Issuu on Google+

BULETIN UKI S a t u D a la m K a s i h

Vol. 6/Sepetember/2012

UKI Bersatu dalam Kemerdekaan

M

emeriahkan perayaan HUT RI kali ini, UKI menggelar sejumlah acara hiburan dengan mengusung tema UKI “Bersatu Dalam Kemerdekaan�, acara hiburan yang dinamakan pesta rakyat tersebut terdiri dari perlombaan-perlombaan mulai dari lomba masak, make up pria berpasangan, estafet karet, joget balon, catur, gaplek, tarik tambang hingga pertandingan futsal dengan memakai daster. Kemeriahan acara tergambar dari antusiasme para peserta baik dosen, karyawan, dan mahasiswa yang berpartisipasi dalam perlombaan yang diadakan. Ada yang mengundang tawa, ada pula yang memberikan teriakan semangat untuk tim yang sedang berlomba. Seperti halnya lomba olah singkong dan masak nasi goreng. Usai upacara, area lomba tersebut langsung dipadati oleh peserta dan supporter yang tak sabar ingin melihat langsung acara tersebut. Tidak kalah pula dengan lomba estafet karet, tarik tambang, dan futsal berkostum daster. Melalui perlombaan tersebut bukan hanya kebersamaan dan keakraban civitas UKI terjalin dengan baik, tetapi semangat kerjasama, kekompakan terbentuk dalam membangun UKI dan membangun bangsa. (red) Berita Selengkapnya dapat Dibaca di Reporter Edisi ke - X


Dari Redaksi, Penerbit | BHPA UKI Redaksi | Divisi Media HUMAS

Renungan

Shaloom, ini merupakan edisi ke - 6 di tahun 2012. Semoga Buletin UKI dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Tuhan Yesus memberkati.

Kemerdekaan Impian Atau Kenyataan? Galatia 5:1-15

B

ulan Agustus tepatnya 17 Agustus, bangsa kita merayakan hari kemerdekaannya. Bagaimanakah wajah Indonesia setelah 67 tahun merdeka? Setelah mencapai kemerdekaan melalui pengorbanan para pahlawan, ternyata selama 67 tahun, kita masih belum sungguh-sungguh untuk membangun suatu bangsa yang sungguh-sungguh merdeka, sejahtera, adil dan makmur. Justru yang ada koruptor-koruptor, pelaku kekerasan dan pengeksploitasi sumber-sumber alam yang tak terkendali. Kita juga melihat masih belum sepenuhnya memiliki bangsa takut akan Allah yang menjunjung tinggi kebenaran dan keadilan. Kita belum membangun wawasan kebangsaan yang mampu mempersatukan sebagai bangsa yang ber-Bhineka Tunggal Ika. Jika demikian apakah kita sungguh-sungguh telah merdeka? Dalam Galatia 5:1 dituliskan “Supaya kita sungguh-sungguh merdeka, Kristus telah memerdekakan kita. Karena itu berdirilah teguh dan jangan mau lagi dikenakan kuk perhambaan”. Kemerdekaan yang terjadi dalam kehidupan kita merupakan anugerah Tuhan Yesus yang terbesar, sehingga hidup kita tidak berada dalam penjajahan dosa lagi. Kemerdekaan bagi orang-orang percaya memiliki arti yang sangat luar biasa, karena kemerdekaan ini berarti kemenangan atas maut dan terbebasnya manusia dari belenggu dosa. Kemerdekaan ini merupakan karya Tuhan Yesus melalui kematian-Nya dan kebangkitan-Nya. Kemerdekaan ini diberikan secara cuma-cuma kepada semua orang yang percaya kepada-Nya. Kemerdekaan yang kita peroleh sangat mahal harganya. Ia seharga darah yang tertumpah dari Yesus Kristus. Bacaan dari Galatia ini mengingatkan kita sesungguhnya apa itu kemerdekaan yang sejati. Kemerdekaan sejati hanya ada di dalam Kristus. Kristus telah memerdekakan kita “Kristus telah memerdekakan kita. Karena itu berdirilah teguh dan jangan lagi mau dikenakan kuk perhambaan.” (5:1). Kita patut bersyukur atas kemerdekaan yang Tuhan Yesus berikan, sehingga kita tidak lagi dikuasai oleh dosa, namun kita dibentuk makin sempurna serupa dengan Dia. Sebagai insan yang mengalami kemerdekaan secara rohani, maka Tuhan menginginkan kita mempertahankan kemerdekaan itu, bahkan diisi dengan melayani sesama dengan penuh kasih. Tuhan memanggil kita untuk menjadi agen transformasi, membawa dampak bagi masyarakat di sekitar kita yang masih banyak yang terjajah dan terbelenggu oleh dosa dan problema hidup. Langkah awal sebelum kita bertindak mari kita terlebih dahulu dengan setia mendoakan bangsa kita dan bersamasama dalam peran dan tanggungjawab kita di UKI mendidik dan melayani mahasiswa/i calon-calon pemimpin bangsa kedepan untuk menjadi pewaris negeri yang memimpin bangsa dengan takut akan Tuhan dalam sebuah ketaatan. Selamat hidup dalam kemerdekaan bersama Tuhan.

Pada tanggal 16 Agustus 2012, PRA mengadakan Sosialisasi Beban Kerja Dosen (BKD) Kebijakan Dikti terhadap Dosen yang Diusulkan (DYS) dengan narasumber Prof. Dr. L. Setia Bangun, M.Ed.

PERPUSTAKAAN 1. Pada tanggal 02 Agustus 2012, Rondang Rouli Damanik, SSos. dan Artha Triselda, S.Sos., menghadiri “Presentasi Database Video Pendidikan Terbaru dari Alexander Street Press” di Gedung Permata Kuningan Jakarta Selatan. 2. Pada tanggal 27 Agustus 2012, 5 orang staf bagian Pelayanan Pengunjung mengikuti Pelatihan “Custumers Statisfaction” yang diselenggarakan oleh UKI, di R. Seminar UKI Cawang. 3. Pada tanggal 10 s.d 12 Agustus 2012, Perpustakaan ditutup karena “difumigasi” dan dibuka kembali pada tanggal 13 Agustus 2012.

Pada tanggal 31 Aug - 1 Sept 2012, Tim Sistem Penjamin Mutu Internal (SPMI) mengikuti kegiatan Pelatihan SPMI di Ged. Sinode Gereja Bethel Indonesia, Jakarta.

F.Teknik

“Kemerdekaan yang sejati hanya ada di dalam Kristus. Di luar Kristus yang ada adalah kemerdekaan semu.” -Salam dan Doa LPKK UKI-

Buletin UKI - Hlm. 2

BAAK

Buletin UKI - Hlm. 3

BPM

Pada tanggal 30 - 31 Agustus 2012, Ir.Lolom E Hutabarat,MT mengikuti pelatihan Sistem Penjamin Mutu Internal Perguruan Tinggi di Gedung Sinode Gereja Bethel Indonesia, Jakarta Pusat.


Inilah Sebuah Cerita Kemenangan

F. Ekonomi 1. Pada tanggal 01 – 11 Agustus 2012, Fakultas Ekonomi mengadakan Ujian Sidang Pendadaran untuk semua Program Studi. 2. Pada tanggal 03 Agustus 2012, Fakultas Ekonomi mengadakan Rapat Pelayanan Akademik (PA). 3. Pada tanggal 09 Agustus 2012, Fakultas Ekonomi mengadakan pertemuan membicarakan Lab.Akuntansi FE UKI untuk Semester Gasal 2012-2013 dengan Ka.Lab.Akuntansi FE. 4. Pada tanggal 14 Agustus 2012, FE UKI mengadakan Rapat Pimpinan untuk penyusunan dosen pengajar Semester Gasal 2012-2013.

FISIPOL 1. Pada tanggal 20 – 24 Agustus 2012, Heribertus Abul (Mahasiswa HI) dan Magdalena Irene (Mahasiswa FS) menghadiri ACUCA Student Camp 2012, di Tokyo Japan dengan tema “Aiming for a Tomorrow we can walk side by side: our dreams, our efforts”. 2. Pada tanggal 29 Agustus 2012, Siti Merida Hutagalung, SH, MH menghadiri seminar “Diplomasi Multilateral di Bidang Ketahanan Pangan dan Nutrisi : Langkah ke Depan”, Hotel Aryaduta-Jakarta Pusat. 3. Pada tanggal 30 Agustus 2012, Linda S. Paembonan, M.Si menghadiri workshop Literasi Media “Menciptakan Masyarakat Melek Media”, Kantor Komisi Penyiaran Indonesia, Gadjah Mada-Jakarta.

Pascasarjana 1. Pada tanggal 16 Agustus 2012, diselenggarakan Pelantikan IKA PPS yang diketuai oleh Hulman Panjaitan, SE., MH di Hotel Sultan, Jakarta Selatan. 2. Pada tanggal 6 Agustus 2012, PPS menyerahkan bantuan kepada rakyat Ambon dalam rangka “UKI Peduli Ambon” berupa pakaian layak pakai, obat-obatan, selimut dan makanan instan. Bantuan ini diterima oleh perwakilan UKI a/n Ibu Fendah Yolanda.

Pemenang Lomba Agustusan UKI 17 Agustus 2012

Lomba Catur Juara I Juara II Juara III Juara IV

: : : :

BTI FK FK (2 orang) FT

Lomba Gaple JuaraI Juara II Juara III Juara IV

: : : :

Rektor FE PPS Pengadaan

Buletin UKI - Hlm. 4

Lomba Joget Balon Juara I : BHPA + SEKUN Juara II : BKA Juara III : BKA Lomba Estafet Karet Juara I : FKIP Golden Kids Juara II : PPS Juara III : BAK

Lomba Futsal Juara I Juara II

: :

BTI PPS

Lomba Tarik Tambang Juara I : FKIP Golden Kids Juara II : BHPA Juara III : BKA

Lomba Masak Nasi Goreng Juara I : Juara II : BHPA Juara III : Harapan I : Harapan II : Olah Singkong Juara I : Juara II : AKFIS Juara III :

FT FK SDM SDM FH FK

Jayalah Indonesia,... Jayalah UKI,... Kami menerima kritik dan saran. Tuliskan pada lembar berwarna kuning ini, serahkan ke bagian BHPA. Kritik dan Saran Anda sangat membantu kami untuk menjadi lebih baik. Terimakasih.

Buletin UKI - Hlm. 5


On October 1 Oktober Robert Hotman Sirait,dr,SpAn. < Dosen Tetap FK – PSPD> 2 Oktober R. Reni Ariani <SDM> Edison Ambarita, ST., MT <Dosen Tetap FT> 3 Oktober Prof.Dr. Ika Bali, M.Eng., Ph.D. <Dosen Tetap FT> Minar Sitorus <AKFIS> 4 Oktober Lucya Margaretta Perangin-angin <BHPA> Richard Pieter, dr. <Dosen Tetap FK – PSPD> 5 Oktober Dra.Lusia Sri Sunarti,MS. <Dosen Tetap FK – PSSK> Ir. Sahala Simatupang, MT. <Dosen Tetap FT> 7 Oktober Robert Panjaitan, SE, MM. <Dosen Tetap FE> 8 Oktober Haris Hamonangan Tua Ritonga <Adm. FE> Sihol Marison, A.Md. <BTI> B.R.Hertati Siahaan,dr.,M.Pd. < Dosen Tetap FK – PSSK> 9 Oktober Ronny Gunawan,SPd.,MPd.,MTh. <Dosen Tetap FKIP > Ida Ratna Sari Sitompul <Perpustakaan> 10 Oktober Riati Aritonang <SEKUN> Sudung S.H. Nainggolan, MHSc. <Dosen Tetap FK – PSPD> Prof.Dr.Ir.Wibowo Paryatmo,MSc. <Dosen FT> 11 Oktober Anton Suryadi <Adm. FK > 12 Oktober Juliana Simatupang <BAAK> Juanita Ivana Ruth S.,SE. <BAAK>

Hasrat Setiawan Zebua <Adm. FE> Lina <Adm. FK> Prof.Dr.Ir.Atmonobudi S., MSEE. <Dosen Tetap FT> 13 Oktober Ir.Tarsicius Sunaryo,Ph.D. <Dosen Tetap FE> 14 Oktober Rozana Farida Lelapary <SDM> Albertina Bangun, SE. <Adm. FH> 15 Oktober John W.H.Sitohang,dr.,MS. <Dosen Tetap FK – PSSK> dr.Hildebrand H.V.Watupongoh <Dosen Tetap FK – PSPD>

16 Oktober Faorick Sontua Pakpahan <BHPA> Robert Sinurat, dr., SpBS. <Dosen Tetap FK – PSPD> Dauni <Adm. FK> Rosehat Pardede <Adm.FK> 17 Oktober Rondang Rouli Damanik, SSos. <Perpustakaan> 18 Oktober Daniel Rudi Wibowo <SDM> Palentinus Situngkir <Adm. FH> 19 Oktober Fera Sohilait, SE. <BKA> 20 Oktober Murniati Silalahi <Perpustakaan> Rospita Adelina Siregar, dr. <Dosen Tetap FK – PSSK> Dr. Witarsa Tambunan, MSi. <Dosen Fisipol PK> Paido Hutauruk, SH. <Adm. FH>

23 Oktober Ir. Edison Siregar, MM. <SDM> S. Prana Hutagalung <Perpustakaan> 24 Oktober Kristine Gulo <Adm. FK> Angel Damayanti, S.IP., M.Si. < Dosen Tetap FISIPOL> Tan Hian Nio, SPd. <Dosen Tetap FT> Emma Tampubolon, SE, MM. <Dosen Tetap FE> 25 Oktober Sugito <SEKUN> Fred Tony Van Leun, dr. <Dosen Tetap FK – PSSK> Chandra Aritonang, SH., MH. <Dosen Tetap FH>

26 Oktober Hanna Pertiwi Nababan, S.Sos. <BHPA> Dr.Dhaniswara K.Harjono,SH,MH. <M.IH> 27 Oktober Eko Priyono,AMA.,ST. <Adm. FK> A.Hamonangan Lingga,S.Pd.,M.Pd. <Adm. FH> Dr.S.Josephine L.Tobing,SE.,MS. <Dosen Tetap FE> 28 Oktober Fajar Setiawan Roekminto,SS,MHum <Dosen Tetap FS>

29 Oktober Desy Ana L. Tobing <BAAK> 30 Oktober Yusniar Silalahi <SDM>

21 Oktober Said Hutagaol, Ph.D. <M.Pd> Sarkiyah <Adm. FK>

Mazmur 71:6 Kepada-Mulah aku bertopang mulai dari kandungan, Engkau telah mengeluarkan aku dari perut ibuku; Engkau yang selalu kupuji-puji.


Buletin UKI Vol.6/September/2012