Page 1

inflight kids magazine of Lion Air Group

edisi 12

a


b


AN MARI KITA BERKENALAN DENG TEMAN-TEMAN CUBBO..!!

FIDJI

KIKI

CUBBO TOMTOM

KIBOY PEMIMPIN UMUM Makhfudz Sappe

REDAKSI Richard Archie F.M Emmy Febrianti Ristiyono Riman Saputra N PEMASARAN Ririn Tri Astuti

DESAINER / ILUSTRATOR Richard Archie F.M Riman Saputra N Muhammad Saleh Hanif KEUANGAN Ade Kristanti SIRKULASI M. Solichin

DITERBITKAN oleh PT. Bentang Media Nusantara ADVERTISING T. +62 21 9849 4404 F. 62 21 3151 668 email: majalahcubbo@gmail.com Majalah Cubbo

1


2


3


B e r i ta

RIDER KIDS HADIR DI

IMBEX 2013

Brand Pakaian Dalam Asli Indonesia – RIDER – hadir kembali di Maternity, Baby & Kids Expo (IMBEX) yang diselenggarakan di JCC, Assembly Hal – Senayan , Jakarta pada 22 – 24 November 2013 lalu, dimana sasaran eksibisi ini adalah keluarga, khususnya ibu dan anak. Partisipasi RIDER dalam rangka me-launching produkproduk baru yang berbeda dari koleksi RIDER sebelum nya.

When The Wind of Change Blows, some people build walls, other build windmills.

Tahun 2013 ini RIDER’s collection lebih berwarna dengan

Jakarta Kids Festival (JKF) adalah event anak dan keluarga

berbagai desain yang lebih bervariasi tentunya, kelengkapan

tebesar yang diselenggarakan oleh Femina Group pada

koleksi terbaru RIDER dapat di akses melalui website

tanggal 22 - 24 November 2013 di Kota Kasablanka, Jakarta.

rider.co.id

Salah satu acara yang menarik yaitu Mazda Doodle Time,

Dengan material yang berkualitas – 100% katun – dan

dimana kawan-kawan dapat menumpahkan imajinasi dan

koleksi yang bervariasi saat ini, sehingga selama pameran

kreatifitasnya dengan mencorat-coret mobil Mazda Biante.

para konsumen me-respon positif yang ber-dampak

Pembukaan JKF 2013 dibuka dengan Taman Dongeng,

terhadap penjualan yang baik. Selain open booth RIDER juga

pembacaaan dongeng di hadapan anak-anak perwakilan

melakukan berbagai macam acara berupa : LOMBA PUZZLE

PAUD-SD se-Jabodetabek oleh Yenny Wahid, Irfan Hakim,

dan lomba KIDS DANCE yang diikuti oleh para balita, RIDER

dan Pandji Pragiwaksono. Lebih dari 100 macam kegiatan

KIDS juga menghadirkan RIDER BOYS untuk memeriahkan

lainnya yang diadakan untuk anak dan keluarga di event ini.

acara. Para pemenang mendapatkan piala dan produk dari RIDER KIDS.

4

JAKARTA KIDS FESTIVAL 2013


TELITI sibuk Suasana di kampung koboi sangat ramai hari itu, semua orang ong beraktivitas. Diantara para penghuni kampung, terdapat 12 kant ntong emas yang tersebar. Dapatkah kalian menemukan kantong-ka tersebut? Lingkarilah tiap kantong yang kalian temukan!

12


FLORA

Merah buah

Pandanus conoideus

Teman-teman ada yang tahu buah merah? Buah merah adalah buah tradisional Papua. Biar kalian semua tahu, yuk kita baca bersama-sama artikel tentang buah merah ini!

Tekstur Kulit

Daging Buah Biji

daerah penyebaran BUAH MERAH

Klasifikasi Ilmiah

6

antae Kerajaan : Pl gnoliophyta Ma : Divisi : Liliopsida Kelas : Pandanales Ordo : Pandanaceae Famili : Pandanus Genus : P. Conoideus Spesies , ndanus conoideus Lam Nama binomial : Pa

Buah merah banyak terdapat di Jayapura, Manokwari, Nabire, dan Wamena.


ciri fisik BUAH MERAH

Bentuk Buah Merah adalah lonjong dengan kuncup tertutup daun buah. Buah Merah panjangnya mencapai 55 cm, diameter 10 hingga 15 cm, dan berat 2 sampai 3 kg. Saat matang berwarna merah marun terang. Tinggi tanaman buah ini dapat mencapai 16 m dengan cabang setinggi 5 hingga 8 meter yang diperkokoh akar-akar tunjang pada batang sebelah bawah. Hingga sekarang, Buah Merah tetap menjadi makanan sebagian penduduk Pulau Papua. Buah Merah ini dijadikan campuran makanan sehari-hari. Mereka memerasnya setelah membakarnya dengan batu. Sari Buah Merah hasil perasan ini mereka konsumsi bersama ubi, sayuran, dan bahan makanan lain. Dalam upacara bakar batu, hidangannya tidak lengkap tanpa buah merah.

Tahukah Kamu? Masyarakat Wamena, Papua, menyebut buah ini kuansu. Bagi masyarakat di Wamena, Buah Merah disajikan untuk makanan pada pesta adat bakar batu. Secara tradisional, Buah Merah berkhasiat dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti mencegah penyakit mata, cacingan, kulit, dan meningkatkan stamina. Buah Merah banyak mengandung antioksidan, beberapa zat yang meningkatkan daya tahan tubuh, seperti: asam oleat, asam linoleat, asam linolenat, dekanoat, Omega 3 dan Omega 9. Selain itu Buah Merah dapat memperlancar aliran darah ke jantung dan otak, juga meningkatkan produksi antibodi.

7


1

MATH PUZZLE

23

Fill the blank box with correct number to have a proper result! Do it thoroughly, it might be tricky but it’s fun! example :

the answer :

It might be difficult for the beginners but it is absolutely challenging to exercise our brains! Let’s try to do it!

5x5 challenge 7x7 challenge


WORD GAMES

FIDJI looks great on his suit! This is a must-suit for him whenever he explores and figures the mysteries. Can you arrange the letters properly and build a proper word for each part of his suit?

AHT

---

IFMRNIEGA

--------LBUBSBE

------EPPI

---AOCT

----

ABG

---

9


a Pot of

GolD Cerita : Emmy Febrianti

Ilustrasi : Richard Archie

Once upon a time, there was a very greedy old man. He lived in a small house, surrounded by forests. He was really rich. He lived alone in the forest because he did not want to meet people. “If I stay in town, many people will come and ask some help. I don't want to give any penny I have!“ One day, he was walking around the forest to find berries when suddenly he heard people had conversation. He tried to peep, and he shocked to see two little fairies talking. “There's a pot of gold! On the edge of the rainbow near that mountain!“ said fairy with curly hair, pointing the mountain next to the forest. “So you heard that news too! We should wait for the right time, the rainbow's not appear every day!“ said the fairy with a red hair. And they flew away with their small wings. The fairies did not know that the news was actually not true, there was a naughty forest-fairy who spread it.

10


STORY TELLING The greedy old man was so excited! “A pot of gold! I should wait for the rainy day, then the rainbow will appear. And I will take that pot!“. He thought that the news was true. So he waited and waited, until there came a rainy day. The old man was so happy when he saw the rainbow appear after the rain stops. He was running to the mountain as fast as he could, it took long time to arrive. When he arrived on the edge of the rainbow, he saw those two fairies flew closer to the pot. “Go away! Don,t touch it, it,s mine!“ the old man yelled with anger. The fairies were afraid and flew away, leave the pot behind. The old man happily took the pot and checked inside. He was shocked to see a honey comb inside with hundreds of bees. The bees were feeling threatened. They right away flew, attacked the old man with their stings. The old man was screaming, ran back to the forest. It took a long time to arrive at home. It took a long time to heal from those painful stings.

11


Jelajah NUSANTARA

PAPUA Mutiara Hitam di Ujung Timur Indonesia

PAPUA adalah provinsi terluas di Indonesia. Terletak di bagian tengah pulau papua atau bagian paling timur West New Guinea (Irian Jaya). Sejak tahun 2003 PAPUA terbagi menjadi dua provinsi; bagian timur bernama Papua dan bagian barat bernama Papua Barat. Pada masa pemerintahan Presiden Soeharto, Papua dikenal dengan nama Irian Jaya.

Hari jadi 1 Mei 1963 Ibu kota Jayapura Luas 309.934.4 km2 (119,666.3 mil²) Suku bangsa Papua (52%);Suku Aitinyo, Suku Aefak, Suku Asmat, Suku Agast, Suku Dani, Suku Ayamaru, Suku Mandacan, Suku Biak, Suku Serui, Suku Mee, Suku Amungme, Suku Kamoro , Non Papua/Pendatang (48%);Jawa, Bugis, Sunda, Makassar, Buton, Batak, Minahasa, Huli, Tionghoa Agama Protestan (51,2%), Katolik (23,42%), Islam (22%), Hindu (3%), Budha (0,13%) Bahasa Bahasa Indonesia dan 268 Bahasa Daerah Zona waktu Waktu Indonesia bagian Timur ( WIT )

Potensi Sumber Daya Alam Papua memiliki potensi sumber daya alam yang beragam, diantaranya tembaga, emas, minyak, dan gas. Disamping itu terdapat pula batu bara, marmer, pasir besi, nikel, dan krom. 90% wilayah Papua terdiri atas hutan yang memberikan kontribusi yang cukup besar bagi daerah melalui kayu bangunan dan kayu olahan.

Pariwisata Papua juga memiliki potensi wisata yang menarik. Salah satu yang dikenal adalah Gunung Jayawijaya yang memiliki salju abadi pada puncaknya. Objek wisata lain adalah Raja Ampat yang memiliki gugusan terumbu karang terindah, 75% dari jenis terumbu karang dunia ada di wilayah ini. Danau Sentani juga merupakan tempat wisata yang indah untuk didatangi, kita masih dapat menemukan burung bangau dan elang yang berada di sekitar kawasan danau. Kita pun dapat berperahu mengelilingi danau. Dan masih banyak beberapa tempat wisata lain yang ada di

Objek Wisata Danau Sentani, Merupakan danau vulkanik. Sumber airnya berasal dari 14 sungai besar dan kecil dengan satu muara sungai, Jaifuri Puay.

daerah Papua. Gunung Cartenz memiliki tinggi setinggi 4.884 meter di atas permukaan laut yang diselimuti salju abadi. Puncak gunung ini disebut “Piramida Cartenz�, dan juga Puncak Jaya, yang merupakan dataran tertinggi di Indonesia. Gunung ini adalah salah satu dari tujuh gunung yang dikenal sebagai Tujuh Puncak Dunia


Penduduk Asli Penduduk asli Papua terdiri atas 255 suku dengan bahasa yang berbeda-beda pada masing-masing suku. Diantaranya adalah Suku Aitinyo, Suku Aefak, Suku Asmat, Suku Agast, Suku Dani, Suku Ayamaru, Suku Mandacan, Suku Biak, Suku Serui, Suku Mee, Suku Amungme, Suku Kamoro dan lain lain

Tarian Tradisional Masyarakat pantai memiliki berbagai macam budaya tari-tarian yang biasa mereka sebut dengan Yosim Pancar (YOSPAN), yang didalamnya terdapat berbagai macam bentuk gerak seperti: (tari Gale-gale, tari Balada, tari Cendrawasih, tari Pacul Tiga, tari Seka,

Rumah Adat

tari Sajojo). Tari Cendrawasih

Terdapat berbagai macam rumah adat yang berada di daerah Papua. Salah satunya adalah Honai. Honai adalah rumah khas Papua yang dihuni oleh Suku Dani. Rumah Honai terbuat dari kayu dengan atap yang terbuat dari jerami atau ilalang. Honai dibangun kecil dan tidak berjendela bertujuan untuk menahan hawa dingin pegunungan Papua. Rumah Honai terbagi dalam tiga tipe, yaitu untuk kaum laki-laki (disebut Honai), wanita (disebut Ebei), dan kandang babi (disebut Wamai)

Flora & Fauna Endemik Daerah Papua memiliki berbagai macam jenis flora maupun fauna

Cendrawasih merah (Paradisaea rubra) adalah sejenis burung pengicau berukuran sedang, dengan panjang sekitar 33cm, dari marga Paradisaea. Burung ini berwarna kuning dan coklat, dan berparuh kuning

endemik. Fauna khas Papua antara lain Mambruk Victoria (Goura victoria), Kasuari Gelambir Tunggal , (Casuarius Unappendiculatus), Kanguru Pohon Mantel Emas (Dendrolagus Pulcherrimus), Burung Cendrawasih Merah (Paradisaea Rubra). Sedangkan flora endemik Papua yaitu Matoa (Pometia pinnata), Buah Merah (Pandanus Conoideus Lam).

Bagi masyarakat di Wamena, Buah Merah disajikan untuk makanan pada pesta adat bakar batu. Namun, banyak pula yang memanfaatkannya sebagai obat.

Salah satu senjata tradisional di Papua adalah Pisau Belati. Senjata ini terbuat dari tulang kaki burung kasuari dan bulunya menghiasi hulu belati tersebut.

Tifa merupakan alat musik khas Indonesia bagian Timur, khususnya Maluku dan Papua

Bahasa Selain panggilan, ada pula sapaan khas lokal. ‘Foimoi’ misalnya, biasa jadi sapaan khas warga Jayapura di Papua. ‘Foimoi’ bisa berarti selamat pagi, selamat siang, sampai jumpa lagi, selamat datang, semuanya! Dengan berkata ‘foimoi’ sambil tersenyum, warga Papua pasti menerima Anda dengan tangan terbuka. Bahasa Migani (Papua) : Amanai - Terima Kasih

13


AMEL CARLA Sekolah dan Syuting Sama-sama Enak

Ekspresi dan gerak-geriknya hampir selalu membuat gemas siapa pun yang melihatnya. Amel Carla —demikian sapaan akrab kawan kita yang bernama lengkap Amalia Nuril Aqmarina ini— mulai lebih dikenal publik saat membintangi tayangan komedi situasi Suami-suami Takut Istri pada 2007 di salah satu stasiun televisi Tanah Air. Amel lahir di Bontang, Kalimantan Timur, pada 21 Juli 2001. Semakin terkenal tentu membuat Amel makin sibuk, khususnya jadwal syuting. Amel tidak mau kesibukan syuting mengganggu belajarnya sehingga ia harus pintar-pintar membagi waktu untuk sekolah dan syuting karena sama-sama penting. Kata Amel, selama ini toh tidak ada masalah mengatur waktu belajar dan syuting meski kadang berlangsung hingga malam hari. ‘’Kalau Amel sih tetap mau jalanin dua-duanya, sekolah sama syuting kan sama-sama enak. Kalau Amel biasanya syuting setelah pulang sekolah. Jadi sebelum syuting Amel pasti belajar, biar ngga ketinggalan pelajaran,” ujarnya.

14

BIODATA Nama

Amalia Nuril Aq marina Panggilan

AMEL Lahir

Bontang, 21 Ju li 2001 Zodiac

Cancer

Seko

SMPN 41 Jakalah rta Ayah

(Kelas 1)

Qomaruzzaman Ibu

Oktarina

Ingin Jadi Model Apa sih cita-cita Amel kalau sudah besar nanti? Ternyata, menjadi seorang model. Amel merasa tidak susah kok menjadi model karena, katanya sih, cuma berjalan bolak-balik di atas catwalk. ‘’Jadi model itu enak. Cuma jalan dan pantes dilihat. Terus ganti baju, terus jalan lagi, selesai. Jadi gampang. Ya, kan? Kalau jadi model di catwalk, bagus kelihatannya. Jadi model itu baju-bajunya juga bagus banget,’’ celetuk Amel disambung tawanya yang lepas.


Profil Anak

Hehehe… Amel memang lucu dan menggemaskan. Walaupun bilang jadi model itu gampang, ternyata sekarang ini Amel kurang cukup percaya diri lho menerjuni dunia model. Kenapa ngga pede, Mel? Eh, ternyata karena Amel merasa agak gemuk. Namun ia tertarik kok menguruskan badan. Tapi itu nanti, bukan sekarang, karena saat ini Amel merasa justru keberuntungannya terletak pada tubuhnya yang subur. ‘’Kalau kurus, Amel nggak lucu lagi. Amel lebih pengin ninggiin badan. Kalau kurus, susah. Kalau tinggi, lemaknya ketarik ke atas. Jadi bisa jadi model,” celetuk Amel riang. Lagi-lagi ia tertawa lepas.

Takut Tidur Sendiri Berani dan lihai berakting di depan kamera, hehehe, ternyata Amel belum berani tidur sendirian lho. Padahal ia sudah punya kamar sendiri yang baru. Ya, jadinya tiap hari ia masih tidur bersama papa dan mamanya. Tapi kalau ditanya kawan-kawannya, sambil bercanda Amel selalu bilang sudah berani kok tidur sendiri karena punya kamar tidur baru. ‘’Terkadang Amel suka pamer aja kepada teman-teman suka tidur sendiri, padahal minta ampun penakutnya,’’ kata Amel, lagi-lagi disambung tawanya. TEKS & FOTO: CHAIRUL ABSHAR

Bawa Bekal ke Sekolah Setiap berangkat ke sekolah, Amel biasa dibekali uang jajan Rp 5 ribu oleh orangtuanya. Amel juga membawa bekal makan siang dari rumah lho untuk mengisi perut. Uang jajan biasanya dipakai membeli makanan ringan dan air putih bila pengin. ‘’Ya karena di sekolah sampai siang itu, aku bawa bekal makan.’’

Kok uang jajannya cuma Rp 5 ribu, Mel, bayaran jadi artis cilik kan gede? ‘’Soal bayaranku, semua itu diurus orangtua. Aku nabung untuk biaya sekolah ke luar negeri,’’ jawab Amel.

Wow, hebat dong Amel. Masih kecil sudah bisa menabung untuk biaya sekolah ke luar negeri. Tapi bukan Amel deh kalau tidak bisa tetap melucu meskipun serius. ‘’Aku sekolah ke luar negeri biar jadi orang bule. Aku juga mau les privat bahasa asing supaya bisa ke luar negeri,’’ tutur Amel.

15


Kurcaci yang Nakal

AarYnaOi j!u!gaa

W ny jadi Cerita : Emmy Febrianti gambar ini ! a it r e ! Ilustrasi : Richard Archie agar bcih menarik le Dahulu kala, jauh didalam hutan, hiduplah seorang kurcaci. Sang kurcaci gemar sekali menjahili binatang-binatang di hutan. Semua penghuni hutan merasa kesal, tapi karena kecerdikan si kurcaci, maka mereka hanya bisa diam menerima kenakalannya.

Sang kurcaci sering mencuri wortel

milik si kelinci, menjahili si kucing hutan dengan menceburkannya ke sungai, dan banyak lagi. Ketika ditanya mengapa, sang kurcaci seringkali berdalih. “Di wortel itu tak ada namamu! Mana kutahu itu milikmu!“ serunya ketika si kelinci menanyakan mengapa si kurcaci mencuri wortelnya. “Kau harus berani menghadapi rasa takutmu pada air!“ seru si kurcaci ketika si kucing hutan menjerit panik di dalam air.

Akhirnya binatang-binatang hutan berkumpul untuk memikirkan cara membuat si kurcaci jera. Mereka sampai pada kesepakatan. Sang kelinci memberi namanya pada setiap wortel. Si kucing hutan kini lebih waspada jika tengah berada di tepi sungai, bahkan ia sudah punya rencana jitu. Maka suatu kali si kurcaci kena batunya.


Cerita Anak

“Hey, kurcaci! Kau mencuri wortelku lagi!“ pekik si kelinci ketika si kurcaci mencabut sebuah wortel. “Bukan milikmu, tak ada namamu!“ sahut si kurcaci. Si kelinci langsung menunjuk nama yang terukir di wortelnya, “Lihat yang benar!“ si kurcaci kaget. Ketika ia melihat lagi semua wortel baik-baik, terdapat nama si kelinci pada setiap wortel. Maka ia menyerah dengan kesal.

Ketika ia berjalan pulang dan melewati sungai, bertemulah ia dengan si

kucing hutan. Si kucing hutan tengah duduk di tepian, berpura-pura terlihat serius menatap air. Sang kurcaci jadi ingin tahu, maka ia mendekati sang kucing hutan. “Apa yang kau lihat, sih?“ tanyanya. “Indah sekali. Ada sesuatu yang bersinar di dalam air!“ jawab si kucing hutan tanpa menoleh pada si kurcaci. Si kurcaci terperangah, dengan segera ia ikut memperhatikan air dengan seksama di tepian sungai. Ia menatap lekat-lekat, menunggu. Maka dengan segera si kucing hutan mendorongnya ke sungai. Kurcaci terjatuh ke air dan topinya terlepas, menampakan kepalanya yang botak dan bersinar terkena cahaya matahari. “Itulah yang bersinar di dalam air!“ si kucing hutan tertawa. Si kurcaci hanya bisa menjerit kesal.

Nah teman-teman, jangan sampai kita seperti si kurcaci ya. Hal-hal tidak baik yang kita lakukan, akan mendapat balasannya. Selalu bersikap baiklah terhadap sesama.


Permainan Anak Tradisional

Ular NAGA Ilustrasi : Muhammad S. Hanif

gerbang naga Ular gnya, . .. an panj epalang an k buk

yang , a y dian ng ,,,ini rbelaka te

Ular naga merupakan Permainan berkelompok yang dimainkan oleh

HOP..!!

minimal 4 hingga 5 anak, 2 orang sebagai pembuat gerbang (kirikanan), yang lainnya berbaris melewati gerbang tersebut Anak yang tepat berada di tengah-tengah gerbang pada saat lagu berakhir akan di tutup dan tertangkap. Dua anak yang menjadi gerbang dan anak yang paling depan pada barisan (induk) dengan semua anggota barisan berderet di belakangnya akan berdialog dan berbantah-bantahan dengan kedua “gerbang“ perihal anak yang ditangkap. Seringkali perbantahan ini berlangsung seru dan lucu,

keadaan tertangkap

sehingga anak-anak ini saling tertawa. Lalu anak yang tertangkap disuruh memilih di antara dua pilihan, dan berdasarkan pilihannya, ditempatkan di belakang salah satu “gerbang“.dan di berikan pilihan rahasia misalnya, “Pilih jambu atau strawberry?“ Untuk bergabung dengan kelompok gerbang kiri atau gerbang kanan. Siapa yang pengikutnya paling banyak dia lah yang menang.

Lagu untuk permainan Ular Naga Ular naga panjangnya, bukan kepalang Menjalar-jalar selalu kian kemari Umpan yang lezat, itulah yang di cari

18

Ini dianya, yang terbelakang

.. .? .. .

Pilih jambu ato strobe ri ?


WARNAILAH

Cubbo senang sekali dengan kupu-kupu. Ia senang menangkap kupu-kupu dan memperhatikan keindahan sayapnya, kemudian melepas kupu-kupu untuk terbang kembali. Warnailah Cubbo dan hewan kesukaannya dibawah in agar terlihat semakin menarik!

19


Cendrawasih

FAUNA

klasifikasi ilmiah

Bird of Paradise

Kerajaan

Animalia FILUM

Chordata Kelas

Aves

ORDO

Passeriformes FAMILI

Paradisaeidae SPESIES

Paradisaea apod

a

Burung Cendrawasih yang merupakan burung khas Papua, terutama yang jantan, memiliki bulu-bulu yang indah layaknya bidadari yang turun dari surga. Burung Cendrawasih Mati Kawat (Seleucidis melanoleuca) ditetapkan menjadi fauna identitas provinsi Papua. Dan beberapa jenis seperti Cendrawasih Raja, Cendrawasih Botak, Cendrawasih Merah, Toowa, dan Cendrawasih Kuning Kecil, telah masuk dalam daftar jenis satwa yang dilindungi.

Burung Cenderawasih memiliki bulu-bulu indah yang sangat panjang dari paruh, sayap atau kepalanya.

Burung Surga Bagi masyarakat Papua, burung Cendrawasih dipercaya sebagai titisan bidadari dari surga. Dulu burung ini dianggap sebagai burung cantik tetapi tidak berkaki. Mereka tidak akan turun ke tanah tetapi hanya berada di udara karena bulubulunya yang indah. Karena itu burung Cenderawasih terkenal dengan sebutan Bird of Paradise atau Burung Surga (Khayangan). Salah satu jenis yang terkenal adalah dari genus Paradisaea yang penamaannya berasal dari kata Paradise.

20


status konservasi Perburuan untuk mendapatkan bulu burung Cendrawasih dan perusakan habitat dengan menebangi hutan menyebabkan penurunan jumlah burung. Perburuan burung Cendrawasih untuk diambil bulunya yang dijadikan topi marak di akhir abad 19 dan awal abad 20. Namun sekarang burung Cenderawasih dilindungi dan perburuan hanya diperbolehkan untuk kebutuhan perayaan dari suku setempat.

Keindahan bulu yang dimiliki burung Cenderawasih oleh masyarakat Papua sering digunakan untuk pakaian adat mereka. Yang paling jelas terlihat ada pada topi mereka.

Burung Cendrawasih merupakan burung khas Papua. Burung dari surga ini mempunyai habitat di hutan lebat daerah dataran rendah yang dapat dijumpai di beberapa pulau di Indonesia bagian timur seperti Maluku dan Papua. Selain itu juga dapat ditemukan di Papua Nugini dan Australia Timur.

lokasi penyebaran cendrawasih

Keindahan bulu burung-burung Cendrawasih dimiliki burung jantan dengan warna cerah yang digunakan untuk menarik perhatian lawan jenis. Burung jantan ini akan memamerkan bulunya dengan tariantarian indah di atas dahan sambil bernyanyi, bahkan ada yang bergantung terbalik pada dahan.

tari CENDRAWASIH Mengisahkan sepasang burung Cenderawasih yang memadu kasih. Dalam Babad Bali, tari ini adalah kehidupan burung Cenderawasih di pegunungan Irian Jaya pada musim kawin. Tari Cenderawasih ditarikan oleh dua penari putri atau kelipatannya. Tarian ini di ciptakan oleh N.L.N. Swasthi Wijaya Bandem (yang juga sebagai penata busana dari pada tarian ini) dalam rangka mengikuti Festival Yayasan Walter Spies.

21


FAUNA PURBAKALA

n o l e h c Ar

Kerajaan Filum Kelas Famili Genus Spesies

Animalia Chordata Sauropsida Protostegidae Archelon Archelon ischyros

Archelon ischyrosN) (baca : AR-ke-LO

Archelon adalah hewan karnivora atau pemakan daging. Ia memiliki cangkang yang besar dan pipih, kakinya menyerupai dayung, leher yang panjang, rahang yang lemah, juga ekor yang pendek. Archelon tidak memiliki cangkang yang kokoh, yang ada hanyalah susunan tulang yang menyokong bagian karapisnya. Archelon mampu mengigit dengan kuat dan mengonsumsi ubur-ubur, cumi- cumi, dan semacamnya.

Umur Archelon dipercaya mampu mencapai 100 tahun! Spesimen Archelon pertama ditemukan di Dakota Selatan, di sekitar kawasan Sungai Cheyenne oleh G. R. Wieland pada tahun 1895. Fosil hewan ini yang terbesar ditemukan di Pierre Shale, juga di Dakota Selatan. Kini, fosil Archelon dipamerkan di Museum of Natural History di Vienna.


545 juta tahun lalu

CAMBRIAN

(490 juta tahun lalu)

ORDOVICIAN

(434 juta tahun lalu)

SILURIAN

(410 juta tahun lalu)

DEVONIAN

(354 juta tahun lalu)

CARBONIFEROUS

(298 juta tahun lalu)

PALAEOZOIC

PERMIAN

(251 juta tahun lalu)

TRIASSIC

(205 juta tahun lalu)

JURASSIC

(141 juta tahun lalu)

CRETACEOUS

MESOZOIC

Archelon adalah penyu laut besar, ukurannya menyamai sebuah mobil. Archelon hidup di masa dinosaurus, meskipun demikian ia bukanlah seekor dinosaurus. Archelon memiliki panjang hingga 4 meter dengan berat tubuh 2.200 kilogram! Berat sekali ya, teman-teman!

PRECAMBRIAN

perbandingan ukuran ARCHELON dan manusia dewasa.

(65 juta tahun lalu)

NEOGENE

Diperkirakan ARCHELON hidup pada masa CAMPANIAN - masa akhir CRETACEOUS yaitu pada 80 juta tahun yang lalu.

(1,8 juta tahun lalu)

QUATERNARY

CAINOZOIC

PALAEOGENE

(23,8 juta tahun lalu)

(11.000 tahun lalu)

Banyak fosil ARCHELON ditemukan di Kansas dan Dakota Selatan, Amerika Serikat.

23


ASAL USUL

JAM

Jam adalah alat yang digunakan untuk menunjukkan waktu. Kata JAM yang berasal dari bahasa latin CLOCCA telah digunakan pada abad 14 sekitar 700 tahun lalu.

PERKEMBANGAN JAM Jam Sundial atau Jam Matahari Menurut catatan sejarah, jam sundial yang sudah dikenal sejak tahun 3500 SM merupakan jam tertua. Jam ini memanfaatkan letak dan bayangan matahari untuk menunjukan waktu. Pembuatan jam ini di dunia Islam dilakukan Ibnu al-Shatir, ahli Astronomi Muslim (1304 – 1375 M).

obelisk Sekitar 5.000 – 6.000 tahun yang lalu, orang Mesir mengukur waktu dan membuat kalender dengan menggunakan obelisk.

clepsydra Jam air paling canggih pertama kali diberi nama CLEPSYDRA yang ditemukan di zaman kejayaan Islam yang dibuat oleh Al-Jaziri pada tahun 1136 – 1206 yang berbentuk gajah dan bisa menghasilkan suara di tiap jam.

jam air Pada tahun 1400 SM orang Mesir juga menggunakan jam air sebagai penunjuk waktu.

24


jam pasir Jam pasir muncul sekitar 1400 Sebelum Masehi, berdasarkan peninggalan yang ditemukan di kuburan Amenhoterp I, berupa bejana kecil berisi air yang memiliki lubang di bagian bawahnya yang berfungsi meneteskan air.

nuremberg egg

Jam mekanik diduga pertama kali ditemukan dan digunakan di biara-biara untuk berdoa pada waktunya. Masyarakat Eropa mengenal jam dengan pemberat tahun 1300. Lonceng kota Milan merupakan lonceng yang berdentang setiap jam pertama kali tahun 1335, Jam yang dikendalikan pegas muncul tahun 1430. Tahun 1525 Peter Henlein, tukang kunci dari Nuremberg, Jerman memperkenalkan jam rumahan berdiameter 10–12,5 cm dan tebal 7,5 cm.

grandfather’s clock Akhir abad 16 lonceng mulai dibuat tegak, dan abad 17 mesin jam mulai diberi lapisan kuningan, kaca, dan jarum penunjuk menit. Pada 1656, muncul Grandfather’s Clock, jam dengan lonceng berpendulum sebagai pengukur waktunya.

hamilton pulsomatic Jam digital/elektrik pertama kali dibuat oleh perusahaan The Hamilton Watch Co of Lancaster, Pennsylvania sekitar tahun 1950. Setelah itu, mulailah bermunculan beberapa merk dan model jam tangan hingga saat ini.

beberapa contoh bentuk jam yang ada saat ini

25


AYO COBA!

sepeda

HIAS

Teman-teman suka naik sepeda ? Waktu 17 Agustus-an kemarin ada yang menghias sepedanya? Ternyata temanteman tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal lho.... Yuk kita simak bersama-sama artikel berikut...

Teman-teman sudah lia yang ada disini... Kalian t kan sepeda-sepeda hias bisa kreasi kalian sendiri. Se membuat sepeda dengan perahu, kupu-kupu, mob peda bisa dihias menjadi il at mau. Atau bisa juga m au apapun yang kalian dengan tema, misalkan embuat hiasannya sesuai hari kemer natal dan hari-hari be dekaan, lebaran, sar lainnya. Hiasan seperti boneka, nama teman-teman dan bentuk lainnya dapat disimpan yang hasilnya bisa mempercantik tampilan sepeda kalian.

26

Sepeda hias berbentuk kupu-kupu


BAHAN-BAHAN Untuk membuatnya, teman-teman bisa minta bantuan orang tua kalian. Bahan-bahan yang diperlukan: kertas minyak, kertas krep, kain, karton atau kardus, bambu atau kayu yang dipotong jadi tipis panjang, styrofoam, gunting, pisau, tali, dan lem. Warna-warnanya bisa disesuaikan seperti yang teman-teman mau. Untuk hiasan lainnya teman-teman bisa memilih sendiri, seperti boneka, poster atau tulisan.

Sepeda hias berbentuk perahu

YUK KITA MENGHIAS SEPEDA BERSAMA-SAMA!

Bagaimana teman-teman? Kalian sudah menghias sepedanya belum? Kalau sudah, yuk kita bersepeda keliling kota bersama Cubbo.

27


karyaku

Cubbo dan kawan-kawan mengucapkan terima

kasih pada teman-teman yang mengirimkan karyanya ke majalah Cubbo. Inilah beberapa hasil karya gambar teman-teman!

Nama : Anna Michelle Lavinia Kelas : 5A Umur : 10 tahun Sekolah : sekolah bogor raya

Nama : NAJWA ZAHFARINA ARDINA Kelas : 3 sd Umur : 8 tahun Sekolah : SDN 14 PETANG LUBANG BUAYA

JAKARTA TIMUR

: Sultan Hakim Fiansa Nama : 4B Kelas : 9 tahun Umur Sekolah : sekolah bogor raya Hai teman-teman. Yuk kirimka

kalian ke CUBBO! Bagi teman-t

n karya

eman yang karyanya terpilih, akan mendap atkan hadiah hiburan menarik ! Segera kirimkan karya kalian

28 28

yaaa..

kirimkan karya kalian beserta foto dan data diri ke tim redaksi majalah Cubbo di alamat : Jalan Teungku Cik Ditiro 77 Menteng, Jakarta Pusat 10310 atau melalui email : majalahcubbo@gmail.com


gunting disini

garis lipat ga

ris

t po

on

g

garis lipat

garis potong

garis lipat

garis potong

lipat kedalam, beri lem dan rekatkan bagian ini

lipat keluar untuk menjadikan bagian ini sebagai dudukan bingkai setelah lem kering, masukkan foto kalian pada sela di samping kiri atau kanan, dan sesuaikan agar tepat di tengah-tengah bingkai

potong sekeliling bagian ini dengan hati-hati menggunakan cutter atau cutter pen untuk hasil lebih rapih ( kalian juga dapat memotongnya dari bagian depan )


beri lem di bagian ini

BINGKAI FOTO CUBBO..!!

gunting disini

mari membuat

Cubbo edisi 012  

Teman-teman, Cubbo In-Flight Magazine edisi 12 telah hadir! CUBBO dan kawan-kawan siap menemani teman-teman semua selama perjalanan di dalam...

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you