Page 1

TENTANG KITA Lembaga Tinggi Adat Masyarakat Paser Gubernur Kaltim, Yurnalis Ngayoh Mengukuhkan Drs. M. Asnawi sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Dewan Adat Benuo Paser (DABP) Propinsi Kalimantan Timur

DEWAN PIMPINAN PUSAT (DPP) DEWAN ADAT BENUO PASER (DABP) KABUPATEN PASER PROPINSI KALIMANTAN TIMUR

DABP website TAKA MAJU DIANG BUDAYA ADAT PASER Kita Maju Bersama dengan Budaya Adat Paser

www.dabp.info


TENTANG KITA Lembaga Tinggi Adat Masyarakat Paser

WEBSITE DEWAN ADAT BENUO PASER www.dabp.info

SAMBUTAN KETUA UMUM DEWAN PIMPINAN PUSAT (DPP) DEWAN ADAT BENUO PASER (DABP) KABUPATEN PASER PROPINSI KALIMANTAN TIMUR

Assalaamu 'alaikum warohmatullaahi wabarokaatuh. Salam sejahtera buat kita semua. Semoga limpahan taufik dan hidayah Allah SWT, senantiasa melindungi kita Amin Yarobbal 'Alamiin. Juga tak lupa Sholawat dan Salam atas junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW. Dengan terbentuknya Dewan Adat Benuo Paser (DABP) yang tercetus tanggal 14 Maret 2007 jam 23.30 wita, oleh para tokoh Adat Masyarakat Paser serta para cendekiawan generasi muda Kabupaten Paser,. Menyingkapi permasalahan yang komplek baik eksternal maupun internal Budaya Adat Istiadat Suku Paser yang selama ini belum kelihatan begitu menonjol di Benuo Paser ini. Maka sepatutnyalah kami saat ini bangkit untuk maju bersama bergandeng tangan dengan cita-cita luhur yaitu "BERSATU UNTUK MAJU BERSAMA BUDAYA ADAT PASER� Kemudian dari pada itu fungsi dan tugas Dewan Adat Benuo Paser (DABP) adalah sebagai lembaga tinggi masyarakat Adat Benuo Paser. Dan juga sebagai wadah aspirasi masyarakat untuk ditindak lanjuti kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Paser serta instansi yang terkait. Semoga Dewan Adat Benuo Paser (DABP) dapat bekerja maksimal sesuai apa yang menjadi harapan masyarakat Se Benuo Paser ini. Amin Yarobbal 'Alamiin. Demikianlah apa yang menjadi harapan kita dan semoga dapat terwujud cita - cita : " TAKA BEKERAI MAJU DIANG BUDAYA ADAT PASER " Tanah Grogot 14 Maret 2007 Ketua Umum, DRS. M. ASNAWI NIA : 1430700001

Silahkan Kontak Kami

Media Informasi Dewan Adat Benuo Paser - DABP

Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP), Dewan Adat Benuo Paser (DABP) Kabupaten Paser, Propinsi Kalimantan Timur memberikan sebuah informasi yang uptodate kepada masyarakat Tana Paser untuk dapat mengetahui tujuan, visi misi dll, tentang keberadaan Lembaga Tinggi Adat Masyarakat Tana Paser. Silahkan buka di internet pada alamat : www.dabp.info semoga dengan keberadaan Dewan Adat Benuo Paser dapat memberikan solusi dan pemikiran mengenai adat dan seni budaya Paser untuk masyarakat Tana Paser yang kita cintai ini.

Telpon : 0813*4658*3355 e-mail : dabpaser@yahoo.com

01 | Dewan Adat Benuo Paser | website : www.dabp.info

website : www.dabp.info | Dewan Adat Benuo Paser | 14


Silaturohim Dewan Pimpinan Pusat BEBERAPA waktu yang lalu Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP), Dewan Adat Benuo Paser (DABP) Kabupaten Paser Propinsi Kalimantan Timur Bapak Drs. Muhammad Asnawi bersama Ketua Dewan Pimpinan Kecamatan (DPK), Purnawirawan TNI Datik melakukan kunjungan silaturohim ke desa Belimbing di rumah Ketua Dewan Pimpinan Desa (DPD) Dewan Adat Benuo Paser (DABP) Bapak Haji Singsing mantan Kepala Desa Belimbing dan di hadiri masyarakat desa Belimbing. Kemudian acara silaturohim ini dilanjutkan ke Desa Pinang Jatus bertemu dengan masyarakat desa Pinang Jatus Kecamatan Long Kali Kabupaten Paser. Kegiatan silaturohim ini sering di lakukan oleh pengurus Dewan Pimpinan Pusat ke seluruh desa dan Kecamatan yang ada di Kabupaten Paser dan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) yang mana silaturohim ini bertujuan untuk mempererat dan memperkuat jalinan kekeluargaan antar pengurus Dewan Adat Benuo Paser (DABP).

Desa Belimbing

TENTANG KITA Lembaga Tinggi Adat Masyarakat Paser SAMBUTAN KETUA UMUM DEWAN PIMPINAN PUSAT (DPP) DEWAN ADAT BENUO PASER (DABP) PROVINSI KALIMANTAN TIMUR DALAM ACARA PENGUKUHAN DEWAN ADAT BENUO PASER DIGEDUNG AWA MANGKURUKU TANAH GROGOT TANGGAL 30 JANUARI 2008 Bismillaahirrohmaanirrohiim. Assalaamu 'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh Salam sejahtera untuk kita semua. Yth.Bapak Gubermur Kalimantan Timur Yth.Bapak Bupati Paser Yth.Bapak Plt Bupati Penajam Paser Utara Yth.Bapak Ketua / Wakil Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Paser Yth.Bapak Unsur Muspida Kabupaten Paser Yth.Bapak Sekretaris Daerah, Asisten serta Kepala Dinas / Lembaga Kabupaten Paser Yth.Ketua Lembaga Adat Kemasyarakatan Se Kabupaten Paser. Para hadirin undangan yang berbahagia. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas limpahan dan karunia-NYA, pada hari ini kita sekalian dapat hadir disini dalam keadaan sehat wal-afiat. Sungguh merupakan satu kebahagiaan bagi saya untuk dapat tampil dalam acara yang semegah ini. Untuk itu pada kesempatan ini perkenankanlah saya memaparkan sekilas keberadaan Dewan Adat Benuo Paser (DABP) sebagai lembaga baru yang bergerak dalam bidang sosial kemasyarakatan.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP), Dewan Adat Benuo Paser (DABP) Drs. Muhammad Asnawi (tengah) bersama Ketua Dewan Pimpinan Kecamatan (DPK) Purnawirawan TNI, Bapak Datik (kanan) bersilaturohim ke rumah Haji Singsing (kiri), Ketua Dewan Pimpinan Desa (DPD) Dewan Adat Benuo Paser (DABP) Desa Belimbing.

Perlu kita ketahui bersama bahwa kehadiran lembaga baru ini bukan bermaksud sebagai lembaga tandingan dengan lembaga-lemabaga lain yang telah dulu ada tetapi ini semata-mata atas tuntutan suara rakyat bahwa yang selama ini tidak / kurang banyak terlibat dalam proses pembangunan sehingga seakan-akan tuntutan dan aspirasinya tidak bakal terdengar seiring dengan hiruk pikuknya program pembangunan yang sedang gencargencarnya di lakukan oleh Pemerintah Kabupaten Paser. Hal ini tercermin dalam pigur-pigur pengurus yang semuanya terdiri dari unsur / tokoh - tokoh lokal dari desa yang bukan sarjana dan juga bukan pejabat tetapi dengan niat dan tekad yang tulus untuk melakukan perubahan kehidupan ke tingkat yang lebih baik sesuai dengan aturan dan tatanan Pemerintah. Perlu kami informasikan bahwa terbentuknya lembaga ini adalah secara spontan saat bertemunya beberapa tokoh lokal pada tanggal 14 Maret 2007. Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, hari itu terbentuk "Lembaga Tinggi Adat Masyarakat Paser" yang mana pembentukannya memperhatikan aturan-aturan seperti :

Silaturohim tetap harmonis dan erat antar pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dengan Dewan Pimpinan Kecamatan (DPK) serta Dewan Pimpinan Desa (DPD) dan itupun terlihat dari foto para pengurus Dewan Adat Benuo Paser (DABP) yang sedang membahas tentang kelestarian Adat dan seni budaya Paser.

13 | Dewan Adat Benuo Paser | website : www.dabp.info

a. Undang-Undang Nomor : 8 tahun 1985 Tentang Organisasi Kemasyarakatan b. Peraturan Pemerintah RI Nomor 18 tahun 1986 serta c. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 5 tahun 1986 Tentang ruang lingkup, tata cara pemberitahuan kepada Pemerintah serta kelengkapan organisasi, yang

semuanya sudah dapat kami penuhi dengan alamat tetap dan sekretariat Jl. Jendral Sudirman (Samping Pengadilan Negeri), Tanah Grogot dengan Akta Notaris tanggal 4 Mei 2007 Nomor : 01 dan sudah terdaftar di instansi terkait di tingkat Kecamatan, Kabupaten, dan Propinsi. Adapun maksud dan tujuan perkumpulan ini adalah : 1. Membentuk wadah berhimpun dan berkumpulnya warga masyarakat Paser dalam menyampaikan kehendak dan aspirasi masyarakat, guna memperoleh kesempatan dan persamaan hak untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Paser pada umumnya. 2. Membina dan melestarikan adat dan budaya Paser untuk mengembangkan khasanah budaya daerah. 3. Memberikan masukan dan bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Paser terhadap hal-hal yang bersifat positif untuk suksesnya pengembangan pembangunan daerah Paser. 4. Mengembangkan / meningkatkan sumber daya manusia (SDM) sebagai bagian dari Bangsa dan Negara RI yang maju dan modern dengan tetap menjunjung tinggi adat budaya dan tradisi yang di miliki dan siap pakai dalam ilmu dan teknologi (IPTEK). 5. Meningkatkan hubungan kerjasama dengan berbagai organisasi sosial lainnya yang ada di wilayah Kabupaten Paser. 6. Membangun dan meningkatkan ekonomi kerakyatan yang mandiri dan ikut serta menciptakan lapangan kerja baru dengan bekerja sama dengan Pemerintah, Swasta, dan badan usaha yang ada di wilayah Kabupaten Paser. Bapak / Ibu Hadirin Yang Terhormat, Pada kesempatan ini juga kami informasikan bahwa untuk keanggotaan sifatnya sangat terbuka untuk masyarakat

website : www.dabp.info | Dewan Adat Benuo Paser | 02


TENTANG KITA Lembaga Tinggi Adat Masyarakat Paser Paser yang tidak dibatasi masalah etnis dan suku karena hal itu nantinya bisa melahirkan kecemburuan dan diskriminasi kebijakan sehingga rasa keadilan seperti yang tertuang dalam UUD 45 dan Pancasila sebagai dasar negara. Sedangkan kepengurusan lembaga ini juga sudah dapat terbentuk di 10 kecamatan dengan rincian sebagai berikut :

Pembentukan Dewan Pimpinan Desa

masa depan daerah pada pemodal besar atau investor untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah. Pembangunan ekonomi daerah dengan bersinergi tersebut (rakyat bersama-sama dengan Pemerintah daerah) akan membentuk ekonomi rakyat yang mandiri dengan pertumbuhan ekonomi yang stabil, berkualitas, berkelanjutan serta mencerminkan nilai-nilai moral Pancasila.

Foto bersama Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Dewan Adat Benuo Paser (DABP) Bersama Kepala Desa dan masyarakat desa Belimbing saat pembentukan pengurus Dewan Pimpinan Desa (DPD)

Terbentuknya lembaga ini, sekaligus untuk menjawab tantangan dan menangkap peluang dari visi dan misi Bapak Bupati khususnya dalam hal pemberdayaan ekonomi kerakyatan dan program revitalisasi perkebunan yang sangat diharapkan dapat dijadikan sebagi solusi akhir dalam meningkatkan derajat hidup masyarakat tidak mampu terutama yang tidak mempunyai lahan dan modal. Dengan demikian saya percaya angka kemiskinan semakin kecil. Perlu kita sadari bahwa keterlibatan rakyat dalam pembangunan ekonomi di semua sektor menjadi faktor utama dalam pembangunan ekonomi rakyat. Jika perhatian Pemerintah lebih banyak diberikan pada investor yang datang sedangkan pemberdayaan rakyat menjadi tujuan sampingan maka bisa kita lihat ekonomi rakyat tidak akan berkembang seperti yang diinginkan. Contohnya Kabupaten Kutai Kartanegara yang mempunyai APBD terbesar di Indonesia ( Âą 4,5 Triliun) ternyata penduduk miskinnya masih mencapai 21,69 %. Indikasi ini meyakinkan kita bahwa mendatangkan investor dari luar perlu selektif dan kajian yang komprehensif terutama dampaknya bagi ekonomi rakyat dan lingkungan.

Bapak / Ibu Hadirin Yang Kami Hormati Demikian beberapa butir pemikiran dan penjelasan yang dapat kami sampaikan, kiranya dapat diketahui dan semoga bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih atas perhatiannya dan khususnya kepada - Bapak Gubernur Kalimantan Timur - Bapak Bupati Paser - Bapak Kepala Kantor Kesbanglinmas Atas segala bantuan dan bimbingannya selama ini. Wassalaamu' alaikum warohmatullaahi wabarokaatuh.

Ketua Umum DPP - DABP Provinsi Kalimantan Timur

Drs. M. Asnawi

Rakyat sebagai subyek pembangunan dan adanya keberpihakan Pemerintah pada rakyat merupakan kolaborasi ideal dalam mewujudkan perekonomian yang berkeadilan. Oleh karena itu. Pemerintah Kabupaten Paser tidak perlu melakukan kesalahan yang sama yaitu menggantungkan

03 | Dewan Adat Benuo Paser | website : www.dabp.info

Dewan Pimpinan Kecamatan (DPK) Dewan Adat Benuo Paser (DABP) Bapak (Purnawirawan TNI) Datik, menyerahkan amanah kepada Bapak Haji Singsing mantan Kepala Desa Belimbing sebagai Ketua Dewan Pimpinan Desa (DPD) Dewan Adat Benuo Paser (DABP) Belimbing di saksikan oleh Kepala Desa Belimbing dan Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Dewan Adat Benuo Paser Propinsi Kalimantan Timur Bapak Drs. Muhammad Asnawi di saksikan oleh masyarakat desa Belimbing. Dan untuk di ketahui pula bahwa Dewan Adat Benuo Paser (DABP) sudah terbentuk Pengurus Dewan Pimpinan Desa (DPD) Dewan Adat Benuo Paser (DABP) di tingkat desa-desa dan Kecamatan di wilayah Kabupaten Paser dan berdasarkan Surat Keputusan yang di keluarkan oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Dewan Adat Benuo Paser (DABP) Propinsi Kalimantan Timur.

website : www.dabp.info | Dewan Adat Benuo Paser | 12


DABP Bertemu Gubernur Kaltim

TENTANG KITA Lembaga Tinggi Adat Masyarakat Paser MAKNA LAMBANG DEWAN ADAT BENUO PASER

Kunjungan Kerja Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Dewan Adat Benuo Paser (DABP) ke Kantor Gubernur Kalimantan Timur Bertemu Bapak Yurnalis Ngayoh

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP), Dewam Adat Benuo Paser (DABP), Drs. M. Asnawi bersama romobongan sedang berdialog bersama Gubernur Kalimantan Timur, Yurnalis Ngayoh bersama staffnya di Kantor Gubernur Samarinda dalam rangka silaturohim dan berdiskusi tentang Adat dan seni budaya dan tentang berdirinya Lembaga Tinggi Adat Masyarakat Paser di Kabupaten Paser Propinsi Kalimantan Timur.

11 | Dewan Adat Benuo Paser | website : www.dabp.info

website : www.dabp.info | Dewan Adat Benuo Paser | 04


TENTANG KITA Lembaga Tinggi Adat Masyarakat Paser

PENGUKUHAN

Dewan Adat Benuo Paser

VISI DAN MISI DEWAN ADAT BENUO PASER (DABP) VISI Dengan keberadaan Dewan Adat Benuo Paser, kita tingkatkan Persaudaraan dan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk menggali dan memanfaat potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD), untuk memajukan masyarakat Kabupaten Paser. Menjunjung tinggi Persaudaraan dalam membangun Kabupaten Paser yang maju dan Berbudaya MISI Memberikan sumbang saran dalam pelaksanaan pembangunan diberbagai bidang. Wadah untuk mengembangkan aspek kehidupan yang berwawasan luas dan modern.

TUJUAN DIBENTUKNYA DEWAN ADAT BENUO PASER (DABP) 1. Sebagai sarana atau wadah untuk menampung dan menyampaikan aspirasi masyarakat adat khususnya dan masyarkat Kabupaten Paser pada umumnya untuk diteruskan dan disampaikan kepada Pemerintah, swasta atau kepada pihak-pihak lainnya yang dianggap berkompeten dengan persoalan atau permasalahan masyarakat tersebut.

Kapolresta Paser, Dan Dim dan Ka. PN menerima seragam khas batik Dewan Adat Benuo Paser

2. Berupaya untuk mengangkat kembali nilai-nilai tradisi adat dan budaya serta kesenian tradisional daerah Paser yang dirasakan tenggelam akibat perkembangan zaman di era modernisasi saat ini. Sehingga terlupakan dan tertinggal. Sementara didaerah lain dengan semangatnya untuk membangkitkan kembali adat, budaya dan kesenian daerah sebagai salah andalan objek wisata dan sebagai asset daerah agar dapat dikenal oleh semua orang dan bahkan sampai kepada pentas atau even-even nasional dan internasional. 3. Dewan Adat Benuo Paser (DABP) akan berusaha untuk melakukan hubungan kemitraan dengan Pemerintah, Swasta dan pihak lainnya dari segala aspek pembangunan untuk menuju kepada masyarakat yang berguna dan berdaya guna serta tidak hanya menjadi penonton atau pasif di daerah sendiri, dengan cara saling menguntungkan kepada semua pihak. 4

Dewan Adat Benuo Paser (DABP) berupaya membantu pemerintah dalam hal melaksanakan daerah Paser secara merata, sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh semua pihak dan khususnya masyarakat adat dan masyarakat lain pada umumnya di Kabupaten Paser. Dan dalam pelakasanaannya sudah barang tentu kita harus ikut berperan aktif dalam segala bidang pembangunan untuk turut serta dalam melakukan fungsi kontrol sosial terhadap semua aspek, sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Dewan Adat Benuo Paser (DABP) yang kita wujudkan secara bersama - sama dengan harapan agar pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Paser dapat berjalan dan terlaksana dengan baik dan sesuai dengan harapan kita bersama.

Selanjutnya tujuan Dewan Adat Benuo Paser (DABP) yang lebih penting adalah sebagai bentuk mempererat tali silaturahmi sesama umat beragama dan antar masyarakat satu dengan lainnya, sehingga akan terjalin komunikasi yang harmonis diantara satu dengan lainnya, di Kabupaten Paser dan akan tercipta satu suasana yang kondusif bagi kita semua.

Bupati Paser, Kapolres, Dan Dim dan Kepala Pengadilan Negeri Paser hadir acara pengukuhan

05 | Dewan Adat Benuo Paser | website : www.dabp.info

website : www.dabp.info | Dewan Adat Benuo Paser | 10


PENGUKUHAN

Dewan Adat Benuo Paser

TENTANG KITA Lembaga Tinggi Adat Masyarakat Paser

Bupati Paser : HM Ridwan Suwidi | Gubernur Kaltim : Yurnalis Ngayoh |

Ketua Umum : Drs. M. Asnawi

Memberikan kata sambutan saat pengukuhan Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP), Dewan Adat Benuo Paser (DABP) Propinsi Kalimantan Timur di Gedung Awa Mangkuruku Tana Paser tahun 2008.

Keanggotaan Dewan Adat Benuo Paser KEANGGOTAAN Setiap Masyarakat Paser berhak menjadi anggota dan terbuka untuk Etnis atau suku-suku lainnya untuk bersatu membangun Benuo Paser dan tidak terbatas usia. Setiap anggota akan diberikan kartu identitas atau Kartu Tanda Anggota (KTA). Setiap anggota patuh dan taat sebagaimana yang diatur dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga yang telah ditetapkan pada Musyawarah Besar.

KEWAJIBAN ANGGOTA

Gubernur Kaltim, Yurnalis Ngayoh menerima cinderamata khas Paser dari Ketua Umum DABP

1. Mentaati Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Dewan Adat Benuo Paser (DABP) dan seluruh Keputusan Musyawarah besar (MUBES). 2. Patuh dan taat serta disiplin dalam menjalankan tugas yang menjadi tanggung jawab yang diberikan kepadanya. 3. Menjunjung tinggi Dewan Adat Benuo Paser (DABP) dan nama baik serta menentang upaya-upaya yang dapat merugikan/pencemaran nama baik dengan cara berahlak. 4. Menggalang Persatuan dan Kesatuan serta solidaritas yang tinggi diantara sesama anggota.

SETIAP ANGGOTA DABP DILARANG 1. Melakukan tindakan Anarkis baik dalam forum maupun diluar forum yang berkaitan dengan tata tertib Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga.

Bupati Paser, HM. Ridwan Suwidi juga menerima cinderamata khas Paser

2. Mencemarkan nama baik Dewan Adat Benuo Paser. 3. Memberikan informasi atau bocoran yang bersifat rahasia kepada orang yang tidak bertanggung jawab sehingga menimbulkan kerugian,kerusakan bagi Dewan Adat Benuo Paser

ANGGOTA DABP TERDIRI DARI : Anggota Biasa adalah : Pengurus dan Anggota Pengurus Dewan Adat Benuo Paser (DABP) yang siap mengabdikan diri, tenaga dan pikiran untuk kemajuan Dewan Adat Benuo Paser.

Dewan Pimpinan Pusat Drs. M. Asnawi bersama Gubernur dan Bupati Paser serta Muspida

09 | Dewan Adat Benuo Paser | website : www.dabp.info

Anggota Kehormatan adalah : Seseorang yang ditunjuk oleh Dewan Adat Benuo Paser (DABP) dan sesepuh Adat yang dianggap banyak membantu / berjasa dalam Dewan Adat Benuo Paser

website : www.dabp.info | Dewan Adat Benuo Paser | 06


PENGUKUHAN

Dewan Adat Benuo Paser

Gubernur KALTIM, Yurnalis Ngayoh, mengukuhkan Drs. M. Asnawi sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Dewan Adat Benuo Paser Propinsi Kalimantan Timur

PENGUKUHAN

Dewan Adat Benuo Paser

Pengurus Dewan Adat Benuo Paser (DABP) di kukuhkan oleh Gubernur dan Bupati Paser

Bupati Paser HM. Ridwan Suwidi, mengukuhkan Pengurus Dewan Pimpinan Pusat Dewan Adat Benuo Pasert

07 | Dewan Adat Benuo Paser | website : www.dabp.info

website : www.dabp.info | Dewan Adat Benuo Paser | 08

Buletin Dewan Adat Benuo Paser - DABP  

Dewan Adat Benuo Paser telah dibentuk pada tanggal 14 Maret 2007, sebagai pionir (pendiri) Bapak Drs. M. Asnawi dan pekerjaan beliau adalah...

Advertisement