Page 1

Artikel : Kekayaan Kultur Indonesia dan Perbedaan Kultur Eropa. Indonesia merupakaan bangsa yang kaya dengan beraneka ragam suku, budaya dan bahasa. Dijuluki sebagai Negara kepulauan terbesar di dunia, dengan mamiliki 17.508 pulau. Terbentang dari 6 derajat lintang utara, 6 derajat lintang selatan dan dari 97 derajat sampai 141 derajat garis bujur timur, terletak di antara dua benua Asia dan Australia. Wilayah Indonesia terbentang sepanjang 3.977 mil antara samudra Hindia dan samudra Pasifik. Apabila perairan antara pulau-pulau tersebut digabungkan maka luas wilayah Indonesia menjadi 1,9 juta mil. Posisi strategis tersebut mempunyai pengaruh yang sangat penting terhadap kebudayaan, sosial, politik dan ekonomi masyarakat Indonesia. Di samping itu Indonesia juga memiliki lima pulau besar diantaranya : 1) 2) 3) 4) 5)

Pulau Sumatra dengan luas 473.606 km persegi. Pulau Jawa dengan luas 132.107 km persegi. Pulau Kalimantan dengan luas 539.460 km persegi. Pulau Sulawesi dengan luas 189.216 km persegi. Kepulauan Papua dengan luas 421.981 km persegi.

Tentu saja masing-masing Pulau tersebut memiliki keistimewaan tersendiri. Karena kultur dan budaya tiap-tiap pulau berbeda. Keanekaragaman ini mungkin tidak terasa saat kita berada Indonesia, tetapi akan sangat terasa saat kita berada dinegara lain. Contohnya saya yang benar-benar baru menyadari hal ini setelah saya tiba di Moskow,untuk melanjutkan study. September 2009 kami tiba dengan rombongan di bandara Domodedovo. Puji TUHAN saya diterima di Universitas bersama dua orang teman saya “РУДН Moskow “Российский Университет Дружбы Народов atau RUDN yang dalam bahasa Indonesia artinya Universitas Persahabatan Bangsa-bangsa. Di dalamnya terdapat lebih dari 150 negara bukan jumlah yang sedikit tentunya. Saya bersyukur karena TUHAN memberikan kesempatan pada saya untuk melanjutkan study saya di RUDN. Di sini kita dapat berjumpa dengan semua bangsa yang ada didunia ini. Dapat dibayangkan bahwa hal ini merupakan satu pengalaman yang unik dan luar biasa bagi setiap mahasiswa, karena tidak hanya pendidikan formal yang kita pelajari, tetapi pendididkan informal pun kita dapatkan dari kehidupan sehari-hari di asrama bersama dengan teman-teman dari berbagai negara. Hal ini merupakan pengalaman berharga yang takternilai. Dapat dibayangkan bahwa keseharian kita kini diwarnai dengan hal-hal baru,contohnya kebiasaan orang Indonesia menutup pintu sangat pelan sehingga tidak mengagetkan orang lain yang ada di sekitar kita, berbeda dengan kultur orang Eropa dengan kebiasaan mereka menutup pintu didorong dengan sekuat tenaga,kebiasaan orang Indonesia saat berpapasan dengan orang lain pasti tersenyum sebaliknya disini pemandangan itu tidak pernah terlihat,kebiasaan orang Indonesia yang santun menyapa orang yang lebih tua dengan julukan Ibu atau Bapa hal itupun tidak akan kita jumpai disini,juga kebiasaan orang Indonesia yang ramah dan suka memberikan pertolongan pada siapa saja itupun menjadi hal yang asing disini. Tapi semua itu merupakan anugerah dari TUHAN sehingga kita dapat saling melengkapi satu dengan yang lain.

Artikel Kultur Indonesia  

1) Pulau Sumatra dengan luas 473.606 km persegi. 2) Pulau Jawa dengan luas 132.107 km persegi. 3) Pulau Kalimantan dengan luas 539.460 km pe...