Issuu on Google+

COMPUTER FORENSIC IN TODAY’S WORLD M. Dayan.A.Chandra 4711010022 Computer Forensic


Introduction to Computer forensic Bagian komputer forensik di sekarang ini masih dalam tahap pengambangan, dan terfokus di pc. ď‚— sekarang ini, kebanyakan mengenai tentang masalah-masalah yang berkaitan dengan forensik. ď‚— Pengenalan masalah komputer forensik kebanyakan yg mengenai sains forensik ď‚—


Forensic science Berdasarkan Handbook of Forensic Pathology prepared by the College of American Pathologists, forensic science dinyatakan sebagai sebuah aplikasi berbasis sains untuk digunakan sebagai pencari kebenaran dalam suatu kasus, kriminal, dan masalah sosial yaitu ketidakadilan dalam masyarakat. Tujuan besarnya dai sebuah forensik yaitu untuk menginvestigasi sebuah bukti dalam kasus kriminal.


Computer forensic Forensik komputer adalah suatu proses mengidentifikasi, memelihara,menganalisa, dan mempergunakan bukti digital menurut hukum yang berlaku. Forensik komputer yang kemudian meluas menjadi forensik teknologi informasi masih jarang digunakan oleh pihak berwajib.


Need computer forensic Kebutuhan forensik komputer telah menjadi lebih penting sebanding dengan kenaikan jumlah angka tingkat cyber crime. Diaman sebuah perusahaan besar terlibat didalamanya. Dan menjadi kebutuhan perusahaan untuk merekrut seorang ahli forensik yang bertujuan untuk memecahan suatu kasus atau menghindari di perusahaan tersebut


3 benefit from computer forensic for oraganizations 

 

Mengamankan uang dan waktu perusahaan , banyak biaya yg manejer keluarkan untuk komputer IT dan keamanan jaringan. • Helps the organization capture important information if their computer systems or networks are compromised. Membantu memecahkan suatu masalah/kasus IT. Melacak kasus rumit seperti pornographi dan email spam.


Metodologi computer forensic Metodologi forensikmerupakan bagian besar dalam komputer forensik dalam pengamanan recovery. Dalam suatu kasus informatika komputer diperlukan komputer forensik dan didalamnya terdapat metodologi forensik untuk memcahkan kasus dan mengaitkan semua bukti-bukti yang ada. Beberapa ini adalah metodologi forensik yg dipakai :


Preservation Preservation: merupakan pengawetan, yg dimaksud adalah semua barang bukti dan yg ada dalam kasus yg sedang diinterogasi harus dalam keadaan seperti semula, tidak rusak, tidak ada copy, atau yg di edit. ď‚— Dimaksudkan agar tidak ada celah dan pengaitan bukti yang mudah ď‚—


identification ď‚—

Identification: merupakan proses mengenal tempat, waktu kejadian yg terjadi, identifikasi dilakukan sebelum proses investigasi, yg artinya kita harus mengetahui dahulu apa dan dimana sedang terjadinya.


extraction Extraction: setelah mengidentifikasi data dan bukti melakukan extraction ď‚— Extraction adalah proses mengamankan bukti dan data, bertujuan untuk berjagajaga hilangnya data asli ď‚—


interpretation ď‚—

Interpretation: yg paling penting dalam menggunakan forensik yaitu interpretation(pengaitan), semua bukti-bukti dan data yang ada kita harus dikaitkan. Apa yg ditemukan harus dikaitkan dengan waktu dan tempat kejadian.


documentation ď‚—

Documentation: dari awal investigasi sampai akhir diperlukan dokumentasi untuk memunculkan suatu hipotesa, dalam ememecahkan suatu kasus.


Computer forensic in today’s world