Issuu on Google+

Rp. 3.750

Rabu 23.04.2014

50

F-Cecep Mulyana/Batam Pos

PESERTA cabang Syarhil Quran yang akan bertanding di MTQ Nasional digembleng di Asrama Haji, kemarin.

Setiap Hari Digembleng di Training Centre BATAM (BP) - Para peserta Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional dari Kafilah Kepri mulai digembleng di Training Centre Asrama Haji, Batam Centre, sejak beberapa hari lalu. Ada 42 peserta inti dan tujuh peserta potensial yang akan mengikuti tujuh cabang yang dipertandingkan. Mereka berlatih setiap hari. Seperti Selasa (22/4) siang, kemarin misalnya. Tiga dara berjilbab berdiri di teras masjid. Ketiganya menghadap ke arah yang sama. Ke arah dua pria berpeci putih. Di antara mereka, kertaskertas berserak di lantai. Ketiga dara itu bergantian bersuara. Ada yang berceramah, ada yang membaca ayat suci Alquran, dan ada juga yang membalas dengan terjemahan. Saat bersuara, pandangan mereka pun ikut bergantian. Kadang menatap lurus ke depan, kadang menunduk ke bawah menatap kertas. Kadang kala menatap ke arah pria berpeci sambil tertawa nyengir saat lidah mereka keseleo.

 Baca Setiap ...Hal 4

F Dalil Harahap/Batam Pos

ANGGOTA KPU Batam membacakan hasil pleno surat suara di kecamatan-kecamatan di depan para saksi partai, Selasa (24/4). Rapat di KPU tersebut berlangsung sampai tadi pagi.

Suara Surya Sardi Membengkak

Surat Suara Bengkong Dihitung Ulang

GALIH-HAMID, Batam apat pleno rekapitulasi su­ ara di KPU Batam, Selasa (22/4) kemarin, yang awalnya lancar tanpa masalah, tiba-tiba memanas. Pe­nye­ babnya, suara Ketua DPRD Batam Surya Sardi di Kecamatan Beng­ kong membengkak. Jika di pleno Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) Bengkong Surya memper-

R

Saya sangat setuju dengan pernya­ taan yang mengatakan bahwa ben­tuk bersyukur yang paling baik adalah dengan kerja keras.

Pimpro e-KTP Jadi Tersangka KPK akan Jerat Pejabat Kemendagri Lain

JAKARTA (BP) - Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi tampaknya perlu meralat pernyataannya yang menyatakan tidak ada korupsi dalam pengadaan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP). Sebab Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kemarin secara resmi menetapkan pejabat di Kemendagri sebagai tersangka. Pejabat itu ialah Sugiharto, selaku pejabat pembuat komitmen (PPK) atau pimpinan proyek e-KTP. Dia sehari-hari juga menjabat sebagai Direktur Pengelolaan Informasi dan Administrasi Kependudukan Direktorat Ke­ pendudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil). ”Setelah melakukan proses penyelidikan KPK menemukan dua alat bukti yang cukup untuk menyimpulkan adanya dugaan tindak pidana korupsi pada pengadaan e-KTP yang mengguna­ kan anggaran 2011-2012,” ujar Juru Bicara KPK, Johan Budi.

 Baca Pimpro...Hal 4

oase

Mencoba Jack Ma, pendiri Perusahaan e-commerce raksasa asal Tiongkok, Alibaba, memberi bukti tentang pentingnya mencoba. Dia awalnya hanya seorang guru bahasa inggris sebelum terjun ke bisnis internet. Keluarganya menentang. Namun, dia ingin terjun ke dunia bisnis dan mencobanya. “Tidak peduli gagal atau sukses, pengalaman ini ialah bentuk kesuk­sesan itu sendiri,” katanya. Dan Jack Ma benar, tahun lalu perusahaannya memiliki laba sekitar Rp 6,5 triliun. (med)

16 Buah Bibir

Raisa

Ramah Membuatnya Sukses

oleh 1.576 suara, saat dibacakan di KPU suaranya membengkak jadi 1.626 suara. Perubahan suara itu diprotes Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Batam Suryadi Prabu. Suryadi menyatakan keberatan karena perolehan suara yang dibacakan KPU Batam, tak sesuai dengan hasil yang dipegang Panwaslu Batam. Ketua KPU Batam M Syahdan akhirnya memutuskan

surat suara di Kecamatan Bengkong untuk DPRD Batam akan dihitung ulang hari ini. Memanasnya rekapitulasi itu dimulai saat anggota KPU Batam Yudi Kornelis membacakan rekapitulasi suara dari Kecamatan Bengkong. Saat membaca perolehan surat suara untuk Partai Demokrat, tak ada protes untuk tingkat DPR RI, Demokrat memperoleh suara sebanyak 4.833.

Yang jadi acuan adalah hasil dari penghitungan ulang surat suara. Suryadi Prabu Ketua Panwaslu Batam

Protes mulai ada saat pembacaan suara Demokrat untuk DPRD Kepri dengan total 5.530 suara. Di sinilah interupsi muncul. Panwaslu Batam menyela karena Surya Makmur Nasution, caleg nomor 1 Demokrat mendapatkan suara sebanyak 2.939. Padahal, data di Panwaslu dan didukung data saksi, Surya Makmur hanya mendapat 1.617 suara.

 Baca Suara...Hal 4

Perang Bintang, Adu Strategi Tingkat Tinggi MADRID (BP) - Banyak kalangan meyakini bahwa Real Madrid dan Bayern Muenchen sesungguhnya lebih pas bertemu pada final Liga Champions di Estadio do Sport, Lisbon, Portugal, 24 Mei mendatang. Sayang, hal itu tidak kesampaian. Dua tim dengan koleksi 14 gelar juara Liga Champions tersebut harus bentrok di semifinal. Leg pertama akan berlangsung di Santiago Bernabeu dini hari nanti (Siaran langsung SCTV/Orange TV pukul 01.45 WIB). Laga itu memberikan gambaran siapa yang lebih layak melenggang ke final. Real sangat tangguh di kandang. Tim besutan Carlo Ancelotti itu tidak terkalahkan dalam 17 laga home di pentas Eropa (15 kali menang dan 2 kali seri). Di sisi lain, rekor tandang Bayern tidak jelek-jelak amat. Tim berjuluk FC Hollywood itu menghajar rival Real, Barcelona, 3-0 di Nou Camp pada semifinal musim lalu.

dua pelatih papan atas dunia; Ancelotti di kubu Real dan Pep Guardiola di pihak Bayern. Keduanya dikenal sebagai pelatih yang kaya strategi. “Kami a­kan

Bayern memiliki rekor 6 kali menang, 5 kali seri, dan 10 kali kalah dalam lawatan ke markas klub Spanyol. Materi pe­ ma­­in yang berimbang membuat duel Real kontra Ba­ yern dijamin seru. Sangat menarik me­nantikan perang strategi

VS

5 1

Ramos

3

Modric

14 Alonso

D. Carvajal

2

8

Robben

Martinez

22 Di Maria

9 Benzema

01.45 WIB

9 Mandzukic

1

1 17 Neuer Boateng

31

Kroos

Schweinsteiger

27 Alaba

7

11

3

4 Dante

39

Ribery

Bale

Pelatih Carlo Ancelotti

4

Ronaldo

Lahm

10

7

19

Pepe

15

21

Coentrao

4

Casillas

mengha­ dapi tim yang sangat kuat. Me­reka (Bayern) telah

Stadion: Santiago Bernabeu, Madrid Wasit: Howard Webb (Inggris

Pelatih Pep Guardiola h

ta s: Fa grafi

4

2

3

memenangi li­ga bulan lalu. Tidak salah bila kami tidak menjadi favorit dalam laga ini,” kata Ancelotti dalam akun Twitter Real. Kubu Real menyadari bahwa Bayern bukan tim yang mudah dijinakkan. Sentuhan tangan dingin Guardiola membuat klub raksasa Jerman itu semakin menakutkan. ”Kami harus bermain sempurna. Kami harus tahu bagaimana bertahan, menyerang, dan menguasai bola,” ujar gelandang Real Xabi Alonso. Sementara itu, kubu Bayern melakukan persiapan khusus menjelang away ke Madrid. Setelah mengunci gelar juara Bundesliga bulan lalu, performa Bayern di liga domestik cenderung labil. Salah satu contohnya, mereka dipukul Borussia Dortmund 0-3. Tugas berat Guardiola ialah mengembalikan fokus pemainnya.

 Baca Perang...Hal 4

1

Warsito Sanyoto, Pengacara Langka Spesialis Kejahatan Asuransi

Tangani Rekayasa Kapal Tenggelam hingga Kematian Palsu Profesi insurance investigator yang dilakoni Warsito Sanyoto tergolong langka di Indonesia. Selain berisiko tinggi, profesi ini tergolong mahal. Dalam mengungkap kasus, Warsito perlu peralatan canggih serta beberapa “detektif”. Ratusan kasus kejahatan asuransi pernah ditangani Warsito. SEKARING RATRI, Jakarta Rumah Warsito Sanyoto di kawasan Taman Radio Dalam, Jakarta, memang terkesan mewah. Rumah bergaya Italia tersebut dipenuhi beragam perabot khas negeri pizza. Meski begitu, pria asli Solo, Jawa Tengah, itu tetap tidak bisa melupakan tanah kelahirannya. Dia memberikan sentuhan Jawa dalam dekorasi rumahnya. Misalnya, ada ukiran Jepara dan Kudus yang menghiasi rumah pengacara 69 tahun tersebut.

redaksi@batampos.co.id

f.jpnn

WARSITO Sanyoto berpose di samping patung kuda di rumahnya di kawasan Taman Radio Dalam, Jakarta.

”Saya memang suka dengan apa pun yang bergaya Italia, tapi saya juga selalu menyelipkan beberapa dekorasi Jawa,”

ujar Warsito saat ditemui pekan lalu. Yang juga menarik, hampir di setiap sudut rumahnya terdapat patung macan. Warna

http://twitter.com/batampos

merah dan emas mendominasi cat ruanganruangannya. Menurut pria kelahiran 9 Desember itu, warna merah-emas serta keberadaan patung macan itu mencerminkan karakter dan kepribadiannya. ”Merah kan berani. Kalau macan, garang. Keduanya mewakili karakter saya,” katanya lantas terbahak. Selain pengacara, Warsito adalah insurance investigator atau insurance advisor. Profesi itu tergolong langka di Indonesia. Sebagai insurance investigator, dia secara khusus menangani kasus-kasus kejahatan asuransi. Biasanya dia disewa perusahaan-perusahaan asuransi untuk menyelidiki ada tidaknya rekayasa dalam klaim yang diajukan klien. ”Tugas saya menyelidiki kejadian-kejadian yang dituntut oleh klien atau tertanggung, apakah kejadian itu murni kecelakaan atau hasil rekayasa. Kalau saya merekomendasikan murni kecelakaan, perusahaan asurasi wajib membayar klaim.

 Baca Tangani...Hal 4


OPINI

2

Batam Pos, Rabu 23 April 2014

Tajuk

PEMILU

PELAKSANAAN sistem proposional terbuka pada pemilihan legislatif 2014 ini telah memicu pertarungan antar-individu calon legislatif, baik secara vertikal maupun horizontal. Tidak lagi istilah teman satu partai atau kolega. Semuanya bersaing ketat dengan menggunakan segala cara demi mendapatkan kursi di dewan. Persaingan yang terbuka ini membuat banyak caleg menggunakan berbagai cara curang untuk menang. Mulai dari politik uang, serangan fajar, mengakali daftar pemilih tetap (DPT), kongaklingkong den-

Sistem Pemilu Gladiator gan KPPS untuk mengubah form C1, hingga “menyiram” para penyelenggara pemilu mulai dari tingkat bawah sampai atas. Tak ubahnya pertarungan hidup mati, setiap individu punya kepentingan masingmasing. Tidak ada kepentingan partai. Parpol hanya sebagai pengantar untuk menjadi caleg. Setelah itu bertarung masing-masing. Tidak ada jabatan yang berperan, tapi pemilih yang berperan. Sistem pemilu sekarang sudah seperti gladiator, saling bersaing antarpersonal. Pertarungan yang cukup kejam ini tak hanya di tingkat DPR tapi hingga DPRD kota/kabupaten. Modus yang dilakukan

pun seragam, tinggal menghitung kekuatan uang sebagai tolok ukurnya. Masyarakat pun seakan ikut membuat sistem pemilu ini menjadi kejam. Banyak warga yang terangterangan menerima serangan fajar dan rela dibayar untuk memilih. Padahal dengan politik uang, masyarakat juga menciptakan anggota dewan bermental korup. Bagaimana tidak, bila mereka terpilih tentulah anggota dewan tersebut akan berupaya mengembalikan “modal kampanyenya”. Namun bagi sebagian warga tanpa menyuap mereka pun banyak anggota dewan terjerat kasus korupsi. Masyarakat pun jadi apatis.

Tak hanya masyarakat permainan kotor juga menerpa oknum penyelenggara pemilu mulai dari tingkat TPS, PPS, PPK hingga KPU. Caleg yang bertarung habis-habisan juga menggoda penyelanggara pemilu dengan imbalan uang. Tentu tak mudah menjaga kredibilitas para penyelenggara yang hanya menerima gaji ala kadarnya tersebut. Sungguh menyedihkan bila bangsa ini akhirnya menciptkaan anggota dewan sebagai perwakilan dari masyarakat yang memperoleh kedudukan melalui jalan dengan cara menyuap. Lalu mau dibawa ke mana bangsa ini? Hanya kitalah sebagai rakyat yang bisa menjawabnya. ***

Toko Buku 171

Judul : Kartini Sebuah Biografi Penulis : Sitisoemandari Soeroto dan Myrtha Soeroto Tebal Buku : 450 Penerbit : Myrtle Publishing Harga : Rp 110. 000

SINOPSIS

Pemimpin Pilihan Dewasa ini tidak sedikit yang mau menjadi pemimpin, tetapi sangat sedikit bahkan bisa dikatakan minus yang mampu untuk menjadi pemimpin. Jika semua ingin memimpin lantas siapa yang akan dipimpin? Padahal yang dibutuhkan negeri ini adalah orang yang mau sekaligus mampu menjadi pemimpin. Hampir semua pihak mengatasnamakan panggilan rakyat kemudian maju mencalonkan diri sebagai pemimpin bangsa ini. Alasan seperti ini belum tentu benar-benar terlepas dari ambisi pribadi dan tujuan eksistensi partai yang selama ini sudah lama menaungi. Sementara, rakyat butuh pemimpin yang memiliki aksi nyata bukan sekadar janji-janji yang bebas diumbar di setiap mimbar. Belajar dari Kisah Telur Columbus Suatu malam, Christopher Colombus diundang ke acara jamuan makan. Dalam undangan itu, ia akan mendapat penghargaan dari Kerajaan Spanyol atas penemuannya terhadap “dunia baru” Benua Amerika. Meskipun demikian banyak yang mencibir bahwa penemuan Colombus tidak sengaja. Kenyataannya memang Colombus tidak sengaja menemukan Benua Amerika, karena sebenarnya ia mencari jalur menuju Benua Asia. Cibiran itu pun berlanjut pada cemoohan bahwa siapa pun bisa melakukan apa yang dilakukan Colombus. Colombus pun menghadapi cibiran dan cemoohan tersebut dengan memberikan tantangan kepada semua orang yang hadir untuk bisa memberdirikan telur rebus di atas meja tanpa bantuan apa-apa, dan semua gagal. Mereka menyerah dan mengembalikan tantangan kepada Columbus. Akhirnya Colombus mengambil telur tersebut dan memecahkannya sedikit kemudian meratakan bagian bawah telur sehingga rata dan bisa diberdirikan. Spontan para hadirin protes dan lagi-lagi mereka mencibir bahwa siapa pun bisa melakukan apa yang dilakukan Colombus. Lalu Columbus menanggapi cibiran mereka dengan mempertanyakan mengapa mereka tidak melakukannya. Menurut Columbus, banyak orang bisa melakukan hal yang sama dengannya hanya karena mereka sudah ditunjukkan caranya. Kisah telur Columbus di atas menjadi kisah inspiratif di mana-mana bahkan ada yang membuat monumen telur Columbus di Spanyol. Melalui kisah ini bisa dijadikan pelajaran terhadap semua orang bahwa umumnya orang bisa dengan mudah mengatakan bisa melakukan hal yang sama ketika sudah melihat hasil kerja orang lain. Padahal mereka berkata seperti itu karena sudah melihat cara untuk mencapai hasil kerja tersebut. Paradigma seperti ini yang kemudian dikembangkan oleh para calon pemimpin negeri ini.

KartOp

Atas dalih mencari simpati mereka bebas mencaci-maki lawan politiknya dengan mencari sela-sela yang dapat dicela, yang tidak mencela pun belum tentu bebas dari cela. Mencari Teladan bukan Komplotan Arena politik tidak selalu identik dengan keutuhan sosok secara purna. Di balik seorang sosok masih ada variabel-variabel yang turut serta melabelinya untuk membentuk sebuah citra. Tidak dipungkiri bila akhir-akhir ini terjadi pencomotan sanasini untuk menggalang kekuatan politik. Hal ini bisa tampak dari berbagai politisasi yang tengah terjadi. Agama dijadikan partai, partai dijadikan agama. Keduanya sudah hampir tidak ada bedanya. Hal yang lebih ekstrim lagi yaitu pengultusan individu sebagai sosok yang tidak hanya dituankan bahkan juga dituhankan. Masyarakat yang awam terhadap dunia politik selain apatis, mereka juga pesimis kepada berbagai kandidat yang seharusnya mampu memangku mandat dengan penuh amanat. Seni permainan politik dapat mengubah yang cacat menjadi sempurna yang sempurna menjadi cacat. Sosok yang biasa-biasa saja bisa dengan mudah direka menjadi sosok yang luar biasa. Perekaan seorang tokoh bisa saja melaui media lisan maupun tulisan. Tidak dipungkiri bahwa media memiliki berbagai kepentingan dan tujuan. Masyarakat harus cerdas menyikapi media, apalagi jika terkait dengan isu kepentingan. Perekaan ini harus dipahami betul oleh masyarakat, agar tidak terjadi kesalahan dalam mencari sosok pemimpin negeri. Terlepas dari latar belakang partai yang menaungi, seorang calon pemimpin harus bisa dilihat secara menyeluruh kesatuan dirinya dengan segala karakter yang ada dalam pribadinya. Pekerjaan rumah bagi seluruh lapisan masyarakat adalah mencari sosok teladan bukan mencari sosok bentukkan dari komplotan yang mengatasnamakan diri sebagai partai politik. Pemimpin Itu Memutuskan bukan Diputuskan Keputusan yang diambil oleh pemimpin negeri ini berdampak kepada seluruh masyarakat tanpa kecuali. Hal ini menegaskan bahwa seorang pemimpin harus tepat dalam memilih dan memilah setiap kebijakan demi kesejahteraan rakyatnya. Sebagai sosok pilihan, pemimpin tentu berbeda dari sosok lainnya yang tidak terpilih. Hal ini bukan berarti bahwa pemimpin harus dibedakan perlakuannya, diistimewakan, diagung-agungkan, sehingga yang terjadi hanyalah pemenuhan fasilitas berlebihan yang justru membuat kinerjanya jauh dari integritas. Pemenuhan hak memang penting, tetapi pelaksan-

aan kewajiban jauh lebih penting. Kesalahan dalam memilih pemimpin akan berdampak pula pada kesalahan terhadap yang dipimpin. Pemimpin yang berangkat dari bentukan tidak menutup kemungkinan akan selalu menerima dikte dari pembentuknya. Jika sudah seperti itu, pemimpin sudah kehilangan ruh kepemimpinannya. Awali dengan Informasi yang Valid Hampir setiap orang mendapat informasi silih berganti tanpa permisi. Meskipun informasi yang ada tidak akurat seratus persen, produksi dan konsumsi informasi akan terus terjadi. Kabar yang tidak semuanya benar akan terus beredar di masyarakat. Jaminan terhadap informasi yang akurat pada sebuah kabar juga sering kali hambar. Banyak perangkat yang diperlukan untuk bisa mendapatkan informasi yang valid. Kelihaian dalam menyaring informasi tersebut yang kemudian menjadi alat seleksi manusia di era digital ini. Kemampuan mengolah data dan fakta tidak bisa didapatkan secara instan. Semua hanya dapat dilakukan secara simultan dan berkelanjutan. Ironisnya yang terjadi dewasa ini justru banyak generasi tua yang tidak pantas menjadi teladan bagi generasi muda justru tampil di muka. Jika pun ada generasi tua yang pantas menjadi teladan itu pun sarat dengan konspirasi dan berbagai pemberitaan media yang semena-mena sehingga membingungkan generasi muda untuk menemukan sosok yang patut diteladani. Kasus korupsi yang tak ubahnya seperti sarapan pagi di negeri ini banyak didalangi oleh generasi tua. Meskipun sudah jelas menjadi tersangka, parahnya mereka masih memiliki rasa percaya diri yang luar biasa (binasa). Dengan menyandang status tersangka mereka masih bebas melenggang ke mana saja bahkan dengan didampingi para Punggawa yang mengaku sebagai kelompok pembela. Utamakan Niat yang Benar bukan Hanya yang Besar Niat menjadi hal utama yang mampu mempengaruhi seseorang dalam bertindak. Niat yang kecil akan mendasari usaha yang kecil, begitu pula sebaliknya niat yang besar akan mendasari usaha yang besar. Akan tetapi, besarnya usaha akan sia-sia jika niat yang mendasarinya salah. Salah niat dialami oleh siapa saja dan di mana saja, kecuali bagi orang-orang yang memiliki keyakinan dan pengetahuan yang matang. Tidak sedikit pemimpin yang memiliki niat besar tetapi kebesaran niat itu tidak diiringi dengan kebenaran tindakan. Hasilnya pun jika tidak serampangan adalah kekacauan yang tidak terelakkan. Berapa banyak

Eka Damayanti

Ny.Sitisoemandari Soeroto telah mengadakan studi tentang Kartini. Beliau menamakannya “ sebuah biografi”. Sungguh suatu bagian titel yang rendah hati bagi suatu pekerjaan yang monumental ini. Bagian titel itu mestinya berbunyi: “ Suatu Biografi serta analisa zamannya”. Pekerjaannya memberikan banyak datadata yang belum diketahui. Siapa mengetahui banyaknya kesulitan yang dialami seorang penulis tentang kehidupan Kartini,tidak lain akan merasa kagum terhadap studi Ny.Soeroto ini. Sebuah studi sekitar 450 halaman, disusun dan dikembangkan secara sistematis, disertai sumber-sumber data serta kepustakaan yang luas, membuat karya ini sangat berharga bagi para ahli sejarah. ***

Mahasiswa Ilmu Budaya UGM

Kirimkan keluhan atas pelayanan publik dan keadaan di sekitar Anda ke opini@ batampos.co.id. Khusus tulisan opini jumlah kata sebanyak 1.200 kata. calon pemimpin yang memulai kepemimpinannya dengan cara-cara di luar logika dan norma? Namun, mereka bebas melenggang ke kursi kepemimpinan tanpa beban. Sementara rakyat terus-menerus menanggung kesengsaraan. Filosofi Kepemimpinan Hampir setiap suku bangsa memiliki filosofi kepemimpinannya masing-masing. Dalam budaya Jawa terdapat filosofi kepemimpinan yang disebut Asta Brata. Asta Brata adalah delapan unsur alam yang melambangkan watak kepemimpinan. Delapan unsur alam yang mempersonifikasikan filosofi Asta Brata adalah bumi, bintang, bulan, matahari, api, air, langit, dan angin. Diistilahkan seperti bintang, pemimpin harus menjadi panutan, arah, dan inspirasi bagi pengikutnya. Seperti langit yang melambangkan keluasan pengetahuan, pemimpin haruslah pandai. Selayaknya matahari, pemimpin harus selalu memberikan dorongan energi kepada yang dipimpin. Setiap unsur alam tersebut melambangkan watak-watak yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Berbagai suku bangsa di Indonesia memiliki filosofi kepemimpinan masing-masing. Kenyataan ini yang kemudian tidak hanya menjadi pemicu keberagaman kepemimpinan tetapi juga memacu polemik pemilihan pemimpin negeri ini. Hampir setiap suku bangsa memiliki sosok pemimpin ideal. Beragam alasan pun menjadi landasan dalam menentukan sosok pemimpin pilihan mulai dari latar agama, budaya, pendidikan, bahkan riwayat politik yang melatari seorang tokoh. Memilih pemimpin menjadi pekerjaan rumah bersama yang harus ditanggung oleh semua rakyat, tidak hanya elite politik semata. Pilah sebelum memilih agar tidak salah pilih. ***

Freiherr von Braun

L

ahir Wirsitz, Polandia 23 Maret 1912 dan meninggal 16

Juni 1977 pada umur 65 tahun. Dirinya seorang ilmuwan roket Jerman-Amerika, insinyur ruang angkasa, arsitek ruang, dan salah satu tokoh terkemuka dalam pengembangan teknologi roket di Jerman Nazi selama Perang Dunia II dan, kemudian, di Amerika Serikat. Dia bekerja sebagai perancang roket antara 1930 an hingga 1970 an. Beberapa orang mengatakan ia adalah insinyur roket yang paling penting di abad ke-20. Setelah Perang Dunia II, ia pergi ke Amerika Serikat. Di sana, ia bekerja untuk NASA. Pada tahun 1955, sepuluh tahun setelah ilustrasi: zag memasuki negara itu, von Braun menjadi warga negara Amerika Serikat. Dirinya berhasil mengembangkan roket V-2, roket pertama yang menembus ruang angkasa.Dirinya juga mengembangkan roket Saturn V, yang membawa manusia pergi ke bulan pada tahun 1969. ***

Suara Surya Sardi Membengkak Pergi kelaut menjelang petang Pancing dilempar dapat si anak ikan Penghitungan sudah berlangsung curang Saatnya hukum mesti ditegakkan


internASIONAL

3

Batam Pos, Rabu 23 April 2014

Amerika Uji Coba Lumba-Lumba Tempur JPNN, New York

f.net

Mumi Firaun Tutankhamun, berlapis emas

Ternyata teknik pengawetan makhluk hidup telah dilakukan sejak dahulu kala. Meski dengan cara tradisional, pengawetan atau mumifikasi misalnya, membutuhkan waktu 70 hari untuk lamanya. Membersihkan mayat 15 hari, mengeringkan 40 hari dan membalutnya membutuhkan waktu 15 hari. Proses mumifikasi diawali dengan memandikan mayat dengan air garam, kemudian mayat dibawa ke ruang kecantikan. Disini otak dikeluarkan dan dibuang. bagian perut disayat atau dibuat rongga untuk mengeluarkan hati,paru-paru,usus serta lambung. Jantung dibiarkan tetap didalam tubuh, karena bangsa Mesir percaya bahwa jantung adalah pusat kecerdasan dan sangat dibutuhkan untuk memandu seseorang dikehidupan selanjutnya. Berikutnya, kantung-kantung kecil dari linen diisi dengan kain natron. Kantung tersebut dimasukan ke dalam mayat kosong melalui perut yang sudah diberi rongga. Selain natron, kain bekas, jerami, rumput kering dan serbuk kayu dimasukan kedalam mayat. Benda-benda tersebut membantu membentuk tubuh manusia. Selanjutnya, mayat diselimuti lapisan tebal natron. Selama 40 hari pengeringan, natron berfungsi untuk menyerap cairan dari mayat. Setelah proses ini selesai, natron dan bahan-bahan yang digunakan untuk mengisi mayat, dikeluarkan. Prosesterakhir, cairan resin dari pohon damar atau oak dituangkan dibaluri keseluruh tubuh mumi. Resin ini berfungsi sebagai pengawet jaringan kulit. Usai pengawetan, mumi dibalut pita linen dari kepala hingga kaki. Berikutnya, mumi kembali diolesi resin sebagai bahan kedap air. Langkah terakhir, mumi dipasangi topeng wajah, kemudian dimasukan ke dalam peti yang dibentuk seperti manusia. Sangat rumit, karena itu proses mumifikasi hanya digunakan kepada raja dan kaum bangsawan Mesir. (wel/bp/vivaforum)

Gagal Atasi MERS, Menkes Dipecat RIYADH (BP) - Raja Abdullah dari Arab Saudi mencopot Menteri Kesehatan Abdullah alRabeeah dari posisinya di tengah meningkatnya kasus-kasus baru sindrom pernafasan Timur Tengah (MERS) yang mirip SARS. Laporan televisi pemerintah, menyebutkan, tugas-tugas alRabeeah akan diambil alih Menteri Tenaga Kerja Adel Fakieh. Saudi melaporkan ada 13 kasus baru Sindrom Pernapasan (MERS), penyakit pernapasan yang disebabkan coronavirus atau MERS - COV. Sejauh ini kerajaan telah melaporkan 244 kasus

MERS sejak penyakit ini pertama kali diidentifikasi pada 2012, di mana 79 kasus berakibat fatal. Penyebaran virus itu melambat selama musim dingin, tetapi melonjak tiba-tiba dalam kasuskasus bulan ini. Rabeeah sendiri, pada Minggu (20/4) menyatakan dalam jumpa pers bahwa tidak ada alasan medis untuk memberlakukan langkah-langkah pencegahan lebih ketat melawan penyebaran MERS. Rabeeah sebelum dipecat mengatakan, kasus-kasus baru di Jedah mungkin hanya musiman, namun dia mengaku tidak tahu mengapa itu terjadi. (esy/jpnn)

Marinir Amerika bakal mendapatkan tambahan tenaga tempur. Namun tenaga tambahan ini cukup unik yakni hewan lumbalumba dan singa laut. Kini otoritas tentara angkatan laut Paman Sam itu sedang menguji coba dua hewan tempur itu dalam latihan perang NATO di Laut Hitam. ”Sekitar 20 lumba-lumba dan 10 singa laut akan mengambil bagian dalam latihan program tempur mamalia laut Angkatan Laut AS. Mereka akan belajar antara satu sampai dua minggu,” juru bicara US Navy’s Marine Mammals Program Tom LaPuzza, seperti dikutip RT,(21/4). Latihan perang ini adalah salah satu dari delapan latihan militer NATO bersama Ukraina yang dijadwalkan berlangsung tahun ini. Selama mereka tinggal Laut Hitam, lumba-lumba militer AS akan menguji sistem anti radar baru yang dirancang untuk mengacaukan sonar musuh. ”Singa laut dan lumba-lumba juga akan mencari tambang dan juga mendeteksi penyelam,” lanjutnya. Amerika juga akan menguji senjata baru untuk lumba-lumba yang selama ini dikembangkan di pusat penelitian khusus di University of Hawaii. Ini akan menjadi

f.net

Personel Angkatan Laut AS, bersama Lumba-lumba tempur yang disiapkan untuk sabotase lewat jalur laut.

pertama kalinya dalam sejarah penggunaan lumba-lumba dalam latihan perang NATO. Latihan nantinya akan mempertemukan lumba-lumba militer

AS dengan lumba-lumba militer Rusia di laut terbuka. Fasilitas Sevastopol sendiri selama ini menjadi fasilitas pelatihan lumbalumba militer dunia.

Sementara itu, transportasi lumba-lumba tempur AS ke Laut Hitam melalui udara selain sangat mahal juga memiliki resiko yang sangat besar bagi keseha-

tan hewan. Karenanya rencana AS tersebut kemungkinan bakal mendapatkan protes dari Greenpeace dan kelompok-kelompok hak hewan lainnya. (esy/jpnn)

Menuju Jalan Perdamaian Hamas-Fatah GAZA (BP) - Organisasi Pembebasan Palestina ( PLO ) mengirim delegasi ke Gaza pada hari Selasa untuk bernegosiasi kesatuan dengan kelompok militan Hamas untuk pertama kalinya sejak konflik mereka tahun 2007. Negosiasi ini diperkirakan berpotensi meningkatkan posisi pemimpin Fatah dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas. Beberapa warga Palestina mengharapkan adanya terobosan dalam kebuntuan politik yang telah melumpuhkan Palestina, dan banyak penduduk Palestina yang memiliki harapan rendah akan adanya resolusi untuk mengakhiri pertikaian tampaknya

tak berujung. Kesepakatan ini bisa mengembalikan ukuran kedaulatan kepada Abbas di Gaza dan meningkatkan kekuatan negosiasi dengan Israel dalam pembicaraan damai di masa depan, meskipun kemitraan tersebut juga dapat memicu reaksi dari Israel terhadap PLO di wilayah Tepi Barat yang diduduki. Misi rekonsiliasi bertepatan dengan pertemuan antara kelompok yang dipimpin Abbas Fatah dan negosiator perdamaian Israel di Yerusalem untuk mencoba memperpanjang pembicaraan yang melampaui batas waktu 29 April lalu.

Hamas dan Fatah sejak tahun 2011 telah gagal untuk menerapkan kesatuan kesepakatan yang ditengahi oleh Mesir karena perselisihan pembagian kekuasaan dan penanganan konflik dengan Israel. Azzam Al - Ahmed, seorang pejabat senior Fatah, membantah bahwa upaya untuk menegosiasikan kesepakatan dengan Hamas dirancang hanya untuk memperkuat posisi Abbas dalam pembicaraan perdamaian dengan Israel. ”Kami ingin mengakhiri bagian apakah ada negosiasi (dengan Israel) atau tidak ada. Kami ingin membangun Gaza

dan Tepi Barat dan mengakhiri pembangunan yang dilakukan oleh Israel,” kata Al - Ahmed pada kantor berita resmi Palestina Wafa. Jika pembicaraan persatuan Palestina berakhir dengan kesepakatan, membuka jalan untuk menyelenggarakan pemilihan umum dan merencanakan strategi nasional terhadap Israel, tidak mungkin hanya Abbas melakukan negosiasi, tapi Hamas yang dikelilingi oleh blokade Israel Mesir, mungkin menjadi kurang terisolir. Kedua belah pihak setuju pada kebijakan terhadap Israel. Kelompok Islam Hamas menolak

untuk meninggalkan penggunaan kekerasan terhadap negara Yahudi dan sekuler yang didukung negara-negara Barat. Sementara Fatah menginginkan adanya kesepakatan dengan Israel untuk mendirikan sebuah negara Palestina di Gaza, Tepi Barat dan Yerusalem Timur, tanah yang direbut Israel dalam Perang Timur Tengah tahun 1967 silam. Baik Hamas dan Fatah juga terus-menerus saling menyalahkan atas penangkapan anggota mereka. ”Perasaan saya lebih dekat dengan pesimisme dari optimisme,” kata analis politik Palestina Gaza Talal Okal. (reuters/jpnn)


NASIONAL

4

Batam Pos, Rabu 23 April 2014

Mayoritas Publik Ingin Capres Adu Gagasan Daripada Sibuk Cari Mitra Koalisi JAKARTA (BP) - Hiruk-pikuk penggalangan koalisi oleh partai politik dan capres yang diusung, sepertinya mengesampingkan program-program yang akan diperjuangkan jika kelak memim­ pin. Padahal, mayoritas publik sebenarnya ingin tahu program yang ditawarkan para capres. Analisis survei nasional pasca pemilu legislatif yang dilakukan

Lingkaran Survei Nasional Indonesia (LSI) menunjukkan, masya­ rakat menginginkan para kandidat presiden beradu gagasan untuk memajukan bangsa. “Kesibukan para capres dan partai politik mencari mitra koalisi bertenta­ ngan dengan keinginan publik,” ujar peneliti LSI Ardian Sopa da­ lam paparan hasil survei di kantor LSI, Jakarta, kemarin (22/4). Dia mengungkapkan, hanya minoritas publik, yakni 17,25, persen, yang menoleransi para capres lebih sibuk bicara soal

mitra koalisi. Sementara, mayoritas (65,70 persen) berharap para capres lebih banyak bicara ga­gasan. Di sisi lain, ada sebagian publik (8,70 persen) yang menginginkan para capres berbicara tentang siapa saja calon anggota kabinet pada posisi strategis. “Mereka yang berharap capres lebih banyak bicara soal gagasan atau konsep membangun Indonesia itu merata di semua segmen masyarakat,” kata Ardian. Survei LSI terhadap 1.200 responden pada 15 hingga 18 April

2014 itu menunjukkan, saat ini 63,80 persen menyatakan tidak tahu sama sekali apa yang akan diperjuangkan para capres jika kelak memenangi pilpres. “Hanya 18,90 persen responden yang menyatakan tahu program para capres,” kata Ardian. Menurut dia, masih sedikit partai yang berbicara program. Dalam kampanye mereka lebih banyak memunculkan kekuatan figur. “Padahal, yang dibutuhkan tidak hanya sosok, tapi juga pemikiran,” terangnya. (jpnn)

Suara Surya Sardi Membengkak Sambungan dari hal 1 Sedangkan Karina, caleg De­ mokrat yang lain, yang awalnya diumumkan mendapatkan 155 suara dikembalikan menjadi 1.121 suara. Suasana makin panas karena untuk DPRD Batam ternyata suara di internal Demokrat juga berubah dibandingkan catatan Panwaslu dan hasil pleno PPK Bengkong. Catatan Panwaslu dan PPK Bengkong seperti yang pernah dikutip Batam Pos, Partai Demokrat mendapatkan 5.725 suara di Bengkong. Sedangkan saat pembacaan di KPU kemarin, suara Demokrat membengkak menjadi 7.374 suara. Caleg nomor urut 1 Demokrat, Surya Sardi mendapatkan 1.626 suara. Sedangkan Mesrawati Tampubolon memperoleh 1.793 suara. Jika dibandingkan dengan data Panwaslu dan hasil pleno PPK Bengkong, suara Surya dan Mesrawati sama-sama membengkak. Jika Surya naik dari 1.576 suara menjadi 1.626 suara atau naik 50 suara, suara Mesrawati naik dari 1.773 suara menjadi 1.793 suara. Meski sama-sama naik, jika digabung dengan hasil pleno di PPK Batuampar dimana Surya mendapat 1.175 suara dan Mesrawati mendapatkan 1.000 suara, yang unggul adalah Surya Sardi. Surya unggul 8 suara dibandingkan Mesrawati dan berhak melenggang ke DPRD Batam. Sedangkan dari hasil pleno PPK dan data di Panwaslu, Mesrawatilah yang unggul 22 suara dari Surya Sardi. “Mohon ketua perhatikan betul. Ini telah terjadi perbedaan jumlah hasil yang diumumkan. Saya bukan memihak siapa-siapa, Panwaslu bersifat netral. Perbedaan ini bukan satu atau dua saja, tapi sudah lebih dari tiga loh,” ujar Suryadi Prabu. Mengetahui ada perbedaan, Syahdan memutuskan penghitungan suara ditunda. Ia kemudian meminta rekomendasi Panwaslu, khususnya penghitungan suara Kecamatan Bengkong untuk DPRD Kota Batam. Setelah dibahas lebih setengah

jam, Panwaslu Batam memberikan rekomendasi agarKPU Ba­ tam membuka kotak suara dan menghitung ulang jumlah surat suara khusus untuk DPRD tingkat Kota Batam. “Sebenarnya bisa juga tak menghitung ulang surat suara. Tapi sudah merebak kabar form C1 dipalsukan dimana-mana, belum lagi telli yang ternyata sudah hancur atau tak valid lagi. Makanya agar fair, maka hitung ulang surat suara itulah solusi terbaiknya,” tegas Surya Prabu. Syahdan dan anggota KPU Batam lain setuju. Mantan wartawan itu mengatakan KPU Batam akan menghitung ulang karena tak mau terkena imbas. “Kami sudah gerah. Atas nama KPU Batam menyatakan, bahwa dari awal form C1 di tingkat dasar, maupun D1 dan DA-1 sudah berubah semua tak sesuai, ada yang sengaja mengubahnya. Ini akan terus berubah-ubah. Makanya hitung ulang semuanya adalah solusi terbaik agar semua tahu bagaimana sebenarnya hasilnya itu,” tegas Syahdan. Saksi dari Partai Golkar, Tibrani, juga menyebut ada perubahan suara di internal caleg De­mokrat. “Minta klarifikasi, karena ada perubahan data Demokrat, untuk DPRD Batam. Ini naik 500-an. Jadi tolong dicek,” kata Tibrani, saat memaparkan perubahan suara caleg Demokrat yang berubah. Mesrawati Protes Mesrawati Tampubolon, mendatangi kantor KPU Batam. Ia marah karena suaranya mengalami perubahan di internal partainya. “Saya tak terima itu. Masak ada kejanggalan, saksi Demokrat yang di dalam diam saja, seolah tutup mata. Ini namanya saya dizalimi. Suara saya unggul di Bengkong. Ada apa ini,” ujar Mesrawati. Mesrawati meminta saksi Partai Demokrat tak diam dengan adanya kecurangan di internal parpolnya dalam perolehan jumlah suaranya. Ketua DPRD Batam Surya Sardi yang dihubungi Batam Pos tak mengangkat hapenya. Meski sambungan masuk dan

nada hapenya aktif, Surya tak mengangkat telepon. Dikonfirmasi lewat SMS, Surya sampai tadi malam tak menjawab. Diancam Ketua PPK Bengkong Hendrayani mengatakan kemungkinan ada kesalahan pengiriman data yang dikirim ke KPU. Namun, ia mengaku pada penghitungan yang dilakukan secara manual di PPK sama sekali tidak ada masalah. “Karena ada emergency, maka kami mengirim datanya melalui e-mail, bahkan sebanyak dua kali. Mungkin ada kesalahan pada pengiriman itu,” katanya. Soal penghitungan ulang tersebut, Hendra mengatakan akan dilakukan hari ini dan seluruh saksi akan dihadirkan. “Saya nanti akan intrupsi. Kalau bisa tidak dilakukan penghitungan ulang karena semua data ada kita pegang dan akurat,” katanya. Meski tak mau menjawab soal surat suara itu, Hendrayani yang hadir di Kantor KPU Batam mengaku istrinya diancam sejumlah orang yang mengaku simpatisan sebuah partai. Ia mengetahui itu dari laporan istrinya. Menurut Hendrayani, kejadian itu berlangsung sekitar pukul 17.00 WIB atau setelah KPU memutuskan menghitung ulang surat suara di Kecamatan bengkong. “Istri saya diancam dan rumah saya mau dibakar, gila itu orang,” ujar Hendrayani kepada Batam Pos, Selasa (22/4). Hendrayani khawatir akan keselamatan istrinya. Ia meminta istrinya mengadu ke ketua RT dan RW. Tidak hanya itu Hendrayani juga menelpon polisi untuk meminta perlindungan. Siapa yang mengancam? Hendrayani tak menjawab pasti. Ia langsung berlalu masuk ke kantor KPU sembari menghubungi seseorang. Dihubungi terpisah, Kapolsek Bengkong AKP Adi Sucipto mengaku belum menerima laporan terkait ancaman terhadap keluarga Hendrayani. “Kita belum ada terima laporannya, meski demikian kita selalu tanggap untuk hal-hal yang meresahkan warga, apalagi sampai

ada pengancaman dan terkait pemilu,” tutur Adi Sucipto ketika dihubungi tadi malam. Ida Merasa Dicurangi Selain Mesrawati, keberatan akan laporan hasil pleno Kecamatan Bengkong juga diajukan Ida Nursanti, caleg Partai Persatuan Pembangunan (PPP) untuk DPRD Batam. Ida mendatangi KPU, tapi tak bisa masuk ke dalam ruangan pleno karena dicegah polisi. Ida Nursanti tetap bertahan walau saat itu hujan deras. Ia meminta Panwaslu dan saksi dari PPP bersikap. Ia merasa ada kecurangan. Untuk menenangkan semua caleg di Dapil I (Bengkong-Batuampar), Suryadi Prabu memastikan akan ada hitung ulang surat suara. “Hasil yang akan dipakai untuk jadi acuan adalah hasil dari penghitungan ulang surat suara ini,” kata Suryadi Prabu. Suara Djasarmen Suryadi Prabu juga sempat menyampaikan surat keberatan calon DPD RI, Djasarmen Purba di Bengkong karena terjadi seli­ sih pengurangan suara Jasarmen sebanyak 600. “Di Tanjungbuntung, suara Djasarmen disebut 2.428. Sementara data riil menurut calon, di Kelurahan, 3.028 suara. Kita berikan saja ke PPK untuk menelusuri data ini. Selanjutnya kita lanjutkan pleno,” kata Suryadi. Setelah dilakukan klarifikasi, terjadi perubahan perolehan suara Djasarmen. Suara yang awalnya 5.534 di Kecamatan Bengkong, setelah diklarifikasi, menjadi 5.944. Penghitungan Sampai Pagi Rapat pleno di KPU Batam berlangsung sampai Rabu (23/4) pagi. Pasalnya, rapat yang dimulai dari Selasa (22/4) pagi itu berlangsung berjam-jam karena pembacaan hasil penghitungan di PPK tak kunjung selesai. KPU sempat menskors rapat berkali-kali untuk memberi waktu kepada saksi partai istirahat, salat, dan makan. Setelah itu, rapat dilanjutkan kembali. Polisi pun terus berjaga dan menyiagakan kawat berduri di pintu gerbang masuk Kantor KPU Batam. (cr3/cr5)

Tangani Rekayasa Kapal Tenggelam hingga Kematian Palsu Sambungan dari hal 1 Tapi, kalau saya bilang itu rekayasa, perusahaan tidak perlu membayar tertanggung,” urainya. Warsito yang sudah bertahuntahun menggeluti profesi insurance investigator itu mengatakan, modus kejahatan asuransi di Indonesia cukup beragam. Bahkan, modusnya sudah menjadi kejahatan yang terorganisasi. “Sampai ada sindikat kejahatan asuransi di Indonesia. Mereka ahli dalam merekayasa klaim asuransi,” ungkap Warsito. Sindikat tersebut biasanya piawai memetakan berbagai modus rekayasa klaim. Mereka terorganisasi dengan baik. Ada yang bertugas memalsukan surat dokter, ada yang mencari korban, dan ada pula penyandang dana untuk membayar polis asuransinya. Itu sudah terencana secara rapi. “Mereka orang-orang yang terbiasa melakukan hal ini,” lanjutnya. Warsito memaparkan, modus kejahatan asuransi biasanya menyasar nilai klaim yang mencapai ratusan juta hingga miliaran rupiah. Karena itu, banyak pihak yang rela merekayasa kasus untuk mendapatkan klaim dengan jumlah sangat besar itu. Bahkan, mereka tidak segan menghabisi nyawa orang lain agar bisa men­ cairkan klaim asuransinya. Doktor dari Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM) itu mencontohkan kasus kematian palsu yang pernah ditanganinya. Di Bagan Siapiapi, Riau, seseorang, sebut saja Tukijo, mendadak diasuransikan jiwanya oleh sebuah perusahaan X. Padahal, Tukijo yang termasuk miskin itu tidak tahu apa-apa. Dia digambarkan sebagai direktur perusahaan X tersebut. Karena itu, nilai premi asuransinya besar. Selama tiga-empat bulan hidup Tukijo ditanggung penuh oleh perusahaan. Bahkan, dia dibuatkan rekening tersendiri untuk menghadapi segala kemungkinan bila meninggal nanti. Skenario berikutnya, sindikat itu menghabisi Tukijo. Biar terkesan kematiannya wa-

jar, Tukijo seolah-olah terjatuh dari kereta yang ditumpanginya. Padahal, yang sebenarnya, dia dibunuh dengan cara didorong dari dalam gerbong oleh anggota sindikat itu. Dari situ pihak asuransi mau tidak mau membayar klaim asuransi atas nama Tukijo. Uang klaim itu akan dinikmati direktur asli perusahaan tersebut. “Tapi, keburu terbongkar. Saya melihat ada yang janggal dalam kasus itu: direktur kok naik kereta. Setelah kami telusuri, akhirnya terungkap bahwa Tukijo bukan direktur perusahaan X. Dia orang miskin yang dibayar untuk menyamar menjadi direktur,” cerita Warsito. Menurut pria penghobi jetski ini, sangat banyak kasus serupa terjadi di Indonesia. Misalnya, seorang pengangguran diasuransikan oleh pemilik perusahaan penyewaan komputer. Lagi-lagi dia difigurkan sebagai direktur. Untuk meyakinkan, dia didandani perlente mirip bos. Dia juga disewakan rumah mewah di kawasan Kalideres. “Jadi, memang semuanya sudah disiapkan dengan terencana dan rapi,” katanya. Suatu hari “direktur” itu dibawa ke rumah sakit. Dua jarinya putus karena terpotong pisau daging. Atas kejadian itu, dia menuntut perusahaan asuransi membayar klaimnya. Nilai klaim yang diajukan sekitar Rp 600 juta. Namun, sebelum membayar klaim, perusahaan asuransi me­ nye­wa jasa Warsito. Detektif kejahatan asuransi itu pun mencium adanya kejanggalan dalam kasus tersebut. Dia lantas mela­kukan reka ulang dengan menggunakan sarung tangan disposable (sekali buang). Sarung tangan tersebut diisi kapas sehingga mirip tangan yang sesungguhnya. “Setelah saya uji coba sampai 55 kali, terbongkarlah rekayasa itu. Semestinya yang terpotong tidak hanya dua jari, tapi tiga jari sekaligus. Dan, terbukti bahwa itu sengaja dipotong. Untuk menahan sakit, direktur abal-abal itu dibius dahulu oleh algojonya. Bahkan, semula, kelima jarinya mau dipotong, tapi ternyata si direktur sudah ndak kuat

menahan sakit. Akhirnya hanya dua jari yang dipotong,” paparnya. Di samping pemalsuan kematian atau kecatatan, lanjut Warsito, perusahaan-perusahaan besar juga kerap melakukan penipuan klaim asuransi dengan modus kebakaran pabrik atau penenggelaman kapal kargo. Dia mencontohkan kasus tenggelamnya kapal di wilayah perairan Jakarta. Kapal beserta isinya itu telah diasuransikan. Menurut keterangan pemilik kargo, kapal itu berisi barang-barang berharga. Di antaranya sepeda motor. Namun, saat kapal di-refloating (diapungkan), muatannya ternyata tidak sesuai dengan yang dilaporkan perusahaan. “Isinya cuma karpet-karpet bekas yang digulung-gulung. Ada juga ban-ban bekas yang dimasukkan ke dalam peti,” urainya. Untuk menelusuri unsur kesengajaan dalam penenggelaman kapal, Warsito mengamati sekitar wilayah tenggelamnya kapal terlebih dahulu. Dalam penyelidikan itu dia didukung sejumlah peralatan canggih. Misalnya, kacamata kamera pengintai dan alat dengar jarak jauh. Bahkan, dia harus membayar orang untuk menyelidiki di lapangan. “Yang menenggelamkan kapal itu ternyata orang-orang yang pekerjaannya memang seperti itu,” paparnya. Ada juga kasus pembakaran pabrik yang direkayasa. Caleg DPR dari Partai Gerindra itu mengisahkan, ada sebuah pabrik tripleks yang terbakar. Menurut pihak perusahaan, bahan baku tripleks terbakar habis. Namun, pihak asuransi tidak langsung percaya. Mereka lalu menyewa Warsito. Langkah pertama, Warsito memeriksa pembukuan perusahaan tersebut untuk mengetahui apakah mereka membeli bahan baku sejumlah yang dilaporkan. Selanjutnya, dia mengecek berat abu dari bahan baku yang terbakar. Menurut dia, ada perhitungan tertentu antara berat abu yang ditimbang dan jumlah bahan baku yang terbakar. “Kalau berat abunya 100 kilogram, sementara perusahaan mengklaim bahan baku tripleks

yang terbakar mencapai 8.000 ton, itu sudah kelihatan bohongnya. Benar, setelah kami telusuri, ternyata yang dibakar bahan baku bekas dan tidak terpakai,” katanya. Bagi Warsito, menangani kasus kejahatan asuransi cukup mengasyikkan. Sudah tidak terhitung banyaknya kasus kejahatan asuransi yang dia tangani. Padahal, untuk mengungkap sebuah kasus dibutuhkan waktu yang tidak sebentar. “Paling cepat sebulan, tapi ada juga yang sampai enam bulan. Kalau lama, itu karena kasusnya ruwet dan melibatkan mafia,” ujarnya. Di samping waktunya yang lama, pekerjaan Warsito mengancam jiwa. Dia dan keluarga mengaku sudah kenyang menerima ancaman dari pihak yang tengah diselidiki. Bentuknya melalui telepon, surat kaleng, sampai bingkisan berisi tikus mati yang dikirimkan ke kediaman Warsito. Karena itu, semua anaknya memiliki pengawal pribadi. Awal mula Warsito tertarik dengan seluk-beluk kejahatan asuransi adalah ketika bekerja di bidang asuransi. Setelah meraih gelar sarjana muda jurusan hukum di Universitas Airlangga pada 1969, dia bekerja di sebuah perusahaan asuransi. Bahkan, Warsito sempat menjadi kepala cabang di Jember. Sembari bekerja, dia meneruskan sekolah hingga jenjang S-1 di Universitas Negeri Jember. Pada 1975 dia memutuskan pindah ke Jakarta. Dia bekerja di Bank Bumidaya dan ditempatkan di bagian asuransi. Dalam waktu yang sama, dia melanjutkan studi S-2 di Fakultas Hukum UGM. Tidak lama kemudian, Warsito memutuskan keluar dari bank itu untuk mendalami bidang hukum, khu­sus­nya terkait kejahatan asuransi. “Kalau saya pilih hukum pidana atau perdata, sudah banyak. Karena itu, saya pilih yang langka, hukum asuransi. Sampai sekarang masih jarang yang menekuni bidang ini karena memang rumit dan risikonya tinggi,” tandas Warsito. (*/ari)

Pimpro e-KTP Jadi Tersangka Sambungan dari hal 1 Anggaran pengadaan itu nilainya cukup fantastis, yakni Rp 6 triliun. Dari gelar perkara yang dilakukan KPK pun menetapkan Sugiharto sebagai tersangka. Dia disangkakan melanggar pasal 2 ayat 1 subsider pasal 3 UU 31 / 1999, sebagaimana diubah dengan UU 20 / 2001 jo pasal 55 ayat 1 ke 1 jo pasal 64 ayat 1 KUHP. Penerapan pasal 55 ayat 1 ke 1 itu menunjukkan dugaan korupsi itu dilakukan “berjamaah”. Johan tidak menampil hal tersebut, menurut dia tidak menutup kemungkinan dalam perkembangan penyidikan akan ada tersangka baru termasuk dari pejabat yang lebih tinggi di Kemendagri. Saat ditanya bisa juga Mendagri Gamawan Fauzi dimintai pertanggungjawaban, Johan mengatakan segala kemungkinan masih terbuka. “Tapi terlalu dini kalau sekarang bicara kesana. Yang pasti KPK akan mengembangkan kasus ini seperti perkara lainnya,” ungkapnya. Informasi yang dihimpun koran ini menyebutkan tidak menutup kemungkinan perkara korupsi e-KTP ini dalam perjalanannya bakal seperti kasus Hambalang. Dalam kasus korupsi pembangunan sarana olahraga Hambalang itu KPK memang awalnya hanya menetapkan PPK, yakni Deddy Kusdinar. Seperti halnya Sugiarto, Deddy juga berstatut pegawai negeri, yaitu Kabiro Perencanaan Sekretariat Kementrian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora). Setelah menjerat Deddy itu, KPK kemudian menyeret Menpora Andi Mallarangeng sebagai tersangka. Kasus Hambalang juga akhir­nya berkembang di sisi pihak-pihak yang diperkaya dari proyek itu. Ketua Umum Partai De­mokrat saat itu, Anas Urbaningrum akhirnya juga terseret sebagai tersangka. Pihak swasta yang terlibat proyek itu juga dijadikan tersangka.

Kontruksi kasus itu persis seperti nyanyian mantan bendahara umum Partai Demokrat M Nazaruddin yang memang sebelumnya pernah melaporkan dugaan korupsi e-KTP ke KPK. Dalam laporannya, Nazar menyebut korupsi e-KTP melibatkan pejabat tinggi di eksekutif maupun parlemen. Melalui pengacaranya, Elza Syarif, Nazar memberikan data konkret soal dugaan penyimpangan uang negara dalam proyek e-KTP. Nama-nama pejabat di pemerintahan disebut Nazar kecipratan uang proyek yakni Gamawan Fauzi, Sekjen Kemendagri Diah Anggraeni, Sugiarto, serta ketua panitia lelang e-KTP Dradjat Wisnu Setiawan. Dalam pelaksanaan proyek e-KTP itu disebut terjadi peng­ gelembungan harga hingga Rp 2,5 triliun. Mark-up itu berdasar perhitungan sebagai berikut. Total nilai proyek adalah Rp 5,9 triliun dikurangi 11,5 persen (PPN dan PPh) sehingga tinggal Rp 5,22 triliun. Padahal nilai riil pekerjaan yang disepakati kontraktor adalah 51 persen atau senilai Rp 2,662 triliun. Dengan demikian, dugaan mark-up yang terjadi adalah 49 persen atau senilai Rp 2,558 triliun. Mark-up dilakukan dengan mengakali spesifikasi e-KTP. Salah satu spesifikasi dalam eKTP yang dipermainkan itu chip. Elza menyebutkan bahwa chip dalam kartu e-KTP berkualitas rendah, namun harganya dicatat lebih mahal. Chip yang digu­nakan e-KTP berjenis NXP abal-abal. Chip itu jenis NXP P3 size 8 kilobite chip 3. Dari mark-up tersebut, 34 persen atau senilai Rp 1,775 triliun dibagi-bagikan bos proyek yang disebut Nazar diperankan oleh Setya Novanto dan Anas Urbaningrum. Uang juga mengalir ke anggota DPR yang menyetujui penganggaran proyek. Total uang yang dibagikanbagikan disebut Nazar Rp 250 miliar yang berasal dari pelak-

sana proyek yang merupakan konsorsium yang terdiri atas lima perusahaan. Nama-nama anggota DPR yang disebut Nazar menerima uang adalah Melchias Mekeng (USD 500 ribu), Olly Dondokambey (USD 1 juta), dan Mirwan Amir (USD 500 ribu). Nama-nama itu duduk dalam Badan Anggaran (Banggar) DPR. Ada pula nama dari Komisi II DPR yang disebut menerima uang. Mereka itu, antara lain, Chairuman Harahap, Ganjar Pranowo, dan Arif Wibowo. Ketiganya masing-masing disebut menerima USD 500 ribu. Juru Bicara KPK dikonfirmasi terkait hal itu mengatakan penyidikan e-KTP yang dilakukan lembaganya bukan semata atas laporan dari Nazaruddin. “Yang jelas ini berasal dari pengaduan masyarakat yang salah satunya dilengkapi data dari M. Nazaruddin,” katanya. KPK sendiri belum menghitung nilai kerugian secara pasti dari korupri tersebut. Selain menetapkan tersangka, KPK kemarin juga melakukan penggeledahan. Sasaran salah satunya kantor Sugianto di Ditjen Dukcapil, Kalibata, Jakarta Selatan. Terpisah, Menteri Dalam Ne­geri (Mendagri) Gamawan Fauzi mempersilahkan KPK untuk menelusuri dugaan korupsi KTP elektronik (e-KTP) di Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dikdukcapil) Kemendagri. “Saya menghormati apapun keputusan KPK. Kita hargai keputusan yang berjalan,” kata Gamawan saat dihubungi wartawan di Kemendagri kemarin (22/4). Sebelumnya, KPK telah menetapkan Direktur Pengelolaan Informasi dan Administrasi Kependudukan Ditjen Dukcapil Kemendagri Sugiharto sebagai tersangka dugaan korupsi pengadaan paket e-KTP. Atas penetapan terseut, KPK langsung melakuakan penggeledahan guna mengumbulkan barang bukti di ruang kerja Sugiharto. (gun/dod/jpnn)

Perang Bintang, Adu Strategi Tingkat Tinggi Sambungan dari hal 1 Lini pertahanan menjadi salah satu titik perhatian yang dibenahi Bayern. Harian Jerman Muen­ chner Merkur melaporkan, duet Jerome Boateng dan Dante men­ dapat porsi latihan khusus agar semakin solid menjaga jantung pertahanan Bayern. Keduanya dipantau langsung oleh Guar­diola selama satu setengah jam. Antusiasme tinggi mengiringi away skuad Bayern ke Madrid. Ratusan fans mengawal kepergian Phillip Lahm dkk di Bandara Muenchen menuju Madrid. “Seluruh Jerman dan mungkin seluruh Eropa bakal menyaksikan pertandingan ini,” kata CEO Bayern Karl-Heinz Rummenigge. Madrid Diunggulkan Los Blancos, julukan Real Madrid memang lebih diunggulkan pada laga ini. Selain faktor tuan rumah, mereka juga mendapat suntikan motivasi setelah berhasil

meraih trofi Copa del Rey. Gelar itu menjadi injeksi moral lantaran di final Iker Casillas dkk berhasil menaklukkan Barcelona. Fakta sejarah juga berpihak pada Real. Sebab, dalam lima lawatan terakhirnya ke Santiago Bernabeu (termasuk di final Liga Champions 2010 melawan Inter Milan), Die Roten, julukan Bayern tak pernah pulang membawa kemenangan. Entrenador Carlo Ancelotti makin memperkuat rekor sempurna Real atas Bayern di Bernabeu. Sepanjang karirnya sebagai pelatih, Ancelotti tak pernah kalah dalam enam pertemuan melawan Bayern (empat menang, dua seri). Pulihnya Cristiano Ronaldo dari cedera hamstring dan lutut juga membuat daya gedor Real semakin dahsyat. CR7-julukan Ronaldo adalah pencetak dua gol kemenangan saat Real menaklukkan Bayern 2-1 pada leg kedua semifinal Liga Champions 2012. Namun,dalam sesi jumpa pers

kemarin, Ancelotti membuat pernyataan yang mengejutkan. Dia mungkin tak akan menurunkan Ronaldo sebagai starter jika kondisinya belum seratus persen fit. “Cristiano berlatih normal hari ini (kemarin). Besok (hari ini) kami akan melakukan tes lagi dan kita akan membuat keputusan,” papar Ancelotti kepada AFP. Ancelotti sadar, kalau Ronaldo memang sudah ngebet ingin bermain. Maklum, dia sudah absen dalam empat laga terakhir bersama Real. Ronaldo juga ingin menghapus luka lama atas Bayern di semifinal dua musim lalu. Sebab, meski berhasil menang 2-1 di Bernabeu, Real tetap gagal ke final setelah kalah dalam adu penalti. Selain Ronaldo, Real juga punya masih punya satu senjata mematikan pada diri Gareth Bale. Bale memang sempat menderita flu. Tapi, kemarin dia sudah bisa berlatih. (bas/jpnn)

Setiap Hari Digembleng di Training Centre Sambungan dari hal 1 “Bagaimana, Pak? Yang ini harus panjang ya?” tanya seorang pria berpeci. Zuprizal Effendi, nama pria itu. Ia menyela seorang dara yang baru saja menyelesaikan satu ayat dengan napas tersengal. “Kalau menurut saya, berhenti di sini juga tak apa. Soalnya sudah waqaf,” jawab pria berpeci lainnya. Surya Iriandi, namanya. Mendengar pernyataan Surya, dara itu pun mengulang kembali bacaan ayatnya. Hingga selesai. Dan bergantian dengan dua dara lainnya. Itulah sekilas gambaran suasana latihan kafilah Kepri selama berada di Training Centre. Tiga dara tadi adalah peserta untuk cabang Syarhil atau mensyarahkan Quran. Ketiganya adalah Nia Istiqomah, Nur Aqila, dan Nur Vatin Nasihah. Mensyarahkan Quran berarti menyampaikan maksud ayat-ayat Quran. Diperlombakan dalam MTQ, cabang ini diikuti per kelompok. Satu kelompok terdiri dari tiga orang. Satu orang sebagai pensyarah atau pencapai maksud, seorang sebagai pembaca tilawah atau pembaca ayat-ayat Quran, dan sisanya melakukan puitisasi atau menerjemahkan ayat-ayat yang sudah dibacakan. “Tadi, Aqila yang jadi pensyarah, Nia tilawah, dan Vatin penerjemahnya,” terang Surya. Kalau melihat latihannya, rasa­ nya mudah saja. Sebab mereka hanya tinggal membaca teks. Dan menatap penonton sesekali. Tapi ternyata, teks itu tidak akan pernah berada di atas panggung. Mereka harus hafal di luar kepala. Itu pun bukan cuma satu judul. Melainkan empat judul. Panjang tulisan setiap judulnya bisa empat hingga lima lembar penuh

kertas folio. Itu pekerjaan rumah besar untuk pensyarah. Sebab, tugasnya adalah menjelaskan dan mengembangkan ayat. Berbeda dengan tilawah dan penerjemah yang sifatnya menyampaikan ayat Quran. “Awalnya, harus menguasai isinya dulu. Baru bisa dihafal,” kata Aqila, sapaan Nur Aqila. Bagi dara kelahiran Kundur, 16 tahun yang lalu itu, menghafal bukanlah sesuatu yang sulit. Sebab ia sudah terbiasa. Aqila sudah menjadi pensyarah sejak tahun 2012. Kelompoknya pernah terpilih menjadi juara I Syarhil MTQ tingkat Kabupaten Karimun. Sayang, tak lolos di ting­kat provinsi. Nah, sejak itulah ia terbiasa dengan materi yang panjangpanjang. Biasanya, ia akan sudah hafal satu judul dalam waktu lima hari. Dengan waktu menghafal minimal tiga jam seharinya. Bisa lebih, kalau memang ia sedang mampu. “Menghafal itu biasanya habis shalat. Kalau bangun pukul 02.00 WIB habis salat langsung menghafal. Habis subuh juga menghafal,” katanya. Aqila tak pernah sekalipun tak menghafal materinya. Semua tulisan yang ada di dalam kertas pasti akan dihafalnya. Hingga sampai titik, koma. Meski sebenarnya, saat ia salah, tak akan ada yang tahu. Kecuali ia dan satu timnya. Ini berbeda dengan Nia dan Vatin. Nia yang membaca tilawah dituntut tak boleh salah. Bacaan huruf, panjang-pendek, sengau, juga irama. Sebab apa yang ia baca ada di dalam Quran. Salah membaca Quran, bukan cuma malu yang didapat. Tapi juga dosa. Berat bebannya. Untung, Nia juga sudah terbiasa dengan hafalan Quran. Nia, sejatinya, seorang penghafal Quran. Ia

sudah hafal 10 juz Quran. Ia juga pernah mengikuti MTQ untuk cabang Tahfidz 1 juz di tahun 2012. Sudah menang di tingkat Provinsi Kepri bahkan dikirim ke tingkat nasional. Sayang, dara berusia 17 tahun ini tak berhasil membawa pulang piala juara I. Ia mendapat peringkat keempat, sebagai juara harapan I. Nia terpilih masuk dalam kelompok Syarhil sebab bacaannya bagus. Karimun memang telah mempersiapkan bibit-bibit paling unggul untuk MTQ. Mulai dari tingkat kabupaten. Semua bibit dari kecamatan diseleksi ulang. Kelompok-kelompok syarhil asal kecamatan dipe­cah. Dirombak ulang dicari yang terbaik. Dari jumlah yang puluhan mengerucut hingga belasan, lima, lalu tiga. Maka, di ajang MTQ Provinsi Kepri itulah pertama kali Aqila bertemu Nia. Dan keduanya bertemu Vatin. Vatin yang bernama lengkap Nur Vatin Nasihah ini belum pernah meraih kemenangan dalam MTQ. Namun, ia pernah memenangkan lomba pidato berbahasa Indonesia. Itu untuk tingkat nasional. Sedikit banyak, hawanya sama sebab pesaingnya juga dari seluruh Indonesia. “Tidak ada takutlah. Bismillah saja,” kata ketiganya mantap saat obrolan sampai ke tahap kekhawatiran mereka. Memang tidak ada kendala berarti yang mereka rasakan untuk MTQ nanti. Sebab persiapan materi pun sedang dijalankan. Begitu pula dengan persiapan mental dan kekompakan. Kompak, itulah kuncinya. Penampilan satu orang mewakili satu tim. Satu jelek, yang lainnya jelek. Nah, untuk itu, mereka menjaga kekompakan tidak hanya di atas panggung tetapi juga di luar panggung. (ceu)


metro society

5

Batam Pos, Rabu 23 April 2014

Wakil Gubernur Kepri Dr Soerya RespationoSH MH memberikan kata sambutan dalam pembukaan TTG tingkat provinsi di Kepri Mall, Batam Centre.

Wagub Kepri Buka TTG Tingkat Provinsi AKIL Gubernur Kepri Dr Soerya Respationo SH MH mendukung penuh inovasi teknologi tepat guna (TTG) sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Dengan inovasi teknologi tersebut, diharapkan menjadi jawaban kebutuhan masyarakat akan apapun halnya. ”Dengan inovasi teknologi yang ada, diharapkan dapat digunakan dengan mudah dan bisa memperbaiki kualitas hidup masyarakat,” kata

W

Soerya saat membuka lomba inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Provinsi di Kepri Mall, Senin (21/4). Lebih jauh, Soerya berharap teknologi ini harus tetap mengedepankan wawasan lingkungan di samping mudah digunakan. Sehingga, dapat langsung digunakan seluruh lapisan masyarakat. Di tempat yang sama, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Buralimar, menga-

takan pemenang TTG kali akan diikutsertakan dalam kegiatan TTG tingkat nasional di Samarinda mendatang. Pemprov, sambungnya mendukung penuh kreativitas masyarakat dalam menciptakan alat untuk kehidupan masyarakat yang lebih baik lagi. ”Komitmen Pemprov Kepri dalam bidang teknologi dituangkan dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Provinsi,” jelasnya.

Adapun peserta TTG kali ini, terdiri dari tujuh kabupaten/ kota se-Kepri dengan 30 penemuan atau teknologi yang lolos hingga tingkat provinsi. Sementara penilaian meliputi beberapa aspek. ***

Narasi : Istimewa Foto : Patrick Nababan/Harun Rasyid/ Humas Kepri

Wakil Gubernur Kepri Dr Soerya Respationo SH MH berfoto bersama maskot TTG dan para pejabat yang hadir.

Wakil Gubernur Kepri Soerya Respationo menerima Sekapur sirih dari penari persembahan.

Wakil Gubernur Kepri Soerya Respationo bersama Sekdaprov Robert Iwan Loriaux, Wawako Batam Rudi, Wawako Tanjungpinang Syahrul, dan Wakil Ketua III DPRD Kepri Iskandarsyah.

Beberapa Kepala SKPD Pemprov Kepri beserta tamu undangan menghadiri acara pembukaan TTG di Kepri Mall, Batam Centre.

Peserta TTG menunjukkan cara kerja alat pengolah makanan di hadapan Wakil Gubernur Kepri Soerya Respationodan Wakil Ketua III DPRD Kepri Iskandarsyah.

Wakil Gubernur Kepri Soerya Respationo bersama Kepala BPMD Buralimar meninjau salah satu stan TTG.

Ketua LKKS Provinsi Kepri Dra Rekaveny dan Kadispora Provinsi Kepri Riono melihat salah satu produk yang ditampilkan di ajang TTG tingkat provinsi.

Wakil Gubernur Kepri Soerya Respationo dan Ketua LKKS Provinsi Kepri Rekaveny dan Asisten Pemprov Kepri disambut tamu dan undangan pada pembukaan TTG tingkat provinsi.

Wakil Gubernur Kepri Soerya Respationo didampingi Wakil Ketua III DPRD Kepri Iskandarsyah dan anggota DPRD Batam Asmin Patros mencoba salah satu alat produk kreatif.

Wakil Gubernur Kepri Dr Soerya Respationo SH MH mengalungkan tanda peserta kepada peserta lomba inovasi Teknologi Tepat Guna Tingkat Provinsi.


GOSP RT

6

Batam Pos, Rabu 23 April 2014

Pemain Erdeka Muda FC Perkuat Persita Tangerang U-21 BATAM (BP) - Pemain Erdeka Muda FC di Divisi 3 2013, Angga Wijaya, kini telah memperkuat Persita Tangerang U-21 di Indonesia Super League (ISL) U-21. Angga yang berposisi sebagai stopper itu, menjadi pemain utama ketika timnya dikalahkan Arema U-21 0-1 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (19/4). Menggunakan nomor punggung 81, Angga menjadi palang pintu Persita. Gawang Persita baru bisa dibobol Arema pada menit ke 83. Sayang­nya, Pemain kelahiran 1 September 1993 itu, memperoleh kartu kuning di pertandingan itu. Hari ini, Angga akan bermain ketika Persita jumpa Persija U-21 di Stadion Singaperbangsa, Karawang. “Tahun depan, saya rasa, Angga sudah bisa bermain di klub ISL senior. Dia pemain yang konsisten meniti karir

bolanya dari bawah,’’ ujar Yudi Candra, pelatih kepala Erdeka Muda FC. “Meski gak memperkuat Erdeka lagi, tapi saya tetap rindu suasana kekeluargaan dan kebersamaannya. Apalagi saat main di Tanjungbatu. Kini saya harus meniti karir bola saya. Pengalaman yang saya dapat, akan saya sampaikan kepada adik-adik siswa SSB Erdeka,’’ ujar Angga Wijaya. Tahun 2013 lalu, ketika memperkuat Erdeka Muda FC di Kompetisi Divisi 3 Zona Kepulauan Riau (Kepri) di Tanjungbatu, Kundur, Angga dipasangkan dengan Beni Setiadi sebagai double stopper. Dua pemain inilah “pemain senior” di pertahanan Erdeka, ditambah dengan Ryan Damhadi yang dipercaya sebagai striker utama. Beni Setiadi dan Ryan Damhadi kini memperkuat Rumbai FC untuk bermain di Divisi 1 Liga

Angga Wijaya (kostum putih) memprotes wasit saat Persita U-21 versus Arema U-21.

Indonesia. “Kami dukung upaya pemain Erdeka Muda FC meningkatkan karirnya. Meskipun sebenarnya, ketiga orang itu, masih bisa dipakai untuk Erdeka ikut Liga Nusantara 2014. Administrasi kepindahan mereka pun telah kami buat,’’ ujar Ade Adran Syahlan, Ketua Erdeka Muda FC.(rpg)

Komdis Sanksi Tujuh Pemain Total Menjatuhkan 22 Ganjaran Sanksi JAKARTA (BP) - Tindakan kurang sportif pemain dari klub Indonesia Super League (ISL) dan Divisi Utama masih menonjol. Dalam kurun waktu dua bulan sejak akhir Februari lalu, setidaknya ada tujuh pemain yang diganjar sanksi dari Komisi Disiplin (Komdis) PSSI. Komdis PSSI merilis setidaknya 22 sanksi, kemarin (22/4). Dari 22 pelanggaran tersebut, delapan di antaranya sanksi untuk pemain. Dari delapan pemain, ada hampir separo di antaranya merupakan penggawa Persipura Jayapura. Antara lain, Andri Ibo, Bio Paulin Pierre, dan Dominggus Fakdawer. Ketiganya melakukan tindakan kurang sportif pada laga melawan Putra Samarinda (14/2) dan Persiba Balikpapan (20/4). Ibo mendapatkan dua kali sanksi di laga melawan Putra Samarinda dan Persiba Balikpapan. Dari empat pelanggaran yang dibuat pemainnya itu, manajemen Persipura harus merogoh koceknya sebesar Rp 100 juta yang harus dibayarkan paling lambat pada 21 Mei mendatang. Bukan hanya denda materiil, sanksi larangan bertanding pun juga diberlakukan kepada pemain yang masuk dalam list hitam Komdis

F. Ari Wibowo/Kaltim Pos

Salah seorang pemain Persipura terlihat mencekik pemain Per­ sisam Samarinda dalam lanjutan kompetisi ISL di stadion Sempaja Samarinda (14/2).

PSSI itu. Untuk Ibo dan Bio harus absen dalam dua kali laga Persipura di ISL. Sementara, untuk Fakdawer hanya mendapatkan larangan bertanding di dalam satu laga saja. Ini menjadi kali kedua Persipura mendapatkan sanksi borongan. Sebelumnya, klub yang berjuluk Mutiara Hitam tersebut pernah mendapatkannya atas nama Ruben Sanadi, Ian Louis Kabes, dan Gerald Pangkali. Kasusnya pun hampir sama, yaitu melakukan tindakan yang mencederai asas sportivitas. “Ini akan menjadi bahan pembelajaran, bukan hanya

untuk para pemain Persipura, demikian juga pemain lainnya. Intinya, dengan sanksi ini kami ingin pemain di ISL ataupun Divisi Utama atau di kompetisi nasional di bawah PSSI lainnya bisa memegang tinggi nilai sportivitas,” ujar Ketua Komdis PSSI, Hinca Panjaitan. Selain tiga pemain Persipura, ada empat pemain lainnya yang dijatuhi sanksi. Dua di antaranya dari Persiram Raja Ampat, Ortisan Salossa dan Mbida Messi. Uniknya, sama seperti para pemain Persipura, kedua pemain Persiram ini juga melakukan pelanggaran ketika pertandingan melawan Putra Samarinda. Sedangkan dua sanksi lainnya diterima bek tengah Sriwijaya FC Abdoulaye Maiga dan pemain Persis Solo M Wahyu. “Bukan tidak mungkin untuk ke depannya akan banyak pemain lagi yang terkena sanksi seperti ini. Ini harus menjadi tugas bagi klub untuk menata sikap para pemain,” bebernya. Di sisi lain, manajemen Persipura sudah tidak kaget dengan sanksi dari Komdis PSSI kali ini. Manajer Persipura, Rudi Maswi pun tidak begitu mempersoalkannya. “Sejak awal kami sudah menerima jika sampai ada sanksi. Ini pelajaran bagi pemain kami,” tandasnya. (ren/jpnn)

TC Pertama di Luar Jawa Makassar Bakal Ditinjau Kelayakannya

JAKARTA (BP) - Pemusatan latihan untuk timnas tidak akan selalu dilangsungkan di pulau Jawa. Itu yang mulai dirintis oleh PSSI. Bukan di Samarinda yang pernah mengajukan diri sebagai kota penyelenggara pemusatan latihan untuk timnas, Makassar-lah yang mendapatkan kehormatan menggelar pemusatan latihan bagi timnas di luar Jawa untuk kali pertama. Makassar bakal dijadikan lokasi pemusatan latihan untuk timnas U-23 yang diproyeksikan Asian Games 2014, Incheon, 19 September-4 Oktober mendatang. Rencananya, pemusatan latihan di tahap ketiga yang

berlangsung di ibukota Sulsel tersebut dalam kurun waktu dua pekan mulai awal Mei nanti. Sekalipun sebelumnya Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI Joko Driyono belum dapat memastikan, namun pelatih timnas U-23 Aji Santoso sempat melontarkan nama Makassar sebagai tuan rumah pemusatan latihan tahap ketiga. “Untuk sementara info yang saya dapatkan untuk pemusatan latihan tahap ketiga di Makassar,” ujar Aji. Menurut Aji, dimana pun kota lokasi untuk pemusatan latihan bagi skuadnya tidak ada masalah. Berada di Jawa atau di luar Jawa menurutnya tidak akan jauh perbedaannya. Baik itu secara suhu udara dan perbedaan kultur di Jogjakarta dan Makassar. “Sekalian mencari suasana baru,” cetus pelatih asli Malang

tersebut. Pemusatan latihan tahap ketiga untuk timnas U-23 sendiri bakal dimulai antara tanggal 6 atau 7 Mei mendatang. Secara terpisah, pihak Badan Tim Nasional (BTN) yang diwakili Sekretarisnya, Sefdin Syaifuddin menyebut keputusan memilih Makassar sebagai lokasi pemusatan latihan sudah pasti. Lokasinya akan berada di stadion Andi Mattalatta, atau Mattoangin. Hanya saja, akan melakukan pembenahan supaya stadion itu bisa layak digunakan untuk pemusatan latihan nasional. Jadwal uji cobanya pun telah disusun, Pertama, uji coba melawan PSM Makassar dan tim Prakualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) Sulsel dalam rentang waktu antara 12 sampai dengan 16 Mei. (ren/jpnn)

Garuda Jaya Tantang Liverpool BTN Baru Pastikan Dua Laga Uji Coba JPNN, Jakarta TIMNAS Indonesia U-19 baru sekali menelan kekalahan selama 18 kali laga uji coba di Tur Nusantara dan Timur Tengah. Garuda Jaya jelas membutuhkan tantangan dari tim yang punya kekuatan lebih besar untuk mematangkan persiapannya dalam AFC Cup U-19 di Myanmar pada Oktober mendatang. Sudah banyak rumor yang beredar bahwa skuad asuhan Indra Sjafri tersebut bakal ditantang oleh dua klub asal Inggris, Liverpool dan Manchester City pada bulan depan. Selain satu pertandingan lainnya yang sudah bisa dipastikan adalah menghadapi Myanmar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, 5 Mei mendatang. Namun, setelah melakukan rapat kemarin (22/4), pihak BTN akhirnya sudah bisa memastikan satu tim yang akan menjadi lawan uji coba selain Myanmar. “Satu

klub yang sudah confirm ke kami itu adalah Liverpool. Pertandingan tersebut akan dilangsungkan di Jakarta pada 25 Mei,” ujar Sekretaris BTN, Sefdin Syaifuddin di kantornya. Menurut Sefdin, untuk skuad The Reds, julukan Liverpool, nanti yang didatangkan ke Indonesia merupakan tim gadogado. Artinya, skuad yang datang tidak murni berasal dari satu kelompok usia. Nantinya, tim Liverpool datang dengan kombinasi antara skuad U-18 dan ditambah tiga pemain dari U-21-nya. Kepastian menghadapi Liverpool tersebut tidak lantas membuat negosiasi dengan Manchester City gugur. Klub tetangga Manchester United tersebut masih diharapkan kedatangannya untuk menjadi lawan tanding bagi Evan Dimas Darmono dkk. “Sampai sekarang kami masih menanti konfirmasi dari Manchester City,” cetusnya. Sejatinya, proyek mendatangkan lawan-lawan tangguh bagi timnas U-19 bukan hanya tiga tim saja. Lebih dari itu, PSSI bersama BTN sudah membidik setidaknya lima lawan tanding

F. Farid Fandi/Jawa Pos

dengan kualitas yang diharapkan bisa mengasah timnas U-19. Dengan rincian dua tim level klub Eropa dan tiga level timnas. Hanya, untuk timnas, baru Myanmar yang bisa dipastikan. Sementara untuk dua timnas lainnya masih belum bisa dipastikan. “Kalau untuk timnas, itu sudah menjadi kewenangan dari federasi dalam hal ini PSSI untuk melakukan negosiasi dengan federasi negara yang akan kami jadikan sebagai lawan tanding. Yang jelas

untuk tanggalnya tidak keluar dari bulan Mei,” imbuhnya. Nama Jepang sempat disebut sebagai calon lawan. Secara terpisah, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI Joko Driyono belum bisa berkomentar banyak untuk terkait dengan negara-negara yang menjadi calon lawan timnas U-19. “Beberapa negara sedang dalam penjajakan. Ditunggu saja, kami pasti inginnya negara dengan kualitas terbaik. Kami juga perlu berdiskusi dengan coach Indra,” tandasnya. (ren/jpnn)


GOSP RT

7

Batam Pos, Rabu 23 April 2014

Pecat Moyes, Angkat Giggs JPNN, Manchester Serangkaian penempilan buruk Manchester United (MU) di musim ini akhirnya menemukan klimaks. Selasa (22/4) kemarin, manajemen Red Devils, julukan MU, akhirnya memutuskan untuk memecat David Moyes dari jabatan pelatih kepala tim rakasasa Inggris itu. Pria berusia 50 tahun asal Skotlandia ini dinilai sebagai biang dibalik menurunnya peroforma MU selama musim ini. ”Manchester United mengumumkan bahwa David Moyes telah keluar dari klub. Klub menyatakan terimakasih atas semua kerja keras, kejujuran, dan integritas yang ditunjukannya selama menajadi pelatih,” tulis pengumuman resmi manajemen MU lewat situs resmi mereka. Ryan

Wacana terkait pemecatan Moyes ini sebanarnya sudah berhembus sejak dua hari lalu. Itu ketika Nemenja Vidic dan kawan-kawan harus pulang dengan kepala tertunduk setelah ditaklukan 0-2 oleh Everton dalam laga lanjutan Premier League di Stadion Goodison Park, Minggu (20/4). Kekalahan tersebut sekaligus membuat merah wajah keluarga Glazer sebagai pemilih saham mayoritas di MU. Mereka menilai, dana besar yang digelontorkan kepada Moyes, ternyata tidak sebanding dengan kontribusi yang dia berikan. Kemarahan tersebut juga menjadi akumulasi kekecewaan setelah MU tersingkir dari perebutan gelar Liga Champions dan sudah pasti gagal mempertahankan status juara bertahan mereka di Premier League. Moyes datang ke Old Trafford menggantikan Sir Alex Ferguson pada Juli 2013 lalu. Ketika itu, Ferguson memilih pensiun karena faktor usia setelah 27 tahun menjadi pelatih. Pria yang juga menjadi pelatih tersukses dalam sejarah sepak bola Inggris ini pun merekomendasikan Moyes sebagai pengganti. Namun, pilihan Ferguson keliru, Moyes hanya bertahan selama sepuluh bulan dan akhirnya dipecat. Giggs

Nah, seiring dengan terdepaknya mantan pelatih Everton dari Old Trafford tersebut, manajemen langsung mengangkat Ryan Giggs, salah satu veteran MU sebagai pengganti Moyes. Giggs yang telah bermandi peluh bersama MU selama 24 musim dinilai memiliki karisma kuat dan mampu mengangkat performa tim yang sedang terjun bebas tersebut. ”Setelah kepergian David Moyes sebagai manajer, Manchester United telah men g u mu mk an b ah w a R y an G igg s , yang selama ini paling banyak membela klub, untuk sementara ditunjuk untuk bertanggung jawab terhadap masa depan klub sampai dengan akan dibuatnya kontrak permanen untuknya,” tulis sebuah pernyataan di situs resmi MU. Giggs yang akan genap berusia 41 tahun pada November mendatang ini, memang sedang giat menuntaskan pendidikannya untuk mendapatkan lisensi pelatih professional di Inggris. Selama menjadi pemain MU pada 1990, pria asal Wales ini telah mencatatkan 962 caps dan menyumbangkan 13 gelar Premier League dan dua gelar Liga Champions. ***

Jangan Meniru Moyes

Owen: Keputusan yang Tepat M a nt a n p e m a i n Manchester United, Michael Owen, mendukung keputusan bekas klubnya itu mendepak David Moyes. Di mata Owen, manajer asal Skotlandia ini telah f.dok gagal total selama 10 Michael Owen bulan bercokol di Old Trafford. ”Berita besar di Old Trafford. Tapi dengan musim panas yang mengeluarkan dana transfer besar tentu MU seharusnya berada dalam situasi 100 persen. Moyes tepat didepak,” kata Owen dilansir Soccerway. Owen juga menilai sebagian besar pemain MU tak percaya dengan kepemimpinan Moyes. Beberapa nama pelatih kondang kini muncul sebagai kandidat pengganti Moyes di musim depan. Louis Van Gaal menjadi favorit terkuat. Muncul pula nama Jurgen Klopp, Laurent Blanc dan Diego Simeone. (viva.co.id)

David Moyes

f.Darren Staples/REUTERS

Banyak yang menilai bahwa pemecetan David Moyes dari Manchester United adalah menurunnya performa tim. Padahal, selain itu, ada 13 kesalahan yang dilakukan yang menyebabkan dia ditendang keluar dari Old Trafford. 1. Aksi Main Pecat Saat di zaman Sir Alex Ferguson, Manchester United memiliki beberapa staf yang bertanggung jawab langsung dalam pelatihan pemain. Mereka adalah Mike Phelan dan Rene Meulensteen. Tapi, mereka lantas di pecat oleh Moyes yang menyebabkan ketidak seimbangan dalam program latihan. 2. Gagal di Bursa Musim Panas Moyes gagal memperkuat tim di bursa transfer musim panas. Klubklub seharusnya membeli pemain saat mereka berada di puncak. Roberto Mancini melakukan kesalahan dengan tak melakukan ini setelah sukses membawa Manchester City menjuarai Liga Primer pada 2012, dan Moyes mengulangi kesalahan Mancini musim panas lalu. 3. Strategi Keliru Soal Fellaini Moyes membuang uang Rp 518,63 miliar untuk membeli Fellaini. Kesalahannya, bukannya langsung memboyong Fellaini sebelum klausul pelepasannya

berakhir, Moyes malah menunggu sampai batas terakhir di bursa transfer untuk memboyongnya ke Old Trafford.Parahnya lagi, Moyes terkesan tidak tahu harus memainkan Feillani. 4. Menunda Regenerasi Seharusnya banyak pemain veteran di MU yang sudah harus dilego di awal musim. Namun, Moyes gagal melakukannya. Terlepas dari sukses MU menjuarai Liga Primer Inggris musim lalu, para pemain seperti Nemanja Vidic, Rio Ferdinand, Patrice Evra, Ryan Giggs, dan Michael Carrick harus digantikan. Proses ini seharusnya dimulai musim panas lalu untuk memudahkan proses transisi. 5. Terjebak Mimpi Yang Tak Mungkin Moyes memiliki ambisi kuat untuk mendatangkan bintang sepak bola dunia seperti Gareth Bale dan Cristiano Ronaldo dari Real Madrid. Padahal, itu adalah sesuatu yang tidak mungkin dia dapatkan. Tapi, Moyes ngotot dan membiarkan MU menjadi bahan gunjingan setelah tawaran ditolak mentah-mentah Bale dan Ronaldo. Ini membuat reputasi klub terjun bebas. 6. Terlalu Banyak Intervensi Moyes tidak terbiasa mendelegasikan tugas di tempat latihan. Berbeda dengan Ferguson, yang menjauhi kegiatan melatih sehari-hari, dan baru tampil saat pertandingan. Konsekuensinya, Moyes tak bisa memberi pengaruh apa pun saat pertandingan karena para pemain telah terbiasa mendapatkan arahan dari dia saat latihan. 7. Kehilangan Legitimasi Moyes tak pernah bisa merebut hati para pemain senior MU. Salah satu penyebab terbesarnya adalah mereka semua mengeluhkan konsep latihan dari Moyes. Ryan Giggs berulang kali melontarkan kritik di ruang ganti . 8. Terlalu Cepat Berevolusi Moyes melakukan serangkaian perubahan, salah satunya dengan mengubah gaya menyerang dan mentalitas MU. Filosofi Setan Merah, julukan MU—di bawah asuhan Ferguson adalah menyerang lawan. Ferguson tak terlalu mengkhawatirkan cara mengatasi kekuatan lawan karena dia yakin pasukannya lebih baik.

Moyes tak melanjutkan ini dan hanya berusaha menahan gempuran lawan. 9. Hasil Buruk di Kandang Selama berada di bawah Ferguson, Old Trafford adalah salah satu stadion yang sangat angker di Premier League. Banyak tim yang keder lebih dulu sebelum bertandang ke sana. Namun, kesan angker itu mulai terkikis saat MU dikendalikan oleh Moyes. Begitu tim-tim lawan melihat betapa mudahnya tim sekelas West Bromwich Albion mengalahkan MU di Old Trafford, mereka tak lagi takut terhadap Setan Merah. 10. Membuang Banyak Uang Untuk Datangkan Mata Moyes terlalu royal untuk membelanjakan uang MU untuk pemain-pemain yang sejatinya kualitas merka di bawah rata-rata. Salah satunya dia lakukan dengan menggelontorkan dana besar hanya untuk mendapat tanda tangan seorang Juan Mata. Moyes harus mengeluarkan dana sebesar Rp 710,72 Miliar dan menjadi rekor transfer termahal hanya untuk seorang pemain yang menjadi cadangan di Chelsea itu. Padahal, saat ini mereka sudah memiliki salah satu pemain nomor 10 terbaik di Liga Primer dalam sosok Wayne Rooney. 11. Minim Visi Sepak Bola Moyes minim visi dan filosofi sepak bola. Lihatlah pelatih Everton, Roberto Martinez, dan pelatih Liverpool, Brendan Rodgers, saat mereka beraksi. Akan terlihat betapa mereka memiliki visi yang jelas mengenai bagaimana mereka ingin tim asuhan mereka bermain. 12. Gagal Mejadi Teladan Melihat setiap kali penampilan MU, sangat jelas terlihat bahwa Moyes tak bisa menginspirasi para pemainnya. Kemenangan mereka atas Arsenal di Old Trafford merupakan satu-satunya catatan sukses melawan tim-tim Besar. 13. Tidak Mampu Mengambil Hati Fans Moyes juga gagal menginspirasi para penggemar MU. Roberto Martinez mampu memunculkan sisi positif, bahkan dalam situasi terburuk sekalipun, dan itu mengangkat keyakinan publik. Sebaliknya, Moyes terlihat mengecewakan. (jpnn)


Batam Pos, Rabu 23 April 2014

8

13 Incumbent Kembali Terpilih KPU Tetapkan 30 Anggota Dewan AL AMIN, Selatpanjang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Meranti, akhirnya menetapkan 30 Anggota DPRD Kepulauan Meranti periode 2014-2019, dalam rapat pleno yang berlangsung Selasa (22/4) dini hari, sekitar pukul 04.00 WIB. Dari 30 kursi itu, 13 kursi masih ditempati incumbent. Dari 13 incumbent itu pula, Ketua Komisi I DPRD Kepulauan Meranti saat ini, Dedi Putra, peroleh suara tertinggi. Berdasarkan hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara Pemilu itu, Dedi Putra meraih suara tertinggi dari 12 incumbent lainnya. Dedi Putra yang merupakan Ketua DPC PPP Kepulauan Meranti, meraih dukungan 2. 260 suara di Dapil Meranti I (Tebing­tinggi). Suara tertinggi kedua diperoleh oleh Wakil Pimpinan DPRD Kepulauan Meranti M Tofikurrohman yang juga Ketua DPC Gerindra Meranti yang memperoleh 2.248 suara dari Dapil I.

Dapil Meranti I (Tebingtinggi) 1. Darwin Susandy 2. Ardiansyah 3. M Tofikurrohman 4. Musdar 5. Dedi Putra 6. Yekti Handayani 7. Lindawati 8. Hafizan 9. Emiratna Alias Nanak 10. Muzakir

(PAN) (PAN) (Gerindra) (Golkar) (PPP) (PDI-P) (Demokrat) (PKB) (Hanura) (PKS)

Dapil Meranti II (Rangsang dan Tebingtinggi Timur) 1. Fauzi Hasan (PAN) 2. Taufiek (PPP) 3. Mundarseh (Demokrat) 4. H Nursalim (Gerindra) Alias Ahmad Barokah 5. Hafizoh (Golkar)

Lima Incumbent mendapat dukungan lebih dari seribu suara, diantaranya, Basiran dari Partai Gerindra Dapil Meranti 4 dengan perolehan 1. 793 suara. Fauzi Hasan dari PAN Dapil Meranti II dengan perolehan dukungan 1. 756 suara. Pauzi partai Golkar dari Dapil Meranti III dengan perolehan dukungan 1. 444 suara. Edi Masyhudi partai PPP Dapil Meranti 4 dengan perolehan dukungan 1. 224 suara, kemudian Ardiansyah partai PAN Dapil Meranti I dengan perolehan dukungan 1. 143 suara. Sementara 6 caleg mendapat

Dapil Meranti III (Tebingtinggi Barat, Rangsang Barat dan Rangsang Pesisir) 1. M Tartib 2. Pauzi 3. Muzamil 4. Azni Safri 5. Marhisyam 6. Asrofi 7. Ma’ruf Syafei 8. H Nursyahruddin Amir

(Gerindra) (Golkar) (Demokrat) (PDI-P) (PAN) (Hanura) (PKB) (PPP)

Dapil Meranti IV (Merbau, Pulau Merbau dan Tasik Putri Puyu) 1. Basiran 2. Mikwan 3. Darsini 4. Asmawi 5. Edi Masyhudi 6. Zubiarsyah 7. Abdul Aziz

dukungan suara di bawah 1. 000 sebanyak 6 orang, diantaranya satunya Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti saat ini Hafizoh dari Partai Golkar. Hafizoh memperoleh 847, Asmawi Partai PDI-P memperoleh 846 dari Dapil Meranti IV. Mundarseh PAW Hafizan dari Partai Nasdem memperoleh 714 suara dari Dapil Meranti II. Emiratna yang merupakan ketua DPC Hanura Kepulauan Meranti memperoleh dukungan 685

(Gerindra) (Hanura) (Demokrat) (PDI-P) (PPP) (PBB) (PAN)

suara dari Dapil Meranti I. Ma’ruf Syafei dari PKB memperoleh 661 dukungan suara, dan Nursyahruddin Amir dari partai PPP memperoleh 503 dukungan suara. Selain 13 wajah lama tersebut, ada 17 kursi DPRD periode 2014-2019 yang diisi oleh wajah-wajah baru, diantaranya Tartib (Gerindra), Muzamil (Demokrat), Azni Syafri (PDI-P), Marhisyam (PAN), Asrofi (Hanura), Taufiek (PPP), Nursalim Alias Ahmad Barokah (Gerindra), Darwin Susandy

F. HUMAS

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Meranti, Selasa selesai menggelar rapat pleno. Terlihat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) membuka segel kotak suara yang disaksikan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) saat akan dilakukan penghitungan suara, Senin (22/4) lalu.

(PAN), Musdar (Golkar), Yekti Handayani (PDI-P), Lindawati (Demokrat), Hafizan (PKB), Muzakir (PKS), Mikwan Hanura, Darsini (Demokrat), Zubiarsyah (PBB, dan Abdul Aziz (PAN). Dedi Putera, saat dikonfirmasi, mengutarakan terimakasih kepada

masyarakat, khususnya konstituennya. Sementara itu, Dedi Indra mengatakan dengan perolehan suara tertinggi dalam jajaran incumbent, ia menilai masyarakat sudah menunjukkan kecerdasannya dalam memilih.

“Melihat ke perolehan suara itu, terbukti cara saya berpolitik selama ini tidak ada money politics, tetap terpilih. Ternyata mas­­yarakat kita sudah banyak yang cerdas,” kata Dedi yang juga Ketua DPC PPP Meranti itu. ***

Wanita Tulang Punggung Bangsa Irwan Kenakan Batik Sagu di Perayaan Kartini

Bupati Kepulauan Meranti Irwan Nasir mendampingi pemotongan tumpeng oleh Ketua TP PKK Syarifah Jumah, dalam acara hari peringatan kesatuan gerak PKK yang ke-42 dan peringatan hari Kartini di Aula AFIFA Selatpajang. Selasa ( 22/4) lalu.

SELATPANJANG (BP) - Bupati Kepulauan Meranti, Irwan Nasir menilai, keluarga yang baik adalah sokongguru bagi sebuah bangsa. Oleh karena itu, peran ibu-ibu sangat strategis, dalam mencetak sebuah keluarga yang dapat memperkuat bangsa. “Wanita adalah tulang punggung suatu bangsa. Jika wanita dalam satu negara kuat, maka negara itu akan kuat pula,” F. AMIN/batam pos

ujar Irwan, disambut ratusan tepuk tangan ibu-ibu PKK seKepulauan Meranti, saat peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-42 dan Hari Kartini, di Afifa, Jalan Banglas, Selasa, (22/4) lalu. Orang nomor satu Kepulauan Meranti itu, mengharapkan Tim Penggerak PKK (TP PKK) Kepulauan Meranti, dan Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, bisa membantu pemerintah dalam menjalankan semua program pokok dalam pemberdayaan keluarga. “Pemberdayaan ibu-ibu sangat perlu, bagaimana mendidik anak dengan baik. Rumahku adalah sur-

gaku, keluarga seperti inilah yang harus diciptakan, “ ungkapnya. Kenakan Batik Bermotif Sagu Dalam kegiatan tersebut, Bupati Irwan Nasir, tampak mengenakan Baju Batik Bermotif Sagu yang didesain dan dibuat langsung oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kepulauan Meranti. Ia tampak berkali-kali memuji batik yang dijahit sendiri oleh ibu-ibu daerah yang dipimpinnya. “Sengaja saya pakai biar semua bisa melihat bahwa Meranti sudah punya desain batik sendiri. Desain sagu Meranti. Ini sangat saya dukung, apalagi kita sudah dinobat-

kan sebagai pengelola sagu paling kreatif di Indonesia,” tuturnya. Untuk itu ia berharap, Dekranasda Meranti bisa mengembangkan program batik berdesain sagu Meranti itu. “Inovasi sangat diperlukan untuk memotivasi semua pihak,” kata Irwan. Kepala Kantor Pemberdayaan Perempuan, Syarifa Jumah, mengatakan kegiatan tersebut juga dibarengi dengan pembagian hadiah lomba yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu. “Kegiatan itu diikuti 214 orang. Berbagai perlombaan itu seperti desain kebaya, batik, lomba pidato, dan berbagai kegiatan kartini lainnya,” ucapnya. (amn)


Model Subaru Batam memperlihatkan New Forester 2.0i L.

9 Batam Pos, Rabu 23 April 2014

Kurs Rupiah

SGD 9.183

USD 11.538

MYR 3.531

EUR 15.946

JPY

112,505

Sumber: Yahoo Finance

BII Maybank Bali Marathon 2014 Jakarta (BP) - PT Bank Internasional Indonesia Tbk (BII) kemarin secara resmi mengumumkan penyelenggaraan lomba lari internasional BII Maybank Bali Marathon 2014. Lomba akan diselenggarakan pada Minggu, 14 September 2014 mendatang.

 Baca BII Hal 11

Berpetualang

BATAM (BP) - Kesempatan menarik dan terbaik bagi warga Batam yang membutuhkan jasa bridal atau foto studio. Jangan lewatkan pameran tunggal hanya empat hari oleh Wey Wey Bridal

Bersama

New Forester 2.0i L RENGGA, Batam

D

iler resmi Subaru Batam kembali memperkenalkan mobil andalan generasi keempatnya, New Forester 2.0i L. Masih sama dengan pendahulunya, All New Forester ini menggusung mesin boxer kapasitas 2.000cc. Mesin dipadukan dengan transmisi Lineartonic, plus sistem X-Mode atau

sistem kontrol pada konfigurasi penggerak semua roda (Symmetrical All Wheel Drive-AWD). Symmetrical AWD merupakan teknologi yang berfungsi memberikan tenaga ke empat roda Subaru New Forester 2.0i L. Teknologi ini juga berguna dalam hal

& Studio di Atrium Utama BCS Mall Baloi mulai besok, Kamis (24/4) sampai Minggu (27/4). Dapatkan beragam promo spesial serta hadiah kejutan menarik dengan bertransaksi selama pameran berlangsung. “Ingat, hanya empat hari saja, jadi jangan sampai ketinggalan,” ujar Sumi, Pimpinan Wey Wey Bridal & Studio, kemarin.

Selama pameran, pusat bridal yang berkantor di Harbour Bay ini akan memberikan harga super spesial bagi pelanggan yang mengambil paket seperti wedding, foto keluarga, video shooting, dan video klip prewedding. Tak hanya itu, setiap pelanggan yang melakukan transaksi Rp 500 ribu berlaku kelipatan akan

 Baca Promo ...Hal 11

menghasilkan tenaga yang maksimal, keseimbangan dalam berkendara serta memudahkan dalam mengontrol atau mengendalikan mobil dalam kondisi apapun.

 Baca Berpetualang ...Hal 11

f. Rengga/ batam pos

Stan Perumahan Devin Premiere di BNI REI Expo 2014.

Bertabur Hadiah dan Gratis Surat-Surat BATAM (BP) - Satu lagi perumahan di Batam yang menawarkan promo spesial pada pameran BNI REI Expo 2014, Devin Premiere. Perumahan yang dikembangkan pengembang ternama Cipta Group ini menawarkan satu kupon undian untuk setiap pembelian rumah di kawasan Marina Batuaji ini. Bagi yang beruntung akan mendapatkan hadiah menarik mulai dari kipas angin hingga sepeda motor. “Bukan hanya hadiah, kami juga memberikan gratis biaya surat-surat seperti Akta Jual Beli (AJB) dan Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB). Tunggu apalagi, karena promo ini hanya berlaku selama bulan April saja,” ujar Head Marketing Cipta Group, Rudi, Selasa (22/4). Berbagai kemudahan lainnya juga diberikan pengembang. Sebut saja sistem pembayaran, dimana uang muka

Perumahan Devin Premiere

Promo Khusus Empat Hari Wey Wey Bridal & Studio Pameran di BCS Mall

f. Rengga/ batam pos

f. ist

 Baca Bertabur ...Hal 11


10

Batam Pos, Rabu 23 April 2014

Poteh_Ireng Tawarkan Jasa Konsultan Desain, Kontraktor, Interior, dan Landscaping

Barcelona Diskon Rp 10 Juta

Layanan Lengkap, Lebih Cepat, dan Berkualitas

LILIS, Batam

f.istimewa

Poteh_Ireng melayani pembuatan interior elegan dan menawan seperti ini.

BATAM (BP) - Berencana membangun rumah tapi bingung kemana harus mencari jasa konsultan arsitek terpercaya lengkap dengan elemen pendukungnya? Tak perlu risau karena di Batam telah ada Poteh_Ireng, perusahaan jasa yang melayani semua kebutuhan arsitek untuk konstruksi bangunan mulai dari konsultan desain, kontraktor, interior hingga landscaping (pertamanan). Tak hanya memiliki layanan lengkap, Poteh_Ireng juga berkomitmen untuk memberikan layanan lebih cepat dan berkualitas bagi semua kliennya. ”Kami menyajikan karya atau jasa konsultasi arsitek yang fokus pada kualitas karena segmentasi kita kebanyakan kalangan menengah atas, dan kami juga mengedepankan aspek edu­kasi sehingga klien paham apa yang dibutuhkan untuk kepuasan mereka,” ujar Rora Saputro, Owner Poteh_Ireng, kemarin. Jika selama ini konsumen mengalami kendala lantaran jasa konsultan desain dengan yang lain terpisah, tidak demikian halnya

dengan Poteh_Ireng. Pelanggan bisa mendapatkan desain yang diinginkan lewat konsultasi dan saling tukar gagasan, sekaligus dengan layanan pengerjaan interior dan landscaping berikut kontraktornya. Hal ini menguntungkan konsumen karena jika dikerjakan oleh lembaga yang sama maka tingkat kesesuaian desain arsitek dengan hasil riil akan lebih identik. Selain juga, kecepatan waktu yang ditawarkan Po­teh_Ireng bagi kepuasan kliennya. ”Betapa pentingnya perencanaan dan pelaksanaan yang baik ditunjang ketepatan waktu sehingga klien kami mendapatkan kepuasan sesuai yang diinginkan,” katanya. Poteh_Ireng merupakan jasa konsultan yang bekerja profesional dan berpengalaman di Batam sejak tujuh tahun lalu. Mengedepankan komitmen untuk menghasilkan karya terbaik yang dikerjakan dalam waktu lebih singkat, maka klien jadi lebih hemat waktu yang otomatis jadi lebih hemat uang. Selain itu,

sambung Rora, kepuasan pelanggan lewat karya arsitek yang dikerjakan sepenuh hati dan bernilai seni tinggi juga menjadi nilai lebih bagi lembaga konsultasi yang berkantor di Komplek Ruko Legenda Point Batam Centre tersebut. ”Bisnis kami lebih mengutamakan dikualitas layanan, kemudian kami sajikan dengan sentuhan hati sehingga menghasilkan rancangan yang tinggi nilai estetika yang akhirnya berpengaruh pada psikologi dan kenyamanan penghuni itu sendiri,” jelasnya. Tak hanya merancang desain, lanjut dia, Poteh_Ireng juga terus melakukan pengawasan, memberikan saran hingga membantu mengupayakan perbaikan kala terjadi masalah paska bangunan tersebut jadi. Bagi yang tertarik atau sedang membutuhkan jasa konsultan desain, kontraktor, interior hingga landscaping (pertamanan), silakan hubungi Poteh_Ireng di Komplek Ruko Legenda Point Blok E2 No.12 (belakang Pasar Mega Legenda), Batam Centre. (rna)

Selain menawarkan rumah, PT Multi Propertindo juga mena­ warkan Town House Barcelona Residence. Town house yang baru diluncurkan saat pembukaan REI Expo di Mega Mall ini ditawarkan dengan harga Rp 457 juta. Namun selama pameran di Mega Mall yang berlangsung hingga 27 April, dari harga tersebut pengembang memberikan potongan Rp 10 juta. ”Harga selama transaksi di Pameran menjadi Rp 447,2 juta, meskipun baru diluncurkan, hingga saat ini peminat town house ini lumayan bagus,” ungkap Marketing Barcelona Residence, Lely Fatimah di REI Expo Mega Mall, Minggu (20/4). Dijelaskan Lely, ada tiga blok ruko yang tersedia yakni Blok A, B, dan C. Town house ini merupakan bangunan dua lantai dan memiliki spesifikasi di antaranya, menggunakan struktur beton bertulang, atap genteng, plafon gypsum, dan masih banyak lagi spesifikasi terbaik yang diberikan oleh Barcelona Residence. Selain potongan Rp 10 juta, pengembang juga memberikan gratis biaya pengurusan Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB), Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), juga sudah pecah sertifikat yang berarti pemilik ruko akan mempunyai sertifikat masing-masing. Lokasi strategis yang ditawarkan yakni, berdekatan dengan bandara yang dapat ditempuh dalam waktu lima menit. Loka-

Barcelona Tipe 60

si juga padat penduduk dan berdekatan dengan sekolah Sultan Agung yang terdiri dari TK, SD, SMP, se­d angkan untuk SMA masih da­l am tahap pembangunan. Juga ada Rumah Sakit Alam Sehat, Puskesmas Alam Sehat dan pusat perbelanjaan New City Mall.

”Sudah dilengkapi fasilitas umum, seperti masjid, kolam renang dan taman bermain anakanak,” tambahnya. Sebelumnya Multi Propertindo Mandiri juga sudah menawarkan Perumahan Barcelona Residence tipe 48/90 dan 60/128. Kedua tipe ini terdiri dari dua kamar

tidur, satu kamar mandi dan satu ruang tamu yang cukup luas. Bagi yang berminat, segera kunjungi stan Barcelona Residence di REI Expo Mega Mall, atau mengunjungi kantor pemasaran di Komplek Ruko Royal Sincom Blok B Nomor 9, Batam Centre. ***


PROBIz

11

Batam Pos, Rabu 23 April 2014

BII Maybank Bali Marathon 2014 Sambungan dari hal 9

Ami (kiri) dan Wardi (tengah), peserta LBB Card Solution seri ke-6 usai berlomba di Top 100 Penuin, Minggu (20/4).

f. ist

Unggul Lima Poin, Wardi Juara Lomba Belanja Berhadiah Card Solution BATAM (BP) - Lomba Belanja Berhadiah (LBB) Card Solution bekerja sama dengan Top 100 Penuin seri ke-6 berlangsung seru dan menegangkan, Minggu (20/4). Aksi buru-buru, rebutrebutan hingga saling mencari waktu tercepat mewarnai perlombaan kali ini. Peserta pertama, Wardi dengan nomor peserta 0114000087134688 yang ditantang keluarga Ami dengan nomor 1013000067956388 sebagai peserta kedua. Tanpa menunggu lama, panitia pun segera menjelaskan acara telah dimulai. Wardi seketika langsung mendorong kereta dan disusul Ami. Satu persatu produk langsung masuk ke dalam kereta. Suara teriakan pengunjung lain, semakin memeriahkan acara. Hingga memasuki waktu 2,59 menit, Wardi mengakhiri perlombaan, tak lama kemudian dengan waktu 3,10 menit, Ami pun berhenti sambil menghitung jumlah perbelanjaan. Di akhir

perhitungan barang belanjaan yang dipimpin langsung oleh Koordinator Program LBB Member Card Solution (MCS), Kadri, mengatakan pemenang ditentukan oleh tiga kategori penilaian, waktu tercepat, jumlah barang belanjaan terbanyak dan jumlah belanja yang menekati angka Rp 300 ribu. “Satu kategori penilaian dinilai dengan 10 poin bagi juara pertama dan 5 poin bagi pemenang kedua,” ujarnya. Setelah dihitung, Wardi me­ nang dengan mengumpulkan 25 poin atau lima poin di atas Ami. Poin ini terdiri dari jumlah belanja Rp 434.500 dengan jumlah barang sebanyak 16 pieces (pcs). Sedangkan untuk Ami, memiliki jumlah belanja Rp 253.400 dengan jumlah barang sebanyak 14 pcs. “Jadi pemenangnya mutlak dimenangkan Wandi. Juara pertama akan mendapatkan tambahan hadiah voucher senilai Rp 300 ribu,” jelasnya. Penentuan peserta LBB dilakukan setiap dua minggu sekali pada Minggu pukul 15.00 WIB. Peserta dipilih berdasarkan mem-

ber Card Solution dan yang paling sering belanja di Top 100 Penuin. Kupon undian akan dicabut, bagi dua orang pertama yang disebut namanya akan menjadi peserta. Bagi namanya yang disebut, tapi orangnya tidak datang, maka dinyatakan gagal. “Semakin sering belanja di Top 100 Penuin, semakin banyak vocer Anda dan semakin besar pula kesempatan Anda untuk me­ ngikuti LBB,” lanjut Kadri. Kadri juga mengajak, bagi masyarakat yang belum bergabung menjadi member Card Solution untuk segera bergabung. Banyak keuntungan dan kelebihan. Sebut saja, para member akan mendapatkan diskon di ratusan merchant ternama, member juga akan mendapatkan voucher lebih dari Rp 1 juta dan sekaligus berkesempatan memenangkan lucky draw dengan hadiah utama 10 unit sepeda motor. “Cukup dengan mengeluarkan uang Rp 100 ribu saja, para member akan dimanjakan oleh berbagai hadiah termasuk acara spesial kita, belanja berhadiah,” tutup Kadri. (n)

BII Maybank Bali Marathon 2014, yang berlangsung di Gianyar, akan memperlombakan ajang full marathon berstandar internasional dengan jarak 42,195 km, half marathon (21,0975 km) dan 10K (10 km). Rute full marathon dan half marathon telah mendapatkan sertifikasi dari International Measurement Certificate number INA­2 012/009 dan telah disahkan Association of International Marathons and Distance Races (AIMS). Pengukuran rute dilakukan oleh International Measurement Administrator Dave Cundy, yang memiliki Grade A IAAF-AIMS course measurer. Pendaftaran Pendaftaran lomba akan dilakukan melalui sistem registrasi on line dan walk in. Sistem registrasi on line berteknologi maju

Sambungan dari hal 9 bisa dicicil hingga 14 kali. Konsumen juga bisa melakukan pembayaran melalui cash keras atau cash bertahap tanpa bunga hingga 36 bulan. Devin Premiere merupakan suatu perumahan nyaman dengan lingkungan yang rapi yang berada dikawasan Marina Batuaji. Hunian ini juga memiliki akses lokasi yang strategis, dekat dengan rumah sakit, pasar, tempat ibadah, kawasan industri, objek wisata Marina dan fasilitas lainnya. Melihat dari kelebihannya ini, Devin Premiere sangat cocok untuk tempat tinggal maupun investasi. Keuntungan lainnya memiliki hunian ini ialah, dekat dengan pusat industri pariwisata (Marina City, Harris Resort, Holiday Inn), dekat dengan pusat industri elektronik (Komplek Bintang Industri), dan hanya 20 menit ke Pelabuhan Sekupang. Tak hanya itu, perumahan yang hadir dengan konsep bangunan eastat terpadu dalam satu kawasan harga yang kompetitif dan legalitas yang terjamin. Untuk tahap pertama ini, Devin Premiere menyediakan unit rumah mulai dari tipe 36/72, 38/72, 48/90, 58/105, dan unit town house satu dantai dan dua lantai.

Harga yang ditawarkan kepada calon pembeli pun cukup terjangkau, mulai dari Rp 147 juta. Hunian ini berspesifikasi seperti struktur bangunan beton bertulang, atap baja ringan, plafon gipsum, jendela kusen alumunium. Sedangkan lantai dikeramik

dengan ukuran 30 x 30 cm. “Bagi Anda yang berminat segera mengunjungi pameran BNI REI Expo 2014 di Lantai Dasar Mega Mall atau juga bisa mengunjungi kantor kami di Ruko Buana Mas 2 Nomor 32 Tembesi,” tutup Rudi. (n)

Event “BII Maybank Bali Marathon perdana kami pada 2012 yang diikuti dengan event kedua pada 2013 lalu berlangsung dengan sangat sukses. Kami pun melihat adanya trend positif pada olah raga lari di Indonesia. Melihat makin tingginya animo pada olah raga lari belakangan ini, kami mengharapkan peningkatan jumlah pelari di lomba

tahun ini” kata Taswin Zakaria, Presiden Direktur BII dalam siaran pers rilisnya, kemarin. Jumlah peserta yang mendaftar di BII Maybank Bali Marathon 2012 adalah lebih dari 2.000 pelari dan berasal dari 43 negara. Selanjutnya terdapat peningkatan 50 persen dari sisi jumlah peserta pada tahun berikutnya, di mana jumlah peserta mencapai lebih dari 3.000 pelari dan berasal dari 46 negara, termasuk Kenya, Eropa, Amerika, Asia dan Australia. Pada saat yang sama event ini juga mampu menjaring minat para penggemar olah raga lari di Indonesia yang terus bertumbuh hingga saat ini. Seperti tahun-tahun sebelumnya, dalam penyelenggaraan BII Maybank Bali Marathon 2014, BII juga berencana untuk melaksanakan program corporate responsibility (CR) di beberapa titik yang dilalui dalam jalur marathon. “BII Maybank Bali Mara-

thon merupakan event yang istimewa bagi kami karena memadukan elemen corporate responsibility yang kuat, termasuk kegiatan mendukung hidup sehat melalui olah raga, kesehatan masyarakat dan program pendidikan. Program ini men­dapatkan apresiasi yang baik selama dua tahun penyelenggaraan dan kami bermaksud untuk melanjutkan CR bagi komunitas di Gianyar. Hal ini sejalan dengan misi kami humanizing financial services, khususnya untuk berada di tengah ma­ syarakat, baik melalui ekspansi usaha maupun pelaksanaan CR,” jelas Taswin. Informasi tentang BII Maybank Bali Marathon 2014 dapat diakses melalui situs www.bali­mara­thon. com, facebook www.­face­book. com/BaliMarathon dan twitter @ BaliMarathon. Masyara­kat dapat berdiskusi dan bertanya tentang BII Maybank Bali Marathon melalui media tersebut. (suc)

dan paket kiddy. Tersedia banyak koleksi gaun impor model terbaru dari Singapura, Malaysia dan China. Bridal ini memiliki staf dan para make up artist serta fotografer profesional dan juga telah berpengalaman di bidangnya. Pusat bridal ini memiliki studio di Komplek Ruko Harbour Bay yang diirancang beda, di mana lantai 1 hanya digunakan untuk layanan customer, lantai 2 untuk koleksi gaun, dan lantai 3 foto express. “Dengan begitu kami harap tamu makin nyaman saat datang ke sini,” kata dia. Bukan hanya di Harbour Bay, sambung Sumi, Wey Wey Bridal & Studio juga punya vila khusus untuk menunjang pengambilan foto prewedding. Bangunan 3 lantai itu memiliki 7 kamar yang disulap menjadi studio, di mana masing-masing

kamar punya konsep yang berbeda-beda. Vila di Bukit Permata, Baloi itu memiliki view rerumputan hijau serta air sungai yang indah dan menawan. “Ini beda dan kami satusatunya di Batam yang punya itu. Menariknya, tamu bisa foto prewedding sekaligus merekam video klip. Bahkan yang ingin konsepnya beda, misalnya aktivitas di atas laut, kami juga punya jetski sendiri,” ungkapnya. Selain bridal dan foto, Wey Wey Bridal & Studio ini juga melayani video shooting untuk acara launching atau seremoni, misalnya launching kapal, peresmian usaha dan sebagainya. Informasi lebih lanjut, silakan kunjungi Wey Wey Bridal & Studio di Ruko Harbour Bay Blok C No.10 (depan OGHome Supermarket Harbour Bay Mall), Batuampar. (rna)

Promo Khusus Empat Hari Sambungan dari hal 9 mendapatkan 1 kupon undian lucky draw dan berlaku untuk semua paket. Tersedia aneka hadiah menarik dan grand prize berupa satu set kalung emas. “Masih ada lima hadiah istimewa lain seperti paket honeymoon (bulan madu, red) dan beragam voucher menarik lainnya,” katanya. Adapun hadiah-hadiah lain tersebut di antaranya paket honeymoon 3 hari 2 malam di Lagoi Resort di Hotel Nirwana Garden (termasuk tiket kapal), paket honeymoon spa suami istri (By Martha Tilaar), 3 lembar voucher makan di Wey wey Cafe Harbour Bay senilai Rp 880 ribu, 5 lembar kupon free foto keluarga dengan bingkai 20x 24 inch, dan 5 lembar kupon free foto keluarga dengan bingkai 14x19 inci.

Pameran tunggal itu, kata dia, juga didukung berbagai pihak seperti Nan’s Florist, Wey Wey Live Seafood, Dream Planner, Martha Tilaar dan juga Lux’s Model Agency. Puncak acara akan dihelat pada Minggu (27/4) yang dimulai pukul 16.00 WIB dengan fashion show koleksi gaun pengantin terbaru dari Wey Wey Bridal & Studio. “Nah, baru pada pukul 19.00 WIB kami adakan pengundian lucky draw, yang punya kupon harus datang siapa tahu Anda pemenangnya,” kata Sumi. Bagi yang ingin layanan lengkap, Wey Wey Bridal & Studio memberikan layanan leng­k ap dalam satu tempat untuk beragam jasa seperti foto studio pengantin, foto outdoor pengantin, foto studio, foto liputan, foto keluarga, video shooting, paket wisuda, paket glamour,

Berpetualang Bersama New Forester 2.0i L Sambungan dari hal 9

Bertabur Hadiah dan Gratis Surat-Surat

digunakan untuk memudahkan pelari dari Indonesia dan luar negeri dalam melakukan proses registrasi. Registrasi secara on line dilakukan melalui www.­ bali­marathon.com. Melalui situs ini, mereka juga dapat senantiasa memantau perkembangan event internasional ini termasuk memantau hasil setelah pelaksanaan lomba. Pendaftaran on line akan mulai dibuka sejak 17 Mei 2014 sedangkan pendaftaran walk-in dapat dilakukan sejak 26 Mei 2014.

“Kini penumpang tak perlu khawatir untuk melakukan pertualang dengan New Forester,” ujar Marketing Subaru Batam, Adrian, Selasa (22/4). Di sisi mesin, mobil kelas SUV ini menyandang mesin CVT 2.000cc boxer engine khas Subaru. Meskipun tenaganya besar namun tetap hemat bahan bakar.

Mobil ini mampu menyemburkan tenaga 150 hp pada putaran 6200 rpm. Dibekali dengan transmisi lineartronic ditambah kenyamanan berkendara dengan fitur Subaru Intellegent Drive lengkap dengan paddle shift dan X-Mode. “Tenaganya akan tetap sama, meskipun digunakan di jalan perkotaan ataupun di pegunungan dengan medan berbukit,” lanjut

Adrian. Dari sisi desain dan kenyamanan, mobil ini tetap mengusung fitur Subaru All Around Safety, mulai dari sisi rangka yang super kokoh (ring shaped reinforcement frame) dan Brake Away Engine (BAE), yang berfungsi untuk melindungi penumpang pada saat tabrakan mesin akan patah ke bawah. Tercatat sudah ada empat

penghargaan yang disabet All New Forester selama dua tahun terakhir ini. Mulai dari Motor Trend’s 2014 Sport/Utility of the Year, Good Design Award 2013 dari Japan Industrial Design Promotion (JDP), Top Safety Pick dari Insurance Institute of Highway Safety Amerika Serikat dan Top 5 Star Rating In Euro NCAP Safety Test For Second Consecutive Year 2012. ***


KOMUNIKASI BISNIS

12

Batam Pos, Rabu 23 April 2014

Nikmatnya Kopi Aceh

f. Rengga/ batam pos

Pembuatan Kopi Aceh dengan cara disaring.

BATAM (BP) - Menikmati secangkir Kopi Aceh tidak mesti harus pergi ke Aceh. Di Batam, saat ini telah tersedia Cafe Keude Kupi Ulee Kareng sebuah kafe yang dikonsep dengan nyaman untuk kongkow ataupun sekadar menikmati menu-menu spesial khas Aceh. “Bagi pecinta kopi, belum lengkap rasanya bila belum me­r asakan kopi khas Serambi Mekah ini,” ujar Pengelola Cafe Keude Kupi Ulee Ka­reng, Lutfi, Senin (21/4). Kopi Aceh sangat cocok di-

jadikan minuman pembuka di pagi atau malam hari. Selain memiliki rasa yang khas, kopi ini juga disaring dengan cara dituang dengan dua buah cangkir besar melalui penyaring, sehingga kopi yang dihasilkan akan lebih enak. Untuk pembuatannya, sebelum disajikan kopi yang telah dimasak ini terlebih dahulu disaring hingga beberapa kali. Penyaringan berfungsi menghilangkan ampas pada kopi. “Sehingga bisa diminum hingga tetes terakhir,”

lanjut Lutfi. Tak hanya itu, di sini juga me­ nyediakan minuman khas Aceh lainnya, antara lain, kopi panas Aceh, kopi dingin Aceh, kopi su­su panas Aceh, dan kopi susu di­ngin ala Aceh. Untuk harga, mi­nu­manminuman ini sangat terjangkau yakni hanya Rp 6.000. Selain menyedikan kopi khas Aceh, kafe yang berlokasi di pertokoan Pasar Cipta Puri Tiban ini juga menyediakan makanan khas Aceh berupa mi Aceh tanpa bahan pengawet. Beberapa menu

makanan lainnya juga bisa menjadi pilihan pengunjung. Tersedia sarapan pagi, siang hingga menu untuk meinikmati makan malam, seperti, nasi goreng, pempek, siomay. Tersedia juga makanan western spesial seperti spagethi, martabak bangka, soto medan, bubur ayam. Selain bisa menjadi lokasi pertemuan, kafe ini juga bisa dijadikan tempat me­nikmati nonton siaran olahraga favorit. Bagi pecinta internet, di sini juga me­nyediakan layanan wifi gratis. (n)


PROBIz

13

Batam Pos, Rabu 23 April 2014

Cegah Komplikasi Akibat Diabetes Dengan Terapi Ozon Diabetes melitus dikenal sebagai penyakit berbahaya yang bisa timbul secara mendadak tanpa mengenal usia. Sebagian orang menyebutnya sebagai The Silent Killer, karena penyakit ini sifatnya menahun dan kronis. Penyakit ini tidak membedakan usia. Bisa diderita mulai dari usia anak-anak, dewasa, maupun usia lanjut. Pada usia lanjut, diabetes kerap muncul tanpa gejala dan baru diketahui bila yang bersangkutan melakukan pemeriksaan kesehatan rutin. Bila dibiarkan dalam jangka panjang ini akan menimbulkan komplikasi kronis yang berakibat fatal, seperti penyakit jantung, gangguan fungsi ginjal, kebutaan, pembusukan kaki yang kadang memerlukan amputansi, dan impotensi. Pemeriksaan laboratorium di­p erlukan untuk menentukan apakah seseorang telah menderita diabetes mellitus atau belum. Bagi mereka yang sudah diketahui pasti menderita diabetes mellitus harus dapat mengendalikan penyakit ini agar tidak bertambah parah dan menimbulkan komplikasi. Meskipun hingga kini belum ada obat yang mampu menyembuhkan penyakit diabetes ini, namun dengan pengelolahan pola makan dan olahraga, akan membantu penderita agar penyakit ini tetap terkontrol dan tidak bertambah parah. Tapi kini anda tak perlu risau lagi, karena telah ditemukan teknologi medis yang ampuh

Akuisisi Bakal Untungkan BTN dan Mandiri

f.ist

SEORANG pasien menggunakan Terapi Ozon untuk mendapatkan berbagai manfaat kesehatan.

mengatasi masalah diabetes agar tidak menjadi lebih buruk. Terapi Ozon merupakan metode dimana darah pasien ditarik melalui satu lengan, diproses dengan ozon dan difilter di luar tubuh, kemudian disirkulasikan kembali melalui lengan lain. Proses ini berlangsung terus-menerus selama lebih dari 60-90 menit, tergantung keadaan pa­sien. Saat terapi akan terlihat perubahan warna darah yang semula merah tua, berubah menjadi merah terang karena diperkaya dengan oksigen. Dan pasien tidak perlu khawatir akan terinfeksi penyakit lain, karena semua peralatan medis yang klinik pakai steril dan sekali pakai. Pada penderita diabetes mellitus, Terapi Ozon bermanfaat untuk menurunkan

kadar gula dalam darah, meningkatkan fungsi pankreas secara maksimal dalam produksi insulin, melancarkan sirkulasi darah, meningkatkan sistem antioksidan, meningkatkan sistem imun, dan memaksimalkan oksigenasi ke seluruh jaringan. Aplikasi Terapi Ozon juga dapat menyembuhkan ulkus pada diabetic foot (luka atau borok pada kaki) yang mengakibatkan harus dilakukan amputasi pada jari atau bahkan kaki penderita. Dengan pemberian Terapi Oz­o n, baik secara langsung pada luka, maupun ke dalam darah melalui Ozonated Saline Infussion dan Apheresis (Polyatomic Oxygen Ozon Apheresis Therapy), tindakan amputasi dapat dihindari hingga 40 persen dari kasus diabetic foot. Selain

membantu mengatasi masalah diabetes agar tidak berlanjut pada tahap yang lebih parah, Terapi Ozon juga baik penderita jantung koroner, hipertensi, hiperkolesterol, asam urat, gangguan ginjal, kanker, lupus, migrain, vertigo, pemulihan pasca stroke, dapat juga dimanfaatkan sebagai anti-aging dan perawatan kecantikan. Untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut maupun pendaftaran, Anda dapat langsung datang ke Klinik Batam Health Care Center di Kompleks Lumbung Rezeki Blok D/ 1 Jalan Sultan Aburrahman. Nagoya, Ba­tam (depan Komplek Graha Sulaiman) telepon 0778-3300 100/ 0813 3915 4316. Buka setiap hari pukul 09.00-19.00 WIB. Jumat libur. (advertorial)

JAKARTA (BP) - Rencana pemerintah melepas saham di Bank Tabungan Negara (BTN) kepada Bank Mandiri mendapat tanggapan positif dari praktisi perbankan. ”Langkah Mandiri mengakuisisi BTN akan menguntungkan kedua bank BUMN itu,” sebut Ketua Umum Perhimpunan Bank-Bank Nasional (Perbanas) Sigit Pramono, Senin (21/4). Sigit mengatakan, saat ini BTN memiliki kekuatan dalam menyalurankan kredit pemilikan rumah (KPR). Sementara Bank Mandiri kuat dalam kredit di sekrot korporasi. Kedua Bank tersebut bisa bersinergi dengan sangat bagus dan saling melengkapi satu dengan yang lain. Karenanya Sigit menyarankan

para karyawan BTN agar tidak khawatir dengan rencana akuisisi itu. Pasalnya yang dilakukan adalah akuisisi, bukan merger. Sebagai bank yang fokus di KPR, lanjut Sigit, BTN selama ini terkendala modal dan sumber pendanaan yang kian terbatas. Hal ini tercermin dari tingginya ti­ ngkat loan to deposit ratio (LDR) BTN yang mencapai 104,4 persen di atas ketentuan Ba­nk Indonesia (BI). Selama 2013, total dana pihak ketiga (DPK) di BTN sebesar Rp 96,2 tri­liun, di mana 54,9 persen di an­taranya merupakan dana mahal. ”Ini bisa ditutupi oleh Bank Man­diri yang memiliki kekuatan mo­dal dan sumber dana pihak ketiga yang besar. Sampai 2013, Man­diri memiliki modal sebesar

Rp 82,4 triliun, yang terbesar di antara Bank BUMN lainnya,” beber dia. Selain itu, akuisisi Bank Mandiri terhadap BTN juga akan menguntungkan pemerintah. Sigit menambahkan, dengan melepas saham BTN ke bank BUMN maka pemerintah akan tetap memiliki kontrol penuh terhadap fungsi dan peran strategis bank pelat merah yang fokus mendukung penyediaan rumah bagi masyarakat itu. ”Akuisisi BTN oleh Mandiri juga sesuai dengan arsitektur perbankan Indonesia. Khusus untuk bank BUMN, nantinya akan ada satu bank besar yang beskala internasional. Ini keputusan yang sangat strategis,” tegas Sigit. (chi/jpnn)

Kantor Cabang (KC) Bank Mandiri, Cabang Imam Bonjol, Batam.

f.suprizal tanjung/batam pos


15

Batam Pos, Rabu 23 April 2014

Marketing COMMUNICATION

Accor Indonesia Tanam 7.500 Pohon Rayakan Dua Tahun Planet 21 SUPRIZAL TANJUNG, Batam Accor Indonesia yang merupakan Group Accor, merayakan hari ulang tahun (HUT) kedua Planet 21 dengan melaksanakan program sosial kemasyarakatan berkesinambungan. Salah satu programnya, yaitu menanam 7.500 pohon se-Indonesia, Senin (21/4). ”Penanaman serentak oleh karyawan hotel-hotel Accor ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap Plant for The Planet. Melalui proyek penghijauan ini, Accor telah menanam lebih dari tiga juta pohon se-dunia sejak 2009,” sebut Chief Operation Officer, Accor Malaysia, Indonesia and Singapore, Gerard Guillouet, kemarin. Gerard mengatakan, dengan Planet 21, Accor telah berkomitmen melaksanakan 21 inisiatif. Masing-masing inisiatif tersebut memiliki target untuk dicapai tahun 2015 dan dikelompokkan ke dalam tujuh pilar program yaitu kesehatan, alam, karbon, inovasi, lokal, pendidikan karyawan, dan dialog dengan masyarakat. Salah satu komitmen tersebut terwujud dalam program ”Plant for

Karyawan Novotel Batam dan Mercure Batam foto bersama sebelum menanam pohon di Dam Duriangkang, Senin (21/4). F. ist

The Planet” yaitu mengumpulkan dana penghematan biaya mencuci handuk dari Hotel Accor se-dunia untuk membiayai berbagai proyek penghijauan. Hotel-hotel Accor se-Indonesia telah berpartisipasi dalam program ini. Caranya dengan mengimbau tamu, bila tidak berkeberatan, tidak terlalu sering mengganti handuk selama menginap. Formula yang diterapkan adalah menghemat biaya cuci lima handuk sama dengan komitmen menanam satu pohon. Dana penghematan biaya cuci yang terkumpul lalu disalurkan ke berbagai program penghijauan.

Dan saat ini lebih dari tiga juta pohon telah ditanam di dunia. Gerard mengatakan, Indonesia salah satu pelopor program ”Plant for The Planet” yang terwujud melalui kerja sama Accor dengan Perusahaan Hutan Negara Indonesia (Perhutani) melalui Program Pengelolaan Hutan sejak tahun 2007 sampai sekarang. Lewat program ini, Accor berhasil menghijaukan kembali lahan seluas lebih dari 78 hektare di Gelandang, Jawa Tengah dengan menanam lebih dari 100 ribu pohon. Setiap 21 April, seluruh Hotel Accor di Indonesia merayakan Planet 21 Day. Perayaan yang dimulai sejak

2012 tersebut telah menanam 20.000 pohon se-Indonesia, di mana 10 ribu pohon ditanam pada peresmian program tahun 2012. Kemudian 3.000 pohon ditanam pada perayaan pertama. Lalu 7.500 pohon ditanam pada perayaan 2014. Novotel dan Mercure Batam Ikut Meriahkan Planet 21 Day Planet 21 Day memberi kesempatan kepada para karyawan Accor sedunia berpartisipasi dalam mewujudkan komitmen Planet 21 di kawasan masing-masing. Beberapa karyawan Novotel Batam dan Mercure Batam

berkumpul di DAM Duriangkang, Senin (21/4) pukul 07.00 WIB untuk menanam lebih dari 50 pohon, di antaranya pohon mangga, sawo, jambu, dan palem. Penerapan Planet 21 telah membuahkan hasil bagi Accor di Indonesia. Di mana enam Hotel Accor di Indonesia meraih Green Hotel Award 2013 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. Keenam hotel tersebut yaitu adalah Pullman Jakarta Central Park, Novotel Palembang, Novotel Lampung, Novotel Bandung, Novotel Manado Golf Resort & Convention Centre, dan Mercure Surabaya. Green Hotel Award merupakan bentuk penghargaan kepada hotel atas prestasi mereka terkait hal sosial kemasyarakatan, berkesinambungan, dan terkait lingkungan. Termasuk pengelolaan lahan, konservasi air dan energi, penggunaan bahan baku ramah lingkungan, pengelolaan kualitas udara dan limbah, kebijakan belanja yang peduli lingkungan, pengurangan limbah makanan, dan inisiatif program CSR. Accor terus mendorong jaringan hotel-nya di Indonesia untuk terus mencari cara agar semakin ramah lingkungan, dan memiliki tanggung jawab sosial semakin besar. ***

Investor Tunggu PPnBM Ponsel JAKARTA (BP) - Rencana pemerintah untuk memberlakukan pajak penjualan barang mewah (PPnBM) atas produk telepon seluler (ponsel) impor dan sejenisnya semakin mendekati kenyataan. Hal ini membuat dua perusahaan asing dan 10 perusahaan lokal produsen ponsel dan komponennya bersiap-siap menanamkan modalnya di Indonesia. Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag), Bachrul Chairi mengatakan semangat pemerintah untuk memberlakukan peraturan tersebut masih terjaga hingga seka­rang. Beberapa pertemuan antar instansi terus dilakukan untuk merumuskan kebijakan itu. ”Kajian terus dikebut, kita harapkan sebelum pemerintahan baru terbentuk sudah ada,” ujarnya (21/4). Dengan pemberlakuan pajak penjualan barang mewah tersebut maka harga ponsel yang mayoritas masih harus di impor menjadi lebih tinggi dari biasanya. Hal ini akan mendukung pengembangan industri ponsel di dalam negeri sehingga Indonesia bisa lepas dari ketergantungan ponsel impor. (jpnn)

Anda ada acara di sekolah, kampus, kantor, dan hotel, seperti seminar, pentas seni, dan sebagainya, ingin diliput dan diberitakan Batam Pos? Hubungi Suprizal Tanjung di: 0857 6541 0000


16

Batam Pos, Rabu 23 April 2014

buah

Angel Lelga

bibir

Gagal Masuk Senayan

Leonardo DiCaprio

Diminta Perankan Steve Jobs

ara pengurus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di daerah pemilihan Jawa Tengah 5 memastikan artis Angel Lelga gagal lolos ke Senayan. Perolehan suara PPP di daerah tersebut, tidak mampu mengantar calon legislatornya itu ke gedung DPR. ”Sudah bisa dipastikan melalui hasil pleno Komisi Pemihan Umum (KPU) di Surakarta, Klaten, Sukoharjo, dan Boyolali,” kata Ketua Dewan Pimpinan Cabang PPP Surakarta, Arif Sahudi, Senin malam, (21/4). Menurut dia seperti yang dilansir tempo.co suara PPP untuk tingkat DPRD kabupaten dan kota di daerah pemilihan tersebut hanya terkumpul 55 ribu. Sedangkan untuk tingkat DPR jumlahnya jauh lebih kecil, sekitar 18 ribu suara. ”Jumlah suara itu juga masih dibagi untuk banyak caleg,” katanya.

P

Kegagalan itu, menurut dia, harus menjadi bahan evaluasi bagi partainya. ”Ternyata keberadaan caleg yang berasal dari kalangan artis belum bisa mendongkrak suara partai,” ucapnya. Padahal pencalonan Angel Lelga banyak menjadi bahan pembicaraan masyarakat di daerah tersebut. Lima tahun lalu, olahragawan Icuk Sugiarto juga mencalonkan diri sebagai caleg PPP di daerah pemilihan tersebut. Kala itu Icuk pun gagal melenggang ke Senayan. ”Memang harus diakui bahwa popularitas tidak bisa menjamin elektabilitas,” tuturnya. Ketua PPP Klaten, Thontowi Jauhari berharap kelak partainya lebih mengutamakan putra daerah untuk maju sebagai calon anggota DPR. ”Tidak perlu artis atau tokoh terkenal,” katanya. Dia yakin putra daerah lebih memiliki jaringan yang kuat di daerah pemilihannya. (dew/net)

f.net

Raisa

f.net

Ramah Membuatnya

Sony Pictures bakal membuat film kehidupan Steve Jobs. Menurut The Hollywood Reporter edisi 21 April 2014, Sony Pictures tengah mendekati sutradara Danny Boyle guna mengarahkan sinema itu. ”Boyle menginginkan Leonardo DiCaprio untuk memerankan Steve Jobs,” tulis The Hollywood Reporter. Sebelumnya, film “Steve Jobs” bakal digarap oleh sutradara David Fincher. Namun, Fincher dikabarkan terlalu banyak menuntut masalah honor dan kontrol film. Ia bahkan sangat menginginkan Christian Bale menjadi peran utama, meskipun Bale menolak. Fincher pun keluar dari proyek film “Steve Jobs”. Boyle dan DiCaprio pernah bekerja sama untuk “The Beach” pada 2000. Kini DiCaprio masih terikat kontrak untuk bermain di film arahan sutradara Alejandro Gonzalez Inarritu. Rencananya, proses syuting dimulai September 2014. Karena itu manajemen DiCaprio belum memberikan komentar atas keinginan Boyle. Seperti yang dilansir Tempo.co, film “Steve Jobs” akan diproduseri Scott Rudin. Sedangkan Aaron Sorkin, penulis naskah The Social Network, diminta untuk mengerjakan jalan cerita dan dialognya. Film ini pun akan dibuat berdasarkan biografi laris Jobs yang ditulis Walter Isaacson. Jobs adalah pendiri dan pemilik perusahaan perangkat teknologi Apple Inc yang meninggal pada 5 Oktober 2011 lantaran diserang kanker pankreas. (dew/net)

Sukses Penyanyi Raisa mengatakan menjadi pribadi yang ramah membuat dia bahagia dan membantunya meraih sukses. ”Sebagai orang yang memiliki kepribadian yang ramah, aku sangat percaya bahwa dengan menunjukkan sikap bersahabat pada semua orang, maka kebahagiaan dan kesuksesan akan menyertai diri kita dengan sendirinya,” katanya, Selasa (22/4). Menurut penyanyi yang kini menjadi bintang iklan beberapa produk itu, keramahan adalah salah satu bentuk apresiasi terhadap dukungan orang lain kepada dia dan karirnya. Raisa juga mengatakan bahwa dia berhasil mencapai posisinya saat ini dengan tekad kuat, kerja keras dan optimisme. ”Dengan tekad dan kemauan keras untuk selalu belajar dan mencoba hal baru, aku bisa mencapai posisi seperti sekarang,” kata Raisa, yang merilis single Pemeran Utama November tahun lalu. (antara)

f.kapanlagi.com

Marsha Timothy

Dukung Vino 100 Persen

f.net

Sejak menikah dengan Vino Bastian dan dikaruniai anak pertama, Marsha Timothy jarang tampil di depan umum. Namun, Selasa, (22/4), Marsha tampak menemani sang suami di sebuah acara. Tak banyak yang berubah dari penampilan Marsha setelah menjadi seorang ibu. Marsha tetap cantik, modis, dan langsing. Diakui Marsha, kehadirannya di situ adalah untuk mendukung karier Vino. ”Dari dulu saya selalu support untuk pekerjaan yang dia suka. Saya selalu support 100 persen,” kata Chacha begitu ia kerap disapa. Chacha tidak datang membawa buah hatinya. Ia mengaku memang tak

selalu membawa anaknya saat berkegiatan. ”Lihat kondisinya. Tergantung lokasinya juga,” ucapnya seperti yang dilansir viva.co.id. Wajah Chacha pun langsung berbinar saat menceritakan pertumbuhan anaknya. Ia mengaku sangat menikmati statusnya sebagai seorang ibu. Diakui Chacha, sesibuk apapun, ia dan Vino selalu menyempatkan diri untuk meluangkan waktu bersama anaknya. ”Waktu yang kita punya sebagai quality time, kita selalu menjaga waktu untuk selalu berkualitas. Sejauh ini yang penting kita kumpul. Bangun tidur, Vino juga main sama anak,” ujarnya. (dew/net)

Olla Ramlan Pilih Sekolah Anak Berbasis Agama Olla Ramlan tidak memilih sekolah internasional bagi anak semata wayangnya, Sean Michael Alexander. Olla justru memilih sekolah berbasis agama, meskipun Sean memiliki wajah indo, perpaduan Olla dengan mantan suaminya, Alex Tian, pria berkebangsaan Belanda. Olla merasa sekolah dengan dasar agama yang kuat mampu membentengi anaknya dari kejahatan seksual yang belum lama ini terjadi di Jakarta International School (JIS). Olla berharap anaknya bisa mendapatkan pendidikan yang baik secara akademis maupun nilai-nilai moral dan religius. Hal tersebut sejauh ini bisa memenuhi harapan Olla. Setidaknya sang anak terjaga dari kejahatan orang asing. ”Saya sekolahkan anak saya di sekolah muslim di Bhakti Mulya. Mudahmudahan bimbingan agamanya bagus dan guru-gurunya juga bagus,” kata Olla saat seperti yang dilansir Tempo, Selasa, (22/4). Meskipun pendidikan dan penjagaan anaknya di ruang publik masih terjaga, Olla turut prihatin terhadap peristiwa yang menimpa salah satu murid di JIS beberapa waktu lalu. Istri dari Muhammad Aufar Hutapea ini sangat menyayangkan peristiwa semacam itu bisa terjadi di tempat yang pengamanannya terlihat ketat dan

f.net

sangat terjaga. Olla mengkhawatirkan kondisi korban. Menurut dia, jika anak sedari kecil mendapatkan perilaku yang buruk, hal tersebut dapat berimbas pada masa depannya. ”Anak akan trauma dan itu akan lama,” kata Olla. Menurut Olla, rasa trauma yang dirasakan akan berlangsung lama dan bisa mempengaruhi kehidupan masa depannya. “Semoga enggak kejadian lagi ya. Negeri ini butuh anak-anak dengan masa depan yang bagus,” kata Olla, yang terlihat emosi dengan kejadian di JIS itu. (dew/net)


17

Batam Pos, Rabu 23 April 2014

PKK Siapkan oleh-oleh Khusus

44

Menuju MTQ Nasional

Sejarah Batam Dimuseumkan di Eks Astaka

TANJUNGPINANG (BP) - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Kepri akan menyiapkan oleh-oleh khusus bagi tamu undangan dan kafilah yang akan bertanding di Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-25 di Dataran Engku Putri Batam, 5-14 Juni 2014 mendatang. ”Proses lelang sudah selesai, kita akan siapkan oleholeh khusus untuk tamu undangan dan para kafilah,” ujar Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kepri, Aisyah Sani, usai rapat bersama Panitia MTQ Nasional ke-25 di Aula Kantor Gubernur Kepri di Dompak, Tanjungpinang, Selasa (22/4). Dijelaskannya, oleh-oleh tersebut dipersiapkan untuk 6.000 undangan. Sebanyak 500 paket di antaranya merupakan undangan very important person (VIP). Adapun oleh-oleh yang akan dikemas dalam bingkisan tersebut di dalamnya batik tikar, makanan ringan, kue bangkit, dan dompet kosmetik yang dibalut dengan batik tikar. Lebih lanjut jelasnya, bodypack untuk 500 undangan VIP terbuat dari bahan sentetis yang dianyam seperti tikar. Sedangkan yang lainnya dikemas meng

Purna astaka MTQ Nasional yang dibangun di Engku Putri Batam Centre nanti, akan dijadikan museum Batam. Bahkan Pemerintah Kota (Pemko) Batam sudah berencana ke Belanda mencari bukti dan sejarah Batam, diisi di eks astaka. ”Tidak menutup kemungkinan kita akan ke Perpustakaan Leiden University di Belanda dan juga ke daerah lain. Ini untuk mencari bukti sejarah dari masa ke masa, bagaimana kondisi Batam awalnya yang dikumpulkan dalam museum eks astaka,” kata Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan. Saat ini, Pemko Batam sudah mulai melakukan inventarisasi sejumlah peninggalan sejarah, yang nantinya ditempatkan di eks astaka. Terkait universitas di Belanda, Dahlan mengaku di sana masih ada bukti sejarah tentang Batam. ”Kita tahu dulu bagaimana daerah ini dibagi menjadi dua kekuasaan. Indonesia dikuasai Belanda sementara Singapura dan Malaysia, masuk wilayah kekuasaan Inggris. Bukti keberadaan Belanda yang paling jelas di antaranya di Pulau Sambu,” urai Dahlan.

 Baca PKK ...Hal 20 IBU Negara Ani Yudhoyono didampingi Ketua TP PKK Kepri Hj Aisyah Sani, mengamati kerajinan khas Kepri, tas motif batik tikar pada peringatan HUT ke-33 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) di Assembly Hall, Jakarta Convention Centre, beberapa waktu lalu.

Infrastruktur

SKPD Dikumpulkan di Pusat Pemerintahan TANJUNGPINANG (BP) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri berencana akan membangun sejumlah gedung baru di Pusat Pemerintah Provinsi Kepri di Pulau Dompak, Tanjungpinang. Hal itu dilakukan mengingat masih banyak satuan perangkat kerja daerah (SKPD) yang berkantor di luar pusat pemerintahan. ”Seperti kita ketahui, masih ada sejumlah SKPD yang kantornya diluar sini (Dompak,red). Sehingga, Pemprov membangunan perkantoran tambahan,” ujar Gubernur Kepri HM Sani kepada wartawan di Aula Kantor Gubernur Kepri di Dompak, Tanjungpinang, Selasa (22/4). SKPD yang berkantor di luar pusat pemerintahan seperti Dinas Pertanian, Kehutanan, Perkebunan (PKP), Dinas Perhubungan, Dinas Sosial, dan Badan Pemberdayaan Perempuan dan Penanggulangan Anak (BP3A) Kepri yang masih berkantor di ruko. Selain itu, masih banyak badan dan biro seperti Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), Unit Layanan Pengadaan (ULP), dan lainnya. ”Pemprov tetap akan membangun gedung perkantoran tersebut. Tentunya akan dibangun secara bertahap, karena melihat keuangan pemprov tentunya,” jelas mantan Bupati Karimun tersebut. Lebih lanjut kata Sani, tahun 2014 ini akan dilakukan pembangunan perkantoran Badan Pemberdayaan

f. dok

Tender Jembatan I Dompak

Ciptakan Teknologi Praktis dan Murah

JAILANI, Tanjungpinang

Soerya Buka TTG Tingkat Provinsi Kepri

P

roses pelel a n g a n kelanjutan pembangunan Jembatan I Dompak memasuki babak baru. Setelah melewati sejumlah tahap kualifkasi, kini tersisa dua perusahan Badan f. dok Usaha Milik Negara Heru Sukmoro (BUMN) yang bersaing mendapatkan tender senilai Rp 400 miliar tersebut. ”Dua kontraktor yang tersisa adalah PT Wijaya Karya dan PT Waskita Karya. Kedua perusahaan inilah yang layak memenangkan tender tersebut,” ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kepri, Heru Sukmoro kepada sejumlah wartawan di aula Kantor Gubernur di Dompak, Tan

 Baca Tinggal ...Hal 20

F. TRI HARYONO/ BATAM POS

WARGA menyaksikan rumah kontrakan Panda yang tewas bakar diri, Senin (21/4) lalu.

Cemburu Diduga Penyebab Bakar Diri

KARIMUN (BP) - Kepolisian masih melakukan olah tempat kejadian peristiwa (TKP) tewasnya Anda Basila alias Panda (29) membakar dirinya sendiri di kamar rumah kontrakannya di Pe-

 Baca Sejarah ...Hal 20

Tinggal Dua Perusahaan Bersaing

 Baca SKPD ...Hal 20

Labfor Medan Lakukan Olah TKP

Hari Lagi

rumahan Telaga Mas Blok A Nomor 2, RT 02 RW 02 Kelurahan Sungai Lakam Barat, Karimun, Senin (21/4) lalu.

 Baca Cemburu ...Hal 20

f. iman wachyudi/ batam pos

Wakil Gubernur Kepri Soerya Respationo serius membaca uraian cara kerja alat di salah satu peserta lomba inovasi TTG di Kepri Mall Batam Centre, Senin (21/4) malam.

BATAM (BP) - Wakil Gubernur Provinsi Kepri, Soerya Respationo membuka acara lomba inovasi teknologi tepat guna (TTG) tingkat Provinsi Kepri 2014 yang dilaksanakan di atrium Kepri Mall Batam Centre, Senin (21/4) malam. Teknologi yang dilombakan merupakan teknologi yang praktis dan mudah dimanfaatkan masyarakat. ”Dengan memakai teknologi tepat guna, mas­yarakat terbantu meningkatkan produktivitas ekonominya. Harapannya, teknologi yang diciptakan harganya tidak begitu tinggi-tinggi amat. Sehingga terjangkau masyarakat secara luas,” ujar Soerya. Lomba TTG ini, dimaksudkan mengembangkan kreativitas masyarakat untuk menciptakan teknologi tepat guna. Peserta TTG diikuti 99 orang dari tujuh kabupaten/ kota se-Kepri. Sebanyak 30 inovasi teknologi yang diciptakan berasal dari sekolah, perguruan tinggi, dan masyarakat umum yang berdomi

 Baca Ciptakan ...Hal 20


METRO SOCIETY

18

Batam Pos, Rabu 23 April 2014

Senam Sehat Massal Batam Pos Batam Pos Perwakilan Tanjungbalai Karimun kembali menggelar Senam Sehat Massal, Minggu (20/4) di Panggung Rakyat Putri Kemuning, Coastal Area. Kegiatan ini hasil kerja sama dengan Kantor Pemuda dan OIahraga Kabupaten Karimun ini berlangsung seru dan bertabur hadiah. Peserta tidak hanya mengikuti gerakan instruktur yang mengiringi senam massa ini, juga berkesempatan mendapatkan doorprize. Peserta juga dihibur organ tunggal di bawah naungan Dinas Pariwisata. Meski cuaca sempat mendung, namun serangkaian acara senam yang dimulai pukul 06.15 WIB ini, berlangsung meriah hingga puncak acara yakni pembacaan kupon berhadiah utama satu sepeda. �Suksesnya acara ini juga didukung Radio Canggai Putri 105,3 FM, dan Radio Azam 103,5 FM. Juga ada hadiah persembahan dari Wakil Bupati Karimun,� tutur ketua pelaksana acara, Robi Sofyan. Senam Sehat Massal Batam Pos, melengkapi rangkaian kegiatan yang telah dilakukan sehari sebelumnya. Di antaranya Birthday of Costumer (BoC), dan Rally Shopping. Puncaknya akan dilaksanakan penarikan undian Gebyar Batam Pos pada Mei mendatang di Kota Batam. ***

Narasi dan Foto : Tri Haryono

Panitia dan peserta foto bersama usai Senam Sehat Massal.

Kepala Perwakilan Batam Pos Karimun, Ichwanul Fazmi (kanan) menyerahkan hadiah utama sepeda gunung kepada pemenang doorprize, Risdayanti.

Ketua Pelaksana Senam Sehat Massal, Robi Sofyan menyerahkan hadiah kepada pemenang kupon undian senam.

Panitia Senam Sehat Massal Batam Pos, Rusli menyerahkan hadiah kepada pemenang undian.

Konter Batam Pos ikut meramaikan kegiatan Senam Sehat Massal di Coastal Area.

Peserta Senam Sehat Massal yang dihelat Batam Pos bekerja sama Kantor Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karimun.

Gerakan enerjik tiga instrukstur senam, membuat peserta semakin bersemangat.

Tim Rally Shopping Batam Pos berfoto bersama keluarga Bedul yang menjadi peserta rally shopping. Teguh (dua dari kiri) mewakili manajemen Asli Mart.

Anang dari Tim Rally Shopping Batam Pos, menyemangati keluarga Bedul yang terpilih menjadi peserta belanja gratis di pusat perbelanjaan Asli Mart.

Keluarga Bedul terlihat sibuk memilih produk yang harus diambil di pusat perbelanjaan Asli Mart.

Saleh menerima kejutan kue ulang tahun dari Miss BoC.

Keluarga besar pemilik Toko Setia, Saleh terpilih mendapat kue ulang tahun dari Tim BoC Batam Pos.


karimun

19

Batam Pos, Rabu 23 April 2014

DURAI

Produksi Rumput Laut Menurun

Dua Kepala Desa Belum Dilantik DURAI (BP) - Dua kepala desa (kades) di Durai, yaitu Kades Telaga Tujuh, Ismail Ibrahim (incumbent) dan Kepala Desa Tanjungkilang, Azwan, hingga kini belum dilantik. Padahal pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) sudah berlangsung 15 Desember 2013 lalu. “Warga Desa Tanjungkilang dan Desa Telaga Tujuh, Kecamatan Durai mempertanyakan waktu yang tepat untuk melantik kedua kepala desa tersebut,” ujar tokoh masyarakat, Kahar warga Tanjungkilang, kemarin. Sementara Kepala Desa Sugie, Mawasi dan Kepala Desa Tanjungpelanduk, Nurdin telah dilantik oleh Bupati Karimun Nurdin Basirun di Moro beberapa waktu lalu. Camat Durai, Arpan yang dihubungi Batam Pos, Senin (21/4) lalu mengaku dirinya belum mendapat kabar kapan waktu pelantikan kedua kades bersangkutan. Dia juga mengakui masyarakat mulai tertanyatanya realisasi pelantikan kades tersebut. “Jadwal pelantikan Kades Telaga Tujuh dan Kades Tanjungkilang, belum diketahui. Karena menunggu kepastian dan waktu Bupati Karimun Nurdin Basirun,” ungkap Arpan. (pst)

transportasi

Dishub Tertibkan Kendaraan Umum TANJUNGBATU (BP) - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Karimun bekerja sama dengan unit Lantas Polsek Kundur menggelar razia penertiban kendaraan umum di Pulau Kundur, Selasa (22/4). Penertiban terhadap kendaraan angkutan umum meliputi kelengkapan surat kendaraan, KIR, dan masalah izin trayek. ”Penertiban ini sifatnya sosialisasi. Agar pengemudi tertib di jalan raya sekaligus melengkapi surat kendaraan dan mengurus surat izin trayek jika sudah tidak berlaku,” ujar Kepala Bidang Perhubungan Darat Dishub, Eviyendra. Saat ini, sebut Eviyendra, penertiban yang dilakukan sebatas mengingatkan terhadap pengemudi dan pemilik kendaraan umum. Jika tidak melengkapi surat kendaraan sanksinya ditilang di tempat. Bagi pemilik kendaraan yang terbukti melanggar akan mengikuti sidang di Tanjungbalai Kairmun. ”Hasilnya cukup bagus sudah banyak pengemudi menyadari pentingnya kelengkapan surat kendaraan. Selain itu untuk katagori kendaraan angkutan umum jika izin trayeknya mati segera diurus kembali, sehingga tidak merugikan pemilik kendaraan itu sendiri. Kita harapkan ke depanya akan lebih baik lagi dan tertib berlalulintas tentunya dengan membayar wajib pajak kendaraan,” terangnya. Dari penertiban yang dilakukan, hanya ada empat kendaaraan yang melakukan pelanggaran administrasi. Yakni tidak dapat menunjukan domkumen KIR maupun izin trayek. ”Kami sarankan pemilik kendaraan segera mengurus kelengkapan,” katanya. (ims)

PASAR

f.Tri Haryono/Batam Pos

PASAR Puan Maimun belum dikelola dengan baik.

Fasum Seharusnya Datangkan PAD KARIMUN (BP) - Fasilitas umum (fasum) yang ada di Karimun, seperti Coastal Area, Pasar Puan Maimun, dan pengelolaan air bersih belum dikelola dengan baik. Padahal, fasum-fasum tersebut seharusnya bisa menjadi sumber pendapatan asli daerah (PAD). ”Tiga fasum ini seharusnya menjadi sumber PAD Karimun dari sektor jasa yang sangat potensi untuk dikembangkan. Sayangnya, pengelolaannya masih sebatas lips service. Akibatnya, sumber PAD tadi menguap begitu saja,” jelas Ketua Rumpun Melayu Bersatu (RMB) Karimun, Datok Azman Zainal, Selasa (22/4). Seharusnya, kata Azman, pemerintah daerah membenahi fasilitas umum tersebut. Terutama tempat-tempat yang sangat strategis, seperti di Coastal Area yang sangat besar potensinya untuk pengembangan wisata keluarga. Sehingga secara otomatis akan mendatangkan PAD di sektor jasa. Jangan seperti sekarang, kondisi fasum di Coastal Area amburadul dan banyak tidak berfungsi. “Inilah pejabat yang serakah, semua mau diambil alih. Tapi kenyataannya, di lapangan tidak ada satupun yang berhasil dikelolanya,” cetusnya. Masih kata Azman, ia berharap Bupati Karimun segera melakukan perombakan kabinet sekarang ini. Agar bisa meningkatkan PAD terutama dari sektor jasa maupun kepariwisataan. “Sebenarnya peluang untuk PAD sangat banyak sekali. Lantaran pejabat sekarang bermental tempe, maka jangan harap berkembang kota Karimun ini,” ujarnya. (tri)

f.Tri Haryono/Batam Pos

PETANI rumput laut di Pulau Jang, Moro, menjemur hasil panennya, beberapa waktu lalu. Tahun ini, produksi budidaya rumput laut menurun drastis akibat cuaca dan buruknya kualitas bibit.

MORO (BP) - Produksi budidaya rumput laut di Kecamatan Moro saat ini jauh menurun dibanding tahun 2013 lalu. Selain karena cuaca dan kondisi air laut yang kurang mendukung, bibit rumput laut yang diperoleh para petani juga kurang bagus sehingga sulit berkembang. “Produksi petani rumput laut warga pesisir Moro selama tahun 2013 terbilang bagus. Tapi memasuki empat bulan di tahun 2014 malah menurun. Kondisi ini disebabkan kondisi air laut yang membuat bibit rumput laut sulit berkembang,” ungkap Kepala UPTD Kelautan dan Perikanan Moro, Samsul Rizal, Selasa (22/4). Disebutkan, hasil panen rumput laut kering pada tahun 2013 hingga mencapai 100 ton lebih. Sedangkan petani rumput laut di pesisir wilayah

Kecamatan Moro dalam tahun 2014 ini belum ada yang panen rumput laut. Dari hasil pantauan langsung ke pulau-pulau ada sebagian petani mencoba menanam bibit rumput laut tersebut. Namun bibit rumput laut itu belum berkembang. “Kondisinya sudah rusak akibat hama penyakit bulu babi melekat pada tangkai rumput laut hingga rumput itu rusak,” terangnya. Faktor lain penyebab bibit rumput laut itu kurang berkembang adalah bibit itu sudah beberapa kali turunan. Makanya, petani rumput laut kurang bergairah untuk meningkatkan budidaya rumput laut tersebut. “Sangat diharapkan bibit baru untuk mengembangkan budidaya rumput laut itu nantinya sesudah kondisi air laut kembali bagus,” ujar Samsulrizal. (pst)

15 Incumbent Bertahan Baru Dua Parpol Laporkan Dana Kampanye SANDI, Karimun

M

ESKI rekapitulasi perolehan suara Pileg 2014 masih berlangsung di KPU Karimun, namun sudah bisa diprediksi siapa saja yang bakal melenggang ke Gedung Balairong Seri. Dari kuota 30 kursi yang tersedia, 50 persennya atau 15 kursi diprediksi bakal diisi wajah-wajah lama alias caleg incumbent. Berdasarkan rekapitulasi suara di tingkat PPK, sejumlah caleg incumbent dipastikan akan kembali duduk di kursi DPRD Karimun periode 2014-2019. Dari Dapil I yang meliputi Karimun dan Buru, ada nama Zainuddin Ahmad (Gerindra), Ady Hermawan (Hanura), Djumadi (Golkar), dan Isnuriman (PAN). Sementara dari Dapil II yang meliputi Moro dan Durai, ada Bakti Lubis (Hanura). Dari Dapil III (Pulau Kundur), caleg incumbent yang mempertahankan posisinya antara lain HM Asyura (Golkar), Rasno (PDIP), Suharsono (PPP), Abdul Hafid (pindah ke Nasdem), HM Taufiq (PKS), dan Azmi (De­mokrat). Dari dapil IV (Meral-Tebing) masih tercatat nama Rosmeri (Golkar), Rodiansyah (Hanura), Kamaruddin

(PKS), dan Anwar Abu Bakar dari PAN. Selain itu, dua anggota DPRD Karimun yang maju ke DPRD Kepri juga dipastikan lolos. Masing-masing Rocky M Bawole dari PKB dan R Bakhtiar dari Golkar. Sementara itu Ketua Divisi Pelaporan Dana Kampanye KPU Kabupaten Karimun, Eko Purwandoko mengingatkan agar partai politik segera memberikan laporan keuangan tentang penggunaan dana kampanye, baik partai maupun dana kampanye pribadi. “Saya mengingatkan kepada para caleg dari masing-masing partai politik yang sudah merasa memperoleh kursi di dewan agar tidak terlena. Karena, masih ada laporan pertanggungjawaban yang harus dilaporkan. Yakni tentang penggunaan dana kam-

panye ke KPU yang harus dilaporkan paling lambat Kamis (24/4) pada pukul 189.00 WIB,” kata Eko, Selasa (22/4). Dia mengingatkan hal ini sebab sampai dengan Selasa (22/4) baru dua partai politik yang melaporkan penggunaan dana kampanye ke KPU. Yaitu Partai Hanura dan PPP. Sedangkan partai lainnya belum memmbuat laporan. Padahal waktu yang tersisa hanya tinggal dua hari lagi. “Seandianya ada parpol yang calegnya diprediksi mendapatkan kursi di dewan dan tidak melaporkan penggunaan dana kampanye, maka sanksinya bisa dibatalkan atau didiskualifikasi. Apalagi, penentuan batas akhir penyerahan laporan keuangan penggunaan dana kampanye tidak diperpanjang,” jelas Eko.***

Prediksi Perolehan Kursi DPRD Kabupaten Karimun Periode 2014-2019 Partai

Suara

Prediksi Jatah Kursi

1. Partai Golkar 2. Partai Demokrat 3. partai Hanura 4. PDI Perjuangan 5. PKS 6. Partai Gerindra 7. PKB 8. PAN 9. PPP 10.Partai NasDem

22.088 Suara 13.058 Suara 12.259 Suara 12.186 Suara 9.811 Suara 9.741 Suara 8.589 Suara 7.986 Suara 7.784 Suara 7.073 Suara

6 Kursi 3 Kursi 3 Kursi 3 Kursi 3 Kursi 3 Kursi 3 Kursi 2 Kursi 2 Kursi 2 Kursi

Porter Pelabuhan Nyaris Adu Jotos TANJUNGBATU (BP) - Aktivitas bongkar muat di pelabuhan Tanjungbatu, Selasa (22/4), sempat terhenti. Penyebabnya, porter terlibat cekcok, dan nyaris berujung adu jotos. Beruntung saat kejadian, sejumlah anggota Polsek Kundur melintas di lokasi sehingga ketegangan dapat diredakan. Ketegangan sesama buruh angkut barang ini, timbul karena terjadi salah paham. Yakni antara anggota Koperasi Tenaga Bongkar Muat (KTKBM) Pelabuhan Tanjungbatu dengan tenaga bongkar muat di pelabuhan Perusda Jalan M. Daud. Ketika itu, bersandar kapal Hafiz Jaya Abadi yang memuat sembako dan tabung gas LPG. Anggota KTKBM mengingatkan kepada tenaga bongkar muat Pelabuhan Perusda untuk tidak membongkar muatan kapal sebelum mendapat izin dari syahbandar. Namun peringatan anggota KTKBM tidak diindahkan. Tenaga bongkar muat pelabuhan Perusda tetap membongkar muatan kapal sebanyak dua lori, meski pihak syahbandar belum mengeluarkan izin bongkar barang. Suasana pun memanas dan terjadi adu mulut sesama tenaga bongkar muat. Seorang buruh bernama Ibrahim dan dua rekannya sempat mendapat pukulan. Untuk menghindari meluasnya keributan, Kapolsek Kundur Kompol Reonal Simanjun-

f.Imam Sukarno/Batam Pos

KAPOLSEK Kundur Kompol Reonal Simanjuntak (dua dari kanan) memberikan arahan kepada para buruh pelabuhan yang berselisih paham, Selasa (22/4).

tak langsung turun ke lapangan dan mengamankan beberapa buruh untuk dimintai keterangan. “Kami langsung pertemukan antara tenaga bongkar muat pelabuhan Perusda, KTKBM, syahbandar, pemilik kapal, dan agen kapal untuk bermusyawarah. Sementara pelabuhan Perusda, kapal muatan barang, dan kendaraan lori pengangkut tabung gas LPG diberi garis polisi,” ujar Reonal. Reonal menyayangkan kejadian ini hanya karena selisih paham. “Kami meminta semua tenaga buruh dapat menahan diri. Dan menyelesaikan persoalan secara musyawarah,” imbuhnya. Sementara Ketua KTKBM Pelabuhan Tanjungbatu, Eri Lubis

juga menyesalkan perselisihan sesama tenaga bongkar muat itu. Padahal sudah ada kesepakatan, jika masuk kapal dari Pekanbaru akan dibongkar di pelabuhan bongkar muat Tanjungbatu. Kecuali kalau pelabuhan sudah penuh, muatan dapat dibongkar di pelabuhan lain, dengan catatan sudah mendapat izin bongkar dari syahbandar. “Yang terjadi sekarang, syahbandar belum memberikan izin tapi me r e k a s u d a h m e m b o n g kar barang. Makanya anggota KTKBM mencoba menayakan, namun mereka ngotot membongkar. Tapi persoalan ini sudah diselesaikan secara kekeluargaan sehingga mereka dapat kembali bekerja,” paparnya. (ims)

f.Tri Harryono/Batam Pos

INILAH sebagian kolesi Butik MAD Collections yang serba limited edition dengan harga terjangkau.

Hadirkan Produk Limited Edition BALAI (BP) - Butik MAD Collections di Jalan Teluk Air nomor 30 Tanjungbalai Karimun menghadirkan koleksi baju kurung Melayu limited edition. Meski begitu, beragam busana seperti baju gamis maupun jubah untuk wanita dan pria kolkesi MAD Collection ditawarkan dengan harga terjangkau. Pengelola Butik MAD Collections, Delfi mengatakan dirinya membuka bisnis butik di Karimun tidak lain ingin memberikan alternatif bagi masyarakat untuk berbelanja baju muslim yang berbeda dengan butik-butik lain di Karimun. “Dicoba dulu lah bang, namanya usaha jualan. Sebab, usaha ini diawali dari mulut ke mulut, dan memanfaatkan media sosial,” ujar Delfi, Selasa (22/4). Butik MAD Collections berdiri akhir Maret lalu. Meski baru, namun pengunjungnya rata-rata membeli pakaian muslim yang jarang tidak sama dengan produksi lainnya. Untuk harga memang bervariasi. Baju kurung perempuan dijual dari harga Rp 150 ribu hingga Rp 470 ribu per potong. Sedangkan pakaian pria dijual mulai dari Rp 350 ribu hingga Rp 420 ribu. Bagi konsumen yang membeli busana di MAD Collection mulai 15 April hingga 27 Juli 2014, akan mendapatkan kupon undian dengan berbelanja minimal Rp 150 ribu, secara otomatis mendapatkan 1 kupon doorprize dan berlaku kelipatan. Dengan doorprize pertama Rp 2 juta, kedua Rp 1 juta, ketiga Rp 500

ribu dan doorprize saguhati untuk 10 konsumen yang berbelanja di MAD Collection. “Insya Allah, kupon akan diundi awal Agustus mendatang bertempat di MAD Collection. Jadi bagi masyarakat Karimun masih ada kesempatan, untuk berkunjung ke butik kami di sini. Persediaan terbatas, dengan kualitas terjamin,” ucapnya kembali. Masih kata Delfi, MAD Collection mempunyai berberapa komitmen dalam pelayanan. Yaitu, pelanggan diutamakan, membangun kepercayaan kepada pelanggan terhadap produk yang dipasarkan, produk berkualitas, harga terjangkau dan paling utama yaitu produk terbatas (limited edition). Selain pakaian muslim juga ada asesoris pelengkap untuk perempuan seperti tudung two layers, tudung hoodie, tudung ninja, shawl, flats rubby, asesoris rantai, younghearts, piere cardin bra set, dan sebagainya. “Silahkan datang ke butik MAD Collection kami, harga cukup terjangkau,” ujar Delfi sambil sibuk melayani pengunjung, kemarin. Sementara Wati, salah seorang pengunjung mengungkapkan, dirinya memilih busana muslim di MAD Collection dikarenakan produk pakaiannya yang dijual terbatas. Sehingga dirinya membeli beberapa buah pakaian muslim, untuk diberikan saudaranya. “Cukup bagus model pakaiannya, sederhana tapi berkelas nih bang. Dan ada kupon undiannya lagi, siapa tahu dapat hadiah nanti,” ungkapnya. (tri)


METRO SOCIETY

20

Batam Pos, Rabu 23 April 2014

Ansar Buka O2SN dan FLS2N BUPATI Bintan Ansar Ahmad membuka secara resmi gelaran Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) di halaman Gedung Nasional, Tanjunguban, Bintan Utara, Selasa (22/4). Pemerintah Kabupaten Bintan, kata Ansar, siap mendukung penuh kegiatan-kegiatan yang dinilainya bisa mencetak generasi muda yang unggul. “Bila olah gerak dan olah seni disimultankan, anakanak Bintan bisa menjadi generasi unggul di bidangnya masing-masing,” kata Ansar. Selain dihadiri orang nomor satu di Bintan, pembukaan kegiatan yang diikuti 480 siswa ini, dihadiri Kepala Disdikpora Bintan, Mahfur Zurahman, dan beberapa kepala SKPD terkait. ***

Bupati Bintan Ansar Ahmad beserta tamu undangan menyaksikan parade pertunjukan.

Narasi

: Harry/ FATIH

FOTO : Humas Pemkab Bintan

Bupati Bintan Ansar Ahmad bertepuk tangan usai menyaksikan suguhan tari kontemporer.

Kadisdikpora Bintan Mahfur Zurahman menyampaikan laporan kegiatan.

Bupati Bintan Ansar Ahmad bersalaman dengan tamu undangan.

Bupati Bintan Ansar Ahmad menyampaikan kata sambutan.

Kadisdikpora Bintan Mahfur Zurahman memberikan cindera mata kepada Bupati Bintan Ansar Ahmad.

Parade kirab kontingen melambaikan salam kepada tamu undangan.

Bupati Bintan Ansar Ahmad menabuh gong pembukaan O2SN dan FLS2N.

Sambungan Sejarah Batam Dimuseumkan di Eks Astaka Sambungan dari hal 17 Menurut Dahlan, Batam dulunya menjadi rebutan karena letak wilayahnya strategis. Makanya, bisa dipastikan banyak bukti sejarah yang bisa dikumpulkan untuk mengisi museum nanti. Bisa saja bukti yang ditampilkan berupa benda bersejarah, foto, atau cerita sejarah Batam yang akan ditampilkan dalam bentuk

tulisan. ”Bahkan kalau ada bukti sejarahyang tersimpan di luar Batam atau perorangan, Pemko siap membelinya. Tujuanya, agar masyarakat nanti yang mengujungi museum akan lebih tahu sejarah Batam,” ujar Dahlan, yang masa kecilnya dibesarkan di Batubesar, Batam. Dahlan berharap di akhir periode jabatannya selaku Wali Kota Batam nanti, ada peninggalan

yang berkesan bagi masyarakat seperti museum eks astaka. Dahlan pun menyebut, hal yang sudah dipastikan dipajang di museum tersebut adalah sejarah kerajaan kerajaan dan peninggalanya. Seperti Raja Ali Kelana. Ini nantinya bisa disajikan dalam bentuk narasi mulai zaman Jepang hingga kemerdekaan. Awal pembangunan Batam dengan kehadiran Otorita Batam (OB) juga penting, bahkan miniaturnya

plat cetakan pertama Mc Dermott, perusahaan perintis di Batam. Bangunan astaka sendiri, nantinya akan dirubah sedikit pasca pelaksanaan MTQ Nasional. Sehingga, fungsinya sebagai museum akan maksimal. ”Yang di pinggiran astak itu partisinya hanya sementara. Itu akan dibongkar, lalu direhab sedikit untuk dijadikan museum. Biayanya akan masuk dalam anggaran biaya tambahan tahun ini,” katanya. (ian)

Tinggal Dua Perusahaan Bersaing Sambungan dari hal 17 jungpinang, Selasa (22/4). Sedangkan dua perusahaan lainnya yang sebelumnya lolos pra kualifikasi, dinyatakan gugur tahap kualifikasi. Atas keputusan tersebut, dalam minggu kedua perusahaan yang layak tersebut harus memasukan penawaran lelang, sesuai dengan pagu anggaran yang telah ditentukan. Dikatakannya, perusahaan mana di antara kedua perusahaan tersebut yang akan memenangkan tender adalah perusahaan yang paling tepat sesuai rancangan konsultan,

itulah yang dipilih panitia lelang. Ia melihat kedua perusahaan tersebut sama-sama punya pengalaman dalam membangun jembatan dan lainnya. ”Kalau mereka sudah memasukan daftar penawaran, hanya butuh beberapa hari saja itu. Setelah itu, sudah bisa diumumkan siapa pemenangnya,” jelas Heru. Lebih lanjut katanya, apabila tak ada sanggahan, pemenang tender akan diumumkan sebelum akhir April ini. Sehingga, pemenang tender bisa segera bekerja. Apalagi dalam hal ini, sudah ada konsultan pengawas

yang sudah siap mengawasinya. ”Yang kita khawatirkan itu, karena proses bisa dihentikan sampai selesai sanggahan tersebut. Semoga itu tidak terjadi, sehingga pengerjaan akan semakin cepat,” jelasnya lagi. Terkait penawaran harga, tidak akan dilakukan dua kali. Meski pembangunannya dua tahun alias multiyears, namun penawaran harga hanya sekali saja. Meski­pun dilelang sekaligus, penggarannya tetap bertahap sampai tahun 2015 mendatang.

”Penawaran harga sekaligus untuk pembangunan jembatan itu sampai rampung. Jadi, bukan tiap tahun diadakan penawaran harga,” tutup Heru. Seperti diketahui sebelumnya, besarnya anggaran yang dikucurkan untuk kelanjutan pembangunan Jembatan I Dompak tahun 2014 sebesar Rp 200 miliar, sedangkan pada APBD-P sebesar Rp 45 miliar. Selain itu, anggaran manajemen konstruksi (MK) sebesar Rp 8,5 miliar. Sedangkan sisanya akan dianggarkan pada mata anggaran tahun 2015 mendatang. ***

Ciptakan Teknologi Praktis dan Murah Sambungan dari hal 17 sili di Kepri. Kemudian kriteria peserta yang ikut sertifikasi, dari tingkat SMA 19 produk, universitas dua produk, Posyantek satu produk, dan masyarakat umum delapan produk. ”Dari Tanjungpinang empat kelompok, Batam sembilan kelompok, Bintan enam kelompok, Karimun satu kelompok, Natuna dua kelompok, Lingga tujuh kelompok, dan Anambas satu kelompok,” ujar Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Kepri,

Buralimar, selaku ketua panitia lomba. Teknologi yang dilombakan, merupakan teknologi yang sesuai kebutuhan masyarakat. Juara pada TTG tingkat Provinsi Kepri ini, akan diikutsertakan mewakili Kepri pada ajang TTG Nasional XVI di Samarinda, Kalimantan Timur. Selain itu, juga untuk percepatan alih teknologi yang sesuai kebutuhan masyarakat serta dapat menjawab persoalan masyarakat, mudah dimanfaatkan, tidak merusak lingkungan, serta menghasilkan nilai tambah dari aspek ekonomi

dan lingkungan hidup. ”Pemenang lomba terdiri juara I hingga III dan juara harapan akan meraih hadiah berupa piala, piagam penghargaan, dan uang pembinaan. Khusus juara I-III diikutsertakan mewakili Kepri pada TTG Nasional di Samarinda,” jelas Buralimar. Karena itu, Buralimar berharap Provinsi Kepri dapat mempertahankan tradisi juara pada Gelar TTG Nasional XVI tahun 2014 di Samarinda, Kalimantan Timur. Sementara itu, Wakil Gubernur Kepri, Soerya Respationo

menginginkan ada supervisi dan pembinaan terhadap pemenang lomba TTG tingkat provinsi. Agar mampu memberikan motivasi dan me­­­rangsang seluruh lapisan ma­­­syarakat, mengembangkan krea­­ti­­­vitasnya dalam mengatasi perma­­­­­­sa­lahan yang ada di ling­ kungannya. ”TTG inikan hasilnya mencetak orang-orang kreatif yang bisa mengatasi dan menjadi solusi masalah di depan mata. Biasanya masya­­­rakat menciptakan suatu teknologi karena ada permasalahan di dekatnya,” ujarnya. (iwa)

PKK Siapkan oleh-oleh Khusus Sambungan dari hal 17 gunakan motif batik tikar. ”Kalau mau menggunakan pandan, tidak cukup bahan kita untuk membuatnya. Makanya dikemas seperti anyaman batik tikar,” jelas Aisyah yang juga merupakan Koordinator Bidang Konsumsi di Panitia MTQ Nasional tersebut.

Wanita yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Kerajinan dan Kesenian Daerah (Dekranasda) Provinsi Kepri tersebut, mengatakan batik tikar merupakan ikon yang akan diperkenalkan pada MTQ Nasional mendatang. Meskipun begitu kata Aisyah, batik corak lain yang merupakan

ciri khas Kepri juga akan dipajang pada pameran. ”Kalau untuk yang lainnnya, nanti masing-masing daerah tingkat II akan mempamerkan batik dari daerah masing-masing. Apalagi, Bu Ani Yudhoyono mengatakan batik tikar adalah ciri khas Kepri,” tutup istri Gubernur Kepri tersebut. (jpg)

SKPD Dikumpulkan di Pusat Pemerintahan Sambungan dari hal 17 Perempuan Kepri dan membangun Gedung Dharma Wanita. Kehadiran gedung tersebut akan menampung semua badan dan kantor organisasi kewanitaan. Gedung Darma Wanita ini telah pasti dibangun dan pengerjaannya selama dua tahun. ”Sudah dianggarkan untuk

pembangunan gedung tersebut sebesar Rp 30 miliar. Gedung itu akan dilengkapi ruang pertemuan dan perkantoran lainnya. Sehingga, kegiatan ibu-ibu dan lainnya akan terfokus. Selama ini, selalu menggunakan Asrama Haji yang berada di Jalan Pemuda itu,” tutup Sani. Terkait hal ini sebelumnya, Kepala Bappeda Pemprov Kepri,

Naharuddin mengatakan tahun ini Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pemprov Kepri akan membuat detailed engineering design (DED)-nya. Kemudian, tahun 2015 baru dibangun. ”Apabila pembangunan sudah dilakukan, SKPD Pemprov Kepri akan berkumpul di Pusat Pemerintahan Provinsi Kepri di Dompak,” jelas Naharuddin. (jpg)

Cemburu Diduga Penyebab Bakar Diri Sambungan dari hal 17 Meskipun belum diketahui penyebab Panda yang merupakan sales promotion girl (SPG) minuman beralkohol di pujasera membakar dirinya, namun ada dugaan Panda cemburu karena melihat sua­m inya, Junaedi Demawan Tarigan duduk dengan perempuan lain di tempatnya bekerja. ”Hasil penyidikan sementara, Junaedi Dermawan Tarigan adalah suami nikah siri korban. Memang ada pertengkaran kecil sebelum terjadi peristiwa bakar diri yang dilakukan Panda di dalam kamar. Pertengkaran ini dudiga karena korban cemburu melihat suaminya ada dudukduduk minum di pujasera tempat korban bekerja sebagai SPG,” papar Kasat Reskrim Polres Karimun, AKP M Yoga Buana Dipta Ilafi kepada Batam Pos, Selasa (22/4).

Dalam peristiwa ini, kepolisian sudah meminta keterangan tiga orang saksi yakni suami korban, Junaedi Demawan Tarigan, Edi selaku tetangga yang tinggal di sebelah rumah korban, dan Gunanto yang kebetulan lewat di depan rumah. Dikatakan Yoga, saksi Junaedi Dermawan Tarigan melihat istrinya ke dapur mengambil sebotol minyak tanah dan mancis korek api di dapur. Namun, korban langsung masuk ke kamar dan menguncinya dari dalam. Saksi yang mengetahui korban bakar diri, mendobrak pintu kamar dan membantu korban memadamkan api menggu-

nakan selimut yang sudah dibasahi. Namun, nyawa korban tidak tertolong meski luka bakarnya hanya sebatas kulit. Tapi, besar kemungkinan korban tidak bisa menahan hawa panas. Kapolres Karimun, AKBP Dwi Suryo mengatakan dua orang Tim Labfor Polda Sumut yang dipimpin Kompol Roy Tenu Sibuea melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Kemudian, dilakukan autopsi di RSUD Karimun, Selasa (22/4). ”Untuk mengetahui secara pasti, tentu saja harus melalui prosedur. Seperti, autopsi untuk mengetahui apa sebenarnya yang terjadi,” ujar Kapolres. (san)


natuna

21

Batam Pos, Rabu 23 April 2014

Pemkab Minta PSDKP Rutin Patroli

f.Aulia Rahman/Batam Pos

KAPAL nelayan tradisional saat melaut di Natuna, beberapa waktu lalu. Pemkab Natuna berharap PSDKP memperbanyak patroli untuk mengawasi penjarahan ikan oleh nelayan asing.

NATUNA (BP) - Pemerintah Kabupaten Natuna siap membantu Ditjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) dalam pengawasan laut Natuna dari maraknya pencurian ikan oleh nelayan asing. Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Natuna, Syamsurizon mengatakan, pemerintah daerah juga meminta agar patroli pengawasan di laut Natuna dilaksanakan rutin oleh kapal patroli PSDKP. Diakui Sekda, pertemuan Direktur Kapal Pengawas PSDKP, Budi Halomoan dengan Bupati Natuna Ilyas Sabli di ruangnya sudah menyampaikan permintaan tersebut dan siap membantu permasalahan di lapangan. “Pemkab siap membantu kelancaran pengawasan di laut Natuna. Tapi kami minta frekuensi jadwal kapal patroli PSDKP lebih rutin dilaksanakan,” ujar Syamsurizon di kantor Bupati Natuna usai membahas kelanjutan kerja sama pengawasan laut Natuna dengan pihak PSDKP di kantor Bupati Natuna, Selasa (22/4). Syamsurizon mengatakan, salah satu kendala yang disampaikan

Ditangkap, Kapal Asing Dilepas Lagi PSDKP Diduga “Main Mata”

DIREKTUR Kapal Pengawas PSDKP Budi Halomoan (kanan) yang didampingi kepala bagian hukum PSDKP, Teuku (kiri), saat berkunjung ke kantor Bupati Natuna, Selasa (22/4).

CIPI CKANDINA, Natuna PETUGAS Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) sepertinya setengah hati dalam menangani kasus penangkapan ikan secara ilegal (illegal fishing) oleh kapal asing, khususnya di wilayah laut Natuna. Buktinya, empat dari lima kapal nelayan Vietnam yang ditangkap Jumat (28/3) lalu dilepas kembali di tengah laut. Ceritanya, kapal patroli Hiu Macan 301 milik PSDKP menangkap lima kapal nelayan Vietnam, Jumat (28/3) lalu. Namun hanya satu kapal yang diamankan dan dibawa ke Satker PSDKP di Tanjungkumbik, Pulau Tiga, Natuna. Kapal yang diamankan ini dinahkodai Tran Minh Toan yang masih berumur 19 tahun. Kapal ini ukurannya lebih kecil dibandingkan empat kapal lainnya. Panjangnya hanya 15,66 meter, lebar 3,85 meter dan tinggi 2,40 meter dengan berat kotor 24 GT.

F.Cipi Ckandina/Batam Pos

Celakanya, pada keesokan harinya, Sabtu (29/3), kapal patroli yang berbeda, yakni Hiu Macan 403 sedang patroli dan mendapati empat kapal nelayan Vietnam yang dilepas itu. Karena dianggap ilegal, keempat kapal tersebut kemudian diamankan ke Satker PSDKP di Pulau Tiga. Wartawan koran ini berhasil merapat ke kapal-kapal asing yang diamankan tersebut. Dengan bantuan warga setempat yang mengerti bahasa Vietnam, wartawan koran ini

mewancarai tiga dari lima nahkoda kapal. Masing-masing Tran Minh Toan, Nguyen Tan Dat, dan Nguyen Chi Thanh. Kepada koran ini mereka mengaku ada lima kapal yang ditangkap petugas PSDKP. Namun empat diantaranya dilepas kembali karena menunjukkan uang Rp 5 ribu kepada petugas. Sayangnya mereka enggan menjelaskan, apa maksud dari kode uang Rp 5 ribu itu. “Awalnya kami ditangkap lima kapal, tapi yang empat dilepas petugas. Saya ditangkap karena

tidak memberi kode uang Indonesia RP 5 ribu kepada petugas. Mungkin yang empat kapal itu sudah ada kerjasamanya,” kata Tran Minh Toan. Tidak hanya Tran Minh Toan, dua nakhoda lainnya yakni Nguyen Tan Dat dan Nguyen Chi Thanh mengaku bingung saat ditangkap kembali setelah sebelumnya dilepas. Padahal keduanya meras a s udah memberikan kode uang Rp 5 ribu. Ini merupakan kode atau tanda telah terjalin kerjasama di laut

Direktur Kapal Pengawas PSDKP adalah terbatasnya jadwal patroli dalam satu tahun. Ditambah lagi terjadinya kenaikan bahan bakar minyak (BBM). “Dalam setahun itu hanya sekitar sembilan kali kapal pengawas patroli. Tapi pemkab siap membantu operasionalnya, supaya jadwal patroli lebih rutin untuk menjamin keamanan nelayan tradiosional dan pencurian ikan nelayan asing,” ungkapnya. Direktur Kapal Pengawas PSDKP Kementerian Kelautan dan Perikanan, Budi Halomoan mengatakan, kunjungannya ke Natuna merupakan tidak lanjut dari kerja sama antara pemerintah Natuna di bidang keamanan laut yang sudah disepakati beberapa waktu lalu. Kata Budi, kunjungan kali ini sekaligus memantau kondisi di lapangan dan tingkat kerawanan serta partisiasi masyarakat terhadapap keamanan laut. Sekaligus memantau kapal nelayan Vietnam yang ditangkap kapal patroli PSDKP di Pulau Tanjungkumbik, Kecamatan Pulau Tiga, beberapa waktu lalu. “Kunjungan ini untuk memantau proses hukum pelanggaran perikanan, supaya berjalan lancar, sampai berkas lengkap untuk diserahkan ke kejaksaan,” ujar Budi yang didampingi Kabag Hukum Ditjen PSDKP, Teuku. (arn)

BLH Temukan 101 Jenis Burung dengan petugas PSDKP. “Saya bingung, kenapa ditangkap lagi. Padahal selama ini kami sudah kerjasama. Biasanya dengan menunjukkan uang Rp 5 ribu, kami selalu bebas,” ujar Nguyen Tan Dat. Direktur Kapal Pengawas PSDKP, Budi Halomoan yang didampingi Kepala Bagian Hukum PSDKP, Teuku, saat berkunjung ke kantor Bupati Natuna, Selasa (22/4) mengaku tidak mengetahui ulah anak buahnya di laut. Diapun enggan berkomentar banyak soal isu tersebut. “Saya belum tahu informasi ini. Nanti akan saya cek kebenarannya,”ujar Budi sambil berlalu. Bupati Natuna, Ilyas Sabli mengaku kecewa jika informasi tersebut benar terjadi. Sebab Pemkab Natuna telah bekerja sama dengan pihak PSDKP untuk menjaga laut Natuna dari penjarah nelayan asing. “Kalau itu benar, saya benarbenar sangat kecewa. Untuk apa kita teken MoU untuk menjaga laut kita, kalau ternyata oknum di dalamnya yang bermain,” ujar Ilyas dengan nada kecewa. ***

NATUNA (BP) - Badan Lingkungan Hidup Natuna menemukan 101 jenis burung ang hidup di Pulau Bunguran, Kabupaten Natuna. Selain itu ditemukan 16 jenis burung imigran dari bumi belahan Utara seperti Eropa Utara dan Asia. Penemuan fauna tersebut setelah dilakukan penelitian bersama pusat penelitian biologi LIPI tahun 2013 lalu. Kasubdid konservasi dan tata lingkungan BLH Pemkab Natuna Hazriani mengatakan, 101 jenis burung tersebut masih hidup bebas di hutan. Jenis burung imigran, hanya pada waktu tertentu terlihat di kawasan pantai di Natuna. Beberapa jenis burung imigran hasil penelitian diantaranya, Adrea Alah atau cangak besar, Charadirius Mongolius atau cerek pasir mongoli, argelta gerzetta kontul kecil, ergelta intermedia atau kuntul perak, limosa, numenius arguata, nemenius phalupus. Hasil penelitian ditemukan beberapa jenis burung yang populasinya mendekati terancam kepunahan dan jenis burung yang dilindungi Undang Undang nomor 7 tahun 1999 an PP nomor 8 tahun 1999, seperti burung cangak besar, kuntul kecil, kuntul perak, kuntul karang, kuntul kerbau, elang

bondol, elang laut perut putih, elang ular bido, elang hitam. “Penelitian bersama LIPI, kami menemukan 101 jenis burung yang hidup dipulau Bunguran ini. Jenis tersebut, ada16 jenis burung imigran, 29 jenis burung dilindungi dan 9 jenis burung mendekati populasinya terancam,” ungkap Hazriani di kantornya, Selasa (22/4). Hazriani mengaku, penelitian yang dilakukan bersama pusat peneliti biologi LIPI juga menemukan keanekaragaman hayati flora dan fauna. Dan diperkirakan terdapat 285 jenis tumbuhan berhasiat obat ditahun 2012. Serta menemukan 34 jenis mamalia. 29 jenis katak, 58 jenis reptil, 7 jenis serangga (tawon), 56 jenis kupu kupu, 29 jenis capung, 34 jenis ikan air tawar, hasil penelitian tahun 2013. Data yang dimiliki saat ini sambungnya, merupakan langkah awal perencanaan konservasi keanekaragaman hayati dalam penetapan kebijakan dan pelaksanaan konservasi. Hingga pemanfaatan kelanjutan, pengendalian kerusakan ragam hayati dan pengembangan sistem informasi dan pengelolaan database. Menurutnya, rencana pemerintah daerah mewujudkan wilayah konservasi keanekaragaman hayati harus disejalankan dengan penyadaran masyarakat, secara harmonis antara pemerintah dan masyarakat dengan memahami aturan. (arn)


anambas

22

Batam Pos, Rabu 23 April 2014

Wantimpres Akan Tinjau Anambas Hari Ini ANAMBAS (BP) - Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) akan datang ke Kabupaten Kepulauan Anambas, hari ini, Rabu (23/4). Kedatangannya, untuk meninjau langsung kondisi di Anambas yang merupakan daerah kepulauan berbatasan dengan negara tetangga. Terutama mengenai tata kelola pemerintahan yang ada di daerah perbatasan. Bupati Kepulauan Anambas, Tengku Mukhtaruddin mengaku diundang ke Jakarta, Minggu lalu. Saat itu ia menjelaskan tata kelola pemerintahan yang ada di daerah perbatasan. ”Mereka tertarik dan berjanji akan datang ke Anambas. Kini mereka datang untuk memenuhi janjinya,” kata Tengku, kemarin. Mereka kata Tengku, akan berada di Anambas selama tiga hari,

f.dok

Tengku Mukhtaruddin

dari 23 April hingga 25 April mendatang. Pada Rabu (23/4) mereka datang di Anambas, besoknyan 24 April melaksanakan acara seminar singkat di gedung Balai Pertemuan Masyarakat Siantan (BPMS), kemudian langsung meninjau ke lapangan. Keesokannya, pada 25

April mereka pulang. Lokasi yang menjadi perhatian untuk ditinjau adalah Pulau Bawah. Mereka akan mengkaji bagaimana mengelolanya kedepannya agar bisa mendatangkan investor asing. Mereka akan berupaya untuk memaksimalkan bagaimana pengelolaan ikan di Anambas sehingga bisa membuka lapangan kerja baru dan juga bisa peningkatan perekonomian daerah. Saat kedatangan mereka, Tengku mengaku akan memaparkan program daerah. Seperti rencana membua t j e m b a t a n A n t a n g Jeroan atau Anjor yang akan memakan biaya sekitar Rp 1 triliun. ”Jika biayanya tidak bisa ditanggung daerah, bisa mendapatkan suntikan dana dari pusat,” kata Tengku. (sya)

Enam Rumah Kena Puting Beliung Sambungan dari hal 24 puting beliung di Kampung Sungai Nyirih, Kelurahan Madong. Namun saat ini masih di data dan dikonfirmasi oleh lurah mengenai kebenaran kabar itu. Puting beliung kali ini, lanjut Agus merupakan kejadian pertama sejak tahun 2014 ini. Terkahir kali, terjadi di Penyengat di tahun 2013 lalu. Agus mengingatkan, jika sewaktu waktu puting beliung kembali terjadi, jangan berada di tempat yang rapuh dan jangan berada di bawah pohon. Sementara Kepala Dinas Sosial dan Ketenagakerjaan (Dinsosnaker) Kota Tanjungpinang, Dimyath mengatakan saat ini belum langsung bisa diberikan bantuan kepada korban. Sebab, masih

perlu data pasti dari korban puting beliung. ”Berapa KK, berapa jiwa? Setelah diketahui pastinya baru bisa diberi bantuan,” ujar Dimyath, kemarin. Data itu katanya perlu diketahui dengan pasti, pasalnya kerusakan yang terjadi bervariasi. Selain itu jumlah penghuni juga tidak sama. ”Kalau untuk bantuan secepatnya akan diserahkan,” ujarnya. Sementara salah seorang pemilik rumah yang rumahnya juga digulung puting beliung, Nur Hamisah menceritakan, saat kejadian ia sedang salat di kamarnya. Usai salat, tiba-tiba terdengar suara genteng yang berjatuhan. Ia pun langsung keluar kamar untuk melihat sumber suara itu. Alangkah terkejutnya ia, ternyata atap rumahnya sudah bolong.

”Saya kaget bukan main,” ujar Nur. Ibu empat orang anak ini berharap, secepatnya rumahnya akan segera diperbaiki. Sementara itu Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah saat mengunjungi rumah warga itu, langsung bereaksi cepat. Rumah yang rusak itu ditegaskannya akan langsung diperbaiki. ”Besok (hari ini, red) akan langsung diperbaiki,” ujar Lis. Cepatnya keputusan perbaikan itu, karena Lis saat itu langsung mengintruksikan lurah setempat segera mendata rumah yang rusak pada saat itu juga. ”Jika dilama-lamain tidak aman nantinya,” katanya. Setelah didata, kerugian warga diperkirakan sampai Rp 30 jutaan. (cr9)

PDIP dan PPP Mendominasi SYAHID, Anambas

D

ATA sementara calon legislatif yang bakal duduk di kursi DPRD Anambas dari KPU menyebutkan, dapil 1 yang terdiri dari tiga kecamatan, yakni Siantan, Siantan Selatan, dan Siantan Timur, mendapatkan sembilan kursi. Dari sembilan kursi tersebut, didominasi dua partai, yakni PDIP dan PPP. Kedua pertai tersebut sama-sama mendapatkan dua kursi. Sementara lima kursi lainnya diisi oleh caleg dari lima partai, yakni Golkar, Gerindra, PAN, Hanura, dan PBB. Dari sembilan caleg tersebut, empat di antaranya adalah incumbent dan lima lainnya merupakan pendatang baru. Sementara di dapil 2 ada Jatah empat kursi yang di isi oleh caleg dari empat partai, yakni Demokrat, PPP, Hanura, dan PBB. Dari empat caleg tersebut, tiga di antaranya incumbent dan satu lainnya pendatang baru. Dapil dua tersebut terdiri dari dua kecamatan yakni Jemaja dan Jemaja Timur. Sedangkan untuk dapil 3 yang terdiri dari kecamatan Siantan Tengah dan kecamatan Palmatak, mendapatkan jatah tujuh

sampah di jalanan. Tujuannya, untuk mengingatkan masyarakat agar selalu menjaga dan merawat bumi. Uniknya, saat beraksi itu mereka memakai kostum unik berwarna hijau yang menyerupai bumi dan bentuk lainnya. ”Ini sebagai bentuk kepedulian kami terhadap bumi,” ujar koordinator aksi, Jonathan Sembiring, di Lapangan Pamedan, Selasa (22/4). Jonathan mengatakan, kesadaran masyarakat masih rendah untuk menjaga lingkungan di hari bumi yang jatuh pada hari ini, Rabu (23/4). ”Bisa lihat sendirilah, hampir setiap hari orang sesuka hati membuang sampah sembarangan,” ujarnya. Mahasiswa FKIP Umrah ini mengimbau, di hari bumi ini sudah

sepantasnyalah jika masyarakat Kota Tanjungpinang bisa menjaga, merawat, dan menata lingkungan sekitar. ”Sebagai warisan untuk anak cucu kita,” tuturnya. Sementara itu, Direktur LSM Air Lingkungan dan Manusi (Alim), Kherjuli mengatakan, tema hari bumi tahun ini adalah green city yaitu konsep kota yang berwawasan lingkungan. Ia mengajak pemerintah untuk menata ruang supaya hijau, teduh, asri, dan nyaman. ”Lingkungan yang baik dan sehat itu hak azazi manusia,” ujar Kherjuli. Semakin hari katanya kebutuhan akan lahan terus meningkat. Sehingga menyebabkan banyaknya pohon yang ditebang. Alasan itulah katanya, perlunya komitmen dari Pemerintah Kota Tanjungpinang untuk penataan kota yang komprehensif, sesuai

Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). Kherjuli mengakui, memang kini Kota Tanjungpinang sudah memiliki ruang terbuka hijau yang memadai, sesuai konsep untuk menuju kota yang berwawasan lingkungan. ”Tapi, kalau dilihat dari fungsi ruang terbuka hijau harus ditata lagi supaya asri dan indah,” ujarnya. Dalam waktu dekat pihaknya bersama siswa SDN 004 Tanjungpinang Timur akan road show ke seluruh kantor media massa untuk membagikan sirih. ”Kita akan ke kantor Batam Pos, Haluan Kepri, Tribun Batam, Tanjungpinang Pos, dan RRI untuk memberikan sirih,” ujarnya. Kegiatan itu bertujuan menggugah kesadaran masyarakat supaya bisa lebih peduli lagi dengan lingkungan. (cr9)

Data Sementara CAleg Anambas yang Bakal Duduk di Kursi Dewan Anambas Dapil I ada 9 Kursi Nama Partai Wan Zuhendra PDIP Syamsil Umri PDIP Raja Bayu Febri Golkar Tetti Hadiyanti Gerindra Muhammad Dai PAN Imran PPP Dhannun PPP Mulyadi Hanura Amri PBB

Dapil II ada 4 Kursi Nur Adnan Nala

Demokrat Ayub PPP Julius Hanura Amat Yani PBB

Dapil III ada 7 kursi Yusli.YS PDIP Widayanti Golkar Yulius Gerindra Syafrilis Demokrat Jasril JML PAN Hasnidar PPP Dharusman PBB

Total Suara

Keterangan

723 Incumbent 802 Baru 761 Incumbent 328 Baru 536 Incumbent 631 Incumbent 299 Baru 541 Baru 168 Baru

633 Incumbent 501 Baru 513 Incumbent 617 Incumbent

361 Baru 360 Incumbent 734 Baru 524 Incumbent 342 Baru 359 Baru 606 Baru

Daftar Perolehan Kursi Sementara Jumlah Partai PPP PDIP PBB Golkar PAN Demokrat Gerindra Hanura

4 Kursi 3 Kursi 3 Kursi 2 Kursi 2 Kursi 2 Kursi 2 Kursi 2 Kursi

Total

20 Kursi

Sumber: Data Sementara KPU ANambas.

Sangat Senang dan Puji Melayu Ketua PN Tanjungpinang Diganti

Mahasiswa Punguti Sampah di Jalanan Sambungan dari hal 24

kursi. Dari tujuh kursi tersebut, di isi tujuh caleg dari tujuh partai, yakni PDIP, Golkar, Gerindra, Demokrat, PAN PPP, dan PBB. Dari tujuh caleg yang diperkirakan duduk tersebut, dua di antaranya incumbent dan lima lainnya adalah pendatang baru. Dari daftar perolehan kursi, PPP mendapatkan empat kursi, PDIP mendapatkan tiga kursi, PBB tiga kursi, Golkar dua kursi, PAN dua kursi, Demokrat dua kursi, Gerindra dua kursi, dan Hanura dua kursi, jadi genap 20 kursi dewan. Jadi dari 20 calon anggota dewan yang bakalan duduk tersebut, sembilan di antaranya adalah incumbent dan 11 lainnya pendatang baru. Namun sayangnya, pihak KPU belum bersedia memberikan tanggapan mengenai data tersebut. ”Kita belum bisa memberikan statemen karena ini belum final,” kata salah satu komisioner KPU Anambas Jufri Budi kemarin. Keputusan akhir, akan diputuskan KPU Anambas pada pleno penetapan perolehan kursi dan calon Anggota DPRD terpilih pada 11 sampai 17 Mei 2014 mendatang. ***

f.yusnadi/batampos

Prasetyo Ibnu Asmara

BUKIT BESTARI (BP) - Ketua Pengad i l a n N e g e r i T a n jungpinang, Prasetyo Ibnu Asmara SH MH akan serah terima jabatan (sertijab) dengan Ketua Pengadilan Negeri Tanjungpinang yang baru, Parulian Lumbantoruan, hari ini, Rabu (23/4).

Prasetyo mengaku, sangat senang dan memuji masyarakat Melayu selama bertugas di Tanjungpinang. Komunikasi masyarakat Melayu katanya, luar biasa, di dukung suasananya yang kondusif. ”Banyak kesan, banyak saudara baru. Selama 30 tahun bertugas, baru di sini enjoy,” kata pria berusia 56 asli Jawa Tengah ini. Prasetyo sudah bertugas di PN Pinang sejak Juni 2012.

Hampir dua tahun dia mengabdi. Ia akan ditempatkan di tempat baru, sebagai anggota di Pengadilan Tinggi Jambi. Sementara Parulian Lumbantoruan dulunya bertugas sebagai hakim di PN Bandung. ”Acara sertijab pukul 10.00,” kata Prasetyo, Selasa (22/4). Sertijab ini akan dilantik Ketua Pengadilan Tinggi Pekan Baru, Dr Nommy H T Siahaan SH MH. (asr)


LINGGA

23

Batam Pos, Rabu 23 April 2014

Caleg Nasdem Balik Laporkan Ketua PDI Perjuangan LINGGA (BP) - Caleg Partai Nasdem dari dapil II Lingga, Raja Abdullah yang dilaporkan ke Panwaslu Lingga dalam kasus money politics oleh Ketua DPC PDIP Lingga, Harun, kini melakukan serangan balik. Raja balik melaporkan Harun ke Panwaslu Lingga dalam kasus bagi daster di Pulau Lalang, Desa Berhala. Abdullah yang sempat ramai diberitakan media massa karena video pengakuannya soal money politics dalam pemilu Lingga, datang ke Panwaslu Lingga, Senin (21/4) kemarin. Ia membuat laporan ke Panwaslu Nomor 08/LP/PILEG/1V/2014. Caleg Nasdem nomor 5 ini menyerahkan barang bukti berupa dua baju

daster. “Baju daster dibagi-bagi Harun di Dusun Pulau Lalang. Saya dituduh lakukan money politic. Dia lakukan hal yang sama,” kata Abdullah, kemarin. Harun sendiri mengaku tak ambil pusing dengan serangan balik Raja Abdullah ini. Dia menilai Raja Abdullah sedang panik karena pengakuannya melakukan money politics sudah diketahui masyarakat secara luas. “Dia sudah mengakui menebar duit. Teman-temannya sesama caleg juga. Ada bukti video. Sekarang saya pula dilaporkan bagi-bagi daster. Silahkan saja. Dia lagi galau tuh,” kata Harun,

Selasa (22/4). Harun malah mengancam akan terus memperkarakan dugaan politik uang ini. Dia mengaku akan melaporkan kecurangan pemilu di Lingga ke Bawaslu Kepri dan KPU pusat. Ia membawa rekaman video money politics dan surat pernyataan warga yang membenarkan ada caleg Nasdem yang melakukan politik uang. “Dua bukti itu saya bawa. Sekarang saya sedang di kantor DPD PDIP Kepri. Dalam dua hari ini, saya melapor ke Jakarta. Termasuk mendatangi DPP PDIP,” ujarnya. (dea)

Dana Hibah Panwaslu Rp 200 Juta Belum Dikembalikan f.Dok/Batam Pos

KAPAL pengangkut BBM dari Tanjunguban, Bintan merapat di pelabuhan APMS PT Citra Lingga Abadi di Penarik, Lingga, beberapa waktu lalu. APMS ini diduga mengoplos bensin dengan bahan lain sebelum dijual ke konsumen.

Polres Datangkan Tim Labfor Medan Ungkap Kasus Bensin Oplosan DEDI ARMAN, Lingga

P

OLRES Lingga tetap melanjutkan pemeriksaan dugaan premium oplosan yang beredar di Daik Lingga. Untuk melengkapi pemeriksaan Polres Lingga mendatangkan tim dari Laboratorium Forensik (Labfor) Mabes Polri cabang Medan.

“Saat ini kami sedang menunggu hasil dari Labfor. Setelah hasilnya keluar baru kami periksa yang lainnya,” kata Kapolres Lingga, Puji Santosa SH, Selasa (22/4). Dijelaskan, dalam penyelesaian kasus dugaan premium oplosan di APMS PT Citra Lingga Abadi, pihaknya juga mengambil cara pendekatan restorative justice atau keadilan yang merestorasi pemulihan hubungan antara pihak korban dan pelaku. Dalam penyelelesaian cara ini, hubungan antara pihak pelaku dan dipu-

lihkan berdasarkan kesepakatan bersama. “Pihak korban dapat menyampaikan mengenai kerugian yang dialaminya dan pelaku akan diberi kesempatan untuk menebusnya melalui mekanisme ganti rugi, perdamaian ataupun kesepakatan lainnya,” ujarnya. Pihak kepolisian, sambung Puji, dalam menangani persoalan dugaan kerugian akibat premium yang bercampur ini, hanya sebagai mediator. Jika kedua belah pihak merasa tidak ada yang dirugikan penyelidikan

bisa dihentikan. “Mudah-mudah persoalan ini dapat segera diselesaikan dengan baik,” tukasnya. Seperti yang pernah diberitakan, jajaran Reskrim Polres Lingga telah mendatangi APMS PT Citra Lingga Abadi untuk mengambil sampel premium yang diduga bercampur dengan solar. BBM yang bercampur ini beredar di masyarakat pada awal April 2014 lalu di Daik, Lingga. Akibatnya, ratusan kendaraan masyarakat rusak dan harus dibawa ke bengkel. ***

LINGGA (BP) - Dana hibah yang diberikan oleh Pemkab Lingga untuk Panwaslu Lingga sebesar Rp 200 juta belum juga dikembalikan ke kas daerah. Menurut informasi, dana tersebut saat ini masih dipinjam pakai mantan Sekretaris Panwaslu Lingga berinisial Mh. Ketua Panwaslu Lingga, M Idrus mengatakan pihaknya berjanji akan mendesak Mh supaya segera mengembalikan dana hibah tersebut. Kata dia, selama ini yang bersangkutan hanya terus berjanji akan mengembalikan uang tersebut, namun tak kunjung direalisasikan.

“Janjinya dikembalikan tanggal 8 Januari 2014. Sampai April ini belum ada dikembalikan sama sekali. Masalah ini sudah kami laporkan ke polisi,” kata Idrus, Selasa (22/4). Idrus menjelaskan, dana hibah tersebut sedianya dialokasikan untuk pengawas pemilu lapangan (PPL) di Dabo Singkep periode Okteber-November 2013. Namun sebelum dipakai, dana itu dipinjam oleh Mh yang saat itu menjabat sebagai Sekretaris Panwaslu Lingga. Karena dana itu tak kunjung dikembalikan, PPL Panwaslu

Lingga melaporkan kasus ini ke pihak polisi. Selanjutnya polisi meminta yang bersangkutan segera mengembalikan dana tersebut secara suka rela. Soal peminjaman dana hibah itu, Idrus mengaku tak tahu-menahu. Sebab, sebagai Ketua Panwaslu, dirinya tidak memiliki wewenang mengelola anggaran, termasuk dana hibah yang masuk ke Panwaslu. “Yang memiliki kewenangan mengelola anggaran itu sekretariat. Kalau harapan kami, uang itu segera dikembalikan secepatnya,” ujar Idrus. (cr11)

MENJALA MENJALAIKAN IKAN

Sembilan Wajah Baru di DPRD Lingga LINGGA (BP) - Pleno rekapitulasi perolehan suara Pileg 2014 yang digelar KPU Lingga di Hotel Lingga Pesona akhirnya rampung, Selasa (22/4). Sembilan wajah baru dipastikan bakal duduk di kursi DPRD Lingga periode 2014-2019. Kesembilan wajah baru tersebuta adalah Seniy dari Golkar. Sedangkan dari peserta baru Pemilu 2014 ada empat caleg yang dipastikan melenggang ke kursi DPRD Lingga. Mereka adalah Raja Mukhsin, Pokyong Kadir, Neko Wesha Pawelloy, dan Nizar. Sementara dari Demokrat ada

dua caleg yang lolos. Yakni Mudazir Zahid dan Gani Atan Leman. Kemudian adan nama Salmizi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Alexander Welling dari Partai Hanura. Sisanya, sebanyak 11 orang caleg incumbent dipastikan akan duduk kembali di DPRD Lingga. Seperti Kamaruddin Ali (Golkar), Said Agus Marli (Golkar), Sui Hiok (Hanura), Adina Putra (PDIP), Riono (Nasdem), Nurdin (PPP), dan Harman (Hanura). Selain itu ada juga H Ambok T Syamsirwan (PKB), Khairil Anwar (Demokrat), Agus Norman

(Golkar), dan Zakaria (PKS). Ketua KPU Lingga, Agusyuriawan mengaku bersyukur karena pleno berjalan lancar, kemarin. “Pleno berjalan lancar, tidak ada kendala,” kata Agus, Selasa (22/4). Hanya saja, dalam rapat pleno kemarin tak semua parpol mengirimkan saksinya. Antara lain PDIP dan PPP. Mereka sengaja tak mengirimkan saksi karena menyatakan menolak hasil pemilu. “Selama pelaksanaan rapat pleno juga tidak ada saksi dari partai politik yang komplain,” ungkapnya.

Dijelaskan Agus, data dari hasil rapat pleno yang dibacakan oleh KPU sesuai dengan data yang dibacakan di pleno PPK. Sedang untuk perolehan suara dari setiap caleg, data perolehan suara untuk DPRD Kabupaten Lingga untuk Dapil I suara sah sebanyak 28.848 suara. Sedangkan untuk Dapil II DPRD Kabupaten Lingga suara sah sebanyak 25.179 suara. Untuk Dapil I, beberapa nama caleg baru muncul sebagai pemenang. Seniy, caleg permpuan dari partai Golkar muncul sebagai pemilik suara terbanya yaitu 2.612 suara. Kemudian. (cr11)

Office Rental

Fotocopy

Jasa Mampet

Jasa Mampet

Jasa Mampet

SEDOT WC

Septic/Holding tank, Wastafel, Saluran air, greasetrap, STP

PUNYA 3 MOBIL TINJA

Alat/Team Clining yg lengkap Hubungi :

PT. ABM

0778 - 478618 08127026648 www.sedottinja.com

f.Hasbi/Batam Pos

SEJUMLAH warga pesisir di Tanjungbuton, Daik, menjala ikan dengan peralatan seadanya, Selasa (22/4). Aktivitas ini kerap dilakukan sore hari ketika air laut surut.


24

Batam Pos, Rabu 23 April 2014

Terdakwa Hengky Akui Sabu Miliknya BUKIT BESTARI (BP) - Terdakwa Hengky Tornando mengakui tujuh paket sabu dengan berat 4.00 gram yang disimpannya di mobil Soluna putih, memang miliknya saat ditangkap Sat Narkoba Polres Pinang, 11 Januari 2014 lalu di depan Wisma Pesona, Batu 9, Tanjungpinang. ”Ia betul pak,” kata Hengky di hadapan Ketua Majelis Hakim, Eryusman dan Jaksa Penuntut Umum, Soleh saat menjalani sidang di PN Tanjungpinang, Selasa (22/4). Pengakuan terdakwa juga dikuatkan keterangan dua saksi, yaitu Firman Hidayat, anggota Satres Narkoba Tanjungpinang. Firman mengatakan di depan hakim, terdakwa ditangkap di dalam mobil di depan Wisma Pesona setelah mendapatkan informasi dari terdakwa lainnya Dody Iskandar Dinata. Dody sendiri sudah difonis 4,6 tahun beberapa waktu lalu. Dody awalnya mengaku memesan sabu dari Hengky, sehingga polisi melakukan pengembangan kasus ini. Saksi kedua, Novika yang mengaku sedang berjualan di kedai, depan Wisma Pesona saat terjadi penangkapan terdakwa. ”Tiba-tiba ada mobil menyalip mobil. Langsung keluar beberapa orang dari mobil dan gedor-gedor satunya, memaksa pengendara mobil itu ke luar,” kata Novika. Begitu pengendara itu keluar dari mobilnya, pengendara mobil yang terakhir diketahuinya sebaga polisi, langsung menggeledah orang di mobil yang satunya. ”Waktu itu saya ditarik polisi ke mobil melihat bungkusan yang ada tisunya. Banyak juga masyarakat waktu itu,” katanya. Selanjutnya sidang akan dilanjutkan Kamis (24/4). (asr)

Enam Rumah Kena Puting Beliung LARA, Pinang Kota

Madong, Selasa (22/4). Agus memperkirakan, total kerugian rumah almarhum Edi Marwin mencapai Rp 6 Juta. ”Itu baru perkiraan saja. Karena baru satu rumah itu saja yang paling parah,” ujarnya. Sedangkan lima rumah lainnya, mengalami kerusakan tak separah rumah Edi. Agus mengatakan, saat ini dikabarkan ada tiga rumah lagi yang terkena

ebanyak enam rumah di RT 03 RW 05 Kampung Baru, Madong Darat, Kelurahan Kampung Bugis, rusak digulung angin puting beliung, kemarin pukul 13.30 WIB. ”Dari enam rumah itu, yang paling parah adalah rumah almarhum Edi Martin,” ujar Kepala Badan Pencegahan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tanjungpinang, Agustiawarman, di

S

f.dok

Lis Darmansyah

Mahasiswa Punguti Sampah di Jalanan Peringatan Hari Bumi Sedunia

f.lara/batam pos

ATAP rumah Nur Hamisah terangkat angin puting beliung, kemarin. Selain rumah Nur, ada lima rumah lagi yang digulung angin puting beliung.

PINANG KOTA (BP) - 14 mahasiswa yang tergabung dalam Mahasiswa Pencinta Alam (Mahapala) Umrah, memperingati Hari Bumi Sedunia, kemarin.

Aksi mereka dilakukan dengan berjalan kaki, mulai dari Lapangan Pamedan, Jalan Engku Putri, Jalan Pemuda, dan berakhir di Lapangan Pamedan. Selama perjalanan, mereka memunguti

 Baca Mahasiswa...Hal 22

f.lara/batam pos

MAHASISWA memakai kostum unik berwarna hijau dan ada yang berkostum menyerupai bumi.

Kehilangan

Kehilangan Jitu

Renovasi

Info Kos

Biro Jasa

Lowongan Kerja

Massage

KEHILANGAN - Bpkb & stnk a/n jumi remi, bm 1070 hw, noka : mhyesl416yj-507590, nosin : g16a1a-507590

KEHILANGAN - 1 suz fu 150 scd a/n ruslan, bp 6682 fh, noka : mh8b641cacj838349, nosin : 6420id898375, hub : 0852 7180 2701

RENOVASI - menerima segala bentuk renovasi & bangunan baru, khusus btm ctr (pak heri cikitsu a8/16), hub : 0853 7521 9087

KEHILANGAN - stnk a/n ariansyah, bp 5448 im, noka : mh314d0018k072997, nosin : 14d-073475, hub : 0852 7275 6035

CV. MITRA JAYA MANDIRI - menerima pengerjaan renovasi bangunan, workshop, & pekerjaan baja, hub : 0813 9484 0002

PNGRSN - PT, PMA, CV, UD, Slon Akte Kwin, Akte lhir, pspr, STNK, KTP, hgb, SIUP, Dmisili, NPWP, TDP, api, sbu, SIUJK, HO, DTG, dll.Bp. Matius Hp. 08127033159/(0778) 7032793

DIBUTUHKAN SEGERA - tenaga kerja cleaning service perawatan taman, syarat : pria, menguasai mesin potong rumput, hub : bpk. jaya - 0852 7211 0440

LIE LIE MASSAGE - khusus panggilan hotel daerah nagoya, hub : 0823 8388 1491, tidak melayani sms

KEHILANGAN - stnk a/n silvia dewi, bp 5392 mg, nrng : mh31kpoobd5637095, nosin : 1kp.636705, & ktp asli, nik : 1375034712830001, bg ygmnmkn hub : 0812704848999/082385682284

KOST KAMAR - single, suami istri, dengan/ tanpa kamar mandi, fas: wifi, internet, tv kabel, dapur, kulkas, lokasi tg. uncang dkt pasar fanindo, hub : 0821 6905 8541/ (0778) 743 6483

KEHILANGAN - ktp a/n mulyati, stnk mobil asli a/n bambang saputro, bp 1153 d, stnk motor, bp 4968 ek, hub : 0821 7458 0468/ 0813 6444 7578

KEHILANGAN - stnk & bpkb a/n dewi simanjuntak, bp 3154 gq, no. bpkb : j.02144716, noka : mh1jfa118ck123211, nosin : jfa1e1121837, hub : 0852 6362 6648

Kehilangan Jitu

KEHILANGAN - stnk asli a/n edy saputra, nopol : bp 6029

KEHILANGAN - stnk asli a/n helsariah silalahi, bp 5280 ih, noka : mh354poobcj388870, nosin : 54p389125, no. bpkb : 54p389125, hub : 0813 9673 6674 KEHILANGAN - stnk a/n karmila sheilatulloh, bp 1791 fr, noka ; mhkv1bb2jdk008181, nosin : mc65845, bg yg mnmkn hub : 0813 6464 8559 KEHILANGAN - stnk a/n suwarso, bp 3606 iq, noka : mh1jfb114dk544074, nosin : jfb1e1545646, bg yg mnkn hub : 0813 4907 0939 KEHILANGAN - stnk a/n rochimin, bp 3271 ef, noka : mh1jf21198k031568, nosin : jf21e1031395, bg yg mnkn hub : 0818 0583 1091 KEHILANGAN - stnk a/n ardian liga, bp 4978 fu, noka : mh35d9203bj125831, nosin : 5d9-1125909, bg yg mnmkn hub : 0813 7222 9035 KEHILANGAN - stnk a/n olfine elfine sianturi, bp 5297 jg, noka : mh354pooadj683011, nosin : 54d683070, hub : 0813 7206 5364 KEHILANGAN - 1 surat kavling a/n nasrul br, no. 93 blok v, uk. 10x6, lokasi sagulung btaji, hub : 0823 9080 4325 KEHILANGAN - 1 suz nex a/n lova rindra, bp 6134 gd, noka : mh8ce44dadj131134, nosin : ae52id722773, hub : 0852 7189 2701 KEHILANGAN - 1 suz satria fu a/n marhudatian, bp 6284 fq, nka : mh8be41eadj108823, nsin : 64217 d109645, hub : 0852 7189 2701

 Baca Enam...Hal 22

Teralis CV. DIAMOND TERALIS - stainless & besi, kanopy, atap spandek, pintu ruko, pintu aluminium, dll. ruko central legenda point b.12, hub : 0812 7799 741. www.diamondtralisbatam.com BAROKAH TERALIS - terima pasang rangka mcm trlis pgr besi & stainless, pintu-kanopi, tgga putr, balcon, spndek dll. blh byr 3x. prum kopkar pln B/9 btm ctr, 0812 5932 2372

PT. TRISATYA CAHAYA GEMILANG - menerima pengecatan building, marine, dan floor coting. hub : 0813 7227 9414 / 0813 9484 0002 JASA RENOVASI - mbangun rumah, harian/borongan dngn bahan/non bahan, tukang pengalaman, hub : 0812 6645 1459 RIZAL RENOVASI - rumah, ruko, plavon, partisi, gypsum, cat jndela / pntu aluminium, kaca, pasang bata plaster, interior, hub : 0812 7790 805

Properti DIJUAL - perum putra jaya residence, type 28/72 m2, tanjunguncang, hrg 65 jt nego, hub : 0852 6543 9199 DIJUAL - kios dilokasi bcs mall lt. 1, lokasi bagus, dpn eskalator naik, hub : 0812 700 32523/ 0856 6668 396

Elektronik

Pendidikan

MULTI AIRCOON - menerima service, panggiln ac, kulkas, mesin cuci, service ditmpt, melayani sekota batam, hub : 0813 7240 0518

EXPRESS ENGLISH - bs membantu dlm 3x pertemuan akan ada hasilnya pd diri anda dgn mdh bs brbhsa inggris, anak sekolah dlm 1 bln bisa berbahasa dgn bagus hub. 0822 8431 4948

ZUL ELEKTRONIC - tv, vcd / dvd, mesin cuci, kulkas elektrik, LCD TV, instalasi listrik, dll. siap u/ dipanggil ketempat. hub. 0815 36949121/ 081277254077

Jasa Install listrik SPECIAL INSTALL LISTRIK, REPAIR pasang listrik indstri pabrik, hotel, ruko, kntr, rmh, melayani panggil cpt konsleting listrik, dll hub : 0813 7261 0992, 0853 6430 9992. INSTALL LISTRIK - menerima pemasangan instalasi listrik, rmh, kantor, hotel, ruko, pabrik, serta gangguan korsleting listrik se kota btm, hub : 0852 9333 8010

SIMPLE TALK - the fstest way to learn english or indnsia (for exprt) our prgrm : privte, crprte clss in the house training easy & fun, call mr. putra : 085272879600, pin 27642981

KOST PRIA - fas : ac, non ac, tv, km dlm, tmpt tidr, tv kabel, ruko greenland (sblh sekolah global), hub : 0853 6338 8555, (0778) 3308555, & diswkan rmh sukjadi jl, cemara tiang no. 48 KOST EXECUTIVE - perum kda btm ctr, strategis, bersih, aman, fas : km dlm, ac, springbed, lemari, meja, cctv, parkir, hub : 0878 9414 1584, 0811 141 492 KOST ELITE DIPELITA - toilet dlm, satpam 24 jam, wifi, cctv, tv kabel, air panas, hubungi : 0812 7687 2052, 0853 5547 3396 , (0778) 7000 855 KOST EXECUTIVE - dlm komp. mall ngya hill, daily, weekly, montly, fas : lngkp : ac, kmr mandi dlm, air pnas, indvision, dll, hub : 0813 2819 4883 / (0778) 7016555 / 7065888 KOST EXECUTIVE BARU - prum bukit mas, brsih, nyman & aman, 100m dr ngya citywalk, kmr mnd dlm, air pns, ac, tv, lcd, sprgbed, furnish, cctv, prkir luas, hub : 0856 618 9999 KOST EXCLUSIVE - plamo grdn, akses mudah, lgkp:tpt tdr double,km dlm, meja kursi, tv lcd, wifi, cctv, scurity 24jam,akses mudah taxi 24jam, mulai 2 jt/bln; 0778 3300123 TERIMA KOS WANITA - exclusive, anggrek sari emerald. Fas: AC, LED 32’,TV kbl,Km.Mandi dlm/lr,lemari, tempat tidur, springbed, dapur, mesin cuci, kulkas. Hub: 081277006966

ANNISYA AGENCIES - urs ktp, passport, stnk, bbn, siup, tdp, dmsili, npwp, akta lhr, nik, api, cv, pt, hki (izin merk), ctr ikln btm pos , kons iso 9001, dan dok lain. hub : edy , 08117011460 BIRO JASA - pengurusan work permit, kitas untuk expart, silhkn hub : gcfen - 0811 7715 777 PT. SANJAYA KONSULTINDO - terima penyusunan lapkeu, lapor pajak, spt tahunan, pemeriksaan pajak, audit lapkeu, Hub: 467500 sanjaya. consultingbatam@yahoo.com PT. SINAR CAHAYA ANANDA UTAMA - jasa pngurusan ( kontrak, perturn prusahaan, prjanjian krjsma, dll), pmbuatn cv, pt, pma, dll & jasa pmbuatn prizinan, hub : 0821 7400 0048 BIRO JASA - pengurusan akte nikah, akte lahir, paspor, sim, ktp, stnk, npwp, domisili, siup, tdp, pt, cv, ud toko, tdg, ho, hub : 0813 6471 7206/ 0812 7630 9123 - linda PT JOVINDO SOLUSI - terima penyusunan laporn keuangan, pajak, npwp, periksa pajak, spt thnan, spt masa/blnan utk pt/cv & prbdi, akte, pendirian (akta) pt, cv,toko, hub.082171588777

Investasi

Hiburan Sulap

DICARI - tukng aluminium/ kaca tukng plafon/ prtisi gypsum, tukang dempul/ cat yg berpengalaman, ruko villa mas blok f no. 4-5 sei panas, hub : 0813 7266 2288/ (0778) 7851717 DIBUTUHKAN SEGERA - design grafis, siap pakai, berpengalaman, utk percetkn offset, lamaran ke : anata, jl pelita 2 no. 6 (0778) 7041389/ 0813 6440 0660 (jam kerja) DIBUTUHKAN - karyawan editing foto, bisa photoshop, corel, berpengalaman, lamaran diantar ke hawaii studio sakura anpan, blok f no.2 (dpn formosa hotel) DIBUTUHKAN - mnjdi consultant kesehtn & pelatihan 10 hari, dtg lgsg ke: komp. garden masyeba blok 1 no. 1, /bcs mall “kantor bunda lis”, dg bpk. deni/ bu indah. hp : 081315882237

Massage MASSAGE - pijat tradisional, atasi turun perut, impotensi keseleo, terkilir, utk pria/wanita, trima panggilan hub: ibu subetty dari jatim 0813 6401 9777 ACHING MASSAGE - chinese, pengalaman, dijamin puas. tergiur hub : 0823 8603 0308 MAN2MAN MASSAGE, khsus PRIA dewasa yang bth kebugaran & relaxasi, Massage from man to man, khusus di tempat. Hub: 0887-6120-500.

BOSS VENTRE KEUNTUNGN - psti/ hr 5jt, slma 90 hr (non mlm), hub:pt. bvi, telp (021)41196301, brmint hub : 087876626111/ 0823 12781366, klik www.bossventureautoprofit.com

MEI LING MASSAGE - khusus panggilan hotel, 24 jam, no sms / misscall, hub. 085272118588 SWEETY MASSAGE - melayani terima pnggilan / tmpt dilayani oleh tnga muda profesional hub : 0823 8675 4896, 0853 7454 7986

LES PRIVAT - pelajaran sekolah sd/ smp/sma, english, convrsation, toefl, ms.office, internet, mtk, math magiq, metode terbaru hitung cepat, hub : 0812 7714 0310 (ami)

HIBURN SULP + MC PRFSIONAL - mr latul, berikan kado istimewa, ultah anak, grand opening dgn sulap, dijamin memuaskan, penggemar & full interaktif, hub : 0812 6699 1688

Catridge

Video Shooting

Salon Mobil

CATRIDGE KOSONG - terima kosong & baru, dg hrg tinggi, merk canon pg40, cl41, 810, 811, 831, hp 21, 22, 802,851, dll, bs dijemput, hub : (0778) 7831 0999, 0813 1047 6845

JOELENT PRODUCTION - vid shooting rp 400rb /disc photo album rp 350rb / roll konvr rp 100rb / disc cp cd rp 20rb / disc. atr jmpt, SEWA PRJECTR RP.50RB hub : 08127036930 / 0778 - 7240544.

YURIS SALON MOBIL PANGGILAN - service, poles body, cat buram, Poles lampu, mesin, jok karpet, plafon, mobil anda baru kembali, hub: 081277110624--085668364172

BU ANNA URUT KELUARGA - mengatasi capek2, pegal2, masuk angin, keseleo, bersedia dipanggil ke rmh, hub : 0823 8603 5169

FARIDA MASSAGE - thai massage, tradisional massage, hnya utk dpnggil, hub : 0831 9105 3099 JAKARTA SINTA MASSAGE - tradisional khusus panggilan hotel, online 24 jam, no sms. hubungi sinta : 0812 9513 8136 RICKY MASSAGE - for man only, full body massage, body scrub, service memuaskan hub: 0813 7012 3350 LOVE MASSAGE - mlayani tradisional massage, scrub, kurang brgairah, djamin puas, pnggilan htel & dtmpat, 24jam, hub ; 0853 6424 9528 EREN MASSAGE - ditangani wanita muda cantik berkulit putih, tinggi, dijamin puas, ditempat & dipanggil, hp : 0822 8332 2368 SISKA MASSAGE - traditional massage, combination massage, body scrub, facial + totok wajah, terima di tempat & dipanggil, hub : 0812 6821 3344 TIKA MASSAGE - mengatasi capek2, pegal2, lelah, pangilan ditempat & hotel, hub : 0812 7502 0906 ASENG MASSAGE - relaxion & chiropractic, tenaga pria chinese terlatih, tersedia tempat & dipanggil, hub : 0812 6805 8843 BATAM UNDERGROUND MASSAGE - terima panggilan/ ditempat/ oleh wanita profesional, online 24 jam, hub : 0811 7073 096 JAPANESSE BODY MASSAGE - pijat ala jepang yang penuh fantasi dan sensasi luar biasa, hub. 08126188823, tenaga pria TRADISIONAL MASSAGE & LULUR BODY SCRUB - mengatasi capek2, lelah, letih, & msuk angin serta mengatasi keluhan pria, call adam : 0821 6960 4367 (24 jam) no sms

Massage BINTANG MASSAGE - kss pnggiln htel, srvice mmuaskn, trdsnl mssge, pegl2, cpk & rileks + kmbinsi (24 jm) hub. 081276891651,08526447 8813 BATAM MASSAGE TENAGA PRIA muda profesional, facebook : damarmassageplus batam (utk pria & wanita) CALL : 081261498369 SITY THAI MASSAGE - mlyani pijat tradisional jawa, pijat ala thailand, llur scrub, turun perut, utk pria/wnita, khss pnggilan, hub : 0812 779 0017 PIJAT TRADISIONAL - untuk pria & wanita, mengatasi capek2, masuk angin, & keseleo, hub : mbak sulis : 0853 6561 5929

Otomotif ______ DISEWAKAN ______

AQ RENTAL - menyewakan xenia, avanza, harian, mingguan, bulanan, bs antar jemput (250 nego), hub : 0852 7260 1314 _________ DIJUAL _________

CONTAINER DIJUAL - Kondisi 80%, office, br renovasi, lengkap AC. hub. 0813 726 22222 / 0778-7065888.

Dijual SHAMPOO AJAIB - dijual shampoo noni ajaib, hub : yong hua - 0813 8011 8899, indayati - 0813 6449 2306

Peluang Usaha PELUANG USAHA - ambil kesempatan ini segera, jgn lewatkan rezeki uang berlimpah ini segera hub : 0858 5034 3351

Pengobatan TERAPI KELUHAN PASUTRI - mengatasi ejakulasi dini, lemah syahwat, darah tinggi, diabetes, kencing manis, saraf kejepit, keputihan, dll, hub : 0813 7249 8931 (ibu tin)


04:41

12:05

15:22

18:10

19:19

25 Batam Pos, Rabu 23 April 2014

Lestarikan Pakem Pengantin Melayu BATAMKOTA (BP) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disparbud) menggandeng ibu-ibu Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Batam mengggelar workshop tata rias dan busana pengantin Melayu bagi para perias pengantin (Mak Andam) Batam, di gedung Lembaga Adat Melayu (LAM) Batam, Batamcenter, Selasa (22/4). Kegiatan ini dimaksudkan agar tata rias dan busana pengantin Melayu di Kepri sesuai dengan pakemnya. ”Melayu di Riau Kepulauan dengan Riau daratan itu kan berbeda. Untuk itu, kita ingin mengidentifikasi tata rias dan busana pengantin Melayu asli versi Riau Kepulauan yang terpengaruh budaya Riau-Lingga yang semestinya dipakai di sini (Kepri, red),” kata Tetty Sandra, ketua Pokja 3 Tim Penggerak PKK Kota Batam di sela acara, kemarin. Acara ini diikuti sekitar 66 peserta yang didominasi para perias pengantian serta perwakilan PKK kecamatan yang berasal dari seluruh kecamatan

BP Tentang Rencana Pemko

Workshop Bagi Perias Pengantin

Pungut Pajak dari Ruli YASHINTA-HADI, Batamkota

HM Zein memberikan penjelasan tentang tata cara pemasangan aksesoris pengantin Melayu di depan peserta workshop, Selasa (22/4).

 Baca Lestarikan...Hal 33

F.Cecep Mulyana/Batam Pos

REI Dukung Pemko Atasi Banjir BATAMKOTA (BP) - Real Estate Indonesia (REI) khusus Kota Batam, siap bekerja sama dan mendukung Pemerintah Kota Batam mengatasi masalah banjir. ”Ayo kita duduk bersama memba­has dan mencari solusi terbaik untuk mengatasi banjir,” kata Djaja Roeslim, ketua DPD

F.Cecep Mulyana/bp

Brigjen Endjang Sudrajat

Penerimaan Polisi Bebas Pungutan NONGSA (BP) - Kepolisian Dae­rah (Polda) Kepri, menerima sebanyak 473 anggota baru. Penerimaan calon brigadir polisi ini diklaim bebas dari pungutan biaya apapun. ”Seka­rang untuk bisa jadi polisi murni harus kemampuan diri sendiri untuk bisa lulus,” kata Kapolda Kepri, Brigjen Polisi Endjang Soedradjat pada acara penandatanganan pakta integritas sekaligus pe­ngarahan kepada para calon bri­gadir polisi, di gedung Lancang Kuning Polda Kepri, Selasa (22/4). Polda Kepri pada tahun ini menerima pendaftaran sebanyak 2.143 calon brigadir polisi, terdiri dari 1.373 calon polisi laki-laki dan 770 calon polisi wanita. Dari jumlah tersebut, hanya 385 polisi laki-laki dan 88 polisi atau total 473 polisi baru yang akan diterima di Polda Kepri. Sebelumnya, Polda Kepri telah menggugurkan sebanyak 267 pendaftaran karena kalah di persyaratan administrasi. ”Untuk seluruh Indonesia sendiri, diperlukan sekitar 20.000 polisi laki-laki dan 7.000 polisi wanita baru,” ujarnya.

 Baca Penerimaan...Hal 33

REI khusus Batam, kemarin. Ia menuturkan pembangunan Kota Batam menjadi kota metropolitan sudah didesain sejak dulu. Untuk itu, REI akan selalu mendukung program pembangunan sesuai desain yang sudah ditetapkan tersebut. Menurut Djaja, pemicu ter-

jadinya banjir selama ini, jangan sepenuhnya dilimpahkan kesalahannya kepada pengembang. ”Selama ini, ketika ada banjir selalu pengusaha atau pengembang yang disalahahkan. Apalagi, kalau sempat titik banjir terse

 Baca REI...Hal 33

f.Iman Wachyudi/bp

Djaja Roeslim

encana Pemerintah Ko­ ta Batam me­lalui Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) memungut Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dari rumah liar (ruli), ditentang Badan Pe­ngusaha (BP) Batam. Alasannya, jika dipungut pajak sama saja Pemko Batam melegalkan rumah liar di Batam. ”Ruli kan berdiri di atas lahan tidak berizin atau ilegal. Tidak pantas rasanya jika pe­merintah

R

f.arman/bp

Dwi Djoko Wiwoho

mewajibkan pe­milik rumah liar membayar PBB,” kata Dwi Djoko Wiwoho, direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Humas BP Batam, kemarin (22/4) di Batamcenter. Menurutnya, PBB harusnya

dipungut dari suatu kegiatan yang legal. Sementara ruli statusnya ilegal karena berdiri di atas lahan yang berstatus hutan lindung, row jalan, lahan milik orang lain, dan bukan masuk dalam kawasan perumahan. ”Intinya, kalau bukan lokasinya, ya tidak boleh membangun di situ,” tegasnya. Menurut Djoko, seharusnya pemerintah bisa melihat siapa-siapa saja yang bisa dikenakan PBB, sehingga nantinya bisa diper­ tangungja­wabkan seperti apa ke depannya. ”Kalau ada masyarakat yang bayar PBB dan nanti minta (lah

 Baca BP...Hal 33


metro society

26

Batam Pos, Rabu 23 April 2014

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau Guntur Sakti berfoto bersama seluruh perwakilan peserta. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri, Guntur Sakti; GM Pelindo I, Syahri Ramadana MBA MM; Kasi Lalu Lintas Laut dan Usaha Kepelabuhan KSOP Tanjungpinang, Uripno SSos; dan praktisi pariwisata saat sesi sambung rasa.

Diharapkan Meningkatkan Kualitas Layanan dan Kenyamanan Wisatawan

Sadar Wisata Bagi Operator Pelabuhan D

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau, Guntur Sakti mengajak segenap komponen pelabuhan baik regulator maupun operator pelabuhan untuk bersama-sama menerapkan unsur-unsur sapta pesona (keamanan, ketertiban, kebersihan, kesejukan, keindahan, keramahan dan kenangan).

Kepala Seksi Lalu Lintas Laut dan Usaha Kepelabuhan Kantor Kesyah­ban­daran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungpinang, Uripno SSos, menyampaikan Peran Strategis KSOP dalam Mendukung Pariwisata di Provinsi Kepri.

Undangan dan peserta serius mendengarkan sambutan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri, Guntur Sakti.

Ge­neral Manager PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I Tanjung­pinang, Syahri Ramadana MBA MM, memberikan penjelasan tentang peran dan upaya yang telah dilakukan Pelindo selama ini.

seorang peserta dari pengemudi taksi pelabuhan berdialog dengan narasumber.

Peserta menyaksikan video tayangan kondisi existing dan kondisi ideal tata kelola pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang.

seorang perwakilan Operator Kapal memberikan masukan kepada narasumber.

Peserta registrasi di acara Kampanye Simpatik Sadar Wisata Bagi Operator Pelabuhan.

inas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau bekerjasama dengan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungpinang serta PT Pelabuhan Indonesia (PELINDO) I Tanjungpinang menggelar Kampanye Simpatik Sadar Wisata Bagi Operator Pelabuhan, Senin (14/4). Kegiatan ini digelar dalam rangka menstimulasi kesadaran masyarakat khususnya tenaga operator pelabuhan akan pentingnya memberikan pelayanan yang terbaik dan ramah (excelent service) bagi wisatawan. Kepala Dinas Pariwisata Pro­ vinsi Kepulauan Riau, Guntur Sakti, SSos, MSi, menjelaskan Kampanye Simpatik Sadar Wisata Bagi Operator Pelabuhan yang diselenggarakan dalam bentuk Sarasehan tersebut sengaja dikemas secara informal. Dimulai dengan makan malam bersama, dilanjutkan dengan penayangan kondisi existing pelabuhan Tanjungpinang, paparan mengenai Peran Strategis KSOP dan PT Pelindo I (Persero) dalam mendukung pariwisata Kepri, diakhiri dengan sambung rasa. Acara tersebut diikuti oleh segenap unsur pelayanan pelabuhan antara lain: KSOP Tanjungpinang, PT Pelindo I (Persero) Tanjungpinang, Imigrasi Pelabuhan Tanjungpinang, Kantor Bea dan Cukai Tanjungpinang, dan Polisi Pelabuhan (KP3). Selain itu, Dinas Perhubungan Provinsi Kepri dan Kota Tanjungpinang, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Tanjungpinang, operator kapal seperti Baruna Jaya, Marinatama Gemanusa, Lestari Indo Bahari, petugas porter, supir taxi, ojek, dan becak serta petugas

parkir pelabuhan. Pada kesempatan itu, Syahri Ramadana, MBA, MM selaku General Manager PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I Tanjungpinang (pihak operator pelabuhan) dan Uripno, SSos Kepala Seksi Lalu Lintas Laut dan Usaha Kepelabuhan KSOP Tanjungpinang (pihak regulator pelabuhan) menyampaikan appresiasi atas inisiatif Dinas Pariwisata Provinsi Kepri yang telah memfasilitasi pertemuan yang melibatkan seluruh komponen di pelabuhan Tanjungpinang. Beberapa poin yang menjadi saran masukan terkait dengan perbaikan pelayanan pelabuhan, antara lain adalah pihak regulator dan operator (PT Pelindo dan KSOP) perlu duduk bersama membuat ketentuan tentang pembagian jam kedatangan dan keberangkatan kapal ke pelabuhan sehingga petugas counter penjualan tiket tidak perlu lagi teriak-teriak menjual tiket kepada calon penumpang, PT Pelindo selaku operator pelabuhan perlu membenahi fasilitas dan infrastruktur pelabuhan. Selanjutnya bagi tenaga pendukung pelayanan pelabuhan, seperti petugas porter, supir taxi, ojek, dan becak serta petugas parkir pelabuhan perlu kesadaran bersama untuk menjaga keamanan, keter­tiban dan kenyamanan wis­at­aw ­ an dan pengguna jasa pelabuhan lainnya Ke depan diharapkan kualitas pelayanan pelabuhan Sri Bintan Pura lebih baik sehingga memberikan kesan baik wisatawan. *** Narasi dan Foto: Dispar Provinsi Kepri

Batam Creativity dan Wonderfood Festival 2014

Adu Kreativitas dan Uji Kemampuan Memasak Tentara bersama UKM M

ultilateral Naval Exercise, tidak hanya berkaitan den gan kemiliteran saja. Melainkan juga ajang menguji kreativitas dan ajang kemampuan memasak. Ajang ini dinamakan Batam Creativity dan Wonderfood Festival 2014. Para insan kreatif di Batam mendapat peluang menunjukkan kreativitas mereka, baik di bidang fotografi, dan fashion. Tidak kalah unik, keterampilan mengolah sajian makanan. Sekitar 30 pelaku usaha di Batam berkompetisi sesama mereka untuk keunikan dan kelezatan produk yang berjumlah sekitar 120 menu, dalam bazar kuliner yang berlangsung tiga hari. Di penghujung acara, para tentara dari berbagai Negara dan pelaku usaha kuliner di Batam, bertanding mengolah ikan kerapu, napoleon dan kakap menjadi sajian. Multilateral Naval Exercise Komodo 2014 adalah ajang internasional latihan bersama angkatan laut dari 18 Negara di perairan Kepri. Menjadi bagian dari unjuk kreativitas tentara negara peserta dan para pelaku usaha kuliner serta insan kreatif di Batam. Ajang lomba memasak lintas Negara ini diikuti oleh delapan grup dari negara masing-masing, Thailand, China, Vietnam, Brunei Darussalam, Australia, Jepang, Filipina, dan Malaysia. Dua grup dari TNI dan 10 grup dari pelaku usaha kuliner di Batam. Para pemenang lomba memasak ini, dimenangkan Juara Pertama China, juara kedua Thailand, juara ketiga Jepang. Sedangkan untuk Batam Creativity and Wonderfood Festival 2014, khusus untuk kuliner terdiri dari 12 kategori. Juara I Mengkeng dari Sunbread, Juara II Dedy dengan menu Kacang Goreng, Juara 3 PKK Kota Batam,dengan aneka snack. Pemenang kategori kudapan, juara 1, Yuli dengan produk Batagor Akang, juara 2 PKK Kota Batam dengan produk Pulut Durian, dan Juara 3 Mahasiswa Politeknik dengan Empek Empek Ubi Ungu. Kategori menu utama, juara 1 PKK Kota Batam dengan Kari Ayam, juara 2 Mashuri dengan Bakso Petir dan juara 3, Iyan dengan Ayam Bakar Artomoro. Kategori minuman, juara 1 PKK Kota Batam, dengan Es Selendang Mayang, juara 2 Mashuri dengan Rojak Gobet dan Juara 3, Puji dengan Es Krim Cincau Hijau. ***

Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan menggunting pita zona bazar menandai dibuka secara resmi Batam Creativity dan Wonderfood 2014 , didampingi GM BPES Lisya Anggraini dan Kadispariwisata Kota Batam Yusfa Hendri.

Foto : Yusuf Hidayat/Dalil Harahap

Peserta memilih bumbu dan tambahan bahan masakan untuk mengolah ikan kerapu, kakap, dan napoleon menjadi sajian.

Pemenang lomba foto Batam Creativity & Wonderfood Festival 2014, dari kiri Juara 1 Rezza Herdiyanto, Kadisparbud Batam Yusfa Hendri, Juara 2 Assokadandrya, dan Ali Sadikin mewakili Andri Mediansyah sebagai juara 3.

Para juri sedang mencicipi rasa sajian untuk memberikan nilai.

Atraksi kayang dari mayoret Marching Band Genderang Suling Gita Jala Taruna AAL.

Marching Band AL Jepang.

Narasi : Lisya Anggraini

Pementasan tari budaya Nusantara.

Adu bakat di Battle Chef.

Menikmati kuliner bazar Wonderfood Festival 2014.


Pasang lagi, laku lagi !

Batam Pos, Rabu 23 April 2014

RENTAL & JUAL

PT. BMS

WANG CAR RENT AL RENTAL

PT. TRANS AUTO

HARGA KHUSUS UNTUK SEWA

MURAH SEWA MOBIL

DENGAN SOPIR MAUPUN TIDAK UNTUK:

• HARIAN / DAILY • MINGGUAN / WEEKLY • BULANAN / MONTHLY

Disewakan mobil untuk Harian - Mingguan dan Bulanan

MULAI Rp. 150.000,-

Baik berikut Sopir maupun tidak. Terima antar Jemput dari Pelabuhan/Airpot.

Free antar Jemput dari Pelabuhan atau Airport

0778-7044888 0811771 0771 081277311588

Komp.Trikarsa Ekualita (samping Hotel Sidney)

0778-473400 - 7874000

CV AR CV.. 7 ST STAR

DISEWAKAN MOBIL DENGAN SOPIR MAUPUN TIDAK UNTUK:

* * * *

• HARIAN / DAILY • MINGGUAN / WEEKLY • BULANAN / MONTHLY

Free antar Jemput dari Pelabuhan atau Airport

HARIAN-MINGGUAN-BULANAN Avanza Veloz 2013 Avanza 2010 / 2011 Yaris 2010 X-Over 2010

SEWA 2 HARI DAPAT DISC FREE ANTAR JEMPUT Lengkap Dengan Asuransi

Ruko Palm Spring Blok A2 no.08 Batam Centre (blkg Gelael/smpg Station)

0778-464603 0778-7891234

0853 6919 0000 0856 6819 0000

MOBIL

HARIAN

950RB 700RB 800RB 700RB 600RB 650RB 350RB 300RB 300RB 350RB

BULANAN

CALL CALL CALL CALL CALL CALL CALL CALL CALL CALL

MOBIL

HARIAN

11. NISSAN LIVINA 2010 12. NEW VELOZ 2013 13. AVANZA 2012, 2011, 2010 14. NEW XENIA 2013, 2012, 2011 15. LUXIO TX AT 2010, 2011 16. HONDA JAZZ RS 2010, 2011 17. INNOVA 2010, 2011, 2012

CALL CALL CALL CALL CALL CALL CALL

DEPAN PT. PANASONIC BATAM CENTRE KOMP. RUKO ROYAL SINCOM, BLOK A NO.12 - BATAM CENTRE ANTAR JEMPUT GRATIS. BESERTA / TANPA SUPIR PRIBADI

HP : 0852 6555 2010 / 0812 7004 3333

HARIAN - MINGGUAN - BULANAN - TTAHUNAN AHUNAN

Info Pemasangan Iklan :

Terima Antar Jemput (Express)

: NEW FORTUNER (2013/14) - HITAM/PUTIH : NEW CRV (2011/12) - HITAM/PUTIH : NEW INNOVA (2013/14) - HITAM/PUTIH : NEW VELOZ (2013/14) - HITAM/PUTIH : KIA PREGIO 12 SEAT (2012) SILVER (New Car, Standard Price) Mobil Baru / Harga Standard Harian/ : NEW INNOVA (2013) : 400.000,: VELOZ (2013/14) : 350.000,: INNOVA : 350.000,Daily : AVANZA : 300.000,: HONDA JAZZ / YARIS : 350.000,: TOYOTA FORTUNER/CRV (HITAM) : 900.000,Tersedia : CRV putih (Bulanan/Harian Pernikahan) (Kondisi Bersih/Terawat) Service 1.Kontrak tahunan/bulanan dengan/tanpa Sopir & Conditions 2.Mobil bisa diantar ke tempat (sesuai permintaan) 3.Mobil dilengkapi dengan Asuransi (All Risk)

SEW A MOBIL / SEWA CAR RENT AL SERVICE RENTAL

0778-7031000 0778-7011000 0821-69201000

062538

062529

063291

TYT VIOS TH’08 TIPE G, AT W. Abu2, tyt.vios ‘03 AT, W. Gold Bs klr btm, Hrg Nego. Hub: 0813 7211 2323/0811 770274

2 UNIT AVANZA VELOZ A/T ‘12 w.silver, jok kulit, a.n, hrg 170 jt. avanza g a/t ‘11 hitam, a.n, hrg 135 jt, smw bs klr btm hub: 081270207788/08566536633

DIJUAL CEPAT

DIJUAL

DIJUAL CEPAT T. TAMBAH 064005

056614

TYT INNOVA V ‘05 HITAM, MOBIL Terawat. Bagus,sgt mulus, service agung automall hrg 130 Jt Nego. Hub: 085264095978

DIJUAL 064625

TYT LITE ICE ‘01 W. Putih Solar, Manual, bersih luar dalam, jok kulit, bs bantu kredit. Hrg Nego. Hub: 0823 8714 7722

DIJUAL

TYT HIACE TH’98 MATIC W. Putih, Kond. bagus Hrg Nego. Hub: 0852 6440 1324 / 0813 2664 2236

T. AVANZA TH’08 AUTO TIPE S W. Gold, KM 58.000 Jrg Pakai, kond. 90% Spt Baru, Bs klr btm, hrg nego. almt dutamas. Hub: 0812 7039 5735

DIJUAL

DIJUAL/TT

DIJUAL

DIJUAL 062521

TYT WINDOW 3.0 X TH’99 W. Silver, Kondisi mulus, Hrg Nego. Hub: 0812 6288 1111

TYT DYNA LONG DUMTRUK ‘TH ‘02 Power Stering, Bs Klr Btm, kond. Ok, Ban baru, Hrg Nego. Hub: 0852 7272 8585

DIJUAL CEPAT 062516

TYT COROLLA TH’97 AUTO 1,3CC W. Biru, Kond. Siap pakai, pemakaian pribadi, hrg nego sampai jadi. Hub: 0813 7279 6820

TYT FORTUNER TRD TH’13 Putih, sangat bagus, hrg 335 jt Nego. Hub: 0813 6414 9707

061999

TOYOTA LAND CRUISER Tahun : 2003, Velg 22", Solar Warna :Hitam Hub ke No. 0811 691 605

TYT COROLLA GLI TH’97 W. Hijau Metalik, Velg Racing, Jok Kulit, AC bagus, CD Pemakai Perempuan, sdh rgestrasi Z. H. 60 Jt Nego. Hub: 08127732424

DIJUAL

TYT KIJANG KRISTA’03 Pjk Hidup, bs klr btm, Hrg 95 Jt Nego. Hub: 082170478161, Maaf TP

DIJUAL CEPAT

TYT CORONA TH’97 AUTO W. Silver jok asli kulit, pribadi kondisi sgt mulus, terawat hrg nego. Hub: 0812 7066 0066

DIJUAL BU 063173

TYT PICNIC TH’00 PJK BARU Ori, Mulus, dan TAV 4 th’95, 2pintu umk, mulus, automatic, Hub: HP. 0811771737/ 085356566777

DIJUAL CEPAT (CASH/CREDIT) 062538

TYT CORONA GLI 1.600CC, AUTO Asli th’99 & 97, Mits. Lancer Glxi 1.600 cc, auto, asli th’99 hub: 0811 6913 89

DIJUAL CEPAT 063299

TYT AVANZA G TH'09 MANUAL W hitam mulus,power steering,power window pelek racing,ac double blower,kaki kaki empuk,no pr tinggal pake, harga 115jt nego Berminat Hub 0813 2737 0888

TYT KIJANG INNOVA 2.0 G TH’05 Manual W. Hitam, bs Klr Btm. Hub: 0852 7223 2289

DIJUAL

T. CORONA ‘97 AUTO Nis. Sunny VIP ‘00, auto, N. Sunny’97 Auto, bs Bntu Kredit, cash Nego. Hp. 081364025891 / 081375447007

DIJUAL 058493

TYT CAMRI TH’02, TIPE V W. Merah Maroon, Auto, ex kantor, mulus, siap pakai, sudah Z, hrg : 98Jt Nego. Hub: 0812 7709891 TEDY

DIJUAL 062524

TYT FORTUNER TRD TH’11 AKHIR Body Baru, hitam, AT, Tyt Fortuner Seri V, Th’07 A/T, 4 WD W. Htm bs klr btm, hrg nego. Hub: 081372112323/0811770274

DIJUAL 064173

TYT CROWN TH’03 Kon. mulus, Jok Kulit Automatic, Terawat panel semua ori. Jarang Pakai. Pribadi. Hub; 085767835555

DIJUAL CASH KREDIT/TT

060796

TYT KJG UNSER ‘01 AUTO 1800 CC W. Merah Maroon Velg R17, hrg 73 Jt (Nego) pjk msh br, kond. Bgus mulus, minat hub: 082172394808, 087894062586

DIJUAL 063296

T. AVANZA TH’08 TIPE S AT Gold. jok Kulit,bs klr btm.Hrg Nego. Hub: 0813 7211 2323 / 0811 770274

DIJUAL 064617

TYT PRADO TH’01 W. Hitam, pjk baru, bensin, 2,7cc, mulus luar dlm, hrg 103 jt nego. Hub: 0813 6414 0234 / 0852 6475 3073

DIJUAL CASH KREDIT/TT

062530

TYT PRADO TH’98 W. Hitam, Manual, Bensin, Kond. Mulus luar dlm, pemakaian pribadi. Hub: 0811 7022 10/ 0778 459391

DIJUAL 060348

TYT RUSH TIPE S / AT, TH’12 Kond. Original ,w.putih,Pemakaian pribadi, sukajadi batam, Hub: 0852 72222189

DIJUAL 061979

T. CORONA GLI 1.6CC TH’97 ASLI AUTO W. Hijau, VR 16 Jok Kulit pajak baru, kond. luar dalam sangat mulus, asli pribadi hrg 61 jt nego. Hub: 0853 5639 7771

T. VIOS TH’04 AUTO W. Biru, Rp. 95 jt Nego. STNK Baru, Bs Klr Brm. Hub: 0812 6811 1979

062531

T. YARIS E 1,5 AT TH’10 HITAM Asli Batam. T. Avanza Veloz 1.5 AT Th’12 W. Hitam/ Silver, Mulus & siap pakai. D. Terios TX 1,5 AT Th’07 Hitam, Jk, Bs klr btm. Hub: 081277071979 / 0853 5547 0483 PIN BB. 271E23BC

DIJUAL

062515

064168

060256

DIJUAL

060162

DIJUAL 058492

TYT CORONA LIMITED Merah Maroon Auto Hub: 0812 7731 1588

DIJUAL

DIJUAL CEPAT

DIJUAL - MOBIL TARIKAN

T. DYNA BOX ALUMINIUM,13 Merah, sperti baru, bali DP 20 Jt saja, 7 juta/bln. Hub: 081364649393.TP

TOYOTA CORONA, TAHUN '98 W. Silver, 1600cc, Jok Kulit, Harga Rp. 55juta / Nego Hub : 0812 705 7900

DIJUAL 061981

TYT INNOVA TH’08 MANUAL BS KLR BTM doble blower, full assories, tv,vr 17, jok kulit over DP 65jt, jln 19 bln, all risk, sisa 29x3,625 jt.Innova ‘05 seri G jln 14 bln, slma 4 th perbulan 3,3 jt, kembali DP 45 jt. all risk hub: 0812 7027 8004,08127685435

DIJUAL 065212

DIJUAL

061969

061237

TOYOTA RUSH ‘12 Tipe S, auto, w.grey, km rendah. Hrg nego Hub : 0812 705 3454

TYT RUSH TH’07, S, AUTO Hitam, Jok 3 baris, bs klr btm, pemakaian pribadi, hrg 145 Jt nego. Hub: 08127734374

064167

064008

065217

TYT UNSER TH’03 Auto, TV, DVD, Subwofer, kond. mulus hrg 78 Jt net, Hub: 0812 770 2008

DIJUAL CEPAT 062517

2 TYT DYNA LONG Th’05 & 06, W. Biru, 4 Ton & 3,7 Ton Kondisi Oke Siap Pakai. Harga Nego. Hub: 0852 6498 6498

DIJUAL 065055

DIJUAL

T. AVANZA TH’07 MANUAL TIPE G Mulus & bagus, Cash Nego. Bisa bantu Kredit. HP. 081364025891 / 081375447007

DIJUAL 064043

062206

TYT CAMRY 2.4 TH’02, TIPE V W. Silver,Jok Kulit Baru, Hrg 105 jt, Nego. Hub: 085272115838

063277

TYT RUSH S AT. ‘12 Bs Klr Btm, W. Merah Maroon, Kond Istimewa KM Rendah, jrang Pakai. hub: 081270126016

DIJUAL CEPAT 060603

061764

064169

TYT AVANZA TH’11 AKHIR KM 30.000 W. Silver, Bonus Biaya Balik nama. sdh byr PPN, bs klr btm, hrg Nego. Hub: 0811773409. Blok VI Jln. Flamboyan No.22 Baloi

DIJUAL CEPAT 060342

DIJUAL /T. TAMBAH 060958

TYT CAMRY 2.4 V AT TH 02 W.silver, jok kulit, double Airbag, Kond. Mulus,siap pakai, Hrg 98 Jt, Dp.28Jt. Hub : 0812 7506 2927

DIJUAL CASH/KREDIT

OVER KREDIT 062629

JEEP TYT RAV 4 AUTO ASLI TH’01 Ada sunroof, sound system, w.htm, jeep, honda crv th’00 (asli japan), tyt camry 2.400cc auto th.01 hub: 0811691389

RUKO SAMPING Dealer Ford No. 4,5,6ac (depan simpang rujak Sei Baloi) WEB:WWW/AUTOSERIBUPERKASA.COM

DIJUAL CASH KREDIT/TT

460 000

DIJUAL CEPAT (CASH/CREDIT)

PT. AUTO SERIBU PERKASA

TYT AVANZA VELOZ DP. Bisa 25 Jt Bs Diskon 14Jt-an, sampai dgn akhir bln ini. Hub: Yayuk 0821 7078 0089

PT. J&J MOBILINDO

RUKO PERMATA NIAGA REGENCY DEKAT POM BENSIN SEI LADI, BALOI,BATAM

BULANAN

300RB 250RB 250RB 250RB 350RB 350RB 300RB

Tersedia Untuk Kontrak Bulanan/ Tahunan

062544

DATANG & NEGO HARGA LANGSUNG KE:

MENYEWAKAN MOBIL HARIAN-MINGGUAN-BULAN

1. NEW FORTUNER 2013 2. FORTUNER 2010 3. FORTUNER 2011 4. NEW CRV 2013 5. HONDA CRV 2010 6. HONDA CRV 2009 7. NEW YARIS 2013 8. TOYOTA YARIS 2010 9. TOYOTA YARIS 2009 10. NEW GRAND LIVINA 2013

READY STOCK

DI JUAL CASH & KREDIT

• READY STOK, T. FORTUNER TRD ‘14DP 98JT • READY STOK T.AGYA TRD ‘14 DP 31JT • READY STOK H.JAZZ RS ‘14 DP58 JT • READY STOK T.VIOS, G ‘13 DP 58 JT • T. LAND CRUISER,’99, HTM, SOLAR, (Z),DP 85 JT • T.PRADO GX,’98, HIJAU, BENSIN,M/T (Z), DP.30JT • T. ALTIS,’08,GOLD,V,A/N,DP 48JT (BS KLR BTM) • T. YARIS,’08, SILVER, E, DP 32JT (BS KLR BTM) • H. CRV,’02, BIRU, JPG,DP 30JT (Z) • H. CRV,’01,MERAH, DP 30 JT(Z) • H. ACCORD,’02 SILVER, DP 25 JT (Z) • PROTON EXORA,’10, SILVER, SUPREME, DP 35JT • LEXUZ, RX 270,’12, SILVER, JPG, DP 155JT * SYARAT & KETENTUAN BERLAKU TERSEDIA JUGA MOBIL BARU ( BU, SUBARU XV (JPG), PRADOTXL, VANGUARD, DLL

TYT YARIS E AUTO TH’11 Pemakaian Th’12, Pribadi, Mulus, Hrg 152 Jt Nego. Hub: 0811 7010 406 / 0852 6482 6741

DIJUAL 062542

TYT TRUCK BOX 2 TON TH’95 Harga Nego. Hub: 0812 1000 7308

DIJUAL 060956

TYT AVANZA TH’10 Kondisi, Masih Oke, Hrg 120 Jt Nego. Hub: 0813 7267 7067 / 0813 7246 4868


Pasang lagi, laku lagi !

Batam Pos, Rabu 23 April 2014

DIJUAL CEPAT CASH KREDIT 062538

T. COROLLA GLI TH’99 ASLI Auto, Pjk baru, siap pakai Hanya 66 jt nego.H. Civic Genio manual Th’92 (Merah ferari), T. Corolla Gli 1.500cc auto L.Kristal Asli Th’99. Hub: 0811 691 389

DIJUAL 062539

DIJUAL /T. TAMBAH 060960

TYT YARIS TH’07 TIPE SLIMITED VR, Jok Kulit, W. Silver Met. hrg Nego. Hub: 0811773409. Blok VI Jln Falmboyan No.22 Baloi

TYT PRADO TH’01 AUTO, BENSIN 2700CC, W. Silver hrg 107 Jt Nego. Sampai jadi. Hub: 0811773409. Blok VI Jln. Flamboyan No.22 Baloi

HONDA STREAM ‘04 AUTO , DOUBLE AC W. Silver,Jok Kulit, Bs Klr Btm, Hrg 118 Jt, Hnd Accord 2.000cc Th’00, auto, Silver, jok kulit, hrg 50Jt. Hub: 0812 7020 7788 / 0856 653 6633

DIJUAL

H. JAZZ TH’04 KM Rendah Harga Nego. Hub: 0812 7721 1097

DIJUAL

062620

DIJUAL

DIJUAL CEPAT

DIJUAL

H. CRV TH’02 AUTO W. Silver, tangan pertama, mulus jarang pakai, pjk baru, hrg Nego sampai jadi. TP Hub: 0812 8532 0624

DIJUAL CEPAT

TRUK 3 TON ISUZU NKR 71, TH’11 Kond. spr baru, lory 2ton, mits, canter ‘97, sdh Z, W.Putih, Kond siap pakai, lory box mits ps100, th’06, w.kuning,3ton,box besi, dump,truck , tyt dyna th’11,3ton, W. Merah. Hub: 081270641991

MITS. LANCER TH’01, MATIC

CASH / KREDIT

SUZUKI CARRY PICK UP DP 23jt an, trsedia : pickup box, pickup FD, pickup WD, mega carry & mega carry x-tra, hub : 082377668803 / 081266021332 (RIO)

DIJUAL 060955

063053

DIJUAL

DIJUAL 064176

DIJUAL 058496

DIJUAL 064156

DIJUAL CEPAT

HONDA GENIO TH’92 Mesin sdh injeksi, acces, double power soundsistim, velg 17 Crom, pjk hidup, hrg 35 jt nego. Hub: 0812 7697 8884

DIJUAL

DIJUAL

MITS. STROM ‘01

MITS. SPACE WAGON ‘00 W. Putih Mutiara, Mulus luar dalam, jok kulit, bs nego. Hub: 0853 5656 4443

DIJUAL CASH / KREDIT

DIJUAL 065205

SUZUKI SWIFT GT CBU JAPAN ‘08 Auto, W. Biru, 2 Airbag, Stir Audio, Atasnama, bs klr btm, hrg 135 JT Nego. Hub: 081270207788 / 08566536633

DIJUAL

NISSAN CEFIRO AUTO ‘97 Lampu Cristal Kond. Mulus Siap pakai Hrg 45 jt Nego, Nissan, Sunny th’97 kond. mulus, siap pakai hrg 45 Jt Nego. Hub: 0853 7453 1188

DIJUAL

DIJUAL

060164

062518

060341

NISSAN PRIRIE TH’02 W. Silver Kond. Mulus, jok kulit asli velac radial full accs, kursi 3 baris, pjk hidup, hrg nego. Hub: 0812 7039 3909

NISS LIVINA X GEAR TH’10 Auto, W. Abu2, Metalik, jok kulit, km 39.000, Sirvice rutin, kon 95% Spt Baru, ex wanita, jrg pakai, hrg 135 Jt Nego. 0813 6400 7252

NISSAN GRAND LIVINA TH’09, 1.8CC Auto, Silver, Bs klr btm, jok kulit, kond. ok, panel kayu, terawat, hrg nego. Rmh Botania Thp V, Tipe 53/105 3kt,1km, hub: 081991668616

DIJUAL

DIJUAL 060254

CHEVROLET CAPTIVA TH’10 W. Silver, auto, hrg 200 Jt nego, boleh tukar tambah tyt fortuner ‘13 Hub: 0815 3600 8589 / 0811 7018 589

MITS STROM TH’00 Kondisi oke Hrg 79 Jt Nego. Hub: 0812 7005 1913

063051

062519

SUZUKI ERTIGA GX MT ‘12 Putih Met. Mulus istimewa, kayak Baru, Luar dlam orisinil, KM dikit, Pjk panjang Fass Lkp Hub: 082170438917

DIJUAL 049042

2 UNIT MITS COLD DISEL TH’01 bs kredit an.Hrg 155 jt nego, mits cold diesel dumtruk ‘06 hrg 175 Jt nego. A/N. Semua bs klr btm. Hub: 0812 7027 8004/0812 7685 435

ford ranger, 01, dan box dina ‘10. Hub: 081277311588

HONDA ODYSSEY TH’12 2400cc, wrn silver, km 7000, mulus, Hub : 0811 691 647

DIJUAL

MITS. STORM’00 W. Biru,mulus hrg 82 jt nego. Hub: 0853 1887 7700

MITS PAJERO ‘95, SURAT 93 W. Biru Donker, manual, solar, bersih mulus luar dalam, mesin bagus bisa nego. Hub: 0853 6590 6692

DIJUAL 058328

062630

065212

064179

MAZDA 323 FAMILY AT TH’97 Coklat ori, ac dingin, sensor fungsi, spedo meter digital, abs disk brake, body mls pjk panjang hrg 40 jt Nego. Hub: 0812 7700 4477

1 UNIT MBL H. JAZZ, AUTO TH’04 W. Hitam,mbl ready, Siap Pakai hrg 107 Jt Nego.Pjk Panjang Hub: 0812 778 7150

DIJUAL

060395

DIJUAL

TYT COROLLA TH’97 SE SALON MT, Mulus itimewa kayak baru, full original, vr ban baru, ps, pw, em, bagus, pjk panjang hub: 0821 7043 8917

DIJUAL CEPAT

061479

HONDA JAZZ TH’08 AUTO Silver hrg Nego. Hub: 0778-7230 567/ 081312123006

DIJUAL CEPAT

DIJUAL 061793

HINO DUTRO ‘03 PS 125 HT Hrg 135 Jt Nego. Siap Pakai, AN, Bs klr btm. Hub: 0812 7027 8004 / 0812 7685435

TAKE OVER 060163

NISS.GRAND LIVINA TH ‘08 Auto Tipe XV, 1,5cc,Jok Kulit, Hitam, Kond. Mulus, Hrg 122jt. Pemakaian Pribadi. Hub: 08127021019/ 082172490999

DIJUAL 062635

D. GRAND MAX PIC UP TH’12 JUNI W. Hitam, Hrg 80 Jt Nego. Hub: 0821 6960 2847

NISSAN LIVINA X-GEAR, TAHUN 2010 W. Silver, Pajak Baru, Full Jok Kulit, Kaca Film, Kondisi Mulus. Hub : 0811 69 8830

064007

NISSAN LIVINA XV TH’09 W. Abu2 Tua Metalik, Bs klr btm, mulus Harga Nego. Nopol Cantik (3 Digit) Hub: 0852 6498 6498

MITS. PAJERO SPORT TH’10 W. Hitam, A/T, hrg nego. Niss. Livina XR Th’08 A/T. W. Biru Met, Hrg Nego. Hub: 0813 7211 2323/0811770274

DIJUAL

TYT AVANZA VELOZ TH’12 AUTO W. Hitam, 1500 cc mulus, hrg 158 Jt nett. Hub: 081364649393 TP

DIJUAL

060604

062543

SZK GRAND VITARA TH’10 AUTO.2000CC W. Merah Maroon, Nopol cantik, szk xover th’08 A/T Abu2 mtk hrg nego. Hub: 0813 7211 2323/0811 7702 74

064029

TYT YARIS, E AUTO TH’07 W. Htm, pjk baru, kond. mulus, istimewa,km rendah hrg 127 jt nego. Hub: 0813 7270 8370

DIJUAL CASH KREDIT/TT

DIJUAL CASH KREDIT/TT

DIJUAL 063276

NISSAN SENTRA TH’01 W. Silver Th’01, W. Silver Blue. Auto VR, Siap Pakai. Hrg 65 Jt Nego. Hub: 0812 7008 0236

MITS STORM, TH’00 SOLAR, AUTO W. Kuning Pemakaian pribadi, an.sendiri, kond. oke hrg nego. Hub: 0812 9396 4074

062528

SUZUKI VITARA 5 PINTU TH’93 W. Hijau tua, istimewa pjk panjang, jok kulit ac,vr, terawat hrg 46 jt nego. Hub: 0811 7035 10

DIJUAL 064178

NISSAN SUNNY TH’01 W. Biru, Kondisi bagus, Hrg Nego. Hub: 0852 6440 1324 / 0813 2664 2236

DIJUAL

062514

KARIMUN WAGON R Hrg mulai 80 jtan. Hub : 082377668803 / 081266021332 (RIO)

DIJUAL

060391

MITS. STORM TH’00 AUTO Harga Nego. Hub: 0812 1000 7308

HONDA CIVIC EXI TH’97, AUTO W. Merah Maroon, VR, Kond. Ok. hrg 55 Jt Nego. Hub: 0813 6473 7078

DIJUAL

DIJUAL CEPAT

060260

060954

062527

NEW LANCER TH'01 W. Hitam, Kond. Mulus, Hrg 78 jt nego Hub : 0821 1633 1188

DIJUAL

CASH / KREDIT

058490

DIJUAL CEPAT

DIJUAL MURAH

DIJUAL

DIJUAL 061756

HONDA STREAM TH’00 W. Silver, Kond. Ok, Siap pakai, hrg Nego. Hub: 0811 106 099/0821 6919 1851

INNOVA TYPE V, AUTO ‘06 Hitam, bisa klr btm, original full aksesories, hrg 129 Jt. 140 jt.Hub: 0813 6464 9393 TP

062623

TYT RUSH S TH’10 W. Htm, kond. mulus,hrg nego. Hub: 0813 7267 4544

DIJUAL CEPAT (BU)

065052

062541

W. Hitam, 1600cc, pjk th’15, hrg 75 jt Nego. Hub: 0812 7029 454

062623

060380

MITS PS 100 BOX TH’01, ENGKEL 2 TON Bs klr Btm, tyt Dyna Th’98, Mata Kucing 2 ton, mits canter box th’97, 2 ton DP 15 Jt bs kredit, Fort ranger th’07 bs klr btm hub: 0813 6490 8966

DIJUAL

064023

DIJUAL

DIJUAL

057592

062205

NISSAN GRAND LIVINA TH’10 W. Hitam, BP 1771 AH, tangan pertama, pajak baru, hrg 150 Jt (Nego) Hub: 085272448855

TYT DYNA DUMTRUK ‘03 PS 125 HT, Hrg 155 jt, A/N bs klr btm. bs Kredit Hub: 0812 7027 8004/0812 7685 435

062533

HONDA ODYSEEY ‘01 W. Silver, Jok Kulit, bersih luar dalam, bisa bantu kredit hrg nego. Hub: 0823 8714 7733

DIJUAL CREDIT, T.TAMBAH

DIJUAL 062253

TYT ALTIS ‘02 MANUAL Hitam Metalik, 1,8 cc, pjk baru, kond. ok. bs klr btm, hrg 110 jt nego. Hub: 0812 7044 6557

058320

058484

S. ERTIGA AC DOUBLE BLOWER Potongan s/d 12 jt, manual & auto. Harga menarik, dan dapat full asesoris. hub : 082377668803 / 081266021332 (RIO)

062636

DIJUAL

HONDA STREAM TH’01 PJK BARU Hrg Rp.100 Jt Nego. Hub: 0896 9740 8210

ERTIGA READY STOCK

058485

061794

DIJUAL

060268

062486

TYT INNOVA TYPE G TH’04 W. Merah Model 2012, jok kulit, hrg 145 Jt nego. Hub: 085272115838

DIJUAL CEPAT

T. FORTUNER DIESEL 2,5 AUTO W. Htm, tangan pertama pjk baru perpanjang, ass all risk, pemakaian pribadi, hrg nego. Hub: 0819 2258 788

DIJUAL 060343

T. INNOVA ‘05 TIPE V, AUTO W. Silver, Bs Bawa Klr, bs bantu kredit, hrg nego. Hub: 0853 2222 9653

DIJUAL 058319

TYT INNOVA TH’07 & 10, TIPE V W. Hitam, & Silver, DP40 Jt. Hub: 0852 6555 1897 / 0821 7321 1110

DIJUAL CEPAT 062602

TYT IPSUM -2000CC, MINIBUS ‘97 W. Merah, Hrg Rp. 60 Jt Nego. Hub: PT. Pradana Indah Sejahtera Attn, Ibu Christin, Komp. Sarana Industrial Point, Jl. Engku Putri Blok A No.05 Tlp. 0778-471005/ 081364800408

DIJUAL

054774

MITS CANTER, 3 TON TH’98 Kepala bulat Mesin 4D33 ban baru semua, siap pakai. hrg nego. Hub: 0813 7271 1177 / 0878 9439 7787

058013

DIJUAL CASH / KREDIT 060953

TYT AVANZA TH’07, AUTO 1,5 TIPE S W. hitam, sgt mulus, bs klr btm, Rp. 119 jt Nego. Hub: 0813 6069 2280

DIJUAL CEPAT

TYT COROLLA 1,5 MANUAL TH’96 Pemakaian 97, w.merah maron, pjk baru, ac dingin, sound system lengkap, velg racing, body kit, mulus luar dlm, pribadi. Hrg 50,5 Jt Nego. sampai jadi. Hub: 0813 6440 6308

TYT HARRIER 3000CC AUTO TH’03 Silver, AN Sendiri, Full Sound System, TV, Camera, Mulus, hrg 240 Jt Nego. Hub: 0813 6466 9911

DIJUAL 060966

TYT PICNIC ‘97, AUTO W. Biru-silver, mls luar dlm, kond. siap pakai, hrg Rp.59 Jt Nego. bs dibantu kredit, berminat. Hub: 0813 7243 1421

057757

HONDA CIVIC TH’01 AUTO Bisa klr btm, W. Biru, Full Assc, Jok Kulit VR 98 Jt Nego. Hub: 0811773409. Blok VI Jl. Flamboyan No.22 Baloi

DIJUAL 060264

056615

DIJUAL /T. TAMBAH 060961

JUAL BELI MOBIL SEKEN Menerima semua jenis mobil seken dgn hrg tinggi, th’04 ke atas, broker ada komisi. Hub: 0812 7506 2927

DIJUAL 065228

HONDA CVR AUTO TH’04 Hitam, VR 18 Croom, ban Baru, Bs Klr Btm, kond. Bagus, hrg 126 Jt Nego. Hub: 0813 7263 4000

2 UNIT H.JAZZ VTEC TH’06 A/T W. Silver Stone & htm, H.CRV th’02 A/T W. Silver Bs klr btm hrg nego. Hub: 0813 7211 2323 /0811 770274

060963

DIJUAL 060962

062520

DIJUAL /T. TAMBAH 060959

DIJUAL

058318

058324

TOYOTA ESTIMA 2002 warna cream,2.4,vvti,mesin&body sangat mulus terawat hub 0856 6879 8833

SHOWROOM PT RAFLES AUTO

062525

DIJUAL

060784

T. AVANZA TIPE G TH’06 MANUAL W. Biru, siap pakai (hrg 98 Jt Nego) Over Kredit, T. Avanza Tipe S, Auto Th’11 W. Htm Peminat serius. Hub: 081364331551/7081317

DIJUAL CASH KREDIT/TT

060965

N. X - GEAR TH’12 AKHIR, AUTO 1,5 W. Grey KM 26 Ribu, sgt bagus, hrg 150 jt nego. Hub: 0812 7735 5900

DISEWAKAN 061731

ISUZU PANTHER TOURING TH’02 Matik, W. Coklat Mudah, Pjk Baru, Kondisi bagus, bs klr btm, hrg Rp.105 Nego. Hub: 0812 6644 3466

DIJUAL

062755

SPEEDBOAD BESAR & KECIL Include kapten dan crew. Hub: 7060690

DIJUAL CASH KREDIT/TT

DIJUAL

FORKLIFT NISSAN 2,5 TON Harga Nego. Hub: Bpk Haji S. 0811 6915 77, 087894115489

DISEWAKAN

062526

060279

DISEWAKAN 061765

RENT CAR & MOTORBLITZ GOLF CAR CLUB CAR CARRYALL Hrg S$ 3.000/Unit Ready Stock 16 Unit Berminat Hub: 082169066646

RENTAL MOBIL DI JAKARTA 061250

D. AYLA TH’13, TIPE X AUTO W. Silver, Km Rendah, A/N bs klr btm, hrg 110jt szk r3 th’12 manual, hrg 137 jt, D.Xenia Th’12 A/N bs klr btm, hrg nego. Hub: 0812 7053 866

DUMTRUCK TYT DYNA 130 HT 85 Jt, Th’13.Dijual Pajero ‘98 solar, matic 56Jt . Hub: 0812 7720 5599

DIJUAL

DISEWAKAN MURAH 065059

063263

DHTS. TERIOS, TS AUTO TH’12 Kondisi prima KM 6000 saja hrg 150 jt. Hub: 0812 3357 8618

KIA PREGIO SE 14 SEAT‘2,7 TH 09 MT, Disel, asli pres body tidak keropos mulus, hrg 130 Jt Nego.Hub: 0813 6402 1112

DIJUAL 064042

DIJUAL 061247

(Hrg Promo) TOYOTA AVANZA, INNOVA Bulanan 4 jt nego. Hub : 0878 6107 0170

D. TERIOS TX TH’11 MANUAL W. Merah Maroon, D. Xenia 1,3cc Th’11 Manual W. htm Hrg Nego. Hub: 0813 7211 2323 / 0811 770274

READY STOCK 100% BARU 058969

DISEWAKAN 062096

M PRO

O”

TYT AVANZA VELOZ TIPE S T. Rush & Corolla. Hub: 0813 7207 8169

DISEWAKAN 064627

DISEWAKAN 060255

ITIF PET KOMAH A G R HAR & MU ANTAR JEMPUT DIBANDARA Soekarno - Hatta Mobil Baru 2014, Hub: 021-44444-108 / 0823 44444-108, www.starsrentcar.com

TYT GRAND INNOVA ,AVANZA VELOZ Tyt Rush, Daihatsu Terios, Daihatsu Xenia. Hub: 0812 7010 133

MTR APRILLIA 150CC (ASLI ITALY), '97 W. Merah, Kondisi Sangat Terawat, 2 Tak, Surat2 Lengkap, Pajak Hidup, Harga Rp. 17juta / Nego Hub : 0778 788 2818

DISEWAKAN 058267

RUKO MAHKOTA RAYA BLOK A NO.17 & Dijual Rmh Di Komp. Rosedele Fanindo Kav. 8B, LT:1200M2, bangunan: 570M2 2 Lt. hub: 085272275656

NINJA RR TH’13 JUNI W. Merah Hitam, Brg sama seperti baru, sering pakai pertamax, hrg cash 32jt, hrg over credit 17jt + Cicilan 2,15 Jtx10 Hub: 085264006868

KAWASAKI NINJA 250CC FI.ABS TH ‘13 W. Hijau Kondisi sangat istimewa Jarang diapakai sdh modifikasi harga nego. Hub: 0812 701 8515

DIJUAL

DIJUAL SUPER MURAH

DISEWAKAN 061447

RUKO 3 LT, ROYAL SINCOM BLOK C Batam Center, cocok utk usaha bank/ perkantoran. Hub: 0812 7747 5979

064017

JL. CEMARA TIANG NO.21 SUKA JADI Lt:144M2 LB:100, 2Kt, 1 Gudang,1Km, Fulll Renov, Furniture, 3AC, Water Heater, HGB, Hub: 0812 6821 3376

058970

ALEXANDRIA TYPE 111/160 3Kt,2km, hrg lebih murah 100jt dari developer. Hub: Mahajaya Property 085272112955

SATRIA FU STOCK LENGKAP DP. 2,8 Jt, Szk Nex Fi (Matic) Baru 100% Dp.700 Ribu, Hub: 0852 6400 7979/ 085356240910/081277511237/ siap jemput berkas anda. syarat cukup ktp

HARIAN-MINGGUAN-BULANAN H. Mobilio,H.Brio.T. Avanza Veloz, Avanza S, Innova V. Unser. N.Grand Livina. Hub : 085264918818 - 085836063483

DIJUAL 062226

LOK STRATEGIS - SIAP HUNI ( sudah renovasi), 2Lt, Luas Bangunan 108M2, luas tanah 78M2,2km.tidur, 2Km mandi, sertifikat HGB, almat: perum anggrek sari cluster emerald. Hub: Yanti. 081270138277/ ibu Paulina 0821 73722218

DIJUAL 062504

KEBUN KELAPA SAWIT 20 HA (Sudah Berbuah) lok. Kec. Minas - pekan baru, Riau 3 Km dari jln raya, duri-pekan baru, Hub: 0852 7862 9460 / 0822 8332 9684

MINI COASTER One Day, Half Day & Full Day + Driver, Kapasitas 20 Org. Hub : ANSHUN TRAVEL 0778 473 666 / 0823 2433 9996 / 0823 7360 8886

DIJUAL / SEWAKAN 059508

RUMAH DUTA MAS CLUSTER II Tudor No.10 Hub: 0812 7012 388

HARIAN - MINGGUAN - BULANAN New Avanza Veloz, Avanza S. Innova, Livina, Xenia,H. Mobilio antar jemput dtmpat, Hub : 085272059222 / 08127055090

DIJUAL SUPER MURAH 058970

TAMAN RAYA SDH FONDASI 2 LT Type 96, hrg Rp.200Jt (Pasaran 260 Jt) Hub: Mahajaya Property 0831 8456 7891


Pasang lagi, laku lagi !

Batam Pos, Rabu 23 April 2014

DIJUAL

DIJUAL 060632

063294

PERUM PERMATA BANDARA BTM CNTR Blok A4/9 Type 36/72m2, 2kt,1km, kdpr, full keramik, sertifikat, HGB, hrg nego. Hub: 0853 6506 6789

DISEWAKAN 064009

ROYAL GRANDE TIPE 150/216, HOOK THP 2 satu-satunya (dkt club house & lap basket) hrg 2,2 M Nego .rmh di winner hilenium, F1No.2 (Tipe 40/72jln Lebar), hrg 308 Jt Nego. Hub: 081 1111 1778

DISEWAKAN

DIJUAL 061982

062248

RUKO DI TAMAN DUTA MAS Trafalgar No.22, 3 Lt, tanpa perantara Hub: 0811 69 1121

RMH DI JLN PELITA IV NO.15 BTM KOTA 4kt, 2km,dapur, 2lt, yg berminat hub: 0778458765 / 0813 7680 7777

DIJUAL

DIJUAL

DISEWAKAN 061428

061772

DISEWAKAN

064115

DIJUAL 062078

061289

RMH BARU 2LT, DITAMAN GOLF RESIDANCE Blok S1 No.9, Suka Jadi Btm centre, L:220M2 (Hook) Type 97/220. Full Keramik, Siap Huni. Hub: 0778-7077 908, 085286668138, 082368168836 ,0778-7000189

DIJUAL

064034

DIJUAL

063262

DIJUAL 062535

PRUM ROYAL GRANDE TYPE 95

111,150, Hub: 0823 8473 3631

062624

062535

TAMAN DUTA MAS cluster amsterdam 3kt.1km.2ac. hub: 081277815617

DIJUAL RUMAH CANTIK

DIJUAL

ROYAL GRANDE batam centre tipe 150/162. 4kt.1kt pembantu .3kt,1km, pembantu hub: 081277815617

PROMO RUMAH 058979

DIJUAL 062638

5 JT 100% E KON DIC ING FE B K O HT O E B B & BP E R F SHG

PERUM. ORIANA 2KT,2AC Take Over Kopitiam Lokasi Kintamani Sei Panas. Hub: 0778-7233676

DISEWAKAN / DIJUAL 060611

RUKO TAMAN RAYA SQUARE BLOK E NO.1 HOOK - BATAM CENTRE, COCOK UNTUK USAHA / KANTOR, LOKASI STRATEGIS, DI DEPAN ADA KULINER, HUB : 0821 6960 7066

DIJUAL 2 UNIT RUKO

3 UNIT RMH DI ROYAL GRAND Batam Centre Tipe 95,73,62. Hub: 0811 7705 656

NEW HOUSE ROYAL GRANDE Type 73/112, 3kt,2km, Blok G, hdp timur Hrg 750Jt Nego. Hub: 085977888990

BUANA REGENCY BLOK C NO. 23A LT. 122 M (Hook) ada toko, 2kt, 1km, dapur, R. tamu, Hrg 250 Jt Nego. Hub: 082170514580/0778-9199222/0778-475891

DIJUAL

DISEWAKAN

DISEWAKAN KAMAR KOST

061758

062232

064011

RMH HRG PALING TERJANGKAU Dibukit Indah Sukajadi,Jl. Kaktus Tiang No.9 3kt,1km,ac,dpr, full teralis, hanya 2,5jt/bln, Minimal 3 bln. Hub: 081364919119

SEKALIGUS Lokasi Palm Spring Btm Centre Strategis, cocok usaha apa saja. Hub: 0813 64609490 (Nego)

PERUM. BEVERLY GARDEN Dan puri mas residence full fasilitas / non fasilitas harga mulai rp. 800 rb - rp. 1,8jt/bln hub: 0813 6069 8691

RMH DI JL. PANDAN LAUT NO.25 Cluster Nirwana Sukajadi, LT:144M2, LB:98M2,1,5Lt, View Lapangan Golf Full Furnish, AC3, Water Heater Full Renov, 3KT,2Km, Siap Huni Hrg 850 JT Nego. Hub: 08117011983 / 081276300102

DIJUAL CEPAT

DISEWAKAN MURAH

DIJUAL MURAH

062532

063251

RUKO 3 LT, BENGKONG GARDEN BLOK A No. 02, Full Keramik 3 Lt. Sgt panjang 5.5m x 25m. Lokasi Strategis, Bagus Buat Usaha dan Gudang. Depan JLN Raya Besar. Harga Nego. HUB: 0823 8640 0188

060273

BU, RMH BARU; 2 LT, FAS: 3 KAMAR TIDUR, 3 kamar mandi, 3 AC, cocok untuk Perusahaan ,lokasi strategis: Perumahan Citra Indah blok F2 no 17, Batam Centre ( belakang Arsikon/ Bank Bukopin ) Batam centre.Hubungi Hp. 082392560077

DIJUAL 10444

060253

062536

RUKO DI KINTAMANI BLOK G NO.5 2 Lt, Hrg 550 Jt Nego. Blkg dealer kawasaki, dpn vihara batam center hub: 0812 7014 206/081275678789

RMH PURIKASABALANKA BLOK A19 Type 72/105, Sudah renovasi, hrg 550Jt Nego. dpn RS Awal Bros Hub: 08127014206/081275678789

KOMP. ANUGRAH PASIR PUTIH OCARINA Btm Cntr. LT.105M2, 3 Lt Full Renovasi. Hub: 081372789008. 0821 7179 9288

DIJUAL

DISEWAKAN

DIJUAL

KOS2AN BIDA ASRI 1 BLOK D2 NO.07 11 Kt (6Kt dgn Km, 5kt tanpa km, kond. saat ini kos penuh, uk tanah 200 m2, uk bangunan 190 M2, Hub: 08127704075

DIJUAL

058495

DISEWAKAN 064020

RMH KOS PERUM BIDA ASRI 1 Blok B2 No.13 (dpn tunas industri) btm cntr, LT.200M2, LB:500M2, 3lt, sdh dak/cor, 21 kt (lemari + Kasur) 13Km, 1 Kios, sdh sertifikat hrg 850Jt Nego. Hub: 07787891526,081991126564

060842

CIPTA MANDIRI, CIPTA LAND Batam Centre, Nagoya, Tiban, Tembesi Angs UM bs dicicil 20x, Hub : JOE NDRURU 0813 13 3333 69 /0852 7839 7592/PIN : 7474DD2C

DIJUAL RUKO 059760

DIJUAL CEPAT 061477

MASYEBAH GADING MAS Type 48/105M2, Blok B1. No.30 Tiban, Lok. Blkg Gor, Full Renov. 3kt, 2km sertifikat SHGB (sdh ditangan) hrg Nego. Hub: 0813 1213 2994 (deden rahmat)

DIJUAL 058317

ROYAL GRANDE TYPE 95/136 2 LANTAI 3kt,2km, rmh baru, Hub: 0821 7110 0665

DIJUAL 061476

PERUM. ANGGREK SARI cluster emerald E 3 No.8 btm cntr, Rp.400 Jt Nego. LT 78M2 full revo. Lt.Marmer, Kt2, Km1 Woter Heater, AC, dpr taman, R. Pembantu. Hub: 0852 7210 9700

DIJUAL CEPAT

MAITRI GARDEN I

062501

RMH PULO MAS RESIDEN Blok E No. 12 T 42/90. Btm Centre siap huni. Hub: 0812 7014 206/0812 7567 8789

DISEWAKAN / KOS EXECUTIVE 061209

RUMAH DUTA MAS BLOK C23/1 3 KT,2km, ada taman 25Jt nego. Hub: 081276356044 / 082169114421

KOS EXECUTIVE DUTA PLAMO RESIDENCE Btm cntr, L min 20m2,AC. Springbed, kulkas LCD TV32’, kmr mandi dlm, meja ktr, hrg 2 jt/bln, lok dkt kepri mall simp. kabil. Bp. Tagor Sitorus : 081270099900/08117011490

DIJUAL

DIJUAL

062547

061757

058494

RUKO CNN KABIL BLOK D3/01 (HOOK) 2Lt. Sudah renovasi, Lt 1:53M2 LT2:63M2. cocok utk usaha rmh mkn pertokoan dll. Hub: 0813 6460 5777

RUMAH DUTAMANA Blok F No.1 batam centre, 2Lt, 4KT, 1KT pembantu, 3KM, ada garasi. LT:173 m2, LB: +-160 m2, depan fasum, asri. Hrg nego. Hub : 08988896671 / 08127004177

RUKO TAMAN NIAGA BLOK G NO.7 (3 1/2 lt), & Unit 2 Ruko Botania.Dpn pasar, dkt bank panin,1 unit Ruko di pasar Sagulung, 2 unit ruko kuda putih di Sei Panas, Hub: 081372761072

DISEWAKAN/DIJUAL

062087

ANGGREK MAS 3 BLOK A6 NO.12 Batam Centre 2 Lantai, 3 Kt,2KM. Hub: 08127027671

DIJUAL

064015

READY STOCK 061244

062616

1 Menit Ke Nagoya Hill READY STOCK 15 JT LGS HUNI Lokasi dkt UNIBA & Botania 2 TP 48/101, 2kt, 1km Bata Merah. Hub: Ruslan Weng HP. 0852 6441 8488

RMH DI KAPITAL RAYA 2 BLOK K No. 10 Btm Centre 2 1/2 Lt, Strategis,Nego Hub: 0853 5624 0745 (TP)

PERUM BUNGA RAYA BLOK M. NO.16 Btm Centre Type 30/72, 2kt,1km, dpn gor dkt SMA 3. Hub: 0811778306 / 0778460714 (TP, No SMS)

DISEWAKAN

DISEWAKAN

DIJUAL 057753

065057

SATU UNIT RMH DI BONAVISTA Blok D No.15 & disewakan 1 unit ruko dinagoya newtown blok i No.1 Hub: 0811 7705 656

057754

APARTEMEN NAGOYA MANSION Untuk Bulanan / Tahunan, Full Furnish Hub : 0821 6903 0282

060964

DIJUAL

061245

DIJUAL

DIJUAL

LANGSUNG HUNI

WISDA 0821 36 475 475 0853 7070 70 10

060263

063125

RMH PUSKOPKAR TYPE 36/92. BT AJI Dekat Kampus UNRIKA & Putra Btm, Lok Strategis, 2 KT, Plus Dapur, Kond. Rmh Disewakan hrg Nego. Hub: 0821 6934 0750

Fasilitas : •MALL •SHOP HOUSE •CITY WALK •FOOD STREET •PLAY GROUND •APARTMENT •HOSPITAL •UNIVERSITY

DIJUAL RUMAH The Green House No.18 Sukajadi Tipe 115/144, 3kt,1kt pembantu,2km utama + 1km Tambahan full furniture, taman

Hub: 0821 6961 6399

DISEWAKAN 062494

GARAMA CITRA HILL B-13,DPN TOYOTA Bt. Ampar, HGB,2LT,Tnh 125, Bgn 165,4Kt, 3KM,Renov Full teralis. Hrg 650 Jt Nego. PLN 2200 W. Hub: 081314329314, 0778 472658

1 UNIT RUKO 3 LT DI REGENCY PARK Blk 2/21 di Blkg Bank BTN Pelita, sdh Renov, Cocok U/kntr atau Bank. Hub: 0813 6472 6316

DIJUAL CEPAT

063264

PERUM MITRA RAYA, 2KT, 1KM Type 60/90, ruang tamunya luas, ada dapur dan jemuran dibelakang,hrg nego sampai jadi. hub:Hub 081372233113 / 0821 7371 8656/ 788 1189

DIJUAL

DIJUAL

DIJUAL

064006

060586

DIJUAL BU 062761

TIBAN3 JL.MARS NO.62 LUAS 273M2 sertifikat HGB, ada tower di atas tanah tsb, harga nego Hub: 08556557676

061213

APARTEMEN IMPERIUM LT.12 NO.C2 TYPE 55 KT.3 KM.2 Sekelas Hotel & Lux Furnish Lgkp.Rmh Puri Selebrity Blok B2 No.47 Dpn Bandara Km 3 + AC & Dapur dan Ruko Selebrity Blok B No.37 (LUX).Hub: Makmur Hasibuan Hp.085264936688 Pin BB.7465D91B

DIJUAL

2 UNIT RMH DELTA VILLA & TIBAN PALEM Tipe 45/170 & tipe 36/72 m2, 2KT, 1KM, full renov. Hrg nego. Hub : 0821 7444 7305

DIJUAL CEPAT

DISEWAKAN 059533

RUKO & WORKSHOP Ruko : 3 Lt, Pinggir Jln (Mahkota Raya) Workshop : Lokasi Strategis, dkt pelabuhan Batu Ampar, Office sudah ready interior (siap Renovasi) Hub: 0812 5077 8000 & 423999

DIJUAL TANAH 062762

RMH DI PUSAT KOTA TYPE 100+,2LT Cipta Residence Hrg Mulai 1,2 M. Call Sidiq 0821 7405 7005, Heriyanto 0813 7212 5499.

RENT 061729

058306

061994

RUKO HOOK TUNAS REGENCY Blok A6 No.12 Tepi Jln Utama Tg. Uncang (Dpn Psr Fanindo) Lok. Strategis. Hub: 0778-7231289/081364805186

DISEWAKAN

depan dan belakang, cocok u/ ekspatriat.

RUKO 3 LT, FULL RENOVASI Siap pakai. Lokasi Baloi Pinggir jalan. Hub: 0819 2717 7377

DIJUAL

KOMPLEK TIBAN KOPERASI BLOK DA Type 36/105 sudah SHGB Rp. 200Jt Hub: 0811 6934 23

24X

061445

APARTEMEN INDAH PURI BLOK 9#03-03 Lgkp beserta furniture, lok asri sngat nyaman security 24 jam. hrg Nego. Hub: 0852 7209 8673

065224

BENGKONG INDAH 3 BLOK D NO.6 Kavling 8x15M, 1Kt,2km, Full Keramik, air, listrik, hrg 146jt nego. Hub: 085264907979

DIJUAL 059527

060583

RUMAH DI VILLA DIAMOND TIBAN C1

No. 33 Lengkap Furniture. Hrg 3 Jt /bln. Hub: 0812 6758 4470

DIJUAL TANAH 393m2, Bersertifikat, Lokasi Strategis, dkt dgn kampus UNIBA, cocok u/usaha kost’n dan Ruko di Apit. 2 Row Jalan.

Hub: 0821 6961 6399

RMH VILLA PARADISE BLOK A NO.2 Bt. Aji, Type 54/108, full Teralis, 2Kt,2Km, (1Km di kmr utama), dkt jln bsr, psr, sekolah), Hrg 250 jt Nego. Hub: Titik 0812 7008 3710

1 UNIT RUMAH 3 KT 2km, Luas Tanah 150M2, Lok. Perum MKI i Bt, Aji Btm, Hrg Nego. Hub: 0857 6542 5598

DIJUAL

JUAL EX ASING

DIJUAL

MASYEBA GADING MAS TIBAN Blok A7-18, tipe 36/78 (hook) LT.113 m2, 2KT 1KM, lokasi di blkg GOR Tiban, Hub : 081385378768

TANAH CLUSTER PARADISE JL. CEMPAKA PUTIH, LT 888 M2, SUKA JADI.

Hub : 0812 3237 5988 0812 7688 6666

DIJUAL Rumah di The Central Residence No.146 Sukajadi tipe 80/140 3kt,2km, kitchen set, canopy dpn belakang.

Hub: 0821 6961 6399

BENGKONG PERMAI BLOK D NO.59 LT: 13944, 7KT, 4Km,2 Ruang tamu, Ruang Makan, Belakang 2 Lt, Hrg 250 Jt Hub: 0812 7718 9159

DIKONTRAKAN

RUMAH ELITE SPLIT LEVEL BUKIT GOLF RESIDENCE SEKTOR X NO.57.

PROMO CASH BACK

UANG MUKA DICICIL SAMP AI SAMPAI

SEBIDANG TNH BERSTATUS HAK MILIK dengan luas 500 m, /m Rp.4jt nego. Lokasi prum baloi total jln. Bunga raya no 38 di blakang apotek sentosa. Hp : 08117073177 / 08127019129

DIJUAL CEPAT 062625

RUKO 2L T & 3L T BA TAM CENTRE 2LT 3LT BAT

10jt

RMH 2 LT(COUPLE) DI TIBAN III (Hak Milik) Luas 127/157 m2. Lokasi depan masjid, dekat sekolah, Lt 1 cocok utk usaha. Harga Rp 360 juta (nego). Peminat serius Hub : 0812-7704 5804 & +6285364329995

064630

TYPE 45 & 51. LOKASI TEMBESI B.AJI Full Kramik Plus dapur Cicilan Hanya 1,5 Jtan,Full Renovasi. Hrg Mulai 190 Jt. Call Hery:081372125499, Oline : 0812 70 302 301

TOWN HOUSE & PERUMAHAN Hendry : 0821 6918 5400 Amei : 0812 7732 388

RMH PERM GRIYA PERMAI BLOK RR No.10 B. Aji 2 Lt, 4Kt,1Km,Lt/LB 93/150M2, Full Renov. Depan Fasum Harga Nego. Hub: 081372126876

DIJUAL/SEWA RUMAH

DISEWAKAN 058498

RUKO NAGOYA HILL Samping reborn massage, sudah 4 lt, peminat hub: 0811 7019 876

PROMO LAUNCING DSC 5 JT FREE SHGB & BPHTB

VIEW SINGAPORE

060797

JODOH MARINA APARTMENT Avava Plaza Lt.3, jodoh, Full Furnished, AC,LD,TV, Prbl, Wifi, Single Room, 1,2Jt/ bln. Utama 2jt/bln. Hub: 081383700138

DIJUAL CEPAT!

NEW LAUNCHING

060385

062485

062756

BUTIK DI BCS MALL LANTAI 2 Plus isi atau toko, hrg 25 jt Nego. (tidak termasuk isi) Hub: 0813 6490 4244 / 0821 6517 8467

3 (6MX18M) GUDANG (24MX78M) hlm (26mx57m) Fas: air, listrik, parkir, security, mess, lok stratigis di batu ampar, jln yos sudarso no.2A & mits Fuso. Hub: 0811700538, 081397382085

2 BUAH RUKO CNN BLOK 12/12A Dpn PT. Citra Tubindo Kabil.Dijual Perlengkap Rumah makan Hub: 081277546007 / 08127777681

DISEWAKAN/RENT

1 LT KOMP. WINSOR SQUARE JODOH Dpn ramayana mall, lok. strategis bisnis, showroom/boutiq, sgt ramai. Hub: 081372999168

TAKE OVER

063052

TANAH 400M2, SERTIFIKAT cocok utk usaha, kost2an, wisma, lok. samp.UNIBA, tnh diapit oleh dua jln, dpn Row 15M, blkg Row 8M, Hrg Nego. Hub: 0811 703 576 / 0852 6559 3576

DISEWAKAN 2 RUKO 064611

APARTEMEN NAGOYA MANSION Tower B lantai 8 No.22, Full Furnish and Renovation. Hub: 0853 1111 3888

DISEWAKAN

RMH DI SUKA JADI JL. KELAPA PUAN No.10. Full Renovasi & 2 Unit di Purimas 2 (Hook)Lt.215 Kavling Golf 560 M2. Btm Centre, & kelapa gading No.19 Hak Milik suka jadi. Hub; 081372761072

DIJUAL LAHAN Alokasi Workshop / Industri Lt: 999M2, LB, 444M2, lokasi Bengkong Bengkel, dkt citra buana industri. Agung Auto Mall

Hub: 0821 6961 6399

062098

RMH TJ. PINANG LT.300M2 LB 100M2, 2Km Tidur, 2Kmr Mandi, Ruang Tamu, Ruang Keluarga dapur Gudang. Hub: 085264607266 / 08190260 1019

064113

TIBAN KOPERASI BLOK S/45 hook, LT/LB 200/180m2, STF + furniture, 3KT, 2KM, 4AC, 2 heather, r. tamu, r. keluarga, dpur bsar, parabola, taman, serius / TP, hub : Notaris : 322-308, SMS : 081276886014, pada jam kerja

RUMAH DI BUKIT KEMUNING, TJ.PIAYU lt/lb : 78/38, sertifikat, 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, dapur, full keramik, hanya 5menit dari mukakuning. yang berminat hub: 08117003573

DIJUAL 061277

RUMAH TIBAN CIPTA LAND Type 36+ / 72 2kt,1km, dapur Hub: 0857 6204 9106


Metropolis

31

Batam Pos, Rabu 23 April 2014

Kasi Pidsus Kejari Dimutasi BATAMKOTA (BP) - Kepala Seksi Pidana Khusus Kejaksaan Negeri (Kasi Pidsus Kejari) Batam Nuni Tryana akan dimutasi sebagai Kasi Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) Kejari Tanjungpinang. Tak hanya Nuni, dua jaksa lainnya yakni Rizki Rahmatullah jadi Kasi Pidsus Karimun dan Andre sebagai jaksa fungsional. “Iya benar ada mutasi di jajaran kita, SK-nya juga baru saya ketahui kemarin. Ada tiga jaksa yang

dimutasi yakni Nuni, Rizki, dan Andre,” kata Kepala Kejaksaan Negeri Batam, Yusron diruang kerjanya. Yusron juga membantah jika mutasi Nuni Tryana yang hampir dua tahun menjabat sebagai Kasi Pidsus dikarenakan kinerjanya kurang bagus. Namun lebih kepada keputusan Kejagung untuk memberi penyegaran di lingkungan Kejaksaan. “Mutasi itu keputusan dari Kejaksaan Agung, tak ada hubun-

gannya dengan saya. Yang jelas mutasi ini merupakan hal yang biasa di lingkungan kejaksaan. Mutasi dilakukan biasanya untuk penyegaran,” terang Yusron. Menurut dia, berdasarkan SK yang keluar 18 April lalu, jabatan Nuni akan diganti jaksa Firdaus dari Kejari Bengkalis. “Dalam aturannya, satu bulan setelah SK keluar, barulah yang bersangkutan mulai menjalankan rutinitas sesuai ketetapan SK,” sebut Yusron. (she)

F Dalil harahap/Batam Pos

Mobil boks BP 8328 ZH yang mengangkut minuman kemasan dan telur masuk parit dan menabrak pohon di Jalan Gajah Mada, Southlink, Selasa (22/4).

Hindari Avanza, Mobil Boks Seruduk Pohon BATAMPOS, Sekupang mobil boks yang mengangkut minuman kemasan Teh Gelas dan telur ringsek setelah menyeruduk pohon di depan Southlinks, Tiban Lama, Selasa (22/4). Akibat kejadian tersebut, minuman kemasan dan telur berceceran. Selain itu, Saur sopir mobil boks dan dua kernetnya, Man dan Rafit harus dilarikan ke rumah sakit yang berbeda. Saur dilarikan ke Rumah Sakit Otorita

Batam (RSOB), sedangkan Man dan Rafit dilarikan ke Rumah Sakit Awal Bros. “Saur dan Rafit baik-baik saja. Man kakinya patah,” ujar Alin, bos dari ketiga korban kepada Batam Pos, Selasa (22/4). Setelah menjalani perawatan di RSOB, Saur diperbolehkan pulang. “Usai dirawat di RSOB , dia ke Awal Bros untuk bertemu teman-temannya,” tambah Alin. Menurut informasi yang diperoleh dari beberapa saksi mata

kecelakaan ini, mobil boks bernomor polisi BP 8328 ZH melaju dari arah Seiladi menuju Batuaji. Setibanya di Southlink, Tiban Lama, mobil boks terpaksa banting stir ke kiri sehingga menyeruduk pohon. “Saat kejadian, mobil boks ini mencoba menghindari mobil Avanza yang ada di depannya. Tapi tak bisa dan akhirnya menabrak pohon pelindung yang ada di bahu kiri jalan,” ujar saksi mata di lapangan.

Saking kencangnya laju mobil boks, pohon pertama yang ditabrak tumbang, sampai akhirnya mobil menabrak pohon yang lebih besar. Pohon pertama yang tumbang ke badan jalan ini sempat membuat kemacetan panjang di Jalan Gajah Mada ini. Untuk mengurai kemacetan, Akhirnya polisi bertindak cepat dengan menepikan batang pohon yang menutupi badan jalan sehingga jalan lancar lagi. (cr3)

Kasus Curanmor Marak di Sagulung SAGULUNG (BP) - Kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor) kembali marak di wilayah hukum Polsek Sagulung. Hampir setiap hari warga Sagulung mengaku kehilangan. Seperti yang dialami Teguh, warga Tembesi Lestari yang baru saja kehilangan sepeda motor Mio J BP 4525 IH, Selasa (22/4) sekitar pukul 03.00 WIB. Dari pengakuan Teguh, sepeda motor yang baru saja lunas itu berhasil digondol maling saat parkir di teras kos-kosan yang ia tempati. Motor tersebut ia parkir sekitar pukul 19.00 dengan kon-

disi stang terkunci bersama enam motor lain milik para tetangga. “Motor saya parkir di tempat biasa (teras rumah, red) dan stangnya terkunci, tapi lupa menutup pengaman lubang kontak. Saat itu, ada juga sekitar enam motor yang sedang parkir,” kata Teguh. Teguh mengatakan motor kesayangannya itu diketahui hilang oleh istrinya, Susi saat tersentak dari tidur sekitar pukul 04.30. Namun, sebelumnya Susi sempat melihat motornya masih diparkir sekitar pukul 02.30. “Istri saya (Susi) yang mengetahui motor itu hilang saat mau

masak. Sebelumnya ia terbangun dari tidur dan masih melihat motornya,” ujar Teguh. Teguh menambahkan, saat kejadian, ada beberapa tetangga yang mendengar suara dari arah motor yang diparkir. Namun, tak satupun yang melihat pelakunya. Bahkan usai kehilangan, sambung Teguh, ia berusaha mencari sepeda motornya hingga jembatan Barelang. “Ada yang mendengar, tapi tak ada yang melihat. Saya sampai ke Barelang nyari motornya tapi gak ada ketemu,” keluhnya. Akibat kejadian ini, kata Teguh, ia mengalami kerugian sekitar Rp 10 juta. Dan terpaksa menunda

pekerjaannya karena tak memiliki kendaraan. “Bukan rugi uang saja, sampai pekerjaan saya rugi. Padahal motornya masih baru, gak ada lecet sedikitpun,” keluhnya. Pada hari sebelumnya, Senin (21/4) hal serupa juga dialami Meli, 23, warga Batuaji Permai, Kavling Lama, Sagulung yang kehilangan sepeda motor Mio J BP 4067 GQ saat di parkir di teras rumah. Bukan hanya itu, maling tersebut juga berhasil membobol rumah korban hingga helm dan satu unit hand phone (HP) dibawa kabur pelaku yang masuk melalui jendela rumah. (cr5)

f.Wenny C Prihandina/BP

Warga keturunan Hainan sembahyang pada perayaan hari lahir Dewi Mazhu atau Dewi Pelindung.

Warga Hainan Batam Rayakan Ultah Dewi Mazhu

Doakan Keamanan dan Keselamatan LUBUKBAJA (BP) - Warga keturunan Hainan yang tergabung di bawah Yayasan Laut Selatan Batam merayakan hari lahir (harlah) Dewi Mazhu atau Dewi Pelindung di sekretariat yayasan di Baloi Point Lubukbaja, Selasa (22/4). Selain sembahyang untuk meminta perlindungan bagi diri dan keluarga, warga Hainan juga mendoakan keselamatan dan keamanan Batam. “Ketika sembahyang, yang pertama kita doakan adalah perlindungan dan keselamatan bagi semua, baik untuk Batam maupun Indonesia pada umumnya, baru kemudian meminta untuk diri sendiri,” ujar Tije Hang, Dewan Pembina Yayasan Laut Selatan Batam disela acara, kemarin. Orang suku Hainan Batam yang buyutnya berasal dari Pulau Hainan yang letaknya di sebelah selatan daratan Tiongkok meyakini Dewi Mazhu sebagai Dewi Pelindung yang menguasai Laut

China Selatan. Kepercayaan itu tetap ada meski orang Hainan telah bermigrasi ke selatan dan menyebar hingga ke Malaysia, Singapura dan juga Indonesia. Harlah Dewi Welas Asih itu diyakini jatuh setiap bulan ke-3 hari ke-23 perhitungan Imlek atau kalender Masehi bertepatan pada Selasa kemarin. Rangkaian acara peringatan diawali dengan sembahyang oleh pengurus yayasan yang juga dikenal dengan sebutan Hainan Haikuan Batam itu pada pukul 09.00. Selepas itu, w arga H ainan lainnya hilir mudik sembahyang di hadapan altar Dewi Mazhu dan terus berlangsung hingga malam hari. “Di depan altar, tersedia berbagai macam makanan seperti beras, minyak goreng, biskuit, buah-buahan, bolu kukus dan sebagainya. Makanan-makanan itu turut didoakan dan kemudian bagi yang berkenan mengharap

berkah, bisa membawa pulang dan menggantinya dengan donasi amal,” jelas Tije Hang. Pelbagai kegiatan dan peringatan semacam ini, sambung dia, dimaksudkan untuk melestarikan unsur budaya Hainan kepada generasi penerus. Tak melulu ritual sembahyang, Tije Hang juga menunjukkan makanan khas orang Hainan saat peringatan harlah Dewi Mazhu yaitu yi buak. Kudapan ini terbuat dari tepung tapioka dengan varian isi seperti kacang tanah atau kelapa campur jahe. “Orang Tionghoa itu memaknai sesuatu dengan simbol, misalnya yi buak yang terbuat dari tepung tapioka yang lengket, maknanya supaya ikatan persaudaraan dan kekeluargaan di antara orang Hainan itu terus lengket,” katanya. Selain warga Hainan, altar Dewi Mazhu di yayasan Laut Selatan Batam juga terbuka untuk warga suku Tionghoa lainnya yang hendak sembahyang. (rna)


Batam Pos, Rabu 23 April 2014

32


METROPOLIS

REI Dukung Pemko Atasi Banjir Sambungan dari hal 25 but di dekat sebuah pembangunan. Padahal belum tentu, bisa jadi masterplan drainase milik pemerintah yang belum tepat,” terangnya. Djaja menuturkan, pihaknya siap bekerjasama dengan Pemko Batam untuk mengatasi banjir di Batam. Pihaknya juga siap untuk dikritik dan ditegur jika memang ada pengembang yang meng-

abaikan hal tersebut. ”Kami siap untuk bekerjasama dengan Pemko Batam dan BP Batam,” ujarnya. Meski demikian, Djaja mengaku infrastruktur di Batam ini sudah termasuk baik. ”Jadi, keku­rangan yang ada saat ini mari kita bicarakan dengan duduk bersama,” tambahnya. Sebelumnya, Wakil Wali Kota (Wawako) Batam, Rudi, menyampaikan anggaran untuk mengatasi banjir akan disiapkan

Kurangi Pengangguran, PKK Gelar Pelatihan Menjahit

tahun 2015. Kendati demikian, melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) sudah melakukan kajian untuk menyelesaikan persoalanpersoalan banjir ini. Selain itu, Rudi juga mengatakan, ke depan akan menyeleksi pe­ngem­ bang agar pembangunannya bisa sinkron dengan rencana pembangunan dari pemerintah, terutama pembangunan drainase yang sesuai sehingga tidak menimbulkan masalah banjir lagi. (ian)

Lestarikan Pakem Pengantin Melayu Sambungan dari hal 25 di Kota Batam. Materi workshop disampaikan oleh para pakar budaya Melayu Kepri, seperti HM Zein dan Diansyah. ”Mereka pakar dan juga praktisi yang sangat paham dengan pengantin Melayu Kepri, sehingga bisa menjelaskan lebih detail tentang pakem-pakemnya yang bukan hanya riasan, tapi hingga ke prosesi pernikahannya,” katanya. Sebagai orang Melayu di Kepri,

Tetty melanjutkan, pihaknya berharap makin banyak masyarakat yang mengaplikasikan tata rias dan busana pengantin Melayu sesuai pakemnya saat menggelar hajatan pernikahan. Terlebih bagi orang Melayu asli, imbauan ini sangat ditekankan sebagai salah satu identitas budaya agar tetap lestari. ”Kalau yang mau menikahkan dengan adat Melayu sesuai pakem, tapi belum tahu bagaimana caranya, silahkan bertanya ke kantor LAM,” ujarnya.

Acara workshop tata rias dan busana pengantin Melayu ini juga akan disambung dengan lomba tata rias pengantin Melayu oleh masing-masing wakil kecamatan. Rencananya lomba akan dilangsungkan hari ini Rabu (23/4) di Atrium Utama BCS Mall mulai pukul 10.00 WIB. Rangkaian kegiatan tersebut, nantinya digabungkan dengan acara Hari Kesatuan Gerak PKK ke-42 dan puncaknya bakal diselenggarakan di Vista Hotel pada 29 April mendatang. (rna)

BP Tentang Rencana Pemko Sambungan dari hal 25 annya, red) dilegalkan, mau tak Pemko Batam bertanggungjawab? Kalau dari kita (BP Batam, red) ruli itu tak bisa dilegalkan,” ujarnya. Djoko juga enggan berkomentar mengenai dampak ke depanya, jika rencana Dispenda itu dilakukan. Dia hanya menegaskan lahan yang tidak sesuai dengan peruntukan itu adalah ilegal. ”Tapi nanti akan kita bahas,” jelasnya. Sebelumnya, Kepala Dispenda Kota Batam, Jefridin, menyampaikan bahwa ruli wajib membayar PBB kepada pemerintah. Pasalnya, lahan yang mereka gunakan dan tempati adalah milik pemerintah atau negara. Lagi pula, kata Jefridin saat itu, uang hasil pembayaran PBB akan digunakan untuk kepentingan masyarakat banyak. Misalnya un-

tuk pembangunan fasilitas umum seperti jalan dan lainnya. ”Semua (hasil pembayaran pajak, red) untuk kepentingan masyara­kat Batam,” ungkapnya. Diatur di UU dan Perda Sementara itu, Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Kadispenda) Kota Batam, Jefridin mengatakan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB P2) diatur dalam UndangUndang (UU) Nomor 28 tahun 2009 tentang pajak dan retribusi daerah. Dalam pasal 77 ayat 1 UU tersebut berbunyi bahwa objek PBB P2 adalah bumi dan atau bangunan yang dimiliki, dikuasai dan atau dimanfaatkan oleh pribadi atau badan. ”Kecuali yang digu­na­kan untuk kegiatan usaha perkebunan, perhutanan, dan pertambangan,” ujarnya kepada Batam Pos,

malam tadi. Dia mengatakan, selain lahan yang dimanfaatkan untuk perkebunan, perhutanan, dan pertambangan wajib membayar PBB. ”Bukan berarti melegalkan yang tidak legal,” jelasnya. Menurutnya, pemungutan PBB P2 yang diatur dalam UU dikuatkan melalui Peraturan Daerah (Perda) Kota Batam Nomor 10 tahun 2010 tentang PBB P2. ”Dalam pasal 3 ayat 1 Perda Nomor 10 tahun 2010 bunyinya sama persis yang dibunyikan pa­s al 77 ayat 1 UU Nomor 28 tahun 2009,” ungkapnya. Untuk itu, sambungnya, pemungutan pajak yang menjadi kewenangan Pemerintah Daerah sesuai dengan aturan dan mekanisme yang berlaku. ”Untung juga untuk pembangunan Kota Ba­tam,” pungkasnya. ***

Penerimaan Polisi Bebas Pungutan Sambungan dari hal 25 Kapolda mengimbau kepada para orang tua agar jangan mudah percaya kepada pihak-pihak tidak bertanggung jawab yang mengaku bisa menjamin lolos dengan membayar sekian ratus juta. ”Kadang-kadang kita dengar suara-suara apriori seperti itu, sehingga menciptakan opini masuk polisi butuh ratusan juta, bahkan ada di kampung-kampung yang menjual sapi dan tanahnya hanya untuk dibodohi seperti itu,” sambung Kapolda. Setelah memberikan pengarahan Kapolda beserta perwakilan dari orang tua calon brigadir polisi menandatangani pakta integritas calon brigadir polisi. Penandatanganan pakta integritas ini sekaligus merupakan pertanggungjawaban moral dari kedua belah pihak, yakni polisi dan calon brigadir polisi beserta orang tuanya, bila nantinya terjadi tindakan yang tidak sesuai dengan peraturan perundangundangan. Endjang menambahkan, bila nantinya tidak sesuai peraturan maka akan dikenakan sanksi moral, sanksi administrasi, dan jika menjurus pada pidana, akan dike-

F.Cecep Mulyana/Batam Pos

Ribuan calon brigadir polisi mengikuti pengarahan di Mapolda Kepri, Selasa (22/4).

nakan sanksi pidana sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Kemudian, sambungnya, apabila nantinya anak-anak mereka tidak lolos menjadi polisi, orang tuanya tidak mempertanyakan kembali hal tersebut karena proses penerimaan dan seleksi sendiri sudah dilakukan sesuai prosedur. ”Para orang tuanya yang tentunya ingin anaknya ingin menjadi polisi yang baik tentunya harus mempersiapkan mereka sedini mungkin, mulai dari tingkat kesehatan fisiknya sampai kemampuannya,” tegas Kapolda. Untuk itu, lanjut Kapolda, bila

33

Batam Pos, Rabu 23 April 2014

nantinya ada pihak-pihak yang mencoba menjadi calo untuk bisa masuk polisi, segera laporkan ke kepolisian agar bisa dipidana sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Pantauan Batam Pos di lapangan, seribuan calon brigadir polisi duduk di lapangan Polda Kepri. Seluruhnya mengenakan kemeja putih dan celana hitam untuk calon polisi laki-laki dan rok hitam untuk calon polisi wanita. Mereka mendengarkan arahan dari para polisi mengenai tes kesehatan yang akan dilaksanakan hari ini Rabu (23/4). (l)

BATAMKOTA (BP) - Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Batam dan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batam mengadakan pendidikan dan pelatihan menjahit mode bagi para pencari kerja. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya mengurangi pengangguran di kota metropolitan ini. Pelatihan dibuka oleh Ketua TP PKK Kota Batam, Mariana Ahmad Dahlan, Selasa (22/4) di LPK Mode Center, Legenda Malaka, Batamcenter. Pembukaan ditandai dengan penyematan tanda peserta serta pemberian modul pelatihan kepada peserta. Ketua Pokja II, Erlita Amsakar selaku ketua pelaksana mengatakan, kegiatan tersebut merupakan tahap pertama kerja sama Disnaker dan PKK. Oleh karenanya dirinya berharap kegiatan ini

f.ist

Ketua TP PKK Kota Batam, Mariana Ahmad Dahlan meninjau tempat pelatihan menjahit, di LPK Mode Center, Batamcenter, Selasa (22/4) .

berjalan lancar dan berkelanjutan sebagai upaya pemberdayaan keluarga dengan jalan pelatihan menjahit mode. Erlita menambahkan, tujuan digelarnya pelatihan ini untuk meminimalkan angka pencari kerja di

Batam. Pelatihan yang diikuti 30 orang pencari kerja yang berasal dari 12 kecamatan se-Batam ini rencananya akan berlangsung selama 10 kali pertemuan. Kepala Disnaker Kota Batam, Zarefriadi, mengatakan berdasar-

kan data yang ada, jumlah pencari kerja di Batam per tahunnya mencapai 25 ribu orang dan hanya 10 ribu orang yang bisa tertampung atau mengisi lapangan pekerjaan yang ada. Dari kondisi gambaran tersebut, Zaref berharap para peserta pelatihan nantinya dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru yang mampu menyerap tenaga kerja, sehingga dapat turut serta membantu pemerintah mengurangi masalah pengangguran di Kota Batam. Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Batam, Mariana Ahmad Dahlan, berharap para peserta akan semakin mahir dan terampil sehingga nantinya akan tercipta rumah-rumah mode baru di Batam. TP PKK Batam, sambungnya, sangat konsen akan peningkatan keterampilan untuk masyarakat. (par)


batamberes Anda punya persoalan tentang pelayanan publik? Sampah di depan rumah Anda tak diangkut? e-KTP Anda belum selesai? Anda dibebani biaya siluman saat mengurus izin? Silakan lapor melalui rubrik Batam Beres. Kami akan menjembatani masalah Anda dengan pihak-pihak terkait. Laporan Anda bisa lewat twitter @BatamPos atau bisa lewat email redaksi@ batampos.co.id. Bisa juga lewat SMS ke 082386512901 dan fax 0778461612.

087894223637

Selamat pagi bagi pembaca Batam Pos. Mau tanya nih soal e-KTP saya yang belum keluar dari tahun lalu, cuma KTP SIAK saja yang keluar, apakah datanya hilang atau bagaimana? Atau datanya tidak terinput? Jadi saya harus bagaimana? Bulan tujuh saya sudah buat KTP baru, terus bulan sembilan disuruh ambil, cuma KTP SIAK saja. Sementara e-KTP, katanya bulan 12 udah siap, tinggal diambil di kelurahan, tapi sampai sekarang belum keluar. Apakah cetaknya di Amerika, satu tahun baru datang ke Batam?

perbaikan jalan

34

Batam Pos, Rabu 23 April 2014

Kantor Polisi: Polresta Barelang Polsek Batuampar Polsek Lubukbaja Polsek Sekupang Polsek Batamkota

: 458110 : 432573 : 457212 : 321744 : 463360

Polsek Nongsa Polsek Batuaji Belakangpadang Buser Polresta

: 311110 : 393162 : 312254 : 081364780101

Rumah Sakit: RS Awal Bros RSOB-BP RS Budi Kemuliaan RS Harapan Bunda

Layanan Lain:

: 431777 : 322122 : 454044 : 458808

PT ATB PLN Batam PBK Batam

: 467111 : 123 : 113

Call Centre Sampah: Dinas Kebersihan dan Pertamanan: 7035190 (Batuaji, Sekupang dan Seibeduk) PT Royal Genta Asih: 451926 (Lubukbaja, Batamkota, Nongsa, Batuampar,

Rutan Klas IIA Batam Dipastikan Bebas Pungli BATAMKOTA (BP) - Kepala Rumah Tahanan Klas IIA Batam berkomitmen untuk membebaskan rumah tahanan tersebut dari hape, pungutan liar, serta narkoba (Halinar). Hal itu sesuai dengan program yang dicanangkan Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) bahwa Rutan dan Lapas yang ada di bawahnya harus bebas dari halinar. “Komitmen bebas halinar di lingkungan UPT Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Kepri dimulai bulan April 2013 ini,” ungkap Karutan Klas

IIA Batam, Anak Agung Gde Krisna, Selasa (22/4). Jadi seluruh lapas dan rutan di Kepri wajib melaksanakan program tersebut. Agung menjelaskan pihak rutan akan melibatkan Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk melakukan razia narkoba di rutan, baik kepada warga binaan maupun petugas Rutan Batam. Seluruh sel serta tempat yang dicurigai menjadi tempat penyimpanan narkoba akan diperiksa, tanpa terkecuali. “Serta melakukan tes urin secara periodik, baik warga binaan maupun

petugas. Hal ini sudah kita laksanakan, hasilnya rutan bebas narkoba,” tutur Agung. Petugas rutan juga gencar melakukan razia handphone, tiga kali dalam sebulan. “Belum kita temukan warga binaan yang menggunakan hape,” ucapnya lagi. Komunikasi warga binaan dengan keluarga difasilitasi petugas rutan melalui wartel yang disediakan. “Sehingga aktifitasnya terkontrol,” ucapnya. Mengenai pungutan liar, Agung mengatakan bahwa ia mengharam-

BERES

foto:dalil harahap/batampos

Pekerja merakit besi sebelum pengecoran jalan di simpang Ocarina Batam Centre. Perbaikan jalan ini diperkirakan akan siap sebelum MTQ Nasional awal Juni mendatang. Foto diambil Senin (21/4).

kan anggotanya memungut biaya sepeserpun kepada warga binaan maupun keluarga yang membesuk. “Membesuk keluarga tidak dikenakan biaya apapun,” tuturnya. Nantinya, Rutan Batam akan melaksanakan program bebas peredaran uang melalui kartu BRIZZI. Hasil kerjasama Bank BRI dengan Rutan Kota Batam, program pertama yang dilakukan di Indonesia yang

diterapkan di rutan. “Seluruh transaksi menggunakan kartu, program ini akan menekan hal yang tidak diinginkan sperti halnya pungli,” bebernya. Keluarga cukup mengirim uang melalui BRI. “Warga binaan bisa melakukan transaksi dengan mudah,” bebernya. Karena kantin rutan sudah dilengkapi dengan program berbasis kartu BRIZZI. (hgt)


35 Batam Pos, Rabu 23 April 2014

Penanganan Gelandangan Psikotik Kota Batam

Masyarakat Serahkan ke Pemerintah Kota Suryono Sukamto, dalam bukunya Sosiologi Suatu Pengantar, mengatakan bahwa masa­lah sosial adalah suatu ketidak sesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat yang membahayakan kehidupan kelompok sosial. Jika terjadi bentrokan antara unsur-unsur yang ada dapat menimbulkan gangguan sosial seperti kegoyahan dalam kehidupan kelompok atau masyarakat. Sementara itu, Kementerian Sosial mendefinisikan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) sebagai seseorang, keluarga atau kelompok masyarakat yang karena suatu hambatan, kesulitan, atau gangguan, tidak dapat melaksanakan fungsi sosialnya, sehingga tidak dapat terpenuhi kebutuhan hidupnya (jasmani, rohani, dan sosial) secara memadai dan wajar. Hambatan, kesulitan dan gangguan tersebut dapat berupa kemiskinan, keterlantaran, kecacatan, ketunaan sosial, keterbelakangan, keterasingan dan perubahan lingkungan yang kurang mendukung, seperti terjadinya bencana. Salah satu yang mendapat perhatian dari permasalahan sosial yang berkembang di Indonesia adalah mengenai maraknya gelandangan, terutama gelandangan psikotik. Gelandangan psikotik menurut Kementerian Sosial adalah adalah orang-orang yang hidup dalam keadaan yang tidak sesuai dengan norma kehidupan yang layak dalam masyarakat setempat, serta tidak mempunyai pencaharian dan tempat tinggal yang tetap serta mengembara di tempat umum. Sebagaimana tercantum

dalam Undang-undang Dasar 1945 bahwa setiap warga negara mendapatkan hak yang sama baik itu mengenai kesehatan, pendidikan, dan hak-hak hidup lainnya. Pun juga yang mengalami gangguan kesehatan jiwa. Untuk itu polling kali ini mencoba untuk mendapatkan gambaran penanganan gelandangan psikotik di Kota Batam. Sebanyak 100 orang berhasil diwawancarai, dan inilah hasilnya. Menurut Anda, bagaimana Pemko Batam dan dinas terkait menangani gelandangan psikotik? Pertanyaan ini diajukan pada 100 orang responden. Dan hasilnya, sebanyak 73 orang atau 73 persen responden menjawab baik. Sedang sisanya, yaitu sebanyak 27 orang atau 27 persen responden memberikan jawaban buruk. Menangani gelandangan psikotik tentunya tidak sederhana. Mengingat bahwa selain memberikan bimbingan, tentunya harus menyembuhkan dahulu si penderita. Dan karakteristik setiap wilayah akan mendukung penanganan gelandangan psikotik. Menurut Anda, bagaimana sebaiknya penanganan gelandangan psikotik yang ada di jalanan? Mendapat pertanyaan itu, sebanyak 15 orang atau 15 persen responden memberikan jawaban dikembalikan pada keluarga. Lalu sebanyak 18 orang atau 18 persen responden memberikan jawaban sebaiknya direhabilitasi di panti sosial. Sebanyak 43 orang atau 43 persen respoden menjawab terserah penanganannya pada pemerintah. Dan sisanya sebanyak 34

orang atau 34 persen responden menjawab perlu ada penanganan terpadu antara keluarga dan pemerintah. Lalu, menurut Anda siapa yang bertanggung jawab untuk menangani gelandangan psikotik? Mendapat pertanyaan itu, sebanyak 7 orang atau 7 persen responden menjawab keluarga. Kemudian sebanyak 15 orang atau 15 persen responden memberikan jawaban pemerintah. Organisasi Sosial, Jawaban ini diberikan oleh sebanyak 11 orang atau 11 persen responden. Dan sisanya yaitu sebanyak 67 orang atau 67 persen responden menjawab semua pihak, termasuk keluarga. Menangani gelandangan psikotik tidaklah bisa berdiri sendiri. Semua pihak yang terkait haruslah bekerja sama. Kerja sama berbagai pihak terkait akan membantu pemerintah selaku eksekutor dalam penanganan permasalahan gelandangan psikotik. Sinergi antara pihak yang terkait akan memberikan keleluasaan bagi pemerintah selaku eksekutor dalam program penanganan permasalahan gelandangan psikotik. Untuk membangun sinergi kerja, perlu ada penyamaan konsep dan penanganan dari lembaga terkait, lembaga sosial, keluarga dan masyarakat. Perlukah ada sosialisasi pada masyarakat untuk menangani gelandangan psikotik? Dari 100 orang yang berhasil diwawancarai, sebesar 81 persen responden memberikan jawaban ya. dan sebesar19 persen responden memberikan jawaban sebaliknya. (ryan agung)

Harus Lebih Serius Sebenarnya, permasalahan gelandangan psikotik bukanlah hal baru bagi pemerintahan. Tetapi secara serius penanganannya dimulai tahun 2004 ketika Kementerian Sosial memberlakukan program mengenai Penanganan Masalah Kesejahteraan Sosial. Kemudian masing-masing daerah membentuk tim terpadu untuk menangani 14 macam penderita masalah sosial (PMS) di daerahnya tersendiri. Selain melakukan sosialisasi juga diberlakukan berbagai program teknis untuk mengatasi permasalahan kesejahteraan sosial. Menurut Anda apa kelemahan

penanganan gelandangan psikotik selama ini? Ketika diajukan pertanyaan ini, sebanyak 9 orang atau 9 persen responden memberikan jawaban tidak manusiawi. Sedang sebanyak 17 orang atau 17 persen responden memberikan jawaban tidak ada rehabilitasi bagi penderita. Kemudian sebanyak 46 orang atau 46 persen responden menjawab kurang serius dalam menangani. Dan sebanyak 28 orang atau 28 persen responden sisanya, memberikan jawaban kurangnya anggaran untuk menangani penderita atau membuat program. Untuk mengatasi kelemahan dalam

penanganan permasalahan gelandangan psikotik, apa yang seharusnya dilakukan oleh dinas so­sial untuk menangani gelandangan psikotik? Sebanyak 13 orang atau 13 persen responden menjawab sebaiknya pemerintah menggalakkan sosialisasi ke masyarakat. Kemudian sebanyak 9 orang atau 9 persen responden menjawab pemerintah sebaiknya melakukan koordinasi dengan rumah sakit dan organisasi kemasyarakatan. Lalu sebanyak 6 orang atau 6 persen responden memberikan jawaban pemerintah sebaiknya menambah jumlah panti sosial. Dan sisanya, yaitu sebanyak 62 orang atau 62 persen

responden menjawab pemerintah sebaiknya menambah frekuensi razia gelandangan psikotik. Lalu, perlukah ada perhatian lebih dari Pemko Batam untuk menangani gelandangan psikotis? Mendapat pertanyaan ini, sebanyak 67 ora­ng atau 67 persen responden me­m­be­rikan jawaban ya. Pemerintah harus memberikan perhatian lebih untuk penanganan gelandangan psi­k otis. Dan sisanya, yaitu sebanyak 33 orang atau 33 persen res­p on­d en memberikan jawaban sebaliknya. Salah satu bentuk perhatian dari pemerintah kota adalah dengan

memberikan payung kekuatan hukum pada setiap program kerja. Peraturan daerah akan memberikan panduan dan perlindungan untuk keberlangsungan dan arahan setiap program kerja. Perlukah ada perda yang menjadi payung penanganan gelandangan Psikotik? Mendapat pertanyaan itu, sebanyak 71 orang atau 71 persen responden memberikan jawaban ya. Harus ada payung hukum untuk menangani galandangan psikotik. Sedang sisanya, yaitu sebanyak 29 orang atau 29 persen responden memberikan jawaban sebaliknya. (ryan agung)

Metropoling Metode survei ini bersifat random, dengan jumlah responden 100 orang. Tim kami langsung terjun ke lapangan membagikan quisioner dan hasilnya kami ulas di halaman ini. Mungkin apa yang kami tampilkan di sini belum bisa dikatakan mewakili keseluruhan suara warga Batam, namun paling tidak bisa memberikan peringatan dini untuk segera kita sadari.***

Polling Gelandangan Psikotik (orang gila) Menurut Anda, bagaimana Pemko Batam dan dinas terkait menangani gelandangan psikotik? Baik : 73 orang (73%) Buruk : 27 orang (27%) Menurut Anda siap yang bertanggung jawab untuk menangani gelandangan psikotik? Keluarga : 7 orang (7%) Pemerintah : 15 orang (15%) Organisasi sosial : 11 orang (11%) Semua pihak, termasuk keluarga : 67 orang (673%) Perlukah ada sosialisasi pada masyarakat untuk menangani gelandangan psikotik? Ya : 81 orang (81%) Tidak : 19 orang (19%) Menurut Anda apakah sudah terbina kerja sama antara pemerintah dan lembaga terkait serta masyarakat untuk menangani gelandangan psikotik? Ya : 37 orang 37%) Tidak : 63 orang (63%) Bagaimana peran serta Dinas Sosial Kota Batam dalam menangani gelandangan psikotik? Baik : 36 orang (36%) Buruk : 51 orang (51%) Tidak tahu : 13 orang (13%) Menurut Anda apa kelemahan penanganan gelandangan psikotik selama ini? Tidak manusiawi : 9 orang (9%) Tidak ada rehabilitasi : 17 orang (17%) Kurang serius menangani : 46 orang (46%) Kurang anggaran : 28 orang (28%) Apa yang seharusnya dilakukan oleh dinas sosial untuk menangani gelandangan psikotik? Menggalakkan sosialisasi ke masyarakat : 13 orang (13%) Melakukan koordinasi dengan rumah sakit dan organisasi kemasyarakatan : 9 orang (9%) Menambah jumlah panti sosial : 6 orang (6%) Menambah frekuensi razia gelandangan psikotik : 62 orang (62%) Perlukah ada perhatian lebih dari Pemko Batam untuk menangani gelandangan psikotik? Ya : 67 orang (67%) Tidak : 33 orang (33%) Perlukah ada Perda yang menjadi payung penanganan gelandangan psikotik? Ya : 71 orang (71%) Tidak :29 orang (29%)


36

Batam Pos, Rabu 23 April 2014

Jalan Rusak Segera Diperbaiki BINTAN (BP) - Beberapa titik lubang dan permukaan aspal yang amblas di beberapa ruas jalan di lintas barat dan tengah akan segera diperbaiki. Pasalnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan sudah menghubungi Satuan Kerja (Satker) dari Kementerian Pekerjaan Umum (PU) Pusat terkait pengerjaan ini. “Sudah dilaporkan dan agar segera dilakukan pembenahan,” terang Sekretaris Daerah (Sekda) Bintan, Lamidi, dijumpai di ruang kerjanya, Selasa (22/4). Tidak hanya itu saja, merujuk pernyataan Lamidi, Wakil Bupati Khazalik bahkan sudah memberikan pengarahan secara langsung kepada Kepala Dinas PU Bintan

berkenaan kondisi kekinian jalan lintas barat dan tengah. Selama ini, kata Lamidi, Dinas PU Bintan sudah banyak menerima laporan terkait kondisi terkini jalan yang ada. Semisal beberapa lubang yang menganga dan menyebabkan genangan air hingga permukaan aspal yang amblas. Lamidi tidak menutup mata akan hal itu. “Karena kondisi tanah kita ini belum stabil, jadi permukaan jalan itu bisa turun,” ujar Lamidi. Namun, selain pengaduan dari masyarakat, lanjut Lamidi, perbaikan ini segera digesa lantaran gelaran ajang balap sepeda internasional Tour de Bintan juga sudah di depan mata. “Keselamatan peserta

kan juga jadi prioritas penyelenggara,” ujarnya. Sehingga, setelah menilik dan memantau secara langsung kondisi jalan bersama Bupati dan Wakil Bupati, Lamidi merasa perlu dilakukan beberapa perbaikan. “Seperti pemantapan jalanjalan yang agak rendah di Sakera,” jelas Lamidi. Lamidi harap, sebelum Tour de Bintan awal November mendatang, pengerjaan perbaikan jalan ini sudah rampung. Khususnya, jalanan yang akan dijadikan sebagai rute balapan. “Sehingga, para pebalap bisa punya kesan yang baik selama di Bintan dan setia kembali setiap tahunnya,” pungkas Lamidi. (cr8)

Sering Mangkir Disanksi Tegas Dua Guru Bintan Dihukum Penundaan Gaji BINTAN (BP) - Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga (Disdikpora) Bintan, Makhfur Zurahman menegaskan, bagi guru-guru yang bertugas di pulau-pulau Kabupaten Bintan didapati jarang berada di tempat atau beralasan keluar daerah tanpa sepengetahuan kepala sekolah maupun Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) akan ditindak tegas. “Tidak hanya di pulau saja yang kita tegaskan harus berada di tempat atau melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai dengan aturan, tapi di satu daratan juga. Namun jika, ditemui mangkir dari tugasnya, kita akan panggil mereka agar ditindak lanjuti masalah tersebut,” ujarnya, Selasa (22/4). Selain itu, lanjut Makhfur, jika kepala sekolah yang melakukan hal itu, pastinya UPT yang harus melaporkan ke Disdikpora. Karena jika hal ini tidak ditindaklanjuti akan terus berkelanjutan dan sangat mempengaruhi dunia pendidikan di Bintan. “Bila kita dapati, tahap pertama akan kita surati secara lisan. Lalu selanjutnya jika tidak digubris akan kita panggil dan menghadap

Jika ditemui mangkir dari tugasnya,

kita akan panggil mereka agar ditindak lanjuti

Makhfur Zurahman Disdikpora Bintan kita. Kalau masih membandel juga, kita serahkan ke BKD. Nan­tinya mereka yang membandel, pastinya dikenakan sanksi seperti penundaan kenaikan gaji berkala dan penundaan pangkat,” jelasnya. Sejauh ini, Makhfur mengakui sudah ada dua guru yang dikenakan sanksi penundaan gaji berkala dan penundaan pangkat.

Supaya hal ini tidak terjadi lagi, katanya, pembinaan maupun pembelajaran kinerja guru-guru itu kewenangan pertamanya pada kepala sekolah. Sesuai dengan Peraturan Pemerintahan (PP) nomor 53, kepala sekolah bertanggungjawab pada kinerja guru-guru yang mengabdi di bawah kepemimpinan kepala sekolah tersebut. Jika didapati guru yang bermasalah, kepala sekolah harus melaporkan pada pihak UPT kemudian selanjutnya dilaporkan ke Disdikpora hingga ke BKD. “Kita minta ini tidak terjadi lagi, sehingga pembinaan kinerja guru itu wajib diberikan oleh kepala sekolah. Sedangkan pembinaan monitoring itu kewenangan UPT,” jelasnya. Makhfur meminta ke depannya guru-guru di Bintan, khususnya yang mengabdi di pulau-pulau jika hendak mengurus keperluan sekolah dengan pergi ke Bintan bisa diwakilkan atau perorang saja. Tidak dibenarkan, jika berpergian ke pusat pemerintahan dengan membawa rombongan atau beramai-ramai. “Karena bisa merusak efisiensi belajar siswa. Seperti berkas ke­n ai­k an pangkat guru, itu bisa ­d ­i titipkan, pastinya akan kita urus dengan cepat juga,” katanya. (cr6)

foto:ist

Bupati Bintan, Ansar Ahmad membuka Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) di Gedung Nasional Tanjunguban, dengan memukul gong, Selasa (22/4).

Pemkab Janjikan Sekolah Gratis bagi Sang Juara Pembukaan O2SN dan FLS2N Kabupaten Bintan FATIH MUFTIH, Bintan

B

upati Bintan Ansar Ahmad menegaskan, setiap unsur yang terlibat langsung dengan penyelenggaraan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) supaya menjunjung semangat sportivitas selama bertanding. “Baik peserta atau pun juri, harus bisa berlaku sportif untuk mencetak atlet-atlet Bintan yang berprestasi,” kata Ansar, usai membuka secara resmi O2SN dan FLS2N, di Gedung Nasional Tanjunguban, Bintan Utara, Selasa (22/4). Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan, kata Ansar, siap mendukung penuh segala iven keolahragaan maupun kesenian yang ada di Bintan. Terlebih yang diikuti ratusan siswa. “Karena bila olah raga dan olah seni ini dipadukan secara simultan, bisa menjadikan anak-anak yang unggul di bidangnya masing-masing,” ujarnya. Oleh karena itu, Ansar sangat mengapresiasi gelaran tahunan

yang diselenggarakan secara serentak. “Siapa-siapa yang berprestasi, Pemkab tidak akan ragu mensuport hingga tingkat provinsi, bahkan nasional,” ujar Ansar. Suasana pembukaan O2SN dan FLS2N di Gedung Nasional kemarin tampak riuh dan dan dipadati pengunjung. Apalagi, beberapa saat sebelum dibuka secara resmi, 10 kontingen peserta dari 10 kecamatan di Bintan melakukan kirab kontingen dan diiringi dua marching band dari dua sekolah yang ada di Tanjunguban. Ruas jalan menuju venue pembukaan juga terlihat didapati barisan mobil dan motor terparkir. Sehingga beberapa anggota Polantas turut mengatur arus lalu lintas yang semakin padat. Setelah berkirab, 480 peserta O2SN d a n F L S 2 N d i h i b u r oleh atraksi marching band dan suguhan tari kontemporer dari Sanggar Tari Sang Nila Utama, Tanjunguban. Suasana semarak tetap terjaga hingga Bupati Bintan menabuh gong, tanda gelaran seleksi tingkat kabupaten ini resmi dibuka.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bintan, Mahfur Zurahman mengatakan, pergelaran tahun ini sempat terhalang beberapa agenda. “Seperti Pemilu dan UN SMA. Tapi, setelah didapat waktu yang tepat, ya segera dilaksanakan,” kata Mahfur yang dijumpai di sela-sela pembukaan. Menentukan waktu penyelenggaraan, kata Mahfur, memang tidak bisa sembarang ditentukan. Pasalnya, kontingen dari kecamatan Tambelan juga bergantung pada jadwal kapal yang tidak selalu ada saban harinya. “Makanya, kami juga memi­ kirkan iven ini tidak membebankan kontingen dari Tambelan. Kami pertimbangkan jadwal kapalnya juga,” jelasnya. Sehingga, kendati molor, Mahfur mengharap iven yang berlangsung dari 2224 April ini tetap berlangsung semarak. “Apalagi pemenangnya akan kami bawa ke tingkat provinsi. Kalau menang lagi, ya sampai ke tingkat nasional,” ucapnya. Kedua iven ini, lanjutnya, juga

dijadikan sebagai sarana menyaring sekaligus persiapan jelang Pekan Olahraga Daerah (Popda) yang akan ditaja akhir Mei mendatang. Bagi mereka yang bisa membawa nama harum Bintan ke jenjang nasional, kata Mahfur, ada hadiah spesial. “Anak-anak yang berhasil di sini juga akan menjadi prioritas kita, dengan memberikan penghargaan dan mempersilakan mereka memilih sekolah mana saja di Bintan secara gratis,” lontarnya. Adapun cabang O2SN SD yang akan diperlombakan, antara lain, atletik, sprint gawang, lompat katak, lempar turbo, formula 1, renang, bola voli mini, bulu tangkis, karate,pencak silat, catur dan tenis meja. Sementara, tingkat SMP antara lain, renang, bola volly, bulu tangkis, pencak silat, catur. Untuk FLS2N cabang SD antara lain menyanyi tunggal, pidato bahasa indonesia, cipta cerita bergambar, seni tari daerah. Dan terakhir tingkat SMP yakni Vokal grup, kreatifitas seni tari, seni membaca alquran dan hifzil quran, cipta cerpen bahasa Indonesia, melukis, cipta puisi.***

Bintan Terjunkan 30 Pelajar SMK fotoarry s putraih/batampos

Wakil Bupati Bintan, Khazalik menyalami peserta pelatihan dan pembekalan Dewan Hakim menyongsong Musabaqah Tilawatil Qura'an (MTQ) dan Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) Bintan, sebelum membuka acara tersebut, Selasa (22/4).

Dewan Hakim MTQ-STQ Harus Transparan dan Profesional GUNUNGKIJANG (BP)- Sebanyak 50 peserta yang mewakili 10 kecamatan se-Kabupaten Bintan mengikuti pelatihan dan pembekalan dewan hakim dalam menyongsong Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) dan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Bintan, di Hotel Bintan Agro Resort, Kecamatan Gunungkijang, Selasa (22/4). Kegiatan digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan melalui Kesejahteraan Rakyat (Kesra) selama dua hari, 22-23 April 2014, ini dihadiri Wakil Bupati Bintan, Khazalik, Sekda Bintan, Lamidi, Kepala Kesra, Dahlia Zulfa, Kepala Kemenag Bintan Erizal Abdullah. Selain itu juga dihadirkan narasumber dari Kemenag Bintan, Provinsi Kepri dan Staf Ahli Bidang Keagamaan Bintan, dan SKPD. Khazalik mengatakan, melalui kegiatan ini, diharapkan para peserta dapat menjalankan tugas, fungsi, kewajiban dan tanggungjawabnya sesuai dengan koridor sebagai dewan hakim. Selain itu,

juga bisa mengimplementasikan ilmu yang didapat dengan baik. Sehingga nantinya, ketika dalam memberikan penilaian dalam ajang MTQ dan STQ di Bintan bisa melakukan dengan transparan, jujur dan profesional. “Kita minta peserta bisa memanfaatkan agenda ini dengan baik. Karena ilmu yang diberikan dalam kegiatan ini sangat penting bagi peserta yang akan menjadi dewan hakim, sehingga diharapkan mampu menjalanka tugasnya sesuai dengan porsinya,” ujarnya. Perlu diketahui bagi peserta, lanjut orang nomor dua di Bintan, dengan dinobatkannya 50 dewan hakim ini sebagai tim penilai, amanah berada dipundak meraka dan harus dilakukan dengan baik. Tidak hanya itu saja, dari fungsi dewan hakim sebagai pelaksana atau penentu dalam iven Islamiyah, juga tidak boleh terlepas dari aturan-aturan yang berlaku baik secara syariah maupun aturan daerah.

“Dewan hakim sebaiknya dapat memberikan contoh bagi masyarakat lainnya. Kita berharap mereka tidak hanya sebagai tim penilai saja. Namun juga bisa mengajarkan dan mengingatkan sesama muslim, khususnya masyarakat Bintan untuk saling meningkatkan kadar dan kualitas keimanan dan ketakwaan terhadap penciptanya,” pintanya. Sementara itu, Dahlia Zulfa mengatakan tujuan dari kegiatan yang dilaksanakan ini untuk meningkatkan kualitas dan cara merealisasikan kepemimpinan dewan hakim dengan baik. Kemudian, dengan agenda tahunan ini juga diharapkan bisa mempererat kesaudaraan dan keutuhan antara sesama muslim ataupun sesama masyarakat Bintan. “Selain itu, kita minta dewan hakim bisa saling mengajak dan mengajar masyarakat untuk terus menjalankan visi dan misi Pemkab Bintan dalam menciptakan wilayah Islamiyah dan madani dengan bersikap jujur, adil dan profesional,” katanya. (cr6)

Tuan Rumah LKS SMK Tingkat Kepri BINTAN (BP) - Kabupaten Bintan menjadi tuan rumah Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK tingkat Provinsi Kepri ke-10 yang diselenggarakan di Sahid Hotel, Kecamatan Gunung Kijang, Senin (21/4). Kegiatan yang diselenggarakan hingga 24 April ini diikuti peserta dari kabupaten/kota se-Kepri. Khusus Bintan, sebanyak 30 peserta dari dua sekolah yakni SMK 1 dan SMK 2 Bintan diterjunkan. Bupati Bintan, Ansar Ahmad mengatakan sangat mendukung kegiatan dalam meningkatkan

kecerdasan siswa SMK seKepri ini. Kegiatan yaang diselenggarakan Provinsi Kepri dengan memilih Bintan sebagai tuan rumah merupakan kehormatan. Sehingga ia meminta pelajar Bintan bisa berpartisipasi dalam menyukseskan agenda ini. “Kita bangga Pemprov Kepri menunjuk Bintan sebagai tuan rumah. Dengan kepercayaan yang diberikan itu, kita mendukung dan berpartisipasi demi suksesnya penyelenggaraan dalam meningkatkan kecerdasaan siswa di Kepri ini,” ujarnya. Kegiatan ini, lanjut orang nomor satu di Bintan, ini sangat dibutuhkan di Kepri, khususnya di Bintan. Karena dengan

perlombaan kompetensi siswa khusus SMK ini berdampak pada pemenuhan kebutuhan tenaga kerja lulusan SMK di Kepri dan Bintan. Hal ini dikuatkan lagi, karena daerah Bintan merupakan wilayah yang mengandalkan parawisata, industri dan perekonomian. “Lulusan SMK ini sangat dibutuhkan Bintan dalam memenuhi kebutuhan tenaga kerja di hotel, industri dan lainnya. Sehingga tidak hanya lewat ini saja kita mendukung, tapi bentuk nyata itu kita lakukan dengan membangun sekolah kejuruan hingga perguruan tinggi di bidang pariwisata,” jelasnya. Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga (Disdik-

pora) Bintan, Makhfur mengatakan 30 siswa SMK andalan Bintan berpartisipasi dalam perlombaan tingkat Kepri ini. Selain peserta, Pemkab Bintan juga menyiapkan beberapa lokasi yang menjadi tempat perlombaan tersebut diantaranya di SMK 1 Tanjunguban, Sahid Hotel dan SMK 2 Kijang. Makhfur berharap peserta yang disiapkan Pemkab Bintan dalam mengikuti perlombaan ini bisa menyabet prestasi. Targetnya, peserta Bintan menyabet prestasi utama. “Kita akan berikan apresiasi. Kitabebaskan mereka untuk melanjutkan ke perguruan tinggi mana saja dan juga memfasilitasi mereka jika ingin bekerja,” katanya. (cr6)

Polisi Tunggu Hasil Visum Kematian Riko TANJUNGUBAN (BP) - Kendati sudah memasuki hari ketiga pascapenemuan jasad Aldia Marta Riko, 30, yang tergantung di belakang pujasera Melayu Berdendang, kepolisian belum bisa memastikan motif kematian pemuda yang akrab disapa Riko tersebut. Polisi juga belum bisa memastikan ia benar-benar bunuh diri. “Kami masih menunggu hasil visum dokter,” kata Kapolsek Bintan Utara, Kompol I Dewa Nyoman Agung Surya Negara, ketika dikonfirmasi, Selasa (22/4). Lantaran masih menunggu

hasil visum, Dewa belum bisa berkomentar lebih. Namun, Dewa sudah mengerahkan anggotanya untuk melidik penyebab kematian pria yang baru menikah ini darifakta yang ditemukan di tempat kejadian perkara. Sementara itu, Supriadi, 23, rekan kerja Riko, mengaku terkejut mendapati kabar kematian temannya itu. Apalagi jasad rekannya itu ditemukan dalam keadaan tergantung. Supriadi tak percaya rekannya itu nekat berbuat sede­mikian. “Riko itu tipikal orang yang tidak mudah putus asa, baik, dan

ramah,” ujar pria yang sudah berteman dengan Riko selama dua tahun terakhir ini. “Sulit dipercaya kalau Riko diduga bunuh diri,” ucapnya. Selama berteman, lanjut Supriadi, temannya itu tidak pernah terlihat punya masalah dengan orang lain maupun nasabah. “Saya hanya berharap misteri kematian teman saya bisa cepat terungkap,” ujarnya. Riko ditemukan tergantung dengan kondisi sudah membusuk di belakang Pujasera Melayu Berdendang, Sabtu (19/4) lalu, sekitar pukul 12.00. Dewa memaparkan kala itu

mayat yang ditemukan warga dengan posisi tergantung di pohon itu memiliki ciri-ciri di antaranya menggunakan baju kaos berwarna putih bergaris dan juga mengenakan celana jeans berwarna hitam. Selain itu setelah melakukan evakuasi di TKP, pihaknya juga berhasil mengamankan sandal berwarna hitam, bungkusan rokok serta korek api, tas ransel berwarna hitam, dan satu unit ponsel. “Mayat tersebut dalam kondisi tergantung menggunakan tali rafia dan di sekitar tubuh korban ada sebuah tas berwarna hitam,” tutupnya. (cr8)


23 April 2014