Issuu on Google+

1975-1985 GURU FOTOGRAFI Pada tahun 1975 berlaku kurikulum 1975 yang mewajibkan SMA memberikan pelajaran keterampilan. Di BPK PENABUR salah satu yang diajarkan adalah Fotografi. Kebetulan penulis pada tahun 1966 ketika ikut demontrasi mahasiswa selalu bersama dengan D.A. Peransi, seorang fotografer yang cukup terkenal waktu itu. Dengan beliau belajar fotografi sambil ikut demo. Karena kegiatan fotografi ini membutuhkan waktu banyak tetapi menyenangkan apalagi kalau harus bekerja di kamar gelap maka diusulkan sebagai kegiatan positif kepada siswa-siswi SMA yang umumnya banyak waktu luang. Syukurlah peminatnya cukup banyak dari SMAK 1, 2 dan 3 serta bersedia datang ke Jalan Pembangunan III/1A belajar Fotografi.

Foto di atas memperlihatkan guru-guru PPPK Petra Surabaya khusus datang meninjau pelajaran keterampilan Fotografi. Semua pelajaran teori sudah disiapkan dengan slide projector lengkap dengan kaset untuk narasinya yang waktu itu dinamakan SLIDE SUARA.


Tamu dari Belanda khusus datang diantarkan oleh D.A. Peransi (paling kiri) dan Prof. Dr. Jusuf Hadimiarso (ke empat dari kiri).


Untuk pelajaran praktek di kamar gelap dibantu oleh Pak Subandi. Foto kiri Pak Subandi di depan enlarger dan foto kanan Pak Subandi sedang mengajarkan proses cuci film yang harus dimasukan dalam reel khusus.


Untuk membuat slide suara juga disediakan peralatan untuk merekam lengkap dengan kamar kedap suara. Yang pakai tanda x adalah Pak Suwandi yang waktu itu sebagai Ketua PPPK Perta Surabaya datang khusus untuk meninjau. Hasil dari mengajar keterampilan Fotografi dapat hadiah keliling Eropa pada tahun 1984, klik: http://issuu.com/bg440507/docs/bg-1984 dan dapat mobil unit Media Keliling, klik: http://issuu.com/bg440507/docs/bg-1982 Bambang Gunawan, 25 Juni 2010


(1975) TULISAN BG 1975