Page 1

Bulletin HOME STUDY

EDISI 5 - 23 July 2010

BIDIKSAHAM www.bidiksaham.com

Fibonacci Tr a d i n g Sys t e m

Get Knowledge Grab Profit


1

HOME STUDY 5

Mungkin anda sering mendengar saat trading teman anda menggunakan Fibonacci untuk analisa suatu saham. Nah sekarang pertanyaannya apa sih itu Fibonacci? Pepatah mengatakan tak kenal maka tak sayang, oleh karena itu saya perkenalkan siapa yang memperkenalkan ratio Fibonacci kepada kita. Nama penemunya adalah orang Italia seorang pakar matematika yang terkenal di negerinya bernama Leonard Fibonacci. Dia menemukan rangkaian angka dengan ratio tertentu yang terdapat di alam dan semesta ini dan ratio rangkaian angka adalah sbb :

1, 1, 2, 3, 5, 8, 13, 21, 34, 55, 89, 144 ‌‌

Mau tahu kehebatan angka diatas? Angka diatas adalah rangkaian hasil penambahan angka didepannya ; 1+1 =2 1+2 = 3 2+3 = 5 3+5 = 8 dan seterusnya ....... Coba anda sekarang bagi 34 : 55 = 0,618 lalu anda lakukan juga pembagian sbb ; 34 : 89 = 0,382 34 : 144 = 0,236 Tanpa bertele tele kita belajar matematika si Leonard ini menemukan suatu ratio yang kita kenal sbb :

Fibonacci Retracement Levels 0.236, 0.382, 0.500, 0.618, 0.764 Fibonacci Extension Levels 0, 0.382, 0.618, 1.000, 1.382, 1.618 Bagi yang senang dengan matematik pasti kagum atas penemuan ratio diatas dan hebatnya ratio ini ada pada alam semesta ini; ada di kelopak bunga, ada di pyramid, ada tubuh manusia dan segala mahluk dan planet.

WWW.BIDIKSAHAM.COM


HOME STUDY 5

2

Oleh karena itu si Leonard menggunakan ration ini juga untuk trading. Ratio Fibonacci Retracement level untuk mengetahui Support dan Resistance, dan sejak digunakan ratio ini maka para trader ambil posisi jual dan beli pada level level tersebut. Sedangkan untuk Fibonacci Retracement level digunakan untuk Profit Taking.

Fibonacci Retracement Pada saat up trend kemudian terjadi koreksi maka anda gunakan Fibonacci Retracement ini untuk mengetahui SUPPORT level. Caranya anda menarik harga terendah Swing lalu tarik keatas harga tertinggi Swing. Pusing ya? Untuk mudahnya langsung kita berikan contoh dengan chart.

WWW.BIDIKSAHAM.COM


3

HOME STUDY 5

Kaidah Support Resistance sama dengan kaidah support resistance yang anda pakai pada candlestick, hanya saja untuk Fibonacci level saat anda tarik harga terendah dan harga tertinggi dia membentuk level sesuai yang didapat yakni ratio Fibonacci.

Fibonacci Extension Mari sekarang kita belajar menentukan target harga dengan Fibonacci Extension. Lho kok bisa? Prinsip dasar nya adalah melihat resistance depannya berdasarkan Fibonacci Extension. Jadi bisa disimpulkan harga akan koreksi mendekati level Fibonacci lalu mental keatas melanjutkan kenaikannya seperti gambar dibawah ini :

WWW.BIDIKSAHAM.COM


HOME STUDY 5

Demikian pelajaran Home Study 5 mengenai Trading dengan Fibonacci. Semoga bermanfaat!

Salam Cuan, Anthony

WWW.BIDIKSAHAM.COM

4

HOMESTUDY 5  

Saham Belajar analisa saham dengan analisa teknikal atau analisis teknikal saham untuk bursa saham Indonesia dan ini blog saham dengan anggo...

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you