Page 1

inflight kids magazine of Lion Air

edisi 02

AYO kawan, dapatkah kau temukan 3 jejak kaki lain yang tersembunyi selain jejak-jejak kaki CUBBO ?

i


ii


N A DENG N A L A BERKEN A KIT MARI TEMAN-TEMAN CUBBO..!! TOMTOM

KIKI

PEMIMPIN UMUM

Makhfudz Sappe

REDAKSI

Richard Archie F.M Emmy Febrianti Ristiyono

CUBBO

PEMASARAN

Ririn Tri Astuti

DESAINER / ILUSTRATOR Richard Archie F.M Muhammad Saleh Hanif

KEUANGAN

Ade Kristanti

SIRKULASI M. Solichin

DITERBITKAN oleh

KIBOY FIDJI

PT. Bentang Media Nusantara

ADVERTISING

T. +62 21 9849 4404 F. +62 21 3151 668 email: majalahcubbo@gmail.com

Majalah Cubbo

1


2


3


WARNAILAH

t! Cubbo suka Lihat, teman-teman, Cubbo punya banyak ketupa bira. Yuk, kita sekali dengan ketupat, lihatlah mukanya yang gem sama-sama warnai gambar Cubbo dibawah ini!

4


TELITI Suasana pasar di pagi hari ramai dan penuh warna. Para pedagang dan pembeli berkumpul, Pembeli telah siap dengan kantung dan tas mereka. Tapi ada 7 tas yang tak ada pemiliknya, Dapatkah kalian menemukannya? Lingkari tas-tas yang telah ditemukan.

5


FLORA

Ayo, teman-teman, siapa yang suka buah pisang? Kali ini, kita akan membahas pisang dan manfaatnya. Yuk, kita sama-sama lihat di bawah ini mengenai buah pisang!

pernahkah kalian melihat pohon pisang ? Pohon pisang merupakan tumbuhan berbatang lunak dari famili Musacecae. Umumnya, pohon pisang tumbuh di Asia Tenggara, Papua, dan Australia tropika. Pohon pisang tumbuh subur di iklim tropis panas dan lembab. Hampir semua buah pisang matang yang berasal dari pohon pisang memiliki warna kuning. Namun, ada juga yang berwarna hijau, jingga, merah, ungu, bahkan kehitaman. Buah pisang tersusun dalam tandan dan berkelompok seperti jari, yang kita sebut dengan sisir. Jenis-jenis pisang amat beraneka ragam, Beberapa contohnya adalah Musa acuminata, M. balbisiana, dan M. xparadisiaca.

klasifikasi ilmiah

Kerajaan

Plantae

Divisi

Magnoliophyta

Kelas

Liliopsida

Ordo

Musales

Famili

Musaceae

Genus

6

Musa


hasil- - hasil olahan pisang

pisang goreng

Buah pisang dapat dikonsumsi dengan berbagai cara loh, teman-teman. Selain dapat dimakan langsung, buah pisang dapat kita olah menjadi makanan lain seperti keripik pisang atau pisang goreng. Teman-teman juga bisa menambahkan buah pisang dalam susu sereal sarapan pagi, pancake, cake, dan sebagainya. Sebagai bahan tambahan dalam minuman pun bisa. Kita bisa membuat milkshake pisang, dan lain-lain. keripik

milkshake pisang

pisang

khasiat pisang Buah pisang sangat bergizi, lho. Pisang merupakan sumber energi karena mengandung karbohidrat. Pisang juga mengandung mineral penting, terutama kalium. Buah pisang baik bagi tubuh. Beberapa manfaat buah pisang adalah, baik dikonsumsi untuk penderita diare dan anemia (kekurangan zat besi). Pisang juga baik untuk kesehatan tulang dan ginjal kita.

Hebat juga ya, teman-teman, buah yang satu ini ! Mulai sekarang, ayo kita rajin mengonsumsi buah pisang, Karena selain lezat pisang juga banyak manfaatnya. Agar tubuh kita tetap sehat dan kuat!

7


COCOKANLAH

Semarang

8

Kutai ara Kartaneg

Dibawah ini terdapat tem pat-tempat w isata dari berbaga i daerah di INDONESIA . Dapatkah ka lian menuliska n dari mana kah asal tiap tem pat tersebut?

Sumatera Utara Sleman


PATTERN GAMES ies myster e v l o s s oves to he need w Fidji l o n d n a . th you, i w r teries e s h t e My g s o t rint s oot P F e h t e the dot w a r d to solv o Fidji t p l e h u clear to s t n i Can yo r p t the foo e? e k a m re thes a and s t n i r p se foot o h W ystery m ? s i h see t e t’s solv e l , n o Come er! togeth

suspect

no.1 CAT

suspect

no.2 BEAR

suspect

no.3 DUCK

9


STORY TELLING

I always

love my mom

story by : Emmy Febrianti

Those words always been said by Gwooble. Gwooble is a very funny little

monkey. For Gwooble, his mom is his everything. His friends were admiring other strong animals in the forest; Mr. Rauw the Lion with his big body and spiky hair, Mr. Rettle the Snake with his long and stripes body, and Mrs. Woly the Wolf with her strong teeth and fast legs. But for Gwooble, he admired his mom very much. “Why??”

The word was always been asked by his friends.

Gwooble, with a big smile on his face, answered. “My mom could rightly pick

the sweetest banana for me every time I’m hungry.” His friends just stared.

“My mom could sing for me the sweetest lullaby before I go to bed.” His

friend just mumbled.

10


“My mom could sweetly rub my tummy every time I got a tummy ache and

makes me feel better.” His friends just blinked.

“My mom could sweetly take me to swing from tree to tree and make me

laugh happily.” His friends just yawned.

“My mom could sweetly scratch my head every time I got itchy.” His friends

giggle.

“HAHAHAHAHA!”

“HIHIHIHIHIHIHI!” “HOHOHOHOHO!”

Those laughing words always burst out from his friends when they heard the

reasons. But Gwooble didn’t care.

“My mom is the sweetest hero ever. Being a hero is not always being strong,

but how you can make other people strong by giving them the love and care they need. That’s the real hero. And that is why

I always love my mom.”

And for us, Gwooble,

you’re very right !

11


an n ini dulu dikenal deng ta la Se i es w la Su si in Ibu kota prov assar merupakan ak M ta Ko . ng da an P g nama Ujun at Indonesia. Disini terdap di ar es rb te ta ko tu salah sa r . Selain suku Makassa beberapa ragam suku raja, Buton, Jawa, To s, gi Bu ku su ga ju ada a. Mandar, dan Tiong Ho

ahkotaAMakdassaar t Rum disebut rumah Tongkonan. Dalam ah adat di

Rum yang menyangkut pembangunannya ada beberapa hal penting dan bagianfalsafah kehidupan. Posisi rumah Tongkonan junjung tinggi bagiannya merupakan satu kesatuan yang men ian di dalam rumah keyakinan pada langit dan bumi. Bagian-bag ; diantaranya adalah Tongkonan terbagi atas beberapa penjuru ian Timur, Matampu di Ulunna langi di bagian Utara, Matallo di bag tan. bagian Barat, dan Pollo’na langi di bagian Sela

Baju Adat

Baju adat yang dikenakan perempuan Makassar disebut baju Bodo. Baju Bodo berbentuk segi empat dan memiliki lengan baju yang pendek. Baju Bodo juga dikenal sebagai salah satu busana tertua di dunia.

Alat Transportasi

Kapal Pinisi merupakan kapal yang dibangun oleh suku di Makassar. Terdapat dua tiang utama dan tujuh layar di dalam kapal Pinisi. Tujuh layar melam bangkan bahwa nenek moyang kita sanggup mengarungi tujuh samudra. Dalam proses pengerjaannya, kapal Pinisi me mbutuhkan beberapa prosesi khusus. Kapal Pinisi amat terken al, tidak hanya di Indonesia namun juga di seluruh dunia kar ena kekuatan , ukuran, dan bentuk kapal Pinisi yang gaga h.

12


Jelajah NUSANTARA

Tari Tradisional

Tarian tradisional asal Makassar dikenal deng an nama tari Pakarena. Tari Pakarena menggambarkan kisah mitos perpisahan antara penghuni negeri kahyang an dengan penghuni bumi dahulu kala. Sebelum berpisah, penghu ni negeri kahyangan mengajarkan penghuni bumi cara bercocok tanam, beternak, dan berburu. Kegiatan-kegiatan inilah yang men ginspirasi gerakan pada tari Pakarena. Tarian Pakarena diiringi musik yang hingar bingar dan memiliki karakterisitik tari yang enerjik.

Makanan Tradisional

Makanan tradisional masyarakat Makass ar adalah Coto Makassar. Coto Makassar terbuat dar i jeroan (isi perut) sapi yang direbus dengan jangka waktu ter tentu dan kemudian diberi bumbu-bumbu yang diracik secara khusus. Coto Makassar kemudian dinimati bersama ketupat atau “burasa�. Kelezatan Coto Makassar terkenal di seluruh Indonesia.

l adisionatau. Patung Tr Patung Tau tau terbuat dari dari Makassar adalah patung Tau

Patung tradisional yang berasal erminkan status dan kekayaan orang Makassar yang bambu atau kayu. Patung Tau tau dibuat untuk menc a diukir untuk menggambarkan jenis kelamin orang hany tau Tau ng patu lu, Dahu . dunia l ngga meni telah dibuat semakin rumit dengan menyerupai bentuk fisik yang telah meninggal. Namun kini, patung Tau tau terancam karena banyak pencuri yang tertarik orang yang telah meninggal. Saat ini patung Tau tau g Makassar mencoba untuk melindungi patung-patun untuk menjualnya ke museum-museum. Masyarakat Tau tau.

TEdong bonga

Kerbau sangat erat kaitannya dengan kebudayaan masyarakat Tana Toraja. Salah satu jenis kerbau yang cukup dikenal disana adalah Kerbau Tedong Bonga, yang hanya terdapat di Kabupaten Mamasa. Kerbau ini memiliki nilai jual yang cukup mahal, bisa mencapai Rp 150 - 200 juta perekor.

13


Suasana di dalam hutan ramai sekali ya, teman-teman! dapatkah kal dibawah ini dan mewarnai mereka? Yuk, kita mencari dan mewarnai

14


CARI dan WARNAI

lian menemukan binatang-binatang binatang-binatang lucu ini!�

15


m o imt T k Pa ya dan

Apel ajaibn cerita oleh :

Emmy Febrianti

Pada suatu hari, hiduplah seorang kakek tua yang kaya raya. Orang-orang

memanggilnya Pak Timtom. Pak Timtom badannya bulat dan besar. Pak Timtom hidup di rumah yang bulat dan besar, meski tinggal sendirian namun ia tak pernah kesepian. Karena Pak Timtom sangat ramah dan dermawan, orang-orang disekitarnya menyayanginya. Namun hanya satu anak laki-laki yang paling dekat dengannya, Moomoo. Moomoo anak yang selalu ceria. Badannya pun bulat. Namun Moomoo tidak seberuntung Pak Timtom. Moomoo hidup di rumah tua yang kecil bersama ayah ibunya. Mereka hidup sangat sederhana.

Semua hal mereka bagi bersama. Mereka saling bercerita tentang satu sama

lain. Pak Timtom selalu bercerita apa saja. Tapi ada satu hal yang tidak Pak Timtom ceritakan kepada Moomoo. Diantara semua barang berharga yang ia miliki di dalam rumahnya, ada satu barang yang paling berharga. Apel ajaib. Apel tersebut dapat mengabulkan satu permintaan, kalau kita mengucapkan permohonan kemudian memakannya. Pak Timtom merasa cemas, kalau ia menceritakannya kepada Moomoo, ia khawatir Moomoo suatu saat akan mencuri apel ajaib itu darinya. Maka Pak Timtom memutuskan merahasiakannya dari Moomoo.

Suatu hari Moomoo jatuh sakit. Ayah dan ibunya sangat sedih, begitu

juga Pak Timtom. Ia pun memanggil dokter, namun dokter berkata Moomoo sakit parah. Ia tidak akan bertahan lama lagi. Ayah, ibu, dan Pak Timtom semakin sedih. Malam hari disaat Pak Timtom terbaring di kasurnya yang empuk, ia berpikir. Apa yang harus ia lakukan untuk membuat Moomoo kembali sehat dan ceria seperti

16

sedia kala. Hanya ada satu cara. Pak Timtom segera bangkit dan mengambil apel


Cerita Anak

ajaib yang ia simpan di dalam toples kaca yang indah. Dalam hati ia memohon, “Tolong bantulah Moomoo agar cepat sembuh. Ia adalah sahabat terbaikku.�. kemudian ia memasukkan apel itu ke dalam toplesnya kembali dan menunggu pagi datang.

Saat matahari terbit, Pak Timtom bergegas pergi menjenguk Moomoo sambil

membawa toples berisi apel ajaib. Didekatinya Moomoo yang terbaring lemah di tempat tidurnya dan berkata, “Moomoo, makanlah ini. Ini apel ajaib. Kau pasti akan segera sembuh.� Lalu dikeluarkannya apel ajaib itu dari dalam toples dan memberikannya pada Moomoo. Moomoo tersenyum berterima kasih lalu memakannya. Ajaib! Seketika wajah Moomoo yang pucat kembali merona segar. Badannya yang lemah pun kembali bersemangat, ia sembuh seperti sedia kala. Moomoo sangat bahagia, begitu juga ayah, ibu dan Pak Timtom. Hati Pak Timtom merasa bahagia sahabat terbaiknya sembuh dan ceria seperti sedia kala. Ia menyadari satu hal. Apel ajaibnya memang sangat berharga, namun tidak ada yang lebih berharga melebihi seorang sahabat yang baik yang selalu ada untuk berbagi dengannya.

Bagaimana pendapat kalian, teman-teman? Kalian setuju kan dengan Pak Timtom?

17


MARI BERHITUNG uan kalian, Kiboy memerlukan bant lian membantu teman-teman! dapatkah ka tematika yang memasukkan simbol ma angka 5? tepat untuk menghasilkan

18


CARI dan WARNAI

rlomba balap karung Cubbo, Tomtom, dan Kiki sedang be angatnya. memperingati 17 Agustus dengan sem

Dapatkah kamu menemukan

7

perbedaan pada gambar mereka

?

Carilah perbedaannya dan

warnailah gambarnya

supaya mereka terlihat lebih meriah..!! 19


FAUNA

Si Kadal Terbesar di dunia Teman-teman, tahukah kalian apa itu komodo?

Kelas Reptilia Spesies Varanus komodoensis

Komodo (Varanus Komodoensis) adalah kadal terbesar di dunia ! Komodo berasal dari Indonesia. Panjang tubuhnya mencapai 2-3 meter. Berat tubuhnya mencapai 70 kilogram dan bahkan ada yang mencapai berat 166 kilogram. Wah, hebat sekali ya, teman-teman!

Komodo memiliki 60 buah gigi yang tajam dan lidah yang panjang. Di dalam mulut mereka terdapat bakteri mematikan. Ukuran tubuh komodo jantan lebih besar daripada komodo betina. Komodo tidak memiliki indera pendengaran, namun mereka mampu melihat hingga jarak 300 meter!

1,7 meter

Âą2-3 meter

20

Perbandingan ukuran Komodo dan Manusia Dewasa

Famili Varanidae GOLONGAN Karnivora

(Pemakan Daging)


Status Konservasi Aman

Kritis Terancam Punah Punah

Pulau Komodo

Komodo hidup di Pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Gili Dasami di Nusa Tenggara. Namun komodo merupakan salah satu hewan langka. Habitat mereka menyusut karena banyaknya aktifitas manusia di sekitar mereka. Kini komodo dilindungi oleh pemerintah Indonesia. Pemerintah mendirikan Taman Nasional Komodo. Komodo merupakan hewan dalam kelompok reptil. Kakinya sangat kuat, mampu berlari dengan kecepatan 20 kilometer per jam dalam jarak yang pendek! Mereka juga mampu menyelam hingga kedalaman 4,5 meter dan ahli dalam memanjat pohon! Semoga kelestarian komodo tetap terjaga ya, teman-teman. Kita pun bisa ikut membantu dengan mulai peduli terhadap kelestarian dan kebersihan lingkungan di sekitar kita. Ayo, kita sama-sama menjaga kelestarian hayati Indonesia!

Tekstur permukaan kulit Komodo.

Tahukah Kamu ? Pulau Komodo masuk dan ditetapkan menjadi salah satu dari

NEW 7 WONDER of NATURE (7 KEAJAIBAN ALAM di DUNIA)

21


FAUNA PURBAKALA

ba?

Teman-teman, siapa yang tahu mengenai hewan pur

Bagi kalian yang tahu, pasti kalian mengenal hewan purba yang satu ini. Benar sekali, Tyrannosaurus Rex atau yang biasa disebut T-rex. Wah, rupanya menyeramkan, ya. Tapi teman-teman, jangan takut. Hewan purba ini sudah tidak lagi bisa kita jumpai saat ini. Yuk, kita sama-sama baca fakta-fakta mengenai T-rex. Tyrannosaurus Rex berasal dari bahasa Yunani. Tyrannos yang artinya kejam, Sauros yang artinya kadal dan Rex yang berasal dari bahasa Latin yang artinya adalah raja. Tinggi tubuhnya dapat mencapai 12,5 meter dan beratnya dapat mencapai 40-70 ton. Besar sekali ya, teman-teman !

1

perbandingan ukuran T-Rex dan manusia

2

Tyrannosaurus hidup dengan memangsa dinosaurus pemakan tumbuh-tumbuhan atau yang disebut dengan herbivora, seperti Triceratops dan Edmontosaurus. Tyrannosaurus Rex memiliki gigitan terkuat diantara hewan darat lain yang pernah ada !

3

22

Meskipun Tyrannosaurus Rex memiliki kepala dan tubuh yang besar, namun tangannya berukuran kecil. Tyrannosaurus Rex mengunakan tangannya untuk bangkit dari tanah ketika mereka berbaring.

Tunggu pembahasan hewan purba pai berikutnya di edisi mendatang, ya! Sam jumpa, teman-teman!


Permainan Anak Teman-teman, pernahkan kalian ikut serta dalam perayaan 17 Agustus? Dibawah ini terdapat beberapa contoh perlombaan yang diadakan untuk memperingati 17 Agustus. Yuk, kita lihat sama-sama!

Lomba Makan Kerupuk

Perlombaan ini memerlukan kerupuk putih yang biasa kita temukan di warung-warung dan tali rapia. Bentangkan tali rapia dan ikat di dua tiang dengan jarak tertentu sebagai tempat untuk menggantung kerupuk putih sebanyak jumlah peserta dengan memberi jarak yang cukup diantaranya. Peserta yang mampu menghabiskan kerupuknya terlebih dahulu adalah pemenangnya.

Tarik Tambang

Perlombaan ini membutuhkan dua kelompok. Anggota tiap kelompok biasanya lebih dari 3 orang. Tali tambang direntangkan dan ditarik dari dua arah. Di tengah-tengah tambang biasanya ditandai dengan kain atau pita yang diikat pada tambang tersebut yang menjadi tanda kelompok siapa yang menarik paling kuat dan menjadi pemenangnya.

Ini adalah perlombaan yang membutuhkan stamina dan keseimbangan. Para peserta harus masuk kedalam karung dan memakainya, seperti memakai sarung. Pada lintasan yang sudah disiapkan, para peserta harus melompat sambil tetap memakai karung. Peserta yang tiba lebih dulu di garis finish adalah pemenangnya.

Balap Karung

Panjat Pinang

Lomba ini biasanya dilakukan oleh orang dewasa. Dibutuhkan satu batang pohon pinang yang tinggi dan telah dilumuri oli. Pada ujung atas tiang digantungkan bermacam-macam hadiah. Perlombaan ini sulit karena batang yang dipanjat licin karena oli. Biasanya banyak orang akan saling membantu satu sama lain untuk dapat memanjat. Jika berhasil sampai di atas, maka peserta dapat mengambil hadiah-hadiah yang telah disiapkan.

Balap Kelereng

Alat-alat yang dibutuhkan adalah sendok dan kelereng. Peserta harus mengigit pegangan sendok dan meletakkan kelereng pada ceruknya. Peserta berlomba menuju garis finish dengan tetap menggigit sendok dan berusaha agar kelereng tidak jatuh. Peserta tidak diperbolehkan menggunakan tangan mereka selama perlombaan berlangsung.


n o p e Tel

Teman-teman, pasti kalian semua mengenal telepon. Tapi apakah kalian tahu seluk-beluk mengenai telepon? Yuk, kita sama-sama cari tahu mengenai telepon. Telepon adalah berkomunikasi untuk menyampaikan pesan suara (percakapan). Telepon bekerja dengan menggunakan transmisi sinyal listrik dalam jaringan telepon, inilah yang membuat kita bisa berkomunikasi dengan sesama pengguna telepon lain.

SEJARAH TELEPON Telepon ditemukan oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1876. Ketika awal ditemukan oleh Graham Bell, telepon sebagai sarana komunikasi merupakan perangkat yang berat dan rumit. Namun sejak saat itu improvisasi terus dilakukan, sehingga telepon makin hari makin atraktif dan praktis sebelum akhirnya menjadi generasi telepon portabel, yang sudah tak asing bagi orang-orang di zaman sekarang ini. Telepon portabel tanpa kabel pertama kali dibuat

Alexander Graham Bell ( 1914 – 1919 )

tepatnya pada tepatnya tanggal 3 April 1973 di New York, Amerika Serikat, tapi sistem komunikasinya dicetuskan oleh seorang musisi jazz wanita bernama Teri Pall tahun 1965. Pall dianggap telah berjasa membuat terobosan untuk dunia telekomunikasi. Model 50 AL Candlestick Salah satu bentuk awal telepon dengan tombol putar yang telah diperkenalkan kepada publik pada tahun 1919. Model telepon ini yang dijadikan patokan bentuk telepon modern yang ada pada abad ke-20.

24


ASAL USUL BAGIAN-BAGIAN TELEPON Apakah kalian mengetahui bagian-bagian telepon? Ketika kita mengangkat telepon, bagian atas dari telepon adalah speaker. Speaker berguna untuk mengeluarkan pesan suara. Bagian bawah dari telepon adalah microphone, gunanya adalah untuk menyampaikan pesan suara kita kepada pengguna telepon yang sedang berkomunikasi dengan kita. Badan telepon terdiri atas tombol-tombol angka. Gunanya adalah untuk membantu kita menekan kode angka telepon yang kita tuju, agar kita bisa berkomunikasi dengan orang yang kita inginkan.

TELEPON MODERN

microphone

speaker tombol dial

Saat ini kita dapat menemukan beberapa jenis telepon. Seperti telepon rumah yang berada dirumah kita, telepon umum yang dapat kita temukan di tempat-tempat umum, dan telepon genggam yang dapat kita bawa kemana pun kita pergi. Saat ini telepon genggam berkembang sangat pesat dan hampir semua orang memiliki telepon genggam dengan berbagai bentuk dan warna. Wah, hebat ya, teman-teman!

macam-macam bentuk telepon modern

Telepon Umum

Telepon memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan kerabat dan teman-teman kita yang berada ditempat yang berbeda dengan kita, jarak dekat maupun jarak jauh. Telepon mampu membuktikan bahwa sejauh apapun orang-orang yang kita sayangi, kita tetap dapat berkomunikasi dengan mereka hingga terasa dekat. Luar biasa sekali ya, teman-teman!

25


PRAKARYA

Teman-teman, pasti semua sudah tahu ya seperti apa rupa telepon itu. Dengan telepon, kita dapat berkomunikasi dengan orang-orang yang berada di tempat yang berbeda dengan kita. Wah, pasti rumit sekali ya sebuah telepon itu. Tapi kita bisa membuat telepon sederhana, loh. Yuk, kita sama-sama membuatnya!

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

2 buah kaleng bekas

(Pastikan kaleng-kaleng tersebut sudah dicuci ya teman-teman),

Benang secukupnya

Korek Api

Cara membuat :

1

Paku

Lubangilah bagian bawah kaleng dengan menggunakan paku tepat di tengah-tengahnya.

2

Bukalah tutup kaleng bagian atas dengan hati-hati dan buanglah tutup kaleng tersebut.

26

Gunting

PERHATIAN! mintalah bantuan orang tua kalian dalam menggunakan benda-benda ini.


Masukkan ujung benang melalui lubang,

3

5 Ikatlah ujung benang pada korek api agar tidak terlepas dari lubang

4

6

Potong benang sepanjang yang kalian inginkan. Mintalah temanmu memegang salah satu kaleng. Bersama dengan temanmu, tegangkanlah benang dan cobalah berbicara melalui bagian atas kaleng yang telah dibuka. Mintalah temanmu untuk mendengarkan melalui bagian atas kaleng lain yang ia pegang. Cobalah untuk saling berkomunikasi.

Tarik benang untuk memastikan korek api tidak terlepas dari lubang

7 Pada ujung benang yang masih kosong ulangilah sama seperti tahap-1 sampai tahap ke-5 posisi benang yang benar

posisi benang yang salah

Apakah kalian bisa saling mendengarkan satu sama lain ? Seru sekali ya, teman-teman!

27


karyaku Cubbo dan kawan-kawan mengucapkan ter ima kasih pada teman-teman yang mengirimkan karyanya ke majalah Cubbo. Inilah beberapa hasil karya gambar teman-teman!

Nama : Fairuza Mayang Kinasih Kelas : 6 Umur : 10 tahun Sekolah : Sekolah Bogor Raya

Nama : Kelas : Umur : Sekolah :

daniel putra siagian 1c 5 tahun Ignatius Slamet Riyadi - Jakarta

Nama : Kelas : Umur : Sekolah :

28

Faranisya 2c 7 tahun SDN Petukangan - JakSel

Bagi teman-teman yang ingin karyanya dimuat, kalian bisa mengirimkannya ke tim redaksi majalah Cubbo di alamat :

Jalan Teungku Cik Ditiro 77 Menteng, Jakarta Pusat 10310


29


30

CUBBO edisi 2  

Teman-teman, Cubbo In-Flight Magazine edisi 2 telah hadir! Agustus ini, Cubbo dan kawan-kawan siap menemani teman-teman semua selama perjala...

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you