Issuu on Google+


BUKU EMAS HUT 50 TH FPSI UI 2003 DAN MAJALAH GEMA PSYCHOLOGI CHL, seorang teman ahli Kimia dan kini tinggal di Swiss menulis di bawah ini dan menjadi motivator sehingga arsip ini ditampilkan kembali dalam format E-BOOK.

"Respek kepada yang bersedia masuk psychologie! Waktu itu banyak yang menganjurkan masuk kedokteran, gampang kaya. Ingin tahu isinya lebih banyak, tapi hurufnya terlalu kecil susah dibacanya. Di dalam foto mungkin ada juga kawan anak Jkt.. Tahun 1957 masuk FIFA Bdg. Th. 1958 dia pindah ke Jkt masuk jurusan Psychologie. Sayang namanya saya lupa. Mungkin pak Bambang juga kenal dia." Ternyata teman CHL tersebut adalah Pek Hin Liang (Anugerah Pekerti), kemudian mereka ketemu kembali di Facebook. Menarik sekali, dalam Buku Emas HUT 50 th FPsi UI 2003 ada satu bab yang khusus membahas majalah Gema Psychologi yang beredar pada tahun 1960-an dengan judul "DARI GEMA PSIKOLOGI, ANEKA KEGIATAN KEMAHASISWAAN" dari halaman 180 s.d 197 berisi kutipan dari majalah yang hampir punah ini. Bagaimana bisa masuk? Idenya baru timbul ketika Prof. Dr. Sarlito Wirawan Sarwono (Mas Ito) kirim e-mail pada tanggal 24 Januari 2003 sbb: "mBang, terimakasih banget foto-foto lamanya, sangat diperlukan untuk masukan 'Buku Emas' F.Psi UI." Segera ditawarkan bahwa saya masih simpan arsip Majalah Gema Psychologi tahun 1960-an seperti terlihat di bawah ini. Berkat pertolongan Dra. Maria Theresia Sudarminah dari Terapi Edukatif BPK PENABUR Jakarta yang juga dosen di Fakultas Psikologi UI sampailah di tangan Mas Ito. Langsung dapat e-mail pada tanggal 29 Januari 2003 sbb: " Luar biasa mBang. You're a miracle. Musium hidup. bye, sws". Kemudian tanggal 31 Januari 2003 dapat e-mail lagi dengan komentar sbb: “Saya sekarang sedang sibuk membacai Gema Psikologi, lucu-lucu ya...". Berikut ini foto-foto jaman dulu yang dimuat pada hal. 121.


Yang unik pada halaman 186, 187 & 188 ada kutipan dari Majalah Gema Psikologi Juli 1965 mengenai laporan observasi ke Planet Senen untuk mata kuliah Kriminologi.


Di bawah ini adalah naskah asli yang berhasil discan.


Berikut ini komentar yang diperoleh dari http://psik.multiply.com


Adanya majalah Gema Psychologi ini adalah berkat inisiatif dari Arief Budiman (Soe Hok Djin). Berikut ini laporannya yang dimuat di Majalah Gema Psychologi pada tahun 1965 yang masih dalam bentuk stencilan.


Berikut ini cover depan yang berhasil direkam (discan).



BUKU EMAS HUT 50 TH FPSI UI 2003 DAN MAJALAH GEMA PSYCHOLOGI