Page 1

Investigative report M. Dayan. A. Chandra 4711010022


Pengantar Laporan Investigatif laporan investigasi adalah laporan yang memberikan informasi rinci tentang penyelidikan forensik lengkap proses. Berikut ini adalah beberapa elemen dari laporan investigasi : ď ˝ Harus berisi deskripsi tentang bagaimana insiden itu terjadi ď ˝ Harus teknis suara dan dimengerti ď ˝ Harus diformat dengan benar , dan harus ada halaman dan nomor ayat untuk referensi mudah ď ˝ Harus berisi kesimpulan yang jelas , pendapat, dan rekomendasi , didukung oleh tokoh-tokoh dan fakta ď ˝ Harus mematuhi hukum lokal untuk dapat diterima di pengadilan


Klasifikasi Laporan Penulisan laporan harus dimulai dengan identifikasi penonton dan tujuan dari laporan tertentu . Laporan dapat dikategorikan sebagai berikut : • Verbal • tertulis Kategori ini dibagi lagi menjadi sebagai berikut : • Formal • Informal


Layout Laporan Investigasi Bagian paling penting dari setiap laporan investigasi adalah bahasa . Untuk mengkomunikasikan informasi dengan jelas , sebuah penyidik harus mencakup petunjuk. Saat menulis laporan , penyidik harus memperhatikan aspek tata letak dan penyajian laporan, Dianjurkan untuk mematuhi satu tata letak saat menulis laporan , untuk menjaga konsistensi .


Pedoman Menulis Laporkan Berikut ini adalah beberapa panduan untuk menulis laporan :  Tulis pendapat yang didasarkan pada pengetahuan dan pengalaman .  Membuat struktur logis dari awal sampai akhir .  Cobalah untuk menghindari pertanyaan hipotetis .  Terapkan pertanyaan teoritis untuk membimbing..  Hindari menggunakan bahasa repetitif dan samar-samar .  Gunakan format sederhana.  Grup terkait ide dan kalimat menjadi paragraf dan kemudian menjadi beberapa bagian .  Jangan menggunakan kata-kata gaul , bahasa spesialis ( yang tidak dipahami oleh orang rata-rata ) , dan  istilah sehari-hari (yang menciptakan efek percakapan ) .  mendefinisikan dan menjelaskan secara rinci .  memeriksa tata bahasa , kosakata , tanda baca , dan ejaan .  Selalu gunakan suara aktif ketika menulis laporan sehingga komunikasi terlihat langsung dan langsung .  Menulis laporan secara ringkas.  Menulis segala sesuatu dengan validasi yang tepat .  angan pernah menyebutkan petunjuk dalam laporan.  Hindari menulis banyak detail dan pengamatan pribadi dalam laporan.


Penggunaan Bahan Pendukung Penyidik dapat referensi bahan-bahan pendukung langsung dalam teks . Poin-poin yang mendukung merek bahan diintegrasikan ke dalam tulisan untuk meningkatkan dampak.


Konsistensi Berikut ini adalah beberapa bagian laporan investigasi harus mencakup :  Abstrak atau ringkasan  Daftar isi  Tubuh laporan  Kesimpulan  Referensi  Daftar Istilah  Ucapan Terima Kasih Bagian dapat disesuaikan agar sesuai dengan tujuan laporan. Abstrak atau ringkasan dimaksudkan untuk memberikan esensi dari sebuah laporan dengan cara yang informatif .


Salient Features of a Good Report Sebuah laporan yang baik harus memiliki fitur sebagai berikut :  Metode penjelasan  Pengumpulan data  Perhitungan  Ketidakpastian dan analisis kesalahan  Hasil penjelasan  Pembahasan hasil dan kesimpulan  Referensi  Lampiran  Ucapan Terima Kasih


Laporan Investigatif Format Berikut ini adalah beberapa aspek penting dari sebuah laporan yang baik : Setiap perusahaan , seperti sebuah firma hukum atau perusahaan komputer forensik , memiliki format laporan yang didirikan sendiri . Laporan ini harus mencakup semua bukti yang relevan , bahkan bukti yang tidak mendukung kesimpulan .


Lampiran lampiran membantu menjaga aliran laporan. Lampiran dan lampiran dapat digunakan untuk detail lebih lanjut setiap terminologi , temuan , atau rekomendasi yang disampaikan dalam laporan tersebut . Lampiran membantu bagi pembaca untuk mengetahui apa yang mereka cari. Berikut ini juga dapat dianggap sebagai lampiran :  Metadata  analisa berkas Signature  Bukti  Riwayat hidup dari saksi  Laporan sebelumnya untuk referensi


metadata Metadata adalah informasi tentang file , termasuk pencipta file dan waktu dan tanggal perangko untuk saat berkas dibuat dan terakhir dimodifikasi. Ada dua jenis metadata : • metadata Sistem • metadata Aplikasi


Analisis Signature Analisis tanda tangan dapat digunakan untuk mengidentifikasi apakah file telah diganti Tanda tangan ini dapat digunakan untuk memverifikasi bahwa ekstensi file sesuai dengan jenis file. Kedua alat EnCase dan Toolkit Forensik memverifikasi tanda tangan dari setiap file sesuai dengan daftar yang dikenal dengan file signature dan ekstensi yang relevan. mereka memberitahu penyidik jika pengguna telah berganti nama file dengan ekstensi yang tidak cocok dengan tipe file itu.


Penulisan Laporan dan Dokumentasi Semua kesimpulan dan temuan media analisis komputer harus pergi ke laporan analisis investigasi, yang kemudian langsung dikirim ke petugas kasus. Laporan ini harus memiliki dokumendokumen berikut: • Formulir • Catatan Analisa • Barang yang datang sebagai hasil dari analisis, yaitu, cetakan dan CD • Salinan surat perintah penggeledahan • Bukti daftar • Analisis worksheet Media • Daftar Kata Kunci • Permintaan dukungan


Best Practices for Investigators Sebelum mengirimkan laporan akhir , penyidik harus membacanya untuk melihat apakah ada tempat di mana dia atau dia perlu untuk membuat perubahan .


Menulis Laporkan Menggunakan FTK lakukan langkah-langkah berikut : 1 . Write-protect disket bukti . 2 . Buat folder kerja dan folder lain di bawah folder ini . 3 . Jalankan FTK . 4 . Klik OK . 5 . Pilih Mulai kasus baru dan klik OK di kotak dialog Startup FTK ( Gambar 6-2 ) . 6 . Isi informasi yang sesuai di kotak dialog Baru Kasus dan klik Continue . 7 . Gunakan tombol Browse untuk mengakses jalur kasus. Gambar 6-2 Pilih Mulai kasus baru di kotak dialog Startup FTK .\ 8. Berikan penjelasan singkat penyelidikan (Gambar 6-3) dan klik Next. 9. Priksa semua kotak pada jendela Options Log Case (Gambar 6-4). 10. Klik Next pada jendela Options Pengolahan Bukti (Gambar 6-5). 11. Klik Berikutnya dalam Persempit Kasus dan Persempit jendela Index. 12. Dalam Tambah Bukti ke jendela Kasus (Gambar 6-6), klik tombol Add Bukti. 13. Tambah Bukti Kasus kotak dialog muncul. Klik opsi drive lokal dan kemudian klik Continue. 14. Pilih drive A: pilihan dan tombol pilihan logis dalam kotak dialog Pilih drive lokal, dan klik OK.


kesimpulan 

    

Laporan dapat digunakan untuk mengkomunikasikan hasil penyelidikan forensik. Mereka dapat digunakan tidak hanya untuk menyajikan fakta-fakta, tetapi juga untuk berkomunikasi pendapat ahli. Laporan dapat bersifat formal maupun informal, lisan atau tertulis. Hal ini penting bagi siapa saja menulis laporan resmi untuk memperhatikan kata penggunaan, tata bahasa, ejaan, dan rincian. Hindari penggunaan jargon, gaul, atau istilah sehari-hari ketika menulis laporan. Laporan harus mencakup hasil dan kesimpulan. Produk akhir yang dapat ditampilkan kepada pengacara atau klien adalah kombinasi dari laporan yang dihasilkan menggunakan alat forensik dan laporan investigasi resmi.

Investigative report  
Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you