Page 1


AN MARI KITA BERKENALAN DENG TEMAN-TEMAN CUBBO..!!

KIKI

TOMTOM

PEMIMPIN UMUM

Makhfudz Sappe

REDAKSI

Richard Archie F.M Emmy Febrianti Ristiyono Riman Saputra N

CUBBO

PEMASARAN

Ririn Tri Astuti

DESAINER / ILUSTRATOR

Richard Archie F.M Riman Saputra N Muhammad Saleh Hanif

KEUANGAN

Ade Kristanti

SIRKULASI M. Solichin

DITERBITKAN oleh

PT. Bentang Media Nusantara

ADVERTISING

FIDJI

KIBOY

T. +62 21 9849 4404 F. +62 21 3151 668 email: majalahcubbo@gmail.com

Majalah Cubbo

1


2


3


WARNAILAH

Cubbo senang sekali. ia akan pergi jalan-jalan bersama teman-temannya. Ayo warnai mereka yang sedang naik mobil dibawah ini!

4


TELITI Betapa ramainya suasana di kampung Betawi. Masyarakat serta turis lokal menikmati acara budaya di tempat ini. Dapatkah kalian menemukan 12 roti buaya yang tersebar pada gambar di bawah ini?

Ilustrasi : Muhammad S. Hanif

12

5


FLORA

Melatiputih ( Jasminum sambac )

Teman-teman tahu bunga melati kan? Melati putih merupakan salah satu bunga yang dijadikan simbol di Indonesia lho. Biar kalian semua lebih mengenal bunga ini, yuk kita baca bersama-sama artikel tentang bunga melati putih!

KLASIFIKASI ILMIAH Di Indonesia, Melati Putih ( Jasminum sambac ) merupakan salah satu jenis melati yang dijadikan sebagai “puspa bangsa� atau simbol nasional karena bunga ini melambangkan kesucian, keindahan dan kemurnian, serta dikaitkan dengan berbagai tradisi dari banyak suku. Bunga ini menjadi keharusan untuk hiasan rambut pengantin dalam upacara perkawinan berbagai suku di Indonesia, terutama suku Jawa dan Sunda.

Kerajaan Divisi Kelas Sub kelas Ordo Famili Genus Spesies

: Plantae : Magnoliophyta : Magnoliopsida : Asteridae : Lamiales : Oleaceae : Jasminum : sambac

Melati seringkali dikaitkan dengan arwah orang yang telah wafat. Dalam lagu dan puisi perjuangan Indonesia, gugurnya bunga melati seringkali dijadikan perlambang gugurnya pahlawan yang berkorban demi bangsa dan negara.

Bunga melati putih dapat bermanfaat sebagai bunga tabur, kosmetika, parfum, farmasi, penghias rangkaian bunga dan bahan campuran atau pengharum teh.

6


Bunganya tunggal atau berpasangan, berwarna putih dan tampak lembut, berdiameter 2-7 cm. Bunganya tumbuh di ketiak daun dan berkelompok 3-12 bunga. Mahkota bunganya berbentuk lembaran mengerut, seperti terompet, Bunga ini membuka di malam hari dan mengeluarkan aroma harum yang sangat kuat.

Daunnya berjenis tunggal berbentuk oval, ujungnya runcing, pangkalnya membulat, tepinya rata, bertulang daun menyirip, berwarna hijau terang, lembut dan mengkilat. Memiliki panjang 5-10 cm dan lebar 4-6 cm.

Kuncup bunga melati putih, sudah mengeluarkan aroma harum meskipun belum menjadi bunga.

Tanaman Melati Putih digolongkan sebagai semak atau tanaman merambat yang tingginya dapat mencapai 50-300 cm. Akarnya termasuk tunggang, bekasnya tidak rata, tidak berserat dan berbuku-buku/membesar. Batangnya bulat berkayu dengan tinggi 0,3-3 meter, bercabang, dan berwarna coklat.

penyebaran bunga melati putih

Melati putih berasal dari Asia selatan (India, Myanmar dan Sri Lanka). Penyebarannya dimulai dari Hindustan ke Indocina, lalu Kepulauan Melayu.

Buahnya termasuk “buah buni�, berwarna ungu kehitaman dengan diameter 1 cm dan dikelilingi kelopak.

Melati putih tumbuh di pekarangan dan dapat digunakan sebagai tanaman pagar. Ketinggiannya dapat mencapai 3 meter.

7


SUDOKU Sudoku originally called Number Place. We need to use our logic to combine the numbers’ placement in boxes like puzzles. The objective is to fill a 9x9 grid with numbers. Each row and each column contains numbers from 1 to 9. But remember, we cannot put the same single integer twice in the same 9x9 row or column. example :

the answer :

It might be difficult for the beginners but it is absolutely challenging to exercise our brains! Let’s try to do it!

4x4 challenge

8

9x9 challenge


GUESS and DRAW ies myster e v l o s s oves to he need w Fidji l o n d n a . th you, i w r e h ysteries t e M g o t rints s oot P F e h t e the dot w a r d to solv o Fidji t p l e h u clear to s t n i Can yo r p t the foo e? e k a m re thes a and s t n i r p se foot o h W ystery m ? s i h see t e t’s solv e l , n o Come er! togeth

suspect

no.1 CAT

suspect

no.2 BEAR

suspect

no.3 DUCK

9


s ’ g n i K l Crue my Febrianti Story by : Em

n o s s e L tra : Riman Sapu Illustration by

Once upon a time, there was a very beautiful princess. She was having a kind-heart and very friendly to everyone. Yet, her father, the king, was a cruel king and did not care with his people around the kingdom except his own daughter. The princess had tried to remind him for always be nice to everyone, but the king did not like to be reminded.

One day, people on the kingdom gather and decided to gave the king lesson. They called a witch. The witch said she had a very good plan. She would change his precious daughter into a canary bird. People did not agree, they loved the princess, yet the witch said the princess would be back if the king felt sorry and changed into a better king. So the people agreed.

10


STORY TELLING

So one night the witch spoke the spell. The princess suddenly turn into a canary bird and flew away from the castle. In the morning, the king found his daughter had gone away. He was in deep sadness but he still was very cruel with everyone, even more. One day he got a fever so he stayed in bed every day. He remembered his beloved daughter and started to cry. “Maybe these are curses for me for being mean. I’m sorry.”

In the morning, he tried to smile to everyone and treated everyone kindly. He was turning into a kind and wise king that day. Surprisingly, his daughter appeared in a sudden in front of the gate. The king was so happy. When he held his daughter he said, “I will always be kind to everyone. I promise.” The princess was so happy to heard that.


Jelajah NUSANTARA

provinsi

n a t n a m i l Ka Barat no foto-foto : Ristiyo

Kalimantan Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Kalimantan dan beribukotakan Pontianak. Luas wilayah Provinsi Kalimantan Barat adalah 146.807 km² dan merupakan provinsi terluas keempat setelah Papua,Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah. Kalimantan Barat dijuluki provinsi “Seribu Sungai” karena kondisi geografis yang mempunyai ratusan sungai besar dan kecil yang diantaranya dapat dan sering dilayari. Beberapa sungai besar sampai saat ini masih merupakan urat nadi dan jalur utama untuk angkutan daerah pedalaman.

IWA IST ATentUL KHr Monum GU TU berada di Jalan istiwa atau Equato

Tugu Khatul

Khatulistiwa, Pontianak Utara, Provinsi Kalimantan Barat. Lokasinya berada sekitar 3 km dari pusat Kota Pontianak, ke arah kota Mempawah. Tugu ini selalu dikunjungi wisatawan. Tugu ini menarik karena pada saat posisi matahari tepat berada diatas kepala maka terjadilah peristiwa kulminasi, bayangan tugu akan “menghilang” beberapa detik saat diterpa sinar Matahari.

MASJID SULTAN SYARIEF ABDURRAHMA

Masjid Jami’ Pontianak atau dikenal juga deng an nama Masjid Sultan Syarif Abdurrahman adalah masjid tertua dan terbesar di Kota Pontianak, Provinsi Kaliman tan Barat. Masjid ini merupakan satu dari dua bangunan yan g menjadi pertanda berdirinya Kota Pontianak pada 1771 Masehi, selain Keraton Kadariyah. Pendiri masjid sekaligus pendiri Kota Pontianak adalah Syarif Abdurrahman Alkadrie.

12

N


VIHARA TRI DHARMA BUMI RAYA Vihara Tri Dharma Bumi Raya adalah vihara tertua di kota Singkawang yang diperkirakan teklah berusia 200 tahun. Penduduk setempat menyebut vihara tri dharma bumi raya dengan sebutan tai pak kung (toa pekong). Vihara yang terletak di pusat kota Singkawang ini merupakan salah satu ciri khas dan cikal bakal berdirinya kota Singkawang. Vihara ini mempunyai satu lantai yang merupakan pusat dari segala aktivitas kegamaan. Salah satu perangkat yang sangat penting adalah keberadaan patung pek kong.

PANTAI PASIR PANJANG

Pantai Pasir Panjang telah lama menjadi tempat rekreasi yang terkenal, yang menghadap ke laut Natuna. Sebagai sebuah tempat rekreasi, obyek wisata ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti hotel, cottage, toko-toko, dan fasilitas-fasilitas lainnya. Letaknya, hanya 17 km dari pusat kota Singkawang. Hamparan pasir putih dan bebatuan yang memanjang disertai hembusan angin dan deburan ombak yang aman sebagai kawasan pemandian.

KERATON KADARIYAH

Istana kerajaan Pontianak ini terletak di Kampung Dalam Bugis, Pontianak Timur. Di dalam bangunan dapat ditemui peninggalan-peninggalan kerajaan seperti kursi singgasana, pakaian, cermin pecah seribu, keris, meja giok,

meriam dan sebagainya. Keraton Pontianak berukuran 30 x 50 meter, n keraton terbesar di Kalimantan Barat. Terbuat dari kayu belian dan dibangu an oleh pendiri kota Pontianak, Sultan Syarif Abdurrahman pada 1771, bangun tua yang cukup megah ini dilapisi cat kuning yang melambangkan kebesaran kerajaan Melayu.

MIE TIAW

Salah satu kuliner legendaris Pontianak , mie tiaw yang berwarna cokelat gelap terlihat seperti mie tiaw ini akan terasa sangat manis. Tetapi ternyata tidak seperti kelihatannya, rasa nya justru cenderung asin. Dengan racikan bumbu yang berpadu sempurna, rasa dari hidangan ini sangat lezat. Mie tiaw dilengkapi daging sapi, babat, tauge dan sayuran saat disajikan.

13


Indahnya suasana kota kecil di tepi pantai, semua penduduk saling bercengkr Dapatkah kalian menemukan dan lingkari 10 keanehan pada gambar ini?

14


CARI dan LINGKARI

rama. Tapi WAH..ada beberapa keaneahan!

15


Cerita : Emmy Febrianti

Ilustrasi : Muhammad S. Hanif

Hompa si Kurcaci yang Gemar Menggerutu

Dahulu kala, jauh didalam hutan yang belum terjamah,

terdapat desa kurcaci yang tentram dan damai. Hidup para kurcaci dipenuhi nyanyian dan tarian, mereka tampak bahagia. Namun tidak semua kurcaci hidup berbahagia. Hompa adalah kurcaci yang gemar mengeluh dan cemberut. “Aku tidak suka cuaca hari ini, silau!“ keluhnya suatu siang di musim panas. “Aku tidak suka ini, bau sekali!“ keluhnya ketika seorang tetangganya memberikannya sepiring udang. “Aku tidak suka sepatuku, sudah mulai sempit!“ keluhnya setiap pagi ketika ia memakai sepatu kurcaci birunya. Ketika ia mengeluh maka semua kurcaci yang berbahagia jadi ikut cemberut dan terkadang ada hari dimana mereka menjadi murung.

“Cobalah untuk tak mengeluh sehari saja! Tersenyumlah!“

tegur Dimdim, salah satu tetangganya. “Menggerutu itu melelahkan.“


Cerita Anak

Hompa diam saja. Dalam hati ia mengakui bahwa ia

sering merasa lelah mengeluh, besok ia akan mencoba untuk tidak menggerutu dan ingin melihat hasilnya.

Ketika pagi datang dan saatnya Hompa memakai

sepatunya, ia berkata, “Sepatu ini pas sekali!“ dan seketika entah mengapa ia mulai merasa sepatunya memang pas! Ketika salah satu tetangganya datang membawakan segelas susu kambing, ia berkata, “Terimakasih, ini pasti enak!“ dan ketika ia meminumnya susu kambing itu memang enak! Di siang hari, ketika ia tengah berkumpul dengan teman-temannya di padang rumput, Hompa memandang langit. “Hari ini hari yang bagus!“ dan teman-temannya tertawa gembira mendengarnya. Seketika Hompa tersenyum lebar.

Nah, teman-teman, maka berbahagialah! Karena rasa bahagia kita akan membawa kebahagiaan bagi semua yang ada di sekeliling kita. Bahagia adalah perasaan menular yang menyenangkan!


Permainan Anak Tradisional

Boiboian Ilustrasi : Muhammad S. Hanif

Boiboian adalah permainan yang terdiri atas dua kelompok. Masing-masing kelompok terdiri minimal 5 orang anak, makin banyak yang ikut akan semakin seru.

Alat bantu : • Batu2 pipih atau pecahan asbes; benda apa saja yang bisa disusun bertumpuk ke atas semacam piramida, sebanyak kira-kira 10 keping/batu • 1 bola kertas; terbuat dari kertas-kertas bekas yang digumpal-gumpalkan menjadi sebesar bola tenis, diikat dengan banyak karet gelang agar tidak terlepas satu sama lain.

CARA BERMAIN :

Permainan ini dimulai ketika salah satu kelompok yang menjadi penembak bola kertas

menggulirkan bola kertas ke arah kelompok lawan yang membangun piramida. Kelompok pembangun piramida harus bersiap-siap untuk membangun lagi piramida mereka yang runtuh sambil menjaga diri agar tidak terkena lemparan bola. Jika mereka terkena lemparan bola kertas maka mereka harus mundur dari permainan. Permainan dianggap selesai jika piramida telah selesai disusun atau semua anggota pembangun piramida gugur karena terkena lemparan bola kertas. Permainan biasa dilanjutkan kembali dengan berganti posisi, kelompok yang menyerang dengan bola menjadi kelompok pembangun piramida, dan sebaliknya.

18


TELITI Dibawah ini terdapat tempat-tempat wisata dari berbagai daerah di INDONESIA . Dapatkah kalian menuliskan dari manakah asa l tiap

foto-foto : Ristiyono

tempat tersebut?

Jawa Kutai Kertanegara Barat DKI Jakarta S le m a n

19


FAUNA

Persamaan perbedaan

Kodok (frog )

Telinga berada di belakang mata

kulit halus, lembab dan tipis

memiliki penglihatan yang baik di malam hari

memiliki pola warna kulit yang beragam

Bertubuh pendek, berpunggung agak bungkuk, berkaki empat dan tak berekor

bermata bulat dapat melihat hampir ke semua arah

hidup di daerah basah atau berair makanan utamanya adalah serangga bertubuh langsing

kaki belakang panjang, pandai melompat

hewan berdarah dingin, membutuhkan panas dari lingkungan untuk mempertahankan hidup dan menjaga metabolisme tubuh

klasifikasi ilmiah Katak dan kodok

PETA PENYEBARAN

Kerajaan

Animalia FILUM

Chordata Kelas

Amphibia SUBKelas

Lissamphibia Ordo

Anura

20

METAMORFOSIS Kodok dan Katak

penyebaran kodok dan katak

Kodok dan katak hidup menyebar luas di daerah tropis berhawa panas. Makin dingin tempatnya, seperti di atas gunung, jumlah kodok makin sedikit. Penyebabnya karena kodok membutuhkan panas dari lingkungan untuk mempertahankan hidup dan menjaga metabolisme tubuhnya.


Katak

memiliki penglihatan yang baik di malam hari matanya bersudut

(toad)

memiliki pola warna kulit yang monoton, kamuflase coklat dan warna-warna gelap dan kotor

dapat melihat hampir ke semua arah makanan utamanya adalah serangga tubuh lebar (besar)

kulit tebal, kasar berbintil-bintil dan kadang kering

Telinga berada di belakang mata Bertubuh pendek, berpunggung agak bungkuk, berkaki empat dan tak berekor hidup di daerah lebih kering dapat hidup tanpa air kaki belakang pendek, kurang pandai melompat

hewan berdarah dingin, membutuhkan panas dari lingkungan untuk mempertahankan hidup dan menjaga metabolisme tubuh

TAHUKAH KAMU?

Kodok dan katak membela diri dengan melompat, mengeluarkan lendir dan racun dari kelenjar di kulitnya; dan bahkan ada yang menghasilkan semacam lendir pekat yang lengket, sehingga mulut pemangsanya akan melekat erat dan susah dibuka.

Suara keras kodok dan katak dihasilkan oleh kantung suara yang terletak di sekitar lehernya, yang akan menggembung besar manakala digunakan.

21


s r u a s o l a h p e c y h c a P FAUNA PURBAKALA

urus Pachycephalosa fa-lo-SAU (baca : PAK-i-se-

Teman-teman, apakah kalian pernah mendengar tentang Pachycephalosaurus? Pachycephalosaurus adalah nama ilmiah yang berarti kadal dengan tengkorak yang besar.kepalanya memiliki tengkorak yang besar, otak dengan ukuran kecil, dan mata yang besar.

wyomingensis

R-us)

Kerajaan Filum Kelas Famili Genus Spesies

Animalia Chordata Sauropsida Pachycephalosauridae Pachycephalosaurus P. wyomingensis

Tingginya diperkirakan mencapai 15 kaki atau 4,6 meter dengan berat tubuh 430 kilogram. Pachycephalosaurus diperkirakan memiliki indera penciuman yang hebat dan memiliki lima jari pada tiap tangannya. perbandingan ukuran Pachycephalosaurus dan manusia dewasa.

Pachycephalosaurus hidup secara berkelompok dan ada pula yang berpendapat bahwa mereka berlari untuk mempertahankan diri meskipun mereka tidak dapat berlari kencang. Fosil Pachycephalosaurus ditemukan oleh William Winkley pada tahun 1938 di sekitar kawasan Montana, Amerika. Dinamakan Pachycephalosaurus oleh Barnum Brown and Erich M. Schlaikjer pada tahun 1943.

22

Dinosaurus ini merupakan dinosaurus herbivora yang memakan daun-daunan dan buahbuahan, mereka memiliki gigi yang kecil dan tajam.


CAMBRIAN

(490 juta tahun lalu)

ORDOVICIAN

(434 juta tahun lalu)

SILURIAN

(410 juta tahun lalu)

DEVONIAN

(354 juta tahun lalu)

CARBONIFEROUS

(298 juta tahun lalu)

PALAEOZOIC

Para ilmuwan berpendapat bahwa kubah tebal yang ada pada tengkoraknya merupakan alat bagi Pachycephalosaurus untuk bertempur dimana hewan-hewan tersebut saling menanduk satu sama lain.namun hal ini belum dapat diyakini secara pasti.

PRECAMBRIAN

545 juta tahun lalu

PERMIAN

(251 juta tahun lalu)

TRIASSIC

JURASSIC

(141 juta tahun lalu)

CRETACEOUS

MESOZOIC

(205 juta tahun lalu)

(65 juta tahun lalu)

NEOGENE

(1,8 juta tahun lalu)

QUATERNARY

CAINOZOIC

PALAEOGENE

(23,8 juta tahun lalu)

(11.000 tahun lalu)

Diperkirakan Pachycephalosaurus hidup pada masa CRETACEOUS yaitu pada 76 hingga 65 juta tahun yang lalu.

Banyak fosil dinosaurus ini ditemukan pula di wilayah lain diantaranya Alberta, Kanada, Mongolia, dan Madagaskar.


ASAL USUL

Kereta Api

Teman-teman, siapa yang suka naik kereta api? Apakah kalian tahu sejarah kereta api? Yuk, kita baca bersama-sama! Kereta api merupakan sarana transportasi berupa kendaraan dengan tenaga gerak, baik berjalan sendiri maupun dirangkaikan, yang hanya bisa bergerak pada lintasan rel. Kereta api umumnya terdiri dari lokomotif dan rangkaian kereta atau gerbong. Kereta api merupakan angkutan yang efisien dengan kapasitas tinggi, baik itu untuk penumpang maupun barang. Beberapa negara memanfaatkan kereta api sebagai alat transportasi utama angkutan darat baik di dalam kota, antarkota, maupun antarnegara.

George Stephenson (1781-1848) merupakan seorang insinyur rel kereta api. George bekerja di pertambangan batubara membantu Ayahnya yang kemudian menjadi kepala mesin uap.Saat itu pertambangan batu bara sedang mencoba menggunakan lokomotif uap/ mesin uap yang dapat digerakkan untuk mengganti tenaga kuda. Kemudian George membuat mesin yang disebut Blucher . Setelah itu ia ditunjuk sebagai insinyur untuk pembangunan jalan kereta api umum pertama Stokton-Darlington yang dibuka tahun 1825. Kemudian tahun 1826 ia bekerja untuk pembangunan jalan kereta api Liverpool-Manchester yang dibuka tahun 1830. Rocket, mesin yang dibuat Stephenson dan memenangkan kontes untuk pemilihan jenis mesin yang cocok untuk kereta api.

Bagian-bagian Kereta Api Cerobong Asap

Kubah Pasir

Kubah Uap

Pembakaran Tempat Masinis

Ruang Asap

Penunjuk Jalan

24

Kopling Roda Depan Batang Penghubung Roda Kemudi Roda Mesin Pendidih

Pengait Gerbong

Roda Belakang


Perkembangan Kereta Api Wagonways (kereta kuda)

Kereta tertua yang ditemukan di Jerman yang gerbongnya masih dari kayu. Kereta ini dipakai untuk mengangkut hasil tambang. Relnya pun masih terbuat dari kayu.

Steam Locomotive (kereta api uap)

Kereta api uap memiliki perapian dan pasokan batu bara. Kereta api ini memiliki kecepatan hingga 203 km/ jam. Awalnya kereta ini dipakai mengangkut barang. Kereta api uap untuk penumpang baru dikenalkan tahun 1825.

Locomotive (kereta listrik/kereta rel listrik)

Kereta listrik yang memakai baterai/ generator untuk penumpang berkecepatan hingga 357 km/ jam ini dikenalkan tahun 1879. Kereta ini memakai rel listrik ciptaan Frank J. Sprague tahun 1888.

Diesel Locomotive (kereta diesel)

Kereta api ini memakai mesin diesel berbahan bakar bensin dan memiliki kecepatan hingga 238 km/ jam. Kereta ini beberapa kali melakukan tes dan akhirnya berhenti saat Perang Dunia I tahun 1914. Pertengahan tahun 1920, kereta ini mulai banyak diproduksi di Eropa.

Maglev/Magnetic Levitation (kereta magnet)

High-speed Rail (kereta super cepat)

Kereta Maglev berjalan dengan mengambang di atas permukaan lintasan magnet yang memiliki kecepatan hingga 434 km/ jam. Tekhnologi canggih yang terus dikembangkan dalam kereta ini nantinya juga dipakai dalam pembuatan kereta cepat.

Kereta cepat awalnya dikembangkan oleh Jerman dan Perancis (TGV). Namun kereta cepat paling terkenal adalah Shinkansen, milik Jepang. Kereta ini memiliki teknologi super canggih. TGV dan Shinkansen menggunakan teknologi rel listrik atau magnet. Kereta ini bisa menempuh jarak ribuan kilometer dalam waktu yang singkat. Bahkan kereta tercepat saat ini, CRH380A yang baru diresmikan di Cina memiliki kecepatan hingga 581 km/ jam dan jarak tempuh terpanjang di dunia, yaitu 2.298 km. Kereta ini menghubungkan kota BeijingGuangzhou.

25


MARI MEMASAK

t e l e Om t Yuk Kita Membua

Teman-teman suka makan omelet, tidak? Selain rasanya yang lezat, bahan dasar omelet yakni telur sangat baik untuk tubuh kita. Sekarang kita akan belajar membuatnya bersama-sama. Yuk kita lihat sama-sama bagaimana caranya!

Bahan-bahan daun seledri atau daun kucai

4 butir telur

garam & lada secukupnya

1 sendok makan mentega

Bahan untuk isinya keju

bawang putih bawang bombay jamur shitake, bisa juga menggunakan jamur merang

26

tomat paprika


Cara Membuat... 1. Cincang bawang bombay, daun seledri atau daun kucai 2. Kocok telur campur semua bahan untuk isi (keju, bawang bombay cincang, bawang putih, tomat yang sudah diiris, jamur dan paprika yang sudah dipotong) kemudian panaskan mentega. 3. Masukkan telur, taburi isi di atasnya dan masak sampai matang. 4. Angkat lalu lipat atau gulung telurnya sehigga isinya berada di bagian dalam dan omeletpun siap untuk disajikan. Selamat makan, teman-teman!

27


karyaku Cubbo dan kawan-kawan mengucapkan terima kasih pada teman-teman yang mengirimkan karyanya ke majalah Cubbo. Inilah beberapa hasil karya gambar teman-teman!

Nama : Kelas : Umur : Sekolah :

Nayla Pramita Dewanti 3A 8 tahun sekolah bogor raya

Nama : Kelas : Umur : Sekolah : n karya Hai teman-teman. Yuk kirimka eman yang kalian ke CUBBO! Bagi teman-t atkan karyanya terpilih, akan mendap ! hadiah hiburan menarik yaaa.. Segera kirimkan karya kalian

Naura jahra nadna kurniandi

5 tahun bimba aiueo

kirimkan karya kalian beserta foto dan data diri ke tim redaksi majalah Cubbo di alamat :

Jalan Teungku Cik Ditiro 77 Menteng, Jaka rta Pusat 10310

28 28

atau melalui email :

majalahcubbo @gmail.com


Cubbo edisi 011  

Teman-teman, Cubbo In-Flight Magazine edisi 11 telah hadir! CUBBO dan kawan-kawan siap menemani teman-teman semua selama perjalanan di dalam...

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you