Issuu on Google+

Cyber Media Cyber Media BLC Edisi April /2012 Internet Club

Media Sharing Bersama

Google

search Engine

Tips

Menghindari Cyber Crime di Internet

Tutorial Browsing lewat Mozilla firefox atau Google chrome

Tips Menghapus Virus Komputer


Edisi April / 2012

Daftar Isi Daftar Isi ........................................1

REDAKSI CYBER MEDIA INTERNET CLUB

Salam Redaksi................................2 BLC Tutorial

Pelindung : DR. Bambang Suko P. M.M

-Browsing Melalui Google.............. ..3

BLC Kegiatan -BLC SLB N 1 Semarang.................9

BLC Konten -Speedy......................................... 10 -Pesona Edu................................. 11 -Tv Kabel....................................... 13

BLC Tips

Pembina : Eka Ardhianto, S.Kom, M.Cs Penanggung Jawab : Ahmad Fahrur Rois Pimpinan Redaksi : Putri Setyowati

-Tips Menghindari Cyber Crime..... 14

Editor : Orizya Sativa

-Tips Menghapus Virus Komputer..16 -Tips Mencari Artikel Melalui Google Chrom...............................19

Layout : Fadlil Muhammad T

BLC Galeri..................................... 21 BLC Notes...................................... 22

Redaksi Departemen Internal Internetclub

-Tips Download Via Youtube..........15

Cyber Media BLC : Diterbitkan oleh UKM Internet Club Universitas Stikubank Semarang. Bagi perusahaan yang berminat bergabung dan berkerja sama dalam kegiatan Internet Club dapat menghubungi Redaksi. Redaksi terbuka dan menerima artikel atau naskah apapun. Naskah bisa berupa softcopy atau hardcopy dan di kirim ke alamat Redaksi : UKM Internet Club Lt.1 Universitas Stikubank atau

email : cybermedia@internetclub.or.id

1

Broadband Learning Center


Salam Redaksi SALAM REDAKSI Puji syukur kehadirat Allah SWT karena berkat Rahmat dan HidayahNya kami dapat menerbitkan majalah Cyber Media BLC Edisi April /2012 ini. Kami selalu berusaha untuk bisa memperbaiki majalah ini dan memunculkan ide-ide yang menarik agar bisa berbagi pengetahuan atau ilmu dengan pembaca Cyber Media . Pada edisi Majalah Cyber Media BLC ini akan memberikan pengenalan Google, edukasi internet, dan konten-konten mengenai Speedy. Kami mohon maaf apabila ada kesalahan baik perkataan maupun penulisannya. Majalah Cyber Media BLC menampung kritik dan saran dari para pembaca. Selamat membaca

Broadband Learning Center

2


BLC Tutorial

Tutorial Browsing Melalui Mozilla Firefox atau Google Chrome 1.

Klik Start pada komputer atau laptop anda

2.

Pilih dan klik 2 kali Mozilla Firefox atau Google Chrome pada

desktop

3. Setelah muncul tampilan seperti di bawah ini kalian bisa browsing di box search

3

Broadband Learning Center


BLC Tutorial

Beberapa pengertian atau penjelasan dalam menu-menu

yang ada pada Google 1.

+Anda

Adalah menu jejaring sosial yang tersedia di Google . Anda

dapat berbagi dengan Google +, dan juga dapat berbagi hal yang tepat dengan orang yang tepat .

Contoh gambar akun Google +

2.

Telusuri

Jika Anda ingin mencari informasi-informasi maupun tutorial,

Anda dapat membuka menu telusuri tersebut seperti di bawah ini .

Broadband Learning Center

4


BLC Tutorial

Contoh telusuri.

3.

Gambar

Ini adalah aplikasi dimana Anda ingin mencari gambar atau

foto.

Contoh mencari gambar

4.

Maps

Maps adalah sebuah menu untuk mencari sebuah alamat atau

letak lokasi . Ini adalah peta sederhana yang di sediakan Google untuk kita agar lebih mudah dalam mencari lokasi saat kita sedang buta arah.

5

Broadband Learning Center


BLC Tutorial

5. Berita Berita adalah layanan yang disediakan Google untuk Anda yang ingin mencari berita secara update dan pasti Google memberikan berita yang terbaru dan akurat.

6.

Gmail

Gmail adalah salah satu layanan email dari Google untuk Anda mengirimkan sebuah data ke seseorang dan menerima email dari seseorang. Gmail merupakan salah satu media untuk membuat email .

Broadband Learning Center

6


BLC Tutorial

Tampilan seperti yang dibawah ini.

7.

Document

Document adalah layanan dari Google untuk membuat

berbagai pekerjaan dengan Google documents.

8.

Kalender

Kalender ini adalah pengingat untuk Anda mengatur jadwal dan berbagi info acara dengan teman-teman, ini merupakan cara praktis untuk memudahkan Anda.

7

Broadband Learning Center


BLC Tutorial

9.

Terjemahan Terjemahan ini sangat sering dipakai oleh pengguna Google

untuk menerjemahkan bahasa-bahasa asing yang mungkin tidak dimengerti.

Broadband Learning Center

8


BLC Kegiatan Asyiknya BLC di SLB N 01 Semarang

peserta sangat antusias, ini dilihat dari isi email yang dikirim dan

juga dari respon yang diberikan. Acara tidak terasa membosankan amis, 22 Maret meskipun banyak kendala karena 2012 Internet Club keaktifan mereka. Meskipun bersama Telkom mereka memiliki keterbatasan, Speedy mengadakan acara tapi mereka tetap memiliki BLC di SLB N 01 Semarang. semangat dan prestasi yang tak Acara dimulai pukul 10.00 dan kalah. selesai pukul 12.00 dengan Diakhir acara, sempat peserta berjumlah 22 orang. diadakan foto bersama dan teman Materi yang disampaikan adalah - teman Internet Club juga belajar internet dasar. Peserta di bimbing bahasa isyarat dari mereka. untuk membuat email. Setelah Sungguh menyenangkan dan

K

banyak pelajaran yang didapat.

membuat email, para peserta diharuskan mengiririm email kepada instruktur, yang dalam acara ini adalah Kak Rini. Para

9

Broadband Learning Center


secure,

SPEEDY

S

peedy merupakan layanan Internet Broad band via ADSL dari Telkom. Dengan jangkauan area yang luas, Speedy berhasil menjadi ISP yang paling banyak digunakan di Indonesia. Sudah sejak Mei 2008 ini layanan Telkom Speedy menaikkan kecepatan akses layanannya menjadi Up to 1 Mbps untuk Downstream dan 128 Kbps untuk Upstream.

BLC Konten

ini memungkinkan dilakukan share line dengan pengguna lainnya. Beberapa contoh layanan Speedy antara lain: POTS (analog voice), internet atau fast internet, transfer file, interactive service (online game, tele-shoping, telemedicine, dan lainnya), VoIP (Voice over IP), Broadcast TV, VOD, Audio/ video conference, dll.

PesonaEdu

Kelebihan dari Speedy

Koneksi Internet lebih cepat dibanding menggunakan analog modem. Koneksi ke internet dapat dilakukan setiap saat (dedicated connection). Saluran dapat dipergunakan untuk pembicaraan telepon dan akses internet pada saat yang bersamaan. Koneksi memiliki sifat highly reliability dan highly

Broadband Learning Center

PesonaEdu adalah suatu software yang mempunyai beberapa karakteristik diataranya yaitu, Pesona Fisika, Pesona Matematika, Pesona Sains. PesonaEdu ini digunakan sebagai alat pembelajaran yang digunakan oleh para guru untuk meningkatkan mutu pengajaran di Indonesia khususnya.

10


BLC Konten

Software PesonaEdu pada awalnya hanya diperuntukkan bagi Sekolah atau Institusi Pendidikan. Dalam perjalanan, banyak sekali guru dan orang tua murid yang menginginkan software PesonaEdu secara individu dengan harga yang terjangkau, sehingga sejak bulan Mei 2010 Pesona Edu me-release Software PesonaEdu VERSI ONLINE yang dapat dimiliki hanya dengan Rp. 5.000 per topik tiap minggu nya via online.

sekolah baik Sekolah Nasional maupun Sekolah Internasional dan telah diekspor ke 23 negara. Ada dua paket yang ditawarkan untuk tingkat SD, SMP dan SMA sebagai berikut :

Versi Bab • Merupakan konten pendidikan PesonaEdu yang dapat diakses dalam satuan bab. • Setiap judul bab terdiri dari beberapa halaman simulasi interaktif. • Ada 126 judul Versi Bab yang dapat Anda akses, dengan biaya Rp 15.000,-/Bab (belum termasuk PPN).

PesonaEdu online adalah aplikasi konten pendidikan online yang menawarkan multimedia, pembelajaran sesuai dengan Kurikulum Pendidikan Nasional dan bertujuan untuk menghadirkan konten pendidikan Versi Lengkap yang berkualitas baik di sekolah maupun di rumah. • Merupakan konten pendidikan PesonaEdu yang dapat diakses PesonaEdu ini adalah asli dalam satuan Volume. karya anak bangsa Indonesia yang • Setiap Volum terdiri dari 9 s/d dibuat sesuai dengan kurikulum 15 judul Bab yang merupakan pendidikan yang memiliki materi pelajaran untuk 1 tahun kualitas internasional. Sudah ajaran. dipakai oleh lebih dari 3.500

11

Broadband Learning Center


BLC Konten • Ada 12 Volum Versi Lengkap yang dapat Anda akses dengan biaya Rp 125.000,/ Volum (belum termasuk PPN) . Konten Pesona Edu itu sendiri yaitu :

Prestasi telah di peroleh dari, Software PesonaEdu itu sendiri, yaitu telah meraih beberapa penghargaan dari ajang bergensi di dalam dan di luar negeri.

Pesona Matematika SD Penghargaan Dalam Negeri: • Pesona Matematika SD Vol. 3, 4 (untuk tingkat SD kelas3 dan 4) •The Best Educational Software • Pesona Matematika SD Vol. 5, 6 dari Kementrian •Pendidikan Nasional 2006 dan Pesona Sains SD 2007. • Pesona Sains SD Vol 5, 6 •Winner APICTA Indonesia (untuk tingkat SD kelas5 dan 6) kategori Education and Training. •Best of The Best APICTA Pesona Matematika SMP Indonesia. • Pesona Matematika SMP Vol 7, 8, dan9 ( untuk tingkat SMP Penghargaan dan Pengakuan kelas7, 8, dan 9 ). Luar Negeri: Pesona Sains SMP • Pesona Sains SMP Vol 7, 8, dan 9 ( untuk tingkat SMP kelas7, 8,dan 9 ).

•Meraih MERIT AWARD Education and Trainin Category dalam Asia Pacific ICT Award di Macau (diikuti 16 negara)

Pesona Sains SMA • Pesona Sains SMA untuk tingkat SMA kelas 10, 11, 12.

•Accredited by Promethean United Kingdom.

Broadband Learning Center

•APEC Digital Opportunity

12


BLC Konten

TV Kabel Dan TV Satelit

T

V Berlangganan (pay TV) sudah bukan hal yang baru di Indonesia. Konsumen pun punya banyak pilihan, mau yang menggunakan sistem kabel (cable tv) atau sistem siaran satelit (satellite tv). Kedua sistem mempunyai bangsa pasar yang sama, yaitu penikmat siaran TV berkualitas yang (umumnya) semua channel berasal dari luar negeri. Apa saja kelebihan dan kekurangan 2 sistem tersebut?

Jangkauan siaran : TV kabel hanya menjangkau area atau daerah tertentu. Itu pun selalu diawali dengan survey dahulu apakah daerah tersebut cocok dan banyak peminatnya. TV satelit menjangkau daerah terpencil, karena siaran satelit tidak mengenal blank spot.

Kelebihan TV kabel : TV kabel banyak mempunyai kelebihan, dalam hal nya sebagai layanan VOIS Speedy, penyimpanan DATA. TV kabel juga bisa mereplay sebuah berita yang sudah lalu atau yang sudah Peralatan yang dibutuhkan : lewat, sehingga kita bisa melihat Melalui TV kabel, moment-moment yang tertinggal biasanya peralatan yang dan yang tidak bisa kita lihat pada dibutuhkan hanyalah alat hari yang sudah lewat. penerima siaran digital (digital receiver). Sedangkan TV satelit Kualitas sinyal : selain membutuhkan receiver, Sinyal yang dipancarkan juga harus menggunakan piringan TV kabel bisa analog dan digital antena (biasa disebut antena karena daya tampung kabel yang parabola). terbatas, sedangkan TV satelit saat ini menggunakan sistem digital sehingga kualitas sinyal lebih jernih.

13

Broadband Learning Center


Jumlah saluran : 300 channel sanggup disalurkan melalui TV kabel, namun tidak semua berkualitas baik (karena gabungan antara analog dan digital). TV satelit mampu memancarkan 250 channel dengan kualitas digital, dan bisa bertambah tergantung kapasitas transponder satelit.

BLC Tips Tips Menghindari Cyber Crime

1. Cek password Anda jangan sampai orang lain mengetauinya, karena sangat berbahaya apabila orang lain mengetahuinya. Jika Anda ingin memberikan ID Anda kepada orang lain sebaiknya berikan kepada orang yang Anda Saluran TV yang bisa benar-benar percaya. diterima lumayan lengkap, mulai Jika anda login ke jejaring dari negara ASEAN sampai India, 2. China, Arab dan Afrika. Sebagian social contoh Facebook, Twitter, acara (termasuk film hollywood) Yahoo, dll jangan lupa untuk sudah di-dubbing (sulih suara) log out atau menutup akun Anda ke bahasa negara setempat, jadi tersebut. jangan bingung. Siaran yang ada Jangan mencantumkan di daftar acara Indovision juga 3. bisa ditangkap, namun tidak ada nama email ke dalam akun Anda gambar dan suara alias diacak contohnya akun Facebook. (scramble) yang artinya kita memang harus membayar ke 4. Jangan Anda mengkonfirm operator pay TV lokal untuk bisa teman yang Anda tidak kenal atau mungkin orang yang kurang jelas menikmatinya. asal usulnya karena kemungkinan itu adalah hacker. 5. Selalu buka akun Anda setiap saat karena kalau jarang sekali dibuka akun Anda akan sendirinya terblokir.

Broadband Learning Center

14


BLC Tips Tips Download Video Youtube Melalui Google

letaknya di bawah kotak video tersebut. Lebih jelasnya silakan amati gambar berikut ini

“Chrome Youtube Downloader” 1. Untuk mendownload menggunakan Chrome Youtube Downloader, kita masuk ke alamat http://www.chromeextensions. org/ 2. Lalu klik tombol Add to Chrome untuk memasangnya pada browser Chrome/Chromium yang Anda gunakan. Tombol tersebut ada pada bagian kanan atas (yang ada tanda +). 3. Usai penginstalan sukses, Anda akan dibawa pada halaman pengaturan. Pilih saja ‘Clasic Download’ pada opsi Button Style. 4. Setelah itu, silakan Anda buka salah satu halaman video di Youtube (yang ingin Anda download tentunya). Akan muncul tombol untuk mendownload yang

15

5. Jika tombol tersebut belum muncul, lakukan ‘playing’ atau putar dulu video ‘streaming’nya. Nanti pasti tombolnya akan muncul. 6. Nah, klik saja tombol download tersebut untuk segera melakukan pengunduhan video. 7. Pada list yang muncul ketika Anda mengklik tombol download-nya, silakan pilih kualitas/jenis/format video yang Anda inginkan. Lalu tunggulah proses download hingga selesai.

Broadband Learning Center


BLC Tips 8. Saatnya membuka memutar video yang telah Anda download. Silakan buka direktori tempat file hasil download disimpan (biasanya Chrome akan menyimpan di direktori ‘Downloads’), lalu putarlah videonya.

2. Komputer kadang-kadang mati sendiri. 3. Banyak pesan Error bermunculan pada komputer Anda tanpa diketahui dari mana datangnya.

Sumber : http://kafegue.com/ 4. Hilangnya programcara-download-video-youtube- program tertentu yang terinstal di komputer Anda di-google-chrome/

Tips Menghapus Virus Komputer

5.

Error Layar Biru.

Beberapa tips penting Virus komputer dapat untuk mencegah serangan atau menyebar melalui download virus komputer: internet dan dapat menyamar dalam perangkat lunak ilegal 1. Backup file penting atau file dan melalui media Anda setiap hari. Anda dapat penyimpanan seperti flashdisk, menggunakan CD dan DVD dan lain-lain. burner atau removable hard drive untuk me-back up file- file Anda Bagaimana cara mendeteksi komputer terkena virus? Berikut ini gejala-gejala kemungkinan komputer terkena virus: 1. Komputer berjalan sangat lambat dari normalnya.

Broadband Learning Center

16


BLC Tips 2. Buat harddisk Anda menjadi minimal dua partisi. Drive C untuk menginstal program-program dan drive lainnya untuk semua data Anda. Sebaiknya Anda tidak menyimpan file-file Anda “di My Documents� atau di “Drive C� untuk mencegah hilangnya data-data Anda jika komputer terinfeksi virus.

3. Scan komputer Anda seminggu sekali. Hal ini untuk mendeteksi hadirnya virus-virus di komputer Anda 4. Jika Anda ingin mentransfer data melalui media penyimpanan seperti flashdisk, harus di-scan terlebih dahulu. Untuk mendeteksi dan mencegah pemindahan virus ke komputer Anda.

meng-klik link atau lampiran yang mencurigakan. Langkah pertama untuk membersihkan virus dari komputer adalah dengan menginstal sebuah program perangkat lunak antivirus. Untuk virus yang sulit dihilangkan, seorang yang lebih ahli mungkin diperlukan. Untuk memiliki perlindungan terbaik untuk komputer, ide yang terbaik untuk menggabungkan program perangkat lunak antivirus besar dengan antivirus lokal untuk mengatasi virus-virus lokal yang juga banyak bermunculan.

5. Gunakan program antivirus berkualitas untuk pendeteksi dan pencegahan. 6. Pada saat menjelajah internet, hati-hati dan waspada untuk mendownload file atau

17

Broadband Learning Center


BLC Promo

Broadband Learning Center

18


BLC Tips

Tips Mencari Artikel Melalui Google Chrome

Buat temen – temen yang masih bingung dengan mencari artikel di internet jangan khawatir lagi, di Majalah Cyber Media BLC ini akan dijelaskan mengenai cara paling mudah mencari artikel. Langsung aja yah : 1.

Masukkan nama artikel apa yang akan dicari

2. Setelah itu double klik di artikel yang dicari atau bisa saja di klik kanan pada artikelnya kemudian pilih new tab. Seperti yang kita lihat pada gambar di bawah ini

19

Broadband Learning Center


BLC Tips 3. Setelah file nya di buka dan sesuai dengan yang anda inginkan maka Save file yang akan di simpan ke folder computer anda dengan cara klik kiri pada tanda seperti dibawah ini:

4. Pilih folder yang akan dipilih, setelah itu save ke folder yang di inginkan

5. Nah file kita sekarang sudah ke save ke computer kita, tinggal di buka aja di mana file tadi di simpan. Mudah bukan? Sekarang gantian kalian yang mencoba, oke. Good luck!

Broadband Learning Center

20


BLC Galeri

BLC di RRI Semarang

BLC di SLB Negeri Semarang, ketileng

21

Broadband Learning Center


NOTES

BLC Notes

.................................................................................................................... .................................................................................................................... .................................................................................................................... .................................................................................................................... .................................................................................................................... .................................................................................................................... .................................................................................................................... .................................................................................................................... .................................................................................................................... .................................................................................................................... .................................................................................................................... .................................................................................................................... .................................................................................................................... .................................................................................................................... .................................................................................................................... .................................................................................................................... ............................................................. ...................................................... .................................................................................................................... .................................................................................................................... .................................................................................................................... .................................................................................................................... .................................................................................................................... .................................................................................................................... .................................................................................................................... .................................................................................................................... .................................................................................................................... .................................................................................................................... .................................................................................................................... ....................................................................................................................

Broadband Learning Center

22


Daftarkan diri anda ke BLC melalui : http://bit.ly/blcsemarang

Supported by:

@CyberMediaMagz cybermediamagz http://issuu.com/cybermediamagz

Kritik & Saran : cybermedia@internetclub.or.id Broadband Learning Center


EDISI APRIL/2012