Page 1


Cyber Media

Daftar Isi

Daftar Isi Daftar Isi.........................................1 Salam Redaksi......................2 Topik Utama............................3 Tutorial.............................................7 Konten............................................13 BLC Tips......................................21 Galeri BLC............................25

REDAKSI CYBERMEDIA INTERNET CLUB Pelindung : Dr. Bambang Suko Priyono.M.M Pembina : Eka Ardhianto,S.Kom,M.Cs Penanggung Jawab : Fitri Cahyanti Pimpinan Redaksi : Novi Fairuz Zuhria Editor : Eka Puji Lestari Layout : Ika Rinawati Redaksi : Departemen Internal Internet Club

Cyber Media BLC : Diterbitkan oleh UKM Internet Club Universitas Stikubank Semarang. Bagi perusahaan yang berminat bergabung dan bekerjasama dalam kegiatan Internet Club dapat menghubungi Redaksi. Redaksi terbuka dan menerima artikel atau naskah apapun. Naskah bisa berupa softcopy atau hardcopy dan dikirim ke alamat Redaksi : UKM Internet Club Lt.1 Universitas Stikubank atau email : cybermedia@internetclub.or.id

1

Broadband Learning Center


Cyber Media

Salam Redaksi

P

uji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat dan hidayah-Nya, kami tim redaksi Cyber Media dapat menerbitkan majalah Cyber Media BLC edisi kali ini. Kami selalu berusaha untuk memberikan informasi yang bermanfaat, menarik, dan ide-ide yang selalu berbeda setiap bulannya. Pada edisi kali ini, kami membahas mengenai Milis (Mailing List),alasan kami mengangkat tema ini yaitu untuk menambah pengetahuan para pembaca. Pembahasan milis ini mengerucut kepada salah satu penyedia Milis yaitu, Google Groups. Selain itu juga terdapat informasiinformasi yang kami harap bermanfaat seperti tutorial pembuatan milis, tips dan trik, konten speedy dan lainnya. Kami mohon maaf apabila terjadi kesalahan dalam penulisan ataupun penyampaian.

Selamat membaca.

Broadband Learning Center

2


Cyber Media

Topik Utama

Mailing List •

Pengertian

Milis atau kepanjangannya dalam yang dari bahasa Inggris disebut Mailing List adalah sebuah aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam grup melalui email di internet.

Layanan milis ini biasanya digunakan oleh organisasi, perusahaan, atau kelompokkelompok yang mempunyai banyak anggota di dalamnya dan memiliki kepentingan yang sama pula. Karena dengan menggunakan milis, informasi akan segera menyebar ke seluruh anggota yang terdaftar.

•

Sejarah

Milis dibentuk pertama kali di Indonesia pada tahun 19871988, yang pada saat itu internet belum populer seperti sekarang ini oleh beberapa mahasiswa Indonesia yang kuliah di luar negeri.

Secara sederhana, milis adalah daftar email yang mempunyai kepentingan sama antara satu anggota dengan yang lainnya. Setiap email yang dikirim ke alamat milis akan dikirimkan ke seluruh alamat email yang terdaftar sebagai anggota.

3

Broadband Learning Center


Cyber Media

Topik Utama

Milis yang terbentuk tersebut adalah indoensians@janus. berkeley.edu dan email ini menjadi salah satu email yang legendaris. Setelah saat itu, milis menjadi salah satu sarana yang dianggap ikut serta dalam berdirinya komunitas-komunitas di Internet.

Apa itu Google Groups?

•

Google Groups adalah salah satu penyedia layanan milis secara gratis dari google. Anggota milis dapat berdiskusi melalui website atau email. Meskipun gratis, tapi jangan salah. Google Groups memiliki banyak fitur-fitur menarik. Diantaranya adalah :

Jenis Milis

Terdapat dua jenis milis. 1. Daftar pengumuman. Milis jenis ini digunakan untuk menerima informasi- informasi berupa bulletin, majalah, iklan, buku dan lainnya. 2. Daftar diskusi. Pada jenis ini, anggota dapat mendownload dan mengupload data. Setelah itu disiarkan ke seluruh anggota untuk diskusi bersama.

•

1.

Groups search. Fitur ini digunakan untuk mencari grup milis yang tergabung dalam google groups.

Penyedia

Penyedia layanan milis saat ini adalah Yahoogroups.com dan Googlegroups.com. Pada edisi kali ini, akan dibahas salah satu penyedia layanan mailing list, yaitu Google Groups.

Broadband Learning Center

4


Cyber Media

Topik Utama 2.

Profiles. Fitur ini digunakan untuk menampilkan profil singkat dari milis. Misalnya jumlah anggota, deskripsi tentang milis tersebut, bahasa yang digunakan, kategori milis, hak akses anggota, jumlah arsip posting, dan masih banyak lagi.

4.

Starring thread. Fitur ini digunakan untuk mencari thread yang pernah dibicarakan sampai 200 item. Thread adalah sekumpulan topik diskusi yang saling terkait satu dengan yang lain. Thread tersebut akan ditandai dengan bintang di samping judul topik.

3.

Rating posts. Fitur ini digunakan untuk memberikan penilaian (dengan skala 1-5) terhadap posting

5.

Email masking. Fitur ini untuk mengunci atau menyandikan email agar tidak disalahgunakan oleh spammer.

6.

Group pages.

Fitur ini digunakan untuk membuat halaman yang berisi informasi di dalam grup mereka seperti pada halaman Wikipedia.

5

yang dianggap menarik. Semakin sering dibaca, postingan tersebut akan memiliki nilai rating semakin tinggi. Namun, penulis postingan tersebut tidak bisa memberikan penilaian kepada postingan mereka sendiri.

Broadband Learning Center


Cyber Media 7.

Topik Utama

Halaman-halaman Kelebihan : tersebut saling terkait satu sama lain melalui link. • Tampilan iklan dalam bentuk sederhana dan iklan lebih Favorit dan Folder. sedikit. Fitur ini digunakan untuk • Memiliki kuota email yang mengikuti melalui email. besar yaitu 5MB. Selain itu, Anda juga dapat • Mempunyai lampiran email di menemukan entri atau setiap arsipnya. postingan yang belum • Tampilannya seperti forum dibaca dengan cepat. diskusi individu.

Banyak sekali bukan fitur-fiturnya? Nah, selanjutnya adalah kelebihan dan kekurangan dari Google Groups. Kelebihan dan kekurangannya, sebenarnya tergantung pada masing-masing pemakai, karena pada setiap pemakai tentunya berbeda-beda pula seleranya.

Apakah tertarik menggunakan milis? Info yang lengkap akan dijelaskan di halaman berikutnya. Selamat membaca.

Berikut ini adalah gambaran umum mengenai kekurangan dan kelebihannya. Kekurangan : • Tidak memiliki jaminan keamanan database. • Pengaturan hak akses Author dan Moderator kurang detail.

Broadband Learning Center

6


Cyber Media

Tutorial

Tutorial Pembuatan Milis Setelah mengetahui mengenai milis dari halaman sebelumnya, tutorial ini akan membantu anda dalam pembuatannya. Berikut kami berikan langkah-langkahnya.

7

1.

Langkah awal adalah login dulu ke akun gmail.

2.

Setelah login ke akun gmail, Anda kunjungi google group dengan menulis groups.google.com pada address bar.

Broadband Learning Center


Cyber Media

Tutorial

3.

Klik buat group, pada kotak buat group untuk memulai pembuatan group milis.

4.

Form isian mengenai hal yang menyangkut group akan muncul. Isi form isian tersebut untuk melalukukan proses pembuatan milis. Pengisian form diantaranya :

a.

Nama Group, di form ini Anda harus mengisikan nama group yang akan dibuat.

b.

Alamat email group, mengenai alamat group yang akan dijadikan alamat milis. Nantinya anggota milis akan mengunjungi alamat group ini untuk mengakses milis. Penulisan alamat harus disambung dan tanpa spasi.

c.

Deskripsi group, penjelasan mengenai gruop yang Anda buat.

Broadband Learning Center

8


Cyber Media

Tutorial d.

Jenis group, ini akan menentukan jenis group Anda. Kami sarankan untuk memilih jenis group milis.

e.

Bahasa utama group, bahasa yang Anda pilih untuk digunakan dalam group Anda.

f.

Izin dasar, berisi mengenai hak akses posting, anggota group dan topik dalam group.

5.

9

Semua form telah diisi, maka Anda klik buat group pada kolom atas buat group.

Broadband Learning Center


Cyber Media

Tutorial

6.

Lakukan verifikasi chapter untuk melakukan proses selanjutnya.

7.

Milis yang Anda buat sudah berhasil. Untuk menambah anggota milis, Anda klik mengundang orang untuk bergabung dengan group.

Broadband Learning Center

10


Tutorial

11

Cyber Media

8.

Akan ada kotak dialog mengenai alamat email teman Anda yang akan diundang ke dalam group.

9.

Klik undang teman untuk melakukan proses undang teman.

Broadband Learning Center


Cyber Media

Tutorial

10.

Undang teman telah berhasil. Lakukan ini sebanyak yang Anda inginkan untuk menambah anggota digroup Anda.

11.

Proses pembuatan milis telah selesai. Semoga Milis yang Anda buat nantinya akan bermanfaat untuk Anda dan anggota group Anda.

Selamat berdiskusi dan sharing informasi dengan milis.

Broadband Learning Center

12


Konten BLC

Cyber Media

KANAL BOLA

Sebagai apresiasi kepada penggemar olahraga sepakbola di Indonesia, PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom), meluncurkan website khusus untuk para bolamania : www.kanalbola.com. Melalui situs ini para bola mania dapat mengakses berbagai informasi mutakhir seputar kompetisi sepakbola di berbagai belahan dunia, termasuk Liga Champion 2013.

www.kanalbola.com juga merupakan landing page Telkom untuk mendeliver kompetisi sepakbola internasional terutama Liga Champion melalui layanan internet broadband Speedy. Jadi pelanggan Speedy kini memiliki alternatif untuk menikmati kompetisi sepakbola bergengsi tanpa harus pergi ke tempat dimana diselenggarakannya kompetisi sepakbola tersebut.

13

Broadband Learning Center


Cyber Media

Konten BLC

Melalui www.kanalbola.com tersebut pelanggan Speedy secara eksklusif dapat menikmati berbagai informasi sepakbola termasuk streaming siaran langsung Liga Champion. Selain TV streaming, pelanggan Speedy juga bisa menikmati news update, foto-foto, jadwal pertandingan, goal klip serta komentar-komentar dari komunitas pencinta sepak bola. Konten-konten eksklusif yang terdapat dalam situs www.kanalbola. com tersebut diperuntukan khusus bagi pelanggan Speedy dan harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Caranya: Ketik BOLA kirim ke 6768 dengan tarif Rp 2000/minggu.

Broadband Learning Center

14


Cyber Media

Konten BLC

Apa itu Qbaca??

Secara singkat Qbaca adalah ekosistem Buku Digital Indonesia. Bisa juga disebut sebagai perpustakaan Buku Digital Indonesia. Qbaca merupakkan perangkat bagi kita yang mencintai buku untuk dapat selalu membawa semua buku kesayangan kita, untuk dibaca dimana saja dan kapan saja. Bukan saja sebagai tempat buku-buku pendidikan disimpan dan untuk mudah diakses dari mana saja, tetapi juga interaksi pendidikan (lembar kerja, kuis, eksperimen) dapat diciptakan hidup di atas buku-buku digital. Qbaca adalah perangkat bagi kita yang menggemari budaya digital, agar dapat memanfaatkan gadget untuk mengeksplorasi berbagai informasi dan gagasan secara lebih mendalam daripada sekedar kicauan media sosial. Qbaca juga adalah ekosistem yang menggerakkan penulis buku, penerbit buku, pencipta konten digital, kreator visual, komunitas penggemar buku, hingga penggemar gaya hidup digital untuk berkolaborasi menciptakan nilai hidup baru bagi bangsa yang lebih baik dan lebih keren.

15

Broadband Learning Center


Cyber Media

Konten BLC

Di dalam Qbaca, terdapat : 1.

Koleksi buku-buku digital dari berbagai penerbit, baik buku gratis maupun buku berbayar.

2.

Toko tempat melakukan pembelian dan pembayaran buku. Saat ini pembayaran dapat dilakukan melalui ATM, Internet Banking, dan SMS Banking.

3.

Rak buku tempat meletakkan buku-buku yang telah dibeli atau diunduh gratis.

4.

Reader tempat membaca buku-buku secara nyaman, dengan fasilitas pengubahan ukuran dan jenis huruf.

Broadband Learning Center

16


Cyber Media

Konten BLC Di mana Qbaca dapat Diperoleh?

Bagi user, Qbaca dapat dinikmati sebagai aplikasi yang dapat dipasang di gadget, yaitu di smartphone atau tablet dengan sistem operasi Android atau Apple iOS (iPhone, iPod, iPad, dll). Qbaca dapat diperoleh secara cuma-cuma di: 1.

Android: Google Playstore. Gunakan kata kunci Qbaca.

2.

Android: Telkom Store. Gunakan kata kunci Qbaca.

3.

iOS: iTunes. Gunakan kata kunci Qbaca.

Bagaimana Cara Membaca Buku di Qbaca ?

17

1.

Install Qbaca di Android atau iOS.

2.

Lihat buku-buku di menu Store. Pilih buku yang dihendaki.

3.

Buku yang gratis dapat langsung diunduh dengan menekan tombol Free.

4.

Untuk membeli buku, lakukan proses registrasi untuk membuat sebuah account. Account dapat dibuat di aplikasi Android dan web Qbaca.com.

Broadband Learning Center


Cyber Media

Konten BLC

5.

Untuk aplikasi Android, buku yang berbayar dapat dibeli dengan menekan tombol yang berisi harga buku.

6.

Rencananya, buku juga dapat dibeli di web Qbaca.com yang masih sedang disiapkan.

7.

Pembayaran dapat dilakukan dengan membayar di ATM, Internet Banking, atau SMS Banking. Pembayaran dilakukan dengan menu [ Pembayaran | Telkom ] atau menu yang serupa di berbagai bank. Bayarkan pada nomor yang tertera pada “payment code� yang diberikan saat pembelian buku (misal 195950100195). Beberapa bank mengharuskan menambah angka 0 di depan payment code (misalnya menjadi 0195950100195).

8.

Buku yang telah dibayar atau yang diunduh gratis, akan tersimpan di rak yang dapat dilihat pada menu Shelf.

9.

Buku yang telah ada di rak dapat langsung dibaca. Jangan lupa:

a. b. c. d.

Buku yang telah dibeli dapat dihapus dari device dan kemudian dapat diunduh kembali kapan saja tanpa harus membayar ulang, selama menggunakan account yang sama. Buku yang telah dibeli dengan sebuah account di sebuah device, dapat diunduh kembali di device lain menggunakan account yang sama, tanpa harus membayar kembali. Satu account dapat digunakan untuk melakukan download buku di 5 device. Namun 1 device hanya dapat digunakan untuk login 2 account saja dalam 1 bulan.

Broadband Learning Center

18


Konten BLC

Cyber Media

Bagaimana Cara Menerbitkan Buku di Qbaca?

1.

Jika Anda adalah penulis, di tahap awal ini Telkom hanya dapat menyarankan Anda untuk menghubungi penerbit yang telah bekerja sama dengan Qbaca. Penerbit-penerbit tertentu akan memberikan kemudahan untuk penerbitan buku untuk Qbaca. Silakan tanyakan di menu Kontak Kami di Qbaca.com.

2.

Jika Anda adalah penerbit, siapkan TDP, SIUP, dan NPWP perusahaan. Berikutnya penerbit dan Telkom akan menyiapkan perjanjian kerja sama (PKS) termasuk pola revenue sharing. Hubungi menu Kontak Kami di Qbaca.com.

19

Broadband Learning Center


Cyber Media

Konten BLC

Apa Keunggulan Qbaca? 1.

Qbaca didukung oleh penerbit-penerbit buku Indonesia terkemuka, yang memiliki reputasi sebagai penerbit buku berkualitas tinggi. Qbaca juga didukung oleh komunitas- komunitas penulis, pembaca, reviewer buku, serta komunitas digital trendsetter di Indonesia.

2.

Qbaca menyediakan bacaan sehat. Konten-konten tidak mendidik tidak akan tersedia di Qbaca. Maka Qbaca merupakan penyedia bacaan sehat dan mencerdaskan bagi masyarakat Indonesia.

3.

Format buku Qbaca adalah EPUB3 yang terbakukan, sehingga mudah dipersiapkan oleh publisher. Format EPUB3 (baru diluncurkan tahun 2012) ini juga memungkinkan konten multimedia (animasi, video, konten interaktif) untuk dimasukkan ke dalam buku. Di samping itu, format ini memungkinan pengguna gadget berlayar kecil dan berlayar besar untuk menikmati membaca buku dengan kenyamanan yang sama.

4.

Di samping buku berbayar dan buku gratis, Qbaca menyiapkan model bisnis buku beriklan. Bagi pembaca, buku ini tampak seperti buku gratis dengan konten premium. Namun penerbit dan penulis tetap mendapatkan revenue yang diperoleh dari iklan. Iklan dipasang bukan sebagai banner, melainkan sebagai poster dalam halaman buku, yang temanya disesuaikan dengan tema buku.

Broadband Learning Center

20


Cyber Media

BLC Tips

Tips Mengamankan Password Milis

D

i halaman pertama, Anda telah membaca mengenai apa itu milis dan bagaimana cara pengoperasiannya.

Sepertinya kurang lengkap jika harus melewatkan beberapa tips mengenai password milis. Default password adalah password yang kita dapat pertama kali pada saat membuat milis. Password standar ini sebaiknya harus cepat diganti, karena tersedia dalam mesin vendor pembuatnya sehingga mudah dicari dalam google.

21

Tapi, tidak perlu khawatir karena password tersebut bisa diganti dengan selera Anda. Berikut tips untuk mengamankan password milis : 1.

Gantilah password Anda secara berkala.

Hal ini agar hacker sulit untuk menebak password Anda. Penggantian password ini bisa dilakukan seminggu sekali, sebulan sekali, dua bulan sekali, sesuai dengan keinginan Anda. 2.

Gunakan kombinasi huruf dan angka, agar tidak mudah untuk ditebak. Hal ini sangat berpengaruh dalam password karena semakin rumit password tersebut, akan semakin susah untuk membobol milis Anda.

Broadband Learning Center


Cyber Media 3.

4.

BLC Tips

Buat password serumit mungkin.Panjang password yang minimal 8 karakter, gunakanlah sebaik mungkin. Semakin panjang karakter password

5. Gunakan pertanyaan– pertanyaan rahasia, jika Anda tidak memiliki akun alternatif. Akun alternatif memang sangat penting, tapi tak usah khawatir bagi yang tidak mempunyai akun alternatif. Pertanyaan– pertanyaan rahasia bisa digunakan untuk menggantikan Anda maka pengamannya akun alternatif Anda. semakin kuat. Tambah juga Misalnya, siapa teman dengan enkripsi seperti kecil Anda, Apa PGP key dan lainnya, tim olahraga favorit Anda, sehingga cukup sulit dll. untuk dapat menebak password tersebut. Sekian tips untuk mengamankan password milis Anda, semoga Jangan memberitahu berguna dan bermanfaat. siapapun tentang password tersebut meskipun orang itu adalah orang terdekat Anda.

Broadband Learning Center

22


Cyber Media

BLC Tips

Tips Memanfaatkan Milis Dengan Baik Mailing List atau yang sering disebut dengan milis merupakan alamat email yang digunakan dalam kelompok tertentu untuk bertukar informasi maupun data-data. Jika salah seorang anggota kelompok tersebut mengirimkan pesan ke sebuah milis, maka secara otomatis kiriman tersebut akan tersebar ke anggota lainnya. Milis itu sendiri mempunyai banyak manfaat untuk group maupun anggota dari group tersebut. Berikut adalah beberapa tips agar milis dapat dimanfaatkan dengan baik : 1.

23

Bertukar informasi antar anggota. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, milis dapat digunakan untuk mengirimkan informasi ke sebuah alamat dan secara otomatis akan tersebar ke anggota yang lain. Hal ini tentu saja akan bermanfaat bagi semua anggota yang terdapat dalam kelompok karena milis lebih efektif dalam penyebaran informasi.

Broadband Learning Center


Cyber Media

BLC Tips

2.

Milis sebagai media komunikasi. Dengan menggunakan milis, selain sebagai media bertukar informasi, milis juga bisa digunakan untuk sarana komunisai antar anggota. Karena milis juga menyediakan fasilitas chat seperti halnya G-mail.

3.

Milis sebagai media promosi. Selain untuk bertukar informasi, milis juga bisa digunakan sebagai media promosi. Promosi menggunakan milis tentunya akan mendatangkan banyak keuntungan karena anggota dalam milis jumlahnya tidaklah sedikit. Bahkan ada yang anggotanya berjumlah ribuan.

4.

Milis sebagai media diskusi. Karena dalam milis mempunyai banyak anggota, hal ini memudahkan untuk antar anggota jika ingin melakukan diskusi tanpa tatap muka. Selain menghemat waktu karena tidak harus menunggu sampai bertatap muka langsung, diskusi online juga hemat biaya. Hanya membutuhkan biaya paket data.

Itu merupakan beberapa tips memanfaatkan milis dengan baik, semoga artikel ini bisa membantu dalam mengelola dan menanfaatkan milis.

Broadband Learning Center

24


Galeri BLC

Cyber Media

Sosialisasi Internet Sehat: PKK RW 05 Kelurahan Tinjomoyo Sabtu, 20 April 2013

25

Broadband Learning Center


Cyber Media

Galeri BLC

BLC pelatihan Blog di SMP 10 Semarang 26 Februari 2013

BLC RRI Peserta Pendengar RRI 22 Februari 2013.

Broadband Learning Center

26


Galeri BLC

Cyber Media

BLC Pelatihan PHP Berbasis OOP Hari Pertama 16 April 2013.

BLC Pelatihan PHP Berbasis OOP Hari Ketiga 17 April 2013.

27

Broadband Learning Center


Cyber Media

Galeri BLC

BLC Pelatihan PHP Berbasis OOP Hari Kedua 18 April 2013.

BLC Pelatihan PHP Berbasis OOP Hari Keempat 19 April 2013.

Broadband Learning Center

28


NOTES : .................................................................................................................... .................................................................................................................... .................................................................................................................... .................................................................................................................... .................................................................................................................... .................................................................................................................... ................................................................................................................... ................................................................................................................... ................................................................................................................... .................................................................................................................... .................................................................................................................... .................................................................................................................... .................................................................................................................... .................................................................................................................... .................................................................................................................... .................................................................................................................... ................................................................ .................................................. ................................................................................................................... ................................................................................................................... ................................................................................................................... ................................................................................................................... ................................................................................................................... ................................................................................................................... ................................................................................................................... ................................................................................................................... ................................................................................................................... ................................................................................................................... ................................................................................................................... ................................................................................................................... ................................................................................................................... ...................................................................................................................

29

Broadband Learning Center


NOTES : .................................................................................................................... .................................................................................................................... .................................................................................................................... .................................................................................................................... .................................................................................................................... .................................................................................................................... ................................................................................................................... ................................................................................................................... ................................................................................................................... .................................................................................................................... .................................................................................................................... .................................................................................................................... .................................................................................................................... .................................................................................................................... .................................................................................................................... .................................................................................................................... ................................................................ .................................................. ................................................................................................................... ................................................................................................................... ................................................................................................................... ................................................................................................................... ................................................................................................................... ................................................................................................................... ................................................................................................................... ................................................................................................................... ................................................................................................................... ................................................................................................................... ................................................................................................................... ................................................................................................................... ................................................................................................................... ...................................................................................................................

Broadband Learning Center

30


Cyber media blc v  

Cyber Media BLC V bertema Mailing List (MILIS)

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you