Page 1

1. Dampak Internet bagi perusahaan makro : -

terjadi peningkatan penjualan dan pengurangan biaya promosi dan terjadi penghematan tempat.

-

karena trend internet berkembang luas, perusahaan dapat mengembangkan sayapnya lebih jauh lagi.

-

Penghematan tenaga kerja karena tidak perlu karyawan yang berada ditempat untuk melayani pelanggan.

-

Waktu menjadi lebih cepat karena pelaporan dan penjualan dapat dikirimkan secara online.

-

perusahaan dapat menjangkau customer dari seluruh dunia sehingga bisa meraup keuntungan lebih banyak.

2. five force framework -

industri persaingan : dampak internet yang sedang trend saat ini tentu memberikan keuntungan yang sangat banyak serta penghematan waktu, dan tentunya semua orang bisa memakai internet, oleh karena itu persaingan sering terjadi dalam industri karena industri pesaing bisa dengan mudah mendapatkan informasi untuk mencari kelemahan perusahaan yang ingin dikalahkannya. Ide dan aktifitas perusahaan bisa dengan mudah diikuti, sehingga untuk mengantisipasi persaingan, perusahaan perlu merencanakan strategis perusahaan agar dapat bertahan dalam persaingan.

-

Masuknya produk pengganti : produk serupa sering dikeluarkan oleh perusahaan pesaing. Website dan cara pemasaran juga bisa dengan mudah diikuti, oleh karena itu perusahaan harus memiliki brand dan kepercayaan konsumen, sehingga dalam belanja online pun pelanggan dapat mempercayai perusahaan tersebut.

-

daya tawar pemasok : Daya tawar yang kuat pada pemasok untuk menjual lebih mahal atau bahan baku yang rendah.Sehingga mempengaruhi pembelian pada perusahaan yang mengakibat kan cost nya lebih mahal. Faktor pemasok memiliki kekuatan tawar: •

sedikit pemasok tetapi pembeli nya banyak

•

bahan pengganti dari pemasok sedikit

•

pemasok memegang bahan baku yang langka


daya tawar pembeli : Daya Tawar yang kuat terhadap pembeli untuk membeli pasokan

-

barang dengan harga yang murah atau kualitas yang lebih baik.Yang mempengaruhi rendah nya harga pasokan yang di dapat oleh pembeli dan dapat di jual dengan harga yang lebih menguntungkan nanti nya Faktor pembeli memiliki daya tawar yang besar: • Membeli dengan jumlah banyak • pembeli yang ada sedikit • perbedaan harga dari pemasok lain nya rendah • banyak pemasok yang dapat mengganti

-

Masuknya perusahaan baru : dengan menggunakan internet, calon-calon perusahaan baru dengan produk yang baru akan semakin yakin mengembangkan usaha mereka, sehingga ini merupakan ancaman dari ada nya kemungkinan untuk masuk nya sebuah Perusahaan baru dalam pangsa pasar yang sedang Perusahaan jalani,dan itu dapat menjadi sebuah ancaman karena mendapatkan persaingan dalam pangsa pasar yang sama dan dapat menimbulkan berkurang nya keuntungan.Maka dari itu biasa di lakukan usaha untuk mempersulit atau hambatan untuk perusahaan lain masuk ke pangsa pasar yang sama.

3. Perkembangan internet yang sangat pesat saat ini memudahkan perusahaan untuk melakukan kerja sama dalam usahanya, perusahaan bisa menjalin kerjasama dengan baik kepada para pemasok, distributor, dan membuat hubungan baik dengan pelanggan. Internet juga bisa memudahkan perusahaan untuk mengontrol penjualan, menerima pembayaran, serta menghemat banyak kertas, waktu dan tenaga. Perusahaan juga dapat bekerja sama dengan mitra yang sejenis dengan baik, dengan memasang iklan atau menawarkan produk tertentu serta memasang iklan, sehingga dapat disimpulkan internet sangat banyak membantu perusahaan.

Tm individu  
Tm individu  
Advertisement