Page 1

PRESS RELEASE

PT PELABUHAN INDONESIA I (PERSERO)

Medan, 4 Februari 2013

Tahun 2012, Pelindo I telah Salurkan Rp.13,6 Milyar Dana Kemitraan dan Rp. 2 Milyar Dana Bina Lingkungan Sebagai salah satu perusahaan BUMN yang bergerak dalam jasa kepelabuhanan, PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau biasa dikenal Pelindo I memiliki dua tanggung jawab besar. Selain untuk meningkatkan profit dalam rangka meningkatkan perekonomian negara, Pelindo I juga mempunyai tanggung jawab sosial dan lingkungan terhadap wilayah sekitar operasionalnya. Hal ini diwujudkan dalam bentuk pelaksanaan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL). Selama tahun 2012, Pelindo I telah menyalurkan dana Program Kemitraan sebesar Rp.13, 6 milyar dan dana Bina Lingkungan sebesar Rp. 2 milyar. Hal ini diungkapkan oleh ACS Humas Pelindo I, M. Eriansyah, Senin (4/2) dalam siaran persnya. “Dana program Kemitraan disalurkan ke UKM-UKM Mitra Binaan yang bertujuan untuk mendorong kegiatan dan pertumbuhan ekonomi, terciptanya lapangan kerja serta kesempatan berusaha untuk masyarakat. Sedangkan Program Bina Lingkungan mempunyai tujuan untuk memberdayakan dan mengembangkan kondisi sosial masyarakat dan lingkungan sekitar wilayah usaha Pelindo I,” kata Eriansyah. Eriansyah menjelaskan bahwa selama tahun 2012, dana Program Kemitraan disalurkan secara bergulir kepada 253 Mitra Binaan yang tersebar di seluruh wilayah operasional Pelindo I yang meliputi empat provinsi yakni Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau Daratan dan Riau Kepulauan. Sektor yang mendapat kucuran dana paling banyak adalah sektor Perdagangan, lebih dari Rp. 8 milyar dan sektor-sektor yang lain seperti Jasa, Industri, Pertanian, Peternakan, Perkebunan, perikanan, dll. “Kami tidak hanya memberikan pinjaman modal usaha, tetapi secara rutin memberikan pembinaan dalam bentuk pelatihan, pengembangan pemasaran dan menyertakan mitra binaan mengikuti pameran berskala nasional,” kata Eriansyah. Eriansyah menegaskan bahwa Pelindo I berkomitmen kuat dalam melaksanakan PKBL karena merupakan bentuk komitmen tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya mitra binaan Pelindo I telah menjadi pengusaha yang mandiri dan tangguh, hal in terbukti dengan pesatnya perkembangan usaha mereka. Aktivitas pemasaran mereka, tidak hanya menjangkau pasar dalam negeri tetapi juga merambah ke luar negeri. Keberhasilan PKBL Pelindo I dalam mengelola para mitra binaan juga terlihat dengan berbagai penghargaan yang diperoleh. Penghargaan yang didapat untuk Program Kemitraan antara lain adalah seperti UKM milik Poniran, pengusaha dendeng Sotong dan pemilik PD Adi Anugrah Food Industry memperoleh UMKM Award tahun 2011 dari Sindo, sebelumnya memperoleh penghargaan PKBL Award 2010 dari Pemerintah pada acara Gelar Karya PKBL BUMN Tahun 2010. Sebelumnya, pada tahun 2009, Poniran mendapat piagam perhargaan Upakarti dari Presiden Republik Indonesia. Poniran juga meraih Piagam Kualitas dan Produktifitas Rakamakarya tahun 2009 yang diserahkan oleh Wakil Presiden.


PRESS RELEASE

PT PELABUHAN INDONESIA I (PERSERO)

Terkait dengan penyaluran dana Bina Lingkungan, Eriansyah menjelaskan bahwa dana Bina Lingkungan paling tinggi disalurkan untuk bantuan Pendidikan dan atau Pelatihan yang mencapai Rp.468 juta lebih. “Pada tahun 2012, kami mempunyai program penyaluran beasiswa kepada 227 siswa berprestasi SD, SMP dan SMA yang tersebar hampir di seluruh wilayah operasional Pelindo I”, jelas Eriansyah. Eriansyah menambahkan bahwa dana Bina Lingkungan ini juga disalurkan untuk bantuan korban bencana alam seperti kebakaran yang pernah terjadi di Belawan; peningkatan kesehatan seperti pemberian ambulans di Dumai; bantuan pengembangan sarana dan prasarana umum seperti pembangunan MCK di Tanjungpinang, Tanjung Balai Karimun, dan Belawan; bantuan pembangunan sarana ibadah seperti pembangunan masjid dan gereja dan bantuan pelestarian alam seperti penanaman pohon mahoni, tanjung, waru, ketapang dan mangrove di seluruh wilayah operasional Pelindo I. “Dana Bina Lingkungan ini juga kami wujudkan dalam bentuk pelaksanaan Pasar Murah yang biasanya dilaksanakan menjelang perayaan Lebaran atau Natal,” kata Eriansyah. Penyaluran dana PKBL ini berdasarkan Peraturan Menteri Negara BUMN No: Per-05/MBU/2007 tanggal 27 April 2007 tentang Program Kemitraan BUMN dengan Usaha Kecil dan Program Bina Lingkungan. Eriansyah menegaskan bahwa Pelindo I akan terus berusaha meningkatkan realisasi PKBL untuk memberi kontribusi positif ke Negara terutama masyarakat di lingkungan sekitar perusahaan. “Melalui PKBL, kami berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tegas Eriansyah.

Selesai Tentang PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I adalah salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengelola jasa kepelabuhanan di Indonesia bagian barat. Pelindo I berkantor pusat di Medan dan memiliki wilayah operasi di 4 provinsi yang meliputi Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau daratan dan Riau Kepulauan, serta mengelola 12 cabang pelabuhan, dan mengelola empat unit usaha yaitu BICT (Belawan International Container Terminal), BLC (Belawan Logistic Center), UGK (Unit Usaha Galangan Kapal) dan RSPM (Rumah Sakit Pelabuhan Medan). Pelayanan Pelindo I meliputi pelayanan kapal, pelayanan barang, pelayanan penumpang dan jasa kepelabuhanan lainnya. Pelindo I mempunyai lokasi strategis di Selat Malaka, yang merupakan selat tersibuk dalam lalu lintas perdagangan dunia. Saat ini Pelindo I dalam upaya meningkatkan produktivitas pelayanan secara terus menerus dengan menambahkan alat dan perpanjangan dermaga sehingga untuk meningkatkan produktivitas lebih efektif dan efisien. Pengembangan secara kontinu ini juga untuk mendukung suksesnya program pemerintah MP3EI (Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan) Indonesia barat untuk menciptakan Konektivitas Nasional dan kelancaran Sistem Logistik Nsional) Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi: Humas Pelindo I M. Eriansyah meriansyah@yahoo.com

1_-pelindo-i-release-pkbl-2012-4-februari-2013-net-pak-eri