Issuu on Google+


change list Keterangan Cover_Edisi 06 Rosie the Riveter, merupakan ikon perjuangan perempuan yang dipaksa untuk menggantikan peran laki-laki pada jaman perang dunia ke-2. Gerakan perempuan kemudian mengangatnya sebagai salah satu ikon perjuangan mereka. Kami mengangkat ikon ini untuk mengingatkan bahwa perempuan tetap dapat berperan di semua wilayah jika diberikan kesempatan yang sama dengan laki-laki.

change your mind

profile

Pemimpin Perempuan; Kenapa Nggak?!

05

Sekarang mari kita ubah cara pikir kita. Perempuan dan laki-laki memang berbeda secara fisik, namun apakah hal tersebut dapat menjadi alasan bahwa perempuan tidak dapat memimpin?

04

changing room Jika Gue Jadi Anggota DPR...

05

change your mind Perempuan Jadi Pemimpin, Kenapa Nggak? You Can Do It Anywhere! She is All That! Salute! Be A Leader!

19

speak up! Dipimpin perempuan, gimana rasanya ya?

21

tips for change How To Be A Leader

23

don’t read this, please! Iklan for President!

24

change for dummies Hak Asasi Manusia

26

profil Dara Serba Bisa

Dara Ini dia super girl yang punya banyak cerita buat kamu.. Umurnya baru 17 tahun, tapi kegiatannya nggak kalah sibuk dibanding eksekutif muda! Bayangin aja, dia punya setumpuk aktifitas yang bikin Change Magz geleng kepala.

28

change next door Live In With Sanur (Santa Ursula)

30

change health Kanker; Bukan Sekedar Kantong Kering

34

change lifestyle Fine Dining

36

community for change Masyarakat Komik Indonesia

42

26

56

change reflection Meditasi Kantong Bolong

58

do something today Buy Local Product

60

change goes to... SMK 1 Bogor goes Green!

62

change ethic Btw, Ada Yang Mau Coba Puasa Ngerowot Ini?

art and culture Budaya Pop

64

do you know Otak Perempuan

48

film Stop Motion

66

change fashion Bring Back to 90’s !!!

50

agent of change Retno

68

change your future Berbagi dengan Menjadi Penyiar

52

change journey Buka Puasa di Tebet Yuk!

54

fun tricks Buat yang Nggak Mudik

70

curcol kekerasan dalam pacaran Change Diary Jadi Ketua kelas perempuan change

1


pamflet

change contributor and crew

Astri Parawita “Mana bisa lo benerin komputer? Cewek sih mana ngerti begituan?” Huh! Sebel nggak sih denger-nya? Padahal kan nggak harus jadi cowok untuk memahami hal-hal tertentu. Pasti kamu sering diberitahu oleh orang di sekitar kamu untuk tidak melakukan ini dan itu dengan alasan kamu adalah seorang perempuan. Nggak sedikit mitos-mitos yang berlaku untuk perempuan, seperti harus bisa masak, bersikap lemah lembut dan seterusnya. Untungnya dari kecil aku nggak pernah diajarkan untuk seperti itu. Ortu memberi kebebasan atas apa yang ingin kutekuni asalkan bertanggung jawab. Tapi tetap saja lingkungan sekitar terkadang masih susah menerima sikap perempuan yang seperti itu. Kalau dipikir-pikir, kita kan manusia, sama aja seperti cowok. Ya nggak? Kalaupun ada ciri biologis yang berbeda, itu tidak berlaku mutlak. Jadi seharusnya nggak ada yang membatasi kita untuk mengembangkan diri. Perempuan juga berhak untuk memperoleh pendidikan dan penghidupan yang layak. Jangan lupa perjuangan yang sudah dilakukan ibu Kartini, Dewi Sartika, dan perempuan lain yang sudah bersusah payah mempertahankan kesamaan hak kita. Kamu nggak usah minder kalau ingin menggeluti dunia yang selama ini identik dengan cowok, seperti pemain bola, teknisi komputer, atau bahkan pemimpin. Ada banyak contoh perempuan yang berhasil dalam bidangnya. Intinya, perempuan juga memiliki banyak pilihan dan kita berhak memilih hal-hal yang ingin kita lakukan. Don’t be afraid because you’re not alone Mate!

Dokter muda yang aktif di Sanggar Akar ini berkontribusi di ChangeMagz lewat tulisannya mengenai kanker dalam rubrik Change Health. Si dokter ini juga pernah aktif di Tim Relawan untuk Kemanusiaan juga lho! Hail to this woman doctor!

Dimas Agung S. Motion Grapher & Editor lulusan Digital Studio ini menyumbang karya tulisannya tentang “Stop Motion” di rubrik Change Film Review. Cowok yang menggemari film dan musik cutting edge ini pernah membuat film pendek berjudul “Perjalanan Pulang” yang sempat diputar di Jiffest 2005.

Mariana Amirudin pemimpin umum Deedee Achriani Hayunta redaksi pelaksana Syaldi Sahude redaktur Afra Ramadhan distribusi Gerry kontributor Astri, Ajeng, Dinda, Dimas Dea, Dias, Ella, Gayatri, Inal, Indah, Indah, Leafy, Nurdiyansah, Rika, Yenie, Zaitun fotografi Dita art director Belok Community penanggung jawab

pemimpin redaksi Aquino

afra ramadhan redaktur change tlp.

2

change

alamat redaksi Jl. Tebet Barat Dalam 9A No.B1 Jakarta Selatan 12810 021 8370 2005 (hunting) fax. 021 830 0211 e-mail changemagz@yahoo.com website www.majalahchange.com penerbit Yayasan jurnal Perempuan

change

3


changing room

change your mind

Gimana ya kalau anak muda bisa bisa jadi anggota DPR? Pasti seru! Anak muda yang dimaksud umurnya nggak lebih dari 30-an om! Bukan kayak ormas yang bikin batasan anak muda sampai 40 tahun. Kalau anak muda yang jadi bagian dari pembuatan kebijakan, Change Magz yakin bakal banyak perubahan yang akan. Kan, selama ini anak muda hanya jadi penonton di saat pemerintahh bikin kebijakan. Giliran apes, anak muda yang kena...

“Menggalakan kunjungan ke daerah yang dipenuhi masyarakat kurang mampu dan memberikan bantuan. Selain itu, gue akan meminimkan mall di Jakarta, cuz bikin sumpek.”

Dila - SMAN 61 Jakarta

“Gue akan langsung memberhentikan bawahan gue yang korupsi. Malu-maluin aja.”

Taya, SMAN 42 Jakarta

PEREMPUAN JADI PEMIMPIN, Kenapa Nggak? Inal

Apakah kamu kenal Benazir Bhutto, mantan presiden Pakistan yang terbunuh beberapa waktu yang lalu? Benazir adalah perempuan pertama yang memimpin sebuah negara Islam pada zaman modern. Apa yang dicapai oleh Benazir telah membuktikan bahwa perempuan dapat menjadi pemimpin yang tidak kalah oleh lelaki. Padahal kita sampai saat ini masih mendengar pernyataan bahwa perempuan sepatutnya berada di rumah, mengurus anak, dan menjadi istri yang baik. Dengan adanya alasan ini, kita cenderung percaya bahwa posisi pemimpin memang bukan jatahnya perempuan. Bila kita mempelajari sejarah, sangat sedikit sekali pemimpin perempuan yang muncul. Tapi, apakah dengan begitu kita lantas percaya bahwa perempuan memang tidak layak untuk menjadi pemimpin?

“Gue akan membuat guru-guru sekolah di Jakarta agar lebih disiplin, pintar dan tidak semena-mena. Guru kan contoh bagi murid-muridnya.”

Vivi - SMAN 42 Jakarta

4

change

“Gue akan menaikan anggaran untuk pendidikan dan membuat hari khusus dimana masyarakat Indonesia tidak boleh memakai kendaraan pribadinya.”

Anna - SMAN 81 Jakarta

Sekarang mari kita ubah cara pikir kita. Perempuan dan laki-laki memang berbeda secara fisik, namun apakah hal tersebut dapat menjadi alasan bahwa perempuan tidak dapat memimpin? Memangnya menjadi pemimpin harus melakukan pekerjaan berat seperti mendorong gerobak, ngangkat batu, atau pekerjaan lainnya yg membutuhkan otot laki-laki (padahal perempuan juga banyak yang kuat ototnya lho)? Tidak kan? Dalam kepemimpi-

change

5


nan yang diperlukan adalah pemikiran yang sehat dan cerdas. Jadi, selama seseorang mempunyai pemikiran dan cara pandang seorang pemimpin, dia layak menjadi pemimpin. Perempuan dianggap emosional dan sensitif sehingga kalau menjadi pemimpin dikhawatirkan tidak akan dapat mengambil keputusan secara rasional. Hal yang penting di sini adalah ketika pemimpin mengambil keputusan, tentunya keputusan tersebut akan berdampak pada banyak orang. Lantas, bagaimana jika sang pemimpin mengambil keputusan yang merugikan yang hanya dengan rasio tanpa berusaha untuk berempati? Kita bisa melihat contohnya pada pemimpin kita sekarang. Mereka berencana untuk menaikkan harga BBM. Alasan yang mereka kemukakan adalah dengan berbagai macam teori ekonomi yang bikin pusing. Terbukti kan? Jika memimpin hanya dengan rasio tanpa pertimbangan emosi dan empati tidak akan membuat keputusan yang dibuat sensitif dengan keadaan rakyatnya. Diharapkan jika perempuan memimpin ia dapat menunjukkan nilai keibuan, kepedulian dan empati. Ada alasan misalnya secara agama bahwa perempuan tidak boleh memimpin. Ini dia alasan yang paling ditakutin oleh para perempuan. Tapi, apakah benar seperti itu agama melarang perempuan? Hal yang perlu kita ketahui adalah Tuhan menciptakan manusia dalam keadaan setara. Lantas Tuhan mengirimkan firman kepada utusan-Nya. Nah, ketika firman ini ditafsirkan, siapa yang menafsirkan? Lelaki. Jadi, terlihat disini kan bahwa agama sebenarnya mengajarkan bahwa perempuan dan lelaki setara, namun dalam penafsirannya ajaran ini terdistorsi sehingga lebih mengutamakan pria dibanding perempuan.

Hal ini dialami oleh Benazir ketika pertama kali dia terpilih, Benazir dituduh telah menyebarkan ajaran sesat dan merebut tempat laki-laki sehingga dia harus dibunuh. Jadi, jelas kan bahwa ajaran agama ternyata telah dimanfaatkan oleh oknum yang akhirnya menjadi pembenaran untuk dapat melarang perempuan. Ibnu Rusdi, seorang ilmuwan muslim abad ke 13 berkata bahwa kemampuan perempuan tidak diketahui karena mereka diturunkan derajatnya menjadi hanya mengurusi soal membuat anak, membesarkan anakanak, dan menyusui. Sehingga potensi sesungguhnya dari perempuan tidak terlihat alias terpendam. Jadi, perempuan tidak dapat menjadi pemimpin ternyata bukan karena dia tidak mampu, itu karena perempuan selalu diremehkan dan tidak diberi kesempatan. Tak sedikit kok perempuan yang sudah membuktikan hal ini. Di Indonesia kita pernah punya presiden perempuan (walaupun belum membuat kebijakan yang berlandaskan empati), dan saat ini sudah mulai bermunculan Bupati, Walikota dan banyak tokoh masyarakat perempuan. Jaman dulu Aceh pernah dipimpin oleh empat orang Sultan perempuan berturut-turut. Sejumlah organisasi dan pahlawan perempuan juga banyak menyumbangkan sumbang-

sih pada jaman sebelum kemerdekaan. Sebut saja organisasi Putri Mardika atau pahlawan Roehana Kudus, R.A Kartini, S.K Trimurti dan lain-lain. Generasi nenek kita itu emang pada top! Berdasarkan bukti sejarah, ternyata perempuan dapat memimpin selama mempunyai kemampuan. Hal yang terjadi adalah perempuan selalu dibatasi antara lain karena lelaki tidak ingin merasa tersaingi dengan adanya perempuan berada di atasnya. Sederhana kan? Intinya adalah, walaupun perempuan dalam masyarakat digambarkan secara umum mempunyai fisik yang lemah, sifatnya yang emosional, dan sejenisnya kita tidak dapat mengambil kesimpulan sembarangan bahwa semua perempuan mempunyai ciri seperti itu. Masih banyak kok perempuan yang bisa memimpin dengan tangguh dan bijaksana. Termasuk kamu. Perempuan dan lelaki memang berbeda, namun mengapa mesti dibeda-bedakan?

6

change

change

7


change your mind Jadi terbukti khan? Kamu bisa menjadi leader dimana saja. Karena kamu mencapai impian kamu dengan mengawalinya dari diri sendiri yaitu dengan be a leader for yourself..

Dea Pranathania

You can be a leader for yourself.. Kamu ga perlu capek-capek kelingkungan sekolah atau kampus untuk menjadi leader. Cukup contoh kecil seperti didalam kamar, kamu udah bisa menjadi seorang pemimpin. Mulai dari mengatur schedule belajar, sampai beresin kamar, kalo kamu melakukannya secara disiplin, berarti kamu sudah menjadi leader untuk diri kamu sendiri. Untuk menjadi seseorang yang berkepribadian bagus dan dewasa, Ia harus mampu mengatur dirinya sendiri. Dengan terbiasa disiplin dalam hal-hal kecil, maka kamu akan terlatih untuk percaya diri dalam hal-hal yang besar. Hal-hal kecil adalah modal untuk kamu sukses dalam lingkup yang lebih besar. Seperti contohnya, kalau kamu membiasakan diri disiplin terhadap schedule organizer yang kamu buat sehari-hari, maka kamu akan terlatih menjadi orang yang selalu on-time dan pastinya akan banyak orang yang mempercayai kamu sehingga ini baik bagi bagi masa depan kamu nanti. Kamu adalah salah satu diantara manusia-manusia didunia ini yang mempunyai banyak sekali harapan dan mimpi. Yang membedakannya adalah tidak semua manusia bisa meraih mimpi dan harapannya. Semua harapan dan mimpi hanya akan menjadi ilusi kalo kamu tidak melakukan sesuatu untuk merealisasikannya. Harus ada langkah awal yang bisa memotivasi diri kamu untuk mendapatkan apa saja yang kamu impikan. Hal ini bisa kamu lakukan kapan saja dan dimana saja, tanpa batas waktu, tempat maupun situasi. Kira-kira apa yang bisa kamu lakukan dimana saja..? just follow my lead‌

8

change

Untuk mendapatkan sifat positif ini, kamu harus mampu mengalahkan diri sendiri, kenapa? Karena di dalam diri kita adalah battle ground, dimana good side akan bertempur melawan bad side, sehingga hasilnya akan menjadi suatu tindakan yang kita lakukan atau pilih. Kalo good side kamu berperan baik dan menang, maka berarti kamu sudah menjadi leader yang baik buat diri kamu sendiri. Tapi memang hal ini ga akan mudah, semua butuh dedikasi dan disiplin dari diri kamu secara terus-menerus sehingga kamu akan terlatih untuk memaksimalkan diri.

Manfaatkan peluang !

Pernah denger dengan istilah “musuh terbesar manusia adalah dirinya sendiri�? makanya gak heran khan kalo kamu sering melihat orang disekitar kamu terjebak dengan masalah-masalah yang sebenernya disebabkan karena mereka gagal mengalahkan diri sendiri, misalnya seperti terjebak dengan narkoba, pergaulan bebas dan sebagainya. Semua masalah tersebut terjadi karena mereka tidak bisa menjadi leader untuk dirinya sendiri. Menjadi leader berarti mampu membaca situasi, mampu memanage diri, mengenal diri dengan baik, dan menjadikan kelebihan sebagai kesempatan dan kekurangan sebagai tempat memotivasi untuk belajar dan berjuang. Semua mimpi yang kamu punya tergantung pada diri kamu sendiri, apakah kamu mampu memanagenya menjadi suatu kenyataan. Kesuksesan seseorang tergantung bagaimana ia dapat membentuk dirinya sendiri untuk menjadi pribadi yang positif dan penuh optimisme.

Opportunity is everywhere! Kamu bisa memanfaatkan kesempatan dimana saja karena ia selalu ada disekitar kamu. Untuk meraih mimpi, kamu membutuhkan kesempatan dan ia bukan untuk kamu tunggu, melainkan kamu cari dan perjuangkan. Mulai kamu melihat matahari terbit, itu adalah suatu kesempatan untuk kamu melakukan atau mendapatkan hal yang berguna bagi masa depan kamu. Pada pagi hari kamu memulai segala aktivitas seperti kesekolah atau kampus merupakan suatu kesempatan untuk meraih hasil yang maksimal. Jadi, hargai setiap waktu dan manfaatkan setiap situasi. Peluang bisa datang disaat-saat tak terduga, oleh karena itu kamu harus bisa membacanya dimanapun kamu berada. Jadilah seseorang yang peka terhadap apapun di sekitar kamu. Seperti ada cerita tentang seorang pengrajin tangan yang usahanya sudah dikenal mancanegara, pada awalnya ia hanya sedang melewati sebuah pohon, lalu ia melihat sehelai dahan jatuh dan ia terinspirasi untuk membuat kerajinan tangan terbuat dari daun yang sudah mati. Hingga akhirnya Ia berhasil mengembangkan usahanya menjadi beragam kerajinan.

change

9


change your mind tidak kita kenal, karena siapa tau dia dapat menjadi peluang besar buat kita dimasa yang akan datang. Smile and discover!

Give it a try ! Mencoba adalah suatu langkah awal dari pembelajaran, dan untuk mencoba diperlukan keberanian. Orang yang berani mencoba adalah orang yang berani. Karena ia menaklukkan rasa takut terhadap sesuatu yang asing, dan menaklukan ketakutan kita akan kegagalan. Dengan mencoba kita akan mempunyai pandangan lebih luas, kita jadi bisa membandingkan sekian banyak hal yang kita coba tersebut. Kita jadi bisa mengetahui apa yang paling kita disukai dan diminati. Hal ini akan membantu kita untuk menentukan langkah dalam menjalani hidup dan meraih prestasi.

Hal ini bisa saja terjadi pada kamu, karena semua tergantung pada kepekaan kamu dalam melihat dan memanfaatkan peluang di sekitar kamu. Segala objek atau orang-orang yang ada kita dapat menjadi sumber inspirasi untuk meraih peluang.

rika

Pada jaman dahulu, perempuan dianggap sebagai makhluk lemah, semua orang mengistimewakannya dan menganggap kelemahan tersebut sebagai alasan untuk “menaruhnya di sangkar madu” (eh, tau lagu itu kan; “wanita dijajah pria sejak dulu, dijadikan perhiasan sangkar madu”?). Kita sering mendengar kata-kata yang bias gender tersebut di dalam pergaulan dan kita sudah mulai terbiasa mendengarnya ;

“Masa gitu aja kalah sama cewek..” atau “Bisa apa sih loe? Loe kan cewek…” Ya, ungkapanungkapan yang “meremehkan” kita sebagai perempuan .

Misalnya di lingkungan sekolah atau kampus, dengan terlibat kegiatan keorganisasian akan melatih kita untuk kreatif dan bertanggung jawab. Kegagalan bukanlah untuk ditakuti, justru kegagalan adalah ilmu terbaik dalam perjuangan. Kuncinya adalah selalu percaya bahwa segala hal positif bisa kita lakukan and you can do it anywhere!

Sumber informasi untuk meraih kesempatan itu antara lain bisa kita dapatkan lewat buku, koran atau web-site. Untuk itu jangan pernah malas mencari informasi lewat bacaan, tontonan atau radio. Selain itu informasi juga datang dari pergaulan. Bahkan, disaat kita berbicara dengan orang yang masih asing, bisa jadi secara tidak sengaja dapat menjadi suatu peluang untuk mendapatkan informasi yang berharga. Makanya, jangan pasang muka jutek disaat bertemu dengan orang yang

10 change

change

11


Sekarang bukan jamannya lagi kita berkoar-koar ngomongin bahwa cewek harus setara dengan cowok, karena harusnya semua orang sudah tahu itu. Kalo masih ada cowok yang underestimate kita karena kita cewek, kamu bisa bilangin ke mereka; ”Masih jaman ya? Nenek gw aja udah memperjuangin dari dulu kesetaraan macam gini”. Sekarang ini yang diadu itu kadar intelektual seseorang. Kita sebagai perempuan bisa bersaing dalam hal itu. Toh kita mempunyai kapasitas otak yang sama. Penelitian membuktikan bahwa kapasitas otak perempuan tidak berbeda daripada laki-laki. Lantas, selain jenis kelamin, apa yang membedakan perempuan dan laki-laki kalo gitu? Nggak ada!! Kalo kamu bilang itu karena faktor lingkungan pembentuk, wait… lingkungan itu adalah faktor yang bisa berubah, dinamis, jadi kenapa kita enggak berusaha merubahnya ke arah yang lebih positif dan punya nilai yang universal? Basi ah..hari gini masih mengkotakkotakin cewek dan cowok. sekarang ada toilet yang unisex, masa pikiran juga ga bisa “unisex”?! Jadi mulai sekarang kalo ada yang underestimate kamu karena kamu cewek.. bilang aja ke mereka : hello….kemana aja?!! Huehehehe…

12 change

Kotak-kotak itu adanya di dalam kepala kita… dan sudah mengendap jauh…ratusan tahun di dalam masyarakat. Kotak-kotak tersebut kemudian berdampak kepada tindakan yang kita lakukan sehari-hari. Lantas apakah kita bisa disalahkan atas hal ini? Kenapa kita nggak berusaha untuk melepaskan kotak-kotak tersebut? Belajar untuk melihat bahwa manusia ini diciptakan untuk setara, dan nggak melihat perempuan sebagai makhluk yang berpotensi untuk dikuasai, dipengaruhi ataupun disudutkan. Dengan demikian kita bisa menciptakan suatu sistem yang adil bagi setiap orang dan kemudian bisa kita tularkan kepada siapa saja…

change

13


change your mind

Salute

zaitun

G u ys , te rn ya ta b an ya k p e re m p u m e n o re h ka an -p e re m p n p re ta si n ya u an h e b at sa m p ai ta ra ka te g o ri- ka ya n g su d ah f in te rn as io te g o ri ya n g n al . B ah ka se la m a in i la ki . In i se n u n tu k id e d ik it c o n to n tik d ik u as h b e b e ra p a ai o le h ka u m la ki d ar i m e re ka : S h ir in E b a di A h li h u ku m , h ak im , p e n g aj ar, p e n si m an u si a u lis , d an ak Ira n , S h iri n tiv is p e m b e E b ad i (5 6 ) ia n p ad a ta la h ak as am e ra ih h ad hun 2003. ia h N o b e l Ia m e ru p ak an p e n g h ar g aa P e rd am aw an ita M u sl n N o b e l, to im p e rt am a ko h M u sl im (1 9 9 4 ) d an p e ra ih ke tig a se te A n w ar S ad la h Ya ss e r at (1 9 7 8 ), se te la h Jo d d an m e ru p A ra fa t y W ill ia m s ak an w an ita (1 9 9 7 ) d al am te rp ili h d ar ke se b e la s 1 0 3 ta h u n i 1 6 5 c al o n se ja ra h N o , te rm as u k ta n P re si d e b e l. E b ad i P au s Yo h an n C e ko Vac e s P au lu s la v H av e l ya II d an m an n g se b e lu m n ya d iu n g g u lk an . O p ra h G a il W in fr e y O p ra h G ai l W in fr e y at au O p ra h W in si p p i, A m e fr e y la h ir d rik a, 2 9 Ja i K o sc iu sk o n u ar i 1 9 5 4 ya itu p ad a , M is si s. P e rt am a ta n g g al 2 Ja ka li ia m e m an d n u ar i 1 9 8 4 se b u ah p ro u ac ar a d i se b u ah st g ra m p e rb as iu n T V d i in c an g an d itu . P ro g ra C h ic ag o , e n g an ra tin m te rs e b u t g sa n g at re ke m u d ia n W in fr e y S h n d ah sa at d iu b ah d e n o w, ya n g g an n am a ke m u d ia n p ad a 8 S e T h e O p ra h m u la i d is ia p te m b e r 1 rk an se c ar 9 8 6 . H in g g p ro g ra m fa a n as io n al a se ka ra n g vo rit d an d p ro g ra m in is ia rk an ke se m e n g an to n i m e n ja d i ju m la h n e g g i ko n tr ak u n tu k d ip ro ar a, b ah ka m e ra ih p e n n te la h d u ks i h in g g g h ar g aa n 2 a 2011 me 0 0 5 F re e d d al am m e n n d at an g . Ia o m A w ar d s. in g ka tk an d O p ra h d ia ku e ra ja t h id u m e m b an tu i ja sa n ya p an ak -a n ak te rc ip ta n ya m is ki n d i A d at ab A m e rik a S e as e fr ik a d an p ar a p e la ku p e n rik at . g an ia ya an an ak d i

14 change

bol ked a la h s im a g n aka g m ngkan h e fa A lo A lo m a n m p e rj u a e p u a Yo s Yo s e fa a ng m a P y m t a n la k banga s y a ra san da l p e rt a m Bagi ma p e n in d a lu . a u n re d a a i g w n d la a me ungme ek moy m n e A n u n b e ra n ia n k k u k ja S m a ta h a re k a s e y a ra k a t rh a s il m e ggal me e n b a hak mas ti y t ia n a s a p u y y a te m a khus ra n ia n n di Papu an kebe s e b e n a rn ih i il d k n rp la a le te g n kaum e rj u a mang o m in a s i B e rk a t p e p h a A lo ra n g la h k a n d m a Yo s a a g anyak o M n b e , a m n k ti a e g n K dan u . k aya e g d a n li n ta k p e rc Amungm g HAM ta k d a n n di suku n a e it u . ju e rs n p te a a d ia h g h a rg a Papua m e ra ih h a ih p e n i ta n a h ri ma d e a n m M a d r a gme e n g a n ta il it u b is m g n h u di Amun la m ie n te nnya T h ia m H re m p u a n e ra m a h a a n Ya p k a k a la u p e n ze rg a ri a d h P l g e n ta anaan h pen E n v ir o n m e n p e ro le K e s e d e rh n m a m g n ld a o A lo m The G Yo s e p h a m u d ia n 9 dan ke 9 9 1 rd Aw a 2001. Dee E ll e n show Th lk gai s a ta b re e e ra s a n eGe a rg a a n awa ac h b g n m e e E ll e n D p p t i a ndapa al sebag rn a h m e Ia d ik e n yang pe w o h S G e n e re s . menb e rh a s il w te rb a ik ta lk s h o uan yang p rc a y a m e p re i e k it a k in p u a n -p m a g re a g e in p i h g in i, s e yang sam a n y a k la ampuan d i d u n ia m M a s ih b a e y k in a s y pun p re s ta re m p u a n g u k ir k a n i dan pe k la ik la bahwa s ta s i. e ra ih p re d a la m m

change

15


change your mind

Dea

What makes a woman a leader? Apakah kecantikannya? Kepribadiannya? Wawasannya? Diplomasinya? Atau mungkin...semuanya? Wah, harus jadi Wonder Woman dong?! Nggak segitunya kali. Kita cukup menjadi diri sendiri! Dengan menjadi diri sendiri, kamu akan mudah menggali potensi diri, keahlian, bakat dan minat kamu. Sehingga dengan begitu, kamu akan menemukan banyak sekali kemampuan yang belum tergali dalam dirimu. Seorang leadership atau pemimpin tidak dilahirkan tetapi diciptakan dan dibentuk. Para pemimpin yang mumpuni membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menggali potensinya. Mnejadi pemimpin itu butuh proses pendewasaan, pembelajaran dan pengalaman yang dibutuhkan waktu lama. Kalau kita tidak mampu mengelola diri sendiri maka percaya deh,

16 change

sudah pasti nggak bisa memimpin orang lain. Semakin jelas mengenal siapa diri kita dan apa yang akan dilakukan, semakin kuat kredibilitas yang akan dimiliki sebagai pemimpin. Termasuk juga nilainilai yang dipegang, kepercayaan dan tujuan, kepercayaan diri, dan tingkah laku positif kamu. Untuk menjadi seorang pemimpin harus memiliki kemampuan pengembangan organisasi yang sangat baik. Meskipun sedang bad mood, kita harus dapat berkomunikasi dengan baik kepada orang lain, memastikan mereka mampu menjalankan tugasnya, memfasilitasi kebutuhan mereka, keinginan mereka dan seretrusnya. Plus, memahami bahwa tugas tersebut sesuai bagi kemajuan organisasi dan langkah-langkah apa yang perlu diambil,

kapan, dengan siapa dan bagaimana. Kita harus memahami tingkatan pengembangan organisasi dan langkah-langkah yang dibutuhkan untuk mencapainya satu demi satu. Dasar utama yang menjadi modal seorang pemimpin adalah wawasannya! makanya untuk menjadi seorang pemimpin kamu harus mengejar pendidikan setinggitingginya. Walaupun nggak wajib, tapi pendidikan adalah salah satu komponen pendukung. Meningkatkan kualitas pendidikan menjadi sebuah keharusan yang mesti diraih. Dalam ranah intelektual, peran perempuan lebih ditekankan pada persoalan pendidikan. Memperoleh kualitas pendidikan mutlak diperlukan untuk menopang gerakan-gerakan kemasyarakatan dalam rangka melakukan perubahan. Pendidikan bagi perempuan hendaknya mampu membentuk karakter budaya yang mampu membangun kerjasama dengan lelaki. Pesona kreatif perempuan memiliki kekuatan transformatif dan transendensi yang mampu mengubah kultur. Asal tahu saja, terdapat beberapa kelompok yang mampu mengubah masyarakat dan bangsa, yaitu pemimpin kharismatik, politisi, dan tokoh intelektual. Perempuan memberikan seluruh anugerah dan imajinasi yang dimilikinya untuk dapat melindungi dan menghiasi eksistensi manusia yang lain. Pada esensinya, melihat dalam diri perempuan terdapat nilai-nilai yang lengkap seperti nilai kehidupan, kesatuan dan kedamaian. Di dalamnya terkandung pula prinsip kebebasan universal, kesetaraan, kedamaian, dan kemanusiaan yang lembut. Nggak bingungkan? As you know, dibalik seorang pemimpin pasti terdapat perjuangan yang besar, apalagi jika Ia adalah seorang perempuan. Karena selama ini, posisi leader lebih banyak dikuasai oleh laki-laki, sehingga perempuan harus ekstra kerja keras da-

change

17


speak up!

Menyoroti akan kepemimpinan perempuan, ternyata dapat kita temui dari hal yang paling simpel sekalipun contohnya, pemimpin kelompok untuk tugas di sekolah, ketua kelas, hingga ketua OSIS, bahkan kalo ada teman kamu yang sering ngajakin kamu untuk melakukan ini itu, dia juga bisa dikategorikan sebagai pemimpin. Pemimpin biasanya adalah orang yang sering mengambil keputusan dengan tetap memperhatikan kulitas dari keputusan yang diambilnya. Change Magz berhasil nodong lima cowok untuk berkomentar mengenai kepemimpinan perempuan.

lam memperjuangkan eksistensinya untuk bisa menempati posisi sebagai pemimpin. Mereka harus menunjukan bahwa perempuan memiliki kemampuan dan intelektualitas sebagai organizer (pengelola), advisor (penasehat), expertise (ahli), executor (pengambil keputusan), sekaligus speaker (pembicara) sehingga perempuan dapat diakui bahwa mereka layak untuk menjadi seorang leader yang membawahi suatu organisasi, instansi sampai Negara. Contohnya? Banyaaak banget, kamu bisa lihat dari perempuan sebagai Ibu Negara, sebagai duta besar, sebagai direktur, hakim, rektor, kepala sekolah, ketua senat sampai ketua kelas cewek di sekolah kamu adalah bukti nyata kalau perempuan sudah mulai dipandang sebagai karakter yang sangat potensial untuk menjadi pemimpin. Pada umumnya perempuan-perempuan yang menempati posisi sebagai pemimpin memberikan beberapa karakter yang unik. Sentuhan feminin di dalam kepemimpinannya, seperti teamwork, communication skills, kemampuan untuk mendengar-

18 change

kan dan menilai secara bijaksana menjadi warna. Berbagai macam ide dan konsep dari pihak-pihak dibawah kepemimpinanya dengan tekun dapat disatukan. Prestasi yang dicapai sebagian besar karena ketekunan dan kesabaran, hal yang biasanya jarang ada pada laki-laki. Mulai sekarang, kamu bisa menggali potensi leader kamu untuk menjadi kenyataan. Dengan menjadi leader, peluang kamu untuk melakukan perubahan bagi dunia ini akan sangat besar. Kamu juga bisa menjadi salah satu cewek yang menginspirasikan dan memotivasi semua perempuan disekitar kamu untuk menjadi sesuatu yang berguna. So don’t turn away girls, these tips might be useful for you someday!

“Perempuan itu lebih adil dalam memimpin, tapi rasanya agak terganggu karena mereka jago ngeles dan kita jadi susah buat ngebantah mereka. Selain itu, mereka juga ngomongnya cepet banget. Butuh konsentrasi lebih tuh untuk menangkap apa yang mereka katakan. Tapi, okelah, kan sekarang jamanya emansipasi perempuan, jadi ayo dong jangan mau kalah sama laki-laki.�

Alwin - SMAN 61, Jakarta

“Perempuan itu banyak omong. Mengganggu banget, tapi apa yang pernah mereka omongin, banyak benernya juga sih. Enaknya dipimpin perempuan, mereka itu lebih terbuka. Jadi kalu ada apa-apa, kita bisa gampang untuk share dengan mereka.�

Dwi - SMAN 42, Jakarta change

19


tips for change

“Sah-sah aja kalo dipimpin perempuan. Selama dia memiliki sifat-sifat yang menunjang kepemimpinan seperti jujur, smart, dan merakyat. Sekarang yang gue rasain, hampir gak ada bedanya dipimpin perempuan dengan dipimpin laki-laki.”

Get Involved !

Dimas - UNPAD, Jurnalistik

“Gue sih netral-netral aja lah. Hari gini, perempuan udah oke banget. Gak kalah sama laki-laki. Pokoknya siapapun yang jadi pemimpin, asalkan dia memang bagus dan memiliki kualitas ya silahkan saja. Memang pada awalnya ada perasaan, masa iya sih gue dipimpin cewek. Belakangan, gue tahu dipimpin cewek tuh asik-asik aja.”

Roy - TRISAKTI, Teknik Industri

“Gue pernah dipimpin cewek. Sebenernya sih sama aja baik cewe ataupun cowok, asalkan dia tegas. Pemimpin kan harus tegas. Nggak ada masalah kalaupun cewek jadi pemimpin walaupun kebanyakan cewek lebih emosional tapi kalau mampu ya gak papa.”

Ryan - Univ. Moestopo, Komunikasi

20 change

Be Yourself and Be Different! Menjadi pemimpin atau leader, berarti berani menonjol, berani menjadi diri sendiri dan berbeda dari orang-orang di sekitar kamu. Setiap manusia pasti punya yang namanya ciri khas dan potensi yang berbeda-beda. Namun nggak semua manusia bisa benar-benar melihat potensinya karena banyak sekali alasan seperti takut dibilang aneh, takut salah, nggak pede dan sebagainya. Selama yang kamu punya dan perlihatkan adalah hal positif, kenapa harus takut salah? Bukankah semua orang nggak ada yang sempurna? Perlihatkan siapa kamu, lakukan apa yang kamu bisa, katakan semua ide-ide dan pemikiranpemikiran positif yang ada di kepala kamu, berikan yang terbaik dari dirimu kepada sekitarmu. You’ll never know, if you never try, right?

Seorang perempuan seperti Hillary Clinton tidak serta merta langsung dicalonkan sebagai the next American President! Semua butuh proses, dan pasti diawali dari baby step atau langkah kecil. Semua potensi yang kamu punya membutuhkan wadah untuk mengolah, mengasah dan mengembangkannya. Makanya, kamu harus pintar dalam melihat sekitar kamu. Libatkan diri kamu di dalam setiap kegiatan atau organisasi yang kamu suka. Di sana kamu akan mempelajari banyak hal. Mulai dari karakter orang, struktur dan birokrasi keorganisasian, bagaimana belajar untuk mendengarkan pendapat orang, mengemukakan pemikiran dan pendapat, mengolah sikap toleransi dan tenggang rasa terhadap perbedaan, serta kamu akan belajar bagaimana caranya untuk sukses didalam team work. Kalau kamu sudah bisa mengembangkan diri kamu didalam suatu kegiatan, maka potensi kamu akan semakin terlihat. Your thoughts, actions and words akan menjadi modal penilaian orang-orang di sekitar kamu untuk mempercayakan kamu sebagai pemimpin mereka! Apakah kamu mampu untuk menjadi seorang pemimpin? You gotta show it girl!

change

21


Brain, Beauty and Behavior ! Kalau yang ini adalah triple B yang sangat berkualitas! Makanya B keys ini nggak semua perempuan memilikinya. Otak pasti dimiliki oleh semua orang, namun semua tergantung bagaimana kamu mengasahnya. Being smart is easy! Caranya hanya “kemauan”. Dengan selalu punya kemauan untuk belajar, kamu ngga akan males baca buku, Koran, majalah, novel atau apa aja. Kamu juga nggak akan malas mencari tahu, dan hal ini bisa berupa apa aja. Seperti mengunjungi tempat-tempat baru, memperhatikan permasalahan dunia, bertanya akan apa saja yang menarik di sekitar kamu. Dengan kemauan untuk mengetahui banyak hal kamu akan menjadi orang yang gak hanya berwawasan luas tetapi kamu bisa mengembangkannya menjadi suatu tindakan-tindakan yang positif.

B keys yang lain adalah Beauty. Kecantikan adalah keindahan yang kamu pancarkan dari apa yang kamu dapatkan. Semua keindahan itu berasal dari tiga elemen yaitu; your soul, mind and body. Keseimbangan tiga elemen dasar ini adalah rangkaian yang membentuk kecantikan pada diri kamu. Wawasan yang luas, kepribadian yang sederhana, tubuh yang sehat dan bersih serta jiwa yang lembut dan loving adalah hal-hal yang bisa dimiliki oleh semua perempuan jika mereka mau menyadarinya, cos every each of you is beautiful!

22 change

don’t read this, please

Behavior Selanjutnya, B yang terakhir adalah Behavior atau sikap dan perilaku. Pemimpin adalah panutan, maka seorang pemimpin harus mempunyai sikap yang baik dan dapat dicontoh oleh semua orang. Pada dasarnya setiap hal yang kamu lakukan akan memberikan dampak bagi orang di sekitar kita. Untuk itu, kamu harus menjaga setiap perilaku untuk tetap berjalan pada koridornya. Dengan memiliki brain, beauty and behavior kamu sudah memegang kunci menjadi seorang leader yang berkarakter dan berkualitas. I dare you to move!

Keep it Going ! It’s not gonna be easy girls, semua butuh komitmen dan kerja keras kamu. Menjadi perempuan adalah sebuah karunia buat kamu. Makanya, manfaatkan segala kelebihan dan kesempatan yang kamu punya untuk terus berusaha dan berjalan meraih mimpi kamu untuk menjadi salah satu woman on top. Hambatan pasti akan selalu ada didalam perjalanan tapi bukan berarti hal itu menghentikan kamu untuk sampai ditempat tujuan khan?. Orang bijak bilang, maknanya bukan terletak pada awal atau akhir, tetapi pada proses atau perjuangannya. So girls, don’t give up ok! When you have a dream and realize that dream, your place in life will open up for you, keep it up!

Pemilihan Umum memang masih satu tahun lagi. Tapi, getarannya sudah berasa belakangan ini. Bayangkan saja, sekarang tiba-tiba banyak orang bikin iklan dengan jargon tentang perubahan, kesejahteran, dan nasionalisme. Mereka adalah orang yang sedang bersaing menuju kursi RI1 alias Presiden. Sebutlah mereka dengan inisial SB, RM dan PS. Si SB selalu mengutip sang penyair kawakan sekelas Chairil Anwar. Pokoknya tiba-tiba doi menjadi puitis habis. RM rada miriplah dengan SB, masih jargon “kini masanya yang muda memimpin”. Padahal doi udah nggak muda lagi… Hihihi. Nah, kalau si PS rada suka romantisme masa lalu. Katanya, dulu Indonesia adalah negara makmur loh jenawi. Change Magazine said: Salah satu redaktur Change Magz terperanjat saat membaca satu berita di sebuah koran nasioal. Koran itu menyebutkan bahwa seorang calon dapat menghabiskan biaya 15 miliar rupiah hanya untuk penayangan IKLAN! Haaa… Kalau dibuat untuk dana pendidikan, bisa menyekolahkan berapa anak sampai Universitas tuh? Ini yang namanya jalan pintas menuju kekuasaan. Bayangin saja, berapa banyak yang harus dikeruk buat ganti biaya tayangin iklan. Ditambah lagi ‘pesan’ sponsor yang berada dibalik masing-masing calon. Emangnya dukungan itu gratis? Wah, bakal kacau bangsa ini kalau seseorang bisa jadi presiden karena mampu beriklan. Yang senang mah sudah pasti biro iklan dan production house. Akhir kata, seorang paranormal Change Magz berpesan: pikir lagi deh kalau mau milih presiden. Teliti dulu jejak politiknya terus kiprahnya di masyarakat jelas nggak? Kalau nggak jelas, jangan pilih!

PERINGATAN: RUBRIK INI SANGAT BERBAHAYA UNTUK KESEHATAN OTAK DAN MENTAL. REDAKSI CHANGE MAGAZINE TIDAK BERTANGGUNG JAWAB KALAU KAMU TERKENA PENYAKIT ‘KRITIS’. JIKA TERJADI SESUATU, KAMI HANYA BISA BERHARAP AGAR KAMU BISA KEMBALI WARAS! change

23


change for dummies

Kamu pasti sering dengar atau baca soal Hak Asasi Manusia (HAM). Tapi ngerti nggak apa itu HAM? Kalau belum ngerti, tulisan ini wajib kamu baca buat tambah wawasan di kepalamu. Percaya deh, di kemudian hari informasi ini bakal berguna banget buat kamu. Apa itu Hak Asasi Manusia. Kalau diterangin sejarah, landasan filosofi dan perkembangan HAM, kepala kita pasti bakal meledak. Bukannya ngerti malah tambah bingung. Supaya mudah, kita pake kalimat yang sederhana; HAM adalah hak yang dimiliki oleh setiap manusia sejak terlahir di atas muka bumi yang diberikan oleh Tuhan. Kalau kata Deklarasi Umum Hak Asasi Manusia, setiap orang dilahirkan merdeka dan bermartabat. Sesuai dengan semangatnya, HAM berlaku secara universal, artinya berlaku untuk semua orang. Semuanya sama! Artinya, nggak peduli; ibu bapaknya siapa, mau cowok atau cewek kek, agamanya apa, warna kulitnya apa, sukunya apa setiap orang (itu termasuk kamu!) punya hak yang sama. Nggak ada istilah diskriminatif atau hanya untuk kalangan tertentu.

24 change

Terus, kenapa penting? Kalau ditanya apa pentingnya HAM, cukup kamu jawab pertanyaan di bawah ini. “Misalnya kamu seorang cewek. Dan kita andaikan kalau kamu tidak boleh belajar sekolah karena pemerintah melarang semua perempuan untuk mendapatkan pendidikan formal. Sebabnya, perempuan cukup tinggal di rumah dan mengurus masalah rumah tangga saja.” Udah bisa terjawab nggak? HAM bertujuan agar semua orang mendapat perlakuan yang sama dan adil. Jangan sampai orang lain atau sekelompok orang bahkan negara melakukan tindakan yang dapat menghilangkan yang diberikan Tuhan kepada setiap orang. Enak aja, pemberian Tuhan kok mau dianulir oleh manusia?! Nggak takut dosa apa? Hak apa saja yang termasuk HAM, Buaaannyyaaak banget! Ada yang namanya hak dasar setiap manusia. Masih ada hak turunannya lagi tapi bakalan panjang ceritanya. Dalam Deklarasi Umum Hak Asasi Manusia terdapat 10 hak dasar yang sifatnya kudu alias wajib, yaitu:

1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10.

HAK UNTUK HIDUP HAK BERKELUARGA DAN KETURUNAN HAK MENGEMBANGKAN KEBUTUHAN DASAR HAK MEMPEROLEH KEADILAN HAK ATAS KEBEBASAN DARI PERBUDAKAN HAK ATAS RASA AMAN HAK ATAS KESEJAHTERAAN TURUT SERTA DALAM PEMERINTAHAN HAK PEREMPUAN HAK ANAK

Lalu, siapa yang menjamin HAM? Yang pasti bukan bang HAMid yang jualan bakso di kantin lah. Negara lah diwakili oleh pemerintah kita melalui aparatnya yang wajib melakukan berbagai tindakan untuk melindungi, memenuhi dan mempromosikan HAM. Kalau ada orang yang telah atau berusaha melanggar hak orang lain, aparat negara wajib melindungi orang yang dilanggar haknya dan menindak orang yang melanggar. Nah, negara juga punya kewajiban buat memenuhi HAM setiap warganya. Misalnya, menyediakan fasilitas pendidikan dan kesehatan buat orang yang tidak mampu. Jadi, pemerintah tuh wajib untuk menyediakan anggaran yang memadai agar fasilitas pendidikan dan kesehatan dapat dijangkau oleh semua orang.

Apa benar HAM itu dari barat? Jaman globalisasi kayak gini’ masih pake istilah barat dan timur?! Emang yang mana barat, terus mana yang timur? Dikarenakan dari barat, makanya nggak cocok ama budaya Indonesia. Alasan ini sering dilontarkan oleh pihak yang ingin menyesatkan kita dengan mengatakan bahwa negara maju seperti Amerika-lah yang membuat HAM. Padahal ngerti aja nggak … hihihi Sekarang gampangnya gini deh, emang nggak ada budaya kita yang mengajarkan kita harus menghormati orang lain? Atau yang rada religius; apakah ada ajaran agama yang tidak mendorong kita untuk berlaku adil dengan sesama manusia. Jawabannya adalah: nilai-nilai HAM itu terkandung dalam setiap kebudayaan dan agama. Makanya jangan mau disesatkan ama orang sesat, entar malah sesat beneran lho…

Change For Dummies is… Kamu bakalan dapat pengetahuan baru tentang berbagai persoalan remaja dalam kehidupan ekonomi,sosial, politik dan budaya dalam kehidupan seharihari. Rubrikasi ini bakal jadi “buku pintar” buat anak muda yang mau membuat perubahan!

change

25


profile Ini dia super girl yang punya banyak cerita buat kamu.. Umurnya baru 17 tahun, tapi kegiatannya nggak kalah sibuk dibanding eksekutif muda! Bayangin aja, dia punya setumpuk aktifitas yang bikin Change Magz geleng kepala. Jadi ketua OSIS SMA BM-400, kapten basket cewe BM400, Vocalist band Jazz (UpTempo), les vokal di Elfa Music Studio, les privat IPA supaya bisa masuk fakultas kedokteran dan sempet-sempetnya jadi penyiar juga di Mustang 88 FM. Aktif abisss khan..? Wah.. sementara banyak remaja seumuran dia lagi seneng-senengnya happening di tempat nongkrong baru, cewek yang bernama lengkap Adji Dara Vania Ariaputri ini sibuk mengembangkan potensi dirinya dengan mengantongi berbagai prestasi. Sebutlah beberapa penghargaan yang udah di terima oleh Dara diantaranya; juara 1 Cerdas Cermat UNAS, juara 1 English Poetry Reading di Labsky, Murid Teladan SMP BM 400, Juara 1 lomba lari 400 M, Juara 3 basket BM Cup, semasa SMP selalu ranking 3 besar kelas, bahkan di SMA menduduki posisi ranking 1 di kelasnya. Buset! Menjadi ketua osis di antara kegiatannya yang padat tentu tidaklah mudah buat Dara. Namun, dengan penuh semangat dia mengatakan “kalo emang ngerasa diri aku bisa, ya aku akan jalanin, dan lingkungan sekitar aku misalnya tementemen dan keluargaku juga ngedukung banget, jadi selagi aku masih muda, aku harus berani ambil kesempatan itu”. Coba deh kamu pikir, kalo semua anak muda di Indonesia semangatnya kaya Dara... pasti negara kita makin maju deh!

Nah, berbicara soal Negara ini, Dara pun memberikan pendapatnya dengan sangat diplomatis. Menurutnya, Indonesia itu punya banyak banget sumber daya yang berkualitas, dari alam sampai manusianya, masyarakatnya juga banyak yang berprestasi tapi sayangnya nggak semua orang sadar sama semua itu. Kebanyakan orang menilai Indonesia hanya dari sisi buruk aja. Anak muda bangsa ini seharusnya mulai untuk melakukan sesuatu, daripada cuma mengkritisi tanpa penyelesaian. Cewek manis berkulit sawo matang yang pengen banget jadi dokter gigi ini selalu penuh energi dalam mempelajari banyak hal. Seperti waktu ditanya soal cara bagi waktu, dia langsung menjawab kalo semua itu tergantung bagaimana cara kita mengatur prioritas. Makanya semua aktivitasnya selalu terencana dengan baik, misalnya dengan siaran part-time hanya di weekend saja dan sekolah jadi prioritas paling penting. Capek karena aktivitasnya yang banyak merupakan sesuatu yang menyenangkan buat Dara. Yang paling membuatnya bangga adalah perannya yang terbilang cukup besar dalam jabatannya sebagai ketua OSIS. Menurutnya “peran perempuan sebagai pemimpin bukan sesuatu yang aneh lagi, perempuan udah bisa dan berani ngebuktiin kalo mereka itu punya kemampuan diatas kemampuan laki-laki, malah cara memimpinnya biasanya lebih terorganisir dan lebih rapih. Paling cuma beda di fisik aja, cuma bukan berarti fisik cewek gak kuat lho! Hehe”

Well.. thanks Dara sweetie, I think you’re one of an inspiration for Indonesian’s youth. So girls… are you ready to be something ?

Ketua Osis SMA BM-400 kapten basket cewe BM400 Vokalis band Jazz (UpTempo) les vokal di Elfa Music Studio Penyiar di Mustang 88 FM.

Dea Pranathania

26 change

change

27


change next door

Live In ala Santa Ursula dyas

dias

in i?

e lu a tu k g a ja k s a l d a n n e m yang ti n g g ?P a c a ra u n tu k a la m L iv e in o d e rn ro g ra m m p aan. D us n h e a a d u e ta b p o e t rk s i b a e k In h p d a la kat e k a li . a s y a ra v e - in a n y a m a s y a ra ta p i na ses gan m a n te e , rh d g e Yu p , li n d s ri a e u a , khus ra p a h h id u p le b ih s t s e n a n g - s e n a b e ri k u t k e o b p e b m o a a es u rn i b u r u n tu k r s e la m ra k a t d gan b e rb a u in i, k it a b e la ja u ra n � y a n g m u p a n m a s y a ri k a la n p a d k b a li id h d a m u ti e ra k ta a g g i a n rh d ro li f te d p is a ta u la i p a ru t a k ti ekaan a rm a w g ra m ro n tu k tu ih a ra p k a n d im k u r d a n k e p u p kan “d k if it ja yu pos i ih d ia in i d s a b e rs ampak sebaga k it a le b y a . P ro g ra m a s a h ra p e n ti n g n y a d d ik a n li v e - in n g s n a e it m v a k ti m e n ja u n tu k e li h a t e la ja r t te la h k in . M u s ia p i m u n g J a k a rt a P u s a in d e s , a U rs u la sesam A S a n ta e re k a . in i. S M m h s e k o la tr a d is i mend er nah

engar

acara

S a lu t! S a lu t u n tu k Sanur ! Sahabat k it a , D h a n ik a A y U rs u la , J u P u te ri a k a rt a P Kumahe u s a t b e rk L iv e in d ri s is w i esempa i S a n u r. k e la s X IIta n u n tu B a g in y a a s a a n , ti n IPA S M A k b e rb a g rt i liv e in ggal den i p e n g a la S a n ta g a n s a la le b ih d a k e lu a rg a mannya h s a tu k e ri s e k e d te rs e b u t s e p u ta r a lu r a b rg s e e la m a b d ia ja k u rk u n ju n g a di sana n tu k b e la e b e ra p a , a ta u p u ke pede h n memb ja r k e m a dengan a n tu a k ti m p u a n b a ri . L e b ih d a ri p a lin g k u n g v it a s d e a a rk n it o p ro s e s in u, menu d a n s it u o rd ia n a s ru tn y a k a s i b a ru i dengan i menga it a , dan m ja rk a n la o ra n g la kepada e n ik m a ti ngkah a in , b e rb sesama p w aur ro a d s l a e u n tu k m kedewas n k e ti k a s b e rb a enunggu g i. S e m aan dan p ro s e s it ua u te la h k e m a ta n s u a tu s ik W in s to n b e rj a la n g a n p ri b a p p e ru Ch , hanya adi bahan. b e s a r. � S u rc h ill , “ S ik a p m S a e s a p a d a la h h la h w a k tu ik a p a p a e rt i k a ta a l k e c il ? P o s it if n e g a ra w yang ak a ta u ju s a n In g g an mem tr u n e g a ri s , P ro g ra m buat pe ti f? M a k -p ro g ra m rb e d a a n e ur cho dengan yak SMA ic e ? k u a lit a s pada um e d u k a ti f umnya d s a ja in i memang m e ru p a k a n L iv e m u la i d ig a n a lt e rn in h a n y a g a la m a n a la k a n d a ti f te rb s a la h s a b a ru d i i bana ik b a g i tu a lt e rn lu a r lin g tu k S M A re a ti fn y a . k m a a ra ja S a n ta U n keseh ib u Te n tu k o ta rs u la , J a a ri a n m e y a p ro g ra u n tu k b e k a rt a P u re k a . J a la ja r p e n m -p ro g ra d i, s e k a sat deng m la in y m u n g k in li la g i s a a n p ro g a n g b e rb ? lu t u n ra m liv e eda dan -i n n y a . D it u n p o s it if te ggu n tu n y a . S e k o la h kamu

Sekolah kamu punya program kegiatan atau ekskul yang unik dan beda? Kirim email aja ke changemagz@yahoo.com ! Sekolah kamu nanti bakalan kita liput di rubrik ini.

28 change

change

29


change health

Tau nggak? l-s el ka nk er Pe rt um bu ha n se rt i ca nc er at au pe be nt uk ny a se em pu ny ai ke pi tin g ya ng m la h se ba bn ya Itu . ba ny ak ka ki be ri na m a se l-s el te rs eb ut di ca nc er .

Pengasuh: dr. Astri Parawita

Gue kena kanker nih alias kantong kering. Plesetan jadul ini mungkin masih sering kita dengar sampai sekarang. Bisa jadi buat sebagian besar dari kita plesetan itu lucu padahal kita tau kan, arti kanker yang sebenarnya itu jauh dari lucu. Kanker yang bahasa Inggrisnya Cancer, masih merupakan satu dari sekian banyak penyakit yang ditakuti. Munculnya sering mendadak dan katanya susah disembuhin. Tapi apa sih sebetulnya penyakit kanker itu? Kenapa namanya kok kayak nama salah satu zodiak? Kita kenalin lebih lanjut yuk‌ Pengenalan dini kanker sangat penting, terutama untuk meminimalkan risiko kena kanker. Kita tentu ga ada yang mau kena kanker kan, tapi kalo kita udah tau dari awalawal, pengobatannya jadi lebih mudah dan kemungkinan sembuh masih sangat besar. Tapi apa iya kita bisa kena kanker? Bukannya itu penyakit orang dewasa? Jelas bukan! Dulu ada seorang teman, dia kena kanker payudara dan meninggal waktu umurnya masih sekitar 18 tahun, kelas 3 SMU! Bayangkan, seumur kita kan? Contoh lain misalnya, di RS. Cipto Mangunkusumo banyak anak-anak, bahkan dengan usia sangat muda, dirawat karena menderita kanker darah atau leukemia. Lho, darah bisa kena kanker juga? Jadi apa aja yang bisa kena kanker ya?

30 change

Begini ceritanya‌ tubuh kita tersusun dari macam-macam organ tubuh yang menjadi satu kesatuan. Organ-organ tubuh itu terbentuk dari jaringan yang tersusun dari ribuan bahkan jutaan sel. Jadi satuan terkecil dari tubuh kita disebut sel. Nah, sel-sel itu bisa bermutasi atau berubah, belum jelas betul proses dan penyebabnya.

Bisa ada di mana aja sih sel-sel ganas itu? Di manapun di semua bagian tubuh kita kecuali rambut dan kuku. Yang paling sering adalah kanker paru-paru dan kanker payudara. Tapi jangan lupa, masih ada kanker darah, kanker tulang, kanker rahim dan mulut rahim, kanker prostat, kanker tenggorokan bahkan kanker otak.

Tau film X-Men, kan? Dalam film itu, tokohtokoh utamanya juga mengalami mutasi genetik yang membuat mereka mengalami perubahan tubuh dan mempunyai suatu kekuatan tertentu. Pada mutasi sel, juga terjadi perubahan. Sel-sel tersebut tumbuh ga normal dan merusak sel-sel sehat yang ada di sekitarnya. Tumbuhnya bisa besar sampai berupa benjolan atau menyusup ke selsel yang sehat. Pertumbuhan sel-sel yang menyusup itu membuat bentuknya menjadi seperti cancer atau kepiting yang mempunyai banyak kaki. Itulah sebabnya sel-sel tersebut diberi nama cancer. Nah, sifatnya kan menghancurkan sel-sel yang sehat, maka dia disebut ganas. Jika ada yang ganas, biasanya ada yang jinak. Secara umum, pertumbuhan sel-sel yang tidak normal sehingga membentuk suatu benjolan, disebut sebagai tumor. Namun ternyata ada juga tumor yang tumbuh tanpa merusak sel-sel lain di sekitarnya. Tumor yang demikian disebut tumor jinak.

Untuk kita-kita yang perempuan nih, perlu perhatian khusus pada dua kanker yang banyak terjadi yaitu kanker payudara dan kanker mulut rahim. Kedua kanker ini sebetulnya mudah dikenali secara dini. Jika teman-teman sedang mandi, sempatkan deh untuk meraba bagian payudara temanteman. Jangan berpikir aneh-aneh dulu, ini adalah salah satu cara paling gampang untuk mengenali kanker payudara sejak dini. Jika teman-teman meraba adanya benjolan di bagian payudara, segeralah periksakan ke dokter. Bisa juga sih benjolan itu ternyata tumor jinak payudara tapi jangan ambil risiko deh! Kanker mulut rahim juga sudah banyak memakan ‘korban’ perempuan dari berbagai belahan bumi ini. Sebetulnya kanker ini adalah kanker yang paling mudah dicegah terutama oleh teman-teman yang masih remaja. Pencegahan paling mudah adalah jangan melakukan hubungan seksual sebelum nikah. Yang punya risiko kena kanker

mulut rahim adalah orang yang sudah pernah melakukan hubungan seksual. Apalagi jika hubungan seksual itu dilakukan pertama kali pada usia sangat muda. Ganti-ganti pasangan seksual juga meningkatkan risiko kena kanker mulut rahim, lho! Jadi memang dianjurkan juga sih, buat mereka-mereka yang udah nikah, harus rutin periksa yang namanya pap smear. Tujuannya supaya bisa ketahuan, ada atau nggak sel-sel kanker di mulut rahimnya. Kalo udah ketauan dari awal kan bisa lebih gampang diobatin. Kanker berikut yang relatif gampang dicegah adalah kanker paru-paru. Kita semua udah tau dari berbagai media, iklan, bahkan tulisan di kotak rokok; kalau rokok dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker paruparu. Pencegahan paling mudah adalah jangan merokok! Nah, sebetulnya, gampang kan jauh-jauh dari kanker. Cara lain sih lebih gampang lagi, semua juga pasti udah tau. Hidup sehat, istirahat dan olah raga teratur, banyak makan buah dan sayur. Jadi mudah-mudahan kita semua bisa jauh-jauh dari kanker bukan cuma jauh dari kantong kering! Be healthy, be funky!

change

31


science and technology

E-book:

afra

Makin Mudah atau Makin Susah? Baru-baru ini, dunia pendidikan kita sempat dihebohkan dengan kebijakan e-book alias buku elektronik. Pemerintah menetapkan e-book sebagai solusi untuk mengatasi ‘bisnis’ jual beli buku pelajaran yang selama ini cenderung merugikan kita sebagai murid. Orang tua kita harus menanggung biaya yang nggak sedikit untuk membeli buku pelajaran beserta Lembar Kerja Siswanya (LKS). Nah, dengan harapan mengurangi beban ekonomi murid itulah kebijakan ini diluncurkan. Sayangnya, kebijakan ini dinilai gagal karena pemerintah sama sekali tidak memikirkan fasilitas sarana penunjangnya. Ya iyalah! Kita yang di kota dan terjangkau teknologi udah pasti bisa mengakses e-book, tapi coba bayangin temen kita yang ada di pelosok tanah air. Boroboro e-book, listriknya aja susah! Teknologi kan diciptakan untuk mempermudah, ya nggak? Tetapi harus didukung aspek lain agar kemudahan itu bisa kita rasakan.

Coba tanya ke diri kamu sendiri, seberapa sering kamu membaca buku dalam format elektronik? Dijamin masih jarang banget kan? Kita masih betah sama format buku cetak karena lebih praktis dan nggak ribet. Awalnya sih, format e-book ini digunakan untuk buku manual alat-alat elektronik atau manufaktur, seperti komputer, mp3 player, dan lain-lain. Kemudian e-book berkembang untuk buku-buku yang eksklusif atau pembaca yang terbatas. Format ini juga dijadikan alternatif oleh beberapa pengarang yang naskahnya ditolak sama penerbit buku. Mereka bisa menyebarluaskan bukunya tanpa harus dicetak karena format e-book juga bisa diperbanyak atau dikopi. Sekarang juga sudah tersedia alat bantu untuk membacanya (e-book device), jadi kita bisa membawanya kemana-mana tanpa harus menggunakan laptop atau komputer. Memang sih di beberapa negara e-book sudah nge-trend, contohnya di Jepang, U.S.A, dan beberapa negara di Eropa, tapi fasilitas pendukung di negara maju tersebut juga sudah mapan.

32 change

E-book dinilai memiliki berbagai kelebihan apalagi untuk ke depannya, format ini dianggap lebih ramah lingkungan. E-book tidak membutuhkan banyak tempat untuk menyimpannya, nggak seperti buku biasa yang perlu rak atau ruang khusus. Format ini juga lebih mudah dibaca karena besar hurufnya bisa disesuaikan dengan kemampuan mata kita. Walaupun kita tetap membutuhkan listrik untuk membacanya, produksi e-book tidak perlu menggunakan kertas dan tinta. Ini berarti ongkosnya lebih murah dan mudah untuk diperbanyak. Kelebihan itulah yang mendasari kebijakan pemerintah tadi.

Tapi guys, e-book tidak luput dari berbagai kekurangan dan kerugian lho! E-book yang biasanya hadir dalam format PDF ini berisiko dalam hal copyright atau hak intelektual atas kandungan di dalamnya. Berhubung e-book bisa dengan mudah dikopi, para produsennya melindungi dengan proteksi. Hal inilah yang jadi masalah kalau kita ingin mem-back up e-book kita di cd atau komputer. Semua buku bisa disimpan dalam e-book devices, kalau benda itu hilang ya lenyaplah semua koleksi e-book kita. Gawat juga ya?! Untuk pengarang, e-book juga bisa di-hacked lho! Jadi harus lebih berhati-hati dengan koleksi e-book. Sebenarnya e-book itu alternatif yang baik untuk ke depannya, tapi format ini masih harus disempurnakan lagi. Baik dari segi isi maupun alat pendukungnya. Mulai sekarang nggak ada salahnya kamu membaca buku dalam format ini, ok!

change

33


change lifestyle

Leafy

Pernah nggak masuk ke sebuah restoran yang rada fancy dan berat di kantong? Pas sampai di meja, kamu melihat setumpuk piring beserta peralatan makan yang banyak dan bikin bingung. Yah, itulah salah satu ciri Fine Dining yang penuh dengan formalitas dan tahapan. Fine dining-yang lebih dikenal dengan Jamuan Makan Mewah-merupakan tata cara makan yang ribet dengan sejuta aturan yang berlaku. Kalau tidak diikuti, kita bakalan di cap malu-maluin. Cara makan formal ini diperkenalkan pertama kali oleh para bangsawan Eropa untuk menjamu karib dari negara tetangga untuk membicarakan masalah kerjasama mereka. Tata cara penyajian yang paling terkenal yaitu ala Russe alias penyajian dengan gaya Rusia. Siapa yang menguasai tata cara ini, hampir dapat dipastikan akan bisa dengan mudah menguasai gaya yang lainya. 34 change

Seiring perkembangan zaman, jamuan makan seperti ini kerap dilakukan oleh kalangan non-kerajaan. Entah dengan memasak sendiri makanannya atau sengaja memesan catering hingga mem-booking restoran. Sampai-sampai remaja seperti kita juga udah bisa menikmatinya. Kelihatannya ada gengsi tersendiri kalau kita pernah makan di restoran berlabel fine dine. Banyak yang pada sok-sok’an nongkrong di tempat seperti ini biar dibilang gaul. Soalnya restoran model begini sudah menjamur dan lagi trend banget. Padahal, kalau alasannya hanya sekedar gengsi atau biar dibilang gaul hadir di kepala kita, tanpa disadari, kita berhasil didikte oleh budaya konsumtif.

Ada temen yang pernah cerita kalau dia sebenarnya tidak terlalu suka akan makanan yang disajikan walau bentuknya memang tampak indah akibat dipenuhi garnish dan ditata sedemikian rupa hingga mengundang selera. Ribet? Udah pasti lah! Soalnya ada banyak pisau dan garpu yang diletakan di kanan dan kiri piring kita. Belum lagi, bermacam-macam gelas yang tersebar di depan kita, hampir menghalangi kita untuk dapat berinteraksi lebih leluasa dengan orang yang duduk di seberang. Ditambah dengan attitude yang harus dilakukan, seperti tangan tidak boleh menempel di meja. Ja’im banget deh pokoknya! Bukannya nggak mau atau anti, tapi kalau bikin susah kita, ngapain harus ribet? Halah, halah... Mau makan aja kok susah? Kalau Change Magz sih lebih setuju makan bareng temen nongkrong sambil ketawa lepas di warung Tegal deket sekolah. Jangan lupa ajak temanteman, sekali makan di restoran fancy bisa buat traktir teman kamu selama seminggu lho... change

35


change style

change galery by Lenitya

Yo u r S t y le :

“G ue si h ng ga k pu ny a ga ya ya ng te ta p, be rv ar ia si bi ar ng ga k m on ot on . La gi pu la pe rti m ba ng an gu e da la m be rp ak ai an si h le bi h ke pa da te m pa t tu ju an . M is al ny a ka la u ke ka m pu s ya ba ju ny a ya ng ny am an at au ka la u m au ja la nja la n ke m al l le bi h dr es s up . P ok ok ny a ya ng pe nt in g se su ai sa m a te m pa tny a. G ue ng ga k pe rn ah ng ik ut in tre nd ka re na pa da da sa rn ya gu e ng ga k rib et da la m ur us an ga ya .”

Your Favorite Item:

“Tas! Gue punya banyak tas. Walaupun udah banyak, gue nggak pernah stop untuk beli tas. Hehehe...”

hou hou

T h e Tr e n d :

in tre nd pe rn ah ng ik ut “G ue ng ga k ap a, nd tre la gi ad a si h! M is al ny a gu e an ak k , dl l ng ga ba ju , se pa tu ru gu e . M un gk in ba pa ka i sa at itu ng ga k ke tik a ud ah pa ka i na nt i, .” ng et re nd la gi

huf huf

Lenitya Almatsier, 22 tahun, mahasiswi komunikasi UI. Hobi gambar dan design grafis.

Your Tips:

“Jangan sampai Saltum alias salah kostum! Pertimbangkan kemana lo akan pergi dan sesuaikan dengan baju yang mau dipakai.” Putri, 20 tahun, Komunikasi Moestopo panji dan lenny

36 change

change

37


community for change MKI sendiri membawahi banyak sekali studio pembuatan komik termasuk studio Paragraph yang terletak di Kalibata. Studio ini biasa dijadikan tempat magang bagi mahasiswa/i jurusan seni rupa atau desain komunikasi visual. Pembuat komik di Indonesia ini sebenarnya banyak sekali. Ada yang indie, ada yang setengah-tengah, ada juga yang major. Yang indie, komik karya mereka biasanya malah sengaja tidak dijual dan berisi ajakan atau satire. Beberapa dari mereka malah mengizinkan agar karyanya dibajak sebanyak-banyaknya. Ada juga indie yang mengarah ke major. Maksudnya, tujuan akhir mereka memang untuk mencari untung yang sebesar-besarnya. Dari segi isi, mereka yang indie memang memiliki materi ‘lebih’ dibanding

leafy

Di sebuah rumah yang sejuk di Jakarta hampir membuat Change Magz mengantuk. Ya, Change Magz sedang menunggu untuk ngobrol dengan para komikus di markas komikus. Tampak beberapa diantaranya sedang sibuk dengan tugasnya masing-masing. Ada yang sedang menggambar (draw) hingga mewarnai (colouring) yang merupakan tahap-tahap pembuatan komik. MKI atau Masyarakat Komik Indonesia merupakan komunitas pecinta komik Indonesia. MKI berdiri pada 15 Maret 1997, pada Pekan Komik Nasional I oleh Fakultas Sastra UI. Mereka memiliki sekitar lima ratus anggota aktif yang tersebar di seluruh Indonesia. MKI merupakan wadah terbesar dari base-base kecil yang terdapat di Pulau Jawa.

38 change

Mereka menyebut diri mereka sebagai komikus generasi ke-tiga. Generasi pertama ditempati oleh mereka yang pertama kali membuat komik di era ’30-an. Selanjutnya generasi ke-dua yang ditempati oleh komikus periode tahun 1966-1980. Nah, generasi ke-tiga ini merupakan tonggak kebangkitan komikus Indonesia dari kevakuman yang cukup lama, yaitu dimulai dari tahun 1995. Saat itu muncul komunitas di Jogja (Apotik Komik) dan di Bandung (Qomik Nasional) dengan karyanya masing-masing. Jogja mengeluarkan komik-komik seni yang lebih bersifat menuangkan yang ada (realis) serta Bandung dengan Caroq-nya yang hingga kini masih banyak dicari.

yang major. Bedanya, mereka yang major ini dinaungi oleh penerbit. Maka, hasil karyanya lebih banyak mengangkat tematema yang populer. Setiap dua tahun sekali, diadakan acara Pekan Komik dan Animasi Nasional. Biasanya banyak sekali komik-komik indie yang dipamerkan dan rata-rata komik tersebut ludes terjual. Salah satu prestasi MKI adalah mengikuti pameran komik di beberapa negara seperti Belanda (2002) dan Korea (2005). Selain itu, setiap hari Sabtu diadakan juga gathering bagi para anggota. Bukan suatu acara yang wah. Gathering ini diadakan untuk tukar pikiran, ajang kumpul bagi yang minta bantuan, ngobrol-ngobrol mengenai perkembangan yang ada. Pokoknya, MKI akan siap membantu siapapun yang membutuhkan bantuan dalam membuat komik. Ditanya mengenai pencekalan media komik yang baru-baru ini terjadi, MKI menjawab seharusnya bila pemerintah sampai hati mencekal, berarti mereka menganggap bahwa media tersebut kuat dan berpengaruh besar terhadap masyarakat. Seharusnya mereka dapat memanfaatkan media tersebut sebagai alat untuk pembelajaran, untuk hal-hal yang positif lah. Sayang kan kalau hanya asal cekal.

Wahyu dan Adi

Kalau kamu mau main, silahkan saja ke

MASYARAKAT KOMIK INDONESIA Jl. H. Samali No.39, Kalibata Jakarta Selatan - 12740 Indonesia Telp/Fax. 021-7975469 atau gabung dengan mki-ers di mki@yahoogroups.com

change

39


puisi Wiji Tukul

Puisi tentang Tuhan Aquino, Agustus, 2008

a Se um pa m a bu ng a ya ng ta k ng bu Ka m i ad ala h m bu h Ka u ke he nd ak i tu m em ba ng un ka su En gk au leb ih am pa s ta na h Ru m ah da n m er a Se um pa m a bu ng a ya ng ta k ng bu Ka m i ad ala h an ya Ka u ke he nd ak i ad m em ba ng un ka su En gk au leb ih ga r be si Ja lan ra ya da n pa a Se um pa m a bu ng a ya ng ng bu h Ka m i ad ala i ka m i se nd iri m bu di Di ro nt ok ka n ng a Jik a ka m i ka m i bu bo k itu m te h ala En gk au ad k itu bo m te h Ta pi di tu bu bi ji jibi r ba te Te lah ka m i a tu m bu h be rs am an ak i m ka Su at u sa at s ha nc ur ! an : en gk au ha ru De ng an ke ya kin ka m i Da lam ke ya kin an ! i ha ru s tu m ba ng an tir – Di m an ap un W iji Tu ku l (1 98 7- 19 88 )

40 change

Sabda Tuhan bukan vonis, Melainkan nyanyian yang merdu Yang ia tanam di kicau burung, Yang ia tabur di cekikik anak kecil, Yang ia lantunkan di hembusan angin Kata mereka Tuhan itu pemarah, Penghukum mereka yang laknat. Kataku Tuhan itu lembut, Melindungi aku dengan langit seperti selimut. Kata mereka Tuhan itu penghukum, Menjebloskan ke neraka mereka yang murtad. Kataku Tuhan itu humoris, Menaruh kelucuan pada anak kecil dan binatang Tuhan bukan pencatat dosa, Ia itu seniman. Ia melukis pantai, gunung dan awan. Ia membentuk manusia, wajah demi wajah roh demi roh. Ia meletakkan matahari di cakrawala Dan memainkan kuasnya menaburkan warna-warni emas

Mata Tuhan bukan pedang yang menembus jiwamu Mata-Nya adalah mentari, yang menumbuhkan benih harapan di jiwamu, yang mencairkan kebekuan di benakmu, Tangan Tuhan bukanlah pembatas, Namun adalah rahim Yang melingkupi engkau kala siang kala malam Yang seperti ketuban mengandungmu Agar jiwamu lahir kembali dengan sempurna. Terkadang aku memanggil Tuhan itu Bapak, Kadang Bunda, Dan Ia memperlakukanku seperti anak Ia menyambutku seperti pengantin Dan ketika sangkakala akhir jaman bertiup, Kita bukan akan terbang ke awan tinggi Atau ke bawah bumi menuju sang api Namun melebur ke dalam inti hati kita Dan bertemu Tuhan Yang sudah lama bersemayam di sana.

Tuhan bukan hakim yang mengintai di tikungan Menyergapmu kala kau berdosa. Ia itu kekasih. Yang mengampuni, yang membelai, Yang disakiti namun kembali. Yang dikhianati namun memaafkan.

change

41


artt and culture • Hiburan: Menonton TV dapat dikatakan kebiasaan paling populer di semua negara. Berbagai macam hiburan disediakan oleh layar kaca karena sudah menjadi kebutuhan semua orang. Sadar atau nggak, kita akan terbawa dengan apa muncul dalam hiburan tersebut. Banyak kan yang suka ngikutin gaya pemeran Gossip Girls?

Ada orang yang mengatakan bahwa Music Television (MTV) adalah budaya yang nge-pop. Ada pula yang beranggapan bahwa gaya hidup terkini-lah yang disebut dengan budaya pop. Sebenarnya apa sih budaya pop itu? Apa itu budaya populer? Secara sederhana, budaya populer-lebih sering disebut dengan budaya pop- adalah apapun yang terjadi di sekeliling kita setiap harinya. Apakah itu pakaian, film, musik, makanan, semuanya termasuk dalam bagian dari kebudayaan populer. Sebelum kita lanjut lebih jauh, mari kita bahas definisinya satu persatu. Definisi dari popular/populer adalah diterima oleh banyak orang, disukai atau disetujui oleh masyarakat banyak. Sedangkan definisi budaya adalah satu pola yang merupakan kesatuan dari pengetahuan, kepercayaan serta kebiasaan yang tergantung kepada kemampuan manusia untuk belajar dan menyebarkannya ke generasi selanjutnya. Selain itu, budaya juga dapat diartikan sebagai kebiasaan dari kepercayaan, tatanan sosial dan kebiasaan dari kelompok ras, kepercayaan atau kelompok sosial. Jadi, dapat didefiniskan kebudayaan pop adalah satu kebiasaan yang diterima oleh kelompok-kelompok sosial yang terus berganti/berkembang di setiap generasi. Bagaimana budaya pop bisa berkembang? Banyak hal yang bisa mempengaruhi perkembangan budaya pop di tengah masyarakat. Dari penelitian yang dilakukan oleh salah satu sekolah di Kanada, terdapat beberapa hal yang dapat mempengaruhi, antara lain:

42 change

• Makanan: Banyak sekali makanan yang populer di tengah masyarakat. Sebut saja Mc’ Donalds, KFC, Dunkin Donuts, Coke, Pepsi, Pizza Hut dan sebagainya. Banyak orang yang menjadikannya sebagai pilihan makanan utama saat makan siang ataupun dalam kesempatan lainnya. Makanan tersebut sepertinya telah menjadi bagian hidup dari masyarakat Indonesia. Walaupun kita semua tahu kadangkadang orang makan/minum hanya demi gengsi. • Fashion: Khusus untuk fashion, dapat dikatakan faktor yang paling mudah diterima. Pasti kenal dong dengan merek favorit seperti Nike, GAP, Levi’s, Lea, Tommy, Diesel dan banyak lagi yang sering jadi ukuran dalam pergaulan. Kita cenderung mudah mengikuti mode yang berkembang. Mulai dari cara berpakaian, pernak-pernik hingga potongan rambut. Terkadang cara berpakaian juga di”sah”kan dengan penggunaan dress code, baik di pesta hingga ke sekolah. • Gaya Hidup: Penggunaan anting, tatto, telepon selular (ponsel)yang sudah umum buat kita juga berpengaruh. Salah satunya ponsel yang jadi salah satu gaya hidup masyarakat. Selain itu, memiliki kendaraan pribadi, baik itu mobil maupun motor seperti sudah menjadi hal yang “wajib” dalan kehidupan sehari-hari. Banyak dari kita yang menjadikan kendaraan tersebut sekedar buat memenuhi kebutuhan mejeng di sekolah. • Musik: Siapa yang nggak kenal Kanye West atau Rihanna? Mereka memang punya daya tarik tersendiri buat kita. Biasanya sih kita tertarik dengan lagu mereka yang full beat/irama ceria bahkan mereka sering kita jadikan role model. Mandiri, percaya diri, kaya, berhasil, cantik dan sekian banyak alasan lainnya. • Tempat terkenal: Kalau kita ingat kata nongkrong, kita akan sangat teringat bagaimana kita menghabiskan waktu kita selama berjam-jam dengan kawan-kawan kita. Tidak sembarang tempat bisa menjadi tempat yang nyaman untuk nongkrong. Banyak orang yang memilih tempat seperti Mall, Café, dan tempat sejenis lainnya. Kebiasaan untuk nongkrong berjam-jam di mall atau coffeshop seperti Starbucks dan tempat lain sudah wajib dalam agenda gaul kita. • Olah Raga: Basket dan Sepak bola merupakan olahraga yang digemari oleh hampir setiap orang. Saat ini tengah berkembang berbagai olahraga yang sebenarnya bukan berasal dari Indonesia, seperti Baseball, Bowling dan Futsal. Pelan tapi pasti olahraga seperti ini akan menjadi bagian dari kebiasaan kita sehari-hari.

change

43


change review

buku

change review

“AKU INGIN JADI PELURU”

In Ghost Colours

nurdiyansah

“Hanya satu kata, lawan!” Buku ini merupakan buku kumpulan puisi yang dibuat Wiji Tukul atau kerap dipanggil Jikul setelah dihilangkan oleh rezim otoriter Orde Baru. Buku ini sebenarnya adalah gabungan dari beberapa kumpulan puisi Jikul yang sebelumnya pernah dipublikasikan dalam buku ataupun media lainnya. Terbagi ke dalam 5 bagian yang seluruhnya berjumlah 141 puisi Jikul dan 1 puisi persembahan putri Jikul untuk sang ayah. Kerennya lagi, hampir seluruh puisi Jikul memiliki nuansa perjuangan kaum tertindas di bangsa kita. Buku ini wajib banget untuk kita baca. Very recommended for something smells like teen spirit!

musik

Penulis : Wiji Thukul Tahun Terbit : 2004 Penerbit : Indonesia Tera (Magelang)

Afra

Kalau ada yang bilang era musik New Wave udah berakhir, mereka pasti salah besar. Walaupun New Order sudah nggak sebeken dulu, tidak ada yang perlu takut New Wave bakalan mati. Thanks to Cut Copy yang kembali membakar semangat lewat musiknya yang danceable. Nama trio asal UK ini sudah samar-samar terdengar dari tahun lalu, tetapi lewat album barunya In Ghost Colours mereka akan membangkitkan kejayaan New Wave. Beda dari album pertama, musik mereka di album ini sedikit dikasih sentuhan shoegaze synth ala M83 seperti di lagu So Haunted dan We fight for diamonds. Untuk yang ingin ‘turun’ ke dance floor bisa langsung dengerin Hearts and Fire dan Lights and Music . Artis: Cut Copy Label: Modular Interscope

44 change

change

45


change review

film

join for change BE OUR AGENT Apa itu agent of change? Agent of Change adalah perwakilan dari Change Magz di setiap sekolah. Kamu yang bakal bikin warna-warni dan perubahan dalam kehidupan remaja dan dunianya, berawal dari sekolah kamu sendiri. Caranya dengan ngebagiin Change Magz setiap kali terbit ke teman-teman sekolah kamu. Kamu juga menjadi contact person Change Magz setiap kali kita ada kegiatan. Kriteria Agent of Change • Memiliki motivasi sejalan dengan profil Change Magz • Memiliki kepekaan sosial, peduli terhadap sesama dan punya semangat untuk membawa perubahan ke arah yang lebih baik • Memiliki semangat, enerjik, dan kreatif

The Italian Leafy

Film ini mengisahkan akan pencarian seorang anak akan ibu kandungnya. Vanya Solntsev, anak yang dibesarkan di rumah penampungan, “beruntung” dipilih oleh sepasang Itali untuk diadopsi hingga teman-teman menjulukinya The Italian. Kenyataan pahit menghimpitnya tatkala ia melihat anak-anak yang lebih tua harus mencuri atau melacur untuk mempertahankan kehidupannya. Maka. Ia pun memiliki rencana lain. Ia mencuri arsip miliknya dan kabur ke rumah penampungan, tempat pertama kali ia ditinggalkan oleh ibu kandungya, berharap mendapatkan jawaban. 46 change

Sutradara: Andrei Kravchuk Tahun: 2005 Genre: Drama Keluarga Pemain: Kolya Spiridonov, Mariya Kuznetsova, Nikolai Reutov

Keuntungan menjadi seorang Agent of Change • Kamu bakal selalu dapat Change Magz setiap kali terbit. • Kamu akan menjadi jembatan antara Change Magz dan sekolah kamu. Kamu juga menjadi informan dengan cara memberitahukan berbagai agenda kegiatan di sekolah kamu, bahkan meliputnya untuk dimuat di Change Magz. Dengan begitu, kamu bisa sekaligus menjadi kontributor Change Magz. • Kamu akan diikutsertakan dalam berbagai kegiatan yang diadakan Change Magz secara gratis, baik sebagai peserta maupun panitia penyelenggara. • Kamu dapat menambah pengetahuan dan meningkatkan kapasitas melalui pelatihan yang diadakan oleh Change Magz. • Kamu bisa punya banyak teman dari berbagai sekolah melalui jaringan remaja antar sekolah yang diorganisir oleh Change Magz. • Kamu nggak bakal ketinggalan info-info terbaru dari Change Magz tentang remaja dan dunia kamu. • Kamu akan diberi kartu identitas sebagai Agent of Change dan boleh memiliki souvenir Change Magz. FORMULIR AGENT OF CHANGE Nama : .......................................................................... Nama Panggilan : .......................................................................... Tempat/Tanggal Lahir : .......................................................................... Jenis Kelamin : .......................................................................... Sekolah/Kelas : .......................................................................... Alamat Sekolah : .......................................................................... Alamat Rumah : .......................................................................... No.Telp/Handphone : .......................................................................... Email : .......................................................................... Friendster/Facebook : .......................................................................... Blog : .......................................................................... Hobi : .......................................................................... Note : Kamu boleh megirim formulir ini melalui fax ataupun email ke alamat di bawah ini melalui Indah, contact person kami. Alamat Redaksi: Jl. Tebet Barat Dalam 9A No.B1, Jakarta Selatan – 12810 Telp: (+6221) 837-02005 (hunting) Faks: (+6221) 830-0211 e-mail: changemagz@yahoo.com

change

47


film (main rivew )

Dimas

Apakah stop motion itu? Kenapa harus stop motion? Mungkin kita sering mendengar istilah stop motion tanpa tahu artinya, atau kita sering melihatnya tapi tidak tahu harus menyebutnya apa. Ya, stop motion adalah satu satu teknik dari berbagai teknik animasi yang ada. Ada berbagai jenis animasi, mulai dari animasi 2 dimensi sering disebut kartun, animasi 3 dimensi, animasi cgi, hingga animasi stop motion, dan masih banyak lagi teknik lainnya.

Sedangkan stop motion sendiri adalah salah satu teknik animasi klasik dan sederhana, dimana kita menggerakan objek, direkam, digerakan, direkam lagi, dan seterusnya sampai gerakannya sesuai kebutuhan dari cerita animasi tersebut.

teknik animasi klasik dan sederhana, dimana kita menggerakan objek, direkam, digerakan, direkam lagi, dan seterusnya sampai gerakannya sesuai kebutuhan dari cerita animasi tersebut. 48 change

Disebut teknik animasi sederhana karena bisa dilakukan hanya dengan menggunakan kamera saku digital biasa. Umumnya, objek dari animasi stop motion adalah boneka atau benda-benda mati. Kamu pasti tahu dong film “Kingkong”? Versi pertama film tersebut, yang dibuat tahun 1933, menggunakan teknik stop motion lho! Karena itu teknik animasi ini bisa dibilang sangat klasik, tapi bukan berarti teknik ini sudah dilupakan. Sutradara handal “Tim Burton” aja pernah memakai teknik stop motion dibeberapa filmnya. Kamu tentu masih ingat film “The Nightmare Before Christmas” yang fenomenal itu, atau film “Corps Bride”. Ada juga film “Wallace and Grommit”. Untuk video klip, “Michel Gondry” seringkali memakai teknik ini, dan masih banyak lagi film-film atau video klip yang menggunakan teknik animasi stop motion. Kenapa ya sutradarasutradara itu di zaman semodern ini masih memakai teknik stop motion? Karena disamping persiapan yang ribet, teknik stop motion sangat membutuhkan ke-

sabaran yang tinggi. Tim Burton pasti berpikir, kalau karakter ciptaannya dalam “Corps Bride” dibuat dalam versi animasi 2 atau 3 dimensi, tidak akan terlihat natural, tidak akan terlihat sekelam yang sekarang, karena hanya dengan teknik ini, benda-benda mati bisa terlihat dan bergerak seperti hidup. Ada beberapa kelebihan dari teknik stop motion, antara lain bayangan dari objek yang natural, pergerakan yang “patah-patah”, yang membuat benda-benda mati akan terlihat bergerak sangat keren, dan yang terpenting, teknik ini sangat mudah, semua orang bisa melakukannya. Kamu tertarik membuat animasi stop motion? Kalau kamu sudah punya cerita dan objek yang menarik, kamu cukup menggunakan kamera digital dan komputer standar untuk proses penggabungan gambar yang sudah direkam. Oh iya, jangan lupa ajak teman-teman untuk berbagi kesenangan dalam proses produksi ini ya! Siapa tahu kamu akan menjadi the next Tim Burton, good luck!

change

49


agent of change

Retno Listyarti zaitun

Seringkali perempuan harus mengorbankan cita-cita dan impiannya demi menjadi ibu yang baik bagi anak-anak dan istri yang baik bagi suaminya. Hmm‌siapa yang bilang, nggak selalu begitu kok! Mau tahu contoh konkritnya? Ini dia, perempuan hebat yang bisa meraih kedua hal tadi secara bersamaan. Retno Listyarti, beliau adalah seorang guru di SMU 13 yang berada di bilangan Jakarta Utara. Sekilas mungkin kita beranggapan bahwa bukan hal yang aneh seorang perempuan menjadi guru, tapi yang menarik dari seorang ibu Retno adalah keterlibatannya dalam berbagai organisasi dan prestasinya dalam berbagai hal yang tidak menyulitkannya untuk tetap menjadi ibu rumah tangga yang berhasil. Keterlibatannya dalam berbagai organisasi pendidikan seperti FGII (Federasi Guru Indonesia), SGJ (Serikat Guru Jakarta) dan IER Paramadina tidak mengurangi perhatian kepada kedua anaknya. Bisa dikatakan meskipun sangat sibuk, Ibu Retno selalu meluangkan waktu bersama kedua anak dan suaminya di akhir minggu untuk jalan-jalan keluar kota atau sekedar makan bersama. Tidak heran ketika ditanya tentang ibunya, Ulvi anak sulung dari ibu Retno mengaku bangga mempunyai mamah

50 change

yang sibuk sebagai seorang guru namun tetap perhatian kepadanya. Tidak hanya itu, Guru yang sering sekali diminta menjadi pembicara di berbagai universitas negeri dan swasta ini telah mengantongi berbagai penghargaan seperti Penghargaan Pendidikan Sains untuk guru tahun 2004 dari Indonesia Toray Science Foundation, Penghargaan daru Yayasan Kehati, dan julukan sebagai tokoh pendidikan dari PKS, bahkan beberapa prestasi sudah diterimanya sejak ia masih berkuliah, sepeti Mahasiswa berprestasi di kampus UNJ (dulu IKIP) dan Gelar Pemuda Pelopor yang diberikan oleh Akbar Tandjung pada tahun 1992. Sewaktu ditanya tentang aktivitas utamanya, “menulisâ€? tukasnya ibu Retno. Ibu guru yang satu ini memang sangat senang menulis. Kini ia telah menulis 6 buah buku ktsp 2006 (SMK dan SMA) dan 3 buku kurikulum KBK (bweh‌ribet yah nulisnya, hmn..begitulah kurikulum kita!). Dia amat menyukai menulis, hampir disemua waktunya ia sempatakan untuk menulis. Well, itulah mengapa sosok ini yang akhirnya diangkat dalam change magz kali ini, biar bagaimanapun keberhasilan seorang perempuan terlihat dari bagaimana ia mampu memposisikan dirinya untuk menjadi seorang ibu tanpa harus mengesampingkan impiannya.

Tau nggak? m en ul is ka n di gu ga t ka re na ah rn pe o tn Re Bu Ak ba r Ta nj un g ng m eli ba tk an ya i ps ru ko s su ka at ny a. Ka su s ja ra n ya ng di bu la pe ku bu m la da Re tn o. an be ra ni ol eh Bu in i di ha da pi de ng change

51


change journey

Inal

Bingung nyari tempat buka puasa di luar? Pengen buka puasa di tempat yang asyik dan makanannya lumayan enak? Kali ini Change Magz akan memberi kalian referensi tempat makan buat berbuka puasa di daerah Tebet! Tips sebelum buka puasa di daerah ini, usahakan kalian datang 1 jam sebelum waktu berbuka ya, karena tempat ini akan semakin ramai saat malam hari. Selamat berbuka…

Nasi Bebek Ginyo Dari namanya udah kebayang kan? Yup, di tempat ini kalian bisa mencoba berbagai macam olahan bebek. Mulai dari bebek panggang, goreng, balado, sampai kremes. Tak hanya itu, banyak juga lalapannya lho. Untuk makan di sini kalian bisa nyiapin budget sekitar Rp. 25.000, dijamin kenyang deh…

52 change

Comic Café Di café ini kalian bisa memilih berada di dalam atau luar ruangan. Yang menarik di café ini adalah nuansa ruangannya yang dipenuhi berbagai karakter komik super hero! Seperti Superman, Batman, Spiderman, Hulk, sampai Samurai X. Mengenai makanannya, comic café menyediakan sandwich dan nasi goreng dengan berbagai macam varian dengan harga berkisar Rp. 10.000 sampai Rp. 32.000. Untuk minuman juga bermacam-macam lho, mulai dari ice tea, frapuccino, smoothies, hingga es krim dengan kisaran harga Rp. 4.000 sampai Rp. 11.000

Burger & Grill Sesuai namanya, restoran ini menyajikan berbagai macam burger dan makanan yang dibakar. Untuk burgernya, restoran ini menyediakan American Classic Beef Burger sebagai hidangan favorit dan berbagai macam beef dan chicken burger dengan kisaran Rp 8.500 hingga Rp 16.500. Untuk makanan yang dibakar, restoran ini menyediakan nasi goreng bakar, soto bakar, ayam bakar istimewa, dan pisang tape bakar dengan kisaran harga Rp 12.500 hingga Rp 34.500. Tak hanya itu, restoran ini juga menyediakan steak juga lo, mulai Rp 19.500 sampai Rp 59.500. Untuk minumannya, restoran ini menyediakan milkshake dan berbagai macam juice.

change

53


fun tricks Indah

Lebaran. Liburan. Mudik…mudik…mudik…! Tapi aye pan orang Jakarte, Bang ! Di mari rumah aye. Santai, Bu ! Gak mudik tetap seru, kok. Di edisi kali ini Change punya tips buat kamu semua yang gak mudik.

2. kerja paruh waktu Di saat banyak orang yang mudik kamu bisa banget nambah-nambah uang saku kamu. Coba kerja paruh waktu. Banyak loh tempat-tempat yang asik buat kerja sekalian nongkrong. Di musim mudik seperti ini banyak kafe-kafe yang membutuhkan karyawan sementara karena banyak dari karyawan mereka yang cuti untuk mudik. Liburan asik dapat pengalaman seru, uang saku nambah lagi.

3. ngerayain lebaran bareng-bareng Musim mudik biasanya terjadi waktu dekat-dekat dengan hari raya Idul Fitri. Kamu bisa ajak teman-teman kamu untuk ngerayain lebarannya bareng-bareng. “Tapi gue kan bukan muslim?”. Agama lo beda, so ? Di sini bedanya. Umumnya kita ngerayain lebaran itu bareng-bareng orang muslim aja, kali ini ajak teman-teman kamu, apapun agamanya itu, buat bareng-bareng nikmatin ketupat sama opor ayam. Cari tempat yang pw dan atur acara yang buat kalian semua jadi nggak garing. Misalnya, nonton film-film festival atau silaturahmi keliling RT atau keliling rumah sahabat-sahabat kita.

4. jalan-jalan sore Pernah membayangkan jalan raya di Jakarta jadi sepi dan nggak ada bising kendaraan ? Ini dia waktunya. Penghuni Jakarta itu sebagian besar orang pendatang jadi, saat musim mudik seperti ini kamu bisa lihat indahnya Jakarta. Biasanya kalau sore jam orang-orang pulang kerja Jakarta jadi amat sangat kacau, khusus di musim mudik ini kamu bisa menikmati Jakarta kita yang tercinta ini. Bisa sekalian olah raga lagi. Inget, seribu langkah setiap hari.

5. bersepeda Baca judulnya pasti langsung mikir mau di mana tempat sepeda-an. Musim mudik ini bisa dimanfaatkan kamu-kamu yang hobi bersepeda. Waktu yang pas, pagi hari kali ya? Biasanya kan pagi-pagi di sepanjang jalanan di Jakarta numpuk macem-macem kendaraan dan kamu tentunya sibuk pergi sekolah atau kuliah. Di musim mudik ini, kamu bisa menghirup udara pagi yang beda banget dari biasanya. Jadinya kamu bisa ngajak sepeda kamu keluar dari kompleks perumahanmu.

6. bersih-bersih rumah 1. ke panti asuhan atau panti jompo bareng teman-teman Kamu – kamu yang nggak mudik bukan berarti bete di rumah. Ajak aja teman-teman kamu yang pada nggak mudik buat berkunjung ke panti asuhan atau panti jompo. Tidak perlu bawa uang jutaan rupiah atau bawa baju berkarung-karung ke sana. Cukup susun satu acara yang seru dan sediain bingkisan yang sederhana tapi berguna. Kebersamaan itu yang paling penting. Sadar, loh, mereka yang di sana nggak punya keluarga selengkap kita.

54 change

Pembantu rumah tangga kita pulang, terus kamu ngerasa repot banget. Itu sih salah besar. Saat seperti ini penting banget buat kamu. Belajar untuk mandiri ngerjain kerjaan rumah seperti beres-beres rumah, nyapu halaman atau bersih-bersih kamar. Ajak juga anggota keluarga kamu yang lain. Ini bisa nambah kekompakkan kamu dengan keluarga loh.

Gak mudik, tapi mau seru ? Cobain salah satu tips yang ada di atas. Terjamin keasyikkannya.

change

55


change reflection

• Berikutnya cobalah perhatikan nafasmu, rasakan bagaimana udara mengalir masuk dan keluar tubuhmu. Jangan paksa nafasmu, biarkan saja ia apa adanya sebagaimana tubuhmu menarik dan mengeluarkannya.

Kali ini Change mau ngajak kamu untuk meditasi. Nama meditasinya adalah meditasi kantong bolong, salah satu meditasi yang paling sederhana dan paling sering dipraktekkan oleh orang. Meditasi ini sebetulnya bertujuan mengaktifkan indra lain yang dimiliki oleh tubuh kita. Selama ini kita lebih menggantungkan aktifitas kita pada indra penglihatan kita semata sehingga indraindra lainnya dipakainya nomor dua. Ini tidak buruk sih, namun ternyata membuat indra-indra lainnya menjadi tidak peka. Akibatnya kita menjadi kurang merasakan dan cenderung berpikir dan berpikir belaka. Jika kamu merasa stres dan otak mu terasa penuh (entah penuh karena banyak pikiran, banyak persoalan atau karena kurang istirahat) kamu menjadi lebih impulsif. Artinya kamu cenderung jadi gampang memberikan reaksi spontan tanpa dirasakan atau diolah dulu apa gimananya. Misalnya kamu jadi lebih mudah tersinggung oleh kata-kata atau perbuatan yang sebetulnya biasa saja, yang sebetulnya tidak akan membuat kamu marah jika keadaan kamu normal.

56 change

Untuk mengurangi dampak stres, kita perlu menjadi lebih peka, perlu menjadi lebih lambat, perlu lebih santai. Caranya banyak, bisa menambah jumlah istirahat kita, menambah pasokan vitamin atau mengurangi beban kerjaan kita. Kita juga bisa melakukan meditasi. Begini cara melakukan meditasi kantong bolong: • Duduk santai atau bersila. Gunakan baju yang nyaman di badanmu • Tutup matamu dan bernafaslah secara teratur dan dalam, jangan terburuburu nafasnya. • Kita mulai dari telinga, dengarkanlah suara-suara apa saja yang ada di sekitarmu. Suara jangkrik, suara nafasmu, suara kipas angin atau AC, suara orang lewat atau suara apapun juga. Jangan berpikir atau memberikan penilaian terhadap suara-suara tersebut. Kalau kamu sedang impulsif kamu cenderung akan memberikan reaksi/ penilaian terhadap segala hal. Jadi kalau kamu sedang mendengarkan suara kipas angin

• Kalau lancar, coba untuk perhatikan suara, perasaan di kulit dan menyadari pernafasan secara sekaligus. tidak perlu berpikir “Wah kipas nih perlu diservis” atau sejenisnya. Dengarkan saja suara kipas itu tanpa memberikan pengertian apapun. Inilah namanya kantong bolong, benda apapun yang dimasukkan ke dalam suatu kantong yang bolong tentu akan nyelos lagi keluar. Begitu juga suara yang kita dengar hanya lewat di kepala kita tanpa membuat pikiran kita menjadi makin sibuk. • Kalau tanpa sengaja pikiranmu memberikan penilaian atau melayang kemana-mana, sadarilah hal itu dan amati apa sih yang kamu pikirkan. Segera setelah kamu sadar apa yang kamu pikirkan, segeralah kembali mendengarkan suara sekitar.

• Cobalah meditasi ini untuk 10 menit lamanya dan kayaknya kamu bakal merasakan bahwa dirinya jadi lebih santai, lebih lambat dan lebih bisa merasakan. Ini penting untuk bisa mengendalikan stres atau pikiran yang sedang banyak nongkrong di kepalamu. Lumayankan buat yang lagi stress dengan tugas sekolah atau kuliah. Pengobatan Cina percaya bahwa pikiran yang terlalu banyak menghambat aliran energi yang beredar ke seluruh tubuh. Jadi dengan menenangkan pikiran, kita juga memperlancar aliran energi di tubuh. Selamat mencoba.

• Setelah beberapa saat mendengarkan suara, sekarang cobalah dengarkan kulitmu. Rasakan bagaimana bajumu menempel di kulitmu, bagaimana hembusan angin mengalun di kulitmu, bagaimana rambutmu menyentuh kulitmu, bagaimana punggungmu menempel di kursi dan seterusnya. Ingatlah untuk tidak memberikan penilaian.

change

57


do something today fajri

S el am a in i be rla ku m ito s ba hw a pr od uk lo ka l ka la h da la m se gi ku al ita s. Ei ts s tu ng gu du lu ! U m um ny a ki ta ng ga k m au be li pr od uk lo ka l ka re na te rla nj ur pe rca ya de ng an m ito s itu , da n ak hi rn ya ng ga k m au co ba sa m a se ka li. K at an ya ka n “k al o ng ga k ke na l m ak a ng ga k sa ya ng �. Ja di , la ng ka h pe rta m a un tu k W hy bu y lo ca m en gh ila ng ka n m ito s itu l pr od uc ts ? Ja ad w al ah de nab se de rh an a, ga n m au m en an ny a te ta pi ya ng co ba du lu , ka su sa h ad al ah re na m erng el ak ui nn ya ek a ha ny a ka . M em be li la h na m a da pr od uk lo ka ri pe sa in g su da h pa st i lu ar, se hi ng ga l ak an m em be be lu m te nt u pr od ri ke un tu ng an ba gi ba ny ak uk lo ka l ka la h da la m se ga la ha l. S pi ha k di se ke ud ah ba ny ak lil in g ki ta . D en ga n m em ya ng ng eb uk tii n ka lo pr od be li pr od uk lo ka l ar tin ya uk ki ta bi sa ki ta tu ru t m en be rs ai ng de ng an da ga ng an du ku ng pe da lu ar ne ge ri, ga ng lo ka l de ng an m en da n ba hk an ci pt ak an pe ng bi sa m en g’ in va ha si ’ ne ga ra si la n da n m em aj uk an ek la in de ng an da ga ng an ny a on om i. M as ya (S ra ka t ju ga ep er ti be m ak in se ja ht be ra pa pr od uk er a, ka re na cl ot hi ng da ri te rja di pe nko ta B an din gk at an la pa un g) . ng an pe ke rja an se hi ng ga bi sa m en ur un ka n an gk a pe ng an gg ur an . K al au gi tu , di m an a le ta k pe rm as al ah an ny a?

58 change

O h iy a, bu y lo ca l ar tin ya ju ga bu ka n se ke da r m em be li pr od uk lo ka l lo h. Itu ju ga bi sa ki ta ar tii n un tu k m em be li ba ra ng di te m pa t te rd ek at at au lin gk un ga n se ki ta r ki ta . C on to h ya ng pa lin g ga m pa ng ad al S eb en ar ny a, ah un tu k m em ke su lit an ut be li ba ra ng di w ar un g at am a ya ng di m ili ki pr od uk au pa sa r te ki ta ha ny al ah rd ek at , da ripa so al pr es da ja uh -ja uh tis e at au ka la ke m al l at au h ge ng si da n hy pe rm arna ke m a. M ert. Ja di bu y lo ek a pu n sa da ca l ju ga bi sa r so al itu da di n un ar tik an be tu un tu k m en gg k m em be li di ru sa ha ae t ar tis at au lo ca l m ar ke t pu bl ic fig ur e . D al am pe rs ai ng an an un tu k m em pr ta ra hy pe rm ar om os ik an ba ke t, pa sa r ra ng da ga ntra di si on al da ga nn ya , se pe n ju ga gr os ir, rti ya ng di la ki ta se ba ku ka n ol eh ga i pe m be li pr od uk -p ro du se be na rn ya k cl ot hi ng pu ny a pi lih an lo ka l. K al au un tu k bi sa m di pi ki r, ng ga em ba nt u sa ud k pe rlu ja di ar a- sa ud ar a ar tis ki ta ya ng be ju ga ka li un tu k se ke da rju al an di pa r m em pr om os sa r tra di si on ik al an ba ra ng . B uk an ra ha ya ng ba gu s. si a la gi ka la u K al au ki ta m en pe da ga ng ge pa na sa pr od uk at au l su at u r tra di si on al ka to ko lo ka l ya la h be rs ai ng ng ok e, pr ode ng an pe ng us ah a be m os iin aj a ke sa r di ba lik hy te m en -t em en pe rm ar ke t. ki ta . Itu pu n su da h cu ku p m em ba nt u un N ah , de ng an tu k m en gka m pa ny ek an m em be li di pr od uk lo ka l pa sa r lo ka l, ki ta ak an m ki ta . W or ds of M ou th , is til en du ku ng m ah ke re nn ya . er ek a un tu k bi sa te ru s be rta ha n da la m pe rs ai ng an ya ng tid ak se im ba ng , ka re na pe ng us aha be sa r itu di du ku ng ol eh m od al ya ng sa ng at su lit di ak se s ol eh pe da ga ng tra di si on al . S o, la ng ka h- la ng ka h ke ci l ki ta ya ng te rk ad an g tid ak be ra sa ap a- ap a se be na rn ya bi sa be rd am pa k be sa r, jik a di ik ut i ol eh or an g la in . H an ya sa ja ad a ya ng pe rlu m em ul ai ny a. D ar e to be th e pi on ee r? Th in k gl ob al , bu y lo ca l!

change

59


change goes to Rute yang diawali dari SMK 1 Bogor harus diakhiri di tempat yang sama. Setelah puas dan lelah bersepda, peserta bisa langsung nonton acara yang digelar di lapangan sekolah mereka. Eits, jangan ngebayangin panggung heboh dengan bintang tamu beken! Acara POP ini digelar dengan sederhana tetapi berbobot dan tentunya ‘kena banget’ sama isu global warming (GW). HIburan yang mereka sajikan juga jauh dari basi karena setelah sambutan (atau sambitan? Hehehe), anak-anak SMK 1 Bogor bergiliran unjuk gigi. Mulai dari drama yang mengemas isu lingkungan dengan unsur-unsur yang ada di film Avatar sampai band sekolah yang suara vokalisnya oke banget. Change Magz aja nggak bisa berhenti nahan ketawa saat klub drama (teater) beraksi, soalnya setiap pemain punya akting yang natural dan kocak abis.

afra

60 change

Isu global warming memang lagi happening banget tahun ini. Semuanya berlomba-lomba bikin acara untuk mengkampanyekan gerakan ramah lingkungan. Sayangnya banyak dari acara tersebut yang justru berkontribusi merusak lingkungan atau boros energi. Nah, teman-teman dari SMK 1 Bogor nampaknya mengerti hal ini, kemudian mereka membuat kampanye versi mereka sendiri. Acaranya sendiri diberi judul POP singkatan dari Protect our Planet yang diadakan pada 1 Agustus 2008 lalu di kota Bogor. Bekerja sama dengan Indosat, Civil Society Forum, Komunitas Bike to Work, dan tentunya Change Magz tercinta ini, mereka memulai acara dari pagi sampai sore. Agendanya cukup menantang dan fun. Gimana nggak? Mereka mengundang warga bogor untuk sama-sama bersepeda keliling kota. Bukan cuma anak sekolah lain yang diajak, pihak pemerintah kota Bogor pun dengan asyiknya bersepeda bareng. Tentu saja ide menjelajah Bogor dengan sepeda tidak lepas dari pionir gerakannya sendiri yaitu Bike to Work. Jangan heran deh kalau sebentar lagi ada komunitas ‘Bike to School’ di kota hujan ini. Kondisi kota Bogor dengan bangunan kuno jaman Belanda emang pas banget buat bersepeda, serasa ada di Amsterdam! Ya nggak?

Selesai dihibur dengan penampilan tuan rumah, para peserta acara bisa ikutan berdiskusi soal isu global warming. Selain anak-anak SMK 1 Bogor yang antusias sama diskusinya, peserta dari sekolah lain juga berebutan untuk mengajukan pertanyaan. Diskusi yang pertama menghadirkan pembicara dari WWF, Change Magz, dan perwakilan dari SMK 1 Bogor. Diskusi sesi kedua juga nggak kalah seru dengan perwakilan dari Bike to Work dan pemerintah Bogor sebagai pembicara. Di akhir diskusi ini disimpulkan bahwa usaha mengurangi dampak GW adalah soal mengubah kebiasaan sehari-hari. Sekolah ini patut dipuji berkat berbagai kebijakan cinta lingkungan di dalamnya. Ruang kelasnya tidak menggunakan AC, di depan kelas disediakan dispenser untuk mengisi air minum agar tidak menambah sampah plastik botol, dan di halaman belakang dimanfaatkan untuk pembuatan pupuk kompos. Sekolah ini juga nggak ragu mengajak teman-teman dari sekolah lain untuk menjadikan lingkungan sekolah sebagai tempat yang eco-friendly. Good Job for You guys!!!

change

61


change ethic

btw, ada yang mau coba puasa “ngerowot” ini? bjd gayatri

la ng su ng ka ta ‘P ua sa ’, K al au de ng er ha n la lu bu la n R am ad de h ke ba ya ng r- ta ha n Le ba ra n. ru tin ita s sa hu ng ya ba ke A to a. S am bi l n- bu ka pu as ria ha se r pa la ab ub ur it. se ka li- ka li ng pi ki ra n ap a k si h ya ng ke ga Ta pi ad a ng a? A to ba hm ak na pu as se be ne rn ya n ap a sa ja an -k eu nt un ga ka n, ke un tu ng ? da ri pu as a itu us ia pu aog i, ka la u m an ol ik ps ut ur M en ad aa n la pa r ng da la m ke da se au at sa at au be rti nrb ua t ne ka d di a da pa t be K ar en a tu bu h bi as aa nn ya . da k di lu ar ke is m en ga ca ra ps ik ol og ya ng la pa r se bu t fa se se ei m ba ng an di la m i ke tid ak -s . ho m eo st as is di a da la m ce rit a, w ak tu ya sa an m Te uk an pe rr, di a m el ak a ke ad aa n la pa m pe rn ah di d ya ng be lu ri da n bu at an ne ka rju Te ur hi du pn ya . na re ka la ku ka n se um r na m be rh en ti be bi s ya ng be lu ke ru m ah ek oj ik na lu , la m ak an . te rb ur u- bu ru pa bi sa ce t ya pa su a ny uw ak ta ku t se ka li a in i di a di a m la se al ah P ad lu -li nt as ny a ka rta ya ng la Ja di ek oj ik na ny at a be tu l l om on g, “Ter ki sr uh . S am bi ka d. S ay a r itu bi sa ne ya , or an g la pa se ka ra ng ”. ta hu ra sa itu ya itu ad aam i te m an sa A pa ya ng di al ap ta si da ri ad h un tu k bu tu a ay up la h fa se ho m eba ng an at au m ei -s ak tid ke

62 change

stastas is men jadi seim ban g atau fase ng. tena sis, atau mas a bula n Nah sec ara keim ana n, sela ma amkem tih dila lim mus t uma an Ram adh t saa pua n untu k men gen dali kan diri gen men men aha n lapa r itu. Mam pu untu k dali kan dim asa tida k seim ban g tan rbua n-pe uata tida k mel aku kan perb an ugik mer an ang an-j nek ad yan g jang oran g lain. pua sa Kita juga ngg ak asin g den gan tem an Sen in-K ami s, mis alny a. Kata pua kan saya yan g bias any a mel aku k untu et kag s sa itu, sela in tida k haru an, adh Ram a pad pua sa seb ulan pen uh artimen urut nya bisa mer asa kan apa men g yan tnya peru ri nya cuk up. “Da tuk ben mem an, mak up gata kan cuk gen keb iasa an lainn ya untu k bisa men u nafs k, dali kan dan berk ata cuk up untu tejelas untu k berb elan ja, mis alny a”, man saya itu.

alny a Ada lagi nih jenis -jen is pua sa, mis nas i an mak ya han g yan ‘Pua sa Mut ih’, juga Ada h. puti air um min puti h dan ma 24 pua sa tida k mak an gara m sela jam . maPad aha l men urut ilmu ked okte ran, sem gara si nus ia itu butu h kon sum a kimi us rum t, bag ai ion tubu h. Inga ion kan upa mer g gara m=i odiu m, yan berutam a untu k tubu h man usia bisa den a, sam tnya eka Hak e. met abo lism h, tubu gan kek uran gan gara m atau ion terja di dan as lem jadi men h tubu a mak t. keti dak -sei mba nga n ters ebu pua sa Hak eka tnya teta p sep erti pad a diri an dali gen pen yan g pert ama , yaitu g. ban seim di mas a tida k jelas Ilmu ked okte ran juga dap at men

pua sa kan sisi lain dari pua sa. Tern yata seb aga i itu sec ara fisio logi s berf ung si bera rti g deto ks atau deto ksin asi yan nracu p pem bers ihan tubu h terh ada at akib i aga seb h racu n yan g ada di tubu dari mak ana n. pua sa Dar i seg i deto ksin asi ini, ada jenis gat san nya guh ung ses g yan yan g lain, asek ks deto kan aku mel k untu amp uh saya ah ligu s pua sa terb erat yan g pern row ot”. alam i. Pua sa itu nam any a “nge uka berb ka keti Pua sa jenis ini ada lah, n ana mak an bah ua tida k mem aka n sem diada bera g yan apa yan g bera sal dari an dan tas tana h. Jad i kita han ya mak dadari da bera g yan hal ua min um sem ada k tida m, gara ada k Tida h. lam tana min yak gula , tida k ada nas i, tida k ada ua hal Sem . gore ng/ gore ng-g oren gan atau osa gluk ak, yan g men gan dun g lem h. tubu ni” racu “me hal yan g lain yan g didisi kon m dala n aka Sem uan ya dim kuk us/d ireb us. ah tida k Jad i, sela ma pua sa kita ini sud juga uka seim ban g, teta pi keti ka berb atau m gara tida k men dap at asu pan ikma tan gula , mis alny a. Jau h dari ken saya lah sete pi Teta cita rasa kulin er. dan hari lima ma sela mel aku kan nya an bad yata Tern . juga as men jadi lem asi ksin deto ran ega kes kan asa saya mer mer asa itu. Sela in sec ara spir itua l saya “leb ih kua t”. dika tJad i, mak na pua sa sela lu dap at itua l spir dan n ana kan dari seg i keim kes dan is olog psik sek aligu s sec ara eha tan. sa, Sela mat men jalan kan ibad ah pua Ram adh an 142 9H

change

63


do you now

Otak Perempuan

Apakah kamu percaya kalau ada perbedaan antara otak perempuan dan laki-laki? Beberapa waktu yang lalu otak perempuan dianggap kapasitasnya lebih kecil dari otak laki-laki sehingga kemampuan intelektual perempuan dianggap lebih rendah dari laki-laki. Nyatanya tidak begitu. Laki-laki maupun perempuan mempunyai kapasitas intelektual yang sebanding. Tinggal masing-masing orang aja mau ngembangin atau nggak. Namun begitu, otak perempuan dan laki-laki memiliki susunan hormon yang berbeda. Perbedaan hormon ini juga turut mempengaruhi bagaimana perempuan dan laki-laki bertindak dan bersikap. Otak manusia menghasilkan jumlah hormon yang berbeda sepanjang hidupnya. Pada masa puber perempuan mengalami perubahan hormon yang besar, yaitu hormon estrogen dan progesteron bertambah banyak. Sementara hormon testosteron berkurang jumlahnya. Penambahan hormon estrogen menyebabkan otak perempuan berkembang 2 tahun lebih cepat dari laki-laki. Pada gilirannya ini menyebabkan perempuan makin sensitif alias makin peka terhadap berbagai macam hal. Misalnya ia menjadi lebih peka terhadap lingkungan, terhadap teman, terhadap penampilan terhadap komunikasi dengan orang lain. Ia juga jadi lebih rentan terhadap stres dan sisi emosinya juga bertambah. Kita bisa melihat pada masa ini perempuan lebih berminat pada daya tarik penampilan dan seksual, semakin tertarik pada hubungan asmara dan cenderung menarik diri dari pengaruh orangtua.

Pada masa setelah puber atau masa kematangan seksual (yah kira-kira setingkat SMU atau kuliahan awal) hormon estrogen, progeteron dan testosteron berubah hampir setiap hari. Pada masa ini orang akan cenderung mencari hubungan asmara yang lebih awet sifatnya, yang menjamin masa depan. Orang juga mulai mencari pekerjaan yang kira-kira mampu menopang untuk mengembangkan keluarga. Pada tahap ini perempuan lebih mampu untuk mengambil keputusan dan mengontrol emosinya ketimbang laki-laki. Ada suatu jaringan otak yang disebut Amigdala, pusat dari emosi dan insting. Pada tahapan kematangan seksual hormon yang dihasilkan otak perempuan mampu mengatur bagian amigdala ini sehingga ia lebih mampu mengontrol emosinya pada usia yang lebih muda dari laki-laki. Hormon estrogen adalah hormon feminin yang sebetulnya ada di laki-laki maupun perempuan, yang mempengaruhi kelancaran siklus menstruasi pada perempuan dan juga memperngaruhi pembentukan payudara atau pinggul. Sedangkan hormon progesteron adalah hormon yang juga mempengaruhi kelancaran menstruasi. Ketika berhubungan seksual hormon progesteron perempuan juga meningkat sesaat, membuat kemungkinan untuk terjadinya pembuahan jadi makin besar. Progesteron juga membuat daya tahan tubuh meningkat, meningkatkan produksi tiroid dan dalam kadar tertentu membuat awet muda. Jadi begitulah perbedaan hormon di dalam tubuh laki-laki maupun perempuan membuat perkembangan tubuh mereka, dan sedikit banyak mempengaruhi sikap dan perilaku mereka. Harap dicatat yah, walau gimanapun kita tetap punya kehendak bebas untuk menentukan sikap kita. Walau dipengaruhi hormon tapi tetap keputusan dan sikap ditentukan oleh kita sendiri.

64 change

change

65


change fashion

afra

Masa tahun 90-an mungkin kamu masih kecil banget atau bahkan baru lahir dan kamu nggak bisa jadi saksi betapa edgy-nya gaya berpakaian di era ini. Bisa dibilang era 90an adalah saat-saat yang inspiratif. Apalagi kalau dilihat dari segi musik yang berimbas pada fashion. Siapa yang nggak tahu Nirvana? Semua band keren saat ini pasti terinspirasi olehnya dan sweater garis-garisnya Kurt Cobain langsung jadi kostum sejuta umat. Belum lagi blazer yang terkesan kebesaran dengan bantalan punggung yang menjadi formal dress code wajib. Yup! kata kunci dari fashion tahun 90-an adalah serba kegedean dan longgar, tentunya disertai aksen layer atau tumpuk. Ada dua sepatu kebangsaan, Doc Marten dan Hi-top Converse. Sepatu ini dapat dengan manis dipadukan dengan dress pendek yang ditumpuk dengan cardigans panjang. Walaupun kamu tidak ada di sana saat itu, bukan berarti tidak bisa bergaya layaknya Alicia Silverstone di film Clueless (teen series favorit saat itu). Jangan takut untuk menggunakan Converse tinggi warna pink kamu dengan overall. So you’ll smell like teen spirit.

66 change

change

67


change your future

DEA PRANATHANIA

Berbagi dengan Menjadi Penyiar Radio nurdiyansah

“What is your goal in life, Dea?” Itulah kalimat yang mengawali perbincangan Change Magz dengan seorang penyiar radio yang akrab dipanggil Dea ini. Dengan gamblang dia menjawab keinginannya dalam hidupnya adalah bahagia dengan melihat orang di sekitarnya bahagia. Selanjutnya, lulusan jurusan Hukum Humaniter Unika Atmajaya ini menceritakan kesenangannya berbagi sesuatu yang ia miliki atas kesadaran bahwa yang dia tahu dan hendak bagi, akan berguna bagi orang lain yang memerlukannya. Berbagi merupakan kata kunci bagi seorang Dea atas kehadiran dirinya di tengah-tengah orang banyak. “Gua percaya arti hidup itu berbagi. Dengan berbagi gua mencari arti hidup di luar diri,” begitu ungkap perempuan yang menyukai film bernuansa perang, musik berbau soul dan R&B, dan bukubuku bernafaskan filosofis kehidupan tentang alam, manusia, dan Tuhan.

68 change

Awal karier Dea di dunia media, khususnya radio, dimulai dengan keaktivannya di berbagai organisasi dan kegiatan yang pada akhirnya mendukung posisinya sekarang. Sejak kecil ia sudah tertarik dengan hal-hal yang berkaitan dengan seni. Dengan dukungan keluarga, Dea giat mempelajari tari Bali hingga lincah, berteater, mendalami olah vokal, dan lainnya. Aktifitas tersebut membawanya pada relationship dengan berbagai latar belakang kehidupan manusia dan karakternya. Pergaulan yang luas membuatnya tidak canggung untuk berhadapan dengan orang banyak. Memasuki tahun pertama kuliah di Sastra Prancis, UI (sebelum akhirnya memutuskan keluar dan mengambil kuliah hukum), Dea mulai menggeluti dunia presenter. Ia menjadi MC untuk berbagai acara, termasuk memandu program acara di televisi. Hingga memutuskan untuk memasuki dunia media massa secara profesional dengan melamar menjadi DJ di Mustang, sebuah radio swasta di Jakarta.

Bagi Dea, memandu sebuah acara pada radio yang didengarkan oleh banyak pemirsa kalangan remaja dan anak muda, tidak sesederhana dengan hanya bermodalkan keriangan suara yang ceplas-ceplos maupun tampilan fisik. Ia tetap menekankan pada ideologinya untuk berbagi pengetahuan yang mampu memberdayakan pendengarnya dengan beragam informasi yang dikemas sesuai keselarasan karakter radio yang menaunginya. Apalagi sebagai perempuan, ia sadar betul dengan segudang permasalahan remaja perempuan yang kurang terekspos, misalnya tentang hak-hak reproduksi dalam hubungan pada masa pacaran remaja. Maka, kehadirannya sebagai penyiar, dipandang juga sebagai profesi yang mewakili kaum perempuan. Saran Dea buat kamu-kamu yang ingin menjadi penyiar radio, adalah dengan mencari tahu segala hal tentang dunia yang ingin kamu masuki ini. “Go beyond the surface,” katanya. Dengan mencari tahu apapun sedalam-dalamnya dan membuka pergaulan untuk siapa pun, kamu “mengisi” diri kamu dengan wawasan untuk selanjutnya siap berbagi dengan manjadi seorang penyiar radio yang berwawasan.

change

69


curcol Akibatnya pun tidak main-main. Para korban, terus mengalami berbagai trauma atau luka batin yang sulit sembuh secara total dalam jangka waktu yang sulit diprediksi lamanya. Meski luka fisik mereka telah sembuh, namun luka batin terus menyiksa. ella

Apa yang ada dalam benakmu ketika kamu mendengar kata ‘pacaran’? Pasti muncul hal-hal yang indah, seperti perhatian, kasih sayang, jalan bareng, nonton bareng, dan sebagainya. Hem, memang seharusnya pacaran membuat kita bahagia. Tapi ternyata ada teman-teman kita yang malah mendapat kekerasan ketika berpacaran. Simak aja ringkasan 3 kasus nyatanya yang bisa kamu baca di boks “Kasus Nyata Kekerasan dalam Pacaran”. Ih, syereem ya… Sebenarnya, apa saja yang masuk ke dalam tindakan kekerasan itu? Coba kamu simak penjelasan berikut. Tindak kekerasan pada dasarnya adalah semua perlakuan dari orang lain yang menyebabkan rasa tidak nyaman dan mengakibatkan luka, baik fisik maupun psikologis pada diri seseorang. Tindak kekerasan bisa dalam bentuk fisik, emosional, seksual dan bahkan ekonomi.

70 change

• Kekerasan fisik adalah segala tindakan, seperti mendorong, membenturkan, menampar, menonjok, memukul, dan sebagainya, yang mengakibatkan luka fisik. • Kekerasan emosional adalah segala tindakan, seperti memaki, mengolok-olok, mengejek, merendahkan harga diri, memarahi di depan umum, mengancam, yang mengakibatkan korban merasa tertekan, takut, dan tidak nyaman. • Kekerasan seksual adalah semua tindakan yang berhubungan dengan seksualitas, seperti pemaksaan melakukan tindakan seksual, mulai dari berciuman, meraba-raba, sampai memaksa melakukan hubungan seksual, yang menyebabkan perasaan terpaksa, tertekan, takut, bahkan luka fisik lain, sampai pada kehamilan. • Kekerasan ekonomi terjadi ketika ada tindakan yang memanipulasi korban untuk mendapatkan keuntungan ekonomis, misalnya, memaksa membayarkan sesuatu, memaksa meminta uang, dll.

Nah, kalo kamu (atau temanmu) mengalami KDP, saatnya bertindak SEKARANG JUGA! Apa yang bisa kamu lakukan? Berikut langkah-langkahnya : 1. Beranilah berkata “TIDAK” pada semua tindakan orang lain yang tidak kamu inginkan. Tak ada kasih sayang yang melegalkan kekerasan. 2. Bila kamu menganggap pacarmu akan berubah, ketahuilah tindakan kekerasan yang dilakukan seseorang tidak akan berubah hanya karena kesabaran dan kasih sayang kita, pacarmu membutuhkan bantuan dari ahlinya (konseling dan terapi). Agar berhasil,bantuan ini harus dilakukan secara individu oleh pelaku itu sendiri. 3. Ceritakanlah pengalaman ini kepada orang yang dapat dipercaya. Mintalah kekuatan dan bantuan untuk menjauhkan diri dari pacarmu. 4. Jangan termakan rayuan pacarmu untuk memintamu kembali menjadi pacarnya karena dia akan berubah dan sebagainya. 5. Laporlah kepada pihak berwajib jika mendapatkan tindakan kekerasan. Supaya kamu lebih waspada, berikut adalah sinyal-sinyal awal yang menunjukkan kecenderungan karakteristik pada partner atau pacarmu (http://www.acadv.org/dating.html) : • kecemburuan yang berlebihan • perilaku mengontrol • terlalu cepat memulai hubungan, cepatcepat ingin mengikat • perubahan perasaan yang sulit ditebak • penggunaan alkohol dan obat-obatan terlarang • kemarahan yang meledak-ledak

• mengisolasimu dari teman-teman dan keluarga • menggunakan pemaksaan kekuatan ketika berargumen • menunjukkan sensitivitas yang berlebihan • mempercayai peranan gender yang kaku • menyalahkan orang lain untuk masalah atau perasaannya • kejam terhadap binatang atau anak-anak • berbicara dengan kasar • mengancam akan melakukan kekerasan Bila kamu menemukan karakteristik tersebut pada diri pacarmu/partnermu lebih baik kamu jauhi dia agar tidak mengalami kekerasan yang lebih parah lagi. Lebih baik mencegah daripada mengobati, ‘kan? Ingatlah, cintai dan hargai dirimu sendiri. Mulailah bertindak bila mengalami atau menyaksikan kekerasan. Bila orang lain mencintaimu, tidak seharusnya ia melakukan kekerasan padamu. Kamu tidak bisa merubah pelaku kekerasan. Semakin lama kamu bertahan, semakin parah kekerasan yang akan kamu alami. Tidak ada seorangpun pantas mendapatkan kekerasan. Kamulah yang bisa mengubah nasibmu, bukan orang lain. (Ella)

Kalau ada teman atau kamu yang mengalami KDP, jangan segan hubungi lembaga yang menyediakan konsultasi dan pendampingan. Buat yang tinggal di Jakarta, bisa menghubungi: LBH APIK (021-87797289), Mitra Perempuan (021-8298421), Kalyanamitra (0217902109), SIKAP (021-3917760). Di Yogya ada: Rifka Annisa (0274-518720) LSPPA (374813), dan Savy Amira di Surabaya (031-8706255).

change

71


change diary

yenie

Kasus Nyata Kekerasan dalam Pacaran Kasus pertama adalah D (23 tahun). Pada awalnya pacar D terkesan baik dan sopan. Setelah 3 bulan pacaran, jika ada konflik ringan, dia akan menyiksa dirinya sendiri, mulai dengan mencakar muka sampai membentur-benturkan kepalanya ke dinding. Frekuensi kekerasan meningkat dan mulai menyerang D. Ia sering menarik-narik tangan D untuk memaksa pergi dan menggedor-gedor pintu kamar D. Setelah 2,5 tahun berpacaran, D memutuskan pacarnya. Setelah itu, D mendatanginya untuk mengembalikan buku yang tertinggal. Dia memukul meja marmer sampai pecah, menarik kerah baju D, melemparkan ke dinding sehingga terjatuh ke lantai. Saat terbaring di lantai, dia menginjak D dengan kakinya hingga D sulit bernapas dan pingsan. Dia pun masih membekap mulut D dalam keadaan pingsan. Ketika D bangun kembali, dia melemparkan D ke dinding sampai badan dan lengan D memar. Perlakuannya tersebut terkait dengan latar belakang keluarganya yang penuh kekerasan. Dia berkali-kali memohon D kembali jika D memutuskannya, misalnya dengan memberi bunga. D benar-benar memutuskannya setelah 2,5 tahun berpacaran. Kasus kedua adalah R (28 tahun). Pacar R sangat posesif. Setelah 4 bulan berpacaran, jika marah besar, ia akan membanting barang pecah belah di kamar kosnya. Memasuki tahun kedua pacaran, mulailah ia ringan tangan. Kedua lengan R pernah dipegang eraterat dan digoncang-goncangkan saat ia marah besar sampai bertanda biru legam selama berhari-hari. Ia harus tahu kemana dan dengan siapa R pergi. Pernah R tidak berani keluar kos ketika ia pergi ke luar kota karena takut jika ia menelepon ke tempat kos R dan R tidak ada, maka ia akan marah besar. R juga pernah ditampar dan bertengkar hebat karena miskomunikasi. Sesudah kejadian itu, R mengalami rasa takut yang luar biasa setiap bertemu pacarnya sehingga berdampak pada kesehatan fisiknya. R tidak mampu bangun dan berjalan sehingga harus menemui 4 orang dokter spesialis. Semua dokter itu menyarankan R untuk memutuskan pacarnya sehingga tekanan batin yang mengakibatkan semua sakit fisiknya menghilang. Namun R sulit memenuhinya karena ia akan terus memohon untuk kembali. Setelah 3 tahun berpacaran, R berani memutuskannya. Setelah itu R mejadi pasien tetap seorang psikolog selama 1 tahun lamanya. Selama 4 tahun sesudah memutuskan pacarnya, R masih merasa sakit hati dan terus merasa trauma serta ingin marah ketika bertemu dengannya. Kasus ketiga adalah A (27 tahun). A juga mempunyai pacar yang posesif. Selama 5 tahun berpacaran, A sangat dikekang kebebasannya. Kemanapun A pergi, pacarnya harus diberitahu dan jika terlambat sampai di rumah, maka ia akan marah besar. Jika mereka mengalami konflik maka ia akan membentur-benturkan kepalanya ke dinding atau setir mobil. Pernah juga ia mengancam A jika A tidak memaafkannya maka ia akan bunuh diri. Setelah putus pun, ia sering menggedor-gedor pagar rumah A sehingga mengganggu tetangga rumah A. Sampai sekarang A masih merasa takut bila bertemu dengan mantan pacarnya itu. Setelah 2 tahun mereka putus dan bertemu di sebuah pernikahan teman, A langsung pucat, gemetar dan hampir pingsan. Padahal saat itu A telah menikah dengan orang lain. Sumber: diringkas dari http://situs.kesrepro.info/gendervaw/des/2004/gendervaw02.htm

72 change

change

73


pick up point

Sebenarnya masih banyak pengalaman seputar ketidakadilan yang ku terima sebagai seorang perempuan apalagi menyangkut kepemimpinan. Peristiwa yang kedua adalah ketika pemilihan Ketua OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah). Bagi kami, menjadi bagian dalam keanggotaan OSIS adalah berarti menaikkan strata disekolah. Mereka lebih dipandang dan populer dibanding siswa-siswi yang lain. Oleh karena itu aku pun berjuang mati-matian untuk eksis di sekolah dengan ikut LDKS (Latihan Dasar Kepemimpin Siswa, kalau tidak salah). Walaupun jumlah siswi di Osis masih sangat jauh jumlahnya dibandingkan dengan para siswa, aku tidak gentar. Tapi saat pemilihan Ketua OSIS tiba, tak satu pun dari calon kandidat Ketua Osis kami yang perempuan. Semuanya laki-laki. Ketika kutanyakan hal tersebut pada Guru Pembina Osis (yang berjenis kelamin laki-laki tentunya) ia dengan enteng menjawab; “Tugas Ketua OSIS itu nggak gampang, kalau Ketuanya cewe, salah-salah nanti malah jadi ngeribetin doang”. Mendengar itu aku hanya bisa berkata; Cape deh!

74 change

Aku jadi terheran-heran, ada apa dengan masyarakat kita ini? Mereka bukan saja meragukan tetapi juga merendahkan kemampuan kami, perempuan Indonesia untuk menjadi seorang pemimpin. Masyarakat hanya menginginkan kita menjadi perempuan serba bisa dalam mengurus keluarga dan rumah tangga. Mengurus anak tapi tidak berhak menentukan pendidikannya. Menjadi super woman tapi juga harus memenuhi tuntuan yang ada di masyarakat, adat dan agama. Pada akhirnya perempuan itu sendiri yang membuat batasan-batasan itu semakin jelas dan nyata. Mereka takut dibilang perempuan nggak bener saat harus pulang malam karena lembur kerja. Mereka takut sekolah ke jenjang yang lebih tinggi ketika merasa ada kewajiban mengurus anak dan suami di rumah. Bahkan mereka tidak berani melawan karena takut disebut istri durhaka saat suaminya mulai melakukan kekerasan. Ketidak seimbangan peran antara perempuan dan laki-laki dalam masyarakat bukan hanya membelunggu kami tapi juga merupakan satu bentuk pembodohan massal bagi kami kaum perempuan. Bagiku kesetaraan gender adalah bagian dari hak asasi manusia. Kesetaraan gender adalah bagian dari pembangunan yang berkelanjut. Kesetaraan gender menempatkan perempuan dan laki-laki dalam posisi yang sama. Kesetaraan gender berarti tidak mengakui dominasi laki-laki terhadap perempuan dalam hal apapun. Kesetaraan gender berarti memberikan kesempatan yang sama pada perempuan seperti halnya pada laki-laki. Rasanya menjadi sangat berat jika perjuangan untuk meraih kesetaraan diperjuangkan oleh satu pihak saja, sementara pihak yang lain tetap terus berusaha untuk menjegalnya. Perjuangan menuju kesetaraan adalah perjuangan bersama-sama karena ketika perempuan memiliki kecerdasan, harapan, kesempatan dan keadilan, maka yang telah diperjuangkan sesungguhnya adalah kelangsungan hidup umat manusia.

Sekolah

Kampus

Jakarta Selatan SMUN 62 SMUN 26 SMUN 38 SMUN 82 SMU 8 SMU PSKD 4 SMA 28 SMU Tarakanita I SMA Gonzaga SMK 57 SMA Sumbangsih SMU Lab School Kebayoran SMA 109 SMA Charitas SMUN 3 SMA Tirta Marta SMA Muhammadiyah 2

Komunitas/Toko Buku

Jakarta Pusat SMUN 1 Budi Utomo SMU Sunda Kelapa SMA Tarsisius I SMA Kanisius SMUN 68 SMU Belarminus SMK Nusantara Wisata SMIP Jayawisata SMA Kanisius

Jakarta Barat SMU Regina Pacis SMU Tarsius 2 SMA Kristoforus SMA Ipeka Jakarta Utara SMU Gandhi SMUN 13 SMU Tarakanita II (Pluit) SMU Don Bosco SMU Islam Al-Azhar Kelapa Gading SMU Lab School Rawamangun SMAN 1 Serang Banten

Universitas Indonesia Trisakti IISIP BSI Inter Studi Binus Center Universitas Nasional UKI UNJ Universitas Paramadina MP Book Point TB Bloc Aksara Bookstore QB World Bunga Matahari GoetheHaus YCAB Imada Hello Motion Yayasan Pelita Ilmu Cafe/Resto: Mister Bean Cafe Lutuye Bakerzin Avenue Brew& Co Brew& Co Menteng, Plaza Menteng Formula 1 Yopie Salon Blok M Plaza Haircode Salon Blok M Plaza Secret Recipe Ke’kun Coffee Shop Kafe Buku

Distro

Bloop Endorse Racer Kids Gummo Moose Premium Nation Vertigo Nanonine

We are moving to our new office guys! Jl. Tebet Barat Dalam IXA No. B1, Jakarta Selatan - 12810 Telp: (021) 837-02005 (hunting) Faks: (021) 830-0211

Cerita ini berdasarkan pengalamanku di sekolah dulu. Berawal dari pemilihan ketua kelas ketika aku masih duduk di kelas 1 SMU. Berdasarkan hasil perolehan suara, akhirnya terjaring dua kandidat calon ketua kelas yang kebetulan berjenis kelamin berbeda. Hasil suara yang diperoleh keduanya sama banyak, maka Bu Guru menyuruh kami untuk bermusyawarah bersama. Saat itulah kekecewaanku timbul. Waktu itu, aku pribadi lebih “rela” bila kelas dipimpin oleh seorang perempuan. Tapi beberapa siswi dengan tegas mengatakan bahwa mereka menginginkan ketua kelas laki-laki. Kekecewaanku bertambah dalam tak kala mendengar alasan yang dikemukankannya; “Laki-laki itu kodratnya ya menjadi imam. Jadi pemimpin!”. Hasilnya sudah bisa ditebak. Kelas kami dipimpin oleh ketua kelas laki-laki dan nasib teman perempuanku? Dia sudah harus senang dengan posisi sebagai sekretaris.

change

75


next edition

Apa yang pertama kali lewat di pikiranmu ketika mendengar kata “Indonesia�? Tentu salah satunya adalah keberagaman berbagai suku, bangsa dan agama di dalamnya bukan? Itulah Indonesia, tanpa keragaman bukan Indonesia namanya.

Namun saat ini rasa keberagaman itu sudah mulai menipis, orang jadi sering berantem gara-gara hanya beda agama, beda keyakinan atau beda asal-usul. Di Change edisi berikutnya, kita mau ngangkat soal keberagaman ini, bahwa keberagaman itu begitu indahnya dan itu anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa ini.

Formulir Berlangganan Kalau kamu mau langganan, harap isi form ini: Nama : ........................................................... Umur : ........................................................... Sekolah/ Kampus : ........................................................... Telp/ HP : ........................................................... Email : ........................................................... Alamat Pengiriman : ........................................................... .......................................................... Biaya ini hanya untuk pengganti ongkos kirim: 6 Edisi : Rp 45.000,12 Edisi : Rp 85.000,24 Edisi : Rp 150.000,Rekening: a/n: Yayasan Jurnal Perempuan Bank : BRI KCP Tebet No. Rekening : 0534-01-001088-50-7 Harap kirim kembali formulir ini berikut bukti pembayaran/transfer via fax atau pos ke: Yayasan Jurnal Perempuan Jl. Tebet Barat Dalam IXA No. B1, Jakarta Selatan - 12810 Telp: (021) 837-02005 (hunting) Faks: (021) 830-0211

76 change



We Can Do It - Edisi VI/2008