Page 1


ADRIAN TEGUH

FERRENA YOSEPHINE

Karen

Felicia WIBISONO

fotografer

jurnalis alasan masuk CD:

jurnalis

designer

menantang diri sendiri untuk melatih talenta yang Tuhan beri, menambah pengalaman, pengetahuan, dan melatih softskill

alasan masuk CD: alasan masuk CD: mau tau asiknya bikin nambah pengalaman majalah seru dalam bikin majalah

RIDWAN SETYA HANDOKO

MARIA GAUDINA

alasan masuk CD: diberi kesempatan buat melayani Tuhan dalam bidang yang gue suka

HELENA LIEM editor alasan masuk CD: menambah kegiatan, melatih skill jurnalistik, dan keorganisasian

jurnalis alasan masuk CD: tertarik sama jurnalistik, yang dari SMA belom pernah tersalurkan

jurnalis alasan masuk CD: karena emang suka nulis dan ngerasa CD wadah yang tepat buat nyalurin bakat gw


Kalau biasanya ditanya siapa takut, udah nggak zaman tuh ditanya gitu. Ini harus beda, “Siapa berani?� Sepertinya banyak tuh yang mengacungkan diri.

Nah, sahabat CD, kita udah masuk ke Masa Prapaskah lagi nih. Itu tandanya kita harus mulai Puasa dan Pantang pada saat Rabu Abu dan nanti berakhir saat Jumat Agung. Puasa dan Pantangnya setiap hari apa aja sih? Jawabannya setiap hari Rabu dan Jumat. Kalo kalian sudah berumur 18 tahun atau lebih, sangat disarankan kalian berpuasa dan berpantang. Kecuali, kalau ada adik-adik kalian yang berumur di bawah 18 tahun, nah boleh deh kalian ajarin pantang terlebih dahulu.

Kenapa sih harus puasa dan pantang? Begini sahabat CD, seringkali kita aja memberi lebih untuk sesama,masa sama Tuhan nggak sih? Kita berdoa, pergi ke gereja, baca firman, dan lain-lain yang merupakan kegiatan kerohanian. Ya betul, itu cukup. Tetapi, kalau kita dapat memberi lebih dari cukup, kenapa tidak? Dengan puasa dan pantang kita memberi lebih kepada Tuhan, memberikan kesungguhan kita.

CD mau ngutip nih, sebuah perikop dari Matius 6 untuk lebih menguatkan kita : “Dan apabila kamu berpuasa, janganlah muram mukamu seperti orang munafik. Mereka mengubah air mukanya, supaya orang melihat bahwa mereka sedang berpuasa. Aku berkata kepadamu : Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya. Tetapi, apabila engkau berpuasa, minyakilah kepalamu dan cucilah mukamu, supaya jangan dilihat oleh orang bahwa engkau sedang berpuasa, melainkan hanya oleh Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka, Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu.�


Wah, isi perikopnya membuat kita lebih jelas, ya harus seperti apa saat puasa dan pantang. Mukanya tidak boleh dilipat saat puasa dan pantang. Ayo tersenyum untuk Tuhan! Saat puasa kita boleh makan kenyang 1 kali saja. Kalo pantang, boleh bebas pantang apa saja, misalnya yang biasa dilakukan, yaitu pantang daging atau pantang merokok, pantang marah, pantang bergosip, dan lain-lain, tapi tidak boleh pantang belajar atau pantang berdoa,ya!

Susah nggak sih sebenernya puasa dan pantang itu? Jawabannya balik lagi ke diri kita masing-masing. Mudah kok, asal niatnya sepenuh hati, tidak setengah-setengah. Kita nggak akan pernah tahu sebelum mencoba. Pasti kalian bisa deh, sahabat CD! Ayo semangat puasa dan pantangnya!

See you on next CD. God bless abundantly! [FY]


Sempiternal merupakan album keempat dari band metalcore asal Inggris ini, yang menggenapi 9 tahun karya mereka di dunia musik. Album ini sekaligus menjadi album pertama mereka di bawah naungan major label. Bagi yang mengikuti dari album mereka yang pertama, Sempiternal sangat memberikan warna genre yang berbeda. Meskipun tetap berbasis pada metalcore, banyak ditemukan unsur electronica dan post-rock dalam album ini. Jelas, line-up baru BMTH sangat mempengaruhi perubahan ini. Untuk pertama kalinya, band ini memiliki seorang keyboardist, Jordan Fish; yang menggantikan keluarnya Jona Weinhofen sebagai rythm guitarist. Sempiternal yang secara harafiah berarti suatu “keabadian”, cukup menggambarkan secara garis besar tema dari 11 lagu dalam album ini. Album dibuka dengan “Can You Feel My Heart” yang diawali dengan vokal serak dan kombinasi scream dari Oliver Sykes, serta paduan efek synth, yang setidaknya menjadi introduksi bahwa Sempiternal akan menyajikan sesuatu yang cukup berbeda dari sebelumnya. Flow antar lagu yang disajikan dalam Sempiternal pun dapat membuat pendengarnya betah untuk mendengarkan setiap lagunya, yang akhirnya memuncak pada hit single “Shadow Moses” di tengah album, yang kemudian disambut dengan power ballad “And The Snakes Start To Sing”. Album pun ditutup dengan sempurna oleh “Hospital for Souls”. Secara overall, album ini dapat menjadi bukti dari kesuksesan BMTH untuk menyajikan sesuatu di luar zona nyaman mereka selama 7 tahun, termasuk dari kesuksesan “There Is a Hell, Believe Me I've Seen It. There Is a Heaven, Let's Keep It a Secret” di 2010 lalu. Album patut dinikmati oleh kalangan apapun, bahkan bagi yang tidak menyukai metalcore sekalipun. Two thumbs up!


Cakrawala Diakonia Maret 2013  

Cakrawala Diakonia KMK Binus Maret 2013