jawaban : C Fungsi pajak : a. Fungsi budgeter : pajak sebagai sumber penerimaan negara b. Fungsi alokasi : pajak digunakan untuk pembiayaan pembangunan c. Fungsi distribusi : pajak sebagai alat untuk meratakan pendapatan nasional d. Fungsi reguler : pajak digunakan untuk mengatur perekonomian misalnya untuk menaikkan harga barang 27. Jawaban : C Tujuan penyusunan APBN : sebagai pedoman penerimaan dan pengeluaran negara dalam pelaksanaan rumah tangga negara untuk kemakmuran rakyat. 28. Jawaban : B Kebijakan fiskal (anggaran) terdiri atas : a. Pembiayaan fungsional b. Pemberlakuan tarif pajak progresif c. Kebijakan ekonomi terbuka d. Anggaran surplus dan anggaran berimbang e. Segala yang berkaitan dengan penerimaan dan pengeluaran pemerintah 29. Jawaban : A Yang termasuk dalam kebijakan moneter dengan cara menaikkan atau menurunkan tingkat suku bunga disebut politik diskonto yang dilakukan oleh pihak bank. 30. Jawaban : D a. Sistem upah harian : dihitung per hari b. Sistem upah mingguan : dihitung jam kerja/minggu/pekan c. Sistem upah bulanan : gaji diberikan per bulan d. Upah borongan : gaji diberikan setelah menyelesaikan satau pekerjaan e. Gaji tahunan tidak lazim digunakan 31. Jawaban : C Ciri-ciri perusahaan jasa :  Tidak berwujud  Tidak dapat dipisahkan  Tidak dapat disimpan  Berubah-ubah

32. Jawaban : D

Super Bimbel GSC Si Pencetak Generasi Berprestasi

Halaman 38


Penyelesaian Soal Oktober 3 : Kas Piutang Modal Oktober 7 : Peralatan Utang

XI SMA IPS Rp1.000.000 Rp1.000.000 Rp2.000.000 Rp500.000 Rp500.000

33. Jawaban : B Pembayaran sewa secara tunai mempengaruhi jumlah kas (-) Rp10.000.000,00 dan sewa dibayar dimuka (+) Rp10.000.000,00. 34. Jawaban : A Aktiva tetap  aktiva yang masa berlakunya lebih dari satu tahun. Contoh : tanah, gedung, kendaraan, peralatan, dll. 35. Jawaban : E 1) Pembelian peralatan kredit Peralatan Rp xxx Utang 2)

3)

4)

5)

Rp xxx

Membayar beban gaji Utang gaji Rp xxx Kas

Rp xxx

Melunasi hutang Utang Kas

Rp xxx

Rp xxx

1) 2) 3) 4)

Prepatory stage  persiapan Play stage  meniru Game stage  siap bertindak Generalized  penerimaan norma kolektif

45. Jawaban : B Tipe sosialisasi : A. Formal  melalui lembaga yang berwenang B. Informal  terdapat di masyarakat Jadi, tipe sosialisasi Ana bersifat formal karena melalui lembaga pendidikan. 46. Jawaban : A A. Sosialisasi primer : dilakukan dalam keluarga dengan agen sosialisasi hanya dari keluarga B. Sosialisasi sekunder : kelanjutan dari sosialisasi primer, dengan agen sosialisasi teman bermain, sekolah, dan media massa 47. Jawaban : B Dasar pelapisan sosial : A. Kekayaan B. Kekuasaan C. Keturunan D. Pendidikan

Rp xxx

48. Jawaban : C Ciri kuantitatif (angka) : berat badan dan tinggi badan. Ciri kualitatif : warna kulit, rambut, bentuk kepala, warna mata, dll.

Pekerjaan yang belum dibayar Piutang Rp xxx Pendapatan Rp xxx

49. Jawaban : D Mayoritas penduduk di Asia Tenggara adalah ras malayan mongoloid.

Pengambilan pribadi Prive Rp xxx Kas

36. Jawaban : E Pembayaran beban mengakibatkan jumlah kas berkurang dan modal berkurang sejumlah Rp350.000. Persamaan akuntansi bukan jurnal umum).

50. Jawaban : B Dalam sistem kasta setiap kelompok dan anggotanya didasarkan pada keturunan sekaligus memiliki kedudukan dan peran yang berbeda dengan diikuti pekerjaannya.

37. Jawaban : E Komponen utang :  Sewa diterima di muka (utang bagi penerima sewa)  Pendapatan diterima di muka (utang bagi penerima pendapatan)  Utang gaji  Utang bank

P ENYEL ES A IA N P Kn

38. Jawaban : C Pembelian perlengkapan secara cicil mempengaruhi akun : Perlengkapan (+) Rp2.000.000 Kas (-) Rp1.000.000 Utang (+) Rp1.000.000 39. Jawaban : C Membayar angsuran utang + bunga mempengaruhi akun : Utang bank Rp2.000.000 Bunga Rp200.000 Kas Rp2.200.000 40. Jawaban : B Akun rill berisikan komponen berupa harta, utang, dan modal atau komponen neraca.

P ENYEL ES A IA N S OS IOL OGI 41. Jawaban : E A. Nilai material : segala benda yang berguna bagi manusia, misalnya : makan B. Nilai vital : sesuatu yang berguna untuk aktivitas manusia, misalnya motor untuk ke pasar C. Nilai spiritual : sesuatu yang berguna bagi rohani manusia 42. Jawaban : B Folkways (kebiasaan)  sesuatu bentuk perbuatan yang dilakukan berulang-ulang. 43. Jawaban : A Fungsi norma agama adalah memberikan pedoman bagi manusia menjalankan perilakunya di dunia dan sarana untuk berhubungan dengan Tuhan. 44. Jawaban : A Tahapan menurut George Herbert :

Super Bimbel GSC Si Pencetak Generasi Berprestasi

51. Jawban : C Politik dan budaya politik terkait dengan partai politik. Salah satu fungsi dari partai politik adalah memainkan peran sebagai agen sosial politik yang akomodatif. Dimana partai politik mampu menanamkan nilai-nilai dan norma-norma dari satu generasi ke generasi berikutnya dalam pembentukan budaya politik. 52. Jawaban : A Budaya politik merupakan perwujudan nilai-nilai politik yang dianut oleh sekelompok masyarakat, bangsa atau negara yang diyakini sebagai pedoman dalam melaksanakan aktivitas-aktivitas politik kenegaraan. 53. Jawaban : C Budaya politik parokial yaitu tingkat partisipasi politik yang sangat rendah, disebabkan oleh faktor kognitif, dimana anggota masyarakat cenderung tidak menaruh minat terhadap objek politik yang luas, bahkan sama sekali tidak menyadari adanya pemerintah dan politik. 54. Jawaban : B Demokrasi gabungan adalah demokrasi yang menggabungkan kebaikan serta membuang keburukan demokrasi formal dan demokrasi materil. Persamaan derajat dan HAM setiap orang diakui, tetapi demi kesejahteraan seluruh aktifitas rakyat perlu dibatasi. 55. Jawaban : A Demokrasi langsung yaitu sistem demokrasi yang melibatkan seluruh rakyat dalam pengambilan keputusan atau urusan kenegaraan. Contoh : pemilihan kepala desa secara langsung telah dikenal oleh masyarakat Indonesia sejak jaman dahulu kala. 56. Jawaban : C Demokrasi berasal dari bahasa Yunani, yaitu : demos artinya rakyat dan cratos (cratein) artinya pemerintah. Secara sederhana, demokrasi berarti pemerintah oleh rakyat, dalam hal ini kekuasaan tertinggi berada ditangan rakyat. 57. Jawaban : D

Halaman 39


Penyelesaian Soal

XI SMA IPS

Aristokrasi merupakan pemerintahan oleh beberapa orang bangsawan atau kaum cendikiawan yang dilaksanakan sesuai dengan pikiran demi kepentingan umum.

Palearktik, meliputi : wilayah-wilayah di Benua Eropa, Uni Soviet (Rusia), Jepang, laut Mediterania dan Afrika bagian paling utara. Contoh fauna : panda, unta, rusa, dan beruang kutub.

58. Jawaban : D Demorkasi adalah suatu bentuk pemerintahan dimana keputusankeputusan pemerintah yang penting baik secara langsung dan tidak langsung didasarkan pada kesepakatan mayoritas yang diberikan secara bebas dari rakyat dewasa.

71. Jawaban : A Kawasan suaka alam merupakan kawasan dengan ciri khas tertentu, baik di darat maupun di perairan yang mempunyai fungsi pokok sebagai kawasan pengawetan keanekaragaman tumbuhan dan satwa serta ekosistemnya yang juga berfungsi sebagai sistem penyangga kehidupan.

59. Jawaban : B Hak pilih pasif adalah hak untuk dipilih menjadi anggota badan permusyawaratan atau perwakilan (MPR/DPR) dalam pemilu. 60. Jawaban : C Adil, setiap pemilih dan peserta pemilu mendapat perlakuan yang sama serta bebas dari kecurangan pihak manapun. 61. Jawaban : B Hasil pemilu tahun 1955 berjumlah 272 orang (setiap anggota didukung oleh 300.000 suara) yang diikuti oleh 28 parpol. Ada 4 parpol yang memperoleh suara mayoritas yaitu : Masyumi (60 suara) PNI (58 suara) NU (47 suara) PKI (32 suara) 62. Jawaban : A Persyaratan pemilihan bagi warga negara Indonesia yang harus dipenuhi adalah : WNI yang berusia 17 tahun ke atas serta bertakwa kepada tuhan YME. 63. Jawaban : A Proses politik dimulai dengan masuknya input yaitu berupa kebijakan yang bersifat lebih umum. Selanjutnya dimasukkan kedalam proses pembuatan kebijakan yang diolah menjadi kebijakan atau keputusan. 64. Jawaban : D Negara yang menganut sistem politik totaliter bisa berbentuk rezim otokrasi (komunis). Contoh pemerintahan totaliter (komunis adalah, RRC, Vietnam, Korea Utara, Korea Selatam, Kuba, Italia pada masa Mussolini, Jerman pada masa Adolf Hitler, Uni Soviet pada masa Joseph Stalin. 65. Jawaban : A Dua fungsi utama sistem politik, sebagai berikut. 1. Perumusan kepentingan rakyat (Identification of Interest in The population). 2. Pemilihan pemimpin atau pejabat pembuatan keputusan (selection of leaders of official decision maker).

P ENYEL ES A IA N GEOGR A F I 66. Jawaban : A Lapisan tanah dalam merupakan bagian dari biosfer karena tanah sebagai media tumbuh dan berkembangnya tanaman serta organisme yang hidup di dalam tanah, tingkat kesuburan tanah berpengaruh terhadap persebaran tumbuhan dan organisme yang hidup di dalamnya. 67. Jawaban : A Biosfer adalah lapisan tempat hidup (habitat) makhluk hidup. Biosfer meliputi lapisan udara (atmosfer), air (hidrosfer), dan tanah (lithosfer). Ketiga lapisan tersebut saling berinteraksi dan membentuk lapisan biosfer tempat ditemukannya kehidupan di bumi. 68. Jawaban : D Hutan hujan tropis (bioma hutan basah) : tersebar di wilayah sekitar ekuator antara 100 LU – 100 LS, curah hujan antara 200 – 400 cm/tahun dengan ciri ketinggian pohon antara 20 – 40 m, vegetasinya berupa hutan belantara dengan tumbuhan heterogen, tingkat kerapatan tinggi, dengan wilayah persebaran : di Indonesia, dataran rendah Amazon (Brazil), Amerika Tengah, wilayah Afrika sekitar khatulistiwa, dan pulau Madagaskar. 69. Jawaban : E Flora kepulauan Wallacea, wilayahnya meliputi Indonesia bagian tengah atau pulau Sulawesi, kepulauan Nusa Tenggara, dan kepulauan Maluku. 70. Jawaban : A

Super Bimbel GSC Si Pencetak Generasi Berprestasi

72. Jawaban : C Komposisi penduduk dari sisi sosial memiliki karakter yang cukup luas, diantaranya dapat dilihat dari : tingkat pendidikan dan masing-masing penduduk, strata (kondisi) perekonomian penduduk, status perkawinan penduduk, dan agama yang diyakini oleh penduduk. 73. Jawaban : B Bentuk piramida sarang lebah atau granat (stationer) mencerminkan penduduk di negara Eropa, seperti : Jerman, Swiss, Spanyol, dan Belgia. 74. Jawaban : A Antroposfer diartikan sebagai lapisan tempat manusia hidup dan bertempat tinggal serta melangsungkan kehidupan di permukaan bumi. 75. Jawaban : A Ilmu kependudukan merupakan ilmu yang berusaha menjawab pertanyaan sosial tentang “mengapa” bentuk atau proses kependudukan (sebab terjadinya perubahan-perubahan variabel demografi) itu terjadi.

P ENYEL ES A IA N S EJ A R A H 76. Jawaban : B Arca berlanggam Amarawati India Selatan (abad 2 – 5 SM). 77. Jawaban : B Menurut teori Waisya menyatakan bahwa masuknya agama dan kebudayaan Hindu dibawa oleh golongan pedagang yang dikemukakan oleh N.J. Krom. 78. Jawaban : C Candi dalam agama Hindu biasanya dimanfaatkan untuk makam dan upacara beribadat. 79. Jawaban : A Kita Negara Kertagama adalah karya sastra yang dibuat oleh Mpu Prapanca. 80. Jawaban : C Ketiga dewa utama dalam agama Hindu (Trimurti) terdiri dari : Brahmana (menciptakan), Wisnu (memelihara), Siwa (merusak). 81. Jawaban : C Wangsakarta adalah pendiri dinasti untuk raja Aswawarman. 82. Jawaban : A Prasasti-prasasti dari kerajaan Tarumanegara yang ditemukan di Bogor : A. Prasasti Ciaruteun (Bogor) B. Prasasti kebun kopi (Bogor) C. Prasasti jambu atau prasasti pasir koleangkak (Bogor) D. Prasasti pasir awi atau pasir muar (Bogor) 83. Jawaban : A Sriwijaya mencapai masa kejayaan dan keemasan pada masa Balaputra Dewa. 84. Jawaban : B Nama asli Sunan Bonang adalah R. Makdum Ibrahim di Tuban, Jawa Timur. 85. Jawaban : A Faktor internal yang menyebabkan Islam mudah diterima di masyarakat adalah : 1) Islam tidak mengenal kasta 2) Syarat masuk Islam mudah dengan mengucapkan 2 kalimat syahadat 3) Upacara peribadatannya sangat sederhana

Halaman 40


Penyelesaian Soal

XI SMA IPS

P ENYEL ES A IA N M A TEM A TIKA

Mo = 37,5 +

3 .5 37 = 37,5 + 1,5 = 39 94. Jawaban : B 3 Q 3  x 60  45 4  45  38  Q 3  39,5  10    15 

87. Jawaban : D 4  2.5  2.6  2.7  8 48 x  6 8 8

1 4  6 2  25  6 2  26  6 2  27  6 2  8  6 2 8

1 4  2  0  2  4  8

1 12   8 3

s

2

x

2

2

 7   39,5  10    15   39,5  4,7  44,2

3 2 

6 1  6 4 2

88. Jawaban : D Persentase buruh = 100 – (40% + 20% + 10% + 20%) = 10% Banyak orang tua yang bekerja sebagai buruh : 10 x 180 = 18 orang 100 89. Jawaban : C n = 2 + 5 + 15 + 10 + 5 + 3 = 40 n 40   20 2 2 C = 8,5 – 3,5 = 5  20  7  Me = 13,5 +  5  15 

Mo = 70,5 +

13  10  13  10   13  6

. 10

3 . 10 37 = 70,5 + 3 = 73,5

30 35 40 45 50 55

– – – – – –

34 39 44 49 54 59

Nilai tengah (xi) 32 37 42 47 52 57

f i . x1 160 259 504 423 208 171

n

f x i

x

1

i1 n

f

i

i1

1 24  6 2  5  6 2  26  6 2  8  6 2  9  6 2 7 1  2.4  1  2.0  4  9  7 22  7  3,14

s2 

5

4

= 3 x 6 x 5 x 4 = 360

99. Jawaban : D A = muncul jumlah ke dua habis bagi 5 kejadian A terjadi jika jumlah keduanya 5 atau 10. Kemungkinan jumlah kedua dadu 5 atau 10 n(5) = (1,4); (2,3); (3,2); (4,1) n(10)= (4,6); (5,5); (6,4) 4 3 7 p(5  10) =   36 36 36 100. Jawaban : D A = muncul sisi angka dan mata uang dadu prima Kemungkinan kejadian A : (A,2); (A,3); (A,5) n(A) = 3 nA  3 3 1 1 = x 240 PA       maka f(h) nS  2 x 6 12 4 4 = 60 kali

1725  43,125 40

92. Jawaban : A 2.4  5  2.6  8  9 x 2 1  2 1 1 8  5  12  8  9  7 6

6

98. Jawaban : C Pengurus terdiri dari 5 jabatan, sehingga banyak cara pemilihan pengurus dari 7 orang calon adalah : 7! 7 x 6 x 5 x 4 x 3 x 2! 7P5 :  (7  5)! 2! = 7 x 6 x 5 x 4 x 3 = 2.520

91. Jawaban : C Frekuensi (fi) 5 7 12 9 4 3

96. Jawaban : E A = bola warna (biru, merah) = 4C1 x 5C1 = 4 x 5 = 20 (kuning, biru) = 3C1 x 2C1 = 3 x 2 = 6 (kuning, merah) = 3C 1 x 5C1 = 3 x 5 = 15 n(A) = 20 + 6 + 15 = 41 n(S) = 7C 1 x 7C 1 = 7 x 7 = 49 nA  41 PA    nS  49

3

= 70,5 +

Kelas

95. Jawaban : C nx  pq 39.45  1.q xb  , maka 46  n  p 39  1 46 . 40 = 39 . 45 + q 1840 = 1755 + q q = 1840 – 1755 q = 85

97. Jawaban : C Ada 4 tempat yaitu : ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan. 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6

= 17,83 90. Jawaban : C

.5

= 37,5 +

86. Jawaban : B Siswa = 50 4 + 12 + p + 11 + 9 = 50 36 + p = 50 p = 14

s

9  6 9  6  9  2

93. Jawaban : B

Super Bimbel GSC Si Pencetak Generasi Berprestasi

Halaman 41


Penyelesaian Soal

Super Bimbel GSC Si Pencetak Generasi Berprestasi

XI SMA IPS

Halaman 42

Kunci tryout  
Advertisement