Page 1

1

GRAPHIC STANDARD MANUAL Ida Ayu Made Nadya Saraswati | 201606002

Desain Komunikasi Visual ISI Denpasar


D A F I S T A I R

1 3 2 4 INTRODUCTION

COLOR PALLETES & TYPEFACES

Graphic Standard Manual & Purpose Statement About Dyasign

Color Palletes Typefaces Transisi/Logotype

LOGO SPESIFIC

GENERAL USE

Logo Logo Concept Logo Construction Clear Area & Scale Logo Format Logo Version Incorrect Use

Stationery Notebook T-Shirt Tote Bag


INTRODUCTION


4 Graphic Standard Manual & Purpose Statement Graphic standard manual adalah sebuah pedoman untuk menstandarisasi identitas yang telah dibuat. Tujuannya untuk menjaga konsistensi identitas (logo) tersebut agar tetap tampil baik dan tidak salah dalam penempatannya pada berbagai media branding. Manual ini menjegah terjadi kesalahan yang fatal dalam membangun brand (merek). Misalnya, warnanya yang tidak sesuai, atau logo tampil distorsi. Pedoman identitas juga dapat berfungsi untuk mengecek dan mengukur keaslian sebuah identitas, serta menghindari pembajakan. Buku manual ini berisi penjelasan mengenai identitas dari agensi desain Dyasign dan panduan penerapannya. Hak siar dari manual ini dimiliki secara eksklusif oleh Dyasign untuk digunakan hanya oleh perusahaan yang bersangkutan atau pihak yang secara resmi ditunjuk. Penggunaan atau penggandaan manual ini harus dengan izin Dyasign. Pembuatan manual ini diharapkan agar menjaga konsistensi dan integritas brand, serta mudah dikenali oleh konsumen atau klien di tengah-tengah persaingan yang cukup ketat.


5 About Dyasign Dyasign adalah agensi desain yang ada di Bali. Agensi ini membuat desain korporat, identitas, eksibisi, instalasi, website, desain produk digital, kemasan, iklan dan animasi. Dyasign berfokus pada koneksi antara brand dan klien dengan membuat desain yang dengan akurat menjelaskan keinginan tiap perusahaan. Agensi ini bertujuan untuk memperkuat hubungan antar klien dan kustomer melalui desain.


LOGO SPESIFIC


8 Logo Logo ini terdiri dari logogram berdasarkan bentuk dari katak pohon serta logotype (wordmark) “DYASIGN”. Wo r d m a r k “ D YA S I G N ” merupakan artwork digital dan BUKAN merupakan font sehingga tidak boleh diduplikasi menggunakan font standar. Selanjutnya, wordmark tersebut tidak boleh dimasukkan ke dalam teks.


9 Logo Concept Hewan yang menjadi bentuk dasar logo ini adalah katak pohon mata merah yang bentuknya disederhanakan lagi. Pada bentuk logo itu terdapat huruf D, Y, A yang berasal dari nama co-founder Dyasign (Nadya).

D

Y

A


10 Logo Construction Logo ini dibuat dengan teknik grid system serta circular grid khusus untuk logogramnya.


11 Clear Area Logo tidak boleh diberi visualisasi tambahan apapun di daerah clean area. Daerah ini mencakup x cm di sekitar logo dari bagian terluar untuk ukuran standar yang merupakan tinggi huruf N dari logotype.


12 Logo Scale Perbesaran maupun pengecilan logo harus dalam proporsi yang benar. Clean area mengikuti perbesaran dari logo jika ukurannya berubah. Perkecilan 50% dan 40% digunakan untuk stationery dan kartu nama.

50%

3,5 cm

7 cm 3,75 cm

40% 2,8 cm

Standar

7,5 cm

3 cm


13 Logo Version Ketika logo dtempatkan pada background berwarna, warna harus diusahakan selalu sesuai standar manual dengan pembanding Pantone Color Matching System. Beberapa versi warna logo yang digunakan ketika bertemu background dengan warna yang sama maupun pada media hitam putih seperti koran. Standar Postitif

Background Hitam Positif

Background Oranye Negatif

Background Hijau Negatif

Background Hitam Putih Negatif

Background Hitam Putih Positif


14 Incorrect Use Berikut adalah contoh penggunaan logo yang tidak tepat seperti warna background yang salah, proporsi dan penempatan yang tidak benar.


COLOR PALLATES & TYPEFACES


16 Color Palletes

Warna Primer

Warna Sekunder

PANTONE 375 CP R169 G200 B51 C46 M0 Y90 K0 # 8BC64B

PANTONE 166 CP R224 G108 B42 C0 M76 Y100 K0 # F16321

PANTONE 166 CP R224 G108 B42 C0 M76 Y100 K0 # F16321 PANTONE Yellow U R255 G232 B0 C0 M0 Y93 K0 # FFE700

White # FFFFFF

Black #000000


17 Logotype/Wordmark Logotype ini merupakan artwork digital yang bukan merupakan font. Dyasign adalah permainan kata-kata dari design dan Nadya. Desain wordmark ini diinspirasi dari kaki katak.


18 Typefaces

Bodytype 1 Eras Bold ITC

Bodytype 2 Verdana


GENERAL USE


20 Stationery


21 Note Book


22 T-Shirt


23 Building


THANK YOU


Biografi Penulis Ida Ayu Made Nadya Saraswati atau yang biasa disapa Nadya lahir pada tanggal 23 Maret 1998 berasal dari kota Denpasar, Bali. Pendidikan SD sampai SMP di Palembang kemudian melajutkan sekolah ke kampung halamannya. Ia memilih SMAN 1 Sukawati dan mengambil jurusan IPA sebagai pilihan untuk melanjutkan pendidikan, kemudian setelah lulus melajutkan ke perguruan INSTITUT SENI INDONESIA DENPASAR. Nadya mengambil jurusan Desain Komunikasi Visual karena ingin mempelajarai lebih dalam tentang desain. Buku ini dibuat untuk memenuhi tugas semester 4 mata kuliah Komputer Grafis.


Dyasign Logo Graphic Standard Manual  
Dyasign Logo Graphic Standard Manual  
Advertisement