Page 1

CZECH REPUBLIC


HELLO DOBRY DEN HALO!

Mungkin kata-kata pertama yang perlu kuucapkan adalah terima kasih sudah mau membaca. Kata-kata dalam jurnal ini adalah kumpulan ingatan, perasaan, memori, pengalaman, dan hasrat selama aku menginjakkan kaki di Czech Republic. Semoga anda dapat terjun merasakan apa yang kurasakan dari kata-kata yang kutulis.


A BRIEF HISTORY ABOUT CZECH REPUBLIC

Republik Ceko atau Ceskรก Republika adalah sebuah negara di bagian Eropa Tengah yang terbentuk setelah pecahnya Cekoslovakia, yang dikenal dengan nama "Velvet Revolution", dimana Republik Ceko dan Republik Slovakia berpisah dengan secara damai. Ibukota dari Republik Ceko adalah Praha atau Prague. Kota yang sangat terkenal sebagai kota musik dan orkestra.

Republik Ceko sendiri secara historikal terpisah menjadi 3 bagian, Kingdom of Bohemia di bagian Utara, Kingdom of Moravia di bagian Selatan, dan Kingdom of Silesia di bagian Timur Utara. Perbedaan nyata yang dapat terlihat di masa sekar ang hany a sebatas perbedaan aksen dalam berkomunikasi, tetapi mereka semua menggunakan bahasa Ceko dalam sehari-harinya. Masyarakat Ceko sendiri mayoritas menguasai 3 bahasa, Ceko, Jerman, dan Rusia. Masyarakat mereka terbagi secara kasatmata menjadi 3 struktur, Older Generation, Old Generation, & Young Generation. Dimana Older

Generation masih sangat fasih dengan bahasa Rusia mereka, sedangkan Old Generation lebih banyak fasih dengan bahasa Jerman. Young Generation sendiri banyak yang sudah tidak mempelajari bahasa Rusia, dan justru mempelajari bahasa Inggris. Sehingga terjadi sebuah perbedaan yang cukup drastis antara kehidupan antar generasi mereka, dimana di satu sisi masih sangat konservatif dan satu sisi lainnya sudah sangat terbuka dengan dunia luar. Masyarakat Ceko mayoritas tidak memeluk kepercayaan tertentu, inipun dikarenakan masa lalu kelam mereka yang pernah dijajah oleh Rusia dan Jerman. Tetapi ada beberapa komunitas kecil yang tetap berusaha menghidupi tempat-tempat ibadah di Ceko, sehingga beberapa katedral dan gereja masih dipakai sebagai tempat ibadah walaupun jumlahnya sangat minim.


“PEOPLE HERE ARE COLD AND CARELESS” THAT’S WHAT THEY SAID


Orang Ceko terkenal dengan sikap dingin mereka terhadap orang asing dan kenyataannya memang seperti itu, dingin dan tidak peduli terhadap urusan orang lain. Saat ada or ang asing yang kelihatannya tersesat atau kebingungan, kebanyakan orang sini tidak akan berniat membantu. Mungkin bakal ada beberapa or ang yang tetapi mereka hanya segelintir dari jutaan orang di Ceko.

tapi kenapa? Karena mereka terlahir di Ceko, karena karakter mereka ditempa oleh kultur dan lingkungan mereka. Karena bayangan masa lalu yang kelam terus menghantui kehidupan mereka walaupun bayangan kian luntur melewati zaman. Banyak hal yang membuat mereka dingin terhadap orang asing. Tetapi salah satu alasan terbesarnya mungkin adalah bahasa. Banyak dari mereka membuat tembok tak terlihat terhadap orang asing karena orang asing tidak bisa berbahasa Ceko. Bahasa Ceko sendiri membentuk sebuah membran yang hanya dapat ditembus oleh orang-orang tertentu.


Co si naseješ, to žáti

- Emanuel Strauss


budeš.


DO YOU KNOW? THOSE EYES HURTS A LOT

Mereka menatapku dengan dingin. Detik bahkan belum menghampiriku, tapi mereka sudah melewatiku seakan-akan aku tembus pandang. Ya, mungkin aku adalah bayangan yang ada disana karena berkasan cahaya itu. Tetapi aku tak terlihat? Terkadang aku sering bertanya pada diriku sendiri apakah sebenarnya kami memang tak terlihat atau kami memang mau tidak terlihat sehingga nyata adanya. Tetapi pertanyaan itu hampa, karena tak pernah terjawab. Terkadang aku menatap mata-mata mereka, penuh warna, penuh kehangatan, dibanding mataku yang hitam kelam ini, tetapi kenapa mata itu juga yang menusukku dengan tatapan dinginnya. Kenapa? Apa alasannya? Apa salahku? Aku baru saja menginjakkan kaki di tanahmu, wahai kaum berdarah biru. Aku belum berbuat apa-apa. Dan kamu sudah menatapku dengan dingin.

- sebuah tulisan buat diriku sendiri.


PREJUDICE OR? AND TOLERANCE Tetapi mungkin ini semua terjadi karena prasangka, bagaimana aku melihat mereka sebagai orang asing di dalam hidupku, dan bagaimana mereka melihat aku sebagai orang asing di dalam negara mereka. Masing - masing kami membentuk sebuah bayangan imaginari jauh dari kenyataan, dan mungkin karena itu sebuah tembok tak terlihat terbentuk, dan komunikasi pun tak pernah terjadi. Tetapi setelah salah satu berusaha meruntuhkan tembok itu, perubahan dapat terlihat. Bagaimana sebenarnya mereka mau mencoba berkomunikasi denganku tetapi takut akan keterbatasan bahasa mereka dan keterbatasan bahasaku. Bagaimana bahasa bisa menjadi tembok yang sangat susah untuk ditembus, tetapi justru bahasa juga yang bisa menjadi jembatan yang dapat menghubungkan. Bagaimana sebenarnya mereka

orang-orang yang hangat tetapi mereka tidak menunjukkan hal itu dengan cara yang sama dengan yang kulakukan atau mungkin mereka tidak mengucapkannya dengan bahasa yang dapat kumengerti. Dan karena itu pandanganku terhadap mereka mulai berubah, mereka bukan orang-orang yang dingin yang tidak peduli dengan sekitarnya, mereka sebenarnya peduli tetapi takut karena bahasa tidak mengijinkan mereka untuk membantu. Dan sejak saat itu, aku tahu bahwa yang harus meruntuhkan temboknya dahulu adalah aku, karena bahasa sudah memperbolehkanku untuk bertemu mereka. Sepatah kata "Can you help me?" mungkin bisa menolong atau bahkan memberi kesempatan untuk mereka membuka diri karena bahasa sudah membukakan jalan.


Lidé pricházejí a odch

- Anonymous


házejí.


WHEN PEOPLE MEET THEY FORM GROUPS

THAT’S HOW IT WORKS Dimanapun dan kapankun, saat manusia berkumpul, mereka akan membuat kelompok. Sebuah kelompok yang tidak perlu diberi label ataupun nama, karena kelompok itu terbentuk dengan sendirinya tanpa mereka sadari. Kelompok ini terbentuk karena ada sesuatu yang menjadi magnet buat mereka semua yang ada di dalamnya, dari hal yang paling kecil seper ti kesamaan hobby sampai hal yang paling besar seperti kesamaan bangsa atau bahasa.


IN HERE PEOPLE GATHER IN RANDOM NUMBERS Keadaan yang aku temukan mungkin bisa dikatakan unik, karena aku ditempatkan di sebuah kelompok multietnik yang berisi orang-orang yang datang dari berbagai negara tetapi berada di negara Czech Republic yang berisi orang-orang yang susah meruntuhkan temboknya untuk orang asing. Sehingga di lingkungan universitas pun, kelompok multietnik ini terkesan eksklusif karena terbentuk tembok bahasa yang kita pakai yaitu bahasa Inggris, dimana murid lain menggunakan bahasa Ceko untuk sehari-hari. Dalam kelompok multietnik ini sendiri pun bisa terlihat terbentuk kelompok-kelompok kecil yang terbentuk karena bahasa ataupun hal-hal kecil seper ti kesamaan perilaku atau kebiasaan. Secara kasar, aku dapat mengkelompokkan mereka menjadi beberapa kelompok kecil yaitu West European, Turkish, Spanish, Asian, Portuguese, & Russian. Kelompok - kelompok kecil ini tidak pasti dan selamanya seperti ini karena anggota kelompok ini juga sering berbaur sehingga batasan antara kelompok menjadi kabur, tetapi kelompok-kelompok ini kembali dapat terlihat saat mereka kembali menggunakan bahasa mereka masing-masing.


WEST W SIDE ÉSPANOLA Kelompok ini terdiri dari orang-orang yang berasal dari Perancis, Belgium, dan sekitarnya. Orang-orang ini merasa punya ikatan antar satu sama lain karena kesamaan bahasa dan kultur sehingga terbentuk ikatan lebih dekat antara mereka. Hal yang unik dari kelompok ini adalah mereka semua memiliki aksen bahasa Inggris yang sangat unik karena dipengaruhi bahasa asli mereka yaitu Prancis.

Kelompok ini terdiri dari orang-orang yang berasal dari Spanyol. Beberapa datang dari Spanyol bagian Utara, beberapa datang dari Spanyol bagian Selatan. Mereka punya ikatan antar satu sama lain karena kesamaan bahasa dan negar a, sehingga ikatan dalam kelompok ini terasa lebih kuat, dimana terlihat mereka sering berjalan bersama-sama. Mereka adalah orang-orang yang hangat dan sangat terbuka terhadap kelompok lain.

TURKEY

Kelompok ini terdiri dari orang-orang yang berasal dari Turki. Kelompok ini terhitung cukup besar karena banyaknya orang yang datang dari berbagai daerah di Turki. Kelompok ini adalah salah satunya yang punya hubungan yang cukup dekat dengan kelompok Asian, mungkin dikarenakan adanya kemiripan kultur antara Turki dan Asia.


PARTYGUESE RUSSIA Kelompok ini terdiri dari orang-orang yang berasal dari Portugis. Mereka punya ikatan antar satu sama lain bukan hanya karena bahasa ataupun negara, melainkan karena mereka semua adalah jiwa sebuah pesta. Tanpa orang-orang di kelompok ini, sebuah pesta tidak akan meriah dan hidup karena merekalah yang menghidupkan sebuah pesta.

Kelompok ini terdiri dari orang-orang yang berasal dari Rusia. Mereka punya ikatan antar satu sama lain karena bahasa mereka yang cukup rumit untuk dimenger ti at aupun dib ac a. Orang-orang di kelompok ini memiliki kecender ungan dekat dengan orang-orang Ceko karena bahasa Ceko sendiri memiliki sedikit kemiripan dengan bahasa Rusia.

ASIAN

Kelompok ini terdiri dari orang-orang yang berasal dari Taiwan, Indonesia, & Korea. Mereka punya ikatan antar satu sama lain bukan karena bahasa tetapi karena kesamaan kultur dan budaya. Orang-orang di kelompok ini cenderung membawa budaya mereka dari Timur sehingga terlihat mencolok dibanding dari kelompok lain. Salah satu contohnya adalah kebiasaan untuk bangun pagi.


Nikdy pletou vzdelรกn - Anonymous


nĂ­ s inteligencĂ­


TOMAS BATA UNIVERSITY Tomas Bata Univer sit y adal ah universitas progresif dan modern yang menawarkan berbagai program untuk belajar, termasuk teknologi, ekonomi, sosiologi, seni, informatika, logistik, dan teknik industri. Nama dari universitas ini berasal dari pencetusnya yaitu Tomas Bata, seorang pengusaha dan pencetus industr i sepatu di Zlin. Beliau memperbaiki kualitas kehidupan sehari-hari di Zlin dan membantu pertumbuhan ekonomi negara Czech Republic.


YOU’RE NOT A KID ANYMORE

YOU’RE AN UNDERGRADUTE Sistem pembelajaran di Tomas Bata University bisa dibilang unik. Dosen sebagai pengajar memberi materi inti dari sebuah pelajaran dan memberikan kebebasan untuk mahasiswanya untuk mencari lebih dalam tentang materi ter sebut. S ehingga membuat mahasiswa disini tidak manja dan hanya menunggu apa yang diberikan oleh dosen, tetapi juga mencari sendiri karena mereka mau mencarinya. Mahasiswa disini juga diperlengkapi dengan perpustakaan yang mempunyai puluhan ribu koleksi buku yang tersebar di 3 lantai. Kondisi seperti ini membuat mahasiwa mulai membaca dan mencari tahu sesuatu yang lebih dari sekedar apa yang ada dalam slide presentasi atau

tex tbook. K arena konsep y ang ditanamkan ke mereka sejak awal kuliah adalah research, research, dan research. Terlepas dari jurusan apapun, setiap mahasiswa disini har us melakukan research sebelum memulai sebuah tugas. Konsep ini mungkin cukup memakan waktu, bahkan untuk mahasiswa fakultas multimedia, research bisa memakan hingga berbulan-bulan, tetapi hasil dari research ini hampir selalu sangat memuaskan. Karena ide, solusi, ataupun project yang terlahir dari research ini selalu matang dan tepat sasaran.

UN


TOMAS BATA NIVERSITY


END NOTE THANK YOU

Terimakasih buat Tuhan Yesus yang selalu menemani dan menjaga selama aku berada di negeri orang. Terimakasih buat Papa & Mama yang mendukung keputusanku untuk melakukan student exchange. Terimakasih buat Pak Hagung & Miss Linda yang sudah memberikan kesempatan dan mendukung untuk belajar dan merasakan pengalaman menjadi murid di Czech Republic. Terima kasih buat teman-teman di Binus yang sudah mendukung, Terima kasih buat teman-teman di Tomas Bata yang sudah menemaniku selama 1 semester yang terasa sangat pendek ini.


co pyrig h t @ J on a t h a n Ed w a r d Lee


Czech Republic Journal  

a short travel journal about Czech Republic

Advertisement
Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you