Page 1

Al - Kindi....

Kriptografi dikuasainya, lantaran dia pakar di bidang matematika. Di area ilmu ini, ia menulis empat buku mengenai sistem penomoran dan menjadi dasar bagi aritmatika modern. Al-Kindi juga berkontribusi besar dalam bidang geometri bola, bidang yang sangat mendukungnya dalam studi astronomi. Bekerja di bidang sandi-sandi rahasia dan pesan-pesan tersembunyi dalam naskah-naskah asli Yunani dan Romawi mempertajam nalurinya dalam bidang kriptoanalisa. Ia menjabarkannya dalam sebuah makalah, yang setelah dibawa ke Barat beberapa abad sesudahnya diterjemahkan sebagai Manuscript on Deciphering Cryptographic Messages. ”Salah satu cara untuk memecahkan kode rahasia, jika kita tahu bahasannya adalah dengan menemukan satu naskah asli yang berbeda dari bahasa yang sama, lalu kita hitung kejadian-kejadian pada tiap naskah Pilah menjadi naskah kejadian satu, kejadian dua, dan seterusnya,” kata AlKindi. Setelah itu, lanjut Al-Kindi, baru

kemudian dilihat kepada teks rahasia yang ingin dipecahkan. Setelah itu dilanjutkan dengan melakukan klasifikasi simbolsimbolnya. ”Di situ kita akan menemukan simbol yang paling sering muncul, lalu ubahlah dengan catatan kejadian satu, dua, dan seterusnya itu, sampai seluruh simbol itu terbaca.” Teknik itu, kemudian dikenal sebagai analisa frekuensi dalam kriptografi, yaitu cara paling sederhana untuk menghitung persentase bahasa khusus dalam naskah asli, persentase huruf dalam kode rahasia, dan menggantikan simbol dengan huruf. Filsafat Al-Kindi Bagi Al-Kindi, filsafat adalah ilmu pengetahuan yang mulia. Filsafatnya tentang keesaan Tuhan selain didasarkan pada wahyu juga proposisi filosofis. Menurut dia, Tuhan tak mempunyai hakikat, baik hakikat secara juz'iyah atau aniyah (sebagian) maupun hakikat kulliyyah atau mahiyah (keseluruhan). Dalam pandangan filsafat Al-Kindi, Tuhan tidak merupakan genus atau species. Tuhan adalah Pencipta. Tuhan adalah yang Benar Pertama (al-Haqq al-Awwal) dan Yang Benar Tunggal. AL-Kindi juga menolak pendapat yang menganggap sifatsifat Tuhan itu berdiri sendiri. Tuhan haruslah merupakan keesaan mutlak. Bukan keesaan metaforis yang hanya berlaku pada obyek-obyek yang dapat ditangkap indera.

M e n u r u t A l - K i n d i , Tu h a n t i d a k memiliki sifat-sifat dan atribut-atribut lain yang terpisah dengan-Nya, tetapi sifat-sifat dan atribut-atribut tersebut haruslah tak terpisahkan dengan Zat-Nya. Jiwa atau roh adalah salah satu pembahasan Al-Kindi. Ia juga merupakan filosof Muslim pertama yang membahas hakikat roh secara terperinci.

Buletin Lamuri “Berbagi Untuk Mencerahkan”

sandi-sandi yang sulit dipecahkan dikupas tuntas dalam kitab itu. Selain itu, ia juga mengklasifikasikan sandi-sandi rahasia serta menjelaskan ilmu fonetik Arab dan sintaksisnya. Yang paling penting lagi, dalam buku tersebut, A-Kindi mengenalkan penggunaan beberapa teknik statistika untuk memecahkan kode-kode rahasia.

Sambungan Hal. 4

Volume 12, Tahun III - Juni 2013

Al-Kindi membagi roh atau jiwa ke dalam tiga daya, yakni daya nafsu, daya pemarah, dan daya berpikir. Menurutnya, daya yang paling penting adalah daya berpikir, karena bisa mengangkat eksistensi manusia ke derajat yang lebih tinggi.

LAMURI UTAMA

D

alam kamus bahasa: Lisaanul 'Arab, alQaamuusul Muhiith dan alMu'jamul Wasiith: (bab: 'Aqada), Kata "aqidah" diambil dari kata dasar "al-'aqdu" bermakna ar-rabth (ikatan), al-Ibraam (pengesahan), al-ihkam (penguatan), attawatstsuq (menjadi kokoh, kuat), asysyaddu biquwwah (pengikatan dengan kuat), at-tamaasuk (pengokohan) dan alitsbaatu (penetapan). Kata dasar dan makna aqidah yang paling sering kita dengar dan temui adalah pada kata “aqad nikah” ataupun “aqad jual-beli”. Secara kebahasaan maka kedua frasa tersebut mengandung makna “ikatan”. Maksudnya adalah ketika hati kita yakin akan sesuatu sehingga keyakinan tersebut kokoh dalam diri kita maka itu adalah aqad (ikatan). Perhatikanlah ketika seorang pria yakin dan teguh hati akan pilihan dirinya terhadap seorang wanita maka implementasi dari keyakinan hatinya adalah dengan melaksanakan aqad nikah pertanda bahwa ikatan hati telah kokoh dan mantap. Begitu juga dalam jual beli, ketika sorang pembeli sudah yakin dengan barang yang dipilih, maka terjadilah 'aqad' yang bertujuan untuk mengkokohkan pilihan pembeli dalam sebuah ikatan dengan keyakinan bahwa barang tersebut akan menjadi miliknya.

Al-Kindi juga membagi akal mejadi tiga, yakni akal yang bersifat potensial, akal yang telah keluar dari sifat potensial menjadi aktual, dan akal yang telah mencapai tingkat kedua dari aktualitas. Akal yang bersifat potensial, papar AlKindi, tak bisa mempunyai sifat aktual, jika tak ada kekuatan yang menggerakkannya dari luar. Oleh karena itu, menurut Al-Kindi, masih ada satu macam akal lagi, yakni akal yang selamanya dalam aktualitas. Republika (heri ruslan ) http://mentoringku.wordpress.com/2008/0 9/24/al-kindi-filosof-islam-pertama/

Jaga dan Lestarikan Hutan Di Propinsi Aceh

F

8

Jl. B. Aceh - Medan, Km: 25, Pasar Indrapuri Kecamatan Indrapuri, Kabupaten Aceh Besar Propinsi Aceh

LamuriNews

PRODUK & SIMPANAN: 1. Tabungan Berjangka (TAJAKA) 2. Tabungan Pendidikan Anak (TADIKA) 3. Tabungan Mudharabah (TAMARA) 4. Tabungan Qurban & Aqiqah (SIKURBAN) 5. Tabungan Idul Fitri (TADURI) 6. Tabungan Ibadah Haji & Umrah (SIHANUM)

“PUTRA PANGKAS”

enomena meninggalnya ustaz muda 'jefri al Buchori' baru-baru ini mungkin masih terekam di benak kita masing-masing. Betapa tidak, ribuan pelayat dan penziarah tanpa di komando tumpah ruah mulai dari rumah duka sampai di jalan-jalan menuju pemakaman. Datang dari berbagai sudut kota tidak diketahui pasti tujuan masing-masing para pelayat, entah hanya penasaran, atau hanya ingin melihat langsung jenazahnya atau memang benar-benar ingin melaksanakan fardhu kifayah. Terlepas dari apapun tujuan para pelayat tersebut yang terpenting adalah jarang sekali terjadi peristiwa seperti ini khususnya di negeri tercinta kita ini. Mungkin disinilah Allah menunjukkan kekuasaannya bagi orang-orang yang meninggalnya husnul khatimah. Semoga kita dapat mengambil hikmahnya.

Infaq Rp. 1.000

Kesempurnaan Aqidah, Wujud dalam Iman dan Amal Shaleh Muhammad Iqbal, M.Pd Dari contoh tersebut, secara istilah (terminologi), Aqidah merupakan perkara yang wajib dibenarkan oleh hati dan jiwa sehingga menjadi tenteram karenanya, menjadi suatu kenyataan yang teguh dan kokoh, yang tidak tercampuri oleh keraguan dan kebimbangan. Begitu juga dengan ikatan kita dengan Allah, meyakini dengan tidak meragukan apapun, tidak beprasangka, bahwa sesungguhnya diri kita ini milik Allah, apapun yang terjadi terhadap seorang hamba, apakah itu kehidupan atau kematian, kebahagiaan atau kesedihan, sehat atau sakit, kaya atau miskin, raja atau rakyat jelata semua sudah tertulis dalam qudrahnya Allah. Ikatan kita sebagai hamba dan Allah sebagai Rabb kita sudah didahului dengan perjanjian bahwa Allah tidak menciptakan jin dan manusia kecuali hanya untuk menyembah Allah. Dengan aqidah yang benar, tauhid, iman dan amaliyah kita tentu saja berada tepat di jalan yang dikehendaki oleh Allah. Refleksi dari semua itu adalah kemudahan dalam melaksanakan perintah Allah dan menjauhi segala laranganNya serta ikut sunnah Nabi SAW. Apabila hubungan kita dengan Allah (hablumminallah) sudah benar, otomatis akan terwujud hubungan kita yang baik (akhlaqul karimah) dengan manusia (hablumminannas),

Oleh : Fazliani An-Nur

Redaksi Buletin Lamuri

Melayani: Pembayaran Rekening Listrik, Telkom, PDAM, dan Pulsa Elektrik,

www.lamurionline.com

KEMURNIAN AQIDAH

Pesan ini disampaikan Oleh :

LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARI’AH Jl. B. Aceh - Medan, Km: 25, Pasar Indrapuri Kecamatan Indrapuri, Kabupaten Aceh Besar Propinsi Aceh

E-mail : lamuribulletin@gmail.com

Monthly Bulletin

Namun, dibalik semua cerita hebat di atas, ada sisi negatif lainnya yang patut mendapat perhatian besar. Adalah orang-orang yang ditinggalkan pasca kematian beliau memperlakukan kuburan ustaz jefri secara berlebihan. Penziarah yang datang ke makam beliau tidak hanya untuk mendoakan beliau, akan tetapi ada bagi sebagian penziarah yang agak fanatik sampai membawa serta tanah kuburan untuk dibawa pulang. Kejadian seperti ini sangat di sayangkan. Di jaman modern seperti ini masih ada kepercayaan-kepercayaan seperti itu. Tanpa kita sadari inilah awal dari kemunduran aqidah kita. Hal-hal seperti inilah yang sangat ditakutkan oleh rasulullah muhammad dikemudian hari yaitu menjadikan kuburan orang-orang shaleh tempat meminta, tempat berdoa, tempat shalat, tempat perayaan dan sebagainya. Untuk lebih jelas mari kita lihat sebuah hadits rasul yang membahas tentang ini.

sebaliknya apabila kita masih ragu dengan Allah tentu saja akan terpancar akhlak yang buruk dari diri kita. Tak salah bila Aqidah Akhlak menjadi salah satu mata pelajaran yang diajarkan di sekolah keagamaan sebagai awal pengenalan dan penguatan. Sekarang mari kita bermuhasabah diri, sesungguhnya aqidah ini merupakan ikatan dalam janji dan keyakinan hati, maka sudah sempurnakah Aqidah kita? Sudahkah kita melakukan apa yang dikehendaki oleh Allah dan RasulNya? Masihkan kita meminta sesuatu selain pada Allah? Kalaulah kita masih bermaksiat kepada Allah, masih mengagung-agungkan sesuatu selain Allah, sering meninggalkan shalat, masih melaksanakan larangan Allah, masih meragukan sunnah Nabi SAW dan masih

belum meyakini status kita sebagai hamba maka yakinlah Aqidah kita jauh dari kesempurnaan dan tentu saja berimbas pada akhlak kita terhadap sesama. Wallahu'alam fissawab. “janganlah kamu jadikan rumahrumah kamu sebagai kuburan, dan janganlah kamu jadikan kuburanku sebagai tempat perayaan. Tetapi ucapkanlah shalawat untukku, karena sesungguhnya ucapan shalawatmu sampai kepadaku dimanapun kamu berada”. (HR. Abu Dawud dengan isnad hasan, dan para periwayatnya tsiqat) Jangankan menziarahi kuburan orang lain, untuk menziarahi kuburan rasul sendiri saja tidak dianjurkan padahal menziarahi kuburan nabi muhammad adalah sebuah amalan yang baik. Itu dikarenakan rasul sangat menginginkan keselamatan iman dan aqidah umatnya agar terbebas dari perbuatan syirik. Maka dari itu, marilah perbaiki kembali aqidah kita. Yakinkan bahwa Allah lah tempat memohon segalanya. Tidak perlu Bersambung ke Hal. 2


KEMURNIAN ..................

Terbit Sejak 15 Juli 2010 Penerbit : Yayasan Intisyaar Al-Ilmi Indrapuri Nomor Yayasan : AHU-43488.AH.01.02 Tahun 2008

Perintis / Pendiri : Herman Hilmy S | Abrar, S. Pd | Adia Mirza Pembina : Ahmad Faizuddin,M.Ed Drs. Sayed Muhammad Husen Drs. Syukri Syama’un, MA Drs. Sayuthi Sulaiman Zulkifli Usman

harus ke kuburan orang-orang shaleh hanya untuk melepaskan Nazar(peulheuh kaoi) mungkin seperti yang sering kita lakukan selama ini. Lebih baik dalam nazar kita niatkan untuk menyantuni anak yatim atau bersedekah tanpa diketahui siapapun dari pada berfoya-foya di makam atau kuburan orang shaleh tersebut. Niat menziarahi kubur adalah boleh-boleh saja karena dapatmengingatkan kepada kematian namun jikalau kuburan sudah disalah tempatkan maka pertanyaannya adalah dimana posisi Allah ta'ala? Apakah kita

SASTRA

Sambungan hal. 1 sudah tidak menganggap Allah itu ada? Kuburan orang shaleh tidak akan memberikan mamfaat apa-apa, lebih baik kita berusaha agar bisa menjadi seperti orang shaleh tersebut. Wallahu A'lam….. NB: Aqidah ialah sebuah keyakinan yang kuat terhadap sesuatu dan terhujam dilubuk hati orang yang meyakininya sehingga tidak ada keraguan lagi di dalamnya sehingga menjadi asas yang paling dasar dalam kehidupan beragama.

Tegukan Ilmu Ilahi Karya : Muammar Khadafi

lensa Lamuri

Pemimpin Umum : Herman Hilmy S Pemimpin Redaksi : Abrar, S.Pd Wakil Pemimpin Redaksi : Adia Mirza Keuangan : Husban Tim Redaktur : Adia Mirza | Herman, S.Pd.I Editor : Adia Mirza | Cek Man Kontributor : Al-Muzanni | Nurmawanty | Zulkifli Usman | Munawir | Mukhlis, S.Hum | Fazliani

Lamuri - Indrapuri. Puluhan siswa-siswi SMAN 2 Unggul Ali Hasymi Indrapuri A c e h B e s a r y a n g t e rg a b u n g d a l a n organisasi Pramuka dan Palang Merah Remaja (PMR), pada Sabtu 25/05/2013 melakukan bakti sosial (baksos) di Masjid Lama Indrapuri. Acara yang berlangsung dari jam 08.00 pagi itu dengan didampingi beberapa orang guru dan pengurus masjid, membersihkan pekarangan, tempat wudhu dan bagian dalam masjid. (AM)

Anak-anak Gampong Lampanah Tunong sedang mengikuti lomba azan yang diadakan mahasiswi KKL Jurusan Kebidanan Poletkkes Kemenkes Aceh tahun 2013 di meunasah Desa setempat. Selain azan mahasiswa KKL juga mengadakan lomba cuci tangan, menggambar, menyanyi dan hafalan surat-surat pendek di kegiatan tersebut. (Foto & Teks : Danil)

Iklan: Team Marketing

Contact Person: Abrar (085277341171). Dicetak oleh: Percetakan Sydney.com (isi diluar tanggung jawab percetakan). Redaksi menerima sumbangan tulisan dengan syarat: Panjang maksimal dua Kuarto diketik 1,5 spasi dan tidak mengandung unsur SARA. Sampaikan pula kritik dan Saran anda ke alamat Redaksi Buletin LAMURI.

“Bagi anda yang ingin menjadi donatur demi kelangsungan terbitnya buletin ini, dapat segera menghubungi Redaksi”

2

Lamuri Indrapuri : Areal persawahan yang berada di Indrapuri dan sekitar tahun ini di tunda untuk menanam padi karena perbaikan saluran irigasi. (foto/teks : HRM)

Saldo Mei 2013

Samudra diarung kayuh pelita Sampan kayu jati diriny Jika sampai ke tempat asal Sebarkan ayat hambani dari Ilahi Jika lau elok hati dan pikiran, Jika lau elok langkah dengan tujuan Insya Allah jalan terbuka

Terima kasih kepada para donatur yang telah menyumbang di program ini. Sumbangan ini akan kami sampaikan kepada anak-anak yatim/piatu/fakir miskin dalam bentuk paket pendidikan berupa perlengkapan sekolah, dan lain lain.

Rp.

473.000

Sisa Saldo Sampai Juni 2013 Rp.

473.000

Jumlah Saldo tidak termasuk bantuan yang berupa barang

Silahkan transfer sumbangan anda via rekening: BRI Unit Lambaro : 3906-01-003346-53-9 a/n Herman, dan (BQ ABU INDRAPURI) 301.M01.02728 a/n Abrar (Buletin Lamuri)

“Sikap Kita Menghadapi Bencana” Kenakalan Remaja dan Zat-Zat Terlarang Oleh : Adlan, S. Pd. I

Sirkulasi : Indrapuri (Ahmad Afdhil) | Jantho (Rasyidi) | Suka Makmur | Kuta Cot Glie (Mukhlis) | Lampeuneurut | Lamlagang (M. Ikbal) Seulimeum (Adlan) | Saree | Pulo Aceh (Cek Abrar)

Alamat Penerbit dan Redaksi: Jl. Banda Aceh - Medan KM. 25, Sinyeu, Indrapuri, Aceh Besar, Kode Pos: 23363 Telp.: (0651) 8070054, E-mail: lamuribulletin@gmail.com Blog: www.lamurionline.com

Redaksi Lamuri menerima komentar pembaca via sms kirimkan sms syedara ke nomor : 085277341171 tema bulan depan :

Rincian Kas Program Lamuri Peduli

Lukisan Tuhan Indah Memesona Gelapan malam pohontirani Surau penuh penjihadan ulung alam Dalam ilmu diperdalam, Sedalam samudra nan arungan

Lamuri-Banda Aceh:Sosialisasi Penyusutan Barang Milik Negara Berupa Aset tetap pada Entitas Pemerintah Pusat dan Aplikasi Simak BMN 2013 Wilayah Kerja KPKNL Banda Aceh pada tanggal 27 Mei 2013 dan 30 Mei 2013 di Banda Aceh (Foto/Test : Hrm) Lamuri--Indrapuri – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala bekerjasama dengan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Aceh Besar, Sabtu dan Minggu 8-9 Juni 2013 menggelar Kegiatan Bakti Sosial untuk Masyarakat Kecamatan Indrapuri.kegiatan bakti sosial yang bertajuk “Action of Solidarity for Helping Each Other in Society (ARTHERY) ke-4 mengadakan serangkaian kegiatan. termasuk Pengobatan Gratis untuk masyarakat. (Foto Teks : Hrm)

Syadara Lamuri yang berbahagia…. Sebagian orang berpendapat bahwa masa muda sebagian saat yang paling indah dan nikmat. Penuh kegembiraan. Memang tidaklah salah, tetapi dikatakan benar seluruhnya adalah tidak mungkin, masalahnya tergantung dari segi memandangnya. Jika dilihat dari kemauannya yang tanpa dikaitkan dengan masa depan, ia bebas berhura-hura, bermewah-mewah tanpa harus memeras keringat bagaimana mencari rupiah demi rupiah guna memenuhi kebutuhan sehariharinya ia sambil merayu dan dibubuhi alasan, jika tidak ditiruti dia akan pergi dari rumah (minggat). Masa remaja sering dikenal dengan istilah masa pemberontakan. Pada masa-masa ini, seorang anak yang baru mengalami pubertas seringkali menampilkan beragam gejolak emosi, menarik diri dari keluarga, serta mengalami banyak masalah, baik di rumah, sekolah, atau di lingkungan pertemanannya. Kenakalan remaja di era modern ini sudah melebihi batas yang sewajarnya.

Banyak anak dibawah umur yang sudah mengenal Rokok, Narkoba, Freesex, dan terlibat banyak tindakan kriminal lainnya. Fakta ini sudah tidak dapat diungkuri lagi, anda dapat melihat brutalnya remaja jaman sekarang. Meningkatnya tingkat kriminal di Aceh tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa, tetapi banyak juga dari kalangan para remaja. Ti n d a k a n k e n a k a l a n r e m a j a s a n g a t beranekaragam dan bervariasi dan lebih terbatas jika dibandingkan tindakan kriminal orang dewasa. Juga motivasi para remaja sering lebih sederhana dan mudah dipahami misalnya : pencurian yang dilakukan oleh seorang remaja, hanya untuk memberikan hadiah kepada mereka yang disukainya dengan maksud untuk membuat kesan impresif yang baik atau mengagumkan. Syadara Lamuri….. Akibatnya, para orangtua mengeluhkan perilaku anak-anaknya yang tidak dapat diatur, bahkan terkadang bertindak melawan mereka. Konflik keluarga, mood swing, depresi, dan munculnya tindakan berisiko sangat umum terjadi pada masa remaja dibandingkan pada masa-masa lain di sepanjang rentang kehidupan.

Lamuri-Indrapuri Satu unit rumah terbakar di Gampong Limo Mesjid Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar pada Jum’at (14/6/13). api menghanguskan seluruh bangunan rumah milik keluarga Wanda, dan satu unit sepeda motor juga ikut terbakar Api bersala dari kios didepan rumahnya dan dengan cepat merambat kerumah ke rumah lantaran disertai angin saat terjadi kebakaran, ungkap seorang saksi mata kepada Lamuri. Kejadian sesaat sebelum Shalat Jum’at itu, atau sekitar pukul 12 wib, langsung saja membuat warga sekitar bersama-sama membantu memadamkan api. Meski 3 unit mobil pemadam kebakaran didatangkan namun rumah berkonstruksi kayu tersebut tidak dapat diselamatkan (AM)

7


Foto : ADIA

DAJJAL SANGAT HINA DISISI ALLAH By Hamdan Mugiwara l mughirah bin syu'bah ra. berkata:tiada seorang yang menanyakan kpd Nabi saw tentang dajjal sebagaimana aku tanya:dan nabi bersabda kpdaku:tiada sesuatu yang berbahaya bagimu daripadanya.saya tanya:mreka berkata:bahwa dajjal itu mempunyai gunung roti dan sungai air.jawab Nabi saw:dia lebih hina disisi Allah dari itu.(HR.BUKHARI,MUSLIM) Pada mulanya dajjal akan dtg nanti dari suatu tempat antara syam dan irak.Dan mempengaruhi manusia begitu cepat sekali.Pada mulanya dajjal nanti akan mengaku dirinya sebgai Nabi.Ingatlah,bahwa tidak ada lagi nabi stelah rasulullah.Setelh itu dia akan mengaku sebgai tuhan.Ingatlah,bahwa tuhan itu adlh Allah dan tidk mngkin kmu

A

bisa melihatnya.Dajjal itu cacat matanya dan Allah tdk cacat dan bahkn tdk sma dgn makhluk lainnya.Diantara kedua mata dajjal tertulis KAFIR yang semua orang mukmin bisa membcanya.Dajjal akan membwa fitnah yang bsar dibumi ini.Yaitu,surga dan neraka.Neraka yang sebenrnya adlah surga dan surga yang sbenrnya adlah neraka. Sesiapa diantara kmu disiksanya dgn nerakanya,hendaklah dia memnta pertlongan pd ALLAH dan hendaklah membca surat al kahfi.Maka neraka itu akan mjdi dingin septi api yang membakar nabi Ibrahim yg jadi dingin.Dajjal itu datg ketmpat orang2 yang percaya n mengakuinya sebgai tuhan. Disebabkan, tempat mereka turun hujan dan tanamt a n a m a n j a d i s u b u r. Ti d a k a d a

Jeu é

kampung/daerah manapun yg didunia ini yg tdk dia dtgi kecuali Mekkah n Madinah.Kedua kota ini tidak dpt ditembus dajjal karna dikawal oleh Malaikat. Dari Jabir bin Abdullah,nabi bersabda:"Dajjal dtg pada wktu orng tdk berpegang pda agama dan jahil ttg agama,pda zmn dajjal ada 40 hri,yg mana 1 hari trasa stahun,ada 1 hari trsa sbulan,ada 1 hari terasa seminggu,dan hari2 berikutnya seprti hri biasa". Menurut riwayat Muslim:Nabi saw bersabda:"Akan keluar Dajjal kpd umatku dan dia akan hidup ditengah2 merka selma 40.Saya sndiri pun tdk psti apakh 40 hri,40 blan atau 40 thun.Kmdian Allah mngtus Isa bin Maryam yg rupanya solah-olah Urwah bin Mas'ud yg kmdian mmbnuh dajjal itu.

Tips Mendidik Anak Agar Menjadi Sholeh Anak adalah harta yang tidak ternilai oleh apapun. Dia ibarat titipan paling indah yang diberikan Allah kepada orang tuanya. Pada masa depannya lah terletak harapan serta kebahagiaan para orang tua. Dijaman modern seperti sekarang ini, adalah sebuah keharusan bagi orang tua untuk mengajarkan anak- anak mereka tentang pentingnya akidah yang lurus. Hal ini penting untuk dilakukan, mengingat banyaknya pengaruh diluaran yang bisa membentuk karakter anak- anak kita. Maka sebagai orang tua, kita harus tahu bagaimana cara mengarahkan mereka, agar kelak mereka menjadi anak- anak yang sholeh. Berikut beberapa tips mendidik anak agar menjadi sholeh, Inshaallah. 1. Sholehkan diri, Sholehkan anak. “Buah jatuh tak jauh dari pohonnya”, perumpamaan ini pas sekali untuk menggambarkan, bahwa sedikit banyak anak adalah cerminan dari kedua orang tuanya. Karena itulah, sebelum kita memiliki citacita untuk mendapatkan anak sholeh, memang sebaiknya para orang tua mensholehkan diri mereka. Orang tua juga selayaknya melengkapi diri dengan berbagai ilmu, agar dapat digunakan dalam pengasuhan anak. Ketika anak dibekali oleh bangunan keagamaan yang baik, hal ini akan menciptakan langkah antisipasif terhadap bencana kebobrokan akhlak anak dimasa depan. Jadi sekedar memerintahkan anak untuk berbuat, tidaklah cukup membentuk karakter dan pribadi yang sholeh pada diri mereka. Orang tua juga harus sanggup untuk memberikan tauladan dalam hal berbuat baik. 2. Orang tuaku, tauladanku. “Like father, like son”, ungkapan ini mungkin

6

sudah sering kita dengar untuk menjelaskan bahwa memang anak adalah plagiator ulung. Setiap tindak tanduk orang tua yang tertangkap oleh mata anak- anak mereka, tidak akan hilang begitu saja. Memori anak yang kuat akan terus merekam. Jika seorang anak sering berkata kasar, bisa jadi karena dia juga sering mendapat perkataan seperti itu dari orang tuanya. Atau mungkin karena si anak seringkali melihat adegan pertengkaran yang dipertontonkan orang tua mereka dirumah. Jika hal ini dibiarkan setiap hari, lama-lama sikap tersebut akan diimitasi, diinternalisasi dan dihabitasi dalam kehidupan anak tersebut. 3. Ukir Masa Depan Anak dengan Ilmu Mengajarkan ilmu kepada anak, ibarat mengukir diatas batu. Ilmu apapun yang orang tua berikan kepada anak akan dengan mudah terserap. Ini tidaklah mengherankan, karena ketika anak dilahirkan mereka memiliki 100 miliar neuron di otaknya. Jika diumpamakan satu unit komputer memiliki 100 neuron (jaringan) maka otak anak akan sama dengan 1 miliar unit komputer. Karena itulah, anakanak memiliki karakteristik ingatan yang kuat. Maka, disinilah waktu yang tepat untuk para orang tua untuk mengajarkan mereka tentang akidah yang benar, namun tetap dengan bahasa yang mereka bisa pahami. 4. Perhatikan lingkungan anak- anak kita "Sesungguhnya perumpamaan teman yang shalih dengan teman yang buruk adalah seperti penjual minyak wangi dan pandai besi. Seorang penjual minyak wangi bisa memberimu atau kamu membeli darinya, atau

kamu bisa mendapatkan wanginya. Dan seorang pandai besi bisa membuat pakaianmu terbakar, atau kamu mendapat baunya yang tidak sedap." (HR. Bukhari Muslim). Itulah pesan Rasulullah yang mulia, agar kita berhati- hati dalam memilih teman, serta peka terhadap pengaruh yang berasal dari lingkungan sekitar kita. hal yang sama juga berlaku bagi anak- anak kita. Mereka yang polos kadang belum mengerti tentang bagaimana mereka harus berteman. Maka disinilah tantangan bagi orang tua untuk kemudian "menyelamatkan" anak mereka dari pengaruh buruk yang akan membentuk kepribadiannya dimasa depan. 5. Sabar, ikhlas dan doa Kesabaran adalah hal mutlak harus dimiliki orang tua. Hal ini karena dalam rentang proses mendidik anak, kadang kita menemui hal- hal yang kurang berkenan. Contohnya, anak bersikap bandel dan tidak mau dinasehati. Ketika berada dalam keadaan seperti ini, sebaiknya orang tua menghindarkan diri dari caci maki dan kemarahan yang hanya akan membuat mereka semakin menjauh. Ketika emosi sudah mulai memuncak, orang tua harus pandai dalam menguasai diri, katakan pada diri bahwa toh mereka masih anak- anak, yang mungkin belum sepenuhnya mengerti tentang sebuah akibat. Kitapun pernah pada usia mereka, dan pastilah saat itu kita pun tidak ingin dibenarkan dengan cara yang kasar. Selain itu, orang tua juga harus belajar tentang keikhlasan. Ridho allah adalah tujuan terbaik, dan jalan menggapainya adalah dengan ikhlas. Keikhlasan hati orang tua akan membuat apa yang mereka sampaikan mudah diserap dan dipahami anak. Dan yang tidak kalah penting, adalah dengan terus mendoakan mereka, supaya selalu berada dijalan Allah, dan kelak menjadi generasi islami yang membanggakan. (Syahidah/voa-islam.com)

PELATIHAN PENGAJARAN METODE IQRA' DI INDRAPURI Lembaga Badan Koordinasi Taman Pendidikan AL-Qur'an (BADKO TPA) Kabupaten Aceh Besar bekerja sama dengan TPA Tanjung Karang LheueCureh, TPA Nurul Hidayah Mon Alue L a m b u n o t d a n T P A A t -Ta q w a Lampupok mengadakan Pelatihan Pengajaran Metode Iqra' dan Pengembangan Kurikulum TPA seKecamatan Indrapuri dan Kuta Cot Glie pada Jum'at (10/05) yang bertempat di SMP Negeri 1 Indrapuri. Kegiatan berlangsung selama 1 hari yang diikuti sebanyak 70 peserta perwakilan dari 22 TPA yang ada di 2 kecamatan tersebut. Kegiatan pelatihan dibuka langsung oleh Bapak Said Khairil dari Kasie DKPONTREN KEMENAG Aceh Besar yang didampingi oleh Muspika Kecamatan Indrapuri, dalam sambutannya beliau mengatakan

terharu serta memberikan apresiasi yang cukup besar kepada pihak pelaksana yang telah berinisiatif untuk mengadakan kegiatan pelatihan tersebut dengan mengandalkan biaya seadanya secara patungan dari peserta tanpa adanya dukungan dari pihak lain. Adapun teknis pelatihan ini dibagi dalam dua

Gubernur Aceh Buka Aceh Expo 2013 Gubernur Aceh dr Zaini Abdullah membuka secara resmi Aceh Expo 2013 di Lapangan Blang Padang Banda Aceh, Rabu (05/06). Pelaksanaan Expo ini diikuti oleh puluhan para pelaku bisnis baik lokal dan nasional. Selain dari kalangan pemerintah sendiri, Aceh Expo diwarnai oleh pameran produk-produk andalan pihak swasta. Bahkan sejumlah pemerintah kota/kabupaten serta swasta dari luar Aceh ikut terlibat dalam kegiatan tersebut. Berdasarkan pantauan Lamuri tampak beberapa stand telah siap memamerkan produk-produk unggulannya, antara lain Dinas Pariwisata Jakarta Timur, Dinas Pendidikan Aceh, Dewan Kerajinan Nasional Daerah Aceh dan Aceh Besar. Gubernur Aceh juga meninjau secara langsung stand-stand tersebut setelah acara pembukaan. Tampak hadir Wakil Walikota Banda Aceh Hj. Illiza Sa'aduddin Djamal yang juga ikut

kelompok, yaitu kelompok peserta yang belum pernah mengikuti pelatihan yang serupa dan sebelumnya mendapatkan materi tentang metode pengajaran Iqra yang disampaikan oleh Ust. Azhar M u k h t a r, S . P d . I s e d a n g k a n kelompok yang sudah pernah mengikuti pelatihan melaksanakan diskusi/ sharing tentang pengembangan kurikulum yang dipandu oleh fasilitator. Penutupan pelatihan oleh pendiri BADKO TPA Aceh Besar Akhi Fakrizan, S.Pd. Dalam sambutannya Fakrizan mengharapkan kepada s e l u r u h p e n g e l o l a T PA d i Kabupaten Aceh Besar untuk senantiasa mengutamakan kekompakan dalam mendidik santri guna untuk menghasilkan generasi yang berprestasi dikedepannya. (Dedi)

MUKIM EMPEE ARA GOTONG ROYONG BERSAMA MUSPIKA

meninjau stand-stand yang ada. Di luar itu, Aceh Expo akan diisi dengan parade band, festival kuliner, pameran UKMIKM, otomotif, elektronik, pagelaran seni budaya, kontes bakat, hiburan, dan kegiatan lainnya dari perwakilan masing-masing daerah. Selain itu juga banyak pedagang yang membuka lapak di sana seperti penjual pakaian, aksesoris, makanan dan lainnya. (Abr/Adl)

Aceh Besar Target Pertahankan Runner Up di MTQ Subulussalam Lamuri--Aceh Besar – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar menargetkan untuk mempertahankan prestasi pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat provinsi yang akan dilaksanakan di Subulussalam. Sabtu (25/05/2013). Hal tersebebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Syariat Islam Aceh Besar, T Hasbi. “Dengan keyakinan, usaha, kerja sama serta dukungan seluruh masyarakat Aceh B e s a r, I n s y a A l l a h k e i n g i n a n u n t u k mempertahankan juara akan terwujud,” ujar Hasbi. Hasbi mengungkapkan, pada MTQ sebelumnya yang dilaksanakan di Kabupaten Aceh Tamiang, kafilah Aceh Besar berhasil meraih juara umum II.

Lamuri News

Hasbi juga mengatakan, tahun ini Aceh Besar tidak mematok target terlalu tinggi pada MTQ kali ini. “Paling tidak kita bisa mempertahankan prestasi juara umum II tahun lalu,” harap Hasbi. Hasbi menambahkan, untuk mendapatkan hasil maksimal pada MTQ mendatang yang dibutuhkan adalah kerja sama yang baik serta dukungan dan do’a dari seluruh masyarakat Aceh Besar. “Untuk mencapai target kita terus melakukan pembinaan terhadap para Qari dan Qari’ah.” tambah Hasbi. Hasbi juga menerangkan, pada pelaksanaan MTQ Subulussalam yang akan berlangsung pada 23 Juni 2013 mendatang, Aceh Besar akan mengirimkan 43 Qori dan Qori’ah terbaik. “Jika ditambah den gan official dan pelatih maka keseluruhan Kafilah Aceh Besar berjumlah 70 orang,” pungkas Hasbi. (Ndar)

Warga dari beberapa Gampong dari Mukim Empee Ara Kecamatan Indrapuri mengadakan gotong royong membersihkan saluran irigasi sawah masyarakat bersama Muspika Indrapuri di Kecamatan tersebut, Sabtu (25/5). Gotong royong ini diadakan dalam rangka menyambut akan datangnya musim tanam padi warga dan untuk membentuk kebersamaan antar warga masyarakat di Mukim Empee Ara. Salah seorang warga masyarakat yang turut hadir pada kegiatan tersebut Sarnadi yang ditemui Redaksi Lamuri m e n ga t a ka n ke g i a t a n g o to n g royong bersama Muspika ini baru pertama kali diadakan, “sejak dulu memang telah ada gotong royong tiap tahun yang dilakukan tiap gampomg di Kemukiman Empee Ara, namun denga n apara t ur kecamatan baru kali ini diadakan” ungkap sarnadi. Menurut pantauan Lamuri di lokasi istirahat warga komplek Jeurat Aja para warga yang ikut serta juga disediakan nasi bungkus untuk makan siang dan daftar absensi kehadiran. Turut hadir pada kegiatan tersebut Camat Indrapuri Burhan, S.Pd, bapak Mukim Empee Ara M. Ali D, anggota TNI dan pejabat muspika lainnya. (Abr)

3


Profil

Al-Kindi Filosof Islam Pertama

A

l-Kindi tak sekedar menerjemahkan karya-karya filsafat Yunani, namun dia juga menyimpulkan karya-karya filsafat Helenisme. Salah satu kontribusinya yang besar adalah menyelaraskan filsafat dan agama. ”Al-Kindi adalah salah satu dari 12 pemikir terbesar di abad pertengahan,” cetus sarjana Italia era Renaissance, Geralomo Cardano (1501-1575). Di mata sejarawan Ibnu Al-Nadim, Al-Kindi merupakan manusia terbaik pada zamannya. Ia menguasai beragam ilmu pengetahuan. Dunia pun mendapuknya sebagai filosof Arab yang paling tangguh. Ilmuwan kelahiran Kufah, 185 H/801 M itu bernama lengkap Abu Yusuf Ya'qub bin Ishak bin Sabah bin Imran bin Ismail bin Muhammad bin Al-Asy'ats bin Qais AlKindi. Ia berasal dari sebuah keluarga pejabat. Keluarganya berasal dari suku Kindah — salah satu suku Arab yang besar di Yaman — sebelum Islam datang. Nenek moyangnya kemudian hijrah ke Kufah. Ayahnya bernama Ibnu As-Sabah. Sang ayah pernah menduduki jabatan Gubernur Kufah pada era kepemimpinan Al-Mahdi (775-785) dan Harun Arrasyid (786-809). Kakeknya Asy'ats bin Qais kakeknya AL-Kindi dikenal sebagah salah seorang sahabat Nabi Muhammad SAW. Bila ditelusuri nasabnya, Al-Kindi merupakan keturunan Ya'rib bin Qathan, raja di wilayah Qindah. Pendidikan dasar ditempuh Al-Kindi di tanah kelahirannya. Kemudian, dia melanjutkan dan menamatkan pendidikan di Baghdad. Sejak belia, dia sudah dikenal berotak encer. Tiga bahasa penting dikuasainya, yakni Yunani, Suryani, dan Arab. Sebuah kelebihan yang jarang dimiliki orang pada era itu. Al-Kindi hidup di era kejayaan Islam Baghdad di bawah kekuasaan Dinasti Abbasiyah. Tak kurang dari lima periode khalifah dilaluinya yakni, Al-Amin (809813), Al-Ma'mun (813-833), Al-Mu'tasim, Al-Wasiq (842-847) dan Mutawakil (847861). Kepandaian dan kemampuannya dalam menguasai berbagai ilmu, termasuk kedokteran, membuatnya diangkat menjadi guru dan tabib kerajaan.

paham Muktazilah. Berkat peran Al-Kindi pula, paham yang mengutamakan rasionalitas itu ditetapkan sebagai paham resmi kerajaan. Menurut Al-Nadhim, selama berkutat dan bergelut dengan ilmu pengetahuan di Baitulhikmah, Al-Kindi telah melahirkan 260 karya. Di a n t a r a sederet b u a h pikirnya dituang k a n dalam risalahrisalah pendek yang tak l a g i ditemuk a n . Karyakarya yang dihasilkannya menunjukan bahwa Al-Kindi adalah seorang yang berilmu pengetahuan yang luas dan dalam. Ratusan karyanya itu dipilah ke berbagai bidang, seperti filsafat, logika, ilmu hitung, musik, astronomi, geometri, medis, astrologi, dialektika, psikologi, politik dan meteorologi. Bukunya yang paling banyak adalah geometri sebanyak 32 judul. Filsafat dan kedokteran masingmasing mencapai 22 judul. Logika sebanyak sembilan judul dan fisika 12 judul. Buah pikir yang dihasilkannya begitu berpengaruh terhadap perkembangan peradaban Barat pada abad pertengahan. Karya-karyanya diterjemahkan ke dalam bahasa Latin dan bahasa Eropa. Buku-buku itu tetap digunakan selama beberapa abad setelah ia meninggal dunia. Al-Kindi dikenal sebagai filosof Muslim pertama, karena dialah orang Islam pertama yang mendalami ilmu-ilmu filsafat. Hingga abad ke-7 M, filsafat masih didominasi orang Kristen Suriah. Al-Kindi tak sekedar menerjemahkan karya-karya f i l s a f a t Yu n a n i , n a m u n d i a j u g a menyimpulkan karya-karya filsafat Helenisme. Salah satu kontribusinya yang besar adalah menyelaraskan filsafat dan agama.

lagi menggunakan paham Muktazilah sebagai aliran pemikiran resmi kerajaan, AlKindi tersingkir. Ia dipecat dari berbagai jabatan yang sempat diembannya. Jabatannya sebagai guru istana pun diambil alih ilmuwan lain yang tak sepopuler AlKindi. Friksi pun sempat terjadi, perpustakaan pribadinya sempat diambil alih putera-putera Musa. Namun akhirnya Al-Kindiyah – perpustakaan pribadi itu – dikembalikan lagi. Sebagai penggagas filsafat murni dalam dunia Islam, Al-Kindi memandang filasafat sebagai ilmu pengetahuan yang mulia. Sebab, melalui filsafat-lah, manusia bisa belajar mengenai sebab dan realitas Ilahi yang pertama da merupakan sebab dari semua realitas lainnya. Baginya, filsafat adalah ilmu dari segala ilmu dan kearifan dari segala kearifan. Filsafat, dalam pandangan AlKindi bertujuan untuk memperkuat agama dan merupakan bagian dari kebudayaan Islam. Salah seorang penulis buku tentang studi Islam, Henry Corbin, menggambarkan akhir hayat dari sang filosof Islam. Menurut Corbin, pada tahun 873, Al-Kindi tutup usia dalam kesendirian dan kesepian. Saat itu, Baghdad tengah dikuasai rezim AlMu'tamid. Begitu dia meninggal, bukubuku filsafat yang dihasilkannya banyak yang hilang. Sejarawan Felix Klein-Franke menduga lenyapnya sejumlah karya filsafat Al-Kindi akibat dimusnahkan rezim AlMutawakkil yang tak senang dengan paham Muktazilah. Selain itu, papar Klein-Franke, bisa juga lenyapnya karya-karya AL-Kindi akibat ulah serangan bangsa Mongol di bawah pimpinan Hulagu Khan yang membumihanguskan kota Baghdad dan Baitulhikmah. Hingga kini, Al-Kindi tetap dikenang sebagai ilmuwan Islam yang banyak berjasa bagi ilmu pengetahuan dan peradaban manusia. Kitab Pemecah Kode

Khalifah juga mempercayainya untuk berkiprah di Baitulhikmah (House of Wi s d o m ) y a n g k a l a i t u g e n c a r menerjemahkan buku-buku ilmu pengetahuan dari berbagai bahasa, seperti Yunani. Ketika Khalifah Al-Ma'mun tutup usia dan digantikan puteranya, AlMu'tasim, posisi Al-Kindi semakin diperhitungkan dan mendapatkan peran yang besar. Dia secara khusus diangkat menjadi guru bagi puteranya.

Setelah era Khalifah AL-Mu'tasim berakhir dan tampuk kepemimpin beralih ke Al-watiq dan Al-Mutawakkil, peran AlKindi semakin dipersempit. Namun, tulisan kaligrafinya yang menawan sempat membuat Khalifah kepincut. Khalifah ALMutawakkil kemudian mendapuknya sebagai ahli kaligrafi istana. Namun, itu tak berlangsung lama.

Sebagai ilmuwan serba bisa, Al-Kindi tak cuma melahirkan pemikiran di bidang filsafat saja. Salah satu karyanya yang termasuk fenomenal adalah Risalah Fi Istikhraj al-Mu'amma. Kitab itu mengurai dan membahas kriptologi atau seni memecahkan kode. Dalam kitabnya itu, AlKindi memaparkan bagaimana kode-kode rahasia diurai.

Al-Kindi mampu menghidupkan

Ketika Khalifah Al-Mutawakkil tak

Teknik-teknik penguraian kode atau Bersambung ke Hal. 8

4

Menuju Ke Arah Pengembangan Pendidikan Alternatif (Bagian Ke-22) Oleh: Ahmad Faizuddin, M.Ed Model-Model Pendidikan Alternatif di Berbagai Negara (5) Pembaca sekalian, kali ini kita akan melihat dua buah contoh sekolah alternatif untuk anak-anak yang kurang beruntung (baca: bermasalah). Mereka yang belajar di sekolah ini adalah anakanak yang dikeluarkan dari sekolah biasa atau tidak diterima belajar bersama dengan anak-anak lain karena dianggap punya masalah. Dua sekolah tersebut bernama Prairie Alternative High School dan The Twilight Academy. Prairie Alternative High School Sekolah Menengah Atas Prairie Alternative yang berada di Amerika Serikat ini terdiri dari beragam latar belakang murid. 60% diantara mereka adalah non-Amerika. Di sekolah ini 70% murid mendapatkan subsidi makan siang gratis. Sekolah ini di dirikan sekitar 25 tahun yang lalu dengan tujuan memberikan pelayanan kepada murid yang bermasalah. Mereka semua adalah murid yang tidak berhasil di sekolah biasa. Misi dari sekolah ini adalah “To provide identified students an alternative opportunity to continue to earn academic credit in a structured school environment” (memberikan murid-murid yang bermasalah sebuah kesempatan alternatif untuk melanjutkan pencapaian kredit akademis dalam sebuah lingkungan sekolah yang terstruktur). Seiring dengan perkembangan zaman dan dengan adanya bantuan program pemerintah daerah seperti All Can Achieve Innovative Programs (ACAIP – Semua Bisa Memperoleh Program Inofatif) dan Pre-Natal Through

High School Graduation (Tamat Sekolah Sebelum Lahir Sampai Sekolah Tinggi), sekolah ini telah menjadi sebuah sekolah model dengan fasilitas yang mewah. Banyak tanggapan tentang perkembangan sekolah ini baik yang positif maupun yang negatif. Diantara hal-hal positif adalah: (a) Sekolah ini telah mengubah gambaran sekolah alternatif sebagai tempat pembuangan anak-anak bermasalah menjadi lebih baik sehingga pengaduan masyarakat pun terhadap mereka berkurang; (b) Semua murid suka dengan sekolah alternatif ini, bahkan lebih dari rumah mereka sendiri, dan mereka ingin menyelesaikan sekolah sampai tamat karena lingkungannya yang penuh kepedulian dari guru dan juga murid; dan (c) Banyak murid yang ingin melanjutkan pendidikan mereka ke universitas untuk menggapai mimpi, harapan, dan cita-cita mereka, karena sekolah ini memberikan program yang sesuai untuk masing-masing murid dalam hal pemulihan kredit akademis, bimbingan belajar dan training pekerjaan. Sebaliknya ada juga ketidakpuasan dalam pengelolaan sekolah ini, yaitu: (a) Para siswa dan guru tidak puas dengan fasilitas baru yang mewah karena hal tersebut membuat sekolah ini menjadi seperti “sekolah” biasa, ruangannya terlalu besar dan programnya terlalu banyak; dan (b) Para guru merasa tidak nyaman dengan anggapan dari pemerintah bahwa sekolah ini lebih rendah dari sekolah normal sehingga kurang mendapat perhatian khususnya dalam hal pengembangan profesionalitas guru (Kim & Taylor, 2008). The Twilight Academy The Twilight Academy merupakan sebuah program pendidikan alternatif yang dijalankan sebuah Sekolah Menengah Atas

KNPI Aceh Besar Dan BEM FK Unsyiah Adakan Bakti Sosial Di Aceh Besar Lamurionline.com--Aceh Besar – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala bekerjasama dengan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Aceh Besar, Sabtu dan Minggu 8-9 Juni 2013 menggelar Kegiatan Bakti Sosial untuk Masyarakat Kecamatan Indrapuri. Ketua DPD KNPI Aceh Besar H Khalid Wa r d a n a k e p a d a Wa r t a w a n , K a m i s (6/6/2013) mengatakan, kegiatan bakti sosial yang bertajuk “Action of Solidarity for Helping Each Other in Society (ARTHERY) ke-4 mengadakan serangkaian kegiatan. Serangkaian kegiatan itu berupa Pengobatan massal bersama dokter specialis kulit, anak, penyakit dalam dan dokter umum dari Fakultas Kedokteran Unsyiah yang akan dipusatkan di Puskesmas Lampupok dengan

target 250 orang.. Selain itu juga diadakan khitanan massal anak fakir miskin dengan target 70 anak di Puskesmas Lampupok, penyuluhan ibu hamil untuk warga enam gampong yaitu Lambeutong, Lampupok Raya, Lampupok Baro, Seulangai, Seureumo dan Ulee Kareung, Penyuluhan kesehatan gigi dan mulut untuk siswa SDN Seureumo serta penyuluhan psiko-edukasi untuk siswa SMU Unggul Ali Hasyimi. Kegiatan Bakti Sosial ini kata Khalid Wa r d a n a m e r u p a k a n b e n t u k k e p e d u l i a n mahasiswa dan pemuda terhadap langkah-langkah nyata peningkatan tarap hidup masyarakat di bidang kesehatan dan lingkungan hidup. Disamping itu juga untuk membantu meringankan beban masyarakat yang belum mampu, memberikan pemahaman tentang pola hidup sehat dan menjalin silaturrahmi antara

Pendidikan di daerah Selatan Pennsylvania. Sekolah ini di khususkan untuk murid-murid yang tidak berhasil di sekolah biasa. Saat ini ada sekitar 60 orang murid bermasalah tingkat 912 yang belajar di sini. Yang membedakannya dari sekolah biasa adalah adanya program untuk memperhatikan lebih setiap individu murid dan fokus kepada kemampuan unik mereka yang berbeda-beda. D i Tw i l i g h t A c a d e m y, sebuah kurikulum pengajaran yang efektif itu harus memenuhi 4 komponen utama, yaitu: (1) Kurikulum terbuka dan dikembangkan dengan baik, (2) Menggunakan program computer dan software untuk membantu pengembangan kurikulum, (3) Unit-unit pelajaran yang bisa di aplikasikan di dunia nyata dan bermanfaat, (4) Guru yang mendukung sepenuhnya program pengajaran (D'Angelo and Zamanick, 2009). Bibliography: Kim, J-H., Taylor, K.A. (2008). Rethinking alternative education to break the cycle of educational inequality and i n e q u i t y. J o u r n a l o f E d u c a t i o n a l R e s e a rc h , 101(4), 207-219. D'Angelo, F., Zemanick, R. (2009). The Twilight Academy: An alternative education program that works. Preventing School Failure, 53(4), 211-218. Malaysia (June 2, 2013/2:45 p.m. © akhi) mahasiswa dan pemuda dengan masyarakat pedesaan. Sementara ketua panitia Risky Setiawan Bakri Sag menjelaskan, pihaknya mengharapkan partisipasi dan kepedulian masyarakat untuk memanfaatkan momentum Bakti Sosial ini, serta pro-aktif terlibat dalam serangkaian kegiatan tersebut. Kegiatan bakti sosial yang melibatkan mahasiswa dan civitas akademika Fakultas Kedokteran Unsyiah dan KNPI Aceh Besar akan dibuka Bupati Aceh Besar Mukhlis Basyah pada hari Sabtu 8 Juni 2013 di M a s j i d A t - Ta q w a L a m p u p o k Kecamatan Indrapuri. “Khusus untuk acara pembukaan juga akan dihadiri oleh Dekan Fakultas Kedokteran Unsyiah, Instansi terkait dan tokoh-tokoh masyarakat,” pungkas Risky Setiawan. Sumber : http://wartaaceh.com

5


Lamuri Ebook Edisi 36 (New Release of June 2013)  

Berbagi Untuk Mencerahkan

Advertisement
Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you